uts landasan pkj 2015

Upload: syaiful-otomotif

Post on 07-Jan-2016

3 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    Pogram studi : S2 Pendidikan Kejuruan

    Mata Kuliah : Landasan Pendidikan Kejuruan

    Hari / Tanggal : Selasa, Oktober 2015 Sifat : Take Home

    Jawabah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas.

    Soal:

    1. Adanya perubahan kebijakan sistem penyelenggaraan pendidikan kejuruan dari paradigma supply driven ke paradigma demand driven. Jelaskan perubahan paradigma tersebut ditinjau dari kajian historis, ekonomi, dan sosiologi pendidikan kejuruan.

    2. Munculnya beragam kompetensi keahlian SMK diberbagai daerah tentunya ada landasan kuat yang menjadi latar berdirinya kompetensi keahlian tersebut. Jelaskan landasan yang menjadi latar berdirinya kompetensi keahlian tersebut ditinjau dari kajian yuridis, historis, ekonomi, dan filosofisnya (Penjelasan disesuaikan dengan latar belakang program studi S-1 masing-masing mahasiswa).

    3. Adanya kebijakan Pemerintah tentang pengembangan rasio siswa SMK dengan SMA adalah 70% : 30% yang rencananya dicapai pada tahun 2015. Jelaskan latar dan landasan apakah yang menjadi pijakan kebijakan tersebut.

    4. Menganut pandangan aliran filosofi Esensialisme bahwa pendidikan kejuruan harus mengaitkan dirinya dengan sistem-sistem yang lain seperti ekonomi, politik, sosial, ketenagakerjaan serta religi dan moral. Berikan argumentasi peran Pendidikan Kejuruan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

    5. Permasalahan klasik terkait dengan penyelenggaraan pendidikan kejuruan di berbagai Negara adalah rendahnya minat masuk sekolah kejuruan, minimnya dukungan dana, dan kurangnya prasarana serta sarana pembelajaran. Permasalahan tersebut juga terjadi di Indonesia. Bagaimanakah landasan kebijakan pengembangan SMK untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

    SELAMAT MENGERJAKAN

    KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

    UNIVERSITAS NEGERI MALANG

    PROGRAM PASCASARJANA

    Jalan Semarang 5, Malang 65145 Telepon/Faximile: 0341-5511334