to ukdi ugm 2011

37
SOAL TRYOUT UKDI 15 JANUARI 2011 (sorry banyak lupanya… ^_^v) 1. Bayi, demam, kejang. Hasil lumbal pungsi menunjukkan sel 3, glukosa 38, protein …. (lupa,sorry). Diagnosis yg tepat adalah…. a. Meningitis c. kejang demam e. lupa b. Encephalitis d. lupa 2. Anak 4 tahun dibawa ke RS oleh orangtuanya, dikatakan anak jatuh dari sepeda. Anak hanya menangis dan tidak berkata apa2. Pada pemeriksaan fisik tampak tanda2 kekerasan di beberapa bagian tubuh anak. Aspek moral yang diperlukan dalam menghadapi kasus ini adalah…. a. Honesty c. justice e. lupa b. Beneficial d. non-maleficient 3. Laki2 25 tahun dibawa ke RS oleh masyarakat sekitar setelah mengalami KLL. Dokter harus melakukan operasi segera untuk menyelamatkan nyawa pasien. Dokter tidak berhasil mennghubungi keluarga pasien. Yang harus dilakukan… a. Meminta informed consent dari yang mengantar b. Meminta informed consent dari polisi c. Tetap melakukan operasi d. Menunggu keterangan keluarga e. Melakukan terapi konservatif 4. Perempuan 34 tahun batuk 2 minggu, sesak. Pada foto thorax tampak bercak2 opak multiple di bagian basal paru. Dx……. a. Bronchitis c. bronkiektasis e. bronkopneumonia b. Bronkhiolitis d. pneumonia 5. Anak 5 tahun didiagnosis DSS dan dirawat di ruang ICU. Namun org tua memutuskan utk tidak melanjutkan pengobatan anak karena tak mampu membiayai lebih lanjut. Jenis euthanasia yg sesuai… a. Auto-euthanasia c. passive-euthanasia e. involuntary- euthanasia

Upload: vitria

Post on 15-Nov-2015

41 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

ukdi

TRANSCRIPT

SOAL TRYOUT UKDI 15 JANUARI 2011

(sorry banyak lupanya ^_^v)1. Bayi, demam, kejang. Hasil lumbal pungsi menunjukkan sel 3, glukosa 38, protein . (lupa,sorry). Diagnosis yg tepat adalah.

a. Meningitis

c. kejang demame. lupab. Encephalitis

d. lupa

2. Anak 4 tahun dibawa ke RS oleh orangtuanya, dikatakan anak jatuh dari sepeda. Anak hanya menangis dan tidak berkata apa2. Pada pemeriksaan fisik tampak tanda2 kekerasan di beberapa bagian tubuh anak. Aspek moral yang diperlukan dalam menghadapi kasus ini adalah.

a. Honesty

c. justice

e. lupa

b. Beneficial

d. non-maleficient

3. Laki2 25 tahun dibawa ke RS oleh masyarakat sekitar setelah mengalami KLL. Dokter harus melakukan operasi segera untuk menyelamatkan nyawa pasien. Dokter tidak berhasil mennghubungi keluarga pasien. Yang harus dilakukan

a. Meminta informed consent dari yang mengantar

b. Meminta informed consent dari polisi

c. Tetap melakukan operasi

d. Menunggu keterangan keluarga

e. Melakukan terapi konservatif

4. Perempuan 34 tahun batuk 2 minggu, sesak. Pada foto thorax tampak bercak2 opak multiple di bagian basal paru. Dx.

a. Bronchitis

c. bronkiektasis

e. bronkopneumonia

b. Bronkhiolitisd. pneumonia

5. Anak 5 tahun didiagnosis DSS dan dirawat di ruang ICU. Namun org tua memutuskan utk tidak melanjutkan pengobatan anak karena tak mampu membiayai lebih lanjut. Jenis euthanasia yg sesuai

a. Auto-euthanasiac. passive-euthanasiae. involuntary-euthanasia

b. Active-euthanasiad. voluntary-euthanasia

6. Anak 10 bulan BAB cair sejak 2 hari yg lalu, tanpa lender darah. Frekuensi 2-3x/hari. Anak menangis setiap kali BAB. Penyebab yg paling mungkin.

a. E.coli

c. shigella

e. disentri

b. Entamoeba hystolitica d. vibrio cholera

7. Anak, gatal2 pada kulit, kemerahan, bentol2. Ketika dipencet keluar massa putih seperti biji beras. Nasehat yang harus diberikan kepada org tua yaitu.

a. Penyakit ini tidak menular ke anggota keluarga lain

b. Penyakit ini terkait dengan infeksi sebelumnya

c. Penyakit ini bisa menular

d. Penyakit ini terkait alergi

e. Lupa

8. Seorang laki2, sdh 2 tahun terakhir selalu berdiam diri, merasa hidupnya tidak berguna, kesulitan tidur. Hal yang harus ditanyakan utk menunjang diagnosis adalah.

a. Jam berapa masuk tidur, terbangun (terjaga), dan bisa tidur kembali

b. apa yg dikonsumsi sebelum tidur

c. obat2an yg biasa digunakan jika sulit tidur

d. dan e. sorry lupa

9. treatment medikamentosa yang sesuai diberikan utk kasus di atas.

a. Diazepam 2x2mg

c. chlorpromazinee.fluoxetine

b. Haloperidol 2x 2,5 mgd. amitriptilin (maaaaaf..dosisnya lupa)

10. Warga Negara yang akan melaksanakan ibadah haji harus divaksin khusus utk mencegah

a. Encephalitis

c. Hepatitis

e. lupa lg

b. Meningitis

d. Demam berdarah

11. Seorang anak, sejak 1 hari yg lalu matanya merah, keluar kotoran mata, kelopak mata bengkak dan lengket. Diagnosis

a. Blefaritis

c. ptosis

e. lagoftalmus

b. Blefarospasmed. koloboma

12. Wanita 30 tahun sejak 2 bulan yg lalu sering berdiam diri, tidak mau bertemu org lain, sering merasa bersalah. Namun sejak 2 hari yg lalu ia memaksa keluarganya utk di ajak keluar rumah, saat ini dandanannya sangat menor. Diagnosis yg paling mungkin..

a. Gangguan bipolar episode mania

b. Gangguan bipolar episode depresi

c. Episode depresi berat dengan gejala psikotik

d. Episode depresi berat tanpa gejala psikotik

e. Gangguan afektif berulang

13. Seorang laki2 24 tahun dibawa ke RS setelah KLL. Pada px.fisik pasien tampak sesak, pada dada sebelah kiri ditemukan jejas, ketinggalan gerak, perkusi hipersonor, pada auskultasi suara napas vesicular menurun. Yang dialami oleh pasien ini adalah

a. Pneumothoraxc. hematopneumothorax

e. lupab. Hematothoraxd. flail chest

14. Wanita 40 tahun sering mengeluhkan rasa kaku pada sendi jari2 tangannya pada pagi hari. Diagnosis yg paling mungkin..

