wiyata mandala 03022015

16
2144 TH. XVIII, 3 - 16 Pebruari 2015, Eceran Rp. 2.000 Informasi Kampus UN vs Kejujuran HUT Smanela SMP Wisata Sanur Berkolaborasi Cetak Prestasi Tiga Prestasi Baca Hal. 16 SMP Wisata Sanur menunjukkan jati diri sebagai sekolah Adiwiyata unggul dalam akademis dan non-akademis. KSPAN, KIR dan renang berkolaborasi mencetak prestasi.

Upload: wiyata-mandala

Post on 07-Apr-2016

323 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Wiyata mandala 03022015

16Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

2144 TH. XVIII, 3 - 16 Pebruari 2015, Eceran Rp. 2.000

Tiga Prestasi

Informasi KampusUN vs Kejujuran

HUT Smanela

Informasi Studi Lanjut

F K I P U n i v. D w i j e n d r a Denpasar dikenal produsen guru berkualitas untuk Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Bali dan PPKn. Hingga kini FKIP Undwi sudah menamatkan sekitar 2.000 sarjana.

Dekan FKIP Undwi, Drs. I Made Sila,M.Pd., didampingi Pembantu Dekan Drs. I Made Sutika,M.Si., Dra. A.A. Mas Darwati,M.Si. dan Drs. Nyoman Gunadhi,M.Pd., mengungkapkan lulusan FKIP Undwi selain diberikan bekal pembejaran model KTSP mereka juga telah diberikan pelatihan menggunakan pola pembelajaran Kurikulum 2013. Dengan demikian mereka siap dikerjakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah masa saja termasuk di SMK. Hal ini dilakukan sesuai model pelayanan dan pendidikan berkualitas yang diterapan sivitas akademik FKIP Undwi selama ini untuk

Terapkan Kurikukum KKNI, Bekali Lulusan dengan Kurikulum 2013

FKIP Undwi

membentuk sarjana pendidikan yang cerdas, bekompeten, dan berdaya saing tinggi.

Hal ini diawali dengan penerapan Kurikulum Berbasis KNI sesuai standar nasional. Soal keberhasilan di lapangan, dia mengakui banyak faktor yang mempengaruhi. Selain ditentukan oleh penguasaan ilmu juga kemampuan soft skill seperti kemampuan berkomunikas i , lingkungan, disiplin dan etos kerja. Makanya sarjana FKIP Undwi, kata dia, selalu mengasah diri dan menyesuaikan kebutuhan pasar kerja yang selalu meningkat.

Kedua, Made Sila meminta lulusannya jangan menunggu diangkat menjadi guru PNS, karena masih banyak peluang kerja swasta dan wirausaha mandiri bagi sarjana pendidikan.

Dia mengatakan bukti dari makin berkembangnya perubahan tuntutan dunia kerja adalah kualifikasi calon guru. Kalau dulu cukup tamatan

SGO, SPG dan diploma, kini minimal S-1 atau D-4. Saat ini calon guru juga dituntut mengusasi TI dan bahasa asing. Makanya ke depan FKIP Undwi Denpasar akan menerapkan standar Evaluasi Mutu Internal (EMI).

Standar EMI itu dijelaskannnya m e l i p u t i d i s e m e s t e r I I I mahasiswanya sudah memiliki sertifikat TI, di semester V sudah lulus TOEFL minimal 400. Ini disesuikan dengan standar kinerja guru sesuai Pamen RB,16/2009 yakni penilaian kinerja guru berbasis KKNI. Standar ini menetapkan tak semua lulusan sarjana pendidikan boleh menjadi guru jika tak mampu berada di level 7.

Level ini diperoleh jika sudah bersertifikasi, dan memiliki kinerja baik dan mampu naik pangkat dalam tiga tahun. Begiti di III C mereka mampu menghasilkan penelitian dan ketika di IV A sudah sampai di level 8 dan S-2. Sedangkan bagi

dosen minimal S-3 dan mampu mempresentasikan penelitiannya di jurnal internasional. Dengan demikian guru yang demikianlah layak dihargai dengan gaji yang layak oleh pemerintah.

Workshop Serangkaian HUT ke-61 Yayasan

Dwijendra Pusat Denpasar, FKIP Undwi dipercaya untuk memberikan penguatan kinerja bagi guru-guru di lingkungan Yayasan Dwijendra berupa workshop selama dua hari. Workshop menyasar semua

guru TK-SD, SMP, SMA/SMK di bawah Yayasan Dwijendra Pusat.

Dia ingin merubah mainset guru dari konvensisonal ke pembelajaran berbasiskan IT dan karak te r. Dengan demikian tercipta PBM yang inovatif dan menyenangkan untuk menyongsong berlakunya Kurikulum 2013 serentak di Bali. Muaranya untuk menghasilkan g u r u y a n g p r o f e s i o n a l , bermartabat dan sejahtera. (adv)

YUDISIUM - Dekan FKIP Undwi Drs. I Made Sila,M.Pd. bersama wakil dekan saat acara yudisium sarjana.

SIAPA tak tahu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bali. Sekolah tinggi ini dikenal sejak lama mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas. Jika kamu lulusan SMA/SMK tahun ini sangat terbuka menjadi bidan dan perawat dengan memilih Stikes Bali.

Ketua Stikes Bali, Drs. I Ketut Widia,BN.Stud.,M.M., belum

Cetak Bidan Berkualitas dan BerkarakterStikes Bali

lama ini melepas 228 ahli madya kebidanan dan seorang ahli madya keperawatan. Tampil sebagai lulusan terbaik masing-masing Ni Luh Rina Aggreni (3,84), IA Asih Wiratni (3,76) dan Kristina Supriatin (3,66).

Ketut Widia menegaskan lulusan yang dilepas semuanya ahli madya kebidanan yang berkual i tas. Mereka bukan saja dibentuk dalam

pengembangan iptek melainkan juga dalam pendidikan karakter, sosial dan soft skill sehingga menjadi SDM yang siap pakai.

Di samping itu juga dipoles secara seimbang antara aspek afektif, kongitif, dan psikomotor sehingga menjadi SDM yang cerdas dan kompetitif. Ini yang disebut Ketut Widia sebagai lulusan yang mandiri.

Dalam pengadaan SDM dosen, Stikes Bali, kata dia, sudah memiliki doktor bidang keperawatan, 8 magister of science, seorang magister pelayanan kesehatan publik dan satu magister kebidanan. Stikes Bali, kata dia, juga sedang reakreditasi untuk meraih akreditasi B. Apalagi dengan program desa siaga mewajibkan tiap desa memiliki seorang bidan.

Ketua YP3LPK Bali, Ida Bagus Arka mengajak lulusan Stikes Bali terus mengisi diri sehingga

menjadi pilihan pertama dan utama pemakai lulusan. Setelah lulus wajib mengikuti praktik magang selama dua tahun sebelum membuka usaha mandiri.

Kedua, lulusan kebidanan saat ini dihadang oleh rekrutmen CPNS yang menyaratkan minimal B oleh BKN. Hal ini harus disikapi oleh kepala daerah di Bali karena jika syarat itu diberlakukan secara ketat tak mungkin putra-putri Bali yang mengisi pengadaan bidan di daerah. Padahal hasil konsultasi pimpinan Lembaga Pendidikan Kesehatan ke MenPAN menyebutkan syarat minimal ikut CPNS terakreditasi C.

Ketiga, bidan PTT yang dulu dianggarkan pusat kini diserahkan ke daerah ternyata tak direspon baik dengan alasan tak memiliki anggaran yang cukup. Sementara biaya untuk studi banding diloloskan. Namun dia yakin kepala daerah di

PRESTASI - Ketut Stikes Bali, Ketut Widia dan lulusan ahli madya kebidanan yang berprestasi.

SMP Wisata Sanur kembali berbangga hati terhadap prestasi yang diraih di bidang akademis maupun non akademis. Berkat dukungan Drs. Gusti Made Raka selaku Kepala SMP Wisata Sanur dan seluruh komponen sekolah yang ada mengantarkan KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS Narkoba), KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) dan renang sampai menuju tingkat nasional.

KIR SMP Wisata Sanur asuhan dari guru pembimbing I Kadek Artayasa, S.T. mampu menjadi

finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) maupun lomba essai di lintas sekolah maupun pemerintahan dan tingkat nasional. Mereka mampu meraih predikat juara di beberapa lomba karya tulis ilmiah.

SMP Wisata Sanur memiliki tim kuat dalam LKTI yakni I Gede Ngurah Andika Putra (IX H), Ade Arya Tri Buana (IX G), I Kadek Dana (IX G), Putu Arnawa (IX G), I Putu Aditya Kurniawan (VIII J) dan I Putu Leona Putra (IX A).

Di bidang non akademis SMP Wisata Sanur juga memiliki atlet renang handal yaitu Tim Aaron Roy (IX H) yang mampu berprestasi di bidangnya mulai dari tingkat kota maupun propinsi. Tim Aaron

Roy (IX H) mewakili Bali di PON 2014 dan lomba renang antar Perkumpulan Renang Seluruh Indonesia (KRAPSI) di Yogyakarta dengan mendulang medali perak.

KSPAN sebagai salah satu ekstrakurikuler yang diprakarsai oleh segenap komponen SMP Wisata Sanur yang terbentuk sejak 16 Juli 2010 silam juga menorah prestasi gemilang. Ekstrakurikuler KSPAN dari awal berdir inya beranggotakan 40 orang siswa kini berkembang menjadi 270 orang siswa diketuai I Gede Bayu Andika (VIII F). Semua aktivitas KSPAN berkat polesan dan binaan dari Ida Ayu Krisna Ari, S.Pd., dan Ida Bagus Putra.

Sangat banyak prestasi KSPAN SMP Wisata Sanur yang diraih sampai saat ini. Mulai dari lomba lintas sekolah, lomba lintas instansi sampai menuju ke tingkat provinsi. Dari awal berdiri KSPAN SMP wisata Sanur sudah mengepakkan sayap sebagai Juara III Musikalisasi Puisi Jambore KSPAN 2012, juara III Tutor Sebaya HUT SMAN 5 Denpasar , juara III poster KSPAN 2013. Juga juara I Mars KSPAN 2013, Juara I lomba KSPAN tingkat Kota Denpasar 2013 dan KSPAN SMP Wisata Sanur menjadi Juara I di tingkat Provinsi Bali. Penyerahan hadiah dilakukan saat puncak hari AIDS se-dunia di Art Centre Denpasar.

Cita-cita KSPAN SMP Wisata Sanur ke depan tidak hanya mencari juara semata, melainkan dapat menekan kenakalan remaja dan HIV-AIDS sejak dini. Dengan cita-cita yang mulia inilah akhirnya prestasi KSPAN ini menghantarkan Agus Erik Wistika Putra (VII B) dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat menjadi tutor dengan tema “Cegah dan Lindungi Diri Kita, Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dari HIV-AIDS” dalam mengisi acara Gebyar Hari AIDS Sedunia di Ancol Beach City-Jakarta pada tanggal 17 Desember 2014. (ist)

Bali yang semua warga Bali akan membantu program percepatan bidan masuk desa.

Di sisi lain Ketut St ikes Bal i , Ketut Widia meminta lulusanya terus belajar dan mengejar ilmu jika kita tak mau disebut pengangguran. Sebab keunggulan lulusan Stikes Bali diuji langsung di masyarakat.

Untuk menjaga kualitas dia juga sedang mengembangkan kurikulum berbasis KKNI agar mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkualitas dan berdaya saing dan unggul.

Penerimaan mahasiswa baru Stikes Bali 2015/2016 tetap dibuka lewat dua jalur yakni jalur PMDK yang dibuka mulai 5 Januari-18 April 2015. Jalur reguler dan konversi dibuka mulai 23 April- 23 Juli. Tahun ini Stikes Bali akan menerima 600 mahasiswa baru. (adv)

SMP Wisata Sanur

Berkolaborasi Cetak Prestasi

Tiga PrestasiBaca Hal. 16

SMP Wisata Sanur menunjukkan jati diri sebagai sekolah Adiwiyata unggul dalam

akademis dan non-akademis. KSPAN, KIR dan renang berkolaborasi mencetak prestasi.

Page 2: Wiyata mandala 03022015

15

Cara Mengirim Naskah

Jika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 3 - 16 Pebruari 2015

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Bisa juga aktivitas yang unik dan menarik. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : IA Suwasrina (Bangli), Dewa Kusuma (Buleleng), Bagiarta (Klungkung), IB Surya Darma (Jembrana), A.A. Darmada (Gi-wwanyar), Budana (Karangasem), Desak Gede Yulia Kusumaningsih. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto,

Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Den-pasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

VOCABULARYNo English Indonesia

Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

HALO Sob, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan men-share suatu tips supaya grafis game yang kamu mainkan di device akan meningkat drastis dengan beragam efek-efek tambahan.

Jika kamu pernah memakai chain fire 3D pasti enggak akan ‘kagok’ memakai aplikasi ini ang-gap saja seperti peningkatan kuali-tas dari chain fire 3D sendiri, oke langsung saja pertama kita siap-kan dulu bahan-bahannya yaitu nyali serta mental yang kuat, serta mematuhi rumus Android yaitu Do With Your Own Risk (DWYOR). Jangan lupa untuk mem-backup aplikasi dan data Android kamu sebelum melakukan ini. Ingat!, Android kamu wajib untuk di-root. Setelah menyelesaikan bagian bahan yang merupakan syarat pri-mernya, sekarang kita akan beralih ke syarat sekunder yaitu cara atau stepnya yaitu :

1. Download GL TOOLS mela-lui play store atau bisa juga men-downloadnya melalui forum XDA developer. Setelah selesai men-download lakukanlah penginstalan terhadap aplikasi tersebut.

2. Setelah selesai melakukan penginstalan, buka aplikasi dan

Cara Memakai GL Tools

centang semuanya ‘like a crazy man’, setelah itu buka pengaturan GPU setting dan buka pengaturan fake GPU, pilih GPU apa yang kamu suka. Ingat!, GPU yang dipi-lih harus sesuai dengan syarat yang dibutuhkan game-nya sendiri.

3. Nah sekarang cara tersulitnya yaitu bagaimana cara agar game tersebut mampu meng “apply” set-tingan fake GPU kamu, pertama buka aplikasi GL Tools, setelah itu buka pengaturan game option dan

DEWASA ini pengguna pon-sel Android di seluruh dunia terus meningkat. Ponsel Android memi-liki banyak varian harga mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Namun saat ini banyak orang yang tidak begitu paham ten-tang ponsel Android sehingga se-cara tidak sadar cara penggunanya

Meringankan Beban Ponsel Androiddapat membe-ratkan ponsel Android. Bagi ponsel kelas atas mungkin hal tersebut tidak masalah, tapi bagi pon-sel Android kelas bawah, hal tersebut tentu sangat mengganggu p e n g g u n a . Berhubungan

dengan hal tersebut, kali ini saya akan membahas cara meringan-kan ponsel Android.Kurangi instal aplikasi

Meskipun ponsel Android dapat mendukung jutaan aplikasi, tetapi kita harus tetap bijak dalam meng-instal aplikasi. Dengan semakin banyak aplikasi yang diinstal maka

secara tidak sadar ponsel kita akan lebih terbebani karena setiap apli-kasi akan memakan jatah RAM, dan memori ponsel.Kurangi multitasking

Sama seperti smartphone lain-nya, smartphone Android juga da-pat melakukan multitasking. Tetapi mulai saat ini hal tersebut harus diminimalisir karena saat ponsel melakukan multitasking maka pon-selmu akan bekerja sangat keras untuk menjalankan beberapa apli-kasi sekaligus. Hal tersebut tentu akan membebani prosessor dan RAM ponsel kita.Jangan Gunakan Animasi

Live Wallpaper dan animasi da-pat membuat tampilan ponsel kita semakin cantik tetapi hal tersebut juga dapat memberatkan kinerja ponsel kita. Karena saat kamu menggunakan Live Wallpaper se-bagai background prosessor, RAM ponselmu akan bekerja keras un-tuk menjalankan Live Wallpaper. Hal tersebut tentu saja akan mem-buat ponselmu menjadi lemot dan boros baterai.Nonaktifkan Background Data

Hal ini sangat membantu karena saat ponselmu mengaktifkan fitur tersebut, dapat dikatakan ponsel kita tidak pernah tidur karena back-ground data membuat ponsel kita selalu terhubung dengan beberapa aplikasi seperti play store meskipun dalam keadaan stand by.Kurangi Aplikasi Cukup banyak aplikasi yang ber-jalan pada background. Hal tersebut dapat membuat ponsel kita lemot karena hal tersebut sama saja de-ngan melakukan multitasking pada poin nomor 2. Beberapa aplikasi yangberjalan pada background adalah Go SMS, aplikasi keyboard pihak ketiga, launcher, dan aplikasi lain seperti WhatsApp.

AtmajaSpelden

HALO, Selamat pagi sahabat WM, sekarang saya disini akan memberi tips merawat baterai lap-top kamu supaya awet dan tahan lama. Tips ini sangat penting ter-utama bagi para gamer maniak dan para wirausahan muda yang sering menggunakan laptop dimana saja dan kapan saja. Nah, sekarang saya akan memberi kalian tips un-tuk merawat baterai laptop kalian:1. Jika kamu tidak menggunakan

laptop dalam jangka waktu yang lama (1-2 Minggu), lepaskan ba-terai dari laptop. Mengapa de-mikian? Hal ini dikarenakan ener-gi yang tersimpan pada baterai akan tersedot oleh hardware.

2. Jangan gunakan charger yang tidak compitable atau yang bu-kan bawaan dari paket pembe-lian.

Tips Merawat Baterai Laptop 3. Jangan gunakan laptop sampai

baterai kosong 100%. Charge laptop jika baterai sudah 10% sebelum habis

4. Charge baterai sampai penuh dan kemudian lepaskan charger, jangan terus-menerus mengisi ba-terai jika sudah terisi penuh

5. Ini tips untuk para gamer, jika para gamer ingin bermain game dalam waktu yang sangat lama, lepaskanlah baterai dan guna-kanlah charger adaptor sebagai sumber daya listrik. Hal ini di-lakukan agar menghindari kebo-coran baterai. Ingat jika kamu te-lah melepas baterai, simpanlah baterai di tempat yang aman.Sekian tips saya untuk kalian

semoga bermanfaat bagi kalian.Widhi Swidarma

Skensa

pilih game yang akan kamu main-kan, lakukan sedikit penyetingan sebelum me”launch” game terse-but sesuai dengan apa yang kamu suka. Nah, setelah itu tinggal kamu launch deh game-nya.

Itulah tips yang saya share dalam post kali ini, see you next month bro! #Keep Calm and Play The Game.

Aliffa Mochamma RezhaSMPN 7 Denpasar

DI sini saya akan beropini se-cara perspektif, menurut saya mungkin saat yang paling tepat untuk industri gaming di Indonesia bangkit adalah saat ini. Mengapa saya berkata demikian?, karena menurut saya di sini kita sudah mulai “mature” akan teknologi. Artinya, kita sudah mulai terbiasa akan adanya teknologi sebagai pendamping hidup kita sehari-hari. Hal ini pun berdampak juga terhadap industri gaming di In-donesia. Sekarang, sarana serta prasarana untuk gamer, devel-oper, publisher, serta penjual ak-sesoris sekalipun sudah mendu-kung, sayangnya fakta tersebut tidak diiringi dengan hasil yang didapatkan. Sebagai surga gam-er, Indonesia hanya mempunyai 80 developer! Bayangkan jum-lah yang sangat sedikit bukan? Dan juga gamer di Indonesia pun memiliki moral value yang bisa dianggap sangat anti akan kata “membeli”. Ini secara tidak lang-sung berdampak pada kita sendiri

Saatnya Industri Gamingdi Indonesia Bangkit!

Oleh: Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

lho seperti publisher yang makin sedikit pangsa pasarnya, serta developer yang cenderung makin menurun kreativitasnya. Saya pa-ling miris ketika cabang square Enix di Indonesia yang dijuluki square Enix smile works yang berdiri baru sekitar 5 bulan yang lalu sekarang sudah resmi ditutup. Alasannya sih sangat enggak masuk akal “dana buat cabang square Enix di Indo-nesia besar” alasan yang enggak masuk di akal bukan? Nah saya melalui opini ini ingin mengajak kalian semua untuk menghargai karya anak bangsa. Caranya eng-gak muluk-muluk sih hanya cukup dengan “membeli”. Dengan itu se-mua secara tidak langsung mung-kin industri gaming di Indonesia lama kelamaan pun bisa bangkit dan mungkin bisa jadi kiblat game di dunia. Itu bukan angan-angan belaka, kita bisa mewujudkannya kok, just be a positive thinking per-son bro. # Keep Calm and Play The Game.

Nama : Wahyu Sunia PutraTTL : Denpasar, 26 Juni 1998Hobi : Fotografi dan megambelIg : wahyusuniapLine : wahyu_suniaKomentar : Kesempatan tidak akan dating un-

tuk kedua kalinya, kecuali sedang bermain monopoly.

Nama : Made Sinthya AriastiniPanggilan : SintyaSekolah : SMAN 2 DenpasarKelas : XII IPA 8Hobi : Berpuisi, menyanyi, menari,

selfie, dan yang paling penting main Clash of Clans

Cita-cita : Model, pramugari, penyanyi, dan artis

Motto : My felling will never changeSalam : Salam untuk Tio Setiawan, ja-

ngan nakal ya. Tetap semangat walau badai menghadang.

Nama : Ulfa HananPanggilan : Upa, HanaTTL : Bojonegoro, 29 Desember 1996Sekolah : XII IPA 6Hobi : Keliling dunia, tes kesehatan

mata, dan double dateCita-cita : Pengusaha canang yang suksesSalam : Salam untuk pacar aku di mana

pun kamu berada.

Nama : Seno Aditya WPanggilan : Sensen imoutTTL : 17 NovemberHobi : Makan dan tidurMotto : Seperti Dora suka

berpetualang.

Nama : (Dari kanan) Putri Kitty, Via Kitty, Anik Kitty, Febri Kitty, Ari Kitty

Sekolah : SMK Pariwisata Triatma Jaya BadungInstagram : putrisukayuni, viaayu_, widyaanik55, ariiekittyPin BBM : 27E03D45Hobi : Traveling and shoppingMotto : Persahabatan kita, kehidupan kita!Pesan : Jadikan persahabatan bagi motivasi kita, dan jaga dengan

baik hubungan persahabatan. Karena sahabat adalah orang yang mengerti kita setelah orangtua dan keluarga. Sahabat yang menerima kekurangan atau kelebihan kita, seperti me-nerima kita apa adanya.

1 Accountancy Akuntansi2 Accountant Akuntan3 Banter Sendagurau4 Baptism Pembaptisan5 Candidacy Pencalonan6 Candidate Calon7 Decant Menuangkan8 Decanter Karaf anggur9 Effrontery Kelancangan10 Effusive Dengan perasaan tak terken-

dalikan11 Fascist Seorang fasis12 Fashion Kebiasaan13 Gearshift Gir14 Gearwheel Roda gigi15 Hardware Barang-barang dari logam/besi16 Hardwood Kayu keras17 Immobilize Melumpuhkan18 Immoderate Luar biasa19 Judgment Pendapat20 Judicial Yang berhubungan dengan

pengadilan21 Knowledge Pengetahuan22 Knowledgeable Yang banyak mengetahui23 Latticework Kisi-kisi24 Laud Memuji25 Mandatory Bersifat perintah26 Mandible Rahang (bawah)27 Nervous Gelisah28 Nervy Kasar29 Offer Tawaran30 Offhand Begitu saja31 Paddler Anak dayung32 Paddy Padi33 Qualifier Pemberi sifat34 Qualify Memenuhi syarat35 Racial Diskriminasi rasial

Nama : SMP Wisata SanurLokasi : SMP Wisata SanurFoto : OSIS

Page 3: Wiyata mandala 03022015

14 3Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Informasi Studi Lanjut

Minyak

Suatu hari, dua orang sahabat tengah bercakap-cakap di ruang-an kelasnya.Aan : Nanik, coba deh jawab

pertanyaanku. Kalau jawabanmu benar, nanti aku traktir siomay.

Nanik : Oke, apa pertanyaan-nya?

Aan : Minyak, minyak apa yang bikin sakit hati?

Nanik : Minyaksikan dirimu de-ngannya.

Aan : Yah, kok Nanik tau sih? Dasar ratu galau!

Nanik : Hahahaha, iyalah Nanik gitu loh.

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Obat Aneh

Pasien : Dok, tolong sembuhkan saya, saya sering ber-jalan di waktu tidur.

Dokter : Ini kotak yang bisa m e n y e l e s a i k a n masalahmu. Setiap malam ketika hendak tidur, keluarkan semua isi yang ada dalam ko-tak ini lalu taburkan di sekeliling lantai kamar tidur Anda.

Pasien : Kotak apa ini Dok? Apa semacam serbuk penenang?

Dokter : Bukan, kotak ini berisi paku payung.

Pasien : @#$%%%^

Wildana ZulfaSMKN 3 Denpasar

Kucing

Pada suatu hari, Cinta Lau-ra memutuskan untuk pergi ke sebuah toko.Cinta : Mas, ada kyuch-

ing anggouura?Penjaga toko : Nggak ada, Mbak.Cinta : Kalo kyuching per-

shiyyaa?Penjaga toko : Nggak ada juga,

Mbak.Cinta : Oh My God.

Oukei, kalo kyuch-ing kamphoung?

Penjaga toko : Nggak ada, Mbaaak! Kita ng-gak jual kucing, Mbak. (mulai ke-sel)

Cinta : (Lebih kesel lagi) Helloww! So why?! Kenapa di depan kamu tulis TOKO CAT???

A.A Santhi SuastiniSMAN 2 Denpasar

Kecoak

Suatu hari dua orang kakak beradik pergi ke ladang. Tiba-tiba mereka pulang dengan tergesa-gesa.Kakak : Ibu! Tolong! Adik baru

saja menelan kecoak di ladang!

Ibu : Astaga, cepat panggil ayahmu! Biar ayahmu

bisa memanggil dokter ke sini.

Kakak : Siap, Bu. Tapi Ibu tenang saja, adik sudah kuberi racun serangga kok.

Ibu : Apa???

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Angka Cinta

Cowok : Coba pikirin 1-10 angka mana yang paling aku suka buat kamu.

Cewek : Nggak tau, 8 ya?Cowok : Salah, 2 dong.Cewek : Kok dikit?Cowok : Dualemmm banget!Cewek : Tambah lope lope nih.

I Made Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar

Sembunyi

Suatu hari dua orang sahabat tengah bermain tebak-tebakan di halaman sekolah.Puri : Nik coba tebak, kenapa

warna badan zebra itu hi-tam putih?

Nanik : Kenapa ya, karena faktor genetis mungkin.

Puri : Salah, jawabannya supa-ya zebra bisa sembunyi di balik pohon mangga.

Nanik : Ah bohong, mana ada zebra sembunyi di balik pohon mangga?

Puri : Nah kamu gak pernah li-hat kan? Berarti persem-bunyiannya berhasil..

Nanik : !@#$%^&

Nita SintaSmansa

Bener Nggak Sih?

Percakapan dua orang lelaki di bus kota.PR : PerokokBP : Bukan perokok

PR mengeluarkan sebungkus rokok dari kantung celananya ber-maksud untuk menawarkan kepa-da orang sebelahnya.PR : Mau rokok, Mas?BP : Oh tidak, terimakasih.

BP merasa tergugah, dan ingin memberi arahan kepada si PR supaya tidak merokok. Lantas

mulailah si BP mengawali pembi-caraan.BP : Sehari habis berapa batang

rokok, Mas?PR : Biasanya sih 2 bungkus.BP : Sebungkus harganya bera-

pa, Mas?PR : 10.000BP : Mas udah berapa tahun

ngerokok?PR : Kurang lebih 20 tahun.BP : Begini saya kasih gambar-

an, 1 bungkus harganya 10.000, satu hari Mas ha-bis 2 bungkus, jadi 20.000. Kalau 1 bulan jadi 20.000 x 30 = 600.000. Jadi kalau 1 tahun berarti 600.000 x 12 = 7.200.000. kalau Anda sudah 20 tahun ngerokok berarti 7.200.000 x 20 = 144.000.000. Wah, seha-rusnya kalau Mas nggak ngerokok udah bisa beli mobil tuh!

PR : Saya juga kasih gambaran!BP : Silahkan.PR : Mas perokok atau tidak?BP : Tidak, itu haram bagi saya.PR : LAH? NAPE LOE NAIK

BUS? MOBIL LOE MANA???

BP : $#^@ X!!? + == D @^-*(%)

I Made Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar

Jantung

Guru : Budi, di mana letak jan-tung?

Budi : Nggak tau, Pak.Guru : Masa itu aja nggak tau.

Keluar!Budi : (Keluar sebentar, lalu

masuk lagi) Pak, di luar juga nggak ada jantung.

Guru : *#@!&%$

A.A Santhi SuastiniSMAN 2 Denpasar

Fruit Ninja

Udin : Don, gue mau nanya se-suatu nih.

Udon : Iya tanya aja, gue kan pinter.

Udin : Buah apa yang bisa pe-gang samurai?

Udon : Buah mana punya ta-ngan, nyerah deh.

Udin : Jawabannya fruit ninja.

ASASixsma

FAKULTAS Ekonomi (FE) Univ. Mahasaraswati (Unmas) Denpasar dikenal paling banyak memiliki mahasiswa. Makanya FE Unmas seriang disebut fakultas favorit di Bali. Kamu yang akan tamat dari SMA/SMK tahun ini

Lulusannya Jadi Inspirasi bagi Masyarakat

FE Unmas

Komit Cetak Pengusaha Muda Mandiribisa menentukan pilihan di kam-pus di Jl. Kamboja Denpasar ini. Dekan Fak. Ekonomi (FE) Unmas Denpasar, Drs. I Wayan Sujana, M.M., didampingi WD I I Nengah Landra, S.E.,M,M., WD II Dr. Putu Kepra Marini, S.E.,M.M., dan WD III Luh Kadek Budi Martini, S.E., M.M., menegaskan tiap tahun FE Unmas membuka pendaftar-an mahasiswa baru untuk Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi dan Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Di tiap acara yudisium, Dekan Wayan Sujana selalu menekan-kan bahwa perolehan IPK tinggi bukan jaminan satu-satunya kunci sukses di dunia kerja dan masyarakat, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemam-puan soft skill khususnya dalam menjalin komunikasi. Untuk itu dia berharap lulusan FE Un-mas tetap tampil rendah hati, mengedepankan kejujuran serta menjadi inspirasi bagi masyarakat

sekitarnya dalam hal semangat menjadi wirausaha muda mandiri.

Hal ini dipertegas oleh Dekan FE Unmas Wayan Sujana karena FE Unmas secara konsisten berkomit-men untuk mencetak pengusaha muda mandiri. Mereka diharapkan setelah lulus menjadi job creator yakni menciptakan lapangan kerja baru, bukan berebut menjadi de-retan angka pengangguran yang menunggu mencari pekerjaan.

Sebuah negara bisa maju jika minimal tiga persen penduduk usia produktifnya adalah pengusa-ha mandiri. Jika dilokalising, Bali yang berpenduduk 6 juta jiwa mini-mal memiliki 180 ribu pengusaha muda mandiri yang berusia 24-35 tahun. Makanya angka ini perlu di-genjot lewat lulusan PT seperti FE Unmas yang konsisten mencetak SDM siap menciptakan lapangan kerja baru.

Program ini perlu dikebut ka-rena dinilai Wayan Sujana ber-dampak ganda. Pertama, membu-

ka peluang kerja, mengurai angka pengangguran serta meningkat-kan pendapatan dan kesejahtera-an masyarakat.

FE Unmas memformulasikan program ini secara terpadu lewat pelayanan Tri Darma PT yang berkualitas. Dengan demikian mereka memiliki kepekaan, tang-gap, tangguh, terampil dan cer-das.

Cerdas dalam arti mampu men-ganalisis sikon lewat pengalaman penelitian, termasuk tanggap de-ngan isu dan kondisi ekonomi yang terus berubah dan susah diprediksi. Bahkan pemerintah sering tak komit terhadap kebi-jakannya.

Sejumlah program unggulan FE Unmas untuk melahirkan pe-ngusaha muda mandiri lewat pro-gram iptek bagi kewirausahan. Program yang dirintis oleh Dikti ini kini dijalankan secara mandiri di FE Unmas. Tiap tahun FE Unmas mencetak enam pengusaha muda

dengan berbagai bentuk usaha. Mereka juga dicarikan partner yang membantu permodalan de-ngan sistem kredit tanpa jaminan.

Kedua, FE Unmas secara rutin menerjunkan mahasiswa untuk magang ke sejumlah perusahaan dan membina pasar desa Pe-ninjoan. Selain membina secara manajemen, mahasiswa FE Un-mas juga mengintip inspirasi un-tuk bisa dikembangkan ke depan. Ketiga memiliki program pelatihan perpajakan dan agenda tetap busi-ness days.

Soal kualitas SDM, FE Unmas dikenal memiliki program studi lan-jut gratis bagi dosennya ke S-3. Tiap tahun dua dosen dibiayai oleh lembaga hingga tamat FE. Saat ini FE Unmas memiliki lima dosen berkualifikasi doktor dan enam sedang menempuh S-3. Bahkan karyawannya juga diberi kesem-patan melanjutkan ke S-2 serta mengikuti pelatihan nasional dan internasional. (adv)

DEKAN - Dekan FE Unmas, Drs. I Wayan Sujana, M.M.

