warta wadah - agustus 2016

Download Warta Wadah - Agustus 2016

Post on 20-Jan-2017

213 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Edisi Agustus 2016

    PKMW WARABALBerawal dari Teras Rumah

    Melayani Secara Langsung, Holistik dan Berkelanjutan

    8 Tahun Wadah Berkiprah:

    Profil:Paula S. LandoweroMeretas Jalan Ke Senayan,Menyusur Lorong Kemanusiaan

    hal. 4 8 Tahun Perjalanan WadahKesaksian Dari Seorang AnggotaDewan Pengawas

    hal. 12

    hal. 5

    hal. 8

  • Edisi Agustus 20162

    Catatan Redaksi

    Kiprah Wadah di tahun kedelapan ini kian menggeliat. Bak air yang mengalir mengisi setiap ruang dan mencoba memberikan jawaban pada setiap permasalahan sosial. Baik yang telah, sedang maupun yang akan dikerjakan. Semuanya memberi dampak positif dan nyata bagi perubahan, bukan saja bagi mereka yang dilayani tetapi juga bagi setiap individu yang ada dalam pekerjaan ini.

    Melalui Wadah International Committee (WIC), Yayasan Wadah telah mendapatkan status Konsultatif Khusus pada Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC). Dengan demikian, Wadah semakin mengtembangkan sayapnya ke dunia internasional.

    Rakernas dan REWIN 2 juga terlaksana dengan sangat baik dengan hasil yang luar biasa. Tentu saja semua ini tak akan terwujud tanpa arahan dan bimbingan Bunda Anie yang selalu memberikan kepercayaan yang besar kepada setiap kita yang berkiprah di Wadah. Semangat Bunda Anie lah yang mendorong kita semua berkomitmen dan berkarya, memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan kemanusiaan.

    Salam Wadah.

    Karina De Vega

    Redaksi Wadah menerima tulisan karya asli berupa artikel, opini dan

    belum diterbitkan di media manapun. Tulisan dapat dikirim melalui email

    tabloidwadah@gmail.com.

    Tanggal 25 Januari 2016 lalu, Yayasan Wadah Titian Harapan genap berusia 8 tahun. Kita merayakan hari istimewa itu secara sederhana. Usia yang masih sangat muda, namun kiprahnya dalam melakukan kegiatan pelayanan sosial dan kemanusiaan, tidaklah kalah dengan yayasan-yayasan lain yang lebih besar dan sudah lama berdiri. Semua ini berkat pengabdian dan kerja keras teman-teman yang dengan sepenuh hati melakukan pelayanan ini, baik di Wadah Pusat maupun di komunitas-komunitas.

    Di usianya yang ke-8 tahun ini, geliat dan langkah Wadah sudah sangat luar biasa. Ini dibuktikan dengan peresmian Wadah International Committee (WIC) pada bulan Oktober 2015 lalu sebagai upaya menyikapi pertumbuhan dan perkembangan Wadah yang kegiatannya sudah mulai dikenal di dunia international serta sebagai sarana dalam menyebarluaskan lagi tentang siapa itu Wadah di arena dunia. Wadah berharap, WIC di bawah pimpinan Ibu Neeru Singh, yang memiliki pengalaman luas di bidang sosial dan kemanusiaan melalui kegiatan beliau semasa di UNDP, kurang lebih 15 tahun, dapat membantu Wadah dalam mencapai tujuan lebih maksimal. Mengawali kegiatannya di awal Februari 2016, WIC mengadakan pertemuan di London untuk menyamakan persepsi tentang Wadah dan tujuan WIC dibentuk serta langkah-langkah apa yang akan dilakukan ke depan.

