u j *j j u j-fll:, $i**,lr,*i* - official site of wahyu supriyatin - ayu_ws.staff. · pdf...

Click here to load reader

Post on 20-May-2019

258 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

rrrr If $fJ* f {\ $ ti[uultuliurutlurrU L-l J *J J U J-flL:, $i**,lr,*i*stGNrFrKANSt MEDIABARUDAT-nrr ]

MENINGKATKAN INTENSITASKOMUNII(A.SI INTERPERSONAL

TERHADAP SOLIDARITAS SOSIALDI KAMPUNC CYBER YOCYAXARTA

\uriy-nli Srmrlrnl.co Sufanto

APLIKASI PENGADUANMASYARAKAT UNTUK INTERNAL

PEGAWAI PUSAT PELAPORAN DANANAIISIS TRANSAKSI KEUANGAN

(PPATK) BERBASIS WEB

Ahclus 51:rkurAzrlia Sarah 'iirsulir

APLIKASI PENINGKATAN KUALITASCITRA GREYSCALE DALAM

BENTUK PERLTBAHAN KECERAHAN

j

n

Wahyu Supriv:rlin

PERANAN TEKNOLOGI ':CLOUD COMPUTING

DALAM STRATEGI BISN]S IJKM

Inrarnl Pur\vrnto

PROFILKONTESTANPILI'{DA DKI 2012

,\ry Nltalinnl)hrrrnur Tiniri li.!1 indr \\'idvr .\.

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI APARATDESA DALAM MEWUJUDI'A.N

PEMBANGLTNANDI DESACI}LA.RETBOGOR

linrilianshlh BlnorvoDani Chandra [.llarna

:

HEGEMONI PATRIARKI \DI MEDIAMASSA

\uke Farida

PENGGUNAAN BUDAYALOKAL,}SEBAGAI STLATEGI UNTUK

MENINGKATKAN JUMLAHKONSUMEN HOTEL

LORIN BUSINESSRESORT & SPA SOLO

lldr Prihantoro

,/a.,,\

-rma.ae-id

APLIKASI PENINGKATAI\ KUALITAS CITRA GREYSCALEDALAM BENTUK PERUBAHAN KECERAHAN

Wahyu Supriyatin

ay u _w s @s t aff, . gun a d a r m a. a c. i d

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra, khususnya dari segi perubahankecerahan. Objek citra yang digunakan adalah citra greyscale. Peningkatan kualitas citradilakukan untuk memperbaiki kualitas citra karena mengalami penurunan mutu ataudegradasi saat akan digunakan. Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan inputcitra awal dan menampilkan matrilcs serta histogram dari citra awal, selanjutnyapenginputan nilai kecerahan yang diinginkan dan akan didapat citra, matrilcs sertahistogram hasil perubahan kecerahan. Citra greyscale yang digunakan sebagai objekpenelitian sebanyak empat buah. Hasil pengujian menunjukkan kecerahan citra grayscaleberhasil dirubah dengan menjadi lebih terang ataupun lebih gelap. Nilai parameter yangdigunakan pada masing-masing citra tidak sama, tergantung nilai intensitas kecerahanyang diperluknn.

Kata Kunci: Citra, Peningkatan Kualitas Citra, Perubahan Kecerahan

PENDAIIULUAN

Citra adalah suatu fungsi intensitasdalam bidang dua dimensi. Ada dua jeniscitra yaitu citra kontinu dan citra dislcrit(citra digital). Citra digital adalah citrayang dapat diolah dengan komputer.Dengan adanya citra, suatu informasidapat direpresentasikan dengan lebihjelas, karena terdapat bentuk visualisasiyang lebih mudah dimengerti. Walaudemikian, seringkali citra mengalamipenunrnan mufu atau degradasi. Agarcitra yang mengalami gangguan mudahdiinterpretasikan maka dilakukan prosespengolahan citra.