SAAT ini pembangunan di sek-tor industri jasa konstruksi terus berkembang baik di Indonesia secara umum maupun Bali khu-susnya. Hal ini tidak terlepas dari pembangunan sarana dan pra-sarana, seperti: hotel, villa, peru-mahan, bendungan, dan sarana jalan. Kondisi ini menguntungkan bagi para penyedia jasa konstruksi seperti konsultan dan kontraktor. Jasa ini semakin banyak memerlu-

Teknik Sipil Poltek Bali Diserbu Calon MahasiswaLulusannya Terampil, Bersertifikat Kompetensi, tak Ada yang Nganggur

kan tenaga yang siap pakai untuk mengisi tenaga terampil pada bi-dang tersebut.

Salah satu institusi pendidikan yang siap menghasilkan tenaga terampil di bidang konstruksi adalah Jurusan Teknik Sipil Po-liteknik Negeri Bali (Poltek Bali). Sebagai penyedia tenaga teram-pil di bidang jasa konstruksi sam-pai saat ini Teknik Sipil Poltek Bali masih kewalahan memenuhi

permintaan pasar untuk tenaga terampil di level menengah dan level sarjana. Oleh karenanya, ti-daklah mengherankan semua lu-lusannya sudah bekerja sebelum diwisuda dan bahkan sebagian sudah bekerja ketika mereka ma-gang di semester V dan VII.

Jurusan Teknik Sipil kini menye-lenggarakan dua program studi yaitu Program Studi D III Teknik Sipil dengan konsentrasi Aplikasi Komputer Rancang Bangun dan Program Studi D IV (S1 Terapan) Manajemen Proyek Konstruksi. Menurut Ketua Jurusannya, Ir. I Wayan Arya, M.T., kedua program studi tersebut dirancang dengan proporsi praktik yang lebih banyak daripada teori. Para mahasiswa dibimbing oleh dosen dan instruk-tur yang sangat berpengalaman di lapangan serta peralatan praktik yang sangat lengkap menambah kesiapan lulusannya menghadapi dunia kerja. Bahkan, sarana prak-tik yang lengkap ini sering dija-dikan rujukan untuk uji kualitas proyek di lapangan. Fasilitas yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Sipil berupa lab. komputer yang berba-sis internet, lab. mekanika tanah, lab. material, lab. ilmu ukur tanah, lab. hidrolika, dan workshop untuk praktik kayu, baja, drainase, plum-bing, kerja batu, dll.

Dengan pembelajaran sistem

paket, waktu pendidikan sangat pasti yaitu 3 tahun untuk Program Studi DIII Teknik Sipil dan 4 tahun untuk Program Studi DIV (S1 Te-rapan) Manajemen Proyek Kon-struksi. Program Studi DIII Teknik Sipil, juga dirancang untuk dapat melanjutkan ke jenjang DIV (S1 Terapan) dengan program alih jenjang sambil kerja. Di samping mendapatkan ijazah, lulusan Tek-nik Sipil juga dibekali sertifikat ke-terampilan dari Badan Sertifikasi Keterampilan Politeknik Negeri Bali (BSK-PNB). Poltek Bali me-rupakan satu-satunya perguruan tinggi di Bali yang terakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional se-hingga boleh mengeluarkan ser-tifikat. Sertifikat ini adalah salah satu syarat bagi tenaga kerja jasa konstruksi untuk berkiprah pada proyek pemerintah.

Lulusan Program Studi DIII Teknik Sipil akan mengisi keko-songan tenaga kerja jasa kon-struksi pada level menengah atau sebagai praktisi lapangan maupun kantor. Sedangkan untuk Program Studi DIV (S1 Terapan) Mana-jemen Proyek Konstruksi akan mengisi kekosongan tenaga jasa konstruksi di level engeneer/ma-najer. Kedua lulusan program stu-di tersebut dapat memasuki dunia industri seperti konsultan peren-

cana, konsultan pengawas, kon-traktor atau bahkan pegawai negeri di bidang Kimpraswil/PU. Apabila mau berwirausaha sendiri, lulus-an tidak akan canggung karena bekal untuk berwirausaha sudah sangat lengkap. Bidang pekerjaan jasa konstruksi sipil sangat luas yaitu meliputi penyediaan sarana dan prasarana hidup manusia an-tara lain bangunan gedung (rumah tinggal, hotel, villa, pertokoan, dll), jalan raya, bangunan air (irigasi, bendungan, drainase), lapangan terbang, pelabuhan, dll.

Pada Tahun Akademik 2014-2015 Poltek Bali menerima ma-hasiswa baru melalui: PMDK PN Online bersama 38 Politeknik Negeri se-Indonesia, UMPN se-Indonesia, dan UMPN Mandiri melalui Tes Bakat Skolastik (TBS). Jadwal PMDK PN Online adalah:a. Pengisian Data oleh Sekolah : 1

Februari – 30 April 2015b. Pengisian Data oleh Siswa : 1

Februari – 1 Mei 2015c. Pengiriman Berkas : 1 Februa-ri

– 8 Mei 2015 (Cap Pos)d. Validasi Berkas : 1 Mei-17 Mei

2015e. Evaluasi : 23 Mei 2015f. Pengumuman : 29 Mei 2015

Informasi persyaratan seleng-kapnya silakan hubungi Humas Poltek Bali di (0361) 701981 atau klik www.pnb.ac.id. (adv)

Serangkaian program Jene-sys (pertukaran budaya), antara Jepang dengan Indonesia khusus-nya Bali, salah seorang siswa SMAN 1 Petang yakni Ni Putu Nita Ariastini mendapat kesempat-an mengikuti program tersebut di Jepang.

Nita Ariastini yang kini masih duduk di kelas XII IPB berangkat ke Jepang tanggal 15 Desember dan pulang tanggal 23 Desember 2014 lalu.

Ni Putu Nita Ariastini

Duta Badung ke JepangIa berangkat ke Jepang ber-

sama-sama dengan siswa lain-nya di Bali antara lain: Septiani dan Gung Wira (SMAN 1 Ubud), Rianti (SMAN 8 Denpasar), Yoga (SMAN 3 Amlapura), Ni Wayan Desi (SMAN 1 Mendoyo), Ning-sih (SMAN 1 Kintamani), Nila (SMK Pariwisata Klungkung), Abi (SMAN 3 Singaraja), Ni Kadek Dwi Vegi (SMAN 1 Nusa Penida) dan Gek Anis (SMA Dharma Praja Denpasar).

Nita yang kelahiran Semanik, 6 Februari 1997, bersama siswa lainnya itu bisa menginjakkan kaki di Negara Matahari Terbit karena lolos seleksi yang diadakan oleh Japan Foundation.

Dalam program ini, tempat-tempat yang dikunjungi adalah Tokyo Metropolitan Government, Japan Open Air Folk House Mu-seum, School Exchange, Tokyo, dan Yamanashi.

Sebelumnya, tiga orang guru

SMAN 1 Petang yakni I Gede Sutama, S.S., I Gst. Ag. Galuh Wismadewi, S.S., dan Gst. Ngr. Suwantara, A.Md., sudah pernah menginjakkan kaki di Jepang ka-rena lolos seleksi yang diadakan oleh Japan Foundation.

Dengan lolosnya Nita Ariastini, ini berarti ia sebagai Siswa Duta Badung yang mengikuti program Jenesys (pertukaran budaya) Jepang – Indonesia (Bali).

Kepala SMAN 1 Petang I Gst Putu Suyasa, SSKar., M.MPd. sangat bangga karena salah se-orang siswanya berhasil untuk mengikuti program ini di Jepang. (adv) Putu Nita Ariastini

FAKULTAS Hukum (FH) Undik-nas University kini selangkah lebih maju. FH Undiknas kini menerap-kan kurikulum KKNI secara penuh. Para dosen dan karyawan pun di-workshop-kan Kurikulum Berbasis KKNI dengan menghadirkan nara-sumber Anna Fidelia Elly Erawaty, S.H., LL.M., Ph.D., dari Universitas Parahyangan.

Jika kamu lulusan SMA/SMK yang tamat tahun ini bisa menen-tukan pilihan di FH Undiknas. Ja-ngan heran di sini para pengajar/dosennya guru besar dan doktor. Lagi pula lulusan FH Undiknas dikenal tak ada yang menganggur. Ini semua karena kualitas yang menjadi target utama pelayanan di sini. Baik kualitas pelayanan, PBM dan SDM dosen yang menentukan kualitas lulusan. Nah, daftarkan diri segera ke FH Undiknas di kam-pus Jl. Bedugul Denpasar. Sistem

Miliki Kurikulum KKNI, Cetak Lulusan Berdaya Saing InternasionalFak. Hukum Undiknas

WORKSHOP - Dekan FH Undiknas A.A..N. Sri Rahayu Gorda bersama para dosen saat workshop kurikulum.

seleksi mahasiswa barunya dilaku-kan secara online.

Dekan FH Undiknas, Dr. A.A.N. Sri Rahayu Gorda, S.H., M.M., M.H., membenarkan akan penting-nya kualitas dalam segala hal. Hal ini diawali dengan FH Undiknas sudah memiliki Kurikulum KKNI. Dengan demikian Sri Rahayu Gorda menegaskan mulai 2015 FH Undiknas sudah menerapkan kurikulum KKNI.

Lewat Kurikulum KKNI ini, FH Undiknas berkomitmen melahirkan lulusan yang berdaya saing nasio-nal dan internasional. Di samping itu kurikulum ini juga berlandaskan Tri Hita Karana (THK). Dengan de-mikian lulusan FH Undiknas disiap-kan memenangkan pasar kerja di MEA namun tetap pada jati dirinya mengimplementasikan THK. Ini sesuai dengan visi FH Undiknas sebagai lembaga pendidikan tinggi

ilmu hukum yang terdepan dalam mutu. Hal itu dijabarkan di salah satu misinya yakni menyeleng-garakan pendidikan tinggi ilmu hukum secara profesional berba-siskan TI untuk menghasilkan sar-jana hukum yang berkompeten di bidangnya dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

Kurikulum FH Undiknas berba-siskan KKNI dan berlandasan THK sangat didukung oleh Anna Fidelia Elly Erawaty. Ke depan sebuah PT tak hanya berstandar nasional na-mun juga berdaya saing interna-sional. Bahkan dia menilai THK ini bisa dijadikan keunggulan “daya jual” FH Undiknas ke depan. Ha-nya saja dia menekankan apapun tambahan kearifan lokalnya tetap kompetensi yang diinginkan se-suai jenjangnya KKNI yakni S-1 di level enam dan harus sesuai visi Undiknas serta FH Undiknas.

Hal ini diperkuat oleh Wakil Rek-tor Undiknas, Prof. Nyoman Budi-ana bahwa kurikulum baru yang diterapkan harus mampu mem-bedakan kompetensi lulusan yang dicetak sesuai level kompetensi-

nya agar lulusan S-1 beda dengan SMA/akademi. Bahkan unggulan THK ini akan mengarahkan bah-wa lulusan FH Undiknas kuat jati diri Balinya namun berdaya saing global. (adv)

PRAKTEK - Mahasiswa Teknik Sipil Poltek Bali saat praktek di lab.

Page 4: Wiyata mandala 03022015

4 13Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

KEBIASAAN mendengarkan Portable Music Player (PMP), seperti MP3 player, bisa membuat telinga cedera. Itu terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi. Berdasar pe-nelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.

Saat ini mungkin dampaknya be-lum terlihat, namun kelak akan terasa. Mendengarkan pe-mutar musik personal secara reguler da-lam volume tinggi ketika muda sering kali tidak ber-dampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang, jelas salah se-orang peneliti pada Internatio-nal Herald Tribune. Berikut efek negatif headset atau earphone untuk kesehatan tubuh:Kerusakan permanen

Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung de-ngan lubang telinga, biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.Kehilangan pendengaran Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Keru-sakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

ISU radiasi bagi pengguna ponsel bukan hal yang baru. Na-mun penyakit kulit gara-gara pon-sel? Nah, ini berita baru. Dan itu-lah yang dikemukakan oleh aso-siasi Dermatologis Inggris (British Association of Dermatologists – BAD). Asosiasi yang beralamat di bad.org.uk ini memperingatkan para dokter tentang apa yang di-sebut “dermatitis ponsel”. Penya-kit ini adalah ruam yang berkem-bang di wajah atau jari-jemari akibat kontak berulang dengan ponsel yang mengkilat.

Eh serius, ini bukan lelucon. Menurut BAD, setelah kontak yang agak lama, nickel alloy di handset dapat menyebabkan kulit memerah dan gatal. Biasanya, di pipi atau wilayah telinga si pen-derita menjadi merah, dan muncul ruam-ruam yang gatal setelah ia berlama-lama menggunakan ponsel (aki-bat handset bergesekan dengan wajah). Ruam-ruam itu bahkan dapat menyebar ke jari-jemari mereka yang getol ber-SMS.

Dalam rilis pers-nya, BAD menuduh handset yang harganya lebih mahal seba-gai biang kerok. “Penyelidikan yang lebih teliti mengungkapkan bahwa reaksi itu di-sebabkan oleh nikel dalam handset ponsel, yang sering ditemukan pada casing atau tombol-tombol ponsel, khususnya di model yang paling cantik,” begitu tulis BAD.

Pada studi yang dirilis lebih dulu tahun ini, para dokter di AS melakukan pengujian terhadap nikel di 22 handset populer dari delapan produsen, dan mendapatkan 10 di antaranya memang mengandung nikel.

“Hampir setengah dari ponsel yang kami spot tested itu mengandung nikel be-bas. Tombol-tombol menu, logo dekoratif

Hati-Hati terhadap Pemakaian Ponsel

Bahaya Menggunakan Headset bagi Telinga dan Otak

Kerusakan otakGelombang elektromagnetik akibat ear-

phone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada lis-trik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak

manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada.

Ambang pendengaranPaparan musik dengan ear-phone atau headset dapat mempengaruhi ambang pen-

dengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan

volume keras dan da-lam jangka waktu

lama. Secara perlahan efek ini akan m e n g a r a h pada gang-

guan p e n d e -ngaran secara permanen.

Karenanya kamu harus mengguna-kan earphone atau headset ini sesuai

kebutuhan saja, jangan berlebih. Me-ngenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan head-set atau earphone untuk tidak melebihi batas 100 desibel. Mengingat suara yang ada di luar headset (suara mesin mobil, disel atau pemotong rumput) juga bisa berpengaruh pada pendengaran manusia.

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

di headset dan bingkai metalik di sekitar layar LCD adalah tempat (nikel) yang paling umum. Handset dengan desain yang lebih memikat seringkali memiliki akses metalik dan casing-nya lebih mungkin mengan-dung nikel bebas,” kata Dr. Lionel Berco-vitch (salah satu penulis studi dari Brown University, Rodhe Island).

Sementara itu BAD mengatakan bahwa 30% penduduk Inggris menderita alergi ter-hadap nikel. Perempuan khususnya lebih mudah terjangkit dermatitis ponsel karena kulit mereka sudah sensitif terhadap ni-kel yang berasal dari perhiasan. BAD me-nyarankan mereka yang memiliki ruam di wa-jahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

CapricornAnda harus lebih percaya

diri, tidak perlu putus asa teruslah tingkatkan motivasi belajar Anda. Asmara: Satu kesalahan besar jika Anda tidak b i s a memanfaatkan situasi yang cukup baik ini untuk lebih perhatian pada dirinya, apalagi di saat ini si dia lagi membuka pintu hatinya lebar-lebar. Studi: Yakinlah dengan pera-saan percaya diri yang tebal itu akan mampu menempatkan Anda pada posisi puncak.

AquariusSuasana cukup semarak dan

membikin hati terasa tenang dan jauh dari permasalahan berat. Nikmatilah suasana ini dengan penuh sukacita dan jangan bi-arkan amarah timbul dari da-lam hati Anda. Bila ada peluang yang muncul sebaiknya bisa disikapi dengan serasional mungkin sehingga pelu-ang tersebut dapat teraih seoptimal mung-kin. Asmara: Nampak romantis dan jauh dari pertengkaran, hanya saja pikiran negatif yagn terkadang timbul sebaiknya segera ditepis jauh-jauh. Stud: Terhadap rekan-re-kan Anda yang mulai bertingkah merugikan, sebaiknya bisa disikapi dengan lebih tegas lagi tak perlu takut untuk menegurnya bila Anda memang merasa terus ditugikan.

Pisces

Rencana ke depan bisa Anda persiapkan mu-lai dari sekarang dan tak harus tunggu nanti. Apalagi bertemu dengan kawan lama ternyata mampu mendatangkan inspirasi baru bagi Anda. Bila ingin berpergian jauh juga tak ada masalah karena posisi perbin-tangan Anda masih tampak bersinar terang. Asmara: Konflik pribadi dan salah paham tampaknya masih sulit untuk dilupakan, walau begitu apa salahnya jika Anda men-coba memperbaiki hubungan perkasihan ini. Studi: Terhadap ucapan yang memerahkan telinga sebaiknya Anda acuhkan saja karena tak ada untungnya jika ditanggapi.

AriesTak ada salahnya

jika Anda bisa mem-pergunakan vitalitas dan energi Anda dengan sebaik-baiknya pada saat ini dengan melakukan perbuatan yang bisa membahagiakan orang-orang di sekitar Anda. Asmara: Jangan biarkan sikap egois Anda membikin suasana menjadi kurang semarak, coba Anda dengarkan saran dan kritikannya, ambil sisi positifnya saja. Studi: Nikmati saja suasana yang cukup tenang ini, dengan menghindari perbuatan yang bisa memicu permasalahan baru.

Taurus

Tetaplah Anda enjoy dengan apa yang telah Anda lakukan selama ini, mengenai omongan orang yang kurang enak di hati ang-gaplah mereka semua itu iri dengan keberhasilan Anda selama ini. As-mara: Saat ini Anda merasa seperti berada di langit ke sembilan, bagaimana tidak? Kata-katanya cukup menyanjung hati belum lagi wajahnya yang selalu menempel di pe-lupuk mata Anda. Studi: Tak ada yang lebih tahu perasaan Anda selain diri Anda sendiri, untuk itu tak perlu menghiraukan tanggapan orang.

GeminiTak perlu menyesali situa-

si yang terjadi akhir-akhir ini di mana banyak orang yang menggantungkan harapan dan keinginan pada diri Anda, bu-kankah Anda memang dianggap lebih ber-hasil dari pada mereka, untuk itu tak perlu negatif thinking dulu. Asmara: Turuti saja perkataannya dan tak perlu membantahnya agar tidak timbul perselisihan apalagi hanya karena perkara sepele yang seharusnya tak perlu sampai membesar. Studi: Syukurilah bahwa Anda ternyata masih berada di atas me-reka dan jadikan itu semua sebagai spirit un-tuk bisa lebih sukses lagi ke depannya nanti.

CancerHambatan dan rinta-

ngan seakan memang tiada henti-hentinya menghambat laju karir dan bisnis Anda, walau begitu hati tak boleh ciut nyalinya tetaplah berhati be-sar dan selalu optimis, yakinlah di mana ada kemauan maka di situ pasti ada jalan keluarnya yang bisa Anda manfaatkan. As-mara: Jangan negatif thinking dengan apa yang dilakukannya pada orang lain, karena itu hanya sebatas kemanusiaan saja. Studi: Jauhilah perbuatan yang bisa menimbulkan persepsi kurang baik bagi diri Anda, hinda-rilah perbuatan yang sia-sia.

LeoDi minggu ini Anda masih

bisa melewatinya dengan penuh keberhasilan walau-pun problem Anda sebe-narnya relatif berat dan cu-kup memusingkan. Asmara: Rapatkan barisan dan satukan visi ke de-pan agar kekompakan tetap selalu bisa terjaga. Hindari pertengkaran hanya karena masalah yang tak prinsip, coba Anda lebih bersikap dewasa lagi. Studi: Selama Anda ada kemauan maka tidak sulit untuk bisa meraih impian yang tampak terbuka lebar.

VirgoHubungan dengan kawan seba-

iknya Andalah yang mencoba untuk mengalah kepadanya selama tidak melanggar komitmen yang ada, agar hubungan tetap terbina baik dan tidak sampai di-manfaatkan oleh rival-rival A n d a sendiri. Asmara: Cobalah untuk mengalah sekalipun Anda merasa benar, selama tidak melanggar prinsip yang ada sebaiknya ke-salahannya tersebut tak perlu diperpanjang. Studi: Pelajaran lagi berat-beratnya, seh-ingga wajar saja jika Anda tertekan untuk saat ini. Memang untuk meraih semua im-pian tak semudah seperti membalik telapak tangan. Tetaplah semangat.

LibraBerusahalah untuk

bisa bersikap tenang agar tidak ada dampak buruk bagi kelanjutan studi Anda. Asmara: Orang ketiga tampaknya perlu diwaspadai walaupun terkadang nasehatnya cukup menyentuh perasaan Anda, coba Anda selalu tanamkan kepercayaan pada si dia agar adu domba tidak sampai menerpa hubungan kisah kasih ini. Studi: Cari teman yang sehati dan bisa menolong di kala Anda sedang dilanda masalah bukannya malah mendekat di kala Anda lagi enak-enaknya.

Scorpio

Di saat yang baik se-perti ini sebaiknya bisa dijadikan pembang-kit bagi motivasi Anda untuk bisa melangkah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Asmara: Jangan hanya membayangkan yang manis-manis saja karena terkadang kerikil-kerikil tajam harus Anda lalui untuk dapat sampai ke tempat tu-juan, untuk itu coba Anda selalu bisa tabah dan tahan banting. Studi: Jangan keburu berpuas diri dulu karena langkah Anda ke depan masih jauh dan keberhasilan yang te-lah Anda raih selama ini itu hanya setitiknya saja.

SagitariusTanamkanlah kewas-

padaan di manapun Anda berada, terutama terhadap peluang yang tampak manis walaupun belum tentu ke-nyataannya semanis seperti yang Anda lihat. Asmara: Sikap egois jangan sampai menghancurkan semua yang telah Anda bangun bersamanya dengan susah payah, coba Anda lebih bisa menghormati hak-haknya. Studi: Waspadalah karena tidak sedikit yang berwajah dua, untuk itu Anda harus lebih selektif lagi dalam me-nerima saran dan kritikan yang datang.

Page 5: Wiyata mandala 03022015

12 5 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

SEKALIPUN Kurikulum 2013 baru dimulai setahun lalu, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali sudah mengantispasinya sejak setahun lalu. Dengan demikian lulusan FPOK IKIP PGRI Bali sudah siap mengimplemen-tasikan kurikulum baru ini di semua jenjang pendidikan.

Hal itu ditegaskan Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Drs. Ketut Sumerta,M.For., un-tuk mengantisipasi tarik-ulur pelaksanaan Kurikulum 2013. Dia menegaskan calon guru olahraga dan kesehatan yang dia cetak adalah SDM yang siap pakai, baik memakai Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 13.

Nah, ini kabar gembira bagi lulusan SMA/SMK tahun ini untuk menjadi guru olahraga dan kesehatan. Sebab di FPOK IKIP PGRI Bali kamu juga tak hanya dilatih menjadi guru namun juga menjadi pelatih atau Pembina cabang olahraga unggulan. Makanya FPOK ini sangat laris di IKIP PGRI Bali, apalagi semua sekolah kini minimal harus memiliki tiga guru penjaskes.

Materi Kurikukum 2013 dikatakan Ketut Sumerta diberikan sejak mereka memasuki semester akhir lengkap dengan tuntutan kompetensi lainnya. Di antaranya bagaimana menempa sikap mental siswa, menjalankan sistem tematik metodik yang terintegrasi. Calon guru yang dihasilkan sudah dileng-kapi dengan kompotensi keilmuan lainnya seperti lingkungan, pendidikan karakter, Matematika, Fisika dan Biologi serta bahasa

Cetak Guru yang Mampu Implementasikan Kurikukum 2013Indonesia.

Tanpa dasar itu, kata dia, guru yang menerapkan kurikulum baru akan merasa kebingunan. Sementara ilmu Matematika, Fisika, Biologi bahkan ilmu gizi sudah men-jadi menu wajib di FPOK dalam mengukur kekuatan, potensi diri dalam lari, atletik, permainan dll. Termasuk mengukur gizi se-imbang. Makanya dia mengatakan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali dikenal paling matang melaksanakan Kurikulum 2013.

Dia juga menekankan pentingnya pe-ngukuran alet lewat teknologi terbaru dalam bidang olahraga. Sebab mengukuran yang salah akan menilmbulkan multi tafsir, kebija-kan dan kesimpulan yang salah juga. Untuk itulah dia minta alumninya tak boleh main-main menjadi guru Penjaskes di sekolah.

Kelebihan lainnya , saat ini satu guru Pen-jaskes bias mengajar untuk dua sampai tiga sekolah. Ketut Sumerta didampingi Pem-bantu Dekan II, Dra. I Putu Mertayasa.M.Si., dan I Nyoman Suarjana,SPd., menam-bahkan FPOK IKIP PGRI Bali satu-satunya LPTK swasta yang mencetak guru Penjas-kes. Ia bangga lulusan FPOK IKIP PGRI Bali adalah atlet andalan Bali dan menjadi pelatih olahraga. Makanya FPOK Bali sarat dengan prestasi nasional dan internasional. IKIP PGRI Bali memiliki atlet silat dan juara dunia lompat jangkit.Di event olahraga dae-rah dan Porseni PGRI, atlet-atlet FPOK IKIP PGRI Bali langganan juara.

Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta

mengatakan guru yang dicetak FPOK IKIP PGRI Bali sebagian sebagai job creator yakni menciptakan lapangan pekerjaan. Sebab di antara mereka ada yang bertindak sebagai pelatih, instruktur dan pemilik usaha bidang keolahragaan.

Kedua, mereka ini sudah teruji pendidikan karakternya. Di lapangan mereka sudah di-latih dengan bekerja ulet, tangguh, pantang menyerah dan disiplin. Diharapkan lulusan FPOK bisa mestransfer ilmu itu kepada anak didiknya. (adv)

FPOK IKIP PGRI Bali

YUDISIUM ▬ Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Ketut Sumerta beserta pembantu dekan saat meyudisium 225 sarjana penjaskes.

Bukankah ini hanya ilusi?Ruang hampa yang mengitariDan jutaan pasang mata tak bisa dikenaliSeakan menciptakan sekatPembatasTak bisa ditebasMaka kalau aku menatapmu dari seberang sisiKemudian memalingkan wajahku kembaliAkankah kau menyadari?Atau balas mengamati?TidakPandangan terhalang oleh barisan orangUcapku tak sampai dan keluhmu tak terdengarTenggelam di antara suara orang yang bersahutanJadi sekat apakah ini?Jutaan pasang mata tak bisa dikenaliSeakan mencipatakan sekatPembatasTak bisa ditebas

Sekat Pembatas

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Perutku terasa geliMelihat lelaki itu di tepi jembatanMenatap garang ke jalananSesekali meraungMeratapi air mengalirBeberapa terbahakTak pelak menggoda jahilTapi ia menangis…Menembus hati menusukkan tembiluSebagian tak mau tahuMenganggapnya pengotor di aspal kotaBeterbangan bagai sampahNamun, aku tak mau ikut merekaHarus kupahami, pedas pahit hidupnyaAku mulai tahuIa ingin melampiaskan nestapa rasaAtas kebiadaban entah siapaMembunuh pujaan dan buah hatinyaLalu menghanyutkan jazadnyaPada arus malamBeriak bagai ombak samudera

Lelaki Gila

Ni Putu Putri AnggreniSMPN 7 Denpasar

Aku tak tahu mengapa ini tak mudahEntah mengapa aku tak pernah bisaWalau sering kali dia toreh lukaTapi bagaimanapun aku tak akan lupaSekejap pun tak mampu menahanOtak ini tuk memikirkannyaBahkan di tiap hela nafaskuTeriring namanya yang syahduWalau hati ini tak mampu

Melupakanmu

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

Irama senja mengusik petangKini waktu telah bertandangSekejap gundah terusik semuCipta asa semesta rayaDikala rasa terpuruk musnahRealita bisu terpaku sunyiMelantun lirih melodi mimpi

Terhempas dan Terputus

Dhimita AnggraeniSMKN 2 Denpasar

Kata itu terngiang lagi di benakkuDi saat hatiku beku dan berdebuDi kala hatiku memiliki rasa tapi tak tahu untuk siapaRatih…Gadis kecil nan rupawanYang tiap senyumnya mampu taklukkan para pejantanYang tiap pulang sekolah selalu duduk manis di tamanPejantan mana yang tak terpesona akan paras lugunyaIngin hati bertanya “Hai, siapa namamu? Bolehkah aku mendekatimu?”Ah, tapi apa daya Dewi Fortuna tak berpihak padakuMungkin nanti…Eh, tunggu sebentar, ini puisi, bukan kata-kata yang dirangkai dengan indahHanya untuk mengungkapkan isi hati sang pejantan tanggungUntuk sang wanita idamanIdaman hati yang tak kesampaian

Ratih

Putu Bagus Dian Rendra GrahaSMK Pembangunan Denpasar

Tuhan, beri aku kesempatan untuk memilikinyaAku sangat menginginkannyaSenyumnya, matanya, tingkahnya, dan sifatnya membuat aku luluhKali pertama aku merasakan iniRasa yang tak pernah aku rasakanMembuat aku tak mampu menatapnyaBibirku seakan terkunciJantungku pun berdetak jauh lebih kerasEntah apa yang kurasa ini Tuhan?Aku hanya ingin yang terbaik untuknya dan untukkuSemoga Kau memberiku jalanAgar tidak ada yang tersakiti antara aku dan diaSemoga kesempatan ada untukkuDan aku akan benar-benar menyayanginya

Mengenalmu

Wildana ZulfaSMKN 3 Denpasar

Bulu kucing yang halusBagaikan bungaTerasa halus lembutSemerbak musim bungaBergolak nyala api musim semiBulat mata kucingBagaikan genta emasBegitu indah terang di kegelapanBergolak nyala api musim semiBibir kucing yang terkatup lembutTersurat kantuk musim bungaKumisnya yang halus tajamMenari-nari semangat musim bunga

Musim Semi adalah Kucing

Inten TrisnaSmapan

Manis bibirmu berkataKelembutan yang terteraMembuat aku percayaTanpa ada bertanya-tanyaSeakan aku tak berdayaTapi semua hanya dustaYang membuat aku kecewaSungguh terasa menderitaDalam perasaan hampaKini aku merana

Pendusta

Gede AdiSMK PGRI 1 Denpasar

KAMU pasti tak asing lagi mendengar Fakultas Hukum Uni-versitas Warmadewa (Unwar) Denpasar. Kampusnya megah di Jl. Terompong Tanjung Bungkak, SDM dosenya berkualitas dan yang paling penting, lulusannya cepat terserap di dunia kerja. Mengapa?

Mengutamakan Mutu, Lulusannya Cepat BekerjaNah, penasaran kan? Ikuti saja

artikel ini hingga tuntas. Dekan FH Unwar Ida Ayu Widiati,S.,M., memaparkan sejumlah keung-gulan fakultas favorit di Bali ini. Yang jelas, program ini pas banget de-ngan kamu yang sebentar lagi akan tamat SMA atau SMK. Sebab

di FH Unwar tak ada dikotomi lu-lusan SMA dan SMK jurusan apa saja karena dianggap memiliki pengetahuan yang sama, ting-gal kamu dipoles dengan PBM (perkuliahan) secara berkuali-tas. Buktinya, alumninya banyak diterima menjadi hakim, jaksa, pengacara, kantor notaris, anggota Polri dan anggota DPRD.

Kata kuncinya adalah kualitas. Itulah yang diterapkan pengganti Mahendrawati dengan rekan-rekan dosen di FH Unwar. Tanpa ikon berkualitas, niscaya ia mam-pu memiliki 500 mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang cepat bekerja. Sebab, sejak awal kamu masuk kuliah di FH Unwar sudah ditawarkan dengan pelayanan berkualitas pula. Misalnya lab hu-kum yang memadai, lab paradilan litigasi dan nonlitigasi, lab kenok-tariatan dan bisnis internasional dan sebagainya. Makanya di FH Unwar kamu akan mendapat pen-galaman kenoktariatan, hukum bisnis dan kepengacaraan serta

BAGI kamu lulusan SMA/SMK yang menggemari Bahasa Inggris atau ingin berkarir di dunia pari-wisata, Prodi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar adalah pilihan yang tepat dalam melanjutkan pen-didikan di perguruan tinggi.

Prodi dibawah pimpinan Desak Putu Eka Pratiwi, S.S., M.Hum. ini mengadakan berbagai macam kegiatan rutin setiap tahunnya, baik itu kegiatan akademis maupun non akademis. Diantaranya ada lomba pidato untuk siswa SMA/SMK se-Bali. Lomba ini dilaksanakan de-ngan tujuan agar siswa SMA/SMK bisa mengenal STIBA Saraswati lebih dekat.

Selain lomba pidato, prodi yang jumlah mahasiswanya selalu me-ningkat setiap tahunnya ini juga mengadakan lomba debat bahasa Inggris internal yang diikuti oleh selu-ruh mahasiswa Prodi Bahasa Inggris. Masing-masing kelas mengajukan kandidatnya kemudian ditentukan yang terbaik untuk mewakili STIBA Saraswati pada lomba debat bahasa Inggris tingkat kopertis wilayah VIII.

Juara Debat Bahasa Inggris hingga Aktif dalam Kegiatan SosialSTIBA Saraswati dikenal berprestasi dalam debat bahasa Inggris karena mahasiswanya sudah beberapa kali maju mewakili wilayah kopertis VIII ke tingkat nasional, bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari univer-sitas ternama di Indonesia.

