tips dan trik microsoft word 2010

Upload: arif-setiawan

Post on 14-Oct-2015

60 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Tugas IT

TRANSCRIPT

Tips dan Trik Microsoft Word 2010May 20, 2012 by Andy Yudhanto Under Computer Stuff, Tips & Trik - 16 Comments Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang telah banyak dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini adalah aplikasi yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran, bahkan instansi pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel dan Powerpoint-nya ini.

Dan bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa tips dan trik yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan disini.SeleksiMungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata, dan klik tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun untuk menyeleksi satu kalimat cukup tahan tombol Ctrl dan klik di kalimat manapun. dan untuk menyeleksi seluruh tabel tahan tombol Alt dan klik dua kali.Membuat tabelMungkin selama ini Anda membuat tabel dengan memakai Draw Table, kini Anda bisa membuat tabel dengan meng-klik tab Insert lalu klik Table yang akan menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal menggeser mouse untuk menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil langsung di dokumen Anda, lalu klik.

Jika ingin membuat satu kolom tabel saja Anda cukup menekan tombol + untuk garis vertical dan untuk garis horizontal misal ++-+ (tanpa tanda kutip) lalu tekan EnterMenambahkan Comment BoxJika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari kalimat lalu klik tab Review lalu pilih New CommentMembuat daftar dengan KeyboardAnda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan Enter secara otomatis MS Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.Memasukkan Screenshot ke MS WordSalah satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat memasukkan Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol Print Screen pada keyboar lalu klik tab Insert klik Screenshot.Menambahkan Bookmark ke DokumenAnda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab Insert di kolom Links klik Bookmark ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik Add.

Setelah itu buatlah sebuah halaman khusus untuk daftar isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen klik tab Insert di kolom Links klik Hyperlink akan muncul window Insert Hyperlink pilih Place in This Document lalu pilih judul halaman di kolom bookmark yang telah Anda buat lalu klik OK.

Sekarang Anda bisa langsung menuju halaman yang diinginkan dengan meng-klik judul halaman di daftar isi dengan menahan tombol Ctrl dan klik kiri.Mengubah Status Bar

Mungkin Anda tidak menyadari kalo status bar di MS Word juga bisa di ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan status bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.Atur Auto CorrectPernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab File lalu pilih Options klik Proofing dan klik Auto Correct Options di tab Auto Correct terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan klik Delete.

Anda juga bisa menambahkan beberapa kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.ShortcutShortcut untuk MS Word memang cukup banyak namun tak perlu menghapal semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu kerja Anda. Selain shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word memiliki shortcut khusus sendiri yaitu:Ctrl+Z & Ctrl+Y :Jika Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.Ctrl+Spasi :Tekan tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau paragraph memiliki kesalahan misal, bold, italic, underline, huruf dll agar kembali normal (default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph lalu tekan tombol Ctrl+Spasi.Ctrl+Q :Tekan tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format paragraf, double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol tersebut.AlignmentCtrl+L : untuk mengetik rata kiri.Ctrl+E : untuk mengetik di posisi tengah (center).Ctrl+R : untuk mengetik rata kananCtrl+J : untuk merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)Trik UnikIngin sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.=rand (200,99)Ketik kata di atas lalu tekan Enter tunggu selama 3 detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak 567 halaman yang berisi komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut mengerjakan Aplikasi tersebut.=lorem(7,3)Dengan mengetikkan kata di atas akan menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum=rand.old(7,3)MS Word akan menampilkan 3 paragraf yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik The quick brown fox jumped over the lazy dog.Nah, mungkin itu sementara beberapa tips yang semoga dapat membantu Anda dalam mengerjakan dokumen di MS Word semakin mudah dan menyenangkan. Ikuti terus blog FastnCheap untuk mendapatkan tips dan trik dari dunia teknologi. Sampai jumpa di tips berikutnya.

Read more: http://blog.fastncheap.com/tips-trik-microsoft-word-2010/#ixzz2TPoF5xbV

