total productive maintenance & autonomous maintenance

Click here to load reader

Post on 19-Jan-2016

104 views

Category:

Documents

18 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Total Productive Maintenance & Autonomous Maintenance

TRANSCRIPT

Total Production Maintenance & Autonomous Maintenance

Total Productive Maintenance & Autonomous MaintenanceKuliah Minggu Ke II

6/16/20141Mampu memahami tentang teori pemeliharaan khususnya tentang TPM dan Perawatan Mandiri,Mampu mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam perawatan mandiri,Mampu menerapkan perawatan mandiri pada lingkungan kerja masing-masing.6/16/20142Fauzun Atabiq, S.TTujuanTotal Productive MaintenanceApa sih Total ProductiveMaintenance (TPM) itu?

6/16/20143Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenanceTPM merupakan suatu manajemen perusahaan atau way of working tentang maintenance diperusahaan.

Dikembangkan sejak tahun 1970 oleh Japan Institute of Plant Maintenance (JIM). 6/16/20144

Total ProductiveMaintenanceJepang Amerika Serikat, Eropa, India, Cina dan Australia.

Unilever, Volvo, Milliken & Company, Nippon Steel, Mizuno Ceramics Co dan Mitsubishi Chemical Corporation dll.

6/16/20145Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenanceSuatu perawatan alat/mesin yang melibatkan operator produksi dan semua departemen termasuk produksi, pengembangan pemasaran dan administrasi.

Semua berpartisipasi penuh mulai dari manajemen puncak sampai karyawan di lini terdepan.

Konsep?6/16/20146Fauzun Atabiq, S.TTotal ProductiveMaintenanceMembentuk budaya kerja/usaha yang mengejar dengan tuntas peningkatan efisiensi sistem produksi, Overall equipment effectiveness (OEE).

Tujuan?

6/16/20147Fauzun Atabiq, S.TTotal Productive MaintenanceTercapainya zero breakdown, zero defect, zero accident, zero abnormalities selama siklus hidup sistem produksi sehingga memaksimalkan efektifitas penggunaan mesin.

Sasaran?

6/16/20148Fauzun Atabiq, S.TTotal Productive MaintenanceTPM dapat diterapkan diseluruh jenis industry, mulai dari industri makanan, logam, obat-obatan, kimia dll.

Implementasi

6/16/20149Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenancePerusahaan-perusahaan yang mengalami kondisi-kondisi sbb;Terjadi breakdown mesin yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan terganggunya produktifitasWaktu untuk perubahan produksi dari jenis satu ke jenis lainnya membutuhkan waktu yang cukup lamaKualitas produksi tidak stabil

Implementasi6/16/201410Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenancePerusahaan-perusahaan yang mengalami kondisi-kondisi sbb;Adanya penurunan kecepatan produksi dan adanya keadaan yang tidak terduga seperti; Pemadaman listrik, kerusakan mesin secara mendadak dll.Moral karyawan yang dimiliki semua level rendahAdanya budaya saling menyalahkan apabila terjadi permasalahaLingkungan kotor, tidak rapi dan tidak menyenagkan dalam lingkungan produksi.

Implementasi6/16/201411Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenanceApabila TPM berhasil diterapkan;Bagi Operator ProduksiBagi Depertemen PemeliharaanBagi Peningkatan Bisnis

Keuntungan6/16/201412Fauzun Atabiq, S.T

Total Productive MaintenanceBagi Operator Produksi

Lingkungan kerja lebih bersih, rapi dan aman meningkatkan efektifitas kerja operator

Kerusakan ringan pada mesin dapat diselesaikan langsung oleh operator

Evektifitas mesin dapat ditingkatkan

Kesempatan operator untuk menambah keahlian dan pengetahuan serta melakukan perbaikan dan metode kerja yang lebih baik dan lebih efisien.

6/16/201413Fauzun Atabiq, S.TKeuntungan

Total Productive MaintenanceBagi Depertemen Maintenance

Mesin, peralatan dan lingkungan kerja selalu bersih dan dalam kondisi yang baik.

Frekuensi dan jumlah pemeliharaan darurat (emergency maintenance) semakin berkurang. Departemen pemeliharaan hanya mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus saja.

Waktu untuk melakukan pemeliharaan preventif menjadi lebih banyak dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan

6/16/201414Fauzun Atabiq, S.TKeuntungan

Total ProductiveMaintenanceBagi Peningkatan Bisnis

Keuntungan perusahaan dapat ditingkatkan

Keefektifan mesin dan peralatan yang berpengaruh langsung pada kualitas produk meningkat, sehingga memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan.

