tugas diskusi kelompok hidrologi 2012

Upload: dewi-anggraeni

Post on 30-Oct-2015

37 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

TUGAS HIDROLOGI

Disusun Oleh :

DEWI ANGGRAENI

4315110281

PENDIDIKAN GEOGRAFI REGULER 2011

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERRI JAKARTATUGAS DISKUSI KELOMPOKTugas 1Kerjakan di ruang kelas dengan mencari dari b/erbagai referensi (online ataupun onsite).

1. Deskripsikan proses terjadinya air tanah dengan menceritakan setiap nama pada gambar ini.

2. Dari gambar di atas, bagaimana proses terbentuknya air tanah di Jakarta, dan mengapa saat ini Jakarta dinyatakan krisis air tanah.3. Apakah yang mempengaruhi gerakan air tanah? Mengapa gerakan air tanah menentukan suatu daerah memiliki cadangan air tanah yang cukup atau tidak?Selamat Berdiskusi!Tugas 21. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis lapisan akuifer. Apa fungsi lapisan akuifer ?

2. Dimanakah daerah imbuhan akuifer tertekan ?

3. Pada lapiasan apa ditemukan air tanah dangkal, air tanah artesis dan mata air ?

4. Bagaimana dampak pengeboran sumur artesis dan penggunaan septic tank terhadap air tanah ?

5. Jelaskan proses terjadinya intrusi air laut. Lapisan apa yang terganggu ?

6. Jelaskan teknologi pengawetan air tanah yang telah dilakukan masyarakat pada akhir-akhir ini ?

Tugas 3

1. Sebutkan parameter dan golongan untuk air bersih (MCK danpertanian) dan air minum (dan peraturan yang digunakan) !

2. Sebutkan indicator air yang layak untuk diminum secara biologi,kimia dan fisika !

3. Sebutkan sumber-sumber limbah pencemaran air tanah dan air pemukaan !

Jelaskan proses terjadinya sertai dengan gambar !

Jawaban Tugas 11. Proses terjadinya air tanah yaitu air hujan atau air permukaan yang berhasil meresap ke bawah tanah akan terus bergerak ke bawah sampai dia mencapai lapisan tanah atau batuan yang jarak antar butirannya cukup luas atau sangat sangat sempit yang tidak memungkinkan bagi air untuk melewatinya.

Pada butirn yang sangat adalah lapisan yang bersifat impermeable. Lapisan seperti ini disebut lapisan aquitard.

Air yang datang kemudian akan menambah volume air yang mengisi rongga-rongga antar butiran dan akan tersimpan di sana. Penambahan volume air akan berhenti seiring dengan berhentinya hujan.

Air yang tersimpan di bawah tanah itu disebut air tanah. Sementara air yang tidak biasa diserap dan berada di permukaan tanah disebut water table, sementara lapisan tanah yang terisi air tanah disebut zona saturasi air seperti gamar di bawah ini :

Model aliran air tanah itu sendiri akan dimulai pada daerah resapan air tanah atau sering juga disebut sebagai daerah imbuhan air tanah (recharge zone). Daerah ini adalah wilayah dimana air yang berada di permukaan tanah baik air hujan ataupun lubang pori tanah/batuan atau celah/rekahan pada tanah/batuan.2. Krisis ketersediaan air tanah terjadi karena warga Jakarta memanfaatkan air tanah secara berlebihan. Pada saat bersamaan, jumlah sumur bor yang menyedot air tanah hingga kedalaman puluhan meter terus bertambah seiring dengan tumbuhnya kawasan industri. Kondisi ini diperparah oleh kontrol yang lemah. Pengambilan air tanah secara besar-besaran akan berdampak pada kekosongan air dalam tanah. Akibatnya, permukaan tanah bisa semakin menurun dan cadangan air tanah menipis.Akibat lainnya, pada musim kemarau, warga juga harus bersiap-siap memperdalam sumurnya untuk memperoleh air tanah. Atau harus mengganti pompa air baru agar bisa menyedot air tanah. Krisis air tanah terjadi antara lain karena air hujan yang turun tidak bisa terserap dalam tanah. Akibatnya, sebagian besar air hujan mengalir di permukaan tanah (run off), dan selanjutnya mengalir ke sungai. Banyaknya lahan untuk ruang terbuka hijau (RTH) yang dikonversi menyebabkan minimnya penyerapan air ke dalam tanah. Air hujan yang jatuh ke tanah akan langsung terbuang ke laut.3. Proses pergerakan air tanah sangat penting karena dengan pergerakan air ini kita dapat mengetahui suatu daerah tersebut mempunyai banyak akan air tanah atau tidak. Pergerakan aiar tanah tersebut dipengaruhi oleh tekstur tanah, partikel tanah,dll. Model aliran tanah itu sendiri akan dimulai pada daerah resapan air tanah atau sering juga disebut sebagai daerah imbuhan air tanah (recharge zone). Daerah ini adalah wilayah dimana air yang berada di permukaan tanah baik air hujan ataupun air permukaan mengalami proses penyusupan (infiltrasi) secara gravitasi melalui lubang pori tanah atau batuan atau celan atau rekahan pada tanah atau batuan. Proses penyusupan ini akan berakumulasi pada satu titik dimana air tersebut menemui suatu lapisan atau struktur batuan yang bersifat kedap air (impermeable). TItik akumulasi ini akan membentuk suatu zone jenuh air (saturated zone) yang seringkali disebut sebagai daerah luahan air tanah (discharge zone).Jawaban Tugas 2

