ultimagz juli 2013 - liburan seru

Download Ultimagz Juli 2013 - Liburan Seru

Post on 13-Mar-2016

236 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

  • Pelindung Ninok Leksono Dewan Redaksi Hira Meidia, Andrey Andoko, Bertha Sri Eko, Ambang Priyonggo Pembimbing Indiwan Seto Wahyu Wibowo, Mohammad Rizaldi Pemimpin Umum Zidny Ilman Nafian Pemimpin Redaksi Gloria Fransisca Katharina Redaktur Pelaksana Inasshabihah Redaktur Pelaksana Online Maria Rosa Adiningsih Sekretaris Redaksi Santika Indri, Anastasia Arvirianty Editor Dona Handayani, Erika Anindita, Oktyfany Sembiring, Sintia Astarina, Siti Hardiyanti, Yulius Triatmoko Reporter Anastasia Arvirianty, Arnoldus Krisna, Aulia Wafiq Prianata, Desy Hartini, Eldo C. Rafael, Evans Edgar, Fajar Jufri, Joshua Gunadhi, Katrine Gabby Kusuma, Kevin Ivander, Mahesa Lintang, Maria Advenita Gita Elmada, Mario Oktavianus, Melissa Mulyasari, Mochammad Faisal Al Kahfi, Nikolaus Harbowo, Patric Rio Batubara, Radiananda Soeharto, Stefanie OctoraFotografer Mario Putra (Editor), Martinus Tito, Monica Dhita Desain Visual Ady Aribowo (Ketua), Akhmad Ramadhan, M. Kamal, Mikael Bima, Cyntia, Anastasia Sonia, Lusiana Udjaja, Albert Dinata Pemimpin Perusahaan Clara Judijanto Pemasaran Iklan Tyo Satrio, Mentari Desiani, Kristasia Pangalila, Berliana Veronika, Amelia Media Partner Joshua Gunadhi Keuangan Katrine Gabby Kusuma

    Desain CoverMikael Bima

    Penerbit Alamat Redaksi dan PerusahaanScientia Garden, Jl. Boulevard Gading Serpong,Tangerang Banten : redaksi@ultimagz-online.com : @ultimagz : ultimagz : www.ultimagz-online.com

    EDITORIAL

    0107 LIBURAN SERU MMXIII

    H oliday Issue, apa pembahasan yang enak ya? Redaksi sempat kebingungan untuk merumuskan liburan a la anak muda lho. Alasannya? Tentu karena keberagaman variasi tempat wisata hingga kuliner untuk memanjakan hari libur.

    Ultimagz edisi kali ini akan menemani liburan teman-teman UMN (pastinya)! So, edisi kali ini akan lebih banyak cerita-cerita seru dari teman-teman UMN yang sedang berlibur, atau pernah berlibur di tempat-tempat yang recommended.

    Buat teman-teman yang memilih kerja libur, jangan khawatir, kesibukan baru kalian tetap bentuk refreshing hanya dalam medium yang berbeda saja. Setidaknya, kita sukses menorehkan kisah baru dari sekian banyak rutinitas perkuliahan selama setahun.

    Sekali lagi, selamat menikmati liburan! Sampai jumpa di semester selanjutnya. Salam Deadline!

    Gloria Fransisca KatharinaPemimpin Redaksi

    HOLIDAY ISSUE!

    Selamat liburan panjang, teman-teman UMN!

  • CONTENTS

    OLAHRAGA

    EVENTS38

    17

    22

    11

    07

    34

    28

    MUSIK

    FASHION

    COVER STORY

    OTOMOTIF

    SOSOK

    42 CERPEN47 REVIEW48 WISATA56 POJOK LENSA58 GALERI TUGAS61 SNAPSHOT63 CORETAN64 HUMOR

    01 EDITORIAL03 CALENDAR EVENTS04 SURAT PEMBACA05 OPINI09 INFO INDONESIA

    0207 LIBURAN SERU MMXIII

  • JULI 2013

    1 53Hari BuahPameran Liberty, Femina, and Keluarga oleh Cecilia Collantes at Biasa ArtSpace