Motivasi dan moral karyawan dapat ditingkatkan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan.

6/16/201415Fauzun Atabiq, S.TKeuntunganTotal Productive MaintenanceKerjasama Tim (timwork)Kepemimpinan dan dukungan yang positifKesempatan pengembangan diri untuk yang sama untuk semua orangPemberian motivasi kepada karyawan untuk semua tingkatanPengembangan yang berkelanjutan dan berkesinambungan

Filosofi TPM6/16/201416Fauzun Atabiq, S.TTotal Productive MaintenanceTahap Persiapan Tahap Awal ImplementasiTahap Implementasi TPM

Tahapan Implementasi TPM6/16/201417Fauzun Atabiq, S.T17Total Productive MaintenanceMengumumkan keputusan menejemen puncak untuk implementasi TPM. Hal ini dapat dilaksanakan melalui presentasi resmi yang berisi konsep, latar belakang, tujuan dan manfaat dari TPM kepada seluruh bagian di perusahaan/instansi/industry.Melatih dan mengembangkan karyawanKegiatan ini untuk menjelaskan semua tentang TPM, meningkatkan moral dan mengubah pola piker yang sempit bahwa pemeliharaan mesin hanya tugas departemen pemeliharaan saja.Mengenalkan TPM kepada semua peserta TPM khususnya operator.Hal ini dimaksudkan supaya TPM dapat diterima dengan mudah, sehingga pada nantinya akan membudaya menjadi kebiasaan yang dilaksanakan tanpa adanya suatu paksaaan.Membentuk Organisasi untuk mengembangkan TPMOrganisasi ini dapat terdiri dari perwakilan seluruh departemen dengan integrasi dari atas ke bawah dan berorientasi manajemen dari bawah ke atas dan ditekankan pada aktifitas grup-grup TPMMenerapkan dasar TPM berdasarkan kebijakan dan tujuan.Misalkan kegiatan membuat jadwal dan target untuk jangka pendek.Membuat master plan untuk pengembangan TPMMaster plan dapat berisi; jadwal dan rencana penerapan untuk beberapa tahun ke depan tentang TPM. Misalnya tahun I Pengenalan, tahun ke II penerapan, tahun ke III Pengembangan, Tahun ke IV Pemantapan.

Tahap Persiapan

6/16/201418Fauzun Atabiq, S.T18Total Productive MaintenanceMenentukan objek mesin sebagai proyek percontohanTPM dapat langsung dites pada perusahaanTPM dapat dilihat langsung bagaimana prakteknya sehingga dapat menarik perhatian para operatorSebagai materi untuk implementasi di area selanjutnyaMelaksanakan tahap awal TPMDengan cara mengidentifikasi beberapa kendala atau permasalahan pada mesin, diharapkan pada nantinya kendala-kendala tersebut dapat dikurangi. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan hasil identifikasi awal dan hasil setelah penerapan TPM.

Tahap Awal Implementasi6/16/201419Fauzun Atabiq, S.T19Total Productive MaintenanceTahap implementasi TPM adalah tahapan yang dilakukan secara berurutan dan berkesinambungan yang meliputi;Mengukur efektifitas peralatanMelaksanakan program autonomous maintenancePada setiap akhir kegiatan akan dilakukan audit dengan menjawab kuisioner sebagai evaluasiMengadakan suatu jadwal program pemeliharaanMengadakan pelatihan untuk mengembangkan operator dan departemen pemeliharaan.

Tahap Implementasi6/16/201420Fauzun Atabiq, S.T20Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Kegiatan maintenance yang dirancang untuk melibatkan operator dengan sasaran utama untuk mengembangkan pola hubungan antara manusia, mesin dan tempat kerja yang bermutu.

6/16/201421Fauzun Atabiq, S.T21Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Operator turut bertanggunggjawab terhadap mesinnya sendiri

6/16/201422Fauzun Atabiq, S.T22Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Cleaning/ Memebersihkan mesin dan tempat kerja,

6/16/201423Fauzun Atabiq, S.T

23Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Oiling /Pelumasan

6/16/201424Fauzun Atabiq, S.T

24Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Pengencangan mur/baut,Pengecekan harian, pendektesian penyimpangan danReparasi sederhana.

6/16/201425Fauzun Atabiq, S.T

25Perawatan Mandiri (autonomous maintenance)Mengembangkan operator yang mampu mendeteksi berbagai tanda-tanda kerugian (loss).Menciptakan tempat kerja yang rapi dam bersih, sehingga setiap terdapat penyimpangan dari kondisi normal dapat dideteksi secara cepat.

6/16/201426Fauzun Atabiq, S.TTujuan autonomous maintenance?26