warta inti edisi 01, juli-sept 2010

16
EDISI 01 / JULI - SEPTEMBER 2010 BAKTI SOSIAL - PENGOBATAN GRATIS FESTIVAL SEPAKBOLA U-11

Upload: warta-inti

Post on 27-Mar-2016

232 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

Bulletin informasi Perhimpunan INTI

TRANSCRIPT

Page 1: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

EDIS I 01 / JULI - SEPTEMBER 2010

BAKT I SOS IAL - PENGOBATAN GRAT I S FEST I VAL SEPAKBOLA U -11

Page 2: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

2 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

KEGIATAN INTI DKI JAKARTA

Pelantikan Pengurus Daerah dan

Cabang INTI DKI Jakarta ............... 3

Pengobatan Gratis ........................... 8

Donor Darah .................................... 9

Festival Sepakbola ............................ 10

Kegiatan INTI Jakarta Timur .......... 11

Kunjungan Petani ............................. 11

KEGIATAN INTI PUSAT & DAERAH

Bedah Buku ....................................... 12

PROFIL

Siauw Giok Tjhan ............................. 13

SELINGAN

Komik Strip - Put On ..................... 14

WARTA INTI - Bulletin Triwulanan Perhimpunan Indonesia Tionghoa DKI Jakarta Penasihat : Benny G. Setiono, Henry Boen, Herry Antono | Penanggung Jawab: Boedi Krisnawan, Lim Kho Ping | Redaksi Pelaksana: Hartono Zhuang, Julie Lau, Jandi, Dede Supendi, Erie Puspa | Dokumentasi: Dede Supendi | Desain: Hartono Zhuang | Distribusi: Erie Puspa | Marketing: Aditya Soenarko Alamat Perhimpunan INTI DKI Jakarta : Superblok Megaglodok Kemayoran - Office Tower B Lantai 10, Jalan Angkasa Kav. B6, Kota Baru Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat – 10610 | Telp: (021) 2664 6828 | Faks: (021) 2664 6597

CATATAN REDAKSI

"Mempererat Tali Silaturahmi”

Tidak terasa, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) telah berusia lebih dari sepuluh tahun. Semenjak kelahirannya sampai sekarang, Perhimpunan INTI selalu berupaya melakukan berbagai terobosan kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan warna dan memberikan jejak dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam perkembangannya ke depan, Perhimpunan INTI akan dihadapkan pada tantangan yang sama dengan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Untuk meningkatkan kemandirian bangsa, Perhim-punan INTI akan lebih berperan aktif dalam kegiatan - kegiatan pem-berdayaan masyarakat, peningkatan kesejahteraan dan melaksanakan peran sosial lainnya.

Untuk membantu pencapaian hal tersebut, Perhimpunan INTI DKI Ja-karta, melalui tim redaksi berupaya mempublikasikan WARTA INTI sebagai media dokumentasi dan komunikasi kegiatan kepada para ang-gota dan masyarakat luas.

Redaksi mengharapkan kehadiran bulletin triwulanan ini dapat menjadi sebuah jembatan komunikasi untuk memperat tali silaturahmi antar keluarga besar Perhimpunan INTI DKI Jakarta, dan kontribusi yang se-makin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Akhir kata, redaksi senantiasa mengundang pembaca untuk turut ber-partisipasi pada setiap kegiatan Perhimpunan INTI DKI Jakarta, melalui berbagai bentuk,. Semoga seluruh kontribusi yang dilakukan akan mem-berikan kebaikan bagi semua.

Redaksi

E d i s i 0 1 / J u l i - S e p t e m b e r 2 0 1 0

Kirimkan saran, kri k, naskah tulisan, atau foto dokumentasi kegiatan yang terkait dengan Perhim-punan INTI DKI Jakarta ke redaksi Warta INTI , e-mail : warta_in @yahoo.com

Page 3: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 3

BERITA KEGIATAN

Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang Perhimpunan INTI DKI Jakarta, Aditya Sunarko.