Pengolahan citra merupakan salahsatu bidang dari tiga bidang studikomputer yang berkaitan dengan datacitra. Pengolahan ciha adalah pemrosesancitra untuk memperoleh citra yang lebihbaik, sehingga mudah direpresentasikanoleh manusia dan mesin. Proses citratersebut khususnya dilakukan denganmenggunakan komputer. Masukan dalamproses pengolahan crtra adalah citra, dan

20

keluarannya juga citra, namun kualitascitra keluaran lebih baik dibanding citramasukan.

Penelitian ini bertujuan untukmelakukan peningkatan kualitas citragreyscale sehingga diperoleh citra yanglebih terang atau lebih gelap dari citraaslinya. Penelitian ini dibatasi padaproses perubahan kecerahan citra sajasehingga citra hasil perubahan dapatdigunakan untuk proses pengolahan citraselanjutnya. Citra greyscale yang diper-oleh terkadang mengalami penurunankualitas (degradasi), berupa rentangkontras, distorsic geometric, kekaburanatau noise. Citra greysacle yang kabur inidapat berpengaruh dalam prosespengolahan citra pada tahap selanjutnya.

Pengolahan CitraCitra yang diperoleh melalui scqn-

ning (pemindaian) ke dalam kompu-terisasi terkadang mengalami penurunankualitas yang berupa perubahan kece-rahan, peregangan kontras dan kekaburan.Karena beberapa degradasi tersebut tidak

UG Jurnal Vol. 7 No. I 2013

didapatkan informasi yang dibutuhkandari citra. Agar citra VuS -"rg;a*igangguan mudah diinterpretasi bait olehlanus.ia maupun mesin, maka perludimanipulasi meryadi citra lain ,urfkualitasnya lebih baik. proses i"rr"Uutdinamakan image proces s ing (pengolahancitra) (Munir,2004). Q---

Pengolahan citra merupakan prosespengolahan dan analisis citra yang ba_nyak melibatkan persepsi visuai. p"rosesini mempunyai ciri Outu rnurut;^;*informasi keluaran yang berbenfuk citra.Namun.cika yang dihasilkan dari p-r.,pengolahan cika memiliki kualita, y*glebih baik dibandingkan A.ng* '"it uaslinya. Istilah p"ngolaha,

"i#u Aisitutsecara umum didefinisikan sebigaipemrosesan citra dua dimensi dengankomputer (Munia 2004). Dalam J"-niriyang lebih luas, pengolahan citra digitalJuga mexcakup semua data dua dimJnsi.Citra digital adalah barisan bilangannyala maupun kompleks yang diwafilioleh bit-bit tertentu.

Citra Greyscale

tmage compression (pemempatan citra),image segmentation (segmentasi citra),image analysis (pengorakan citra) dantmage reconstruction (rekonstruksi citra)(Munir, 2004).

Citra grayscalesatu kanal karenaditentukan oleh satuCitra ini mempunyaisampai 255. Nilaimenyatakan hitam danputih (Munir,2004).

. Operasi pengolahan citra ini ber-tujuan untuk memperbaiki kualitas citradengan cara memanipulasi p*u*"t",.c1tr.1.

DenSan operasi ini ciri khrrus "itrulebih._ ditonjolkan. Contoh operasi

perbaikan kualiats citra adalah pe.b'aikankonkas gelap

_ dan t"runf,--1ag"

enhancemenr (perbaikan tepi# obj"D,)!1:l: ",f r (penaj am an 1, p ; u i o " o ii, i n gU)emDenan warna semu) dan noisefiltering (penapisan derau) (rr"* zio+y.- _ Image enhancement (perbaikankualitas citra) adalah salah saii-p.o.",ilit dafam iryry processing (pengo_,.11* crtra). perbaikan kualital citradilakukan karena citra yang uAu ,n*_pynyai kualitas yang buruk, misalnyacitr-a_ mengalami noise 1a"iau;,

"it a

Tlld: Hllup.ft:r* g, citra r**e'tE;,crtra terlihat kabur dan masih banyat iagi.Perbaikan kualitas cirra adalah ;;;..mendapatkan citra yang lebih mudahuntuk diinterprestasikan oleh *uru.Secara_ matematis, image enhancementdapat diartikan sebagai f.or", ,""ngot'uf,citra (x,y) menjadi ft*,yl ,"fri"gg-u

"iriI::s dilihat pada f(x,y) lebih ditoijokan(Munir, 2004).

fmage EnhancementKualitas Citra)

(Perbaikan

(Perubahan

Operasi pengolahan Citra. Operasi-operasi pengolahan dilaku_ka1 untuf meningkatkan t Ait", p"L_pakan citra atau untuk -"roiiotk*beberapa aspek informasi y*g ilrtt_dung di dalam cih4 untuk mlngelom-pokkan, mencocokkan atau *"igr[u,elemen-elemen di dalam ci*a, atiiil;menggabungkan suatu citra dengan citrayang lain.

