tutorial geostudio 2007

Upload: alam-budiman-thamsi

Post on 13-Oct-2015

103 views

Category:

Documents


14 download

TRANSCRIPT

LAMPIRANTUTORIAL GEOSTUDIO 2007 (CTRAN/W)1. Buka program Geotrudio 2007 pada monitor

Klik GeoStudio 2007

2. Klik new dan pilih SEEP/W

Klik SEEP/W

3. Akan muncul menu berikut. Pilih Analysis Type yaitu Steady-State kemudian klik close.

4. Untuk ukuran kertas yang diinginkan klik Set, kemudian pilih set page maka akan muncul perintah untuk pilihan kertas sesuai yang diinginkan.

5. Untuk merubah unit klik Set kemudian Unit atur scale, time, force, problem extens dan massa seperti gambar di bawah.

6. Memunculkan ukuran ketinggian dan arak klik sketch kemudian klik axes. Kemudian klik ok.

Klik Sketch kemudian klik axes dan ok7. Klik pada bidang project tarik sesuai yang diinginkan. Misalnya elevasi 12 m dan jarak 50 m. Maka akan muncul hasil seperti berikut. Tarik sesuai

8. Gambarkan pemodelan pertaman dengan sketch agar tidak terjadi kesalahan. Klik sketch kemudian klik polylines. Gambar sesuai yang diinginkan.

9. Kemudian gambar regions sesuai hasil scetch tadi dengan memilih draw kemudian pilih regions.

1.Klik Draw 2. klik Regions 3. Gambar Regions

10. Membuat material pada regions dengan memilih draw kemudian pilih material. Klik keyin pada draw metarial.

11. Klik add dan pilih new. Kemudian ganti nama dgn silt.

12. Memasukan nilai Water content pilih water content kemudian klik add. Ganti nama dengan Silt WC, klik estimate kemudian masukan nilai Water Content 0.35 m/m, kemudian klik ok.

13. Memasukan nilai Hydrolic pada material dengan klik Hyd.Conductivity kemudian klik add dan ganti nama dengan silt HC. Kemudian klik Estimate dan pilih vol water content dengan silt WC tadi. Kemudian masukan nilai K (at saturation) 0.01 m/days kemudian klik ok.

14. Setelah dimasukan nilai-nilai pada material. Klik pada regions untuk memasukan material pada regions.

15. Kemudian membuat draw boundary conditions untuk membuat status pada bidang material dan regions. Klik draw kemudian klik boundary conditions klik keyin, klik add, klik new. Ganti nama pada dengan drainage, pilih type dengan total plux (Q).

16. Kemudian klik pada bagian regiaon sesuai dengan kondisinya.

Zero pressureDrainageKlik untuk memilih kondisi regionPund head 10 m17. Untuk mendapatkan hasil klik solve analyses kemudian klik star. Untuk SEEP/W telah selesai dan selanjutnya dilakukan pembuatan CTRAN/W.

1.klik solve analyses2.klik star

18. Memulai CTRAN/W dengan memilih Keyin kemudian klik analyses. Pilih parent dengan SEEP/W analysis. Pilih analyses type dengan Particle tracking forward umtuk melihat laju arah partikelnya. Kemudian time dangan sesuai yang diinginkan.

19. Masukan kembali material dengan memilih Draw material dan langsung diklik pada regions. Kemudian membuat partikel dengan memilih draw dan klik particles. Klik pada bagian yang terkena kontaminasi.

Klik draw pilih particles dan klik pada regions20. Menganalisis hasil laju partikel dengan klik draw analysis dan star.

1.klik solve analyses2.klik start

21. Berikut meruapakan laju partikel pada kondisi material silt.

22. Setelah dilakukan analisis laju partikel maka akan dilakukan laju kontaminasi pada materian dengan meilih keyin pilih add dan klik CTRAN/W Advection dispersion. Klik time sesuai yang diinginkan.

23. Masukan metrial pada regions dengan mengklik draw kemudian klik marerials dan klik keyin. Masukan nilai longitudinal dispersity dengan nilai 3.9 m dan nilai transverse dispersity dengan nilai 0.5 m. Kemudian klik pada regions.

24. Masukan kondisi pada regions atau materal. Dengan memilih Dwan kemudian klik dawn boundary conditions. Klik keyin, klik add, klik new dan ganti nama dengan Pit Concentrations dengan type C dan Action 10 kg/m.

25. Masukan kondisi pada regions atau materal. Dengan memilih Dwan kemudian klik dawn boundary conditions. Klik keyin, klik add, klik new dan ganti nama dengan Free Exit Boudary dengan type Qm dan Exit review Qd>0.

26. Menganalisis hasil laju kontaminasi dengan memilih solve analyses kemudian klik start. Untuk melihat laju dari kontaminasi dengan klik switches to contour.

Klik solve analyses dan startKlik switches to contour.27. Untuk melihat berapa lama laju kontaminasi denagn memilih draw kemudian klik isoline, pilih category concentration dan pilih display isoline dengan specific time steeps dengan all kemudian ok. Maka akan muncul berapa lama laju kontaminasi terhadapat material silt.

Lampiran | 3