wiyata mandala 4 17 november 2014

16
2138 TH, XVIII, 4 - 17 November 2014, Eceran Rp. 2.000 Siswa SLUB Saraswati Raih Emas Tingkat Nasional Medali Emas Baca Hal. 15 SMP (SUB) Saraswati 1 Denpasar kini memiliki julukan baru sebagai gudangnya peneliti muda. Wajar Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra memberi pujian atas prestasi siswa SLUB Saraswati. Cara Lacak HP Hilang Deklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik Profil SMAN 4 Denpasar Trik Menghafal Pelajaran Menikmati Kesendirian

Upload: wiyata-mandala

Post on 06-Apr-2016

342 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

16Selasa, 4 - 17 November 2014

2138 TH, XVIII, 4 - 17 November 2014, Eceran Rp. 2.000

Medali Emas

Nama SMP Saraswat i 1 Denpasar sudah dikenal sejak lama sebagai sekolah swasta berkualitas. Ini semua berkat prestasi siswanya baik di MB, Pramuka dan karya tulis ilmiah. Yang terakhir ini prestasi siswa SMP Saraswati 1 Denpasar sudah go nasional. Bahkan siswanya sudah tiga kali menyumbang medali emas di Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) tingkat nasional. Belum lama ini siswa SLUB Saraswati yang menjadi duta Bali meraih medali emas di katagori IPS dan medali perunggu di IPA.

Dari enam tim Bali di LPIR, dua dari SLUB Saraswati keduanya meraih emas dan perunggu. Tahun lalu meraih emas di Teknik dan perunggu di IPA. Dua tahun lalu satu emas di IPA.

Kali ini medali emas diraih oleh Putu Dyah Intan Prathiwi dan Ayu Nanda Krisna Naraiswari. Intan adalah siswa IX-B, anak pertama pasangan Drs. I Wayan Sugiantara dan I Gst Ayu Putu Oka Parwati, asal Br. Kelandis. Sedangkan Nanda adalah siswa IX-B, anak kedua pasangan Nyoman Gede Suatama dan Ayu Setiawati Kencana Putri asal Br. Pagan Kaja. Keduanya memaparkan penelitian “Transgender dalam seni pertunjukkan Arja Bali”.

Sedangkan Rr. Fitria Intan Melleniari dan Ni Ketut Ayu Juni Puspasari mewakili Bali di bidang IPA dengan judul penel i t ian “Karakter morfologi daun tipe s tomata beberapa tanaman peneduh jalan di Kota Denpasar”. Rr. Fitria Intan Melleniari (IX-B) anak kedua pasangan R. IndronotoS.H., dan Decy Liliana Lobo, asal Solo. Ni Ketut Ayu Juni Puspasari (IX-B), anak keempat pasangan Ni Ketut Murniati dan I Putu Sanakarya asal Gerenceng.

Di ajang itu mereka diuji oleh para profesor. Semua pertanyaan dijawab lancar lewat sidang tertutup. Dyah Intan menegaskan bahwa transgender di arja bukan diartikan negatif namun murni kreatifitas.

Sementara itu Fitria Intan dan Juni Puspasari sudah tampil maksimal, hanya saja lupa membawa sampel daun penelitiannya. Mereka kalah nilai sedikit dari peraih emas.

Di LPIR ke-9 tingkat nasional mereka bersaing dengan 1.400 siswa. Namun Dyah Intan yang memang sebelumnya mentargetkan meraih emas di ajang tersebut akhirnya tercapai.

Atas keberhasilan tersebut, Kepala SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Dra. A.A.A. Adnyani, M.M., bersama para siswa dan guru pembina, Jumat (17/10) lalu melaporkan prestasi itu kepada pengurus Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar. Mereka diterima Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S., Pengawas Drs. Putu

Gede Dirgha dan Sekretaris Drs. Dewa Sukanada dan Bendahara dr. Susila.

Adnyani yang akrab dipanggil Bu Gung ini yang mendampingi siswanya selama empat hari di Tanggerang, 8-14 Oktober lalu mengaku bangga, terharu hingga menangis karena anak SMP mampu presentasi di depan dewan juri yang profesor. “Justru yang lebih takut adalah kaseknya,” ujar Adnyani.

Dia berharap prestasi ini terus dipertahankan untuk menjunjung tinggi nama SLUB Saraswati Denpasar, nama Denpasar, dan Bali. Dia berharap jejak ini diikuti oleh semua siswa dan guru, mulai menulis dari yang sederhana hingga mampu meneliti.

Selama mengikut i LPIR, keempat siswa ini didampingi Kasek Adnyani dan dua guru pembina yakni Pande Putu Sekar Ariwidiantari, S.SI., dan IB Gede Adnyana, S.Pd.

Pjs . Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji, M.S., bersama Putu Gede Dirgha, dr. Susila dan Dewa Sukanada memberi apresiasi positif atas prestasi kerja keras siswa, kasek dan gurunya hingga mampu meraih medali di ke LPIR tingkat nasional. Prestasi ini dia sebut luar biasa karena satu-satunya duta Bali yang meraih medali emas di ajang bergengsi itu.

Saat itu Bagus Ketut Lodji langsung menyerahkan insentif

Siswa SLUB Saraswati

Raih Emas Tingkat Nasional

Medali EmasBaca Hal. 15

SMP (SUB) Saraswati 1 Denpasar kini memiliki julukan baru sebagai gudangnya peneliti muda. Wajar Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra memberi pujian atas prestasi siswa SLUB Saraswati.

Cara Lacak HP Hilang

Deklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

Profil SMAN 4 Denpasar

Trik Menghafal Pelajaran

Menikmati Kesendirian

WALI Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra pasti tersenyum ketika membaca berita ini. SMAN 7 Denpasar memenuhi harapannya menjadi sekolah terbaik juara I lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) se-Bali 2014.

Piala dan hadiah bagi pemenang diserahkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Lapangan Niti Mandala Renon, Selasa (28/10) lalu.

Saat penilaian Lomba Wawasan Wiyata Mandala, Wal i Kota Denpasar IB Rai Dhramawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kadisdikpora IGN Eddy Mulya mengakui duta Kota Denpasar banyak memiliki keunggulan. Selain unggul secara akademis berupa sekolah SKM PBKL PSB tingkat nasional sejak 2009 juga unggul dalam budaya dan olahraga. Atas dasar itu sekolah ini layak mendapat predikat sekolah terbaik, bermutu dan menyiapkan generasi pemilik masa depan.

Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si., tampak tersenyum manis usia menerima piala juara I lomba WWM di moment bersejarah bagi pemuda

Juara I Lomba Wawasan Wiyata Mandala Se-Bali 2014

SMAN 7 Denpasar Penuhi Harapan Wali Kota

PIALA– Kasek Ida Bagus Suyasaputra saat menerima piala juara I lomba WWM se-Bali dari Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.

Indonesia tersebut. Sekaligus menjadikan kado bagi Pemkot Denpasar di akhir bulan Oktober ini.

Dia mengungkapkan rasa syukurnya karena SMAN 7 Denpasar mampu memberi yang terbaik dan siap di lombakan secara nasional. Prestasi ini tegas Suyasaputra juga mendukung visi sekolah unggul dalam akademis, peduli lingkungan, pelayanan prima dan berwawasan meta kecerdasan. Dengan demikian SMAN 7 Denpasar makin berumur makin kuat dan makin berkembang.

SMAN 7 Denpasar yang dipersiapkan menjadi sekolah Adi Wiyata dan go internasional ini, menurut Suyasaputra didampingi Wakasek Ku r i ku lum Drs . I Ketut Muditha, M.Pd.; Wakasek Kesiswaan Nyoman Sedana, S.Pd., M.Pd.; Wakasek Sarana Prasarana; Drs. Made Siarta, M.Pd., dan Wakasek Humas Dra. CIM Kusuma W., mampu memenuhi tiga aspek yakni penataan l ingkungan, pengelolaan administrasi sekolah dan kualitas PBM-nya. Kasek yang low profile ini mengaku semua prestasi ini berkat kerja keras dan kebersamaan tim, baik dari siswa, guru dan karyawan. (sue)

BONUS- Bagus Ketut Lodji, Putu Gede Dirgha dan Dewa Sukanada, kasek dan guru pembina menyerahkan bonus kepada siswa SLUB Saraswati yang meraih emas dan perunggu di LPIR nasional.

KOTA Denpasar d ibawah Kepemimpinan Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat pas mendapat predikat kota pusaka dunia alias internasional. Kota pusaka dunia ini didukung warga Denpasar yang aktif dan kreatif dalam segala hal.

Wali Kota pun langsung blusukan ke sekolah yang kreatif lewat berbagai prestasi. Rabu (22/10) lalu Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra langsung menemui tiga siswa SMPN 3 Denpasar yang memborong juara I, II dan III lomba film dokumenter se-Kota Denpasar. Wali Kota langsung diterima Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdhana, S.Pd., M.Psi., beserta dewan guru.

Prestasi tersebut diukir oleh Desak Arumdari dengan f i lm

Wali Kota Juluki SMPN 3 Denpasar sebagai Sekolah Kreatif

berjudul “Layang-layang” sebagai juara I. Juara II diraih Amelia Winda Gusanti berjudul “Topeng Sidakarya” dan rekan sekelasnya A.A. Istri Sarining Gayatri dengan film “Subak Pusaka Kota Denpasar”.

Ketiga film ini akan dikirim ke Organitation World Heritage City (OWHC) di Paris. Sebab hingga kini baru Kota Denpasar dan Kota Surakarta yang masuk OWHC dibawah UNESCO sebagai kota pusaka dunia. Bahkan di hari yang sama Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra juga tampil sebagai pembicara di Gianyar yang memaparkan Denpasar sebagai kota pusaka internasional.

Selain berprestasi d i f i lm dokumenter, s iswa SMPN 3 Denpasar juga langganan juara LKTI berbasis lingkungan. Salah

seorang siswanya meneliti pohon kasegseg sebagai bahan obat yang diharapkan bisa lolos sebagai juara dunia.

Semua prestasi itu diapresiasi secara positif oleh Wali Kota. Bahkan di acara itu Wali Kota Denpasar langsung menambah predikat sekolah ini menjadi sekolah kreatif. “SMPN 3 Denpasar layak menyandang gelar sekolah kreatif,” ujarnya.

Dengan karya film dokumenter ini, Wali Kota menilai SMPN 3 Denpasar ikut berperan memberi penguatan pada status Denpasar sebagai kota pusaka dunia dan anggota OWHC. Bahkan dia menilai penelitian siswa SMPN 3 Denpasar di bidang lingkungan merupakan bagian dari jiwa kreatif warga sekolah.

W a l i K o t a d i d a m p i n g i Kadisdikpora IGN Eddy Mulya berharap lewat karya film dan peneliti muda, anak-anak SMPN 3 Denpasar terus unggul dalam sosial entrepreneurship serta menjadi calon sutradara hebat di masa depan.

Mendapat predikat sekolah kreatif, Kasek I Wayan Murdhana, tampak tersenyum lebar. Selain mendapat pujian atas kinerja siswa dan gurunya, ini sekaligus tantangan untuk memotivasi anak-anak tampil kreatif sepanjang hidupnya. Diperlukan motivasi intr insik (diri sendiri) guna menjadikan kreatif sebagai budaya di SMPN 3 Denpasar. (sue)

JUARA- Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadisdikpora IGN Eddy Mulya dan Kasek I Wayan Murdhana bergambar dengan juara lomba film dokumenter.

berupa uang Rp 10 Juta masing-masing Rp 7 juta untuk peraih emas dan Rp 3 juta untuk peraih perunggu sebagai bentuk perhatian yayasan terhadap prestasi siswa.

Mereka juga mendapat bebas SPP sampai tamat. Dia berharap prestasi ini menular ke siswa lainnya di event yang bergengsi. (sue)

15

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 4 - 17 November 2014

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Bisa juga aktivitas yang unik dan menarik. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, ang-gota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Se-

kolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pem-impin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

VOCABULARY

No English Indonesia

Selasa, 4 - 17 November 2014

UNTUK para pengguna BBM mungkin sudah mengenal dan merasakan BBM group, di mana dalam satu group kita dapat mem-buat beberapa tema bahasan yang kemudian dikomentari oleh ang-gota group. Juga beberapa ap-likasi chatting lainnya yang memi-liki kemampuan membuat group untuk komunitas atau group yang memiliki kesamaan seperti group keluarga, group kerja, group hobi dan group lainnya. Memungkinkan dalam satu group dapat saling me-nyapa, bercerita, meluangkan ide ataupun berkomentar. BBM chan-nels menurut saya hampir mirip dengan BBM group namun memili-ki beberapa kelebihan dan fasilitas khusus. BBM channels ini hampir mirip dengan micro blog, di mana pemilik channels dapat mem-pub-lish suatu topik bahasan ataupun cerita yang bisa dipadukan dengan gambar. Setelah itu para member

dapat berdiskusi ataupun dapat berkomentar di kolom komentar. Jadi bisa dibilang BBM chan-nels ini gabungan dari BBM group dan micro blog. Black-Berry meninjau BBM Channels berdasarkan berbagai subjek secara terus-menerus dan da-pat mengidentifikasi sebagian saluran sebagai terverifikasi, tetapi kamu tidak dapat me-minta verifikasi ini secara spesi-fik. Ikon (centang) menandakan saluran dengan konten otoritatif

dari orang, merek, atau layanan sebagai saluran terverifikasi.

Nah, Berikut ini adalah cara-cara membuat channel.1. Pastikan kamu menggunakan

BBM versi terbaru, selain kamu bisa melakukan BBM Channel, BBM versi 8 ke atas sangat ri-ngan digunakan.

2. Masuk ke aplikasi BBM, lalu tap ke kanan atau sentuh pojok kiribawah akan muncul tampilan BBM Channel perusahaan pe-rusahaan besar.

3. Lalu sekarang tap ke kiri atau sentuh pojok kanan bawah, pilih create channel (tap ke kiri atau ke kanan bisa saja sebailknya tergantung model smartphone).

4. Sekarang kamu tinggal mem-buat channel kamu. Masukkan identitas channel/saluran, foto, deskripsi, dll.

5. Terakhir kamu akan disuruh

memasukan kontak. Kontak ini tidak akan visible ke audience, melainkan hanya akan digu-nakan oleh blackberry untuk mengontak kamu jika saluran bermasalah.

6. Pada setelan saluran, ubah salah satu dari bidang berikut: Pesan status untuk memper-barui status saluran; Gambar profil, di mana foto saluran seringkali memberi kesan per-tama yang didapat orang dari saluran kamu; Nama saluran yakni nama yang ditampilkan di posting dan komentar kamu; Deskripsi saluran adalah teks yang orang lihat ketika ber-gabung dengan saluran kamu.Setelah mengerti cara membuat

BBM Channel, lalu bagaimana cara menggunakanya? Mudah saja, set profil picture, set deskripsi, dan set status seperti twitter dan facebook. Nggak ribet, malah lebih ringan. Kamu juga bisa berkomentar dan memberi like. Mungkin yang teman-teman bingung adalah bagaimana melakukan reshare. Sebenarnya cara share status di BBM channel mudah banget. Tap saja status/post yang kamu mau share. Tap-nya ditahan selama beberapa de-tik, lalu akan muncul pilihan repost atau copy. Silahkan pilih repost un-tuk share ke channel kamu.

Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

BANYAK pengguna Android yang terkadang lalai atau bahkan terkena musibah yaitu kehilang-an smartphone kesayangannya. Walaupun smartphone kini bukan lagi barang yang mewah, tetapi itu tidak menutup kemungkinan gadget kamu aman. Tidak ada salahnya kamu berusaha untuk menambah keamanan androidmu. Sekarang banyak software security yang juga memiliki fitur “Anti Theft” yang da-pat kamu manfaatkan.

Nah, apabila kamu ternyata mengalami situasi kehilangan smartphonemu, berusahalah untuk tidak panik dulu. Ada berbagai cara untuk menemukan smartphone androidmu yang hilang, walaupun belum tentu berhasil. Namun tidak

Melacak Smartphone yang Hilangada salahnya jika kamu mencobanya. Smart-phone kamu harus dalam keadaan hidup, memiliki sinyal yang cukup, dan koneksi ke internet untuk dapat dilacak.

1. Akseslah akun Google yang terhubung dengan android kamu yang hilang.

2. Masuk ke Google Play Store, Download dan install aplikasi Lookout Mobile Security yang otomatis juga terinstall pada smartphonemu yang hilang terse-but.

3. Buka Gmail kamu, lalu tung-gu pihak Lookout mengirimkan posisi terbaru smartphonemu yang hilang melalui email. Email yang dikirimkan pihak Lookout berben-tuk Google Maps sehingga kamu dapat dengan mudah melacaknya dengan fitur “Get Direction”.

Ada banyak aplikasi yang juga memiliki fitur untuk melacak ponsel kamu yang hilang juga. Contohnya Advanced Mobile Care Security dari IOBIT. Aplikasi AMC-Security juga memiliki fitur lock phone. Kamu dapat mengecek Android

kamu dari jarak jauh jika sudah ter-insall software ini. Kamu juga dapat menyalakan alarm dari jarak jauh, sehingga ponselmu akan berbunyi cukup keras jika kamu mengaktif-kannya, dan untuk mematikannya maka harus memasukkan pass-word atau pin yang sudah sudah kamu setting pada saat mengaktif-kan fitur anti-theft.

Google juga sebenarnya sudah menyediakan fitur Anti Maling, na-mun terkadang fitur yang ditawar-kan oleh para pembuat software lebih menarik dan memudahkan-mu. Melalui fitur Device Manager yang juga dapat difungsikan untuk mengetahui keberadaan gadget, atau bahkan sahabatmu. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu untuk login ke akun Google yang sama pada gad-get kamu yang ingin dilacak. Se-telah itu login menggunakan akun Google tersebut pada Device Ma-nager Web. Selanjutnya kamu da-pat melihat lokasi dan tempat akun yang kamu gunakan di smartphone androidmu.

James KawilarangSisma

SECARA default, kita bisa me-lihat dan menambahkan widget ke layar home perangkat. Dengan menggunakan widget, kita da-pat dengan mudah melihat segala macam informasi yang bergunakan serta melakukan beberapa tindak-an cepat tanpa harus membuka aplikasi yang sebenarnya dari laci aplikasi. Berikut cara mengakses widget apapun dari layar atau apli-kasi di android.• Pada tablet Android atau smart-

phone, cari Play Store kemudian download dan install aplikasi gra-tis “flippr”.

• Setelah terinstal, jalankan aplika-si dari laci aplikasi.

• Pada layar utama aplikasi, sen-tuh ikon “Play” ikon untuk memu-lai aplikasi.

• Setelah itu, tekan plus ikon (+) untuk menambahkan grup baru untuk widget. Masukkan nama grup kemudian tekan “ok”.

• Kelompok widget baru kemu-dian akan ditampilkan pada layar home. Cukup tekan ikon roda gigi (pengaturan ikon) untuk menam-

Mengakses Widget dari Layar Androidbahkan widget ke grup. Jika kita ingin mengedit ukuran baris atau kolom ukuran widget, tekan tom-bol “Configure”.Sekarang, jika kamu ingin me-

nambahkan kelompok widget kedua, kamu bebas untuk melaku-kannya. Hanya perlu diingat bah-wa versi gratis dari aplikasi hanya akan memungkinkan kamu untuk membuat maksimal dua kelompok. Kamu hanya dapat menambahkan hingga tiga widget per kelompok. Setelah kamu selesai menambah-kan widgetmu, silahkan browsing atau membuka aplikasi lain. Kamu juga dapat menulis catatan atau menonton video.

Jika kamu ingin mengakses wid-get tertentu, kamu dapat melaku-kannya tanpa meninggalkan apli-kasi kamu saat ini. Hanya tekan ikon flippr yang muncul di sisi kiri layarmu. Untuk beralih widget milik satu kelompok, cukup sentuh ikon kemudian gerakkan jarimu secara horizontal. Di sisi lain, kamu dapat beralih dari satu kelompok widget yang lain dengan menyentuh ikon

bergerak flippr dalam gerakan ver-tikal. Untuk menutup semua widget aktif, cukup tekan pada setiap area kosong layar kamu saat ini. Untuk menonaktifkan sementara atau menonaktifkan flipper, kamu hanya perlu tekan ikon stop bukan ikon play. Jadi itu saja.

AtmajaSpelden

TENGAH hari sebelum berang-kat ke sawah, seorang tetangga sempat bercerita: “Kalau boleh memilih, malas untuk bertani. Saat panen tak ada yang mau membeli hasil pertanian. Seka-lipun dibeli pasti ditawar dengan harga yang sangat murah,” keluh wanita tua, Ni Made Senti yang selalu menghabiskan waktunya untuk bertani. Mau tidak mau Senti menerima tawaran pembeli. “Terpaksa saya berikan, biar ada untuk beli pupuk,” ungkapnya sembari menghisap rokok yang ada di tangannya.

Betapa merana petani kita kini. Pupuk dan alat-alat pertanian mahal. Pemasaran sulit dalam ar-tian di kala panen banyak sekali hasil pertanian dan dibeli de-ngan harga yang murah. Seperti yang dijumpai di sekitar wilayah Baturiti, Tabanan. Saat musim panen tomat, tomat merajalela di sawah-sawah pinggir jalan milik warga. Karena banyaknya tomat, otomatis harganya murah. Terka-dang petani bingung sendiri, ka-lau dijual harganya murah sekali. Harga perkilo hanya seribu lima ratus rupiah. Padahal sudah ca-pek memetiknya. Adapun kalau dibiarkan malah busuk. Maka se-suai yang dijumpai di Desa Apuan, Baturiti Tabanan ini tomat segar dibiarkan membusuk menggan-tung pada pohonnya tak terurus. Kalau sudah begini siapa yang patut disalahkan? Petani tak da-pat berbuat apa-apa. Nasib petani di negeri ini sangat memilukan. Sering kali mereka bekerja keras menyediakan pangan bagi selu-ruh rakyat Indonesia, tetapi tidak ditunjang dengan kesejahteraan yang baik.

Masalah pangan dan pertanian kelihatannya belum bisa sepenuh-nya diatasi oleh negeri ini. Apalagi jika melirik kem-bali bagaimana menurunnya mi-nat para pelajar untuk menimba ilmu di bidang pertanian. Lan-tas mau dibawa ke mana na-sib bangsa ini kelak? Padahal negeri ini memi-liki penduduk yang sangat ba-nyak, lebih dari 200 juta jiwa dan

Subsidi Pertanian, Selamatkan PetaniOleh Ni Komang Ayu Wahyuni

SMAN 6 Denpasar

semuanya butuh makan setiap hari. Lalu, jika terus menerus me-ngandalkan beras Vietnam, garam India, atau daging Australia, sam-pai kapan negeri ini memperoleh kedaulatan pangannya? Berapa triliun pemborosan yang seharus-nya bisa dicegah jika bidang per-tanian, kelautan, dan peternakan dikembangkan?

Cerita Senti merupakan wujud nyata segelintir warga miskin yang bersuara atas nasib tani mereka. Mereka membutuhkan keadilan dan kebijakan pemerintah. Apa- kah pemerintah berdaya menga-tasi kesenjangan ini? Tentu. Porsi terbesar belanja pemerintah pusat dalam APBN 2014 untuk subsidi energi senilai Rp 282 triliun atau 22,5 persen. Bahkan dalam ran-cangan APBN Perubahan 2014, nilainya diproyeksikan membeng-kak jadi Rp 382 triliun atau 31 persen dari total belanja pusat.

Dari porsi APBN ini, pemerintah harus memikirkan subsidi BBM yang dialihkan pada subsidi perta-nian untuk masyarakat miskin. Lagi pula anggaran subsidi BBM lebih banyak dinikmati warga berpeng-hasilan menengah atas. Caranya, uang subsidi yang tadinya ke BBM supaya dialihkan untuk membeli hasil pertanian oleh pemerintah dengan harga yang sesuai dengan pasaran atau lebih tinggi sedikit dari harga pasaran. Kemudian hasil pertanian yang dibeli peme-rintah dijual ke masyarakat dengan harga sesuai pasaran. Bila perlu lebih murah untuk masyarakat. Di sinilah pentingnya peran peme-rintah, sekaligus PR bagi calon presiden Indonesia yang baru.

Biarkan harga BBM sesuai harga pasar dunia. Karena yang menggunakan BBM kebanyakan masyarakat yang sudah mampu dan mapan secara ekonomi.

Nama : I Ketut Yusa DanaPanggilan : YusaSekolah : SMAN 1 RendangKelas : XII PSIA 3TTL : Besakih, 8 April 1995Zodiak : AriesHobi : Climb mountain and

fishing.Cita-cita : Pengusaha suksesFacebook : Yusa Dana FervourKomentator : Raihlah impian kalian

ke depannya!

Nama : Fajar Permana PutraPanggilan : AjayTTL : 29 Mei 1997Agama : IslamSekolah : SMK PGRI 4 Denpasar (jaya)Jurusan : Tata Boga Hobi : Basket, renang dan iseng.Cita-cita : Ingin membahagiakan keluarga.Twitter : @FajarPermanaPFacebook : Fajar pernana putaIg : ajay___29Pin BB : 7d5c82cdPesan : Pintar-pintarlah mengatur waktu.Komentar : Salam buat OSIS Fourgriska. Semangat terus ya,

jangan putus asa. Jadikan sekolah kita semakin jaya untuk kedepannya dan buat OSIS di seluruh Denpasar harus tetap kuat (stay strong).

Nama : Dedik AryawanPangilan : DedikTLL : 23 April 1998Sekolah : SMKN 3 Denpasar (Ak

perhotelan)Ig : Dedik AryawanHobi : BanyakCita-Cita : Punya PertaminaPesan : Salam buat teman-te-

man UNKO Saiko.Nama : Bayu JPPanggilan : YulayTTL : Bangli, 24 Oktober 1997Sekolah : SMAN 7 Denpasar, Kelas XII IPA 3.Ig : bayujayapPath : bayu jayaTwitter : @bayujayaHobi : Lari pagiCita-cita : Gitaris a7xMotto : Yes is descision no is descision.Lagu favorit : Alive (remix bayu a7x).

Nama : I Made Edo Satrya YunantaPanggilan : EdoSekolah : SMAN 2 DenpasarPin : 7c9c48baInstagram : EdosatryayunantaHobi : OlahragaPesan : Salam buat anak-anak XII IPS 3.

1 Accomplish Menyelesaikan2 Accomplishment Prestasi3 Banister Sandaran tangga4 Banjo Banjo5 Canard Desas-desus6 Canary Burung kenari7 Debris Runtuhan8 Debt Hutang9 Effete Tak berguna lagi10 Efficacious Mujarab11 Farmstead Tanah beserta rumah-rumah

pertanian12 Farmworker Buruh tani13 Gauntlet Sarung tangan14 Gauze Kabut tipis15 Harangue Pidato16 Harass Mengusik17 Immensity Keluasan18 Immerse Membenamkan19 Joyful Bergembira20 Joyless Tidak bergembira21 Knob Tombol22 Knobby Yang menonjol23 Lateral Bunyi lateral24 Latex Getah25 Mammon Dewa kekayaan26 Mammoth Besar-besaran27 Neither Tak ada28 Nemesis Pembalasan keadilan29 Odor Bau busuk30 Odyssey Pengembaraan31 Pacifist Orang yang suka damai32 Pacify Menenangkan33 Quadruped Binatang berkaki empat34 Quadruple Lipat empat35 Rabies Penyakit anjing gila

14 3Selasa, 4 - 17 November 2014Selasa, 4 - 17 November 2014 Se asa, o e be

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Juara I Lomba KTI BLH se-Provinsi BaliSMK Negeri 3 Denpasar

“Hasil akan berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan”. Itulah ungkapan yang di lontar-kan Ni Made Ayu Natih Widhiarini, siswi kelas XI Akomodasi Perho-telan A SMKN 3 Denpasar ketika diwawancarai mengenai prestasi yang diraihnya sebagai Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Balai Lingkungan Hidup Provinsi Bali.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Balai Lingkungan Hidup Provinsi Bali itu terdiri dari dua tahap seleksi. Pertama, tahap penyisihan dengan mengumpulkan makalah yang diikuti oleh puluhan SMA/SMK se-Bali, kemudian ha-nya dipilih 6 besar terbaik yang akan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan juri pada hari Senin, 29 September 2014.

Pada saat fi nal, siswi yang akrab disapa Natih ini tampil per-caya diri dihadapan juri melalui karya tulisnya yang berjudul “Upa-ya Pelestarian Penyu Melalui Kon-servasi Penyu Sindu Dwarawati di Kawasan Pantai Sindu”. Hasilnya pun tidak mengecewakan, SMK Negeri 3 Denpasar keluar seba-gai Juara I kemudian disusul oleh SMAN 1 Blahbatuh dan SMA Bali

Mandara Singaraja sebagai juara II dan III.

Ketika ditanya kiat Natih da-lam mengikuti kegiatan tersebut, dia mengaku bahwa awalnya ragu untuk berpartisipasi karena sibuk dengan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Swiss-bel Resort Watu Jimbar. “Jujur saja waktu itu saya sibuk train-ing, takut nggak sempat menulis

dan melakukan penelitian, laptop juga rusak dan susah berkoordi-nasi dengan guru pembina. Tapi karena ini kegiatan sekolah dan kesempatan bagus kenapa tidak di coba saja. Untung ada laptop sekolah. Hasil nomor dua, yang penting ikut saja dulu. Bersyukur banget sama Tuhan karena sudah diberi ketenangan,” ujarnya. (Jur-nalistik Triska)

Nama Pacar

Eka : Tahu nggak aku punya pacar yang cantik, putih, baik dan anggun.

Riski : Oh ya, siapa namanya?Eka : Nama panggilannya Ima.Riski : Nama lengkapnya?Eka : Imajinasi….Riski : Hmmmn, aku punya

pacar yang selalu bersa-maku. Aku dan dia betah tatap muka sampai ber-jam-jam.

Eka : Oh ya, namanya siapa?Riski : Namanya lay. Gaulkan….

Dia berasal dari Amerika.Eka : Nama lengkapnya?Riski : Layar Komputer…

Siyan SaheemSMA SLUA Saraswati 1 Dps (goc ss)

Baju

Ani : Ina, aku punya teka-teki buat kamu.

Ina : Teka-teki apaan? Tapi tunggu dulu, kalau aku bisa jawab kamu harus beliin aku pulsa 100.000 ya, ha-hahaaa.

Ani : Ok deh. Pertanyaannya adalah… jika ada baju putih yang dimasukkan ke dalam air berwarna biru, maka apa yang akan terjadi???

Ina : Tentu saja baju itu akan berwarna biru.

Ani : Salah, jawabannya adalah baju itu akan menjadi ba-sah.

Ina : Ya ampun, ada-ada saja kamu An….

Ani : Wkwkwk.

Ni Made Ajeng TrianaSMPN I Denpasar

SUKA makan dan hobi masak, membuat I Made Hendra Jaya Wiguna sejak kecil bercita-cita menjadi seorang chef profesional. Terlebih lagi lingkungan tempat tinggalnya kebanyakan yang be-kerja di hotel di kawasan destinasi wisata Badung Selatan. Lingkung-an orang pariwisata mungkin itu yang memotivasi Hendra Jaya –begitu dia akrab disapa, memilih SMKN 3 Denpasar sebagai seko-lah tujuan utamanya alias pilihan pertama setelah tamat dari SMAN 2 Kuta Selatan. Bersyukur dia pun diterima dan saat ini tercatat se-bagai siswa kelas XII Tata Boga B. Selain itu Hendra Jaya pun ak-tif berorganisasi di OSIS sebagai bendahara umum.

“Entah karena apa sejak kecil saya suka masak. Memasak itu mengasyikkan,” ujarnya singkat.

