uts mikroprosesor elektro 2014

3
UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP APRIL 2014 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO Mata Uji : Mikroprosesor Sifat : Close Book Hari, tanggal : Jum’at, 25 April 2014 Waktu : 13:30- 15.10(100 menit) Ruang : B202 – 206, 305,36 Jumlah Peserta : 234 mhs Dosen Pengampu : Ir. Sudjadi MT. Cara menjawab no 1; harus urut kebawah 20 jawaban, tulis huruf soal (a..t) dan disampingnya buatlah dua bulatan seperti huruf O untuk (B)etul dan (S)alah, yang jaraknya antara huruf, bulatan pertama dan kedua kira-kira sama dengan tinggi baris pada kertas pekerjaan (line biru), untuk jawaban yang tidak sesuai aturan ini dianggap salah semua; contoh; B S a. O O b. Dst .. hingga t, kemudian anda hitamkan dengan apa saja bulatan/huruf O kapital tsb sesuai jawaban anda. 1. Benar atau Salah; a. Mikroprosesor pertama dibuat oleh perusahaan Intel. b. ARM7 adalah salah satu mikrokontroler c. Z80 adalah salah satu dari mikroprosesor yang pernah digunakan di PC. d. Hukum Moore meprediksi perkembangan kecepatan mikroprosesor akan dua kali tiap 6 bulan. e. Mikrokontroler selalu memiliki EPROM didalamnya. f. Sistem Mikroprosesor selalu memerlukan RAM Statis. g. RISC tidak pernah digunakan untuk teknologi di mikrokontroler. h. Sistem Mikroprosesor lebih rentan derau dibanding dengan sistem diskrit atau analog. i. Perangkat pengembang sistem mikroprosesor yang paling penting adalah compiler. j. Mikroprosesor dengan 8 bit data dapat mengolah sebanyak 255 ragam data. k. Impedansi tinggi dalam bus data termasuk dalam state stabil. l. Sebagian besar aplikasi Mikroprosesor ada dalam Personal Computer. m. Setiap komponen yang terhubung dengan Mikroprosesor harus punya Chip Select. n. Chip memory selalu memiliki pin untuk READ dan WRITE. o. Alamat chip memory atau IO dalam memory space jumlahnya selalu kelipatan dari 2^N p. Jumlah sel memory dalam memory 1Kx8 adalah 1024.

Upload: yanz-darwiyani

Post on 27-Sep-2015

228 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

aha

TRANSCRIPT

Ujian Tengah Semester Genap April 2014 Jurusan Teknik Elektro Fakultas TeknikUniversitas DiponegoroMata Uji:Mikroprosesor

Sifat:Close Book

Hari, tanggal:Jumat, 25 April 2014

Waktu: 13:30- 15.10(100 menit)

Ruang:B202 206, 305,36

Jumlah Peserta:234 mhs

Dosen Pengampu:Ir. Sudjadi MT.

Cara menjawab no 1; harus urut kebawah 20 jawaban, tulis huruf soal (a..t) dan disampingnya buatlah dua bulatan seperti huruf O untuk (B)etul dan (S)alah, yang jaraknya antara huruf, bulatan pertama dan kedua kira-kira sama dengan tinggi baris pada kertas pekerjaan (line biru), untuk jawaban yang tidak sesuai aturan ini dianggap salah semua; contoh; B Sa. OOb. Dst .. hingga t, kemudian anda hitamkan dengan apa saja bulatan/huruf O kapital tsb sesuai jawaban anda.

1. Benar atau Salah;a. Mikroprosesor pertama dibuat oleh perusahaan Intel.b. ARM7 adalah salah satu mikrokontrolerc. Z80 adalah salah satu dari mikroprosesor yang pernah digunakan di PC.d. Hukum Moore meprediksi perkembangan kecepatan mikroprosesor akan dua kali tiap 6 bulan.e. Mikrokontroler selalu memiliki EPROM didalamnya.f. Sistem Mikroprosesor selalu memerlukan RAM Statis.g. RISC tidak pernah digunakan untuk teknologi di mikrokontroler.h. Sistem Mikroprosesor lebih rentan derau dibanding dengan sistem diskrit atau analog.i. Perangkat pengembang sistem mikroprosesor yang paling penting adalah compiler.j. Mikroprosesor dengan 8 bit data dapat mengolah sebanyak 255 ragam data.k. Impedansi tinggi dalam bus data termasuk dalam state stabil.l. Sebagian besar aplikasi Mikroprosesor ada dalam Personal Computer.m. Setiap komponen yang terhubung dengan Mikroprosesor harus punya Chip Select.n. Chip memory selalu memiliki pin untuk READ dan WRITE.o. Alamat chip memory atau IO dalam memory space jumlahnya selalu kelipatan dari 2^Np. Jumlah sel memory dalam memory 1Kx8 adalah 1024.q. Ruang memory dimulai dari 2000h berakhir di 4000h.r. Teknologi Mikroprosesor modern sekarang sekarang adalah N MOS.s. Static RAM memiliki density lebih rendah daripada Dynamic RAM.t. Volatile Memory adalah memory yang datanya tidak hilang bila catu dipadamkan.

2. R1 dan R2 adalah register/memory dalam mikroprosesor, memori1 dan memori2 RAM diluar mikroprosesor, pada akhir program dengan perintah berikut, berapakah isi memory di alamat E dan F? (semua dalam format hexadesimal). Simpan data 20, 21, 22, 2F ke memori alamat 0, 1, 2 . F Ambil dat dari alamat 0 simpan ke R1 Ambil data dari alamat 1 simpan ke R2 Jumlahkan R1+R2, hasilnya simpan di alamat E Ambil data dari alamat E, jumlahkan dengan R1, hasilnya simpan di memori F

Gambar 1

3. Gambar 2 adalah sistem 6800 yang hanya memiiliki 1 buah ruang memory 16 bit, IC1 adalah ROM dan IC2, IC3 RAM yang tidak ada pin sinyal baca, karena pada kondisi WE high, itulah posisi baca, sedang pada WE dari lo ke high adalah posisi tulis. IC4 adalah IO. Tugas anda membuat rangkaian sistem mikroprosesor dengan komponen-komponen tersebut, boleh menggunakan salah satu IC6 atau IC7 sebagai dekoder alamat. Setelah anda buat rangkaian, petakan komponen-komponen memory dan IO tersebut, dimana alamatnya. Rangkaian dibuat dikertas gambar 2 secara langsung, diberi nama dan nim, peta memori anda buat di kerja bergaris.

Gambar 2