temperatur dan jenis-jenis termometer

Download temperatur dan jenis-jenis termometer

Post on 16-Apr-2017

1.380 views

Category:

Engineering

15 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KELOMPOK 3

KELOMPOK 3TEMPERATUR

7. Lisnawati8. Muh Ghanim9. Muh Tegar10. Try Anugrah11. Yana Andriyani 12. Rohmat Ramadhan

Anggota :Ahmad SopyanAkbar BahariErlianiHaevaHaryandhi6. Hidayat

TEMPERATURSuhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

SATUAN TEMPERATURCelsiusReamurFahrenheitKelvinTitik didih10080212373Titik beku0032273Selisih kedua titik10080180100perbandingan5495 (tdk sama dgn celcius)

CELSIUS

Skala Celsius adalah suatu skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar. Skala ini mendapat namanya dari ahli astronomi Anders Celsius (17011744), yang pertama kali mengusulkannya pada tahun 1742.

Fahreheit Skala Fahreheit adalah salah satu skala suhu selain Celsius dan Kelvin. Nama Fahrenheit diambil dari ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel Fahrenheit (1686-1736). Skala ini dikemukakan pada tahun 1724.

Dalam skala ini, titik beku air adalah 32 derajat Fahrenheit (ditulis 32 F) dan titik didih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Negatif 40 derajat Fahreheit sama dengan negatif 40 derajat Celsius. Skala Fahrenheit banyak digunakan di Amerika Serikat.

KelvinSkala Kelvin (simbol: K) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air (0,01C). Skala suhu Celsius kini didefinisikan berdasarkan kelvin.

ReamurSkala Reamur adalah skala suhu yang dinamakan oleh Rene Antoine Ferchault de Reamur, yang pertama mengusulkannnya pada 1731. Titik beku air adalah 0 derajat Reamur, titik didih air 80 derajat, serta memiliki 80 satuan derajat, penulisan nilai suhu skala Reamur, misalnya 40 dejarat Reamur, ditulis 400R skala ini mulanya dibuat dengan alkohol.

Alat pengukur suhuAlat untuk mengukur suhu disebut termometer. Termometer memanfaatkan sifat termometrik suatu zat, yaitu perubahan sifat-sifat zat karena perubahan suhu zat tersebut. Termometer pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei (1564-1642)

Macam-macam TermometerTermometer dengan bahan zat cairTermometer dengan bahan zat padatTermometer optis

Termometer dengan bahan zat cair

. Termometer LaboratoriumAlat ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu air dingin atau air yang sedang dipanaskan. Termometer laboratorium menggunakan raksa atau alkohol sebagai penunjuk suhu.

Termometer RuangTermometer ruang biasanya dipasang pada tembok rumah atau kantor. Termometer ruang mengukur suhu udara pada suatu saat

termometer KlinisTermometer klinis disebut juga termometer demam. Termometer ini digunakan oleh dokter untuk mengukur suhu tubuh pasien.

Termometer Six-BellaniTermometer Six-Bellani disebut pula termometer maksimum-minimum. Termometer ini dapat mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah dalam jangka waktu tertentu

Termometer dengan bahan zat padatTermometer bimetalTermometer bimetal memanfaatkan logam untuk menunjukkan adanya perubahan suhu dengan prinsip logam

Termometer Hambatan. Termometer yang dibuat berdasarkan perubahan hambatan logam

TermokopelPengukuran suhu dengan ketepatan tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan termokopel, di mana suatu tegangan listrik dihasilkan saat dua kawat berbahan logam yang berbeda disambungkan untuk membentuk sebuah loop.

Termometer dengan bahan gasTermometer gas adalah jenis termometer yang memanfaatkan sifat-sifat termal gas

Termometer optisPrinsip kerja pirometer adalah dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda yang suhunya sangat tinggi. Spirometer dapat digunakan untuk mengukur suhu antara 500 C 3.000 C.

Termometer inframerahTermometer inframerah digunakan dengan cara menekan tombol sampai menunjukkan angka tertinggi dengan cara mengarahkan sinar inframerah ke sasaran yang dituju. Sinar yang diarahkan ke benda yang diukur akan memantul dan pantulan tersebut direspon oleh alat sehingga termometer inframerah menunjukkan skala suhu yang tepat.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN TERMOMETER

termometer raksa

Raksa mudah dilihat karena mengkilap. Raksa memuai dengan teratur. Raksa tidak membasahi dinding kaca. Jangkauan suhunya besar (-400C sampai 3500C) Raksa memiliki konduktivitas yang tinggi (penghantar panas yang baik).

Adapun kekurangan termometer raksa, antara lain sebagai berikut:

Harga raksa mahal, Tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu di daerah kutub. Raksa bersifat racun sehingga berbahaya jika peca

termometer alkohol

Harganya murah Pemuaiannya besar untuk kenaikan suhu yang kecil (teliti) Dapat digunakan untuk mengukur suhu di daerah kutub (titik beku alkohol -1220C)

Kekurangan dari termometer alkohol, adalah sebagai berikut:

Titik didihnya rendah (780C) Tidak berwarna sehingga harus diberi warna agar mudah dilihat. Membasahi dinding kaca.

TERIMAKASIH

SUMBER

http://www.alatuji.com/article/detail/52/infrared-thermometer#.UvWom7RpenEhttp://www.Artikel-Teknologi.com.htm http://www.wikipedia.comhttp://Fisikanesia.htm

Any questions?