xii.ipa.1 sman 1 tebing tinggi 2014/2015

28
FISIKA ATOM

Upload: riadi

Post on 12-Apr-2017

332 views

Category:

Education


3 download

TRANSCRIPT

KELOMPOK 3

FISIKA ATOM

1

KELOMPOK 3YOGA PRATAMASAPRIADITRI CAHYADIBELLA ANGGRIYANI

PETA KONSEPFISIKA ATOMTEORI ATOMSPEKTRUM ATOMDALTONTHOMSONRUTHERFORDBOHRBILANGAN KUANTUMKATA KUNCIATOMIONISASIKUANTUMORBITALPROTONSPEKTRUM

TEORI ATOM DALTON(1766-1844)Atom ialah bagian terkecil suatu zat yang tidak dapat dibagi-bagi. Atom tidak dapat dimusnahkan & diciptakan

TEORI ATOM DALTONKonsep Model Atom Dalton:Setiap benda (zat) tersusun atas partikel partikel terkecil yang tidak dapat dipisahkan lagi disebut atom.Setiap benda (zat) mempunyai sifat yg sama dengan atom- atom penyusunnya.Bila sifat - sifat suatu zat berbeda dengan lainnya, menunjukkan atom - atom penyusun zat-zat tersebut berbeda pula. Dalam peristiwa reaksi kimia pada hakekatnya merupakan penyusunan kembali atom dalam suatu zatPada peristiwa reaksi kimia jumlah atom2 yg terlibat dalam penyusunan zat punya perbandingan berupa bilangan bulat sederhana.

TEORI ATOM DALTONKelebihanKekuranganSetiap unsur terdiri dari partikel yang sangat keci yang dinamakan dengan atomAtom dari unsur yang sama memiliiki sifat yang sama begitu pula bila atom dari unsur berbeda maka akan memiliki sifat yang beda pulaAtom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain dengan reaksi kimia, dan juga atom tidak dapat dimusnahkan.Atom-atom dapat bergabung membentuk gabungan atom yang disebut molekulDalam senyawa, perbandingan massa masing-masing unsur adalah tetap

Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik? padahal listrik adalah elektron yang bergerak.

TEORI ATOM THOMSON(1897)Thomson melakukan percobaan lampu tabung

TEORI ATOM THOMSON

Menghasilkan teori yaitu:Atom bukan sebagai partikel terkecil dari suatu bendaAtom berbentuk bola pejal,dimana terdapat muatan listrik positif dannegative yang tersebar merata di seluruh bagian seperti roti kismis.Pada atom netral jumlah muatan listrik negatif sama dengan jumlah muatan listrik positifMasa elektron jauh lebih kecil dibandingkan dengan masa atom Thompson melakukan percobaan lampu tabung.

TEORI ATOM THOMSONKelebihanKekuranganMembuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom. Berarti atom bukan merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

TEORI ATOM RUTHERFORDRutherford menggugurkan model atom Thomson. Dengan percobaan hamburan sinar alfa. Dalam percobaan ini berkas partikel alfa partikel yang bermuatan listrik positif ditembakkan kearah suatu logam tipis misalnya terbuat dari emas.

PERCOBAAN RUTHERFORDBila berkas hamburan sinar ditembakkan pada lempeng emas, maka sinar yg keluar dari lempeng mengalami hamburan.Dapat diamati pada cahaya terang & gelap di layar pendar

Sebagian besar partikel sinar dpt tembus karena melalui daerah hampa.Partikel yg mendekati inti atom dibelokkan karena mengalami gaya tolak inti.Partikel yg menuju inti atom dipantulkan karena inti bermuatan positif & sangat masif.

Dari percobaan tersebutDiperoleh beberapa kesipulan sebagai berikut:

1. Atom bukan merupakan bola pejal, karena hampir semua partikel alfa diteruskan2. Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas, maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.3. Partikel tersebut merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom, berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20.000 partikel alfa akan dibelokkan. Bila perbandingan 1:20.000 merupakan perbandingan diameter, maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan.

TEORI ATOM RUTHERFORDAtom terdiri atas inti atom yang merupakan konsentrasi muatan positif atom berukuran kecil tetapi memiliki massa yang besarnya 99,99% dari total massa atom.Sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruang kosong. Hal ini di tunjukkan oleh anyaknya partikel alfa yang di teruskan dalam percobaan rutherfordMuatan negatif (elektron) bergerak mengitaran inti atom pada jarak tertentu seperti halnya sistem tata surya, diman planetplanet bergerak mengitari matahariRUTHERFORD mengajukan model atom dengan ketentuan:

Kelebihan model atom rutherford

Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti.

