usm stan - · pdf filekamu harus mau belajar, agar terbiasa dengan soal soal usm stan 2....

Click here to load reader

Post on 29-Mar-2018

258 views

Category:

Documents

14 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • USM STAN itu

    MUDAH Steps That I Use to Pass USM STAN

    Mamat Maslutfi

  • 2

    www.soalusmstan.com

    Please Read This Carefully,

    Every Word Please ...

  • 3

    www.soalusmstan.com

    PENDAHULUAN

    Sebelumnya terima kasih sudah download tulisanku ini dari blog pribadi saya di

    http://soalusmSTAN.com .

    Oke, kenalan dulu, Namaku Mamat Maslutfi. Kamu bisa panggil Kak Lutfi. Asal dari Kediri, Jawa Timur. Dulu Aku bersekolah di SMA Negeri 2 Pare. Beberapa bulan yang lalu masih berstatus sebagai mahasiswa STAN. Abis lulus langsung di tempatkan di kementerian keuangan, lebih spesifiknya di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Karena DJPK hanya ada di jakarta pusat, aku menetap di jakarta. Jadi masih bisa mengurus blog dan melayani pembelian buku STAN. Saat aku membutuhkan sesuatu, aku biasanya bertanya kepada salah satu temen terbaikku, yaitu www.google.co.id dari membeli ebook yang harganya ratusan ribu, beli kursi, beli buku, dan banyak hal yang lainsemuanya aku beli online. Gak perlu keluar dari kamar tuk membeli itu semua,hehe Memang di Indonesia belum terlalu sering jual beli online, tapi di negara maju seperti Amerika, Inggris, Kanada, &Australia jual beli online sudah menjadi hal yang biasa. Aku pernah dapat ebook gratis, tapi gak pernah aku pelajari, dibaca sekilas kemudian dilupakan,heheTapi waktu aku beli ebook seharga Rp200.000, aku baca bener-bener tuh ebookaku pelajari, aku lakukan semua yang disuruh, aku semangat banget tuk mempelajari ebook itu. Itulah psikologi manusia: sesuatu yang sulit didapatkan akan menjadi barang yang penting buatnya. Meskipun kamu dapat ebook ini gratis, aku harapkan kamu bisa mempelajarinya dengan baik. (tapi semuanya kembali ke kamu sih, gak ada paksaan) *kepanjangan ntar kalo musti aku kenalan disiniapalagi sampe naruh foto profile disini,hehebe my friend di http://www.facebook.com/profile.php?id=100001929647176

    Disini saya ingin berbagi strategi-strategi yang saya gunakan buat lolos STAN. Tapi tulisan ini tidak ada artinya kalau tidak dipelajari :) Manusia yang paling baik itu orang yang paling bermanfaat bagi yang lain. Aku dulu gak mengerti tentang STAN sama sekali. Mau tanya anak STAN gak ada yang kenal, nyari di internet sangat sedikit informasi yang aku dapat. Dan aku yakin masih banyak orang lagi yang ingin mengerti STAN lebih jauh. Maka dengan itu semua aku ingin membagi pengalamanku lewat blogku dan tulisanku ini. Mungkin ini yang bisa aku lakuin tuk membantu sesama, meskipun tak sedikit pengorbanan yang musti dilakukan.

    http://soalusmstan.com/http://www.google.co.id/http://www.facebook.com/profile.php?id=100001929647176

  • 4

    www.soalusmstan.com

    Saya membuat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadiku mengerjakan soal soal USM STAN. Strategi-strategi yang saya berikan disini juga saya pergunakan untuk mengajar di bimbingan belajar khusus USM STAN di Jakarta selama beberapa tahun belakangan. Untuk lebih maksimal manfaat dari ebook ini, silahkan di print :) Sekali lagi, aku hanya ingin berbagi. Saran dari saya bisa kamu pakai maupun kau tinggalkan. Kalau ada yang tidak baik, segera tinggalkan. Kalau ada yang baik, silahkan digunakan. Kalau ada salah dalam berkata tolong dimaafin yah :) Website STAN yang resmi itu di STAN.ac.idtapi aku yakin disana tuh gak ada yang namanya soal dan latihan buat usm STANyang ada hanya pengumuman pendaftaran STAN dan pengumuman kelulusan STANjadi kalo mau mencari informasi tentang STAN dan pengin tahu lebih jauh kayak apa sih kehidupannya mahasiswa STAN tuh, kunjungi blogku di http://soalusmSTAN.com :) Tulisanku ini bebas disebarluaskan. Silahkan diberikan pada teman, sahabat, kakak, adik, anak, keponakan, tetangga, dan siapapunboleh kamu posting ke halaman blogmu, tapi kasih link ke blog http://soalusmstan.com ya. Hargai hak cipta orang lain, oke :) Semoga tulisan ini bermanfaat bagimu... Aku tunggu kamu di STAN Jakarta ya... :)

    There are No Secrets Ya, memang tidak ada rahasia untuk lolos USM STAN. Yang ada hanya doa dan kerja keras. Doa, aku beruntung punya Ibu Yang Terbaik Di Dunia, yang selalu mendoakan anaknya sukses di sepertiga malam terakhir. Meskipun aku juga berdoa, tapi doa Ibuku lebih manjur. Kerja keras, aku sadar kalau sainganku banyak, maka dari itu, frekuensi belajar menguasai soal soal STAN juga harus aku tingkatkan. Aku membuat strategi-strategi mengerjakan dengan cepat dan benar saat belajar itu. Jadi, melalui tulisan ini, aku ingin berbagi strategi-strategiku lulus STANagar kamu bisa lebih cepat mempelajari soal soal STAN yang ada.

