1608-3130-1-pb

15
PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI dan KEGUNAANNYA UNTUK KELAS 3 SDN LIDAH KULON III SURABAYA Myta Retna Palupi ABSTRAK Berdasa rkan hasil pe ngamatan yang di lak ukan di SDN Li da h Kulon II I Surabaya me nunj ukka n ba hwa pr oses pe mbel aja ran IPA me nggunakan me tode ceramah dengan menggunakan media berupa papan tulis dan buku pelajaran sehingga proses belajar mengajar dikelas tidak berariasi yang dan siswa sering lupa ketika guru bertanya kembali materi yang diajarkan sebelumnya! Dari "enomena tersebut membawa dampak negati" bagi siswa# guru harus mengulang$mengulang materi yang diajarkan! %leh karena itu perlu diadakan inoasi dalam  proses pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan suatu proses pembelajaran! Berto lak dari permasa laha n ter seb ut# di pe roleh seb ua h al ternat i" untuk me ran cang dan meng emban gkan media komp uter pemb elajara n! &edia komp uter pemb elajaran merup akan inoasi baru yang penting untuk membantu siswa belajar mandiri! Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan media dan mengetahui peningkatan hasil  belajar IPA siswa kelas ' SDN Lidah Kulon III Surabaya! &engacu kepada langkah ( langkah yang tertuang dalam model pengembangan media oleh Arie" Sadiman dan pengambilan data  pengembangan media komputer pembelajaran ini menggunakan instrumen berbentuk angket tertutup! Data yang telah terkumpul dari penilaian ahli materi# ahli media dan siswa yang berupa ang ket aka n diolah unt uk mer eisi med ia komput er pembela jara n aga r dap at men get ahui seberapa jauh kelayakan suatu media agar dapat diterima dan sesuai dengan tujuan pembelajaran teknik analisis data menggunakan prosentase! Dari hasil analisis data baik dari ahli materi# ahli media# siswa perorangan# kelompok kecil dan kel omp ok besa r! )nt uk dat a kualitati" ahli mat eri dihasi lka n rata $rat a pro sent ase *+#,-.# dari data ku antit ati" ahli media dap at diha silkan r ata$rata p rosent ase */.# uji cob a satu$satu dihasilkan rata$rata prosentase +0#,-.# uji coba kelompok kecil dihasilkan rata$rata  prosentase +1#-'.# uji coba kelompok besar dihasilkan rata$rata prosentase +2#*-.!  Berdasarkan hasil penelitian# p engembangan media menunjukkan kategori baik sekali dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan! %leh karena itu guru hendaknya lebih memahami ten tang pen gemban gan med ia kom put er pembela jara n dan men ggu nak annya dal am pro ses  pembelajaran! Kata kunci3 Pengembangan# &edia komputer pembelajaran# IPA BAB I PENDAHULUAN A Lata! Bela"an# Ma$ala% Kegiat an pembela jara n khususnya ma ta pelajar an IPA san ga t rendah ni lai yang diperoleh siswa# 4al ini meny ebabka n rendah nya aktii tas belajar dan suasana bel ajar kur ang komuni kat i"

Upload: abdul-rajab

Post on 15-Oct-2015

2 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI dan KEGUNAANNYA UNTUK KELAS 3 SDN LIDAH KULON III SURABAYAMyta Retna PalupiABSTRAKBerdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di SDN Lidah Kulon III Surabaya menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah dengan menggunakan media berupa papan tulis dan buku pelajaran sehingga proses belajar mengajar dikelas tidak bervariasi yang dan siswa sering lupa ketika guru bertanya kembali materi yang diajarkan sebelumnya. Dari fenomena tersebut membawa dampak negatif bagi siswa, guru harus mengulang-mengulang materi yang diajarkan. Oleh karena itu perlu diadakan inovasi dalam proses pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan suatu proses pembelajaran. Bertolak dari permasalahan tersebut, diperoleh sebuah alternatif untuk merancang dan mengembangkan media komputer pembelajaran. Media komputer pembelajaran merupakan inovasi baru yang penting untuk membantu siswa belajar mandiri.

Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan media dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 3 SDN Lidah Kulon III Surabaya. Mengacu kepada langkah langkah yang tertuang dalam model pengembangan media oleh Arief Sadiman dan pengambilan data pengembangan media komputer pembelajaran ini menggunakan instrumen berbentuk angket tertutup. Data yang telah terkumpul dari penilaian ahli materi, ahli media dan siswa yang berupa angket akan diolah untuk merevisi media komputer pembelajaran agar dapat mengetahui seberapa jauh kelayakan suatu media agar dapat diterima dan sesuai dengan tujuan pembelajaran teknik analisis data menggunakan prosentase.

Dari hasil analisis data baik dari ahli materi, ahli media, siswa perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Untuk data kualitatif ahli materi dihasilkan rata-rata prosentase 89,72%, dari data kuantitatif ahli media dapat dihasilkan rata-rata prosentase 85%, uji coba satu-satu dihasilkan rata-rata prosentase 91,72%, uji coba kelompok kecil dihasilkan rata-rata prosentase 90,23%, uji coba kelompok besar dihasilkan rata-rata prosentase 94,82%.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media menunjukkan kategori baik sekali dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Oleh karena itu guru hendaknya lebih memahami tentang pengembangan media komputer pembelajaran dan menggunakannya dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Media komputer pembelajaran, IPA

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA sangat rendah nilai yang diperoleh siswa, Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas belajar dan suasana belajar kurang komunikatif sehingga mengakibatkan hasil belajar rendah.Media komputer pembelajaran ini memiliki karakteristik dapat menampilkan gambar, teks, suara serta video. oleh karena itu, software ini bisa membantu semua kegiatan pembelajaran interaktif. Media ini juga dapat diputar berulang-ulang, karena dapat digandakan dalam piringan Compact Disk (CD), Memory Card, flashdisk dan alat-alat penyimpanan data lainnya.

Media komputer pembelajaran menurut (Arsyad, 2007:32) Media komputer pembelajaran sebagai media dan sumber pembelajaran IPA mampu mengkondisikan siswa untuk belajar berfikir aktif serta meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Berdasarkan pemaparan diatas peneliti memperoleh hasil observasi awal yang ditemukan masalah antara lain di SDN Lidah Kulon III Surabaya, terutama pada mata pelajaran IPA kelas 3 dengan nilai raport yang kurang sesuai KKM (Kriteria Kemampuan Minimal). KKM (Kriteria Kemampuan Minimal) yaitu 75. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi selama proses pembelajaran yang mana hanya 30% siswa dari 34 siswa atau 14 siswa yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi energi dan kegunaannya. Maka diharapkan akan meningkatkan hasil belajar yang optimal, pada akhirnya akan berpengaruh pada prestasi yang dicapai, yaitu menyangkut nilai menunjukkan hasil tertinggi dalam belajarnya, sesuai dengan kemampuan siswa.B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan di atas bahwa :Diperlukannya pengembangan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi energi dan kegunaannya untuk siswa kelas 3 SDN Lidah Kulon III Surabaya.C. Tujuan Pengembangan Menghasilkan media komputer pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi dan kegunaannya di SDN Lidah Kulon III Surabaya.D. Spesifikasi Produk yang Diharapkan

Spesifikasi Produk yang diharapkan dari pengembangan ini adalah untuk membantu guru dan siswa dalam memecahkan masalah belajar sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan optimal. Terutama untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan pokok bahasan energi dan kegunaannya, adapun spesifikasi produknya adalah sebagai berikut:

1. Produk komputer pembelajaran yang dikemas secara menarik dan diberi cover sesuai dengan tema.

2. Bahan penyerta yang terdiri dari :

a. Silabus dan RPP.

b. Buku panduan tentang cara penggunaan media komputer.c. Buku panduan tentang cara perawatan media komputer.B. Pentingnya Pengembangan

