tentang kegiatan pat 5

Download Tentang Kegiatan Pat 5

Post on 26-Jul-2015

46 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Pekan Apresiasi Teater,atau disingkat PAT adalah event dua tahunan yang diorganisir dan di selenggarakan oleh Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang.

TRANSCRIPT

PEKAN APRESIASI TEATER KE-5 (PAT 5) JURUSAN SENI TEATER INSTITUT SENI INDONESIA PADANGPANJANG 15 s.d. 20 OKTOBER 2012 Tema: Teater Indonesia: Ruang Keberpihakan pada Penonton PRAKATA KETUA JURUSAN SENI TEATER ISI PADANGPANJANG Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang merupakan salah satu lembaga pendidikan seni di Sumatera, khususnya di Sumatera Barat. Hadirnya lembaga ini telah memberikan sumbangsih penting dalam membina mahasiswa (peserta didik), mengasah dan memperkaya wawasan dibidang seni yang nantinya mampu diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat. Pengayaan wawasan mahasiswa teater dibidang seni pada prinsipnya bertujuan untuk meng-eksplorasi dan me-elaborasi potensi budaya dunia, nusantara, Indonesia dan budaya lokal secara spesifik, khususnya budaya Melayu dan Minangkabau. Disamping itu, mahasiswa dituntut agar mampu berkarya, mengapresiasi karya seni dan melakukan komparasi terhadap kecenderungan artistik dan estetika karya seni yang selalu berkembang secara dinamis. Ada tiga kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang yaitu; kompetensi sebagai sutradara, aktor/aktris, dan dramaturg. Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang memiliki salah satu agenda penting berskala nasional yaitu Pekan Apresiasi Teater (disingkat dengan PAT). Kegiatan PAT diawali pada tahun 2003, selanjutnya tahun 2006, tahun 2008 dan tahun 2009. Tanggal 15-20 Oktober 2012, PAT kembali dilaksanakan dengan nama PAT 5. PAT 5 mengusung tema yaitu Teater Indonesia: Ruang Keberpihakan pada Penonton. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dan partisipasi berbagai pihak yang punya perhatian dibidang seni, khususnya teater. SALAM Ketua Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang Firdaus, S.St., M.Pd

Sekretariat: Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang Jln. Bundo Kanduang No. 35 Padangpanjang, Kode Pos-27128 Email : pekanapresiasi_teater@yahoo.com Web : http://www.pekanapresiasiteater.com Facebook : http://www.facebook.com/profile.php/ Twitter : http://twitter.com/PATpdgpjg 081266152700 (Ketua Pelaksana-Afrizal Harun) 08126749614 (Fundrising PAT 5-Kurniasih Zaitun) 085669196176 (Kesekretariatan PAT 5-Fauziah Laili)

PRAKATA KETUA PELAKSANA PAT 5 Pekan Apresiasi Teater (PAT), merupakan agenda rutin skala nasional yang dilaksanakan sekali dalam dua tahun di Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang. Pelaksanaan PAT pada dasarnya adalah keinginan untuk melakukan komparasi terhadap kecenderungan artistik dan estetika di dalam karya teater yang dilakukan oleh penggiat teater di Indonesia. Ada tiga pilar penting yang tidak bisa dilupakan dalam catatan perkembangan teater di Indonesia hari ini yaitu hadirnya Perguruan Tinggi Seni dibidang teater dalam jaringan BKS-PTSI (IKJ-Jakarta, STSI Bandung, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STKW Surabaya dan ISI Padangpanjang), UKM Seni/Teater Perguruan Tinggi non Seni di Indonesia dan Kelompok teater independen/profesional di Indonesia. Tiga pilar penggiat teater di Indonesia ini, telah memberi warna tersendiri dalam berkarya. Ada semangat kreatif dalam berproses, hal ini terus bergerak secara kontinyu seperti dalam meng-ekplorasi dan meng-elaborasi naskah drama, penyutradaraan, keaktoran, dan artistik. Fenomena berteater seperti ini patut kita apresiasi secara bersama. Semenjak tahun 2003 s/d 2009, Pekan Apresiasi Teater (PAT) mampu menjadi salah satu iven yang mempersatukan tiga pilar penggiat teater di Indonesia ini. Untuk itu, tahun 2012 kegiatan PAT kembali dilaksanakan dengan nama PAT 5, yaitu pada tanggal 15-20 Oktober 2012 dangan tema Teater Indonesia: Ruang Keberpihakan pada Penonton. SALAM Ketua Pelaksana PAT 5 Afrizal Harun