Remaja berbintang Virgo, kela-hiran Denpasar, 26 Agustus 1997 ini rupanya punya obsesi besar. Dia menginginkan remaja Bali yang hobi masak dan memendam hobinya itu. Sebaliknya meng-gali dan mengasah minatnya itu. Bungsu dua bersaudara pasang-an Wayan Sueka-Ni Luh Suparmi ini melihat banyak tempat untuk mengembangkan minatnya itu. Mi-nat yang dilengkapi dengan bakat, dapat dipastikan akan membuah-kan hasil yang luar biasa. Hendra Jaya pun ingin chef-chef yang ada di sejumlah hotel besar di Bali itu, putra daerah Bali sendiri. Bukan sebaliknya seperti yang terjadi saat ini, kebanyakan dari luar Bali maupun luar negeri. Chef-chef dari Bali jika mau terus belajar, besar kemungkinan akan mampu bersaing dengan ahli masal dari luar negeri.

“Sungguh memprihatinkan tak banyak orang Bali yang menjadi chef di sejumlah hotel ternama

Pekerjaan Lama

Di sebuah penjara di New York, belakangan ini kedatangan be-berapa napi baru. Pada suatu hari, kepala rumah penjara memanggil mereka berkumpul, kemudian ber-kata, “Ini adalah sebuah lembaga pemasyarakatan teladan. Kami di sini sangat demokratis, kalian da-tang kemari boleh terus mengerja-kan pekerjaan sebelumnya.”

Setelah mendengar perkataan ini, para napi itu girangnya bukan main, diantaranya ada seorang napi seketika berjingkrak-jingkrak kegirangan. Kepala rumah penjara segera bertanya, “Pekerjaanmu dulu apa?”

Napi itu menjawab dengan keras, “Pak, saya sebelumnya adalah penjaga pintu.”

Wahyuni ParamitaSixsma

Ayam Goreng

Tino dan Tini adalah kakak be-radik yang sangat konyol. Saat malam minggu, pergilah mereka ke KFC bersama keluarganya.Tino : Ni, pesanin kakak

ayam goyeng yang banyak dong.

Tini : Siap Kakak.Tini : Kakak, saya mau pe-

sen ayam goyeng yang banyak buat kakak saya.

Pelayan : Berapa banyak adik?Tini : Satu kandang deh,

bisa nggak?

Pelayan : Nggak sampai satu kandang juga nak….

Tini : Hehee.

Desy CandrawatiSMKN 3 Denpasar

Ayam Mundur

Nila : Aku punya pertanyaan!Lucy : Apa tuh?Nila : Ayam apa yang tidak bisa

mundur?Lucy : Ayam yang dibelakang-

nya ada tembok.Nila : Kok tahu?Lucy : Kan aku pintar…. Haha-

hahaaa.

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Nonton Konser

Murid-murid dari sebuah kelas diajak menonton konser rock oleh gurunya yang memiliki kegemaran pada musik rock. Murid-murid itu ditraktir minum teh botol, makan kue, kacang, cokelat, dan maka-nan kecil lainnya.

Pak guru pun bertanya pada murid-muridnya, “Senang kalian pergi menonton konser?”

“Ya pak!,” jawab mereka serem-pak. “Kecuali musiknya!”

Nita SintaSmansa

Bintang

Aldi : Baal, Main tebak-tebak-an yuk?

Iqbaal : Ayo, apa pertanyaan-nya?

Aldi : Bintang apa yang tidak terlihat di langit?

Iqbaal : Kalau aku bisa jawab kamu mau ngasi apa?

Aldi : Aku mau traktir kamu bakso tiga mangkok. Mau?

Iqbaal : Okay, Jawabannya....Aldi : Apa?Iqbaal : Bintang Film kan?Aldi : Be tu l -be tu l -be tu l….

Heee, yuk ke kantin.

Ni Nym Ayu SuwendriSMP PGRI 3 Denpasar

Pertandingan Golf

Pak Jonny baru pulang main bola dari lapangan golf. Sarah, anak perempuannya yang beru-mur empat tahun berlari-lari kecil menghampirinya dan bertanya, “Daddy, dalam pertandingan golf tadi siapa yang menang, Daddy atau Paman Reade?”

“Daddy main bola dengan Pa-man Reade bukan untuk menang atau kalah,” kata Pak Jonny den-gan tak terus terang. “Kami ber-main bola hanya untuk senang-senang saja.”

Tetapi Sarah ternyata mende-sak terus, “Kalau begitu, siapa di-antara kalian yang lebih senang?”

Daddy : ???

Wahyuni ParamitaSixsma

Potong Bebek Angsa

Di depan rumah tukul.Deva : Tok..tok..tok (mengetuk

pintu).Tukul : Siapa?Deva : Otong?Tukul : Otong siapa?Deva : Otong bebek angsa, ma-

sak dikuali.Tukul : Iiiih….Deva : Hahahahahahaaa.

I Made Wisnu Adi Wiryawan (86)SMPN 4 Denpasar

Lebih Pintar

Suatu hari Ai dan Air sedang berdiskusi di sekolah.Ai : Siapa orang terpintar di dun-

ia?Air : Aku tahu… jawabannya

adalah TUKANG BALET!Ai : Salah! Jawabannya adalah

Ainstain.Air : Loh jawabannya tukang ba-

let.Ai : SALAH. Ainstain orangnya

dan banyak orang yang setuju.

Air : Baik, kalau begitu aku yakin Ainstain kalah pintar dengan tukan balet.

Ai : Buktikan.Air : Aku sangat yakin bahwa

Ainstain tidak lebih pintar menari daripada tukan ba-let!

Ai : !!!Air : Jadi, kesimpulannya bahwa

tukang balet adalah orang terpintar di dunia…. Haha-haa pintar itu relatif ya….

Siyan SaheemSMA SLUA Saraswati 1 Dps (goc ss)

Koin

Lita : Ayo tebak! Koin apa yang bisa marah?

Dinda : Koin punya orang yang kita ambil!

Lita : Salah!Meta : Koin yang kita buang

percuma! Koin kan punya perasaan, masa dibuang?

Lita : Salah!Lita & Meta : Lha, lalu jawaban-

nya apa?Lita : Haha, yang benar

itu “Koin-jak kaki orang”.

Lita & Meta : Hahahaha….

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Tanggal

Deva : Wisnu, aku punya perta-nyaan.

Wisnu : Apa pertanyaannya?Deva : Ada berapa jumlah tang-

gal?Wisnu : Hmmmm, 30….Deva : Salah!Wisnu : Terusssss?Deva : Dua…., tanggal muda &

tanggal tua.Wisnu : Wkwkwkwkwkw.

I Made Wisnu Adi Wiryawan (86)SMPN 4 Denpasar

Paling Aneh

Di pagi hari yang cerah ada dua bersaudara yang tampak asyik berbincang-bincang, namanya Yoga dan Yogik. Ketika mereka ke dapur Yoga bertanya kepada Yo-gik.Yoga : Haii Yogik kamu suka mi-

num susu nggak?Yogik : Ya, aku suka minum susu.

Kenapa memangnya?Yoga : Ngomongin soal susu, aku

ada tebak-tebakan nih. Kalau bisa jawab nanti aku beliin roti biyar susu-nya makin enak, gimana?

Yogik : Ayo, apa nih tebakannya?Yoga : Menurut kamu kalau he-

wan, hewan apa yang pa-ling aneh?

Yogik : Hmm, hewan apa ya? Pasti hewan luar angkasa yang tidak ada di bumi ya?

Yoga : Hahaha, lucu kamu. Ja-wabanmu salah.

Yogik : Kalau gitu aku nyerah saja. Apa jawaban yang benar?

Yoga : Jawaban yang benar adalah... Belalang Kupu-kupu. Soalnya kalau siang makan nasi kalau malam minum susu.

Yogik : Iya juga ya, mana ada belalang dan kuku-kupu makan nasi dan susu, he-hehe hebat kamu.

Yoga : Ah biasa aja. Yuuk minum susu dulu.

Oki SuardanaTriska

Terlambat

Santo dan Ilham terlambat masuk sekolah, sampai di dalam kelas mereka berdua langsung dit-anya Pak Guru.

“Ilham, kenapa kamu datang terlambat?”

“Maaf Pak Guru. Tadi malam saya bermimpi naik balon udara keliling Indonesia dan perjalanan-nya memakan waktu lama. Ketika saya terbangun hari sudah siang,” jawab Ilham.

“Kalau kamu Santo, mengapa datang terlambat?”

“Saya diajak Ilham Pak,” jawab Santo kalem.

Pranata C.Sapta Andika

Cita-cita Jadi ChefHendra Jaya

di Bali. Kebanyakan mereka be-rasal dari luar Bali bahkan dari luar negeri,” katanya sambil geleng-geleng.

Keberadaan remaja Bali yang identik dengan bidang seni, se-perti seni tari, karawitan maupun seni-seni tradisi lainnya harus di-luruskan. Mereka lupa jika mema-sak pun termasuk seni. Selain itu cara pandang maupun cara berfi kir generasi muda Bali tentang profesi juru masak itu harus diubah. Masak tak harus dikerjakan kaum perem-puan. Secara tradisi maupun bu-daya, Hendra Jaya tak menampik memasak memang lebih banyak dilakukan perempuan Bali. Namun jika di hotel, laki perempuan itu pu-nya hak yang sama dalam urusan masak.

Jika chef dari luar Bali banyak yang memperkenalkan masakan dari daerahnya untuk wisatawan asing, masakan Bali nyaris terting-gal. Padahal tak sedikit orang asing yang senang dengan masakan tra-disional Bali. Selain cara mengo-lah, tata cara menghidangkannya pun perlu mendapat perhatian, se-hingga mendatangkan daya tarik tersendiri. (ast)

SERANGKAIAN memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-86, Selasa (28/10) lalu SMP Budi Utama Kerobokan menggelar ber-bagai kegiatan lomba antar kelas serta aksi bersih-bersih lingkung-an sekolah. Adapun lomba-loba tersebut, diantaranya lomba baca puisi, lomba baca teks Sumpah Pemuda, lomba cerdas cermat, menyalin aksara latin ke aksara Bali, hingga lomba vokal paduan suara Sekar Jepun.

Melaui mement tersebut di-serahkan pula beasiswa kurang mampu dari Sekda Badung, I Putu Gede Haris Sandika, S.E., M.M, yang saat itu diwakilkan oleh pu-tranya. Beasiswa hingga tamat sekolah ini, diterima langsung oleh dua orang peserta didik kelas VII SMP Budi Utama Kerobokan.

Atas beasiswa yang diberikan, Kepala SMP Budi Utama, Drs. I Gede Mahardika, S.Pd mengung-

SMP Budi Utama Gelar Berbagai LombaMemperingati Hari Sumpah Pemuda

BERSAMA- Kepala SMP Budi Utama, Drs. I Gede Mahardika, S.Pd. foto bersama siswa saat memperingati hari sumpah pemuda (28/10) lalu.BERSAMA K l SMP B di Ut D I G d M h dik S Pd f t

kapkan rasa terima kasih yang dalam dan sangat mengapresiasi hal tersebut. “Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bapak I Putu Gede Haris Sandika, S.E., M.M, yang telah peduli dengan pen-didikan khususnya kepada siswa kurang mampu. Ini sungguh meru-pakan panutan bagi masyarakat atau pun publik,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Gede Ma-hardika juga mengucapkan terima kasih kepada dewan guru dan staf pegawai SMP Budi Utama yang te-lah bekerja keras untuk kemajuan sekolah. Dan melalui kegiatan ini ia berharap agar siswanya mampu berkompetisi secara sportif serta mampu memahami makna dari hari Sumpah Pemuda. “Melalui pe-rayaan ini diharapkan pula peserta didik mampu menumbuhkembang-kan semangat kebangsaan demi tegaknya NKRI,” tegasnya. (*/rii)

LOMBA band dan unjuk ke-mampuan para pemenang lomba, membuat semarak panggung bulan bahasa dan sastra Indone-siang di SMAN 3 Denpasar. Ge-nerasi emas bangun kebanggaan berbahasa Indonesia, tema yang diusung SMAN 3 Denpasar, pada peringatan bulan bahasa dan sas-tra Indonesia 2014. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, melombakan berbagai aktivitas kebahasaan. Lomba cipta puisi, cerpen, melukis dan cipta karya kreatif musik barang bekas di lak-sanakan Senin (27/10) lalu. Selain itu juga dilombakan aktivitas keba-hasaan yang dikemas dalam ben-tuk seni. Seperti lomba musikalisa-si puisi yang mendapat sambutan antusias siswa. Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd didampingi Wakasek Bidang Pengembangan SDM dan Humas I Gede Putu Subratha, S.Pd., M.Pd. H menegaskan, peringatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia merupakan kegiatan rutin tahunan yang dinanti-nanti siswa. Penye-lenggaraan kegiatan yang terkon-sep dan terjadwal dengan baik itu, diharapkan tidak banyak me-nyita waktu belajar efektif siswa. Di samping itu kegiatan lomba materinya tidak jauh dari substansi sumpah pemuda, yang harus tetap digaungkan di hati sanubari pemu-da Indonesia.

SUKA mamembuat I

Semarak Panggung Bulan Bahasa Semarak Panggung Bulan Bahasa SMAN 3 DenpasarSMAN 3 Denpasar

“Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia ini sudah ter-jadwal dengan baik dan menjadi kegiatan rutin tahunan di SMAN 3 Denpasar. Peristiwa kebangsaan yang sangat penting dalam per-jalanan sejarah bangsa ini,” ujar Kasek Ketut Suyastra.

Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 3 Den-pasar dikomandani MGMP Ba-hasa Indonesia sebagai panitia inti, bersama dengan OSIS dan panitia dari siswa, untuk bersama-sama menyukseskan penyeleng-garaan bulan bahasa dan sastra Indonesia. Materi kebahasaan yang dilombakan, sekaligus se-bagai ajang pencarian siswa ber-bakat, yang selanjutnya dibina dan dipersiapkan untuk mewak-ili SMAN 3 Denpasar. Suyastra mencontohkan lomba cipta puisi, cerpen, melukis maupun musik barang bekas yang dijaring lewat kegiatan lomba bulan bahasa dan sastra Indonesia. Sukses menjar-ing siswa berbakat dibidang terse-but dan berhasil memenangkan lomba yang sama di tingkat kota Denpasar maupun Provinsi Bali. Bahkan tak sedikit siswa yang berhasil menjadi juara di tingkat nasional. Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia dinilai Ketut Suyastra salah satu aktivitas kebahasaan, untuk menaikkan gengsi bahasa Indonesia di ka-

langan pelajar. Selain itu kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia secara idealis untuk menumbuhkan kebanggaan generasi muda Indo-nesia akan peran bahasa Indone-sia sebagai bahasa persatuan dan identitas bangsa.

“Kami tak mau anak didik kami di SMAN 3 Denpasar, kehilangan kebanggaan menggunakan baha-sa Indonesia, di tengah gempuran bahasa asing maupun bahasa-bahasa lain yang merambah ke-hidupan anak muda saat ini. Seba-liknya tetap bangga menggunakan bahasa Indonesia,” katanya.

Wakasek bidang pengembang-an SDM dan Humas I Putu Gede Subratha, S.Pd, M.Pd.H menam-bahkan, selain untuk menjaring siswa berbakat di bidang keba-hasaan, kegiatan bulan bahasa dan sastra di Indonesia di SMAN 3 Denpasar, juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berekspresi di bidang seni. Tak hanya seni modern, juga seni kontemporer. Panggung kegiatan bulan bahasa dan sastra Indone-sia, menjadi tempat untuk unjuk kemampuan siswa di bidang seni tersebut. Seperti peringatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia sebelumnya, tahun ini panggung juga dimeriahkan lomba band. Grup band yang ikut lomba ang-gotanya besutan siswa satu kelas maupun antarkelas itu, diberi ke-sempatan untuk unjuk kemam-puan. Para pemenang lomba ak-tivitas kebahasaan pun mendapat kehormatan tampil. Salah satunya pemenang lomba lomba cipta musik barang bekas dan lomba musikalisasi puisi. Panggung bu-lan bahasa dan sastra Indonesia menjadi semakin semarak, de-ngan penampilan sejumlah ekskul, diantaranya Voice of Generation (VOC). Sunari Kencana, bangken Dongkang Art Comunnity, Poca-hontas Dance dan Teater Tiga Trisma, yang telah sukses mendu-lang sederet prestasi.

“Puncak kegiatan bulan ba-hasa dan sastra Indonesia, salah satu kegiatan untuk menanamkan karakter siswa, bangga bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia,” imbuh Putu Gede Subratha. (ast)

SEMARAK – Salah satau aksi grup band yang tampil pada kegiatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 3 Denpasar Selasa (28/10) lalu.

di Bali Kebanyakan mereka be-

4 13Selasa, 4 - 17 November 2014Selasa, 4 - 17 November 2014

MASA menstruasi/haid selalu dialami setiap cewek tiap bulannya. Efek dari men-struasi ini bisa menimbulkan rasa sakit, mual, pusing, dan lain-lain. Bahkan menjadi lebih sensitif. Banyak cewek yang merasa tidak suka dan tersiksa saat haid. Nah, buat kamu para wanita alias cewek yang sering merasakan sakit saat menstruasi, sebaiknya kamu coba minum jamu tradisional untuk mengatasinya.Kunyit

Kupas kunyit hingga bersih lalu parut. Tu-angkan air panas kira-kira 1 gelas, lalu diam-kan hingga berubah warna. Setelah air ber-

Eat BreakfastBanyak yang menyepelekan sarapan ke-

tika mau berangkat berolahraga. Olahraga itu untuk membakar kalori, jadi apa yang mau dibakar kalau metabolisme energimu saja sudah tidak benar. Never skip breakfast so that you hace the energy for doing those execise things.Lakukan dengan Rutin

Jangan cuma olahraga saat kamu mera-sa bersalah sudah makan banyak makanan, tapi berolahragalah supaya tubuh bisa ber-latih maksimal untuk membakar kalori. Hal ini juga perlu kamu lakukan supaya tubuhmu terbiasa dilatih dan tidak terasa terlalu capek ketika memulai kembali.Langsung Makan

Langsung makan begitu selesai olahraga. Mengapa? Karena 15 - 30 menit pertama setelah kamu berolahraga adalah momen yang tepat untuk tubuh membakar makanan dua kali lipat lebih cepat. Pilih makanan yang mengandung nutrisi yang baik tanpa lemak berlebihan dalam kandungannya.Bawa Botol Minum

Selalu bawa botol minum. Minum sebe-lum kamu merasa haus dan jangan biarkan

DARIPADA mengkonsumsi suplemen untuk menangkal fl u, lebih baik kamu per-banyak konsumsi brokoli. Sejak dulu brokoli sudah menjadi ma-kanan andalan. Bang-sawan Romawi sering mengonsumsinya untuk daya tahan tubuh. Sayuran hijau ini sa-ngat efektif untuk me-ningkatkan i m u n i t a s t u b u h dan bisa m e n g u -rangi risiko kanker. Pe-nelitian yang dilakukan tim peneliti dari Johns Hopkins Uni- versity m e n e m u k a n bahwa senyawa yang ter- k a n d u n g dalam brokoli tidak hanya bisa mencegah timbulnya sel kanker, tetapi juga mengham-bat perkembangan sel tumor hingga 60 persen.

Kandungan vitamin C dan kalsium pada brokoli sangat tinggi. Seikat brokoli me-

BERDASARKAN lapor-an Asosiasi Stroke Amerika, lebih dari 100.000 perem-puan Amerika di bawah usia 65 tahun terserang stroke setiap tahunnya. Dan lebih dari 83.000 perempuan terserang penyakit jantung setiap tahunnya. Yang lebih mengagetkan lagi, risiko terserang penyakit ini ada-lah perempuan usia 45 - 54 tahun. Pada usia tersebut, perempuan berpotensi terserang stroke dua kali dibandingkan laki-laki. Dan di tiap-tiap usia itu, stroke yang menyerang perem-puang umumnya lebih parah daripada stroke yang menyerang laki-laki.

Selama ini dipahami bahwa stroke meru-pakan penyakit yang menyerang laki-laki, tapi dalam perkembangan penelitian saat ini ditemukan fakta yang berbeda, yakni stroke justru lebih banyak menyerang perempuan. Beberapa sebab terjadinya stroke yang banyak menyerang perempuan adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan terjadinya pe-nyumbatan, sehingga tekanan darah juga tidak stabil. Selain itu adalah konsumsi pil kontrol kehamilan dan rokok, terapi hormon pada gejala menopause, dan migrain yang banyak diidap perempuan.

Bagaimana cara menghindarinya?1. Jangan merokok. Jika kamu perempuan

yang suka merokok, maka saatnya sekarang mengurangi jumlahnya sebe-lum akhirnya menghentikan aktivitas itu.

JIKA pria suka marah-marah dan agresif, pasti hormon testosteronnya tinggi. Begitu pikiran kebanyakan orang selama ini. Tapi jangan salah, testosteron ternyata merupa-kan pemicu sifat ramah, adil dan baik hati. Peneliti membuktikannya.

Hormon testosteron sering dikaitkan den-gan sifat jantan dan agresif. Tapi kini peneliti menyebutkan bahwa hormon itu merupakan sumber sifat ramah, adil dan bersahabat. Penemuan ini bisa jadi terapi untuk mem-bantu mereka yang punya sifat emosional dan meledak-ledak. Peneliti mencoba hor-mon tersebut pada 121 parti-sipan wanita melalui sebuah permainan tawar-menawar. Par-tisipan dibagi dalam dua kelom-pok, satu kelompok diberi pil tes-tosteron dan kelompok lainnya diberi pil plasebo (obat semu tanpa kandungan bahan kimia).

Dr Christoph Eisenegger dan rekannya dari University of Zurich menciptakan permainan uang. Di mana peraturannya, partisipan boleh menggunakan cara asil atau tidak adil dalam membagi uang dan bernego-siasi dengan mitranya. Sebe-lum permainan dimulai, tiap-tiap partisipan ada yang diberi 0,5 miligram hormon terstosteron dan ada juga yang hanya diberi pil plasebo. Hasilnya, kelompok wanita yang diberi pil testosteron ternyata lebih adil dalam ber-main, sedikit mengalami konfl ik

Eat BreakfastBanyak yang menyepelekan sarapan ke-

tika mau berangkat berolahraga. Olahraga it t k b k k l i j di

Agar Lebih Optimal dalam Berolahragatubuhmu merasa haus terlalu lama ketika berolahraga. Jangan sampai dehidrasi!Avoid the Midday

Jangan berolahraga di bawah sinar ma-tahari di antara pukul 09.00 - 16.00. Menga-pa? Sinar ultraviolet saat itu sedang jahat-jahatnya dan berbahaya untuk kulit. Risiko terbesarnya tentu kanker kulit. Pilih waktu olahraga saat pagi atau sore hari.Push Yourself too Hard

Kamu yang tahu kondisi tubuhmu, ma-kanya pastikan kamu tidak terlalu memaksa tubuhmu untuk terlalu ‘heboh’ berolahraga. Pastikan kamu memberikan jeda istirahat di tengah-tengah sesi olahragamu.Skip Stretching

Biasanya hal ini paling sering terjadi ke-tika akan berenang. Begitu senangnya meli-hat kolam sampai lupa kalau harus melaku-kan stretching agar tubuh tidak kram. Pema-nasan dan pendinginan penting agar tubuh terolah maksimal.Wear a Black T-shirt

Warna hitam mungkin akan membuatmu terlihat lebih kurus ketika berolahraga, tapi warna gelap seperti ini memiliki sifat menye-rap panas. Hasilnya, kamu akan mudah

merasa lelah lebih cepat. Pilih warna-warna terang, longgar, dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat.Jangan Membanding-kan

Coba bandingkan dengan hasil orang lain. Intensitas boleh sama, tapi hasil bisa berbeda. Mengapa? Karena pro-ses metabolisme tubuh masing-masing orang itu berbeda lho! Jadi lupa-kan membandingkan ha-sil dengan orang lain kar-ena hal ini hanya akan membuat motivasimu menurun.

Karina YSSmapan

Jamu Tradisional untuk Menstruasiwarna orange kecoklatan, saring air kunyit dan siap diminum. Bisa juga ditambahkan gula atau madu sesuai selera agar terasa manis. Disarankan agar tidak menggunakan asam atau tamarin.Kencur

Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua serta adas pulawaras secukup-nya. Kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lainnya, dicampur juga de-ngan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Kemudian disaring dan dimi-num sekali sehari 2 cangkir.Cengkeh

Untuk mengobati sakit perut haid, sedia-kan 5 butir cengkeh, 7 butir ketumbar, 10 gram kunyit, dan 5 gram biji pala. Setelah dicuci, rebus bahan dengan 400 cc air ha-ngat tersisa 200 cc. saring, lalu minum air rebusan selagi hangat.Air Teh dan Kapur Sirih

Buatlah air teh dan campur dengan kapur sirih secukupnya lalu diminum.

Buat kamu yang sedang menstruasi, un-tuk meringankan rasa sakit saat haid bisa dicoba mengkonsumsi jamu tradisional di atas. Dengan bahan alami yang gampang didapat dan lebih sehat buat tubuh. Selamat mencoba, semoga sakitnya berkurang.

James KawilarangSisma

Tangkal Flu dengan Brokolingandung 118 ml kalsium. Selain itu kan-dungan beta karotennya yang tinggi, bisa berfungsi untuk membuang racun dalam

tubuh. Ada banyak cara untuk mengolah brokoli menjadi makanan lezat, berikut

caranya.Jadikan Campuran Saus Pasta

Cuci bersih brokoli, kukus hingga l u - nak dan buatlah pure. Kemudian,

campur pure brokoli dengan bahan-bahan saus pasta.

Antara lain bawang putih, bawang Bombay, tomat dan saus sambal. Olahan brokoli saus pasta cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka brokoli.Rebus

Ada resep kuno Romawi tentang ba-

gaimana mengolah brokoli. Caranya adalah dengan

merebus brokoli, tetapi ja-ngan sampai terlalu lembek. Kemu-d i a n potong-potong dan campur dengan anggur merah, minyak zaitun, ketumbar, jin-tan dan irisan bawang merah.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

jdah menjadi ma-dalan. Bang-mawi sering

msinyatahan uran sa-tif -

oe-ng m ari Johns Uni- versity k a n bahwhwwh a aaaaa a

g gtubuh. Ada banyak cara untuk

brokoli menjadi makanan lezcaranya.Jadikan Campuran Saus P

Cuci bersih brokoli, kukl u - nak dan buatlah pure.

campur pure brokbahan-bahan sa

Antara lain bawbawang Bomdan saus Olahan bropasta cocok yang tidak tebrokoli.Rebus

Ada resRomawi ten

gaimana mengoCaranya adala

memmmm rebus brokoli,

Hormon Testosteron Bukan Penyebab Sifat Pemarah

dan lebih baik berinteraksi sosial. Sedang-kan kelompok yang diberi pil plasebo justru sebaliknya.

Studi ini dimuat dalam Journal Nature dan membuktikan bahwa peningkatan hor-mon tertosteron ternyata justru meningkat-kan sifat adil, ramah, dan sifat baik lainnya, bukan sifat agresif dan temperamental se-perti dipikir orang-orang selama ini dan juga banyak terdapat pada berbagai literatur.

WulanSixsma

Perempuan Lebih Berpotensi Terserang Stroke

2. Pantau tekanan darah dan kadar koles-terol dalam darahmu.

3. Banyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Ini dapat mengurangi risiko stroke hingga 6%.

4. Banyak konsumsi ikan segar. Paling tidak, makanlah ikan sekali dalam sem-inggu. Ini akan mengurangi 12% potensi stroke.

5. Jika kamu mengkonsumsi pil cegah ke-hamilan atau melakukan terapi hormon untuk menopause, maka konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan cerita-kan kebiasaan atau perilaku hidup (se-perti kebiasaan merokok dan lain-lain).

6. Mengurangi kebiasaan minum aspirin (100 mg) setiap hari. Hal itu dapat menu-runkan risiko stroke hingga 17%.

I Gede Warmadika PasekSMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar

12 5

ScorpioMembawa nasib baik, tetapi ha-rus ada pihak ketiga. Apa yang kamulaksanakan, ada ha-rapan tercapai. Olehsebab itu tunjukkan carakerja yang cara kerja yang profe-sional. Bisa dipercaya, tanggung ja-wab dan tegas. Asmara : Bi-kin kacau. Ada gosip dan fi t-nah. Kalau bisa, bertemu langsung dengan doi. Mencari kebenaran, jangan percaya pada orang lain. Studi : Disiplin. Jangan suka ikut-ikutan teman yang tidak bertang-gung jawab.

CancerMembawa nasib bagussekali. Ada kemujur-an dan keuntungan.Kalau kamu mau me-laksanakan, niscayaakan mudah tercapai.Jangan terpengaruh hal-hal atau kegiatan yang negatif. Pergilah ke lain daerah. Asmara : Makan hati, bikin rewel. Sehingga membuat kamu tidak bisa tidur dan tidak berselera makan. Jangan begitu dong. Kesehatan lebih penting. Studi : Berhasil. Belajar dan usaha kamu tidak sia-sia.

LeoMembawa nasib baik. Kalaupunya rencana, laksanakansaja, jangan bimbang.Asal kamu sungguh ha-ti dan mau kerja, tentubanyak yang senang.Boleh kongsi, kerja sama,untuk mencari keuntungan danpelajaran. Asmara : Sedang ada masalah. Kamu harus sabar dan mengalah. Jangan banyak omong, dengarkan apa maunya doi, ikutilah. Studi : Berbangga hati itu boleh, tetapi jangan takabur. Harus tetap belajar.

TaurusMembawa nasib baik.Ada kemajuan dan ke-untungan. Banyak yangsimpati dan mendukung ide-ide kamu. Jangan ragu-raguuntuk mengutarakan renca-na dan keperluannya. Yang ra-jin, tekun dan bisa dipercaya. Asmara : Baru kenal, jangan nglamak. Yang baru baikan jangan cari gara-gara. Yang sudah-sudah tidak perlu diungkit kembali. Studi : Hasilnya memuaskan, nilai kamu paling atas. Jangan sombong.

PiscesMembawa nasib baik.Namun belum sepertiyang kamu harapkan.Adakan perubahan ataumeninjau rencana kamudan ke lain daerah. Waktu-nya buka lembaran baru dan kerja keras. Jangan cari enaknya saja. Asmara : Berbu-nga-bunga, bisa menambah semangat dan inspirasi baru. Namun kalau kamu hanya nafsu, justru bisa menyusahkan kamu. Studi : Ada yang iri hati, menjadi saingan berat. Kamu yang tenang-tenang saja.

AquariusMembawa nasib tidak baik. Ka-mu harus banyak sabar dan ta-bah menghadapi kenyataan. Ti-dak usah emosi, sebab me-mang sudah giliran kamuberada dalam keprihatinan.Banyak masalah dan perseli-sihan. Asmara : Kalau masih ingin bersama doi, ikuti saran dan nasihatnya. Kalau kamu tidak bisa konsen, sembahyanglah. Mohon petunjuk. Studi : Yang tegas, disiplin dan belajar. Jangan bermain-main.

CapricornMembawa nasib bagus,artinya banyak peganguang dan senang. Ka-mu jangan hura-hura,terpengaruh teman-temanyang suka balapan liar.Gunakan kesempatan baik ini untuk menge-jar cita-cita dan karier. Asmara : Bikin acara di rumah agar tidak banyak keluar uang. Tidak usah gengsi-gengsian, yang penting murah meriah dan penuh kesan. Studi : Jangan keras kepala. Ikuti nasihat guru dan orangtuamu.