a. Osteoarthritis

c. SLE

e. sorry lupa

b. Rheumatoid arthritis

d. topus13. Seorang anak mengeluh gatal2 di belakang kepala. Teman2nya juga mengalami hal yang sam. Rambut tampak kusam dan lengket. Diagnosis?

a. Pediculosis

b. Tinea

14. Seorang anak mengeluh gatal2 hampir di seluruh tubuh terutama pada malam hari. Gatal terutama dirasakan di sela2 jari, pergelangan tangan. Adiknya mengeluh serupa. Pada pemeriksaan dermatologis tampak terowongan, di ujungnya terdapat vesikel. Cara penularan penyakit ini adalah..

a. Kontak langsung b. Peralatan makanc. Inhalasi

15. Seorang anak mengeluh demam (t=39) dan tidak mau makan. Juga tak mau berubah posisi badan dari duduk menjadi berbaring. Orofaring tampak drooling saliva (+). Pemeriksaan ?

a. Laringoskop indirekb. Rhinoskopi posteriorc. MRI leher

d. Foto polos jaringan lunak leher

16. Seorang perempuan 16 tahun memeriksakan diri ke dokter dengan ibunya. Berdasarkan pemeriksaan, hasilnya pasien hamil 5 bulan. Dokter bingung bagaimana menjelaskan kondisi pasien kepada ibunya. Hal apa yang perlu dipertimbangkan oleh dokter dalam hal ini?

a. Justiceb. Transparencyc. Patient autonomyd. Benificiencye. Non maleficiency

17. Pasien demam 4 hari, mendadak tinggi, feses kehitaman. RumpeLeed (+). Trombosit 93.000. Diagnosis?

a. DFb. DHF gr.Ic. DHF gr.IId. DHF gr.IIIe. DHF gr.IV

18. Seorang perempuan mengeluh perdarahan per vaginam. Disertai nyeri panggul. Ia sering keputihan. Pada pemeriksaan tampak benjolan di seluruh vagina, portio rapuh, mudah berdarah. Diagnosis?

a. Ca cervixb. Ca ovaric. Ca vaginad. Ca endometrium

19. Pasien mengeluh nyeri kepala sebelah, di pelipis dan bola mata. Tidak berdenyut.Disertai mata merah dan berair, hidung berair. Diagnosis?

a. Migren dengan aura

b. Migren tanpa aurac. Cluster headached. Tension type headache

20. Pasien KLL. Mengalami fraktur i/3 tengah paha kanan. Pada 2 cm diatas fraktur, tedapat luka berwarba merah hitam. Perkiraan perdarahan?

a. 400-?cc

b. 500cc-800ccc

21. Pasien KLL. Terdapat luka-luka di wajah dan gurgling sound. Penanganan?

a. Suction

b. Pemasangan ETc. Pemasangan nasofaringeal tubed. Trakeostomi

22. Pasien dibawa keluarganya ke UGD dalam keadaan tidak sadarkan diri. Pada primary survey, didapatkan suara mendengkur, TD 100/70 N 96x/m RR 23x/m. Mana yang menunjukkan kondisi memburuk pada primary survey?

a. Tidak sadar

b. N 96x/mc. TD 100/70d. RR 23x/me. Suara mendengkur

23.Pasien dengan TD 160/? . Riw.keluarga HT (+). Sebelumnya tidak pernah TD tinggi. Apa penyebab TD pada pasien ini?

a. Peningkatan Natrium oleh aldosteron

b. Sintesis norepinefrin oleh sist.adrenergik

c. Pacuan rennin terhadap angiotensind. Disfungsi endotele. Kekakuan pembuluh drh

24. ??? nanti kalo ingat, ak kirim soalnya

Lain2:

1. OAT yang bisa membuat gangguan pendengaran

a. Etambutolb. Streptomisinc. INH

d. Rifampisin

e. Pirazinamid

2. OAT yang bisa membuat ikterik

a. Etambutolb. Streptomisinc. INH

d. Rifampisin

e. Pirazinamid

3. Pasien dibawa ke UGD memerlukan operasi segera. Tetapi tidak ada keluarga yang bisa dihubungi. Bagaimana sebaiknya?

a. Lakukan operasi tanpa informed consentb. Menunggu klg untuk informed consent

c. Melaporkan ke polisi

4. 25. Seorang petani sering mengalami lemas dan berkunang-kunang. Dari hasil pemeriksaan laboratorium : Hb 9,6; Hmt 28; AE 3,5 juta; segmen 80,6%; limfosit 16; eos 1,2; baso 0,1. Apa kemungkinan dx? A. investasi cacingB.kekurangan nutrisi CDE lupa

26. Seorang anak naik sepeda dan menabrak pohon besar. Dibawa ke UGD, dalamkeadaan pucat, TD 100/70, nadi 140x/menit lemah, WPK 3 detik. Dx? A. syok hemorrhagic B. syok neurogenikC. syok kardiogenik DE lupa

27. Seorang wanita 54 tahun DM tak terkontrol. Datang ke UGD dengan TD 70/palpasi, napas 120x/menit dan dalam, nadi 140x/menit. Terapi yg diberikan? A. insulinB. NaCl tetesan cepat C. RL tetesan cepatDE lupa

28. Seorang wanita mengalami keputihan bercampur darah, nyeri bila bersenggama, dari pemeriksaan dalam didapatkan dinding vagina hiperemis, portio hiperemis. Bagaimana menegakkan diagnosisnya?A. KOH 20%B. biopsyC.pap smearD. kolposkopiE.lupa

29. Seorang anak sering mengonsumsi minuman ringan di kantin sekolahnya, makan tak teratur, dan datang dengan keluhan nyeri perut. Apa yang perlu ditanyakan? A.disertai mual?Disertai muntah-muntahC. disertai muntah darah?DE lupa

30. untuk menentukan infant mortality rate, data apa yang diperlukan selain jumlah kematian bayi dalam 1 tahun ? A. jumlah kelahiran hidup dalam 1 tahunB. jumlah ibu hamil dan melahirkan dalam 1 tahunCDE lupa

31. Seorang laki-laki datang dengan keluhan benjolan pada mata yang hilang timbul selama 1 bulan ini. Dari PA didapatkan sebukan sel-sel radang kronis dan penyumbatan jaringan lemak. Dx? A. hordeolumB. kalazionC.xanthelasma

32. Seorang pasien datang dengan keluhan sesak, sesak diperberat oleh aktivitas, dari hasil pemeriksaan didapatkan kardiomegali. Yang menyebabkan hal ini adalah? A. hipertrofi ventrikel kiri B. hipertrofi dan dilatasi ventrikel kiri CDE lupa

33. Seorang pasien datang dengan keluhan nyeri dada sejak 1 hari yang lalu, sekarang sudah membaik. Tx? A. trombolitikB. primary PTCAC.rescue PTCA DE lupa