    Untuk mendukung dan menyelaraskan gerak cepat WIC dalam mempersiapkan program dan kegiatan-kegiatannya, kita harus berusaha meningkatkan kinerja dan pola kerja yang lebih baik lagi, kalau tidak kita akan ketinggalan. Salah satu contoh rencana kerja WIC yang harus segera dilaksanakan adalah mempromosikan berbagai kegiatan Wadah ke dunia luar melalui sosial media yaitu dengan membuat film pendek tentang Wadah, memperbaiki isi dan tampilan Website Wadah. Film tersebut nantinya juga akan dipakai sebagai alat untuk memperkenalkan Wadah di event-event yang akan dilakukan oleh WIC.

    Konsekuensi dari rencana diatas pasti akan mengundang banyak orang yang ingin datang untuk melihat dan bertanya tentang Wadah, bahkan mungkin saja ada yang ingin melakukan kunjungan serta melakukan kegiatan bersama komunitas. Artinya kita sudah tidak bisa lagi santai dan melakukan kegiatan apa adanya.

    Selain program-program WIC, program lain yang juga butuh perhatian serius dari kita adalah rencana kerja sama dengan GKJW, UNPAR, REWIN, P3S, RAKERNAS, pelatihan-pelatihan dan kegiatan rutin lainnya.

    Dalam menghadapi pertumbuhan dan perkembangan Wadah yang semakin cepat, kita bersama-sama dengan seluruh individu yang tergabung di Wadah harus mau berubah dan bekerja dengan hati; lebih peduli, proaktif, mau membuka diri untuk belajar, saling mendukung dan meningkatkan komunikasi, koordinasi serta saling percaya satu dengan yang lain, baik dari pusat ke komunitas maupun sebaliknya sehingga kita menjadi lebih kokoh. Memang tidak mudah. Banyak kendala dan tantangan, baik dari luar maupun dari diri kita sendiri. Tetapi selama kita mau bekerjasama, lebih tekun, giat, lebih disiplin dalam bekerja serta tidak melupakan Tuhan dalam setiap pelayanan kita, maka semua akan dimudahkan.

    Sekali lagi terima kasih kepada Ibu Anie yang selalu dengan sabar membimbing kami. Terima kasih kepada seluruh Pengawas, para pendekar Wadah, seluruh Pengurus dan teman-teman Wadah/YAD/PT API, atas kebersamaan, kesetiaan dan kerja samanya selama 8 tahun banyak sudah suka dan duka kita alami bersama dalam pelayanan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kasih memberikan kesehatan dan memampukan kita melakukan tugas dan tanggung jawab ini, amin.

    Sekali lagi selamat ulang tahun Wadah yang ke-8. Kiranya semakin bersinar, semakin jaya, karyamu dapat menyentuh banyak hati dan memberikan dampak positif serta perubahan yang nyata bagi siapa saja yang bersentuhan dengan Wadah. Sesuai dengan Moto Wadah kami tumbuh untuk melayani dan kami melayani supaya mereka bisa tumbuh bersama kami

    Surat PengantarKetua Yayasan WadahRetnaning Tyas

    Susunan Redaksi

    Pembina dan PenasehatAnie Hashim Djojohadikusumo

    Penanggung JawabRetnaning Tyas, Yuliani Tri Astuti

    Redaktur PelaksanaKarina De Vega, Zul Herman

    KontributorYan Ghewa, F. Mario Vieira, Wiji Santosa

    Alamat Redaksi: MidPlaza 2, Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman Kav. 10-11Jakarta, IndonesiaTelepon: +6221 570 7789Fax: +6221 570 7630Email: tabloidwadah@gmail.comWebsite: www.wadahfoundation.or.id

  • Edisi Agustus 2016 3

    RUBRIK BUNDA ANIE

    Tanpa kita sadari waktu berlalu begitu cepat. Wadah pun kini telah memasuki usia pelayanannya yang ke-8 tahun. Secara nyata, itu usia yang sangat muda. Namun dengan kehadiran, kerja keras, ketekunan dan keuletan para Pendekar Wadah yang bergabung di dalamnya, Wadah mampu meningkatkan mutu serta memperluas pelayanannya.