Pengembangan ini perlu sekali dilakukan karena kebutuhan siswa akan media pembelajaran yang mempermudah dalam belajar dan pemilihan media yang fleksibel akan terus mengalami peningkatan. D.Asumsi dan Keterbatasan

Pengembangan1. AsumsiBerdasarkan latar belakang masalah diatas maka pengembang berasumsi bahwa:

a. Dapat membantu dan memudahkan siswa dalam proses belajar

b. Dapat memotivasi siswa dalam mengikuti belajar mengajar.2. Batasan Masalah

Keterbatasan dari produk yang dihasilkan sebagai berikut :

a. Subyek penelitian ini hanya dilaksanakan terhadap siswa kelas 3 SDN Lidah Kulon III Surabaya.b. Materi yang diuji cobakan disesuaikan dengan bahan yang diajarkan di sekolah. BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A. Pengembangan Komputer Pembelajaran Sebagai Bidang Garapan Teknologi Pendidikan.Bagan 2.1

Kawasan Teknologi Pendidikan

(Seels,1994:31)

B. Media Pembelajaran 1. Pengertian Media PembelajaranMedia adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga proses belajar terjadi (Sadiman,2006:7)

2. Kriteria Pemilihan MediaMenurut Nana Sudjana (2007:4) dalam memilih media untuk kepentingan pengajaran sebaiknya menghasilkan kriteria-kriteria sebagai berikut:

a. Kepentingan dengan tujuan pengajaran b. Dukungan terhadap isi bahan pengajaran 3. Manfaat MediaManfaat media komputer pembelajaran ini dalam proses pembelajaran adalah :

1. Untuk memperjelaskan penyajian pesan karena terdapat unsur audio, visual dan animasi.

2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.C. Media Komputer Pembelajaran 1. Pengertian Komputer PembelajaranKomputer Pembelajaran adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut. (Azhar Arsyad, 2009:35 ).

2. Gambaran Proses Pembelajaran Menggunakan Media Komputer PembelajaranProses pemelajaran ini dikenal sebagai pembelajaran aktif atau pembelajaran interaktif dengan karakteristiknya.(http://hilaludinwahid.com/teori-belajar-dan-pembelajaran-e-learning)

D. Karakteristik Media Komputer Pembelajaran

Media komputer pembelajaran memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh media lainnya E. Model Penyajian Komputer Pembelajaran

Menurut Warsita (2008:140) dilihat dari situasi belajar komputer digunakan untuk tujuan menyajikan isi pelajaran. Komputer pembelajaran bisa berbentuk :a. Tutorial

Program pembelajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau instruktur. b. Drills and Pratice (Latihan)

Latihan untuk mempermahir ketrampilan atau penguasaan konsep dapat dilakukan dengan modus drills and practice.

c.Simulasi

Program simulasi didunia komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi didunia nyatad.Permainan Instruksional

Program permainan yang dirancang dengan baik dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan siswa.(Azhar Arsyad, 2005:158-162). F. Hasil belajar

1. Pengertian Hasil BelajarDalam Suprijono (2009:5) hasil belajar adalah pola-pola perbuatan nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan.

2. Variasi Mengajar dengan Menggunakan Media Komputer PembelajaranProses belajar mengajar yang selama ini berlangsung masih menggunakan konvesional dimana guru menyampaikan materi melalui metode ceramah dan hal ini membuat siswa kurang hasil belajarnya. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media komputer pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Variasi mengajar dengan menggunakan media komputer memiliki berbagai macam keuntungan diantaranya :

1. Media komputer pembelajaran dapat mengakomodasi siswa yang lamban dalam menerima pelajaran.2. Dapat berhubungan dengan mengendalikan peralatan lain seperti CD, Video Tipe, dan lain-lain dengan program pengendalian program komputer. (Arsyad, 2009:54).3. Tujuan Variasi Mengajar dengan Media Komputer PembelajaranTujuan mengadakan variasi yang dimaksud adalah :

a) Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi Proses Belajar Mengajar.

b) Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi.

