tugas praktek public speaking pr lp3i bandung yulia melisa 201304033

23
Yuk kita wisata ke PALEMBANG

Upload: yuliamelisa

Post on 28-Dec-2015

22 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Tentang Wisata Palembang.

TRANSCRIPT

Page 1: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Yuk kita wisata ke PALEMBANG

Page 2: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Sejarah Kota PalembangSejarah kota palembang pernah menjadi ibu kota kerajaan

bahari budha terbesar di asia tenggara pada saat itu, kerajaan Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malayu padaabad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”. Kota Palembang secara geografis terletak pada 2°59 27.99″LS 104°45 24.24″BT.24.24″BT Luas wilayah Kota Palembang ′ ′adalah 102,47 Km² dengan ketinggian rata-rata 8 meter dari permukaan laut. Letak Palembang cukup strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. Selain itu di Palembang juga terdapat Sungai Musi yang dilintasi Jembatan Ampera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah. penduduk Palembang biasanya ber etnis melayu dan menggunakan bahasa melayu yg telah disesuaikan dengan daerah setempat dan yang sekarang di kenal dengan bahasa Palembang.

Page 3: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Kenapa Harus Memilih Palembang?

Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Dan juga merupakan

kota yang memiliki beberapa daya tarik para wisata,makanan khas yang unik ,Kerajinan,

Seni, Rumah Adat , bahasa melayu,dan tempat wisata yang memanjakan mata adalah alasan

mengapa harus berlibur ke Palembang ..

Page 4: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Ada apa aja sih di palembang?Makanan Khas Palembang

•Pempek•Tekwan•Celimpungan•Mie Celor•Martabak HAR•Pindang Patin •Malbi•Pindang Tulang

•Kue Maksubah•Kue 8 Jam •Tempoyak •Model

Page 5: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Pempek

Example picture

Tekwan

Page 6: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Martabak HAR Malebi

Mie Celor Celimpungan

Page 7: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Tempoyak Kue Delapan Jam

Pindang Tulang Pindang Patin

Kue Masubah

Model

Page 9: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Kesenian dari Palembang…Tari Gending Sriwijaya

Untuk menyambut para tamu agung itu digelar suatu tarian tradisional yang salah satunya adalah Gending Sriwijaya, tarian ini berasal dari masa kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di Kota Palembang yang mencerminkan sikap tuan rumah yang ramah, gembira dan bahagia, tulus dan terbuka terhadap tamu yang istimewa itu.

Page 10: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Tari tanggai dibawakan pada saat menyambut tamu-tamu resmi atau dalam acara pernikahan. Umumnya tari ini dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah seperti kaian songket, dodot, pending, kalung, sanggul malang, kembang urat atau rampai, tajuk cempako, kembang goyang dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai busana khas daerah para penari kelihatan anggun dengan busana khas daerah. Tarian menggambarkan masyarakat palembang yang ramah dan menghormati, menghargai serta menyayangi tamau yang berkunjung ke daerahnya

Tari tanggai

Page 11: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Kerajinan Khas PalembangKain songket

Selain itu Kota Palembang menyimpan salah satu jenis tekstil terbaik di dunia yaitu kain songket. Kain songket Palembang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan di antara keluarga kain tenun tangan kain ini sering disebut sebagai Ratunya Kain. Hingga saat ini kain songket masih dibuat dengan cara ditenun secara manual dan menggunakan alat tenun tradisional. Sejak zaman dahulu kain songket telah digunakan sebagai pakaian adat kerajaan. Warna yang lazim digunakan kain songket adalah warna emas dan merah. Kedua warna ini melambangkan zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya dan pengaruh China pada masa lampau. Material yang dipakai untuk menghasilkan warna emas ini adalah benang emas yang didatangkan langsung dari China, Jepang dan Thailand. Benang emas inilah yang membuat harga kain songket melambung tinggi dan menjadikannya sebagai salah satu tekstil terbaik di dunia.

Page 12: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Seni Ukir Khas Palembang

Seni ukir Palembang memiliki motif khusus yang berbeda dengan daerah lain. Pengaruh Cina atau Budha Pada Zaman Kerajaan Sriwijaya masih tetap melekat, dengan guratannya lebih didominasi tumbuhan bunga melati dan teratai serta tak ada gambaran tentang manusia atau hewan.Ciri ukiran Palembang sangat khas, perwarnaannya pun di dominasi warna kuning keemasan, warna dominan dalam ukiran Palembang. Kemilau warna yang dihasilkan dari cat warna emas inilah yang membedakannya dengan ukiran daerah lain. Badan lemari, daun pintu, tutup aquarium atau bingkai cermin dan foto misalnya selalu disaput cat warna emas. Sementara bagian lainnya dilapisi warna merah tua dan hitam. Ukiran kayu palembang biasanya menggunakan jenis kayu kayu tembesu yang keras dan kuat.

Page 13: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Objek Wisata Kota PalembangSungai Musi

Sungai sepanjang sekitar 750km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Di sepanjang tepian sungai ini banyak terdapat objek wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pantai Bagus Kuning, dsb.