Surat mandat dibacakan oleh Sekretaris Jendral Perhimpunan I N T I , y a n g k e m u d i a n dilanjutkan dengan penyerahan surat mandat kepada pengurus Perhimpunan INTI DKI Jakarta secara simbolis.

Ketua Perhimpunan INTI DKI Jakarta periode 2009-2013, Benny G Setiono, kemudian

Masih dalam suasana Tahun Baru Imlek, pada tanggal 21 Februari 2010 yang lalu, telah dilantik Pengurus Daerah dan Cabang Perhimpunan INTI DKI Jakarta periode 2009-2013, oleh Ketua Umum P e r h i m p u n a n I N T I Rahman Hakim.

Acara pelantikan sekaligus perayaan Imlek untuk anggota Perhimpunan INTI Daerah DKI Jakarta, diadakan di Restoran Ekaria, Jakarta Pusat, dengan tema : "Mempererat Tali Silaturahmi Keluarga Besar Perhimpunan INTI"

Acara dihadiri oleh Ketua Umum Perhimpunan INTI, Rahman Hakim, Sekjen Perhimpunan INTI, Budi S. Tanuwibowo, dan para anggota, pengurus, dewan kehormatan, penasihat, dan

pembina Perhimpungan INTI.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI, Prijanto, dan Zhong Rui Ming, dari Konjen RRT.

Acara dibuka dengan lagu I n d o n e s i a R a y a y a n g dinyanyikan oleh Koor Perempuan INTI (PINTI) dan diikuti oleh seluruh hadirin dengan khidmat. Acara disusul kemudian dengan laporan dari Ketua Panitia Pelantikan

Peserta Acara Pelantikan Kepengurusan Perhimpunan INTI DKI Jakarta 2009 - 2013

Koor PINTI turut berperan serta dalam acara pelantikan

Page 4: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

4 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

BERITA KEGIATAN

Paduan Suara Pelangi, yang terdiri dari peserta beasiswa PELANGI turut memberikan persembahan lagu-lagu.

Acara yang padat ini kemudian ditutup dengan ucapan selamat SIN TJOEN KIONG HIE.

menerima Pataka (bendera) INTI DKI Jakarta dari Ketua Umum Rahman Hakim, disusul dengan sambutan dan wejangan dari Ketua Umum kepada seluruh Pengurus Daerah INTI DKI Jakarta.

T idak ket ingga lan pu la pelantikan bagi para Pengurus Cabang Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur dengan iringan terompet dari Marchingband INTI .

Zhong Rui Ming, wakil dari Konjen RRT, dan Prijanto, Wakil Gubernur DKI Jakarta, berkesempatan memberikan sambutannya, yang menandai berakhirnya seluruh prosesi acara pelantikan.

Perayaan Imlek

Perayaan Imlek yang diadakan bersamaan, dibuka dengan toast bersama oleh Ketua Umum.

Acara dimeriahkan dengan tarian betawi anak anak TK Candranaya, dua buah lagu dari PINTI, dan acara sulap dari pemuda Candranaya.

Redaksi menerima partisipasi dan kontribusi dalam bentuk : Naskah tulisan Berita kegiatan / layanan

kemasyarakatan Foto kegiatan INTI Informasi komersial yang

relevan Informasi lebih lanjut, hubungi : Perhimpunan INTI DKI Jakarta Julie Lau / Eri Puspa E-mail : [email protected] Tel : (021) 2664 6828 Fax : (021) 2664 6597

WARTA INTI adalah media komunikasi dan publikasi kegiatan Perhimpunan INTI DKI Jakarta, yang diterbitkan setiap tiga bulan. WARTA INTI didistribusikan pada lebih dari 1000 anggota Perhim-punan INTI DKI Jakarta, kelompok dan organisasi kemasyarakatan, institusi pendidikan, korporasi, dan masyarakat luas.

PARTISIPASI

Ketua Umum INTI, Rahman Hakim, beserta pengurus, Perhimpunan INTI, mengajak bersulang para tamu undangan dalam membuka perayaan Imlek .