34.Seorang pasien datang dengan keluhan nyeri pinggang kiri, menjalar ke medial paha hingga skrotum. Nyeri ketok CVA +, urinalisis didapatkan kristal oksalat. Dx? A. ureterolithiasisB.uretrolithiasis

C. pyelonefritis

D.GNA

E.lupa

35. Seorang pasien datang dengan keluhan nyeri punggung bawah terutama ila duduk, membaik bila berdiri. Tes sensibilitas menunjukkan penurunan sensiilitas di bagian lateral kaki dan bagian lateral jari kaki. Persarafan mana yang terkena? A.L3B.L4C.L5D.S1E.S2

36. Seorang pasien merasakan nyeri di punggung kirinya, dari pemeriksaan didapatkan vesikel eritem bergerombol sesuai dermatom. Dx? A.herpes simpleksB.herpes zoster

CDE lupa37-481. Wanita 45 tahun dating dengan keluhan nyeri di dada dan di betis saat digunakan untuk berjalan. Memiliki riwayat hipertensi dan kolesterol total 370.diagnosis yang mungkin

Arteriosklerosis

Tromboflrbitis

Thrombus vrna dalam

?

2. Seorang anak di periksa dengan Hb 11.2, gambaran mikroskopik darah mikrositik hipokromik, transferring?, IBC? : - kelainan apa ?

Anemia defisiensi besi

Iron overload

Anemia ?

3. Wanita dating dengan keluhan kesemutan di jari tengah dan ibu jari, nyeri terasa pada saat diketuk. Diagnosis :

Carpal tunnel syndrome

Erb palsy

Todd paralisis

?

4. Seorang pria 75 tahun dating dengan keluhan sulit menggerakakn badan, jalan kecil-kecil, tremor, face mask kesadaran tidak menurun, Obat :

L-dopa

Ergotamine

Karbamazepin

?

5. Seorang pasien kecelakaan didapatkan hasil gambaran radiologi gambaran udara bebas di bawah diafragma kemungkinan yang terjadi :

Rupture lien

Rupture gaster

Rupture uses

Rupture hepar

?

6. Seorang pasien laki-laki dating dengan keluhan adanya tukak di penis, riwayat hubungan seks positif 2 minggu yang lalu, tukak terasa nyeri , limfonodi inguinale teraba membesar diagnosis :

Granuloma inguinale

Gonorrhea

Ulkus mole

Sifilis

?

7. Wanita hamil 8 minggu dating dengan keluhan nyeri perut, hormone apa yang paling tepat diperiksa :

HcG

LH

FSH

Estrogen

Progesterone

8. Penderita TB dating control pengobatan TB 2 bulan yang lalu dengan hasil BTA saat ini pagi/sewaktu/pagi ++/+/+

Tindakan ap yang anda lakukan

Lanjutkan terapi

Ganti dengan regimen 2

Berikan pengobatan intensif RH?

Ulangi terapi dari awal

?

9. Seorang anak dating ke rumah sakit dengan keluhan demam sejak 5 hari yang lalu hilang timbul, disertai keringat dingin dan menggigil pada malam hari. Organism yang paling mungkin menjadi penyebab :

Salmonella sp

Plasmodium sp

Dengue virus

?

10. Seorang laki laki mengalami kelumpuhan mendadak diawali dari kedua tungkai diikuti kedua tangan, terdapat tetra parase dan glove-stocking phenomenon , diagnosis :

GBS

Polineuropati

Poliomyelitis

?

11. Seorang anak demam tinggi pada hari ke 5 disertai mual muntah dan nyeri sendi , terdapat ptekiae dilipatan tangan px.penting yang perlu dillakukan :

uji widal

uji IgG dan IgM anti dengue

tes mantoux

?

12. Seorang wanita dating dengan keluhan gatal di selajari tangan dan pinggang, suami juga mengalami keluhan serupa, pengobatan yang diberikan yang paling efektif

Krim permetrin 5%

Salep sulfur preipitatum 6%

Solusio gameksan 1%

BBE 25 %

?

49. Seorang dokter memutuskan memberikan obat salep mata kepada pasien. Akan tetapi pasien meminta obat tetes mata. Dasar yang digunakan oleh dokter dalam hal ini adalah a. moral b. etika c. nilai d. norma e. hukum

50. seorang pasien wanita menangis tersedu-sedu saat datang di tempat praktek anda, sbg dokter anda akan mengatakan :A. Kenapa anda menangis?B. Anda sedah bersedih?C. Ada yang bisa saya bantuD. dengan siapa anda datang kemari?E. Tenangkan diri anda dahulu

51. Pasien gagal ginjal kronik. Hb 10, berkunang-kunang, hormon yang berkaitan dgn hal ini adalah :A. ADHB. AldosteronC. ReninD. AngiotensinE. eritropoetin

52. Anak, kelopak mata udema. Protein urin 3,5g/24 jam. Px penunjang lain yang akan ditemukan adalahA. Hiperglikemia B. HiperkolesterolemiaC. HipertrigliseritemiaD. Hiperkalsemiae. Hiperurisemia

53. Wanita, post menopause. Keputihan ada bercak, dipakai koitus berdarah-darah. Dulu pas nikah usia 13 tahun. Px labnya adalahA. PapsmearB. KolposkopiC. BiopsiD. Frozen section E. lali ehehehehe....

54. Pasien remaja,suka jajan2 dipinggir jalan, demam 3 hari, mual2.., bi; indireck +++. Dx yang mungkinA. Hep AB. Hep non A non BC. Hep fulminanD. Hep kronikE. lali....ehehehe

55. Pasien trabakan, dada kena setir, sesek napas, dada ketinggalan gerak sebelah kanan, trakea deviasi, penanngan segeraA. TrakeostomiB. IntubasiC. neddle thoracostomyD.........E............

56. PAsien trabakan tidak sadar, napasnya menggorok, TD 110/70, napas 24 , nadi 90. yg menunjukan pasien kondidi buruk saat primary survey adalahA. PAsien tak sadarB.napasnya menggorokC.TD 110/70D. napas 24E.nadi 90

57. PAsien 17 taun hidung sering mimisan masif sejal usia 13 taun. dengan rhinoskopy posterior trdapat masa kenyal warna putih abu abu, dengan...mmm opo yp lali aku.. pokokmen terlihat adanya masa di nasopharing menutup ke arah hidung lah pokoknya....Dx.nya..A. Polip nasiB. Polip anthro koanaC. karsinoma nasopharingE. angiofriboma

58. Pasien pusing berputar saat bangun dari tidur. kepala pernah terbentur 5 thn yg lalu. Mual (+), keluhan pendengaran (-). Tes hallpike rotatory nigtasmus. DxA. menier B. BPPVc. labirintitisd. tumor cellebelopontine. transient ischemik attack

59. Pasien, gak bisa baca papan tulis, dengan lensa -2 jadi normal. DxA. hipermetropB. EmetropC. miopD. ambliopE. Astigmat

60. Pasien riwayat infark. sekarang bergaya hidup sehat dengan olahraga dan makan-makanan sehat. dulu sukanya makan junk foot. resiko yang diturunkan adalahA. gula darahB.kalsiumC.kaliumD. kolestrol

73. Wanita, usia??, perdarahan dari jalan lahir, nyeri perut. Pasca pelepasan IUD. Pemeriksaan fisik: TV??, abdomen distended, nyeri goyang portio (+). Diagnosis??

a. Apendisitis

b. Pecahnya kista ovari

c. Lupa..

d. KET

e. Lupa..