1. Jenis-jenis Lapisan Akquifer adalah sebagai berikut :

Akifer Bebas (Unconfined Aquifer)

yaitu lapisan lolos air yang hanya sebagian terisioleh air dan berada di atas lapisan kedap air. Permukaan tanah pada aquifer ini disebutdengan water table (preatiklevel), yaitu permukaan air yang mempunyai tekanan hidrostatiksama dengan atmosfer.b.

Akifer Tertekan (Confined Aquifer)

yaitu aquifer yang seluruh jumlahnya air yangdibatasi oleh lapisan kedap air, baik yang di atas maupun di bawah, serta mempunyaitekanan jenuh lebih besar dari pada tekanan atmosfer.c.

Akifer Semi tertekan (Semi Confined Aquifer)

yaitu aquifer yang seluruhnya jenuhair, dimana bagian atasnya dibatasi oleh lapisan semi lolos air dibagian bawahnyamerupakan lapisan kedap air.d.

Akifer Semi Bebas (Semi Unconfined Aquifer)

yaitu aquifer yang bagian bawahnyayang merupakan lapisan kedap air, sedangkan bagian atasnya merupakan material berbutirhalus, sehingga pada lapisan penutupnya masih memungkinkan adanya gerakan air. Dengandemikian aquifer ini merupakan peralihan antara aquifer bebas dengan aquifer semitertekan.2. Model aliran airtanah itu sendiri akan dimulai pada daerah resapan airtanah atau sering jugadisebut sebagai daerah imbuhan airtanah (recharge zone). Daerah ini adalah wilayah dimanaair yang berada di permukaan tanah baik air hujan ataupun air permukaan mengalami prosespenyusupan (infiltrasi) secara gravitasi melalui lubang pori tanah/batuan atau celah/rekahan padatanah/batuan.

3. Air tanah dangkal, air tanah artesis dan mata air Air tanah dangkal

Air freatis adalah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air tidak jauh dari permukaan tanah.Air freatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekelilingnya. Pada musim kemarau jumlah air freatis berkurang. Sebaliknya pada musim hujan jumlah air freatis akan bertambah. Air freatis dapat diambil melalui sumur atau mata air.

Air tanah dalamAir artesis adalah air tanah yang terletak jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan kedap air.Lapisan di antara dua lapisan kedap air tersebut disebut lapisan akuifer. Lapisan tersebut banyak menampung air. Jika lapisan kedap air retak, secara alami air akan keluar ke permukaan. Air yang memancar ke permukaan disebut mata air artesis. Air artesis dapat dapat diperoleh melalui pengeboran. Sumur pengeborannya disebut sumur artesis... Air permukaan

