226718406 proposal usaha bakso komplit

Upload: trinovialdi

Post on 11-Oct-2015

90 views

Category:

Documents


4 download

TRANSCRIPT

PROPOSAL USAHA BAKSO JAYA

Batam, 23 april 2014

Disusun oleh : NURUL VALAH

Taman sari, TibanNo. Telepon [089692688966]Alamat E-mail [[email protected]]

KATA PENGANTARPuji dan syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT karena atas rahmat dan keridoannya, kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Alloh akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, dan umumnya masyarakat.Bakso Jaya ialah nama yang saya buat untuk kegiatan usaha ini, yang begerak di bidang produksi makanan.Kegiatan usaha ini bertujuan untuk menyehatkan masyarakat dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat.Terima kasih kepada pihak-pihak yang bersedia memberikan saran dan kriktikan pembentukan usaha ini.

Penyusun

BAB 1PENDAHULUANA. LATAR BELAKANGUsaha ini berawal dari kecintaan saya terhadap makna bakso. kemudian saya berinsiatif untuk membuka warung bakso yang berbeda dengan warung warung bakso lainnya. Dalam mendirikan usaha ini saya juga meringankan biaya-biaya yang akan saya butuhkan dan dalam usaha ini saya belum membutuhkan tenaga kerja karyawan. Untuk dapat mengatasi segala rintangan yang kami hadapi. Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya.Seperti kita ketahui bakso merupakan makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Umumnya bahan utama dari bakso adalah daging ( sapi, kambing, dll ). Dipilih daging, karena aroma dan rasa serta kekenyalannya yang sangat meningkatkan nafsu makan. Memang fakta membuktikan bahwa daging sangat menambah citarasa bakso

B. TUJUANAdapun tujuan dari pada usaha ini adalah 1. Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan bagi pihak konsumen.2. Mendidik bekal usaha pada masyarakat yang terhimpun dalam usaha seperti keterampilan berdagang serta membuat bakso berkualitas.3. Menciptakan usaha yang sehat dan menciptakan income yang optimal.4. Menciptakan wadah kerjasama dan organisasi yang berlandaskan niaga.5. Memiliki tujuan usaha yang integratif antara aspek manajemen usaha.

C. VISI DAN MISIVISI : menjadi perusahaan terbesar di bidang makanan dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau bagi konsumen Indonesia.MISI : membantu meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dengan memproduksi makanan yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman bagi konsumen.

D. JENIS USAHA YANG DIKELOLA Bakso Jaya bergerak dibidang makanan yang berbahan dasar daging. Saya memilih usaha dibidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kecintaan terhadap bakso dan factor pendukung yang memadai untuk mengembangkan usaha ini.

BAB IIKEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A. LINGKUNGAN USAHADi batam tepatnya di taman sari, jenis usaha makanan merupakan jenis usaha yang menjanjikan karena banyak masyarakat yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga tidak dapat menyajikan sendiri, oleh karena itu saya bertekad mengembangkan usaha pembuatan bakso ini, karena ditunjang dari banyaknya peluang dalam mengembangkan jenis usaha ini.B. KONDISI PASARJika melihat competitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak tetapi saya menyiasati dengan inovasi berbeda dari produk-produk yang sudah ada, dengan rasa yang lebih enak, Harga terjangkau, dan higienis. Dengan ini, saya yakin produk yang saya miliki mampu bersaing dan laku dipasaran.C. RENCANA PEMASARANUsaha bakso ini akan saya pasarkan dengan menyewa tempat berjualan di taman sari serta akan memasarkannya dengan membuat brosur sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk yang akan saya tawarkan.