Ada juga event literature night dan linguistic day. Literature night adalah sebuah event besar tahunan yang dilaksanakan STIBA Saras-wati untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengapresiasi karya sastra. Pada kegiatan tersebut para mahasiswa akan melakukan pertunjukan musikalisasi puisi, pe-mentasan drama, storytelling, dan lain-lain. Sedangkan linguistic day diisi dengan seminar satu hari atau kuliah umum. Di sana, Prodi yang sudah terakreditasi B ini mengun-dang pakar-pakar yang mendalami dunia linguistic sehingga mereka bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam serta bermanfaat untuk para mahasiswa di samping materi yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Untuk kegiatan lainnya, STIBA

Saraswati aktif dalam kegiatan sosial yakni secara rut in me-ngadakan program penggalian dana “Dana yang terkumpul tidak hanya dalam bentuk rupiah saja, tetapi juga dalam bentuk barang-barang. Hasil yang terkumpul akan disumbangkan ke panti asuhan dan panti jompo. Selain memberikan sumbangan dalam bentuk barang, kami juga memberikan bantuan berupa edukasi untuk anak-anak di panti asuhan,” ujar Desak. STIBA Saraswati juga aktif dalam kegiatan lingkungan di mana mereka secara rutin melaksanakan camping, hiking dan menanam pohon.

Dari segi fasilitas, STIBA Sa-raswati memiliki lab bahasa yang dipakai untuk kelas listening, lab komputer, dan perpustakaan. “Per-pustakaan kami memiliki koleksi buku yang cukup banyak karena kami selalu menambah koleksi buku di bidang setiap tahun khususnya buku-buku di bidang linguistic. Per-pustakaan kami juga buka hingga malam hari sehingga itu sangat membantu mahasiswa ketika mere-

MAU jadi ahli madya apoteker? Nah, Akademis Farmasi Saraswati Denpasar tempat yang tepat. Lem-baga ini memang diperuntukkan bagi SDM Bali yang mau menekuni dunia kefarmasian, ketimbang kuliah di luar Bali dengan biaya

Miliki Kebun Farmasi Organik Siap Jadi Sekolah Tinggi

hukum adat Bali. FH Unwar yang sudah ter-

akreditasi B dari BAN PT akan terus menambah fasilitas untuk mempertajam kualitas tadi. Fakul-tas Hukum Unwar juga dikenal memiliki kegiatan Tri Dharma Per-guruan Tinggi yang berimbang. Proses pengajaran yang dikenal berkualitas diimbangi kegiatan sosial ke masyarakatan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa bersama dosen klinik hukum dan penyuluhan hukum ke desa-desa. Untuk lebih banyak memberi pengalaman lapangan di dunia kerja, kamu sering diajak meninjau proses pe-radilan. Bahkan dengan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke sejumlah lembaga peradilan dan pemkab di Bali selama dua bulan akan menempa kamu lebih ma-tang untuk siap terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Mahasiswa FH Unwar biasanya diterjunkan ke Pengadilan Negeri Denpasar, Kejati Bali dan daerah, pemkab di se-Bali dan kantor notaris. “Ini

yang saya sebut bahwa kami tak mau main-main mencetak sarjana hukum,’’ ujarnya.

FH Unwar juga sangat peduli dengan pembentukan kepribadian calon sarjana hukum. Selain lulu-sannya disiapkan menjadi sarjana yang profesional, juga sarjana yang membela keadilan secara benar dilandasi moral yang baik. Nah, justru ilmu ini kamu harus kejar sehingga menjadi SDM yang leng-kap yakni pintar secara akademis, terampil dalam peradilan dan kepe-ngacaraan serta berbudi luhur. Yang terakhir ini penting apalagi sarjana hukum selalu berhubungan dengan konflik di masyarakat.

Jika kamu lulusan segar SMA/SMK dengan kuliah penuh kamu bisa bergabung menjadi kelas reguler. Sedangkan jika mau kuliah sambil bekerja kamu bisa menem-puh pendidikan di kelas khusus. Biaya kuliahnya nyaris tak berbeda tinggal kamu menyesuaikan diri dengan jam kerja apakah mau masuk pagi atau sore. (adv)

BERSAMA ▬ Dekan FH Unwar IA Widiati bersama rekan dosen yang meraih doctor.

ka menyelesaikan tugas akhir,” tutur Desak.

Tahun ini STIBA Saraswati meneri-ma calon mahasiswa baru melalui

dua jalur seleksi yakni jalur prestasi dan tes akademik. So, tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama STIBA Saraswati Denpasar. (adv)

WISUDA ▬ Direktur Akademi Farmasi Saraswati, I Gede Made Saskara Edi saat mewisuda 66 tenaga ahli madya farmasi.

tinggi.Lagi pula lulusan Akademi Far-

masi ini laris di pasar kerja. Buktinya Akademi Farmasi Saraswati sampai kehabisan stok lulusan. Makanya jika ingin cepat kerja tentukan pilihanmu di Akademi Farmasi

Saraswati Denpasar di Jl. Kamboja Denpasar.

Direktur Akademi Farmasi Sa-raswati Denpasar, Drs. I Gede Made Saskara Edi,M.Psi.,Apt., menegaskan Akademi Farmasi Saraswati yang sudah terakreditasi B mencetak ahli madya profesional dalam kefarmasian. Apalagi dengan sistem jaminan kesehatan yang berkembang saat ini memerkukan tenaga ahli dan ahli madya dalam mengaudit obat-obatan agar lebih teliti dan efisien.

Karena satu-satunya PTS di Bali yang membuka farmasi, minat masyarakat kuliah di Akademi Far-masi terus meningkat dari 45 orang tahun ini menerima 194 mahasiswa baru. Dengan program keunggulan kearifan lokal dan menjadi akdemi farmasi terbaik nasional. Makanya dia minta maaf jika tak semua pen-daftar bisa diterima. Ke depan, ya-yasan akan menyiapkan lahan baru sehingga semakin banyak jumlah mahasiswa yang diterima.

Dalam upaya mempromosikan obat-obatan organik, kata Saskara

Edi, kini Akademi Farmasi Saraswati Denpasar mengembangkan kebun farmasi organik seluas 3 hektar di Tabanan. Dengan kebun farmasi organik ini Akademi Farmasi Sa-raswati akan memproduksi sejumlah obat organik.

Kedua, Akademi Farmasi Sa-raswasti, kata dia, meningkatkan status dari akademi menjadi sekolah tinggi. Semua persiapan dan beru-bahnya status sudah selesai, ting-gal menunggu kapan moratorium pembukaan program baru dicabut Dikti. Bahkan Akademi Farmasi Saraswati sudah mendapat reko-mendasi dari Kopertis dan lembaga terkait.

Soal prospek lulusan, Gede Made Saskara Edi didampingi Pembtu Direktur III Bidang Kema-hasiswaan, Made Agus Sunadi Putra, S.Si.,M.Biomed.,Apt. me-ngungkapkan pihaknya sampai ke-habisan stok lulusan. Selain banyak bekerja setelah tamat, banyak juga yang melanjutkan. Sebab mereka disiapkan menjadi SDM dengan level komptensi lima di KKNI. Hal ini

juga didukung pesatnya pertumbu-han rumah sakit yang memerlukan tenaga profesional.

Dia meminta kepada lulusanya untuk terus belajar. Sebab IPK tinggi bukan jaminan sukses di masyar-akat, banyak tergantung pada soft skill dan networking. Soft skill, kata dia, sangat diperlukan baik menuju karir sebagai karyawan swasta, PNS maupun pengusaha. Komu-nikasi skill ini sangat menentukan dan harus dibangun tiap insan SDM Akademi Farmasi Saraswati.

Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S., mendukung Akademi Farmasi menadi sekolah tinggi. Yang penting diperhatikan guna menghadapi persaingan global yakni SDM baik input dan dosen di lembaga ini.

Kedua, dia ingin Akademi Far-masi Saraswati tak hanya mencetak SDM namun juga sebagai produsen obat organik. Kebun farmasi di Tabanan bisa dijadikan modal untuk mebuat unit usaha obat-obat-an. (adv)

Fak. Hukum Univ. Warmadewa

Prodi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar

Akademi Farmasi Saraswati

KEGIATAN ▬ Ketua Prodi Sastra Inggris STIBA Desak Putu Eka Pratiwi, S.S., M.Hum. bersama Ketua STIBA.

Page 6: Wiyata mandala 03022015

6 11 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

SEJAK pertama aku melihatnya, aku tak merasakan sesuatu yang spesial terhadapnya. Tapi, yang aku rasakan hanya sekedar tau namanya. Aku tak mengenalnya, tak pernah bertemu atau menya-panya. “Siapa dia?” tanyaku kepada Anisa. “Oh kau tak tahu dia siapa?” “Tidak, aku baru saja melihatnya,” ujarku bingung. “Dia kan orang yang selalu mewakili sekolah kita di bidang akademik, dan katanya sih dia sangat pintar dan dia kan kekasihnya Dira.” Seketika aku tak menghiraukan apa yang telah terja-di. “Ini jawabannya apa ya?” ujarku berbisik mengerjakan soal try out. “Kau menyusul?” ujar seseorang yang tiba-tiba duduk di depanku. Seketika aku melihatnya dan ber-kata “Iya, kau?” “Tentu saja, rupanya kita bernasib sama, kalau kau tak tahu, kau bisa menanyakannya kepadaku,” ujarnya. “Tapi kan paket kita tak sama,” ujarku kebingungan. “Itu bisa aku akali.” Setelah kejadian

Terlambat Menyadarinya

itu aku masih tak merasakan apa-apa. Bahkan aku tak tahu siapa namanya, dan mungkin dia juga tak tahu siapa namaku.

“Ini ada apa? Kenapa ribut-rib-ut?” aku bertanya dalam keramaian yang menyerubungi keributan itu. “Katanya si Dira bertengkar dengan Citra memperebutkan Pandu, ayo kita menontonnya,” ujar Anisa me-narik tanganku. “Sunny itu siapa?” tanyaku, “Hah? Kau tak tahu? Itu ke-kasih Dira.” “Jadi namanya Pandu,” ujarku dalam hati. “Orang seperti dia di perebutkan? Lalu siapa yang memenangkan perkelahian itu?” tanyaku. “Sepertinya tidak ada,.” Semenjak itu aku mulai ingin men-cari tahu tentang dia. Dan semenjak itu aku dengar dia sudah tak lagi menjadi kekasih Dira. “Kenapa kau bisa memutuskan hubunganmu dengan Pandu?” tanya temanku. “Iya, aku tak tahan padanya, dia selalu saja mengabaikanku, dan dia seenaknya bermesraan de-

ngan wanita lain,” ujar Dira. Sambil mendengarkan dari kejauhan aku mulai berpikir bahwa dia hanya mempermainkan perasaan wanita yang menyayanginya. Yang aku tahu, Dira wanita yang baik dan dia juga sangat pintar di kelas.

“Apa yang kau ketahui tentang Pandu?” ujarku kepada Anisa. “Wah wah kau menyukainya?” “Tidak! Kau memang sembarangan kalau bicara, aku hanya bertanya, memangnya salah?” “Tidak, yang aku tahu Pandu itu biasa saja,” ja-wabnya sambil tertawa. “Bukan itu maksudku, ceritakan apa yang kau ketahui tentangnya,” ujarku semakin menjadi-jadi. “Awas ya, jika kau menyukainya, dia bukan laki-laki yang baik. Kalau dia laki-laki yang baik, dia pasti tak akan menyakiti Dira, tapi aku tahu berapa nomor handphonenya, kau bisa meng-hubunginya kalau kau memang ingin mengenalnya,” jawab Anisa. Aku mulai berpikir keras, untuk mengirimkannya pesan singkat saja aku harus mengulang berkali-kali. Hingga saatnya aku membera-n ikan d i r i un tuk menghubu-nginya. “Hai Pandu, ini aku Laura orang yang kau temui di ruangan ujian try out tempo lalu,” pesan itu terkirim dengan sangat cepat. Dua jam aku menunggunya, dan dia pun membalas pesanku “Hai juga Laura, iya ada apa?” “Hem, jika kau tak keberatan, bisakah kau menjadi te-manku? Kau sangat pintar dan aku ingin menjadi temanmu,” balasku dengan spontan. “Hahahaha, kau tampaknya kurang sehat, tentu saja kau bisa menjadi temanku, jadi kita mulai dari mana pembicaraan ini?” balasnya. Semenjak itu kita menjadi semakin dekat. Pandanganku se-tiap hari di sekolah tak pernah lepas darinya. Aku selalu memergokinya memandangku tapi aku tak mau terlalu menghiraukannya. Aku tak mengerti rasa seperti apa ini, tapi

aku sangat nyaman bersamanya, “Kau sekarang sudah semakin dekat ya dengan Pandu,” ujar Miki. “Memangnnya kenapa kalau Laura semakin dekat dengan Pandu, kan lebih bagus jadi dia semakin rajin, lihat saja perubahannya dia semakin rajin belajar dan aku akui dia juga tak menjadi anak yang bermasalah lagi,” ujar Anisa. “Aku tak bicara padamu, aku hanya tak menyukai Pandu, dia bukan orang yang baik untukmu Laura, kau harus mende-ngarkanku,” ujar Miki sinis. “Kau ke-napa? Aku juga tak menyukai Pandu pada awalnya, tapi sejak mereka dekat Laura berubah jadi yang lebih baik, tak ada salahnya kan kalau kita mendukungnya.” “Sudah-sudah kalian bertengkar hanya karena per-masalahan sepele. Miki, kau tenang saja, aku tak akan pernah melupa-kan temanku,” sahutku tersenyum. Dan Miki memelukku sambil berja-lan, aku tak tahu Pandu ternyata melihatnya, aku melihatnya dan aku merasa sangat tak enak hati. Semenjak itu, kita saling menjauh aku pun tak tahu apa penyebabnya, dan setelah sekian lama menjauh, “Laura! Ini coklat dari Pandu, kau harus memakannya, Pandu suka padamu,” ujar Lisa teman sekelas Pandu. “Aku menatapnya dan dia memalingkan wajahnya padaku.

Jujur, aku sangat merindukan-nya, aku tak mengerti apa yang telah aku rasakan. Aku merasa hampa tanpanya. Perlahan aku menggigit coklat yang dia berikan, perlahan aku rasakan manisnya coklat itu. Dan saat aku menikmati coklat itu, perlahan rasa manis dari coklat itu mulai hilang padahal aku sangat ingin merasakannya kem-bali, begitulah perasaan yang aku rasakan. Hati ini selalu memanggil namanya tapi aku selalu melawan-nya. Semakin aku melawannya, aku semakin menyakiti hati dan perasaanku. Saat kelulusan masa sekolah SMP ini, aku bertemu dengannya “Hai, berapa nilai akhirmu?” ujar Pandu. “Entahlah, biasa saja menurutku, selamat ya.

Aku bangga padamu,” terasa kata-kataku telah habis untuk berbicara padanya. Setelah lulus SMP, kita semakin dekat, dia selalu pergi ke rumahku dan mengajarkan aku banyak hal. Belajar, belajar dan be-lajar. Aku rasakan semuanya. Tawa, tangis, canda, dan saat kencan pertama kita yang penuh dengan kekonyolan. Aku pernah menangis di depannya karena seorang laki-laki lain. Sejujurnya aku menangis untuknya, jujur dalam hatiku yang paling dalam aku merasa sesuatu yang aneh padanya, tapi aku tak tahu apa itu. Apakah itu cinta? Sayang? Atau sekedar suka?

Tiga tahun kita dekat, aku mulai mempertanyakan hubungan ini. Tak ada hal yang spesial, iya kita hanya teman dan bagiku mungkin selamanya akan seperti itu. Aku akui ini kesalahanku, aku datang dan pergi sesuai apa yang aku inginkan. Aku tak merasakan dia be-gitu berarti. Semua berjalan begitu saja. Hingga suatu ketika kita mulai menjauh dan aku memiliki seorang kekasih. Tapi telah berakhir, dan dia mengetahuinya. Pandu menjauh dariku, aku memutuskan hubungan dengan kekasihku. Aku menyadari bahwa Pandu orang yang sangat berarti bagiku. Semua hal kita lalui bersama, bahkan kita selalu memiliki impian masa depan yang konyol. Entah itu menikah, memiliki anak-anak yang lucu dan semua hal yang berhubungan dengan masa depan kita berdua. Bahkan sampai sekarang pun perasaan kita sudah semakin jauh, terakhir aku bertemu-nya di bandara, iya dia akan pergi dan tak tahu kapan akan kembali. Lima tahun berlalu, terlewati, semua cerita itu hanya ada aku dan kamu. Dialah cinta sejati, dialah yang akan kembali, entah kapan semua itu akan terjadi. Aku mencintainya, sangat mencintainya. Walau semua terlambat untuk menyadarinya, tapi aku selalu berharap dia akan selalu bahagia denganku atau dengan orang lain nantinya.

DI awal tahun 2015, SMPN 1 Petang, Badung sukses me-ngukir sejumlah prestasi. Salah satu prestasi pemuncak adalah sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional.

Yang membuat banyak pihak heran karena SMPN 1 Petang yang dikenal sekolah gratis ter-nyata mampu memanajemen SDM hingga meraih sekolah adiwiyata nasional. Piagam dan SK sebagai sekolah adiwiyata langsung di-terima Kepala SMPN 1 Petang, Ni Made Srigati,S.Pd.,M.MPd. di Jakarta. Semua piaga tersebut diserahkan Srigati kepada Ketua OSIS, Putu Widnyana didam-pingi Ketua Komite I Gusti Ngurah Suryajaya dalam upacara bendera, Senin (19/1) lalu.

Sekolah yang akrab dipanggil Spenstar (SMP Negeri Binaan Petang) ini kini menjadi sekolah yang asri, bersih dan menjadi model pelestarian lingkungan. Ni Made Srigati mengungkapkan SMPN 1 Petang sekaligus satu-satunya sekolah di Badung tahun 2014 yang meraih adiwiyata.

Ni Made Srigati sengaja me-nyerahkan prestasi ini saat Siwa-ratri sebagai momentum introsfeksi diri untuk menumbuhkan perilaku ramah lingkungan guna mencapai target adiwiyata mandiri.

Tahun ini sekolah ini wajib

SMPN 1 Petang Jadi Sekolah Adiwiyata Nasionalmengimbaskan program adiwiyata kepada 10 sekolah untuk menjadi sekolah adiwiyata di tingkat ka-bupaten.

Prestasi pemuncak SMPN 1 Petang ini sangat beralasan karena memiliki program unggulan dalam edukasi lingkungan. Di antaranya semua guru wajib dan mampu memasukkan materi lingkungan di bidang ajarnya. OSIS memiliki pilot proyek untuk Gelatik (Gerakan berkelanjutan anti sampah plastik). Hingga memiliki bank sampah un-tuk kompos dan menjual sampah plastik.

Yang menarik, Ni Made Srigati didampingi Kepala TU, I Gusti Ngu-rah Suryadarma, sekolah mene-rapkan denda Rp 5.000 bagi siswa yang tak disiplin membuang sam-pah. Sekolah ini dibantu komite juga ekstra unggulan tanaman hias untuk disumbangkan dan di-jual kepada masyarakat. Sekolah ini memiliki green house untuk pembibitan dan kantin sehat. Atas bantuan BLH Badung, sekolah ini dikenal berpartisipasi menyebar-kan biopori kepada masyarakat dan sekolah lainnya.

Ketua Komite I Gusti Ngurah Suryajaya,S.Sos, memberi apre-siasi atas prestasi SMPN 1 Petang. Prestasi ini bukan saja menjadi kebanggaan sekolah juga bagi masyarakat. Namun demikian dia

mengingatkan ke depan perlu kerja keras menuju adiwiyata mandiri.

Selain adiwiyata, SMPN 1 Petang juga meraih juara I Wa-

wasan Wiyata Mandala se-Bali. Siswanya meraih juara I dan II mapidarta Bahasa Bali, juara I gate ball, juara I nyastra se-Bali, juara

I lomba macepat dan masatua Bali, finalis inovasi pembelajaran antikorupsi dan juara lagu pop Bali. (sue)

ADIWIYATA ▬ Kepala SMPN 1 Petang, Ni Made Srigati menyerahkan piagam sekolah Adiwiyata kepada OSIS.

Lolita LestariSMAN 6 Denpasar

Teman Baru WMNama : I Putu Teguh Agustya KandaPanggilan : Guz/TeguhTTL : Batur, 7 Agustus 1999Agama : HinduZodiak : LeoHobi : Bermain musik, menyanyi, fotografi, dan berenangFacebook : Agustya KandaIg : Guz_stylePin BBM : 7F91470CPath : Guz_styleSalam : Salam buat keluarga tercinta dan kawan-kawan chulaly family art.Cita-cita : MusisiSekolah : SMAN 2 BangliMotto : Musik inspirasiku!Pesan : Berjuang demi meraih cita-cita.

Nama : I.A. Made Dwi Dyah PramiswariPanggilan : SMPK 1 HarapanAgama : HinduHobi : Modeling, fotografi, dan masih banyak lagi Pelajaranfavorit : Bahasa InggrisIg : dyhx_, dyah_pramiswariCita-cita : Model dan fotograferPesan : Semoga sekolah Harapan makin sukses dan anak-anaknya makin berprestasi, Astungkara. Want to know more about me? Just follow me on Ig and dm (direct message).

Nama : Rizky SudiantoroPanggilan : RizkySekolah : SMP Cipta DharmaHobi : Gaming, Pc Modding, dan fotografiGame : Battlefield 4 & COD Advance WarfareOrigin & Steam : IDN_R1zkyFacebook : Rizky SudiantoroTwitter : Rizky SudiantoroPath : Rizky SudiantoroIg : Rizky SudiantoroAsk.fm : Rizky SudiantoroLine & Kaskus : Rizky.321

RESEPSI HUT ke-15 SMK PGRI 3 Denpasar digelar, Rabu ( 28/1) lalu secara sederhana. Sekalipun digu-yur hujan, namun semangat keluar-ga besar SMK PGRI 3 Denpasar tak bergeming saat menjalankan apel bendera HUT. Bahkan Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., ikut berbasah ria sebagai pembina upacara.

Ini menunjukkan semangat dan disiplin siswa SMK swasta favorit di Denpasar ini patut dicontoh. Saat itu Madiadnyana melepas balon HUT, sedangkan syukuran HUT dipusatkan di aula sekolah setem-pat ditandai dengan pemotongan tumpeng. Puncak HUT dihadiri juga Wakil Ketua PPLP Dikdasmen PGRI Kota Denpasar, Dr. Nengah Sukama,S.Pd.,M.M.

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., tak mampu menyembunyikan rasa harunya melihat makin kokohnya persatuan dan soliditas warga SMK

Terapkan Budaya Kerja KerasPGRI 3 Denpasar. Untuk itu dia mengajak warga sekolah untu terus membudayakan bekerja keras dan bekerja cerdas. Jadilah SM PGRI 3 Denpasar sekolah paling berkualitas, paling bersih dan berprestasi serta sekolah paling banyak siswanya. Ini sesuai dengan tema HUT “Dengan kerja keras kita wujudkan SMK PGRI 3 Denpasar yang berkualitas, berprestasi dan bermartabat’’.

SMK PGRI 3 Denpasar dulu adalah kelas jauh dari SMP PGRI Badung. Sekolah ini resmi berizin 24 Jaunari 2000. Kini SMK PGRI 3 Denpasar yang membuka dua program keahlian yakni Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan di bawah binaan SMKN 4 Denpasar. Sekolah ini terakreditasi sangat baik.

Sekolah dengan 2.226 siswa ini sejak tahun 2011 menempati gedung baru milik sendiri. Makanya Kasek Madiadnyana di jajarannya dikenal sebagai bapak pembangu-nan hingga menjadikan SMK PGRI

SUDAH menjadi tradisi puncak HUT ke-38 SMAN 3 Denpasar alias Trisma, Sabtu (17/1) lalu dilakukan secara sederhana namun berkarak-ter. Luncak HUT diawali dengan persembahyangan bersama, pe-mentasan tari kebesaran Trismaya serta gelar budaya.

Puncak HUT dihadiri mantan kasek di antaranya Putu Sedana, Made Bandung dan Made Suana. Saat itu juga diserahkan penghar-gaan kepada siswa berprestasi dan pemenang lomba intern dan siswa SMP se-Bali.

Kepala SMAN 3 Denpasar, Drs. I Ketut Suyastra,M.Pd., menegaskan Trisma tetap dipertahankan sebagai pusat peneliti muda di Bali. Hal ini juga direspon oleh Pemkot Den-pasar dengan bantuan sarana dan lab yang memadai.

Untuk mengikis konsep kang-

SMAN 3 DenpasarBangun Sikap Empati

guang mone dogen, Ketut Suyas-tra, M.Pd., terus memotivasi siswa dan guru untuk tak puas dengan prestasi yang diraih sekarang yak-ni go nasional dan internasional. Inilah yang disebut sebagai bagian dari pendidikan karakter yakni membangun budaya prestasi. Hal ini sesuai dengan tema HUT kali ini yakni ‘’Membangun karakter mengukir prestasi’’.

Ketut Suyastra menambahkan konsep de ngaden awak bisa harus diganti dengan iraga bisa. Jangan justru mengejar prestasi kita lemah dalam pendidikan karakater sesuai amanat Kurikulum 13. ‘’ Sebenarnya konsep K-13 nafasnya sejak lama ada di Trisma,’’ujarnya.

Suyastra menegaskan pada HUT ke-38 Trisma kali ini dia ingin

membangun dan memperkuat rasa empati warga Trisma. Dari empati ini memumbangun SDM yang ber-tanggung jawab dan berkarakter.

Rasa empati itu diwujudkan warga Trisma dengan melakukan bakti sosial berupa aksi bersih lingkungan, menanam mangrove , memberi pembinaan siswa SD di sekitar Denpasar. Yang menarik, para siswa memberi bantuan ke-pada tiga KK misksin di Denpasar. Bantuan tersebut berupa peralatan dapur, almari dan tempat tidur.

Kemudian mengajak siswa Tris-ma mengunjungi penghuni RSUP Bangli untuk membangun rasa empati siswa. Tujuan akhirnya adalah menghilangan rasa ego, ke-mudian menciptakan harmoni dunia berangkat dari Trisma. (sue)

DUTA TRISMA ▬ Kasek Ketut Suyastra dan IB Putu Bintana bersama duta Trisma 2015.3 Denpasar ber-ISO 9001-2008.

Dia juga berterima kasih ke-pada gurunya yang selama 15 tahun diajak membesarkan sekolah ini. Bukan saja jumlah siswanya banyak namun dibarengi dengan peningkatan kualitas. Kado HUT SMK GRI 3 Denpasar kali ini adalah gedung baru berlantai III senilai Rp 3,5 milyar.

Ketua Panitia HUT ke-15 Made Sugiartana,S.ST.Par. menjelaskan akibat kesibukan sekolah puncak HUT yang jatuh 24 Januari dipe-ringati 28 Januari. Kegiatan HUT diawali dengan aneka lomba intern guna memperkuat kompetensi keahlian siswa. Di antaranya lomba making bed, mewirama, TI, darma wecana, pidato bahasa Inggris, fruit carving, kebersihan antar kelas dan olahraga. Bagai guru dan karyawan digelar lomba ngulat tipat. (sue)

POTONG TUMPENG ▬ Kepala SMK PGRI 3 Denpasar Nengah Madiad-nyana menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan OSIS.

HUT Ke-15 SMK PGRI 3 Denpasar

Page 7: Wiyata mandala 03022015

10Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

7Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

No. TTWM 58

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 58

Jawaban TTWM No. 57

Pemenang TTWM No. 57

1

L a y a r

Mendatar:1.nama bulan; 5.tidak bersuara; 7.rusuk; 8.tanya (Inggris); 9.kuku (Inggris);10.alat pemutar sekrup; 13.keluar (Inggris); 14.kompetisi; 17.makanan bulat berkuah; 19.Air Susu Ibu; 20.kita (Inggris); 21.negara kangguru; 22.tanda (Inggris); 23.kata ganti orang kedua; 24.berbuku.

Menurun:1.organ lunak dalam tengkorak; 2.tempat menjual barang; 3.sepeda (Inggris); 4.arena tinju; 5.genangan air yang luas; 6.nama negara; 11.tidak tetap hati; 12.angan-angan/khayalan; 13.penerangan tradisional; 15.yang ditangkap indra pencium; 16.tindakan/sikap yang dibuat-buat; 18.bintang (Inggris); 19.bulu di atas mata; 20.United States of America.

Mendatar1. Pusing5. Lain6. Dapur9. Ilusi10. Boga11. ATU

13. It14. Luap17. Yupa18. Hakikat19. Parah20. Malam

Menurun1. Padi2. Siput3. Nuri4. Singaraja7. Alat

8. Usul12. Sayap13. Ilham15. Putar18. Ikal

Jaya KusumaSMAN 8 Denpasar

Mahagita AnandaSMAN 4 Denpasar

2 3 4

8

10

12

7

5

9

6

13

1918

161514

11

20

22

21

17

24

23

KATNISS Everdeen, Prim (adiknya) dan teman-temannya Finnick Odair serta Gale Hawthorne merasa enggan menyesuaikan diri dengan kehidupan yang sangat kaku di bawah tanah, Distrik 13. Tempat ini menjadi markas ujung tombak pemberontakan di Panem. Katniss setuju untuk berperan menjadi “The Mockingjay” (simbol pemberontakan) tapi hanya dengan syarat Presiden Distrik 13 Alma Coin berjanji untuk memberikan kekebalan kepada semua peserta Hunger Games di mana lalu, termasuk Peeta Mellark, Annie Cresta (kekasih Finnick), serta diizinkan secara pribadi untuk membunuh Presiden Panem, Presiden Snow jika para pemberontak berhasil menangkapnya. Katniss ditugaskan untuk membintangi film propaganda yang disebut Propos. Katniss merasa tidak

The Hunger Games: MockingjayBintang : Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Julianne Moore, Philip Seymour Hoffman, Donald Sutherland, Jeffrey Wright dan Stanley Tucci.Sutradara : Francis LawrenceDistributor : Lionsgate

Ending Dari Petualangan dan Cinta Katniss Everdeen

senang karena tidak terlibat dalam pertempuran yang sebenarnya, tragis melibatkan pemboman sebuah rumah sakit di Distrik 8.

Sementara itu, Peeta ditahan oleh Capitol dan dipaksa untuk menjelek-jelekan Katniss dan para pemberontak di acara televisi. Namun, di suatu siaran, Peeta malah memaparkan rencana kejutan Capitol yang akan mengebom Distrik 13. Pihak Capitol “membajak” pikiran Peeta dengan cara ditanami tracker jacker beracun sehingga Peeta menjadi sangat membenci dan paranoid terhadap Katniss.

Segera setelah itu, Distrik 13 sukses melakukan upaya penyelamatan terhadap para peserta Hunger Games, termasuk Peeta dan Annie. Tapi Peeta berusaha membunuh Katniss saat mereka bertemu kembali. Terapi dapat memperbaiki kondisi psikologis Peeta dari waktu ke

waktu, tapi ia tetap dalam kondisi hilang ingatan dan cenderung menjadi tidak ramah terhadap Katniss.

Distrik 13 merayakan pernikahan Finnick dan Annie. Gale mengajukan strategi kontroversial untuk membom Distrik 2 dan menyalahkan Capitol. Mereka menyiapkan kampanye final melawan Capitol. Katniss dan tim Propo dikerahkan untuk melakukan tugas sepela ke Capitol dengan Peeta ikut di dalamnya. Presiden Coin bermaksud mengantisipasi keberadaan Katniss yang dibutuhkan lagi jika perang sudah berakhir. Coin yang tidak percaya terhadap Katniss berharap Katniss dibunuh oleh Peeta yang kondisinya tidak stabil. Komandan tim, Boggs terbunuh. Katniss mengambil alih dan meyakinkan yang lain bahwa mereka sedang berada di sebuah misi rahasia untuk membunuh Presiden Snow. Sementara itu, terjadi perang kota yang masif yang melibatkan permainan Hunger Games, seperti monster dan perangkap-perangkap. Banyak

membunuh Presiden Snow dalam suatu eksekusi. Snow yang menunggu eksekusi memberitahu bahwa Coin lah yang mengatur kematian Prim. Ia mengingatkan Katniss bahwa mereka memiliki janji di masa lalu untuk tidak saling berbohong satu sama lain. Snow meyakinkan Katniss bahwa serangan bom udara itu tidak memiliki tujuan untuk menyelamatkan dirinya. Tiba-tiba Katniss menyadari dengan ngeri bahwa serangan pesawat pemboman (parasut) mirip dengan strategi pemboman Distrik 2 yang diajukan oleh Gale.

Saat Katniss mempertanyakan hal ini kepada Gale dan kemungkinan keterlibatannya, Gale hanya memberikan ketidakpastian. Katniss menjadi semakin curiga bahwa ada konspirasi di belakangnya.

Presiden Coin mengusulkan sebuah ide kepada sebagian peserta Hunger Games yang masih hidup, termasuk Katniss,

rekan Katniss yang tewas, termasuk Finnick. Katniss masuk sendiri menuju rumah Presiden Snow yang dikelilingi oleh anak-anak pengungsi Capitol yang digunakan sebagai tameng untuk melindungi Snow. Saat Katniss mencapai rumah, sebuah parasut turun ke arah anak-anak dan meledak. Para petugas medis dari pasukan pemberontak berusaha membantu anak-anak yang terluka, namun parasut lanjut meledak lagi, menewaskan Prim dan membuat Katniss menjadi sangat murka.

