150111 warming iccp

6
PEMBAPTISAN TUHAN “Engkaulah Anak yang Kukasihi kepada-Mulah Aku berkenan“ (Markus 1:11) RUANG INFORMASI JADWAL MISA Misa berbahasa Indonesia diselenggarakan: A. Minggu sore : Pk.17.00 bertempat di Pater Noster Catholich Church, 460, Marmion str- Myaree B. Jumat I dalam bulan: Pk. 19.00 bertempat di Pater Noster Church, 460, Marmion str- Myaree. RITE OF CHRISTIAN INITIATION FOR AULTS (RCIA): A. Katekisasi untuk para katekumen dan kandidat angkatan 2014/2015; dimulai kembali pada tanggal 01 Februari 2015. B. Pelajaran Krisma akan dimulai pada tanggal 01 Februai 2015. C. Informasi dapat diperoleh melalui : Ibu Yohana Moelyadi (0402 028 157) atau (08- 93104597). D. Jika ada calon katekumen baru, mohon segera menghubungi Ibu Yohana Moelyadi. E. MENU MAKANAN ROHANI UMAT MINGGU INI A. Menu Harian selama seminggu : Senin, 12 Januari : Ibr1:1-6; Mzm.97; Mrk.1:14-20 Selasa, 13 Januari: Ibr 2:5-12; Mzm.8; Mrk.1:21b-28. Rabu , 14 Januari: Ibr2:14-18; Mzm.105; Mrk. 1: 29-39 Kamis:15 Januari : Ibr 3:7-14; Mzm.95; Mrk.1:4-45 Jumat, 16 Januari: Ibr.4:1-5,11; Mzm.78; Mrk.2:1-12. Sabtu: 17 Januari : Pw S.Antonius Abas : Ibr 4:12-16; Mzm.19; Mrk. 2:13-17. A. Menu Hari Minggu Biasa II : 18 Januari 2015: 1 Sam 3:3b-10-19; Mzm.40; 1 Kor.6:13c- 15a,17-20; Yoh.1:35-42. KEGIATAN KOMUNITAS MINGGU INI TOM akan mengadakan Persekutuan Doa Tema : My Community, My Home “ Pembicara : Albert Nugraha Tanakusuma Hari/Tanggal : Jumat , 16 Januari 2015 Waktu : 19.00 Tempat : Pater Noster Hall – Myaree. WARTA MINGGUAN KOMUNITAS KATOLIK INDONESIA PERTH PESTA PEMBAPTISAN TUHAN, TAHUN B 11 JANUARI 2015 Kami mengucapkan Selamat Datang kepada Anda yang baru pertama kali menghadiri Misa Bahasa Indonesia ini. Kehadiran dan partisipasi Anda pada kegiatan-kegiatan lainnya sangat kami harapkan. Kami mohon bantuan Anda untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan ini kepada Saudara-saudari kita yang belum mengetahuinya. Kami sangat menghargai dan mengharapkan partisipasi Anda. TERIMA KASIH!

Upload: evan-triendy-buntoro

Post on 18-Dec-2015

247 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

150111 Warming ICCP

TRANSCRIPT

RUANG INFORMASIJADWAL MISA

Misa berbahasa Indonesia diselenggarakan:

A. Minggu sore : Pk.17.00 bertempat di Pater Noster Catholich Church, 460, Marmion str- MyareeB. Jumat I dalam bulan: Pk. 19.00 bertempat di Pater Noster Church, 460, Marmion str- Myaree.RITE OF CHRISTIAN INITIATION FOR AULTS (RCIA):A. Katekisasi untuk para katekumen dan kandidat angkatan 2014/2015; dimulai kembali pada tanggal 01 Februari 2015.