Tarian Betawi dari TK Candranaya

Anggota Marching Band INTI yang turut memeriahkan acara

Page 5: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 5

BERITA KEGIATAN

Hal yang senada diungkapkan Zhong Rui Ming selaku Konjen RRT untuk Indonesia.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan Perhimpunan INTI dan organisasi Tionghoa lainnya di Indonesia untuk membantu masyarakat harus diapresiasi positif.

"Dengan adanya kerjasama yang solid diantara organisasi Tionghoa dan pemerintah, saya yakin akan membawa kemajuan pesat bagi bangsa dan negara,"

"Saya berharap kepengurusan INTI DKI Jakarta sebagai garda terdepan bisa meneruskan pengabdian sesuai dengan yang diamanahkan. Yaitu dengan tetap berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan," demikian harapan Ketua Umum INTI, Rahman Hakim, dalam sambutannya paca acara pelantikan pengurus INTI DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta,

Prijanto, pada kesempatan yang sama, memaparkan bahwa, keberadaan Perhimpunan INTI selama 10 tahun ini memberi banyak manfaat bagi masyarakat luas. "Kegiatan sosial yang digelar Inti selama ini sudah menyentuh banyak lapisan masyarakat. Khususnya mereka yang masih berada di bawah garis kemiskinan," ucapnya dihadapan ratusan anggota Perhimpunan INTI.

Aditya Sunarko Ketua Panitia Acara Pelantikan

Rachman Hakim Ketua Umum Perhimpunan INTI

Budi S. Tanuwibowo Sekjen Perhimpunan INTI

Benny G. Setiono Ketua INTI DKI Jakarta

Prijanto Wakil Gubernur DKI Jakarta

Zhong Rui Ming Konjen RRT di Indonesia

TEGUH PADA PERSATUAN DAN KESATUAN

Page 6: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

6 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

BERITA KEGIATAN

SUSUNAN KEPENGURUSAN PERHIMPUNAN INTI DKI JAKARTA

2009 - 2013

Pengurus Daerah Perhimpunan INTI DKI Jakarta

Periode 2009 - 2013

Pengawas : Teddy Sugianto Henry Boen Gilbert Wiryadianta Michael U. Purnama Sudhamek AWS Irwan Hidayat Handaya Tjandra Ketua : Benny G. Setiono Wakil Ketua : Dr. Lie A. Dharmawan Boedi Krisnawan Suhargo Aditya Sunarko Lim Ko Phing Willy Yanto Wijaya Thomas Nugraha Wahyu Effendi Hendarmin Susilo Harianto Sanusi So Wee Ming Indung Hariyanto Sasmita Winata Bambang Sudjoko Dr. Herry Antono Sekretaris : I Wayan Suparmin Wakil Sekretaris : Yulyana Erie Puspa Wang Tian Xiang Bendahara : Loa Jin Fon Wakil Bendahara : Erie Puspa Indrawati Wibowo Paulus Mulyadi

Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Jakarta Utara

Periode 2009 - 2013

Ketua : Thomas Nugraha Wakil Ketua : Hendra Lesmana Kasmito Sekretaris : Willy Yanto Wijaya Bendahara : Fattoni Tjhandra Tjhai

Bidang Pemuda : Alexander Ferry Wijaya Eric Gunarto Bidang Olahraga : Bernard Sutarman Saspudi Hasan Edward Nababan Bidang Sosial : Wong Kay Tjen Esther Chandra Herry Kartio Bidang Kesehatan : Dr. Delisusanti Dr. Susana Ernawati Dr. Widia Willy Martani Wiranata Bidang Dokumentasi : Anton Halim Dede Supendi Bidang Teknologi Informasi : Kasmito Alexander Jerry Wijaya Bidang Publikasi : Hartono Yulyana Bidang Usaha : Yuwono Liliani Tjandra Bidang Hukum : Martinus Johanmosi, SH Putra Purnadi, SH G. Handojo Hermasi, SH Jandi, SH Bidang Seni & Budaya : Lauw Sugeng Miniarti Haruman Lya Suwandi