BAB IIIFAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Setip usaha yang dijalankan setiap waktu pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini ada beberapa faktor yang menurut saya sangat mendukung serta menghambat dalam menjalankannya serta mangembangkan usaha ini.Di bawah ini adalah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat :Faktor-faktor yang mendukung itu antara lain:1. Lokasi ini yang mudah dicari dan Strategis2. harganya tidak begitu mahal dikalangan masyrakat menengah kebawah3. Dilingkungan rumah saya banyak warga yanG sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk memasak kemungkinan besar mereka akan jajan.4. Mengedepankan higien dan kesehatanSelam factor yang mendukung seperti yang disebutkan diatas ada juga faktor yang menghambat.Faktor-faktor tersebut adalah :1. Keterbatasan dana yang kami miliki dalam membagi dana belanja.2. Kenaiakn harga bahan baku yang tidak stabil harganya.3. Kadang ada bakso yang tidak laku terjual akan membuat usaha kami menjadi merugi.4. Kadang sulit untuk mendapatkan daging sapi yang segar dan berkualitas baik.Solusi agar dapat memecahkan masalah dalam factor penghambat dalam usaha yang akan kami dirikan:1. Dengan keterbatasan dana belanja kita harus berhati-hati dalam mengeluarkan uang2. Karena kenaiakn bahan baku yang tidak stabil pada saat harganya murah kita akan membeli barang yang lebih banyak.3. Untuk mengatasi bakso yang masih sisa kita akan membuatnya menjadi kripik bakso4. Dalam mengatasi kesulitan mencari daging kita akan berlanggan dengan pemasok daging yang berkualitas.Analisis SWOT1. Strength (kekuatan)a. Makanan yang higien dan menyehatkanb. Harga ekonomisc. Kualitas rasa terjamin2. Weakness (kelemahan)a. Kurangnya modal untuk menjalani usaha inib. Harga bahan baku yang tidak stabil3. Opportunity (peluang/kesempatan)a. Budaya masyarakat yang konsumtif4. Threat (hambatan)a. Banyaknya competitor yang bergerak dibidang yang sama

BAB IVASPEK PRODUKSIA. ALOKASI USAHABakso Jaya berlokasi di Taman sari Tiban, Batam. Kami memilih lokasi tersebut, karena tempatnya strategis. Banyak masyarakat yang melewati jalan tersebut dan pola hidup masyarakat yang konsumtif.B. FASILITAS DAN PERALATAN PRODUKSIDalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :

PERALATANJUMLAHHARGA

Kompor gas2 buahRp. 800.000,-

Meja panjang3 buahRp. 700.000,-

Kursi 20 buahRp. 400.000,-

Mangkok+gelas+sendok dll30 buahRp. 500.000,-

Alat penggiling bakso1 buahRp. 1.000.000,-

Tabung Gas2 buahRp. 200.000,-

Biaya tak terduga-Rp. 500.000,-

TOTAL JUMLAHRp. 4.100.000,-

C. BAHAN BAKUBahan baku yang kami gunakan adalah:I.BAKSO JAYA

BahanHarga

Daging sapiRp.100.000,-

Mie Rp. 50.000,-

Bumbu + sayuranRp. 30.000,-

Tepung Rp.30.000,-

Pangsit + tahuRp. 50.000,-

Saos, kecap, sambalRp.50.000,-

Bahan minumanRp.60.000,-

Jumlah TotalRp.370.000,-

D. PROSES PRODUKSIDalam proses produksi usaha ini diantaranya :1. Menyiapkan bahan yang akan digunakan2. Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan3. Memulai proses pengerjaan4. Membersihkan hasil pekerjaan agar lebih baik (finishing).E. PROSES PENGERJAANDalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan rincian sebagai berikut:Hari: Senin minggu Waktu: 03.00 06.00 WIB 15.00 17.00 WIB

BAB VPENUTUPA. ATISIPASI MASA DEPANSebagai seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinsiatif untuk membuat aneka bakso misalnya bakso kurcaci, Bakso gelas ,mie bakso dll. Kami akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini dan menurut saya usaha warung bakso ini dapat memberikan penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.Kami dan tentunya usaha ini akan menjamin masa depan kami

B. KESIMPULANMenurut pandangan saya usaha ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan.Meskipun zaman sekarang ini banyak warung makan yang mewah tetapi saya sangat optimis bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjiakan.Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak pantang menyerah dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat Saya juga berkeyakinan.Untuk mengatasi segala rintangan yang kami hadapi.Dalam menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya.Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola warung ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan,saya tidak akan main-main dalam usaha ini.