tabloid tamu januari 2013

of 20 /20
Edisi 34/Januari 2013 1

Author: tabloid-tamu

Post on 22-Mar-2016

266 views

Category:

Documents


9 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Tahun Baru, Selingkuhan Baru?!

TRANSCRIPT

  • Edisi 34/Januari 20131

  • Edisi 34/Januari 20132

    Model:VERONICA SILVIA DEWI SUSANTO WIJAYA

    SMA TARSISIUS 2, JAKARTA BARAT

    Digital Imaging : Sugara AdiFotografer : Sugara AdiStylish:Paulus Trigo

    Make Up:Karunia Debataraja

    Lokasi:Studio Warta Muda (Tamu)

    Redaksi menerima karya berupa cerpen, kartun, foto, dan humor. Untuk artikel diketik dalam format MS Word berukuran maksimal 3.000 karakter, 1,5 spasi jenis huruf calibri dengan 11 pt. Pengiriman karya ke Redaksi Tabloid TaMu di Gedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270 disertai fotocopy KTP/ kartu pelajar dan nomor telepon atau ke alamat email: [email protected] naskah paling lambat diterima minggu kedua setiap bulan. Karya yang dimuat akan diberi imbalan/suvenir.

    Facebook: [email protected] : @tabloidtamuEmail: [email protected]

    Reporter & Fotografer

    TEENATTITUDEMOMENTURBAN

    EDITORIALonthecover!

    Kenalin nih guys model Warta Muda edisi 34/Januari/2013.

    Veronica Silvia Dewi Susanto Wijaya, siswi SMA Tarsisius 2, Batusari Raya , Jakarta Barat. Cewek yang lahir di Jakarta, 5 Januari 1996 ini punya hobi nyanyi, dengerin musik, juga yang pasti bergaya di depan kamera alias modeling.

    Mau kenalan lebih lanjut? Langsung aja follow twitternya @silviiabm atau add facebooknya: Silvia Susanto Wijaya atau Veronica Silvia.

    CONTENTCONTENT

    Syanella

    Regita

    GM BusinessChristina M.S. Indiarti

    Editorial & Business ManagerFrederikus Mahatma TIS

    EditorAria Sankhyaadi

    Graphic DesignerSugara Adi, Paulus Trigo, Rachmanu AriyantoAdvertising ManagerErika OktovianiAccount ExecutiveOllivia Marisa, Klaudia Restorisa

    Marketing SupportElissa Dwi Lestari, Arman Riyansyah

    PublisherPT Metrogema Media NusantaraGedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270.Telp (hunting): 021-5367 7881/82. (Ext : 4842/4805)FAX: 021-5367 6972 (Redaksi), 021-53677011 (Iklan).

    Selamat Tahun Baru 2013 Guys!!!Gimana guys, di tahun yang baru ini elo semua pas

    ti udah punya

    rencana, resolusi yang baru juga kan pastinya? Semangat baru, gebetan

    baru, pacar baru atau malah selingkuhan baru? Uppsss... Nah buat elo

    yang belum punya pacar atau malah pengen punya selingkuhan baru

    di tahun yang baru ini pula, langsung aja baca laporan berita pilihan di

    halaman tiga dan empat tabloid TaMu. Semoga laporan berita pilihan kali

    ini, bisa memberikan pencerahan ke elo semua.

    Tahun baru, resolusi baru, gadget baru juga nih pastinya. Udah siap

    belum menerima serangan gadget-gadget terbaru yang akan hadir di

    tahun 2013? Atau pengen tahu, gadget-gadget terbaru apa aja yang

    bakalan jadi trend di tahun 2013? Elo bisa tahu jawabannya di rubrik

    gadgetainment, halaman 17.Buat elo penggila Harry Potter, dan pengen tahu gi

    mana caranya

    gabung di komunitas Indonesia Harry Potter, langsung mampir aja ke

    halaman 12. Di situ elo bisa baca liputannya, sekaligus elo juga bisa

    merasakan keseruan yang tercipta di antara sesama penyuka sihir Potter.

    Ngga kebagian tiket 2PM dan pengen tahu kejutan yang diberikan

    Chansung pas konser 2PM kemarin di Jakarta? Ngga usah bersedih hati,

    TaMu punya liputannya buat elo semua pecinta 2PM. Langsung meluncur

    aja ke halaman 20. Ok guys, tetap semangat dan sukses untuk resolus

    inya di tahun 2013!

    3

    Revita RTannya A

    Intan

    11

    dapur tamu!

    19

    Tahun Baru, Selingkuhan Baru?!Tahun Baru,

    Selingkuhan Baru ?!

    Pelangi Hijabers 8

    14Komunitas Indonesia Harry Potter

    Burger Pelangi

    Romantisme Ala Boys II Men

    Adie H

    Amel

  • Edisi 34/Januari 20133

    Laporan Berita

    Pilihan

    Efeknya so pasti udah keliatan, elo bisa diputusin keduanya dan ngga mendapatkan apa-apa dari mereka, malahan yang ada hanya sebuah penyesalan belaka. Lebih baik elo pilih salah satu yang terbaik bukan malah menyembunyikannya, karena hati seseorang akan lebih sakit hati ketika dibohongi sama orang yang dicintainnya dari pada hanya diputusin karena ketidak cocokan dalam hubungan.

    Jadi SelingkuhanNah kalo konteks yang satu ini, biasanya sering

    dilakukan sama kaum cowok. Kebanyakan cowok yang melakukan hal ini sudah tau kalau cewek yang dideketinnya udah punya pacar. Dan kebanyakan lagi cowok seperti itu berfikir kalau dia lebih baik dari pacar si cewek impiannya itu. Mungkin karena faktor si cowok itu tadi lebih dekat dalam artian jarak dan seringnya bertemu dengan si wanita tersebut. Dengan sedikit rayuan gombal sana sini akhirnya si cowok itu jadi selingkuhan si wanita walaupun terkadang hanya sebagai Teman Tapi Mesra (TTM).

    Elo bisa bayangin kan Guys, gimana sakitnya saat cewek yang elo sukai jalan sama orang lain walaupun orang lain itu adalah pacar si cewek tersebut. Tapi di satu sisi elo juga akan bahagia ketika wanita itu berada di dekat elo. Alhasil bisa-bisa yang timbul adalah antara benci dan cinta yang menumpuk di dalam hati dan membuat elo jadi susah tidur.

    Bukan berarti hanya elo sebagai selingkuhan aja yang menderita, tapi cewek dan pacarnya pun juga sama. Si cewek itu juga akan termakan rasa bimbang yang mendalam. Karena mau tidak mau suatu saat dia akan di hadapkan dengan dua pilihan yang berat. Dia harus memilih salah satu diantara dua cowok yang sangat menyayanginya dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing pria tersebut. (Intan Permata Sari / Amelia Chasanda)

    e MANG sebenernya ada apa sih? Ada apaa?? Hellooooo please deh, 1 Januari artinya kita masuk ke tahun baru! Yippyyy!! Omong-omong soal tahun baru, apa aja sih yang baru di tahun baru? Suasana baru? Style baru? Resolusi baru? Pacar baru? Atau mungkin selingkuhan baru? Hihihi...

    Waitt.. kayaknya asik nih TaMu ngangkat tema Tahun baru, selingkuhan or gebetan baru ? hehehe. Guys siapa sih yang ngga tau artinya pacaran? Pasti elo semua udah ngga asing lagi dong sama yang namanya pacaran? Mulai dari anak SD sampe nenek-nenek udzur juga tau artinya pacaran.

    Nah dalam berpacaran pasti ada suka ataupun dukanya dong. Sukanya ya saat elo adem ayem aja sama pacar elo, dunia serasa milik berdua deh tuh waktu miss cupid baru nancepin panah asmaranya. Tapi dukanya juga ngga kalah indahnya dari sukanya. Mulai dari berada di titik jenuh, kangen tapi ngga kesampean ketemu pacar, miss communication, bahkan diselingkuhin atau diduain!.

    Selingkuh Itu (Ngga) Indah!Banyak orang yang ngelakuin perselingkuhan

    dibalik sebuah ikatan (pacaran). Secara logika emang menyenangkan karena kita mendapat banyak kasih sayang dan perhatian lebih dari beberapa pihak. Semua orang cenderung berfikir kalau kita hidup untuk mencari yang terbaik. Manusiawi banget kan Guys? Hehehe

    Tapi beneran deh, selingkuh itu sangat merepotkan Guys, di samping kita bakalan dapet banyak dosa karena terus nutupin drama kebohongan yang kita buat sendiri dengan kebohongan lain. Belom lagi kita juga harus repot mengatur waktu, pinter-pinter ngatur strategi dan biaya untuk melakukan hal bodoh itu. Dan kemungkinan terburuknya lagi, akan banyak orang yang terlibat dan terluka di luar sana baik orang yang melakukan perselingkuhan itu sendiri maupun orang disekitar mereka juga (teman).

    Ok. Sebelum elo memutuskan lebih jauh, apakah mau selingkuh atau tetap setia dengan pacar elo di tahun 2013 yang baru ini, kita lihat bersama garis besarnya. Secara garis besar selingkuh dibagi jadi dua, yaitu Selingkuh dan Jadi Selingkuhan. Pilih yang mana ya? Hehehe...

    Tahun Baru, Selingkuhan Baru?!

    What???

    Preeeeeettttttttttt... Preeeeeettttttttttt... Preeeeeettttttttttt.......Suara terompet terdengar riuh tepat pukul 00.00 WIB, 1 Januari

    2013. Gemuruh suara petasan juga membanjiri bumi ini. Pokoknya serem bener deh udah kaya mau kiamat tuh buminya. Bumi

    rasanya kaya di bom masal. Kaya mau diancurin sama penduduk-penduduknya.

    SelingkuhSeperti contoh elo punya pacar, tapi karena jarak dan

    waktu serta terjadi kebosanan dalam hubungan, membuat elo mencari perhatian ke orang lain dan akhirnya elo berpacaran sama orang baru tanpa sepengetauhan pacar elo. Nah itu tadi kurang lebih gambaran singkat tentang Selingkuh, emang nyenengin banget Guys tapi dampak selanjutnya bakalan merepotkan, karena untuk melakukan hal itu elo akan mengeluarkan banyak pikiran, waktu dan biaya untuk hal itu. Dan buat membaginya bukan masalah mudah, karena yang elo hadapi adalah manusia yang punya perasaan dan keinginan yang berbeda-beda.

    Bisa aja nih, dalam waktu bersamaan kedua cewek atau cowok tersebut minta kehadiran elo disampingnya. Walau elo bisa menghandlenya, tetap akan timbul kecurigaan dihati cewek or cowok tersebut kalau hal ini terulang berkali-kali. Dan parahnya lagi kebohongan elo akan terus menumpuk disaat elo juga cukup pandai menutupnya, tapi inget pepatah yang satu ini Guys, Sepandai-pandainya tupai melompat, namun akhirnya jatuh juga yang artinya sepandai-pandainya kita menyembunyikan bau busuk, pasti akan tercium juga. Yah, kayak kita masang bom waktu aja yang siap meledak kapan saja.

