teori penuaan

Download TEORI PENUAAN

Post on 10-Feb-2016

20 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

TEORI PENUAAN

TRANSCRIPT

  • *TEORI PENUAAN(TEORI PSIKOSOSIAL)By : Ns. NUNIEK SETYO WARDANI, M. Kep

  • *TEORI SOSIOLOGITeori ini terbagi menjadi :Teori DisengagementTeori ini menyatakan bahwa orang yang menua cenderung menarik diri dari peran yang biasanya dan terikat pada aktivitas yang lebih introspektif dan berfokus pada diri sendiri.Keadaan ini mengakibatkan interaksi sosial lanjut usia menurun, baik secara kualitas maupun kuantitas sehingga sering terjadi kehilangan ganda (Triple Loss), yaitu :a. Kehilangan peranb. Hambatan kontak sosialc. Berkurangnya komitmen

    Teori ini meliputi empat konsep dasar, yaitu :a. Individu yang menua dan masyarakat secara bersama saling menarik diri.b. Disengagement adalah instrinsik dan tidak dapat dielakkan baik secara biologis dan psikologis.c. Disengagement dianggap perlu untuk keberhasilan penuaan.d. Disengagement bermanfaat baik bagi lansia dan masyarakat.

  • *TEORI SOSIOLOGITeori AktivitasTeori aktivitas tidak menyetujui teori disengagement dan menegaskan bahwa kelanjutan aktivitas dewasa tengah sangat penting untuk keberhasilan penuaan.- Teori ini menyatakan bahwa pada lanjut usia yang sukses adalah mereka yang aktif dan ikut banyak dalam kegiatan sosial.- Ukuran optimum (pola hidup) dilanjutkan pada pola hidup dari usia lanjut- Mempertahankan hubungan antara sistem sosial dan individu agar tetap stabil dari usia pertengahan ke lanjut usia.

  • *TEORI SOSIOLOGITeori KontinuitasTeori kontinuitas atau teori perkembangan menyatakan bahwa kepribadian tetap sama dan perilaku menjadi lebih mudah diprediksi seiring penuaan.a. Teori ini juga membicarakan bagaimana seseorang terus menerus hidup, bagaimana terus hidup pada sisa usianya.b. Lanjut usia tidak dipandang suatu bagian akhir yang dipisahkan dari sisa hidupnya.c. Dijelaskan bahwa orang mencoba untuk memelihara, meneruskan kebiasaan sebelumnya, pilihan, komitmen, nilai, keperacayaan, dan semua faktor yang mempunyai kontribusi dalam kepribadiannya.d. Teori ini menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada seseorang yang lanjut usia sangat dipengaruhi oleh tipe personaliti yang dimilikinya.

  • *TEORI SOSIOLOGIPerson Environment Fit Theorya. Teori ini menjelaskan hubungan saling ketergantungan antara kemampuan suatu kelompok dalam masyarakat dan lingkungan sosial mereka.b. Setiap orang mempunyai kemampuan untuk membentuk kehidupan seseorang.c. Kemampuan orang meliputi : kekuatan ego, tingkat keterampilan motorik, kesehatan biologis individu, kognitif, dan persepsi-sensori.d. Lanjut usia mungkin mengalami penurunan kemampuan seseorang yang mempengaruhi kemampuannya untuk berhubungan dengan lingkungannya. Begitu juga jika menderita penyakit, maka kemampuannya akan terbatas.d. Dijelaskan juga bahwa lingkungan menjadi lebih mengancam dan mungkin tidak mempunyai kemampuan lagi untuk berhubungan dengan lingkungan.

  • *TEORI PSIKOLOGIAspek-aspek psikologis pada lansia tidak dapat langsung tampak. Salah pengertian yang umum tentang lansia adalah bahwa mereka yang mempunyai kemampuan memori dan kecerdasan mental yang kurang.

    Adapun teori-teori psikologi, yaitu :Maslows Hierarchy of Human Needs Theory- Menurut teori ini setiap individu mempunyai hirarki kebutuhan dan semua individu berusaha untuk memenuhinya.- Kebutuhan individu mempunyai prioritas yang berbeda, ketika seseorang telah memenuhi kebutuhan dasar, maka akan mencapai kebutuhan yang lebih tinggi.- Seseorang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang paling tinggi.

  • *TEORI PSIKOLOGIJungs Theory of Individualism- Kepribadian seseorang digambarkan tidak hanya berorientasi pada dunia luar, tetapi juga berdasarkan pengalaman pribadi.- Pada usia petengahan mulai bertanya mengenai nilai, keyakinan dan mimpi yang tidak dapat dikerjakan- Perjalanan proses menua. Perubahan kepribadian sering dimulai dari luar, difokuskan dan diperhatikan kemandirian dirinya di masyarakat- Menua dikatakan sukses ketika seseorang melihat ke dalam dan menilai dirinya lebih daripada kehilangan atau pembatasan fisiknya.

  • *TEORI PSIKOLOGICourse of Human Life Theory- Fokus dari teori ini adalah mengidentifikasi dan pencapaian tujuan kehidupan seseorang menurut lima fase perkembangan, yaitu :Masa kanak-kanakRemaja dan dewasa mudaUsia 25 tahunUsia pertengahanUsia lanjut (fase terakhir)

  • *TEORI PSIKOLOGIDevelopmental Task Theory- Setiap individu belajar tugas perkembangan yang khusus pada berbagai tingkat kehidupan, pencapaian tugas perkembangan memberi kontribusi kebahagiaan dan perasaan sukses individu.- Tugas perkembangan khusus beberapa sumber, yaitu :Kematangan fisikPengharapan budaya masyarakatNilai dan aspirasi individual- Tugas perkembangan lansia meliputi :Pengaturan penurunan kekuatan fisik dan kesehatanPengaturan dari pengunduran diri dan penurunan penghasilanPengaturan meninggalnya suami/ istriMendirikan perkumpulan kelompok umur, adaptasi tugas masyarakatMembuat perencanaan kehidupan fisik yang memuaskan

  • *PERUBAHAN-PERUBAHAN PSIKOSOSIALPensiunIsolasi sosialSeksualitasTempat tinggal dan lingkunganKematian

  • *ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA DENGAN MASALAH PSIKOSOSIALPengkajianKaji hubungan/ komunikasi kelompok lansiaInteraksi sosialPerubahan peranKesedihan dan stabilitas emosiPemeliharaan orang tuaDiagnosis keperawatan pada kelompok lansiaKomunikasi dengan sumber masyarakat tidak efektifGangguan interaksi sosialPerubahan fungsi peranBerduka/ kesedihanGangguan stabilitas emosiGangguan pemeliharaan orang tua

  • *INTERVENSI KEPERAWATANPendekatan PsikisPerawat berperan sebagai supporterCiptakan suasana yang amanBangkitkan semangat dan kreasi klien lanjut usiaSabar mendengarkan cerita-cerita dari masa lalu lansiaDukung mental

    Pendekatan sosialLakukan diskusiBerikan kesempatan pada lansia untuk mengadakan komunikasi dan rekreasiJaga hubungan dan komunikasi dengan lansia

  • *INTERVENSI KEPERAWATANPendekatan SpiritualBerikan ketenangan dan kepuasan batin dalam hubungannya dengan Tuhan atau agama yang dianutnya.