Sekretariat: Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang Jln. Bundo Kanduang No. 35 Padangpanjang, Kode Pos-27128 Email : pekanapresiasi_teater@yahoo.com Web : http://www.pekanapresiasiteater.com Facebook : http://www.facebook.com/profile.php/ Twitter : http://twitter.com/PATpdgpjg 081266152700 (Ketua Pelaksana-Afrizal Harun) 08126749614 (Fundrising PAT 5-Kurniasih Zaitun) 085669196176 (Kesekretariatan PAT 5-Fauziah Laili)

PENDAHULUAN Pekan Apresiasi Teater tingkat nasional adalah sebuah iven yang digagas untuk mewadahi apresiasi segala bentuk kecenderungan praktek dan pengetahuan teater di Indonesia, selanjutnya disebut PAT. PAT diagendakan tiap dua tahun sekali, dianggarkan melalui DIPA ISI Padangpanjang dan diselenggarakan oleh Jurusan Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang. PAT sudah terselenggara sebanyak empat kali dan penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke lima, disingkat dengan PAT 5. Kegiatan ini menjadi ikon Jurusan Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang. Oleh karena itu PAT akan terus diselenggarakan. PAT berperan untuk: Mewujudkan kemungkinan pencarian bentuk-bentuk baru dalam wadah teater yang bermanfaat bagi Indonesia secara umum. PAT berfungsi untuk: meningkatkan apresiasi dan pemahaman teater bagi masyarakat Indonesia secara umum sehingga teater memungkinkan menjadi wadah pendidikan bagi Indonesia dan ke-Indonesia-an. TEMA PAT 5 PAT 5 ini memiliki tema yaitu Teater Indonesia: Ruang Keberpihakan Pada Penonton. TENTANG TEMA PAT 5 Konsep pelaksanan PAT 5 bertitik tolak pada fenomena minimnya minat menonton teater khususnya teater modern di Indonesia. Penonton teater yang kerap hanya terbatas kepada segelintir individu atau kelompok tertentu menjadi problem yang masih sangat membutuhkan perhatian. Telaah rendahnya minat menonton tersebut tentu saja tidak sekedar ditelusuri secara kwantitatif akan tetapi penting juga untuk mendudukkan apresiator (audience) secara sosial-ekonomi, serta telaah terhadap internalisasi kekayaan estetik penonton melalui daya tangkap yang dimiliki dalam meresepsi berbagai unsur-unsur artistik dalam pementasan. Salah satu asumsi yang berkembang adalah kurangnya pertimbangan oleh kreator tentang aspek kemampuan daya tangkap penonton sesuai dengan kebutuhan dan tujuan apresiatif masyarakat Indonesia secara umum yang lebih interest mengapresiasi karya-karya popular untuk tujuan mencari kemeriahan dan pelipur duka.Sekretariat: Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang Jln. Bundo Kanduang No. 35 Padangpanjang, Kode Pos-27128 Email : pekanapresiasi_teater@yahoo.com Web : http://www.pekanapresiasiteater.com Facebook : http://www.facebook.com/profile.php/ Twitter : http://twitter.com/PATpdgpjg 081266152700 (Ketua Pelaksana-Afrizal Harun) 08126749614 (Fundrising PAT 5-Kurniasih Zaitun) 085669196176 (Kesekretariatan PAT 5-Fauziah Laili)