Ada banyak ragam operasipengolahan citra, antara lainenhancement ffterbaikan kualitasimage restoration (pemugaran

Supriyatin, Aplikasi peningkatan ...

Kecerahanlkecemerl4ngan gambarlapat diperbaiki dengan -""n*Eufrt*(atau- mengurangkan) sebuah t""rirr,,K.epada_(atau dari) setiap piksel di dalamcltra. Operasi ini dapat menyebabkarlbergesemya histogram citraer. Secaramatematis operasi ini ditulis:

"f(x,y)':f(x,y) + bJika. b bernilai positii *utu kecerahangambar akan bertambah, dan jik; b

disebut juga citrawamanya hanyafungsi intensitas.skala abu dari 0

intensitas 0255 menyatakan

dalamimagecitra),citra),

fmage BrightnessKecerahan)

2I

bemilai negatif maka kecerahan gambarberkurang.

Nilai piksel hasil perubahanmungkin lebih kecil atau sama denganderajat keabuan minimum (0) atau lebihbesar sama dengan derajat keabuanmaksimum. Karena itu piksel tersebutperlu dilakukan.clipping ke nilai keabuanminimum atau ke nilai keabuanmaksimum (Munir, 2004).

METODE PENELITIAN

Citra greyscale yarr1 digunakanadalah citra USG janin dan citra rontgenx-ray yang akan digunakan untuk tahapanproses pengolahan citra. Citra greyscaleyang ada mengalami penurunan mutuatav degradasi karena proses scanning(pemindaian) sehingga perlu dilakukanperbaikan kualitas terlebih dahulusebelum digunakan.

Tahapan peningkatan kualitas citraberupa image brightness (perubahankecerahan) dapat dilihat pada flowchartGambar 1.

Flowchart Gambar I merupakantahapan peningkatan kualitas citra berupaperubahan kecerahan citra. Citra hasilperubahan kecerahan akan menjadi lebihterang atau lebih gelap dari citra aslinyatergantung dari nilai parameter kecerahanyang dibutuhkan.

Mula-mula dilakukan prosespenginputan citra yang ingin dirubahkeceralrannya berupa citra greyscale.Perintah yang digunakan untukmenampilkan citra asli ke dalam Gambar2 menggunakan perintah uigetfile(Sugiharto, 2006), dengan [nama_fiIe,namajath]:uigetfile(. . . ). Citra greys caleyang ditampilkan dapat dalam berbagaiformat seperti jpeg, bmp atau format yanglainnya.

Citra asli sebelum perubahan kece-rahan akan tampil lengkap denganmatriks citra dan histogram citra aslinya.Perintah yang digunakan untuk menam-pilkan matriks adalah imshow denganmenggunakan uintS untuk dirubah kedalam digit 8, sedangkan untuk menam-pilkan histogram citra digunakan perintahplot, bar, imhist atau strem (Sugiharto,2006).

))

Gambar l. T ahapan Image Brightnes s

UG Jurnal Vol. 7 No. I 2013

Untuk melakukan perubahankecerahan terhadap citra grayscaledilakukan inputan nilai kecerahan yangdiinginkan. Nilai yang diinputkan dapatbemilai positif ataupun negatif mulai dari0 sampai 255 dan 0 sampai -255tergantung tingkat kecerahan yangdinginkan.

Citra hasil perubahan kecerahanakan ditampilkan dengan matriks danhistogram hasil perubahan denganmenggunakan perintah yang sama. Citrahasil perubahan kecerahan dapatdisimpa