tutorial rak buku

Download Tutorial Rak Buku

Post on 09-Oct-2015

80 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Iseng buat Tutorial 3dmax

TRANSCRIPT

  • Di dalam tutorial ini saya memakai 3ds max 8, bagi yang memakai software 3ds max versi lain nggak

    ada masalah. kalian masih bisa mengikuti tutorial ini. Paling cuma tata letak fiturnya yang sedikit

    berbeda. Perlu dicatat kalau inti tutorial ini bukan terletak di rak bukunya tapi lebih ke fungsi dasar

    software 3ds max. jadi harap maklum kalau rak bukunya terlihat sangat sederhana atau bahkan

    nggak mirip rak buku sama sekali ^.^

    Rak buku yang ingin dibuat adalah rak buku yang sekaligus bisa berfungsi sebagai meja belajar. Ukuran rak buku: Tinggi: 1.5m/150cm Lebar: 1m/100cm Tebal rak bagian atas: 0.4m/40cm Tebal meja belajar: 0.7m/70cm. Ketebalan papan: 0.015m/1.5cm Untuk lebih jelasnya lihat gambar 001.

    Gambar 001.

    Sebelum kita membuat rak buku, kita setting dulu unit setupnya, caranya klik Customize unit setup. Lalu centang Metric lalu pilih Meters di list nya dan yang terakhir klik OK. Lihat gambar 002. Alasan kenapa saya memakai ukuran meters bukan centimeters, lebih karena soal kebiasaan saja. jadi jika kalian lebih suka memakai ukuran centimeters silahkan saja ^.^

    100 cm 40cm

    35cm

    40cm

    75cm

    70cm

  • Gambar 002

    Pertama kita akan membuat dinding samping rak buku. caranya klik Box di sidebar kanan seperti terlihat di gambar 003.

    Gambar 003.

  • Lalu di Parameters isikan: Length: 0.7m Width: 0.015m Height: 1.5m Length Segs: 2 Width Segs: 1 Height Segs: 2 Seperti terlihat di gambar 004.

    Gambar 004.

  • Klik Modify klik kanan box01 yang tadi kita buat lalu pilih Convert to: Editable Poly. Seperti terlihat di gambar 005.

    Gambar 005.

    Di Editable Poly pilih Edge lalu di left view, blok garis atas box01 yang tadi kita buat hingga warnanya

    berubah menjadi merah. Lihat gambar 006.

    Gambar 006.

  • Lalu tekan tombol Delete di keyboard sehingga box01 yang kita buat terlihat sepeti gambar 007.

    Gambar 007.

    Nah sekarang kita telah selesai membuat dinding samping rak buku. Sekarang kita akan mencopy dinding samping rak buku tadi menjadi dua bagian yang sama persis. Caranya klik tombol Mirror seperti yang terlihat di gambar 06. Lalu di tab Mirror Coordinates: centang X di Mirror Axis. Di Offset isikan 1m, karena kita ingin copyan yang kita copy berjarak satu meter, satu dengan lainnya. Di Clone selection pilih Copy, lalu klik tombol OK. Seperti terlihat gambar 008.

    Gambar 008 Sekarang kita buat rak bagian dasar. caranya masih sama seperti kita membuat dinding rak samping. Isi tab Parameter dengan:

  • Length: 0.7m Width: 1.0m Height: 0.015m Lihat gambar 009.

    Gambar 009.

    Klik tombol Select and Move yang ada di taskbar lihat gambar 009. lalu geserkan box03 yang kita buat ke bawah rak dinding samping yang kita buat tadi. Untuk membantu supaya posisi tepat, kita bisa melihat dari Top view. Setelah membuat alas rak dasar. sekarang kita buat rak bagian atas yang berfungsi sebagai meja belajar. Caranya kita copy Box03, lalu di Mirror Axis, centang Z lalu isikan 0.75m di Offset. Bagian selanjutnya kita akan membuat rak yang paling atas yang berfungsi sebagai tempat taruh buku. Buat box lalu di tab Parameter isikan: Length: 0.35m Width: 1m Height: 0.015m Letakan di bawah rak yang tadi kita buat seperti yang terlihat di gambar 010.

  • Gambar 010.

    Lihat lewat Left view, lalu di text box Z isikan 1.15m. lihat gambar 011.

    Gambar 011

    klik perspective view lalu tekan F10 untuk merender rak buku yang baru kita buat, lihat gambar 012. Jika letaknya semua sudah sesuai. Sekarang kita menggabungkan semua menjadi satu. Caranya klik salah satu object rak buku, lalu klik Modify Edit Geometry, klik Attach lalu klik semua object yang

    kita buat tadi. Lalu ganti namanya jadi Rak Buku.

  • Gambar012.

    Nah pelajaran dasar mengunakan fitur box telah selesai, sekarang kita akan memperlajari mengunakan fungsi Booelan. Sebelum mempelajari fungsi booelan, kita letakkan dulu dua buah lampu sebagai penerangan. Caranya klik tomblol Lights yand ada di sidebar seperti terlihat di gambar 013. Lalu di Object Type pilih jenis lampu Omni. Di top view letakan lampunya di samping kiri dan kanan rak buku yang telah kita buat tadi. Jarak sekitar 0.5 meter dari rak buku. Setelah itu lewat left view angkat ke dua lampu omni ke atas sekitar 2m. klik fungsi Modify, lalu di multiplier isikan 0.8. biar cahaya lampu yang kita buat nggak terlalu silau sehingga menganggu hasil render nantinya. Tekan F10 atau klik Rendering Render. Untuk merender hasil yang telah kita buat. Lihat apa sudah pas cahaya yang kita buat, jika dirasa terlalu terang atau gelap. Tinggal di tambah atau di kurangi aja nilai di multiplier. Di Left view Buat satu Cylinder di tab Parameter isikan: Radius: 0.3m Height: 1.2m Height segment: 5 Cap Segment: 1 Dan di sides kita isikan nilai 50 biar lebih smooth bentuk cylindernya. Pindahkan cylinder yang telah kita buat ke samping rak buku, seperti terlihat di gambar 013.

  • Gambar 013.

    Nah sekarang kita akan mempelajari fungsi booelan. Klik Geometry atau ikon yang bergambar bola. Di list box pilih Compound Objects. Klik rak buku, lalu klik tombol Booelan lalu klik cylinder. Hasinya akan seperti terlihat seperti di gambar 014. Trus tekan F10 untuk merender nya. Nah kalo semua sudah sesuai, kini kita tambahkan sebuah papan di meja belajarnya. Fungsinya sebagai penutup sudut meja belajarnya. Di Front view buat sebua box di dekat alas meja belajar. Lihat gambar 014. Di Parameters isikan: Length: 0.137 Width: 1m Height: 0.015m Length Segs: 1 Width Segs: 1 Height Segs: 1 Kalau sudah selesai pindahkan papan yang baru kita buat ke ke sudut meja belajar. Lihat gambar 014 (tanda panah merah). Sekarang render sekali lagi untuk melihat hasilnya. Jika semua sesuai maka gambarnya akan sama dengan gambar 015. Nah selesai sudah tutorial 3ds Max untuk newbie ini.

  • Gambar 014.

    Gambar 015.

View more >