tik kelompok bab 1 kelas 9 smp 18 smg

Download Tik kelompok BAB 1 Kelas 9 SMP 18 SMG

Post on 30-Jun-2015

253 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

3

Teknologi Informasi Dan KomunikasiSmpn 18 semarangMenuSK/KDINDIKATORMATERISOAL LATIHANKUNCI JAWABAN 1SOAL REMIDIKUNCI JAWABAN 2BAB 1MENGENAL POWER POINT1CREATED BY : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASIAnnisa Dinda R (05)Danastri Rosa B(12)Firda Athaya N(16)Rizky Surya P (26)GRADE IXTeknologi Informasi Dan Komunikasi

Smpn 18 semarangMenu

STANDAR KOMPETENSI MENGENAL PERANGKAT KERAS DAN SYSTEM YANG DI GUNAKAN DALAM PROGRAM PRESENTASIKOMPETENSI DASARMENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH PRESENTASIMenjalankan Ms. Power Point 2007 bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :

Cara 1 : Klik tombol Start > All program > Microsoft Office > Microsoft Office Power Point 2007

Cara 2 : Jika anda sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada dekstop, maka anda dapat mengaktifkam Microsoft Power Point 2007 dengan mengklik 2 X (double klik) ikon shortcut tersebut.

Cara 3 : Klik kanan ikon shortcut Microsoft Power Point 2007 pada dekstop , lalu pilih open.

1.1 MENGAKTIFKAN MS. POWER POINT

LEMBAR KERJA MICROSOFT POWER POINT

Seperti telah disampaikan ditas,tampilan lembarkerja MicrosoftPower Point 2007berbeda denganMicrosoft PowerPoint sebelumnya(misalnya : MicosoftPower Point 2003),begitu juga denganpenggunaan istilahnya.

FUNGSI DARI TOOLS DALAM MICROSOFT POWER POINT 2007

Terdapat perbedaan istilah yang digunakanMicrosoft Power Point 2007 dibandingkanversi sebelumnya, antara lain penggunaanistilah ribbon tabs untuk menggantikan menubar dan ribbon untuk kumpulan toolbar(tools group).1. Fungsi utama tombol Microsoft Office(Ms. Office Button)Ms. Office Button berisi fungsi-fungsi utamadari File, antara lain : New, Open, Save, Saveas, Print, Prepare, Send & Publish.

QUICK ACCESS TOOLBAR Berisi shortcutuntuk fungsi Save,Undo, and Repeat.Shortcut ini dapatditambah denganmengklik disebelah kanan.

Jika kita mengaktifkan seluruh menuyang ada di pilihan Customize QuickAccess Toolbar, maka shortcutnyaakan aktif pada Quick AccessToolbar, seperti gambar berikut :

RIBBON TABSSetiap ribbon tabs akanmenampilkan ribbon yang berisibeberapa set dari tools grop.Ribbon tabs dalam Ms. Power Point2007 antara lain : Home, Insert,Design, Animations, Slide Show,Review, View.

a. Ribbon Tabs Home

b. Ribbon TabInsert Untuk mengaktifkan, klik pada Ribbon Tab Insert atau tekan Alt+N pada keyboard. Ribbontab Insert terdiri dari beberapa tool group, antaralain :M Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide anda. M Illustrations, terdapat tombol-tombol yang bisa anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smarart, dan

M Links, tombol-tombolpada tool group ini dapatdigunakan untuk membuatlink pada slideM Media Clips, untukmemperkaya tampilan slideanda, maka anda dapatmenambahkan file sound(suara) Tu movie Tab c. Ribbon (film). Design

Untuk mengaktifkan, coba anda klik Ribbon Tab Design atau tekan Alt+G, maka akan muncul Ribbon dengan beberapa tool group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain jslide anda.M Page Setup, terdapat tomblol untukmengatur orientasi dari slide, apakahanda akan menggunaan orientasi PORT RAIT atau LANDSCAPE.M Themes, anda bisa menggunakan pilihandesain yang sudah disiapkan oleh Ms.PowerPoint 2007 untuk slide Anda.M Background, untuk memperindah slideyang anda buat, anda bisa menata latarbelakang slide anda dengan menggunakanmenu pada too lgroup ini.

d. Ribbon Tab AnimationsUntuk mengaktifkan, klik pada RibbonTab Animations atau ttekan Alt+A. padaRibbon Tab Animations, anda bisamenambahkan berbagai macam bentukanimasi pada slide anda. Terdapat 3tool group yang bisa anda gunakan,antara lain :M Preview, tombol ini dipergunakanuntuk melihat hasil dari animasi yanganda berikan untuk slide anda.Manimations, anda dapat memilihanimasi bagi objek yang ada pada slide,terdiri dari costum animations.mTransition to this slide, untuk

e. Ribbon Tab Slide ShowUntuk mengaktifkan, klik Ribbon Tab Slide Show (Alt+S).Tab Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :N Start Slide Show, untuk menentukan ari mana slide andadijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau drislide yang sedang aktif (from current slide show) ataupilihan anda sendiri (custom slide show).N Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisadigunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide),merekam narasi (record narration) dan menentukan urutanslide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.N monitors, anda bisa mengatur resolusi dari slidepresentasi andapada tool group ini.

f. Ribbon Tab RiviewUntuk mengaktifkan klik pada Tab Ribbon Tab Review (Alt+R).Terdapat 3 tool group pada Ribbon Tab ini, antara lain :M Proofing, digunakan untuk melakukanpngecekan pada tata tulis yang anda buat dislide.M Comments, anda bisa memberikan catatanpada slide yang anda buat.M Protect, anda bisa menggunakannya untukmelindungi slide presentasi yang anda buat.

g. Ribbon Tab ViewUntuk mengaktifkan, klik pada ribbon Tab View (Alt+W).Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain :M Presentation Views, pada bagian ini anda dapatmelihat keseluruhan dari slide yang tlah anda buat.Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter,notes page, dan slide show. Selain itu, anda juga dapatmembuat slide master sesuai dengan desain yang andainginkan.M Show/Hide, untuk membantu anda dalam membuatslide presentasi, anda bisa menampilkan penggaris(ruler) dan garis bantu (gridlines).M Zoom, anda dapat memperbesar ukuran slide yanganda buat secara normal.M Color/Graycale, pada bagian ini anda dapatmenentukan apakah slide yang anda buat berwarna(color) atau hitam putih (Graycale).M Window, anda menata tampilan window Powerpointapakah secara cascade, split, atau berpndah ke window

4. DIALOG BOX LAUNCHERApabila anda meng-klik DialogBox Launcher berupa panahkecil di sudut sebelah kananbawah tools group, maka akanterbuka Dialog Box yangmempunyai pilihan dan settingdari tool group tersebut.

menyimpan dokumen ms. Power point2007Beberapa hal yang perli di perhatikan padasaat akan menyimpn dokumen antara lain :M Apabila menyimpan dokumen sebagai Ms.Powerpoint 2007 maka dokumen tidak dapatdibuka pada Ms. Powerpoint pada versi lama.M Selalu menggunakan save as untukmenyimpan dokumen karena akan memudahkanmemilih tipe penyimpanan .Langkah-langkah menyimpan dokumen :1. Klik tombol Ms. Office Klik Save as

menutup presentasiUntuk menutup hasilpresentasi , Klik close(X) di pojok kanan atas.Atau bisa juga denganmenekan tombol QuickAccess Button Close.