    Model: Veronica Silvia Foto-foto : Shutterstock

  • Edisi 34/Januari 20134

    Laporan Berita

    Pilihan

    Gini deh Guys contohnya, seorang pria yang udah punya cewe berkenalan dengan seorang wanita sexy yang bodinya yahut

    punya kaya bety boop, hidung mancung, mata belo kaya barbie, berkulit putih bersih dan tinggi semampai serta berambut pan-

    jang terurai bergelombang. Cowok mana coba yang ngga tergoda untuk mendekatinya atau mengenal kepribadiannya lebih jauh?

    Cowok mana coba? Begitupun sebaliknya yah Guys..

    MAU selingkuh atau jadi selingkuhan, pilihan tetap ada di tangan kalian Guys dan menurut temen-temen TaMu selingkuh bisa terjadi

    karena alasan bosan atau mencari selingan sesaat. Kayak misalnya elo makan mie goreng setiap hari, pasti bakalan bosen kan? Bisa juga

    dia mau membuktikan jati dirinya bahwa dia adalah seseorang yang hebat yang bisa menggaet beberapa lawan jenis. Ketidakpuasan atas

    kepribadian dan fisik sang pacar pun juga bisa jadi salah satu faktor perselingkuhan itu terjadi.

    Here It Is The Sign

    Apa sih ciri-ciri pelaku perselingkuhan? Ini dia tanda-tandanya guys...Glagatnya pasti aneh. Kalo misalnya lagi jalan sama kita, pasti doi terlihat gelisah. Kayak lagi jalan sama setan aja. Mukanya pucet pasi ngga jelas gitu.

    Di samping meng

    enali ciri-ciri pela

    ku

    perselingkuhan, T

    amu juga mau bag

    i-bagi tips

    nih buat elo yang

    lagi selingkuh bi

    ar ngga

    ketauan. Hayooo

    merapat-merapa

    t..

    1. Ngga boleh minjem hpnya doi. Mungkin ada chat sama selingkuhannya atau ada foto selingkuhannya itu Guys.

    2. Pasti doi bakalan lebih sering marah-marah tanpa sebab yang jelas.

    3. Doi juga bakalan bersikap beda dari biasanya. Contohnya kurang perhatian, jadi rada jutek.

    4. Doi juga bakalan berpenampilan lebih menarik dari biasanya. Jadi centil gitu deh.. dandan teyuuuss..

    5. Kalo bales sms juga kaya orang ngga niat, doi juga sering nge-reject telpon dari kita.

    6. Yang terakhir, doi juga bakalan cari-cari alasan buat ngindar dari kita alias bohong terus.Ehehehe.. jadi kalau pasangan elo tiba-tiba berubah sikap dan mulai menjurus ke ciri-ciri tersebut patut dicurigain juga tuh Guys.

    1. Harus cermat! Jangan pernah ninggalin 1 bekas apapun yang bisa bikin pasangan elo curiga. Contohnya bekas bbm-an, whatsup-an, sms-an ataupun on the phone-an. Kalau elo abis bbman, buru-buru di end chat deh tuh bbm-nya.

    2. Berusaha bersikap tenang setiap kali bertemu pacar. Pasang muka seolah-olah ngga ada sesuatu yang beda dari diri elo.

    3. Kalau elo punya selingkuhan, elo harus berusaha adil dan bisa bagi waktu buat pacar elo. Dan jangan kurangin perhatian elo, ke pacar elo.

    4. And for the last, kontrol diri, tahan emosi dan sabar. Jangan karena kangen sama selingkuhan, pacar elo yang sebenarnya jadi kena omelan terus tuh. Kan pasti dia bakalan curiga dan kasian juga lho.

    So..., gimana Guys? Kalo elo belum siap untuk resikonya sebaiknya jangan dicoba, karena ngga akan ada untungnya. Kejujuran dan komitmen itu lebih berharga untuk di perjuangkan dan hasilnya ngga perlu ditanyakan lagi. TaMu cuma pesan nih, berpikir panjanglah sebelum bertindak dan sebelum elo mengambil keputusan.. Oke Guys.. Jadi, tahun baru, pacar baru nih? Hihihi. See you! (Intan Permata Sari / Amelia Chasanda)

    Regina Rizky, SMAN 12 Bekasi Selingkuh? Gue lebih suka nyebutnya itu gatel, mereka merasa kurang dapet kasih sayang dari pacarnya atau udah bosen. Pengen dibilang keren kali selingkuh haha. Selingkuh itu ngga guna, selingkuh itu nandain kita ngga bisa setia sama pasangan kita. Diselingkuhin sih kecewa banget pasti rasanya, dan gue sendiri nyoba buat setia, takut karma soalnya hehehe. Satu kata buat selingkuh, stop perselingkuhan kali yaaaa.

    Rizky Dwi Putranto, SMAN 60 Jakarta SelatanTahun baru selingkuhan atau pacar baru? Tergantung orangnya sih. Kalo dari diri gue sendiri ya ngga lah, karena gue tipe cowok yang setia. Wahahaha dan gue ngga mau cari gebetan baru. Lagi pula gue juga belum pernah nyelingkuhin cewe. Selingkuh itu ngga wajar ya menurut gue. Kalo emang elo udah bosen sama pasangan sendiri mending jujur aje dari pada elo selingkuh. Sama aja elo nyakitin perempuan. Perasaan perempuan itu sama aja kayak perasaan ibu elo. Kalo elo nyakitin cewek, sama aja elo nyakitin ibu elo sendiri. Asiiikk sok tua ye gue?. Haha tapi tips buat yang mau selingkuh punya dua hape aja simple kan?.

    Prinka, SMAN 36 Jakarta TimurKARENA gue belum punya pacar, jadi tahun baru pasti nyari gebetan baru huahahaha :p. Kalo selingkuhan baru sih gue ngga berminat, lagipula kalau udah punya pacar males selingkuh hehehe. Gue sih ngga pernah selingkuh tapi kalau pacaran, terus deket sama orang lain sih pernah. Kalo ngga salah, pernah ngelakuin kaya gitu dua kali deh. Alesannya sih klasik, lagi pas sampai titik bosen sama pacar, pengen sekedar deket aja ngitu tapi ngga pengen milikin. Sekedar ngilangin bosen aja, jadi deket sama orang lain deh. Lagipula gue juga cuma bbm-an doang kok. Tipsnya sih simpel kalo misalnya ketemu sama pacar history bbm-nya didelet terus bilang sama cowok lain jangan bbm dulu karena masih sama pacar. Tapi itukan duluuu. Hehehe

    Foto-foto : Shutterstock

  • Edisi 34/Januari 20135

    kaWanku. Sepuluh peserta dengan karya terbaik kemudian diundang untuk mengikuti workshop, kemudian mempresentasikan proposal program bertema menghentikan bullying. Selanjutnya, peserta dengan program terbaik dan berkemampuan baik membuat perubahan lah yang akan menjadi juara di Unbeatable Fun Girl 2012.

    The Judgement Day

    UFG tahun ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu Sabtu, 15 Desember dan Minggu, 16 Desember 2012. Di hari pertama, kesepuluh finalis UFG 2012 mengikuti beberapa kegiatan di kantor redaksi KaWanku di Graha Mandiri, Jakarta Pusat. Dimulai dengan sesi sharing seputar bullying bersama Trinzi Mulamawitri, Pemimpin Redaksi KaWanku. Setelah itu, finalis mengikuti workshop dengan Soul Of Speaking (lembaga pelatihan public speaking) serta Yayasan Sejiwa (organisasi non-profit yang bergerak di bidang pendidikan dan fokus pada kampanye anti bullying). Pada hari kedua, para finalis

    Buat elo penggila skateboard dan udah bosen dengan permainan skateboard yang biasa dilakukan di jalanan, elo harus nyoba permainan baru yang ada di Epic Cable Park, Taman Impian Jaya Ancol.

    Konsep wahana baru ini dipusatkan sebagai olahraga serta hiburan. Terlebih lagi Ancol merupakan kawasan rekreasi bahari terbesar dan juga wahana bermain jetski belum ada,ujar Sekertaris Direktorat Sumber Daya Manusia dan Departemen

    Keselamatan dan keamanan menjadi faktor utama dalam permainan ini, alat keamanan pun seperti helm, rompi penyelamat, sepatu khusus, dan papan seluncur harus digunakan dengan baik. Jika sudah terpasang semua, pemain akan siap ditarik dengan kabel yang dihubungan dengan jalur khusus untuk berselancar di atas air, seru bukan? Nah guys, tunggu apa lagi, buat elo yang suka tantangan dan ingin memacu adrenalin lewat olahraga air yang satu ini, langsung mampir aja ke Epic Cable Park, Ancol. Wahana baru ini dibuka setiap harinya dari Pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB untuk weekdays, sedangkan

    untuk weekend sudah dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB. tidak ada batasan umur dalam bermain wahana ini yang penting asalkan ada kemauan dan keberanian untuk mencobanya. Selamat berseluncur (Syanella Aprillia)

    Pengelolaan Ancol, Roysan Aruan, saat Grand Opening Epic Cable Park Ancol, beberapa waktu lalu. Wahana Epic Cable Park ini menggabungkan antara surfing, skateboard, dan ski air dengan full system menggunakan enam tower. Dengan rangkaian tower dan kabel yang mengelilingi danau Ancol dengan panjang lintasan mencapai 372 meter dengan kecepatan 30 hingga 50 kilometer perjam, para pengunjung bisa meluncur di wahana ini, selain itu ada beberapa obstacles yang mana untuk memberikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang mencobanya. Nah buat elo yang belum bisa atau masih dalam kategori pemula jangan khawatir guys, karena Epic Cable juga mempunyai sistem 2.0 dengan lintasan satu garis lurus sepanjang 130 meter, jadi cocok banget buat elo yang masih dalam tahap belajar.

    menjalani sesi penjurian di kantor redaksi KaWanku. Di sesi penjurian ini para finalis mempresentasikan proposal program masing-masing di depan ketiga juri. Yaitu, Trinzi Mulamawitri selaku Pemimpin Redaksi KaWanku, Luki Arinta dari Soul Of Speaking, dan Ikhlasul Amal dari Yayasan Sejiwa. Nah ini dia guys, saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta UFG Tepat pukul 16.00 WIB acara penobatan UFG 2012 di eX Plaza Indonesia dibuka oleh penampilan Calvin Jeremy. Selama acara berlangsung, pengunjung ngga cuma ngikutin sesi perkenalan dan tanya jawab para finalis. Tapi, juga dihibur oleh aksi J-Flow dan HiVi. Serunya lagi, ada berbagai hadiah menarik yang dibagikan untuk para pengunjung lewat kompetisi Best Tweet #UFG2012, Best Twitpic, dan Best Supporter. Setelah melalui proses penjurian, akhirnya gelar Unbeatable Fun Girl 2012 diraih oleh Sharon Margriet Sumolang dari SMA Tarakanita 1 Jakarta. Cewek berumur 15 tahun ini menang berkat programnya yang berjudul ABC (Anti Bullying Community). Juara 2 diraih Cania Adinda Sinaga, dan Juara 3 adalah Antudrika Sherina Mandala. Sementara Yasmin Quita Azzahra mendapat gelar The Most Influential in Social Media. Programku simple dan menarik, yaitu ABC. Aku mau ngajak orang-orang untuk menghilangkan bullying. Aku akan mulai dengan menjelaskan programku ke orang-orang di sekitarku, serta membuat poster dan stiker kampanye ABC. Lalu, aku bagikan secara gratis di sekolah-sekolah dan lingkungan rumahku. Aku juga mau bikin workshop, dan lomba film pendek tentang anti bullying di sekolah, jelas Sharon. (Aria Sankhyaadi)

    Bullying emang udah jadi fenomena sehari-hari para remaja di sekolah. Apalagi sejak mewabahnya social media, muncul fenomena baru yaitu cyberbullying. Inilah yang menggerakkan KaWanku untuk membuat kampanye anti bullying, terutama cyberbullying.

    Lewat acara Unbeatable Fun Girl (UFG) yang udah diselenggarakan sejak tahun 2010, setiap tahunnya kaWanku mencari remaja perempuan untuk menjadi duta Unbeatable Fun Girl (UFG) dan pada UFG 2012 kemarin, KaWanku mengambil tema cyberbullying.Unbeatable Fun Girl adalah ajang yang diadakan KaWanku untuk mencari remaja perempuan aktif, gaul, cinta damai, dan berprestasi di sekolah yang bisa mencegah bullying, terutama cyberbullying, dan mempromosikan pentingnya menghargai perbedaan. Cyberbullying adalah ketika internet, handphone, atau teknologi lain dipakai untuk mengirim tulisan atau gambar (foto) yang ditujukan untuk menyakiti orang lain. Tahun ini, KaWanku kembali menyelenggarakan Unbeatable Fun Girl yang sebelumnya telah dibuka dengan serangkaian road show ke lima sekolah di Jakarta, yaitu SMP Don Bosco

    Pondok Indah, SMP BPK Penabur, SMA Tarakanita I, SMP Al Izhar dan SMPN 109. Road show ini diselenggarakan sepanjang bulan Oktober 2012 bekerjasama dengan Yayasan Sejiwa. Di road show ini, KaWanku, Yayasan Sejiwa, serta J-Flow berbagi pengalaman seputar bullying serta mengkampanyekan Stop Bullying pada remaja di berbagai

    sekolah. Cyber bullying masih dianggap sepele oleh orang banyak, padahal bisa terjadi 24 jam dan sama berbahayanya dengan bullying fisik. Inilah yang membuat kaWanku memprakarsai pemilihan Unbeatable Fun Girl dengan semangat Stop Cyber Bullying, jelas Trinzi Mulamawitri, Editor in Chief

    lompatan di udara keren kan cuy...?

    guntingnya yang rapih ya pak, hehehe

    foto : Syanella Aprillia

    foto : Syanella Aprillia

    dewan juri lagi serius nih.. foto : dok.panitia

  • Edisi 34/Januari 20136

    remaja, hingga dewasa. FYI guys, Saman Summit berawal dari fenomena tari dan musik Saman dalam tradisi masyarakat Gayo, di dataran tinggi Aceh sebelah selatan hingga timur. Saman bukan hanya kreativitas seniman di panggung, melainkan juga kreativitas masyarakat yang tumbuh dan menciptakan suatu sistem kebudayaan organik. Saman Summit ini juga bertujuan akan lahirnya kekerabatan baru dengan saling memberi, saling membawa dan saling kirim melalui tanding Saman baik secara gerakan ataupun spiritual. Acara Saman Summit 2012 dengan gerakan seragam sambil menepuk tangan ini juga berhasil menarik perhatian orang banyak khususnya yang sedang berada di kawasan Fatahillah. Tarian daerah yang dibuat oleh Sheikh Saman ini sendiri bertujuan untuk menyebarkan agama Islam di Aceh. Gerakan cepat dan diiringi oleh nyanyian khas yang merdu ini sudah terdaftar sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Acara ini sukses dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti dan juga sebagai acara penyerahan sertifikat pengakuan warisan budaya Nasional Aceh oleh UNESCO kepada Pemerintah

    gaya khas Tangga. Dan ada pula satu lagu Tangga yang berbeda pada umumnya yaitu Satu Bendera, lagu ini berkisahkan tentang kecintaan kepada tanah air, lagu dengan sentuhan music beat ini menga-jak siapapun masyarakat Indonesia yang mendengarkan untuk selalu cinta kepada tanah air. Diana, Tika, dan Ria sebagai fans Tangga juga mengungkapkan kegembiraannya akan hadirnya album Tangga yang baru ini. Ini tuh sebuah penantian banget buat para TeTangga, udah lama banget kita nunggu mereka ngelu-arin album baru, dan ternyata terwujud juga,ungkapnya kepada TaMu dengan semangat.

    Tiga cewek yang mengaku ngefans banget sama Kamga ini juga berharap semoga Tangga selalu sukses, terus berkarya dan selalu eksis di musik tanah air. Nah Guys daripada penasaran buat ngedengerin lagu-lagu baru ala Tangga dan pengen ngerasain bedanya di album ini, yuk beli album barunya, karena disini elo bisa ngerasain music Tangga yang lebih fresh dengan tampilan yang beda pastinya. (Syanella Aprillia)

    Nah buat elo para TeTangga (sebutan fans Tangga red) ada kabar baik nih, penasaran? Yups Kamga, Nerra, Chevrina dan Tata yang tergabung dalam Tangga baru aja launching album terbarunya yaitu Utuh. Album ini merupakan album keempat yang sebelumnya Tangga telah sukses merilis album Tangga (2005), Cinta Begini (2007), dan Lost In Love (2008). Lagu utuh ini merupakan lagu yang pertama kali dikerjakan, proses pembuatan album ini bisa dibilang cu-kup lama dari akhir tahun 2010 hingga selesai sekitar Juni 2012,ungkap Tata disela-sela-sela Konfrensi Pers Launch-

    ing Albumnya di Qi Dine & Lounge, The Sultan Hotel, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

    Utuh merupakan album baru yang berisikan 13 lagu. Cinta masih menjadi tema besar

    dalam album ini, hanya saja Tangga tidak menciptakan lagu cinta pada umum-nya seperti cerita pada pandangan pertama, menyatakan cinta, ataupun putus cinta tetapi di album ini mereka justru memproses lagu dalam cerita perjalanan cinta itu sendiri.Lagu berjudul Utuh dan Cinta Tak

    Mungkin Berhenti ini menjadi salah satu lagu andalan dalam album terbaru-

    nya. Selain itu ada hal yang membedakan di album sebelumnya, yakni Tangga tampak

    fresh, young, and dynamic baik dari segi fashion

    atau dari segi lagu. Dalam album ini pula Tangga juga mendaur ulang kembali lagu seperti Kembali Ke Jakarta milik Koes Plus dan Sephia milik Sheila On 7 yang diaransemen dengan

    Guys...pasti elo udah ngga asing lagi kan ngedenger kata Saman? Yups Saman merupakan tarian daerah tradisional Indonesia dari provinsi D.I. Aceh dan masih berkaitan dengan tarian tersebut, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Proxima Convex mengadakan Saman Summit 2012.

    Acara ini merupakan sebuah perayaan yang memberikan kepuasaan dari masyarakat dan untuk masyarakat, oleh orang banyak dan bagi banyak orang. Acara yang digelar pada tanggal 14 hingga 16 Desember 2012 ini berlangsung di Taman Fatahillah, Jakarta. Acara ini diisi oleh seminar, pameran mengenai Saman, serta penampilan tari Saman yang dibawakan oleh beberapa kelompok Saman beberapa kota di Indonesia mulai dari kalangan anak-anak,

    Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang diwakilkan oleh Sektertaris Daerah, Tengku Setia Budi. Selain penampilan tari Saman yang dibawakan langsung oleh para penari dari Aceh, dalam festival ini juga menampilkan tari Saman yang dibawakan oleh 13 grup yang berasal dari beberapa daerah lainnya seperti Cirebon, Lombok, Jombang, Banyuwangi, Pariaman, serta Jakarta dengan menggunakan busana dari daerah masing-masing, alunan lirik lagu Arab, Melayu, dan dari bahasa daerah masing-masingpun berhasil menghibur banyak penonton yang datang. Selain tarian, pengunjung juga dimanjakan dengan aneka pameran seperti pameran

    fotografi serta berbagai makanan khas dari Aceh. Ratih Purnama (18) yang tengah berkunjung ke Taman Fatahillah juga mengungkapkan bahwa acara festival ini bagus banget, jadi buat yang belum tau banget tentang budaya Saman, bisa banyak pengetahuan di sini. Hal selaras juga diungkapkan oleh Dwina Tamara (20) bahwa Saman itu keren, gerakannya yang cepat tapi teratur rapi itu sesuatu banget, keren deh, dan bangga sama Indonesia, punya warisan budaya seperti itu, ujarnya bersemangat. Nah guys, gimana nih seru kan? Semoga aja di tahun depan festival Saman Summit ini tetep berlangsung, see you next year! (Syanella Aprillia)

    ini dia artisnya...

    senyum bahagia tetangga foto : Syanella Aprillia

    foto : dok. panitiayang kompak ya gerakannya ....

    Hayo,jangan nyontek gerakannya ya

  • Edisi 34/Januari 20137

    Guys, tahu ngga bahwa ada kurang lebih 195 negara di dunia, itupun belum termasuk negara yang belum diakui secara de facto. Negaranya saja sudah se-banyak itu, bagaimana dengan kebudayaannya ya? Satu negara memungkinkan untuk memiliki lebih dari satu kebudayaan, alhasil ada banyak sekali kebudayaan dan karya-karya seni yang beranekaragam hadir di dunia ini.

    Nah, Stella Maris School BSD melihat adanya keanekaragaman budaya di dunia yang sudah mulai saling berbaur tidak seharusnya menjadi penghalang untuk saling bersatu, menghargai dan menghormati. Pesan tersebut kemudian di tuangkan dalam sebuah drama musikalisasi pertunjukkan pentas seni kebudayaan bertema Kemilau Negeriku Menembus Cakrawala yang diselenggarakan oleh Stella Maris School BSD pada hari Selasa, 18 Desember 2012 di Gedung Puspiptek, Serpong, Tangerang. Dalam drama Musikal tersebut, siswa-siswi Stella Maris mengadopsi dongeng terkenal, Pinokio yang ditulis oleh Carlo Collodi seorang penulis asal Italia. Anak-anak seluruh dunia pasti mengenal dongeng ini. Elo juga pasti tahu kan dongennya? Kisah perjalanan boneka kayu Pinokio, dirombak sedemikian kreatif oleh siswa-siswi Stella Maris hingga menghasilkan sebuah petualangan Pinokio ala Indonesia menembus ruang dan waktu menuju negeri-negeri di dunia nan kaya akan kebudayaan.