74. Anak perempuan, usia??, mengeluh BAK sakit. Demam selama 5 hari, suhu??. Ibu terbiasa menceboki anaknya dari belakang ke depan. Bakteri yang mungkin??

a. E.Colib. Proteus

c. Klebsiella

d. Lupa..

e. Lupa..

75. Wanita, usia??, dibawa ke UGD. Pasien adalah penderita DM dengan kontrol tidak teratur. Pemeriksaan fisik: delirium, suhu??, tekanan darah??, napas cepat (34x/menit) dan dalam, nadi 125x/menit. Pemeriksaan lain: maaf lupa, serius.. Tindakan yang harus dilakukan??

a. Diberikan insulin

b. Intubasi endotrakeal

c. Infus RL 2000 cc secara cepat

d. Infus NaCl 2000 cc secara cepat

e. Infus D5% 2000 cc secara cepat

76. Pria, mengeluh gatal pada selangkangan dan skrotum, berapa lama??. Tidak ada faktor predisposisi. Pemeriksaan fisik: tampak makula eritema dengan vesikel-vesikel eritema di sekitar lesi. Diagnosis??

a. Tinea inguinalis

b. Candidiasis

c. Lupa..

d. Lupa..

e. Lupa.. 77. Wanita, usia??, hamil G2P1A0, 32 minggu, mengeluh perdarahan dari jalan lahir, tidak nyeri. Pemeriksaan fisik: haduh lupa, maaf.. Pemeriksaan USG: plasenta previa posterior. Pemeriksaan lab: Hb 9 g/dL. Tindakan yang dilakukan??

a. Tunggu kadar Hb > 10 g/dL

b. Beri oksitosin

c. Pecahkan ketuban

d. Lupa..

e. Tunggu sampai kehamilan 36 minggu78. Pria, usia??, dibawa ke UGD post KLL. Primary survey: terdengar suara gurgling. Tindakan yang dilakukan??

a. Lupa..

b. Lupa..

c. Lupa..

d. Lupa..

e. Suction

79. Pria, usia??, mengeluh gatal pada telapak kaki kanan. Pemeriksaan fisik: tampak vesikel dan pustul di telapak kaki kanan, sebagian menjadi krusta yang bila diangkat tampak dasar dangkal dan tepi meninggi. Diagnosis??

a. Impetigo ulseratif

b. Impetigo bulosa

c. Impetigo krustosa

d. Impetigo kontagiosa

e. Impetigo (lupaa).. 80. Pria, usia tua, mengeluh nyeri pada punggung bawah dan sensasi baal pada tungkai kanan. Nyeri diperberat dengan duduk dan batuk. Dokter melakukan pemeriksaan sensasi lateral tungkai kanan. Segmen medula spinalis yang kena??

a. L1-L2

b. L3-L4

c. L4-L5

d. S1-S2

e. S3-S4

81. Anak laki-laki mengeluh nyeri perut. Anak memiliki kebiasaan pola makan tidak teratur dan sering minum soda. Pemeriksaan: nyeri di ulu hati. Informasi tambahan apa lagi yang diperlukan??

a. Apa anak sering pusing?

b. Apa anak mual?

c. Apa anak muntah-muntah?

d. Apa anak pernah muntah darah?

e. Apa anak (lupa..)?

Bingung jawabannya belum pasti..

82. Bayi 1 bulan dibawa ke Puskesmas untuk pemeriksaan. Pernah dapat imunisasi lewat mulut dan BCG. Vaksin apa lagi yang seharusnya diberikan??

a. HiB

b. DPT 1

c. Campak

d. MMR

e. Hepatitis B83. Anak 12 tahun mengeluh badan kuning. Anak dalam pengobatan TB selama 2 bulan terakhir. Obat apa yang paling mungkin menyebabkan gejala kuning??

a. INH

b. Streptomycin

c. Pyrazinamide

d. Ethambutol

e. Rifampicin

84. Lupaaaa soalnyaaa

NB: maaf ya kalo soalnya plus choicenya banyak lupa. Kemampuanku terbatas. Pilihannya juga gak urut. Jawabannya juga belum pasti bener, jadi cek aja lagi. Semoga bisa membantu waktu UKDI..

97. Seorang ibu berumur 23 tahun penderita HIV positif baru melahirkan anaknya ingin menyusui anaknya, apa edukasi yang anda berikan?

98. Seorang pria berumur 55 tahun mengeluh lemah anggota gerak kaki dan kebas-kebas dan nyeri punggung sejak sebulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kekuatan otot kaki 2, reflek fisologis meningkat, reflek patologis negatif. Apa pemeriksaan selanjutnya yang anda rencanakan?

99. Seorang ibu membawa anak perempuannya yg masih bayi karena menangis saat buang air kecil, ibunya mengaku sering membersihkan setelah BAB kearah depan. Kuman apa yang sering menjadi penyebab keluhan bayi tersebut?

100. Seorang wanita berusia 23 tahun mengaku terlambat haid 3 bulan, sebelumanya pernah menderita kehamilan mola dan di kuret. Saat ini pasien datang dengan keluhan pendarahan sebanyak 2 pembalut dalam sehari terakhir. Pada pemeriksaan penunjang, tes kehamilan positif, peningkatan beta HCG positif. Apa tindakan selanjutnya yang anda lakukan?

109. Pria dengan keluhan batuk-batuk dan sesak napas, kerja di pabrik kaca silikosis.110. Pria datang dengan keluhan batuk. Riwayat merokok (+). Pada foto thorax terdapat gambaran honey comb appearance. Dx. Bronkiektasis.

111. Pria datang ke PKM dengan keluhan luka bernanah pada ibu jari kaki kiri. Nyeri ketika berjalan. Foto ro : intermitten claudication (+). Dx. Buergers disease.112. Laki-laki 25 th mengalami kecelakaan lalu lintas dengan GCS E2M5V1. Tampak luka besar di kepala dan jaringan otak keluar dari luka. Apa klasifikasi triasenya pita merah.113. Seorang ibu P2A0 36 th, anak terkecil berumur 4 th ingin KB. Pada catatan medis pernah mengalami TIA, tensi 150/100. N 100x/min, KB yang cocok kontap.