Page 7: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 7

BERITA KEGIATAN

Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Jakarta Pusat

Periode 2009 - 2013

Ketua : Sufendi Dharmadi Wakil Ketua : Loa Jin Fon Agus Helmi Sekretaris : Wong Keng Tiong Bendahara : Effendy Bidang Olahraga : Lucky Lianto Bidang Pariwisata : Suralin Kwok Bidang Seni& Musik : Henri Santoso Bidang Humas : Agoan

Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Jakarta Timur

Periode 2009 - 2013

Ketua : Harianto Sanusi Wakil Ketua : Martinus Johanmosi Sekretaris : Rukminto Bendahara : Yuwono Wakil Bendahara : Jo Marini

Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Jakarta Selatan

Periode 2009 - 2013

Ketua : Alexander Ferry Wakil Ketua : Arifadi Budiardjo Sekretaris : Alexander Jerry Widjaja Wakil Sekretaris : Eric Gunarto Bendahara : Fang Chun

Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Jakarta Barat

Periode 2009 - 2013

Ketua : Lim Ko Phing Wakil Ketua : Dr. Anwar Budiman Lim Tjeng Ting Wahyu Effendi Sekretaris : Yulyana Wakil Sekretaris : Herry Kartio Bendahara : So Wee Ming Bidang Sosial : Wang Tian Xiang Wong Kay Tjen Bidang Pemuda : Bernard Sutarman Bidang Olahraga : Saspudi Hasan

Page 8: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

8 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

BERITA KEGIATAN

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun nya, Bogor Nirwana Residence (BNR) bekerjasama dengan INTI menyelenggarakan sebuah acara bakti sosial berupa pengobatan gratis kepada 500 orang warga di sekitar BNR.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Minggu, 16 Maret 2010 ini melibatkan sekitar 20 orang tenaga medis, yang terdiri dokter-dokter muda dibawah pimpinan dr. Lie Dharmawan, serta relawan dari INTI-DKI dan dari BNR.

Dengan diselenggarakannya bakti sosial dan pengobatan gratis ini diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dapat lebih ditingkatkan. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu

wujud nyata tanggung jawab sosial INTI bersama BNR sebagai salah satu pengembang y a n g p e d u l i t e r h a d a p lingkungan.

BAKTI SOSIAL  

PENGOBATAN GRATIS 

Atas : Dr. Lie Dharmawan bersama tim medis

Bawah: Relawan INTI DKI Jakarta dan Bogor Nirwana

Residences

Tim medis melayani anggota masyarakat yang muda maupun lanjut usia

Jl. Boulevard Barat Raya Blok C No. 10-12,

Kelapa Gading Square, Jakarta Utara 14240

Indonesia

tel. +62 21 4587 6464 (hunting) fax. +62 21 4586 7131 mail. [email protected]

sms. + 62 813 15 07 07 07

Palang Merah Indonesia

Page 9: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 9

BERITA KEGIATAN

Volume darah akan kembali normal dalam waktu 24 jam setelah melakukan donor darah. Sedangkan sel darah merah akan terbentuk kembali dalam waktu 4-8 minggu, jadi pendonor tidak perlu kuatir akan kekurangan darah. "

Untuk kegiatan donor darah ini, PMI berterimakasih dan mengharapkan agar selanjutnya dapat menjadi kegiatan rutin,

Beberapa pengunjung Pluit Junction yang ikut serta dalam kegiatan ini juga berharap untuk dihubungi jika ada kegiatan donor darah di kemudian hari.

Perhimpunan INTI DKI Jakarta, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyelenggarakan bakti sosial Donor Darah pada bulan Mei 2010 sebanyak dua kali.

Kegiatan pertama diadakan oleh INTI cabang Jakarta Pusat, pada tanggal 22 Mei 2010, di MGK Kemayoran. Sebanyak 120 orang pendonor, dari un su r k a r y awan MGK Kemayoran, anggota INTI dan masyarakat sekitar ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan kedua diadakan pada tanggal 29 Mei 2010. Kali ini kegiatan diselenggarakan oleh INTI cabang Jakarta Barat, bekerjasama dengan de-Paradiso Apartment, Pluit Junction dan WIN-Lab, dengan tema "Give Blood, Give Life" .

