2011 31-064 siti usmawati, layanan penempatan dan penyaluran

23
ASSALAMUALAIKUM Di sususn oleh: 1. Siti Usmawati (2011-31-064)

Upload: sitiusmawati

Post on 17-Jun-2015

1.401 views

Category:

Education


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

ASSALAMUALAIKUM

Di sususn oleh:1. Siti Usmawati (2011-31-064)

Page 2: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LAYANAN PENEMPATAN

DAN

PENYALURAN

Page 3: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

PENEMPATAN JURUSAN PADA SISWA SMA KELAS X

Page 4: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

MATERI LAYANAN PP DALAM BK KARIER1. Penjurusan di SMA Mengapa ada penjuruan, tujuannya siswa memahami alasan adanya

penjurusan di SMA  sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin Mengenal kurikulum yang berlaku di sekolah tujuannya agar siswa

dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan

Jurusan atau program studi di SMA tujuannya supaya siswa mengenal jurusan atau program studi di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan

Struktur kurikulum di SMA tujannya agar siswa mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA

Persyaratan pemilihan jurusan, tujuannya agar siswa memahami persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMA sehingga tidak salah memilih jurusan / program studi yang ada.

Page 5: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

PENJURUSAN DI SMA DILAKUKAN DENGAN MEMPERTIMBANGKAN ORIENTASI SISWA YAKNI SEBAGAI BERIKUT :

Melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi ke program studi Ilmu Alam, Ilmu Sosial, atau Bahasa sesuai dengan minat setelah lulus dari SMA.

Bekerja di masyarakat; penjurusan merupakan salah satu proses penempatan atau penyaluran dalam pemilihan program pengajaran para siswa SMA. Dalam penjurusan ini, siswa diberi kesempatan memilih jurusan yang paling cocok dengan karakteristik dirinya. Ketepatan memilih jurusan dapat menentukan keberhasilan belajar siswa. Sebaliknya, kesempatan yang sangat baik bagi siswa akan hilang karena kekurang tepatan menentukan jurusan.

Page 6: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

TUJUAN PENJURUSAN ANTARA LAIN :

Mengelompokkan siswa sesuai kecakapan, kemampuan, bakat, dan minat yang relatif sama.

Membantu mempersiapkan siswa melanjutkan studi dan memilih dunia kerja.

Membantu memperkokoh keberhasilan dan kecocokan atas prestasi yang akan dicapai di waktu mendatang (kelanjutan studi dan dunia kerja).

Page 7: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

Siswa sering dihadapkan oleh beberapa pilihan dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam kehidupan proses belajar mengajar di sekolah, masing-masing siswa memiliki keahlian masing-masing, selain itu prestasi belajar disekolah juga diperhatikan. Dalam sekolah adanya sebuah tujuan yaitu menggali seluruh bakat dan keahlian dalam diri setiap siswa, sehingga mereka bisa melihat kemampuan yang dimilikinya dalam bidang tertentu semaksimal mungkin. Setiap siswa memiliki perbedaan tertentu diantaranya kemampuan kognitif, motivasi berprestasi, minat dan kreativitas. Melalui perbedaan tersebut peran pendidikan tidak hanya, tetapi juga meliputi bimbingan/konseling, pemilihan dan penempatan siswa sesuai dengan kapasitas individual yang dimiliki, rancangan sistem pengajaran yang sesuai dan strategi mengajar yang disesuaikan dengan karakteristik individu siswa. Kesalahan yang mungkin terjadi jika penempatan yang tidak sesuai dengan keahlian siswa akan menjadikan turunnya prestasi terhadap siswa tersebut.

Page 8: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN…………

Penempatan siswa yang sesuai dengan kemampuan prestasi dalam bidang akademik disertai dengan minat dan bakat siswa biasa disebut dengan penjurusan siswa menengah atas. Penetuan jurusan siswa yang tepat dapat menjadikan siswa lebih senang dalam menerima pelajaran yang di berikan oleh semua guru dan dapat meningkatkan prestasi bagi setiap siswa. Minat dapat mempengaruhi kualitas siswa dalam bidang tertentu, misalnya siswa yang berminat dalam pelajaran biologi akan memusatkan fikirannya terhadap pelajaran tersebut, sehingga siswa tersebut dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Dikarenakan pusat perhatiannya terhadap materi maka siswa akan lebih giat belajar dan mendapat prestasi yang diinginkan.