Kelemahan

1.Energi total akan semakin kuat, elektron jatuh ke inti tetapi kenyataannya tidak pernah Spektrum atom kontinu, padahal terputus / diskrit

2. Menurut hukum fisika klasik, elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Akibatnya, lama-kelamaan elektron itu akan kehabisan energi dan akhirnya menempel pada inti.

3. Model atom rutherford ini belum mampu menjelaskan dimana letak elektron dan cara rotasinya terhadap inti atom.

4. Elektron memancarkan energi ketika bergerak, sehingga energi atom menjadi tidak stabil.

5. Tidak dapat menjelaskan spektrum garis pada atom hidrogen (H)

TEORI ATOM BOHR Pada tahun 1913, Niels Bohr mengemukakan teori baru mengenai struktur dan sifat atom. Teori atom Bohr pada prinsipnya menggabungkan teori kuantum Planck dan teori atom dari Rutherford yang dikemukakan pada tahun 1911.

T E O R I A T O M B O H RSpektrum garis atom hidrogen akhirnya berhasil dijelaskan oleh niels bohr., seorang fisikawan denmark pada tahun 1913 bohr memberikan 4 postulat untuk menjelaskan model atomnya.1. Atom Hidrogen terdiri dari sebuah elektron yang bergerak dalam suatu lintas edar berbentuk lingkaran mengelilingi inti atom ; gerak elektron tersebut dipengaruhi oleh gaya coulomb sesuai dengan kaidah mekanika klasik.

Pada keadaan ini terjadi keseimbangan gaya coulomb dan gaya sentripental

Energi total elektron sama dengan jumlah energi kinetik dan energi potensial

Sehingga persamaan menjadi :

Nilai E yang negatif menunjukkan bahwa elektron dan inti saling terikat. Jika r mendekati tak hingga, maka E sama dengan nol. Jika E = 0, elektron tidak lagi terikat oleh inti atom. Dikatan bahwa atom telah mengalami ionisasi. Selanjutnya, bohr mengasumsikan bahwa momentum sudut elektron yang bergerak mengitari inti atom bernilai diskret ( terkuantisasi ). Besarnya momentum sudut ini sama dengan

Keterangan :m = massa elektron (kg)V = kecepatan linear elektron (m/s) r = jari-jari lintasan electron (m)n = nomor kulit atau bilangan kuantum utama (n=1,2,3) h = konstanta Planck = 6,62.10-34 J.s

Tingkat Energi

Tingkat energi menjelaskan mengenai energi tetap tertentu yang dapat dimiliki suatu sistem yang dijelaskan oleh mekanika kuantum, seperti yang dapat dimiliki oleh molekul, atom, elektron, atau inti. Misalnya, sebuah atom memiliki energi tetap sesuai dengan orbital tempat elektron bergerak mengelilingi inti atom. Atom ini dapat menerima suatu kuantum energi sehingga menjadi sebuah atom tereksitasi.

Eksitasi menunjukkan suatu proses yang terjadi ketika sebuah inti, elektron, atom, ion, atau molekul memperoleh energi yang memindahkannya ke suatu keadaan kuantum (keadaan tereksitasi) yang lebih tinggi dari keadaan dasarnya. Antara keadaan dasar (ground state), yaitu energi terendah yang mungkin untuk suatu sistem tertentu, dan keadaan tereksitasi pertama tidak ditemukan tingkat energi yang terijinkan (daerah terlarang).

Diagram tingkat energi

1. Deret Lyman (Deret Ultraungu )

2. Deret Balmer (Deret Cahaya Tampak)

3. Deret Paschen (Deret inframerah I)

4. Deret Brackett(Deret inframerah II)

5. Deret Pfund (Deret inframerah III)

Elektron mengelilingi inti melalui lintasan stasioner. Elektron tidak mengorbit mengelilingi inti melalui sembarang lintasan , melainkan hanya melalui lintasan tertentu dengan momentum anguler tertentu tanpa membebaskan energi. Lintasan ini disebut lintasan stasioner dan memiliki energi tertentu. momentum anguler elektron selama mengelilingi inti atom harus berupa bilangan bulat positif h.

Pada lintasan stasioner, elektron mengorbit tanpa memancarkan energi.Elektron bisa berpindah dari satu orbit ke orbit lainnya. Apabila elektron berpindah dari kulit luar ke kulit yang lebih dalam, akan dibebaskan energi dan sebaliknya akan menyerap energi.

Maka energi yang dibebaskan dapat ditulis :

Keterangan :EA = energi elektron pada lintasan dengan bilangan kuantum A (joule)Eb =energi elektron pada lintasan dengan bilangan kuantum B (joule)f = frekuensi yang dipancarkan atau diserap (Hz)

mERCIXIE XIETHANK YOUTERIMA KASIH- Semoga Bermanfaat -