Tidak hanya donor darah, kegiatan juga diisi dengan pemeriksaan gratis untuk gula darah dan kolesterol.

Kegiatan berlangsung di Pluit Junction Lt.1. dengan pendonor sebanyak 150 orang, terdiri dari anggota INTI, pengunjung dan masyarakat sekitar, bahkan

beberapa datang dari daerah Tangerang.

Animo masyarakat mengikuti kegiatan donor darah tampak cukup tinggi. Walaupun, ada beberapa calon pendonor yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk dapat

melakukan donor darah, misalnya karena kadar HBnya dibawah 12.

"Kalau untuk yang HB nya kurang, itu tandanya kurang zat besi, kurang makan sayuran, misalnya sayuran hijau dan buah buahan." ujar petugas PMI yang mengecek para calon pendonor.

Ket ika menghadap i seorang pemuda yang b a r u p e r t a m a k a l i mendonorkan darah, salah seorang petugas sempat memaparkan,

BAKTI SOSIAL

D O N O R D A R A H “Give Blood, Give Life”

Tim relawan Perhimpunan INTI dalam bakti sosial donor darah

Page 10: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

10 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

Melalui olahraga, anak muda sejak dini dibiasakan untuk bekerja sama dalam satu regu untuk mencapai tujuan dan kemenangan bersama, juga untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.

Menjelang laga Piala Dunia di pertengahan 2010, demam sepakbola sudah menyebar. Sehingga, bukan kebetulan pula jika di 2010 ini ,

Perhimpunan INTI DKI Jakarta mengadakan Festival Sepak Bola Yunior usia 11 tahun (U-11). Hari Minggu pagi, 29 Mei 2010, di stadion Taman Sari, Jalan Manggabesar IV Utara, kompetisi ini dibuka oleh Boedi Krisnawan selaku Wakil Ketua INTI-DKI. Pembukaan dimeriahkan pula oleh penampi lan group Marching Band INTI. Dalam kompetisi yang diikuti oleh 16 SSB (Sekolah Sepak Bola) , diantaranya dar i International School Kemayoran, kesebelasan SSB Depok Putra akhirnya berhasil tampil sebagai j u a r a p e r t a m a , d a n memperoleh hadiah berupa

piala dan dana pembinaan sebesar Rp. 1.500.000. Juara II diraih oleh SSB UMS Kota dengan hadiah piala dan dana pembinaan sebesar Rp. 1 . 0 0 0 . 0 0 0 , - d i s u s u l kesebelasan SSB IKANET sebagai juara ke III dengan hadiah dana pembinaan sebesar 500.000 rupiah.

Sebagai salah satu perwujudan komitmen Perhimpunan INTI dalam mengembangkan potensi komponen bangsa Indonesia seutuhnya, Bernard Sutarman, koordinator bidang olahraga INTI-DKI mengharapkan agar kompetisi olahraga ini dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

BERITA KEGIATAN

Juara 1 - SSB Depok Putra

Juara 2 - SSB UMS Kota

Juara 3 - SSB IKA NET

Boedi Krisnawan memberikan sambutan pada pembukaan Festival Sepak Boa

F E S T I V A L S E P A K B O L A UF E S T I V A L S E P A K B O L A U -- 1 1 S E1 1 S E --

THE HEART OF YOUR HOME

Page 11: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 11

BERITA KEGIATAN

pohon buah buahan kini tandus karena erosi. Tanpa pohon belimbing, hanya perdu-perdu pohon jeruk di sana sini meningkatkan bahaya longsor bisa sekonyong konyong datang tanpa diduga.

Untuk tanah yang telah tandus dan butuh perlakuan khusus ini INTI memberikan solusi untuk konservasi tanah. Para petani jeruk yang menggarap tanah ini akan dilatih secara intensif di Villa Hutan Jati, dengan kapasitas pelatihan 30 orang, dan lama pelatihan 3 bulan.