    http://soalusmstan.com/http://soalusmstan.com/

  • 5

    www.soalusmstan.com

    Bila tulisanku bermanfaat buat temen-temen, berbagilah informasi ini ke

    minimal 3 (tiga) temen-temenmu yang berminat kuliah di STAN. Bila kamu

    berbuat baik, suatu saat akan dibalas dengan kebaikan pula

  • 6

    www.soalusmstan.com

    Sedikit daftar isi,

    Pendahuluan

    Sedikit Cerita Motivasi

    Mindset Sukses Seorang Pelajar Sejati

    Langkah demi Langkah Mengerjakan USM STAN

    Tes Potensi Akademik

    Bahasa Inggris

    Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

    Rincian Lengkap Biaya Hidup di STAN

    Info Tambahan: Detail Pendaftaran USM STAN

    Info Buku USM STAN 2012/2013

  • 7

    www.soalusmstan.com

    SEDIKIT CERITA MOTIVASI

    Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di USA, ada 2 ekor monyet

    yang dimasukkan ke dalam satu ruangan kosong secara bersama-sama. Kita sebut saja monyet

    tersebut Monyet A dan B. Di dalam ruangan tersebut terdapat sebuah tiang, dan diatas tiang

    tersebut nampak beberapa pisang yang sudah matang. Apa yang akan dilakukan oleh 2 monyet

    tersebut menurut kamu ?

    Setelah membiasakan diri dengan keadaan lingkungan di dalam ruangan tersebut,

    mereka mulai mencoba meraih pisang-pisang tersebut. Monyet A yang mula-mula mencoba

    mendaki tiang.

    Begitu monyet A berada di tengah tiang, sang profesor menyemprotkan air kepadanya,

    sehingga terpleset dan jatuh. Monyet A mencoba lagi, dan disemprot, jatuh lagi, demikian

    berkali-kali sampai akhirnya monyet A menyerah. Giliran berikutnya monyet B yang mencoba,

    mengalami kejadian serupa, dan akhirnya menyerah pula.

    Berikutnya ke dalam ruangan dimasukkan monyet C. Yang menarik adalah, para

    profesor tidak akan lagi menyemprot para monyet jika mereka naik. Begitu si monyet C mulai

    menyentuh tiang, dia langsung ditarik oleh monyet A dan B. Mereka berusaha mencegah, agar

    monyet C tidak mengalami `kesialan seperti mereka. Karena dicegah terus dan diberi nasehat

    tentang bahayanya bila mencoba memanjat keatas, monyet C akhirnya takut juga dan tidak

    pernah memanjat lagi.

    Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh para profesor adalah mengeluarkan monyet A

    dan B, serta memasukkan monyet D dan E. Sama seperti monyet-monyet sebelumnya, monyet

    D dan E juga tertarik dengan pisang diatas tiang dan mencoba memanjatnya. Monyet C secara

    spontan langsung mencegah keduanya agar tidak naik. Hai, mengapa kami tidak boleh naik ?

    protes keduanya.

    Ada teman-teman yang memberitahu saya, bahwa naik ke atas itu berbahaya. Saya juga

    tidak tahu, ada apa di atas, tapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh jelas monyet C.

    Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang

    memang bandel. Saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih, yang ada di atas Dan kalau ada

    bahaya, masak iya saya tidak bisa menghindarinya ? tegas monyet E. Walaupun sudah dicegah

    oleh monyet C dan D, monyet E nekad naik

    Dan karena memang sudah tidak disemprot lagi, monyet E bisa meraih pisang yang

    diinginkannya...

    Artikel diadaptasi dari KL 348

  • 8

    www.soalusmstan.com

    Renungan

    ===================

    Kawan,

    Manakah diantara karakter diatas yang menggambarkan tingkah laku kamu saat ini ?

    Karakter A dan B adalah orang yang pernah melakukan sesuatu, dan gagal. Karena itu mereka

    kapok, tidak akan mengulanginya lagi, dan berusaha mengajarkan ke orang lain tentang

    kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lain juga gagal seperti mereka. Karakter C dan D,

    adalah orang yang menerima petunjuk dari orang lain, hal-2 apa yang tidak boleh dilakukan,

    dan mereka mematuhinya tanpa berani mencobanya sendiri. Karakter E adalah type orang yang

    tidak mudah percaya dengan sesuatu, sebelum mereka mencobanya sendiri. Mereka juga

    berani menentang arus dan menanggung resiko asalkan bisa mencapai keinginan mereka.

    Pisang dalam cerita diatas menggambarkan impian kita. Setiap orang dalam hidup ini

    mempunyai impian yang tinggi tentang masa depannya. Namun sayangnya, banyak sekali hal-

    hal yang terjadi di sekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur. Orang-2 dengan

    karakter ABCD akan mengatakan kepada kita hal-2 seperti ini,Sudahlah, jangan melakukan

    pekerjaan yang sia-2 seperti itu. Percuma. Saya dulu sudah pernah melakukannya berkali-2 dan

    gagal. Sebagai seorang teman yang baik, saya tidak mau kamu gagal seperti saya atau mungkin

    kalimat Kamu mau gagal kayak si X lebih baik lakukan sesuatu yang pasti-pasti saja deh.

    Bukankah hal-2 seperti itu yang sering kita dengar sehari-2 ? Orang dengan karakter E akan

    selalu berpikir optimis dalam menjalankan sesuatu. Kalaupun orang lain gagal melakukan

    sesuatu, belum tentu saya juga akan gagal adalah kekuatan yang selalu memompa

    motivasinya. Dan kegagalan orang lain dapat dipelajari dan dijadikan batu loncatan untuk

    melangkah lebih baik, bukannya dijadikan suatu ke