B. Pelajaran Krisma akan dimulai pada tanggal 01 Februai 2015.

C. Informasi dapat diperoleh melalui : Ibu Yohana Moelyadi (0402 028 157) atau (08-93104597).

D. Jika ada calon katekumen baru, mohon segera menghubungi Ibu Yohana Moelyadi. MENU MAKANAN ROHANI UMAT MINGGU INI

A. Menu Harian selama seminggu :

Senin, 12 Januari : Ibr1:1-6; Mzm.97; Mrk.1:14-20

Selasa, 13 Januari: Ibr 2:5-12; Mzm.8; Mrk.1:21b-28.

Rabu , 14 Januari: Ibr2:14-18; Mzm.105; Mrk. 1: 29-39

Kamis:15 Januari : Ibr 3:7-14; Mzm.95; Mrk.1:4-45

Jumat, 16 Januari: Ibr.4:1-5,11; Mzm.78; Mrk.2:1-12.

Sabtu: 17 Januari : Pw S.Antonius Abas : Ibr 4:12-16; Mzm.19; Mrk. 2:13-17. A. Menu Hari Minggu Biasa II : 18 Januari 2015: 1 Sam 3:3b-10-19; Mzm.40; 1 Kor.6:13c-15a,17-20; Yoh.1:35-42.KEGIATAN KOMUNITAS MINGGU INITOM akan mengadakan Persekutuan Doa Tema

: My Community, My Home

Pembicara: Albert Nugraha TanakusumaHari/Tanggal: Jumat , 16 Januari 2015

Waktu

: 19.00

Tempat

: Pater Noster Hall Myaree.

WARTA MINGGUAN KOMUNITAS KATOLIK INDONESIA PERTH PESTA PEMBAPTISAN TUHAN, TAHUN B 11 JANUARI 2015

Saudara-saudariku sekomunitas, hari ini kita merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan, yang adalah minggu terakhir dalam Masa Natal. Injil hari ini mengungkapkan kisah tentang pembaptisan Tuhan. Sesudah Yesus dibaptis, langit terbuka, Roh Allah, dalam rupa burung merpati, turun ke atas Dia, lalu terdengarlah suara, Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.Apa yang terjadi atas Yesus pada saat pembaptisan, juga terjadi atas kita. Setelah kita dibaptis, langit terbuka.Roh Allah turun atas kita dan terdengar suara yang sama: Inilah anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nya Aku berkenan. Berkat pembaptisan , kita menjadi seperti Kristus: Roh Allah, Roh Sang Putra, dicurahkan atas kita, dan kita menjadi anak Allah seperti Kristus.

Tetapi, pembaptisan tidak hanya memberikan martabat baru kepada kita. Pembaptisan juga membawa perutusan: Aku membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman. Betapa banyak orang di sekitar kita hidup dalam kegelapan, terhimpit dan terbelenggu. Bagi mereka semua, kita diutus untuk menjadi terang dan pembebas. Seperti Yesus, kita diutus untuk berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan orang

LITURGI EKARISTI

Doa Persiapan PersembahanI. Ya Bapa yang Maha Penyayang, terimalah kiranya persembahan yang kami unjukkan pada hari Engkau memaklumkan Putera-Mu. Semoga persembahan umat-Mu ini disatukan dengan korban-Nya, sebab dalam belas kasih-Nya. Ia mau membersihkan dunia dari segala dosa. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. U. Amin.Doa sesudah KomuniI. Marilah berdoa: Allah Bapa yang Mahamurah , Engkau telah menyegarkan kami berkat anugerah-Mu yang suci. Semoga kami dengan setia mendengarkan Putera-Mu yang tunggal, supaya kami bukan saja dinamakan anak-anak karena pembaptisan , tetapi benar-benar diakui sebagai anak-anak kesayangan-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. U. Amin.AMEN. RITUS PENUTUPPengumuman Komunitas.

Berkat dan pengutusan.Syukur Atas Anugerah PembaptisanAllah Tritunggal yang Mahakudus, aku bersyukur kepada-Mu atas anugerah pembaptisan yang telah aku terima.