    Hari Bank Indonesia

    Hari PT. Askes (Persero)

    Chace Crawford Birthday

    Hari Anak Nasional & Daniel Radcliffes Birthday

    Hari Kejaksaan

    J.K Rowlings Birthday (Author)

    Hari Satelit Palapa

    Hari Koperasi9

    12

    18

    23

    15

    22

    31

    CALENDAR EVENTS

    0307 LIBURAN SERU MMXIII

  • SURAT PEMBACA

    Dear Redaksi Ultimagz,

    Ini sekedar saran tambahan untuk Redaksi. Bisa didiskusikan saja, mungkin bisa mengadakan satu edisi yang membahas tentang kondisi program TV masa kini. Bisa dilengkapi dengan wawancara bersama produsernya, para analis, pengamat, pakar, dan kritikus. Apa kritiknya, lalu bisa membandingkan acara serupa dengan yang ada dari luar negeri.

    Jojo Rahardjo, Dosen Ilmu KomunikasiUniversitas Multimedia Nusantara

    Dear Pak Jojo,

    Terima kasih atas perhatian Bapak atas perkembangan pers mahasiswa UMN. Kritik dan saran Bapak sungguh berguna bagi kami mengingat UMN merupakan instansi perguruan tinggi yang fokus pada komunikasi, informasi, dan teknologi, saran Bapak sangat berguna bagi kami ke depan. Sehingga sangat diperlukan wawasan ekstra terkait industri broadcast. Saran Bapak akan kami pertimbangkan untuk edisi selanjutnya. Salam Deadline.

    Redaksi

    0407 LIBURAN SERU MMXIII

  • OPINI

    A da jiwa petualang dalam diri setiap manusia. Entah itu berpetualang di alam liar, atau malah berpetualang menemukan cinta. Sebab hidup adalah sebuah perjalanan, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari bocah menjadi dewasa, dan sebagainya.

    Bicara petualangan, lekat kaitannya dengan backpacking. Berdasarkan berbagai literatur, backpacking bermakna sebagai salah satu cara berwisata dengan merencanakan perjalanan secara independen, serta umumnya (tidak semua) berbiaya rendah.

    Aktivitas backpacking banyak menggunakan kendaraan umum kelas ekonomi, serta lebih memilih penginapan murah ketimbang hotel, sebagian malah memiliki jaringan relasi luas sehingga dapat menginap di rumah penduduk lokal. Dari sinilah mereka dapat mengenal wajah Indonesia yang sesungguhnya. Melalui teriakan tukang minuman yang kerap menyebut Mizone dengan Mijon, melalui ikan bakar yang ditangkap bersama nelayan, juga melalui sepotong senyum dari nenek ompong penenun kain.

    Panorama indah mudah kita temukan sekali klik di internet, namun bercengkrama langsung dengan sahabat kita sesama penduduk Indonesia di belahan pulau lain, belum tentu bisa didapat kala berwisata ala ransel, atau bersama agen travel. Karena semua agenda perjalanan sudah diatur sedemikian rupa, sehingga meminimalisir interaksi dengan masyarakatnya.

    Sementara backpacker, meskipun memiliki agenda perjalanan yang sudah disusun sendiri, namun masih fleksibel akan perubahan. Sehingga lebih memberi beragam pengalaman yang menyenangkan.

    Maka backpacking, setidaknya bagi saya, merupakan sebuah petualangan untuk mengenal Indonesia lebih dekat. Dalam konteks dunia internasional, berarti mengenal dunia lebih dekat. Dari situ, berjuta pelajaran dapat dipetik, untuk kita sendiri dan untuk dikembalikan kepada masyarakat.

    Sayangnya dewasa ini istilah backpacking menjadi sempit hanya sekedar berwisata murah semata. Kata murah sangat seksi di mata warga Indonesia sehingga banyak pihak yang berbondong-bondong mencobanya. Padahal sebagian dari mereka masih sungkan berbincang dengan penduduk lokal. Menempatkan diri lebih tinggi, sehingga masih melekat mental hanya mau dilayani. Kemudian takabur membanggakan diri sebagai seorang backpacker, sehingga lupa bahwa berwisata ala ransel tidak lebih suci ketimbang berwisata ala koper.

    Penulis: Ambar Arum/Backpackin MagazineEditor: Inasshabihah

    Reporter: Radiananda Suharto

    Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia

    bersama rakyatnya dari dekat.(Soe Hok Gie)

    Mengenal Indonesia Lebih Dekat

    0507 LIBURAN SERU MMXIII

    Ilust

    rasi

    : Alb

    ert D

    inat

    a

  • Jalan-jalan dengan budget minim memiliki tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Dengan biaya seminimal mungkin, kita harus bisa menikmati wisata kita semaksimal mungkin. Berpikir bagaimana bisa ke tempat A dengan biaya yang kecil atau kalau bisa gratis. Survive!

    A la backpacker, begitu orang-orang menyebut jalan-jalan dengan budget minim. Ada asiknya dan gak asiknya. Asiknya, akan ada rasa kepuasan tersendiri kalau bisa berwisata ke suatu tempat dengan harga yang sangat miring tapi dengan fasilitas yang sama dengan kalau kita merogoh kocek lebih. Komunikasi, itu kuncinya. Jangan ragu untuk berkomunikasi. Dari komunikasi itu bisa menjalin relasi, kalau relasi sudah terjalin, mau kemana-mana bisa dikatakan aman.

    Gak asiknya, kalau gak punya relasi itu agak kurang menyenangkan. Karena dengan budget yang minim itu ya harus puas dengan apa yang di dapat. Seperti, sewa homestay murah yang terkadang suasananya horor atau jorok. Kalau memang tidak ada budget untuk sewa homestay, terpaksa tidur di pom bensin. Maka itu, sleeping bag penting dan wajib masuk ke dalam tas cariel kalau ingin jalan-jalan a la backpacker.

    Tapi, hal-hal yang menurut sebagian orang gak asik banget tidur di pom bensin, atau mandi di toilet umum pom bensin, naik kereta ekonomi, jalan kaki, justru itulah asiknya jalan-jalan a la backpacker, justru disitulah seni jalan-jalan a la backpacker.

    Kalo menurutku, jalan-jalan itu gak mesti punya banyak uang. Dengan banyak relasi saja, bisa menjadi modal untuk kita bisa jalan-jalan. Selain itu, jalan-jalan a la backpacker juga lebih hemat. Misal, dengan harga 1 juta, bisa ke yogya naik pesawat, tinggal di hotel berbintang, ya hanya Yogya. Tapi, dengan a la backpacker, dengan budget 1 juta, bisa dimanfaatkan untuk keliling Yogya hingga ke Bali.

    Backpacking itu sebuah seni, seni memanfaatkan kemampuan komunikasi dan seni mengalokasikan dana. Coba deh!

    Indah LestariJurnalistik 2010, Mapala UMN

    Seni Perjalanan

    Para Backpacker

    0607 LIBURAN SERU MMXIII

    Ilust

    rasi:

    Alb

    ert D

    inat

    a

  • COVER STORY

    Libur telah tiba, Libur telah tiba,hore, hore hore,

    HORE!

    B erlibur identik dengan berwisata, meskipun kita tak bisa menutup mata, beberapa orang memilih mengisi waktu luangnya dengan aktifitas baru yang menambah pengalaman. Adapun itu antara lain kerja libur, mencoba membuka bisnis musiman, dan lain sebagainya.Bahwasanya, berbagai organisasi internasional antara lain PBB, Bank Dunia dan World Tourism

    Organization (WTO), mengakui bahwa pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Lantas, sejauh mana kita mengetahui tentang kondisi pariwisata di negeri kita sendiri?

    Pariwisata Indonesia Yang Harusnya

    Tersentuh Saat Liburan

    Keti