114. Wanita uk 30 minggu G5P4A0 mengeluh keluar darah lewat jalan lahir, darah merah segar sampai 2 pembalut, USG plasenta previa posterior. Dirawat sampai uk 36 minggu.115. Bayi 8 bulan. Datang dengan keluhan demam dan kejang sebelumnya. 8 hari yang lalu imunisasi DPT kombo dan polio. T40oC. Dx difteri.

116. Bayi 11 bulan. Datang dengan sesak napas disertai batuk pilek 4 hari. Stridor (+), retraksi (+). Dx bronkhiolitis.

117. Pria 25 th post trauma dada akibat hantaman stir, sesak 1 jam, perkusi hipersonor, suara paru hilang. Dx pneumothorax.

118. Perempuan 47 th datang dengan keluhan keputihan disertai darah dan mengeluh nyeri saat bersenggama sejak 6 bln yang lalu. Dinding vagina dan portio tampak hiperemis. Pemeriksaan yang tepat Pap Smear.119. Seorang wanita 23 th masuk UGD dengan keluhan tidak sadar setelah minum cairan tidak diketahui, kesadaran apatis, pupil pinpoint. Penanganan awal atropin.120. wanita 17 th datang ke UGD setelah 1jam sebelumnya minum insektisida, diberi atropine sulfat. Parameter keberhasilan terapi midriasis maksimal.1. Seorang perempuan berusia 10 tahun dating dengan keluhan sesak nafas. Sebelumnya pasien merasakan demam sejak 7 hari yang lalu, tidak terlalu tinggi, disertai batuk. Pada pemeriksaan tanda vital suhu 38,2 C, nadi 100x, pernafasan 36 x permenit. Wajah sianosis, terdapat retraksi intercostals, supra sterna, dan sub sterna. Pada faring ditemukan selaput tipis berwarna putih yang rapuh dan mudah terluka. Diagnosis pasien tersebut adalah:

a. Croup

b. Difteri

c. Pneumonia

d. Bronchitis

2. Seorang wanita G2P1A0 merasa hamil, tapi lupa hari menstruasi terakhir. Pada pemeriksaan ditemukan fundus uteri setinggi umbilicus. Berapakah usia kehamilannya?

a. 10 minggu

b. 15 minggu

c. 20 minggu

d. 25 minggu

e. 30 minggu

3. Seorang laki-laki berusia 25 tahun dating dengan keadaan tidak sadar. Sebelumnya pasien mengalami demam. Pada pemeriksaan terfapat penurunan reflex fisiologis (+) dan reflex patologis (+). Dilakukan pemeriksaan pungsi lumbal dengan hasil lekosit (+), dan ditemukan bakteri gram negative. Bakteri apakah yang paling banyak menyebabkan penyakit ini?

a. Staphylococcus aureus

b. Haemophilus influenza

c. Streptococcus pneumonia

d. Neseria meningitides

4. Seorang pria 58 tahun dibawa ke IGD pada pukul 08.00,dengan keluhan penurunan kesadaran. Sebelumnya pada pukul 06.00 pasien tuba2 terdiam, dan tidak dapat bergerak. Pasien perot dan tidak dapat lancer berbicara, terdapat kelemahan anggota gerak kiri. Pada pemeriksaan fisik, TD 190/100. Pasien sebelumnya mempunyai kebiasaan merokok 1 bungkus per hari. Hal apakah dari pasien ini yang dapat mendukung prognosis baik?

a. Pasien mempunya hipertensi grade 2

b. Pasien berusia di bawah 60 tahun

c. Pasien tidak memiliki hipertensi maligna

d. Jendela terapi kurang dari 2 jam.

e. Tidak ada asidosis metabolik

5. Seorang pria berusia 30 tahun datang dengan keluhan penurunan pendengaran. Dia merupakan pekerja di pabrik baja. Pemeriksaan sederhana apakah yang tepat dilakukan pada pasien ini?

a. Audiometri nada murni

b. Pemeriksaan garpu tala

c. BERA

d. Audiometri tutur

6. Seorang anak perempuan berusia 12 tahun datang dengan keluhan penurunan penglihatan. Dengan koreksi lensa S -6.00 D didapatkan visus 6/30. Pada usia 6 tahun, visus koreksi S -6.00 D pasien 6/6. Apakah diagnosis pasien ini?

a. Miopi

b. Astenopia

c. Ambliopia

d. ....

7. Seorang petani berusia 40 tahun datang dengan keluhan demam dan badan kuning. Demam sudah dirasakan sejak 7 hari yang lalu. Pasien merasa lemah, lesu, nyeri pada tungkai. Pada pemeriksaan fisik, didapatkan sklera ikterik, hepar teraba agak membesar, dan nyeri pada otot gastrecnemeus. Sebelumnya terdapat riwayat digigit tikus. Pada pemeriksaan urine, terdapat proteinuria (++). Kelainan ginjal apakah yang terjadi pada pasien ini?

a. Acute Kidney Injury (AKI) pre renal

b. AKI renal

c. AKI post renal

d. Gagal ginjal kronis

e. Gagal ginjal terminal

8. Seorang anak berusia 10 tahun datang dengan keluhan gatal pada sekitar hidung dan tungkai bawah. Pada pemeriksaan dermatologis terdapat lesi papula dan pustule. Terdapat krusta, ketika diangkat dasar krusta kasar, dan terdapat peninggian pada tepinya. Apakah diagnosis pasien ini?

a. Impetigo krustosa

b. Impetigo bulosa

c. Impetigo herpetiformis

9. Seorang wanita G1P0A0 datang dengan usia kehamilan 40 minggu dan merasa akan melahirkan. Pada pemeriksaan fisik, kepala bayi sudah masuk panggul. Tampak kepala bayi sudah dapat terlihat pada introitus vagina. Masuk fase apakah persalinan pasien ini?

a. Kala I fase laten

b. Kala I fase aktif

c. Kala II

d. Kala III

e. Kala IV

10. Seorang wanita beusia 50 tahun datang dengan keluhan keluar cairan berbau dari vagina. Pasien merasa nyeri ketika berhubungan dan merasa nyeri pada panggul. Pada pemeriksaan, terdapat benjolan di seluruh permukaan vagina, fornix terdapat erosi dan rapuh. Apakah diagnosis pasien ini?

a. Kanker ovarium

b. Kanker endometrium

c. Kanker srviks

d. Kanker vulva

11. Seoran pria berusia 35 tahun datang dengan keluhan sakit kepala sebelah. Nyeri dirasakan di daerah sekitar mata. Ketika kumat, nyeri disertai mata berair, dan hidung berair. Apakah diagnosis pasien ini?

a. Trigeminal neuralgia

b. Tension type headache

c. Migrain tanpa aura

d. Migrain dengan aura

e. Cluster headache

12. Seorang pria berusia 40 tahun datang dengan keluhan nyeri dada kiri. Nyeri terasa menjalar hingga bahu, terasa seperti tertekan. Terjadi ketika beraktivitas dan tidak reda dengan istirahat. Pemeriksaan apakah yang pertama dilakukan untuk menegakkkan diagnosis pada pasien ini?