Aku bersyukur, sebab melalui pembaptisan Allah Bapa telah menjadikan aku sebagai anak angkat Bapa. Aku diperkenankan menyebut Allah sebagai Bapa dan Bapa menyebut aku sebagai anak-Ku yang Kukasihi.

Ajar aku Bapa untuk selalu hidup sebagai anak-Mu dan anak kesayangan-Mu.

Aku bersyukur, sebab melalui pembaptisan Allah Roh Kudus telah menguduskan aku dari segala dosa. Aku menjadi ciptaan baru; dan sejak pembaptisan, setiap kali aku yang mudah jatuh dalam dosa dan menerima Sakramen Tobat, aku dipulihkan kembali, aku diperbarui, aku disucikan kembali oleh-Nya.

Betapa bahagianya aku, ya Allah Tritunggal Yang Mahakudus. Terpujilah Engkau, Ketiga-Nya: Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin.

Doa UmatPresider: With renewed hope and trust, we remember the compassion of Jesus and placeI. Marilah kita berdoa kepada Allah Bapa kita, yang selalu memperbaharui kita dalam dan karena Yesus Kristus, Putera kesayangan-Nya.

L. Bagi Gereja Kristus : Semoga Bapa menyadarkan kita bahwa Dia selalu dan dimana-mana mendampingi kita. Marilah kita mohon.Reader: For the mission of the church:L. Bagi para penderita: Bapa, curahkanlah berkat-Mu atas mereka yang tengah menderita agar memperoleh penghiburan dan harapan baru berkat iman mereka akan Yesus yang datang juga bagi mereka. Marilah kita mohon L. Bagi para pelaku kebaikan: Bapa, limpahkan dengan kebahagiaan sejati atas mereka yang rajin berbuat baik bagi sesamanya. Marilah kita mohon .L. Bagi mereka yang pernah dibaptis: Bapa, kami persembahkan kepada-Mu banyak orang yang pernah dibaptis, agar mereka pun Kaubangkitkan imannya dan menjadi penghayat iman yang aktif sehingga kelak mampu mempertanggung jawabkan imannya di hadapan-Mu. Marilah kita mohon.L. Bagi para katekumen: Bapa, tambahkan berkat-Mu atas para katekumen kami, agar mereka bertekun dalam mengikuti katekisasi sehingga mereka benar-benar mengenal Yesus, Juruselamat yang memanggil mereka untuk menjadi murid-murid-Nya dalam Gereja Katolik. Marilah kita mohon.L. Bagi kita semua : Bapa, buatlah kami setia menghayati rahmat baptis dan tekun berdoa dan beribadah, sehingga kami pun menjadi anak-anak yang berkenan kepada-Mu. Marilah kita mohon..L. Bagi kepentingan kita masing masing: (hening sejenak). Marilah kita mohon..I. Bapa yang mahabaik , seperti Engkau telah mengundang Putera-Mu dengan penuh kasih sayang, demikian juga terhadap kami. Sebab melalui pembaptisan , kamipun telah menjadi anak-anak-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami , yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. U. Amin.

RITUS PEMBUKAPerecikan Air SuciSebagai ganti Doa Tobat dan Tuhan Kasihanilah Kami, akan diadakan perecikan air suci kepada seluruh umat. Sementara perecikan, dinyanyikan lagu Syukur Kepada-Mu, Tuhan (PS. 592). Perecikan dengan air suci dilakukan sebagai peringatan akan pembaptisan yang pernah kita terima, baik waktu dibaptis bayi/ dewasa.