Selama masa penyembuhan, Katniss menjadi sangat stres atas kematian adik perempuannya. Para pemberontakan telah memenangkan perang, dan Katniss bersiap untuk

untuk mendukung usulannya menghukum Capitol dengan cara seperti Capitol menghukum Distrik. Yakni mengadakan Hunger Games untuk anak-anak pemimpin Capitol. Sebelum Coin mengatur acara ini, tibalah hari eksekusi Snow di mana Katniss diberi hak untuk menjalan eksekusi. Saat bersiap melakukannya, Snow berkedip dan tesenyum, Katniss membuat keputusan sendiri dengan mengangkat busur dan menembak Presiden Coin hingga tewas. Katniss segera berusaha bunuh diri, namun Peeta menghentikannya. Situasi menjadi ricuh dan Katniss ditangkap.

Kemudian, Presiden Snow secara misterius ditemukan tewas. Katniss dibebaskan dari hukuman pembunuhan Coin dengan alasan kegilaan. Ia dipindahkan ke reruntuhan rumahnya, Distrik 12. Beberapa bulan kemudian, setelah semakin pulih, Peeta dan beberapa orang lainnya kembali ke Distrik 12. Gale bermukim di Distrik 2. Katniss memeluk Peeta. Ia mengakui kebutuhannya akan harapan dan cinta ada pada Peeta. Berbeda dengan Gale, ia merasakan bahwa apa yang ada pada Gale bisa ia temukan di dalam dirinya sendiri. Bersama Peeta, Katniss menulis buku yang penuh dengan kisah-kisah pengorbanan pada masa Hunger Games. Buku ini ditulis untuk merawat kenangan mereka yang sudah meninggal.

Dua puluh tahun kemudian, di akhir cerita, Katniss dan Peeta sudah menikah dan memiliki dua orang anak. Hunger Games masih diadakan, tapi untuk kebaikan, bukan saling membunuh. Peeta masih sering trauma karena pernah dicuci otak. Anak-anak mempelajari keterlibatan orang tua mereka dalam permainan dan perang. (sak)

Apa Itu Kaskus?

KASKUS adalah forum digital terbesar di Indonesia, berdiri pada tahun 1999 dan didirikan oleh trio mahasiswa universitas yang tidak sengaja didirikan karena diberikan tugas untuk membuat web oleh dosen mereka. Saat ini hanya satu orang dari trio mahasiswa itu yang tersisa yaitu Andrew Darwis yang saat ini menjabat sebagai CEO di Kaskus. Kaskus adalah tempat yang sempurna untuk kamu yang bosan hidup, bukan bosan hidup karena

ingin mati ya melainkan bosan dengan rutinitas sehari-hari. Tempat yang cocok untuk saling berdiskusi mengenai sutu topik yang sedang diperbincangkan. D isini juga mempunyai istilah-istilah yang keren dan bahkan juga merambah ke media serta jejaring sosial seperti sundul, cendol, bata, kimpoi, dan lain sebagainya, ayo tunggu apalagi buruan main Kaskus dan rasakan keserunannya!

Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

MATA merupakan salah satu organ paling penting bagi manusia. Dengan mata kita dapat melihat dunia sekitar, kita dapat memahami indahnya ciptaan Tuhan dan banyak hal lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa semua orang akan merasa sangat takut kehilangan pengelihatan.

Namun banyak di antara kita cukup takut untuk memeriksakan mata secara teratur untuk mendeteksi penyakit yang dapat menimbulkan hilangnya pengelihatan. Kesibukan atau merasa yakin tidak ada masalah dengan pengelihatan seringkali menjadi alasan sehingga tidak perlu pemeriksaan.

Penting untuk diketahui bahwa, tidak ada gejala awal dar penyakit pada mata. Penyakit pada mata seperti

Memelihara Kesehatan Matatekanan darah tinggi biasanya saat diketahui ada masalah, semua sudah terlambat.

Deteksi awal terhadap glaukoma dan katarak akan mencegah hilangnya pengelihatan. Pemeriksaan mata secara teratur dari masih bayi sampai tua adalah kuncinya.

Menunggu sampai gejala muncul sebelum menjadwalkan untuk pemeriksaan mata bukan ide bagus karena ketika gejala muncul, sering penyakit lebih sulit untuk disembuhkan. Sekali pengelihatan hilang, tidak akan bisa dikembalikan!

Di samping pemeriksaan secara teratur, ada beberapa langkah pencegahan agar mata tidak terluka. Bagi mereka yang terlibat dalam olahraga seperti hoki, baseball atau squash perlu memakai pelindung mata seperti kacamata pelindung debu atau kacamata pelindung lain termasuk mereka yang bekerja mengelas atau bekerja dengan bahan kimia.

Karina Y.SSmapan

Suara Perempuan Lebih Seksi di Masa Subur

BUKAN hanya laki-laki yang mengalami perubahan suara. Sebuah penelitian membuktikan, di masa subur, suara perempuan berubah menjadi lebih seksi. Penelitian unik dilakukan oleh peneliti niversitas New York Amerika Serikat. Mereka mengambil sample suara wanita di masa suburnya di saat-saat biasa. Rekman itu kemudian dipasang dan didengarkan ke sejumlah orang.

Para pendengar kemudian di survey, suara mana yang lebih menarik dan melekat di hati mereka. Bagi para pendengar, suara perempuan pada saat subur yang lebih memikat dan seksi.

Menurut Dr. Manny Alvarez yang detikhot kutip dari Foxnews, perubahan hormon pada perempuan di masa suburnya dapat mempengaruhi suara.

Saat mengalami masa subur, ada beberapa perubahan struktur hormon pada perempuan, yaitu kombinasi antara meningkatnya hormon ekstrogen dan kelenjar pituitary. Hormon estrogen tak hanya mempengaruhi sistem reproduksi tapi juga feminitas seorang perempuan.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

KELUARGA besar SMAN 5 Denpasar (Smanela) Denpasar merayakan HUT ke-41, Sabtu malam (10/10) lalu. HUT diisi dengan potong tumpeng dan penampilan aneka kreativitas seni siswa serta grup band Sound of Mirror.

Yang menarik semua aktivitas HUT dipusatkan di sekolah, bukan di hotel. Hal itu sesuai imbauan Kepala SMAN 5 Denpasar, Drs. Nyoman Winata,M.Hum. Di HUT ke-41 ini diisi dengan penyerahan beasiswa kepada siswa SD di lingkungan Sidakarya dan anjang sana ke guru dan mantan guru yang sedang sakit.

KEPALA SMK PGRI 5 Denpasar, Dra.Ni Ketut Nuka, Sabtu (17/1) lalu melantik pengurus OSIS SMK PGRI 5 Denpasar periode 2015-2016. Menariknya, ketua OSIS baru dipimpin seorang wanita, Ni Made Enik Mardianti.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus OSIS ditandai dengan penyematan pin dan jas OSIS serta penyerahan panji OSIS oleh Kasek Ni Ketut Nuka didampingi Pembina SMK PGRI 5 Denpasar sekaligus Ketua Komite, Drs. I Wayan Darya Kusuma,M.Pd.

Kasek Ni Ketut Nuka memberi penghargaan atas prestasi OSIS lama yang dipimpin oleh I Gede Eka Widnyana Putra. Pengurus OSIS telah banyak memberi kontribusi terhadap citra lembaga. Di antaranya memboyong piala Wali Kota pada lomba napak tilas Puputan Badung November lalu. Ini menunjukkan prestasi anak-anak Skagrima ini mampu bersaing dengan sekolah negeri dan swasta lainnya di Bali.

Kepada pengurus OSIS baru, Ni Ketut Nuka mengharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan model pengurus lama. Di samping itu mampu mengukir prestasi seperti tahun lalu atau meningkat dari tahun sebelumnya.

Menyinggung soal siswa baru, SMK PGRI 5 Denpasar tahun ini akan menerima 500 siswa baru yakni tujuh kelas untuk Akomodasi Perhotelan dan lima kelas untuk Jasa Boga. Sedangkan siswa yang

Smanela Lahirkan Generasi EmpatiSelain menjadi sekolah sehat, sekolah adi wiyata

mandiri dan sekolah lingkungan, Smanela kini memperkokoh diri menjadi sekolah go internasional. Hal itu dilakukan dengan melakukan dialog dengan siswa di sejumlah negara seperti AS, London, Pakistan dan lain-lain lewat teleconference. Teleconference ini kerjasama dengan Unesco. Inilah bagian dari sikon di era global. Anak-anak terlatih bahasa Inggris, percaya diri dan komunikatif, tegas Winata.

Kepada siswa, dia menegaskan jajaran Smanela konsisten menjalankan Kurikulum 2013 (K-13). Tahun ini juga sukses membentuk Ikatan Alumni Smanela. Ikatan alumni ini digagas Putu Arsana dan Kadek Suwitra.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya menegaskan Smanela yang menjadi sekolah favorit dengan ikon lingkungan juga diharapkan melahirkan alumni yang berkarakter dan pelaku ekonomi kreatif. Dia akan menjadi sekolah model integrasi satuan pendidikan dengan masyarakat lewat berbagai bentuk pengabdian masyarakat. Ini sudah dibuktikan anak-anak Smanela melalui peneliti mudanya mampu menciptakan iptek pembersih air sumur warga.

Inilah yang dikatakan IGN Eddy Mulya melahirkan anak-anak dan alumni Smanela yang memiliki sikap empati terhadap lingkungan. Sikap empati ini membentuk SDM bertanggung jawab yang akhirnya menciptakan SDM yang cerdas secara intelektual, sosial dan spiritual. Saat itulah Smanela akan menciptakan generasi kreatif. (sue)

SELAMAT - Kadisdikpora IGN Eddy Mulya memberi ucapan selamat kepada Kasek Nyoman Winata pada puncak HUT ke- 41 SMAN 5 Denpasar.

Kepala SMKN 5 Denpasar Lantik Pengurus OSIS

LANTIK OSIS - Kepala SMK PGRI 5 Denpasar, Ni Ketut Nuka didampingi Pembina I Wayan Darya Kusuma saat melantik pengurus OSIS baru.

akan tamat tahun ini 487 orang.SMK ini memiliki keunggulan dalam kelengkapan

sarana seperti kitchen, lab restoran, lab hotel dan semua organisasi kesiswaan memiliki ruangan khusus. Termasuk satu-satunya SMK yang memberi esktra unggulan berupa fruit carving. (sue)

WM/sue

WM/sue

WM/ist

WM/ist

WM/ist

PUNCAK HUT ke- 62 Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Rabu ( 28/1) lalu dilaksanakan secara meriah. Acara syukuran dipusatkan di Aula Yayasan, sementara malam hiburan dipusatkan di Taman Budaya dengan agenda utama kreativitas seni, Layon Sari dan Meet and Great with Sheila on 7.

Di acara itu juga diserahkan piala dan hadiah bagi pemenang lomba. Juga diserahkan penghargaan kepada guru dan karyawan yang telah mengabdi selama 10 tahun hingga 30 tahun.

Di HUT ke- 62 M.S Chandra Jaya yang mengelola pendidikan TK/PAUD, SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi (S-1 dan S-2) mengaku belum

Puncak HUT ke-62 Yayasan Dwijendrapuas dengan prestasi yang diraih saat ini. Pihaknya akan terus menampilkan pendidikan bermutu lewat kelengkapan sarana dan prasarana. Bersamaan dengan itu juga ditingkatkan kesejahteraan guru dan karyawan.

Peningkatan kesejahteraan ini melalui pemberian BPJS kepada semua guru dan karayan. Selain itu juga memberikan tunjangan asuransi har tua kepada semua guru dan karyawan untuk menjamin kesejateraan mereka. Setiap tahun yayasan juga meningkatkan honor mengajar.

Ikon Dwijendra ‘’Manyabraya,rahayu kapanggih’’ bisa dijadikan pelajaran bagi Dwijendra, pemimpin Bali dan nasional untuk mengedepankan etika, persaudaraan dan kedamaian. Hal ini juga dia tekanlan kepada warga Dwijendra untuk tidak cepat berpuas diri meningkatkan kualitas diri dan kualitas institusi . Hanya dengan kualitas, kita bisa menjaga kepercayaan masyarakat.

Ketua Panitia HUT ke- 62 Yayasan Dwijendra yang juga Rektor Undwi, Dr. Putu Dyatmikawati,S.H.M.Hum., mengungkapkan tema HUT ‘’Manyamabraya, rahayu kepanggih’’ menekankan pada penguatan persaudaraan, saling asah, asih dan asuh termasuk saling menghargai dan menghormati.

Sejumlah lomba yang digelar antara lain modern dance, band se-Bali, membaca seloka, jegeg-bagus, story telling, gerak jalan gembira, sungkeman kepada orangtua, pramuka, peradilan semu, opini mahasiswa di media massa, dan menulis artikel di Bali Post. Juga digelar lomba menggambar TK se-Denpasar, tari tradisional serta menghadirkan wali kota pada kuliah umum soal budaya kreativitas. (sue)

PENGHARGAAN - Ketua Yayasan Dwijendra M.S. Chandra Jaya menyerahkan penghargaan kepada guru dan karyawan atas pengabdiannya.

WM/sue

Page 8: Wiyata mandala 03022015

8Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

9Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Trend

Beragam Manfaat Buah Lemon

WM/ist

MITOS bahwa makan jambu biji dapat mengakibatkan peradangan pada umbai cacing (apendiks) masih sering terdengar. Mitos ini berkembang karena apendiks memiliki muara yang dirancang sedemikian rupe sehingga dianggap mudah dimasuki biji-bijian. Mitos pun berkembang bahwa muara itu merupakan gerbang masuknya biji ke dalam usus buntu. Jika sudah menumpuk dan mengeras dapat mengakibatkan peradangan. Padahal, mitos tersebut tidak benar. Para ahli menyebutkan bahwa dari segi medis, tidak

Benarkah Makan Jambu Biji Dapat Mengakibatkan Apendisitis?

Tips Ngaskus Ria

hal ini yaitu just keep calm, Bro.Sekali-sekali Belilah DonatUntuk menghargai pelayan-

an kaskus yang MASKOPLER, sekali-sekali jadilah donatur kaskus, selain menyumbang un-tuk perusahaan, kamu juga bisa mendapat beberapa fitur yang tidak bisa didapatkan pengguna biasa salah satunya kamu akan diberi label Kaskus Donatur [$]!

Jika Sudah ISO, Berilah Cendol Kepada Thread Yang Berkualitas

Sebagai seorang manusia yang beretika, sudah sepantas-nya kita menghargai jerih payah seorang TS yang susah payah mendesain thread-nya agar enak dibaca oleh viewer-nya.

Lebih baik menjadi junker daripada silent reader

Silent reader adalah orang yang paling saya benci dalam Kaskus, mereka sama sekali tidak

berkomentar di thread, tetapi ha-nya membacanya dan setelah itu pergi tanpa meninggalkan jejak. Menurut saya sih lebih terhormat junker daripada pengguna bertipe silent reader.

Bermainlah di Subforum, Re-gional, dan bergabunglah de-ngan komunitas

Saya sangat menganjurkan hal di atas, jika kamu melakukan se-mua hal yang tercantum di atas, maka Kaskus akan menjadi “tem-pat bermain” yang seru untuk ke-seharian kamu.

Itulah beberapa tips untuk ngaskus ria, semua hal itu bisa menjadi pedomanmu untuk ber-main Kaskus menjadi hal yang lebih baik.

Aliffa Mochammad Rezha SMPN 7 Denpasar

menunjukkan aroma tertentu dapat menahan nafsu makan. Aroma yang berguna dengan baik untuk ini yaitu apel, peppermint, dan pisang.

Tekan nafsu makanmuTidak akan menemukan saran

ini di perpustakaan obat-obatan nasional, tetapi ketika kamu merasa tidak beradaya melawan nafsu makanmu, coba cubit area kecil dari tulang rawan, tempat di mana rahangmu menempel tepat di bawah telinga, yang mana beberapa ahli akupuntur mengatakan kalau itu adalah titik pengendalian nafsu makan. Lakukan ini selama setengah menit.

Makan makanan yang cepat mengenyangkan

Untuk makan lebih sedikit waktu makan dan menyamil, pilihlah makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi, yang mana berarti lebih mengenyangkan dibanding makanan lain. Anehnya, meski makanan berlemak itu enak dan membuat kamu kenyang, mereka tidak memiliki nilai tinggi dalam skala mengenyangkan karena kita cenderung ingin terus makan lagi. Beberapa makanan yang mengenyangkan yaitu, popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur, dan jeruk.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

Enam Cara Tahan Nafsu MakanTanya diri kita kenapaUntuk kebanyakan orang,

makanan bukanlah menjadi alasan untuk menaikkan bobot tubuh tapi lebih kea rah sekedar di antara mengunyah dan menyamil. Para ahli menekankan tipe makan seperti ini tidak berhubungan dengan rasa lapar. Berlaku pula pada saat bosan atau stress atau rutinitas sehari-hari. ada satu penangkal yang sederhana, tanya diri kita sendiri secara jujur, untuk apa kita memasukkan makanan dalam mulut. Jika rasa lapar bukan alasan utamanya, segera hentikan.

Cari alternatif lainBanyak makan itu akibat bosan,

stress dan rutinitas. Apa yang harus dilakukan ketika bosan, stress atau butuh suatu rutinitas? Jawabannya mudah, jalan-jalan, nyalakan musik, telfon teman, baca majalah favorit. Apa saja yang memberimu kesenangan dan relaksasi. Jika kamu bisa menciptakan satu rutinitas baru untuk menghadapi hari demi hari tetapi tanpa melibatkan makanan, ini sudah merupakan suatu langkah tepat untuk mengurangi berat badan.

Nyalakan lampuKetika kamu masuk dalam

dapur di malam hari, nyalakan semua lampu yang ada. Irvine, seorang peneliti dari “University of Carifornia” mengatakan kamu akan merasa berbeda dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu. Perasaan berada dalam sorotan ini membuat kamu punya kesadaran tambahan dan tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu, seperti melahap es krim misalnya.

Pergi ke toko lilinLain kali kamu ingin menyamil,

nyaakan lilin beraroma. Penelitian

KADAR (kandungan) kafein dalam setiap teh bervariasi tergantung pada campuran, ukuran daun, serta suhu dan waktu penyeduhan. Teh seduh (tanpa kantong) mempunyai kadar kafein lebih tinggi dari pada teh celup karena ukuran dan kualitas daunnya berbeda. Berikut kandungan kafein beberapa jenis the dalam satu cangkir. Teh hitam mengandung kafein 23-110 mg, teh oolong (teh semi fermentasi) mengandung kafein 12-55 mg, teh hijau mengandung kafein 8-36 mg, teh putih mengandung kafein 6-25 mg, decaffeinated tea (teh yang dihilangkan kafeinnya) mengandung 1-4 mg, teh herbal mengandung 0 kafein. Kandungan kafein dalam secangkir teh yang diseduh pada suhu lebih rendah akan lebih rendah daripada diseduh dengan air mendidih. Oleh karena itu, air teh seduhan pertama sebaiknya dibuang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dan diganti air the seduhan kedua. Kandungan kafein pada seduhan kedua lebih rendah hingga 75% dibanding seduhan pertama.

Annisa PratiwiSixsma

WM/ist

ada hubungan antara biji jambu dengan radang usus buntu. Biji pada buah jambu tidak akan menyumbat usus buntu karena adanya gerakan paristaltik pada usus buntu termasuk umbai cacing. Adanya gerakan paristaltik tersebut akan membuat benda yang masuk ke usus buntu akan disorong kembali keluar. Peradangan pada apendiks atau lebih dikenal dengan apendisitis biasanya disebabkan oleh infeksi

bakteri dan dapat juga karena adanya penumpukan tinja terjadi karena kurangnya konsumsi serat dan air putih sehingga tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

Widi PratiwiSMPN 7 Denpasar

Kandungan Kafein Dalan Teh

BELUM hilang dari ingatan kita ten-tang perdebatan kurikulum 2013 di mana banyak pihak yang pro dan kontra, dunia pendidikan dihebohkan kembali dengan berita kontroversial tentang pelaksanaan UN. Kacaunya rencana UN jenjang SMA/SMK menjadi headline news di berbagai stasiun televisi nasional bahkan koran cetak nasional maupun lokal. Kini muncul lagi ide UN online. Gemana bentuknya, belum ban-yak yang tahu.

UN memang perlu banyak perbaikan. Bisa dikatakan pelaksanaannya menga-lami kemunduran. Buruknya kualitas kertas lembar jawab komputer UN, keterlambatan distribusi paket soal (terutama untuk jen-jang SMA/SMK), LJK UN sulit dipindai saat proses koreksi mendapat sorotan dari pe-merhati pendidikan Indonesia

Secara tidak langsung buruknya pelak-sanaan UN menambah beban pikiran siswa peserta UN. Adanya rasa waswas yang ber-

Kini Muncul UN ’’Online’’lebihan akan lulus/tidaknya mereka dalam UN bahkan dilontarkan oleh beberapa siswa SMA selesai mereka mengikuti UN. Takut jawaban mereka tidak akan dapat dibaca oleh mesin pemindai soal sehingga mengurangi nilai dan merugikan mereka merupakan salah satu alasannya. Blow up media massa tentang carut marut pelaksanaan UN jenjang SMA/SMK juga menambah beban siswa SMP yang mengikuti UN.

UN 2013 yang pertama kalinya mengga-gas tiap peserta mengerjakan soal yang ber-beda dengan peserta lain dalam satu ruangan pada awalnya berusaha mengurangi kecura-ngan-kecurangan seperti yang terjadi dalam pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Namun pada kenyataannya hanya menjadi bahan ter-tawaan dan cibiran dari berbagai kalangan. Banyak kalangan menganggap Mendikbud tidak becus mengurus UN. Berbagai pihak saling menyalahkan satu sama lain. Bahkan akhirnya kembali gencar gerakan menolak

UN.UN 2013 dengan 20

paket soal dengan meng-gunakan barcode sebe-narnya keputusan yang sangat bagus untuk me-nekan kecurangan. Akan tetapi ternyata bocoran kunci jawaban tetap saja ditemukan di beberapa sekolah. Agaknya ba-nyaknya paket soal tidak menyurutkan beberapa pihak tertentu untuk mengambil keuntungan dari kegelisahan peserta UN. Mereka menawar-kan kunci jawaban UN dengan harga yang sangat fantastis!

Agaknya UN memang harus benar-benar dievaluasi. Dicari titik persoalan utama se-hingga carut-marut pelaksanaannya dapat

menjadi pembelajaran bagi pelaksanaan UN tahun berikutnya. (Jika UN masih harus tetap dilaksanakan). (krisna_jurnalisSmaker)

KEBIJAKAN Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan tidak menjadikan ujian nasional (UN) seba-gai syarat kelulusan memberi kabar baik bagi para guru pembina. Mereka setuju UN hanya menjadi alat pemetaan.

Suci Astika adalah salah seorang guru yang menyetujui kebijakan tersebut. Menu-rutnya, kebijakan ini ibarat pencerahan dalam dunia pendidikan. Sebab, kata Suci, selama ini banyak siswa mengeluh karena UN men-jadi syarat kelulusan. Bahkan, siswa pandai pun dirugikan karena tidak lulus karena nilai UN-nya jelek.

Dia menilai, sekolahlah yang pantas me-nentukan penilaian karena telah mendidik siswa serta mencatat prestasi dan perkem-bangan mereka. “UN sebagai pemetaan menjadikan sekolah semakin berupaya agar kegiatan belajar mengajar (KBM) terlaksana sebaik-baiknya. Jangan sampai merugikan siswa,” ujar Suci.

Meraih nilai UN sebaik mungkin masih menjadi hal penting bagi sekolah karena hal tersebut turut menentukan sekolah. Jika nilai UN baik, maka prestasi sekolah juga baik.

Selain itu, sekolah harus semangat dalam

Bikin Siswa tak Stresberupaya meraih nilai UN yang menunjuk-kan kualitas mereka secara nasional. Suci menambahkan, meski nilai UN tidak men-jadi syarat kelulusan, sekolah tetap harus memperhatikan tingkat kelulusan siswanya, “Dengan UN tidak dijadikan syarat kelulu-san, anak menjadi tidak stres, fokus belajar dengan tenang, dan tidak ketakutan serta kekhawatiran. Tetapi sekolah harus tetap berupaya meraih nilai UN yang lebih bagus dari tahun sebelumnya. Tetap perlu try out (TO) untuk melatih siswa,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ratna Dwi-jayanti. Dia sepakat UN hanya menjadi alat pemetaan hasil pendidikan,”Saya setuju kalau UN tidak dijadikan standar kelulusan. Karena para siswa sudah saya didik selama tiga tahun,” kata Ratna.

Selain itu, lanjut Ratna, hasil UN juga dapat dipakai sebagai salah satu syarat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ne-geri (PTN) melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). “Se-moga tidak ada kebocoran pada UN tahun ini. Mudah-mudahan aman dan tetap murni seperti tahun lalu,” imbuhnya. (sak)

UN (Ujian Nasional) adalah salah satu kebijakan dari pemerintah yang berhubun-gan dengan pendidikan, di mana tingkat kelulusan bagi anak sekolahan dilihat dari lulus tidaknya mereka saat mengikuti Ujian Nasional tersebut. Dengan kata lain Ujian Nasional atau UN ini merupakan tolak ukur dari keberhasilan seorang siswa dalam be-lajar selama 3 atau 6 tahun pada tingkat SD, SMP, dan SMA.

Saya pribadi tidak setuju dengan ada-nya UN ini, karena akan adanya ketidak-seimbangan dari hasil UN itu. Terbukti, masih ada saja anak yang dianggap pin-tar atau katakanlah dia selalu masuk 10 besar di kelasnya, juga aktif dalam ber-organisasi, tetapi saat UN, dia tidak lulus, itu kurang masuk akal juga. Ada yang di-anggap kurang pintar tetapi lulus dengan nilai yang baik pula, itu adalah salah satu bentuk ketidakadilan dari hasil UN terse-but. Dapat kita katakan bahwa UN hanya berhasil karena faktor milik, istilahnya ‘masa bertahun-tahun belajar harus dika-lahkan dengan UN itu’. Ditambah dengan syarat-syarat ketentuan lulus yang diang-gap memberatkan siswa, adanya kenaikan rata-rata nilai, mata pelajaran yang ditam-bah, dan lainnya.

Belum lagi kita bisa lihat pemberitaan-pemberitaan yang menampilkan bahwa ada sebagian sekolah yang sudah menda-pat jawaban entah dari mana asalnya, atau

Biarkan Sekolah Tentukan Kelulusanadanya sindikat-sindikat tertentu yang men-jual soal-soal atau jawaban dari UN. Sehingga kita bisa simpulkan bahwa setiap orang yang mengikuti UN bisa menghalalkan segala cara agar bisa lulus dengan mudah dan mendapat-kan nilai yang memuaskan meskipun dengan tidak belajar terlebih dahulu. Banyak siswa yang saling bekerja sama dalam menyelesai-kan soal-soal UN dan banyak lain lagi yang mengurangi nilai baik UN. Itu sama saja de-ngan curang, siswa ingin lulus tapi bukan hasil dari siswa itu sendiri dan akan adanya pembodohan karakter dalam situasi seperti ini.

Sungguh kalau saya pribadi tidak me-ngiginkan UN itu ada. Karena bagi saya per-cuma juga UN itu ada, hasilnya tidak murni. Kalaupun ingin ada UN, janganlah UN ini di-jadikan sebagai tolak ukur kelulusan dari para siswa. Biarlah pihak sekolah yang menentu-kan apakah siswa itu berhak lulus atau tidak. Karena menurut saya pun, guru atau pihak sekolah setidaknya lebih tau siswa mana saja yang bisa dikatakan bisa untuk lulus dengan nilai yang memuaskan.

Oleh karena itu, saya ingin UN ini ditiada-kan, janganlah membuat pendidikan di Indo-nesia ini semakin menegang dengan program-program yang dianggap masih menakutkan para siswa untuk menghadapinya. Contohnya saja pada UN ini, hanya ada ketakutan-ket-akutan tersendiri dari para siswanya dalam menghadapi UN yang memang sudah memi-

liki image sebuah atau sesuatu yang mem-

beratkan siswa. Dan yang didapat dari UN ini hanya ketegangan-ketegangan dan ketakutan-ketakutan dari para siswanya itu sendiri. (krisna_jurnalisSmaker)

BUAH lemon menambahkan rasa dan aroma tersendiri untuk mempertinggi cita rasa bila

digunakan dalam memasak. Selain itu, buah yang tingkat keasaman cukup tinggi ini juga

bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit.

Tapi tahukah Anda bahwa buah lemon ternyata punya lebih banyak manfaat unik daripada sekedar manfaat kesehatan? Nah, penasaran? Yuk kita simak beberapa penjelasan berikut.

Menghilangkan bau di tempat sampah

Kulit lemon atau menuangkan sedikit jus lemon ke tempat sampah yang beraroma buruk akan menyegarkan dan menghilangkan bau tersebut.

Membersihkan kacaGosok kaca yang kusam dengan potongan lemon atau rendam kaca

tersebut ke dalam campuran air dan jus lemon untuk menambah kilauan dari kaca tersebut. Metode ini sangat efektif untuk membersihkan pot kopi, pitcher, atau decanters.

Membersihkan tanganBuah lemon juga bermanfaat untuk membersihkan tangan dari aroma

bawang, bahan kimia, atau bau amis dari ikan. Caranya, gosok tangan dengan irisan lemon untuk menghilangkan bau tersebut. Menariknya, cara ini juga akan memberikan bonus kepada kulit Anda karena akan melembutkan kulit.

Membersihkan rambutJus lemon ternyata memiliki manfaat untuk merawat rambut kering

yang terbakar sinar matahari. Caranya, campur 1 buah air lemon dengan 4 bagian air, bilas rambut dengan air lemon dan kemudian bilas bersih dengan air jernih.

Menyegarkan aroma ruanganSemangkuk lemon mampu menambahkan aroma segar ke setiap

sudut ruangan rumah Anda. Uniknya, lemon bisa bertahan hingga dua minggu pada suhu kamar dingin.

Memperhalus kulitAnda bisa membuat scrub kulit dengan mencampurkan 3 sendok

almon, semangkuk lemon, dan satu sendok teh air lemon serta satu sendok teh madu ke dalam blender. Setelah dihaluskan, terapkan pada wajah sembari dipijat secara perlahan. Diamkan sejenak hingga kering, lalu bilas dengan air hangat

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

HALO, ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan memba-has tentang Kaskus, forum digi-tal terbesar di Indonesia. Kaskus berdiri pada tahun 1999, didiri-kan secara tidak sengaja oleh trio mahasiswa Indonesia yang saat itu sedang kuliah di salah satu universitas di luar negeri kala itu, saat ini hanya tinggal satu orang dari tiga mahasiswa itu yang mengelola Kaskus yaitu Andrew Darwis yang saat ini te-lah menjabat sebagai CEO di Kaskus. Nah, sampai di sini dulu penjabarannya, kali ini saya akan membagikan tips untuk ngaskus ria dan bisa menjadikannya pe-doman untuk kamu agar men-jadi kaskuser sejati. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, langsung aja cekidot.

Rajin-rajinlah membuka fo-rum Kaskus

Ini bisa membangkitkan gairah kamu akan Kaskus, jika rajin melakukannya setiap hari, niscaya kamu akan selalu keran-jingan ngaskus.

Jangan selalu menjadi junk-er, sekali-sekali jadilah TS

Ideologi diatas patut kamu te-ladani. Ane lebih prefer bahwa seorang TS lebih mulia dari pada menjadi seorang junker.

Hindarilah perselisihanAne paling miris sama hal ini,

kasus paling santer sih waktu itu salah satu kaskuser menghina web 1CAK, hasilnya mereka saling berselisih satu sama lain, satu hal yang dapat dipetik dari

WM/ist

Page 9: Wiyata mandala 03022015

8Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

9Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Trend

Beragam Manfaat Buah Lemon

WM/ist

MITOS bahwa makan jambu biji dapat mengakibatkan peradangan pada umbai cacing (apendiks) masih sering terdengar. Mitos ini berkembang karena apendiks memiliki muara yang dirancang sedemikian rupe sehingga dianggap mudah dimasuki biji-bijian. Mitos pun berkembang bahwa muara itu merupakan gerbang masuknya biji ke dalam usus buntu. Jika sudah menumpuk dan mengeras dapat mengakibatkan peradangan. Padahal, mitos tersebut tidak benar. Para ahli menyebutkan bahwa dari segi medis, tidak

Benarkah Makan Jambu Biji Dapat Mengakibatkan Apendisitis?

Tips Ngaskus Ria

hal ini yaitu just keep calm, Bro.Sekali-sekali Belilah DonatUntuk menghargai pelayan-

an kaskus yang MASKOPLER, sekali-sekali jadilah donatur kaskus, selain menyumbang un-tuk perusahaan, kamu juga bisa mendapat beberapa fitur yang tidak bisa didapatkan pengguna biasa salah satunya kamu akan diberi label Kaskus Donatur [$]!

Jika Sudah ISO, Berilah Cendol Kepada Thread Yang Berkualitas

Sebagai seorang manusia yang beretika, sudah sepantas-nya kita menghargai jerih payah seorang TS yang susah payah mendesain thread-nya agar enak dibaca oleh viewer-nya.

Lebih baik menjadi junker daripada silent reader

Silent reader adalah orang yang paling saya benci dalam Kaskus, mereka sama sekali tidak

berkomentar di thread, tetapi ha-nya membacanya dan setelah itu pergi tanpa meninggalkan jejak. Menurut saya sih lebih terhormat junker daripada pengguna bertipe silent reader.

Bermainlah di Subforum, Re-gional, dan bergabunglah de-ngan komunitas

Saya sangat menganjurkan hal di atas, jika kamu melakukan se-mua hal yang tercantum di atas, maka Kaskus akan menjadi “tem-pat bermain” yang seru untuk ke-seharian kamu.

