wisata melihat hiu paus

Download Wisata Melihat Hiu Paus

Post on 13-Jul-2016

56 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Hiu paus (Rhincodon typus) atau dengan nama lokalnya: hiu geger lintang, hiu tutul, hiu bodoh dan lainnya adalah salah satu jenis ikan yang telah berstatus dilindungi penuh. Status dilindungi penuh untuk hiu paus adalah berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 13 Tahun 2013. Hiu paus memiliki ciri ciri: (1) tubuh sangat besar, berwarna abu abu tua dengan kulit yang tebal dan memiliki guratan guratan yang menonjol, (2) bentuk kepala sangat lebar dan rata, mulut sangat lebar dengan posisi di depan kepala (terminal), (3) batang ekor pipih dan memiliki lunas yang keras (keels) di kedua sisinya, (4) memiliki corak garis dan bercak kuning atau putih kekuningan di sisi tubuhnya, dan (5) ukuran tubuhnya antara 60 s/d 1200 cm.Makanan hiu paus terdiri dari planton, krill, dan ikan ikan kecil seperti teri.Habitat utama ikan hiu paus ini adalah di lapisan permukaan laut yang ditemukan mulai dari perairan pantai sampai laut lepas. ikan ini adalah jenis ikan bermigrasai. dan kebiasaan hidupnya bisa secara individual maupun berkelompok.Sebaran di Indonesia adalah hamper di seluruh wilayah perairan Indonesia, namun lebih sering terlihat di peraiaran samudera Hindia, Laut Jawa sebelah timur, Laut Sawu, dan periaran Teluk Cendrawasih di Papua.Di beberapa tempat di belahan dunia, hiu paus sudah merupakan atraksi wisata dan di Indonesia juga sudah berkembang wisata melihat hiu paus, seperti di: pantai Bentar Kab. Probolinggo, Nusa Penida Bali, dan Teluk Cendrawasih

TRANSCRIPT

  • Harap tidak mengeluarkan suara keras, melakukangerakan mendadak dan tindakan yang menggangguhiu paus.No loud noises, unexpected movements, and anyother distractive actions which can disturb thewhale shark.

    Tidak diperbolehkan memancing.No Fishing.

    Setelah(After)

    - Pengunjung dan Pemandu harus memeriksa kembali barang-barangnya supaya tidak tertinggal atau jatuh di perairan. (Guide and Visitor should check their equipments to make sure that nothing left behind)- Pengunjung mengisi kuesioner dan mengumpulkannya ke pemandu. (Visitors should fill out the questionnaire and then submit it to the Guide)

    Setiap pengunjung, operator wisata maupun perahu/kapal

    harus memenuhi standar dan mematuhi petunjuk

    berinteraksi dengan hiu paus demi keselamatan diri dan

    kelestarian hiu paus.Apabila terjadi pelanggaran maka pihak pengelola

    memiliki hak penuh untuk memberikan sanksi sesuai

    aturan yang berlaku.!

    PEMANFAATAN WISATA

    YANG RAMAH DAN BERKELANJUTANPengunjung harus mematuhi setiap aturan danarahan dari pemandu selama wisata hiu paus.Visitors must obey the guide instruction.

    Kecepatan kapal harus diatur (maks 10 knotketika kapal menuju posisi hiu paus dan 2 knotketika berjarak 50 m dari hiu paus).The boat must control its speed rate particularly10 knot as it is heading the whale shark positionand 2 knot as it is 50 m away from the whale shark.

    Pengunjung boleh mengambil gambar / merekam/ mendokumentasikan wisata hiu paus.Visitors may take picture / record during the trip.

    Tidak diperkenankan menggunakan lampu kilat.No flash allowed.

    Tidak diperkenankan memberi makan hiu paus.Do not feed the whale shark.

    Tidak diperkenankan mengambil apapun dari perairan tanpa ijin pengelola / pemandu.Do not take anything out from the sea without permission.

    Tidak diperbolehkan membuang sampah ke perairan dan harus selalu menjaga kebersihan.Do not throw your trash into the sea. Keep the environment clean.

    Petunjuk Umum(General Instruction)Petunjuk Umum(General Instruction)

    30m

    Whale Shark

    Tidak diperkenankan menghadang atau bergerakberlawanan dengan hiu paus.Do not make any cross movements toward the whale shark.

    kementerian kelautan dan perikanandirektorat jendEral kelautan pesisir dan pulau-pulau kecil

    direktorat konservasi kawasan dan jenis ikan

    Didukung oleh : (Supported by)

    Sebelum(Before)

    Guide should arrange a short briefing and security check technically.

    Pengunjung dan pemandu harus melakukan briefing,cek kelengkapan dan fungsi alat-alat keselamatan.

    Klasifikasi Hiu Paus / Kikaki:(Smith, 1828)

    Kingdom Phylum Subphylum Class Subclass Ordo Family Genus Species

    : Animalia: Chordata: Vertebrata: Chondrichtyes: Elasmobranchii: Orectolobiformes: Rhincodontidae: Rhincodon: Rhincodon typus

    0 0

    Hanya boleh ada satu perahuyang mendekati setiap kelompok hiu paus.There should be only one boatallows each Whale Shark.

    Utamakan keselamatan.Safety first.

    Jarak kapal terdekat denganhiu paus 30 meter.The nearest distance betweenboat and whale shark is 30 m.

    30m

    KNOT10

    Page 1Page 2

Recommended

View more >