4. Keterbatasan Penggunaan Media Komputer PembelajaranKeterbatasan dalam penggunaan media komputer pembelajaran yaitu :

a) Pengembangan perangkat lunaknya masiih relatif mahal.

b) Diperlukan pengetahuan dan ketrampilan khusus tentang komputer. (Arsyad, 2009:54-55)

G. Materi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD1. IPAIlmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tau tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya pengguasaan komputer pengatahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. 2. Fungsi dan Tujuan IPA di SD a.Fungsi IPA di SD

Adapun fungsi Mata Pelajaran IPA di SD sesuai dengan kurikulum di sekolah adalah untuk:

1. Memberikan pengetahuan tentang berbagai jenis dan perangkai lingkungan alam

2. Mengembangkan ketrampilan proses

b. Tujuan IPA di SD

Mata pelajaran IPA di SD dan MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Menambahkan pengetahuan dan konsep-konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menambahkan rasa ingin tahu sikap positif terhadap IPA dan teknologi.

H. Karakteristik Siswa Sekolah DasarKarakteristik siswa kelas 3 SDN Lidah Kulon 3, Surabaya masuk pada tahap Operasional kongkrit yaitu usia 7-11 tahun. Pada akhir tahapan ini anak mulai menyadari adanya peraturan, misalnya dalam permainan atau bermasyarakat. Anak melakukan suatu tindakan akan berpikir lebih dulu.I. Karakteristik Pelajaran IPAIPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler (dalam Wina-putra, 1992:122)

J. Tujuan Pembelajaran dan Materi ENERGI dan KEGUNAANNYA

1. Tujuan Pembelajaran

a. Standar Kompetensi

Memahami apa yang dimaksud dengan energi dan kegunaanb. Kompetensi Dasar

1) Menjelaskan ada berapa energi yang ada disekitarIndikator :

a) Siswa mampu menjelaskan pengertian energib) Siswa mampu menyebutkan ada berapa macam macam energi2) Menjelaskan hubungan antara energi dengan teknologi yang digunakan3) Menjelaskan dampak menggunakan energi terhadap kelestarian lingkungan.

2. Energi dan KegunaannyaEnergi adalah daya kerja atau tenaga, energi berasal dari bahasa yunani yaitu energi yang merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Berbagai macam macam energi yang di ketahui yaitu energi panas, energi gerak dan energi bunyi.J. Model PengembanganYang dapat digambarkan dalam model pengembangan bentuk flow chart sebagai berikut :

Gambar 3.1

Model pengembangan gabungan Arif Sadiman dan Fathoni

Model pengembangan Arif Sadiman terdiri dari tahap pengembangan, yaitu :1.Menganalisis karakteristik siswa.2.Merumuskan tujuan instruksional.

3.Merumuskan butir butir materi.4.Mengembangkan alat pengukur. 5. Mengadakan tes dan uji coba.6. Revisi.Model pengembangan yang kedua dari Fathoni dipilih dan di gunakan untuk pengembangan komputer pembelajaran karena : 1. Model pengembang

untuk komputer pembelajaran yang

menggunakan langkah-langkah3. Langkah-langkah pengembangnya 4. Sederhana dan mudah untuk dilaksanakan 3. Urutan langkah-langkahnya tersusun secara sistematis dan terperinci 4. Menghemat waktu, biaya dan tenaga, sehingga dapat menguntungkan

K. Produksi Media Komputer Pembelajaran

Adapun langkah-langkah untuk memproduksi media komputer pembelajaran yaitu :

1. Mempersiapkan hardware yang diperlukan

2. Menginstal software-sofware yang diperlukan L. Peranan Komputer Pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SDN Lidah Kulon III Surabaya

Karakteristik siswa kelas 3 Sekolah Dasar Lidah Kulon III Surabaya masuk dalam tahapan kognitif operasional konkrit ( usia 7-11 tahun). Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa terhadap penguasaan pengetahuan yang dikembangkan oleh mata pelajaran.