Air permukaan adalah wadah air yang terdapat di permukaan bumi. Bentuk air permukaan meliputi sungai, danau, rawa.4. * Pengeboran sumur artesis dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Dampaknya adalah melemahnya kestabilan lapisan tanah dan penurunan muka air tanah di sekitar daerah artesis tersebut.* Penggunaan Septic Tank dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Dampaknya adalah air tanah tercemar tinja atau kotoran manusia. Pencemaran dari tinja menjadikan kondisi air tanah mengandung bakteri jenis e_ coli yang cukup membahayakan bagi kesehatan. Dampak dari tingginya tingkat pencemaran tinja atau bakteri e_ coli menjadikan penting rehabilitasi kondisi air dengan pengolahan secara benar.Selain itu juga, yang sering terjadi dalam masyarakat adalah penggunaan septic tank atau tempat penampungan tinja rumah penduduk yang tidak memenuhi standar kesehatan lingkungan.5. Proses terjadinya intrusi air laut

Masuknya air laut ke sistem akuifer melalui dua proses, yaitu intrusi air laut dan upconning. Intrusi air laut di daerah pantai merupakan suatu poses penyusupan air asin dari laut ke dalam airtanah tawar di daratan. Zona pertemuan antara air asin dengan air tawar disebut interface. Pada kondisi alami, airtanah akan mengalir secara terus menerus ke laut. Berat jenis air asin sedikit lebih besar daripada berat jenis air tawar, maka air laut akan mendesak air tawar di dalam tanah lebih ke hulu. Tetapi karena tinggi tekanan piezometric airtanah lebih tinggi daripada muka air laut, desakan tersebut dapat dinetralisir dan aliran air yang terjadi adalah dari daratan kelautan, sehingga terjadi keseimbangan antara air laut dan airtanah, sehingga tidak terjadi intrusi air laut. Intrusi air laut terjadi bila keseimbangan terganggu. Aktivitas yang menyebabkan intrusi air laut diantaranya pemompaan yang berlebihan, karakteristik pantai dan batuan penyusun, kekuatan airtanah ke laut, serta fluktuasi airtanah di daerah pantai. Proses intrusi makin panjang bisa dilakukan pengambilan airtanah dalam jumlah berlebihan. Bila intrusi sudah masuk pada sumur, maka sumur akan menjadi asing sehingga tidak dapat lagi dipakai untuk keperluan sehari-hari.6. Teknologi Pengawetan Air Tanah a. Sumur Resapan Pembuatan sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah. Sumur resapan berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah peresapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, saran dan prasarana olah raga sert fasilitas umum lainnya. Manfaat Sumur Resapan adalah :

Mengurangi aliran permukaan sehingga dapat mencegah atau mengurangi terjadinya banjir dan genangan air

Mempertahankan dan meningkatkan tinggi peermukaan air tanah

Mengurangi erosi dan sedimentasi

Mengurangi atau menahan intrusi air laut bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai

Mencegah penurunan tanah (land subsidence) Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah

b. Lubang Resapan Biopori

Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organism di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air I dalam tanah. Bila lubang-lubang seperti ini dapat dibuat dengan jumlah banyak, maka kemampuan dari sebidang tanah untuk meresapkan air akan diharapkan semakin meningkat.Jawaban Tugas 3

1. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990, mengenai Standar Kualitas Air di Perairan Umum dibagi dalam 4 golongan yaitu :

Golongan A : Air untuk air minum tanpa pengolahan terlebih dahulu

Golongan B : Air yang dipakai sebagai bahan baku air minum melalui suatu pengelolaan

Golongan C : Air untuk perikanan dan peternakan

Golongan D : Air untuk pertanian dan usaha perkotaan, industri dan PLTA.

PARAMETER AIR

Parameter kualitas air yang minimal diharapkan diperiksa di laboratorium adalah :1. Air Minum/air bersih

a) Paremeter yang berhubungan dengan kesehatan secara langsung :

1) Mikrobiologi : a) E. Coli b) Total Coli

2) Kimia An-Organik :

a) Arsen E) Nitrit , Sbg -N

B) Fluorida F) Sianida

C) Kromium , Val - 6 G) Selenium

D) Kadmium h) Nitrat , sbg -N

3) Kimia Organik : Zat Organik ( Kmno? )

b) Parameter yang berhubungan secara tidak langsung dengan kesehatan:

1 ) Fisika :

?? Bau

?? Warna

?? Fisika :

?? Jumlah Zat Padat Terlarut ( TDS )

