2015 02 11 pemipetan, penyiapan kit dan spektrofotometri uv-vis

9
Pemipetan – Akurasi dan Presisi Penyiapan Kit Reagen Spektrofotometri UV-Vis INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG - 2015 Tutus Gusdinar Siti Kusmardiyani Tursino School of Pharmacy

Upload: modi-evana-putri

Post on 01-Oct-2015

76 views

Category:

Documents


19 download

DESCRIPTION

Praktikum Biokimia Medik dan Kimia Klinik

TRANSCRIPT

Pemipetan Akurasi dan Presisi Penyiapan Kit Reagen

Pemipetan Akurasi dan PresisiPenyiapan Kit ReagenSpektrofotometri UV-VisINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG - 2015

Tutus GusdinarSiti KusmardiyaniTursino

School of PharmacySEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGPraktikum Minggu I :Pemipetan : meliputi penentuan akurasi dan presisi pemipetan, kalibrasi pipet?Pembuatan Larutan Reagensia Penentuan Kadar Zn dalam Sampel yang diberikan, menggunakan spektrofotometri UV-Vis.

Larutan Induk disiapkan oleh AnalisSEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGPemipetan Akurasi dan Presisi Alat : mikropipet, pipet volume, pipet ukur, pipet tetes, gelas ukurBahan : airPemipetan : akurasi (persen rekoveri) dan presisi (KV) : 5-10 pengukuranCatat suhu air dan konversi berat air ke volumenya !!!

Kalibrasi Pipet ?Pada suhu T tertentu :

massa jenis air () = massa air (g) / vol. air (mL)SEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGPemipetan Akurasi dan Presisi Gunakan pipet yang ada dalam kelompok sendiri, tiap kelompok mungkin berbeda pipetnya.Pilih 3 volume air, misalnya : 100 mikroliter, 1 mL, 5 mLData diperoleh dari : Hitung berapa % rekoveri dan KVBandingkan pipet mana yang paling akurat dan presisi untuk volume tersebut !Volume AirPraktikanAlatData5 mLIPipet Ukur 10 mL6-10IGelas Ukur 10 mL6-10IPipet Volume 5 mL6-10Volume AirPraktikanAlatData5 mLIPipet Volume 5 mL6-10IIPipet Volume 5 mL6-10IIIPipet Volume 5 mL6-10SEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGPerhitungan Akurasi dan Presisi

SEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGSpektrum Kompleks Zn-XO

maks kompleks Zn-XO ~ 575 nmmaks XO ~ 438 nmSEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGPenyiapan Kit Reagen : Penentuan Kadar Zn dalam SampelXO 0,2 % b/vDapar asetat 1 M pH 6Larutan Kerja : perbandingan tertentu XO 0,2 % b/v dengan dapar asetatTentukan : Linieritas, LOD, LOQ, Akurasi dan PresisiTentukan Zn dalam sampel yang diberikanCari komposisi yang cocok (XO : Dapar : Air) untuk sejumlah pengujian ! Abs. Kompleks 0.2-0.8 Kurva kalibrasi : 4 -20 mg/L Akurasi dan presisi metode : larutan yang konsentrasi Zn berada ditengah2 kurva kalibrasi --> 6 kaliBeberapa sampel yang mengandung Zn laporkan dalam %b/v, jika perlu lakukan pengenceran !Preparasi :XO 0,2% ?Dapar asetat ?PengenceranSEKOLAH FARMASIINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGBagaimana 10 ml larutan Zn 5, 10, 15 mg/dL ? Alat apa saja yang digunakan ?

Larutan stok Zn 1000 bpjPengenceranTursino SF ITB 2015Thank YouINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG