teknik dasar adobe photoshop

Download Teknik Dasar Adobe Photoshop

Post on 22-Mar-2017

44 views

Category:

Education

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

BITMAP

Gambar bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (atau pixel) yang memiliki komposisi warna masing-masing (disebut dengan bits, unit terkecil dari informasi pada komputer).

Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut.

Perbesaran dimensi gambar merupakan salah satu kekurangan jenis gambar bitmap ini. Begitu sebuah gambar diperkecil terlalu banyak, akan terlihat tidak natural dan pecah. Begitu juga dengan memperbesar sebuah gambar, akan memberikan dampak buruk seperti berkurangnya ketajaman gambar tersebut.

Karakteristik gambar bitmap adalah sebagai berikut.

Format File yang digunakan untuk Data Bitmap.BMPGIFJPEG, JPGPNGPICT (Macintosh)PCXTIFFPSD (Adobe Photoshop)

Contoh format file yg adaDi Photoshop

Perbedaan Bitmap dengan Vektor

Istilah :- Bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar - Vector adalah grafik yang terbentuk dari garis-garis dan kurva

Pengertian LayerBerdasarkan arti kata, layer adalah lapisan atau lembaran. Contoh beberapa lembar kertas dan menumpuknya. Setiap lapisan atau lembaran kertas tentu akan menutupi foto di bawahnya. Tumpukan lembaran kertas tersebut akan tampak seperti sebuah lapisan yang saling menutupi. Setiap lembar kertas yang kita tumpuk adalah sebuah Layer.

Contoh Layer dalam Program Adobe Photoshop

Pallete LayerOpacityFillPanel Layer MenuLayer Blending ModeLock ModeLink, Layer Style, Layer Masking, Adjusment Layer, New Layer, Group Layer, Delete Layer

Nama Layer berfungsi untuk memisahkan setiap objek yang ada pada sebuah desain, sehingga kita dapat mengatur tata letak desain dengan benar dan rapi. sehingga setiap objek dapat kita edit tanpa merubah atau merusak objek lain misalnya mengganti ukuran objek.

Layer Name

Layer Grouping adalah untuk mengumpulkan layer ke dalam satu group, bahkan bisa memasukan satu atau banyak group ke dalam group.

Berfungsi untuk mempermudah dalam mengerjakan suatu project design, terutama dalam memetakan layer-layer agar tidak membingungkan

Contoh penggunaan Group LayerDalam sebuah design project

Active Layer berguna untukMemberitahu di mana layerKita akan bekerja. Dalam hal iniakan ditandai dengan perubahanLayer berwarna biru.Otomatis selain layer yang ditandaiWarna biru pasti tidak akan bekerja.

Locked layerGambar icon gembok (maksudnya kunci) ini menunjukkan bahwa layer ini dalam kondisi terkunci. Biasanya gambar dengan ekstension .jpg akan mempunyai layer background yang selalu terkunci. Untuk membuka kunci pada layer background ini, caranya dengan melakukan klik 2 kali pada layer tersebut, kemudian klik OK pada kotak dialog yang muncul.

Delete LayerDigunakan untuk menghapus layer. Aktifkan layer yang ingin dihapus, kemudian klik icon ini. Dalam Photoshop versi CS2, bisa juga dilakukan hanya dengan mengaktifkan layer kemudian tekan tombol Delete pada keyboard (ini belum bisa dilakukan jika Anda menggunakan Photoshop versi sebelumnya).

New LayerDigunakan untuk membuat layer baru yang kosong, ataupun untuk membuat duplikat layer. Untuk membuat duplikat layer, lakukan dengan cara menggeser nama layer ke icon ini.

New Group digunakan untuk mengelompokkan layer yang telah kita buat supaya kita dapat melakukan tracking lebih cepat. Dengan adanya group ini, para pengguna photoshop sangatlah terbantu.

Create Adjustment Layer digunakan untuk membuat layer yang berfungsi sebagai pengubahan warna.

Add Layer Mask digunakan untuk menutup atau melindungi sebagian atau seluruh lapisan gambar dari proses pengeditan dalam Photoshop.

Add Layer StyleLayer Style adalah special efek yang dapat diterapkan untuk layer tunggal pada photoshop dengan cepat dan mudah

Untuk membuat layer effects, buka layer > Layer Style > Blending Options, atau Right Click Layer Anda, dan select Blending Options. Ini akan membuka Layer Style Options.

B. Effects macam-macam effect yang dapat diterapkan untuk layer style. Dengan click pada name effects akan menerapkan effect tersebut, dan menampilkan options untuk individual effect.C. Option / settings saat nama dari effect tercentang options akan diperlihatkan di bagian ini.D. Layer Style Preview Preview dari Layer Style.A. Style Presets Kumpulan list layer effects.

Layer EffectsStyle dapat dibangun dengan effect berikut:Drop Shadow membuat sebuah bayangan di belakang layers contents.Inner Shadow membuat bayangan di dalam layers contents.Outer Glow membuat cahaya glow di belakang layers contents.Inner Glow membuat cahaya glow di dalam layers contents.Bavel and Emboss membuat pencahaya unik dan efek bayangan pada layer contents.Satin Color Overlay mengisi layer contents dengan satu warna. Gradient Overlay mengisi layer contents dengan gradiasi.Pattem Overlay mengisi layer dengan motif.Stroke membuat outlinedari layer contents menggunakan satu warna, gradient, or motif..

Link Layer digunakan dengan menghubungkan 2 layer atau lebih secara bersamaan Untuk mempermudah menggeser posisi layer secara bersamaan.Cara melakukan link layer ini ada beberapa cara.

Pengertian background memiliki arti "latar belakang" adalah bisa diartikan sebagai bidang atau celah yang terlihat paling jauh ketika meihat suatu objek. Dalam bidang desain grafis, background adalah istilah untuk layer yang berada pada posisi paling bawah.Background, atau yang dikenal dengan latar belakang, merupakan salah satu komponen desain yang cukup penting. Background terutama digunakan untuk memberikan dekorasi visual terhadap sebuah elemen, yang akan mengakibatkan peningkatan kemudahan nalar atau pengertian akan sebuah konten.

Gambar objek awan terdapat di dalam layer awan. Karna Layer tersebut berada di atasLayer background. Maka gambar akan terlihat seperti diatas

Masalah berbeda ketika layer awan berada di lokasi background, sehingga gambar awanAkan tidak terlihat atau ditutupi oleh layer diatasnya

Layer Thumbnail- Jika berbentuk text, maka di layar akan ditampilkan huruf T- Layer yg aktif akan berbeda dengan yang tidak aktif- Anda juga bisa menyeleksi layer dengan melakukan klik kanan pada workspace kemudian memilih Layer.- Atau dengan melakukan Ctrl + klik pada thumbnail layer.

Eye Ball / VisibilityDigunakan untuk mengatur tentang tampil atau tidaknya sebuah layer yang sedang Anda kerjakan dengan Photoshop. Cara pakainya, dengan melakukan klik pada icon tersebut

Locking Control berguna hanya untuk mengunci pergerakan layer, Tetapi dapat mengeksekusi seleksi pada layer tersebut

Thank You