Keseluruhan biaya pelatihan ditanggung oleh Perhimpunan INTI sebagai bagian program Lingkungan Hidup.

PENGURUS CABANG PERHIMPUNAN INTI J A K A R T A T I M U R BERSUARA Rabu siang, 7 April 2010, di Sari Kuring - Kelapa Gading, dengan dihadiri lebih dari 20 orang, pengurus INTI DKI dan beberapa undangan dari praktisi pajak, dokter dan pengusaha, Ketua PC INTI Jakarta Timur, Harianto Sanusi menerangkan bahwa PC INTI Jaktim akan memfokuskan usaha menjembatani pelaku bisnis menengah atas dengan pelaku bisnis menengah bawah dengan harapan, selain dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat , juga dapat melaksanakan kegiatan sosial. Pada kesempatan yang sama, Benny G Setiono, Ketua INTI PD-DKI menerangkan sejarah berdirinya Perhimpunan INTI, untuk memberi pemahaman dan semangat bagi kader baru. Yuwono, Bendahara PC-INTI Jaktim memaparkan sebuah artikel di harian KOMPAS edisi 19 Maret 2010, mengenai wira

usaha sosial. Yuwono juga menceritakan contoh ide "dunia bisnis bervisi sosial" yang pernah dialami oleh Inggris, dan perubahan daerah kumuh di Soho, setelah Coin Street Community Builders beraksi. Martinus, yang dalam periode 2010-2013 mendapat mandat sebagai Wakil Ketua PC INTI -Jaktim, mengharapkan agar komunitas INTI yang telah melewati fase 10 tahun agar tidak cengeng, bekerja lebih keras dan tegar menyusun rencana dan melangkah kedepan Akhirnya Pk 14.30 acara ditutup dengan rencana dan harapan untuk berkontribusi lebih ke masyarakat. (Yuwono-PC Jakarta Timur)

Kelompok Marching Band INTI turut memeriahkan Festival Sepak Bola U-11 Se-Jabodetabek

KUNJUNGAN KE PETANI JERUK DI BOGOR.

Tanah yang memil ik i kemiringan 45 derajat itu tampak kering. Tanah yang sebelumya subur ditumbuhi

VILLA HUTAN JATI BOGOR

PT CITRA GRAHA REKSA ABADI

Page 12: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

12 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

BERITA KEGIATAN

Pada tanggal 22 Mei 2010, Perhimpunan INTI bekerja sama dengan Elkasa, Sinergi Indonesia, Alumni U R E C A d a n S N B m e n g a d a k a n a c a r a peluncuran dan bedah buku yang berjudul " R e n u n g a n S e o r a n g Patriot Indonesia, Siauw Giok Tjhan” Peluncuran buku diawali dengan penyerahan buku dari Penerbit kepada Siauw Tiong Djin, selaku editor. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan buku oleh editor kepada p e n y e l e n g g a r a , d i s u s u l sambutan dari Editor, yang tidak lain adalah putra dari almarhum penul is buku tersebut. "Diharapkan diskusi ini membuahkan pengertian mendalam tentang Nation Indonesia untuk generasi muda berikutnya", tuturnya di akhir kata sambutan. Dalam acara ini dihadiri pula oleh Surya Paloh, Ketua Umum Nasional Demokrat, sebagai Keynote Speaker. Mengenai etnis Tionghoa, Surya Paloh melontarkan pengakuan "Bagi saya, Siauw

Giok Tjhan memperlihatkan sikap dan perjuangan anak Indonesia yang tidak diakui ke-i n d on e s i a a n n y a k a r en a terbelenggu prasangka Etnis. Saya menyatakan prasangka Etnis harus di setop, tidak boleh ada lagi ada anak Indonesia yang diperlakukan berbeda, apakah dia keturunan Arab, Tionghoa, atau lainnya t i d a k bo l eh ad a l a g i perbedaan."