Selasa, 4 - 17 November 2014

CMsean

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 4 - 17 November 2014

Selasa, 4 - 17 November 2014

aik, tetapi ha-ga. Apa yang kamua-

hn caraja yang profe-

aya, tanggung ja-mara : Bi-p dan fi t-

ertemu langsung dengan

gusur-rrrr

-yapai.h hal-

tif P il h

k.in.tauamuWaktu-

us,g-,emaniar.

VirgoMembawa nasib kurang beruntung.Oleh sebab itu yang selalu hati-hati membuat keputusan. Danselalu waspada terhadaporang-orang yang mende-kati kamu. Dan jangan me-ngandalkan orang lain,bisa bermasalah. Asma-ra : Jinak-jinak merpati.Yang kamu cintai lari kesana ke mari. Dan kamu yang kebakaran jenggot. Oleh sebab itu jangan serius dan GR. Studi : Harus menambah waktu untuk belajar atau ikut kursus/les.

g beruntung.elalu hati-n. Danapde---

me-,-i.ke

Ka-n ta- Ti-e-

.li-h ingngngngngggggin bersama

SagitariusMembawa nasib baik. Kamuboleh mulai melaksanak-an apa yang masih ter-kandung dalam hati danangan-angan. Juga ja-ngan tergesa-gesa. Pikir-kan dengan masak-masak,bila perlu konsultasi, biartidak kecewa. Asmara :Kamu perlu teman untuk curhat, biar ada so-lusi yang tepat. Mungkin ada lamaran lewat orang lain. Mohon diperhitungkan. Studi : Memuaskan. Kamu juara dan ada kejutan yang menggembirakan.

Kamuak--n-

kir-sak,iara :

k.-gg ide-u-ragurenca-Yang ra-rcaya Asmara : Baru

AriesMembawa nasib ba-gus. Boleh dikata se-tiap gerak, kegiatan danrencanan bisa berjalan mu-lus. Silahkan berkarya danaktif dalam organisasi atauperkumpulan. Adakan tukar pikiran demi kemajuan. Asmara : membutuhkan dana banyak dan penampilan yang keren. Kamu jangan memaksakan diri, pinjam-pinjam. Sebab cintanya bukan untukmu. Studi : Mengalami jeblok dan memalukan. Adakan introspeksi diri.

a--danlan mu-

arya dansasi atauk k iki d i

GeminiMembawa nasib kurang ber-untung. Cenderung jatuh sa-kit. Oleh sebab itu jangansampai terforsir. Tenaga danpikiran harus sehat. Juga ja-ngan sakit hati atau emosi. Ca-rilah hiburan sendiri. Asmara : Ada saling pengertian, tukar pendapat demi karier dan masa depan. Tentunya di hari libur atau kosong berkunjunglah. Studi : Belajar yang rajin dan sungguh-sungguh. Sebab kamu masih tertinggal jauh.

r-a-

a-CaC -

Ad li

Kalauakan.-

a,ngan dan

d d l h

LibraMembawa nasib baik, tetapiada keperluan mendadakyang tidak terprogram.Kamu harus punya sim-panan uang, supaya ti-tidak bingung. Acaradan pergaulan yang tidak adamanfaatnya dijauhi saja. Asmara : berja-lan lancar, saling merindukan dan harap pro-fesional. Dengarkan omongannya, jangan egois dan jangan membatasi gerak doi. Studi : Mengalami kesulitan dan kamu tidak bisa konsentrasi.

tetapidakm.

m-

adak ada

j A b j

Gadis-gadis pinggiranBerbaris mengandung jalan rayaDi pinggir marga metropolitanSaut-menyaut bangsa merdekaSibuk mengusung topeng pendidikanBingung membeli mercy kepresidenanBangku reot saksi bisu perombakan

Mendesah nafas si rambut pirangMenyimpan raut wajah bungkamLapar menuju pangkal bawah sadarMenggerakkan tangan-tangan korban pelampiasanMempercepat kelam menyinggung peranakanMenjadi radar kepalsuan blusukanPelapukan zaman politik berkarat

Tiada lagi tempatku menulis sajak puisiHanya ukiran untaiam kekesalan jiwaPada siapa saja coba saksikanTubuh ringkih mengurat ragaHabis diraup polusi jantung kotaMengoyak khayal mencapai nirwanaBersimbahlah luka diantara batu karang berbisaMengulang sajak yang berpulangSegenap coretan tangan jalanan

Jalanan Berkarat

I Gusti Ayu Purwa DeviSMP Saraswati 1 Denpasar

Berjalan, berjalan selagi di diri dukaBenapas lega menemu perempuanKami berpandangan: lantas tahuSegalanya tinggal masa kenangan

Kami berjalan memutar danauNamun ku tahu: dukaku yang risauTakkan mendapatkan pelabuhan amanKecuali dalam pelukan penghabisan

Ku pandang matanya:Tak kukenal siapa pun jugaSemuanya nanarDi dindingi kabur samar

Dukaku yang Risau

AtmajaSpelden

Kuhela sunyi dalam kelamBibir mencibir desahkan asaJiwaku beku berselimut resahAkankah semua ketakutanku kan jadi nyata

Di sini aku tertatihKumpulkan harapanWalau tinggal hanya sekepingAku bersimpuh menahan laraPanjatkan doa mohon kearifan

Butiran mimpi ku bangunTuk tenangkan jiwaMencoba lari dari duka nestafaWalau hati menangis menyayat kalbuKu coba tersenyum dalam gundah

Galau

Dewa Agung Surya DinathaSMP Dwijendra (VII J)

Saat ini dapat kuraihSebuah bintang yang ku yakinDapat terangi malamkuTapi mengapaBintang itu kian menjauhMeredupHanya meninggalkan seberkas si-narnyaKesedihan pun hadir dalam hidupkuNamun ku yakinDi balik semua itu hadir keindahanSepanjang napas iniTuhanMengapa bulan ini ku bersedih?Hadirkanlah dia sebuah bintangKembali untuk menemaninyaAku sebagai pemujanyaHanya dapat berdoaUntuk keindahan sinar dan senyumnya

Awan Gelap Jauhkan Bintangku

NGh SukadanaSMKN 4 Denpasar

Mungkin aku akan pulangMembawa dada dalam kresekDan mengecup bau rumah yang gelisah

Aku juga rindu ranjang remang ituSebab mencintaimu dengan nyayiDan kembang apiTelah ditempuh semua orang

Tak ada bayi yang harus kususuiAtau makanan yang keburu basiKebisuan menghambur begitu sajaMenjadi selimut yang lebih dingin dari puisiDan kau tak selalu kuat menanggung gigihnya

Aku akan pulang, barangkaliMembiarkan kau geledah bungkusanDan menghisap ketenangan di dalamnya

Sementara di luar sana.Orang-orang terjebak petasanDan kematian

Karina Y.S.Smapan

Dongeng Tentang Kesetiaan

Matahari terus meluncurSeperti ada yang selalu siap sembunyiDi balik cakrawala

Angin di pantaiMasih seperti dulu ramah menyapaDi waktu senja membuat iramaDengan debur ombakDan aku segera tersentakIngin segera kudengarCeloteh kedua anakku yang bingar Ketika aku menemani bermain sebagai temanDan kudapati ibunya Yang diam-diam mematung memperha-tikan

Mengapa aku kerap lena terseret inginMeninggalkan kehangatanDaun-daun jendela yang tertutupMenjaga kemungkinan pengaruh angin

Tiba-tiba aku sadar di senja iniAngin melambailan pucuk nyiur

Di Senja Ini Aku Sadar

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

TAHUN lalu, siswi SMAN 4 Denpasar, Ni Kadek Vani Apriyan-ti mendapat predikat peraih nilai UN tertinggi se-Indonesia. Selain Vani, empat pelajar sekolah ini juga masuk dalam 12 besar peraih nilai UN tinggi nasional. Bahkan SMAN 4 Denpasar, juga berada di posisi puncak sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi. Keren, ya? Daripada sekadar menga-gumi, yuk kenalan dengan sekolah pencetak siswa unggulan dalam UN ini.

Sekolah yang terletak di Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar ini mengusung visi misi “Cerdas Spiritual, Cerdas Emo-sional, Cerdas Intelektual, Ber-basis Lingkungan dan Budaya”. Sejak lama, SMAN 4 Denpasar

SMA Negeri 4 Denpasar se-ringkali merajai peringkat lulusan terbaik nasional. Dalam tiga tahun terakhir, sekolah yang berlokasi di Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning tersebut memang men-dominasi peringkat terbaik na-sional dalam kelulusan.

Tidak hanya prestasi dalam Ujian Nasional, 2 orang siswa SMAN 4 Denpasar yakni Ida Ayu Pradnya Paramita dan Carrisa Tehputri meraih peringkat Best Speaker dalam ajang lomba Debat Bahasa Inggris tingkat internasional yang dilaksanakan di Turki. Selain itu salah satu sis-wanya yakni Putu Ivan Gunawan juga berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Kimia tingkat na-sional. Ini tentunya prestasi yang luar biasa sehingga menghantar-kan SMAN 4 Denpasar sebagai salah satu sekolah favorit di kota Denpasar.

Ketika ditanya apa resep se-kolah dengan nama beken Fours-ma itu sehingga bisa merajai

STRATEGI lain yang SMA Negeri 4 Denpasar kembang-kan adalah berburu bibit unggul. Sekolah yang terkenal dengan nama beken Foursma ini menya-dari bahwa untuk membangun keunggulan lulusan harus dimulai dari keunggulan input siswa. Oleh karena itu berusaha menarik minat siswa terbaik dari berbagai SMP di Bali menjadi salah satu prioritas SMAN 4 Denpasar.

Untuk itu Foursma mengem-bangkan dua program utama yaitu melalui penelurusuran prestasi dalam lomba, seleksi siswa pe-raih prestasi, dan tes prestasi akademik.

Pada tiap penyelenggaraan ke-giatan ulang tahun, SMAN 4 Den-pasar mengundang para siswa terbaik dari se-Bali mengikuti perlobaan Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Bahasa Inggris yang meliputi debat, men-ceritakan sejarah, menjadi guide, menulis, kesenian, Ekonomi dan berbagai bidang perlombaan lain. Dengan teknis ini sekolah mem-berikan peluang kepada tiga siswa terbaik pada tiap bidang dapat masuk ke SMAN 4 Denpasar tanpa tes.

Strategi berikut yang Foursma kembangkan adalah menerima siswa tanpa tes. Persyaratan yang wajib dipenuhi adalah bukti pres-

Rajai Peringkat Lulusan Terbaik Nasional

SMA Negeri 4 Denpasar

terkenal dengan berbagai prestasi siswanya baik dalam bidang aka-demis maupun non-akademis dan di tingkat nasional maupun dunia.

Mereka langganan menjadi ju-ara dalam Olimpiade Fisika, Biolo-gi dan Matematika tingkat interna-sional. Siswa SMAN 4 Denpasar juga kerap meraih prestasi dalam berbagai lomba karya tulis dan debat Bahasa Inggris yang meli-batkan banyak negara. Bahkan, para guru di sekolah ini juga turut mencatatkan prestasi sebagai guru teladan di Provinsi Bali dan guru berprestasi di Kota Denpasar selama bertahun-tahun.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini mengedepankan kom-petensi siswa. SMAN 4 Denpasar

juga mengintegrasikan kuriku-lum Cambridge dengan kurikulum yang mereka gunakan. Sehingga ketika lulus, para siswanya memi-liki kompetensi untuk bersaing dengan lulusan dunia.

Tidak hanya itu, untuk men-dukung minat dan bakat siswanya, sekolah menyiapkan berbagai klub yang dapat mereka tekuni. Siswa dapat memilih klub Kom-puter, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi dan Astronomi. Dari klub-klub inilah lahir para jawara sains yang mengharumkan nama SMAN 4 Denpasar di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Sementara dalam hal ujian na-sional (UN), sekolah juga punya cara tersendiri dalam menyiap-kan siswa mereka. Setiap siswa mengikuti klub UN. Klub ini me-ngumpulkan murid-murid yang meraih nilai tinggi pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Usai jam sekolah, mereka ber-kumpul untuk mendalami materi ujian bersama guru.

Selain siswa bernilai tinggi, klub UN di SMAN 4 Denpasar juga me-ngumpulkan siswa-siswa dengan prestasi akademik yang tidak me-nonjol. Mereka juga mendapatkan pendalaman materi, tetapi pada jadwal berbeda. Perlakuan guru terhadap kelompok ini juga tidak

sama dengan kelompok siswa pintar.

Tidak heran SMAN 4 Denpasar selalu menyabet prestasi dalam UN. Tidak hanya nilai-rata tinggi, tetapi juga jumlah siswa terba-nyak yang meraih nilai UN tinggi secara nasional. (sak)

Langganan Juara Olimpiade

angka kelulusan nasional, Dr. I Wayan Rika, M.Pd., selaku Kepala SMAN 4 Denpasar mengatakan, “Kita memang mempersiapkan mereka dengan program-program yang mengacu pada Ujian Na-sional dan Ujian Masuk Pergu-ruan Tinggi Negeri (UMPTN). Di program itu, siswa kami bagi ke

tasi dalam berbagai perlombaan pada tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional dan internasional yang diperoleh secara perorang-an. Bukti prestasi yang dapat di-terima mencakup prestasi bidang akademik dan non akademik.

Strategi yang ketiga adalah pe-nerimaan siswa baru melalui tes prestasi akademik. Pelaksanaan kegiatan lomba menjadi agenda pertama, disusul agenda kedua seleksi prestasi, dan terakhir tes akademik. Oleh karena itu penerimaan siswa melalui se-leksi akademik pada prinsipnya mengisi ruang yang masih belum terisi melalui seleksi pertama dan kedua.Pendukung Pembelajaran

Berbagai aktivitas siswa se-perti praktikum di labolatorium labolatorium IPA menjadi pen-dukung pengembangan prestasi siswa. Panjangnya waktu belajar siswa di labolatorium mendorong SMAN 4 Denpasar memberikan keleluasaan kepada siswa untuk berada di labolatorium sepanjang siswa membutuhkannya, kapan pun bisa. Oleh karena itu setiap ketua klub yang memegang kunci labolatorium dan bertanggung ja-wab pula pada keamanan seluruh barang yang ada di dalamnya.

dalam beberapa klub belajar untuk menghadapi Ujian Nasional dan untuk anak-anak yang menduduki rangking teratas kami godok secara khusus agar bisa mem-peroleh nilai Ujian Nasional yang tinggi,” terang Rika saat ditemui di SMAN 4 Denpasar.

Untuk mendukung prestasi ter-sebut, sekolah yang mewakili In-donesia dalam pertukaran pelajar tingkat SLTA di Singapura pada tahun 2001 ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menun-jang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain, perpustakaan, laboratorium Bio-logi, Fisika, Kimia, Komputer, dan Bahasa, serta wall climbing yang berada di areal sekolah.

Sekolah ini juga memiliki ba-nyak kegiatan ekstrakulikuler di-antaranya, Palang Merah Remaja (PMR), Sispala Bhuana Yasa, Paskib, Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Teater Blabar, dll. (sak)

Foursma “Godok” Siswa Secara Khusus

Berburu Bibit Unggul

(sak)

6 11 Selasa, 4 - 17 November 2014 Selasa, 4 - 17 November 2014

SORE itu aku lalui dengan duduk bersila di teras belakang rumahku sendiri. Dari luar aku pasti tampak seperti sedang bengong meman-dangi tembok berwarna krem yang menjadi pembatas antara rumahku dengan rumah tetangga di sebelah. Itu rumah keluarga Pak Pramana, tetangga paling baik yang per-nah kukenal seumur hidup. Putra bungsu mereka selisih persis tepat sembilan bulan denganku, dan dia adalah teman terbaik yang kupunya.

Tunggu, teman?Aku mengulum senyum kecil

sambil menelan pahit. Hanya te-

Kiki Kristika AristyaSMAN 3 Denpasar

SMAN 6 Denpasar menun-jukkan jati dirinya sebagai sekolah Adiwiyata dan unggul dalam aka-demis. Belum lama ini siswa SMA 6 Denpasar sukses meraih juara I nasional lomba karya tulis ilmiah “Green Innovation Institut Pertanian Bogor”.

Tim Sixsma diperkuat Pande Dwi Sinar Maheni (XII-IPA-4), Komang Tri Paramitha (XII-IPA-4) dan Sukmai Yoni ( XII-IPA-4). Keti-ganya sukses membawa pulang piala tetap berkat hasil penelitian dan penemuannya berupa “Gen-teng Ramah Lingkungan”. Tema ini pas sebagai predikat sekolah Adiwiyata Mandiri.

Pande menuturkan temuannya ini bermula atas keprihatinannya melihat tumpukan sampah di sekitar sekolah yang kebanyakan berupa KMK (kotak minuman kemasan) dan steropom (gabus). KMK ini mereka kumpulkan, diambil bagian tengahnya yang berisi karton. Sedangkan bagian luar mereka jadikan barang jadi berupa tas.

Temukan Genteng Ramah LingkunganSampah ini dia kombinasikan dengan limbah buah kemben (per-damaian) yang tak dimanfaatkan. Sedangkan di sisi lain ketersediaan tanah liat sebagai bahan baku gen-teng kini makin langka dan mahal di tengah maraknya pembangunan perumahan.

Sampah ini dibuatkan adonan dicampur dengan gabus dan bensin sebagai bahan perekat. Baru di-cetak menjadi genteng dengan nebeng di perajin di Darmasaba. Jadilah, sampah menjadi genteng ramah lingkungan.

Anak asuh Drs. I Ketut Sinah, Drs. I Wayan Arta, I Made Gunada Putra, S.Si., Kadek Artayasa,S.Kom., dan Wayan Ananta Wijaya ini mendapat pujian dari dewan juri karena penemuannya sangat luar biasa. Mereka dibina lewat Komuni-tas Peneliti Belia (KPB) Sixsma.

Ketiga cewek cantik ini juga meraih juara III tingkat nasional di LKTI FE Unud. Saat itu mereka meneliti “Peranan Gerbangsadu dalam persaingan global terhadap

eksistsensi endek Rangrang di Desa Pejukutan, Nusa Penida”. Trio ini juga meraih juara III LKTI di Prov. Bali dengan tema program Gerbangsadu juga.

Siswa SMAN 6 Denpasar lainya, I Komang Ayu Wahyuni (XII-IPA-1) maju sebagai fi nalis LKIR di LIPI dalam bidang kependudukan. Tang-gal 29 Oktober Wahyuni bersaing di tingkat nasional di Jakarta serta mempresentasikan penelitiannya soal “Efektivitas penerapan para-rem adat dalam pengendalian pen-duduk pendatang di Bali”. Wahyuni adalah satu-satunya siswa SMA di Bali yang lolos ke babak fi nal untuk bidang kependudukan.

Siswa Sixsma juga unggul dalam budaya dan pariwisata. Ida Ayu Putu Santi Purnamawati (XII-IPA-4) menjadi duta wisata Bali ke tingkat nasional dan bersaing menjadi Duta Wisata Indonesia 2014 di Riau. I.A. Santi menargetkan menjadi duta wisata Indonesia biar bisa keliling Indonesia dan Asia.

Selain itu siswa Sixsma juga meraih juara III lomba artikel ling-kungan, juara III lomba membuat kincir angin, juara III lomba bola voli putra dan harapan II danaces kontemporer.

Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mudhita, M.Pd., Rabu (22/10) lalu mengaku bangga KPB Sixsma yang baru dibentuk sebulan sudah menunjukkan prestasi. KPB Sixsma ini diresmikan saat Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Mudhita yang memiliki ide mem-bentuk KPB ini akan mensiner-giskan kegiatan KIR, jurnalistik, fotografi , lingkungan, Sispala dan SC (study club). Pembinanya anak muda dan melibatkan alumni. Dengan demikian berlangsung kontinyu dan terintegritas yang dikoordinatori oleh I Made Gunada Putra, S.Si. Untuk itu dia berharap anak-anak Sixsma terus berpresta-si. Mereka disiapkan penghargaan yang rutin dibagikan tiap Hardiknas, 2 Mei. (sue)JUARA NASIONAL ▬ Kasek Nyoman Mudhita bersama wakasek dan

Pembina bergambar dengan siswa yang meraih juara nasional.

Siswa SMAN 6 Denpasar Juara I LKTI Nasional

SEKALIPUN menjadi SMP negeri termuda di kota Denpasar, tak menyurutkan semangat SMPN 11 Denpasar untuk unjuk prestasi dan bersaing dengan sekolah negeri lainnya. Buktinya, baru-baru ini sekolah yang berada di tengah Pulau Serangan, Denpasar Selatan ini sukses mengantarkan siswanya menoreh pestasi tingkat provinsi dalam lomba Jambore KSPAN 2014 yang digelar di Wis-ma Nangun Kerti, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

Tiga siswi SMPN 11 Denpasar yang ditunjuk sebagai wakil Kota Denpasar, yakni Ni Madeni Yuniar-tika (IX D), Ni Luh Putu Mahasidiari (VII G), dan Ni Kadek Dwi Rahayu (IX A). Dalam perkemahan yang digelar selama 3 hari 2 malam itu, mereka sukses memboyong tiga gelar juara I sekaligus mulai dari lomba tutor sebaya, lomba cak dug, dan juga lomba mars. Makanya tak heran jika akhirnya mereka dinobatkan sebagai juara umum I Jambore Lintas Program Kesehatan (KSPAN) katagori SMP.

Ni Madeni Yuniartika mengaku bangga bisa mengikuti kegia-tan tersebut, apalagi bisa saling bertukar informasi dan juga me-nambah wawasan. Bahkan dari pengalamannya ia bisa sharing juga dengan lingkungan terdekat, mulai dari keluarga, teman-teman dan juga masyarakat. “Di perke-mahan tersebut banyak banget pengalamannya. Saya bisa bela-jar banyak buat sharing dengan teman-teman,” ujar Madeni.

Sementara itu, di bidang olah-raga mutiara-mutiara SMPN 11 Denpasar juga tak perlu diragu-kan lagi. Pasalnya dua siswanya sukses menoreh prestasi hingga tingkat nasional. Prestasi ini diraih dalam kejuaraan nasional tenis ka-tagori yunior di Surabaya. Bahkan Ruddy Bagiawan (VIII D) tercatat sebagai atlet tenis lapangan di

Juara Umum I KSPAN Tingkat Provinsi

peringkat 63 nasional. Satu lagi rekannya, Kadek Yongki Setiawan (VII F) juga berada di peringkat 65 nasional. Masuk dalam daftar atlet nasional bukan hanya meng-harumkan nama Bali, tentunya juga menjadi suatu kebanggaan bagi SMPN 11 Denpasar.

Kasek Drs. I Putu Jaya, M.Psi mengungkapkan untuk mencapai hasil tersebut, hal pertama yang ditekankan adalah disiplin, baik dari segi kehadiran, waktu dan juga administrasi. “Kami me-numbuhkannya dari segi disiplin. Bagaimanapun disiplin harus dimi-liki oleh setiap individu, apakah itu siswa, guru, pegawai atau stake-holders yang ada di sini. Karena tanpa disiplin apapun yang kita kerjakan tidak akan mendatang-kan hasil,” tegasnya.

Lebih lanjut, Putu Jaya menga-takan SMPN 11 Denpasar ini harus berdiri sejajar dengan sekolah lainnya di kota Denpasar. Karena ia meyakini mutiara-mutiara yang ada di sekolah ini sebenarnya memiliki potensi. Tinggal diolah dan diproses agar menghasilkan output yang bermutu. Untuk itu, SMP Negeri 11 Denpasar terus berupaya meningkatkan dan mem-pertahankan prestasinya. “Kami harus berdiri sejajar. SMP 11 jangan hanya dikenal tapi juga dibutuhkan,” tandasnya.

Ia pun berharap dengan presta-si tersebut keterlibatan stake-holder untuk lebih peduli dengan pendidikan yang ada di SMPN 11 Denpasar. “Kolaborasi antara stakeholder itu sangat diperlukan dan harus terjalin erat. Dari ratus-an siswa di sini masak tidak ada mutiara-mutiara yang terpendam di lumpur pulau Serangan ini. Pasti ada yang muncul dan memiliki potensi. Sekarang tergantung bagaimana kita mengolah. Kami harus berpikir optimis, bergerak dan memiliki motivasi untuk maju,” jelas Putu Jaya. (rii)

man ya? “Kenapa? Kamu suka temboknya ya?” Aku sedikit ter kesiap karena tiba-tiba ada suara muncul dan mengagetkanku.

Perlu sepersekian detik sampai akhirnya aku melihat kepala Rian muncul dari balik tembok sana. Pas sekali, itu dia orangnya. Rian adalah si bungsu yang kumaksud tadi.

Aku mendengus, “Ya. Tem-boknya lucu banget kayak kamu.” Jawabanku berhasil membuatnya tertawa, namun aku sendiri justru merasakan yang sebaliknya, entah kenapa. Bibir ini seketika terasa berat untuk digerakkan, termasuk untuk sebuah senyum kecil.

“Hei, kamu kenapa sih? Menghi-tung hari?,” canda cowok berambut hitam agak ikal dengan kacamata itu lagi.

“Menghitung hari apaan? Kamu kira aku mau mati apa?”

“Aku hanya bercanda kok, Tia. Maaf ya, jangan marah.”

Aku hanya mengangguk dua kali secara pelan. Tanpa perlu bersusah payah aku menjelaskan dengan mulut pun, dia sudah tahu mak-sudku berada di sini. Menghitung hari yang dimaksud Rian adalah hari kepindahanku dari rumah ini. Dia tidak sepenuhnya salah dengan kalimatnya tadi. Hanya saja, dia ti-dak tahu ada maksud lain mengapa aku merenungkan hari kepindahan keluargaku. Bukan karena rumah ini penuh kenangan meskipun aku tinggal di sini sejak bayi. Dan bukan juga karena rumah ini dikelilingi oleh banyak minimarket yang mem-permudahku meladeni perut yang selalu minta diisi.

Hati dan pikiranku berdebat sengit. “Haruskah aku memberita-hunya?,” batinku pada diri sendiri penuh kesangsian. Namun sebelum aku sempat membuat keputusan, suara Rian membawaku kembali ke alam sadar. “Tia, kamu tahu nggak? Tadi Siska nelpon aku, bilang terima kasih sama hadiah ulang tahun yang aku kasih kemarin itu.”

Aku tidak percaya dengan apa yang mataku tangkap dari Rian ketika dia memberitahuku berita buruk tadi. Ya, berita buruk untukku, tapi berita super baik baginya. Sampai-sampai kedua matanya yang tersembunyi dibalik kacamata itu tak bisa menyembunyikan sinar kebahagiaan, dan semua itu hanya

karena sebuah ucapan terima kasih melalui telepon.

Adalah dia yang pergi mengem-bara hanya untuk sekeping cinta. Hanya dia, yang tak pernah lelah mencari sisa-sisa harapan dari se-seorang... yang sayangnya bukan aku. Hatiku terdorong amat kuat untuk mengaku padanya kalau aku telah berjuang sejauh ini untuk menahan sakit. Setiap percakapan yang kita jalin selalu membahas tentang dia. Kado yang kamu sanjung-sanjung itu pun sesung-guhnya adalah usulan berat hati da-riku. Lalu bagaimana disaat kamu sedih, galau karena memikirkan dia, atau cemburu melihatnya dekat dengan banyak cowok lain, apakah dia peduli? Seingatku, kamu mele-watkan semua itu denganku.

Tidakkah kamu pernah berpikir seandainya kamulah yang berada dalam posisiku sekarang ini? Menu-rutku, dia adalah orang yang salah untukmu. Namun aku juga tidak berani menyombong kalau akulah orang yang tepat, karena hatimu

telah terlanjur menjatuhkan pilihan padanya. Lebih baik aku yang menangis ketimbang menyalahkan hati kecilmu.

Rian masih tersenyum, dan aku tidak mau melihat kebahagiaan itu menguap darinya. Kupaksakan me-narik kedua sudut bibir ini ke atas, lalu menggodanya sedikit, “Wah, selamat ya! Akhirnya dia ngerespon kamu juga.”

Cowok itu terkekeh, sementara kedua pipinya merona merah kare-na malu. “Haha, iya sama-sama. Seharusnya aku yang bilang terima kasih, ‘kan kamu yang ngusulin kadonya.”

Kembali aku memberinya se-nyum singkat. Rian masih mena-tapku dari balik tembok. Meskipun hatiku sakit, namun aku tetap menggunakan waktu ini sebaik mungkin untuk melihatnya. Sekecil apapun hal tentang dia akan ku-rekam sebaik mungkin dalam i-ngatanku. Karena aku tahu, setelah dua minggu ini, aku akan sangat merindukannya. Tapi kurasa dia tidak perlu tahu itu. Cukup aku saja yang menyimpannya dalam hati, bersama dengan semua luka yang telah mengendap jauh sebe-lumnya.

“Hei, kamu kenapa sih? Menghi-tung hari?,” canda cowok berambut hitam agak ikal dengan kacamata itu lagi.

karena sebuah ucapan terima kasih melalui telepon.

Adalah dia yang pergi mengem-bara hanya untuk sekeping cinta.

telah tepadanmenanhati ke

Riantidak mmengunarik klalu meselamak j

SMPN 11 Denpasar

WM/rii

WM/sue

10Selasa, 4 - 17 November 2014

7Selasa, 4 - 17 November 2014

No. TTWM 52

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 52

Jawaban TTWM No. 51

Pemenang TTWM No. 51

L a y a r

1

BUAH pisang biasanya yang dimakan adalah isi dalam kulitnya, yaitu daging buah yang berwarna putih agak kuning. Tapi ternyata kulit pisang bisa bisa juga dimakan lho, dan gizinya tak kalah baik dengan da-ging buah.

Berdasarkan artikel ta-

ingat pria lebih buruk. Riset sebelumnya telah mendapati hasil yang sama. Ini merupa-kan kali pertama penelitian melibatkan pria dan wanita berusia paruh baya dalam jumlah besar di Inggris.

Sebelumnya, penelit me-libatkan lebih dari 9.600 laki-laki dan perempuan di Brita-nia Raya. Rata-rata relawan merupakan anggota dari National Child Development Study (NCDS). Masing-masing individu diberikan 10 pertanyaan. Setelah dua menit, masing-masing indi-vidu diberika semacam tes daya ingat. Hasilnya relawan perempuan berhasil men-galahkan pria pada dua tes verbal yang dilakukan ber-urutan. Rata-rata permpuan mengingat 5% pada tes pertama dan 10% pada tes kedua.

James KawilarangSisma (XII P)

JIKA penelitian sebe-lumnya mengklaim bahwa perokok bisa terkena kanker paru dalam waktu 10 tahun, kini ilmuwan dari Cancer Research UK terang-terang-an menyebut-kan kanker paru berubah menjadi lebih agresif dan sulit diobati sehing-ga kemungkin-an perokok terkena kanker bisa lebih cepat dari lima tahun.

Ilmuwan Inggris meng-klaim kanker paru paling banyak dialami perokok. Angka terbaru dari American Lung Association menyebut-kan, kanker paru-paru yang terdeteksi dini di AS 53,5 persen, sedangkan tingkat kanker stadium lanjut dan telah menyebar ke organ sekitar 3,9 persen. Kepala

Kanker Paru pada Perokok, Lebih Agresif

ilmuwan Cancer Research UK mengungkapkan jika kita dapat mencegah penyakit sejak awal dan mengobati-nya sebelum stadium lan-

jut. Maka kita bisa membuat perbe-daan nyata dalam membantu lebih banyak orang. Tapi masalahnya, ham-pir 10 persen pen-derita kanker tidak sadar dan terus merokok.