Kemuliaan (Imam menyalakan lilin pertama dan kemudian memberkati Lingkaran Adven )(9Doa PembukaI. Marilah berdoa: Allah Bapa yang kekal dan kuasa, Engkau telah memaklumkan Yesus Kristus sebagai Putera-Mu. Ketika sesudah pembaptisan- Nya di Sungai Yordan, Ia keluar dari air, dengan disaksikan oleh Roh Kudus yang turun atas-Nya seperti burung merpati. Kami pun telah Kauangkat menjadi putera-puteri-Mu, ketika kami dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus. Semoga kami tetap setia dan hidup pantas dalam mengenakan martabat sebagai putera-puteri-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara.U. Amin. LITURGI SABDABacaan I: Marilah dan minumlah! Dengarkanlah Aku, maka kamu akan hidup! Pembacaan dari Kitab Yesaya (55:1-11)

Beginilah firman Tuhan, Hai kamu semua orang yang haus, marilah dan minumlah air! Dan hai kamu yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli, dan makanlah, minumlah anggur dan susu tanpa bayar!Mengapa kami belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti? Dan mengapa upah jerih payahmu kamu belanjakan untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan?Dengarkanlah Aku, maka kamu akan mendapat makanan yang baik, dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat. Sendengkanlah telingamu, dan datanglah kepadaku; dengarkanlah Aku, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh, yang Kujanjikan kepada Daud. Sesungguhnya Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa , menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa; sesungguhnya , engkau akan memanggil bangsa-bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena Tuhan, Allahmu, dank arena yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau. Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama ia dekat! Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada Tuhan, maka Dia akan mengasihinya; baiklah ia kembali kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpah. Sebab rancangan-Ku bukanlah ranganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku,demikian firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu, dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainakn mengairi bumi membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: Ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakn apa yang Kuhendaki , dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepada-Nya. Demikianlah sabda Tuhan. Mazmur Tanggapan: Yes 12.

Ulangan do=C 4/4102: 1-4, 8-9, 13-14, 17-18Refren Respond: 0 bless the Lord, my soul.Umat: Tuhan Dikaulah sumber air hidup.1. Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gemetar; Sebab Tuhan Allah itu kekuatana dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.2. Bersyuikurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya beritahukanlah karya-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur.

3. Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab mulialah karya-Nya;Baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakuasa, Allah Israel, agung di-tengah-tengahmu.

Bacaan II : Ada tiga yang memberi kesaksian di bumi : Roh, air dan darah..Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (5:1-9)Saudara-saudara yang terkasih, setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah , dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir daripada-Nya. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, yakni iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah anak Allah? Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air , tetapi dengan air dan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di dalam surga, Yakni Bapa, Firman, dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi, yakni Roh, air dan darah, dan ketiganya adalah satu. Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Demikianlah sabda Tuhan This is the word of the Lord.Demikianlah sabda. Bait pengantar Injil

Alleluya (do= c 2/4)Mrk 9:6AlleluiaAlleluia, alleluia!Aleluia, Alleluia! Many women were there by the cross, watching from a distance,Langit terbuka , dan terdengarlah suara Bapa, Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia ! Alleluia!Alleluia! Bacaan Injil : Markus (1:7-11) Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.

Tatkala banyak orang minta dibaptis, Yohanes memberitakan kepada mereka, Sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa daripadaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus. Pada waktu itu datangalah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes. Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu terdengarlah suara dari surga, Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.

Demikianlah Injil Tuhan.

Homili

Aku Percaya

PEMBAPTISAN TUHAN

Engkaulah Anak yang Kukasihi kepada-Mulah Aku berkenan

(Markus 1:11)

Indonesia Catholic Community of Perth (ICCP)

Chaplain : Rm. Remigius Asnabun, Telp: 0423 728 407

Postal address : PO Box 1131, Booragoon WA 6954

Alamat : 460 Marmion St, Myaree WA 6154

E-mail : [email protected]

Kami mengucapkan Selamat Datang kepada Anda yang baru pertama kali menghadiri Misa Bahasa Indonesia ini. Kehadiran dan partisipasi Anda pada kegiatan-kegiatan lainnya sangat kami harapkan.

Kami mohon bantuan Anda untuk menyebarluaskan kegiatan-kegiatan ini kepada Saudara-saudari kita yang belum mengetahuinya. Kami sangat menghargai dan mengharapkan partisipasi Anda.

TERIMA KASIH!

BADAN PENGURUS

Indonesian Catholic Community of Perth

(2015)