Beberapa pembicara tamu terkemuka juga turut ikut serta membedah dan membahas buku Siauw Giok Tjhan ini.

Para pembicara sesi pertama, dari kiri ke kanan, Ratna Sarumpaet, Harry Tjan Silalahi, Christianto Wibisono selaku moderator, Asvi

Warman Adam, Muslim Abdurahman, A. Dahana,

Para pembicara, sesi kedua: dari kiri ke kanan, Esther Indahyani Yusuf, Tan Swie Ling, Sukardi Rinakit selaku moderator, Liem Sioe

Liong, Stanley J. Adiprasetyo

BEDAH BUKU RENUNGAN SEORANG PATRIOT INDONESIA SIAUW GIOK TJHAN

Surya Paloh sebagai keynote speaker

Lim Kho Ping, mewakili penerbit, menye-rahkan buku Renungan Seorang Patriot, kepada Siauw Tiong Djin selaku editor

Page 13: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

JULI - SEPTEMBER 2010 WARTA INTI 13

PROFIL

Lahir di Surabaya pada tanggal 23 maret 1914, sebagai seorang peranakan Tionghoa ari generasi ketiga yang tinggal di Indonesia, banyak tokoh mengingat Siauw sebagai seorang patriot yang gigih dalam memperjuangkan perwujudan Kebangsaan Indonesia. Ia memulai perjuanganya lewat tulisan di harian Sin Tit Po di Surabaya pada tahun 1933 , se t ahun se te l ah bergabung dengan PTI (Partai Tionghoa Indonesia) di tahun 1932, menjadi kepala redaksi harian Mata Hari di tahun 1941, kemudian ia duduk dalam berbagai badan legislatif, d imulai dengan Komita Nasional Indonesia Pusat di tahun 1946. Duduk dalam dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (DPR-RIS) pada 1949, DPR-RI dari tahun 1950-1959, DPR-GR dari tahun 1960-1966, Dewan Pertimbangan Agung 1959, dan MPR-sementara 1960-1966.

Selain aktifnya di kancah politik nasional, ia lebih dikenal sebagai "Bung Siauw" karena memimpin BAPERKI (Badan P e r m u s y a w a r a t a n Kewarganegaraan Indonesia) sebuah organisasi massa yang sebagian besar anggotanya adalah warga negara keturunan Tionghoa. Dari tahun 1954- 1966 Siauw lebih banyak dikenal sebagai salah satu tokoh pemimpin komunitas Tionghoa. Dekatnya Siauw dengan Soekarno dalam zaman D e m o k r a s i t e r p i m p i n menolong berbagai usahanya dimana ia memperjuangkan integrasi masyarakat Tionghoa kedalam pembangunan Nasion Indonesia dan memperjuangkan kelanjutan pendidikan untuk masyarakat Tionghoa lewat Universitas Res Republica (kini Universitas Trisakti). Akan t e t a p i k e d e k a t a n i n i m e m b a w a n y a k e d a l a m kesulitan ketika kekuatan politik Sukarno luntur dan jatuh ke dalam tangan barisan yang menentangnya. Setelah itu selama 10 tahun Siauw meringkuk dalam berbagai penjara sebagai tahanan politik. Pada bulan September 1975 ia diijinkan pulang tapi dengan status tahanan rumah. baru pada tahun 1978 ia dibebaskan secara resmi oleh penguasa militer. Pada waktu itu kesehatannya jauh mundur. Atas bantuan kawan karibnya, Adam Malik, yang pada waktu itu wakil Presiden, ia diijinkan pergi ke negeri Belanda untuk berobat. Kesehatan dan jarak d a r i t a n ah a i r t i d a k menyusutkan niat Siauw dalam

SIAUW GIOK TJHAN (1914 - 1981)

perjuangannya. Ia masih aktif dalam berbagai kegiatan. Disamping itu ia juga seing memberi ceramah tentang politik Indonesia dan jalan keluarnya di berbagai kota di Eropa. Pada tanggal 20 November 1981, beberapa menit sebelum ia memberi ceramah tentang Indonesia di Un i ver s i t a s Le iden , I a meninggal mendadak karena serangan jantuung. C a t a t a n y a n g seyogyanya menjadi dasar ceramahnya pada hari itu, menunjukkan kecintaannya terhadap tanah a irnya , Indonesia, dan catatan itu pula menunjukkan bahwa Siauw tetap optimis akan perjuangan un t uk I n done s i a y an g demokratis akan berhasil. Pada hari itu, Siauw telah meninggal sebagai seorang patriot Indonesia di negara asing.

