24071264 kebijakan voc

2
KEBIJAKAN VOC Salah satu kebijakan VOC adalahsifatnya yang mudah beradaptasi dengan kondisi yang ada di sekitarnya.pada tahun 1700-an, VOC berusaha mnguasai daerah pedalaman yang banyak mengahasilkan barang dagangang. Imperialisme pedalaman ini sasarannya kerajaan Banten Dan kerajaan Mataram. Alasannya daerah ini banyak menghasilkan barang-barang komoditas seperti beras, gula merah, kacang-kacangan dan lada. Oleh itu VOC menerapkan system-sistem kebijaksanaan. Kebijakan- kebijakan VOC yang diterapkan di Indonesia a. menguasai pelabuhan-pelabuhan dan mendirikan benteng untuk melaksanakan monopoli perdangan. b. melaksakan politik devide et impera ( memcah dan menguasai ) dalam rangka untuk menguasai kerajaan- kerajaan di Indonesia. c. Untuk mempererat kedudukannya, perlu mengangkat seorang Gubernur Jenderal. d. Melaksakan sepenuhnya Hak Oktroi yang diberikan pemerintah belanda, seperti : - hak monopoli - hak untuk membuat uang - hak nutuk mendirikan benteng - hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia, dan - hak untuk tentara. e. membangun pangkalan atau markas VOC yang semula di banten dan di Ambon, dipindah ke Jayakarta ( Batavia ). f. Melaksakan pelayaran Hongi ( HOngi tocjten ). g. Adanya hak ekstirpasi, yaitu hak untuk membinasakan tanaman rempah-rempah yang melebihi ketentuan. Pengaruhnya kebijaksanaan VOC bagi rakyat Indonesia a. kekuasaan raja menjadi berkurang / bahkan didominasi secara keseluruhan oleh VOC.

Upload: reza-aditya

Post on 28-Nov-2015

27 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: 24071264 Kebijakan Voc

KEBIJAKAN VOC

Salah satu kebijakan VOC adalahsifatnya yang mudah beradaptasi dengan kondisi yang ada di sekitarnya.pada tahun 1700-an, VOC berusaha mnguasai daerah pedalaman yang banyak mengahasilkan barang dagangang. Imperialisme pedalaman ini sasarannya kerajaan Banten Dan kerajaan Mataram. Alasannya daerah ini banyak menghasilkan barang-barang komoditas seperti beras, gula merah, kacang-kacangan dan lada. Oleh itu VOC menerapkan system-sistem kebijaksanaan.

Kebijakan- kebijakan VOC yang diterapkan di Indonesia

a. menguasai pelabuhan-pelabuhan dan mendirikan benteng untuk melaksanakan monopoli perdangan.

b. melaksakan politik devide et impera ( memcah dan menguasai ) dalam rangka untuk menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia.

c. Untuk mempererat kedudukannya, perlu mengangkat seorang Gubernur Jenderal.

d. Melaksakan sepenuhnya Hak Oktroi yang diberikan pemerintah belanda, seperti :

- hak monopoli- hak untuk membuat uang- hak nutuk mendirikan benteng- hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia,

dan- hak untuk tentara.

e. membangun pangkalan atau markas VOC yang semula di banten dan di Ambon, dipindah ke Jayakarta ( Batavia ).

f. Melaksakan pelayaran Hongi ( HOngi tocjten ).g. Adanya hak ekstirpasi, yaitu hak untuk membinasakan tanaman rempah-

rempah yang melebihi ketentuan.

Pengaruhnya kebijaksanaan VOC bagi rakyat Indonesia

a. kekuasaan raja menjadi berkurang / bahkan didominasi secara keseluruhan oleh VOC.

b. Wilayah kerajaan terpecah belah dengan melahirkan kerajaan dan penguasa baru di bawah kendali VOC.

c. Hak Oktroi ( istemewa ) VOC, membuat masyarakat Indoneisa menjadi miskin dan menderita.

d. Rakyat Indonesia mengenal politik uang, mengenal system pertahanan benteng, etika perjanjian dan prajurit bersenjata modern ( senjata api, meriam ).

e. Pelayaran HOngi, dapat dikatakan sebagai suatu perampasan, perampokan, perbudakan dan pembunuhan.

f. Hak ekstirpasi bagi rakyat merupakan ancaman matinya suatu harapan / sumber penghasilan yang bisa berlebih.