ustek pengawasan cipta

Download ustek pengawasan CIPTA

Post on 08-Nov-2015

309 views

Category:

Documents

50 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Usulan teknis Pengawasan Konstruksi Pembangunan Gedung Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate Provinsi Maluku Utara

TRANSCRIPT

KATA PENGANTAR

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN

KATA PENGANTAR

CV. NUSANTARA CIPTA CONSULTAN merupakan salah satu perusahaan Engineering Consultants yang sejak didirikan telah aktif berperan dalam berbagai bidang pembangunan di Propinsi Maluku Utara.Berdasarkan Surat Undangan dari Pengadaan Jasa Konsultansi Nomor : /UM.001/332b/BPCB.Tte/VIII/2012 Tanggal 03 Agustus 2012 oleh Unit Pelayanan Pengadaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate Di Lingkungan Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate untuk pekerjaan dimana proyek Pembangunan Gedung Kantor BPCB Ternate tersebut.

Dan merupakan suatu kehormatan dan sekaligus kepercayaan bagi CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN. Atas diundangnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.Untuk itu CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN akan membentuk suatu Tim Teknis untuk menyusun dan mengajukan Proposal guna melaksanakan pekerjaan Supervisi/Pengawasan tersebut di atas.

Demikian, sekilas ungkapan ini guna memenuhi maksud tersebut diatas.

Ternate, 17 September 2012CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN.TernateIRFAN AKILI,ST DirekturBAB 1PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG PERUSAHAANCV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN telah berpengalaman dalam melaksanakan berbagai proyek yang meliputi perencanaan dan pengawasan serta bidang rekayasa teknik. CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN adalah sebuah Perusahaan Swasta Nasional yang didirikan sejak tahun 2009, berdasarkan Akte Notaris FARUK ALWI, SH Nomor 01 Tanggal 02 September 2009, serta terdaftar di Pengadilan Negeri Ternate Nomor 14/CV/2007/PN. TTE Tanggal 24 JANUARI 2007dengan Kantor Pusat di Ternate. CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN adalah perusahaan Swasta Nasional yang memberikan jasa profesional dalam berbagai disiplin dan bidang enjinering dan rekayasa.

Organisasi dan struktur perusahaan bersifat multi disipliner. Sejak berdirinya pada tahun 2002, telah berkembang dan telah memperoleh kepercayaan dari berbagai lembaga dan instansi serta Pemerintah Daerah. CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN memiliki sejumlah staf profesional yang terdiri dari tenaga teknik yang ahli dalam bidangnya masingmasing serta tenaga administrasi.

Saat ini CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN merupakan suatu organisasi yang siap untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan konsultasi profesional dalam pembangunan tersebut.SUSUNAN PENGURUS1. Direktur

:Irfan Akili,ST2. Wakil Direktur

:Ikbal Herman AkiliJENIS LAYANAN KONSULTAN

Perencanaan & Pengawasan

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN memberikan layanan jasa profesional dalam bidang Perencanaan dan Pengawasan yang berhubungan dengan jalan raya, jembatan, / desain, dan supervisi proyek-proyek jalan dan jembatan dari jaringan jalan Kabupaten sampai jalan Negara.

Divisi Perencanaan dan Pengawasan kami memiliki tenaga ahli yang pengalaman dan telah mengenal dengan baik kondisi setiap medan dan tantangan teknis di Wilayah Indonesia Timur, antara lain : Proyek Pengawasan Teknis Bangunan dengan sumber dana APBN, APBD Tk. I, APBD Tk. II dan lain-lain, sehingga merekomendasikan alternatif yang tepat berdasarkan pertimbangan teknis dan non teknis terhadap paket yang kami tawarkan ini.

Layanan bidang perencanaan dan pengawasan ini meliputi antara lain :

Jalan Raya

Jembatan

Pelabuhan

Lapangan Terbang

Survey dan Soil Investigation

Studi Kelayakan

Perencanaan Teknis

Pengawasan Pelaksanaan (Supervisi)

Arsitektur dan Rekayasa

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN memberikan jasa profesional dalam bidang arsitektur dan rekayasa, yaitu dalam bidang rekayasa sipil, struktur, geoteknik, geodesi, listrik, mesin, pipa dan perencanaan arsitektur. Jenis jasa yang diberikan meliputi perencanaan konsep , survei lapangan, perencanaan teknis, dokumen lelang, supervisi pelaksanaan dan manajemen operasi.

Dalam analisis dan perencanaan teknis proyek arsitektur dan rekayasa, CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN memanfaatkan teknologi dan prosedur mutakhir termasuk CAD (Computer Aided Design) dan CADD (Computer Aided Design and Drafting). Selain menggunakan piranti lunak komputer standar, CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN telah mengembangkan sendiri piranti lunak yang dapat digunakan untuk keperluan khusus antara lain analisa statis dan dinamis struktur, desain optimum, desain perkerasan jalan, desain geometrik, analisis hidrologi, analisis drainase, dan lain-lain. Selain itu untuk keperluan khusus, CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN mempunyai akses pemakaian piranti lunak rekayasa yang harus dijalankan pada komputer mainframe. Pemanfaatan teknologi mutakhir tersebut akan memberikan hasil yang akurat dan cepat yang amat membantu dalam pengambilan keputusan.

Layanan bidang Arsitektur dan Rekayasa ini meliputi antara lain :

Arsitektur Bangunan

Perencanaan Rencana Induk

Rekayasa Struktur

Rekayasa Listrik

Rekayasa Pabrik/Industri

Perumahan

Survey dan Soil Investigation

Analisa dan Studi

Perencanaan Pondasi

Pengawasan Pelaksanaan (Supervisi)

Manajemen Konstruksi

Pelestarian LingkunganCV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN memiliki tenaga ahli yang berpengalaman dalam membuat Analisis Dampak Lingkungan untuk berbagai proyek. Dari Program pelestarian lingkungan tersebut maka diperlukan investasi berupa infrastruktur perlindungan lingkungan seperti misalnya yang menyangkut sistem pengadaan air, pembuangan air limbah, reklamasi pantai, pengontrol pencemaran udara, dan lain-lain.

Selain itu ada komponen program lainnya seperti dampak ekonomi, sosial, dan budaya terhadap penduduk setempat.

Layanan bidang Lingkungan Hidup ini meliputi antara lain : Analisa Dampak Lingkungan. Pelestarian Sumber Daya Alamiah. Penanganan Limbah. Survey dan Pemetaan. Analisa dan Studi Kelayakan. Perencanaan. Irigasi. Bendung/Bendungan - Tenaga Air. Perencanaan Penanggulangan Banjir/Cek Dam. Reklamasi Pantai. Perencanaan Air Bersih, Air Baku. Perencanaan/Supervisi Dermaga.DAFTAR RELASI/REKANAN

Nasional Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah

Proyek Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan

Departemen Perhubungan

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Dinas Kesehatan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)

PT. Bank Mandiri (Persero)

PT. Jasa Raharja Putra

REGISTRASI

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN terdaftar pada lembaga dan Departemen sebagai berikut :

Ikatan Konsultan Indonesia (PERKINDO)

Departemen Pekerjaan Umum

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Maluku Utara, PT. Asuransi Jiwasraya

PT. Bank Mandiri (Persero)

PT. Jasa Raharja Putra

TENAGA PENUNJANG DAN FASILITAS

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN saat ini mempunyai tenaga penunjang di luar tenaga ahli, yang terdiri dari tenaga administrasi, teknisi, juru gambar, dan operator komputer.Kantor Pusat CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN di Jl. TABANGA MADUDU Kel. Sangadji Utara . (0921) 3110572 Fax. E-mail cv.nck11@ yahoo.id.

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN telah memiliki beberapa komputer terpasang di kantor pusat serta beberapa fasilitas penunjang seperti kendaraan roda empat dan roda dua serta fasilitas penunjang lainnya untuk kemudahan operasional pekerjaan di lokasi proyek.

PENGALAMAN PERUSAHAAN

CV. NUSANTARA CIPTA KONSULTAN telah berpengalaman dalam melaksanakan pekerjaan perencanaan dan pengawasan teknis jalan dan jembatan. Pengalaman perusahaan khususnya dalam bidang Perencanaan dan Pengawasan/Supervisi Konstruksi dapat dilihat sesuai daftar pada LAMPIRAN Usulan Teknis ini.

1.2. LATAR BELAKANG PROYEKKantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate untuk melaksanakan pekerjaan PengawasanKonstruksi Pembangunan Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate di Provinsi Maluku Utara, dalam upaya untuk menjaga agar kawasan Pelestarian Cagar Budaya Maluku Utara dalam keadaan/kondisi baik, dan mengusahakan agar pengembangan Pelestarian Cagar Budaya Tersebut hubunganya denga aspek Pariwisata Daerah dan memajukan ekonomi penduduk. agar dapat menunjang perkembangan perekonomian, dan menyediakan prasarana yang cukup bila terjadi adanya perubahan pola permukiman dimasa yang akan datang.

Disamping memiliki nilai strategis, kawasan perbatasan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting sebagai sekat pemisah dan sabuk pengaman bagi negara Republik Indonesia sekaligus menjadi potert jatidiri atau citra kehormatan, martabat bangsa.Pembangunan sarana/prasarana permukiman di daerah perbatasan merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam mewujudkan upaya tersebut adalah termasuk menyediakan jasa Kosultan Pengawas, yang dalam penugasan pada Pekerjaan Pengawasan Nantinya akan bertindak sebagai wakil direksi teknik baik dikantor maupun dilapangan.1.3. MAKSUD DAN TUJUAN PEKERJAANMaksud dari pada Pengawasan Konstruksi Pembangunan Gedung Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Ternate adalah mengadakan layanan jasa Pekerjaan Pengawasan sedemikian rupa sehingga dicapai hasil yang optimal sesuai standar yang berlaku. Dimana Konsultan pengawas berperan sebagai wakil dari pemilik proyek dalam mengarahkan kontraktor di lapangan.

Dengan adanya proyek ini, diharapkan dapat meningkatkan Pengawasan Teknik/Supervisi atas Pembangunan Sarana dan Prasarana di Kabupaten Halmahera Tengah, Tugas-tugas dan wewenang serta tanggung jawab Konsultan Pengawasan Teknis tersebut, selain diatur dalam dalam bab III Syarat-syarat Umum Kontrak. Konsultan selaku Wakil Direksi Pekerjaan, juga tercantum dalam Kerangka Acuan Kerja.1.4. LINGKUP DAN LOKASI PEKERJAAN

Jenis dan lingkup pelaksanaan untuk Pekerjaan Pengawasan Konstruksi Pembangunan Gedung Kantor Balai Pelestarian