Page 9: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN……. siswa kelas X SMA yang naik ke kelas XI akan mengalami kebingungan dalam pemilihan jurusan (penjurusan). Penjurusan yang tersedia di SMA meliputi Ilmu Alam (IPA), Ilmu Sosial (IPS), dan Ilmu Bahasa. Penjurusan akan disesuaikan dengan kemampuan akademik dan minat siswa.

3.

Page 10: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN…….

Mata pelajaran IPA lebih menitikberatkan pada penguasaan konsep-konsep IPA untuk kepentingan siswa menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi yang lain adalah memberikan makna pembekalan agar siswa tersebut dapat survive di percaturan kompetisi perkembangan sains dan teknologi bagi kepentingan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan demikian penilaian akademik lebih terfokus pada penguasaan konsep-konsep IPA dan keterampilannya dalam melakukan observasi, memahami atau menemukan konsep-konsep IPA.

Page 11: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN…..

Untuk mata pelajaran IPS menitikberatkan pengembangan keterampilan ilmu sosial. Penilaian akademik menitiberatkan pada keterampilan sosial seperti membuat peta, maket rumah, interaksi sosial, dan adaptif terhadap lingkungan sosial. Mata pelajaran Bahasa menitikberatkan pengembangan keterampilan bahasa seperti membuat surat, menyusun karya tulis, mengerjakan instruksi lisan, dialog dan berpidato.

Page 12: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

TIPS MEMILIH JURUSAN :

Kenali kemampuan, bakat dan minat Baca prospek ke depan Restu orang tua Berusaha

Page 13: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN……….

Tujuan penjurusan ini yaitu agar siswa bisa terarah dalam menerima pelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh siswa. Salah satu pertimbangan untuk menyeleksi siswa dalam menentukan jurusan adalah prestasi siswa pada semester satu dan dua (kelas X) dalam bentuk nilai mata pelajaran yang sering disebut juga kemampuan akademik.

Page 14: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN……..Penjurusan ini diselenggarakan untuk menyeleksi dan mengumpulkan kemampuan peserta didik yang sama untuk menempuh satu program pendidikan yang sama juga. Disamping itu, penjurusan juga diselenggarakan untuk menyesuaikan kemampuan dan minat peserta didik terhadap bidang yang dipilihnya. Penempatan penjurusan yang sesuai akan meningkatkan minat dan memberikan kenyamanan seseorang dalam belajar. Dengan dasar kemampuan yang sama diharapkan dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar tanpa ada yang mengalami kesulitan dan dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar peserta didik. Sebaliknya, kurangnya minat untuk belajar akibat kesalahan dalam memilih jurusan menyebabkan kelesuan dan hilangnya gairah dalam belajar. Peserta didik sering tidak masuk belajar, membuat kelas gaduh, meninggalkan jam pelajaran dan sebagainya sehingga menyebabkan prestasinya menurun.

Page 15: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

Hal yang harus di persiapkan konselor dalam layanan penempatan dan penyaluranSebelum melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran , seorang guru pembimbing/konselor harus melakukan persiapan-persipan yang berguna untuk menunjang kefektifan layanan penempatan dan penyaluran. Hal-hal yang harus dipersiapkan oleh guru pembimbing/konselor yaitu :a. Melakukan kajian dan potensi yang dimiliki

oleh siswab. Mengkaji kondisi lingkungan dari kondisi

lingkungan yang paling dekat dengan permasalahan yang dialami siswa

c. Mengkaji kondisi siswa dengan dan potensi yang dimiliki dengan rencana penempatan yang akan dilaksanakan

d. Mengkaji kondisi dari lingkungan lain yang diperkirakan dapat ditempati siswa.