Itulah beberapa tips untuk ngaskus ria, semua hal itu bisa menjadi pedomanmu untuk ber-main Kaskus menjadi hal yang lebih baik.

Aliffa Mochammad Rezha SMPN 7 Denpasar

menunjukkan aroma tertentu dapat menahan nafsu makan. Aroma yang berguna dengan baik untuk ini yaitu apel, peppermint, dan pisang.

Tekan nafsu makanmuTidak akan menemukan saran

ini di perpustakaan obat-obatan nasional, tetapi ketika kamu merasa tidak beradaya melawan nafsu makanmu, coba cubit area kecil dari tulang rawan, tempat di mana rahangmu menempel tepat di bawah telinga, yang mana beberapa ahli akupuntur mengatakan kalau itu adalah titik pengendalian nafsu makan. Lakukan ini selama setengah menit.

Makan makanan yang cepat mengenyangkan

Untuk makan lebih sedikit waktu makan dan menyamil, pilihlah makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi, yang mana berarti lebih mengenyangkan dibanding makanan lain. Anehnya, meski makanan berlemak itu enak dan membuat kamu kenyang, mereka tidak memiliki nilai tinggi dalam skala mengenyangkan karena kita cenderung ingin terus makan lagi. Beberapa makanan yang mengenyangkan yaitu, popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur, dan jeruk.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

Enam Cara Tahan Nafsu MakanTanya diri kita kenapaUntuk kebanyakan orang,

makanan bukanlah menjadi alasan untuk menaikkan bobot tubuh tapi lebih kea rah sekedar di antara mengunyah dan menyamil. Para ahli menekankan tipe makan seperti ini tidak berhubungan dengan rasa lapar. Berlaku pula pada saat bosan atau stress atau rutinitas sehari-hari. ada satu penangkal yang sederhana, tanya diri kita sendiri secara jujur, untuk apa kita memasukkan makanan dalam mulut. Jika rasa lapar bukan alasan utamanya, segera hentikan.

Cari alternatif lainBanyak makan itu akibat bosan,

stress dan rutinitas. Apa yang harus dilakukan ketika bosan, stress atau butuh suatu rutinitas? Jawabannya mudah, jalan-jalan, nyalakan musik, telfon teman, baca majalah favorit. Apa saja yang memberimu kesenangan dan relaksasi. Jika kamu bisa menciptakan satu rutinitas baru untuk menghadapi hari demi hari tetapi tanpa melibatkan makanan, ini sudah merupakan suatu langkah tepat untuk mengurangi berat badan.

Nyalakan lampuKetika kamu masuk dalam

dapur di malam hari, nyalakan semua lampu yang ada. Irvine, seorang peneliti dari “University of Carifornia” mengatakan kamu akan merasa berbeda dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu. Perasaan berada dalam sorotan ini membuat kamu punya kesadaran tambahan dan tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu, seperti melahap es krim misalnya.

Pergi ke toko lilinLain kali kamu ingin menyamil,

nyaakan lilin beraroma. Penelitian

KADAR (kandungan) kafein dalam setiap teh bervariasi tergantung pada campuran, ukuran daun, serta suhu dan waktu penyeduhan. Teh seduh (tanpa kantong) mempunyai kadar kafein lebih tinggi dari pada teh celup karena ukuran dan kualitas daunnya berbeda. Berikut kandungan kafein beberapa jenis the dalam satu cangkir. Teh hitam mengandung kafein 23-110 mg, teh oolong (teh semi fermentasi) mengandung kafein 12-55 mg, teh hijau mengandung kafein 8-36 mg, teh putih mengandung kafein 6-25 mg, decaffeinated tea (teh yang dihilangkan kafeinnya) mengandung 1-4 mg, teh herbal mengandung 0 kafein. Kandungan kafein dalam secangkir teh yang diseduh pada suhu lebih rendah akan lebih rendah daripada diseduh dengan air mendidih. Oleh karena itu, air teh seduhan pertama sebaiknya dibuang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dan diganti air the seduhan kedua. Kandungan kafein pada seduhan kedua lebih rendah hingga 75% dibanding seduhan pertama.

Annisa PratiwiSixsma

WM/ist

ada hubungan antara biji jambu dengan radang usus buntu. Biji pada buah jambu tidak akan menyumbat usus buntu karena adanya gerakan paristaltik pada usus buntu termasuk umbai cacing. Adanya gerakan paristaltik tersebut akan membuat benda yang masuk ke usus buntu akan disorong kembali keluar. Peradangan pada apendiks atau lebih dikenal dengan apendisitis biasanya disebabkan oleh infeksi

bakteri dan dapat juga karena adanya penumpukan tinja terjadi karena kurangnya konsumsi serat dan air putih sehingga tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

Widi PratiwiSMPN 7 Denpasar

Kandungan Kafein Dalan Teh

BELUM hilang dari ingatan kita ten-tang perdebatan kurikulum 2013 di mana banyak pihak yang pro dan kontra, dunia pendidikan dihebohkan kembali dengan berita kontroversial tentang pelaksanaan UN. Kacaunya rencana UN jenjang SMA/SMK menjadi headline news di berbagai stasiun televisi nasional bahkan koran cetak nasional maupun lokal. Kini muncul lagi ide UN online. Gemana bentuknya, belum ban-yak yang tahu.

UN memang perlu banyak perbaikan. Bisa dikatakan pelaksanaannya menga-lami kemunduran. Buruknya kualitas kertas lembar jawab komputer UN, keterlambatan distribusi paket soal (terutama untuk jen-jang SMA/SMK), LJK UN sulit dipindai saat proses koreksi mendapat sorotan dari pe-merhati pendidikan Indonesia

Secara tidak langsung buruknya pelak-sanaan UN menambah beban pikiran siswa peserta UN. Adanya rasa waswas yang ber-

Kini Muncul UN ’’Online’’lebihan akan lulus/tidaknya mereka dalam UN bahkan dilontarkan oleh beberapa siswa SMA selesai mereka mengikuti UN. Takut jawaban mereka tidak akan dapat dibaca oleh mesin pemindai soal sehingga mengurangi nilai dan merugikan mereka merupakan salah satu alasannya. Blow up media massa tentang carut marut pelaksanaan UN jenjang SMA/SMK juga menambah beban siswa SMP yang mengikuti UN.

UN 2013 yang pertama kalinya mengga-gas tiap peserta mengerjakan soal yang ber-beda dengan peserta lain dalam satu ruangan pada awalnya berusaha mengurangi kecura-ngan-kecurangan seperti yang terjadi dalam pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Namun pada kenyataannya hanya menjadi bahan ter-tawaan dan cibiran dari berbagai kalangan. Banyak kalangan menganggap Mendikbud tidak becus mengurus UN. Berbagai pihak saling menyalahkan satu sama lain. Bahkan akhirnya kembali gencar gerakan menolak

UN.UN 2013 dengan 20

paket soal dengan meng-gunakan barcode sebe-narnya keputusan yang sangat bagus untuk me-nekan kecurangan. Akan tetapi ternyata bocoran kunci jawaban tetap saja ditemukan di beberapa sekolah. Agaknya ba-nyaknya paket soal tidak menyurutkan beberapa pihak tertentu untuk mengambil keuntungan dari kegelisahan peserta UN. Mereka menawar-kan kunci jawaban UN dengan harga yang sangat fantastis!

Agaknya UN memang harus benar-benar dievaluasi. Dicari titik persoalan utama se-hingga carut-marut pelaksanaannya dapat

menjadi pembelajaran bagi pelaksanaan UN tahun berikutnya. (Jika UN masih harus tetap dilaksanakan). (krisna_jurnalisSmaker)

KEBIJAKAN Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan tidak menjadikan ujian nasional (UN) seba-gai syarat kelulusan memberi kabar baik bagi para guru pembina. Mereka setuju UN hanya menjadi alat pemetaan.

Suci Astika adalah salah seorang guru yang menyetujui kebijakan tersebut. Menu-rutnya, kebijakan ini ibarat pencerahan dalam dunia pendidikan. Sebab, kata Suci, selama ini banyak siswa mengeluh karena UN men-jadi syarat kelulusan. Bahkan, siswa pandai pun dirugikan karena tidak lulus karena nilai UN-nya jelek.

Dia menilai, sekolahlah yang pantas me-nentukan penilaian karena telah mendidik siswa serta mencatat prestasi dan perkem-bangan mereka. “UN sebagai pemetaan menjadikan sekolah semakin berupaya agar kegiatan belajar mengajar (KBM) terlaksana sebaik-baiknya. Jangan sampai merugikan siswa,” ujar Suci.

Meraih nilai UN sebaik mungkin masih menjadi hal penting bagi sekolah karena hal tersebut turut menentukan sekolah. Jika nilai UN baik, maka prestasi sekolah juga baik.

Selain itu, sekolah harus semangat dalam

Bikin Siswa tak Stresberupaya meraih nilai UN yang menunjuk-kan kualitas mereka secara nasional. Suci menambahkan, meski nilai UN tidak men-jadi syarat kelulusan, sekolah tetap harus memperhatikan tingkat kelulusan siswanya, “Dengan UN tidak dijadikan syarat kelulu-san, anak menjadi tidak stres, fokus belajar dengan tenang, dan tidak ketakutan serta kekhawatiran. Tetapi sekolah harus tetap berupaya meraih nilai UN yang lebih bagus dari tahun sebelumnya. Tetap perlu try out (TO) untuk melatih siswa,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Ratna Dwi-jayanti. Dia sepakat UN hanya menjadi alat pemetaan hasil pendidikan,”Saya setuju kalau UN tidak dijadikan standar kelulusan. Karena para siswa sudah saya didik selama tiga tahun,” kata Ratna.

Selain itu, lanjut Ratna, hasil UN juga dapat dipakai sebagai salah satu syarat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ne-geri (PTN) melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). “Se-moga tidak ada kebocoran pada UN tahun ini. Mudah-mudahan aman dan tetap murni seperti tahun lalu,” imbuhnya. (sak)

UN (Ujian Nasional) adalah salah satu kebijakan dari pemerintah yang berhubun-gan dengan pendidikan, di mana tingkat kelulusan bagi anak sekolahan dilihat dari lulus tidaknya mereka saat mengikuti Ujian Nasional tersebut. Dengan kata lain Ujian Nasional atau UN ini merupakan tolak ukur dari keberhasilan seorang siswa dalam be-lajar selama 3 atau 6 tahun pada tingkat SD, SMP, dan SMA.

Saya pribadi tidak setuju dengan ada-nya UN ini, karena akan adanya ketidak-seimbangan dari hasil UN itu. Terbukti, masih ada saja anak yang dianggap pin-tar atau katakanlah dia selalu masuk 10 besar di kelasnya, juga aktif dalam ber-organisasi, tetapi saat UN, dia tidak lulus, itu kurang masuk akal juga. Ada yang di-anggap kurang pintar tetapi lulus dengan nilai yang baik pula, itu adalah salah satu bentuk ketidakadilan dari hasil UN terse-but. Dapat kita katakan bahwa UN hanya berhasil karena faktor milik, istilahnya ‘masa bertahun-tahun belajar harus dika-lahkan dengan UN itu’. Ditambah dengan syarat-syarat ketentuan lulus yang diang-gap memberatkan siswa, adanya kenaikan rata-rata nilai, mata pelajaran yang ditam-bah, dan lainnya.

Belum lagi kita bisa lihat pemberitaan-pemberitaan yang menampilkan bahwa ada sebagian sekolah yang sudah menda-pat jawaban entah dari mana asalnya, atau

Biarkan Sekolah Tentukan Kelulusanadanya sindikat-sindikat tertentu yang men-jual soal-soal atau jawaban dari UN. Sehingga kita bisa simpulkan bahwa setiap orang yang mengikuti UN bisa menghalalkan segala cara agar bisa lulus dengan mudah dan mendapat-kan nilai yang memuaskan meskipun dengan tidak belajar terlebih dahulu. Banyak siswa yang saling bekerja sama dalam menyelesai-kan soal-soal UN dan banyak lain lagi yang mengurangi nilai baik UN. Itu sama saja de-ngan curang, siswa ingin lulus tapi bukan hasil dari siswa itu sendiri dan akan adanya pembodohan karakter dalam situasi seperti ini.

Sungguh kalau saya pribadi tidak me-ngiginkan UN itu ada. Karena bagi saya per-cuma juga UN itu ada, hasilnya tidak murni. Kalaupun ingin ada UN, janganlah UN ini di-jadikan sebagai tolak ukur kelulusan dari para siswa. Biarlah pihak sekolah yang menentu-kan apakah siswa itu berhak lulus atau tidak. Karena menurut saya pun, guru atau pihak sekolah setidaknya lebih tau siswa mana saja yang bisa dikatakan bisa untuk lulus dengan nilai yang memuaskan.

Oleh karena itu, saya ingin UN ini ditiada-kan, janganlah membuat pendidikan di Indo-nesia ini semakin menegang dengan program-program yang dianggap masih menakutkan para siswa untuk menghadapinya. Contohnya saja pada UN ini, hanya ada ketakutan-ket-akutan tersendiri dari para siswanya dalam menghadapi UN yang memang sudah memi-

liki image sebuah atau sesuatu yang mem-

beratkan siswa. Dan yang didapat dari UN ini hanya ketegangan-ketegangan dan ketakutan-ketakutan dari para siswanya itu sendiri. (krisna_jurnalisSmaker)

BUAH lemon menambahkan rasa dan aroma tersendiri untuk mempertinggi cita rasa bila

digunakan dalam memasak. Selain itu, buah yang tingkat keasaman cukup tinggi ini juga

bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit.

Tapi tahukah Anda bahwa buah lemon ternyata punya lebih banyak manfaat unik daripada sekedar manfaat kesehatan? Nah, penasaran? Yuk kita simak beberapa penjelasan berikut.

Menghilangkan bau di tempat sampah

Kulit lemon atau menuangkan sedikit jus lemon ke tempat sampah yang beraroma buruk akan menyegarkan dan menghilangkan bau tersebut.

Membersihkan kacaGosok kaca yang kusam dengan potongan lemon atau rendam kaca

tersebut ke dalam campuran air dan jus lemon untuk menambah kilauan dari kaca tersebut. Metode ini sangat efektif untuk membersihkan pot kopi, pitcher, atau decanters.

Membersihkan tanganBuah lemon juga bermanfaat untuk membersihkan tangan dari aroma

bawang, bahan kimia, atau bau amis dari ikan. Caranya, gosok tangan dengan irisan lemon untuk menghilangkan bau tersebut. Menariknya, cara ini juga akan memberikan bonus kepada kulit Anda karena akan melembutkan kulit.

Membersihkan rambutJus lemon ternyata memiliki manfaat untuk merawat rambut kering

yang terbakar sinar matahari. Caranya, campur 1 buah air lemon dengan 4 bagian air, bilas rambut dengan air lemon dan kemudian bilas bersih dengan air jernih.

Menyegarkan aroma ruanganSemangkuk lemon mampu menambahkan aroma segar ke setiap

sudut ruangan rumah Anda. Uniknya, lemon bisa bertahan hingga dua minggu pada suhu kamar dingin.

Memperhalus kulitAnda bisa membuat scrub kulit dengan mencampurkan 3 sendok

almon, semangkuk lemon, dan satu sendok teh air lemon serta satu sendok teh madu ke dalam blender. Setelah dihaluskan, terapkan pada wajah sembari dipijat secara perlahan. Diamkan sejenak hingga kering, lalu bilas dengan air hangat

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

HALO, ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan memba-has tentang Kaskus, forum digi-tal terbesar di Indonesia. Kaskus berdiri pada tahun 1999, didiri-kan secara tidak sengaja oleh trio mahasiswa Indonesia yang saat itu sedang kuliah di salah satu universitas di luar negeri kala itu, saat ini hanya tinggal satu orang dari tiga mahasiswa itu yang mengelola Kaskus yaitu Andrew Darwis yang saat ini te-lah menjabat sebagai CEO di Kaskus. Nah, sampai di sini dulu penjabarannya, kali ini saya akan membagikan tips untuk ngaskus ria dan bisa menjadikannya pe-doman untuk kamu agar men-jadi kaskuser sejati. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, langsung aja cekidot.

Rajin-rajinlah membuka fo-rum Kaskus

Ini bisa membangkitkan gairah kamu akan Kaskus, jika rajin melakukannya setiap hari, niscaya kamu akan selalu keran-jingan ngaskus.

Jangan selalu menjadi junk-er, sekali-sekali jadilah TS

Ideologi diatas patut kamu te-ladani. Ane lebih prefer bahwa seorang TS lebih mulia dari pada menjadi seorang junker.

Hindarilah perselisihanAne paling miris sama hal ini,

kasus paling santer sih waktu itu salah satu kaskuser menghina web 1CAK, hasilnya mereka saling berselisih satu sama lain, satu hal yang dapat dipetik dari

WM/ist

Page 10: Wiyata mandala 03022015

10Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

7Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

No. TTWM 58

Kirim Jawaban TTWM ke :Email : [email protected] dengan wesel pos ke redaksi WM di Gedung Bali Post Jl. Kepundung 67 A Denpasar. Hadiah utama Rp 100 ribu untuk dua orang pemenang.

TTWM No. 58

Jawaban TTWM No. 57

Pemenang TTWM No. 57

1

L a y a r

Mendatar:1.nama bulan; 5.tidak bersuara; 7.rusuk; 8.tanya (Inggris); 9.kuku (Inggris);10.alat pemutar sekrup; 13.keluar (Inggris); 14.kompetisi; 17.makanan bulat berkuah; 19.Air Susu Ibu; 20.kita (Inggris); 21.negara kangguru; 22.tanda (Inggris); 23.kata ganti orang kedua; 24.berbuku.

Menurun:1.organ lunak dalam tengkorak; 2.tempat menjual barang; 3.sepeda (Inggris); 4.arena tinju; 5.genangan air yang luas; 6.nama negara; 11.tidak tetap hati; 12.angan-angan/khayalan; 13.penerangan tradisional; 15.yang ditangkap indra pencium; 16.tindakan/sikap yang dibuat-buat; 18.bintang (Inggris); 19.bulu di atas mata; 20.United States of America.

Mendatar1. Pusing5. Lain6. Dapur9. Ilusi10. Boga11. ATU

13. It14. Luap17. Yupa18. Hakikat19. Parah20. Malam

Menurun1. Padi2. Siput3. Nuri4. Singaraja7. Alat

8. Usul12. Sayap13. Ilham15. Putar18. Ikal

Jaya KusumaSMAN 8 Denpasar

Mahagita AnandaSMAN 4 Denpasar

2 3 4

8

10

12

7

5

9

6

13

1918

161514

11

20

22

21

17

24

23

KATNISS Everdeen, Prim (adiknya) dan teman-temannya Finnick Odair serta Gale Hawthorne merasa enggan menyesuaikan diri dengan kehidupan yang sangat kaku di bawah tanah, Distrik 13. Tempat ini menjadi markas ujung tombak pemberontakan di Panem. Katniss setuju untuk berperan menjadi “The Mockingjay” (simbol pemberontakan) tapi hanya dengan syarat Presiden Distrik 13 Alma Coin berjanji untuk memberikan kekebalan kepada semua peserta Hunger Games di mana lalu, termasuk Peeta Mellark, Annie Cresta (kekasih Finnick), serta diizinkan secara pribadi untuk membunuh Presiden Panem, Presiden Snow jika para pemberontak berhasil menangkapnya. Katniss ditugaskan untuk membintangi film propaganda yang disebut Propos. Katniss merasa tidak

The Hunger Games: MockingjayBintang : Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Julianne Moore, Philip Seymour Hoffman, Donald Sutherland, Jeffrey Wright dan Stanley Tucci.Sutradara : Francis LawrenceDistributor : Lionsgate

Ending Dari Petualangan dan Cinta Katniss Everdeen

senang karena tidak terlibat dalam pertempuran yang sebenarnya, tragis melibatkan pemboman sebuah rumah sakit di Distrik 8.

Sementara itu, Peeta ditahan oleh Capitol dan dipaksa untuk menjelek-jelekan Katniss dan para pemberontak di acara televisi. Namun, di suatu siaran, Peeta malah memaparkan rencana kejutan Capitol yang akan mengebom Distrik 13. Pihak Capitol “membajak” pikiran Peeta dengan cara ditanami tracker jacker beracun sehingga Peeta menjadi sangat membenci dan paranoid terhadap Katniss.

Segera setelah itu, Distrik 13 sukses melakukan upaya penyelamatan terhadap para peserta Hunger Games, termasuk Peeta dan Annie. Tapi Peeta berusaha membunuh Katniss saat mereka bertemu kembali. Terapi dapat memperbaiki kondisi psikologis Peeta dari waktu ke

waktu, tapi ia tetap dalam kondisi hilang ingatan dan cenderung menjadi tidak ramah terhadap Katniss.

Distrik 13 merayakan pernikahan Finnick dan Annie. Gale mengajukan strategi kontroversial untuk membom Distrik 2 dan menyalahkan Capitol. Mereka menyiapkan kampanye final melawan Capitol. Katniss dan tim Propo dikerahkan untuk melakukan tugas sepela ke Capitol dengan Peeta ikut di dalamnya. Presiden Coin bermaksud mengantisipasi keberadaan Katniss yang dibutuhkan lagi jika perang sudah berakhir. Coin yang tidak percaya terhadap Katniss berharap Katniss dibunuh oleh Peeta yang kondisinya tidak stabil. Komandan tim, Boggs terbunuh. Katniss mengambil alih dan meyakinkan yang lain bahwa mereka sedang berada di sebuah misi rahasia untuk membunuh Presiden Snow. Sementara itu, terjadi perang kota yang masif yang melibatkan permainan Hunger Games, seperti monster dan perangkap-perangkap. Banyak

membunuh Presiden Snow dalam suatu eksekusi. Snow yang menunggu eksekusi memberitahu bahwa Coin lah yang mengatur kematian Prim. Ia mengingatkan Katniss bahwa mereka memiliki janji di masa lalu untuk tidak saling berbohong satu sama lain. Snow meyakinkan Katniss bahwa serangan bom udara itu tidak memiliki tujuan untuk menyelamatkan dirinya. Tiba-tiba Katniss menyadari dengan ngeri bahwa serangan pesawat pemboman (parasut) mirip dengan strategi pemboman Distrik 2 yang diajukan oleh Gale.

Saat Katniss mempertanyakan hal ini kepada Gale dan kemungkinan keterlibatannya, Gale hanya memberikan ketidakpastian. Katniss menjadi semakin curiga bahwa ada konspirasi di belakangnya.

Presiden Coin mengusulkan sebuah ide kepada sebagian peserta Hunger Games yang masih hidup, termasuk Katniss,

rekan Katniss yang tewas, termasuk Finnick. Katniss masuk sendiri menuju rumah Presiden Snow yang dikelilingi oleh anak-anak pengungsi Capitol yang digunakan sebagai tameng untuk melindungi Snow. Saat Katniss mencapai rumah, sebuah parasut turun ke arah anak-anak dan meledak. Para petugas medis dari pasukan pemberontak berusaha membantu anak-anak yang terluka, namun parasut lanjut meledak lagi, menewaskan Prim dan membuat Katniss menjadi sangat murka.

Selama masa penyembuhan, Katniss menjadi sangat stres atas kematian adik perempuannya. Para pemberontakan telah memenangkan perang, dan Katniss bersiap untuk

untuk mendukung usulannya menghukum Capitol dengan cara seperti Capitol menghukum Distrik. Yakni mengadakan Hunger Games untuk anak-anak pemimpin Capitol. Sebelum Coin mengatur acara ini, tibalah hari eksekusi Snow di mana Katniss diberi hak untuk menjalan eksekusi. Saat bersiap melakukannya, Snow berkedip dan tesenyum, Katniss membuat keputusan sendiri dengan mengangkat busur dan menembak Presiden Coin hingga tewas. Katniss segera berusaha bunuh diri, namun Peeta menghentikannya. Situasi menjadi ricuh dan Katniss ditangkap.

Kemudian, Presiden Snow secara misterius ditemukan tewas. Katniss dibebaskan dari hukuman pembunuhan Coin dengan alasan kegilaan. Ia dipindahkan ke reruntuhan rumahnya, Distrik 12. Beberapa bulan kemudian, setelah semakin pulih, Peeta dan beberapa orang lainnya kembali ke Distrik 12. Gale bermukim di Distrik 2. Katniss memeluk Peeta. Ia mengakui kebutuhannya akan harapan dan cinta ada pada Peeta. Berbeda dengan Gale, ia merasakan bahwa apa yang ada pada Gale bisa ia temukan di dalam dirinya sendiri. Bersama Peeta, Katniss menulis buku yang penuh dengan kisah-kisah pengorbanan pada masa Hunger Games. Buku ini ditulis untuk merawat kenangan mereka yang sudah meninggal.

Dua puluh tahun kemudian, di akhir cerita, Katniss dan Peeta sudah menikah dan memiliki dua orang anak. Hunger Games masih diadakan, tapi untuk kebaikan, bukan saling membunuh. Peeta masih sering trauma karena pernah dicuci otak. Anak-anak mempelajari keterlibatan orang tua mereka dalam permainan dan perang. (sak)

Apa Itu Kaskus?

KASKUS adalah forum digital terbesar di Indonesia, berdiri pada tahun 1999 dan didirikan oleh trio mahasiswa universitas yang tidak sengaja didirikan karena diberikan tugas untuk membuat web oleh dosen mereka. Saat ini hanya satu orang dari trio mahasiswa itu yang tersisa yaitu Andrew Darwis yang saat ini menjabat sebagai CEO di Kaskus. Kaskus adalah tempat yang sempurna untuk kamu yang bosan hidup, bukan bosan hidup karena

ingin mati ya melainkan bosan dengan rutinitas sehari-hari. Tempat yang cocok untuk saling berdiskusi mengenai sutu topik yang sedang diperbincangkan. D isini juga mempunyai istilah-istilah yang keren dan bahkan juga merambah ke media serta jejaring sosial seperti sundul, cendol, bata, kimpoi, dan lain sebagainya, ayo tunggu apalagi buruan main Kaskus dan rasakan keserunannya!

Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

MATA merupakan salah satu organ paling penting bagi manusia. Dengan mata kita dapat melihat dunia sekitar, kita dapat memahami indahnya ciptaan Tuhan dan banyak hal lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa semua orang akan merasa sangat takut kehilangan pengelihatan.

Namun banyak di antara kita cukup takut untuk memeriksakan mata secara teratur untuk mendeteksi penyakit yang dapat menimbulkan hilangnya pengelihatan. Kesibukan atau merasa yakin tidak ada masalah dengan pengelihatan seringkali menjadi alasan sehingga tidak perlu pemeriksaan.

Penting untuk diketahui bahwa, tidak ada gejala awal dar penyakit pada mata. Penyakit pada mata seperti

Memelihara Kesehatan Matatekanan darah tinggi biasanya saat diketahui ada masalah, semua sudah terlambat.

Deteksi awal terhadap glaukoma dan katarak akan mencegah hilangnya pengelihatan. Pemeriksaan mata secara teratur dari masih bayi sampai tua adalah kuncinya.

Menunggu sampai gejala muncul sebelum menjadwalkan untuk pemeriksaan mata bukan ide bagus karena ketika gejala muncul, sering penyakit lebih sulit untuk disembuhkan. Sekali pengelihatan hilang, tidak akan bisa dikembalikan!

Di samping pemeriksaan secara teratur, ada beberapa langkah pencegahan agar mata tidak terluka. Bagi mereka yang terlibat dalam olahraga seperti hoki, baseball atau squash perlu memakai pelindung mata seperti kacamata pelindung debu atau kacamata pelindung lain termasuk mereka yang bekerja mengelas atau bekerja dengan bahan kimia.

Karina Y.SSmapan

Suara Perempuan Lebih Seksi di Masa Subur

BUKAN hanya laki-laki yang mengalami perubahan suara. Sebuah penelitian membuktikan, di masa subur, suara perempuan berubah menjadi lebih seksi. Penelitian unik dilakukan oleh peneliti niversitas New York Amerika Serikat. Mereka mengambil sample suara wanita di masa suburnya di saat-saat biasa. Rekman itu kemudian dipasang dan didengarkan ke sejumlah orang.

Para pendengar kemudian di survey, suara mana yang lebih menarik dan melekat di hati mereka. Bagi para pendengar, suara perempuan pada saat subur yang lebih memikat dan seksi.

Menurut Dr. Manny Alvarez yang detikhot kutip dari Foxnews, perubahan hormon pada perempuan di masa suburnya dapat mempengaruhi suara.

Saat mengalami masa subur, ada beberapa perubahan struktur hormon pada perempuan, yaitu kombinasi antara meningkatnya hormon ekstrogen dan kelenjar pituitary. Hormon estrogen tak hanya mempengaruhi sistem reproduksi tapi juga feminitas seorang perempuan.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

KELUARGA besar SMAN 5 Denpasar (Smanela) Denpasar merayakan HUT ke-41, Sabtu malam (10/10) lalu. HUT diisi dengan potong tumpeng dan penampilan aneka kreativitas seni siswa serta grup band Sound of Mirror.

Yang menarik semua aktivitas HUT dipusatkan di sekolah, bukan di hotel. Hal itu sesuai imbauan Kepala SMAN 5 Denpasar, Drs. Nyoman Winata,M.Hum. Di HUT ke-41 ini diisi dengan penyerahan beasiswa kepada siswa SD di lingkungan Sidakarya dan anjang sana ke guru dan mantan guru yang sedang sakit.

KEPALA SMK PGRI 5 Denpasar, Dra.Ni Ketut Nuka, Sabtu (17/1) lalu melantik pengurus OSIS SMK PGRI 5 Denpasar periode 2015-2016. Menariknya, ketua OSIS baru dipimpin seorang wanita, Ni Made Enik Mardianti.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus OSIS ditandai dengan penyematan pin dan jas OSIS serta penyerahan panji OSIS oleh Kasek Ni Ketut Nuka didampingi Pembina SMK PGRI 5 Denpasar sekaligus Ketua Komite, Drs. I Wayan Darya Kusuma,M.Pd.

Kasek Ni Ketut Nuka memberi penghargaan atas prestasi OSIS lama yang dipimpin oleh I Gede Eka Widnyana Putra. Pengurus OSIS telah banyak memberi kontribusi terhadap citra lembaga. Di antaranya memboyong piala Wali Kota pada lomba napak tilas Puputan Badung November lalu. Ini menunjukkan prestasi anak-anak Skagrima ini mampu bersaing dengan sekolah negeri dan swasta lainnya di Bali.

Kepada pengurus OSIS baru, Ni Ketut Nuka mengharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan model pengurus lama. Di samping itu mampu mengukir prestasi seperti tahun lalu atau meningkat dari tahun sebelumnya.

Menyinggung soal siswa baru, SMK PGRI 5 Denpasar tahun ini akan menerima 500 siswa baru yakni tujuh kelas untuk Akomodasi Perhotelan dan lima kelas untuk Jasa Boga. Sedangkan siswa yang

Smanela Lahirkan Generasi EmpatiSelain menjadi sekolah sehat, sekolah adi wiyata

mandiri dan sekolah lingkungan, Smanela kini memperkokoh diri menjadi sekolah go internasional. Hal itu dilakukan dengan melakukan dialog dengan siswa di sejumlah negara seperti AS, London, Pakistan dan lain-lain lewat teleconference. Teleconference ini kerjasama dengan Unesco. Inilah bagian dari sikon di era global. Anak-anak terlatih bahasa Inggris, percaya diri dan komunikatif, tegas Winata.

Kepada siswa, dia menegaskan jajaran Smanela konsisten menjalankan Kurikulum 2013 (K-13). Tahun ini juga sukses membentuk Ikatan Alumni Smanela. Ikatan alumni ini digagas Putu Arsana dan Kadek Suwitra.

Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya menegaskan Smanela yang menjadi sekolah favorit dengan ikon lingkungan juga diharapkan melahirkan alumni yang berkarakter dan pelaku ekonomi kreatif. Dia akan menjadi sekolah model integrasi satuan pendidikan dengan masyarakat lewat berbagai bentuk pengabdian masyarakat. Ini sudah dibuktikan anak-anak Smanela melalui peneliti mudanya mampu menciptakan iptek pembersih air sumur warga.

Inilah yang dikatakan IGN Eddy Mulya melahirkan anak-anak dan alumni Smanela yang memiliki sikap empati terhadap lingkungan. Sikap empati ini membentuk SDM bertanggung jawab yang akhirnya menciptakan SDM yang cerdas secara intelektual, sosial dan spiritual. Saat itulah Smanela akan menciptakan generasi kreatif. (sue)

SELAMAT - Kadisdikpora IGN Eddy Mulya memberi ucapan selamat kepada Kasek Nyoman Winata pada puncak HUT ke- 41 SMAN 5 Denpasar.

Kepala SMKN 5 Denpasar Lantik Pengurus OSIS

LANTIK OSIS - Kepala SMK PGRI 5 Denpasar, Ni Ketut Nuka didampingi Pembina I Wayan Darya Kusuma saat melantik pengurus OSIS baru.

akan tamat tahun ini 487 orang.SMK ini memiliki keunggulan dalam kelengkapan

sarana seperti kitchen, lab restoran, lab hotel dan semua organisasi kesiswaan memiliki ruangan khusus. Termasuk satu-satunya SMK yang memberi esktra unggulan berupa fruit carving. (sue)

WM/sue

WM/sue

WM/ist

WM/ist

WM/ist

PUNCAK HUT ke- 62 Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar, Rabu ( 28/1) lalu dilaksanakan secara meriah. Acara syukuran dipusatkan di Aula Yayasan, sementara malam hiburan dipusatkan di Taman Budaya dengan agenda utama kreativitas seni, Layon Sari dan Meet and Great with Sheila on 7.