    Pinokio berdarah asli Indonesia dalam drama ini memulai petualangan bersama Ayah dan Ibunya di wilayah Indonesia dan berkesempatan melihat tarian Kupu-Kupu dan Tari Melayu. Kemudian perjalanan berlanjut menuju negeri Prancis yang membuatnya bertemu sejumlah penari Balet yang sedang menunjukan keahliannya menari. Amerika pun ngga lupa di sambangi si Pinokio ini, di Amerika Pinokio menyaksikan tari Flamenco dan Hip Hop. Kemudian berlanjut ke China dengan tari Kipasnya yang terkenal. Lalu ditandai dengan Tari T-Bone di Africa, berakhirlah perjalanan Pinokio mengarungi dunia sebelum akhirnya kembali ke tanah air. Kisah perjalanan Pinokio ala Indonesia bersama Ayah dan Ibunya yang ditampilkan dalam drama musikal ini sarat akan pesan-pesan penting yang patut di teladani dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bagaimana pinokio mennjukan bahwa materi tidak bisa menjamin kehidupan seseorang menjadi bahagia, Pinokio juga menunjukan

    pentingnya saling tolong menolong dan besarnya pengorbanan yang didasari hati yang tulus pada akhirnya akan membawa kebaikan. Usut punya usut, ternyata ada beberapa hal yang spesial nih guys dari pagelaran seni budaya Stella Maris School BSD tahun ini. Pageralan kebudayaan yang melibatkan siswa-siswi dari TK sampai dengan SMA ini adalah yang pertama kalinya bagi Stella Maris mengangkat Konsep pertunjukan kebudayaan Internasional. Karena biasanya Stella Maris mengusung tema Kebudayaan Nasional saja. Selain bertujuan untuk melestarikan kebudayaan negara dan memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan asing, Stella Maris juga bertujuan mengasah kemampuan dan bakat siswa-siswinya dalam hal olah vokal, menari, bermain alat-alat musik dari alat musik tradisional hingga modern, dan juga adu akting. Serunya guys, di akhir acara, para peserta dan panitia mengajak seluruh penonton untuk ber-Gangnam Style ria sebagai bentuk kebersamaan. Seisi hall langsung kompak berbaris di depan pang-gung. TaMu ikutaaaaaaan dong!!! (Revita RR)

    Sesuai dengan nama eventnya, maka pada saat itu semua komunitas yang ada di Jakarta pada ngumpul serta ngga lupa masing-masing dari komunitas tersebut menunjukkan aksi andalannya yang sudah pasti memukau seluruh pasang mata yang hadir saat itu. Komunitas yang hadir saat itu antara lain:

    komunitas BMX, Freestyler, Yoyo, Dancer, BSC (Budiluhur Skateboarding Community), KSBL (Komunitas Scooter Budi Luhur), ISF (Indonesia Shuffle Foundation), dan komunitas lainnya. EMC PR 09/10 (PA) Community in Action, Show

    Your Passion dimulai pada pukul 13.00-21.00 di

    ruang Auditorium Universitas Budi Luhur. Selain

    diramaikan dengan kehadiran berbagai macam komunitas, acara

    ini diisi juga

    dengan Band Indi, seperti FOB, Tinker Bell, Annoying Butthead, Beach Party, Mymomis Perfect. Serta berbagai Band Perform The Sletingdown, The Sanwani, Paramasastra, Typical Voice Child Out, Jammroots Vienas for end, Stay with us whats Happening. Belum puas lihat atraksi dari komunitas-komunitas, dan penampilan band Indi? Tenang guys, anak-anak Universitas Budi Luhur

    masih punya amunisi lainnya. Mereka masih punya penampilan dari berbagai talent Shuffling yaitu Basiru of Shuffle, United Squad, Summer Crew, Twin Monster Dance, Giving Shuffle, Roter Drache Random Style, Hysterical of Shuffle, Level Up Shuffle. Dancer Schawarz, Bfreak Dancer. Meskipun pada saat itu sempat turun hujan, event kumpul-kumpul komunitas ini tetap berjalan dengan baik, sesuai rencana, meriah dan sukses. (Ratih Puspitasari/Ardi Wiratama Mahmud Universitas Budi Luhur)

    Pengen ikut suatu komunitas tapi bingung gimana caranya? Atau pengen komunitas elo semakin eksis? Nah pertanyaan tadi lah yang menjadi latar belakang kakak-kakak dari Universitas Budi Luhur jurusan Public Relation (Fikom) 09/10 menyelenggarakan event Community in Action, Show Your Passion, Jumat, 21 Desember 2012, di Universitas Budi Luhur, Petukangan Utara, Jakarta

    Mas-mas serius amat gebuk drumnnya

    Yak, kiri kanan, ayo yang kompak anak-anak

    yang nonton meriah banget! nonton apa sih ?

    foto : dok. panitia

    foto : dok. panitiaIni bukan goyang bebek angsa lho guys! Artis-artis Stella Maris lagi beraksi

    PAGELARAN SENI BUDAYA 2012 STELLA MARIS SCHOOL BSD

  • Edisi 34/Januari 20138

    Foto: dok. Panitia

    Salah satunya hijabers UI. Pada tanggal 22 Desember 2012, komunitas hijabers yang mempunyai tagline Smart, Stylish, dan Syari ini mengadakan grand launching yang bertemakan In Hijab, We Unite. Kenapa sih kok temanya begitu? Menurut Naya, Founder Hijabers UI, Hijabers UI ingin menyatukan semua muslimah dengan cara berhijab. Acara yang dilaksanakan

    mulai pukul 10.30 sampai pukul 15.00 ini menyajikan rangkaian kegiatan yang bermanfaat. Mulai dari pembacaan sari tilawah oleh rekan dari Rohis UI yang dinamakan Salam UI. Kemudian mini fashion show oleh 10 top model Hijabers UI. Gaya berpakaian yang ditampilkan juga macem-macem, ada yang kasual dan formal. Koleksi baju-baju yang dipakai oleh para model ini persembahan Hijabers UI Store lho guys. Jadi, Hijabers UI Store adalah wadah yang menampung member Hijabers UI dengan jiwa entrepreneur. Wihiw! Setelah itu, masih ada talkshow tentang menutup

    aurat oleh Ustadzah Herlina. Beliau memaparkan materinya dengan gaya santai dan interaktif. Biar ngga bosen dan ngantuk. Hehe. Abis itu dilanjutkan sharing session tentang pengalaman pertama kali berhijab sampe sekarang oleh perwakilan Salam UI. Diceritakan bahwa proses dari belum berhijab sampe sekarang berhijab syari merupakan perjalanan yang tidak mudah. Banyak juga rintangan yang menghadang dan membuatnya ragu. Tetapi beliau bersyukur, segala proses telah dilalui. Huhh.. menggugah banget deh pokoknya. Setelah sesi sharing, dua pembicara dihujani

    banyak pertanyaan. Wuih... tapi akhirnya hanya break-lah yang dapat menghentikan hujan pertanyaan itu. Hehe. Sambil break, peserta juga disuguhkan oleh banyak

    tenant busana muslimah yang memenuhi Aula Apung Perpustakaan UI Pusat. Mulai dari shawl, blouse, celana, rok, blazer, outer, turban, dan aksesoris tumpah ruah di bazaar Grand Launching hijabers UI. Apalagi dengan berbagai diskon yang ditawarkan, peserta yang memakai dress code rainbow langsung menyerang stand dan line fashion yang ada dong. Setelah break, its time for talkshow dengan tema, Hijabers = Muslimah Fashionista?. Talkshow telah ditunggu para peserta yang dateng. Karena, pembicaranya

    ada Puput Utami dan Rhomi dari Hijabers UI pusat. Walaupun sedang mengandung, Rhomi tetep semangat dan aktif bercerita dan menjawab pertanyaan dari moderator dan peserta lho guys. Hihihi... banyak juga nih yang ngefans sama mereka. Terlihat dari peserta yang ingin berfoto

    bersama selepas acara ini selesai. Sebelum acara berakhir, panitia mengadakan pemilihan tiga best dress yang dipilih langsung oleh Puput Utami dan Rhomi lho. Deg deg serr semua deh. Hehe. Kemudian foto bersama semua peserta dan panitia menjadi akhir dari event Grand Launching Hijabers UI. Rencana kedepan, bener-bener mau jadi smart, stylish dan syari. Ngga hanya belajar bagaimana menggunakan baju yang stylish dan syari aja, tapi kita juga smart disini,yang berarti mau meperdalam ilmu agamanya, juga jadi setiap bulannya akan ada pengajian rutin. Kalo yang mau ikut atau jadi member, tinggal dateng aja. ujar Naya. Nah, bermanfaat kan acaranya? Tertarik jadi member Hijabers UI juga? (Regita Kurniavi)

    Pada 19 Desember kemarin, acara yang bertajuk ReGENRErasi meramaikan IISIP selama hampir seharian. Pemilihan tema ini diambil karena, menurut Riski Rosmalawati, Ketua Acara reGENRerasi, Kami ingin mengulang kembali roots musik dari tiap genre yang ada. Jadi, seperti memutar ulang atau meregenrerasi genre-genre musik yang pernah ada didunia ini. ujarnya.

    Mulai dari jam 10.00 sampai jam 19.00, Kremmasi menyuguhkan berbagai kesenian yang terdiri dari seni tari dan seni musik. Wow! Ngga tanggung-tanggung lho, seni tarinya ada seni tari daerah, yaitu ada tari Batin Kemuning dari Riau, tari Saman dari Aceh, dan tari Sirih Kuning dari Jakarta. Tidak lupa sebagai penyeimbang, ada modern dance juga. Hehehe.

    Seni musik juga banyak macemnya, ada musik stomp

    atau yang biasa disebut musik sampah. Eits kenapa dibilang begitu ya? Menurut Suprayogi Pangestu Sirad,

    Sekretaris Jenderal Kremmasi, Semua alat musik yang dipergunakan, didaur ulang dari barang-barang yang udah ngga kepake. Ada botol sirup, panci, tong sampah, dan lain-lain.

    Oohh.. jadi begitu toh. Selanjutnya juga ada musik pejabat. Wah apa lagi nih?, Sebenernya supaya ear catching aja sih, tapi alat musik yang dipakai juga terdapat alat musik tradisional, tambah Cokky, sapaan akrab Sekjen Kremmasi.

    Lagi-lagi sebagai penyeimbang, ditampilkan 11 band intern IISIP yang mengguncang auditorium IISIP. Band beraliran rock, metal, pop, reggae, dan lainnya campur menyatu di acara reGENRErasi ini.

    Selain seni tari dan musik tadi, Kremmasi juga menampilkan instalasi foto anggota angkatan 3 Kremmasi yang mereplikakan dirinya bak musisi dalam dan luar

    negeri. Ada Amy Winehouse, Michael Jackson, dan dari

    dalam negeri yaitu Rieka Roeslan. Mmm.. seperti apa ya? Kalo lelah atau capek dari pagi nontonin reGENRErasi, di dalam auditorium juga tersedia bazaar. Mulai dari bazaar makanan, minuman dan pernak-pernik. Antusiasme penonton selama acara ramai, apalagi menjelang sore hari, ramainya pake banget. Hehe. Kayaknya semua pada nungguin kejutan guest star dari Kremmasi deh. Dan benar saja, sekitar pukul 17.00, Raksasa Band yang drumernya notabene drumernya Naif juga a.k.a Pepeng mampu menguncang IISIP dengan lagu rocknya. Sontak penonton yang tadinya duduk disekitaran panggung, jadi maju dan goyang bareng-bareng.

    Acara ReGENRErasi diakhiri dengan manis oleh penampilan mas Bobby ditemani dengan gitar andalan dan harmonikanya. Lagu-lagu bergaya iwan fals, dan lirik cerita menjadi penyemangat dan favorit penonton. Walaupun waktu menunjukkan hampir pukul 19.00, tapi penonton tetep aja sorak sorai nyanyi bareng sambil bertepuk tangan untuk mas Bobby dan Kremmasi. Mau ikut keseruan acara Kremmasi? Tunggu di minggu terakhir semester depan ya! (Regita Kurniavi)

    Kabarnya Indone-sia bakal jadi trend fashion busana muslimah ya? Bener ngga sih? Tapi kalo untuk tanda-tandan-ya udah bisa diliat dengan semakin banyaknya wanita yang berhijab. Yak! Hijabers. Ditambah lagi sudah mulai banyak bermunculan komunitas hijabers secara nasional, re-gional dan yang pal-ing kecil yaitu untuk ukuran kampus.

    Libur telah tiba, libur telah tiba. Hore! Hore! Hore!. Hhmm.. Tapi sebelum libur kita ngadain party dalam bentuk acara yang bermanfaat seru juga tuh. Yup! Ini dia, Kremmasi. Uumm.. Bukan budaya pembakaran jenazah di Bali sana ya guys. Cuma namanya aja yang sama. Hehe. Kremmasi adalah singkatan dari Kreasi Musik Mahasiswa IISIP.

    foto : dok. panitia

    foto : dok. panitia

    mic nya jangan ditelen ya mas bro ... Lagi check sound mas bro ??? Yak, samakan nada dulu

    Ini dia pelanginya ...

  • Edisi 34/Januari 20139

  • Edisi 34/Januari 201310

    1. Babacil : Program kampanye hidup

    sehat bagi anak-anak sejak usia dini.

    2. Bicara Desa.Com : Program

    pembentukan komunitas peduli

    desa untuk meningkatkan kualitas

    pedesaan di Indonesia.

    3. B-Jeanius : Program pemberdayaan

    batik Indonesia ke dalam sampul

    binder yang kreatif serta produk

    kerajinan tangan lainnya.

    4. Kampung Banana : program

    pemberdayaan masyarakat Kampung

    Beji dengan optimalisasi sunber Daya

    lokal menjadi peluang bisnis.

    5. Kanberis : Program peningkatan

    gaya hidup sehat melalui penerapan

    kantin bersih.

    6. Lembah Karya : Pemberdayaan

    anak jalanan melalui aktivitas yang

    sesuai dengan minat dan bakat

    mereka.

    7. Meting Pot : Program pengelolaan

    sampah dan pemberdayaan masyarakat di daerah Jakarta

    Utara.

    8. Rokus : Program pemberdayaan

    masyarakat Cilincing dengan memfasilitasi kegiatan kewirausahaan melalui penjua

    lan roti

    kukus.

    9. Suang Keosa : Program pemanfaatan hama keong me

    njadi

    alternatif bahan pangan kaya nutrisi yang berdampak positif

    pada

    kesejahteraan petani.

    10. Reusing Grey Water : program

    pengolahan dan pemanfaatan

    kembali air limbah untuk mengurangi

    pemborosan air dan mencegah

    kelangkaan air.

    Pemenang ULAS Mau Eksis Nih!

    Yuhuuuuu!! Permisi Ya,

    10 Finalis ULASHI guys, masih inget n

    gga sama event ULAS yang

    digagas oleh Unilever yang liputannya ada d

    i TaMu

    edisi September 2012? Kita flashback sejen

    ak, ULAS

    adalah program kerjasama Unilever Indonesi

    a dengan

    Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, bek

    erja dalam

    menggerakan mahasiswa untuk mengemban

    gkan dan

    mewujudkan ide-ide kreatif guna mengatasi

    berbagai

    masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yan

    g terjadi di

    Jakarta.10 besar kelompok ya

    ng terdiri dari mahasiswa

    berbagai universitas di Indonesia berhas

    il menjadi finalis

    dalam ULAS yang diselenggarakan pada bula

    n Juni 2011

    lalu. Ada kelompok Babacil, Bicara Desa.Com

    , B-Jeanius,

    Kampung Banana, Kanberis, Lembah Karya

    , Melting Pot,

    Rokus, Saung Keosa, dan Reusing Grey Wate

    r. Semua

    kelompok itu memiliki program tersediri yan

    g dirancang

    untuk menangani permasalahan di Jakarta.

    Selama tiga bulan dengan bimbingan para m

    entor

    dari Unilever, sepuluh kelompok tersebut ber

    kompetisi

    merealisasikan programnya kepada masyara

    kat. Nah,

    dimana ada kompetisi di situ tentu saja haru

    s ada

    pemenangnya dong. Untuk menyerahkan gel

    ar kelompok

    terbaik sebagai pemenang ULAS, kali ini Unile

    ver

    menyelenggarakan U Day pada 29 November

    lalu di Pisa

    Cafe Mahakam, Jakarta.

    Dalam U Day hadir kesepuluh kelompok

    finalis

    yang masing-masing membawa satu atau dua

    orang masyarakat dari daerah yang menjad

    i fokus

    program mereka sebagai saksi bahwa progra

    m yang

    mereka laksanakan membawa dampak posi

    tif pada

    masyarakat di daerah tersebut. Hadir pula D

    irektur HRD

    PT Unilever Indonesia, Enny Sampurno, Lead

    ership

    And Organization Development Manager PT U

    nilever

    Indonesia, Indrijati Rahayoe, dan General Ma

    nager

    Yayasan Unilever Indonesia, Sita Kaniawati.

    Walaupun mereka masih muda, tapi semang

    at para

    finalis dalam menjalankan program untu

    k menciptakan

    kehidupan yang lebih baik di masyarakat sa

    ngat

    mengesankan dan patut mendapat pengharg

    aan, ujar

    Sita Kaniawati.10 kelompok finalis

    dinilai berdasarkan pada lima

    fokus kriteria penilaian, yaitu dampak proyek

    terhadap

    masyarakat (30%), berkelanjutan/sustainab

    ility (30%),

    keterlibatan masyarakat/community engage

    ment (15%),

    skala proyek (10%), serta eksekusi program d

    ari ide

    hingga menjadi proyek nyata (15%).

    Berdasarkan kriteria penilaian di atas, U Day

    akan

    memberikan penghargaan pada empat kelom

    pok

    pemenang yang terdiri dari pemenang utam

    a,

    pemenang penghargaan khusus untuk tim d

    engan

    dampak sosial terbaik, tim dengan skalabilit

    as terbaik,

    dan tim dengan dampak ekonomi terbaik.

    Kerja keras yang nyata tentu akan mendapat

    imbalan. Unilever sudah menyediakan hadiah

    menarik

    bagi empat tim pemenang. Untuk pemenang

    utama

    akan mendapat uang saku sebesar 10 juta r

    upiah,

    mengunjungi kantor Unilever Regional di Sin

    gapura,

    kesempatan mengikuti Unilever Leadership I

    nternship

    Program, dan mendapatkan paket produk Un

    ilever

    selama satu tahun.

    Sedangkan pemenang penghargaan khusus

    akan

    mendapatkan dana pendidikan sebesar lima

    juta rupiah

    dan paket produk Unilever selama satu tahu

    n. Unilever

    ngga melupakan 6 finalis lainnya guys, mer

    eka akan

    mendapatkan paket produk Unilever selama

    satu tahun.

    Jadi ngiler nih, hehe.Menjelang sore hari, s

    emua tim dan pendukungnya

    sudah duduk dengan gelisah dan gundah gu

    lana nih

    guys, soalnya tibalah saatnya pengumuman p

    emenang

    ULAS. TaMu jadi ikut deg deg seer deh, hihih

    i.

    Alhasil tim Rokus dipanggil sebagai pemena

    ng

    penghargaan khusus untuk kategori tim deng

    an

    dampak ekonomi terbaik. Selanjutnya Tim B

    abacil dan

    tim Meting Pot menjadi tim dengan skalabilit

    as terbaik

    dan tim dengan dampak sosial terbaik. Sepe

    rtinya

    panitia memang menyimpan pemenang utam

    a untuk

    diumumkan terakhir nih, maka bersorak-sora

    ilah

    tim Saung Keosa ketika namanya dipanggil s

    ebagai

    pemenang utama ULAS.

    Saung Keosa memfokuskan programnya dal

    am

    menanggulangi hama keong mas di Desa Su

    kasari,

    Karawang Timur. Keong mas yang menjadi ha

    ma bagi

    petani padi berhasil di sulap menjadi pangan

    an ringan

    yaitu kerupuk keong yang lezat. TaMu yang ik

    utan cobain

    kerupuknya jadi ketagihan lho guys, hehe.

    Wah, kami senang banget. Ngga nyangka ba

    kal

    menang. Tadinya udah hopless ngga bakal m

    enang.

    Soalnya tim lain bagus-bagus banget. Waktu

    pertama

    presentasiin ide program juga ada juri yang m

    engernyit

    jijik gitu denger ide kami. Trus banyak pro ko

    ntra juga

    soal halal dan haramnya keong mas dijadiin

    makanan.

    Jadi ketika ternyata kami menang, bener-ben

    er ngga

    nyangka, ungkap salah satu anggota tim Sa

    ung Keosa,

    Anggi Gayatri Setiawan ketika di wawancara T

    aMu usai

    penyerahan penghargaan ULAS.

    Lebih lanjut lagi, ibu Nurlela, Lurah Desa Suk

    asari,

    Karawang Timur juga ikut mengutarakan pen

    dapatnya

    mengenai kemenangan tim Saung Keosa.

    Masalahnya keong mas memang menjadi m

    asalah

    utama kami sebagai petani padi. Biasanya k

    eong cuma

    kami buang untuk makanan bebek. Project a

    nak-anak

    ini sangat bermanfaat bagi kami karena sek

    arang kami

    tau bagaimana memanfaatkan keong yang t

    adinya

    hama merugikan menjadi menguntungkan,

    ungkap

    ibu Nurlela, Lurah Desa Sukasari, Karawang

    Timur yang

    terlibat dalam program Saung Keosa.

    Enny Sampurno mengungkapkan harapanny

    a agar

    melalui kepedulian dan inovasi program sust

    ainable

    yang dilakukan para mahasiswa, diharapkan

    semangat

    sustainability akan terus tumbuh dan berkem

    bang

    menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

    Kami berharap langkah kecil dari generasi

    muda ini

    dapat terus menerus dikembangkan ke wilay

    ah-wilayah

    lain di Indonesia sehingga akan membawa p

    erubahan

    besar, ujar Enny Sampurno.

    Harapan ibu Enny tentunya menjadi harapan

    seluruh

    masyarakat Indonesia. Yuk guys, kita wujudk

    an bersama

    melalui aksi-aksi nyata. Saatnya generasi mu

    da beraksi

    untuk masyarakat yang lebih baik! Small act

    ion can

    make a big diffrent. (Revita RR)

    ab

    d

    e

    c

    a. Tim Rokus, juara dengan penghargaan khusus dampak ekonomi terbaik.

    b&e. Tim saung keosa peme-nang utama ULAS.

    c. Tim babacil pemenang peng-hargaan khusus tim dengan skalabilitas terbaik.

    d. Tim melting pot, pemenang penghargaan khusus kategori tim dengan dampak sosial terbaik.

    Foto: dok. Panitia

  • Edisi 34/Januari 201311

    Pemenang ULAS Mau Eksis Nih!

    10 Finalis ULAS

    AVADA Kadavra! Expelliarmus! Hayooo, siapa yang ngga asing sama mantra-mantra ini? Pastinya para Potter mania udah hafal semua dong mantra-mantra ini. Harry Potter, tokoh yang diangkat dari novel dan film karya J. K. Rowling ini mampu menyihir semua kalangan usia di seluruh penjuru dunia, ngga terkecuali di Indonesia.

    Yap, buat kalian semua yang ngga tau, ternyata di Indonesia ada komunitas pecinta Harry Potter yang diberi nama Indo Harry Potter atau lebih dikenal dengan IHP. IHP yang udah berdiri sejak 1 Oktober 2011 ini ternyata berawal dari milis (Mailing-List) di Yahoo. Milis IHP merupakan komunitas terbesar di Indonesia buat penggemar Harry Potter.

    Untuk kegiatan online-nya milis ini mengadakan diskusi mengenai buku atau film Harry Potter terbaru. Sedangkan kegiatan offline seperti gathering, dimana dalam gathering tersebut ada games, sharing, dan workshop. Kegiatan offline ini biasanya diadain tiga bulan sekali.

    Selain kegiatan yang udah disebutkan

    di atas, masih banyak lagi kegiatan yang diadain sama IHP lho! Belum lama ini, IHP ngadain acara nonton marathon film Harry Potter dari 1-7 di daerah Puncak selama dua hari. Dalam acara tersebut, banyak banget acara yang diadain, bahkan dekorasi villapun didekor mirip banget kayak Hogwarts. Panitianya? Berasal dari anggota IHP itu sendiri dong. Kece banget gak tuh?

    Waktu itu juga kita ngadain Nonton Bareng film Harry Potter Part 2 di Blitzmegaplex 1000 seats. Dan aku mesti nyediain 500 tongkat untuk merchandise tutur Anne Lumos, Moderator Milis IHP.

    Keanggotaan dalam IHP tiap tahunnya makin banyak lho! Dengan berkembangnya teknologi, keanggotaan IHP makin bertambah melalui akun twitter mereka (@IndoHarryPotter). Buktinya, dalam waktu empat tahun aja anggotanya udah itungan ribuan. Anggotanya pun berasal dari beragam usia, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, sampai orangtua.

    Misalkan awalnya yang suka Harry Potter itu masih muda. Nah, sampe dia

    punya anak atau keponakan itu nantinya turun suka Harry Potter juga tambah Anne.

    Walaupun berpusat di Jakarta, temen-temen yang berada di luar kota masih tetap bisa tetep join kok. Di milis IHP ada khusus buat anggota yang dari luar kota, atau kalo mau lebih gampang kalian bisa langsung follow twitter mereka.

    Buat temen-temen yang mau join gampang banget nih caranya, malahan ngga ada registrasi dengan biaya sepersenpun. Administrasi ngga ada, ngga ada ikatan tertentu, semuanya gratis tis tis. Kurang apalagi coba? Udah gratis, bisa nambah temen, bisa ikutan banyak acara juga.

    Kesannya wah banget! Mereka baik-baik, smart juga, udah kayak keluarga sih. Acaranya juga seru-seru, panitia selalu kreatif kalo bikin acara. Kayak main Quidditch, main games-games Harry Potter (kartu, permainan papan, dan sebagainya), piknik, dan yang paling berkesan sih Nonton Bareng Marathon itu dekorasinya mantep! tutup Annisa, salah satu anggota IHP. Go Potter Go! (Amelia Chasanda)

    Indo Harry Potter

    Buat temen-temen yg mau join gampang bgt nih caranya, malahan ngga ada registrasi dengan biaya sepersenpun. Administrasi ngga ada, ngga ada ikatan tertentu, semuanya gratis tis tis. Kurang apalagi coba? Udah gratis, bisa nambah temen, bisa ikutan banyak acara juga.

    Pernak-pernik Harry Potter, komplitkan?

    Harry Potternya yang mana nih??

    Seragam dari sekolah sihir slytherin.

    Avada Kadavra!Expelliarmus!

    Ucapkan mantera Alohomora sebelum masuk.

    Foto: dokumentasi IHP

  • Edisi 34/Januari 201312

    Foto-foto: Dokumentasi Kophi.

    JADI Hijau,Siapa Takut?

    GUYS pernah dengar istilah, yang hijau-hijau itu masih muda dan seger? Nah, ternyata itu bukan hanya istilah lho, istilah di atas identik sekali dengan komunitas yang akan TaMu bahas kali ini yaitu, KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia).

    KOPHI alias Koalisi Pemuda Hijau Indonesia adalah sebuah komunitas yang mewadahi anak-anak muda dengan keinginan yang sama yaitu melestarikan dan menghijaukan lingkungan sekitar atau lebih luasnya bumi kita yang tercinta ini.

    KOPHI pada awalnya digagas oleh tiga teman hijau kita, yaitu Yudith, Ludwina, dan Agusman. Sebagai langkah awal, mereka mengajak teman-teman dekat mereka untuk ikut bergabung, hingga pada 30 Oktober 2010, mereka mendeklarasikan KOPHI. Sebagai gerakan awal, pada 11-13 Oktober mereka mengadakan Kongres Nasional di Jakarta dengan 59 anggota inti yang tersebar di 13 Provinsi di Indonesia yaitu KOPHI Jakarta, KOPHI Aceh, KOPHI Sumata Utara, KOPHI Bangka Belitung, KOPHI Bengkulu, KOPHI Lampung, KOPHI Kalimantan Selatan, KOPHI Kalimantan Timur, KOPHI Jawa Barat, KOPHI Yogya, KOPHI Jawa Timur, KOPHI Jawa Tengah dan KOPHI Papua.

    Keanggotaan KOPHI terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: anggota utama, anggota kehormatan dan voluntier atau relawan. Jadi bagi kalian yang ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan hijau KOPHI, kalian bisa gabung dengan menjadi

    volunter KOPHI dan ternyata jumlah volunter KOPHIE sudah tidak terhitung lagi saking banyaknya!.

    Bagi kalian yang ingin bergabung di KOPHI, syaratnya gampang kok, KOPHI menerima dengan tangan terbuka kalian yang berusia 17-30 tahun (mengikuti pedoman dari Kementrian Kepemudaan & Olahraga).

    Untuk kegiatannya sendiri, KOPHI sering mengadakan kegiatan yang namanya GELAS KOPHI, yang merupakan kepanjangan Gerakan Aksi Sosial Koalisi Pemuda Hijau Indonesia. Dalam kegiatan ini ada yang namanya Green Games, kemudian pembuatan Biogas dan pupuk kompos.

    Pokoknya ngga perlu diragukan lagi deh guys, KOPHI emang asyik banget, seperti yang diutarakan oleh salah satu anggotanya, Erza. Seneng banget bisa gabung sama KOPHI, bisa punya temen dan pengalaman baru, terus, bisa saling berbagi tentang isu lingkungan, ucap Erza.

    Buat kalian yang peduli dengan lingkungan dan ingin menghijaukan bumi ini, buruan deh gabung sama KOPHI. Langsung aja mampir ke Fan Page Facebooknya, yaitu KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia) atau follow twitternya @KOPHI. Bagi yang ingin mampir langsung ke basecamp KOPHI, silahkan datang ke Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi The London School of Public Relation, Jakarta. Yuk sama-sama jadi hijau, seger alias cinta lingkunganGo Green, Yes!!!! (Tannya Aulika)

    WANT Production itu merupakan singkatan dari We Achieve No Limit yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bearti mau atau secara keseluruhan Want Production adalah wadah untuk keinginan yang tidak terbatas. Want Production adalah semua semi komunitas, semi company, dan creative agency yang mau membuktikan kepada TV dan dunia bahwa bikin film itu sebenernya murah, ujar M. Amrul Ummami, Founder Want Production, saat diwawancarai beberapa waktu yang lalu.

    Komunitas yang berdiri pada bulan November 2011 ini telah memiliki tujuh orang inti dan 35 anggota komunitas yang terbagi di bidang film, fotografi, event organizer, talent, dan jurnalistik.

    M. Ali Ghifari, Co Founder Want Production mengatakan bahwa mereka tidak hanya ada di bidang film saja lho. Mereka juga punya sebuah pergerakan sosial yang namanya Indonesia Baru. Karena mereka peduli dengan pemerintah Indonesia yang sepertinya terlihat sibuk sekali mengurus negaranya, mereka ingin membantu pemerintah untuk membenahi sedikit demi sedikit Indonesia dengan program tersebut. Dan karena sentral utama Indonesia adalah Jakarta, akhirnya mereka fokus pada Jakarta Baru.

    Kegiatannya ada Jakarta Berbagi yang membagi-bagikan sembako dan ilmu pada saudara-saudara yang kurang mampu, Jakarta Berbagi Buka pada bulan Ramadhan kemarin, Jakarta senyum yang membuat kegiatan agar orang-orang yang ada di sekitar mereka tersenyum, Jakarta sehat yang membuat kegiatan sosial untuk membuat pengobatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu, dan masih banyak yang lainnya.

    Semua orang boleh berpartisipasi di dalamnya. Karya-karya Want Production sendiri pernah masuk Festival Budaya di Bentara Budaya Jakarta dan karya-karya tersebut dihasilkan sendiri oleh anak-anak Indonesia, sebut saja serial web series Om Yadi dan Jauza, ada Voice and Light yang pernah masuk nominasi Ganesha Film 2012, Banteng Cilik yang mengambil unsur drama, Gending Tengah

    Malam yang masuk dalam nominasi film pendek terbaik pada Piala Maya 2012, ada juga DMotivasi, dan yang paling terbaru serta rencananya akan menjadi film layar lebar yaitu Weapon Men.

    Weapon Men itu film action yang sangat unik, karena menceritakan sebuah team bernama Team Real yang harus melawan sekelompok orang yang memiliki kekuatan super di tahun 2012, ucap Ani Kusuma Wardani, pemeran Donita dari Team Real dalam Weapon Men.