a. Ekokardiografi

b. Pemeriksaan enzim marker

c. Foto toraks

d. Elektrokardiografi

13. Seorang pria berusia 20 tahun dibawa ke UGD setelah menabrak pohon dengan keluhan sesak nafas. Tanda vital TD 90/40, nadi 120x permenit lemah, nafas 40x permenit. Pada pemeriksaan dada, ditemukan jejas pada dada sebelah kiri, perkusi dada kiri hipersonor, suara nafas dada kiri tidak terdengar. Pada pemeriksaan leher, vena jugular menegang, terlihat trakhea terdesak ke arah kanan. Apakah diagnosis paseien ini?

a. Hemato toraks

b. Tamponade kordis

c. Flail chest

d. Pneumotoraks

14. Seorang pri a 20 tahun dibawa ke UGD karena tiba2 menyerang orang-orang yang ada di sekitarnya. Pasien mengaku dirinya sedang dalam keadaan bersemangat dan sangat senang, serasa melayang. Pada pemeriksaan urine dokter menyatakan bahwa pasien ini mengalami keracunan NAPZA. Zat apakah itu?

a. Barbiturat

b. Opiat

c. Alkohol

d. Kokain

15. Seorang pria dibawa ke UGD dalam keadaan tidak sadar setelah mengalami kecelakaan. Tanda vital TD 100/60, nadi 100x permenit, pernafasan 20x permenit. Pada kepala terdapat luka terbuka yang tampak jaringan otak menonojol dari dalam luka. Status triase pasien ini adalah:

a. Merah

b. Kuning

c. Hijau

d. Hitam

e. Putih

133-1441. Seorang atlet setelah berolahraga merasa kehausan. Kemudian dia meminum 2 liter air sekaligus untuk mengganti cairan tubuhnya yg hilang. Efek dari hal ini adalah terhadap cairan ekstravaskular dan intravaskular adalah

a. Cairan intravascular menjadi hiperosmotik

b. Cairan ekstravascular menjadi hiperosmotik

c. Volume intravascular bertambah

d. Volume ekstravascular bertambah

e. .

2. Seorang pasien wanita tampak takut menceritakan keluhannya kepada dokter. Dia hanya terdiam dan tertunduk, terlihat bahwa dia ingin bercerita namun ragu2. Yg sebaiknya dikatakan oleh dokter adalah.

a. Maaf, masih banyak pasien menunggu di luar

b. Saya rasa ibu perlu periksa ke yang lebih ahli

c. Sepertinya masih ada yang ingin ibu ceritakan

d. ..

e. ..

3. Seorang pasian laki-laki berusia 30 tahun mengeluh nyeri dada sebelah kiri, yg dirasakan menjalar sampai ke bahu dan lengan kiri. Pemeriksaan penunjang yg pertama dilakukan adalah.

a. Ekokardiografi

b. Enzim jantung

c. Elektrokardiografi

d. Darah rutin

e. ..

4. Seorang laki-laki berusia 25 tahun mengalami diare, BAB 5-6x per hari, cair, tidak ada lender dan darah. Dokter memberikan oralit. Tujuan diberikan oralit karena

a. Oralit mengikat garam

b. Oralit mengandung elektrolit

c.

d.

e.

5. Seorang pasien karena penyakitnya terpaksa harus menjalani amputasi pada kakinya. Ketika dokter menyampaikan hal ini padanya, pasien tersebut berkata: apa? Tidak mungkin.tidak mungkin saya cacattidak mungkin saya harus kehilangan kaki sayahal ini tidak mungkin terjadi... Yang dialami pasien tersebut..

a. Penyesuaian

b. Penerimaan

c. Penolakan

d. .

e. .

6. Seorang pasien infark miokard pada hasil EKG didapatkan ST depress pada lead II, III, dan aVF. Hal ini menunjukkan infark miokard terjadi dibagian.

a. Superior

b. Inferior

c. Anterior

d. Septal

e. Lateral

7. Seorang anak berusia 5 tahun sering gorok saat tidur, dan napasnya berbau. Ketika dilakukan pemeriksaan pada mulut ternyata tonsil mengalami pembesaran grade II-III. Komplikasi paling sering dari hal ini adalah

a. Abses preaurikular

b. Abses peritonsilar

c. Abses mandibula

d. Abses .

e. Abses

8. Seorang wanita berusia 30 tahun yg pekerjaan sehari2nya mencuci dan memasak, mengeluh telapak tangannya sering kesemutan, yg menjalar hingga ke jari tengah dan telunjuk. Ketika dilakukan pemeriksaan, pasien merasa nyeri saat diketuk pada bagian volar pergelangan tangan. Pasien menderita.

a. Carpal Tunnel syndrome

b. Polineuropati

c.

d.

e. ..

9. Seorang wanita usia 25 tahun pasca melahirkan di bidan 1 jam lalu, keluar darah terus menerus dari jalan lahir. Plasenta belum keluar. Kontraksi uterus kurang. Penyebab perdarahan yg paling utama pada wanita ini adalah..

a. Retensio plasenta

b. Atonia uteri

c. Robekan jalan lahir

d.

e.

10. Seorang laki-laki berusia 27 tahun mengeluh bengkak-bengkak di hampir seluruh tubuh (kecuali muka) dan gatal-gatal, hal ini dialami hampir setiap hari saat pagi hari. Kemungkinan pasien ini menderita

a. Dermatitis atopi

b. Urtikaria

c. Sindro nefrotik

d. Eritroderma

e. Dermatitis numular

11. Seorang wanita berusia 22 tahun, hamil 8 minggu, mengalami perdarahan bercak2 dari vagina beberapa hari ini. Hormon yang harus diperiksa adalah

a. Estrogen

b. Progesterone

c. FSH

d. LH

e. .

12. Seorang laki-laki berusia 20 tahun selalu mencuci tangan berulang kali. Dia merasa tidak tenang jika tidak melakukan hal tersebut. Dia mengetahui bahwa hal itu tidak bermanfaat tetapi dia tidak bisa menghentikannya. Laki-laki ini menderita..

a. Paranoid

b. Obsessive compulsive

c. Gangguan cemas

d. Gangguan penyesuaian

e. Anxiety

Soal 157-168

Seorang pria penderita diabetes 12 tahun, kontrol tidak teratur datang dengan keluhan lemah, mudah lelah. Pemeriksaan darah menunjukkan Hb rendah, Burr (+), leukosit rendah, MCV rendah, lainnya lupa. Kondisi diatas disebabkan karena proses apa di dalam tubuh (jawabannya lupa, tapi kayaknya yg dimaksud soalnya adalah hubungan DM ma anemia gimana)

Seorang wanita diabetes 6 tahun, kontrol tidak teratur datang ke UGD dengan keluhan lemah, kesadaran menurun. Tes motorik dan sensorik dbn, tetapi bicara agak terbata-bata. GDS 30mg/dL. Hal tersebut karena apa (jawaban: ensepalopati hipoglikemi,stroke,lainnya lupa :D)

Pada pemeriksaan widal yang menunjukkan seseorang adalah carier typhoid tu gimana?

