tribunjogja 20-04-2016

Click here to load reader

Post on 28-Jul-2016

620 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Tribun Jogja Edisi 20-04-2016

TRANSCRIPT

  • DAFFA SUPERBOYDaffa, siswa

    kelas IV SDNKalibanteng01, Kota Se-marang mela-kukan aksi he-roik dengan me-larang pengenda-ra motor naik ketrotoar di Kalibanteng.

    Aksi ini dilakukanDaffa sepulang iasekolah. IamenggunakansepedaBMX mi-liknya un-tuk mengha-dang pengendara motoryang melintas di atas trotoar.

    Aksi inimengun-dang sim-patik se-jumlahkalangandanmenjadiviral di me-dia sosial.

    Di sekolah,Daffa ini dike-nal sebagaianak hiperaktif.Meski terka-dang berulah,namun Daffamemiliki rasaingin tahu yangbesar.

    Jangan Biarkan Beraksi SendiriAKSI Daffa Farros Oktoviarto (10) yang mencegat pengendara motor yang melaju di trotoar mendapat ap-resiasi dari seniornya, Elanto Wi-joyono. Elanto merupakan aktivis

    dari Yogyakarta, yang pernah meng-adang iring-iringan sepeda motor gede (moge), yang menerobos lam-

    Dia Murid Spesial KamiDAFFA merupakan murid spesial bagi kami karena tergolong anak berkebutuhan khusus (ABK). Dia anak yang hiperaktif.

    Pada awalnya, kami tidak tahu kalau Daffa merupakan anak hiperaktif. Kami mendatang-

    MENGAKU sebagai pelang-gan setiap Tribun Jogja menggelar event, Bardianto warga Bantul berharap tahun ini bisa memenang-kan grand prize apartemen. Untuk itulah ia kembali datang ke Tribun Jogja guna

    membeli tiket jalan sehat yang akan digelar Minggu (19/4) mendatang. (*)

    BUPATI Gunungkidul, Badingah menegaskan pemkab akan tegas terhadap investor yang tidak serius untuk menanamkan modalnya. Jika sejak setahun setelah diterbit-kan izin prinsip calon investor tidak segera melakukan kegiatan riil, maka izin yang sudah dikeluarkan akan dicabut. (*)

    Ervani Emy Handayani (29), akhirnya bisa bernafas lega setelah mengetahui kasasi atas putusan bebasnya yang diajukan jaksa penuntut umum ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Ervani sempat diajukan ke meja hijau dan ditahan atas dugaan pencemaran nama baik lewat me-dia sosial.

    S EMBARI tersenyum, Ervani tak sung-kan-sungkan meng-ungkapkan rasa syu-kurnya. Ia mengaku lega ketika mengetahui putusan

    tersebut, walaupun sampai saa ini belum menerima sa-linan putusan.

    Rasa leganya masih 99%.

    SEMARANG, TRIBUN - Daf-fa Farros Oktoviarto (10) bersembunyi di ujung gang dekat trotoar Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Bundar-an Kalibanteng, Kota Semarang, Se-lasa (19/4) sore. Se-peda seje-nis BMX w a r n a

    merah-hitam miliknya terpar-kir di tepi trotoar. Sesekali, bocah yang membawa topeng Kamen Rider itu melongok ke

    arah jalan.

    Daffa langsung berjalan ce-pat menuju sepedanya saat melihat seorang pengendara motor melintas di trotoar dari arah timur. Dia memalang-kan sepeda di trotoar, meng-hadang laju pengendara mo-

    tor. Jangan lewat trotoar. Trotoar buat pejalan

    kaki! ujar Daffa.

    ke halaman 11

    Pendaftar Incar Grand Prize Apartemen

    Badingah Hanya Beri Toleransi 1 Tahun

    Kasasi Jaksa Penuntut Umum dalam Kasus Ervani Ditolak MA

    Ervani Sujud Syukur Sambil Teriak

    TRIBUNNEWS/J PRIMA

    ke halaman 11

    ke halaman 11

    ke halaman 11GRAFIS/FAUZIARAKHMAN

    BUNGA Citra Lestari menga-ku ketagihan untuk mema-nah. Pengalaman pertama BCL memanah tersebut dialaminya saat berperan sebagai atlet panahan, Nur Fitriyana dalam film 3 Srikandi. Olahraga memanah itu sulit, tapi bikin ketagihan, katanya. (*)

    Hal

    8Hal

    13

    Hal

    6

    TRIBUN JOGJA/SEPTIANDRI MANDARIANA

    TERSENYUM - Ervani tersenyum lega saat ditemui Tribun Jogja, Selasa (19/4).

    SMS 0851 021 22000, 0274-557687 EXT 219

    RP 2.000

    RABU KLIWON20 APRIL 201612 RAJAB 1437

    NO 1814 /TAHUN 6

    LANGGANAN RP 55.000

    ENY ANGGOROWATIKepala SDN Kalibanteng Kidul 01

    lasa (19/4) sore. Se-peda seje-nis BMX w a r n a

    tor. Jangan lewat trotoar. Trotoar buat pejalan

    kaki! ujar Daffa.

    ke halaman 11

    Daffa Cegat Motor Pakai BMX Bocah Kelas 4 SD Larang Pengendara Motor Naik Trotoar

    TRIBUNNEWS/J PRIMA

    ke halaman

    BUNGA ku ketagihan untuk mema-nah. Pengalaman pertama BCL memanah tersebut dialaminya saat berperan sebagai atlet panahan, Nur Fitriyana dalam film 3 Srikandi. Olahraga memanah itu sulit, tapi bikin ketagihan, katanya. (*)

    Bunga Citra Lestari

    Ketagihan Memanah

    ANTARA/ARIEF BUDIMAN

    KEBAKARAN - Petugas berusaha memadamkan api yang membakar pabrik kayu lapis PT. Rakabu Sejahtera milik keluarga Presiden Joko Widodo di Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Selasa (19/4) malam.

    Hal

    11

    TRIBUNNEWS

    Water Canon Ikut Padamkan Api

    SELAIN belasan mobil pemadam kebakar-an, tampak sebuah mobil water canon milik Polres Sragen ikut berjibaku memadamkan api di par-bik mebel milik presiden Jokowi, Selasa (19/4). (*)

    TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN

    HEROIK - Siswa SDN Kalibanteng 01, Daffa Farros Oktoviarto, menghadang dan melarang pengendara sepeda motor yang nekat naik trotoar di kawasan Kalibanteng, Kota Semarang, Kamis (19/4) sore.

    TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN

    AKSI - Berbagai aksi Daffa saat menghentikan motor dan kostum andalannya ala Kamen Rider.

  • RABU KLIWON20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja2 Tribun Biz

    Tiket KA Arus Balik Ludes

    Sisa Kursi Hanya untuk Hari H Lebaran dan H+1YOGYA, TRIBUN - Minat ma-syarakat untuk menggunakan jasa angkutan perkeretaapian pada masa mudik dan arus balik Lebaran sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari ludes-nya tiket KA untuk mudik dan arus balik hingga H+7 Leba-ran. Namun demikian, masih ada sisa sedikit tiket yang bisa dimanfaatkan.

    Manajer Humas PT Kere-ta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, tiket KA untuk mudik telah ludes terjual hingga H-1. Namun de-mikian, masih ada sisa sedikit tiket untuk hari H dan H+1 Lebaran.

    Untuk mudik, hingga H-1 habis. Namun pada hari H dan H+1 masih ada walaupun sa-ngat tipis sekali. Sedangkan untuk H+2 hingga H+7 telah habis, katanya kepada Tribun Jogja, Selasa (19/4). Namun, habisnya tiket KA tersebut ha-nya untuk rute ke barat dari Yogyakarta misalnya ke Jakar-ta dan Bandung. Untuk arah Surabaya, pada keberangkat-an H+8 tiket masih tersedia.

    Untuk tiket KA ke Jakarta baru tersedia mulai H+9. Se-mentara KA Tambahan untuk angkutan Lebaran belum dio-perasikan karena masih me-nunggu keputusan dari kantor pusat, imbuhnya.

    Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono, bilang, tiket kereta api reguler lintas selatan Jawa untuk mudik Le-

    baran 2016 dari arah Jakarta tujuan Purwokerto, Yogyakar-ta, Solo, dan Surabaya masih tersedia.

    Tiket mudik dari Jakarta yang telah habis terjual, yakni keberangkatan H-7 Lebaran hingga H+1 Lebaran, sedang-kan H2 Lebaran masih tersisa 800 tempat duduk, H-2 Leba-ran tersisa 600 tempat duduk, dan tanggal keberangkatan lainnya masih tersedia, kata Surono, Selasa (19/4).

    Ia mengatakan bahwa tiket mudik KA reguler lintas selat-an Jawa dari arah Bandung masih tersisa 240 tempat du-duk untuk keberangkatan H-6

    Lebaran dan 150 tempat du-duk untuk keberangkatan H-8 Lebaran, sedangkan untuk keberangkatan H-5 hingga H-2 Lebaran telah habis terjual.

    Tiket arus balik KA reguler lintas selatan Jawa tujuan Ja-karta yang telah terjual habis adalah tanggal keberangkatan H+2 Lebaran hingga H+6 Leba-ran, sedangkan H+1 Lebaran tersisa 630 tempat duduk, H+7 masih 160 tempat duduk, dan tanggal keberangkatan lainnya masih tersedia, katanya.

    Tiket KA reguler lintas selat-an Jawa untuk arus balik tuju-an Bandung yang telah terjual habis adalah keberangkatan H+3 Lebaran. Tiket arus balik tujuan Bandung keberang-katan H+2 Lebaran tersisa 80

    tempat duduk, H+4 Lebaran masih 100 tempat duduk, dan tanggal keberangkatan lainnya masih tersedia.

    Data tersebut berdasarkan pantauan Rail Ticket System PT KAI pada hari Selasa (19/4), pukul 13.00 WIB, katanya.

    Surono mengatakan bahwa penjualan tiket mudik dan balik Lebaran tersebut hanya untuk KA reguler sedangkan KA Tam-bahan Lebaran belum dibuka. Penjualan tiket KA Tambahan Lebaran kemungkinan mulai dilaksanakan sekitar Mei 2016.

    Seperti biasanya, PT KAI akan mengoperasikan sejum-lah KA Tambahan Lebaran na-mun penjualan tiketnya saat ini belum dibuka, katanya.(toa/ant)

    Untuk mudik, hingga H-1 habis. Namun pada hari H dan H+1 masih

    ada walaupun sangat tipis sekali. Sedangkan untuk H+2 hingga H+7

    telah habisEko Budiyanto

    Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta

    Skemanya bisa penyer-taan langsung, saham, investasi saham, reksa dana, penyertaan obli-

    gasi, penyertaan saham, dan lainnya. Pembiayaan

    ini nilai investasinya kurang lebih Rp 10 trili-

    unDumoly F Pardede

    Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank II OJK

    All New Civic untuk Pertahankan Segmen SedanJAKARTA, TRIBUN - Di tengah perkembangan tren mobil yang melaju pada segmen Sport Uti-lity Vehicle (SUV) dan Multi Pur-pose Vehicle (MPV), Honda tetap mempertahankan segmen sedan. Melalui produk terbarunya yakni All New Honda Civic, Honda ingin kembali menggairahkan segmen ini. Sepekan setelah peluncuran, All New Civic mencatatkan penju-alan positif.

    Honda merilis, All New Honda

    Civic tercatat telah menembus angka penjualan di atas 100 unit sejak diluncurkan di Jakarta awal bulan ini. Sedan bermesin turbo dari Honda ini menjadi salah satu display di booth Honda pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, yang berlang-sung dari tanggal 7-17 April 2016.

    All New Honda Civic merupa-kan generasi ke-10 dari Honda Civic yang telah memiliki reputasi besar baik di Indonesia, maupun

    di dunia. Saat ini Honda Civic te-lah dipasarkan di 170 negara dan meraih total penjualan mencapai 23 juta unit serta lebih dari 700 penghargaan. Di Indonesia sen-diri, produk ini tercatat sebagai sedan dengan penjualan tertinggi dan terlama di kelasnya, dengan total penjualan lebih dari 112 ribu unit sejak 1976.

    Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Mo-tor, Jonfis Fandy mengatakan, All

    New Honda Civic dirancang untuk membawa kembali gairah pada segmen sedan di Indonesia. Se-bab, model ini tidak hanya mena-warkan kemewahan, kenyaman-an dan fitur yang canggih, tetapi juga performa yang lebih sporty melalui mesin 1.5 liter VTEC Tur-bo yang efisien namun sangat bertenaga.

    Kami bersyukur model ini di-terima dengan sangat baik oleh konsumen, terlihat dari angka

    pemesanan yang tinggi serta an-tusiasme konsumen yang datang untuk melihat model ini di IIMS 2016. Kami juga akan segera membawa All New Honda Civic ke pameran di berbagai kota untuk menjawab antusiasme konsumen di seluruh Indonesia, kata Jonfis dalam keterangannya, kemarin.

    Tak hanya menampilkan desain yang revolusioner di eksterior dan interior, All New Honda Civic juga mengusung mesin 1.5L VTEC

    Turbo dengan teknologi Earth Dreams yang pertama kalinya untuk model Honda di Indonesia.