Di acara itu juga diserahkan piala dan hadiah bagi pemenang lomba. Juga diserahkan penghargaan kepada guru dan karyawan yang telah mengabdi selama 10 tahun hingga 30 tahun.

Di HUT ke- 62 M.S Chandra Jaya yang mengelola pendidikan TK/PAUD, SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi (S-1 dan S-2) mengaku belum

Puncak HUT ke-62 Yayasan Dwijendrapuas dengan prestasi yang diraih saat ini. Pihaknya akan terus menampilkan pendidikan bermutu lewat kelengkapan sarana dan prasarana. Bersamaan dengan itu juga ditingkatkan kesejahteraan guru dan karyawan.

Peningkatan kesejahteraan ini melalui pemberian BPJS kepada semua guru dan karayan. Selain itu juga memberikan tunjangan asuransi har tua kepada semua guru dan karyawan untuk menjamin kesejateraan mereka. Setiap tahun yayasan juga meningkatkan honor mengajar.

Ikon Dwijendra ‘’Manyabraya,rahayu kapanggih’’ bisa dijadikan pelajaran bagi Dwijendra, pemimpin Bali dan nasional untuk mengedepankan etika, persaudaraan dan kedamaian. Hal ini juga dia tekanlan kepada warga Dwijendra untuk tidak cepat berpuas diri meningkatkan kualitas diri dan kualitas institusi . Hanya dengan kualitas, kita bisa menjaga kepercayaan masyarakat.

Ketua Panitia HUT ke- 62 Yayasan Dwijendra yang juga Rektor Undwi, Dr. Putu Dyatmikawati,S.H.M.Hum., mengungkapkan tema HUT ‘’Manyamabraya, rahayu kepanggih’’ menekankan pada penguatan persaudaraan, saling asah, asih dan asuh termasuk saling menghargai dan menghormati.

Sejumlah lomba yang digelar antara lain modern dance, band se-Bali, membaca seloka, jegeg-bagus, story telling, gerak jalan gembira, sungkeman kepada orangtua, pramuka, peradilan semu, opini mahasiswa di media massa, dan menulis artikel di Bali Post. Juga digelar lomba menggambar TK se-Denpasar, tari tradisional serta menghadirkan wali kota pada kuliah umum soal budaya kreativitas. (sue)

PENGHARGAAN - Ketua Yayasan Dwijendra M.S. Chandra Jaya menyerahkan penghargaan kepada guru dan karyawan atas pengabdiannya.

WM/sue

Page 11: Wiyata mandala 03022015

6 11 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

SEJAK pertama aku melihatnya, aku tak merasakan sesuatu yang spesial terhadapnya. Tapi, yang aku rasakan hanya sekedar tau namanya. Aku tak mengenalnya, tak pernah bertemu atau menya-panya. “Siapa dia?” tanyaku kepada Anisa. “Oh kau tak tahu dia siapa?” “Tidak, aku baru saja melihatnya,” ujarku bingung. “Dia kan orang yang selalu mewakili sekolah kita di bidang akademik, dan katanya sih dia sangat pintar dan dia kan kekasihnya Dira.” Seketika aku tak menghiraukan apa yang telah terja-di. “Ini jawabannya apa ya?” ujarku berbisik mengerjakan soal try out. “Kau menyusul?” ujar seseorang yang tiba-tiba duduk di depanku. Seketika aku melihatnya dan ber-kata “Iya, kau?” “Tentu saja, rupanya kita bernasib sama, kalau kau tak tahu, kau bisa menanyakannya kepadaku,” ujarnya. “Tapi kan paket kita tak sama,” ujarku kebingungan. “Itu bisa aku akali.” Setelah kejadian

Terlambat Menyadarinya

itu aku masih tak merasakan apa-apa. Bahkan aku tak tahu siapa namanya, dan mungkin dia juga tak tahu siapa namaku.

“Ini ada apa? Kenapa ribut-rib-ut?” aku bertanya dalam keramaian yang menyerubungi keributan itu. “Katanya si Dira bertengkar dengan Citra memperebutkan Pandu, ayo kita menontonnya,” ujar Anisa me-narik tanganku. “Sunny itu siapa?” tanyaku, “Hah? Kau tak tahu? Itu ke-kasih Dira.” “Jadi namanya Pandu,” ujarku dalam hati. “Orang seperti dia di perebutkan? Lalu siapa yang memenangkan perkelahian itu?” tanyaku. “Sepertinya tidak ada,.” Semenjak itu aku mulai ingin men-cari tahu tentang dia. Dan semenjak itu aku dengar dia sudah tak lagi menjadi kekasih Dira. “Kenapa kau bisa memutuskan hubunganmu dengan Pandu?” tanya temanku. “Iya, aku tak tahan padanya, dia selalu saja mengabaikanku, dan dia seenaknya bermesraan de-

ngan wanita lain,” ujar Dira. Sambil mendengarkan dari kejauhan aku mulai berpikir bahwa dia hanya mempermainkan perasaan wanita yang menyayanginya. Yang aku tahu, Dira wanita yang baik dan dia juga sangat pintar di kelas.

“Apa yang kau ketahui tentang Pandu?” ujarku kepada Anisa. “Wah wah kau menyukainya?” “Tidak! Kau memang sembarangan kalau bicara, aku hanya bertanya, memangnya salah?” “Tidak, yang aku tahu Pandu itu biasa saja,” ja-wabnya sambil tertawa. “Bukan itu maksudku, ceritakan apa yang kau ketahui tentangnya,” ujarku semakin menjadi-jadi. “Awas ya, jika kau menyukainya, dia bukan laki-laki yang baik. Kalau dia laki-laki yang baik, dia pasti tak akan menyakiti Dira, tapi aku tahu berapa nomor handphonenya, kau bisa meng-hubunginya kalau kau memang ingin mengenalnya,” jawab Anisa. Aku mulai berpikir keras, untuk mengirimkannya pesan singkat saja aku harus mengulang berkali-kali. Hingga saatnya aku membera-n ikan d i r i un tuk menghubu-nginya. “Hai Pandu, ini aku Laura orang yang kau temui di ruangan ujian try out tempo lalu,” pesan itu terkirim dengan sangat cepat. Dua jam aku menunggunya, dan dia pun membalas pesanku “Hai juga Laura, iya ada apa?” “Hem, jika kau tak keberatan, bisakah kau menjadi te-manku? Kau sangat pintar dan aku ingin menjadi temanmu,” balasku dengan spontan. “Hahahaha, kau tampaknya kurang sehat, tentu saja kau bisa menjadi temanku, jadi kita mulai dari mana pembicaraan ini?” balasnya. Semenjak itu kita menjadi semakin dekat. Pandanganku se-tiap hari di sekolah tak pernah lepas darinya. Aku selalu memergokinya memandangku tapi aku tak mau terlalu menghiraukannya. Aku tak mengerti rasa seperti apa ini, tapi

aku sangat nyaman bersamanya, “Kau sekarang sudah semakin dekat ya dengan Pandu,” ujar Miki. “Memangnnya kenapa kalau Laura semakin dekat dengan Pandu, kan lebih bagus jadi dia semakin rajin, lihat saja perubahannya dia semakin rajin belajar dan aku akui dia juga tak menjadi anak yang bermasalah lagi,” ujar Anisa. “Aku tak bicara padamu, aku hanya tak menyukai Pandu, dia bukan orang yang baik untukmu Laura, kau harus mende-ngarkanku,” ujar Miki sinis. “Kau ke-napa? Aku juga tak menyukai Pandu pada awalnya, tapi sejak mereka dekat Laura berubah jadi yang lebih baik, tak ada salahnya kan kalau kita mendukungnya.” “Sudah-sudah kalian bertengkar hanya karena per-masalahan sepele. Miki, kau tenang saja, aku tak akan pernah melupa-kan temanku,” sahutku tersenyum. Dan Miki memelukku sambil berja-lan, aku tak tahu Pandu ternyata melihatnya, aku melihatnya dan aku merasa sangat tak enak hati. Semenjak itu, kita saling menjauh aku pun tak tahu apa penyebabnya, dan setelah sekian lama menjauh, “Laura! Ini coklat dari Pandu, kau harus memakannya, Pandu suka padamu,” ujar Lisa teman sekelas Pandu. “Aku menatapnya dan dia memalingkan wajahnya padaku.

Jujur, aku sangat merindukan-nya, aku tak mengerti apa yang telah aku rasakan. Aku merasa hampa tanpanya. Perlahan aku menggigit coklat yang dia berikan, perlahan aku rasakan manisnya coklat itu. Dan saat aku menikmati coklat itu, perlahan rasa manis dari coklat itu mulai hilang padahal aku sangat ingin merasakannya kem-bali, begitulah perasaan yang aku rasakan. Hati ini selalu memanggil namanya tapi aku selalu melawan-nya. Semakin aku melawannya, aku semakin menyakiti hati dan perasaanku. Saat kelulusan masa sekolah SMP ini, aku bertemu dengannya “Hai, berapa nilai akhirmu?” ujar Pandu. “Entahlah, biasa saja menurutku, selamat ya.

Aku bangga padamu,” terasa kata-kataku telah habis untuk berbicara padanya. Setelah lulus SMP, kita semakin dekat, dia selalu pergi ke rumahku dan mengajarkan aku banyak hal. Belajar, belajar dan be-lajar. Aku rasakan semuanya. Tawa, tangis, canda, dan saat kencan pertama kita yang penuh dengan kekonyolan. Aku pernah menangis di depannya karena seorang laki-laki lain. Sejujurnya aku menangis untuknya, jujur dalam hatiku yang paling dalam aku merasa sesuatu yang aneh padanya, tapi aku tak tahu apa itu. Apakah itu cinta? Sayang? Atau sekedar suka?

Tiga tahun kita dekat, aku mulai mempertanyakan hubungan ini. Tak ada hal yang spesial, iya kita hanya teman dan bagiku mungkin selamanya akan seperti itu. Aku akui ini kesalahanku, aku datang dan pergi sesuai apa yang aku inginkan. Aku tak merasakan dia be-gitu berarti. Semua berjalan begitu saja. Hingga suatu ketika kita mulai menjauh dan aku memiliki seorang kekasih. Tapi telah berakhir, dan dia mengetahuinya. Pandu menjauh dariku, aku memutuskan hubungan dengan kekasihku. Aku menyadari bahwa Pandu orang yang sangat berarti bagiku. Semua hal kita lalui bersama, bahkan kita selalu memiliki impian masa depan yang konyol. Entah itu menikah, memiliki anak-anak yang lucu dan semua hal yang berhubungan dengan masa depan kita berdua. Bahkan sampai sekarang pun perasaan kita sudah semakin jauh, terakhir aku bertemu-nya di bandara, iya dia akan pergi dan tak tahu kapan akan kembali. Lima tahun berlalu, terlewati, semua cerita itu hanya ada aku dan kamu. Dialah cinta sejati, dialah yang akan kembali, entah kapan semua itu akan terjadi. Aku mencintainya, sangat mencintainya. Walau semua terlambat untuk menyadarinya, tapi aku selalu berharap dia akan selalu bahagia denganku atau dengan orang lain nantinya.

DI awal tahun 2015, SMPN 1 Petang, Badung sukses me-ngukir sejumlah prestasi. Salah satu prestasi pemuncak adalah sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional.

Yang membuat banyak pihak heran karena SMPN 1 Petang yang dikenal sekolah gratis ter-nyata mampu memanajemen SDM hingga meraih sekolah adiwiyata nasional. Piagam dan SK sebagai sekolah adiwiyata langsung di-terima Kepala SMPN 1 Petang, Ni Made Srigati,S.Pd.,M.MPd. di Jakarta. Semua piaga tersebut diserahkan Srigati kepada Ketua OSIS, Putu Widnyana didam-pingi Ketua Komite I Gusti Ngurah Suryajaya dalam upacara bendera, Senin (19/1) lalu.

Sekolah yang akrab dipanggil Spenstar (SMP Negeri Binaan Petang) ini kini menjadi sekolah yang asri, bersih dan menjadi model pelestarian lingkungan. Ni Made Srigati mengungkapkan SMPN 1 Petang sekaligus satu-satunya sekolah di Badung tahun 2014 yang meraih adiwiyata.

Ni Made Srigati sengaja me-nyerahkan prestasi ini saat Siwa-ratri sebagai momentum introsfeksi diri untuk menumbuhkan perilaku ramah lingkungan guna mencapai target adiwiyata mandiri.

Tahun ini sekolah ini wajib

SMPN 1 Petang Jadi Sekolah Adiwiyata Nasionalmengimbaskan program adiwiyata kepada 10 sekolah untuk menjadi sekolah adiwiyata di tingkat ka-bupaten.

Prestasi pemuncak SMPN 1 Petang ini sangat beralasan karena memiliki program unggulan dalam edukasi lingkungan. Di antaranya semua guru wajib dan mampu memasukkan materi lingkungan di bidang ajarnya. OSIS memiliki pilot proyek untuk Gelatik (Gerakan berkelanjutan anti sampah plastik). Hingga memiliki bank sampah un-tuk kompos dan menjual sampah plastik.

Yang menarik, Ni Made Srigati didampingi Kepala TU, I Gusti Ngu-rah Suryadarma, sekolah mene-rapkan denda Rp 5.000 bagi siswa yang tak disiplin membuang sam-pah. Sekolah ini dibantu komite juga ekstra unggulan tanaman hias untuk disumbangkan dan di-jual kepada masyarakat. Sekolah ini memiliki green house untuk pembibitan dan kantin sehat. Atas bantuan BLH Badung, sekolah ini dikenal berpartisipasi menyebar-kan biopori kepada masyarakat dan sekolah lainnya.

Ketua Komite I Gusti Ngurah Suryajaya,S.Sos, memberi apre-siasi atas prestasi SMPN 1 Petang. Prestasi ini bukan saja menjadi kebanggaan sekolah juga bagi masyarakat. Namun demikian dia

mengingatkan ke depan perlu kerja keras menuju adiwiyata mandiri.

Selain adiwiyata, SMPN 1 Petang juga meraih juara I Wa-

wasan Wiyata Mandala se-Bali. Siswanya meraih juara I dan II mapidarta Bahasa Bali, juara I gate ball, juara I nyastra se-Bali, juara

I lomba macepat dan masatua Bali, finalis inovasi pembelajaran antikorupsi dan juara lagu pop Bali. (sue)

ADIWIYATA ▬ Kepala SMPN 1 Petang, Ni Made Srigati menyerahkan piagam sekolah Adiwiyata kepada OSIS.

Lolita LestariSMAN 6 Denpasar

Teman Baru WMNama : I Putu Teguh Agustya KandaPanggilan : Guz/TeguhTTL : Batur, 7 Agustus 1999Agama : HinduZodiak : LeoHobi : Bermain musik, menyanyi, fotografi, dan berenangFacebook : Agustya KandaIg : Guz_stylePin BBM : 7F91470CPath : Guz_styleSalam : Salam buat keluarga tercinta dan kawan-kawan chulaly family art.Cita-cita : MusisiSekolah : SMAN 2 BangliMotto : Musik inspirasiku!Pesan : Berjuang demi meraih cita-cita.

Nama : I.A. Made Dwi Dyah PramiswariPanggilan : SMPK 1 HarapanAgama : HinduHobi : Modeling, fotografi, dan masih banyak lagi Pelajaranfavorit : Bahasa InggrisIg : dyhx_, dyah_pramiswariCita-cita : Model dan fotograferPesan : Semoga sekolah Harapan makin sukses dan anak-anaknya makin berprestasi, Astungkara. Want to know more about me? Just follow me on Ig and dm (direct message).

Nama : Rizky SudiantoroPanggilan : RizkySekolah : SMP Cipta DharmaHobi : Gaming, Pc Modding, dan fotografiGame : Battlefield 4 & COD Advance WarfareOrigin & Steam : IDN_R1zkyFacebook : Rizky SudiantoroTwitter : Rizky SudiantoroPath : Rizky SudiantoroIg : Rizky SudiantoroAsk.fm : Rizky SudiantoroLine & Kaskus : Rizky.321

RESEPSI HUT ke-15 SMK PGRI 3 Denpasar digelar, Rabu ( 28/1) lalu secara sederhana. Sekalipun digu-yur hujan, namun semangat keluar-ga besar SMK PGRI 3 Denpasar tak bergeming saat menjalankan apel bendera HUT. Bahkan Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., ikut berbasah ria sebagai pembina upacara.

Ini menunjukkan semangat dan disiplin siswa SMK swasta favorit di Denpasar ini patut dicontoh. Saat itu Madiadnyana melepas balon HUT, sedangkan syukuran HUT dipusatkan di aula sekolah setem-pat ditandai dengan pemotongan tumpeng. Puncak HUT dihadiri juga Wakil Ketua PPLP Dikdasmen PGRI Kota Denpasar, Dr. Nengah Sukama,S.Pd.,M.M.

Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana,M.M., tak mampu menyembunyikan rasa harunya melihat makin kokohnya persatuan dan soliditas warga SMK

Terapkan Budaya Kerja KerasPGRI 3 Denpasar. Untuk itu dia mengajak warga sekolah untu terus membudayakan bekerja keras dan bekerja cerdas. Jadilah SM PGRI 3 Denpasar sekolah paling berkualitas, paling bersih dan berprestasi serta sekolah paling banyak siswanya. Ini sesuai dengan tema HUT “Dengan kerja keras kita wujudkan SMK PGRI 3 Denpasar yang berkualitas, berprestasi dan bermartabat’’.

SMK PGRI 3 Denpasar dulu adalah kelas jauh dari SMP PGRI Badung. Sekolah ini resmi berizin 24 Jaunari 2000. Kini SMK PGRI 3 Denpasar yang membuka dua program keahlian yakni Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan di bawah binaan SMKN 4 Denpasar. Sekolah ini terakreditasi sangat baik.

Sekolah dengan 2.226 siswa ini sejak tahun 2011 menempati gedung baru milik sendiri. Makanya Kasek Madiadnyana di jajarannya dikenal sebagai bapak pembangu-nan hingga menjadikan SMK PGRI

SUDAH menjadi tradisi puncak HUT ke-38 SMAN 3 Denpasar alias Trisma, Sabtu (17/1) lalu dilakukan secara sederhana namun berkarak-ter. Luncak HUT diawali dengan persembahyangan bersama, pe-mentasan tari kebesaran Trismaya serta gelar budaya.

Puncak HUT dihadiri mantan kasek di antaranya Putu Sedana, Made Bandung dan Made Suana. Saat itu juga diserahkan penghar-gaan kepada siswa berprestasi dan pemenang lomba intern dan siswa SMP se-Bali.

Kepala SMAN 3 Denpasar, Drs. I Ketut Suyastra,M.Pd., menegaskan Trisma tetap dipertahankan sebagai pusat peneliti muda di Bali. Hal ini juga direspon oleh Pemkot Den-pasar dengan bantuan sarana dan lab yang memadai.

Untuk mengikis konsep kang-

SMAN 3 DenpasarBangun Sikap Empati

guang mone dogen, Ketut Suyas-tra, M.Pd., terus memotivasi siswa dan guru untuk tak puas dengan prestasi yang diraih sekarang yak-ni go nasional dan internasional. Inilah yang disebut sebagai bagian dari pendidikan karakter yakni membangun budaya prestasi. Hal ini sesuai dengan tema HUT kali ini yakni ‘’Membangun karakter mengukir prestasi’’.

Ketut Suyastra menambahkan konsep de ngaden awak bisa harus diganti dengan iraga bisa. Jangan justru mengejar prestasi kita lemah dalam pendidikan karakater sesuai amanat Kurikulum 13. ‘’ Sebenarnya konsep K-13 nafasnya sejak lama ada di Trisma,’’ujarnya.

Suyastra menegaskan pada HUT ke-38 Trisma kali ini dia ingin

membangun dan memperkuat rasa empati warga Trisma. Dari empati ini memumbangun SDM yang ber-tanggung jawab dan berkarakter.

Rasa empati itu diwujudkan warga Trisma dengan melakukan bakti sosial berupa aksi bersih lingkungan, menanam mangrove , memberi pembinaan siswa SD di sekitar Denpasar. Yang menarik, para siswa memberi bantuan ke-pada tiga KK misksin di Denpasar. Bantuan tersebut berupa peralatan dapur, almari dan tempat tidur.

Kemudian mengajak siswa Tris-ma mengunjungi penghuni RSUP Bangli untuk membangun rasa empati siswa. Tujuan akhirnya adalah menghilangan rasa ego, ke-mudian menciptakan harmoni dunia berangkat dari Trisma. (sue)

DUTA TRISMA ▬ Kasek Ketut Suyastra dan IB Putu Bintana bersama duta Trisma 2015.3 Denpasar ber-ISO 9001-2008.

Dia juga berterima kasih ke-pada gurunya yang selama 15 tahun diajak membesarkan sekolah ini. Bukan saja jumlah siswanya banyak namun dibarengi dengan peningkatan kualitas. Kado HUT SMK GRI 3 Denpasar kali ini adalah gedung baru berlantai III senilai Rp 3,5 milyar.

Ketua Panitia HUT ke-15 Made Sugiartana,S.ST.Par. menjelaskan akibat kesibukan sekolah puncak HUT yang jatuh 24 Januari dipe-ringati 28 Januari. Kegiatan HUT diawali dengan aneka lomba intern guna memperkuat kompetensi keahlian siswa. Di antaranya lomba making bed, mewirama, TI, darma wecana, pidato bahasa Inggris, fruit carving, kebersihan antar kelas dan olahraga. Bagai guru dan karyawan digelar lomba ngulat tipat. (sue)

POTONG TUMPENG ▬ Kepala SMK PGRI 3 Denpasar Nengah Madiad-nyana menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan OSIS.

HUT Ke-15 SMK PGRI 3 Denpasar

Page 12: Wiyata mandala 03022015

12 5 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015 Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

SEKALIPUN Kurikulum 2013 baru dimulai setahun lalu, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali sudah mengantispasinya sejak setahun lalu. Dengan demikian lulusan FPOK IKIP PGRI Bali sudah siap mengimplemen-tasikan kurikulum baru ini di semua jenjang pendidikan.

Hal itu ditegaskan Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Drs. Ketut Sumerta,M.For., un-tuk mengantisipasi tarik-ulur pelaksanaan Kurikulum 2013. Dia menegaskan calon guru olahraga dan kesehatan yang dia cetak adalah SDM yang siap pakai, baik memakai Kurikulum 2006 maupun Kurikulum 13.

Nah, ini kabar gembira bagi lulusan SMA/SMK tahun ini untuk menjadi guru olahraga dan kesehatan. Sebab di FPOK IKIP PGRI Bali kamu juga tak hanya dilatih menjadi guru namun juga menjadi pelatih atau Pembina cabang olahraga unggulan. Makanya FPOK ini sangat laris di IKIP PGRI Bali, apalagi semua sekolah kini minimal harus memiliki tiga guru penjaskes.

Materi Kurikukum 2013 dikatakan Ketut Sumerta diberikan sejak mereka memasuki semester akhir lengkap dengan tuntutan kompetensi lainnya. Di antaranya bagaimana menempa sikap mental siswa, menjalankan sistem tematik metodik yang terintegrasi. Calon guru yang dihasilkan sudah dileng-kapi dengan kompotensi keilmuan lainnya seperti lingkungan, pendidikan karakter, Matematika, Fisika dan Biologi serta bahasa

Cetak Guru yang Mampu Implementasikan Kurikukum 2013Indonesia.

Tanpa dasar itu, kata dia, guru yang menerapkan kurikulum baru akan merasa kebingunan. Sementara ilmu Matematika, Fisika, Biologi bahkan ilmu gizi sudah men-jadi menu wajib di FPOK dalam mengukur kekuatan, potensi diri dalam lari, atletik, permainan dll. Termasuk mengukur gizi se-imbang. Makanya dia mengatakan lulusan FPOK IKIP PGRI Bali dikenal paling matang melaksanakan Kurikulum 2013.

Dia juga menekankan pentingnya pe-ngukuran alet lewat teknologi terbaru dalam bidang olahraga. Sebab mengukuran yang salah akan menilmbulkan multi tafsir, kebija-kan dan kesimpulan yang salah juga. Untuk itulah dia minta alumninya tak boleh main-main menjadi guru Penjaskes di sekolah.

Kelebihan lainnya , saat ini satu guru Pen-jaskes bias mengajar untuk dua sampai tiga sekolah. Ketut Sumerta didampingi Pem-bantu Dekan II, Dra. I Putu Mertayasa.M.Si., dan I Nyoman Suarjana,SPd., menam-bahkan FPOK IKIP PGRI Bali satu-satunya LPTK swasta yang mencetak guru Penjas-kes. Ia bangga lulusan FPOK IKIP PGRI Bali adalah atlet andalan Bali dan menjadi pelatih olahraga. Makanya FPOK Bali sarat dengan prestasi nasional dan internasional. IKIP PGRI Bali memiliki atlet silat dan juara dunia lompat jangkit.Di event olahraga dae-rah dan Porseni PGRI, atlet-atlet FPOK IKIP PGRI Bali langganan juara.

Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta

mengatakan guru yang dicetak FPOK IKIP PGRI Bali sebagian sebagai job creator yakni menciptakan lapangan pekerjaan. Sebab di antara mereka ada yang bertindak sebagai pelatih, instruktur dan pemilik usaha bidang keolahragaan.

Kedua, mereka ini sudah teruji pendidikan karakternya. Di lapangan mereka sudah di-latih dengan bekerja ulet, tangguh, pantang menyerah dan disiplin. Diharapkan lulusan FPOK bisa mestransfer ilmu itu kepada anak didiknya. (adv)

FPOK IKIP PGRI Bali

YUDISIUM ▬ Dekan FPOK IKIP PGRI Bali, Ketut Sumerta beserta pembantu dekan saat meyudisium 225 sarjana penjaskes.

Bukankah ini hanya ilusi?Ruang hampa yang mengitariDan jutaan pasang mata tak bisa dikenaliSeakan menciptakan sekatPembatasTak bisa ditebasMaka kalau aku menatapmu dari seberang sisiKemudian memalingkan wajahku kembaliAkankah kau menyadari?Atau balas mengamati?TidakPandangan terhalang oleh barisan orangUcapku tak sampai dan keluhmu tak terdengarTenggelam di antara suara orang yang bersahutanJadi sekat apakah ini?Jutaan pasang mata tak bisa dikenaliSeakan mencipatakan sekatPembatasTak bisa ditebas

Sekat Pembatas

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Perutku terasa geliMelihat lelaki itu di tepi jembatanMenatap garang ke jalananSesekali meraungMeratapi air mengalirBeberapa terbahakTak pelak menggoda jahilTapi ia menangis…Menembus hati menusukkan tembiluSebagian tak mau tahuMenganggapnya pengotor di aspal kotaBeterbangan bagai sampahNamun, aku tak mau ikut merekaHarus kupahami, pedas pahit hidupnyaAku mulai tahuIa ingin melampiaskan nestapa rasaAtas kebiadaban entah siapaMembunuh pujaan dan buah hatinyaLalu menghanyutkan jazadnyaPada arus malamBeriak bagai ombak samudera

Lelaki Gila

Ni Putu Putri AnggreniSMPN 7 Denpasar

Aku tak tahu mengapa ini tak mudahEntah mengapa aku tak pernah bisaWalau sering kali dia toreh lukaTapi bagaimanapun aku tak akan lupaSekejap pun tak mampu menahanOtak ini tuk memikirkannyaBahkan di tiap hela nafaskuTeriring namanya yang syahduWalau hati ini tak mampu

Melupakanmu

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

Irama senja mengusik petangKini waktu telah bertandangSekejap gundah terusik semuCipta asa semesta rayaDikala rasa terpuruk musnahRealita bisu terpaku sunyiMelantun lirih melodi mimpi

Terhempas dan Terputus

Dhimita AnggraeniSMKN 2 Denpasar

Kata itu terngiang lagi di benakkuDi saat hatiku beku dan berdebuDi kala hatiku memiliki rasa tapi tak tahu untuk siapaRatih…Gadis kecil nan rupawanYang tiap senyumnya mampu taklukkan para pejantanYang tiap pulang sekolah selalu duduk manis di tamanPejantan mana yang tak terpesona akan paras lugunyaIngin hati bertanya “Hai, siapa namamu? Bolehkah aku mendekatimu?”Ah, tapi apa daya Dewi Fortuna tak berpihak padakuMungkin nanti…Eh, tunggu sebentar, ini puisi, bukan kata-kata yang dirangkai dengan indahHanya untuk mengungkapkan isi hati sang pejantan tanggungUntuk sang wanita idamanIdaman hati yang tak kesampaian

Ratih

Putu Bagus Dian Rendra GrahaSMK Pembangunan Denpasar

Tuhan, beri aku kesempatan untuk memilikinyaAku sangat menginginkannyaSenyumnya, matanya, tingkahnya, dan sifatnya membuat aku luluhKali pertama aku merasakan iniRasa yang tak pernah aku rasakanMembuat aku tak mampu menatapnyaBibirku seakan terkunciJantungku pun berdetak jauh lebih kerasEntah apa yang kurasa ini Tuhan?Aku hanya ingin yang terbaik untuknya dan untukkuSemoga Kau memberiku jalanAgar tidak ada yang tersakiti antara aku dan diaSemoga kesempatan ada untukkuDan aku akan benar-benar menyayanginya

Mengenalmu

Wildana ZulfaSMKN 3 Denpasar

Bulu kucing yang halusBagaikan bungaTerasa halus lembutSemerbak musim bungaBergolak nyala api musim semiBulat mata kucingBagaikan genta emasBegitu indah terang di kegelapanBergolak nyala api musim semiBibir kucing yang terkatup lembutTersurat kantuk musim bungaKumisnya yang halus tajamMenari-nari semangat musim bunga

Musim Semi adalah Kucing

Inten TrisnaSmapan

Manis bibirmu berkataKelembutan yang terteraMembuat aku percayaTanpa ada bertanya-tanyaSeakan aku tak berdayaTapi semua hanya dustaYang membuat aku kecewaSungguh terasa menderitaDalam perasaan hampaKini aku merana

Pendusta

Gede AdiSMK PGRI 1 Denpasar

KAMU pasti tak asing lagi mendengar Fakultas Hukum Uni-versitas Warmadewa (Unwar) Denpasar. Kampusnya megah di Jl. Terompong Tanjung Bungkak, SDM dosenya berkualitas dan yang paling penting, lulusannya cepat terserap di dunia kerja. Mengapa?

Mengutamakan Mutu, Lulusannya Cepat BekerjaNah, penasaran kan? Ikuti saja

artikel ini hingga tuntas. Dekan FH Unwar Ida Ayu Widiati,S.,M., memaparkan sejumlah keung-gulan fakultas favorit di Bali ini. Yang jelas, program ini pas banget de-ngan kamu yang sebentar lagi akan tamat SMA atau SMK. Sebab

di FH Unwar tak ada dikotomi lu-lusan SMA dan SMK jurusan apa saja karena dianggap memiliki pengetahuan yang sama, ting-gal kamu dipoles dengan PBM (perkuliahan) secara berkuali-tas. Buktinya, alumninya banyak diterima menjadi hakim, jaksa, pengacara, kantor notaris, anggota Polri dan anggota DPRD.

Kata kuncinya adalah kualitas. Itulah yang diterapkan pengganti Mahendrawati dengan rekan-rekan dosen di FH Unwar. Tanpa ikon berkualitas, niscaya ia mam-pu memiliki 500 mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang cepat bekerja. Sebab, sejak awal kamu masuk kuliah di FH Unwar sudah ditawarkan dengan pelayanan berkualitas pula. Misalnya lab hu-kum yang memadai, lab paradilan litigasi dan nonlitigasi, lab kenok-tariatan dan bisnis internasional dan sebagainya. Makanya di FH Unwar kamu akan mendapat pen-galaman kenoktariatan, hukum bisnis dan kepengacaraan serta

BAGI kamu lulusan SMA/SMK yang menggemari Bahasa Inggris atau ingin berkarir di dunia pari-wisata, Prodi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar adalah pilihan yang tepat dalam melanjutkan pen-didikan di perguruan tinggi.

Prodi dibawah pimpinan Desak Putu Eka Pratiwi, S.S., M.Hum. ini mengadakan berbagai macam kegiatan rutin setiap tahunnya, baik itu kegiatan akademis maupun non akademis. Diantaranya ada lomba pidato untuk siswa SMA/SMK se-Bali. Lomba ini dilaksanakan de-ngan tujuan agar siswa SMA/SMK bisa mengenal STIBA Saraswati lebih dekat.

Selain lomba pidato, prodi yang jumlah mahasiswanya selalu me-ningkat setiap tahunnya ini juga mengadakan lomba debat bahasa Inggris internal yang diikuti oleh selu-ruh mahasiswa Prodi Bahasa Inggris. Masing-masing kelas mengajukan kandidatnya kemudian ditentukan yang terbaik untuk mewakili STIBA Saraswati pada lomba debat bahasa Inggris tingkat kopertis wilayah VIII.

Juara Debat Bahasa Inggris hingga Aktif dalam Kegiatan SosialSTIBA Saraswati dikenal berprestasi dalam debat bahasa Inggris karena mahasiswanya sudah beberapa kali maju mewakili wilayah kopertis VIII ke tingkat nasional, bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari univer-sitas ternama di Indonesia.

