tips merawat accu

Download Tips Merawat Accu

Post on 17-Jul-2015

596 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

TIPS MERAWAT ACCU

1. Periksa Air Accu secara berkala misalnya 1 bulan sekali untuk mobil lama, karena air Accu yang kurang dapat menyebabkan umur Accu tidak bertahan lama. 2. Untuk menambah air Accu yang berkurang gunakan air Accu biasa, jangan menggunakan Accu zuur, karena Accu Zuur hanya dipergunakan untuk Accu baru yang belum dipakai penggunaan Accu Zuur pada Accu yang telah dipakai justru akan merusak Accu tersebut. 3. Jangan menambahkan air Accu pada saat mobil baru dipakai (dalam keadaan panas) penambahan air Accu sebaiknya sebelum mobil dipakai (pagi hari). 4. Bila umur Accu mobil anda sudah habis, segera ganti Accu mobil anda, karena kinerja Accu yang buruk membuat beban dynamo stater menjadi buruk, yang pada akhirnya meruka dynamo stater itu sendiri, kerusakan pada daripada mengganti Accu mobil. dynamo stater jauh lebih mahal

Cara Merawat AccuJenis accu pada dasarnya dibagi menjadi dua macam yaitu : dry battery dan wet battery. Saat ini telah dikembangkan accu dengan charge indicator. Dengan menggunakan charge indicator maka tingkat keasaman cairan elektrolit dapat diketahui. Berdasarkan tegangannya, accu yang umum digunakan pada kendaraan dibagi menjadi 6 volt, 12 volt, dan 24 volt. Accu dapat digunakan pada beberapa tingkatan mulai dari 40 Ah-120 Ah. Cara Merawat Accu Hindari accu dari getaran, karena accu sangat sensitive terhadap getaran. Getaran dapat mengakibatkan plat-plat dalam accu rontok. Cairan elektrolit diusahakan jangan sampai kurang atau lebih dari ukuran yang telah ditetapkan. Jangan sampai plat yang terdapat dalam accu tidak terendam cairan elektrolit. Apabila plat tersebut tidak terendam dan kering, maka dapat timbul oksidasi yang menyebabkan plat menjadi rusak. Sebaliknya apabila accu diisi terlalu penuh dan meluap dapat mengakibatkan kerusakan komponen bodi. Tekanan air accu yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada rumah accu

Cek cairan elektrolit dengan hidrometer untuk mengetahui apakah berat jenis cairan masih sesuai dengan standar yang ditentukan. Apabila berat jenisnya sudah menjadi satu, cairan harus segera diganti, karena cairan tersebut dapat menyimpan aliran listrik. Sebaiknya tidak menggunakan energi listrik secara berlebihan karena dapat mengurangi berat jenis cairan elektrolit. Apabila pemakaian listrik lebih besar dari pemakaian normal, sebaiknya accu dan alternator diganti dengan kapasitas yang lebih besar. Berat jenis accu akan tetap sebesar 1.26 apabila pemakaian seimbang.

Kadang kita dibingungkan oleh pilihan tipe / model accu untuk kendaraan kita saat accu perlu diganti yang baru. Ada beberapa macam tipe/model, seperti Accu Basah, Accu MF, Accu Kering, Accu Calcium, dsb. Melalui artikel ini, saya akan mencoba menjelaskan satu persatu sehingga kita dapat memilih accu yang sesuai / diinginkan. . [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

ACCU BASAH (Antimonial Battery)Adalah accu yang paling banyak digunakan pada kendaraan hingga saat ini. Accu ini berisi air accu (cairan asam belerang / sulfuric acid). Pada accu basah, terdapat lubang dengan tutup yang dapat dibuka-tutup untuk menambah air accu. Air accu dapat berkurang saat accu digunakan. Hal ini terjadi karena reaksi kimia di dalam accu antara air accu dengan sel accu.

Keuntungan menggunakan Accu Basah: Dapat menggunakan vitamin accu berupa tablet yang dijual di toko asesoris atau larutan EDTA, untuk memperpanjang usia pakai accu tersebut. Harga relatif lebih murah dibandingkan jenis accu yang lain.

Kekurangan Accu Basah: Wajib memeriksa ketinggian air accu secara berkala, jika air accu berada di bawah level LOW, dapat merusak sel accu. Memiliki tingkat Self-Discharge paling besar (0.8-1.0% volume/day)

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ] .

ACCU HYBRID (Hybrid Battery)Accu Hybrid, hampir sama dengan Accu Basah. Perbedaannya terletak pada material pada komponen sel/lempengan grid. Accu Hybrid menggunakan Low-Antimonial pada lempengan grid (+) dan Calcium pada lempengan grid (-).

Keuntungan Accu Hybrid: Relatif lebih baik dengan Accu Basah (Antimonial Battery).

Kekurangan Accu Hybrid Memiliki tingkat Self-Discharge yang besar (0.5-0.6% volume/day)

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ] .

ACCU KALSIUM (Calcium Battery)Adalah accu yang menggunakan Calcium pada lempengan grid (+) dan (-).

Keuntungan Accu Kalsium: Mempunyai performance yang baik dibanding accu Antimonial dan Hybrid di atas. Mempunyai daya tahan / usia pakai yang baik. (tahan lama). Tingkat Self-Discharge paling kecil (0.1-0.2% (volume/day)

Kekurangan Accu Kalsium: Relatif lebih mahal

[ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

ACCU MAINTENANCE FREE (MF)yang dimaksud dengan Accu MF, adalah suatu produk accu yang menggunakan desain khusus sehingga dapat menekan penguapan air accu. Dengan demikian tidak diperlukan penambahan ulang air accu.Accu MF dapat berupa Accu Hybrid maupun Accu Calcium.