    Selain itu, berbagai fitur bertek-nologi terdepan juga telah disemat-kan pada All New Honda Civic, di antaranya: Remote Engine Start, One Push Ignition, Smart Entry Sy-stem, Electric Parking Brake, Meter Cluster dengan i-MID (Multi Infor-mation Display), hingga sistem au-dio yang memiliki fungsi Navigati-on dan Mirror Link.(toa)

    Citilink Buka Rute Yogya-Jakarta via Cengkareng

    YOGYA, TRIBUN - Untuk memperku-at konektivitas penerbangan ke berbagai tujuan di Indonesia, maskapai pener-bangan berbiaya murah, Citilink mem-buka rute baru Yogyakarta-Jakarta via Cengkareng. Penerbangan ini meleng-kapi enam jadwal penerbangan yang te-lah ada sebelumnya.

    District Sales Manager Citilink Yogya-karta, Rahmakika Rahardiasari menga-takan, penambahan rute ini merupakan bagian dari proses pengembangan rute Citilink. Mulai 20 April hari ini, satu jad-wal penerbangan antara bandara Soe-karno-Hatta di Cengkareng ke bandara Adisutjipto Yogyakarta akan dioperasi-kan.

    Jadwal penerbangannya, dari Jakar-ta pukul 13.05 WIB dan dari Yogyakarta pukul 14.40. Armadanya menggunakan Airbus A320 berkapasitas 180 penum-pang, katanya kepada Tribun Jogja, Se-lasa (19/4).

    Perempuan yang akrab disapa Kika ini melanjutkan, rute tersebut dapat dihu-bungkan dengan penerbangan antara lain Medan dan Pekanbaru. Sedangkan rute konekting yang bisa masuk ke Yog-yakarta antara lain Padang, Bengkulu, Batam, Medan, Ujungpandang, Tanjung Pandan (Belitung), Denpasar, Palembang dan Lombok.

    Ini merupakan upaya melengkapi jangkauan Citilink di pasar domestik, sekaligus upaya melanjutkan hasil po-sitif yang sudah diraih pada 2015 lalu,

    imbuhnya.Kika melanjutkan, penambahan rute

    ini juga untuk terus memenuhi ekspek-tasi konsumen akan penerbangan ke Yogyakarta. Selama ini minat konsumen untuk menggunakan Citilink cukup baik.

    Okupansi sekitar 87-90 persen pada weekday dan 100 persen pada weekend dengan total tujuh flight termasuk rute baru ini. Selama ini ada empat pener-bangan ke Jakarta via Halim Perdanaku-suma, satu penerbangan ke Balikpapan, satu ke Pekan baru dan satu ke Jakarta via Soekarno-Hatta ini, ungkapnya.

    Selain menambah rute-rute baru, Ci-tilink juga melakukan peningkatan fre-kuensi penerbangan di rute-rute yang sudah ada (existing routes), yaitu rute Solo-Jakarta (Halim Perdana Kusuma, Lombok, Malang dan Padang.

    Lebih dari itu, terang Kika, kota se-perti Jakarta juga menjadi hub bagi pe-nerbangan Citilink (konektivitas) untuk menjangkau berbagai kota di seluruh In-donesia. Hal lainnya adalah mendorong peningkatan kelas industry pariwisata dari sekedar objek wisata menjadi indus-tri MICE (Meeting, Intensive, Conference, Exhibition) berskala Internasional.

    Industri MICE Indonesia mempunyai potensi besar untuk dikembangkan da-lam rangka mendukung target kunjung-an wisata Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisatawan man-canegara sampai 2019.(toa)

    Garuda Travel Fair 2016 Bidik Transaksi Rp 250 Miliar

    JAKARTA, TRIBUN - Ga-ruda Travel Fair (GATF) 2016 yang bakal digelar pada 29 April sampai 1 Mei 2016 di-targetkan bisa menghimpun transaksi sebesar Rp 250 miliar. Hajatan yang digelar PT Garuda Indonesia (Perse-ro) Tbk untuk mendukung pariwisata ini akan dilaksa-nakan serentak di 14 kota di Indonesia. Hajatan ini mem-bidik 150.000 pengunjung.

    VP Marketing PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Sel-fie Dewiyanti menargetkan,

    GATF 2016 ini bisa meng-himpun jumlah transaksi dan pengunjung lebih ba-nyak dibandingkan tahun lalu. Sebagai gambaran, pada 2015, Garuda Indoen-sia berhasil mendatangkan sebanyak 117.000 pengun-jung dengan total penjualan mencapai Rp 238 miliar.

    GATF 2016 akan diikuti oleh Garuda Indoensia Gro-up dan mitra usaha yang terdiri dari 52 agen travelt, sembilan hotel dan theme park, tiga national tourism or-

    ganization, 13 corporate and travel equipment,dan BNI, ujar Selfie, Selasa, (19/4).

    Selain diikuti oleh institusi pariwisata Indonesia, GATF 2016 juga mengikutserta-kan beberapa mitra binaan Garuda Indonesia dan BNI dari berbagai daerah seperti perajin batik, tenun, perak dan kerajinan lainnya.

    Slama pelaksanaan GATF 2016, pengunjung juga akan mendapatkan berbagai pe-nawaran spesial khusus-nya untuk tujuh destinasi

    favorit seperti Singapura, Hongkong, Osaka, London, Denpasar, Lombok dan Raja Ampat.

    Selain itu, dalam GATF 2016, BNI sebagai bank partner akan memberikan kesempatan bagi para peng-guna jasa Garuda Indonesia dan pemegang kartu kredit dan debit BNI untuk me-wujudkan impian berwisa-ta baik di dalam maupun di luar negeri dengan harga yang terjangkau.(Kontan/Galvan Yudistira)

    Di IIMS 2016 Garasindo Jual 280 Unit kendaraan

    JAKARTA, TRIBUN - Ga-ransindo Group, pemegang beberapa merek kendaraan premium di Indonesia, meraih angka penjualan yang baik se-lama 11 hari penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

    Total, sebanyak 280 unit kendaraan, gabungan roda dua dan roda empat, dari me-rek Jeep, Dodge, Fiat, Alfa Ro-meo, Peugeot Scooter, Ducati dan Scrambler Ducati, Italjet dan Zero Motorcycle.

    Garansindo mengusung tema Garansindo World dan menggunakan booth seluas 1.200 meter persegi pada pa-meran otomotif tahunan yang berlangsung dari tanggal 7

    hingga 17 April 2016 lalu. Pada ajang ini Garansindo

    memperkenalkan beragam produk anyar seperti Ducati dan Scrambler Ducati serta Jeep Wrangler Trailstorm dan Zero Motorcycle Black Stealth Edition.

    Selama 11 hari IIMS 2016, Garansindo memaksimalkan upaya untuk meraih ang-ka penjualan yang baik, dari brand empat roda maupun dua roda.

    Hasil ini merupakan kinerja yang baik secara internal serta merupakan bukti keseriusan Garansindo dalam menjalan-kan bisnisnya di industri oto-motif dan bukti akan produk terbaik yang kami tawarkan ke

    publik, ujar Dhani Yahya, Ma-naging Director, Garansindo Group dalam siaran pers yang diterima Otomania.

    Detailnya, pada ajang IIMS 2016 lalu sebanyak 95 unit kendaraan roda empat terjual dari merek Jeep, Dodge, Fiat dan Alfa Romeo.

    Kemudian sebanyak 120 unit dari merek roda dua Peu-geot Scooter, 52 unit dari me-rek Ducati dan Scrambler Du-cati, 11 unit dari merek Italjet dan 2 unit dari merek Zero Motorcycle.

    Selain pencapaian penju-alan Garansindo juga meraih penghargaan dari penyeleng-gara pameran IIMS 2016 yakni PT Dyandra Promosindo.(kpc)

    OJK-Kemenpar Kerja Sama Kembangkan Industri Pariwisata

    JAKARTA, TRIBUN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Pari-wisata (Kemenpar) menjalin kerjasama dalam pengembangan destinasi dan in-dustri pariwisata melalui peningkatan peran lembaga jasa keuangan.

    Kerja sama ini diharapkan direspon positif oleh lembaga jasa keuangan, khususnya perusahaan pembiayaan.

    Menurut Deputi Komisioner Peng-awas Industri Keuangan Non Bank II OJK Dumoly F Pardede menjelaskan, diharapkan lembaga jasa keuangan dapat mengucurkan kredit atau pembi-ayaan, serta investasi langsung dalam pengembangan 10 destinasi pariwisata baru.

    Sepuluh destinasi itu antara lain Da-nau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Waka-tobi, dan Morotai.

    Skemanya bisa penyertaan lang-sung, saham, investasi saham, reksa

    dana, penyertaan obligasi, penyertaan saham, dan lainnya. Pembiayaan ini nilai investasinya kurang lebih Rp 10 triliun, kata Dumoly di Gedung Sapta Pesona, Selasa (19/4).

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menjelaskan, dengan potensi pariwisata Indonesia yang amat besar, regulator yakin kerja sama ini dapat di-lakukan. Pasalnya, industri pariwisata merupakan salah satu industri priori-tas.

    Ini akan mempermudah akses pem-biayaan. Kita berharap tidak hanya mudah aksesnya, tapi juga murah har-ganya. Kalau aksesnya mudah dan de-ngan bunga single digit, segala sesuatu bisa berjalan baik, ungkap Muliaman.

    Menpar Arief Yahya menuturkan, dengan ada kerja sama ini maka akan ada skema pembiayaan oleh IKNB, seperti perusahaan pembiayaan, asu-ransi, dana pensiun, pasar modal, dan lainnya.(kpc)

    DOK. PRI

    RUTE BARU - Para penumpang bersiap memasuki pesawat Citilink saat penerbangan perdana Citilink rute penerbangan baru Yogyakarta-Jakarta via Bandara Soekarno Hatta.

    TRIBUN JOGJA/RENTO ARI NUGROHO

    TIKET LEBARAN- Para calon penumpang sedang men-gantre untuk membeli tiket di Reservasi Tiket Stasiun Tugu, Senin (28/3). Tiket mudik dan balik Lebaran ludes diburu calon pemudik.

    TRIBUNNEWS/JEPRIMA

    PENJUALAN OTOMOTIF - Suasana pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (12/4). Pada pameran tahun ini Garasindo berhasil menjual 280 unit kendaraan.

  • RABU KLIWON20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja3ribun Finance

    Preminya Cuma Rp 3.000 Sebulan BPJS Ketenagakerjaan Incar Nelayan dan Petani di Yogyakarta

    YOGYA, TRIBUN - Badan Penyelenggara Jaminan So-sial (BPJS) Ketenagakerja-an mengincar ribuan nela-yan dan petani yang ada di Yogyakarta sebagai peserta baru. Badan jaminan itu berpandangan bahwa seg-men profesi tersebut memi-liki risiko kecelakaan sama tingginya dengan jenis pe-kerjaan umum lainnya dan saat ini cenderung belum tergarap optimal.

    Kepala Cabang BPJS Ke-tenagakerjaan DIY, Moch Triyono mengatakan, masih banyak orang dengan ke-dua profesi tersebut saat ini belum terlindungi asuransi maupun jaminan sosial ke-selamatan kerja.

    Kondisi ini tentunya sa-ngat disayangkannya meng-ingat profesi nelayan juga memiliki risiko kecelakaan kerja cukup tinggi.

    Mereka kerja di laut, risi-konya kan besar. Maka itu, alangkah baik bila mereka terlindungi jaminan sosial sehingga mereka bisa fokus melakukan pekerjaannya, kata Triyono, Selasa (19/4).

    ia menyebutkan, dengan mengikuti program dari BPJS Ketenagakerjaan, para nelayan itu bisa membayar-kan premi dengan nilai tak terlalu besar. Preminya seki-tar 0,24-1,7% dari Upah Mi-nimum Regional (UMR) yang

    berlaku. Jika diambil nilai rata-rata

    per bulan, mereka tinggal membayar premi sebear Rp 3.000 saja.

    Dengan membayar iuran yang cukup murah terse-but, nelayan dan petani ti-dak perlu memikirkan risiko ketika nanti mereka menga-lami kecelakaan.

    Karena, ketika mengalami kecelakaan kerja, mereka akan mendapatkan haknya dirawat di pelayanan kelas 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau rumah sakit sekelas yang ditunjuk oleh

    BPJS.Dana klaimnya pun nan-

    ti tidak terbatas jumlahnya. Selama peserta membutuh-kan tindakan medis, biaya-nya ditanggung BPJS,ujar-nya.

    Selain nelayan dan petani, pihaknya juga tengah meng-incar kepesertaan baru dari kalangan penderes nira di Kulonprogo yang jumlah-nya mencapai ribuan orang. Selama ini diketahui jenis profesi tersebut cukup se-ring ditemui adanya kasus kecelakaan kerja dan kerap berujung apda kematian pe-kerja karena terjatuh dair pohon.

    Kepesertaan mereka da-lam program BPJSKetena-gakerjaan akan sangat ber-manfaat bagi penderes itu sendiri untuk perlindungan diri dan keluarganya. Ha-nya saja, pihaknya sedikit terkendala rata-rata usia penderes yang kebanyakan berada di batas maksimal persyaratan umur peserta yakni 56 tahun.