Page 14: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Jembatan AmperaAmpera adalah sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan menggunakan harta rampasan Jepang serta tenaga ahli dari Jepang.

Page 15: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Masjid Agung Sultan Mahmud badaruddin I

Masjid yang merupakan masjid terbesar dan megah yang ada di sumatera selatan dengan kapasitas 15.000.

Page 16: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan sisa benteng Kerajaan Palembang Darussalam waktu zaman Belanda. Benteng yang dibangun untuk pertahanan menangkal serangan Belanda dan sekaligus rumah tempat tinggal Kerajaan Palembang. Benteng Kuto Besak merupakan tempat menarik karena benteng yang memiliki nilai sejarah dan bukti bisu perjuangan Bangsa melawan penjajah masih kokoh dan tidak jauh dari Sungai Musi Palembang.

Page 17: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Hoo Palembang. Sebuah Masjid bergaya nuansa ornamen Tionghoa. Lokasi Masjid Cheng Ho Palembang di Jakabaring Palembang Sumatera Selatan. Merupakan tempat beribadah dan tidak dipungut biaya namun harus tetap menjaga ketenangan umat islam yang beribadah. Masjid Cheng Hoo Palembang bisa menjadi wisata pilihan yang murah meriah di Palembang.

Page 18: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Pulau KemaroPulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro begitu banyak dikunjungi karena terdapat kisah romantis di Pulau Kemarau. Versi kisah cinta Romeo Juliet Indonesia, terdapat kisah cinta Tan Bu Ann (Keturunan Tionghoa) yang jatuh cinta kepada Putri Raja Siti Fatimah. Artis Indonesia sering juga ke Pulau Kemarau untuk melihat pohon cinta yang berada di samping Klenteng Kuan Im.Pulau kemarau kental dengan ornamen Tionghoa serta pagoda yang indah dengan jumlah 9 lantai. Hari libur paling banyak dikunjungi. Memasuki Pulau Kemaro, wisatawan tidak perlu bayar hanya perlu membayar biaya transportasi yang berupa perahu kecil. Perahu kecil untuk menuju Pulau Kemaro dapat ditemukan di sekitar jembatan Ampera.

Page 19: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Taman Kambang Iwak

Kambang Iwak berupa Taman yang berada di tengah Kota Palembang. Lokasi Taman Kambang Iwak di Jl. Tasik Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.Untuk masuk ke Taman Kambang Iwak tidak dipungut biaya. Hal menarik di Kambang Iwak berupa bambuuntuk berteduh, air mancur dan jembatan merah yang berada di tengah Kolam di Taman Kambang Iwak. Masyarakat paling suka jogging di sore hari di Kambang Iwak dan tempat favorit untuk menikmati sore hari.

Page 20: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Monumen Perjuangan Rakyat (MOPERA)Monpera yang merupakan monumen yang di dalamnya terdapat Museum tentang seluk beluk Palembang juga menarik untuk dikunjungi. Selain murah, objek wisata Monpera juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.Monpera berlokias di Jl, Merdeka Palembang, dekat dengan Masjid Agung Palembang. Biaya masuk ke Monpera sebesar Rp1000 dan biaya masuk ke Museum Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat) Palembang sebesar Rp5000. Hal yang bisa dilihat di Museum Monpera seperti koleksi mata uang Indonesia (Rupiah) dari zaman Soekarno hingga sekarang, photo pahlawan Palembang, senjata, baju dan peninggalan lain yang berhubungan dengan sejarah Palembang.

Page 21: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Gelora Sriwijaya/ Stadion Jakabaring

Stadion Gelora Sriwijaya atau sering disebut dengan Jakabaring Sport Center Palembang merupakan tempat olahraga yang lengkap karena Stadion Sriwijaya dibuat untuk even Internasional khususnya perlombaan olahraga.

Pengunjung cukup membayar Rp2000 untuk tiket masuk yang seklaigus biaya perawatan gedung. Di depan stadion Palembang terdapat Tugu Jakabaring dengan air mancur unik. Jakabaring sport center cocok untuk menikmati sore hari dan Danau buatan saat sunset menjadi momen yang diburu para photographer maupun pengunjung biasa.

Page 22: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Makanan khas , produk khas , sampai tempat wisata yang indah nan eksotik bisa kalian dapat di

Palembang…. kota yang di juluki sebagai Bumi Sriwijaya ini

menawarkan panorama alam yang membuat mata takjub dengan sejuta kekayaan alam yang begitu melimpah seperti kerajinan, makanan, tempat

wisata yang beragam ,adalah jaminan mengapa anda harus datang ke Palembang ..

Penasaran dengan Kota Palembang?Soo .. Yuk Jelajah Palembang .. Come on ..

Page 23: Tugas Praktek Public Speaking PR Lp3i Bandung Yulia Melisa 201304033

Sekilas Tentang Penulis

• Nama : Yulia Melisa• TLL : Bandung 29 July

1995• PT : Politeknik LP3I

Bandung• Prodi : Public Relations