Cara Merubah Format Dokumen Word Lama Menjadi Format 2007Feb 23, 2013 by Bambang Winarso Under Tips & Trik - Leave a Comment Microsoft Word terus berkembang dari waktu ke waktu, hingga saat ini versi terbaru MS 2013 pun telah diperkenalkan previewnya ke pasaran oleh Microsoft. Dengan perkembangan versi yang terus diperbaharui Microsoft juga menanamkan berbagai fitur baru dan kemampuan olah data yang lebih baik, sehingga secara tidak langsung meminta Anda untuk melakukan update versi lama Anda ke versi terbaru.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengupdate ke versi lebih tinggi, Anda tetap dapat menggunakan dokumen tersebut walaupun dengan versi Word 2003 sekalipun namun dengan format Compatible, artinya jika dokumen Word 2003 tersebut Anda buka dengan menggunakan versi 2007 dan Anda melakukan modifikasi maka akan terdapat beberapa fitur yang tidak dapat tersimpan ke dokumen Anda karena versinya tidak mendukung. Bagaimana cara mengatasinya? Anda harus merubah dokumen Word 2003 menjadi Word 2007, saya akan berikan panduan langkah-langkahnya.Untuk dapat melakukan trik ini, Anda harus mempunyai Microsoft Word 2003, jika tidak punya pinjam komputer saudara atau teman, atau gunakan komputer rental yang ada di lingkungan Anda. Jika Anda buka Word 2003 di program Word 2007, maka Anda akan melihat versi Compatible Mode di judul dokumen yang menandakan bahwa dokumen tidak mendukung beberapa fitur versi terbaru.

Buka dokumen Word 2003 yang ingin anda rubah ke 2007 melalui program Microsoft Word 2003. Klik tombol Office dan klik Convert.

Klik tombol OK untuk konfirmasi persetujuan. Maka kemudian program akan merubah versi Word Anda ke versi 2007.

Sekarang coba buka kembali word hasil convert dengan menggunakan program Microsoft Word 2007, maka teks Compatibility Mode tidak lagi terlihat, yang menandakan bahwa dokumen Anda mendukung semua fitur terbaru Microsoft Word 2007 yang saat ini Anda gunakan.

Tidak sulit kan? Dengan trik ini Anda dapat melakukan modifikasi dokumen Word yang sebelumnya merupakan word versi 2003 menjadi format Word 2007. Jika dirasa tidak lagi memiliki dokumen Word dalam versi lama, tidak mengapa jika kemudian Anda uninstal program Microsoft Word lama Anda karena selain tidak dibutuhkan juga memberatkan komputer Anda.

Read more: http://blog.fastncheap.com/cara-merubah-format-dokumen-word-lama-menjadi-format-2007/#ixzz2TPpo2aJJ

Cara Menghilangkan Border Tabel di Microsoft WordMar 10, 2013 by Bambang Winarso Under Tips & Trik - Leave a Comment Microsoft Word sudah diakui sebagai aplikasi perkantoran yang tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga kenyamanan terutama dalam sisi fiturnya yang sangat lengkap sehingga jika Anda sudah mempunyai Microsoft Word, rasanya aplikasi lain tidak diperlukan lagi. Membuat tabel adalah salah satu fitur yang sering digunakan baik untuk membuat listing data atau membuat 2 atau lebih tanda tangan sebuah surat sehingga lebih rapi dan porposional.

Membuat tabel barangkali sesuatu yang mudah dilakukan, namun jika Anda membuat tabel untuk 2 tanda tangan sebuah surat perjanjian misalnya tentu Anda tidak ingin garis tabel terlihat. Tips ini barangkali bermanfaat untuk Anda. Tapi sebelum itu perlu saya tambahkan, tips ini tidak hanya dapat dipraktekkan untuk tabel surat perjanjian atau tanda tangan namun juga dapat digunakan untuk semua jenis tabel di MS Word. Buka dokumen Anda atau jalankan Microsoft Word dan buat data dan tabel yang Anda inginkan. Dalam kasus ini saya membuat sebuah surat perjanjian dengan 2 tanda tangan di ujung halaman dengan menggunakan 2 kolom.

Arahkan mouse pada ujung kiri atas tabel, setelah muncul tanda plus dengan jarum pada bagian ujung lalu klik kanan pada ikon tersebut dan klik Border and Shading.

Kemudian akan muncul jendela pengaturan Border and Shading, pada menu tab Borders pilihNone lalu klik tombol OK.

Selesai, sekarang lihat perbedaannya.Anda dapat juga merubah garis tabel sesuai dengan keinginan Anda, caranya sama namun pada pilihan Borders Style Anda sesuaikan dengan konsep yang diinginkan. Pada bagian Setting pilih All, kemudian Style pilih garis putus-putus, lalu pada bagian Color pilih Automatic, bagian Width pilih 1 pt atau sesuai keinginan Anda lalu terakhir klik tombol OK.

Maka hasilnya akan seperti ini.

Dalam konteks test and run pada surat perjanjian ini, dengan menghilangkan border tabel maka terlihat lebih menarik dan rapi. Anda dapat juga menggunakan tips ini pada jenis tabel yang lain jika memang dibutuhkan.Selamat mencoba!

Read more: http://blog.fastncheap.com/cara-menghilangkan-border-tabel-di-microsoft-word/#ixzz2TPsRa2X6