Keuntungan Accu MF: Tidak diperlukan pengisian air accu

. [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ]

ACCU SEALEDAdalah accu yang menggunakan Calcium pada lempengan grid (+) dan (-), dengan penyekat berupa jaring (mat) yang menyerap cairan elektrolit (umumnya berupa gel), dengan kemasan accu yang tertutup rapat (disegel). Ketika terjadi penguapan/gas, akan diserap oleh mat tersebut, sehingga tidak terjadi pengurangan jumlah cairan elektrolit. Accu ini sering disebut Accu Kering.

Keuntungan Accu Sealed: Bebas perawatan (maintenance free) Performa kerja yang baik.

Kekurangan Accu Sealed: Harga sangat mahal Tidak tahan ditempatkan pada suhu tinggi

. [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ] .

SALAH KAPRAH : ACCU KERING dan MFSering terjadi salah kaprah antara accu kering dan accu Maintenance Free (MF). Accu MF berisi cairan elektrolit yang sama persis dengan accu basah. Hanya saja kemasannya

dibuat tertutup, tidak ada lubang pengisian air accu. Mirip dengan Accu Kering (Accu Sealed). Sedangkan Accu Sealed menggunakan cairan Gel (kental) di dalamnya. Perbedaan harga antara Accu MF dengan Accu Sealed cukup besar. Accu Sealed jauh lebih mahal dibanding Accu MF.

KESIMPULAN: Jika accu ditempatkan di ruang mesin tanpa sekat anti panas, sebaiknya tidak gunakan accu jenis Sealed / Gel karena accu ini tidak tahan suhu tinggi. Accu Calcium sangat baik performanya. Accu Calcium mempunyai tingkat Self-Discharge paling kecil Pilih Accu sesuai kode yang disarankan pabrik mobil atau pilih kode yang sama dengan accu sebelumnya, contoh: NS70 Pilih Accu yang bergaransi panjang (satu tahun atau lebih), rusak langsung tukar baru Hati-hati banyak accu palsu Sebaiknya periksa kondisi accu secara berkala ke bengkel/toko accu dengan alat khusus

. . [ www.saft7.com - automotive tips and sharing ] Sumber Referensi: Buku Panduan Aki Mobil Accu Panasonic www.optimabatteries.com

ACCU KeringAccu Kering atau ada juga yang menyebutnya MF battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai diperkenalkan pada konsumen Honda di Indonesia pada saat AHM mengeluarkan type KARISMA dan KIRANA, kenapa dipilih accu jenis MF Battery, selain karena anti tumpah battery ini banyak kelebihannya dibandingkan battery konvensional. Apa kelebihan battery ini? Battery MF tahan lama dan cranking performance-nya tinggi karena menggunakan separator khusus dan grid yang tahan korosi, kemurniannya tinggi sehingga tahanan dalam battery rendah yang menghasilkan performance tinggi dan self discharge yang lebih rendah.

Pada kondisi normal (sistem pengisian kendaraan normal) tidak ada penguapan karena gas yang timbul diserap oleh plate negative, apabila kondisi system pengisian tidak normal dan sering terjadi over charge akan ada penguapan dan akan mengakibatkan battery jadi rusak. Pada kondisi normal umur battery bisa mencapai 2 3 tahun dengan catatan pemakaian beban listrik sepeda motor tidak berlebih dan sepeda motor setiap hari minimal kalau tidak dipakai dipanaskan , karena battery bisa drop (Soak) apabila sepeda motor tidak dihidupkan berhari-hari (tidak ada pengisian). Sekedar tips apabila membeli battery type MF perhatikan kode angka pada bagian kanan atas battery, kode ini adalah kode charge misalnya 15.9.8 artinya tanggal 15 bulan 9 tahun 2008. Apabila anda membeli yang kode chargenya lebih dari 4 bulan dari tanggal anda membeli atau tegangan batterynya kurang dari 12,4 V lakukan charging terlebih dahulu sebelum dipasang.

fisik@net (ISSN 2086-5325)

http://www.fisikanet.lipi.go.id

Reaksi Kimia di Balik Kotak AkiWidodo Suryaningrat (Fisika UPI) ACCU(mulator) atau sering disebut aki, adalah salah satu komponen utama dalam kendaraan bermotor, baik mobil atau motor, semua memerlukan aki untuk dapat menghidupkan mesin mobil (mencatu arus pada dinamo stater kendaraan). Aki mampu mengubah tenaga kimia menjadi tenaga listrik. Di pasaran saat ini sangat beragam jumlah dan jenis aki yang dapat ditemui. Aki untuk mobil biasanya mempunyai tegangan sebesar 12 Volt, sedangkan untuk motor ada tiga jenis yaitu, dengan tegangan 12 Volt, 9 volt dan ada juga yang bertegangan 6 Volt. Selain itu juga dapat ditemukan pula aki yang khusus untuk menyalakan tape atau radio dengan tegangan juga yang dapat diatur dengan rentang 3, 6, 9, dan 12 Volt. Tentu saja aki jenis ini dapat dimuati kembali (recharge) apabila muatannya telah berkurang atau habis. Dikenal dua jenis elemen yang merupakan sumber arus searah (DC) dari proses kimiawi, yaitu elemen primer dan elemen sekunder. Elemen primer terdiri dan elemen basah dan elemen kering. Reaksi kimia pada elemen primer yang menyebabkan elektron mengalir dari elektroda negatif (katoda) ke elektroda positif (anoda) tidak dapat dibalik arahnya. Maka jika muatannya habis, maka elemen primer tidak dapat dimuati kembali dan memerlukan peng