Di Indonesia, RS kanker Dhar-

mais mencatat, Kanker Paru merupakan penyebab kema-tian yang utama karena 85-95 persen penderita kanker paru berhubungan dengan kebiasaan merokok. Belum lagi para penderita biasanya datang ke pelayanan kese-hatan dalam kondisi stadium lanjut.

Ariyani D.ASixsma

Pria Lebih Pelupa dari Wanita?

MEMASUKI usia senja, penurunan daya ingat meru-pakan fase alamiah yang nantinya menimpa setiap individu. Memelihara daya ingat menjadi cara efektif mengatasi pikun. Daya ingat perempuan ketika memasu-ki usia 50 tahun ternyata jauh lebih baik ketimbang pria, termasuk untuk uru-san mengingat kata berikut akurasinya.

Hasil riset tim peneliti Uni-versitas London mengung-kapkan secara verbal daya

Manfaat Kulit Pisang

2

7 8

10

5

9

3 4

11

6

15 16

19

21

18

23

22

1312

17

20

14

Mendatar:1. Pengecap dalam mulut; 5. pelawak; 7. pulau; 9. lain daripada yang lain; 10. saudara suami/istri; 11. tidur sebentar (Inggris); 12. tidak dapat mendengar; 15. sedih (Inggris); 17. aturan yang melatarbelakangi perilaku; 20. penghubung satuan bahasa yang setara; 21. susah hati; 22. mendiami; 23. hewan penghisap darah.

Menurun:1. Ruang di atas bumi; 2. hiasan pada leher; 3. benda karet pada roda; 4. cairan asam; 5. tempat jual beli saham; 6. bagian kantor pemerintah; 8. bulan ke-4; 13. kegiatan dengan mengerahkan tenaga; 14. terasa sakit/ngilu; 16. permohonan/harapan; 18. sama berat; 19. binatang yang hidup di air

Mendatar1. Jingga4. Hal7. Miso8. Manila9. BAA10. Ask

11. Istilah14. Bina15. Koala18. Soap20. Ajak21. Janji

Menurun1. Jamu2. Nanas3. Gulai4. Hibah5. Asas6. Loak

11. Izin12. Tuas13. Luka16. Opa17. Liar19. Oli

2. Ni Komang Priska Bella Ratnadilla SMK Negeri 5 Denpasar

1. Putu Nadia Pranadewi SMP Negeri 4 Denpasar

hun 2011 dalam Applied Biochemistry and Biotech-

nology dikatakan bahwa dalam kulit pisang me-ngandung antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa ini dikenal baik untuk ce-

gah diabetes, serangan jantung dan kanker seperti dikutip Reader’s Digest. Tak enak memang jika dikon-sumsi langsung, namun jika dimasukkan ke dalam smoothie bisa enak. Cuci sampai bersih terlebih da-hulu, lalu blender bersama buah lain. Di India, sudah lumrah untuk mengonsumsi kulit pisang, seperti direbus kemudian dicincang lalu dimasukkan ke dalam ma-sakan.

Ariyani D.ASixsma

SUDAH menjadi agenda rutin setiap hari Sum-pah Pemuda 28 Oktober, OSIS SMK PGRI 4 Den-pasar yang lebih dikenal dengan Fourgriska meng-adakan gebyar budaya bertema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Bentuk Karakter Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi”.

Gebyar budaya dibuka Ketua Komite Drs. IGB Wiadnyana, M.M., M.Pd.. Saat itu juga dilantik peng-urus OSIS baru Fourgriska 2014-2015 oleh Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd. Ketua OSIS Fourgriska yang baru dipimpin oleh Ko-mang Adi Darmawan (X-AP-2) menggantikan I Putu Yudi Asmara (XI-AP-2).

Saat itu juga dilakukan pelantikan pengurus PMR dan KSPAN. PMR Fourgriska kini dipimpin oleh Agus Wiwaha dan KSPAN oleh Agustina.

Ketua OSIS lama, Yudi Asmara mengaku sela-ma setahun memimpin OSIS Fourgriska dia sukses meraih juara III lomba stand SMK, meraih berbagai medali di Porjar, juara I lomba futsal HUT PGRI. OSIS juga mengelar IT Compettition dan gebyar bu-

daya setiap Sumpah Pemuda. Bahkan setiap jeda semester melakukan lomba futsal. Dia harapkan pengurus OSIS baru mampu berprestasi lebih baik lagi.

Ketua OSIS yang baru Adi Darmawan bertekad memberikan yang terbaik bagi sekolah dan siap mengabdikan diri untuk sekolah.

Yudi Asmara yang juga Ketua Panitia Gebyar Budaya mengatakan diisi dengan band sekolah dan band tamu “Leeyong Sinatra”, dance modern, tari Bali. Yang menarilk di gebyar budaya kali ini menampilkan grup band dari kalangan guru Teacher Fourgriska.

Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Dra. I Ketut Su-arya, M.Pd., mengatakan sengaja melantik pemimpin sekolah di momen Sumpah Pemuda agar mampu memberi spirit dan semangat nasionalisme dan pa-triotisme bagi anak muda. Di samping itu untuk me-nanamkan karakter pemuda yang bermartabat.

Sebelum dilantik, pengurus baru digembleng building carachter-nya di Margarana selama dua hari.

Ketut Suarya mengungkapkan saat ini SMK PGRI 4 Denpasar sedang merampungkan pembangunan gedung lantai III untuk mengantisipasi PPDB tahun depan. Gedung lantai I untuk restoran berstandar hotel bintang lima, lantai II dan III untuk 12 ruang kelas belajar. Termasuk sedang menata tampilan ru-ang lobi baru.

Ketut Suarya berterimakasih atas kinerja pengu-rus OSIS 2013-2014 karena banyak menghasilkan prestasi yang ikut mendongkrak citra baik sekolah di mata masyarakat. Salah satu peran OSIS yang tak terlupakan yakni partisipasi OSIS yang bekerja sejak pagi hingga malam. Pengalaman ini akan memberi pembelajaran bagi mereka.

Ketua Komite IGB Wiadnyana didampingi Wakil Ketua, I Ketut Antara, S.pd., M.Ag., menegaskan program ini sangat mendukung pembentukan ge-nerasi muda yang mandiri dan kreatif serta bertang-gung jawab. Inilah yang dikatakan sebagai modal utama untuk sukses. (sue)

Bentuk Generasi Cerdas dan Inspiratif

OSIS- Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd., menyerahkan panji OSIS kepada Ketua OSIS, Adi Darmawan.

SANGAT luar biasa, SMP PGRI 2 Denpasar da-lam satu hari dikunjungi dua rombongan studi ban-ding, Selasa (28/10) lalu. Mereka yang mengadakan kunjungan ke SMP PGRI 2 Denpasar masing-masing rombongan YLLP Bogor yang terdiri dari para kepala sekolah persekolahan PGRI Kota Bogor.

Rombongan kedua dari siswa Victoria School Singapura. Kedua rombongan langsung diterima Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Dr. Drs. I Gede Wenten Aryasuda, M.Pd. serta para guru dan siswa. Mereka disambut dengan meriah berupa tari pe-nyambutan dan pengalungan bunga.

Rombongan YPLP Kota Bogor dipimpin Haji Sahri. Rombongan kasek ini belajar soal pengelo-laan sekolah. Sementara itu siswa dan guru dari Victoria School Singapura belajar soal budaya dan lingkungan.

Para siswa Victoria School Singapura ini selain ditampilkan aneka jenis ekstra berajegkan Bali, mereka juga diajak belajar tari Bali dan budaya Bali lainnya seperti majejahitan, megender wayang, dan tabuh. Para siswa juga dilibatkan dalam PBM untuk berbagai jenis mata pelajaran berbasiskan bahasa Inggris.

Saat itu Gede Wenten Aryasuda memaparkan

profil sekolah berupa program unggulan. Di antara-nya membangun karakter siswa lewat gebyar buda-ya dan Grsida Championship yang melibatkan siswa SD yang dikoordinir OSIS.

Yang membanggakan kunjungan studi banding bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Bahkan siswa SMP PGR 2 Denpasar berbaur dengan 42 siswa asal Singapura menerapkan bahasa Inggris-nya.

Ketua YPLP Dikdasmen PGRI Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M., bangga SMP PGRI 2 kini menjadi objek studi banding dari dalam dan luar negeri. Hal ini menunjukkan SMP PGRI 2 Denpasar berkualitas dan unggul.

Aryasuda juga memaparkan budaya siswa dan guru peraih juara menyerahkan piala kepada kasek saat apel bendera. Hal ini dilakukan untuk memotiva-si siswa lain berprestasi. Sebagai imbalannya, guru dan siswa yang berprestasi menerima penghargaan dan bonus saat puncak Hari Guru Nasional.

Belum lama ini gurunya juara bahan ajar dan siswanya juga meraih juara I lomba video edukasi berbasiskan IT. Bahkan siswa dan gurunya sudah tiga kali berturut-turut meraih juara di bidang bahan ajar.

Siswanya juga mengukir prestasi internasional sebagai juara junior karate se-ASEAN. Sekolah ini juga menjadi sekolah imbas adiwiyata SMAN3 Den-pasar. Makanya saat ini lingkungan SMP PGRI 2 Denpasar tampak asri dan bersih.

Pimpinan Victoria School Singapura, Mr. Khoo mengaku puas dapat belajar dan pengalaman me-nari Bali serta belajar lingkungan di SMP PGRI 2 Denpasar. Penguatan budaya Bali ini dinilai sangat pas untuk sekolah swasta favorit di Denpsar ini. Bah-kan dia berjanji akan datang lagi ke sekolah ini untuk belajar budaya Bali.

Ketua YPLP PGRI Bogor, Haji Sahri juga me-ngaku terharu disambut luar biasa di SMP PGRI 2 Denpasar. Bahkan dia mengakui SMP PGRI 2 Den-pasar sangat banyak memiliki keunggulan yang dikelola secara profesional.

Di akhir acara diisi dengan saling tukar cindera-mata yang disaksikan Drs. Nengah Madiadnyana, M.M. dan Wakil Ketua YPLP Dikdasmen PGRI Bali, Dr. I Wayan Wirasa, M.M., M.Pd . dan Ketua PD PGRI Kota Denpasar, Drs. I Nyoman Winata, M.Hum. (sue)

Belajar Budaya di SMP PGRI 2 DenpasarVictoria School Singapura

CINDERAMATA- Kasek Gede Wenten Aryasuda menyerahkan cinderamata kepada Mr. Khoo dari Victoria School Singapura.

Gebyar Budaya di Fourgriska

TAK bisa dipungkiri trilogi Matrix meroketkan nama Keanu Reeves. Selain itu banyak hal menonjol dan kreatif yang ditam-pilkan pada film arahan sutradara Andy Wachowski dan Lana Wa-chowski seperti perkelahian Neo dengan Agent Smith atau gaya menghindar Neo dari terjangan peluru.

Film yang menjadi box office pada tahun 2000an itu ternyata

berlanjut dengan “John Wick,” lebih satu dekade kemudian. Hanya saja Revees tetap menjadi pe-meran utama. Sedangkan posisi sutradara ditempati David Leitch dan Chad Sta-helski, yang di Matrix men-jadi pemeran pengganti Revees.

Stahelski sebelumnya adalah atlet kickboxing dan berhasil pe-runtungannya di layar perak seba-

John WickBintang : Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen, Adrianne

Palicki, Bridget Moynahan, Dean Winters, Ian Mc-Shane, John Leguizamo, Willem Dafoe

Sutradara : David Leitch dan Chad StahelskiDistributor : Lionsgate

Gara-Gara Anjing dan Mobilgai aktor pengganti dalam film-film laga seperti “300” (2006). Bersama Revees, dia juga tampil di film “Constantine” (2005).

Leitch lebih senior dan kenyang pengalaman. Ia menjadi aktor pengganti di film-film hebat lainnya seperti “300,” “van Helsing,” “Troy,” “The Bourne Ultimatum” hingga “xXx: State of the Union.”

Maka bisa ditebak bila “John Wick” karya dua aktor pengganti kawakan itu akan menawarkan aksi pertarungan dari awal hingga akhir.

Pada film berdurasi 96 me-n i t

i n i , diceritakan sosok John Wick

yang diperankan oleh Revees. Dia adalah mantan pembunuh bayaran yang kini hidup menyepi di sebuah tempat di New Jersey.

Istrinya Helen (Bridget Moyna-han) meninggal dan mewariskan seekor anjing Daisy pada Wick. Wick berkeyakinan bisa meng-hadapi memulai hidup baru bersa-ma Daisy dan kenangan bersama Helen.

Hingga suatu ketika terjadi in-siden di sebuah pengisian bahan bakar. Wick diminta menjual mo-bilnya Mustang 1969 oleh gerom-bolan laki-laki yang dipimpin Iosef (Alfie Allen). Tawaran itu ditolak dengan baik-baik namun malah menimbulkan amarah Iosef.

Diluar perkiaraan kelompok Iosef membuntuti Wick hingga ru-

mahnya. Mereka mencuri mobil Mustang klasik, membunuh Daisy dan mengeroyok Wick yang dalam lima tahun terak-hir tak lagi berhubungan dengan persoalan ke-kerasan.

Bagi mantan pem-bunuh, Wick tak mem-punyai pilihan selain membalas dendam, memburu Iosef dan mengambil kembali mo-bil Mustang klasiknya.

Namun belakangan ia mengeta-hui bahwa Iosef ternyata anak Viggo (Michael Nyqvist), pemimpin mafia. Viggo adalah mantan bosnya dan tahu benar sepak terjangnya.

Mengetahu anaknya bermasalah dengan Wick, Viggo mengeluarkan sayembara berhadiah jutaan dolar

AS untuk melenyapkan Wick. Ia juga menyewa pembunuh bayaran Marcus (Willem Dafoe) mantan te-man Wick. Selain itu, ia juga me-rekrut Perkins (Adrianne Palicki) untuk menyelamatkan anaknya dari kejaran Wick.

Selanjutnya : baku tembak, perkelahian, kejar-kejaran pun tak terhindarkan. Penonton akan dipuaskan dengan aksi umbar peluru layaknya film-film Manda-rin atau perkelahian seperti gaya agen rahasia Bourne.

Pada akhirnya, laki-laki me-mang tidak bisa dipisahkan dari kenangan masa lalunya serta dunia kekerasan yang membentuk dirinya. Lewat pertemanan dengan anjing dan mobil, laki-laki mene-mukan dunia baru yang membuat dirinya bisa lebih manusiawi atau lebih tepatnya sentimentil. (yud)

8Selasa, 4 - 17 November 2014

9Selasa, 4 - 17 November 2014

Trend

BERIKUT cara-cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kesen-dirian kamu.Buatlah Teman

Entah itu boneka, batu atau te-man imajinasi, jadilah teman dari sesuatu. Temukan sesuatu yang lain di luar dirimu.Baca Buku

Bagaimana kamu bisa merasa sendirian ketika kamu membaca tentang berlayar di lautan yang luas dengan banyak kru atau bertarung dengan raksasa buruk rupa di pun-cak Gunung Carnivorous?Menulis

Entah kamu menulis novel, cer-pen, fiksi ataupun nonfiksi. Menulis adalah salah satu cara yang baik untuk “bicara” dengan dirimu sendi-ri. Menulis juga salah satu cara un-tuk berpikir tentang hidupmu dan apa yang ingin kamu lakukan untuk mengubahnya.Menyibukkan Diri

Menggambar, menulis, atau bermain video game, lalukan apa yang kamu suka dan buat dirimu tetap sibuk.Miliki Hewan Peliharaan

Apabila kamu alergi terhadap an-jing atau kucing, cobalah ikan atau kura-kura. Menangani makhluk hidup lain akan membuat kamu s a -dar bahwa di luar sana banyak sekali yang membutuh-kan lebih dari yang kamu butuhkan.Nikmati Keindah-an Alam

Sendiri tidak ha-

Cara Menikmati Kesendirian

rus di dalam ruangan. Pantai atau jalan terjal bisa menjadi pilihan luar biasa untuk menye-garkan diri sekaligus m e n g i n g a t k a n kita bahwa du-nia ini memiliki banyak sekali kegembiraan yang belum pernah kita r a s a k a n s e b e -l u m -nya.

InstrospeksiTerkadang ambil kesempatan

saat kamu sedang sendiri untuk mengintrospeksi diri, bermedi-

tasi, atau mendengarkan dirimu sendiri. Temukan apa yang ter-baik untuk dirimu dan peliha-ralah pemikiran itu.Jadilah Dirimu Sendiri

Temukan tempat untuk bekerja dengan orang lain. Tidak peduli siapa dirimu, pasti ada seseorang atau sesuatu yang membu-tuhkanmu. Bagilah

yang kamu miliki, entah waktu, tum-

pangan, telinga yang baik untuk m e n d e n g a r -

kan, atau kaki dan punggungmu un-tuk sebuah gen-dongan. Menolong orang berarti kamu menerima dirimu, dan mereka akan berterima kasih atas usahamu.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

SIAPAPUN bisa mengalami hari yang suram. Hari saat semua yang kita kerjakan tidak berhasil sempurna seperti yang diharap-kan. Bukan hanya belajar, bek-erja, bahkan merembet sampai kehidupan pribadi. Serasa alam semesta bermusuhan dengan diri kita sendiri. Nah, apa yang akan kamu lakukan? Tentu saja kamu tak boleh berdiam diri begitu saja. Lawanlah dengan langkah-lang-kah berikut ini.Kendali Diri

Tolak keinginan u n t u k mentraktir diri sendiri. Makan di restoran mewah mi-salnya. Tentu ada kes-enangan di dalamnya, tapi itu hanya bertahan beberapa menit. Setelah itu m a s a l a h akan datang lagi ditam-bah rasa b e r s a l a h , k e h i l a n g a n kendali bahkan berbagai hal negatif lainnya.Kesenangan untuk Orang Lain

Lakukan sesuatu yang menyenang-

Memperbaiki Suasana Hatikan untuk orang lain. Perbuatan baik selalu terasa baik. Ini sung-guh-sungguh terjadi. Berilah kese-nangan kecil untuk orang di sekitar kamu dan lihat hasilnya.Alihkan Perhatian

Jangan tenggelam dalam masalah yang beruntun. Alihkan perhatian dengan melakukan hal kecil lainnya tapi yang menye-nangkan. Sebagai contoh, mem-baca, menonton film, memasak, jalan-jalan sekitar rumah. Apapun boleh asal berdampak positif dan tidak mengeluarkan biaya.Carilah Kedamaian

Carilah kedamaian dengan aktivitas yang berbeda. Banyak

yang bisa dilakukan seperti mem-bersihkan sudut-sudut rumah, membersihkan pakaian, mem-bersihkan kamar sendiri, atau mensortir baju kamu. Melihat hal yang langsung beres dalam sekejap memberi perasaan

terkendali dan nyaman.Berolahraga

Melakukan ak-tivitas fisik adalah cara

memperbaiki suasana hati yang hebat. Tapi berhati-hatilah agar

tetap fokus pada olahraga yang kamu lakukan.

Jangan hanyut me-mikirkan masalah yang itu-itu saja.Hubungi Teman

K e b a n y a k a n orang meng-hadapi masalah secara individu-al, padahal hal

ini sangat tidak disarankan. Lebih baik bila kamu menghubungi te-man dekat dan menceritakan-nya.Menulis

Daripada membiarkan ma-salah di otak berputar-putar, lebih baik menuliskannya dalam tulisan dan mengumpulkan kemungki-nan solusi yang bisa dilakukan. Ini sangat membantu.Bersyukur

Ini yang paling penting. Ingat-lah kenangan masa lampau saat kamu berhasil dalam suatu hal. Kamu pernah berhasil, bersyu-kurlah atas keberhasilanmu yang dulu. Yakinlah bahwa kini kamu pasti akan berhasil menyelesai-kan masalah yang ada.

Karina YSSmapan

DAYA konsentrasi otak ma-nusia dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi. Di alam ini sangat banyak makanan dengan kualitas gizi yang sangat tinggi dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi otak.Glukosa

Untuk bekerja otak memerlukan energi. Sumbernya adalah glukosa yang berada di dalam darah. Glu-kosa merupakan salah satu hasil perombakan karbohidrat dalam ma-kanan melalui proses pencernaan. Selain glukosa sebagai sumber e-nergi, otak juga memerlukan asam amino serta vitamin dan mineral.Sarapan

Penelitian menunjukkan orang yang rutin sarapan memiliki memori jangka pendek dan atensi lebih baik. Pelajar yang selalu sarapan memi-liki nilai ujian lebih baik dibanding yang melewatkan makanan pagi. Kalau waktu jadi kendala untuk sarapan, kamu bisa mengakali dengan menyiapkan menu maka-nan yang praktis tapi mengandung semua unsur gizi. Misalnya sand-wich berisi sayuran dan keju, atau oatmeal.Ikan

Sumber protein yang berkaitan

Meningkatkan Konsentrasi

SAAT muda, rambut tumbuh dengan baik, bersinar dan subur. Kenapa? Karena pada umur kita sekarang, kulit rambut memproduk-si minyak alami itu yang membuat rambut terjaga kelembapannya. Na-mun, beberapa orang telah tumbuh uban pada usia 30 dan sebagian be-sar lainnya tumbuh uban pada umur 40. Kamu khawatir dengan masalah ini? Jangan takut, karena selalu ada cara untuk membuat rambut kamu tampak lebih muda, berikut tipsnya.Makanan Sehat

Makanan mungkin terlihat se-perti tidak ada hubungannya de-ngan kesehatan rambut, tapi jangan salah ada beberapa makanan yang membantu membuat rambut kamu jadi sehat. Ikan salmon salah satu contoh makanan yang bisa mem-

Tips Perawatan Rambut

Trik Menghafal Pelajaran dengan Cepat

Cara Menikmati Kesendirian

Memilih waktu yang sesuai, ke-1. tika pikiran sedang tidak ada masalah.Menghafal dalam suasana te-2. nang dan tidak ada gangguan dari luar.Menghafal berulang-ulang kali 3. supaya benar-benar ingat. Apabila kamu sudah meng-ingatnya, jangan terlalu lama meninggalkan pelajaran itu

karena akan menyebabkan kamu lupa seketika

dengan p e l a j a r a n

tersebut.

dengan peningkatan daya ingat adalah ikan yang kaya asam le-mak omega 3. Diet tinggi ome-ga 3 juga terbukti menurunkan risiko demensia (kepikunan) dan stroke.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan meru-pakan sumber terbaik antiok-sidan vitamin E, yang terbukti bermanfaat untuk mencegah penurunan kemampuan kog-nitif di usia lanjut. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan dan stimulan alami seperti ka-fein sehingga bisa membantu meningkatkan fokus dan kon-sentrasi.

Komang Yoga Atmaja

Sisma

buat rambut jadi tebal dan ber-sinar. Selain salmon, sayuran hijau dan kacang-kacangan merupakan sumber zinc pro-tein penting untuk kesehatan rambut.Biotin

Biotin adalah yang diperlu-kan agar rambut tumbuh kuat dan sehat. Tanpa biotin yang cukup rambut menjadi lebih tipis. Peneltian telah menunju-kan menggunakan biotin dapat membantu membuat rambut lebih tebal dan kuat.Melindungi dari Sinar Matahari

Orang biasanya berpikir tentang kerusakan kulit aki-bat matahari. Padahal selain merusak kulit, matahari juga merusak rambut dan membuat rambut lebih cepat menua. Pa-paran sinar UV matahari da-pat merusak protein di rambut kamu sehingga rambut lebih rentan rusak. Menggunakan topi atau penutup rambut bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari ancaman sinar ma-tahari.

Christella Imanuellta

SMKN 2 Denpasar

Hafalkan poin-poin yang 4. terpenting. Jangan semua teks di hafalkan agar kamu mudah menguasai pela-jaran itu.Cari teman untuk diajak 5. menghafal dan buatlah soal-soal yang bersang-kutan dengan pelajaran tersebut agar kamu dapat mengingatnya kembali.

Mirah RahayuSLUB

Deklarasi ini diisi dengan dialog dan diskusi soal bahaya sampah plastik dan masalah sampah plastik di sekitar kawasan Besakih. Deklarasi ini ditandai dengan membubuhkan tanda tangan untuk men-jadikan kawasan Besakih sebagai tempat suci yang bebas dari sampah plastik.

Ketua STT Banjar Batu Madeg, Putu Eka Januarta mengatakan, gerakan tak

Deklarasi Pemuda Peduli Sampah PlastikDeklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

Serangkaian peringatan Sumpah Pemuda, remaja di lingkungan Besa-kih, mendeklarasi diri sebagai Pemuda Peduli Sampah Plastik. Kegiatan

ini dilaksanakan, Jumat (24/10) lalu di Pesraman Besakih yang diikuti para pelajar perwakilan SMP, SMA/SMK di Karangasem. Perwakilan

pelajar yang ikut diantaranya berasal dari SMPN 1 Rendang, SMPN 2 Rendang, SMPN 3 Rendang, SMAN 1 Rendang dan SMK Giri Pandawa,

Rendang. Tidak hanya pelajar, acara ini juga diikuti oleh Sekaa Truna Truni (STT) yakni Sekaa Teruna Werdhi Sesana Banjar Tengenan serta

Sekaa Teruna Banjar Batu Madeg, warga banjar di kecamatan Rendang, para guru, dan pekerja lingkungan.

UNTUK memupuk solidaritas para ge-nerasi muda yang peduli terhadap bahaya sampah plastik, secara resmi dideklarasikan pemuda peduli sampah plastik di Pasraman Besakih. Lahirnya pemuda peduli sampah plastik di kawasan Besakih akan menjadi pionir untuk menyadarkan masyarakat ter-hadap persoalan masalah plastik di masa depan.

Deklarasi peduli sampah plastik dihadiri oleh unsur dinas dan adat, anggota OSIS, termasuk Sekaa Teruna Truni (STT) di dae-rah Besakih yang peduli sampah plastik. Kelompok Media Bali Post (KMB) bersama para siswa dan sekaa teruna ingin me-mecahkan masalah sampah karena men-jadi persoalan bersama di mana tidak ba-nyak yang peduli dengan sampah terutama plastik. Padahal sampah plastik hanya bisa terurai ratusan tahun dan sangat berba-haya bagi kehidupan di masa depan. Dari kawasan Besakih diharapkan terus muncul para pionir yang menjadi peduli penyangga penanggulangan bahaya sampah plas-tik. Pemerhati lingkungan, Moeliono yang peduli terhadap sampah plastik mengakui, persoalan sampah terutama di kawasan pura Besakih sudah sangat mengkhawatir-kan. Diibaratkan saat ini kawasan pura ini dijadikan TPA sampah plastik, “Kita harus terus mencoba, dengan cara yang seder-hana saja Pura Besakih bersih dan rapi,” ungkapnya.

Wakasek SMAN 1 Rendang, I Komang Warsa, S.Pd., M.Pd., M.Si. menyambut positif deklarasi pemuda peduli sampah plastik. Diharapkan melalui terbentuknya relawan ini dapat menggugah masyarakat

sebatas deklarasi. Bahkan dia merasa malu justru orang lain peduli dengan na-sib Besakih dibandingkan anak mudanya. Makanya dia menyatakan siap mendukung program ini. Bahkan dia mengkritisi pola kerja petugas kebersihan DKP Karangasem yang asal kerja dengan menyapu jalan na-mun sampahnya dibuang ke got, bukan di-angkut.

Senada dengan Putu Eka Januarta, I Made Agus Suciar-ta dari STT Werdhi Sesana Banjar Tengenan, Besakih mengungkapkan, program peduli sampah plastik harus bersinergi dengan semua komponen masyarakat.

Diskusi pemuda peduli sampah plastik ini menghasil-kan kesimpulan, perlunya re-volusi mental peduli sampah plastik dengan gerakan nyata baik dalam menjaga kebersih-an maupun revolusi mental mengubah kebiasaan buruk yang selama ini membuang sampah sembarangan. Juga perlunya manajemen yang jelas pengelolaan kebersihan dan manajemen sampah di Besakih oleh Pemkab Karang-asem. Penyakit terdekat dari meningkatnya sampah plastik yakni demam berdarah dan ancaman kanker. “Kita perlu melakukan gerakan terus-menerus menjadi contoh dan aksi nyata membersihkan ling-kungan dari sampah plastik,” ujar pengamat lingkungan, Moeliono. (sak)

Memupuk Solidaritas Generasi Mudakhususnya generasi muda bisa peduli dan sadar terhadap bahaya sampah plastik. Para pemuda peduli sampah plastik ini akan membentengi Pura Besakih terhadap bahaya sampah plastik di masa mendatang.

Siswa SMPN 2 Rendang, Putu Yudi Se-tiawan selaku generasi muda masih me-nyayangkan sikap masyarakat yang tidak peduli dengan persoalan sampah. Kenyataan-nya di lapangan sampah dibuang dengan sembarangan termasuk sampah plastik hing-ga di got-got dan selokan terutama di sekitar pasar. “As a young generation, we have to be able to maintain our environment. Seba-

gai generasi muda, marilah kita bergerak untuk membangun Bali khususnya Besakih agar terhindar dari sampah plastik,” ujarnya.

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan deklarasi pemuda peduli sampah plastik yang menjadi pionir generasi muda yang peduli terhadap penanganan sampah plastik. Ke depan akan dibangun unit pengelola sampah di Besakih. (sak)

Mental atau kebi-asaan dan cara berpikir buruk harus diperbaiki. Itulah revolusi mental, meng-ubah kebiasaan buruk membuang sampah apalagi sampah plastik, dengan me-naruh sampah pada tempatnya. Selama ini meski sudah banyak wacana program pemeritah seperti go green, tetapi sejatinya men-tal kita belum berubah. Jem-batan, sungai,

got, hutan, dan laut masih dianggap sebagai tempat pembuangan sampah yang aman. Nyaris di tiap bawah jembatan dan sungai menjadi tempat pembuangan sampah. Orang tanpa merasa bersalah membuang sampah dari atas jembatan ke sungai.

Saya men-dukung dan sangat meng-apresiasi deklarasi ini sebagai bentuk kepedulian kita bersama untuk menjadikan ka-wasan Besakih yang suci dan bebas sampah plastik. Dengan diadakannya kegiatan ini kita bisa tahu bagaimana menciptakan supaya anak-anak sadar akan kerbersih-an lingkungan. Mereka ibarat kertas kosong, kelak di masa depan akan diisi oleh lingkungan. Artinya kalau sudah dari awal dibina dengan bagus, maka kedepannya hasilnya akan bagus juga.

As a young generation, we have to be able to maintain our environment. Sebagai generasi muda, marilah kita bergerak untuk membangun Bali khususnya Besakih agar terhindar dari sampah plastik. Beberapa hal yang sudah kami dapatkan dari narasumber, salah satunya dari bapak Moeliono yang telah berbagi beberapa pengalamannya membuat kami sadar tentang ba-gaimana nasib ling-kungan kami jika kami membuang sampah semba-rangan. Setelah deklarasi ini, kami berharap kepada seluruh masyarakat agar mau ikut serta dalam menjaga lingkungan, dan salah satu ac-tion yang dapat kita awali untuk menjaga lingkun-gan kita adalah tidak membuang sampah secara sembarangan.

Putu Yudi Setiawan (SMPN 2 Rendang)

I Komang Warsa, S.Pd., M.Pd., M.Si. (Wakasek SMAN 1 Rendang)

Putu Eka Januarta (Ketua STT Banjar Batu Madeg, Karangasem)

Moeliono

DEKLARASI- Remaja Besakih saat Deklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

DIALOG-Suasana dialog tentang bahaya sampah plastik di Besakih.

