tren teknologi informasi

Download Tren Teknologi Informasi

Post on 15-Apr-2017

118 views

Category:

Internet

30 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Tren Teknologi Informasi

Tren Teknologi InformasiKelompok 2 :Ahmed Miardien (10115377)Fahmi Zarziandri (12115384)Jody Rinaldy (13115578)Maretta Aisyahrizal (14115022)M. Virgi Kadarusman (14115817)Nur Khadafi Nugroho (15115189)Vinda Syakira (17115039)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagian yang penting bagi kehidupan manusia. Apalagi bagi dunia bisnis. Dunia bisnis membutuhkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi bisnisnya. Seiring perkembangan bisnis, berbagai solusi teknologi informasi pun lahir untuk membantu agar proses bisnis berjalan efisien.

Teknologi Web 1.0, 2.0 & 3.0Web 1.0 : Adalah generasi pertama dari website di internet. Pada tipe ini pengunjung hanya bisa mencari (searching) dan melihat-lihat (browsing) data informasi yang ada di web. Jadi web tipe ini terlihat seperti papan pengumuman di dunia maya. Dalam hal ini pengunjung tidak ada proses input data ke website. Contoh : Berbagai Website seperti situs berita cnn.com atau situs belanja Bhinneka.com.Web 2.0 : di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh sistem yang ada pada web. Web 2.0 memiliki beberapa ciri khas yaitu share & collaborate. Contoh : Facebook, Twitter, Youtube.Web 3.0 : dimana web seolah- olah sudah seperti kehidupan di alam nyata. Web 3.0 memiliki ciri- ciri umum seperti suggest, happen dan provide. Jadi, disini web seolah-olah sudah seperti asisten pribadi kita. Web mulai mengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat Contoh : Google Glass.

Smartphone

Kata "smartphone" didefinisikan dalam Kamus Oxford American sebagai "ponsel yang menggabungkan (Personal Digital Assistant) PDASmartphone merupakan PC mini yang memiliki banyak kemampuan dari sebuah PC biasa, tetapi juga berfungsi sebagai ponsel. Smartphone hadir dengan beberapa fitur menarik seperti kemampuan konektivitas jaringan nirkabel, email, browser, akses internet, pager, faks, kalender, buku alamat dan daftar kontak yang mana sebagian besarnya bisa ditampung di memori telepon.

Sosial Media

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

NoSQL DatabaseDatabase NoSQL adalah database yang tidak menggunakan realasi antar tabel dan tidak menyimpan data dalam format tabel kaku (kolom yang fix) seperti layaknya Relasional Database.

NoSQL memiliki empat metode (format penyimpanan), yaitu:Table-oriented, contoh: Google dengan Big Table.Graph-oriented, Format penyimpanan data dalam struktur graph. Format ini sering dipakai untuk data yang saling berhubungan seperti jejaring sosial. Contoh database noSQL dengan format ini adalah Neo4J dan FlockDB. FlockDB dipakai oleh twitter.Document-oriented database. Setiap satu object data disimpan dalam satu dokumen. Dokumen sendiri bisa terdiri dari key-value, dan value sendiri bisa berupa array atau key-value bertingkat. Contoh: MongoDB dan juga CouchDB,Key-value store, contoh database jenis ini adalah Apache Cassandra.Object Database. Format database yang disimpan dalam object object. Contoh databasenya adalah Db4o.

Pelayanan Publik Berbasis Internet (Online)E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah (seperti Wide Area Network, Internet, dan Mobile Computing) yang memungkinkan pemerintah untuk mentransformasikan hubungan dengan masyarakat, dunia bisnis, dan pihak yang berkepentingan. Dalam prakteknya e-Government adalah penggunaan internet untuk melaksanakan urusan pemerintah dan penyedia pelayanan publik yang lebih baik dan cara berorientasi pada pelayanan masyarakat.E-Government mengacu kepada penyampaian informasi dan pelayanan online pemerintahan melalui internet atau media digital lainnya.

Tujuan utama dari E-Govornment adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik

Kecerdasan Buatan (AI)Definisi:Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi.Pengertian lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.

Lingkup Utama:Sistem Pakar. Komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Pengolahan Bahasa Alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.Pengenalan Ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.Robotika dan Sistem Sensor.Computer Vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.Intelligent Computer Aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar

Realitas Maya (Virtual Reality)Definisi :Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.Contoh Produk VR :Sony Morpheus Oculus Rift (Facebook sendiri telah membeli Oculus Rift sebesar USD 2 juta pada bulan Maret 2014)Google Cardboard (merupakan alat virtual reality yang menggunakan smartphone sebagaiplatform/layar)

Virtualisasi & Cloud ComputingVirtualisasi adalah sebuah teknologi, yang memungkinkan Anda untuk membuat versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, storage data atau sumber daya jaringan.Proses tersebut dilakukan oleh sebuah software atau firmware bernama Hypervisor. Hypervisor inilah yang menjadi nyawanya virtualisasi, karena dialah layer yang "berpura-pura" menjadi sebuah infrastruktur untuk menjalankan beberapa virtual machine.Dalam prakteknya, dengan membeli dan memiliki satu buah mesin, Anda seolah-olah memiliki banyak server, sehingga Anda bisa mengurangi pengeluaran IT untuk pembelian server baru, komponen, storage, dan software pendukung lainnya.Cloud computing adalah sebuah teknologi yang menggabungkan virtualisasi dan grid computing. Jadi selain ada proses virtualisasi juga terdapat grid computing, dimana seluruh beban proses komputasi yang ada akan didistribusikan ke berbagai server yang saling terhubung di dalam cloud, sehingga prosesnya akan jauh lebih ringan.Dengan cloud computing, seolah-olah Anda memiliki infrastruktur super besar yang mampu melakukan proses komputasi dan penyimpanan data tanpa batas, padahal secara fisik, Anda tidak memiliki atau membeli apa-apa, semuanya berada di dalam "cloud.

Internet of ThingsInternet of Things dapat dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.Ide awalInternet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999Beberapa contoh konkrit dari wearable device yang mulai dipasarkan di dunia adalah : Google Glass, Google Nest, Nike Fit, dan Samsung Smart Watch.

Dengan rencana dipasarkannya produk-produk consumer goods IOT dalam waktu dekat ini, dapat diperkirakan tahun 2015 merupakan tahun awal kebangkitan dari Internet of Things. Berdasarkan prediksi perusahaan IT terkenal Cisco, pada tahun 2020, akan ada 50 milyar alat-alat yang terhubung dengan Internet, termasuk 400 juta alat-alat tersebut adalah perangkat dalam kategori wearables.

Big DataBig Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalamberagam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat.Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya, misalnya; Database Relational seperti MySQL.Ciri-ciri data yang ditangani oleh Big Data:Jumlah nya sangat besar (Volume). Biasanya ukuran total data dalam terabytes keatas.Pertumbuhan data sangat cepat (Velocity) sehingga data bertambah dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu relatif singkat.Bentuk atau format datanya beraneka ragam (Variety). Format disini dapat berupa data dalam tabel- tabel relasional database seperti MySQL, file text biasa, File Excel atau bentuk apapun.

THANK YOU

Daftar pustakahttps://openbigdata.wordpress.com/2014/08/25/apa-itu-big-data/

http://web.if.unila.ac.id/purmanailuswp/2015/09/13/pengertian-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/

https://kelompoklim5mpb.wordpress.com/2015/01/29/perbedaan-web-0-1-web-0-2-web-0-3/

https://www.wikipedia.org/