?? Kekeruhan

?? Rasa

?? Suhu

2 ) Kimia An Organik

a) Aluminium F) pH

b ) Besi g) Seng

c) Kesadaran h ) Sulfat

d ) Khorida I) Tembaga

e ) Mangan2. Kolam Renang

a) Mikrobiologi :

?? Jumlah Kuman

?? Total Coli

b) Kimia :

?? Aluminium

?? Kebasaan ( CaCO? )

?? Oksigen Terabsorbsi ( O? )

?? PH

?? Sisa Khlor

?? Tembaga

c) Fisika :

?? Bau

?? Benda terapung

?? Kejernihan

3. Pemandian Umum

a) Mikrobiologi : Total Coli

b) Kimia

?? Deterjen

?? Oksigen terlarut ( O2 )

?? Ph

c) Fisika :

?? Bau

?? Kejernihan

?? Minyak

2. Persyaratan Kualitas AirParameter kualitas air yang digunakan untuk kebutuhan manusia haruslah air yang tidak tercemar atau memenuhi persyaratan fisika, kimia dan biologi sebagai berikut :

a. Persyaratan Fisika

Jernih atau tidak keruh

Tidak berwarna

Rasanya tawar

Tidak berbau

Temperaturnya normal

Tidak mengandung zat padatan

b. Persyaratan Kimia

Memiliki Ph netral Tidak mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3)

Tidak mengandung ion-ion logam serta bahan organik

c. Persyaratan Biologi

Tidak mengandung bakteri patogen

Tidak mengandung bakteri non pathogen

3. Sumber-sumber limbah pencemaran air tanah adalah :

a. Limbah Pemukiman

Limbah pemukiman mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. Sampah organic adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri. Contohnya sisa-sisa sayuran, buah-buahan dan daun-daunan.Sedangkan sampah anorganik seperti plastic, kertas, gelas atau kaca, kain, kayu-kayuan, logam, karet dan kulit. Deterjen merupakan limabh permukaan yang paling potensial mencemari air. Pada saat ini hampir setiap rumah tangga menggunakan deterjn, padahal limbah deterjen sangat sukar diuraikan oleh bakteri.b. Limbah Pertanian

Kegiatan dalam bidang pertanian, secara langsung maupun tidak langsung dapatmenyebabkan kualitas perairan menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena residu dari penggunaan pupuk dan pestisida akan mengalir masuk ke perairan. Residu pestisida yang masuk ke perairan. Residu pestisida yang masuk ke perairan, proporsi utama adalah terserap pada partikel tersuspensi dan partikel yang diam atau terpisah ke dalam substrat organik. Bahan aktif tersebut tidak mudah larut dalam air, tetapi larut dalam lemak serta menempel pada partikel-partikel halus. Akibatnya residu pestisida akan terkumpul dan terakumulasi dalam perairan menjadi tercemar dan merusak ekosistem di dalamnya. c. Limbah Industri

Limbah industri sangat potensial sebagai penyebab terjadinya pencemaran air. Pada umumnya limbah industry mengandung limbah B3, yaitu bahan berbahaya dan beracun. Menurut PP 18 tahun 1999 pasal 1, limbah B3 adalah sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup sehingga membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Misalnya limbah yang dihasilkan industri pelapisan logam, yang mengandung tembaga dan nikel serta cairan asam sianida, asam borat,asam kromat, asam nitrat dan asam posfat. Limbah ini bersifat korosif, dapat mematikan tumbuhan dan hewan air. Pada manusia menyebabkan iritasi pada kulit dan mata, mengganggu pernafasan dan menyebabkan kanker.d. Limbah Pertambangan

Limbah pertambangan seperti batubara biasanya tercemar asam sulfat dan senyawa besi, yang dapat mengalirkan ke luar daerah pertambangan. Air yang mengandung kedua senyawa ini dapat berubah menjadi asam. Bila air yang bersifat asam ini melewati daerah batuan karang atau kapur akan melarutkan senyawa Ca dan Mg dari batuan tersebut. Selanjutnya senyawa Ca dan Mg yang larut terbawa air akan member efek terjadinya air sadah, yang tidak bisa digunakan untuk mencuci karena sabun tidak bisa berbuih.