WM/wan

WM/wan

WM/wan

8Selasa, 4 - 17 November 2014

9Selasa, 4 - 17 November 2014

Trend

BERIKUT cara-cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kesen-dirian kamu.Buatlah Teman

Entah itu boneka, batu atau te-man imajinasi, jadilah teman dari sesuatu. Temukan sesuatu yang lain di luar dirimu.Baca Buku

Bagaimana kamu bisa merasa sendirian ketika kamu membaca tentang berlayar di lautan yang luas dengan banyak kru atau bertarung dengan raksasa buruk rupa di pun-cak Gunung Carnivorous?Menulis

Entah kamu menulis novel, cer-pen, fiksi ataupun nonfiksi. Menulis adalah salah satu cara yang baik untuk “bicara” dengan dirimu sendi-ri. Menulis juga salah satu cara un-tuk berpikir tentang hidupmu dan apa yang ingin kamu lakukan untuk mengubahnya.Menyibukkan Diri

Menggambar, menulis, atau bermain video game, lalukan apa yang kamu suka dan buat dirimu tetap sibuk.Miliki Hewan Peliharaan

Apabila kamu alergi terhadap an-jing atau kucing, cobalah ikan atau kura-kura. Menangani makhluk hidup lain akan membuat kamu s a -dar bahwa di luar sana banyak sekali yang membutuh-kan lebih dari yang kamu butuhkan.Nikmati Keindah-an Alam

Sendiri tidak ha-

Cara Menikmati Kesendirian

rus di dalam ruangan. Pantai atau jalan terjal bisa menjadi pilihan luar biasa untuk menye-garkan diri sekaligus m e n g i n g a t k a n kita bahwa du-nia ini memiliki banyak sekali kegembiraan yang belum pernah kita r a s a k a n s e b e -l u m -nya.

InstrospeksiTerkadang ambil kesempatan

saat kamu sedang sendiri untuk mengintrospeksi diri, bermedi-

tasi, atau mendengarkan dirimu sendiri. Temukan apa yang ter-baik untuk dirimu dan peliha-ralah pemikiran itu.Jadilah Dirimu Sendiri

Temukan tempat untuk bekerja dengan orang lain. Tidak peduli siapa dirimu, pasti ada seseorang atau sesuatu yang membu-tuhkanmu. Bagilah

yang kamu miliki, entah waktu, tum-

pangan, telinga yang baik untuk m e n d e n g a r -

kan, atau kaki dan punggungmu un-tuk sebuah gen-dongan. Menolong orang berarti kamu menerima dirimu, dan mereka akan berterima kasih atas usahamu.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

SIAPAPUN bisa mengalami hari yang suram. Hari saat semua yang kita kerjakan tidak berhasil sempurna seperti yang diharap-kan. Bukan hanya belajar, bek-erja, bahkan merembet sampai kehidupan pribadi. Serasa alam semesta bermusuhan dengan diri kita sendiri. Nah, apa yang akan kamu lakukan? Tentu saja kamu tak boleh berdiam diri begitu saja. Lawanlah dengan langkah-lang-kah berikut ini.Kendali Diri

Tolak keinginan u n t u k mentraktir diri sendiri. Makan di restoran mewah mi-salnya. Tentu ada kes-enangan di dalamnya, tapi itu hanya bertahan beberapa menit. Setelah itu m a s a l a h akan datang lagi ditam-bah rasa b e r s a l a h , k e h i l a n g a n kendali bahkan berbagai hal negatif lainnya.Kesenangan untuk Orang Lain

Lakukan sesuatu yang menyenang-

Memperbaiki Suasana Hatikan untuk orang lain. Perbuatan baik selalu terasa baik. Ini sung-guh-sungguh terjadi. Berilah kese-nangan kecil untuk orang di sekitar kamu dan lihat hasilnya.Alihkan Perhatian

Jangan tenggelam dalam masalah yang beruntun. Alihkan perhatian dengan melakukan hal kecil lainnya tapi yang menye-nangkan. Sebagai contoh, mem-baca, menonton film, memasak, jalan-jalan sekitar rumah. Apapun boleh asal berdampak positif dan tidak mengeluarkan biaya.Carilah Kedamaian

Carilah kedamaian dengan aktivitas yang berbeda. Banyak

yang bisa dilakukan seperti mem-bersihkan sudut-sudut rumah, membersihkan pakaian, mem-bersihkan kamar sendiri, atau mensortir baju kamu. Melihat hal yang langsung beres dalam sekejap memberi perasaan

terkendali dan nyaman.Berolahraga

Melakukan ak-tivitas fisik adalah cara

memperbaiki suasana hati yang hebat. Tapi berhati-hatilah agar

tetap fokus pada olahraga yang kamu lakukan.

Jangan hanyut me-mikirkan masalah yang itu-itu saja.Hubungi Teman

K e b a n y a k a n orang meng-hadapi masalah secara individu-al, padahal hal

ini sangat tidak disarankan. Lebih baik bila kamu menghubungi te-man dekat dan menceritakan-nya.Menulis

Daripada membiarkan ma-salah di otak berputar-putar, lebih baik menuliskannya dalam tulisan dan mengumpulkan kemungki-nan solusi yang bisa dilakukan. Ini sangat membantu.Bersyukur

Ini yang paling penting. Ingat-lah kenangan masa lampau saat kamu berhasil dalam suatu hal. Kamu pernah berhasil, bersyu-kurlah atas keberhasilanmu yang dulu. Yakinlah bahwa kini kamu pasti akan berhasil menyelesai-kan masalah yang ada.

Karina YSSmapan

DAYA konsentrasi otak ma-nusia dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi. Di alam ini sangat banyak makanan dengan kualitas gizi yang sangat tinggi dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi otak.Glukosa

Untuk bekerja otak memerlukan energi. Sumbernya adalah glukosa yang berada di dalam darah. Glu-kosa merupakan salah satu hasil perombakan karbohidrat dalam ma-kanan melalui proses pencernaan. Selain glukosa sebagai sumber e-nergi, otak juga memerlukan asam amino serta vitamin dan mineral.Sarapan

Penelitian menunjukkan orang yang rutin sarapan memiliki memori jangka pendek dan atensi lebih baik. Pelajar yang selalu sarapan memi-liki nilai ujian lebih baik dibanding yang melewatkan makanan pagi. Kalau waktu jadi kendala untuk sarapan, kamu bisa mengakali dengan menyiapkan menu maka-nan yang praktis tapi mengandung semua unsur gizi. Misalnya sand-wich berisi sayuran dan keju, atau oatmeal.Ikan

Sumber protein yang berkaitan

Meningkatkan Konsentrasi

SAAT muda, rambut tumbuh dengan baik, bersinar dan subur. Kenapa? Karena pada umur kita sekarang, kulit rambut memproduk-si minyak alami itu yang membuat rambut terjaga kelembapannya. Na-mun, beberapa orang telah tumbuh uban pada usia 30 dan sebagian be-sar lainnya tumbuh uban pada umur 40. Kamu khawatir dengan masalah ini? Jangan takut, karena selalu ada cara untuk membuat rambut kamu tampak lebih muda, berikut tipsnya.Makanan Sehat

Makanan mungkin terlihat se-perti tidak ada hubungannya de-ngan kesehatan rambut, tapi jangan salah ada beberapa makanan yang membantu membuat rambut kamu jadi sehat. Ikan salmon salah satu contoh makanan yang bisa mem-

Tips Perawatan Rambut

Trik Menghafal Pelajaran dengan Cepat

Cara Menikmati Kesendirian

Memilih waktu yang sesuai, ke-1. tika pikiran sedang tidak ada masalah.Menghafal dalam suasana te-2. nang dan tidak ada gangguan dari luar.Menghafal berulang-ulang kali 3. supaya benar-benar ingat. Apabila kamu sudah meng-ingatnya, jangan terlalu lama meninggalkan pelajaran itu

karena akan menyebabkan kamu lupa seketika

dengan p e l a j a r a n

tersebut.

dengan peningkatan daya ingat adalah ikan yang kaya asam le-mak omega 3. Diet tinggi ome-ga 3 juga terbukti menurunkan risiko demensia (kepikunan) dan stroke.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan meru-pakan sumber terbaik antiok-sidan vitamin E, yang terbukti bermanfaat untuk mencegah penurunan kemampuan kog-nitif di usia lanjut. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan dan stimulan alami seperti ka-fein sehingga bisa membantu meningkatkan fokus dan kon-sentrasi.

Komang Yoga Atmaja

Sisma

buat rambut jadi tebal dan ber-sinar. Selain salmon, sayuran hijau dan kacang-kacangan merupakan sumber zinc pro-tein penting untuk kesehatan rambut.Biotin

Biotin adalah yang diperlu-kan agar rambut tumbuh kuat dan sehat. Tanpa biotin yang cukup rambut menjadi lebih tipis. Peneltian telah menunju-kan menggunakan biotin dapat membantu membuat rambut lebih tebal dan kuat.Melindungi dari Sinar Matahari

Orang biasanya berpikir tentang kerusakan kulit aki-bat matahari. Padahal selain merusak kulit, matahari juga merusak rambut dan membuat rambut lebih cepat menua. Pa-paran sinar UV matahari da-pat merusak protein di rambut kamu sehingga rambut lebih rentan rusak. Menggunakan topi atau penutup rambut bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari ancaman sinar ma-tahari.

Christella Imanuellta

SMKN 2 Denpasar

Hafalkan poin-poin yang 4. terpenting. Jangan semua teks di hafalkan agar kamu mudah menguasai pela-jaran itu.Cari teman untuk diajak 5. menghafal dan buatlah soal-soal yang bersang-kutan dengan pelajaran tersebut agar kamu dapat mengingatnya kembali.

Mirah RahayuSLUB

Deklarasi ini diisi dengan dialog dan diskusi soal bahaya sampah plastik dan masalah sampah plastik di sekitar kawasan Besakih. Deklarasi ini ditandai dengan membubuhkan tanda tangan untuk men-jadikan kawasan Besakih sebagai tempat suci yang bebas dari sampah plastik.

Ketua STT Banjar Batu Madeg, Putu Eka Januarta mengatakan, gerakan tak

Deklarasi Pemuda Peduli Sampah PlastikDeklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

Serangkaian peringatan Sumpah Pemuda, remaja di lingkungan Besa-kih, mendeklarasi diri sebagai Pemuda Peduli Sampah Plastik. Kegiatan

ini dilaksanakan, Jumat (24/10) lalu di Pesraman Besakih yang diikuti para pelajar perwakilan SMP, SMA/SMK di Karangasem. Perwakilan

pelajar yang ikut diantaranya berasal dari SMPN 1 Rendang, SMPN 2 Rendang, SMPN 3 Rendang, SMAN 1 Rendang dan SMK Giri Pandawa,

Rendang. Tidak hanya pelajar, acara ini juga diikuti oleh Sekaa Truna Truni (STT) yakni Sekaa Teruna Werdhi Sesana Banjar Tengenan serta

Sekaa Teruna Banjar Batu Madeg, warga banjar di kecamatan Rendang, para guru, dan pekerja lingkungan.

UNTUK memupuk solidaritas para ge-nerasi muda yang peduli terhadap bahaya sampah plastik, secara resmi dideklarasikan pemuda peduli sampah plastik di Pasraman Besakih. Lahirnya pemuda peduli sampah plastik di kawasan Besakih akan menjadi pionir untuk menyadarkan masyarakat ter-hadap persoalan masalah plastik di masa depan.

Deklarasi peduli sampah plastik dihadiri oleh unsur dinas dan adat, anggota OSIS, termasuk Sekaa Teruna Truni (STT) di dae-rah Besakih yang peduli sampah plastik. Kelompok Media Bali Post (KMB) bersama para siswa dan sekaa teruna ingin me-mecahkan masalah sampah karena men-jadi persoalan bersama di mana tidak ba-nyak yang peduli dengan sampah terutama plastik. Padahal sampah plastik hanya bisa terurai ratusan tahun dan sangat berba-haya bagi kehidupan di masa depan. Dari kawasan Besakih diharapkan terus muncul para pionir yang menjadi peduli penyangga penanggulangan bahaya sampah plas-tik. Pemerhati lingkungan, Moeliono yang peduli terhadap sampah plastik mengakui, persoalan sampah terutama di kawasan pura Besakih sudah sangat mengkhawatir-kan. Diibaratkan saat ini kawasan pura ini dijadikan TPA sampah plastik, “Kita harus terus mencoba, dengan cara yang seder-hana saja Pura Besakih bersih dan rapi,” ungkapnya.

Wakasek SMAN 1 Rendang, I Komang Warsa, S.Pd., M.Pd., M.Si. menyambut positif deklarasi pemuda peduli sampah plastik. Diharapkan melalui terbentuknya relawan ini dapat menggugah masyarakat

sebatas deklarasi. Bahkan dia merasa malu justru orang lain peduli dengan na-sib Besakih dibandingkan anak mudanya. Makanya dia menyatakan siap mendukung program ini. Bahkan dia mengkritisi pola kerja petugas kebersihan DKP Karangasem yang asal kerja dengan menyapu jalan na-mun sampahnya dibuang ke got, bukan di-angkut.

Senada dengan Putu Eka Januarta, I Made Agus Suciar-ta dari STT Werdhi Sesana Banjar Tengenan, Besakih mengungkapkan, program peduli sampah plastik harus bersinergi dengan semua komponen masyarakat.

Diskusi pemuda peduli sampah plastik ini menghasil-kan kesimpulan, perlunya re-volusi mental peduli sampah plastik dengan gerakan nyata baik dalam menjaga kebersih-an maupun revolusi mental mengubah kebiasaan buruk yang selama ini membuang sampah sembarangan. Juga perlunya manajemen yang jelas pengelolaan kebersihan dan manajemen sampah di Besakih oleh Pemkab Karang-asem. Penyakit terdekat dari meningkatnya sampah plastik yakni demam berdarah dan ancaman kanker. “Kita perlu melakukan gerakan terus-menerus menjadi contoh dan aksi nyata membersihkan ling-kungan dari sampah plastik,” ujar pengamat lingkungan, Moeliono. (sak)

Memupuk Solidaritas Generasi Mudakhususnya generasi muda bisa peduli dan sadar terhadap bahaya sampah plastik. Para pemuda peduli sampah plastik ini akan membentengi Pura Besakih terhadap bahaya sampah plastik di masa mendatang.

Siswa SMPN 2 Rendang, Putu Yudi Se-tiawan selaku generasi muda masih me-nyayangkan sikap masyarakat yang tidak peduli dengan persoalan sampah. Kenyataan-nya di lapangan sampah dibuang dengan sembarangan termasuk sampah plastik hing-ga di got-got dan selokan terutama di sekitar pasar. “As a young generation, we have to be able to maintain our environment. Seba-

gai generasi muda, marilah kita bergerak untuk membangun Bali khususnya Besakih agar terhindar dari sampah plastik,” ujarnya.

Deklarasi ditandai dengan penandatanganan deklarasi pemuda peduli sampah plastik yang menjadi pionir generasi muda yang peduli terhadap penanganan sampah plastik. Ke depan akan dibangun unit pengelola sampah di Besakih. (sak)

Mental atau kebi-asaan dan cara berpikir buruk harus diperbaiki. Itulah revolusi mental, meng-ubah kebiasaan buruk membuang sampah apalagi sampah plastik, dengan me-naruh sampah pada tempatnya. Selama ini meski sudah banyak wacana program pemeritah seperti go green, tetapi sejatinya men-tal kita belum berubah. Jem-batan, sungai,

got, hutan, dan laut masih dianggap sebagai tempat pembuangan sampah yang aman. Nyaris di tiap bawah jembatan dan sungai menjadi tempat pembuangan sampah. Orang tanpa merasa bersalah membuang sampah dari atas jembatan ke sungai.

Saya men-dukung dan sangat meng-apresiasi deklarasi ini sebagai bentuk kepedulian kita bersama untuk menjadikan ka-wasan Besakih yang suci dan bebas sampah plastik. Dengan diadakannya kegiatan ini kita bisa tahu bagaimana menciptakan supaya anak-anak sadar akan kerbersih-an lingkungan. Mereka ibarat kertas kosong, kelak di masa depan akan diisi oleh lingkungan. Artinya kalau sudah dari awal dibina dengan bagus, maka kedepannya hasilnya akan bagus juga.

As a young generation, we have to be able to maintain our environment. Sebagai generasi muda, marilah kita bergerak untuk membangun Bali khususnya Besakih agar terhindar dari sampah plastik. Beberapa hal yang sudah kami dapatkan dari narasumber, salah satunya dari bapak Moeliono yang telah berbagi beberapa pengalamannya membuat kami sadar tentang ba-gaimana nasib ling-kungan kami jika kami membuang sampah semba-rangan. Setelah deklarasi ini, kami berharap kepada seluruh masyarakat agar mau ikut serta dalam menjaga lingkungan, dan salah satu ac-tion yang dapat kita awali untuk menjaga lingkun-gan kita adalah tidak membuang sampah secara sembarangan.

Putu Yudi Setiawan (SMPN 2 Rendang)

I Komang Warsa, S.Pd., M.Pd., M.Si. (Wakasek SMAN 1 Rendang)

Putu Eka Januarta (Ketua STT Banjar Batu Madeg, Karangasem)

Moeliono

DEKLARASI- Remaja Besakih saat Deklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

DIALOG-Suasana dialog tentang bahaya sampah plastik di Besakih.

WM/wan

WM/wan

WM/wan

10Selasa, 4 - 17 November 2014

7Selasa, 4 - 17 November 2014

No. TTWM 52

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 52

Jawaban TTWM No. 51

Pemenang TTWM No. 51

L a y a r

1

BUAH pisang biasanya yang dimakan adalah isi dalam kulitnya, yaitu daging buah yang berwarna putih agak kuning. Tapi ternyata kulit pisang bisa bisa juga dimakan lho, dan gizinya tak kalah baik dengan da-ging buah.

Berdasarkan artikel ta-

ingat pria lebih buruk. Riset sebelumnya telah mendapati hasil yang sama. Ini merupa-kan kali pertama penelitian melibatkan pria dan wanita berusia paruh baya dalam jumlah besar di Inggris.

Sebelumnya, penelit me-libatkan lebih dari 9.600 laki-laki dan perempuan di Brita-nia Raya. Rata-rata relawan merupakan anggota dari National Child Development Study (NCDS). Masing-masing individu diberikan 10 pertanyaan. Setelah dua menit, masing-masing indi-vidu diberika semacam tes daya ingat. Hasilnya relawan perempuan berhasil men-galahkan pria pada dua tes verbal yang dilakukan ber-urutan. Rata-rata permpuan mengingat 5% pada tes pertama dan 10% pada tes kedua.

James KawilarangSisma (XII P)

JIKA penelitian sebe-lumnya mengklaim bahwa perokok bisa terkena kanker paru dalam waktu 10 tahun, kini ilmuwan dari Cancer Research UK terang-terang-an menyebut-kan kanker paru berubah menjadi lebih agresif dan sulit diobati sehing-ga kemungkin-an perokok terkena kanker bisa lebih cepat dari lima tahun.

Ilmuwan Inggris meng-klaim kanker paru paling banyak dialami perokok. Angka terbaru dari American Lung Association menyebut-kan, kanker paru-paru yang terdeteksi dini di AS 53,5 persen, sedangkan tingkat kanker stadium lanjut dan telah menyebar ke organ sekitar 3,9 persen. Kepala

Kanker Paru pada Perokok, Lebih Agresif

ilmuwan Cancer Research UK mengungkapkan jika kita dapat mencegah penyakit sejak awal dan mengobati-nya sebelum stadium lan-

jut. Maka kita bisa membuat perbe-daan nyata dalam membantu lebih banyak orang. Tapi masalahnya, ham-pir 10 persen pen-derita kanker tidak sadar dan terus merokok.

Di Indonesia, RS kanker Dhar-

mais mencatat, Kanker Paru merupakan penyebab kema-tian yang utama karena 85-95 persen penderita kanker paru berhubungan dengan kebiasaan merokok. Belum lagi para penderita biasanya datang ke pelayanan kese-hatan dalam kondisi stadium lanjut.

Ariyani D.ASixsma

Pria Lebih Pelupa dari Wanita?

MEMASUKI usia senja, penurunan daya ingat meru-pakan fase alamiah yang nantinya menimpa setiap individu. Memelihara daya ingat menjadi cara efektif mengatasi pikun. Daya ingat perempuan ketika memasu-ki usia 50 tahun ternyata jauh lebih baik ketimbang pria, termasuk untuk uru-san mengingat kata berikut akurasinya.

Hasil riset tim peneliti Uni-versitas London mengung-kapkan secara verbal daya

Manfaat Kulit Pisang

2

7 8

10

5

9

3 4

11

6

15 16

19

21

18

23

22

1312

17

20

14

Mendatar:1. Pengecap dalam mulut; 5. pelawak; 7. pulau; 9. lain daripada yang lain; 10. saudara suami/istri; 11. tidur sebentar (Inggris); 12. tidak dapat mendengar; 15. sedih (Inggris); 17. aturan yang melatarbelakangi perilaku; 20. penghubung satuan bahasa yang setara; 21. susah hati; 22. mendiami; 23. hewan penghisap darah.

Menurun:1. Ruang di atas bumi; 2. hiasan pada leher; 3. benda karet pada roda; 4. cairan asam; 5. tempat jual beli saham; 6. bagian kantor pemerintah; 8. bulan ke-4; 13. kegiatan dengan mengerahkan tenaga; 14. terasa sakit/ngilu; 16. permohonan/harapan; 18. sama berat; 19. binatang yang hidup di air

Mendatar1. Jingga4. Hal7. Miso8. Manila9. BAA10. Ask

11. Istilah14. Bina15. Koala18. Soap20. Ajak21. Janji

Menurun1. Jamu2. Nanas3. Gulai4. Hibah5. Asas6. Loak

11. Izin12. Tuas13. Luka16. Opa17. Liar19. Oli

2. Ni Komang Priska Bella Ratnadilla SMK Negeri 5 Denpasar

1. Putu Nadia Pranadewi SMP Negeri 4 Denpasar

hun 2011 dalam Applied Biochemistry and Biotech-

nology dikatakan bahwa dalam kulit pisang me-ngandung antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa ini dikenal baik untuk ce-

gah diabetes, serangan jantung dan kanker seperti dikutip Reader’s Digest. Tak enak memang jika dikon-sumsi langsung, namun jika dimasukkan ke dalam smoothie bisa enak. Cuci sampai bersih terlebih da-hulu, lalu blender bersama buah lain. Di India, sudah lumrah untuk mengonsumsi kulit pisang, seperti direbus kemudian dicincang lalu dimasukkan ke dalam ma-sakan.

Ariyani D.ASixsma

SUDAH menjadi agenda rutin setiap hari Sum-pah Pemuda 28 Oktober, OSIS SMK PGRI 4 Den-pasar yang lebih dikenal dengan Fourgriska meng-adakan gebyar budaya bertema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Bentuk Karakter Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi”.

Gebyar budaya dibuka Ketua Komite Drs. IGB Wiadnyana, M.M., M.Pd.. Saat itu juga dilantik peng-urus OSIS baru Fourgriska 2014-2015 oleh Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd. Ketua OSIS Fourgriska yang baru dipimpin oleh Ko-mang Adi Darmawan (X-AP-2) menggantikan I Putu Yudi Asmara (XI-AP-2).

Saat itu juga dilakukan pelantikan pengurus PMR dan KSPAN. PMR Fourgriska kini dipimpin oleh Agus Wiwaha dan KSPAN oleh Agustina.

Ketua OSIS lama, Yudi Asmara mengaku sela-ma setahun memimpin OSIS Fourgriska dia sukses meraih juara III lomba stand SMK, meraih berbagai medali di Porjar, juara I lomba futsal HUT PGRI. OSIS juga mengelar IT Compettition dan gebyar bu-

daya setiap Sumpah Pemuda. Bahkan setiap jeda semester melakukan lomba futsal. Dia harapkan pengurus OSIS baru mampu berprestasi lebih baik lagi.

Ketua OSIS yang baru Adi Darmawan bertekad memberikan yang terbaik bagi sekolah dan siap mengabdikan diri untuk sekolah.

Yudi Asmara yang juga Ketua Panitia Gebyar Budaya mengatakan diisi dengan band sekolah dan band tamu “Leeyong Sinatra”, dance modern, tari Bali. Yang menarilk di gebyar budaya kali ini menampilkan grup band dari kalangan guru Teacher Fourgriska.

Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Dra. I Ketut Su-arya, M.Pd., mengatakan sengaja melantik pemimpin sekolah di momen Sumpah Pemuda agar mampu memberi spirit dan semangat nasionalisme dan pa-triotisme bagi anak muda. Di samping itu untuk me-nanamkan karakter pemuda yang bermartabat.

Sebelum dilantik, pengurus baru digembleng building carachter-nya di Margarana selama dua hari.

Ketut Suarya mengungkapkan saat ini SMK PGRI 4 Denpasar sedang merampungkan pembangunan gedung lantai III untuk mengantisipasi PPDB tahun depan. Gedung lantai I untuk restoran berstandar hotel bintang lima, lantai II dan III untuk 12 ruang kelas belajar. Termasuk sedang menata tampilan ru-ang lobi baru.

Ketut Suarya berterimakasih atas kinerja pengu-rus OSIS 2013-2014 karena banyak menghasilkan prestasi yang ikut mendongkrak citra baik sekolah di mata masyarakat. Salah satu peran OSIS yang tak terlupakan yakni partisipasi OSIS yang bekerja sejak pagi hingga malam. Pengalaman ini akan memberi pembelajaran bagi mereka.

Ketua Komite IGB Wiadnyana didampingi Wakil Ketua, I Ketut Antara, S.pd., M.Ag., menegaskan program ini sangat mendukung pembentukan ge-nerasi muda yang mandiri dan kreatif serta bertang-gung jawab. Inilah yang dikatakan sebagai modal utama untuk sukses. (sue)

Bentuk Generasi Cerdas dan Inspiratif

OSIS- Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd., menyerahkan panji OSIS kepada Ketua OSIS, Adi Darmawan.

SANGAT luar biasa, SMP PGRI 2 Denpasar da-lam satu hari dikunjungi dua rombongan studi ban-ding, Selasa (28/10) lalu. Mereka yang mengadakan kunjungan ke SMP PGRI 2 Denpasar masing-masing rombongan YLLP Bogor yang terdiri dari para kepala sekolah persekolahan PGRI Kota Bogor.

Rombongan kedua dari siswa Victoria School Singapura. Kedua rombongan langsung diterima Kepala SMP PGRI 2 Denpasar, Dr. Drs. I Gede Wenten Aryasuda, M.Pd. serta para guru dan siswa. Mereka disambut dengan meriah berupa tari pe-nyambutan dan pengalungan bunga.

Rombongan YPLP Kota Bogor dipimpin Haji Sahri. Rombongan kasek ini belajar soal pengelo-laan sekolah. Sementara itu siswa dan guru dari Victoria School Singapura belajar soal budaya dan lingkungan.

Para siswa Victoria School Singapura ini selain ditampilkan aneka jenis ekstra berajegkan Bali, mereka juga diajak belajar tari Bali dan budaya Bali lainnya seperti majejahitan, megender wayang, dan tabuh. Para siswa juga dilibatkan dalam PBM untuk berbagai jenis mata pelajaran berbasiskan bahasa Inggris.

Saat itu Gede Wenten Aryasuda memaparkan

profil sekolah berupa program unggulan. Di antara-nya membangun karakter siswa lewat gebyar buda-ya dan Grsida Championship yang melibatkan siswa SD yang dikoordinir OSIS.

Yang membanggakan kunjungan studi banding bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Bahkan siswa SMP PGR 2 Denpasar berbaur dengan 42 siswa asal Singapura menerapkan bahasa Inggris-nya.

Ketua YPLP Dikdasmen PGRI Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana, M.M., bangga SMP PGRI 2 kini menjadi objek studi banding dari dalam dan luar negeri. Hal ini menunjukkan SMP PGRI 2 Denpasar berkualitas dan unggul.

Aryasuda juga memaparkan budaya siswa dan guru peraih juara menyerahkan piala kepada kasek saat apel bendera. Hal ini dilakukan untuk memotiva-si siswa lain berprestasi. Sebagai imbalannya, guru dan siswa yang berprestasi menerima penghargaan dan bonus saat puncak Hari Guru Nasional.

Belum lama ini gurunya juara bahan ajar dan siswanya juga meraih juara I lomba video edukasi berbasiskan IT. Bahkan siswa dan gurunya sudah tiga kali berturut-turut meraih juara di bidang bahan ajar.

Siswanya juga mengukir prestasi internasional sebagai juara junior karate se-ASEAN. Sekolah ini juga menjadi sekolah imbas adiwiyata SMAN3 Den-pasar. Makanya saat ini lingkungan SMP PGRI 2 Denpasar tampak asri dan bersih.

Pimpinan Victoria School Singapura, Mr. Khoo mengaku puas dapat belajar dan pengalaman me-nari Bali serta belajar lingkungan di SMP PGRI 2 Denpasar. Penguatan budaya Bali ini dinilai sangat pas untuk sekolah swasta favorit di Denpsar ini. Bah-kan dia berjanji akan datang lagi ke sekolah ini untuk belajar budaya Bali.

Ketua YPLP PGRI Bogor, Haji Sahri juga me-ngaku terharu disambut luar biasa di SMP PGRI 2 Denpasar. Bahkan dia mengakui SMP PGRI 2 Den-pasar sangat banyak memiliki keunggulan yang dikelola secara profesional.

Di akhir acara diisi dengan saling tukar cindera-mata yang disaksikan Drs. Nengah Madiadnyana, M.M. dan Wakil Ketua YPLP Dikdasmen PGRI Bali, Dr. I Wayan Wirasa, M.M., M.Pd . dan Ketua PD PGRI Kota Denpasar, Drs. I Nyoman Winata, M.Hum. (sue)

Belajar Budaya di SMP PGRI 2 DenpasarVictoria School Singapura

CINDERAMATA- Kasek Gede Wenten Aryasuda menyerahkan cinderamata kepada Mr. Khoo dari Victoria School Singapura.

Gebyar Budaya di Fourgriska

TAK bisa dipungkiri trilogi Matrix meroketkan nama Keanu Reeves. Selain itu banyak hal menonjol dan kreatif yang ditam-pilkan pada film arahan sutradara Andy Wachowski dan Lana Wa-chowski seperti perkelahian Neo dengan Agent Smith atau gaya menghindar Neo dari terjangan peluru.

Film yang menjadi box office pada tahun 2000an itu ternyata

berlanjut dengan “John Wick,” lebih satu dekade kemudian. Hanya saja Revees tetap menjadi pe-meran utama. Sedangkan posisi sutradara ditempati David Leitch dan Chad Sta-helski, yang di Matrix men-jadi pemeran pengganti Revees.

Stahelski sebelumnya adalah atlet kickboxing dan berhasil pe-runtungannya di layar perak seba-

John WickBintang : Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen, Adrianne

Palicki, Bridget Moynahan, Dean Winters, Ian Mc-Shane, John Leguizamo, Willem Dafoe

Sutradara : David Leitch dan Chad StahelskiDistributor : Lionsgate

Gara-Gara Anjing dan Mobilgai aktor pengganti dalam film-film laga seperti “300” (2006). Bersama Revees, dia juga tampil di film “Constantine” (2005).

Leitch lebih senior dan kenyang pengalaman. Ia menjadi aktor pengganti di film-film hebat lainnya seperti “300,” “van Helsing,” “Troy,” “The Bourne Ultimatum” hingga “xXx: State of the Union.”

Maka bisa ditebak bila “John Wick” karya dua aktor pengganti kawakan itu akan menawarkan aksi pertarungan dari awal hingga akhir.

Pada film berdurasi 96 me-n i t

i n i , diceritakan sosok John Wick

yang diperankan oleh Revees. Dia adalah mantan pembunuh bayaran yang kini hidup menyepi di sebuah tempat di New Jersey.