Pasien diantar ke ugd karena mengamuk. Bila melihat mobil jenazah pasien ingin bunuh diri karena ingat anaknya yang meninggal 3 tahun yg lalu. Setelah dari ugd pasien tenang, dapat tidur, setelah itu pasien mengaku lupa atas perbuatan sewaktu mengamuk tadi, pasien dapat diajak berkomunikasi namun pasien merasa ada roh jahat yang mendorong untuk bunuh diri. Terapi yang diberikan (jawaban: diazepam, haloperidol, carbamazepin, terapi perilaku, terapi wawancara)

Soal sama diatas tapi diagnosisnya apa (jawaban: psikotik akut, depresif dengan psikotik, waham menetap, lainnya lupa)

Anak usia 1 tahun 9 bulan kejang seluruh badan, tidak sadar selama 2-3 menit. Sebelumnya anak demam dan mengeluhkan telinga terasa sakit. Keadaan tersebut disebut (jawaban: KDS, KDK, epilepsi, lainnya lupa)

Seorang remaja dibawa ke poli karena sering tiba ketika beraktivitas tiba2 diam dan bibir seperti bergumam. Hal berlangsung selama beberapa menit. Sesudah kejadian, aktivitas kembali normal. Hal ini disebut (jawaban: primary generalized seizure, secondary generalized seizure, lainnya lupa)

Pasien wanita (lupa status obstetrinya) datang dengan keluhan perdarahan sejak 2 bulan yll. Sebulan sebelumnya pasien dikuret dengan diagnosis mola hidatidosa. Saat ini diketahui kada beta hCG masih di atas normal. Tindakan yang dilakukan (jawaban: kuret ulang, rujuk untuk kemo, rujuk untuk radiasi, rujuk untuk histerektomi)

Pasien datang dengan keluhan kulit gatal di daerah dekat selankangan. Diperiksakan ke mantri keluhan sempat membaik. Sekarang ukk, ada central healing dengan lesi satelit di sekitarnya. Diagnosisnya apa (jawaban: tinea, candidiasis, dermatitis, scabies)

169 Pria berumur 35 tahun, mengalami nyeri pinggang menyebar hingga ke selangkangan disertai demam, hematuria sejak 2 hari, riw BAK berpasir (+), mual muntah (+). bagaimna penanganan selanjutnyaa. simptomatikb. psikologikc. px labd. px usge. px fisik170. Wanita 25 tahun, mengalami mata merah berair, sejak 3 hari yang lalu akibat tidur menggunakan lensa kontak yang lupa di lepas. st lokalis : injeksi siliar (+), test fluoresens(+), visus 5/60. dxa. konjunctivitisb. keratitisc. endophtalmitisd. skleritisc.glaucoma akut171. pasien Wanita datang ke praktekan saudara dengan menangis tersedu-sedu, apa yang seharusnya saudara katakn pada pasien tersebut?a. Anda kenapa Menangis?b. Ini Tissunya...c. Ada yang bisa saya BAntu?d. Anda coba tenang dulu dan ceritakan kenapa datang kemarie. What The Fuck your crying in my room???? (wkwkwkwk.. lupa dod )172 Pasien mengeluh nyeri setelah mengangkat beban. foto yang di anjurkana.lumbalb. lumbosakralc. pelvisd. vertebra (ngarang dod.... hehehehe)e. ct scan173 laki-laki 39 tahun tahun datang ke IRD dgn penurunan kesadaran. Anemnesis : Batuk, demam ringan, BB turun, Px Fisik : kaku kuduk (+), kernig (+) brudzinski 1 dan 2 (+), dilakukan pengambilan cairan serebro spinal. posisi?a. L1-L2b.L2-L3c.L3-L4d.L4-L5e.L5-S1174 Pada dermatitis atopik, jenis Imunoglobulin yang meningkata.ab.gc.md.ee.d175pria 27 tahun kecelakaan lalu lintas, ia melakukan gerak menarik badan bila dirangsang, suara nggak jelas, dan g bis buka mata, GCS?a.8b.9c.6d.7e.5176Bakteri yang sering terdapat pada keputihana. trichomonas vaginalisb. candida albicansc. eschericia colid.salmonellae. gardnella vaginalis177obat skabies yang aman untuk ibu hamila. karbarilb.benzil benzoatc. malationd.permetrine.sulfur precipitatum178 area di otak yang bila ada kerusakan pda area tersebut nyebabin afasia motorika.parietalb. temporalc. oksipitald.medula spinale. frontal179. dosis pemberian vit a untuk balitaa.50.000b.100.000c.150000d.20000e.250000180.mek. penularan pnyakit lewat pernafasana.tbcb.difteriac.pertusisd.tetanuse.polioSoal Try out UKDI januari 2011

1. Pasien laki-laki usia 17 tahun mengeluh penglihatan kabur. Sebagai dokter puskesmas pemeriksaan yang bisa kita lakukan adalah.Tes Snellen Chart2. Seorang wanita G1P0A0, hari pertama menstruasi terakhirnya tanggal 30 Juni 2010. Berapakah HPL nya? 7 April 20113. Seorang wanita G3P2A0 hamil 8 bulan mengalami kejang 1x. Tekanan darah 160/90 mmHg, proteinuri (+). Diagnosa untuk pasien ini adalahEklamsi4. Seorang wanita G2P1A0 hamil 6 bulan menjalani pemeriksaan rutin di puskesmas. Setelah dicek Hb darahnya 10 g/dL, suhu tubuhnya 39 derajat celcius. Saat diperiksa darah rutin, angka leukositnya 14.000/mmk. Diagnosa untuk wanita ini adalahwanita G2P1A0 inpartu, anemia, infeksi.5. Seorang wanita hamil 7 bulan datang berkonsultasi pada Anda. Ia mengeluh tidak mau lagi minum suplemen besi karena mual-mual. Setelah dicek kadar Hbnya 12 g/dL. Edukasi apa yang sebaiknya Anda berikan? Tetap mengkonsumsi suplemen Fe untuk mencegah defisiensi.