Page 16: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

Metode layanan penempatan dan penyaluran:

Adapaun metode yang digunakan dalam layanan penempatan dan penyaluran adalah:a. Intervensi data pribadi

siswa, sebagai langkah awalsebelum melaksanakan kegiatan layanan dengan mengumpulkan semua data yang berkaitan dengan diri pribadi siswa dari berbagai sumber.

b. Studi dokumentasi,

yaitu melakukan kajian terhadap hasil penggunaan instrumentasi yang dilakukan kepada siswa seperti angket, inventori, dan wawancara juga data-data pribadi siswa yang telah dikumpulkan.    

Page 17: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

d. Konselor dan siswa melakukan perencanaan berdasarkan asas kesukarelaane. Strategi politik konselor yang melakukan kerja sama dengan pihak yang terkait dengan pengembangan siswa.

LANJUTAN……..

c. Menentukan bentuk-bentuk penempatan yang akan dilakukan kepada siswa sebagai klien berdasarkan hasil studi dokumentasi data-data siswa

Page 18: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN

Adapun tahapan pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran yang dijalankan oleh guru pembimbing/konselor yaitu sebagai berikut :

a. Tahap perencanaan , meliputi : Identifikasi kondisi-kondisi yang menunjukkan

permasalahan siswa Menetapkan siswa yang akan menjadi sasaran

layanan Menyiapkan prosedur , langkah-langkah , dan

fasilitas yang akan digunakan dalam kegiatan layanan penempatan dan penyaluran

Menyiapkan kelengkapan administrasi.

Page 19: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN……….

b. Tahap pelaksanaan, meliputi : Melakukan analisis terhadap permasalahan yang

dialami oleh siswa berdasarkan langkah-langkah prosedur yang telah ditetapkan

Melaksanakan layanan penempatan dan penyaluran.c. Tahap evaluasi, meliputi : Menetapkan materi evaluasi Menetapkan prosedur evaluasi Menyusun instrumen evaluasi Mengaplikasikan instrumen evaluasi Melakukan analisis hasil instrumen evaluasi

Page 20: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

LANJUTAN……….

d. Tahap analisis, meliputi : Menetapkan standard evaluasi Melakukan analisis Menafsirkan hasil analisise. Tahap tindak lanjut, meliputi : Mengidentifikasikan masalah yang perlu ditindak lanjuti Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak lain yang

terkait Melaksanakan rencana tindak lanjutf. Tahap pelaporan, meliputi : Menyusun laporan pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran Menyampaikan hasil layanan penempatan dan penyaluran kepada

pihak yang terkait Mendokumentasikan hasil laporan layanan penempatan dan penyaluran

Page 21: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

EVALUASI

Layanan PP dilaksanakan secara bertahap, artinya tidak selesai dalam satu kali pelaksanaan, atau tidak mengenal sesi-sesi pelaksanaan yang berdiri sendiri. Dengan demikian penilaian segera yang biasanya dilaksanakan pada setiap sesi layanan konseling, tidak dilaksanakan. Penilaian hasil layananan PP dilakukan setelah beberapa waktu subyek layanan berada dilingkungan yang baru, Penilaian jangka pendek dilaksanakan setelah satu minggu sampai satu bulan sedanglan penilaian jangka panjang dilaksanakan setelah lebih dari satu bulan.

Page 22: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

KESIMPULAN

Dari pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa layanan penempatan dan penyaluran dalam Bk karier sangat penting dan dibutuhkan untuk anak SMA kelas X . Layanan tersebut bertujuan memahamkan dan mengarahkan peserta didik pada suatu penjurusan  yang sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki, selain itu layanan PP dalam Bk karier berfungsi untuk pemahaman, pengentasan, pencegahan, pemeliharaan dan advokasi.

Layanan PP tidak bisa dilakuakn dengan sembarangan karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai untuk itu layanan ini harus dilakukan dengan prosedur yang runtut, menggunakan metode yang tepat, dan materi yang sesui dengan tujuan diadakannya layanan PP, setelah semuanya sudah dilakukan harus ada evalusi untuk mengetahui sebarapa besar efektifitas layanan tersebut untuk membantu peserta didik.

Page 23: 2011 31-064 Siti Usmawati, Layanan Penempatan dan Penyaluran

TERIMA KASIH…