text editor nano

of 35 /35
Text Editor Nano Ilham Julyansyah - X TKJ A

Author: arcovus

Post on 14-Aug-2015

199 views

Category:

Technology


5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Text Editor Nano Ilham Julyansyah - X TKJ A
  2. 2. Pengertian Nano adalah teks editor untuk sistem operasi yang berdasarkan Unix atau sistem operasi yang berorientasi dengan command line interface. Nano di lisensi dibawah GNU General Public License (GPL) dan dirilis sebagai Free Software oleh Chris Allegretta pada tahun 1999. Sekarang, Nano merupakan bagian dari GNU Project.
  3. 3. Fitur Fitur pada Nano. Berikut adalah contoh dari fitur fitur yang terdapat pada Nano.
  4. 4. ^X Exit dan Save Berfungsi keluar dari file yang sedang dibuka. Anda akan ditanya untuk memastikan penyimpanan file Anda.
  5. 5. ^R Memasukan isi dari file lain. Berfungsi ketika Anda ingin memasukan isi dari file lain kedalam file yang sedang Anda buka.
  6. 6. ^R Juga dapat digunakan dari direktori lainnya. Selain file dari direktori yang sama, dari direktori yang berbeda pun bisa. Tinggal masukan alamat file yang benar dan file akan terinput secara langsung.
  7. 7. ^Y Menaikan screen. Berguna disaat Anda mengedit teks yang banyak dan ingin cepat berpindah dari satu screen ke screen diatasnya.
  8. 8. ^C Current Position. Memberitahu pegguna letak pasti kursor di baris dan kolom mana.
  9. 9. ^K Cutbuffer Berfungsi meng-cut suatu baris atau teks pillihan.
  10. 10. M-/ ( Alt + / ) End of line. Berfungsi memindahkan posisi kursor ke baris paling akhir dari teks yang dibuka.
  11. 11. M- ( Alt +) Start of line. Berfungsi meminadahkan kursor ke posisi awal dari teks yang sedang dibuka.
  12. 12. ^W Search dengan nomor baris dan kolom. Berfungsi mencari string pada suatu teks. Baik itu kata maupun angka pada teks tersebut.
  13. 13. M-6 Cut dan select. Berfungsi memilih bagian dari teks yang kan di cut terlebih dahulu lalu langsung mengcut teks tersebut.
  14. 14. nano [+line,column] [namafile] Fitur ini berfungsi membuka file langsung menuju baris dan kolom yang diinginkan.
  15. 15. nano O [namafile] Opsi ini berfungsi menghilangkan space kosong pada bagian atas dari suatu teks.
  16. 16. Dengan opsi -O Tanpa opsi -O
  17. 17. Nano H [namafile] Berfungsi memasukan search ke history di file .nano_history sehingga hasil search Anda dapat diingat.
  18. 18. Contoh hasil dari opsi H pada nano.
  19. 19. nano F [namafile] Berfungsi untuk membuka 2 file sekaligus secara bergantian. Jadi, ini berguna ketika Anda ingin mengedit 2 file. Setelah membuka dan mengedit file pertama, Nano akan langsung membuka file yang kedua.
  20. 20. Contoh hasil dari opsi F pada nano.
  21. 21. nano B [namafile] Berfungsi membuat backup file yang akan diedit. File yang dibuat backup adalah yang sebelum diedit, jadi ini benar benar berguna ketika Anda ingin mengedit file system atau file penting lainnya.
  22. 22. Contoh hasil dari opsi B pada nano
  23. 23. nano D [namafile] Berfungsi untuk melakukan reverse video text. Intinya, tampilan nano yang tadinya banyak putih jadi kebalikannya.
  24. 24. Contoh hasil dari opsi D pada nano
  25. 25. Kesimpulan Jadi, nano adalah teks editor yang sangat mudah digunakan semua fiturnya untuk kebutuhan text editing biasa maupun profesional, meskipun ada beberapa fitur yang diungguli oleh vim.