6. Gambaran EKG untuk STEMI.

7. Foto Rontgen menunjukkan gambaran konsolodasi di apeks paru kiri. Gejala yang dialami pasien batuk lama, demam subfebris, keringat malam, berat badan turun..mengarah pada penyakit.TB8. Seorang pasien pria berusia 60 tahun mengalami sesak nafas terutama bila beraktifitas. Beliau lebih nyaman bila berbaring ke kiri. Perut sebelah kanan teraba keras, kedua telapak kaki bengkak dan tidak kembali dengan penekanan. Patofisiologi yang mendasari kecurigaan dokter bahwa pasien ini menderita peyakit jantung adalahpeningkatan preload menyababkan disfungsi jantung

9. Stroke in evolution.

10. Nyeri dada, nyeri betis jika berjalan, riwayat merokok (+), kolesterol > 200 mg/dL. Diagnosaarteriosclerosis? Deep venous thrombosis? Trombosis obliterans?

11. Seorang dokter memeriksa seorang anak. Ternyata didapati luka-luka bekas kekerasan. Namun anak itu diam saja karena takut. Etika yang dipakai dokter disini adalahjustice? Malefisence? Beneficence?

12. Menghitung sensitivitas.a/ (a+b)13. Gejala-gejala parkinsonism diobati denganL Dopa14. Efek samping obat-obatan antipsikotik (missal Haloperidol jangka lama )(15. Nyeri dada mendadak, kurang dari 30 menit, membaik dengan nitrogliserin. Diagnosa.Angina pectoris? Unstable angina?16. Nyeri tenggorokan. Terdapat selaput berwarna putih di mukosa, bila diangkat berdarah. Penyebab penyakit ini adalahdifteri17. Soal tentang ulkus mole.

18. Wanita riwayat SC pada persalinan sebelumnya. Sekarang hamil 20 minggu. Tiba-tiba mengalami perdarahan tanpa sebab yang jelas. Risiko yang mungkin terjadi akibat scar bekas operasi di rahimnya berkaitan dengan plasentanyaplasenta previa

19. Pengobatan scabies (gatal malam, lesi terowongan)Gamexan20. Diare berdarah pada anak.Entamoeba hystolityca21. Gambaran mikroskopis untuk mycobacterium TBberwarana merah.22. Gejala-gejala Gonorhea pada bayi.bersifat hiperakut, sekret purulen, kemosis dan dapat terjadi membrane atau pseudomembran. Pengobatan dengan penisilin.23. Riwayat terciprat Lumpur di sawah. Ciri-ciri lesi di mata akibat keratitis infeksi jamur..infiltrat abu-abu, hipopion, gejala inflamasi seperti ulserasi superfisia, disertai infiltrate satelit di tempat lain seperti induk-anak ayam. Kadang meluas tidak teratur.

24. Pekerja di pabrik kaca rentan mengalami penyakit.silikosis25. Seorang anak kecil mengalami syok akibat DHF. Saat ini dirawat di ICU dan kemungkinan bertahan hidupnya kecil. Keluarga sudah setuju untuk tidak meneruskan perawatan karena tidak ada biaya. Jenis euthanasia yang dilakukan pada kasus di ataseuthanasia pasif.26. Antidotum keracunan sianida.(methylen blue dan atropine)

27. Penelitian yang menghubungkan angka kejadian kanker serviks dengan riwayat perkawinan sebaiknya menggunakan desain penelitian cohort retrospektif.28. Dokter puskesmas menemukan dalam sehari ini ada 5 pasien datang dengan keluhan diare encer lebih dari 10x. yang harus segera dilakukan dokter puskesmas adalahmembentuk tim penanganan KLB.29. Gambar grafik tentang subyek peneitian yang AKDR nya gagal (hamil) berapa persen..

30. Pasien dengan diagnosa TB. Hendak diberikan pengobatan anti TB. Ternyata diperiksa nyeri pada perut sebelah kanan, agak demam, SGPT SGOT meningkat lebih dari 2x lipat. Dokter sebaiknyamenunda pemberian OAT sampai SGOT SGPT turun setidaknya kurang dari 2x lipat kenaikan.

31. Orang yang fobia dengan darah sebaiknya dilakukandesensitisasi32. Seorang pasien TB. Telah menjalani pengobatan TB fase intensif selama 2 bulan. Setelah di cek ternyata BTA nya +++/+++. Bagaimana pengobatan selanjutnya? Diulang fase inisial selama 1 bulan.

33. Antibiotic apa yang digunakan untuk GO..golongan penisilin34. Indikasi terapi PCI

35. Obat HT untuk orang yang mengalami gagal ginjal sebaiknya menggunakan golongan.ACE inhibitor36. Seorang siswa SMP putrid tiba-tiba mengamuk dan berteriak-teriiak. Ia berbicara dengan suara berat dan mengatakan bahwa ia adalah kakek yang menunggui sekolah itu.. gangguan yang dialami oleh siswa tadi disebut.gangguan konversi atau depersonalisasi ya?37. Orang yang sering cufi tangan terus menerus karena menurutnya di tangannya itu banyak kuman dan tidak bersih-bersih mengalami gangguan yang disebutgangguan obsesif kompulsif38. Seorang pengusaha takut bila maju ke panggung, missal mau presentasi.lain-lain dalam batas normal. Gangguan ini disebutreaksi stress spesifik39. Orang degnan gangguan cemas yang mengambang/ tidak jelas stimulusnya apa disebut mengalami gangguan cemas jenisgangguan cemas menyeluruh40. Kriteria gagal ginjal akut.

41. Ada seorang pemuda mengalami kecelakaan. Datang diantar masyarakat yang menemukannya. Pemuda ini membutuhkan opaerasi segera untuk menyelamatkan nyawanya. Dokter belum berhasi menghubngi keluarga pasien. Yang harus dilakukan dokter adalahtetap melakukan operasi walau tanpa informed consent

42. Atlet lari jarak jauh. Setelah selesai lari, ia minum 2 botol air mineral untuk menggantkan keringatnya yang hilang. Bagaimana mekanisme fisiologinya? Peningkatan osmotic cairan intersisial?43. Painless hematuriamengarah ke diagnosiskeganasan kandung kemih

44. Hipertrofi prostate

45. Nyeri kolik menjalar ke testis menunjukkan letak obstruksi batu di ureter distal

46. Pria 57 tahun. Kadang berak berdarah, tapi tidak nyeri. Berat badan turun drastis. Pemeriksaan yagn sebaiknya dilakukan adalah. Barium enema

47. Hipertensi gestasional

48. Seorang wanita datang periksa ke dokter tetapi tampak malu-nau, takut untuk menyapaikan keluhannya. Ia menunduk terus.. apa yang sebaiknya diaktakan dokter.Ada yang bisa saya bantu?49. Krisis hipertesi

50. Pengobatan tifus yang aman ibu hamiltiamfenikol, atau kotrimoxazol atau golongan penisilin (amoxicillin, ampisilin) 51. Laki-laki dengan kadar gula darah sewaktu sangat tinggi. Dia berkata saya pasti gula kan dok//yak an dok??? Bagaimana kita menanggapi? Anda sepertinya khawatir dengan penyakit iani

52. sindrom nefrotik

53. prinsip pemberian obat untuk sesak nafas bronkodilator

-----------------------ooOoo------------------------------