    Pihaknya mengaku sedang mendiskusikan langkah le-bih lanjut secara internal maupun bersama Pemerin-tah Kabupaten Kulonprogo terkait hal tersebut. Diha-rapkannya, para penderes itu bisa segera terdaftar se-bagai peserta sehingga lebih terlindungi. (ing)

    LPS Masih Tunggu Keputusan Pemerintah Wacana Kenaikan Premi untuk Perbankan

    YOGYA, TRIBUN - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) masih akan menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah terkait wacana kenaikan premi untuk per-bankan. Besaran kenaikan tingkat premi pun belum bisa dipastikan.

    Seperti diketahui, pemerintah tengah mematangkan terbitnya Rancangan Un-dang-Undang Pencegahan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK). Di da-lamnya mencakup kewenangan yang le-bih luas dari LPS dalam mengantisipasi terjadinya krisis dalam industri keuangan hingga kenaikan premi yang harus ditang-gung oleh pihak perbankan untuk penja-minan simpanan.

    Corporate Secretary LPS, Samsu Adi

    Nugroho mengatakan, pada dasarnya LPS hanya melaksanakan apapun yang diatur dalam kebijakan pemerintah. Termasuk juga soal besaran premi dan nilai penja-minan yang dimungkinkan meningkat de-ngan adanya RUU tersebut.

    Yang jelas, tugas LPS sebagai lemba-ga paling depan dalam pencegahan krisis akan lebih luas kalau UU itu disahkan. Namun, apakah pemerintah akan meng-ubah (nilai premi dan penjaminan), kami belum tahu, kata Samsu ditemui selepas penandatanganan nota kesepahaman an-tara LPS dan UGM di Yogyakarta, Selasa (19/4).

    Ia pun mengaku belum mengetahui secara pasti berapa besaran premi pasca-

    disahkannya UU tersebut nanti. Adapun saat ini, besaran premi disebutnya di ang-ka flat 0,02 persen dari Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan nilai penjaminan unti satu nasabah di satu bank mencapai Rp2 mi-liar.

    Nilai premi itu belum pernah berubah dalam 10 tahun terakhir sedangkan be-saran penjaminan sempat berubah pada 2008 dari Rp 100 juta ke Rp 2 miliar.

    Terkait sikap keberatan wacana kena-ikan premi yang dilontarkan para pela-ku industri keuangan, Samsu menyebut bahwa hal itu akan menjadi masukan dan pertimbangan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan sesuai kewenangan-nya. (ing)

    Mereka kerja di laut, risikonya kan besar. Maka itu,

    alangkah baik bila mereka terlindungi

    jaminan sosial sehingga mereka

    bisa fokus melaku-kan pekerjaannya

    Moch TriyonoKepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan DIY

    ASURANSI NELAYAN - Nelayan Pantai Bugel Panjatan Kulonprogo

    memperbaiki perahu yang biasa mereka gunakan

    untuk mencari ikan di laut, beberapa waktu lalu. Para nelayan saat ini belum ter-lindungi asuransi maupun

    jaminan sosial keselamatan kerja.

    BPD DIY Ikut Kucurkan Dana Kredit Proyek Tol Solo-KertosonoYOGYA, TRIBUN - Bank BPD DIY turut ambil bagian dalam proyek pembangunan jalan tol Solo-Kerto-sono. Bersama beberapa bank lain, bank milik Pemerintah DIY ini me-nyalurkan kredit sindikasi untuk pembangunan infrastruktur jalan tersebut.

    Kredit sindikasi senilai Rp 7,7 tri-liun itu diberikan kepada dua per-

    usahaan patungan antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road yakni PT Solo Ngawi Jaya dan PT Ngawi Kertosono Jaya un-tuk pembangunan proyek jalan tol Solo-Ngawi dan Ngawi Kertosono.

    Pemberian kredit ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi di kantor pusat PT Jasa Marga, Jakarta pada Kamis (14/4)

    lalu. Adapun bank-bank yang terga-

    bung dalam sindikasi tersebut sela-in Bank BPD DIY yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Ja-teng, Bank Jatim, PT Sarana Multi Infrasturktur (SMI), dan Indonesia Eximbank.

    Direktur Utama Bank BPD DIY, Bambang Setiawan menyampaikan,

    pemberian kredit sindikasi tersebut merupakan wujud dukungan Bank BPD DIY dan perbankan nasional Indonesia terhadap pembangunan infrastruktur nasional, khususnya di pulau Jawa.

    Dengan adanya infrastruktur yang memadai maka diharapkan akan menggerakkan roda perekono-mian baik secara nasional maupun

    di daerah katanya, Selasa (19/4).Ia juga menyampaikan, dengan

    penyaluran kredit sindikasi terse-but, Bank BPD DIY hingga saat ini telah menyalurkan kredit sindikasi untuk berbagai sektor dengan nilai total sebesar Rp 605 miliar.

    Pihaknya fokus dan konsisten untuk menyalurkan kredit kepada sektor produktif.

    Untuk pembangunan tol Solo-Ker-tosono tersebut, kucuran dana kredit dibagi menjadi dua bagian. Pembangunan ruas tol Solo-Ngawi sebesar Rp 4,37 triliun dengan PT Solo Ngawi Jaya sebagai pelaksana-nya dan untuk pembangunan ruas tol Ngawi-Kertosono senilai Rp 3,37 triliun dengan PT Ngawi Kertosono Jaya sebagai pelaksananya.(ing)

    DOK. TRIBUN JOGJA/YOSEPH HARY W

    Indikator IHSGIndeks Perubahan (%)Nama

    Sumber : IDX dan Bloomberg

    Nilai Tukar USD/IDR di 10 Bank BesarBeli JualNama Bank Rata-rata

    KURS RUPIAHKurs Perubahan (%)Mata Uang

    *Sumber : Riset KONTAN

    Harga KomoditasSatuan PasarJenis Komoditas Penutupan PerubahanSebelum Kontrak

    USDSGDJPYEURGBPMYR

    13,2389,746.6012,103.3314,909.9818,737.083,392.64

    -1.080.21-0.98-0.1-0.26-0.08

    Bank MandiriBank Rakyat Indonesia (BRI)Bank Negara Indonesia (BNI)CIMB NiagaBank PermataBank DanamonBank PaninBank Internasional Indonesia (BII)Bank Tabungan Negara (BTN)Rata-rata Seluruh Bank

    13,21013,24013,20313,20013,20013,17513,03813,20013,15013,209

    13,19513,16513,19313,10513,00012,98512,88813,19013,00013,121

    13,22513,31513,21313,29513,40013,36513,18813,21013,30013,296

    KompasIHSGDOW JONES )*SSEC (Shanghai)**NIKKEISTRAITS TIMESHANG SENGKOSPI*

    0.490.490.941.422.842.693.190.56

    1,0494,853.00

    17,721.253,066.64

    16,381.222,890.41

    21,158.711,981.32

    Emas*Emas Antam*Perak*Nikel**Timah**Tembaga**Aluminium**Minyak Mentah*CPO **

    1,244.70568,000

    16.048,860

    16,7754,776.501,533.00

    41.62685.84

    US$/Troy OzRp/gram

    US$/Troy OzUS$/MTUS$/MTUS$/MTUS$/MTUS$/BBLUS$/Ton

    Comex

    ComexLMELMELMELME

    NymexMdex

    1,261572,000

    168,560

    16,7254,6641,509

    42683

    16-Jun

    Mei-163 Bulan3 Bulan3 Bulan3 BulanAprl-1616-Jun

    -1.28-0.7-1.113.50.3

    2.421.62-1.30.45

    Sumber : Situs Bank Selasa 19 April 2016

  • RABU KLIWON20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja4 Hotline Public Service

    Hubungi Telp: 0274-557687 atau SMS: 085743196999 SMS HotlinePublic Service

    , , 566103, 623733, [email protected], 512257, 588002 (0274) 887494Denpom IV/2 Yogyakarta RSU Bethesda Lempuyangwangi, RS Condong Catur,

    RSPAU dr. S. Hardjolukito ,, 444562

    STASIUN BERANGKAT STASIUN BERANGKAT

    17.10

    15.30

    14.30

    18.00

    11.25

    21.28

    00.30

    20.08

    08.08

    23.32

    Lempuyangan

    Lempuyangan

    Lempuyangan

    Tugu

    BERANGKATSTASIUNLempuyangan

    Lempuyangan

    Lempuyangan

    BERANGKATSTASIUNArgowilis

    Sri Tanjung

    Eks

    Eko

    Tugu

    Lempuyangan

    Lempuyangan

    Tugu

    Lempuyangan

    LempuyanganBogowonto

    22.00

    20.35

    20.57

    08.57

    20.00

    08.00

    07.00

    18.35

    17.45

    09.08 Malabar Lempuyangan

    14.00

    18.58

    14.34

    01.12

    01.05

    03.32

    06.45

    16.30

    08.55

    Tugu

    Tugu

    16.02

    07.15

    22.06

    02.06

    07.30

    20.45

    01.35

    07.45

    17.00

    05.50

    05.15

    16.10

    Krakatau

    Logawa

    Malabar

    05.30

    09.10

    12.15

    18.00

    07.35

    09.57

    11.05

    14.45

    20.15

    07.15

    10.40

    14.00

    19.40

    05.15

    09.25

    12.10

    13.00

    16.10

    Shima, Kalinyamat dan Kartini

    PADA 8Marert 2016 tiga perempuan Indonesia mendapat peng-hargaan internasional. Penghargaan itu diberikan dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional. Ketiga perempuan itu, masing-masing Menteri Sosial Indonesia Khofifah Indar Pa-rawansa, Menteri Lingkungan Hidup dan KehutananSiti Nurbaya Bakar, dan Direktur Utama LPP RRI, Rosarita Niken Widiastuti.

    International Film Festival For Women, Social Issues, and Zero Discri-mination (IFFWSZ) memberikan pengharagaan kepada me-reka dianggap memberikan kontribusi yang besar untuk perubah-an. Diharapkan dengan adanya penghargaan ini akan banyak lagi perempuan-perempuan yang dapat membuat perubahan ke arah yang lebih baik, ujar Founder Festival, Damien Dematra.

    Itu penghargaan buat perempuan zaman kekinian. Zaman lampau pun negeri ini memiliki banyak perempuan hebat. Di Jepara, Jawa Tengah saja setidaknya ada tiga perempu-an yang besar perannya dalam sejarah Nusantara. Ketiga pe-rempuan itu adalah Ratu Shima, Ratu Kalinyamat. dan Raden Ajeng (RA) Kartini.

    Ratu Shima merupakan penguasa Kerajaan Kalingga sekitar tahun 648 hingga tahun 674. Mengacu catatan perjalanan mu-safir Tiongkok bernama I-Tsing, Kerajaan Kalingga diyakini bera-da di Keling, kawasan timur Jepara. Sejarah mencatat, Shima sangat dicintai rakyatnya. Ia menerapkan hukum yang keras dan tegas untuk memberantas pencurian dan kejahatan, serta untuk mendorong agar rakyatnya senantiasa jujur.

    Seusai Shima, sekitar delapan abad kemudian, muncul lagi tokoh perempuan di Jepara. Ratu Kalinyamat (meninggal tahun 1579), saat menjadi Bupati Jepara dikenal sebagai perempuan pemberani. Penjajah saat itu, Portugis, pun mengakuinya. Kebe-ranian Kaliyamat terhadap penjajah, antara lain dibuktikan de-ngan dua kali mengirim pasukan melawan Portugis.

    Sejarah mencatat, ada tahun 1550 Kalinyamat mengirim 4.000 tentara Jepara dalam 40 kapal memenuhi permintaan Sultan Johor untuk membebaskan Malaka dari kekuasaan bang-sa Eropa itu. Kalinyamat tak pernah jera meski serangan perta-ma itu belum mampu mengusir Portugis dari bumi Nusantara. Pada tahun 1565 ia kembali mengirim pasukannya, memenuhi permintaan orang-orang Hitu di Ambon untuk menghadapi gang-guan bangsa Portugis dan kaum Hative.

    Kendati dua kali mengalami kekalahan, Ratu Kalinyamat telah menunjukkan bahwa dirinya seorang wanita yang gagah berani. Bahkan Portugis mencatatnya sebagai rainha de Japara, senho-ra poderosa e rica, de kranige Dame, yang berarti Ratu Jepa-ra seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempu-an pemberani.

    Jepara kembali melahirkan tokoh perempuan pada akhir abad 19. Sang tokoh itu tidak lain adalah Raden Adjeng (RA) Kartini. Perempuan kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi, tokoh emansipasi pe-rempuan, dan negara telah menetapkannya sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Pemikiran-pemikirannya, kemudian diterbit-kan dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang, juga menjadi in-spirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia. (***)

    Syarat Membuat Serti kat Tanah

    SAYA ingin membuat sertifikat tanah. Ini baru pertama kali, mohon dijelaskan prosedur dan syarat-syaratnya. Terima kasih.