    Tidak mudah. Penuh tantangan. Namun, syukur allhamdullilah dan puji Tuhan Wadah tidak berhenti berproses bersama dengan seluruh anggota keluarga besar yang tergabung di dalamnya, sehingga Wadah mampu menjaga program-programnya secara berkesinambungan. Sebagai bukti nyata, izinkan saya menyampaikan kepada seluruh keluarga besar Wadah apa saja yang telah mampu diwujudkan oleh Wadah secara resmi, yaitu di antaranya ialah sbb :

    1. Pada bulan Desember tahun lalu, Wadah berhasil membentuk kepengurusan yang akan menangani berbagai program kerja Wadah (khususnya yang berada diluar negeri) yaitu Wadah Internasional Committee (WIC).

    2. Wadah semakin dimampukan dengan cara melengkapi kebutuhan tenaga profesional dan berkomitmen tinggi guna mendukung upaya menjadi sebuah organisasi yang semakin handal dan dapat dipercaya. Hal itu sangat dibutuhkan jika Wadah ingin menjadi pelaku penting yang bukan saja profesional di tingkat nasional, tetapi juga di dunia internasional.

    3. Dengan terbentuknya Tim 3 yang secara aktif sudah mulai bekerja menjalankan tugas dan tanggung jawabnya pada bulan Maret tahun 2016, maka Wadah akan semakin kompak dan profesional. Namun tetap menghargai dan menjunjung tinggi kearifan lokal dengan hati. 4. Pembenahan sistem disana sini serta peningkatan mutu program yang diadakan oleh Wadah, akan mendorong kita semua untuk terus maju dan bertumbuh kembang bersama komunitas yang kita bina maupun kita dampingi serta layani.

    Masih banyak lagi catatan yang ingin ditambahkan Wadah ke dalam buku hariannya. Namun yang terpenting bukan hanya itu saja. Kerinduan Wadah ialah bagaimana mewujudkan secara jelas dampak kehadiran Wadah itu sendiri dalam setiap diri orang yang tergabung di dalamnya, sehingga moto Wadah bisa menjadi kenyataan dan hidup.

    Wadah harus mampu membentuk kita semua, baik yang melayani maupun yang dilayani menjadi pribadi tangguh dan bermutu. Wadah akan terus berproses dan memproses diri bersama-sama dengan anggotanya serta orang-orang yang ditemui dan terlibat secara langsung maupun tidak langsung untuk memberi sumbangsihnya secara nyata kepada nusa, bangsa, negara dan Tuhan khususnya.

    Akhir kata, dengan penuh sukacita saya ucapkan selamat kepada keluarga besar Wadah atas kerja keras serta ketekunan dan kesetiaan berjalan bersama Wadah. Wadah ada dan bisa karena kita.

    Selamat berjuang, Tuhan memberkahi kita semua.

    Anie Hashim Djojohadikusumo

    ( Bagi Ibu Anie terkasih, di hari bahagia )

    Selamat ulang tahun Ibu. God bless you always. Terima kasih telah menjadi teladan bagi kami.

    Karina De Vega

    Bersamamu

    Mengenalmuadalah mengenal arah menemukan tuju langkah terayun

    Bersamamuadalah memiliki pelitamemberikan terang pada kelam

    Sebab denganmuaku merasakan sesejatinya cintaserta dalammuaku menemukan sesesungguhnya bahagia

  • Edisi Agustus 20164

    PROFIL

    Meretas Jalan ke Senayan, Menyusur Lorong Kemanusiaan

    Mengenal Paula, adalah mengenal pribadi yang gigih bekerja. Dengan latar belakang pendidikan di bidang hukum, membuat Paula terkesan kaku saat pertama mengenalnya. Namun semua kesan itu hilang ketika berbincang lebih jauh dengannya. Paula memiliki cita-cita yang masih ingin di gapai namun dia menikmati setiap tugas dan kewajiban yang diembannya saat ini.

    Saya bersyukur atas anugerah Tuhan dalam hidup saya. Apa pun itu Kata Paula yang mengisi lembar Profil kita kali ini. Mari mengenalnya