Istrinya Helen (Bridget Moyna-han) meninggal dan mewariskan seekor anjing Daisy pada Wick. Wick berkeyakinan bisa meng-hadapi memulai hidup baru bersa-ma Daisy dan kenangan bersama Helen.

Hingga suatu ketika terjadi in-siden di sebuah pengisian bahan bakar. Wick diminta menjual mo-bilnya Mustang 1969 oleh gerom-bolan laki-laki yang dipimpin Iosef (Alfie Allen). Tawaran itu ditolak dengan baik-baik namun malah menimbulkan amarah Iosef.

Diluar perkiaraan kelompok Iosef membuntuti Wick hingga ru-

mahnya. Mereka mencuri mobil Mustang klasik, membunuh Daisy dan mengeroyok Wick yang dalam lima tahun terak-hir tak lagi berhubungan dengan persoalan ke-kerasan.

Bagi mantan pem-bunuh, Wick tak mem-punyai pilihan selain membalas dendam, memburu Iosef dan mengambil kembali mo-bil Mustang klasiknya.

Namun belakangan ia mengeta-hui bahwa Iosef ternyata anak Viggo (Michael Nyqvist), pemimpin mafia. Viggo adalah mantan bosnya dan tahu benar sepak terjangnya.

Mengetahu anaknya bermasalah dengan Wick, Viggo mengeluarkan sayembara berhadiah jutaan dolar

AS untuk melenyapkan Wick. Ia juga menyewa pembunuh bayaran Marcus (Willem Dafoe) mantan te-man Wick. Selain itu, ia juga me-rekrut Perkins (Adrianne Palicki) untuk menyelamatkan anaknya dari kejaran Wick.

Selanjutnya : baku tembak, perkelahian, kejar-kejaran pun tak terhindarkan. Penonton akan dipuaskan dengan aksi umbar peluru layaknya film-film Manda-rin atau perkelahian seperti gaya agen rahasia Bourne.

Pada akhirnya, laki-laki me-mang tidak bisa dipisahkan dari kenangan masa lalunya serta dunia kekerasan yang membentuk dirinya. Lewat pertemanan dengan anjing dan mobil, laki-laki mene-mukan dunia baru yang membuat dirinya bisa lebih manusiawi atau lebih tepatnya sentimentil. (yud)

6 11 Selasa, 4 - 17 November 2014 Selasa, 4 - 17 November 2014

SORE itu aku lalui dengan duduk bersila di teras belakang rumahku sendiri. Dari luar aku pasti tampak seperti sedang bengong meman-dangi tembok berwarna krem yang menjadi pembatas antara rumahku dengan rumah tetangga di sebelah. Itu rumah keluarga Pak Pramana, tetangga paling baik yang per-nah kukenal seumur hidup. Putra bungsu mereka selisih persis tepat sembilan bulan denganku, dan dia adalah teman terbaik yang kupunya.

Tunggu, teman?Aku mengulum senyum kecil

sambil menelan pahit. Hanya te-

Kiki Kristika AristyaSMAN 3 Denpasar

SMAN 6 Denpasar menun-jukkan jati dirinya sebagai sekolah Adiwiyata dan unggul dalam aka-demis. Belum lama ini siswa SMA 6 Denpasar sukses meraih juara I nasional lomba karya tulis ilmiah “Green Innovation Institut Pertanian Bogor”.

Tim Sixsma diperkuat Pande Dwi Sinar Maheni (XII-IPA-4), Komang Tri Paramitha (XII-IPA-4) dan Sukmai Yoni ( XII-IPA-4). Keti-ganya sukses membawa pulang piala tetap berkat hasil penelitian dan penemuannya berupa “Gen-teng Ramah Lingkungan”. Tema ini pas sebagai predikat sekolah Adiwiyata Mandiri.

Pande menuturkan temuannya ini bermula atas keprihatinannya melihat tumpukan sampah di sekitar sekolah yang kebanyakan berupa KMK (kotak minuman kemasan) dan steropom (gabus). KMK ini mereka kumpulkan, diambil bagian tengahnya yang berisi karton. Sedangkan bagian luar mereka jadikan barang jadi berupa tas.

Temukan Genteng Ramah LingkunganSampah ini dia kombinasikan dengan limbah buah kemben (per-damaian) yang tak dimanfaatkan. Sedangkan di sisi lain ketersediaan tanah liat sebagai bahan baku gen-teng kini makin langka dan mahal di tengah maraknya pembangunan perumahan.

Sampah ini dibuatkan adonan dicampur dengan gabus dan bensin sebagai bahan perekat. Baru di-cetak menjadi genteng dengan nebeng di perajin di Darmasaba. Jadilah, sampah menjadi genteng ramah lingkungan.

Anak asuh Drs. I Ketut Sinah, Drs. I Wayan Arta, I Made Gunada Putra, S.Si., Kadek Artayasa,S.Kom., dan Wayan Ananta Wijaya ini mendapat pujian dari dewan juri karena penemuannya sangat luar biasa. Mereka dibina lewat Komuni-tas Peneliti Belia (KPB) Sixsma.

Ketiga cewek cantik ini juga meraih juara III tingkat nasional di LKTI FE Unud. Saat itu mereka meneliti “Peranan Gerbangsadu dalam persaingan global terhadap

eksistsensi endek Rangrang di Desa Pejukutan, Nusa Penida”. Trio ini juga meraih juara III LKTI di Prov. Bali dengan tema program Gerbangsadu juga.

Siswa SMAN 6 Denpasar lainya, I Komang Ayu Wahyuni (XII-IPA-1) maju sebagai fi nalis LKIR di LIPI dalam bidang kependudukan. Tang-gal 29 Oktober Wahyuni bersaing di tingkat nasional di Jakarta serta mempresentasikan penelitiannya soal “Efektivitas penerapan para-rem adat dalam pengendalian pen-duduk pendatang di Bali”. Wahyuni adalah satu-satunya siswa SMA di Bali yang lolos ke babak fi nal untuk bidang kependudukan.

Siswa Sixsma juga unggul dalam budaya dan pariwisata. Ida Ayu Putu Santi Purnamawati (XII-IPA-4) menjadi duta wisata Bali ke tingkat nasional dan bersaing menjadi Duta Wisata Indonesia 2014 di Riau. I.A. Santi menargetkan menjadi duta wisata Indonesia biar bisa keliling Indonesia dan Asia.

Selain itu siswa Sixsma juga meraih juara III lomba artikel ling-kungan, juara III lomba membuat kincir angin, juara III lomba bola voli putra dan harapan II danaces kontemporer.

Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Nyoman Mudhita, M.Pd., Rabu (22/10) lalu mengaku bangga KPB Sixsma yang baru dibentuk sebulan sudah menunjukkan prestasi. KPB Sixsma ini diresmikan saat Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Mudhita yang memiliki ide mem-bentuk KPB ini akan mensiner-giskan kegiatan KIR, jurnalistik, fotografi , lingkungan, Sispala dan SC (study club). Pembinanya anak muda dan melibatkan alumni. Dengan demikian berlangsung kontinyu dan terintegritas yang dikoordinatori oleh I Made Gunada Putra, S.Si. Untuk itu dia berharap anak-anak Sixsma terus berpresta-si. Mereka disiapkan penghargaan yang rutin dibagikan tiap Hardiknas, 2 Mei. (sue)JUARA NASIONAL ▬ Kasek Nyoman Mudhita bersama wakasek dan

Pembina bergambar dengan siswa yang meraih juara nasional.

Siswa SMAN 6 Denpasar Juara I LKTI Nasional

SEKALIPUN menjadi SMP negeri termuda di kota Denpasar, tak menyurutkan semangat SMPN 11 Denpasar untuk unjuk prestasi dan bersaing dengan sekolah negeri lainnya. Buktinya, baru-baru ini sekolah yang berada di tengah Pulau Serangan, Denpasar Selatan ini sukses mengantarkan siswanya menoreh pestasi tingkat provinsi dalam lomba Jambore KSPAN 2014 yang digelar di Wis-ma Nangun Kerti, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

Tiga siswi SMPN 11 Denpasar yang ditunjuk sebagai wakil Kota Denpasar, yakni Ni Madeni Yuniar-tika (IX D), Ni Luh Putu Mahasidiari (VII G), dan Ni Kadek Dwi Rahayu (IX A). Dalam perkemahan yang digelar selama 3 hari 2 malam itu, mereka sukses memboyong tiga gelar juara I sekaligus mulai dari lomba tutor sebaya, lomba cak dug, dan juga lomba mars. Makanya tak heran jika akhirnya mereka dinobatkan sebagai juara umum I Jambore Lintas Program Kesehatan (KSPAN) katagori SMP.

Ni Madeni Yuniartika mengaku bangga bisa mengikuti kegia-tan tersebut, apalagi bisa saling bertukar informasi dan juga me-nambah wawasan. Bahkan dari pengalamannya ia bisa sharing juga dengan lingkungan terdekat, mulai dari keluarga, teman-teman dan juga masyarakat. “Di perke-mahan tersebut banyak banget pengalamannya. Saya bisa bela-jar banyak buat sharing dengan teman-teman,” ujar Madeni.

Sementara itu, di bidang olah-raga mutiara-mutiara SMPN 11 Denpasar juga tak perlu diragu-kan lagi. Pasalnya dua siswanya sukses menoreh prestasi hingga tingkat nasional. Prestasi ini diraih dalam kejuaraan nasional tenis ka-tagori yunior di Surabaya. Bahkan Ruddy Bagiawan (VIII D) tercatat sebagai atlet tenis lapangan di

Juara Umum I KSPAN Tingkat Provinsi

peringkat 63 nasional. Satu lagi rekannya, Kadek Yongki Setiawan (VII F) juga berada di peringkat 65 nasional. Masuk dalam daftar atlet nasional bukan hanya meng-harumkan nama Bali, tentunya juga menjadi suatu kebanggaan bagi SMPN 11 Denpasar.

Kasek Drs. I Putu Jaya, M.Psi mengungkapkan untuk mencapai hasil tersebut, hal pertama yang ditekankan adalah disiplin, baik dari segi kehadiran, waktu dan juga administrasi. “Kami me-numbuhkannya dari segi disiplin. Bagaimanapun disiplin harus dimi-liki oleh setiap individu, apakah itu siswa, guru, pegawai atau stake-holders yang ada di sini. Karena tanpa disiplin apapun yang kita kerjakan tidak akan mendatang-kan hasil,” tegasnya.

Lebih lanjut, Putu Jaya menga-takan SMPN 11 Denpasar ini harus berdiri sejajar dengan sekolah lainnya di kota Denpasar. Karena ia meyakini mutiara-mutiara yang ada di sekolah ini sebenarnya memiliki potensi. Tinggal diolah dan diproses agar menghasilkan output yang bermutu. Untuk itu, SMP Negeri 11 Denpasar terus berupaya meningkatkan dan mem-pertahankan prestasinya. “Kami harus berdiri sejajar. SMP 11 jangan hanya dikenal tapi juga dibutuhkan,” tandasnya.

Ia pun berharap dengan presta-si tersebut keterlibatan stake-holder untuk lebih peduli dengan pendidikan yang ada di SMPN 11 Denpasar. “Kolaborasi antara stakeholder itu sangat diperlukan dan harus terjalin erat. Dari ratus-an siswa di sini masak tidak ada mutiara-mutiara yang terpendam di lumpur pulau Serangan ini. Pasti ada yang muncul dan memiliki potensi. Sekarang tergantung bagaimana kita mengolah. Kami harus berpikir optimis, bergerak dan memiliki motivasi untuk maju,” jelas Putu Jaya. (rii)

man ya? “Kenapa? Kamu suka temboknya ya?” Aku sedikit ter kesiap karena tiba-tiba ada suara muncul dan mengagetkanku.

Perlu sepersekian detik sampai akhirnya aku melihat kepala Rian muncul dari balik tembok sana. Pas sekali, itu dia orangnya. Rian adalah si bungsu yang kumaksud tadi.

Aku mendengus, “Ya. Tem-boknya lucu banget kayak kamu.” Jawabanku berhasil membuatnya tertawa, namun aku sendiri justru merasakan yang sebaliknya, entah kenapa. Bibir ini seketika terasa berat untuk digerakkan, termasuk untuk sebuah senyum kecil.

“Hei, kamu kenapa sih? Menghi-tung hari?,” canda cowok berambut hitam agak ikal dengan kacamata itu lagi.

“Menghitung hari apaan? Kamu kira aku mau mati apa?”

“Aku hanya bercanda kok, Tia. Maaf ya, jangan marah.”

Aku hanya mengangguk dua kali secara pelan. Tanpa perlu bersusah payah aku menjelaskan dengan mulut pun, dia sudah tahu mak-sudku berada di sini. Menghitung hari yang dimaksud Rian adalah hari kepindahanku dari rumah ini. Dia tidak sepenuhnya salah dengan kalimatnya tadi. Hanya saja, dia ti-dak tahu ada maksud lain mengapa aku merenungkan hari kepindahan keluargaku. Bukan karena rumah ini penuh kenangan meskipun aku tinggal di sini sejak bayi. Dan bukan juga karena rumah ini dikelilingi oleh banyak minimarket yang mem-permudahku meladeni perut yang selalu minta diisi.

Hati dan pikiranku berdebat sengit. “Haruskah aku memberita-hunya?,” batinku pada diri sendiri penuh kesangsian. Namun sebelum aku sempat membuat keputusan, suara Rian membawaku kembali ke alam sadar. “Tia, kamu tahu nggak? Tadi Siska nelpon aku, bilang terima kasih sama hadiah ulang tahun yang aku kasih kemarin itu.”

Aku tidak percaya dengan apa yang mataku tangkap dari Rian ketika dia memberitahuku berita buruk tadi. Ya, berita buruk untukku, tapi berita super baik baginya. Sampai-sampai kedua matanya yang tersembunyi dibalik kacamata itu tak bisa menyembunyikan sinar kebahagiaan, dan semua itu hanya

karena sebuah ucapan terima kasih melalui telepon.

Adalah dia yang pergi mengem-bara hanya untuk sekeping cinta. Hanya dia, yang tak pernah lelah mencari sisa-sisa harapan dari se-seorang... yang sayangnya bukan aku. Hatiku terdorong amat kuat untuk mengaku padanya kalau aku telah berjuang sejauh ini untuk menahan sakit. Setiap percakapan yang kita jalin selalu membahas tentang dia. Kado yang kamu sanjung-sanjung itu pun sesung-guhnya adalah usulan berat hati da-riku. Lalu bagaimana disaat kamu sedih, galau karena memikirkan dia, atau cemburu melihatnya dekat dengan banyak cowok lain, apakah dia peduli? Seingatku, kamu mele-watkan semua itu denganku.

Tidakkah kamu pernah berpikir seandainya kamulah yang berada dalam posisiku sekarang ini? Menu-rutku, dia adalah orang yang salah untukmu. Namun aku juga tidak berani menyombong kalau akulah orang yang tepat, karena hatimu

telah terlanjur menjatuhkan pilihan padanya. Lebih baik aku yang menangis ketimbang menyalahkan hati kecilmu.

Rian masih tersenyum, dan aku tidak mau melihat kebahagiaan itu menguap darinya. Kupaksakan me-narik kedua sudut bibir ini ke atas, lalu menggodanya sedikit, “Wah, selamat ya! Akhirnya dia ngerespon kamu juga.”

Cowok itu terkekeh, sementara kedua pipinya merona merah kare-na malu. “Haha, iya sama-sama. Seharusnya aku yang bilang terima kasih, ‘kan kamu yang ngusulin kadonya.”

Kembali aku memberinya se-nyum singkat. Rian masih mena-tapku dari balik tembok. Meskipun hatiku sakit, namun aku tetap menggunakan waktu ini sebaik mungkin untuk melihatnya. Sekecil apapun hal tentang dia akan ku-rekam sebaik mungkin dalam i-ngatanku. Karena aku tahu, setelah dua minggu ini, aku akan sangat merindukannya. Tapi kurasa dia tidak perlu tahu itu. Cukup aku saja yang menyimpannya dalam hati, bersama dengan semua luka yang telah mengendap jauh sebe-lumnya.

“Hei, kamu kenapa sih? Menghi-tung hari?,” canda cowok berambut hitam agak ikal dengan kacamata itu lagi.

karena sebuah ucapan terima kasih melalui telepon.

Adalah dia yang pergi mengem-bara hanya untuk sekeping cinta.

telah tepadanmenanhati ke

Riantidak mmengunarik klalu meselamak j

SMPN 11 Denpasar

WM/rii

WM/sue

12 5

ScorpioMembawa nasib baik, tetapi ha-rus ada pihak ketiga. Apa yang kamulaksanakan, ada ha-rapan tercapai. Olehsebab itu tunjukkan carakerja yang cara kerja yang profe-sional. Bisa dipercaya, tanggung ja-wab dan tegas. Asmara : Bi-kin kacau. Ada gosip dan fi t-nah. Kalau bisa, bertemu langsung dengan doi. Mencari kebenaran, jangan percaya pada orang lain. Studi : Disiplin. Jangan suka ikut-ikutan teman yang tidak bertang-gung jawab.

CancerMembawa nasib bagussekali. Ada kemujur-an dan keuntungan.Kalau kamu mau me-laksanakan, niscayaakan mudah tercapai.Jangan terpengaruh hal-hal atau kegiatan yang negatif. Pergilah ke lain daerah. Asmara : Makan hati, bikin rewel. Sehingga membuat kamu tidak bisa tidur dan tidak berselera makan. Jangan begitu dong. Kesehatan lebih penting. Studi : Berhasil. Belajar dan usaha kamu tidak sia-sia.

LeoMembawa nasib baik. Kalaupunya rencana, laksanakansaja, jangan bimbang.Asal kamu sungguh ha-ti dan mau kerja, tentubanyak yang senang.Boleh kongsi, kerja sama,untuk mencari keuntungan danpelajaran. Asmara : Sedang ada masalah. Kamu harus sabar dan mengalah. Jangan banyak omong, dengarkan apa maunya doi, ikutilah. Studi : Berbangga hati itu boleh, tetapi jangan takabur. Harus tetap belajar.

TaurusMembawa nasib baik.Ada kemajuan dan ke-untungan. Banyak yangsimpati dan mendukung ide-ide kamu. Jangan ragu-raguuntuk mengutarakan renca-na dan keperluannya. Yang ra-jin, tekun dan bisa dipercaya. Asmara : Baru kenal, jangan nglamak. Yang baru baikan jangan cari gara-gara. Yang sudah-sudah tidak perlu diungkit kembali. Studi : Hasilnya memuaskan, nilai kamu paling atas. Jangan sombong.

PiscesMembawa nasib baik.Namun belum sepertiyang kamu harapkan.Adakan perubahan ataumeninjau rencana kamudan ke lain daerah. Waktu-nya buka lembaran baru dan kerja keras. Jangan cari enaknya saja. Asmara : Berbu-nga-bunga, bisa menambah semangat dan inspirasi baru. Namun kalau kamu hanya nafsu, justru bisa menyusahkan kamu. Studi : Ada yang iri hati, menjadi saingan berat. Kamu yang tenang-tenang saja.

AquariusMembawa nasib tidak baik. Ka-mu harus banyak sabar dan ta-bah menghadapi kenyataan. Ti-dak usah emosi, sebab me-mang sudah giliran kamuberada dalam keprihatinan.Banyak masalah dan perseli-sihan. Asmara : Kalau masih ingin bersama doi, ikuti saran dan nasihatnya. Kalau kamu tidak bisa konsen, sembahyanglah. Mohon petunjuk. Studi : Yang tegas, disiplin dan belajar. Jangan bermain-main.

CapricornMembawa nasib bagus,artinya banyak peganguang dan senang. Ka-mu jangan hura-hura,terpengaruh teman-temanyang suka balapan liar.Gunakan kesempatan baik ini untuk menge-jar cita-cita dan karier. Asmara : Bikin acara di rumah agar tidak banyak keluar uang. Tidak usah gengsi-gengsian, yang penting murah meriah dan penuh kesan. Studi : Jangan keras kepala. Ikuti nasihat guru dan orangtuamu.

Selasa, 4 - 17 November 2014

CMsean

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 4 - 17 November 2014

Selasa, 4 - 17 November 2014

aik, tetapi ha-ga. Apa yang kamua-

hn caraja yang profe-

aya, tanggung ja-mara : Bi-p dan fi t-

ertemu langsung dengan

gusur-rrrr

-yapai.h hal-

tif P il h

k.in.tauamuWaktu-

us,g-,emaniar.

VirgoMembawa nasib kurang beruntung.Oleh sebab itu yang selalu hati-hati membuat keputusan. Danselalu waspada terhadaporang-orang yang mende-kati kamu. Dan jangan me-ngandalkan orang lain,bisa bermasalah. Asma-ra : Jinak-jinak merpati.Yang kamu cintai lari kesana ke mari. Dan kamu yang kebakaran jenggot. Oleh sebab itu jangan serius dan GR. Studi : Harus menambah waktu untuk belajar atau ikut kursus/les.

g beruntung.elalu hati-n. Danapde---

me-,-i.ke

Ka-n ta- Ti-e-

.li-h ingngngngngggggin bersama

SagitariusMembawa nasib baik. Kamuboleh mulai melaksanak-an apa yang masih ter-kandung dalam hati danangan-angan. Juga ja-ngan tergesa-gesa. Pikir-kan dengan masak-masak,bila perlu konsultasi, biartidak kecewa. Asmara :Kamu perlu teman untuk curhat, biar ada so-lusi yang tepat. Mungkin ada lamaran lewat orang lain. Mohon diperhitungkan. Studi : Memuaskan. Kamu juara dan ada kejutan yang menggembirakan.

Kamuak--n-

kir-sak,iara :

k.-gg ide-u-ragurenca-Yang ra-rcaya Asmara : Baru

AriesMembawa nasib ba-gus. Boleh dikata se-tiap gerak, kegiatan danrencanan bisa berjalan mu-lus. Silahkan berkarya danaktif dalam organisasi atauperkumpulan. Adakan tukar pikiran demi kemajuan. Asmara : membutuhkan dana banyak dan penampilan yang keren. Kamu jangan memaksakan diri, pinjam-pinjam. Sebab cintanya bukan untukmu. Studi : Mengalami jeblok dan memalukan. Adakan introspeksi diri.

a--danlan mu-

arya dansasi atauk k iki d i

GeminiMembawa nasib kurang ber-untung. Cenderung jatuh sa-kit. Oleh sebab itu jangansampai terforsir. Tenaga danpikiran harus sehat. Juga ja-ngan sakit hati atau emosi. Ca-rilah hiburan sendiri. Asmara : Ada saling pengertian, tukar pendapat demi karier dan masa depan. Tentunya di hari libur atau kosong berkunjunglah. Studi : Belajar yang rajin dan sungguh-sungguh. Sebab kamu masih tertinggal jauh.

r-a-

a-CaC -

Ad li

Kalauakan.-

a,ngan dan

d d l h

LibraMembawa nasib baik, tetapiada keperluan mendadakyang tidak terprogram.Kamu harus punya sim-panan uang, supaya ti-tidak bingung. Acaradan pergaulan yang tidak adamanfaatnya dijauhi saja. Asmara : berja-lan lancar, saling merindukan dan harap pro-fesional. Dengarkan omongannya, jangan egois dan jangan membatasi gerak doi. Studi : Mengalami kesulitan dan kamu tidak bisa konsentrasi.

tetapidakm.

m-

adak ada

j A b j

Gadis-gadis pinggiranBerbaris mengandung jalan rayaDi pinggir marga metropolitanSaut-menyaut bangsa merdekaSibuk mengusung topeng pendidikanBingung membeli mercy kepresidenanBangku reot saksi bisu perombakan

Mendesah nafas si rambut pirangMenyimpan raut wajah bungkamLapar menuju pangkal bawah sadarMenggerakkan tangan-tangan korban pelampiasanMempercepat kelam menyinggung peranakanMenjadi radar kepalsuan blusukanPelapukan zaman politik berkarat

Tiada lagi tempatku menulis sajak puisiHanya ukiran untaiam kekesalan jiwaPada siapa saja coba saksikanTubuh ringkih mengurat ragaHabis diraup polusi jantung kotaMengoyak khayal mencapai nirwanaBersimbahlah luka diantara batu karang berbisaMengulang sajak yang berpulangSegenap coretan tangan jalanan

Jalanan Berkarat

I Gusti Ayu Purwa DeviSMP Saraswati 1 Denpasar

Berjalan, berjalan selagi di diri dukaBenapas lega menemu perempuanKami berpandangan: lantas tahuSegalanya tinggal masa kenangan

Kami berjalan memutar danauNamun ku tahu: dukaku yang risauTakkan mendapatkan pelabuhan amanKecuali dalam pelukan penghabisan

Ku pandang matanya:Tak kukenal siapa pun jugaSemuanya nanarDi dindingi kabur samar

Dukaku yang Risau

AtmajaSpelden

Kuhela sunyi dalam kelamBibir mencibir desahkan asaJiwaku beku berselimut resahAkankah semua ketakutanku kan jadi nyata

Di sini aku tertatihKumpulkan harapanWalau tinggal hanya sekepingAku bersimpuh menahan laraPanjatkan doa mohon kearifan

Butiran mimpi ku bangunTuk tenangkan jiwaMencoba lari dari duka nestafaWalau hati menangis menyayat kalbuKu coba tersenyum dalam gundah

Galau

Dewa Agung Surya DinathaSMP Dwijendra (VII J)

Saat ini dapat kuraihSebuah bintang yang ku yakinDapat terangi malamkuTapi mengapaBintang itu kian menjauhMeredupHanya meninggalkan seberkas si-narnyaKesedihan pun hadir dalam hidupkuNamun ku yakinDi balik semua itu hadir keindahanSepanjang napas iniTuhanMengapa bulan ini ku bersedih?Hadirkanlah dia sebuah bintangKembali untuk menemaninyaAku sebagai pemujanyaHanya dapat berdoaUntuk keindahan sinar dan senyumnya

Awan Gelap Jauhkan Bintangku

NGh SukadanaSMKN 4 Denpasar

Mungkin aku akan pulangMembawa dada dalam kresekDan mengecup bau rumah yang gelisah

Aku juga rindu ranjang remang ituSebab mencintaimu dengan nyayiDan kembang apiTelah ditempuh semua orang

Tak ada bayi yang harus kususuiAtau makanan yang keburu basiKebisuan menghambur begitu sajaMenjadi selimut yang lebih dingin dari puisiDan kau tak selalu kuat menanggung gigihnya

Aku akan pulang, barangkaliMembiarkan kau geledah bungkusanDan menghisap ketenangan di dalamnya

Sementara di luar sana.Orang-orang terjebak petasanDan kematian

Karina Y.S.Smapan

Dongeng Tentang Kesetiaan

Matahari terus meluncurSeperti ada yang selalu siap sembunyiDi balik cakrawala

Angin di pantaiMasih seperti dulu ramah menyapaDi waktu senja membuat iramaDengan debur ombakDan aku segera tersentakIngin segera kudengarCeloteh kedua anakku yang bingar Ketika aku menemani bermain sebagai temanDan kudapati ibunya Yang diam-diam mematung memperha-tikan

Mengapa aku kerap lena terseret inginMeninggalkan kehangatanDaun-daun jendela yang tertutupMenjaga kemungkinan pengaruh angin

Tiba-tiba aku sadar di senja iniAngin melambailan pucuk nyiur

Di Senja Ini Aku Sadar

Adi KrisnandaSMA Perintis Denpasar

TAHUN lalu, siswi SMAN 4 Denpasar, Ni Kadek Vani Apriyan-ti mendapat predikat peraih nilai UN tertinggi se-Indonesia. Selain Vani, empat pelajar sekolah ini juga masuk dalam 12 besar peraih nilai UN tinggi nasional. Bahkan SMAN 4 Denpasar, juga berada di posisi puncak sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi. Keren, ya? Daripada sekadar menga-gumi, yuk kenalan dengan sekolah pencetak siswa unggulan dalam UN ini.

Sekolah yang terletak di Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning, Denpasar ini mengusung visi misi “Cerdas Spiritual, Cerdas Emo-sional, Cerdas Intelektual, Ber-basis Lingkungan dan Budaya”. Sejak lama, SMAN 4 Denpasar

SMA Negeri 4 Denpasar se-ringkali merajai peringkat lulusan terbaik nasional. Dalam tiga tahun terakhir, sekolah yang berlokasi di Jalan Gunung Rinjani, Monang Maning tersebut memang men-dominasi peringkat terbaik na-sional dalam kelulusan.

Tidak hanya prestasi dalam Ujian Nasional, 2 orang siswa SMAN 4 Denpasar yakni Ida Ayu Pradnya Paramita dan Carrisa Tehputri meraih peringkat Best Speaker dalam ajang lomba Debat Bahasa Inggris tingkat internasional yang dilaksanakan di Turki. Selain itu salah satu sis-wanya yakni Putu Ivan Gunawan juga berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Kimia tingkat na-sional. Ini tentunya prestasi yang luar biasa sehingga menghantar-kan SMAN 4 Denpasar sebagai salah satu sekolah favorit di kota Denpasar.

Ketika ditanya apa resep se-kolah dengan nama beken Fours-ma itu sehingga bisa merajai

STRATEGI lain yang SMA Negeri 4 Denpasar kembang-kan adalah berburu bibit unggul. Sekolah yang terkenal dengan nama beken Foursma ini menya-dari bahwa untuk membangun keunggulan lulusan harus dimulai dari keunggulan input siswa. Oleh karena itu berusaha menarik minat siswa terbaik dari berbagai SMP di Bali menjadi salah satu prioritas SMAN 4 Denpasar.

Untuk itu Foursma mengem-bangkan dua program utama yaitu melalui penelurusuran prestasi dalam lomba, seleksi siswa pe-raih prestasi, dan tes prestasi akademik.

Pada tiap penyelenggaraan ke-giatan ulang tahun, SMAN 4 Den-pasar mengundang para siswa terbaik dari se-Bali mengikuti perlobaan Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Bahasa Inggris yang meliputi debat, men-ceritakan sejarah, menjadi guide, menulis, kesenian, Ekonomi dan berbagai bidang perlombaan lain. Dengan teknis ini sekolah mem-berikan peluang kepada tiga siswa terbaik pada tiap bidang dapat masuk ke SMAN 4 Denpasar tanpa tes.

Strategi berikut yang Foursma kembangkan adalah menerima siswa tanpa tes. Persyaratan yang wajib dipenuhi adalah bukti pres-

Rajai Peringkat Lulusan Terbaik Nasional

SMA Negeri 4 Denpasar

terkenal dengan berbagai prestasi siswanya baik dalam bidang aka-demis maupun non-akademis dan di tingkat nasional maupun dunia.

Mereka langganan menjadi ju-ara dalam Olimpiade Fisika, Biolo-gi dan Matematika tingkat interna-sional. Siswa SMAN 4 Denpasar juga kerap meraih prestasi dalam berbagai lomba karya tulis dan debat Bahasa Inggris yang meli-batkan banyak negara. Bahkan, para guru di sekolah ini juga turut mencatatkan prestasi sebagai guru teladan di Provinsi Bali dan guru berprestasi di Kota Denpasar selama bertahun-tahun.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini mengedepankan kom-petensi siswa. SMAN 4 Denpasar

juga mengintegrasikan kuriku-lum Cambridge dengan kurikulum yang mereka gunakan. Sehingga ketika lulus, para siswanya memi-liki kompetensi untuk bersaing dengan lulusan dunia.

Tidak hanya itu, untuk men-dukung minat dan bakat siswanya, sekolah menyiapkan berbagai klub yang dapat mereka tekuni. Siswa dapat memilih klub Kom-puter, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi dan Astronomi. Dari klub-klub inilah lahir para jawara sains yang mengharumkan nama SMAN 4 Denpasar di tingkat nasional, regional maupun internasional.