    +6285827763xxx

    SECARA umum, pembuatan sertifi-kat ada dua macam, yakni pembuat-an sertifikat yang dilakukan terhadap objek yang belum didaftar dan peme-liharaan data atau pensertifikatan untuk menyesuaikan perubahan, mi-salnya jual beli terhadap tanah yang

    sudah bersertifikat.Syarat dan prosedur diatur dalam Perkaban no 1 ta-

    hun 2012. Untuk pendaftaran tanah pertama kali atas konversi, berikut persyaratannya :1. Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditan-

    datangai pemohon atau kuasanya di atas materai cu-kup. Formulir permohonan mencakup :

    a. Identitas diri b. Luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon c. Pernyataan tanah tidak sengketa d. Pernyataan tanah dikuasai secara fisik2. Surat kuasa bila dikuasakan3. Fotokopi identitas (KTP, KK) pemohon dan kuasa bila

    dikuasakan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket

    4. Bukti pemilikan tanah / alas hak milik adat / bekas milik adat

    5. Fotokopi SPPT PBB tahun berjalan yang telah dico-cokkan dengan aslinya oleh petugas loket dan penye-rahan bukti SSB (BPHTB)

    6. Melampirkan bukti SSP/PPh sesuai dengan keten-tuan

    Setelah menyerahkan dokumen ke loket pelayanan, pemohon akan menuju loket pembayaran untuk mem-bayar biaya pengukuran, pemeriksaan tanah dan pen-daftaran hak. Selanjutnya proses pelayanan ini men-cakup pengukuran dan pemeriksaan tanah, dimana pemohon harus hadir. BPN kemudian akan melakukan pengumuman dan pembukuan hak serta penerbitan sertifikat, untuk selanjutnya diserahkan pada pemo-hon. Waktu pemrosesan ini diperkirakan akan mema-kan 98 hari. (*)

    Kanwil Badan Pertanahan Nasional DIY

    Ini Prosedur untuk Mengangkat Anak TRIBUN, mohon info tentang prosedurnya dan syarat-syaratnya untuk adopsi anak. Terima kasih.

    +6287321812xxx

    PADA dasarnya untuk mengu-rus pencatatan anak, secara umum diatur dalam Peraturan Walikota Yogyakarta nomor 90 Tahun 2012 tentang penyeleng-garaan administrasi kependu-dukan.

    Berdasarkan regulasi ini, pe-mohon harus mendapatkan penetapan/putusan Pengadilan Negeri untuk melakukan pencatatan pengangkatan anak. Ada beberapa dokumen yang harus diserahkan ke Pengadilan Negeri un-tuk mengikuti sidang, antara lain :A. Dokumen anak berupa akta kelahiranB. Dokumen orangtua anak berupa KK dan KTP

    hidupC. Dokumen calon orangtua angkat berupa KK

    dan KTP hidupJika sudah mengantongi penetapan / putus-

    an dari pengadilan, pemohon bisa melakukan pencatatan pengangkatan anak dengan menyi-apkan berkas berikut ini :a. Penetapan / putusan Pengadilan Negerib. Kutipan Akta Kelahiran Anakc. Kutipan Akta Perkawinan Orangtua Kandung

    (jika ada) da orangtua yang akan mengang-kat anak (jika ada)

    d. KK dan KTP orangtua kandung dan orangtua yang akan mengangkat

    e. Bagi penduduk orang asing dilengkpi fotokopi dengan menunjukkan aslinya :

    - Dokumen imigrasi

    - STLD dari kepolisian - Surat keterangan dari Pewakilan Negara yang

    bersangkutanf. Bagi pemohon Orang Asing Tinggal Trebatas

    membawa SKTT dan penduduk Orang Asing Tinggal Tetap membawa KK dan KTP

    g. Surat kuasa di atas materai cukup bagi yang dikuasakan

    Setelah melengkapi berkas-berkas di atas, berikut tata cara pengangkatan anak :1. Bagi pemohon : Pemohon datang ke instan-

    si dengan mengisi Formulir Pelaporan Peng-angkatan Anak dengan membawa persya-ratan yang diperlukan

    2. Instansi Pelaksana : - Menerima dan meneliti Formulir Pelaporan

    Pengangkatan Anak serta berkas persyarat-an

    - Mencatat dalam Buku Register Akta Kelahir-an dalam bentuk Catatan Pinggir

    - Melakukan Catatan Pinggi pada kutipan Akta Kelahira n dan menyerahkan kemba-li Kutipan Akta Kelahiran kepada pemohon

    - Melakukan perekaman data dan mencetak perubahan data kependudukan serta me-ngirimkan hasilnya ke kecamatan

    - Mengarsipkan berkas formulir permohonan dan berkas persyaratan

    3. Kecamatan : Menerima hasil pencetakan perubahan data kependudukan dari instan-si pelaksana dan mengirim ke kelurahan

    4. Kelurahan : - Menerima hasil pencetakan perubahan data

    kependudukan dari kecamatan - Mencatat perubahan data kependudukan

    dalam BIP (*)

    Disdukcapil Kota Yogyakarta

    YOGYA - Ditlantas Polda DIY mengimbau agar masyara-kat memperhatikan tanggal berlaku Su-rat Izin Mengemudi (SIM). Sejak 2015 kemarin, apabila masa berlaku lima tahunan habis, maka pemegang SIM diberikan waktu teng-gang tiga bulan untuk mem-perpanjang SIM dan bukan satu tahun seperti yang ber-laku dalam aturan sebelum.

    Penegasan ini juga sebagai pembetultan terhadap berita

    Terlambat Perpanjang SIM Tak Didenda yang dimuat

    di rubrik Hotline Public Service, Selasa (19/4).

    Kasi SIM Dit-lantas Polda DIY, Kompol Sri Wahyuni menga-takan, aturan

    tersebut berdasarkan surat dari Kakorlantas Polri No: ST/271/II/2015 menjadi No:ST/2652/XII/2015 pada 18 Desember 2015.

    Adapun isi dari surat terse-but antara lain perpanjangan

    SIM dapat dilaksanakan se-belum habis masa berlaku-nya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku. Kemudian, SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak me-lebihi batas waktu tiga bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya.

    Apabila melebihi dari tiga bulan, maka pengendara ken-daraan harus membuat SIM sesuai seperti prosedur baru, yakni dengan melakukan tes tertulis, kesehatan, dan tes praktik. (nto)

    Perpanjangan SIM Dibatasi hanya 3 Bulan

    DOK. TRIBUN JOGJA/SANTO ARI

    KAMPANYE TERTIB LALU LINTAS - Petugas Satlantas Polres Sleman melakukan kampanye tertib lalu lintas di kawasan Janti beberapa waktu lalu. Pengguna jalan diimbau mematuhi peraturan berlalu lintas, misalnya pengendara roda dua menggunakan helm standar, spion wajib dua, wajib menyalakan lampu di siang hari, serta dilengkapi STNK dan SIM. Sedangkan bagi pengendara roda empat difokuskan pada penggunaan sabuk keselamatan.

  • 5RABU KLIWON20 APRIL 2016likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja

    Sleman BantulJadikan Konsumen Nyaman

    Penertiban Toko Modern Harus Diiringi Penataan Pasar TradisionalS L E M A N ,

    TRIBUN - M e s k i p u n p e n a t a a n toko modern

    gencar dilaku-kan, upaya tersebut

    harus diiringi penataan pasar tradisional. Ini diperlukan un-tuk meningkatkan kapasitas dan kepercayaan masyarakat kepada pasar tradisional.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman, Pus-topo. Ia mengatakan penata-an pasar tradisional tersebut dibutuhkan agar masyarakat tidak enggan lagi berbelanja di pasar tradisional.

    Sehingga perlu dikondisi-kan bagaimana pembeli nya-man berbelanja di pasar. Se-bagian besar masyarakat yang beralih ke toko modern karena lebih praktis. Untuk itu perlu ditata, kata dia, Selasa (19/4).

    Menurutnya penertiban toko modern terus dilakukan, bah-kan sasaran awal adalah toko yang melanggar ketentuan ja-rak seperti yang diatur dalam Perda 18 tahun 2013 tentang toko modern, yaitu kurang dari satu kilometer dari pasar tradi-sional. Saat ini sudah ada 12 unit dari 89 unit toko modern yang ditutup lantaran ketentu-an ini.

    Penertiban akan terus di-lakukan sesuai dengan keten-tuan yang sudah diatur dalam perda. Prioritasnya memang yang berdekatan dengan pasar tradisional sehingga kegiatan perekonomian di dalamnya kembali normal, ujarnya.

    Kendati demikian, Pustopo meminta masyarakat mema-hami bahwa penertiban toko modern tidak semudah mem-balikkan telapak tangan. Pa-salnya banyak hal yang harus diperhatikan, seperti keber-langsungan tenaga kerja.

    Jangan sampai penertib-an tersebut juga membawa dampak negatif seperti kepada tenaga kerja yang ada di toko itu. Sehingga semua upaya berdampak baik, tidak ada

    yang dirugikan, kata dia.Sementara itu, Kepala Di-

    nas Pasar Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan upaya pe-nataan pasar tradisional terus dilakukan dari waktu ke wak-tu. Bahkan penataan tersebut mengarah kepada modernisasi pasar tradisional.

    Jadi bukan hanya ditata secara fisik, namun juga pe-nataan manajemen pengelo-laan pasar dan pedagangnya. Sehingga berdampak positif kepada layanan yang diberi-kan kepada pelanggan, ung-kapnya.

    ModernisasiMenurutnya saat ini sudah

    ada beberapa pasar tradisio-nal yang dimodernisasi, seperti Pasar Cebongan dan Pasar Sle-man. Secara fisik, pasar-pasar tersebut sudah rapi dan nya-man untuk dikunjungi.

    Di sisi lain, pedagang juga mulai diarahkan untuk me-nata displai dagangannya agar pelanggan lebih mudah memi-lih.

    Untuk fisik, penataannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan anggaran di APBD Sleman. Sedangkan untuk penata-an secara manajemen, kami berkerjasama dengan pihak akademisi untuk memberikan pengarahan kepada peda-gang, katanya. (tim)

    Jadi bukan hanya ditata secara fisik, namun juga pena-taan manajemen pengelolaan pasar

    Tri Endah YitnaniKepala Dinas Pasar Sleman

    Ratusan Polisi Mendadak Dites UrineBANTUL, TRIBUN - Ratusan personel polisi Bantul mendadak diminta menja-lani tes urine. Ini dilakukan untuk men-deteksi penyalahgunaan narkoba oleh Dokkes Polda DIY di Mapolres Bantul, Selasa (19/4).

    Kepala Satuan Reserse Narkoba (Ka-satresnarkoba) Polres Bantul, AKP Rudy Prabowo menuturkan, tes urine dilaku-kan tanpa diinformasikan sebelumnya kepada anggota.

    Mendadak. Biar mereka tidak ada per-siapan sehingga hasil yang kita dapatkan

    obyektif, ucapnya.Sebanyak 200 anggota dari polsek ma-

    upun polres menjadi sampel dari tes nar-koba yang diadakan. Rudi menjelaskan anggota yang dipanggil hanya diberi surat perintah tugas (sprint) untuk kegiatan so-sialisasi narkoba. Begitu sampai di Mapol-res mereka langsung diminta mengikuti tes urine.

    Kebanyakan anggota polisi yang menja-di sasaran tes narkoba menurutnya ada-lah yang dianggap rawan dalam penya-lahgunaan narkoba, seperti mereka yang

    sering terjun di lapangan. Karena kita ti-dak tahu kegiatan apa yang dilaksanakan anggota di luar pantauan, ujarnya.

    Selain diikuti anggota yang dipanggil, tes narkoba juga diikuti langsung oleh para petinggi Polres Bantul, termasuk Ka-polres.

    Rudy mengungkapkan, parameter yang digunakan dalam tes urine untuk menge-tahui ada tidaknya enam sampai tujuh je-nis narkoba dalam tubuh anggota. Seperti ganja, sabu, heroin, kokain, psikotropika dan lainnya. (apr)

    TRIBUN JOGJA/ANAS APRIYADI

    SAMPEL URINE - Personel Dokpol Polda DIY melakukan tes pada sampel urine polisi yang mengikuti tes narkoba di Mapolres Bantul, Selasa (19/4).

  • RABU KLIWON 20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja6 Gunungkidul-Kulonprogo

    Air Mata Mujiyati Tumpah Separuh Pasar Bendungan Tandas Dilalap Api

    Dua los saya hangus, habis

    semua termasuk gerabah dan kera-

    jinan anyaman Mujiyati

    Pedagang Pasar

    Pasar Semin

    KULONPROGO, TRIBUN - Dering panggilan telepon se-luler pada Selasa (19/4) pagi buta menjadi awal kepanikan sekaligus kesedihan Mujiyati (55), warga Ngulakan Keca-matan Kokap. Pagi itu, sua-ra dari seberang ponselnya mengabarkan Pasar Ben-dungan, tempat sehari-hari perempuan itu berjualan ter-bakar.

    Perempuan lebih dari sete-ngah baya itu bergegas me-nuju pasar untuk memasti-kan kondisi dua los miliknya. Sayang, sesampai di lokasi api telah membubung tinggi penuh asap mengepul.