BAB III

METODE PENGEMBANGAN.A. Model PengembanganModel pengembangan gabungan arif sadiman dan fathoni, Yang dapat digambarkan dalam model pengembangan bentuk flow chart sebagai berikut :

Gambar 3.1

Model Pengembangan Gabungan Arief Sadiman dan FathoniB. Prosedur PengembanganAdapun prosedur pengembangan model pengembangan media oleh Arif Sadiman. adalah sebagai berikut :1. Analisis kebutuhan dan karakteristik siswa.

2. Perumusan Tujuan

3. Pengembangan butir butir materi

4. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan

5. Penulisan Naskah Media

6. Produksi7. Tes atau Uji cobaa. Ahli Materi

b. Ahli Media

c. Sasaran / siswa

8. Revisi Desain9. Mengadakan uji cobaC. Uji coba Produk

Pelaksanaan uji coba produk evaluasi dimaksud untuk mendapatkan masukan, tanggapan dan penilaian terhadap produk komputer pembelajaran. Dalam pelaksanaan uji coba tersebut akan dilakukan dengan lima langkah yaitu:

1. Menetapkan rancangan uji coba2. Menetapkan subjek uji coba

3. Menentukan jenis data

D. Jenis dataDiperoleh dari hasil tanggapan ahli media dan materi, Jenisjenis data tersebut terbagi menjadi :a. Data dari ahli materi, media dan siswa

b. Angket untuk ahli materi

c. Angket untuk ahli media

d. Angket untuk siswa

E. Metode Pengumpulan Data

a. Tes adalah yaitu tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian setelah mempelajari sesuatu (Arikunto 2006:151).

a. Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden perseorangan dengan membutuhkan 4 siswa sebagai responden. Uji coba kelompok kecil dengan membutuhkan 17 siswa sebagai responden.b. Uji coba kelompok besar dengan sistem populasi yaitu membutuhkan 34 siswa atau total siswa yang di uji coba.

F. Teknik Analisis Data

a. Analisis ini diperoleh dari:

1. Tes

2. Angket

b. Analisis deskriptif persentase

Dalam menganalisis data peneliti menggunakan nama presentase yaitu:

f = frekuensi yang dicari presentasenya

N = Number of Class ( jumlah frekuensi/ banyaknya jumlah individu )

P = Angka Presentase

(Sudijono,2006:43)

pre test dan post test one group design:

QUOTE

Keterangan :

Md : Mean dari perbedaan pre test dengan post test

d : Deviasi masing masing subyek ( d Md )

: Jumlah kuadrat deviasi

N : Subyek pada sampel

d.b : Derajat kebebasan

BAB IV

HASIL PENGEMBANGANA. Persiapan Pengembangan1. Potensi MasalahHasil observasi dapat disimpulkan dalam tiga hal: pertama, berkaitan dengan media yang digunakan guru dalam mengajar masih belum lengkap.

Kedua, berkaitan dengan cara mengajar guru yang sering menggunakan metode ceramah tanpa ada variasi

Ketiga, berkaitan dengan kondisi siswa dimana siswa kurang termotivasi

Berdasarkan masalah diatas juga ditemukan suatu potensi yang dimiliki SDN Lidah Kulon III Surabaya. Potensi tersebut antara lain: pertama, sekolah sudah memiliki fasilitas laboratorium komputer yang memadai. Kedua, siswa SDN Lidah Kulon III Surabaya sudah bisa menggunakan komputer untuk belajar.

