tugas mandiri

Download TUGAS MANDIRI

Post on 22-Jan-2016

72 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

TUGAS MANDIRIMESIN DAN PERALATAN

SETTLING DAN CENTRIFUGE

Oleh:

Abd. Wahed

1033010025

PROGDI TEKNOLOGI PANGAN

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UPN VETERAN JAWATIMUR2011

Settling (Pengendapan)

Pengendapan adalah proses dimana partikel mengendap pada dasar cairan dan membentuk sedimen . Partikel yang mengalami gaya, baik karena gravitasi atau karena gerak sentrifugal akan cenderung bergerak secara seragam dalam arah gaya yang diberikan oleh. Untuk menyelesaikan gravitasi, ini berarti bahwa partikel akan cenderung jatuh ke bagian bawah kapal, membentuk bubur di dasar kapal.

Pengendapan adalah operasi penting dalam banyak aplikasi, seperti pertambangan , pengolahan air limbah , ilmu biologi, ruang propelan menyala kembali, dan mekanik partikel

Untuk menyelesaikan partikel yang dianggap individual, yaitu larutan encer partikel, ada dua kekuatan utama memberlakukan pada partikel apapun. Kekuatan utama adalah gaya yang diterapkan, seperti gravitasi, dan tarik kekuatan yang disebabkan gerakan partikel melalui fluida . Gaya yang diberikan biasanya tidak terpengaruh oleh kecepatan partikel, sedangkan gaya gesek adalah fungsi dari kecepatan partikel.

Untuk sebuah partikel pada saat istirahat tidak ada kekuatan drag akan dipamerkan, yang menyebabkan partikel untuk mempercepat karena gaya yang diterapkan. Ketika partikel percepatan, gaya tarik bertindak berlawanan arah dengan gerak partikel, memperlambat akselerasi lebih lanjut, dalam ketiadaan kekuatan lain tarik secara langsung menentang gaya yang diberikan. Sebagai partikel peningkatan kecepatan pada akhirnya kekuatan tarik dan gaya yang diterapkan akan sekitar menyamakan , menyebabkan tidak ada perubahan lebih lanjut dalam kecepatan partikel. Kecepatan ini dikenal sebagai kecepatan terminal , menetap kecepatan atau kecepatan jatuhnya partikel. Hal ini mudah diukur dengan memeriksa tingkat jatuhnya partikel individu.

Kecepatan terminal partikel dipengaruhi oleh banyak parameter, yaitu apa yang akan mengubah tarik partikel. Oleh karena kecepatan terminal terutama tergantung pada ukuran butir , bentuk (bulat dan kebulatan) dan kepadatan butir, serta untuk viskositas dan densitas dari fluida.

Continuous settling tank

Fungsi CST adalah untuk memisahkan minyak murni dan Sludge secara besar-besaran. Minyak yang lebih ringan akan naik, sedangkan cairan lumpur akan turun. Minyak yang lebih ringan akan naik, sedangkan cairan lumpur akan turun

Beberapa hal yang perlu diperhatika dalam pengoperasian CST :

- Suhu cairan pada saat CST beroperasi 90- 960C dengan menggunakan pemanas coil (spiral), hal ini dimaksudkan agar pemisahan minyak dapat lebih sempurna karena dalam kondisi lebih tenang. Lama pemanasan pada awal olah, bila pabrik mengolah setiap hari maksimum 1 jam. Sedangkan pemanasan pada pabrik yang mengolah 2 hari sekali maksimum 2 jam. Suhu cairan dalam CST diperoleh dari pemanasan bak RO dan pemanasan awal olah dengan stem injeksi di CST. Fungsi Stem coil pada saat CST beroperasi adalah bukan untuk menaikkan temperatur, tetapi hanya untuk mempertahankan panas.

- Ketebalan minyak dalam CST pada waktu akhir olah 50 cm dan pada saat pengutipan/operasi harus >50 cm agar kadar kotoran dan kadar air dalam minyak yang dihasilkan oleh CST lebih kecil.

Cairan minyak yang sudah dipisahkan di CST, mengandung kadar air 0,40- 0,80% dan kadar kotoran 0,20- 0,40% dialirkan Oil Tank. Semakin tebal minyak di CST pada saat pengutipan akan menghasilkan minyak dengan kadar air dan kotoran yang lebih kecil.

Gambar : settling tank

Selanjutnya minyak dialirkan ke Oil Purifier untuk menurunkan kadar air dan kadar kotorannya atau sering disebut pemurnian kadar air dan lumpur dari minyak. Minyak yang di keluarkan dari Oil Purifier mengandung kadar air 0,20-0,50% dan kadar kotoran 0,02%. Untuk mengurangi kadar air menjadi 0.15% minyak di alirkan ke Vacuum Drier yang sudah memenuhi standar mutu yaitu kadar air 0.15 % dan kadar kotoran 0,02%. Pada Vacuum Drier ini minyak akan dipisahkan dari uap air, yang mana minyak berada pada bagian bawah dan uap air akan di buang melalui bagian atas Vacuum Drier dan dari sini minyak di tampung pada bak penampungan minyak dan selanjutnya minyak (CPO) baru dapat dipompakan ke bagian tangki timbun untuk selanjutnya dapat dikirim.

Sementara itu cairan sludge yang keluar dari CST dialirkan ke dalam Sludge Tank dan dipanaskan dengan injeksi uap langsung sampai 95-1000C. Sebelum sludge masuk ke Sladge Tank, akan lebih baik bila disaring dulu dengan vibro separator untuk memperingan kerja Sludge Seperator.