    Film Weapon Men yang bergenre thriller action dan bekerjasama dengan PrOne Studio dan Atalon Pictures ini pernah ditayangkan di acara Gathering dan Roadshow Komunitas Web Series Indonesia bersama Dennis Adishwara, pernah juga diputar di acara ramah tamah bersama Gubernur Jakarta Jokowi, pernah di-review oleh Web Series Reviewer dari Amerika, dan dapat disaksikan secara utuh di Want Production TV yang sudah menjadi salah satu Youtube Partner Indonesia.

    Produksi film Weapon Men hanya menghabiskan sepertiga dari budget yang biasanya dikeluarkan untuk memproduksi film. Lewat film ini, para movie maker yang terlibat berharap bahwa mereka dapat mengubah film-film yang selama ini ada untuk terus menjadi lebih baik dan bisa booming di dalam maupun luar negeri.

    Jika ingin melihat karya-karya mereka, bisa like fanpage-nya di www.facebook.com/wantproduction, atau follow twitternya di @WantProduction, atau subscribe channel di youtube WANTProductionTV.

    Want Production selalu bekerjasama dengan mereka yang memiliki impian. Yang terpenting mereka harus memiliki niat untuk menjadi lebih baik. Jika ingin bergabung dan bekarya bersama Want Production, elo hanya tinggal mengirim videography kalian ke alamat email [email protected] atau check di webnya www.want-production.com. Mudah kan? Yuk dukung terus karya anak bangsa. (Ramandhika Dyah Puspita Sari)

    Want Production

    Bikin Film Itu Sebenarnya Murah

    KOPHI (KoalisiPemuda Hijau Lingkungan)

    Gelas Kophinya mana?

    Nah kalo mau belajar videographi buruan belajar sama want production.

    Foto-foto: Dok. komunitas want production

  • Edisi 34/Januari 201313

  • Edisi 34/Januari 201314

    Foto-foto: Syanella

    Foto-foto: Silvana Hermawan

    Bawa pacar kalian ketempat ini, traktir dan jangan lupa anter lagi ke rumahnya.

    Uniknya Hamburger Warna-warniQue Rico Hamburguesa

    BUAT elo yang suka banget sama fast food khusunya burger, tapi masih takut soal fast food yang dinilai kurang sehat, eitts jangan khawatir guys, karena di sini TaMu punya rekomendasi tempat makan dan tempat nongkrong yang enak, murah, dan pastinya pas banget sama kantong elo.

    Resto yang terletak di Jalan Bangka Raya No. 103A, Jakarta Selatan dan baru dibuka sekitar Maret 2012 lalu bernama Que Rico Hamburguesa. Nama Que Rico Hamburguesa diambil dari bahasa Spanyol yang mana Que Rico berarti Enak dan Hamburguesa yang artinya Hamburger.

    Sekilas dilihat dari menunya yaitu Hamburger, mungkin dibenak elo ini suatu menu yang biasa, eitss tapi tunggu dulu, menu yang satu ini beda banget, karena apa? Yups karena burger yang ada di sini menggunakan roti yang berwarna-warni!

    Awalnya sih punya ide berbisnis untuk terjun di bidang kuliner di Indonesia, lalu saya mencoba memperkenalkan suatu inovasi baru fast food yaitu burger yang sehat dan unik karena berwarna-warni, dimana warna-warna tersebut terbuat dari bahan-bahan alami seperti sayuran, ungkap Chef Dada kepada TaMu, belum lama ini.

    Daerah Bangka Raya (Kemang) juga dipilih sebagai lokasi karena kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat, apalagi daerah sini kan selalu ramai apalagi target kami adalah anak muda dan tempatnya pun strategis, tambahnya.

    Resto burger ini punya enam pilihan warna roti yang bisa elo pilih sesuai dengan warna favorit elo, seperti biru, hijau, orange, merah muda, ungu, dan coklat. Ukuran burgernya pun beragam, mulai dari ukuran kecil (mini) sampai ukuran besar.

    Nah buat elo yang punya selera sendiri, bisa banget dipesan di sini karena di sini elo bisa memilih topping burger serta saus yang akan disajikan seperti ekstra topping smoke beef, rollbeef, cheese, omellete, sauted,

    dan mushroom serta aneka sauce seperti BBQ, cheese, mayonnaise, thousand island, ketchup, mustard, dan black paper.

    Selain burger dengan sensasi warna ini, masih ada menu unik lainnya seperti Patatas fritas con huevo revueltos yaitu kentang goreng yang super panas disajikan dengan telur setengah matang.

    Chef yang pernah sekolah perhotelan di Spanyol ini juga menjelaskan mengenai ide awal menu burger warna ini, ia mengaku terinspirasi dari sebuah makanan kecil yaitu macarons yang bentuknya unik, hampir mirip burger dan berwarna-warni, dari situ lah muncul sebuah inovasi untuk mencoba dengan menu gaya baru yaitu burger.

    Saya sendiri di sini lebih mengedepankan taste suatu menu itu sendiri, daging yang digunakan pun seperti wagyu, saya lebih memilih import dari Australia, karena taste dari dagingnya itu sendiri beda banget, lebih sehat dan juga di sini menggunakan olive oil, ujarnya.

    TaMu sempet tuh mencicipi burger warna, seperti burger warna biru dengan topping daging dilapisi keju dan digulung oleh ommelete, sensasi ketebalan burgernya pun cukup menggoda untuk disantap, dan benar sekali perpaduan antara roti biru dengan isi serta lembutnya mayones sangat menyatu di lidah. FYI, warna yang digunakan pada roti, tidak mempengaruhi dan mengurangi kelezatan dari burger itu sendiri.

    Nah guys, dari pada penasaran sama burger warna-warni yang satu ini, yuk langsung datang saja ke restonya yang buka setiap hari pukul 11 pagi hingga 11 malam, untuk weekdays dan sampai jam 12 malam untuk weekend.

    Soal harga, elo ngga perlu khawatir guys, karena harga di sini masih terbilang relatif terjangkau mulai dari 17.000 rupiah sampai 57.000 rupiah untuk berbagai macam burger dengan pilihan topping. Sobrevivientes sentir la sensacin. (Syanella)

    BUAT elo yang suka banget hangout bareng temen-temen dan suka banget sama suasana yang cozy, langsung dateng aja ke Portr House. Restoran yang buka Maret tahun lalu ini menghadirkan suasana yang nyaman, dan asik banget buat kumpul-kumpul sama temen, atau sekedar makan bersama keluarga.

    Restoran ini menawarkan dua pilihan ke elo, elo bisa memilih untuk makan di indoor ataupun outdoor. Suasana di outdoor pun cukup unik, karena Portr House menyediakan bangku-bangku dan sofa-sofa yang nyaman ,dan banyak sekali pot-pot tanaman, serta tirai-tirai yang bikin suasananya semakin cozy. Elo juga bisa memilih tempat di dalam ruangan (indoor) di lantai 1 dan 2. Suasana yang nyaman dengan konsep yang serba kayu, furniture yang unik,dan fasilitas free wifi bisa semakin membuat kita betah untuk duduk lama-lama di sini.

    Menu yang di tawarkan oleh Portr House cukup beragam. Untuk harga, kita sebagai pelajar memang perlu merogoh kocek lebih dalam. Tetapi harganya sebanding kok dengan porsi makanan yang besar dan rasanya yang oke.

    Buat elo semua yang suka sama pasta, elo bisa pesan Farfalle Spinach. Menu ini akan menghadirkan pasta yang berbentuk pita ditemani dengan kerupuk yang besar, serta hiasan spagetti goreng. Rasa creamy nya pas banget, jadi ngga bikin kita enek.

    Selain bisa pesan pasta,di sini elo juga bisa memesan Porter

    Pizza. Pizza berbentuk kotak panjang ini pas banget buat kamu nikmatin rame-rame bareng temen-temen. Pizza ini tipis dan garing, serta dilengkapi dengan pepperoni, mince beef dan mince chicken, paprika, dan olive sebagai temannya.

    Setelah puas menyantap pizza dan pasta, tiba lah kita pada hidangan penutup. Nah, sebagai dessert, elo bisa memesan chocolate mousse. Hanya dengan merogoh kocek Rp 25.000, elo udah bisa ngerasain chocolate mousse ala Portr House yang yummy banget.

    Selain itu elo juga bisa nyobain minuman beraneka ragam lainnya. Salah satu minuman yang menjadi favorit di Portr House yaitu Coffee Latte . Minuman ini pas banget jadi temen nongkrong elo dan ngobrol-ngobrol bareng temen. Minuman ini disajikan hangat dan di atasnya ada buih-buih yang lembut. Dan uniknya lagi, elo bisa me-request sendiri gambar yang ada di coffee latte elo lho.

    Nah guys,buat elo yang penasaran sama tempat dan makanan yang ada di sini, langsung aja dateng ke Rukan Crown Golf Blok B No. 38, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk hari Senin-Kamis, Portr House buka dari jam 11 pagi sampai dengan jam 12 malem, sedangkan untuk hari Jumat-Minggu buka dari jam 11 pagi sampai dengan jam 2 subuh. (Silvana Hermawan SMA Regina Pacis Jakarta)

    Portr HouseA Cozy Place For Hangout

    Kalian harus coba burger ini kalau tidak hidup kalian tidak berwarna.

    Sayang foto ini tidak bis

    a ditukar

    dengan burger aslinya.

    Kurang kalau

    hanya satu ge

    las.

    Pesan lagi dan jangan lupa bayar!

    Rasanya sangat enak, mantan kalian pasti sangat senang.

  • Edisi 34/Januari 201315Cerpen

    Gadis Hujan

    B ERAPA orang yang sudah biasa menyaksikan, meratap di bawah derainya, memohon kepada Tuhan untuk mengubahkan takdirnya?Ia indah. Ia juga rapuh. Setiap tetesnya mudah

    hancur. Tapi ia tegar. Meskipun orang-orang membencinya, menyebutnya sumber penyakit, mengutuknya, dan menolaknya, ia tetap indah. Bahkan lebih indah daripada pelangi sehabis hujan. Hujan itu sendiri indah, dengan caranya sendiri.

    Sama sepert imanusia.Manusia itu indah. Tapi juga rapuh. Mereka berjuang,

    menaruh harapan, terjatuh, harapan mereka hancur, namun mereka akan bangkit lagi, berdiri di atas kaki mereka masing-masing. Mereka indah dengan caranya sendiri, dengan terlebih dahulu hancur.

    Bukankah begitu? Seperti gadis di hadapanku ini.Gadis berumur lima belas tahun. Masih dengan seragam

    sekolahnya, ia menangis di bawah guyuran air hujan seorang diri. Aku berasumsi bahwa ia hanya gadis remaja labil pada umumnya. Mungkin ia menangis karena diputuskan pacarnya atau apa. Ketika aku memutuskan untuk mengabaikannya, tak sengaja kulihat badge nama yang ada di seragamnya.