Berdasarkan masalah dan potensi yang ditemukan peneliti maka peneliti menawarkan sebuah produk media komputer pembelajaran pada mata pelajaran IPA untuk kelas 3 dengan pokok bahasan energi dan kegunaannya.2. Pengumpulan Data

Pengumpulan data yang dimaksud adalah data materi dan data media komputer pembelajaran. Antara lain:a. Data materi berupa bahan materi yang akan di sajikan dalam media komputer pembelajaran.

b. Data media komputer pembelajaran diperoleh dari berbagai sumber dan para ahli dengan berdiskusi.B. Pelaksanaan PengembanganDalam pelaksanaan pengembangan ini, kegiatan kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan identifikasi sasaran, konsultasi dengan ahli media dan ahli materi serta proses pengambilan data. Adapun rincian kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

Desain ProdukPengembangan media komputer pembelajaran ini menggunakan 3 desain produk yaitu:

a. Desain Materi

Desain materi adalah proses lanjutan dari tahap pengumpulan data.b. Desain produk CAI

Proses pendesain produk dilakukan setelah mendapatkan kebutuhan siswa, tujuan yang hendak dicapai, dan materi pembelajaran.

C. Hasil Uji Coba

a. Penyajian Data Uji Coba

Setelah melakukan produksi media komputer pembelajaran proses selanjutnya adalah uji ahli,

Ahli Materi Nama: SUMIASIH, A.Ma

Lembaga: SDN Lidah Kulon III Surabaya

Jabatan: Guru bidang studi IPA

Produk beserta materi diserahkan kepada dua dengan waktu yang bersamaan. b.. Penyajian Data Uji Coba

Setelah melakukan produksi media komputer pembelajaran proses selanjutnya adalah uji ahli,

Ahli Media I

Nama: Alim Sumarno,S.Pd Lembaga: TeknologiPendidikan FIP UNESA Jabatan: Dosen Mata Kuliah TIKa. uji coba siswa perorangan

Uji coba perorangan dengan memilih 3 siswa. Pemilihan siswa tersebut berdasarkan kemampuan rata-rata tiap individu. Jika rata- rata hasil media komputer pembelajaran 91,72 %b. uji coba kelompok kecil

Tahap uji coba kedua adalah uji coba kelompok kecil dipilih 9 siswa. berdasarkan kemampuan tiap individu dengan karakter kurang pandai, sedang dan pandai. Jika rata-rata hasil media komputer pembelajaran 90,23 % c. uji coba kelompok besar

Setelah dilakukan uji coba siswa kelompok kecil, kegiatan selanjutnya adalah uji coba siswa kelompok besar atau uji lapangan. Subjek uji coba adalah 34 siswaBAB V

SIMPULAN DAN SARAN

A. Simpulan

Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tentang pengembangan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam untuk kelas 3 SDN Lidah Kulon III bahwa:

1. Validasi desain media komputer pembelajaran oleh ahli media menunjukkan rata-rata setiap sub variabel dikategorikan baik sekali.

2. Uji coba produk yang dilakukan secara bertahap menunjukkan rata-rata setiap sub variabel dikategorikan baik sekali. Uji coba kelompok kecil dikategorikan baik sekali dan uji coba pemakaian juga dikategorikan baik sekali.3. Media komputer pembelajaran memberikan peningkatan hasil belajar siswa 4. Berdasarkan analisis data media komputer pembelajaran perlu dikembangkan oleh sekolah SDN Lidah Kulon III Surabaya.

A. Saran

1. Saran Pemanfaatan

Bagi pengguna produk bahan ajar media komputer pembelajaran ini diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal penting yang dapat dijadikan masukan untuk memanfaatkan media komputer pembelajaran

2. Saran Pengembangan Produk lanjutan

Pengembangan media komputer pembelajaran ini dapat dikembangkan lagi dengan materi yang berbeda terutama bagi guru bidang studi supaya lebih dapat mengembangkan media komputer pembelajaran ini.DAFTAR PUSTAKAAECT. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas dan Definisi dan Terminologi AECT ; Seri Pustaka Teknologi Pendidikan no.7. Jakarta: RajawaliAnderson, Ronald H.1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Arikunto,Suharsini 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali PersDjamara dan Zain. 2002. Meningkatkan hasil belajar siswa. Bandung: Kencana Cipta

P = QUOTE x 100 %