Ada juga event literature night dan linguistic day. Literature night adalah sebuah event besar tahunan yang dilaksanakan STIBA Saras-wati untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengapresiasi karya sastra. Pada kegiatan tersebut para mahasiswa akan melakukan pertunjukan musikalisasi puisi, pe-mentasan drama, storytelling, dan lain-lain. Sedangkan linguistic day diisi dengan seminar satu hari atau kuliah umum. Di sana, Prodi yang sudah terakreditasi B ini mengun-dang pakar-pakar yang mendalami dunia linguistic sehingga mereka bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam serta bermanfaat untuk para mahasiswa di samping materi yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Untuk kegiatan lainnya, STIBA

Saraswati aktif dalam kegiatan sosial yakni secara rut in me-ngadakan program penggalian dana “Dana yang terkumpul tidak hanya dalam bentuk rupiah saja, tetapi juga dalam bentuk barang-barang. Hasil yang terkumpul akan disumbangkan ke panti asuhan dan panti jompo. Selain memberikan sumbangan dalam bentuk barang, kami juga memberikan bantuan berupa edukasi untuk anak-anak di panti asuhan,” ujar Desak. STIBA Saraswati juga aktif dalam kegiatan lingkungan di mana mereka secara rutin melaksanakan camping, hiking dan menanam pohon.

Dari segi fasilitas, STIBA Sa-raswati memiliki lab bahasa yang dipakai untuk kelas listening, lab komputer, dan perpustakaan. “Per-pustakaan kami memiliki koleksi buku yang cukup banyak karena kami selalu menambah koleksi buku di bidang setiap tahun khususnya buku-buku di bidang linguistic. Per-pustakaan kami juga buka hingga malam hari sehingga itu sangat membantu mahasiswa ketika mere-

MAU jadi ahli madya apoteker? Nah, Akademis Farmasi Saraswati Denpasar tempat yang tepat. Lem-baga ini memang diperuntukkan bagi SDM Bali yang mau menekuni dunia kefarmasian, ketimbang kuliah di luar Bali dengan biaya

Miliki Kebun Farmasi Organik Siap Jadi Sekolah Tinggi

hukum adat Bali. FH Unwar yang sudah ter-

akreditasi B dari BAN PT akan terus menambah fasilitas untuk mempertajam kualitas tadi. Fakul-tas Hukum Unwar juga dikenal memiliki kegiatan Tri Dharma Per-guruan Tinggi yang berimbang. Proses pengajaran yang dikenal berkualitas diimbangi kegiatan sosial ke masyarakatan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa bersama dosen klinik hukum dan penyuluhan hukum ke desa-desa. Untuk lebih banyak memberi pengalaman lapangan di dunia kerja, kamu sering diajak meninjau proses pe-radilan. Bahkan dengan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke sejumlah lembaga peradilan dan pemkab di Bali selama dua bulan akan menempa kamu lebih ma-tang untuk siap terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Mahasiswa FH Unwar biasanya diterjunkan ke Pengadilan Negeri Denpasar, Kejati Bali dan daerah, pemkab di se-Bali dan kantor notaris. “Ini

yang saya sebut bahwa kami tak mau main-main mencetak sarjana hukum,’’ ujarnya.

FH Unwar juga sangat peduli dengan pembentukan kepribadian calon sarjana hukum. Selain lulu-sannya disiapkan menjadi sarjana yang profesional, juga sarjana yang membela keadilan secara benar dilandasi moral yang baik. Nah, justru ilmu ini kamu harus kejar sehingga menjadi SDM yang leng-kap yakni pintar secara akademis, terampil dalam peradilan dan kepe-ngacaraan serta berbudi luhur. Yang terakhir ini penting apalagi sarjana hukum selalu berhubungan dengan konflik di masyarakat.

Jika kamu lulusan segar SMA/SMK dengan kuliah penuh kamu bisa bergabung menjadi kelas reguler. Sedangkan jika mau kuliah sambil bekerja kamu bisa menem-puh pendidikan di kelas khusus. Biaya kuliahnya nyaris tak berbeda tinggal kamu menyesuaikan diri dengan jam kerja apakah mau masuk pagi atau sore. (adv)

BERSAMA ▬ Dekan FH Unwar IA Widiati bersama rekan dosen yang meraih doctor.

ka menyelesaikan tugas akhir,” tutur Desak.

Tahun ini STIBA Saraswati meneri-ma calon mahasiswa baru melalui

dua jalur seleksi yakni jalur prestasi dan tes akademik. So, tunggu apa lagi? Segera bergabung bersama STIBA Saraswati Denpasar. (adv)

WISUDA ▬ Direktur Akademi Farmasi Saraswati, I Gede Made Saskara Edi saat mewisuda 66 tenaga ahli madya farmasi.

tinggi.Lagi pula lulusan Akademi Far-

masi ini laris di pasar kerja. Buktinya Akademi Farmasi Saraswati sampai kehabisan stok lulusan. Makanya jika ingin cepat kerja tentukan pilihanmu di Akademi Farmasi

Saraswati Denpasar di Jl. Kamboja Denpasar.

Direktur Akademi Farmasi Sa-raswati Denpasar, Drs. I Gede Made Saskara Edi,M.Psi.,Apt., menegaskan Akademi Farmasi Saraswati yang sudah terakreditasi B mencetak ahli madya profesional dalam kefarmasian. Apalagi dengan sistem jaminan kesehatan yang berkembang saat ini memerkukan tenaga ahli dan ahli madya dalam mengaudit obat-obatan agar lebih teliti dan efisien.

Karena satu-satunya PTS di Bali yang membuka farmasi, minat masyarakat kuliah di Akademi Far-masi terus meningkat dari 45 orang tahun ini menerima 194 mahasiswa baru. Dengan program keunggulan kearifan lokal dan menjadi akdemi farmasi terbaik nasional. Makanya dia minta maaf jika tak semua pen-daftar bisa diterima. Ke depan, ya-yasan akan menyiapkan lahan baru sehingga semakin banyak jumlah mahasiswa yang diterima.

Dalam upaya mempromosikan obat-obatan organik, kata Saskara

Edi, kini Akademi Farmasi Saraswati Denpasar mengembangkan kebun farmasi organik seluas 3 hektar di Tabanan. Dengan kebun farmasi organik ini Akademi Farmasi Sa-raswati akan memproduksi sejumlah obat organik.

Kedua, Akademi Farmasi Sa-raswasti, kata dia, meningkatkan status dari akademi menjadi sekolah tinggi. Semua persiapan dan beru-bahnya status sudah selesai, ting-gal menunggu kapan moratorium pembukaan program baru dicabut Dikti. Bahkan Akademi Farmasi Saraswati sudah mendapat reko-mendasi dari Kopertis dan lembaga terkait.

Soal prospek lulusan, Gede Made Saskara Edi didampingi Pembtu Direktur III Bidang Kema-hasiswaan, Made Agus Sunadi Putra, S.Si.,M.Biomed.,Apt. me-ngungkapkan pihaknya sampai ke-habisan stok lulusan. Selain banyak bekerja setelah tamat, banyak juga yang melanjutkan. Sebab mereka disiapkan menjadi SDM dengan level komptensi lima di KKNI. Hal ini

juga didukung pesatnya pertumbu-han rumah sakit yang memerlukan tenaga profesional.

Dia meminta kepada lulusanya untuk terus belajar. Sebab IPK tinggi bukan jaminan sukses di masyar-akat, banyak tergantung pada soft skill dan networking. Soft skill, kata dia, sangat diperlukan baik menuju karir sebagai karyawan swasta, PNS maupun pengusaha. Komu-nikasi skill ini sangat menentukan dan harus dibangun tiap insan SDM Akademi Farmasi Saraswati.

Ketua Yayasan PR Saraswati Pusat Denpasar, Ir. Bagus Ketut Lodji,M.S., mendukung Akademi Farmasi menadi sekolah tinggi. Yang penting diperhatikan guna menghadapi persaingan global yakni SDM baik input dan dosen di lembaga ini.

Kedua, dia ingin Akademi Far-masi Saraswati tak hanya mencetak SDM namun juga sebagai produsen obat organik. Kebun farmasi di Tabanan bisa dijadikan modal untuk mebuat unit usaha obat-obat-an. (adv)

Fak. Hukum Univ. Warmadewa

Prodi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar

Akademi Farmasi Saraswati

KEGIATAN ▬ Ketua Prodi Sastra Inggris STIBA Desak Putu Eka Pratiwi, S.S., M.Hum. bersama Ketua STIBA.

Page 13: Wiyata mandala 03022015

4 13Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Diasuh oleh Putri Wong Kam FuBerlaku : Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

KEBIASAAN mendengarkan Portable Music Player (PMP), seperti MP3 player, bisa membuat telinga cedera. Itu terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi. Berdasar pe-nelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.

Saat ini mungkin dampaknya be-lum terlihat, namun kelak akan terasa. Mendengarkan pe-mutar musik personal secara reguler da-lam volume tinggi ketika muda sering kali tidak ber-dampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang, jelas salah se-orang peneliti pada Internatio-nal Herald Tribune. Berikut efek negatif headset atau earphone untuk kesehatan tubuh:Kerusakan permanen

Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung de-ngan lubang telinga, biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.Kehilangan pendengaran Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Keru-sakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

ISU radiasi bagi pengguna ponsel bukan hal yang baru. Na-mun penyakit kulit gara-gara pon-sel? Nah, ini berita baru. Dan itu-lah yang dikemukakan oleh aso-siasi Dermatologis Inggris (British Association of Dermatologists – BAD). Asosiasi yang beralamat di bad.org.uk ini memperingatkan para dokter tentang apa yang di-sebut “dermatitis ponsel”. Penya-kit ini adalah ruam yang berkem-bang di wajah atau jari-jemari akibat kontak berulang dengan ponsel yang mengkilat.

Eh serius, ini bukan lelucon. Menurut BAD, setelah kontak yang agak lama, nickel alloy di handset dapat menyebabkan kulit memerah dan gatal. Biasanya, di pipi atau wilayah telinga si pen-derita menjadi merah, dan muncul ruam-ruam yang gatal setelah ia berlama-lama menggunakan ponsel (aki-bat handset bergesekan dengan wajah). Ruam-ruam itu bahkan dapat menyebar ke jari-jemari mereka yang getol ber-SMS.

Dalam rilis pers-nya, BAD menuduh handset yang harganya lebih mahal seba-gai biang kerok. “Penyelidikan yang lebih teliti mengungkapkan bahwa reaksi itu di-sebabkan oleh nikel dalam handset ponsel, yang sering ditemukan pada casing atau tombol-tombol ponsel, khususnya di model yang paling cantik,” begitu tulis BAD.

Pada studi yang dirilis lebih dulu tahun ini, para dokter di AS melakukan pengujian terhadap nikel di 22 handset populer dari delapan produsen, dan mendapatkan 10 di antaranya memang mengandung nikel.

“Hampir setengah dari ponsel yang kami spot tested itu mengandung nikel be-bas. Tombol-tombol menu, logo dekoratif

Hati-Hati terhadap Pemakaian Ponsel

Bahaya Menggunakan Headset bagi Telinga dan Otak

Kerusakan otakGelombang elektromagnetik akibat ear-

phone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada lis-trik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak

manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada.

Ambang pendengaranPaparan musik dengan ear-phone atau headset dapat mempengaruhi ambang pen-

dengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan

volume keras dan da-lam jangka waktu

lama. Secara perlahan efek ini akan m e n g a r a h pada gang-

guan p e n d e -ngaran secara permanen.

Karenanya kamu harus mengguna-kan earphone atau headset ini sesuai

kebutuhan saja, jangan berlebih. Me-ngenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan head-set atau earphone untuk tidak melebihi batas 100 desibel. Mengingat suara yang ada di luar headset (suara mesin mobil, disel atau pemotong rumput) juga bisa berpengaruh pada pendengaran manusia.

Ema Leonita AndiniSMAN 4 Denpasar

di headset dan bingkai metalik di sekitar layar LCD adalah tempat (nikel) yang paling umum. Handset dengan desain yang lebih memikat seringkali memiliki akses metalik dan casing-nya lebih mungkin mengan-dung nikel bebas,” kata Dr. Lionel Berco-vitch (salah satu penulis studi dari Brown University, Rodhe Island).

Sementara itu BAD mengatakan bahwa 30% penduduk Inggris menderita alergi ter-hadap nikel. Perempuan khususnya lebih mudah terjangkit dermatitis ponsel karena kulit mereka sudah sensitif terhadap ni-kel yang berasal dari perhiasan. BAD me-nyarankan mereka yang memiliki ruam di wa-jahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

AyuandewiSMA Perintis Denpasar

CapricornAnda harus lebih percaya

diri, tidak perlu putus asa teruslah tingkatkan motivasi belajar Anda. Asmara: Satu kesalahan besar jika Anda tidak b i s a memanfaatkan situasi yang cukup baik ini untuk lebih perhatian pada dirinya, apalagi di saat ini si dia lagi membuka pintu hatinya lebar-lebar. Studi: Yakinlah dengan pera-saan percaya diri yang tebal itu akan mampu menempatkan Anda pada posisi puncak.

AquariusSuasana cukup semarak dan

membikin hati terasa tenang dan jauh dari permasalahan berat. Nikmatilah suasana ini dengan penuh sukacita dan jangan bi-arkan amarah timbul dari da-lam hati Anda. Bila ada peluang yang muncul sebaiknya bisa disikapi dengan serasional mungkin sehingga pelu-ang tersebut dapat teraih seoptimal mung-kin. Asmara: Nampak romantis dan jauh dari pertengkaran, hanya saja pikiran negatif yagn terkadang timbul sebaiknya segera ditepis jauh-jauh. Stud: Terhadap rekan-re-kan Anda yang mulai bertingkah merugikan, sebaiknya bisa disikapi dengan lebih tegas lagi tak perlu takut untuk menegurnya bila Anda memang merasa terus ditugikan.

Pisces

Rencana ke depan bisa Anda persiapkan mu-lai dari sekarang dan tak harus tunggu nanti. Apalagi bertemu dengan kawan lama ternyata mampu mendatangkan inspirasi baru bagi Anda. Bila ingin berpergian jauh juga tak ada masalah karena posisi perbin-tangan Anda masih tampak bersinar terang. Asmara: Konflik pribadi dan salah paham tampaknya masih sulit untuk dilupakan, walau begitu apa salahnya jika Anda men-coba memperbaiki hubungan perkasihan ini. Studi: Terhadap ucapan yang memerahkan telinga sebaiknya Anda acuhkan saja karena tak ada untungnya jika ditanggapi.

AriesTak ada salahnya

jika Anda bisa mem-pergunakan vitalitas dan energi Anda dengan sebaik-baiknya pada saat ini dengan melakukan perbuatan yang bisa membahagiakan orang-orang di sekitar Anda. Asmara: Jangan biarkan sikap egois Anda membikin suasana menjadi kurang semarak, coba Anda dengarkan saran dan kritikannya, ambil sisi positifnya saja. Studi: Nikmati saja suasana yang cukup tenang ini, dengan menghindari perbuatan yang bisa memicu permasalahan baru.

Taurus

Tetaplah Anda enjoy dengan apa yang telah Anda lakukan selama ini, mengenai omongan orang yang kurang enak di hati ang-gaplah mereka semua itu iri dengan keberhasilan Anda selama ini. As-mara: Saat ini Anda merasa seperti berada di langit ke sembilan, bagaimana tidak? Kata-katanya cukup menyanjung hati belum lagi wajahnya yang selalu menempel di pe-lupuk mata Anda. Studi: Tak ada yang lebih tahu perasaan Anda selain diri Anda sendiri, untuk itu tak perlu menghiraukan tanggapan orang.

GeminiTak perlu menyesali situa-

si yang terjadi akhir-akhir ini di mana banyak orang yang menggantungkan harapan dan keinginan pada diri Anda, bu-kankah Anda memang dianggap lebih ber-hasil dari pada mereka, untuk itu tak perlu negatif thinking dulu. Asmara: Turuti saja perkataannya dan tak perlu membantahnya agar tidak timbul perselisihan apalagi hanya karena perkara sepele yang seharusnya tak perlu sampai membesar. Studi: Syukurilah bahwa Anda ternyata masih berada di atas me-reka dan jadikan itu semua sebagai spirit un-tuk bisa lebih sukses lagi ke depannya nanti.

CancerHambatan dan rinta-

ngan seakan memang tiada henti-hentinya menghambat laju karir dan bisnis Anda, walau begitu hati tak boleh ciut nyalinya tetaplah berhati be-sar dan selalu optimis, yakinlah di mana ada kemauan maka di situ pasti ada jalan keluarnya yang bisa Anda manfaatkan. As-mara: Jangan negatif thinking dengan apa yang dilakukannya pada orang lain, karena itu hanya sebatas kemanusiaan saja. Studi: Jauhilah perbuatan yang bisa menimbulkan persepsi kurang baik bagi diri Anda, hinda-rilah perbuatan yang sia-sia.

LeoDi minggu ini Anda masih

bisa melewatinya dengan penuh keberhasilan walau-pun problem Anda sebe-narnya relatif berat dan cu-kup memusingkan. Asmara: Rapatkan barisan dan satukan visi ke de-pan agar kekompakan tetap selalu bisa terjaga. Hindari pertengkaran hanya karena masalah yang tak prinsip, coba Anda lebih bersikap dewasa lagi. Studi: Selama Anda ada kemauan maka tidak sulit untuk bisa meraih impian yang tampak terbuka lebar.

VirgoHubungan dengan kawan seba-

iknya Andalah yang mencoba untuk mengalah kepadanya selama tidak melanggar komitmen yang ada, agar hubungan tetap terbina baik dan tidak sampai di-manfaatkan oleh rival-rival A n d a sendiri. Asmara: Cobalah untuk mengalah sekalipun Anda merasa benar, selama tidak melanggar prinsip yang ada sebaiknya ke-salahannya tersebut tak perlu diperpanjang. Studi: Pelajaran lagi berat-beratnya, seh-ingga wajar saja jika Anda tertekan untuk saat ini. Memang untuk meraih semua im-pian tak semudah seperti membalik telapak tangan. Tetaplah semangat.

LibraBerusahalah untuk

bisa bersikap tenang agar tidak ada dampak buruk bagi kelanjutan studi Anda. Asmara: Orang ketiga tampaknya perlu diwaspadai walaupun terkadang nasehatnya cukup menyentuh perasaan Anda, coba Anda selalu tanamkan kepercayaan pada si dia agar adu domba tidak sampai menerpa hubungan kisah kasih ini. Studi: Cari teman yang sehati dan bisa menolong di kala Anda sedang dilanda masalah bukannya malah mendekat di kala Anda lagi enak-enaknya.

Scorpio

Di saat yang baik se-perti ini sebaiknya bisa dijadikan pembang-kit bagi motivasi Anda untuk bisa melangkah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Asmara: Jangan hanya membayangkan yang manis-manis saja karena terkadang kerikil-kerikil tajam harus Anda lalui untuk dapat sampai ke tempat tu-juan, untuk itu coba Anda selalu bisa tabah dan tahan banting. Studi: Jangan keburu berpuas diri dulu karena langkah Anda ke depan masih jauh dan keberhasilan yang te-lah Anda raih selama ini itu hanya setitiknya saja.

SagitariusTanamkanlah kewas-

padaan di manapun Anda berada, terutama terhadap peluang yang tampak manis walaupun belum tentu ke-nyataannya semanis seperti yang Anda lihat. Asmara: Sikap egois jangan sampai menghancurkan semua yang telah Anda bangun bersamanya dengan susah payah, coba Anda lebih bisa menghormati hak-haknya. Studi: Waspadalah karena tidak sedikit yang berwajah dua, untuk itu Anda harus lebih selektif lagi dalam me-nerima saran dan kritikan yang datang.

Page 14: Wiyata mandala 03022015

14 3Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

Informasi Studi Lanjut

Minyak

Suatu hari, dua orang sahabat tengah bercakap-cakap di ruang-an kelasnya.Aan : Nanik, coba deh jawab

pertanyaanku. Kalau jawabanmu benar, nanti aku traktir siomay.

Nanik : Oke, apa pertanyaan-nya?

Aan : Minyak, minyak apa yang bikin sakit hati?

Nanik : Minyaksikan dirimu de-ngannya.

Aan : Yah, kok Nanik tau sih? Dasar ratu galau!

Nanik : Hahahaha, iyalah Nanik gitu loh.

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Obat Aneh

Pasien : Dok, tolong sembuhkan saya, saya sering ber-jalan di waktu tidur.

Dokter : Ini kotak yang bisa m e n y e l e s a i k a n masalahmu. Setiap malam ketika hendak tidur, keluarkan semua isi yang ada dalam ko-tak ini lalu taburkan di sekeliling lantai kamar tidur Anda.

Pasien : Kotak apa ini Dok? Apa semacam serbuk penenang?

Dokter : Bukan, kotak ini berisi paku payung.

Pasien : @#$%%%^

Wildana ZulfaSMKN 3 Denpasar

Kucing

Pada suatu hari, Cinta Lau-ra memutuskan untuk pergi ke sebuah toko.Cinta : Mas, ada kyuch-

ing anggouura?Penjaga toko : Nggak ada, Mbak.Cinta : Kalo kyuching per-

shiyyaa?Penjaga toko : Nggak ada juga,

Mbak.Cinta : Oh My God.

Oukei, kalo kyuch-ing kamphoung?

Penjaga toko : Nggak ada, Mbaaak! Kita ng-gak jual kucing, Mbak. (mulai ke-sel)

Cinta : (Lebih kesel lagi) Helloww! So why?! Kenapa di depan kamu tulis TOKO CAT???

A.A Santhi SuastiniSMAN 2 Denpasar

Kecoak

Suatu hari dua orang kakak beradik pergi ke ladang. Tiba-tiba mereka pulang dengan tergesa-gesa.Kakak : Ibu! Tolong! Adik baru

saja menelan kecoak di ladang!

Ibu : Astaga, cepat panggil ayahmu! Biar ayahmu

bisa memanggil dokter ke sini.

Kakak : Siap, Bu. Tapi Ibu tenang saja, adik sudah kuberi racun serangga kok.

Ibu : Apa???

Nita SintaSMAN 1 Denpasar

Angka Cinta

Cowok : Coba pikirin 1-10 angka mana yang paling aku suka buat kamu.

Cewek : Nggak tau, 8 ya?Cowok : Salah, 2 dong.Cewek : Kok dikit?Cowok : Dualemmm banget!Cewek : Tambah lope lope nih.

I Made Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar

Sembunyi

Suatu hari dua orang sahabat tengah bermain tebak-tebakan di halaman sekolah.Puri : Nik coba tebak, kenapa

warna badan zebra itu hi-tam putih?

Nanik : Kenapa ya, karena faktor genetis mungkin.

Puri : Salah, jawabannya supa-ya zebra bisa sembunyi di balik pohon mangga.

Nanik : Ah bohong, mana ada zebra sembunyi di balik pohon mangga?

Puri : Nah kamu gak pernah li-hat kan? Berarti persem-bunyiannya berhasil..

Nanik : !@#$%^&

Nita SintaSmansa

Bener Nggak Sih?

Percakapan dua orang lelaki di bus kota.PR : PerokokBP : Bukan perokok

PR mengeluarkan sebungkus rokok dari kantung celananya ber-maksud untuk menawarkan kepa-da orang sebelahnya.PR : Mau rokok, Mas?BP : Oh tidak, terimakasih.

BP merasa tergugah, dan ingin memberi arahan kepada si PR supaya tidak merokok. Lantas

mulailah si BP mengawali pembi-caraan.BP : Sehari habis berapa batang

rokok, Mas?PR : Biasanya sih 2 bungkus.BP : Sebungkus harganya bera-

pa, Mas?PR : 10.000BP : Mas udah berapa tahun

ngerokok?PR : Kurang lebih 20 tahun.BP : Begini saya kasih gambar-

an, 1 bungkus harganya 10.000, satu hari Mas ha-bis 2 bungkus, jadi 20.000. Kalau 1 bulan jadi 20.000 x 30 = 600.000. Jadi kalau 1 tahun berarti 600.000 x 12 = 7.200.000. kalau Anda sudah 20 tahun ngerokok berarti 7.200.000 x 20 = 144.000.000. Wah, seha-rusnya kalau Mas nggak ngerokok udah bisa beli mobil tuh!

PR : Saya juga kasih gambaran!BP : Silahkan.PR : Mas perokok atau tidak?BP : Tidak, itu haram bagi saya.PR : LAH? NAPE LOE NAIK

BUS? MOBIL LOE MANA???

BP : $#^@ X!!? + == D @^-*(%)

I Made Wisnu Adi WiryawanSMPN 4 Denpasar

Jantung

Guru : Budi, di mana letak jan-tung?

Budi : Nggak tau, Pak.Guru : Masa itu aja nggak tau.

Keluar!Budi : (Keluar sebentar, lalu

masuk lagi) Pak, di luar juga nggak ada jantung.

Guru : *#@!&%$

A.A Santhi SuastiniSMAN 2 Denpasar

Fruit Ninja

Udin : Don, gue mau nanya se-suatu nih.

Udon : Iya tanya aja, gue kan pinter.

Udin : Buah apa yang bisa pe-gang samurai?

Udon : Buah mana punya ta-ngan, nyerah deh.

Udin : Jawabannya fruit ninja.

ASASixsma

FAKULTAS Ekonomi (FE) Univ. Mahasaraswati (Unmas) Denpasar dikenal paling banyak memiliki mahasiswa. Makanya FE Unmas seriang disebut fakultas favorit di Bali. Kamu yang akan tamat dari SMA/SMK tahun ini

Lulusannya Jadi Inspirasi bagi Masyarakat

FE Unmas

Komit Cetak Pengusaha Muda Mandiribisa menentukan pilihan di kam-pus di Jl. Kamboja Denpasar ini. Dekan Fak. Ekonomi (FE) Unmas Denpasar, Drs. I Wayan Sujana, M.M., didampingi WD I I Nengah Landra, S.E.,M,M., WD II Dr. Putu Kepra Marini, S.E.,M.M., dan WD III Luh Kadek Budi Martini, S.E., M.M., menegaskan tiap tahun FE Unmas membuka pendaftar-an mahasiswa baru untuk Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi dan Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Di tiap acara yudisium, Dekan Wayan Sujana selalu menekan-kan bahwa perolehan IPK tinggi bukan jaminan satu-satunya kunci sukses di dunia kerja dan masyarakat, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemam-puan soft skill khususnya dalam menjalin komunikasi. Untuk itu dia berharap lulusan FE Un-mas tetap tampil rendah hati, mengedepankan kejujuran serta menjadi inspirasi bagi masyarakat

sekitarnya dalam hal semangat menjadi wirausaha muda mandiri.

Hal ini dipertegas oleh Dekan FE Unmas Wayan Sujana karena FE Unmas secara konsisten berkomit-men untuk mencetak pengusaha muda mandiri. Mereka diharapkan setelah lulus menjadi job creator yakni menciptakan lapangan kerja baru, bukan berebut menjadi de-retan angka pengangguran yang menunggu mencari pekerjaan.

Sebuah negara bisa maju jika minimal tiga persen penduduk usia produktifnya adalah pengusa-ha mandiri. Jika dilokalising, Bali yang berpenduduk 6 juta jiwa mini-mal memiliki 180 ribu pengusaha muda mandiri yang berusia 24-35 tahun. Makanya angka ini perlu di-genjot lewat lulusan PT seperti FE Unmas yang konsisten mencetak SDM siap menciptakan lapangan kerja baru.

Program ini perlu dikebut ka-rena dinilai Wayan Sujana ber-dampak ganda. Pertama, membu-

ka peluang kerja, mengurai angka pengangguran serta meningkat-kan pendapatan dan kesejahtera-an masyarakat.

FE Unmas memformulasikan program ini secara terpadu lewat pelayanan Tri Darma PT yang berkualitas. Dengan demikian mereka memiliki kepekaan, tang-gap, tangguh, terampil dan cer-das.

Cerdas dalam arti mampu men-ganalisis sikon lewat pengalaman penelitian, termasuk tanggap de-ngan isu dan kondisi ekonomi yang terus berubah dan susah diprediksi. Bahkan pemerintah sering tak komit terhadap kebi-jakannya.

Sejumlah program unggulan FE Unmas untuk melahirkan pe-ngusaha muda mandiri lewat pro-gram iptek bagi kewirausahan. Program yang dirintis oleh Dikti ini kini dijalankan secara mandiri di FE Unmas. Tiap tahun FE Unmas mencetak enam pengusaha muda

dengan berbagai bentuk usaha. Mereka juga dicarikan partner yang membantu permodalan de-ngan sistem kredit tanpa jaminan.

Kedua, FE Unmas secara rutin menerjunkan mahasiswa untuk magang ke sejumlah perusahaan dan membina pasar desa Pe-ninjoan. Selain membina secara manajemen, mahasiswa FE Un-mas juga mengintip inspirasi un-tuk bisa dikembangkan ke depan. Ketiga memiliki program pelatihan perpajakan dan agenda tetap busi-ness days.

Soal kualitas SDM, FE Unmas dikenal memiliki program studi lan-jut gratis bagi dosennya ke S-3. Tiap tahun dua dosen dibiayai oleh lembaga hingga tamat FE. Saat ini FE Unmas memiliki lima dosen berkualifikasi doktor dan enam sedang menempuh S-3. Bahkan karyawannya juga diberi kesem-patan melanjutkan ke S-2 serta mengikuti pelatihan nasional dan internasional. (adv)

DEKAN - Dekan FE Unmas, Drs. I Wayan Sujana, M.M.

SAAT ini pembangunan di sek-tor industri jasa konstruksi terus berkembang baik di Indonesia secara umum maupun Bali khu-susnya. Hal ini tidak terlepas dari pembangunan sarana dan pra-sarana, seperti: hotel, villa, peru-mahan, bendungan, dan sarana jalan. Kondisi ini menguntungkan bagi para penyedia jasa konstruksi seperti konsultan dan kontraktor. Jasa ini semakin banyak memerlu-

Teknik Sipil Poltek Bali Diserbu Calon MahasiswaLulusannya Terampil, Bersertifikat Kompetensi, tak Ada yang Nganggur

kan tenaga yang siap pakai untuk mengisi tenaga terampil pada bi-dang tersebut.

Salah satu institusi pendidikan yang siap menghasilkan tenaga terampil di bidang konstruksi adalah Jurusan Teknik Sipil Po-liteknik Negeri Bali (Poltek Bali). Sebagai penyedia tenaga teram-pil di bidang jasa konstruksi sam-pai saat ini Teknik Sipil Poltek Bali masih kewalahan memenuhi

permintaan pasar untuk tenaga terampil di level menengah dan level sarjana. Oleh karenanya, ti-daklah mengherankan semua lu-lusannya sudah bekerja sebelum diwisuda dan bahkan sebagian sudah bekerja ketika mereka ma-gang di semester V dan VII.

Jurusan Teknik Sipil kini menye-lenggarakan dua program studi yaitu Program Studi D III Teknik Sipil dengan konsentrasi Aplikasi Komputer Rancang Bangun dan Program Studi D IV (S1 Terapan) Manajemen Proyek Konstruksi. Menurut Ketua Jurusannya, Ir. I Wayan Arya, M.T., kedua program studi tersebut dirancang dengan proporsi praktik yang lebih banyak daripada teori. Para mahasiswa dibimbing oleh dosen dan instruk-tur yang sangat berpengalaman di lapangan serta peralatan praktik yang sangat lengkap menambah kesiapan lulusannya menghadapi dunia kerja. Bahkan, sarana prak-tik yang lengkap ini sering dija-dikan rujukan untuk uji kualitas proyek di lapangan. Fasilitas yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Sipil berupa lab. komputer yang berba-sis internet, lab. mekanika tanah, lab. material, lab. ilmu ukur tanah, lab. hidrolika, dan workshop untuk praktik kayu, baja, drainase, plum-bing, kerja batu, dll.

Dengan pembelajaran sistem

paket, waktu pendidikan sangat pasti yaitu 3 tahun untuk Program Studi DIII Teknik Sipil dan 4 tahun untuk Program Studi DIV (S1 Te-rapan) Manajemen Proyek Kon-struksi. Program Studi DIII Teknik Sipil, juga dirancang untuk dapat melanjutkan ke jenjang DIV (S1 Terapan) dengan program alih jenjang sambil kerja. Di samping mendapatkan ijazah, lulusan Tek-nik Sipil juga dibekali sertifikat ke-terampilan dari Badan Sertifikasi Keterampilan Politeknik Negeri Bali (BSK-PNB). Poltek Bali me-rupakan satu-satunya perguruan tinggi di Bali yang terakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional se-hingga boleh mengeluarkan ser-tifikat. Sertifikat ini adalah salah satu syarat bagi tenaga kerja jasa konstruksi untuk berkiprah pada proyek pemerintah.

Lulusan Program Studi DIII Teknik Sipil akan mengisi keko-songan tenaga kerja jasa kon-struksi pada level menengah atau sebagai praktisi lapangan maupun kantor. Sedangkan untuk Program Studi DIV (S1 Terapan) Mana-jemen Proyek Konstruksi akan mengisi kekosongan tenaga jasa konstruksi di level engeneer/ma-najer. Kedua lulusan program stu-di tersebut dapat memasuki dunia industri seperti konsultan peren-

cana, konsultan pengawas, kon-traktor atau bahkan pegawai negeri di bidang Kimpraswil/PU. Apabila mau berwirausaha sendiri, lulus-an tidak akan canggung karena bekal untuk berwirausaha sudah sangat lengkap. Bidang pekerjaan jasa konstruksi sipil sangat luas yaitu meliputi penyediaan sarana dan prasarana hidup manusia an-tara lain bangunan gedung (rumah tinggal, hotel, villa, pertokoan, dll), jalan raya, bangunan air (irigasi, bendungan, drainase), lapangan terbang, pelabuhan, dll.