    Sejumlah kios di bagian luar pasar memang terlihat aman dari si jago merah. Namun Mujiyati dan juga banyak pedagang lain tidak menemukan jalan merangsek ke dalam.

    Tidak bisa masuk terha-lang api. Saya hanya bisa me-lihat los-los bagian dalam ter-bakar. Dua los saya hangus, habis semua termasuk gera-bah dan kerajinan anyaman, ujar Mujiyati yang pagi itu tak kuat menahan tetes air matanya.

    Mujiyati gagal menyela-matkan gerabah dan kera-jinan anyaman barang da-gangannya. Perempuan itu sungguh menyesalkannya. Sehari sebelum kejadian, dia mengaku baru saja menyetok atau kulakan barang senilai Rp2 juta menggunakan uang pinjaman.

    Belum sampai dagangan-nya terjual apalagi mengem-balikan pinjaman, kebakaran itu lebih dulu membuatnya pasrah. Tangisnya pecah di antara puing-puing los pa-sar dan lalu lalang petugas pemadam yang tengah sibuk pemadaman.

    Kebakaran itu diperki-rakan terjadi sekitar pukul 03.30 ketika tak satu pun pedagang menginap di pasar itu. Seperti hari-hari biasa-nya, pasar itu hanya dijaga dua atau tiga penjaga malam yang berpencar di sekitar pa-sar. Gerbang pasar selalu kami kunci dan kami berja-ga tidak di satu tempat, ujar seorang penjaga malam, Na-nang.

    Di tengah sepi dan lengang-nya kompleks pasar, pagi itu Nanang yang setengah ter-lelap mendadak mencium

    bau gosong benda terbakar. Merasa curiga, dia beranjak dan mengamati bagian dalam pasar. Dia melihat asap dan percikan api dari dalam ge-robok kotak kayu penyimpan barang milik pedagang.

    Nanang sempat kebingung-an. Di pasar itu tidak satu pun pedagang menginap. Sebelum api melalap seisi pasar, dia bergegas mencari dan membangunkan rekan jaga malamnya, Wakidi.

    Sementara Wakidi terba-ngun dan langsung mencari bantuan ke kompleks Kantor Kecamatan Wates tak jauh dari pasar, Nanang berlari keluar menuju sudut-sudut pasar tempat sejumlah war-ga biasa kongko. Sayang, tak satu pun warga terlihat di sekitar pasar pada pagi buta itu.

    Pak Wakidi membangun-kan penjaga malam masjid dan kantor kecamatan. Ada yang menelepon polisi, ada yang menyiarkan lewat pe-ngeras (suara) masjid. Tapi ketika saya kembali ke pasar apinya sudah terlalu besar, ujar Nanang.

    Kejadian itu berlangsung cepat. Nanang dan penja-ga lain serta warga yang mendengar pengumuman pengeras suara masjid ber-bondong-bondong ke loka-si. Mereka membawa mesin pompa untuk mengambil air dari sumur masjid. Sementa-ra menunggu tim pemadam, warga berusaha mencegah kebakaran membesar.

    Mayoritas ludesMeski kemudian sejumlah

    mobil pemadam tiba di loka-si, api telah lebih dulu me-lalap sebagian besar pasar itu. Hingga pagi benar-benar tiba, tim pemadam dan war-ga serta kepolisian masih si-

    buk menyisir titik-titik api di dalam pasar.

    Sebagian pedagang pemi-lik kios di bagian luar masih sempat menyelamatkan da-gangannya. Namun kira-kira dua per tiga los di bagian da-lam pasar terlihat ludes dan hangus terbakar bersamaan dengan hancurnya atap dan bangunan pasar.

    Pantauan di lokasi, yang tersisa dari bangunan dalam pasar itu hanya pilar-pilar penyangga dan sejumlah los di sisi barat serta sejumlah kios yang menghadap ke-luar pasar. Seperti halnya Mujiyati, para pemilik los di bagian dalam pasar pasrah karena dagangannya telah hangus.

    Rugi Rp400 jutaPemilik lima los dan satu

    kios di pasar itu, Suparyono (58), bahkan menaksir keru-gian dialaminya mencapai Rp400 juta. Selain karena barang dagangannya hangus terbakar, uang Rp22 juta yang disimpannya di pasar itu juga dipastikan melebur jadi debu dilalap api.

    Padahal Rp22 juta itu rencananya untuk belanja barang. Tapi sudah lah saya pasrah itu semua hak Al-lah, semoga mendapat ganti rezeki, ujar pedagang asal Wonosidi Kecamatan Wates yang sudah berjualan sela-ma 18 tahun di pasar itu.

    Suparyono memang se-dang tidak berada di pasar itu. Dia hanya mendapat kabar kebakaran dan lang-sung menuju lokasi. Namun begitu sampai di lokasi, api sudah besar dan tidak sem-pat menyelamatkan barang dagangannya.

    Demikian juga dialami pedagang lainnya. Tuginem (60), pedagang gerabah itu juga pasrah karena dagang-annya di tiga los pasar tak tersisa. Ketika dari rumah-nya di Kuncen menuju lo-kasi, Tuginem sudah tidak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan barang di pasar.

    Pemilik kios lainnya, Sar-jono (52) juga harus kehi-langan kios beserta alat-alat pertanian. Sudah hangus semua belum tahu perkira-an kerugiannya. Kami harap pemerintah segera memper-baiki pasar agar kami bisa jualan lagi, ujarnya. (ose)

    Diduga Akibat Korsleting ListrikKEBAKARAN sebagian Pasar Bendungan di Kecamatan Wa-tes, Selasa (19/4) pagi, me-rupakan kali kedua setelah sebelumnya musibah serupa terjadi di pasar ini pada 2013. Meski demikian, kebakaran kali ini jauh lebih besar.

    Kepala UPTD Pasar Ben-dungan, Siti Rokhayah, menga-takan musibah yang dimulai sekitar pukul 03.30 terse-but tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, puluhan kios dan los di dalam pasar tandas ter-bakar.

    Dia menyebutkan, berdasar data sementara ada 41 kios terbakar dari total 148 kios di pasar itu. Disebutkan, sebagi-an dari 21 unit di kios A masih bisa diselamatkan. Namun di kios B yang terdiri atas 19 unit terbakar sehingga barang da-gangan di dalamnya ludes.

    Selain kios, setidaknya 15 blok dari total 29 blok los ha-ngus dilalap api. Kios kelon-tong serta blok los yang ma-sing-masing berisi 20 kapling milik pedagang sembako ter-sebut juga hangus. Ini le-

    bih besar dibanding kejadian 2013, kata Siti.

    Peristiwa pada Selasa pagi buta itu benar-benar membu-at para pedagang Pasar Ben-dungan kalap. Sebagian besar mereka pasrah tidak bisa me-nyelamatkan barang dagangan yang ditinggal di pasar itu.

    Upaya warga, tim pemadam dari Kulonprogo dan Kota Yog-yakarta serta Bantul serta mo-bil Water Canon kepolisian bahkan silih berganti. Hingga terik matahari pagi menimpa, kompleks pasar itu masih me-ngepulkan asap dan memper-lihatkan bara menganga serta sejumlah titik api di bagian da-lam pasar.

    Tim pemadam pun berjiba-ku menyisir titik-titik api terse-but, sementara kepolisian juga membentangkan garis poli-si di sekeliling lokasi kebakar-an. Di tengah kerumunan war-ga dan pedagang yang masih bisa menyelamatkan dagang-an, rombongan Bupati Kulon-progo Hasto Wardoyo turun la-pangan.

    Hasto mengatakan berda-sarkan keterangan sejumlah saksi kebakaran dipicu arus pendek atau korsleting listrik di dalam pasar. Menurut ke-terangan penjaga pasar titik

    api di tengah, kemudian cepat menjalar ke segala arah. Saat diketahui api sudah besar, kata Hasto.

    Menindaklanjuti kejadian itu, Hasto menyatakan pemkab akan merelokasi sementara para pedagang ke lapangan di sisi Kantor Kecamatan Wates. Harapannya, aktivitas ekonomi masyarakat dapat segera kem-bali berjalan. Adapun rencana pembangunan akan segera di-lakukan setelah koordinasi ke-tersediaan anggaran.

    Kapolres Kulonprogo, AKPB Nanang Djunaidi, menyatakan dugaan sementara memang akibat korsleting listrik. Menu-rutnya, saksi penjaga pasar menyebut titik awal api men-jalar di bagian los tengah pa-sar. Meski demikian, AKBP Nanang menegaskan tim ina-fis dan labfor harus lebih dulu melakukan penyelidikan dan olah TKP.

    Sementara kami garis po-lisi untuk keamanan lagi pula masih ada titik api dan tiang atap rawan runtuh serta ta-bung-tabung gas di dalam ra-wan meledak, kata Kapolres. Ada pun perkiraan jumlah ke-rugian sejauh ini masih dalam perhitungan dan koordinasi de-ngan lurah pasar. (ose)

    TRIBUN JOGJA/YOSEPH HARY

    DI ANTARA PUING - Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan bara hingga pagi tiba, sejak api mulai membakar lebih dari separuh Pasar Bendungan Wates Kulonprogo, Selasa (19/4) pagi.

    TRIBUN JOGJA/YOSEPH HARY

    SISA DAGANGAN - Seorang pedagang mengais sisa barang dan dagangannya di antara puing-puing sisa kebakaran Pasar Bendungan Wates Kulonprogo, Selasa (19/4) pagi.

    TRIBUN JOGJA/YOSEPH HARY

    TERONGGOK - Bangkai truk teronggok di selokan tepi Jalan Wates-Purworejo Desa Kalidengen Kecamatan Temon, setelah menabrak tiga kios di sisi jalur nasional tersebut, Selasa (19/4) pagi.

    Truk Oleng Tabrak Tiga Kios KULONPROGO, TRIBUN - Oleng dan menabrak tiga kios di tepi Jl Wates Purwo-rejo Desa Kalidengen Keca-matan Temon, truk BG 8977 YB yang dikemudikan war-ga Magelang, Muhammad Agung Ashadi (47), akhirnya terjun ke selokan, Selasa (19/4) pagi.

    Ashadi mengalami luka memar sedangkan kernet-nya, Hendra Cipta (83), mengalami luka di bagian kepala.

    Keduanya sempat terjepit kabin truk saat terjun ke se-lokan sedalam lebih kurang tiga meter. Beruntung, kedu-anya selamat dan menjalani

    perawatan medis di rumah sakit terdekat.

    Informasi dihimpun dari anggota polisi di lokasi, ke-celakaan itu terjadi saat truk melaju dari arah Yogyakarta menuju Purworejo. Saat itu dari arah berlawanan sebuah mobil melaju kencang me-nyalip kendaraan di depan-nya.

    Diduga sopir truk kaget sehingga berusaha menghin-dar. Nahas, sopir Ashadi ga-gal mengendalikan truknya. Truk muatan kosong itu pun oleng tak terkendali. Beru-saha menghindari tabrakan, sopir truk lantas banting ke-mudi ke kiri.

    Namun di sisi kiri berde-ret kios pedagang semangka. Tiga kios itu pun rusak berat akibat ditabrak truk itu. Sete-lah menghabisi tiga kios, truk masih menabrak dua pohon perindang di tepi jalur nasio-nal hingga akhirnya terjun ke selokan.

    Pemilik kios, Suhadi, me-ngatakan saat kejadian di-rinya sedang tidak menjaga kios itu. Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan kor-ban jiwa. Namun, Suhadi mengaku harus mengalami kerugian hingga Rp4 jutaan karena kiosnya rusak parah.

    Menurutnya, kepolisian sudah menyatakan akan me-mediasi dirinya dengan sopir truk yang kini masih men-jalani perawatan di RS Rizki Amalia. Meski memaklumi musibah kecelakaan itu, Su-hadi juga berharap mendapat ganti rugi.

    Kalau melihat bekasnya tidak ada pengereman. Ke-mungkinan truk memang melaju kencang tapi tak ter-kendali, katanya.

    Sementara ini, kecelakaan tersebut masih ditangani unit laka Polres Kulonprogo. Pagi itu anggota polisi juga lang-sung melakukan olah TKP. (ose)

    Tak Serius, Izin Investor Dicabut GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Bupati Gunungkidul, Badingah menegaskan pemkab akan tegas terhadap investor yang tidak serius untuk menanamkan modalnya di kabupaten terluas di DIY ini. Jika sejak setahun setelah diterbit-kan izin prinsip calon investor tidak se-gera melakukan kegiatan riil, maka izin yang sudah dikeluarkan akan dicabut.

    Kami minta kepada investor yang sedang berproses untuk segera meleng-kapi izinnya. Saya tidak ingin investor yang sudah mendapatkan izin hanya diam saja, kata bupati menanggapi adanya investor yang tidak melakukan kegiatan meski sudah mendapatkan izin prinsip dari pemerintah, Selasa (19/4).

    Dia menjelaskan, dalam beberapa ta-hun terakhir minat investor untuk me-nanamkan modalnya di Gunungkidul

    cukup tinggi. Tidak hanya di sektor in-dustri saja, banyak calon investor yang juga hendak menanamkan modalnya di sektor pariwisata.