Sementara dalam hal ujian na-sional (UN), sekolah juga punya cara tersendiri dalam menyiap-kan siswa mereka. Setiap siswa mengikuti klub UN. Klub ini me-ngumpulkan murid-murid yang meraih nilai tinggi pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN. Usai jam sekolah, mereka ber-kumpul untuk mendalami materi ujian bersama guru.

Selain siswa bernilai tinggi, klub UN di SMAN 4 Denpasar juga me-ngumpulkan siswa-siswa dengan prestasi akademik yang tidak me-nonjol. Mereka juga mendapatkan pendalaman materi, tetapi pada jadwal berbeda. Perlakuan guru terhadap kelompok ini juga tidak

sama dengan kelompok siswa pintar.

Tidak heran SMAN 4 Denpasar selalu menyabet prestasi dalam UN. Tidak hanya nilai-rata tinggi, tetapi juga jumlah siswa terba-nyak yang meraih nilai UN tinggi secara nasional. (sak)

Langganan Juara Olimpiade

angka kelulusan nasional, Dr. I Wayan Rika, M.Pd., selaku Kepala SMAN 4 Denpasar mengatakan, “Kita memang mempersiapkan mereka dengan program-program yang mengacu pada Ujian Na-sional dan Ujian Masuk Pergu-ruan Tinggi Negeri (UMPTN). Di program itu, siswa kami bagi ke

tasi dalam berbagai perlombaan pada tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional dan internasional yang diperoleh secara perorang-an. Bukti prestasi yang dapat di-terima mencakup prestasi bidang akademik dan non akademik.

Strategi yang ketiga adalah pe-nerimaan siswa baru melalui tes prestasi akademik. Pelaksanaan kegiatan lomba menjadi agenda pertama, disusul agenda kedua seleksi prestasi, dan terakhir tes akademik. Oleh karena itu penerimaan siswa melalui se-leksi akademik pada prinsipnya mengisi ruang yang masih belum terisi melalui seleksi pertama dan kedua.Pendukung Pembelajaran

Berbagai aktivitas siswa se-perti praktikum di labolatorium labolatorium IPA menjadi pen-dukung pengembangan prestasi siswa. Panjangnya waktu belajar siswa di labolatorium mendorong SMAN 4 Denpasar memberikan keleluasaan kepada siswa untuk berada di labolatorium sepanjang siswa membutuhkannya, kapan pun bisa. Oleh karena itu setiap ketua klub yang memegang kunci labolatorium dan bertanggung ja-wab pula pada keamanan seluruh barang yang ada di dalamnya.

dalam beberapa klub belajar untuk menghadapi Ujian Nasional dan untuk anak-anak yang menduduki rangking teratas kami godok secara khusus agar bisa mem-peroleh nilai Ujian Nasional yang tinggi,” terang Rika saat ditemui di SMAN 4 Denpasar.

Untuk mendukung prestasi ter-sebut, sekolah yang mewakili In-donesia dalam pertukaran pelajar tingkat SLTA di Singapura pada tahun 2001 ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menun-jang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain, perpustakaan, laboratorium Bio-logi, Fisika, Kimia, Komputer, dan Bahasa, serta wall climbing yang berada di areal sekolah.

Sekolah ini juga memiliki ba-nyak kegiatan ekstrakulikuler di-antaranya, Palang Merah Remaja (PMR), Sispala Bhuana Yasa, Paskib, Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Teater Blabar, dll. (sak)

Foursma “Godok” Siswa Secara Khusus

Berburu Bibit Unggul

(sak)

4 13Selasa, 4 - 17 November 2014Selasa, 4 - 17 November 2014

MASA menstruasi/haid selalu dialami setiap cewek tiap bulannya. Efek dari men-struasi ini bisa menimbulkan rasa sakit, mual, pusing, dan lain-lain. Bahkan menjadi lebih sensitif. Banyak cewek yang merasa tidak suka dan tersiksa saat haid. Nah, buat kamu para wanita alias cewek yang sering merasakan sakit saat menstruasi, sebaiknya kamu coba minum jamu tradisional untuk mengatasinya.Kunyit

Kupas kunyit hingga bersih lalu parut. Tu-angkan air panas kira-kira 1 gelas, lalu diam-kan hingga berubah warna. Setelah air ber-

Eat BreakfastBanyak yang menyepelekan sarapan ke-

tika mau berangkat berolahraga. Olahraga itu untuk membakar kalori, jadi apa yang mau dibakar kalau metabolisme energimu saja sudah tidak benar. Never skip breakfast so that you hace the energy for doing those execise things.Lakukan dengan Rutin

Jangan cuma olahraga saat kamu mera-sa bersalah sudah makan banyak makanan, tapi berolahragalah supaya tubuh bisa ber-latih maksimal untuk membakar kalori. Hal ini juga perlu kamu lakukan supaya tubuhmu terbiasa dilatih dan tidak terasa terlalu capek ketika memulai kembali.Langsung Makan

Langsung makan begitu selesai olahraga. Mengapa? Karena 15 - 30 menit pertama setelah kamu berolahraga adalah momen yang tepat untuk tubuh membakar makanan dua kali lipat lebih cepat. Pilih makanan yang mengandung nutrisi yang baik tanpa lemak berlebihan dalam kandungannya.Bawa Botol Minum

Selalu bawa botol minum. Minum sebe-lum kamu merasa haus dan jangan biarkan

DARIPADA mengkonsumsi suplemen untuk menangkal fl u, lebih baik kamu per-banyak konsumsi brokoli. Sejak dulu brokoli sudah menjadi ma-kanan andalan. Bang-sawan Romawi sering mengonsumsinya untuk daya tahan tubuh. Sayuran hijau ini sa-ngat efektif untuk me-ningkatkan i m u n i t a s t u b u h dan bisa m e n g u -rangi risiko kanker. Pe-nelitian yang dilakukan tim peneliti dari Johns Hopkins Uni- versity m e n e m u k a n bahwa senyawa yang ter- k a n d u n g dalam brokoli tidak hanya bisa mencegah timbulnya sel kanker, tetapi juga mengham-bat perkembangan sel tumor hingga 60 persen.

Kandungan vitamin C dan kalsium pada brokoli sangat tinggi. Seikat brokoli me-

BERDASARKAN lapor-an Asosiasi Stroke Amerika, lebih dari 100.000 perem-puan Amerika di bawah usia 65 tahun terserang stroke setiap tahunnya. Dan lebih dari 83.000 perempuan terserang penyakit jantung setiap tahunnya. Yang lebih mengagetkan lagi, risiko terserang penyakit ini ada-lah perempuan usia 45 - 54 tahun. Pada usia tersebut, perempuan berpotensi terserang stroke dua kali dibandingkan laki-laki. Dan di tiap-tiap usia itu, stroke yang menyerang perem-puang umumnya lebih parah daripada stroke yang menyerang laki-laki.

Selama ini dipahami bahwa stroke meru-pakan penyakit yang menyerang laki-laki, tapi dalam perkembangan penelitian saat ini ditemukan fakta yang berbeda, yakni stroke justru lebih banyak menyerang perempuan. Beberapa sebab terjadinya stroke yang banyak menyerang perempuan adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan terjadinya pe-nyumbatan, sehingga tekanan darah juga tidak stabil. Selain itu adalah konsumsi pil kontrol kehamilan dan rokok, terapi hormon pada gejala menopause, dan migrain yang banyak diidap perempuan.

Bagaimana cara menghindarinya?1. Jangan merokok. Jika kamu perempuan

yang suka merokok, maka saatnya sekarang mengurangi jumlahnya sebe-lum akhirnya menghentikan aktivitas itu.

JIKA pria suka marah-marah dan agresif, pasti hormon testosteronnya tinggi. Begitu pikiran kebanyakan orang selama ini. Tapi jangan salah, testosteron ternyata merupa-kan pemicu sifat ramah, adil dan baik hati. Peneliti membuktikannya.

Hormon testosteron sering dikaitkan den-gan sifat jantan dan agresif. Tapi kini peneliti menyebutkan bahwa hormon itu merupakan sumber sifat ramah, adil dan bersahabat. Penemuan ini bisa jadi terapi untuk mem-bantu mereka yang punya sifat emosional dan meledak-ledak. Peneliti mencoba hor-mon tersebut pada 121 parti-sipan wanita melalui sebuah permainan tawar-menawar. Par-tisipan dibagi dalam dua kelom-pok, satu kelompok diberi pil tes-tosteron dan kelompok lainnya diberi pil plasebo (obat semu tanpa kandungan bahan kimia).

Dr Christoph Eisenegger dan rekannya dari University of Zurich menciptakan permainan uang. Di mana peraturannya, partisipan boleh menggunakan cara asil atau tidak adil dalam membagi uang dan bernego-siasi dengan mitranya. Sebe-lum permainan dimulai, tiap-tiap partisipan ada yang diberi 0,5 miligram hormon terstosteron dan ada juga yang hanya diberi pil plasebo. Hasilnya, kelompok wanita yang diberi pil testosteron ternyata lebih adil dalam ber-main, sedikit mengalami konfl ik

Eat BreakfastBanyak yang menyepelekan sarapan ke-

tika mau berangkat berolahraga. Olahraga it t k b k k l i j di

Agar Lebih Optimal dalam Berolahragatubuhmu merasa haus terlalu lama ketika berolahraga. Jangan sampai dehidrasi!Avoid the Midday

Jangan berolahraga di bawah sinar ma-tahari di antara pukul 09.00 - 16.00. Menga-pa? Sinar ultraviolet saat itu sedang jahat-jahatnya dan berbahaya untuk kulit. Risiko terbesarnya tentu kanker kulit. Pilih waktu olahraga saat pagi atau sore hari.Push Yourself too Hard

Kamu yang tahu kondisi tubuhmu, ma-kanya pastikan kamu tidak terlalu memaksa tubuhmu untuk terlalu ‘heboh’ berolahraga. Pastikan kamu memberikan jeda istirahat di tengah-tengah sesi olahragamu.Skip Stretching

Biasanya hal ini paling sering terjadi ke-tika akan berenang. Begitu senangnya meli-hat kolam sampai lupa kalau harus melaku-kan stretching agar tubuh tidak kram. Pema-nasan dan pendinginan penting agar tubuh terolah maksimal.Wear a Black T-shirt

Warna hitam mungkin akan membuatmu terlihat lebih kurus ketika berolahraga, tapi warna gelap seperti ini memiliki sifat menye-rap panas. Hasilnya, kamu akan mudah

merasa lelah lebih cepat. Pilih warna-warna terang, longgar, dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat.Jangan Membanding-kan

Coba bandingkan dengan hasil orang lain. Intensitas boleh sama, tapi hasil bisa berbeda. Mengapa? Karena pro-ses metabolisme tubuh masing-masing orang itu berbeda lho! Jadi lupa-kan membandingkan ha-sil dengan orang lain kar-ena hal ini hanya akan membuat motivasimu menurun.

Karina YSSmapan

Jamu Tradisional untuk Menstruasiwarna orange kecoklatan, saring air kunyit dan siap diminum. Bisa juga ditambahkan gula atau madu sesuai selera agar terasa manis. Disarankan agar tidak menggunakan asam atau tamarin.Kencur

Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua serta adas pulawaras secukup-nya. Kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lainnya, dicampur juga de-ngan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Kemudian disaring dan dimi-num sekali sehari 2 cangkir.Cengkeh

Untuk mengobati sakit perut haid, sedia-kan 5 butir cengkeh, 7 butir ketumbar, 10 gram kunyit, dan 5 gram biji pala. Setelah dicuci, rebus bahan dengan 400 cc air ha-ngat tersisa 200 cc. saring, lalu minum air rebusan selagi hangat.Air Teh dan Kapur Sirih

Buatlah air teh dan campur dengan kapur sirih secukupnya lalu diminum.

Buat kamu yang sedang menstruasi, un-tuk meringankan rasa sakit saat haid bisa dicoba mengkonsumsi jamu tradisional di atas. Dengan bahan alami yang gampang didapat dan lebih sehat buat tubuh. Selamat mencoba, semoga sakitnya berkurang.

James KawilarangSisma

Tangkal Flu dengan Brokolingandung 118 ml kalsium. Selain itu kan-dungan beta karotennya yang tinggi, bisa berfungsi untuk membuang racun dalam

tubuh. Ada banyak cara untuk mengolah brokoli menjadi makanan lezat, berikut

caranya.Jadikan Campuran Saus Pasta

Cuci bersih brokoli, kukus hingga l u - nak dan buatlah pure. Kemudian,

campur pure brokoli dengan bahan-bahan saus pasta.

Antara lain bawang putih, bawang Bombay, tomat dan saus sambal. Olahan brokoli saus pasta cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka brokoli.Rebus

Ada resep kuno Romawi tentang ba-

gaimana mengolah brokoli. Caranya adalah dengan

merebus brokoli, tetapi ja-ngan sampai terlalu lembek. Kemu-d i a n potong-potong dan campur dengan anggur merah, minyak zaitun, ketumbar, jin-tan dan irisan bawang merah.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

jdah menjadi ma-dalan. Bang-mawi sering

msinyatahan uran sa-tif -

oe-ng m ari Johns Uni- versity k a n bahwhwwh a aaaaa a

g gtubuh. Ada banyak cara untuk

brokoli menjadi makanan lezcaranya.Jadikan Campuran Saus P

Cuci bersih brokoli, kukl u - nak dan buatlah pure.

campur pure brokbahan-bahan sa

Antara lain bawbawang Bomdan saus Olahan bropasta cocok yang tidak tebrokoli.Rebus

Ada resRomawi ten

gaimana mengoCaranya adala

memmmm rebus brokoli,

Hormon Testosteron Bukan Penyebab Sifat Pemarah

dan lebih baik berinteraksi sosial. Sedang-kan kelompok yang diberi pil plasebo justru sebaliknya.

Studi ini dimuat dalam Journal Nature dan membuktikan bahwa peningkatan hor-mon tertosteron ternyata justru meningkat-kan sifat adil, ramah, dan sifat baik lainnya, bukan sifat agresif dan temperamental se-perti dipikir orang-orang selama ini dan juga banyak terdapat pada berbagai literatur.

WulanSixsma

Perempuan Lebih Berpotensi Terserang Stroke

2. Pantau tekanan darah dan kadar koles-terol dalam darahmu.

3. Banyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Ini dapat mengurangi risiko stroke hingga 6%.

4. Banyak konsumsi ikan segar. Paling tidak, makanlah ikan sekali dalam sem-inggu. Ini akan mengurangi 12% potensi stroke.

5. Jika kamu mengkonsumsi pil cegah ke-hamilan atau melakukan terapi hormon untuk menopause, maka konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan cerita-kan kebiasaan atau perilaku hidup (se-perti kebiasaan merokok dan lain-lain).

6. Mengurangi kebiasaan minum aspirin (100 mg) setiap hari. Hal itu dapat menu-runkan risiko stroke hingga 17%.

I Gede Warmadika PasekSMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar

14 3Selasa, 4 - 17 November 2014Selasa, 4 - 17 November 2014 Se asa, o e be

Bagi grup band sekolah yang mau nongol di WM, silahkan kirim naskah dan foto via email: [email protected]

Juara I Lomba KTI BLH se-Provinsi BaliSMK Negeri 3 Denpasar

“Hasil akan berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan”. Itulah ungkapan yang di lontar-kan Ni Made Ayu Natih Widhiarini, siswi kelas XI Akomodasi Perho-telan A SMKN 3 Denpasar ketika diwawancarai mengenai prestasi yang diraihnya sebagai Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Balai Lingkungan Hidup Provinsi Bali.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diadakan oleh Balai Lingkungan Hidup Provinsi Bali itu terdiri dari dua tahap seleksi. Pertama, tahap penyisihan dengan mengumpulkan makalah yang diikuti oleh puluhan SMA/SMK se-Bali, kemudian ha-nya dipilih 6 besar terbaik yang akan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan juri pada hari Senin, 29 September 2014.

Pada saat fi nal, siswi yang akrab disapa Natih ini tampil per-caya diri dihadapan juri melalui karya tulisnya yang berjudul “Upa-ya Pelestarian Penyu Melalui Kon-servasi Penyu Sindu Dwarawati di Kawasan Pantai Sindu”. Hasilnya pun tidak mengecewakan, SMK Negeri 3 Denpasar keluar seba-gai Juara I kemudian disusul oleh SMAN 1 Blahbatuh dan SMA Bali

Mandara Singaraja sebagai juara II dan III.

Ketika ditanya kiat Natih da-lam mengikuti kegiatan tersebut, dia mengaku bahwa awalnya ragu untuk berpartisipasi karena sibuk dengan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Swiss-bel Resort Watu Jimbar. “Jujur saja waktu itu saya sibuk train-ing, takut nggak sempat menulis

dan melakukan penelitian, laptop juga rusak dan susah berkoordi-nasi dengan guru pembina. Tapi karena ini kegiatan sekolah dan kesempatan bagus kenapa tidak di coba saja. Untung ada laptop sekolah. Hasil nomor dua, yang penting ikut saja dulu. Bersyukur banget sama Tuhan karena sudah diberi ketenangan,” ujarnya. (Jur-nalistik Triska)

Nama Pacar

Eka : Tahu nggak aku punya pacar yang cantik, putih, baik dan anggun.

Riski : Oh ya, siapa namanya?Eka : Nama panggilannya Ima.Riski : Nama lengkapnya?Eka : Imajinasi….Riski : Hmmmn, aku punya

pacar yang selalu bersa-maku. Aku dan dia betah tatap muka sampai ber-jam-jam.

Eka : Oh ya, namanya siapa?Riski : Namanya lay. Gaulkan….

Dia berasal dari Amerika.Eka : Nama lengkapnya?Riski : Layar Komputer…

Siyan SaheemSMA SLUA Saraswati 1 Dps (goc ss)

Baju

Ani : Ina, aku punya teka-teki buat kamu.

Ina : Teka-teki apaan? Tapi tunggu dulu, kalau aku bisa jawab kamu harus beliin aku pulsa 100.000 ya, ha-hahaaa.

Ani : Ok deh. Pertanyaannya adalah… jika ada baju putih yang dimasukkan ke dalam air berwarna biru, maka apa yang akan terjadi???

Ina : Tentu saja baju itu akan berwarna biru.

Ani : Salah, jawabannya adalah baju itu akan menjadi ba-sah.

Ina : Ya ampun, ada-ada saja kamu An….

Ani : Wkwkwk.

Ni Made Ajeng TrianaSMPN I Denpasar

SUKA makan dan hobi masak, membuat I Made Hendra Jaya Wiguna sejak kecil bercita-cita menjadi seorang chef profesional. Terlebih lagi lingkungan tempat tinggalnya kebanyakan yang be-kerja di hotel di kawasan destinasi wisata Badung Selatan. Lingkung-an orang pariwisata mungkin itu yang memotivasi Hendra Jaya –begitu dia akrab disapa, memilih SMKN 3 Denpasar sebagai seko-lah tujuan utamanya alias pilihan pertama setelah tamat dari SMAN 2 Kuta Selatan. Bersyukur dia pun diterima dan saat ini tercatat se-bagai siswa kelas XII Tata Boga B. Selain itu Hendra Jaya pun ak-tif berorganisasi di OSIS sebagai bendahara umum.

“Entah karena apa sejak kecil saya suka masak. Memasak itu mengasyikkan,” ujarnya singkat.

Remaja berbintang Virgo, kela-hiran Denpasar, 26 Agustus 1997 ini rupanya punya obsesi besar. Dia menginginkan remaja Bali yang hobi masak dan memendam hobinya itu. Sebaliknya meng-gali dan mengasah minatnya itu. Bungsu dua bersaudara pasang-an Wayan Sueka-Ni Luh Suparmi ini melihat banyak tempat untuk mengembangkan minatnya itu. Mi-nat yang dilengkapi dengan bakat, dapat dipastikan akan membuah-kan hasil yang luar biasa. Hendra Jaya pun ingin chef-chef yang ada di sejumlah hotel besar di Bali itu, putra daerah Bali sendiri. Bukan sebaliknya seperti yang terjadi saat ini, kebanyakan dari luar Bali maupun luar negeri. Chef-chef dari Bali jika mau terus belajar, besar kemungkinan akan mampu bersaing dengan ahli masal dari luar negeri.

“Sungguh memprihatinkan tak banyak orang Bali yang menjadi chef di sejumlah hotel ternama

Pekerjaan Lama

Di sebuah penjara di New York, belakangan ini kedatangan be-berapa napi baru. Pada suatu hari, kepala rumah penjara memanggil mereka berkumpul, kemudian ber-kata, “Ini adalah sebuah lembaga pemasyarakatan teladan. Kami di sini sangat demokratis, kalian da-tang kemari boleh terus mengerja-kan pekerjaan sebelumnya.”

Setelah mendengar perkataan ini, para napi itu girangnya bukan main, diantaranya ada seorang napi seketika berjingkrak-jingkrak kegirangan. Kepala rumah penjara segera bertanya, “Pekerjaanmu dulu apa?”

Napi itu menjawab dengan keras, “Pak, saya sebelumnya adalah penjaga pintu.”

Wahyuni ParamitaSixsma

Ayam Goreng

Tino dan Tini adalah kakak be-radik yang sangat konyol. Saat malam minggu, pergilah mereka ke KFC bersama keluarganya.Tino : Ni, pesanin kakak

ayam goyeng yang banyak dong.

Tini : Siap Kakak.Tini : Kakak, saya mau pe-

sen ayam goyeng yang banyak buat kakak saya.

Pelayan : Berapa banyak adik?Tini : Satu kandang deh,

bisa nggak?

Pelayan : Nggak sampai satu kandang juga nak….

Tini : Hehee.

Desy CandrawatiSMKN 3 Denpasar

Ayam Mundur

Nila : Aku punya pertanyaan!Lucy : Apa tuh?Nila : Ayam apa yang tidak bisa

mundur?Lucy : Ayam yang dibelakang-

nya ada tembok.Nila : Kok tahu?Lucy : Kan aku pintar…. Haha-

hahaaa.

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Nonton Konser

Murid-murid dari sebuah kelas diajak menonton konser rock oleh gurunya yang memiliki kegemaran pada musik rock. Murid-murid itu ditraktir minum teh botol, makan kue, kacang, cokelat, dan maka-nan kecil lainnya.

Pak guru pun bertanya pada murid-muridnya, “Senang kalian pergi menonton konser?”

“Ya pak!,” jawab mereka serem-pak. “Kecuali musiknya!”

Nita SintaSmansa

Bintang

Aldi : Baal, Main tebak-tebak-an yuk?

Iqbaal : Ayo, apa pertanyaan-nya?

Aldi : Bintang apa yang tidak terlihat di langit?

Iqbaal : Kalau aku bisa jawab kamu mau ngasi apa?

Aldi : Aku mau traktir kamu bakso tiga mangkok. Mau?

Iqbaal : Okay, Jawabannya....Aldi : Apa?Iqbaal : Bintang Film kan?Aldi : Be tu l -be tu l -be tu l….

Heee, yuk ke kantin.

Ni Nym Ayu SuwendriSMP PGRI 3 Denpasar

Pertandingan Golf

Pak Jonny baru pulang main bola dari lapangan golf. Sarah, anak perempuannya yang beru-mur empat tahun berlari-lari kecil menghampirinya dan bertanya, “Daddy, dalam pertandingan golf tadi siapa yang menang, Daddy atau Paman Reade?”

“Daddy main bola dengan Pa-man Reade bukan untuk menang atau kalah,” kata Pak Jonny den-gan tak terus terang. “Kami ber-main bola hanya untuk senang-senang saja.”

Tetapi Sarah ternyata mende-sak terus, “Kalau begitu, siapa di-antara kalian yang lebih senang?”

Daddy : ???

Wahyuni ParamitaSixsma

Potong Bebek Angsa

Di depan rumah tukul.Deva : Tok..tok..tok (mengetuk

pintu).Tukul : Siapa?Deva : Otong?Tukul : Otong siapa?Deva : Otong bebek angsa, ma-

sak dikuali.Tukul : Iiiih….Deva : Hahahahahahaaa.

I Made Wisnu Adi Wiryawan (86)SMPN 4 Denpasar

Lebih Pintar

Suatu hari Ai dan Air sedang berdiskusi di sekolah.Ai : Siapa orang terpintar di dun-

ia?Air : Aku tahu… jawabannya

adalah TUKANG BALET!Ai : Salah! Jawabannya adalah

Ainstain.Air : Loh jawabannya tukang ba-

let.Ai : SALAH. Ainstain orangnya

dan banyak orang yang setuju.

Air : Baik, kalau begitu aku yakin Ainstain kalah pintar dengan tukan balet.

Ai : Buktikan.Air : Aku sangat yakin bahwa

Ainstain tidak lebih pintar menari daripada tukan ba-let!

Ai : !!!Air : Jadi, kesimpulannya bahwa

tukang balet adalah orang terpintar di dunia…. Haha-haa pintar itu relatif ya….

Siyan SaheemSMA SLUA Saraswati 1 Dps (goc ss)

Koin

Lita : Ayo tebak! Koin apa yang bisa marah?

Dinda : Koin punya orang yang kita ambil!

Lita : Salah!Meta : Koin yang kita buang

percuma! Koin kan punya perasaan, masa dibuang?

Lita : Salah!Lita & Meta : Lha, lalu jawaban-

nya apa?Lita : Haha, yang benar

itu “Koin-jak kaki orang”.

Lita & Meta : Hahahaha….

Christella ImanuelltaSMKN 2 Denpasar

Tanggal

Deva : Wisnu, aku punya perta-nyaan.

Wisnu : Apa pertanyaannya?Deva : Ada berapa jumlah tang-

gal?Wisnu : Hmmmm, 30….Deva : Salah!Wisnu : Terusssss?Deva : Dua…., tanggal muda &

tanggal tua.Wisnu : Wkwkwkwkwkw.

I Made Wisnu Adi Wiryawan (86)SMPN 4 Denpasar

Paling Aneh

Di pagi hari yang cerah ada dua bersaudara yang tampak asyik berbincang-bincang, namanya Yoga dan Yogik. Ketika mereka ke dapur Yoga bertanya kepada Yo-gik.Yoga : Haii Yogik kamu suka mi-

num susu nggak?Yogik : Ya, aku suka minum susu.

Kenapa memangnya?Yoga : Ngomongin soal susu, aku

ada tebak-tebakan nih. Kalau bisa jawab nanti aku beliin roti biyar susu-nya makin enak, gimana?

Yogik : Ayo, apa nih tebakannya?Yoga : Menurut kamu kalau he-

wan, hewan apa yang pa-ling aneh?

Yogik : Hmm, hewan apa ya? Pasti hewan luar angkasa yang tidak ada di bumi ya?

Yoga : Hahaha, lucu kamu. Ja-wabanmu salah.

Yogik : Kalau gitu aku nyerah saja. Apa jawaban yang benar?

Yoga : Jawaban yang benar adalah... Belalang Kupu-kupu. Soalnya kalau siang makan nasi kalau malam minum susu.

Yogik : Iya juga ya, mana ada belalang dan kuku-kupu makan nasi dan susu, he-hehe hebat kamu.

Yoga : Ah biasa aja. Yuuk minum susu dulu.

Oki SuardanaTriska

Terlambat

Santo dan Ilham terlambat masuk sekolah, sampai di dalam kelas mereka berdua langsung dit-anya Pak Guru.

“Ilham, kenapa kamu datang terlambat?”

“Maaf Pak Guru. Tadi malam saya bermimpi naik balon udara keliling Indonesia dan perjalanan-nya memakan waktu lama. Ketika saya terbangun hari sudah siang,” jawab Ilham.

“Kalau kamu Santo, mengapa datang terlambat?”

“Saya diajak Ilham Pak,” jawab Santo kalem.

Pranata C.Sapta Andika

Cita-cita Jadi ChefHendra Jaya

di Bali. Kebanyakan mereka be-rasal dari luar Bali bahkan dari luar negeri,” katanya sambil geleng-geleng.

Keberadaan remaja Bali yang identik dengan bidang seni, se-perti seni tari, karawitan maupun seni-seni tradisi lainnya harus di-luruskan. Mereka lupa jika mema-sak pun termasuk seni. Selain itu cara pandang maupun cara berfi kir generasi muda Bali tentang profesi juru masak itu harus diubah. Masak tak harus dikerjakan kaum perem-puan. Secara tradisi maupun bu-daya, Hendra Jaya tak menampik memasak memang lebih banyak dilakukan perempuan Bali. Namun jika di hotel, laki perempuan itu pu-nya hak yang sama dalam urusan masak.

Jika chef dari luar Bali banyak yang memperkenalkan masakan dari daerahnya untuk wisatawan asing, masakan Bali nyaris terting-gal. Padahal tak sedikit orang asing yang senang dengan masakan tra-disional Bali. Selain cara mengo-lah, tata cara menghidangkannya pun perlu mendapat perhatian, se-hingga mendatangkan daya tarik tersendiri. (ast)

SERANGKAIAN memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-86, Selasa (28/10) lalu SMP Budi Utama Kerobokan menggelar ber-bagai kegiatan lomba antar kelas serta aksi bersih-bersih lingkung-an sekolah. Adapun lomba-loba tersebut, diantaranya lomba baca puisi, lomba baca teks Sumpah Pemuda, lomba cerdas cermat, menyalin aksara latin ke aksara Bali, hingga lomba vokal paduan suara Sekar Jepun.

Melaui mement tersebut di-serahkan pula beasiswa kurang mampu dari Sekda Badung, I Putu Gede Haris Sandika, S.E., M.M, yang saat itu diwakilkan oleh pu-tranya. Beasiswa hingga tamat sekolah ini, diterima langsung oleh dua orang peserta didik kelas VII SMP Budi Utama Kerobokan.

Atas beasiswa yang diberikan, Kepala SMP Budi Utama, Drs. I Gede Mahardika, S.Pd mengung-

SMP Budi Utama Gelar Berbagai LombaMemperingati Hari Sumpah Pemuda

BERSAMA- Kepala SMP Budi Utama, Drs. I Gede Mahardika, S.Pd. foto bersama siswa saat memperingati hari sumpah pemuda (28/10) lalu.BERSAMA K l SMP B di Ut D I G d M h dik S Pd f t

kapkan rasa terima kasih yang dalam dan sangat mengapresiasi hal tersebut. “Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada Bapak I Putu Gede Haris Sandika, S.E., M.M, yang telah peduli dengan pen-didikan khususnya kepada siswa kurang mampu. Ini sungguh meru-pakan panutan bagi masyarakat atau pun publik,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Gede Ma-hardika juga mengucapkan terima kasih kepada dewan guru dan staf pegawai SMP Budi Utama yang te-lah bekerja keras untuk kemajuan sekolah. Dan melalui kegiatan ini ia berharap agar siswanya mampu berkompetisi secara sportif serta mampu memahami makna dari hari Sumpah Pemuda. “Melalui pe-rayaan ini diharapkan pula peserta didik mampu menumbuhkembang-kan semangat kebangsaan demi tegaknya NKRI,” tegasnya. (*/rii)

LOMBA band dan unjuk ke-mampuan para pemenang lomba, membuat semarak panggung bulan bahasa dan sastra Indone-siang di SMAN 3 Denpasar. Ge-nerasi emas bangun kebanggaan berbahasa Indonesia, tema yang diusung SMAN 3 Denpasar, pada peringatan bulan bahasa dan sas-tra Indonesia 2014. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, melombakan berbagai aktivitas kebahasaan. Lomba cipta puisi, cerpen, melukis dan cipta karya kreatif musik barang bekas di lak-sanakan Senin (27/10) lalu. Selain itu juga dilombakan aktivitas keba-hasaan yang dikemas dalam ben-tuk seni. Seperti lomba musikalisa-si puisi yang mendapat sambutan antusias siswa. Kepala SMAN 3 Denpasar Drs. Ketut Suyastra, M.Pd didampingi Wakasek Bidang Pengembangan SDM dan Humas I Gede Putu Subratha, S.Pd., M.Pd. H menegaskan, peringatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia merupakan kegiatan rutin tahunan yang dinanti-nanti siswa. Penye-lenggaraan kegiatan yang terkon-sep dan terjadwal dengan baik itu, diharapkan tidak banyak me-nyita waktu belajar efektif siswa. Di samping itu kegiatan lomba materinya tidak jauh dari substansi sumpah pemuda, yang harus tetap digaungkan di hati sanubari pemu-da Indonesia.

