13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

8
Religion and Mental Health Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

Upload: fiyah-rachma

Post on 16-Aug-2015

26 views

Category:

Education


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

Religion and Mental Health

Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

Page 2: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

2Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

2

Pengertian Agama dan Kesehatan Mental

Agama adalah pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan sesuatu yang ghaib yang menguasai manusia, yang dengan karenanya manusia meyakini harus mematuhui kewajiban-kewajiban sehingga hal itu mempengaruhi pada tingkah atau perbuatan-perbuatan manusia sehari-hari.

Sedangkan

Kesehatan Mental adalah terhindarnya seseorang dari keluhan dan gangguan mental baik berupa neurosis maupun psikosis (penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial)

Page 3: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

3Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

3

Prinsip-PrinsipKesehatan Mental

Yang dimaksud dengan prinsip-prinsip kesehatan mental dasar yangharus ditegakkan orang dalam dirinya untuk mendapatkan kesehatan mentalyang baik serta terhindar dari gangguan kejiwaan. Prinsip tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Gambaran dan sikap yang baik terhadap diri sendiri2. Keterpaduan antara integrasi diri 3. Perwujudan diri4. Berkemampuan dalam menerima orang lain 5. Berminat dalam tugas dan pekerjaan 6. Mempunyai agama, cita-cita, dan falsafah hidup7. Pengawasan diri8. Rasa benar dan Tanggung jawab

Page 4: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

44Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

4

Aliran dalam Kesehatan Mental

Terdapat beberapa pandangan tentang kesehatan mental dari sudut psikologi dan agama di ataranya adalah :1. Aliran psikoanalitik

Psikoanalisis merupakan satu sistem dinamis dari psikologi yang mencari akar tingkah laku manusia didalam dorongan dan konflik yang tidak disadari.

2. Aliran behavioristikAliran ini berpendapat bahwa kesehatan mental adalah kesanggupan seseorang untuk memperoleh kebiasaan yang sesuai dan dinamik yang dapat menolongnya berintegrasi dengan lingkungan, dan menghadapi suasana-suasana yang memperlukan pengambilan keputusan.

Page 5: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

555Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

5

Lanjutan ....3. Aliran Humanistik

kesehatan mental, menurut aliran ini, adalah kesadaran manusia terhadap potensi-potensi kebebasannya untuk mencapai apa yang ia kehendaki dengan cara yang dipilihnya. Dengan kata lain, bahwa orang yang sehat mentalnya menurut aliran ini adalah orang yang sabar akan yang dimilikinya, kemudian secara bebas ia dapat menegmbangkan sesuai dengan kehendaknya.

4. Pandangan IslamMenurut pandangan Islam orang yang sehat mentalnya ialah orang yang berperilaku, fikiran, dan perasaannya mencerminkan dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Ini berarti orang yang sehat mentalnya ialah orang yang didalam dirinya terdapat keterpaduan antara perilaku, perasaan, fikirannya, dan jiwa keberagamaannya. Dengan demikian, tampaknya sulit diciptakan kondisi kesehatan mental dengan tanpa agama. Bahkan dalam hal ini Malik B. Badri berdasarkan pengamatannya berpendapat, keyakinan seseorang terhadap islam sangat berperan dalam memebebaskan jiwa dari gangguan dan penyakit kejiwaan. Disinilah peran penting Islam dalam membina kesehatan mental.

Page 6: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

66Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

6

Kedudukan dan Peran Kesehatan Mental dalam

IslamKesehatan mental dalam Islam adalah ibadah dalam pengertian luas atau pengembangan potensi diri yang dimiliki manusia dalam rangka pengabdian kepada Allah dan agamanya, untuk mendapatkan al-nafs al-muthmainnah (jiwa yang tenang dan bahagia).

Firman Allah :

“Hai jiwa dalam ketenangan! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang senang dan diridhai-Nya.”

Page 7: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

777Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

7

Hubungan Agama denganKesehatan Mental

Sejumlah kasus yang menunjukkan adanya hubungan antara faktor keyakinan dan kesehatan mental tampaknya sudah disadari para ilmuwan beberapa abad lalu. Misalnya, pernyataan Carel Gustay Jung

“Diantara Pasiensaya Yang Setengah Baya, Tidak Seorang Pun Yang Penyebab Penyakit Kejiwaannya Tidak Dilatar

Belakangi Oleh Aspek Agama”.

Page 8: 13410129 dewy alifiyah rachma religion and mental health

888Dewy Alifiyah Rachma (13410129)

8

Kedudukan dan Peran Kesehatan Mental dalam

IslamKesehatan mental dalam Islam adalah ibadah dalam pengertian luas atau pengembangan potensi diri yang dimiliki manusia dalam rangka pengabdian kepada Allah dan agamanya, untuk mendapatkan al-nafs al-muthmainnah (jiwa yang tenang dan bahagia).

Firman Allah :

“Hai jiwa dalam ketenangan! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang senang dan diridhai-Nya.”