Jangkauan-jangkauan karya yang mementingkan dinamika kreatif yang seringkali kurang berpihak pada penonton tersebut seringkali kurang disadari oleh penggiat-penggiat teater Indonesia. Para pencipta teater lebih berkeyakinan, bahwa teater hanyalah peristiwa budaya yang harus dijauhkan dari logika pasar (industri) sehingga mereka lupa bahwa esensi dalam peristiwa budaya tersebut memiliki tujuan besar dalam memberikan pencerahan (enlightment) kepada masyarakatnya dalam cakupan yang luas bukan hanya terbatas pada masyarakat seni saja misalnya. Berangkat dari problem antara kreator dan penonton ini maka PAT 5 mengusung sebuah tema yaitu Teater Indonesia: Ruang Keberpihakan Pada Penonton. Tema ini lebih menitik-beratkan pada proses kreatif seniman teater yang mampu me-elaborasi sebuah karya teater dalam perspektif mencoba mempertimbangkan penonton. Sisi ini merupakan suatu fase adanya keinginan seniman teater yang tidak melulu berkutat dalam koridor subjektivitas gagasan semata, saatnya ruang teater mencoba masuk pada proses berkarya dengan pesan moral yang komunikatif dan memiliki keberpihakan pada penonton. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka iklim berkarya seorang seniman teater dengan masyarakat penonton diharapkan mampu selalu berintegrasi melalui tontonan yang dihadirkan. Hal ini, menjadi salah satu counter terhadap NAMA KEGIATAN Kegiatan ini bernama Pekan Apresiasi Teater (PAT) 5 dan merupakan kelanjutan dari PAT sebelumnya (PAT 1 s/d PAT 4). BENTUK KEGIATAN Bentuk kegiatan PAT 5 ini terdiri dari tiga seminar, dan workshop.

program yaitu; pertunjukan,

TEMPAT KEGIATAN Kegiatan PAT 5 dilaksanakan di Kampus Institut Seni Indonesia Padangpanjang-Sumatera Barat meliputi (1) Kegiatan pertunjukan dilaksanakan di Gedung Pertunjukan Arena Jurusan Seni Teater dan Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam, (2) Kegiatan Seminar dilaksanakan di Auditorium Boestanul Arifin Adam dan (3) Kegiatan Workshop dilaksanakan di Hall Olah Tubuh ISI Padangpanjang.

Sekretariat: Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang Jln. Bundo Kanduang No. 35 Padangpanjang, Kode Pos-27128 Email : pekanapresiasi_teater@yahoo.com Web : http://www.pekanapresiasiteater.com Facebook : http://www.facebook.com/profile.php/ Twitter : http://twitter.com/PATpdgpjg 081266152700 (Ketua Pelaksana-Afrizal Harun) 08126749614 (Fundrising PAT 5-Kurniasih Zaitun) 085669196176 (Kesekretariatan PAT 5-Fauziah Laili)

TUJUAN KEGIATAN 1. Menciptakan ruang apresiasi teater berskala nasional. 2. Menciptakan ruang silaturahmi teater antara perguruan tinggi teater, grup-grup teater profesional dan kelompok-kelompok laboratori teater berskala nasional. 3. Menginventarisir dan mendokumentasikan proses teater secara teoritis maupun praktis berskala nasional. MANFAAT KEGIATAN 1. Terciptanya ruang apresiasi teater berskala nasional 2. Terciptanya ruang silaturahmi teater antara perguruan tinggi teater, grup-grup teater profesional dan kelompok-kelompok laboratori teater berskala nasional. 3. Adanya inventarisasi dan dokumentasi teater secara teoritis maupun praktis berskala nasional. JADWAL PELAKSANAAN Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, dimulai tanggal 15 s.d. 20 Oktober 2012. MATERI KEGIATAN 1. Pertunjukan Teater - Total Peserta yang mengikuti kegiatan PAT 5 ini adalah sebanyak 12 pertunjukan, terdiri dari: 7 pertunjukan dari 6 Perguruan Tinggi Seni di Indonesia (undangan). Catatan: (2 pertunjukan dari ISI Padangpanjang), 3 pertunjukan dari UKM/Kelo