    Pemkab Gunungkidul sendiri saat ini sangat membutuhkan peran serta dari para investor. Untuk membangun Gunungkidul, diperlukan masuknya investasi, terutama dalam menyedikan sarana dan prasarana pendukung dunia pariwisata.

    Namun demikian, pemerintah juga membutuhkan komitmen dari para investor untuk benar-benar melaksa-nakan investasinya. Jangan sampai, kesempatan yang diberikan oleh peme-rintah dengan memberikan kemudah-an perizinan malah tidak ditindaklan-juti oleh pemilik modal.

    Untuk mendukung iklim investasi di

    Gunungkidul, imbuh Badingah, peme-rintah akan memberikan insentif bagi para investor. Selain mempermudah perizinan, pemerintah juga akan mem-fasilitasi sarana infrastruktur, teruta-ma pasokan listrik dan jalan.

    Saat ini, pemerintah bersama pihak terkait termasuk investor dan PLN te-ngah melakukan kajian kebutuhan listrik di Gunungkidul. Jika memang nantinya daya listrik tidak mencukupi, pemerintah akanh mengajukan tam-bahan listrik kepada pemerintah pusat.

    Sementara itu, Penjabat Sekda Gu-nungkidul, Supartono mengungkap-kan, untuk memenuhi kebutuhan listrik, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi VI DPR RI, untuk me-minta tambahan pasokan listrik dari PLN. (has)

    Gunungkidul Tuan Rumah MTQ 2016

    GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Gunungki-dul akan menjadi tuan rumah penyeleng-garaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat DIY, yang dilaksanakan pada Jumat (22/4)-Minggu (24/4).

    Kegiatan ini menjadi salah satu bagian untuk menyeleksi wakil DIY, yang akan di-ikutkan dalam MTQ tingkat nasional yang akan digelar Agustus mendatang.

    Ketua panitia MTQ 2016, Tommy Ha-rahap mengatakan, kegiatan ini akan diikuti 265 kalifah dari perwakilan kabu-paten kota di DIY. Diawali dengan bazar dan panggung hiburan, musda LPTQ , pelepasan taaruf dan pelaksanaan lomba mulai Sabtu (23/4).

    Perlombaan MTQ ini akan dilaksanan di beberapa lokasi di sekitar Wonosari. Di an-taranya di kantor Setda pemkab Gunung-kidul, DPPKAD, Bappeda, SD Al Mujahi-

    din, Masjid Al Ikhlas WonosariIni juga menjadi ajang untuk seleksi

    wakil DIY dalam MTQ tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang, ucapnya, Selasa (19/4).

    Sebagai tuan rumah, Tommy berharap seluruh wakil Gunungkidul bisa berjuang semaksimal mungkin sehingga menjadi yang terbaik.

    Sekretaris Umum MTQ DIY, Bambang menambahkan, untuk menyuskeskan kegiatan ini, pihaknya sudah menyiap-kan segala keperluan untuk perlombaan tingkat DIY ini.

    Meskipun kita baru pertama kali men-jadi tuan rumah MTW tingkat DIY, na-mun sudah berusaha maksimal. Berba-gai persiapan sudah dilakukan termasuk akomudasi peserta dan panitia, imbuh-nya. (has)

  • RABU KLIWON20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja

    Region Timur 7

    Ia hanya berada di ruang tung-gu. Ketika saya tanya mengapa belum masuk,

    yang bersangkutan mengatakan tak

    mau karena tanpa didampingi kuasa

    hukum TRISNO RAHARJO

    Tim Advokasi PP Muhammadiyah

    Mbah Marso Batal Jadi Saksi Propam Polri Larang Kuasa Hukum Dampingi Keluarga Siyono

    ANTARA FOTO/MAULANA SURYA

    CANTIK - Penyanyi keroncong, Waljinah (kedua kanan) didampingi sejumlah karyawati The Sunan Hotel Solo membaca-kan surat-surat RA Kartini dalam acara Kartinis Celebration di Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/4).

    KLATEN, TRIBUN - Mbah Marso (70) batal memberi-kan keterangan pada sidang kode etik anggota Densus 88, yang diduga menyalahi standar saat penangkapan anaknya, Siyono. Pasalnya, Divisi Propam Mabes Polri tak memperbolehkan diri-nya didampingi tim kuasa hukum.

    Dikatakan Tim Advokasi Kemanusiaan PP Muham-madiyah, Trisno Raharjo, pihaknya datang ke Jakarta atas undangan Divisi Pro-pam Polri, untuk menjadi saksi sidang etik profesi. Menindaklanjuti undangan tersebut, Mbah Marso ber-sama enam orang lainnya mendatangi mabes sesuai undangan.

    Kami datang sekitar pu-kul 08.00, tapi baru bisa masuk pukul 09.30. Hal itu karena penjagaannya ke-tat sekali, harus menunggu terlebih dahulu. Dari tujuh orang, hanya empat orang yang diperbolehkan masuk gedung Mabes Polri. Dua orang advokat termasuk saya, Mbah Marso dan Pak Wagiyono (kakak Siyono), ujar Trisno, Selasa (19/4).

    Namun demikian, dari empat orang yang boleh masuk gedung Mabes Polri, ternyata hanya Mbah Marso seorang yang diundang un-tuk menuju ruangan sidang. Sepuluh menit berselang, tiga orang yang menunggu diperbolehkan bergabung bersama ayah Siyono.

    Ternyata mbah Marso be-lum masuk ruangan sidang,

    ia hanya berada di ruang tunggu. Ketika saya tanya mengapa belum masuk, yang bersangkutan menga-takan tak mau karena tanpa didampingi kuasa hukum. Padahal, dari Divisi Propam tak membolehkan jika mem-beri keterangan dengan di-dampingi advokat. Jadi ia (Mbah Marso) batal memberi keterangan. Ia pun disodori surat untuk tak mau mem-beri keterangan oleh Polri, katanya.

    Selain tak jadi memberi-kan keterangan, usut punya usut Marso juga disuruh membubuhkan tandata-ngan. Setelah ditelusuri tim advokat, ayah Siyono ter-nyata disuruh menandata-

    ngani daftar hadir. Saya minta mana buk-

    tinya, namun hingga sore ini tak diberikan. Namun, saya sudah dapat jaminan Brigjen Agus, sebagai ketua sidang komisi etik tak akan menyalahgunakan tanda-tangan itu. Ya sudah saya tak mempermasalahkannya lagi, ungkap Trisno.

    Terkait persidangan etik tersebut, tim pengacara tak ambil pusing. Hal itu karena prosesi tersebut merupakan prosedur internal dari Polri.

    Namun begitu, ia memin-ta agar kasus tersebut tetap diteruskan ke ranah hukum pidana. Selain itu, pihaknya meminta agar kasus itu di-buka secara gamblang.

    Langsung PulangMerasa tak dibutuhkan

    keterangannya lagi, Mbah Marso dan keluarganya di-dampingi Pimpinan Dae-rah Muhammadiyah (PDM) Klaten pulang Klaten. Menu-rut Trisno, itu sudah dibica-rakan dengan ketua sidang, apakah kliennya tersebut dapat pulang atau tidak.

    Ketua PDM Klaten, Husni Thamrin mengatakan, Mbah Marso mengaku trauma terhadap apa yang dirasa-kannya. Mbah Marso syok karena berdasarkan penu-turannya, keengganannya masuk juga berdasarkan atas peristiwa anaknya yang meninggal. Anak saya saja dibawa polisi tak pulang kok. Begitu omongannya, itu tidak kita setel (rekayasa) dan lain sebagainya, terang Husni. (pdg)

    PPDRI Keluhkan Potongan Bank KlatenKLATEN, TRIBUN - Persa-tuan Perangkat Desa Repub-lik Indonesia (PPDRI) Klaten mempersoalkan potongan sebesar 6 persen yang dila-kukan PD BPR Bank Klaten terhadap penghasilan tetap (siltap). Meskipun diklaim telah menemukan solusi, perangkat meminta bank se-gera menerbitkan surat pen-cabutan potongan tersebut sesuai peraturan yang ada.

    Ketua Bidang Organisasi PPDRI, Siswanto mengung-kapkan, surat potongan ter-sebut telah sampai kepada pemerintah desa yang telah menerima siltap pada bulan Maret. Pada surat tersebut yang ditulis secara jelas, ada potongan sebanyak enam persen.

    Untuk kepala desa, dari siltap yang seharusnya Rp3.000.000 menjadi Rp2.820.000, sek-des non PNS dari Rp2.400.000 man-jadi Rp2.256.000. Sedangkan perang-

    kat setingkat Kaur ma-upun Kadus, yang se-mestinya menerima Rp1.800.000 dipotong

    menjadi Rp1.692.000. Apakah ini benar dari

    pegawai bank, terus dimana nomor suratnya. Lalu, saya mempermasalahkan penu-lisan kata Siltap yang seha-rusnya menggunakan huruf p dibelakangnya, ini kok b jadi Siltab. Berikutnya, penghasilan tetap bukan ho-nor karena honor itu kena pajak, tegas Siswanto, Sela-sa (19/4).

    Lebih lanjut ia mengata-kan, berdasarkan peratur-an menteri keuangan (PMK) nomor 122/PMK.010/2015, batasan penghasilan tidak kena pajak (PTKP) adalah Rp36 juta. Dirinya menye-but, keluhan tersebut dida-patkan dari perangkat desa yang telah menerima siltap.

    Kami telah melaku-kan audiensi dengan Bank

    Klaten, mereka bilang su-dah meminta meminta maaf akan hal tersebut. Pihak kami sendiri meminta un-tuk suratnya dibenahi, hal itu berkaitan juga frasa dan konteks kalimatnya, tutur-nya.

    Dikonfirmasi, Dirut Bank Klaten Tulus Yunianto berki-lah tentang adanya potongan itu. Ia menjelaskan, potong-an itu merupakan tindakan untuk berjaga-jaga.

    Tak ada, kalau berani mo-tong, apa tidak namanya bu-nuh diri? Kalau potongan itu buat njagani (berjaga-jaga) kalau ada apa-apa. Yang pasti potongan itu masih berada di rekening desa, tu-turnya.

    Disinggung mengenai lan-

    dasan hukum pemotongan tersebut, Tulus tak menja-wab secara jelas. Ia hanya mengatakan, hal itu untuk berjaga-jaga. Selain itu, di-rinya menyebut Plt Kasubag Dana yang membuat surat bukan dirinya.

    Asisten Bidang Pemerin-tahan Sekda Klaten, Bam-bang Sigit, terlihat lepas ta-ngan atas persoalan itu. Ia menyebutkan, kewenangan memotong hanya dapat dila-kukan bendahara desa mela-lui surat kuasa.

    Tanya bank saja, saya tak tahu. Kalau mesti dipotong harus ada permintaan dari pemilik rekening dalam hal ini pemerintah desa, mela-lui bendahara desa kepada bank, kata dia. (pdg)

    13 Desa Ditunjuk Jadi DLAKLATEN, TRIBUN - Sebanyak 13 desa di Kabu-paten Klaten ditunjuk sebagai percontohan Desa Layak Anak (DLA). Tujuannya mengeliminasi ke-kerasan pada anak.

    Tim Teknis Pengembangan Kota Layak Anak (KLA) Klaten, Muhammad Rafal mengatakan, pada 2015 lalu ada 39 kasus kekerasan yang di-alami anak. Berangkat dari kasus itu, pihaknya menerjunkan tim hingga ke desa untuk mengen-dus, sekaligus mendekatkan pelayanan agar ka-sus kekerasan pada anak tak terjadi.

    Harapannya, jika terendus ada tindakan keke-rasan yang menimpa anak-anak, segera menda-patkan penanganan, ujar staf Seksi Pemberdaya-an Perempuan dan Anak Kantor PPKB Klaten di Aula Gedung Dharma Wanita, Selasa (19/4).

    Rafal mengatakan, ada dua cara bisa ditempuh ketika masyarakat menemui suatu tindak keke-rasan di lingkungan mereka. Pertama menghu-bungi pemerintah desa setempat atau langsung menghubungi kami (Kantor PPKB Klaten) melalui kontak personal yang telah di-sediakan, katanya.

    Disebutkan, dari 39 ka-sus kekerasan pada anak di Klaten, 42 orang diantaranya sebagai korban, dengan 47 tersangka. Kami bekerjasama Perhimpunan Advokat Indo-nesia (Peradi) untuk mendam-pingi anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Kami juga ada Pusat Pelayanan Ter-padu Pemberdayaan Perem-puan dan Anak (P2TPA), serta Komisi Perlindungan Anak (KPA) Klaten, lanjutnya.