Selanjutnya cairan sludge dialirkan ke Sludge Seperator melalui Strainer dan Pre Cleaner. Strainer berfungsi untuk memisahkan/ menghilangkan serat-serat halus yang masih ada dalam cairan sludge dengan maksud untuk meringankan beban Sludge Seperator. Sedangkan fungsi Pre Cleaner adalah untuk menghilangkan pasir. Sludge Seperator dioperasikan dalam kondisi suhu 90-950C. Sisa cairan sludge yang telah dihilangkan serat-serat kasar dan pasirnya dialirkan ke Sludge Seperator untuk dikutip minyaknya. Cairan minyak yang dikutip di Sludge Seperator dipompakan ke bak RO, sedangkan sisnya berupa sludge yang masi mengandung minyak < 0,7% dialirkan ke bak Fat-fit.

Classifier

Penggerak classifier Mekanikal (juga disebut sebagai pemisah udara) adalah jenis dispersi pemisah banyak digunakan dalam industri semen dan sekutu untuk pemisahan partikel halus dari serbuk kasar. Semacam ini mempekerjakan pemisah piring distribusi untuk membubarkan bahan pakan untuk aliran udara yang melewati ruang memisahkan. Ada dua kipas tetap dalam sumbu tunggal. Yang atas adalah tipe radial sedangkan yang bawah, di atas pelat distribusi, adalah penggemar tambahan dengan sudut pisau disesuaikan. Peti kipas radial dalam Classifier pada aliran sirkulasi udara, yang membantu untuk memisahkan denda dari bahan kasar.Classifier secara eksklusif dirancang untuk klasifikasi dari bahan kasar dan halus. Classifier yang tergabung dalam Sirkuit Bola Mill untuk klasifikasi efisien.Double cone classifier

Udara klasifikasi adalah cara untuk sengaja memodifikasi distribusi ukuran parsial dari serbuk kering untuk memenuhi persyaratan khusus pengguna akhir. Kerucut classifier udara ganda digunakan untuk sentrifugal memisahkan partikel kasar.Prinsip Operasi Air Classifier Aliran udara Air Classifier menyampaikan materi dari bawah antara amplop eksternal dan internal dan kemudian mencapai bagian atas dari separator. Udara saat melewati pisau Air Classifier, yang diatur, dari luar separator mengasumsikan gerakan berputar dan masukkan kerucut pusat.Dengan efek sentrifugal di Udara Classifier Partikel kasar [yang berat] diakumulasikan di bagian bawah kerucut pusat dan kemudian disampaikan melalui sebuah pipa yang cocok. Nilai denda bahan yang diangkut oleh udara meninggalkan Pemisah Air Classifier dan disesuaikan dalam batas yang sangat luas dengan mengoperasikan secara manual pada kecenderungan dari pisau.

GA Menggambar Air Classifier - Jenis Cone gandaAplikasi Air Classifier DP udara classifier digunakan untuk berbagai aplikasi dalam Cat, Dye Stuff, Kapur terhidrasi, lempung, Pigmen, Insektisida, Pestisida, Farmasi, Kapur, Grafit, dll.

Gambar :double cone classifier

Elutriator

Elutriation, juga dikenal sebagai klasifikasi udara, adalah proses untuk memisahkan partikel yang lebih ringan dari yang lebih berat menggunakan aliran vertikal-diarahkan gas atau cairan (biasanya ke atas). Metode ini digunakan untuk partikel didominasi dengan ukuran (> 1m). Partikel-partikel yang lebih kecil atau lebih ringan naik ke atas (overflow) karena mereka kecepatan terminal lebih rendah dari kecepatan dari fluida meningkat. Velocites terminal dari setiap partikel di media manapun dapat dihitung dengan menggunakan Hukum Stokes ' jika partikel bilangan Reynolds di bawah .2.

Udara Elutriation Sebuah elutriator udara adalah perangkat sederhana yang dapat memisahkan partikel menjadi dua atau lebih kelompok.

Bahan dapat dipisahkan melalui sebuah elutriator, yang terdiri dari sebuah tabung vertikal up yang dilewatkan fluida pada kecepatan yang dikontrol. Ketika partikel diperkenalkan, seringkali melalui sisi tabung, partikel kecil yang dibawa dalam aliran fluida sedangkan partikel besar menyelesaikan melawan ke atas saat ini. Jika kita memulai dengan tingkat aliran rendah kurang padat partikel kecil mencapai velocites terminal mereka, dan aliran dengan sungai. Partikel dari aliran dikumpulkan overflow dan karenanya akan dipisahkan dari feed. Laju aliran dapat ditingkatkan untuk memisahkan rentang ukuran yang lebih tinggi. Fraksi ukuran lebih lanjut dapat dikumpulkan jika overflow dari tabung pertama dilewatkan vertikal ke atas melalui tabung kedua yang lebih besar penampang, dan sejumlah tabung tersebut dapat disusun secara seri

Hal ini digunakan dalam pengolahan mineral untuk klasifikasi ukuran. Nilai Debu Elutriation juga ukuran yang biasa untuk kuantifikasi dari debu, yang dihasilkan oleh pengujian dimana kekuatan mekanik seperti getaran diterapkan pada butiran misalnya agen deterjen. Elutriation adalah metode yang umum digunakan oleh ahli biologi untuk sampel meiofauna . Para sedimen sampel terus-menerus gelisah oleh aliran air disaring dari bawah, tindakan yang terhalau organisme interstisial tertanam antara butir sedimen. Sebuah filter sangat halus di bagian atas menangkap organisme ini dari overflow.

Gambar: Elutriator

Centrifuge

centrifugeCentrifuge adalah alat untuk memutar sampel pada kecepatan tinggi, memaksa partikel yang lebih berat terkumpul ke dasar tabung centrifuge. Pemakaian centrifuge yang paling sering adalah untuk pemisahan komponen sel darah dari cairannya sehingga cairannya bisa dipakai untuk pemeriksaan.

Ada bebe