turbo pascal jason xi ipa

Download Turbo Pascal Jason XI IPA

Post on 31-Jul-2015

16 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

About Turbo Pascal

TRANSCRIPT

Turbo PascalBy : Tan Jason / XI IPA / 3

Layar pembuka Turbo Pascal 4.0 (1987).

PengertianBahasa Pemograman Tingkat Tinggi (High Level Language) yang terkenal dengan pemograman terstruktur dan bernaung di bawah sistem operasi MS-DOS. Adapun Aplikasi Turbo Pascal adalah untuk penanganan Matematika, Database, Game, Bisnis, Teknik dan Lain lain.

SejarahPascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

SejarahAwalnya adalah kompiler Blue Label Pascal yang dibuat untuk sistem operasi komputer mikro berbasis kaset, NasSys, milik Nascom tahun 1981 oleh Anders Hejlsberg. Lalu ditulis ulang untuk CP/M dan dinamai Compas Pascal. Kemudian dinamai Turbo Pascal untuk sistem operasi MS-DOS dan CP/M.

Contoh Kode

Tipe Data dalam Turbo Pascal1. Tipe Simple: Tipe Ordinal Tipe Integar Tipe Real Tipe Char Tipe Boolean Tipe Enumerated Tipe Subrange 2. Tipe String 3. Tipe Structure Tipe array Tipe record Tipe Object Tipe Set Tipe File 4.Tipe pointer 5.Tipe Procedural 6. Tipe Object

Penjelasan

Tipe Data Deskripsi ( Range Variabel )

Kelebihan

Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string, User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan. Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang. Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Kelemahan

Pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan untuk pertama kalinya. Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code. Sehingga apabila terjadi perubahan komponen, penamaan maupun kesalahan penulisan kode, program tidak mau membetulkan otomatis. Apabila terdapat form/list code lain yang diinclude-kan, harus dituliskan code/nama dari form/lost code di bagian uses dan juga inisialisasi variablenya..

Terima kasihBy : Tan Jason / XI IPA / 3