SUKA mamembuat I

Semarak Panggung Bulan Bahasa Semarak Panggung Bulan Bahasa SMAN 3 DenpasarSMAN 3 Denpasar

“Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia ini sudah ter-jadwal dengan baik dan menjadi kegiatan rutin tahunan di SMAN 3 Denpasar. Peristiwa kebangsaan yang sangat penting dalam per-jalanan sejarah bangsa ini,” ujar Kasek Ketut Suyastra.

Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 3 Den-pasar dikomandani MGMP Ba-hasa Indonesia sebagai panitia inti, bersama dengan OSIS dan panitia dari siswa, untuk bersama-sama menyukseskan penyeleng-garaan bulan bahasa dan sastra Indonesia. Materi kebahasaan yang dilombakan, sekaligus se-bagai ajang pencarian siswa ber-bakat, yang selanjutnya dibina dan dipersiapkan untuk mewak-ili SMAN 3 Denpasar. Suyastra mencontohkan lomba cipta puisi, cerpen, melukis maupun musik barang bekas yang dijaring lewat kegiatan lomba bulan bahasa dan sastra Indonesia. Sukses menjar-ing siswa berbakat dibidang terse-but dan berhasil memenangkan lomba yang sama di tingkat kota Denpasar maupun Provinsi Bali. Bahkan tak sedikit siswa yang berhasil menjadi juara di tingkat nasional. Kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia dinilai Ketut Suyastra salah satu aktivitas kebahasaan, untuk menaikkan gengsi bahasa Indonesia di ka-

langan pelajar. Selain itu kegiatan bulan bahasa dan sastra Indonesia secara idealis untuk menumbuhkan kebanggaan generasi muda Indo-nesia akan peran bahasa Indone-sia sebagai bahasa persatuan dan identitas bangsa.

“Kami tak mau anak didik kami di SMAN 3 Denpasar, kehilangan kebanggaan menggunakan baha-sa Indonesia, di tengah gempuran bahasa asing maupun bahasa-bahasa lain yang merambah ke-hidupan anak muda saat ini. Seba-liknya tetap bangga menggunakan bahasa Indonesia,” katanya.

Wakasek bidang pengembang-an SDM dan Humas I Putu Gede Subratha, S.Pd, M.Pd.H menam-bahkan, selain untuk menjaring siswa berbakat di bidang keba-hasaan, kegiatan bulan bahasa dan sastra di Indonesia di SMAN 3 Denpasar, juga memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berekspresi di bidang seni. Tak hanya seni modern, juga seni kontemporer. Panggung kegiatan bulan bahasa dan sastra Indone-sia, menjadi tempat untuk unjuk kemampuan siswa di bidang seni tersebut. Seperti peringatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia sebelumnya, tahun ini panggung juga dimeriahkan lomba band. Grup band yang ikut lomba ang-gotanya besutan siswa satu kelas maupun antarkelas itu, diberi ke-sempatan untuk unjuk kemam-puan. Para pemenang lomba ak-tivitas kebahasaan pun mendapat kehormatan tampil. Salah satunya pemenang lomba lomba cipta musik barang bekas dan lomba musikalisasi puisi. Panggung bu-lan bahasa dan sastra Indonesia menjadi semakin semarak, de-ngan penampilan sejumlah ekskul, diantaranya Voice of Generation (VOC). Sunari Kencana, bangken Dongkang Art Comunnity, Poca-hontas Dance dan Teater Tiga Trisma, yang telah sukses mendu-lang sederet prestasi.

“Puncak kegiatan bulan ba-hasa dan sastra Indonesia, salah satu kegiatan untuk menanamkan karakter siswa, bangga bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia,” imbuh Putu Gede Subratha. (ast)

SEMARAK – Salah satau aksi grup band yang tampil pada kegiatan bu-lan bahasa dan sastra Indonesia di SMAN 3 Denpasar Selasa (28/10) lalu.

di Bali Kebanyakan mereka be-

15

Cara Mengirim NaskahJika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 4 - 17 November 2014

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Bisa juga aktivitas yang unik dan menarik. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, ang-gota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : Pujawan (Bangli), Adnyana Ole (Buleleng), Bali Putra Ariawan (Klungkung), IB Suryawan (Jembrana), A.A. Darmada (Gianyar), Budana (Karangasem), Ketut Budiantari. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto, Astra Prayoga. Wartawan Se-

kolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Denpasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pem-impin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

VOCABULARY

No English Indonesia

Selasa, 4 - 17 November 2014

UNTUK para pengguna BBM mungkin sudah mengenal dan merasakan BBM group, di mana dalam satu group kita dapat mem-buat beberapa tema bahasan yang kemudian dikomentari oleh ang-gota group. Juga beberapa ap-likasi chatting lainnya yang memi-liki kemampuan membuat group untuk komunitas atau group yang memiliki kesamaan seperti group keluarga, group kerja, group hobi dan group lainnya. Memungkinkan dalam satu group dapat saling me-nyapa, bercerita, meluangkan ide ataupun berkomentar. BBM chan-nels menurut saya hampir mirip dengan BBM group namun memili-ki beberapa kelebihan dan fasilitas khusus. BBM channels ini hampir mirip dengan micro blog, di mana pemilik channels dapat mem-pub-lish suatu topik bahasan ataupun cerita yang bisa dipadukan dengan gambar. Setelah itu para member

dapat berdiskusi ataupun dapat berkomentar di kolom komentar. Jadi bisa dibilang BBM chan-nels ini gabungan dari BBM group dan micro blog. Black-Berry meninjau BBM Channels berdasarkan berbagai subjek secara terus-menerus dan da-pat mengidentifikasi sebagian saluran sebagai terverifikasi, tetapi kamu tidak dapat me-minta verifikasi ini secara spesi-fik. Ikon (centang) menandakan saluran dengan konten otoritatif

dari orang, merek, atau layanan sebagai saluran terverifikasi.

Nah, Berikut ini adalah cara-cara membuat channel.1. Pastikan kamu menggunakan

BBM versi terbaru, selain kamu bisa melakukan BBM Channel, BBM versi 8 ke atas sangat ri-ngan digunakan.

2. Masuk ke aplikasi BBM, lalu tap ke kanan atau sentuh pojok kiribawah akan muncul tampilan BBM Channel perusahaan pe-rusahaan besar.

3. Lalu sekarang tap ke kiri atau sentuh pojok kanan bawah, pilih create channel (tap ke kiri atau ke kanan bisa saja sebailknya tergantung model smartphone).

4. Sekarang kamu tinggal mem-buat channel kamu. Masukkan identitas channel/saluran, foto, deskripsi, dll.

5. Terakhir kamu akan disuruh

memasukan kontak. Kontak ini tidak akan visible ke audience, melainkan hanya akan digu-nakan oleh blackberry untuk mengontak kamu jika saluran bermasalah.

6. Pada setelan saluran, ubah salah satu dari bidang berikut: Pesan status untuk memper-barui status saluran; Gambar profil, di mana foto saluran seringkali memberi kesan per-tama yang didapat orang dari saluran kamu; Nama saluran yakni nama yang ditampilkan di posting dan komentar kamu; Deskripsi saluran adalah teks yang orang lihat ketika ber-gabung dengan saluran kamu.Setelah mengerti cara membuat

BBM Channel, lalu bagaimana cara menggunakanya? Mudah saja, set profil picture, set deskripsi, dan set status seperti twitter dan facebook. Nggak ribet, malah lebih ringan. Kamu juga bisa berkomentar dan memberi like. Mungkin yang teman-teman bingung adalah bagaimana melakukan reshare. Sebenarnya cara share status di BBM channel mudah banget. Tap saja status/post yang kamu mau share. Tap-nya ditahan selama beberapa de-tik, lalu akan muncul pilihan repost atau copy. Silahkan pilih repost un-tuk share ke channel kamu.

Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

BANYAK pengguna Android yang terkadang lalai atau bahkan terkena musibah yaitu kehilang-an smartphone kesayangannya. Walaupun smartphone kini bukan lagi barang yang mewah, tetapi itu tidak menutup kemungkinan gadget kamu aman. Tidak ada salahnya kamu berusaha untuk menambah keamanan androidmu. Sekarang banyak software security yang juga memiliki fitur “Anti Theft” yang da-pat kamu manfaatkan.

Nah, apabila kamu ternyata mengalami situasi kehilangan smartphonemu, berusahalah untuk tidak panik dulu. Ada berbagai cara untuk menemukan smartphone androidmu yang hilang, walaupun belum tentu berhasil. Namun tidak

Melacak Smartphone yang Hilangada salahnya jika kamu mencobanya. Smart-phone kamu harus dalam keadaan hidup, memiliki sinyal yang cukup, dan koneksi ke internet untuk dapat dilacak.

1. Akseslah akun Google yang terhubung dengan android kamu yang hilang.

2. Masuk ke Google Play Store, Download dan install aplikasi Lookout Mobile Security yang otomatis juga terinstall pada smartphonemu yang hilang terse-but.

3. Buka Gmail kamu, lalu tung-gu pihak Lookout mengirimkan posisi terbaru smartphonemu yang hilang melalui email. Email yang dikirimkan pihak Lookout berben-tuk Google Maps sehingga kamu dapat dengan mudah melacaknya dengan fitur “Get Direction”.

Ada banyak aplikasi yang juga memiliki fitur untuk melacak ponsel kamu yang hilang juga. Contohnya Advanced Mobile Care Security dari IOBIT. Aplikasi AMC-Security juga memiliki fitur lock phone. Kamu dapat mengecek Android

kamu dari jarak jauh jika sudah ter-insall software ini. Kamu juga dapat menyalakan alarm dari jarak jauh, sehingga ponselmu akan berbunyi cukup keras jika kamu mengaktif-kannya, dan untuk mematikannya maka harus memasukkan pass-word atau pin yang sudah sudah kamu setting pada saat mengaktif-kan fitur anti-theft.

Google juga sebenarnya sudah menyediakan fitur Anti Maling, na-mun terkadang fitur yang ditawar-kan oleh para pembuat software lebih menarik dan memudahkan-mu. Melalui fitur Device Manager yang juga dapat difungsikan untuk mengetahui keberadaan gadget, atau bahkan sahabatmu. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu untuk login ke akun Google yang sama pada gad-get kamu yang ingin dilacak. Se-telah itu login menggunakan akun Google tersebut pada Device Ma-nager Web. Selanjutnya kamu da-pat melihat lokasi dan tempat akun yang kamu gunakan di smartphone androidmu.

James KawilarangSisma

SECARA default, kita bisa me-lihat dan menambahkan widget ke layar home perangkat. Dengan menggunakan widget, kita da-pat dengan mudah melihat segala macam informasi yang bergunakan serta melakukan beberapa tindak-an cepat tanpa harus membuka aplikasi yang sebenarnya dari laci aplikasi. Berikut cara mengakses widget apapun dari layar atau apli-kasi di android.• Pada tablet Android atau smart-

phone, cari Play Store kemudian download dan install aplikasi gra-tis “flippr”.

• Setelah terinstal, jalankan aplika-si dari laci aplikasi.

• Pada layar utama aplikasi, sen-tuh ikon “Play” ikon untuk memu-lai aplikasi.

• Setelah itu, tekan plus ikon (+) untuk menambahkan grup baru untuk widget. Masukkan nama grup kemudian tekan “ok”.

• Kelompok widget baru kemu-dian akan ditampilkan pada layar home. Cukup tekan ikon roda gigi (pengaturan ikon) untuk menam-

Mengakses Widget dari Layar Androidbahkan widget ke grup. Jika kita ingin mengedit ukuran baris atau kolom ukuran widget, tekan tom-bol “Configure”.Sekarang, jika kamu ingin me-

nambahkan kelompok widget kedua, kamu bebas untuk melaku-kannya. Hanya perlu diingat bah-wa versi gratis dari aplikasi hanya akan memungkinkan kamu untuk membuat maksimal dua kelompok. Kamu hanya dapat menambahkan hingga tiga widget per kelompok. Setelah kamu selesai menambah-kan widgetmu, silahkan browsing atau membuka aplikasi lain. Kamu juga dapat menulis catatan atau menonton video.

Jika kamu ingin mengakses wid-get tertentu, kamu dapat melaku-kannya tanpa meninggalkan apli-kasi kamu saat ini. Hanya tekan ikon flippr yang muncul di sisi kiri layarmu. Untuk beralih widget milik satu kelompok, cukup sentuh ikon kemudian gerakkan jarimu secara horizontal. Di sisi lain, kamu dapat beralih dari satu kelompok widget yang lain dengan menyentuh ikon

bergerak flippr dalam gerakan ver-tikal. Untuk menutup semua widget aktif, cukup tekan pada setiap area kosong layar kamu saat ini. Untuk menonaktifkan sementara atau menonaktifkan flipper, kamu hanya perlu tekan ikon stop bukan ikon play. Jadi itu saja.

AtmajaSpelden

TENGAH hari sebelum berang-kat ke sawah, seorang tetangga sempat bercerita: “Kalau boleh memilih, malas untuk bertani. Saat panen tak ada yang mau membeli hasil pertanian. Seka-lipun dibeli pasti ditawar dengan harga yang sangat murah,” keluh wanita tua, Ni Made Senti yang selalu menghabiskan waktunya untuk bertani. Mau tidak mau Senti menerima tawaran pembeli. “Terpaksa saya berikan, biar ada untuk beli pupuk,” ungkapnya sembari menghisap rokok yang ada di tangannya.

Betapa merana petani kita kini. Pupuk dan alat-alat pertanian mahal. Pemasaran sulit dalam ar-tian di kala panen banyak sekali hasil pertanian dan dibeli de-ngan harga yang murah. Seperti yang dijumpai di sekitar wilayah Baturiti, Tabanan. Saat musim panen tomat, tomat merajalela di sawah-sawah pinggir jalan milik warga. Karena banyaknya tomat, otomatis harganya murah. Terka-dang petani bingung sendiri, ka-lau dijual harganya murah sekali. Harga perkilo hanya seribu lima ratus rupiah. Padahal sudah ca-pek memetiknya. Adapun kalau dibiarkan malah busuk. Maka se-suai yang dijumpai di Desa Apuan, Baturiti Tabanan ini tomat segar dibiarkan membusuk menggan-tung pada pohonnya tak terurus. Kalau sudah begini siapa yang patut disalahkan? Petani tak da-pat berbuat apa-apa. Nasib petani di negeri ini sangat memilukan. Sering kali mereka bekerja keras menyediakan pangan bagi selu-ruh rakyat Indonesia, tetapi tidak ditunjang dengan kesejahteraan yang baik.

Masalah pangan dan pertanian kelihatannya belum bisa sepenuh-nya diatasi oleh negeri ini. Apalagi jika melirik kem-bali bagaimana menurunnya mi-nat para pelajar untuk menimba ilmu di bidang pertanian. Lan-tas mau dibawa ke mana na-sib bangsa ini kelak? Padahal negeri ini memi-liki penduduk yang sangat ba-nyak, lebih dari 200 juta jiwa dan

Subsidi Pertanian, Selamatkan PetaniOleh Ni Komang Ayu Wahyuni

SMAN 6 Denpasar

semuanya butuh makan setiap hari. Lalu, jika terus menerus me-ngandalkan beras Vietnam, garam India, atau daging Australia, sam-pai kapan negeri ini memperoleh kedaulatan pangannya? Berapa triliun pemborosan yang seharus-nya bisa dicegah jika bidang per-tanian, kelautan, dan peternakan dikembangkan?

Cerita Senti merupakan wujud nyata segelintir warga miskin yang bersuara atas nasib tani mereka. Mereka membutuhkan keadilan dan kebijakan pemerintah. Apa- kah pemerintah berdaya menga-tasi kesenjangan ini? Tentu. Porsi terbesar belanja pemerintah pusat dalam APBN 2014 untuk subsidi energi senilai Rp 282 triliun atau 22,5 persen. Bahkan dalam ran-cangan APBN Perubahan 2014, nilainya diproyeksikan membeng-kak jadi Rp 382 triliun atau 31 persen dari total belanja pusat.

Dari porsi APBN ini, pemerintah harus memikirkan subsidi BBM yang dialihkan pada subsidi perta-nian untuk masyarakat miskin. Lagi pula anggaran subsidi BBM lebih banyak dinikmati warga berpeng-hasilan menengah atas. Caranya, uang subsidi yang tadinya ke BBM supaya dialihkan untuk membeli hasil pertanian oleh pemerintah dengan harga yang sesuai dengan pasaran atau lebih tinggi sedikit dari harga pasaran. Kemudian hasil pertanian yang dibeli peme-rintah dijual ke masyarakat dengan harga sesuai pasaran. Bila perlu lebih murah untuk masyarakat. Di sinilah pentingnya peran peme-rintah, sekaligus PR bagi calon presiden Indonesia yang baru.

Biarkan harga BBM sesuai harga pasar dunia. Karena yang menggunakan BBM kebanyakan masyarakat yang sudah mampu dan mapan secara ekonomi.

Nama : I Ketut Yusa DanaPanggilan : YusaSekolah : SMAN 1 RendangKelas : XII PSIA 3TTL : Besakih, 8 April 1995Zodiak : AriesHobi : Climb mountain and

fishing.Cita-cita : Pengusaha suksesFacebook : Yusa Dana FervourKomentator : Raihlah impian kalian

ke depannya!

Nama : Fajar Permana PutraPanggilan : AjayTTL : 29 Mei 1997Agama : IslamSekolah : SMK PGRI 4 Denpasar (jaya)Jurusan : Tata Boga Hobi : Basket, renang dan iseng.Cita-cita : Ingin membahagiakan keluarga.Twitter : @FajarPermanaPFacebook : Fajar pernana putaIg : ajay___29Pin BB : 7d5c82cdPesan : Pintar-pintarlah mengatur waktu.Komentar : Salam buat OSIS Fourgriska. Semangat terus ya,

jangan putus asa. Jadikan sekolah kita semakin jaya untuk kedepannya dan buat OSIS di seluruh Denpasar harus tetap kuat (stay strong).

Nama : Dedik AryawanPangilan : DedikTLL : 23 April 1998Sekolah : SMKN 3 Denpasar (Ak

perhotelan)Ig : Dedik AryawanHobi : BanyakCita-Cita : Punya PertaminaPesan : Salam buat teman-te-

man UNKO Saiko.Nama : Bayu JPPanggilan : YulayTTL : Bangli, 24 Oktober 1997Sekolah : SMAN 7 Denpasar, Kelas XII IPA 3.Ig : bayujayapPath : bayu jayaTwitter : @bayujayaHobi : Lari pagiCita-cita : Gitaris a7xMotto : Yes is descision no is descision.Lagu favorit : Alive (remix bayu a7x).

Nama : I Made Edo Satrya YunantaPanggilan : EdoSekolah : SMAN 2 DenpasarPin : 7c9c48baInstagram : EdosatryayunantaHobi : OlahragaPesan : Salam buat anak-anak XII IPS 3.

1 Accomplish Menyelesaikan2 Accomplishment Prestasi3 Banister Sandaran tangga4 Banjo Banjo5 Canard Desas-desus6 Canary Burung kenari7 Debris Runtuhan8 Debt Hutang9 Effete Tak berguna lagi10 Efficacious Mujarab11 Farmstead Tanah beserta rumah-rumah

pertanian12 Farmworker Buruh tani13 Gauntlet Sarung tangan14 Gauze Kabut tipis15 Harangue Pidato16 Harass Mengusik17 Immensity Keluasan18 Immerse Membenamkan19 Joyful Bergembira20 Joyless Tidak bergembira21 Knob Tombol22 Knobby Yang menonjol23 Lateral Bunyi lateral24 Latex Getah25 Mammon Dewa kekayaan26 Mammoth Besar-besaran27 Neither Tak ada28 Nemesis Pembalasan keadilan29 Odor Bau busuk30 Odyssey Pengembaraan31 Pacifist Orang yang suka damai32 Pacify Menenangkan33 Quadruped Binatang berkaki empat34 Quadruple Lipat empat35 Rabies Penyakit anjing gila

16Selasa, 4 - 17 November 2014

2138 TH, XVIII, 4 - 17 November 2014, Eceran Rp. 2.000

Medali Emas

Nama SMP Saraswat i 1 Denpasar sudah dikenal sejak lama sebagai sekolah swasta berkualitas. Ini semua berkat prestasi siswanya baik di MB, Pramuka dan karya tulis ilmiah. Yang terakhir ini prestasi siswa SMP Saraswati 1 Denpasar sudah go nasional. Bahkan siswanya sudah tiga kali menyumbang medali emas di Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) tingkat nasional. Belum lama ini siswa SLUB Saraswati yang menjadi duta Bali meraih medali emas di katagori IPS dan medali perunggu di IPA.

Dari enam tim Bali di LPIR, dua dari SLUB Saraswati keduanya meraih emas dan perunggu. Tahun lalu meraih emas di Teknik dan perunggu di IPA. Dua tahun lalu satu emas di IPA.

Kali ini medali emas diraih oleh Putu Dyah Intan Prathiwi dan Ayu Nanda Krisna Naraiswari. Intan adalah siswa IX-B, anak pertama pasangan Drs. I Wayan Sugiantara dan I Gst Ayu Putu Oka Parwati, asal Br. Kelandis. Sedangkan Nanda adalah siswa IX-B, anak kedua pasangan Nyoman Gede Suatama dan Ayu Setiawati Kencana Putri asal Br. Pagan Kaja. Keduanya memaparkan penelitian “Transgender dalam seni pertunjukkan Arja Bali”.

Sedangkan Rr. Fitria Intan Melleniari dan Ni Ketut Ayu Juni Puspasari mewakili Bali di bidang IPA dengan judul penel i t ian “Karakter morfologi daun tipe s tomata beberapa tanaman peneduh jalan di Kota Denpasar”. Rr. Fitria Intan Melleniari (IX-B) anak kedua pasangan R. IndronotoS.H., dan Decy Liliana Lobo, asal Solo. Ni Ketut Ayu Juni Puspasari (IX-B), anak keempat pasangan Ni Ketut Murniati dan I Putu Sanakarya asal Gerenceng.

Di ajang itu mereka diuji oleh para profesor. Semua pertanyaan dijawab lancar lewat sidang tertutup. Dyah Intan menegaskan bahwa transgender di arja bukan diartikan negatif namun murni kreatifitas.

Sementara itu Fitria Intan dan Juni Puspasari sudah tampil maksimal, hanya saja lupa membawa sampel daun penelitiannya. Mereka kalah nilai sedikit dari peraih emas.

Di LPIR ke-9 tingkat nasional mereka bersaing dengan 1.400 siswa. Namun Dyah Intan yang memang sebelumnya mentargetkan meraih emas di ajang tersebut akhirnya tercapai.

Atas keberhasilan tersebut, Kepala SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Dra. A.A.A. Adnyani, M.M., bersama para siswa dan guru pembina, Jumat (17/10) lalu melaporkan prestasi itu kepada pengurus Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar. Mereka diterima Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S., Pengawas Drs. Putu

Gede Dirgha dan Sekretaris Drs. Dewa Sukanada dan Bendahara dr. Susila.

Adnyani yang akrab dipanggil Bu Gung ini yang mendampingi siswanya selama empat hari di Tanggerang, 8-14 Oktober lalu mengaku bangga, terharu hingga menangis karena anak SMP mampu presentasi di depan dewan juri yang profesor. “Justru yang lebih takut adalah kaseknya,” ujar Adnyani.

Dia berharap prestasi ini terus dipertahankan untuk menjunjung tinggi nama SLUB Saraswati Denpasar, nama Denpasar, dan Bali. Dia berharap jejak ini diikuti oleh semua siswa dan guru, mulai menulis dari yang sederhana hingga mampu meneliti.

Selama mengikut i LPIR, keempat siswa ini didampingi Kasek Adnyani dan dua guru pembina yakni Pande Putu Sekar Ariwidiantari, S.SI., dan IB Gede Adnyana, S.Pd.

Pjs . Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji, M.S., bersama Putu Gede Dirgha, dr. Susila dan Dewa Sukanada memberi apresiasi positif atas prestasi kerja keras siswa, kasek dan gurunya hingga mampu meraih medali di ke LPIR tingkat nasional. Prestasi ini dia sebut luar biasa karena satu-satunya duta Bali yang meraih medali emas di ajang bergengsi itu.

Saat itu Bagus Ketut Lodji langsung menyerahkan insentif

Siswa SLUB Saraswati

Raih Emas Tingkat Nasional

Medali EmasBaca Hal. 15

SMP (SUB) Saraswati 1 Denpasar kini memiliki julukan baru sebagai gudangnya peneliti muda. Wajar Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra memberi pujian atas prestasi siswa SLUB Saraswati.

Cara Lacak HP Hilang

Deklarasi Pemuda Peduli Sampah Plastik

Profil SMAN 4 Denpasar

Trik Menghafal Pelajaran

Menikmati Kesendirian

WALI Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra pasti tersenyum ketika membaca berita ini. SMAN 7 Denpasar memenuhi harapannya menjadi sekolah terbaik juara I lomba Wawasan Wiyata Mandala (WWM) se-Bali 2014.

Piala dan hadiah bagi pemenang diserahkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Lapangan Niti Mandala Renon, Selasa (28/10) lalu.

Saat penilaian Lomba Wawasan Wiyata Mandala, Wal i Kota Denpasar IB Rai Dhramawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kadisdikpora IGN Eddy Mulya mengakui duta Kota Denpasar banyak memiliki keunggulan. Selain unggul secara akademis berupa sekolah SKM PBKL PSB tingkat nasional sejak 2009 juga unggul dalam budaya dan olahraga. Atas dasar itu sekolah ini layak mendapat predikat sekolah terbaik, bermutu dan menyiapkan generasi pemilik masa depan.

Kepala SMAN 7 Denpasar, Drs. Ida Bagus Suyasaputra, M.Si., tampak tersenyum manis usia menerima piala juara I lomba WWM di moment bersejarah bagi pemuda

Juara I Lomba Wawasan Wiyata Mandala Se-Bali 2014

SMAN 7 Denpasar Penuhi Harapan Wali Kota

PIALA– Kasek Ida Bagus Suyasaputra saat menerima piala juara I lomba WWM se-Bali dari Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.

Indonesia tersebut. Sekaligus menjadikan kado bagi Pemkot Denpasar di akhir bulan Oktober ini.

Dia mengungkapkan rasa syukurnya karena SMAN 7 Denpasar mampu memberi yang terbaik dan siap di lombakan secara nasional. Prestasi ini tegas Suyasaputra juga mendukung visi sekolah unggul dalam akademis, peduli lingkungan, pelayanan prima dan berwawasan meta kecerdasan. Dengan demikian SMAN 7 Denpasar makin berumur makin kuat dan makin berkembang.

SMAN 7 Denpasar yang dipersiapkan menjadi sekolah Adi Wiyata dan go internasional ini, menurut Suyasaputra didampingi Wakasek Ku r i ku lum Drs . I Ketut Muditha, M.Pd.; Wakasek Kesiswaan Nyoman Sedana, S.Pd., M.Pd.; Wakasek Sarana Prasarana; Drs. Made Siarta, M.Pd., dan Wakasek Humas Dra. CIM Kusuma W., mampu memenuhi tiga aspek yakni penataan l ingkungan, pengelolaan administrasi sekolah dan kualitas PBM-nya. Kasek yang low profile ini mengaku semua prestasi ini berkat kerja keras dan kebersamaan tim, baik dari siswa, guru dan karyawan. (sue)

BONUS- Bagus Ketut Lodji, Putu Gede Dirgha dan Dewa Sukanada, kasek dan guru pembina menyerahkan bonus kepada siswa SLUB Saraswati yang meraih emas dan perunggu di LPIR nasional.

KOTA Denpasar d ibawah Kepemimpinan Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat pas mendapat predikat kota pusaka dunia alias internasional. Kota pusaka dunia ini didukung warga Denpasar yang aktif dan kreatif dalam segala hal.

Wali Kota pun langsung blusukan ke sekolah yang kreatif lewat berbagai prestasi. Rabu (22/10) lalu Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra langsung menemui tiga siswa SMPN 3 Denpasar yang memborong juara I, II dan III lomba film dokumenter se-Kota Denpasar. Wali Kota langsung diterima Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdhana, S.Pd., M.Psi., beserta dewan guru.

Prestasi tersebut diukir oleh Desak Arumdari dengan f i lm

Wali Kota Juluki SMPN 3 Denpasar sebagai Sekolah Kreatif

berjudul “Layang-layang” sebagai juara I. Juara II diraih Amelia Winda Gusanti berjudul “Topeng Sidakarya” dan rekan sekelasnya A.A. Istri Sarining Gayatri dengan film “Subak Pusaka Kota Denpasar”.

Ketiga film ini akan dikirim ke Organitation World Heritage City (OWHC) di Paris. Sebab hingga kini baru Kota Denpasar dan Kota Surakarta yang masuk OWHC dibawah UNESCO sebagai kota pusaka dunia. Bahkan di hari yang sama Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra juga tampil sebagai pembicara di Gianyar yang memaparkan Denpasar sebagai kota pusaka internasional.

Selain berprestasi d i f i lm dokumenter, s iswa SMPN 3 Denpasar juga langganan juara LKTI berbasis lingkungan. Salah

seorang siswanya meneliti pohon kasegseg sebagai bahan obat yang diharapkan bisa lolos sebagai juara dunia.

Semua prestasi itu diapresiasi secara positif oleh Wali Kota. Bahkan di acara itu Wali Kota Denpasar langsung menambah predikat sekolah ini menjadi sekolah kreatif. “SMPN 3 Denpasar layak menyandang gelar sekolah kreatif,” ujarnya.

Dengan karya film dokumenter ini, Wali Kota menilai SMPN 3 Denpasar ikut berperan memberi penguatan pada status Denpasar sebagai kota pusaka dunia dan anggota OWHC. Bahkan dia menilai penelitian siswa SMPN 3 Denpasar di bidang lingkungan merupakan bagian dari jiwa kreatif warga sekolah.

W a l i K o t a d i d a m p i n g i Kadisdikpora IGN Eddy Mulya berharap lewat karya film dan peneliti muda, anak-anak SMPN 3 Denpasar terus unggul dalam sosial entrepreneurship serta menjadi calon sutradara hebat di masa depan.

Mendapat predikat sekolah kreatif, Kasek I Wayan Murdhana, tampak tersenyum lebar. Selain mendapat pujian atas kinerja siswa dan gurunya, ini sekaligus tantangan untuk memotivasi anak-anak tampil kreatif sepanjang hidupnya. Diperlukan motivasi intr insik (diri sendiri) guna menjadikan kreatif sebagai budaya di SMPN 3 Denpasar. (sue)

JUARA- Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadisdikpora IGN Eddy Mulya dan Kasek I Wayan Murdhana bergambar dengan juara lomba film dokumenter.

berupa uang Rp 10 Juta masing-masing Rp 7 juta untuk peraih emas dan Rp 3 juta untuk peraih perunggu sebagai bentuk perhatian yayasan terhadap prestasi siswa.

Mereka juga mendapat bebas SPP sampai tamat. Dia berharap prestasi ini menular ke siswa lainnya di event yang bergengsi. (sue)