    Adapun 13 desa itu adalah Somorejo dan Trotok (Keca-matan Wedi), Paseban dan Ba-nyuripan (Kecamatan Bayat), Tonggalan- Klaten Tengah, Ti-tang-Jogonalan, Tlogo-Pram-banan, Jabung-Gantiwarno, Sentono-Karangdowo, Ng-abean-Karanganom, Ga-tak-Delanggu, Geret-Trucuk dan Bayan di Pedan. (pdg)

    DATA KEKERASAN

    PADA ANAK 2015Traficking : 0Pemerkosaan : 9 kasusPersetubuhan : 9 kasusMelarikan Perempuan : 1 kasusSodomi : 2 kasusCabul : 6 kasusPencurian : 2 kasusPenganiayaan/Pengeroyokan : 9 kasusPenculikan : 0Penelantaran : 1 kasus

    Total : 39 kasus, korban 42 orang,tersangka 47, diproses hukum 36,diselesaikan secara kekeluargaan : 2

    Nomor telpon yang bisa dihubungi jikaterjadi kekerasan pada anakSyakur 08122645291 dan HariSuroso 081329319089

    GRAFIS/FAUZIA RAKHMAN

  • RABU KLIWON20 APRIL 2016

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja

    KORBAN PELECEHAN SeksSaat SD

    ARTIS YANG PERNAH ALAMI PELECEHAN SEKS

    1. RIEKE DIAH PITALOKA

    Rieke pernah mengalami pelecehan saat ia bertugas sebagai wakil rakyat. Ia mengalami pelecehan saat dirinya berkunjung ke RS di Labuan Bajo. Waktu itu, ia bersama dengan beberapa orang dari Komisi 9 DPR - RI berkunjung ke sana untuk menyidak, apa saja kendala yang ada di daerah.

    Namun, secara tidak disangka ada seorang dokter yang berlaku tidak sopan kepadanya. Awalnya dokter itu memanggilnya dengan nama Oneng, tetapi Rieke masih toleran.

    Sampai kemudian mereka melakukan sesi foto dan dokter tersebut memaksa untuk merangkulnya. Rieke yang merasa tidak nyaman, menolak dirangkul. Tetapi sang dokter memaksa, dan mengatakan bahwa harusnya sebagai publik gur ia sudah biasa dirangkul oleh orang lain.

    Setelah itu, si dokter meminta untuk melakukan sesi foto sekali lagi. Dan kali ini ia meminta izin untuk mencium Rieke, yang jelas langsung ditolak oleh politisi cantik ini.

    2. KIKI FATMALA

    Kiki pernah alami pelecehan seks saat syuting sebuah lm horor. Saat itu ia menuding artis Saiful Jamil pernah melecehkannya saat adegan pijat memijat. Kiki saat itu dalam kondisi topless.

    Saipul memijat Kiki mulai dari pundak sampai bagian bokong. Tetapi adegan harus berhenti lantaran Kiki merasa diremas bagian bokongnya. Ia pun langsung bangkit dan menampik pijatan Ipul.

    3. DEWI SANCA

    Pedangdut Dewi Sanca mengaku pernah dilecehkan oleh Arya Wiguna. Arya Wiguna terkenal karena perseteruannya dengan Eyang Subur. Kejadian itu berlangsung saat Arya menginap di rumahnya.

    Bentuk pelecehannya adalah mengajak berhubungan intim dan sempat menarik celana dan baju. Namun, Arya membantah hal tersebut.

    4. WIDY VIERRATALE

    Widy mengalami pelecehan saat ia pulang dari kafe. Kejadian berlangsung saat Widy tengah sendirian. Akibat pelecehan tersebut tiga orang ditangkap polisi.

    5. RENDY PANGALILA

    Perlakuan tidak menyenangkan itu dialami oleh Randy saat ia mengawali karirnya di dunia hiburan. Seorang pria yang mengaku sebagai produser menawarinya jalan cepat untuk menjadi artis, dengan syarat Randy harus mau berhubungan intim dengannya.

    Tentu saja Randy menolak tawaran pria itu. Ia memilih untuk meniti karirnya mulai dari bawah dan akhirnya namanya berkibar melalui sinetron Cinta Fitri.

    6. JUPITER FOURTISSIMO

    Jupiter pernah mengalami pelecehan seksual saat ia masih kecil. Saat itu, ia diasuh orang lain lantaran kedua orang tuanya bercerai.

    Pelecehan itu pun membuat Jupiter sempat limbung di masa peralihan dari remaja hingga dewasa.

    7. CICI PANDA

    Presenter ini mengakui bahwa ia mengalami pelecehan oleh guru renang saat ia masih kecil. Setelah ia dewasa. Cici diberitahu temannya bahwa sebenarnya sang guru tidak boleh melakukan hal itu.

    ARTIS musik Maia Estianty berpendapat anak-anak perlu mendapat pendidikan seks agar anak-anak terhindar dari

    pelecehan seksual."Kenapa pendidikan seks penting. Saya

    pernah mengalami pelecehan seksual sewaktu zaman SD (sekolah dasar)," kata Maia menjadi pembicara ketika menghadiri peluncuran buku pendidikan seks untuk anak di Hotel Grand Mahakam, di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (19/4).

    Maia mengatakan pelecehan seksual itu terjadi ketika ia bertandang ke rumah pamannya. Seorang pembantu pamannya menyentuh beberapa bagian tubuhnya.

    Menurut Maia, kala itu dia tidak mengetahui bagian-bagian vital seorang perempuan. Sebab,

    Maia tidak pernah mendapat pendidikan seks oleh orangtuanya.

    "Pada saat itu saya tidak diajarin kepada saya. Jadi kenapa, pendidikan seks terutama kepada perempuan itu harus benar-benar diajarkan," ujarnya.

    Mantan istri Ahmad Dhani ini menambahkan, ketika itu ia masih polos.

    Oleh karenanya, Maia hanya diam dan tidak berbuat apa - apa ketika mendapatkan pelecehan seksual. "Saya sempat digerayangi oleh tangan pelaku yah disekujur tubuh saya," ungkapnya.

    "Kalau trauma enggak, tapi membekas iya. Trauma yang ketakutan gimana gitu enggak, tapi membekas," sambung ibu tiga anak ini. (ari/wly)

    MAIA ESTIANTY

    BUNGA Citra Lestari merasa ketagihan untuk berolahraga memanah.

    Karena, artis yang akrap disapa BCL ini berperan sebagai atlet panahan, Nur Fitriyana dalam film '3 Srikandi.

    Walaupun kesulitan dan bikin ketagihan, ternyata olahraga menurut wanita yang kerap dipanggil Unge ini, anggap memanah adalah olahraga yang adiktif.

    "Waktu yang pendek menjadi penanah yang profesional. Karena nagih, begitu bisa manahan kita nagih itu adiktif banget. Ini bukan olahraga yangg gampang," kata Unge kepada wartawan saat ditemui dalam launcing trailer film 3 Srikandi di XXI Plaza Indonesia dikawasan Jakarta Pusat, Senin (18/4).

    Tidak hanya itu, merasakan adiktifnya olahraga panahan

    membuat tubuh dari penyanyi berusia 33 tahun ini terluka.

    Hal ini dikarenakan, Unge harus bisa memanah agar peran yang ia ambil terlihat natural.

    "Sempet kena panahan yah tangan aku lebam dan kebetulan tanganku agak miring. Tapi yah jadi adiktif banget sama olahraga ini," ungkapnya.

    Ternyata, walaupun sudah luka - luka akibat syuting menjadi atlit panahan, tidak membuat istri dari Asraf Sinclair ini kapok meneruskan olahraga tersebut.

    Karena, suami Unge rupanya hobi juga dalam menekuni olahraga memanah ini.

    Unge pun mengucapkan

    kalau Asraf tidak kaget ketika istrinya luka - luka saat latihan panahan.

    "Asraf main panahan. Dia juga tau main panahan seperti apa," ucapnya.

    Dalam film 3 Srikandi, Bunga Citra Lestari tidak sendirian.

    Ia pun berduet dengan artis papan atas Indonesia lainnya seperti Reza Rahadian, Tara Basro, dan Chelsea Islan.

    Film 3 Srikandi adalah sebuah film yang menceritakan sejarah tiga atlit panahan perempuan.

    Dimana tiga atlit tersebut bernama Lilies Handayani, Nur Fitriana, dan Kusuma Wardhani.

    Film ini juga diproduksi oleh Multivision Plus Picture yang disutradarai oleh Iman Brotoseno. (ari/wly)

    CINDY Lazar, kekasih artis Sonny Tulung, mengalami trauma usai mengalami perbuatan tak menyenangkan.

    Karena itu Cindy akan dirujuk ke psikiater untuk menjalani pemeriksaan psikologis.

    "Kami mengalami pergolakan atas peristiwa ini sebab sangat tidak menyenangkan. Ini, kami akan membuat rujukan ke Psikiater," tutur Sonny Tulung di Mapolda Metro Jaya.

    Secara pribadi, dia memberikan dukungan moril kepada kekasihnya yang menjadi korban pelecehan itu. Dia mendampingi selama Cindy menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya.

    Untuk menyelesaikan masalah itu, dia sudah melaporkan kasus ke aparat kepolisian. Selain itu, dia berupaya

    menghubungi terlapor. Namun tak ada itikad baik.

    "Kami berharap, dia (terlapor) beritikad baik. Saya masih mengirim Whatsup dan SMS untuk klarifikasi kepada terlapor. Tapi dia tidak menanggapi. Sampai detik ini tak ada usaha klarifikasi dari mereka," tambahnya.

    Selasa silam kekasih sekaligus calon istri presenter Sonny Tulung melaporkan seorang GM perusahaan otomotif terbesar yang berada di Karawang, Jawa Barat, ke Polda Metro Jaya.

    Laporan tersebut telah resmi diterima polisi dengan nomor LP/1738/IV/2016/PMJ/Dit. Reskrimum tertanggal 12 Maret 2016.

    Perempuan bernama Cindy Lazar tersebut melaporkan GM berinisial TJD

    atas tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan berdasarkan Pasal 335 KUHP. (gle/wly)

    BCL Ketagihan

    Bawa Pacar ke Psikiater

    SONNY TULUNGWARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO

    BUNGA CITRA LESTARITRIBUNNEWS/JEPRIMA

    Lelucon Bra Berujung KecamanKOMIKA dan artis peran Kemal Pahlevi tersangkut masalah. Lidahnya 'tersangkut' bra.

    Sebuah petisi berisi kecaman dialamatkan kepada Kemal.

    Petisi berjudul "Tolak lelucon yang menjadikan ukuran BH anak sebagai target" itu dibuat oleh Gita Putri Damayana dalam situs change.org.

    Bersama 748 pendukung petisi lainnya, ia memprotes aksi iseng Kemal yang menanyakan ukuran bra anak di bawah umur dalam video berjudul "Nanya Ukuran BH #IsengnyaKemal" yang diunggah di YouTube.

    "Silakan lihat Youtube dan perhatikan apakah Kemal Palevi membatalkan leluconnya ketika mengetahui obyek leluconnya berusia 14 tahun," demikian yang tertera dalam petisi.

    Dalam video prank atau video lelucon tersebut, Kemal mengaku sebagai mahasiswa kedokteran yang tengah melakukan survei tentang ukuran bra sebagai bahan penelitian anatomi tubuh perempuan untuk skripsinya.

    Ia kemudian menanyakan ukuran bra kepada beberapa perempuan yang ia temui. Nyaris tak ada yang menolak menjawab pertanyaan Kemal.

    Namun, pada menit ke tiga dari video Berdurasi 7 menit 30 detik itu,

    responden Kemal yang diketahui berusia 14 tahun hanya menjawab 'tidak tahu'.

    Sang komika pun lalu menasehati anak perempuan itu agar menjaga payudaranya dengan baik. Inilah yang dipermasalahkan para netizen, sebagaimana yang disebutkan dalam petisi.

    "Bertanya soal ukuran BH perempuan dewasa sebagaimana ditampilkan Kemal Pahlevi bisa jadi cocok dengan selera humor sebagian orang. Namun ketika Kemal Pahlevi sebagai lelaki dewasa bertanya ukuran BH yang dikenakan anak berusia 14 tahun, di ruang publik pula; maka setiap orangtua, paman, tante, kakek dan nenek harus waspada bahwa humor yang dipraktekkan lelaki ini membahayakan anak-anak," tulis Gita.

    "Oleh karena itu sebagai penanda tangan petisi ini, kami menuntut Kemal Pahlevi untuk menarik video Youtube-nya khusus edisi dirinya bertanya ukuran

    BH perempuan dan mengajukan permintaan maaf terhadap publik. Semoga hal ini membuat Kemal Pahlevi lebih cerdas dalam mengolah

    humor," tulisnya menutup petisi.Video yang dipromosikan lewat

    Twitter itu juga mendapat sorotan dari banyak netizen.