(dikutip dari Buku Renungan Seorang Patriot Indonesia, Siauw Giok Tjhan)

Jl. K.H. Zainal Arifin No. 21 A—23

Jakarta Pusat - Indonesia Ph. (62-21) 6385 7777

Page 14: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

14 WARTA INTI JULI - SEPTEMBER 2010

SELINGAN

Ko Put On salah tingkah serta tokoh si Dortji, sang pacarnya.

Tokoh Put On ini mulai dimunculkan pada tahun 1930 melalui Harian Sin Po (1931-1960) dan dilanjutkan oleh harian Warta Bhakti, Put On juga tampil mengisi satu hala-man penuh di majalah Panca Warna. Saat itu mingguan Star Weekly mencoba memuncul-kan tokoh lain bernama Oh Koen, namun tidak pernah berhasil melebihi kepopuleran Put On (disunting dari sumbangan tulisan anggota, Si Katipiung, Mei 2010)

_______________________

Warta INTI, melalui Sdr. Ad-itya Soenarko, telah diberikan ijin untuk menampilkan Komik Put On dalam penerbitan War-ta INTI.

Redaksi Warta INTI berterima kasih atas ijin yang diberikan, sehingga Komik Put On yang disajikan akan menambah khasanah informasi dan keceri-aan bagi para pembaca.

PUT ON adalah seorang pemuda bujangan bersosok gendut yang bernasib seperti si Lebai Malang, baik hati tapi selalu bernasib buruk, sok pin-tar namun selalu gagal, walau-pun nasibnya buruk ia selalu tampil menyenangkan, dengan jenaka merekam sisi realitas sosial dan politik pada masanya, termasuk situasi masyarakat Indonesia dari golongan Tiong-hoa kelas menengah kala menghadapi situasi kota jakar-ta, termasuk saat banjir dan saat antre minyak tanah.

Penggambaran yang sesuai ken-yataan itulah menyebabkan sosok Put On, nama yang terinspirasi dari permainan anak anak yang dalam bahasa Inggris disebut put on, ini mendapat tempat di hati para pembacanya, bahkan menjadi tonggak awal komik Indonesia.

Kho Wan Gie, pencipta sosok Put On, menggambarkan tokoh jenaka ini mewakili kaum cina peranakan yang baik hati dari masyarakat sederhana di ibu kota, bersama ibunya yang dia panggil Ne, dan kedua adik laki lakinya, si Tong dan si Peng , serta para sahabatnya Aliuk, On Tek, Mamat dan gadis gadis cantik yang sering membuat

Judul buku: PUT ON Pengarang: Kho Wan Gie Penerbit: Pustaka Klasik Jakarta Cetakan Pertama, November 2008, 64 halaman, dilengkapi catatan sejarah dan Riwayat Pengarang

INFO KOMERSIAL

UCAPAN

TERIMA KASIH

Kepada Yth. Kho Wan Soey

(putra dari Kho Wan Gie)

atas ijin penerbitan Komik Put On dalam

Warta INTI

PEMEGANG REKOR MURI PAPAN REKLAME TERTINGGI INDONESIA

PT. CITRA INTI PRIMA SEJATI Outdoor & indoor advertising

Jl. Pemuteran Raya No. 58 d/h 147 Kebun Pisang, Kav. Polri - Jelambar

Jakarta Barat 11460 Tel. 021 569 65765

Page 15: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010
Page 16: Warta INTI edisi 01, Juli-Sept 2010

INFO KOMERSIAL

KTM