Pada Tahun Akademik 2014-2015 Poltek Bali menerima ma-hasiswa baru melalui: PMDK PN Online bersama 38 Politeknik Negeri se-Indonesia, UMPN se-Indonesia, dan UMPN Mandiri melalui Tes Bakat Skolastik (TBS). Jadwal PMDK PN Online adalah:a. Pengisian Data oleh Sekolah : 1

Februari – 30 April 2015b. Pengisian Data oleh Siswa : 1

Februari – 1 Mei 2015c. Pengiriman Berkas : 1 Februa-ri

– 8 Mei 2015 (Cap Pos)d. Validasi Berkas : 1 Mei-17 Mei

2015e. Evaluasi : 23 Mei 2015f. Pengumuman : 29 Mei 2015

Informasi persyaratan seleng-kapnya silakan hubungi Humas Poltek Bali di (0361) 701981 atau klik www.pnb.ac.id. (adv)

Serangkaian program Jene-sys (pertukaran budaya), antara Jepang dengan Indonesia khusus-nya Bali, salah seorang siswa SMAN 1 Petang yakni Ni Putu Nita Ariastini mendapat kesempat-an mengikuti program tersebut di Jepang.

Nita Ariastini yang kini masih duduk di kelas XII IPB berangkat ke Jepang tanggal 15 Desember dan pulang tanggal 23 Desember 2014 lalu.

Ni Putu Nita Ariastini

Duta Badung ke JepangIa berangkat ke Jepang ber-

sama-sama dengan siswa lain-nya di Bali antara lain: Septiani dan Gung Wira (SMAN 1 Ubud), Rianti (SMAN 8 Denpasar), Yoga (SMAN 3 Amlapura), Ni Wayan Desi (SMAN 1 Mendoyo), Ning-sih (SMAN 1 Kintamani), Nila (SMK Pariwisata Klungkung), Abi (SMAN 3 Singaraja), Ni Kadek Dwi Vegi (SMAN 1 Nusa Penida) dan Gek Anis (SMA Dharma Praja Denpasar).

Nita yang kelahiran Semanik, 6 Februari 1997, bersama siswa lainnya itu bisa menginjakkan kaki di Negara Matahari Terbit karena lolos seleksi yang diadakan oleh Japan Foundation.

Dalam program ini, tempat-tempat yang dikunjungi adalah Tokyo Metropolitan Government, Japan Open Air Folk House Mu-seum, School Exchange, Tokyo, dan Yamanashi.

Sebelumnya, tiga orang guru

SMAN 1 Petang yakni I Gede Sutama, S.S., I Gst. Ag. Galuh Wismadewi, S.S., dan Gst. Ngr. Suwantara, A.Md., sudah pernah menginjakkan kaki di Jepang ka-rena lolos seleksi yang diadakan oleh Japan Foundation.

Dengan lolosnya Nita Ariastini, ini berarti ia sebagai Siswa Duta Badung yang mengikuti program Jenesys (pertukaran budaya) Jepang – Indonesia (Bali).

Kepala SMAN 1 Petang I Gst Putu Suyasa, SSKar., M.MPd. sangat bangga karena salah se-orang siswanya berhasil untuk mengikuti program ini di Jepang. (adv) Putu Nita Ariastini

FAKULTAS Hukum (FH) Undik-nas University kini selangkah lebih maju. FH Undiknas kini menerap-kan kurikulum KKNI secara penuh. Para dosen dan karyawan pun di-workshop-kan Kurikulum Berbasis KKNI dengan menghadirkan nara-sumber Anna Fidelia Elly Erawaty, S.H., LL.M., Ph.D., dari Universitas Parahyangan.

Jika kamu lulusan SMA/SMK yang tamat tahun ini bisa menen-tukan pilihan di FH Undiknas. Ja-ngan heran di sini para pengajar/dosennya guru besar dan doktor. Lagi pula lulusan FH Undiknas dikenal tak ada yang menganggur. Ini semua karena kualitas yang menjadi target utama pelayanan di sini. Baik kualitas pelayanan, PBM dan SDM dosen yang menentukan kualitas lulusan. Nah, daftarkan diri segera ke FH Undiknas di kam-pus Jl. Bedugul Denpasar. Sistem

Miliki Kurikulum KKNI, Cetak Lulusan Berdaya Saing InternasionalFak. Hukum Undiknas

WORKSHOP - Dekan FH Undiknas A.A..N. Sri Rahayu Gorda bersama para dosen saat workshop kurikulum.

seleksi mahasiswa barunya dilaku-kan secara online.

Dekan FH Undiknas, Dr. A.A.N. Sri Rahayu Gorda, S.H., M.M., M.H., membenarkan akan penting-nya kualitas dalam segala hal. Hal ini diawali dengan FH Undiknas sudah memiliki Kurikulum KKNI. Dengan demikian Sri Rahayu Gorda menegaskan mulai 2015 FH Undiknas sudah menerapkan kurikulum KKNI.

Lewat Kurikulum KKNI ini, FH Undiknas berkomitmen melahirkan lulusan yang berdaya saing nasio-nal dan internasional. Di samping itu kurikulum ini juga berlandaskan Tri Hita Karana (THK). Dengan de-mikian lulusan FH Undiknas disiap-kan memenangkan pasar kerja di MEA namun tetap pada jati dirinya mengimplementasikan THK. Ini sesuai dengan visi FH Undiknas sebagai lembaga pendidikan tinggi

ilmu hukum yang terdepan dalam mutu. Hal itu dijabarkan di salah satu misinya yakni menyeleng-garakan pendidikan tinggi ilmu hukum secara profesional berba-siskan TI untuk menghasilkan sar-jana hukum yang berkompeten di bidangnya dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

Kurikulum FH Undiknas berba-siskan KKNI dan berlandasan THK sangat didukung oleh Anna Fidelia Elly Erawaty. Ke depan sebuah PT tak hanya berstandar nasional na-mun juga berdaya saing interna-sional. Bahkan dia menilai THK ini bisa dijadikan keunggulan “daya jual” FH Undiknas ke depan. Ha-nya saja dia menekankan apapun tambahan kearifan lokalnya tetap kompetensi yang diinginkan se-suai jenjangnya KKNI yakni S-1 di level enam dan harus sesuai visi Undiknas serta FH Undiknas.

Hal ini diperkuat oleh Wakil Rek-tor Undiknas, Prof. Nyoman Budi-ana bahwa kurikulum baru yang diterapkan harus mampu mem-bedakan kompetensi lulusan yang dicetak sesuai level kompetensi-

nya agar lulusan S-1 beda dengan SMA/akademi. Bahkan unggulan THK ini akan mengarahkan bah-wa lulusan FH Undiknas kuat jati diri Balinya namun berdaya saing global. (adv)

PRAKTEK - Mahasiswa Teknik Sipil Poltek Bali saat praktek di lab.

Page 15: Wiyata mandala 03022015

15

Cara Mengirim Naskah

Jika kamu punya naskah cerita, berita aktivitas sekolah atau foto-foto menarik, kirimkan saja ke redaksi Wiyata Mandala (WM), Jl. Kepundung 67 A Denpasar 80232. WM juga menerima naskah kartun, karikatur, musik, puisi, sekilas Iptek, dll. Naskah diketik 2 spasi dan jangan lebih dari 4 halaman folio. Bisa dikirim ke email : [email protected]. Jangan lupa cantumkan kode naskah yang dikirim, misalnya puisi, artikel atau humor di kiri atas amplop. Tulis nama dan alamat yang jelas. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima honor dan bisa diambil sendiri di kantor redaksi bagi yang berdomisili di Denpasar. Honor bagi penulis di luar Denpasar akan dikirim lewat pos. Buruan, WM tunggu naskah kalian!

2 PengetahuanSelasa, 3 - 16 Pebruari 2015

PELANGGAN WM bisa mengirim komentar dan identitas diri di rubrik ini. Komentarnya bebas asalkan sopan. Boleh mengirim salam buat teman atau mengeluh sesuatu atau menemukan fakta di lapangan yang mengajak teman baru WM untuk menanggapi. Bisa juga aktivitas yang unik dan menarik. Caranya, kirim data diri dan pas foto bebas ke email : [email protected]

Penerbit : PT Bali Post SIUPP : SK Menpen RI No. 005/SK MENPEN/SIUPP/A/1985 tanggal 24 Oktober, anggota SPS SGP. Perintis : K. Nadha. Penanggung Jawab : ABG. Satria Naradha. Redaktur Pelaksana/Wakil Penanggung Jawab : Made Sueca. Koordinator Liputan : Made Sueca. Anggota Redaksi : IA Suwasrina (Bangli), Dewa Kusuma (Buleleng), Bagiarta (Klungkung), IB Surya Darma (Jembrana), A.A. Darmada (Gi-wwanyar), Budana (Karangasem), Desak Gede Yulia Kusumaningsih. Kontributor : Stevanus Yudi Winanto,

Astra Prayoga. Wartawan Sekolah : Ni Wayan Meida Yunita Sari (SMAN 6 Denpasar), Sonia Kharisma (SMAN 1 Tabanan), Ayu Desi Darmawati (SMPN 1 Kerambitan), Ni Wayan Diyanti (SMA Surya Wisata Kediri), Ni Luh Gede Widya Saraswati (SMPN 2 Tabanan), Dyah Ayu Raka Natih Gustini (SMK Pariwisata Triatmajaya), Eko Aditya Ramadianto (SMKN 3 Tabanan), Pradina Ariyati (SMKN 1 Tabanan), Ni Luh Ayu Arista Dewi (SMAN 4 Denpasar), Desak Nyoman Utami (SMA Dwijendra Denpasar), Pande Putu Dian Ayu Ardiani (SMK PGRI 1 Denpasar), Galuh Alfaranny P. (SMP PGRI 2 Denpasar), Intan Widya Pratiwi (SMAN 5 Denpasar), Ni Wayan Eka Wahyuni (SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar), Ni Kadek Laksmi Vira Santhi (SMPN 3 Den-pasar), Made Nita Jayanti Tusandari (SMAN 6 Denpasar), Ni Made Sugiatini (SMK PGRI 3 Denpasar), A.A. Diah Satria Purnama (SMA Dwijendra Denpasar), Nyoman Manik Mas Genitri Putri (SMP Dwijendra Denpasar), Kadek Diah Sri Laksmi Dewi (SMAN 8 Denpasar), Ayu Giri Widiadnyani (SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar). Fotografer : Edy Kurnaedi. Desain Grafis : Wayan Suka Adnyana, A.A. Putu Ardana, Luh Gde Nitarini, Made Nuriasih, Made Jasmini. Pemimpin Perusahaan : ABG. Satria Naradha. Manajer Iklan : Suryantha. Manajer Sirkulasi : Budiarta, Ni Ketut Puspa. Kantor Redaksi : Jalan Kepundung 67 A Denpasar 80232, Telp. (0361) 225764, Fax. (0361) 227418, Alamat Surat : Kotak Pos 3010 Denpasar 8001. Telepon Iklan dan Sirkulasi : 225764, Pengaduan Langganan : Telp. (0361) 225764. Harga Langganan : Rp 3.000/bulan. Eceran Rp 2.000 per eksemplar. Terbit dua kali sebulan.

OOpini

VOCABULARYNo English Indonesia

Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

HALO Sob, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan men-share suatu tips supaya grafis game yang kamu mainkan di device akan meningkat drastis dengan beragam efek-efek tambahan.

Jika kamu pernah memakai chain fire 3D pasti enggak akan ‘kagok’ memakai aplikasi ini ang-gap saja seperti peningkatan kuali-tas dari chain fire 3D sendiri, oke langsung saja pertama kita siap-kan dulu bahan-bahannya yaitu nyali serta mental yang kuat, serta mematuhi rumus Android yaitu Do With Your Own Risk (DWYOR). Jangan lupa untuk mem-backup aplikasi dan data Android kamu sebelum melakukan ini. Ingat!, Android kamu wajib untuk di-root. Setelah menyelesaikan bagian bahan yang merupakan syarat pri-mernya, sekarang kita akan beralih ke syarat sekunder yaitu cara atau stepnya yaitu :

1. Download GL TOOLS mela-lui play store atau bisa juga men-downloadnya melalui forum XDA developer. Setelah selesai men-download lakukanlah penginstalan terhadap aplikasi tersebut.

2. Setelah selesai melakukan penginstalan, buka aplikasi dan

Cara Memakai GL Tools

centang semuanya ‘like a crazy man’, setelah itu buka pengaturan GPU setting dan buka pengaturan fake GPU, pilih GPU apa yang kamu suka. Ingat!, GPU yang dipi-lih harus sesuai dengan syarat yang dibutuhkan game-nya sendiri.

3. Nah sekarang cara tersulitnya yaitu bagaimana cara agar game tersebut mampu meng “apply” set-tingan fake GPU kamu, pertama buka aplikasi GL Tools, setelah itu buka pengaturan game option dan

DEWASA ini pengguna pon-sel Android di seluruh dunia terus meningkat. Ponsel Android memi-liki banyak varian harga mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Namun saat ini banyak orang yang tidak begitu paham ten-tang ponsel Android sehingga se-cara tidak sadar cara penggunanya

Meringankan Beban Ponsel Androiddapat membe-ratkan ponsel Android. Bagi ponsel kelas atas mungkin hal tersebut tidak masalah, tapi bagi pon-sel Android kelas bawah, hal tersebut tentu sangat mengganggu p e n g g u n a . Berhubungan

dengan hal tersebut, kali ini saya akan membahas cara meringan-kan ponsel Android.Kurangi instal aplikasi

Meskipun ponsel Android dapat mendukung jutaan aplikasi, tetapi kita harus tetap bijak dalam meng-instal aplikasi. Dengan semakin banyak aplikasi yang diinstal maka

secara tidak sadar ponsel kita akan lebih terbebani karena setiap apli-kasi akan memakan jatah RAM, dan memori ponsel.Kurangi multitasking

Sama seperti smartphone lain-nya, smartphone Android juga da-pat melakukan multitasking. Tetapi mulai saat ini hal tersebut harus diminimalisir karena saat ponsel melakukan multitasking maka pon-selmu akan bekerja sangat keras untuk menjalankan beberapa apli-kasi sekaligus. Hal tersebut tentu akan membebani prosessor dan RAM ponsel kita.Jangan Gunakan Animasi

Live Wallpaper dan animasi da-pat membuat tampilan ponsel kita semakin cantik tetapi hal tersebut juga dapat memberatkan kinerja ponsel kita. Karena saat kamu menggunakan Live Wallpaper se-bagai background prosessor, RAM ponselmu akan bekerja keras un-tuk menjalankan Live Wallpaper. Hal tersebut tentu saja akan mem-buat ponselmu menjadi lemot dan boros baterai.Nonaktifkan Background Data

Hal ini sangat membantu karena saat ponselmu mengaktifkan fitur tersebut, dapat dikatakan ponsel kita tidak pernah tidur karena back-ground data membuat ponsel kita selalu terhubung dengan beberapa aplikasi seperti play store meskipun dalam keadaan stand by.Kurangi Aplikasi Cukup banyak aplikasi yang ber-jalan pada background. Hal tersebut dapat membuat ponsel kita lemot karena hal tersebut sama saja de-ngan melakukan multitasking pada poin nomor 2. Beberapa aplikasi yangberjalan pada background adalah Go SMS, aplikasi keyboard pihak ketiga, launcher, dan aplikasi lain seperti WhatsApp.

AtmajaSpelden

HALO, Selamat pagi sahabat WM, sekarang saya disini akan memberi tips merawat baterai lap-top kamu supaya awet dan tahan lama. Tips ini sangat penting ter-utama bagi para gamer maniak dan para wirausahan muda yang sering menggunakan laptop dimana saja dan kapan saja. Nah, sekarang saya akan memberi kalian tips un-tuk merawat baterai laptop kalian:1. Jika kamu tidak menggunakan

laptop dalam jangka waktu yang lama (1-2 Minggu), lepaskan ba-terai dari laptop. Mengapa de-mikian? Hal ini dikarenakan ener-gi yang tersimpan pada baterai akan tersedot oleh hardware.

2. Jangan gunakan charger yang tidak compitable atau yang bu-kan bawaan dari paket pembe-lian.

Tips Merawat Baterai Laptop 3. Jangan gunakan laptop sampai

baterai kosong 100%. Charge laptop jika baterai sudah 10% sebelum habis

4. Charge baterai sampai penuh dan kemudian lepaskan charger, jangan terus-menerus mengisi ba-terai jika sudah terisi penuh

5. Ini tips untuk para gamer, jika para gamer ingin bermain game dalam waktu yang sangat lama, lepaskanlah baterai dan guna-kanlah charger adaptor sebagai sumber daya listrik. Hal ini di-lakukan agar menghindari kebo-coran baterai. Ingat jika kamu te-lah melepas baterai, simpanlah baterai di tempat yang aman.Sekian tips saya untuk kalian

semoga bermanfaat bagi kalian.Widhi Swidarma

Skensa

pilih game yang akan kamu main-kan, lakukan sedikit penyetingan sebelum me”launch” game terse-but sesuai dengan apa yang kamu suka. Nah, setelah itu tinggal kamu launch deh game-nya.

Itulah tips yang saya share dalam post kali ini, see you next month bro! #Keep Calm and Play The Game.

Aliffa Mochamma RezhaSMPN 7 Denpasar

DI sini saya akan beropini se-cara perspektif, menurut saya mungkin saat yang paling tepat untuk industri gaming di Indonesia bangkit adalah saat ini. Mengapa saya berkata demikian?, karena menurut saya di sini kita sudah mulai “mature” akan teknologi. Artinya, kita sudah mulai terbiasa akan adanya teknologi sebagai pendamping hidup kita sehari-hari. Hal ini pun berdampak juga terhadap industri gaming di In-donesia. Sekarang, sarana serta prasarana untuk gamer, devel-oper, publisher, serta penjual ak-sesoris sekalipun sudah mendu-kung, sayangnya fakta tersebut tidak diiringi dengan hasil yang didapatkan. Sebagai surga gam-er, Indonesia hanya mempunyai 80 developer! Bayangkan jum-lah yang sangat sedikit bukan? Dan juga gamer di Indonesia pun memiliki moral value yang bisa dianggap sangat anti akan kata “membeli”. Ini secara tidak lang-sung berdampak pada kita sendiri

Saatnya Industri Gamingdi Indonesia Bangkit!

Oleh: Aliffa Mochammad RezhaSMPN 7 Denpasar

lho seperti publisher yang makin sedikit pangsa pasarnya, serta developer yang cenderung makin menurun kreativitasnya. Saya pa-ling miris ketika cabang square Enix di Indonesia yang dijuluki square Enix smile works yang berdiri baru sekitar 5 bulan yang lalu sekarang sudah resmi ditutup. Alasannya sih sangat enggak masuk akal “dana buat cabang square Enix di Indo-nesia besar” alasan yang enggak masuk di akal bukan? Nah saya melalui opini ini ingin mengajak kalian semua untuk menghargai karya anak bangsa. Caranya eng-gak muluk-muluk sih hanya cukup dengan “membeli”. Dengan itu se-mua secara tidak langsung mung-kin industri gaming di Indonesia lama kelamaan pun bisa bangkit dan mungkin bisa jadi kiblat game di dunia. Itu bukan angan-angan belaka, kita bisa mewujudkannya kok, just be a positive thinking per-son bro. # Keep Calm and Play The Game.

Nama : Wahyu Sunia PutraTTL : Denpasar, 26 Juni 1998Hobi : Fotografi dan megambelIg : wahyusuniapLine : wahyu_suniaKomentar : Kesempatan tidak akan dating un-

tuk kedua kalinya, kecuali sedang bermain monopoly.

Nama : Made Sinthya AriastiniPanggilan : SintyaSekolah : SMAN 2 DenpasarKelas : XII IPA 8Hobi : Berpuisi, menyanyi, menari,

selfie, dan yang paling penting main Clash of Clans

Cita-cita : Model, pramugari, penyanyi, dan artis

Motto : My felling will never changeSalam : Salam untuk Tio Setiawan, ja-

ngan nakal ya. Tetap semangat walau badai menghadang.

Nama : Ulfa HananPanggilan : Upa, HanaTTL : Bojonegoro, 29 Desember 1996Sekolah : XII IPA 6Hobi : Keliling dunia, tes kesehatan

mata, dan double dateCita-cita : Pengusaha canang yang suksesSalam : Salam untuk pacar aku di mana

pun kamu berada.

Nama : Seno Aditya WPanggilan : Sensen imoutTTL : 17 NovemberHobi : Makan dan tidurMotto : Seperti Dora suka

berpetualang.

Nama : (Dari kanan) Putri Kitty, Via Kitty, Anik Kitty, Febri Kitty, Ari Kitty

Sekolah : SMK Pariwisata Triatma Jaya BadungInstagram : putrisukayuni, viaayu_, widyaanik55, ariiekittyPin BBM : 27E03D45Hobi : Traveling and shoppingMotto : Persahabatan kita, kehidupan kita!Pesan : Jadikan persahabatan bagi motivasi kita, dan jaga dengan

baik hubungan persahabatan. Karena sahabat adalah orang yang mengerti kita setelah orangtua dan keluarga. Sahabat yang menerima kekurangan atau kelebihan kita, seperti me-nerima kita apa adanya.

1 Accountancy Akuntansi2 Accountant Akuntan3 Banter Sendagurau4 Baptism Pembaptisan5 Candidacy Pencalonan6 Candidate Calon7 Decant Menuangkan8 Decanter Karaf anggur9 Effrontery Kelancangan10 Effusive Dengan perasaan tak terken-

dalikan11 Fascist Seorang fasis12 Fashion Kebiasaan13 Gearshift Gir14 Gearwheel Roda gigi15 Hardware Barang-barang dari logam/besi16 Hardwood Kayu keras17 Immobilize Melumpuhkan18 Immoderate Luar biasa19 Judgment Pendapat20 Judicial Yang berhubungan dengan

pengadilan21 Knowledge Pengetahuan22 Knowledgeable Yang banyak mengetahui23 Latticework Kisi-kisi24 Laud Memuji25 Mandatory Bersifat perintah26 Mandible Rahang (bawah)27 Nervous Gelisah28 Nervy Kasar29 Offer Tawaran30 Offhand Begitu saja31 Paddler Anak dayung32 Paddy Padi33 Qualifier Pemberi sifat34 Qualify Memenuhi syarat35 Racial Diskriminasi rasial

Nama : SMP Wisata SanurLokasi : SMP Wisata SanurFoto : OSIS

Page 16: Wiyata mandala 03022015

16Selasa, 3 - 16 Pebruari 2015

2144 TH. XVIII, 3 - 16 Pebruari 2015, Eceran Rp. 2.000

Tiga Prestasi

Informasi KampusUN vs Kejujuran

HUT Smanela

Informasi Studi Lanjut

F K I P U n i v. D w i j e n d r a Denpasar dikenal produsen guru berkualitas untuk Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Bali dan PPKn. Hingga kini FKIP Undwi sudah menamatkan sekitar 2.000 sarjana.

Dekan FKIP Undwi, Drs. I Made Sila,M.Pd., didampingi Pembantu Dekan Drs. I Made Sutika,M.Si., Dra. A.A. Mas Darwati,M.Si. dan Drs. Nyoman Gunadhi,M.Pd., mengungkapkan lulusan FKIP Undwi selain diberikan bekal pembejaran model KTSP mereka juga telah diberikan pelatihan menggunakan pola pembelajaran Kurikulum 2013. Dengan demikian mereka siap dikerjakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah masa saja termasuk di SMK. Hal ini dilakukan sesuai model pelayanan dan pendidikan berkualitas yang diterapan sivitas akademik FKIP Undwi selama ini untuk

Terapkan Kurikukum KKNI, Bekali Lulusan dengan Kurikulum 2013

FKIP Undwi

membentuk sarjana pendidikan yang cerdas, bekompeten, dan berdaya saing tinggi.

Hal ini diawali dengan penerapan Kurikulum Berbasis KNI sesuai standar nasional. Soal keberhasilan di lapangan, dia mengakui banyak faktor yang mempengaruhi. Selain ditentukan oleh penguasaan ilmu juga kemampuan soft skill seperti kemampuan berkomunikas i , lingkungan, disiplin dan etos kerja. Makanya sarjana FKIP Undwi, kata dia, selalu mengasah diri dan menyesuaikan kebutuhan pasar kerja yang selalu meningkat.

Kedua, Made Sila meminta lulusannya jangan menunggu diangkat menjadi guru PNS, karena masih banyak peluang kerja swasta dan wirausaha mandiri bagi sarjana pendidikan.

Dia mengatakan bukti dari makin berkembangnya perubahan tuntutan dunia kerja adalah kualifikasi calon guru. Kalau dulu cukup tamatan

SGO, SPG dan diploma, kini minimal S-1 atau D-4. Saat ini calon guru juga dituntut mengusasi TI dan bahasa asing. Makanya ke depan FKIP Undwi Denpasar akan menerapkan standar Evaluasi Mutu Internal (EMI).

Standar EMI itu dijelaskannnya m e l i p u t i d i s e m e s t e r I I I mahasiswanya sudah memiliki sertifikat TI, di semester V sudah lulus TOEFL minimal 400. Ini disesuikan dengan standar kinerja guru sesuai Pamen RB,16/2009 yakni penilaian kinerja guru berbasis KKNI. Standar ini menetapkan tak semua lulusan sarjana pendidikan boleh menjadi guru jika tak mampu berada di level 7.

Level ini diperoleh jika sudah bersertifikasi, dan memiliki kinerja baik dan mampu naik pangkat dalam tiga tahun. Begiti di III C mereka mampu menghasilkan penelitian dan ketika di IV A sudah sampai di level 8 dan S-2. Sedangkan bagi

dosen minimal S-3 dan mampu mempresentasikan penelitiannya di jurnal internasional. Dengan demikian guru yang demikianlah layak dihargai dengan gaji yang layak oleh pemerintah.

Workshop Serangkaian HUT ke-61 Yayasan

Dwijendra Pusat Denpasar, FKIP Undwi dipercaya untuk memberikan penguatan kinerja bagi guru-guru di lingkungan Yayasan Dwijendra berupa workshop selama dua hari. Workshop menyasar semua

guru TK-SD, SMP, SMA/SMK di bawah Yayasan Dwijendra Pusat.

Dia ingin merubah mainset guru dari konvensisonal ke pembelajaran berbasiskan IT dan karak te r. Dengan demikian tercipta PBM yang inovatif dan menyenangkan untuk menyongsong berlakunya Kurikulum 2013 serentak di Bali. Muaranya untuk menghasilkan g u r u y a n g p r o f e s i o n a l , bermartabat dan sejahtera. (adv)

YUDISIUM - Dekan FKIP Undwi Drs. I Made Sila,M.Pd. bersama wakil dekan saat acara yudisium sarjana.

SIAPA tak tahu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bali. Sekolah tinggi ini dikenal sejak lama mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas. Jika kamu lulusan SMA/SMK tahun ini sangat terbuka menjadi bidan dan perawat dengan memilih Stikes Bali.

Ketua Stikes Bali, Drs. I Ketut Widia,BN.Stud.,M.M., belum

Cetak Bidan Berkualitas dan BerkarakterStikes Bali

lama ini melepas 228 ahli madya kebidanan dan seorang ahli madya keperawatan. Tampil sebagai lulusan terbaik masing-masing Ni Luh Rina Aggreni (3,84), IA Asih Wiratni (3,76) dan Kristina Supriatin (3,66).

Ketut Widia menegaskan lulusan yang dilepas semuanya ahli madya kebidanan yang berkual i tas. Mereka bukan saja dibentuk dalam

pengembangan iptek melainkan juga dalam pendidikan karakter, sosial dan soft skill sehingga menjadi SDM yang siap pakai.

Di samping itu juga dipoles secara seimbang antara aspek afektif, kongitif, dan psikomotor sehingga menjadi SDM yang cerdas dan kompetitif. Ini yang disebut Ketut Widia sebagai lulusan yang mandiri.

Dalam pengadaan SDM dosen, Stikes Bali, kata dia, sudah memiliki doktor bidang keperawatan, 8 magister of science, seorang magister pelayanan kesehatan publik dan satu magister kebidanan. Stikes Bali, kata dia, juga sedang reakreditasi untuk meraih akreditasi B. Apalagi dengan program desa siaga mewajibkan tiap desa memiliki seorang bidan.

Ketua YP3LPK Bali, Ida Bagus Arka mengajak lulusan Stikes Bali terus mengisi diri sehingga

menjadi pilihan pertama dan utama pemakai lulusan. Setelah lulus wajib mengikuti praktik magang selama dua tahun sebelum membuka usaha mandiri.

Kedua, lulusan kebidanan saat ini dihadang oleh rekrutmen CPNS yang menyaratkan minimal B oleh BKN. Hal ini harus disikapi oleh kepala daerah di Bali karena jika syarat itu diberlakukan secara ketat tak mungkin putra-putri Bali yang mengisi pengadaan bidan di daerah. Padahal hasil konsultasi pimpinan Lembaga Pendidikan Kesehatan ke MenPAN menyebutkan syarat minimal ikut CPNS terakreditasi C.

Ketiga, bidan PTT yang dulu dianggarkan pusat kini diserahkan ke daerah ternyata tak direspon baik dengan alasan tak memiliki anggaran yang cukup. Sementara biaya untuk studi banding diloloskan. Namun dia yakin kepala daerah di

PRESTASI - Ketut Stikes Bali, Ketut Widia dan lulusan ahli madya kebidanan yang berprestasi.

SMP Wisata Sanur kembali berbangga hati terhadap prestasi yang diraih di bidang akademis maupun non akademis. Berkat dukungan Drs. Gusti Made Raka selaku Kepala SMP Wisata Sanur dan seluruh komponen sekolah yang ada mengantarkan KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS Narkoba), KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) dan renang sampai menuju tingkat nasional.

KIR SMP Wisata Sanur asuhan dari guru pembimbing I Kadek Artayasa, S.T. mampu menjadi

finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) maupun lomba essai di lintas sekolah maupun pemerintahan dan tingkat nasional. Mereka mampu meraih predikat juara di beberapa lomba karya tulis ilmiah.

SMP Wisata Sanur memiliki tim kuat dalam LKTI yakni I Gede Ngurah Andika Putra (IX H), Ade Arya Tri Buana (IX G), I Kadek Dana (IX G), Putu Arnawa (IX G), I Putu Aditya Kurniawan (VIII J) dan I Putu Leona Putra (IX A).

Di bidang non akademis SMP Wisata Sanur juga memiliki atlet renang handal yaitu Tim Aaron Roy (IX H) yang mampu berprestasi di bidangnya mulai dari tingkat kota maupun propinsi. Tim Aaron

Roy (IX H) mewakili Bali di PON 2014 dan lomba renang antar Perkumpulan Renang Seluruh Indonesia (KRAPSI) di Yogyakarta dengan mendulang medali perak.

KSPAN sebagai salah satu ekstrakurikuler yang diprakarsai oleh segenap komponen SMP Wisata Sanur yang terbentuk sejak 16 Juli 2010 silam juga menorah prestasi gemilang. Ekstrakurikuler KSPAN dari awal berdir inya beranggotakan 40 orang siswa kini berkembang menjadi 270 orang siswa diketuai I Gede Bayu Andika (VIII F). Semua aktivitas KSPAN berkat polesan dan binaan dari Ida Ayu Krisna Ari, S.Pd., dan Ida Bagus Putra.

Sangat banyak prestasi KSPAN SMP Wisata Sanur yang diraih sampai saat ini. Mulai dari lomba lintas sekolah, lomba lintas instansi sampai menuju ke tingkat provinsi. Dari awal berdiri KSPAN SMP wisata Sanur sudah mengepakkan sayap sebagai Juara III Musikalisasi Puisi Jambore KSPAN 2012, juara III Tutor Sebaya HUT SMAN 5 Denpasar , juara III poster KSPAN 2013. Juga juara I Mars KSPAN 2013, Juara I lomba KSPAN tingkat Kota Denpasar 2013 dan KSPAN SMP Wisata Sanur menjadi Juara I di tingkat Provinsi Bali. Penyerahan hadiah dilakukan saat puncak hari AIDS se-dunia di Art Centre Denpasar.

Cita-cita KSPAN SMP Wisata Sanur ke depan tidak hanya mencari juara semata, melainkan dapat menekan kenakalan remaja dan HIV-AIDS sejak dini. Dengan cita-cita yang mulia inilah akhirnya prestasi KSPAN ini menghantarkan Agus Erik Wistika Putra (VII B) dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat menjadi tutor dengan tema “Cegah dan Lindungi Diri Kita, Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dari HIV-AIDS” dalam mengisi acara Gebyar Hari AIDS Sedunia di Ancol Beach City-Jakarta pada tanggal 17 Desember 2014. (ist)

Bali yang semua warga Bali akan membantu program percepatan bidan masuk desa.

Di sisi lain Ketut St ikes Bal i , Ketut Widia meminta lulusanya terus belajar dan mengejar ilmu jika kita tak mau disebut pengangguran. Sebab keunggulan lulusan Stikes Bali diuji langsung di masyarakat.

Untuk menjaga kualitas dia juga sedang mengembangkan kurikulum berbasis KKNI agar mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkualitas dan berdaya saing dan unggul.

Penerimaan mahasiswa baru Stikes Bali 2015/2016 tetap dibuka lewat dua jalur yakni jalur PMDK yang dibuka mulai 5 Januari-18 April 2015. Jalur reguler dan konversi dibuka mulai 23 April- 23 Juli. Tahun ini Stikes Bali akan menerima 600 mahasiswa baru. (adv)

SMP Wisata Sanur

Berkolaborasi Cetak Prestasi

Tiga PrestasiBaca Hal. 16

SMP Wisata Sanur menunjukkan jati diri sebagai sekolah Adiwiyata unggul dalam

akademis dan non-akademis. KSPAN, KIR dan renang berkolaborasi mencetak prestasi.