    Ada yang menghujat tetapi ada pula yang tak mempermasalahkannya. Kini video tersebut telah dihapus dari akun pribadi Kemal di

    YouTube. (kps/wly)

    g y14 tahun," demikian petisi.

    ank atau video emal mengaku

    a kedokteran kukan survei a sebagai natomi tubuh skripsinya.nanyakan an

    aris lak aan

    ,"Oleh karena itu sebagpetisi ini, kami menununtuk menarik videokhusus edisi dirinya

    BH perempuan danpermintaan maaf teSemoga hal ini memPahlevi lebih cerda

    humor," tulisnya menVideo yang dip

    Twitter itusorotan

    Ada yatetapimempKiKinini vvttetetellalal hhhaakakkakakunununnun

    YoYoYooYoYoouTuTuuuuu uu

    WARTA KOTA/IRWAN RISMAWAN

    KEMAL PAHLEVITRIBUNNEWS/JEPRIMA

    8 Gosipilikes: tribun jogja

    Gosipifollow us: @tribunjogja

    [email protected]

  • Dengan dana desa ini, kita pro-yeksikan bahwa

    masyarakat miskin di desa akan men-dapat kesempatan bekerja dan mem-perbaiki kondisi

    ekonomiMARWAN JAFAR

    Menteri Desa PDTT

    9RABU KLIWON20 APRIL 2016Jogja SquareJogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja Jogja

    likes: tribun jogjawww.tribunjogja.com follow us: @tribunjogja @tribunjogja

    JAKARTA, TRIBUN - Menteri Desa, Pemba-ngunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen-des PDTT), Marwan Jafar menargetkan, dana desa 2016 akan berkontribu-si mengurangi 6,56 per-sen masyarakat miskin di desa. Asumsinya, jumlah penduduk miskin di desa Tahun 2015 sama dengan Tahun 2014, yakni seba-nyak 17,77 juta jiwa.

    Dengan dana desa ini, kita proyeksikan bah-wa masyarakat miskin di desa akan mendapat kesempatan bekerja dan memperbaiki kondisi ekonomi. Kita asumsi-kan, sebanyak 50 persen tenaga kerja yang terse-rap melalui penyaluran dana desa adalah ma-syarakat miskin, yakni berkisar antara 1,2 juta jiwa, ungkapnya, saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, di Komplek DPR Jakarta, Senin (18/4).

    Menteri Marwan mem-

    perkirakan, sebanyak 60 persen dana desa yakni berjumlah Rp 28,14 tri-liun, akan dipergunakan untuk investasi infra-struktur. Pembangunan infrastruktur ini nanti-nya, akan mampu me-nyerap 1,9 juta tenaga kerja dengan jenis peker-jaan selama 3-6 bulan.

    Kalau dari aktivitas pengembangan ekonomi di perdesaan, kita asum-sikan berimplikasi teha-dap penyerapan tenaga kerja sejumlah 457.280 orang yang lebih perma-nen, ujarnya.

    Agar program dana desa tersebut dapat ber-jalan lancar, Menteri Marwan terus mendo-rong kelancaran penya-luran dana desa. Tahun ini, dana desa disalurkan melalui 2 termin, per-tama pada Bulan Maret sebanyak 60 persen dari pagu dana desa 2016 Rp 46,9 Triliun atau Rp 28,14 Triliun. Sedangkan termin ke dua yakni pada

    bulan Agustus, sebanyak 40 persen atau Rp 18,76 triliun.

    Tahun lalu (2015), penyaluran dana desa relatif lancar meskipun pada awalnya terkendala karena beberapa peratur-an yang dianggap terlalu rumit. Tapi ini akhirnya bisa disederhanakan dengan lahirnya SKB 3 Menteri, ujarnya.

    Menurutnya, penggu-naan dana desa Tahun 2015 telah berjalan se-suai harapan, yakni un-tuk pembangunan infra-struktur desa seperti ja-lan, jembatan, irigasi dan embung yang bersifat pa-dat karya dan swakelola.

    Penggunaan dana desa belum digunakan secara optimal untuk menggali sumber pendapatan baru melalui investasi produk-tif, yang dijalankan ma-syarakat desa dan pem-berdayaan. Tahun ini mu-dah-mudahan akan lebih baik, ujarnya. (kur)

    Pakualaman Tegaskan Diri sebagai Pengemban Kebudayaan

    YOGYA, TRIBUN - Kadipa-ten Pakualaman akan genap berumur 204 tahun pada 22 Juni 2016 mendatang. Untuk memperingati hari ulang tahunnya, Kadipaten Pakualaman akan mengge-lar serangkaian perlombaan budaya.

    Adapun perlombaan bu-daya yang akan digelar yak-ni lomba membaca tembang jawa atau macapat, loma tari-an tradisional Jawa atau bek-san, lomba memanah atau jemparingan, lomba pacuan kuda, dan lomba melukis.

    Ketua Panitia Perayaan Ulang Tahun Pakualaman, KPH Indrokusumo menje-

    laskan, perlombaan budaya bertujuan untuk melestari-kan budaya asli Jawa kepa-da generasi muda. Terlebih Paku Alam X telah menetap-kan diri sebagai pengemban kebudayaan.

    Kenapa terkait kebuda-yaan, ini agar pakem buda-ya asli Jawa tetap tertanam pada generasi muda, ujar In-drokusumo di kompleks Puro Pakualaman, Selasa (19/4).

    Adapun rangkaian per-lombaan digelar selama sebulan penuh, mulai 28 April hingga 29 Mei 2016. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, dipersilakannya mengunjungi sekretariat pa-

    nitia lomba di Perpustakaan Puro Pakualaman.

    Pendaftaran dibuka pada pukul 09.00-13.00 WIB. In-formasi selengkapnya da-pat dilihat melalui FB atau twitter resmi Pakualaman, sambungnya.

    Dia menambahkan, rang-kaian kegiatan lain dalam perayaan ulang tahun Ka-dipaten Pakualaman adalah nyekar ke Hastana Kotagede dan Hastana Girigindo Ku-lonprogo. Kegiatan nyekar tersebut dilaksanakan pada 28 April 2016.

    Kegiatan ditutup dengan resepsi Hadeging Praja Da-lem Kadipaten Pakualaman di

    Bangsal Sewatama Pakualam-an pada 4 Juni 2016. Nantinya pemenang lomba akan meneri-ma hadiah dari Paku Alam X, ucap Indrokusumo.

    Humas Kadipaten Paku-alaman, RM Dony Surya Megananda menambahkan dalam peringatan hari ulang tahun, Kadipaten Pakua-laman akan menggelar Mu-jahadah Akbar pada 28-29 Mei 2016. Mujahadah terse-but merupakan bentuk ung-kapan syukur pada Tuhan.

    Rencana Mujahadah Akbar diselenggarakan di Tratag Bangsal Sewatama. Mulai 19.00 WIB sampai se-lesai, tukasnya. (mrf)

    Seminar Nasional Virus Zika Warnai Pekan Teknologi Laboratorium Medik

    RABU (20/4) - Memperingati hari lahirnya yang ke-30, Persatuan Ahli Teknologi La-boratorium Kesehatan Indonesia (Patel-ki) akan menggelar Pekan Teknologi Labo-ratorium Medik (TLM). Rangkaian kegiatan akan dimulai tanggal 20 - 26 April 2016 akan dimeriahkan dengan beragam lom-ba bagi masyarakat umum maupun tena-ga kesehatan.

    Kegiatan lomba meliputi lomba manaje-men 5R untuk tingkat Puskesmas se DIY, lomba video aktifitas pelayanan laboratori-um, lomba penulisan essay dan lomba ma-sak pada acara gathering anggota Patel-

    ki se- DIY. Kegiatan yang melibatkan masyarakat

    dalam bentuk Pengabdian Masyarakat an-tara lain kunjungan ke panti sosial, pedu-li kelompok lansia, buruh gendong dengan pelayanan pemeriksaan laboratorium gra-tis yang dilakukan di Kabupaten/Kota.

    Secara serentak pada tanggal 17 April 2016, akan dilakukan pelayanan pemerik-saan laboratorium dan edukasi PHBS Ka-bupaten Sleman di parkir utara lapangan Denggung, Kabupaten Kulon Progo di Alun - Alun Wates dan Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta. (gya)

    Tribun Jogja Competition Semarakkan Akhir Pekan Ini

    SABTU (23/4) - Akhir pecan ini, Harian Pagi Tribun Jogja kembali mengajak ma-syarakat Yogyakarta dan sekitarnya un-tuk beradu dalam Tribun Jogja Competiti-on. Kegiatan ini akan digelar pada Sabtu (23/4) di Balai Kota Yogyakarta. Ada lima perlombaan yang bisa diikuti, yakni Lom-ba Kreasi Makanan Berbahan Baku Ketan, Lomba Parade Drum Band TK, Kompetisi Parade Band, Lomba Mewarnai dan Kom-petisi Zumba.

    Lomba Kreasi Makanan Berbahan Baku Ketan mensyaratkan peserta untuk meng-olah makanan berbahan baku ketan. Kom-petisi ini terbuk bagi pelajar, mahasiswa, ibu PP maupun umum. Berbiaya pendaf-taran Rp 20 ribu per orang, lomba ini me-nyediakan durasi 20 menit bagi peserta untuk mendisplay karya masakan. Sepu-

    luh peserta terbaik akan memasak lang-sung (live cooking) di area lomba. Lomba ini memperebutkan trophy Walikota Yogya-karta dan Rp 1 juta untuk juara 1, Rp 750 ribu untuk juara 2 dan Rp 500 ribu untuk juara 3.

    Lomba Parade Drum Band juga dibu-ka bagi siswa-siswi TK. Lomba dimulai pu-kul 08.00 hingga 10.00 dan peserta harus berparade di rute yang telah ditentukan panitia. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100 ribu per grup.

    Pendaftaran semua perlombaan ini dibu-ka di Kantor Harian Pagi Tribun Jogja, Ja-lan jenderal Sudirman nomor 52, Yogya-karta dan Medialink, Jalan Nitikan Gang Arimbi nomor 3 Sorosutan Umbulharjo, Yogyakarta. Informasi selengkapnya hu-bungi (0274) 557687. (gya)

    Bangunan Liar di Gumuk Pasir Akan Ditertibkan

    BANTUL, TRIBUN - Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menegaskan Pemkab Bantul akan tetap melaku-kan penertiban bangunan liar, termasuk di kawasan Gumuk Pasir Parangkusu-mo. Itu komitmen kami, dan itu ada perdanya (yang mengatur bangunan liar). Karena itu perda, maka akan tetap kami jalankan, jelasnya, Selasa (19/4).

    Dalam penertiban itu, Pemkab Bantul bakal meng-

    gunakan cara-cara persu-asif, sehingga gesekan di tengah-tengah masyarakat dapat dihindari.

    Secara terpisah, Kepala Satpol PP DIY, Gusti Benda-ra Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat, berujar pe-nertiban sejumlah bangun-an liar di Gumuk Pasir ada-lah keharusan. Pasalnya, Gumuk Pasir adalah keka-yaan alam dan mesti dijaga keberadaannya.

    Karena (penertiban) itu

    kebutuhan nasional. Ma-kanya nanti pasti akan ada pengaturan dari pemerin-tah, tegas Gusti Yudha.

    Saat ini, memang Satpol PP DIY maupun Satpol PP Bantul belum menindak sejumlah bangunan liar di kawasan Gumuk Pasir. Me-nurut Yudha, hal ini karena pihaknya masih menunggu pemetaan tanah Sultan Gro-und hingga selesai.

    Kalau batas-batasnya su-dah jelas akan kami laksa-

    nakan (penertiban). Di dunia ini hanya ada (gumuk pasir) beberapa saja, urainya.

    Sete lah batas-batas Gumuk Pasir jelas, Yudha memastikan bahwa pihaknya akan langsung melakukan sosialisasi kepada masyara-kat, sebagai peringatan untuk membongkar bangunan liar milik mereka. Kalau status tanahnya adalah milik warga, nanti tanah dan bangunan-nya akan kami ganti, tam-bahnya. (usm)

    DD Diharap Kurangi 6,56 % Warga Miskin

    Masyarakat Desa Dapat Kesempatan Perbaiki Ekonomi

    DOKUMENTASI KEMENTERIAN PDTT

    RAPAT KERJA - Pertemuan Menteri Marwan dengan Komisi V DPR 02: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jafar (kiri), Sekjen Kemendesa PDTT Anwar Sanusi (tengah) dan Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin Said sebelum rapat kerja dengan Komisi V DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/4).

    Toilet Inovatif Ajarkan KejujuranGUNUNGKIDUL, TRIBUN - Berawal dari keprihatinan atas banyaknya sis-wi yang izin tidak masuk sekolah kare-na tengah mengalami menstruasi serta kondisi kamar mandi sekolah yang ti-dak representatif, pengelola SMK Ne-geri 3 Wonosari akhirnya menggagas program one stop service toilet.

    Program ini adalah penyediaan toi-let yang dilengkapi dengan keperluan remaja putri dalam mengatasi prob-lem datang bulan. Inovasi ini mulai dikembangkan pihak sekolah sejak 2013 lalu.

    Sekolah menyediakan toilet khu-sus siswi yang dilengkapi dengan pembalut dan celana dalam, sehing-ga mereka tidak perlu izin sekolah jika tengah menstruasi. Selain untuk

    mengatasi banyaknya siswi yang izin karena tengah mengalami menstrua-si, program one stop toilet juga men-jadi media untuk melatih kejujuran para siswa.

    Pengelola one stop service toilet, menjual berbagai keperluan remaja putri dengan dengan harga terjang-kau. Para siswi diharuskan mem-bayar secara langsung dengan me-masukkan uang ke tempat yang di-sediakan. Bagi yang belum memiliki uang, diwajibkan untuk menuliskan di buku khusus yang disediakan di kotak yang ditempatkan di depan ka-mar mandi.

    Kepala Sekolah SMK 3 Wonosari, Susiyanti mengatakan, tujuan awal dari program ini awalnya untuk me-