    Ariella NatashaAku ingat, nama itu tertulis di buku hitamku, buku targetku

    selanjutnya. Target manusia yang harus kucabut nyawanya selanjutnya. Ya, aku memang bukan manusia biasa. Dari job description-ku saja sudah jelas, apa tugasku dan siapa aku.

    Aku sudah lama mengembara di dunia fana ini, dan telah mengenali kisah-kisah sadis nan tragis yang dimiliki berbagai manusia. Jadi sudah tidak heran lagi aku mendengar berbagai kisah-kasih atau tragis mereka.

    Sekadar mengamati gadis yang akan menjadi targetku, aku menatap rambut panjangnya yang basah terkena air hujan. Ku kira ia akan menjerit meminta waktu, meminta penyakit itu lenyap dari dalam tubuhnya, memperpanjang waktunya di dunia sedikit lagi.

    Tapi bukan itu permohonannya.Juga bukan meminta mempercepat waktu kematiannya

    karena ia lelah dengan dunia ini. Bukan! TapiHapuslah air matanya, biarlah hanya air mataku yang

    menjadi penebus air matanya. Biarlah Mama melupakan tentangku sepenuhnya, ia akan lebih bahagia dengan cara itu Suara lirihnya tertelan oleh derasnya suara tetes air hujan menghantam aspal, tapi aku masih mendengarnya dengan sangat jelas. Aku hanya terpaku melihatnya, dan segera meraih buku hitamku. Kucari halaman yang memuat informasi tentangnya, dan melihat tulisan tanganku yang cakar ayam dengan tatapan tidak percaya.

    Permohonannya permohonan terakhirnya bagaimana mungkin itu tentang dia?

    Yah, sebenarnya agak wajar sih, jika ia ingin ibunya melupakannya agar ia tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Tapi bukan itu masalahnya!

    Karena Mama yang ia sebut bukanlah sosok ibu yang baik hati dan selalu tersenyum, yang akan menangis meraung-raung bahkan sampai pingsan ketika menyaksikan anaknya meregang nyawa, melainkan ibu yang pemabuk dan penjudi dan tidak memedulikan nasib gadis itu sama sekali. Ayahnya meninggalkan dia, dan hanya mengirimkan sejumlah uang

    setiap minggu yang ia bagi dengan ibunya dan dirinya. Tidak jarang uangnya juga diambil oleh ibunya untuk biaya bir dan judi. Ia pun dapat bersekolah berkat beasiswa saja.

    Ibunya selalu membenci gadis itu. Bukan hanya sekali dua kali ia dikutuk dan dicaci, bahkan disumpahi cepat mati. Dan waktu ia jatuh sakit, hanya relasinya yang panik untuk membawanya ke rumah sakit, sedangkan ibunya sedang berjudi dan minum-minum. Bagaimana mungkin ia masih memikirkan wanita itu ketika hidupnya di ujung tanduk?

    Tak ayal pikiranku melayang ke ibuku sendiri. Ibu yang telah kukecewakan karena aku meninggal dengan cara yang tidak terpuji, mati di dalam tawuran karena hujan batu dan parang. Tidak sekalipun aku memikirkannya lagi setelah aku menerima tugas sebagai pencabut nyawa dan bukan lagi manusia. Apalagi sebelum aku mati, yang kulakukan hanyalah menggoreskan luka baru di atas luka lama yang masih menganga.

    Tapi gadis ini, ia memiliki ibu yang sedemikian keji, dan ia masih memikirkan tentang wanita itu?

    Seketika aku langsung malu pada diriku sendiri

    Aku meninggalkan gadis itu, melayang ke rumah lamaku. Tidak lama kemudian, rumah usang yang familiar untukku tampak di antara rumah usang lainnya. Aku menembus pintu dan berjalan ke kamar ibuku dengan langkah ragu-ragu. Kujumpai ia sedang terbaring di kasurnya yang sangat tipis, dengan rambut yang memutih dan tubuh yang telah renta. Namun senyumnya masihlah sama. Senyum seorang ibu yang baik hati.

    Kubulatkan tekadku, dan kuraih pena dengan tangan gemetar. Kutulis sebuah kalimat pendek, tapi tidak pernah bisa kukatakan seumur hidupku dengan tangan yang gemetar.

    Maaf aku sayang Ibu. Kuakui, sebelum ini, aku terlalu gengsi untuk

    mengakuinya. Gengsiku menarikku ke dalam berbagai masalah, dan salah satunya penyebab kematianku.

    Paling tidak, aku berhasil memperbaiki salah satu kesalahanku, pikirku sambil menghembuskan napas panjang. Tapi mataku menangkap sesuatu di meja makan dengan taplak meja dengan warna yang telah pudar hampir putih.

    Sebuah lapis Surabaya, makanan favoritku. Di sebelahnya ada sebuah piring kosong, piring yang selalu digunakan ibuku, karena akulah yang membelikannya untuk ibu sebagai hadiah ulang tahun. Air mata tidak lagi bisa kubendung, dan kubiarkan mengalir bebas, mengikuti gravitasi.

    Ibu tidak pernah melupakanku. Ia bahkan masih ingat makanan kesukaanku. Menyisihkannya bagi anak yang telah mengecewakannya dan bahkan sudah tiada. Kutinggalkan rumah reyot itu dengan perasaan campur aduk, namun langkahku mantap. Kakiku membawaku ke Rumah Sakit Citra, tempat gadis itu dirawat.

    Mencarinya tidaklah sulit. Dalam waktu singkat aku sudah berdiri di samping kasurnya, disaat ia sedang berada di batas hidup dan matinya.

    Kau luar biasa, bisikku pelan, meskipun aku yakin ia tidak bisa mendengarku. Terimakasih. Semogakita bisa bertemu lagi di kehidupan selanjutnya.

    Detak jantungnya semakin tidak beraturan. Matanya sudah separuh tertutup, nafasnya sudah satu-satu. Tapi, sebelum ia menutup mata dan meninggalkan raganya untukku antar ke pengadilan terakhir, ia menggumamkan satu kata. Yang kudengar dengan teramat jelas.

    Ya. (Josephine Octavia Tunas muda International School)

    Ilustrasi: Agus Rijanto.

  • Edisi 34/Januari 201316 FILMFILMFILMFILMFILMFILM

    Foto: Istimewa Foto: istimewa

    Guys, tahu dongeng Jerman, Hansel, gratel and gingerbread house yang berakhir traumatis karena gingerbread house yang ditemukan Hansel dan Gratel ternyata milik penyihir?

    Nah dongeng tersebut kini diteruskan dalam sebuah film layar lebar. Pada film Hansel and Gretel kali ini menceritakan kelanjutan dari dongengnya terdahulu. Kisah Hansel dan Gretel berlanjut 15 tahun kemudian ketika kedua bersaudara dalam dongeng itu telah tumbuh dewasa.

    Kejadian traumatis yang dialami mereka di rumah gingerbread house tersebut menanamkan dendam pada diri kedua saudara tersebut. Sehingga mereka memutuskan untuk bekerja dalam sebuah tim yang melacak serta memburu keberadaan penyihir-penyihir jahat di seluruh dunia.

    Hensel (Jeremy Renner) dan Gretel (Gemma Arterton) menjadi tim tangguh dan terkenal karena kemampuan mereka

    dalam melacak mangsanya. Keterkenalan mereka membuat Walikota merekrut mereka untuk membersihkan hutan kota dari pengaruh sihir Muriel. Pekerjaan itu membawa mereka pada malam Blood Moon yang melibatkan penyihir Muriel yang jahat.

    Akankah Hansel dan Gretel berhasil mengalahkan penyihir Muriel yang jahat? Film persembahan Paramount Pictures ini disutradarai oleh Tommy Wirkola dan direncanakan akan rilis di Indonesia pada 25 Januari ini. (Revita RR)

    Atomic Fest [email protected] Plaza Senayan JakartaSelasa, 19 Februari 2013Pengisi acara: Sleeping With Sirens, Pierce The Veil, Chunk No Captain Chuck & Is me.

    U-Kiss Showcase And [email protected] Indor Senayan2 Februari 2013-01-09

    Pesta Buku Murah 2013Istora Gelora Bung Karno

    5 13 Januari 2013

    Salihara Jazz Buzz 201312, 19, 26 Januari [email protected] Teater SaliharaPk. 20.00 WIB

    Konser Tunggal Ari Lasso : Sang Dewa [email protected] Plenary Hall, JCCSabtu, 23 Februari 2013

    The Stone Roses Live in [email protected] Lapangan D Senayan JakartaSabtu, 23 Februari 2013

    Les MiserablesGenre: Drama

    Musical

    Sutradara: Tom Hooper

    Pemain: Hugh Jackman,

    Russell Crowe, Anne Hathaway,

    Amanda Seyfried

    LES Miserables merupakan film yang diangkat dari novel karya Victor Hugo Les Miserables (The Miserables). Dengan latar belakang abad ke-19 Perancis, film ini berkisah tentang seorang narapidana bernama Jean Valjean (Hugh Jackman ) yang dipenjara selama sembilan belas tahun karena mencuri sepotong roti untuk keluarganya yang kelaparan.

    Ketika akhirnya Jean dibebaskan dengan pembebasan bersyarat, Jean justru melanggar pembebasan bersyarat tersebut yang membuatnya menjadi buronan Javert (Russell Crowe). Namun ketika akhirnya bertemu dengan pekerja pabrik Fantine (Hathaway) dan Cosette (Amanda Seyfried), akhir perjalanan Jean merubah kehidupannya untuk selamanya.

    Film ini disutradarai oleh Tom Hooper, dan yang uniknya lagi dari film drama

    musikal persembahan Universal Picture ini adalah seluruh adegan bernyanyi tidak menggunakan metode lypsinc selama proses pembuatan filmya. Alhasil seluruh pemain diharuskan bernyanyi secara live!

    Sebelum diangkat ke film layar lebar, karya Victor Hugo ini telah dimainkan dalam teater musikal yang dilihat lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia di 42 negara dan dalam 21 bahasa. Desas desus bahkan mengatakan film ini akan dijanjikan meraih piala Oscar di Academy Awards nanti. Jadi penasaran nih! Kita tunggu saja rilisnya di tanggal 18 Januari 2013. (Revita RR)

    Hansel and Gretel: Witch Hunters

    Genre: Actions Horror

    Adventure

    Sutradara: Tommy Wirkola

    Studio/Distributor: Paramount Pictures

    Pemain: Jeremy Renner, Gemma Arterton,

    Famke Janssen, Peter Stormare

    Agenda Acara

  • Edisi 34/Januari 201317

    Blackberry 10SIAPA sih yang ngga kenal blackberry? Handphone sejuta umat ini bakal mengeluarkan varian terbarunya nih guys. Namanya blackberry 10 yang memiliki dua tipe atau pilihan, yaitu Blackberry 10 Full touchscreen dan Blackberry 10 Qwerty. BB 10 ini disebut-sebut menjadi smartphone BB pertama yang berbasis sistem operasi QNX. Layarnya full screen 4.2 inci dengan resolusi 1280x768. RAM 1 GB, memori internal 16 GB dan kapasitas kartu microSD-nya bisa sampai 32GB. Yang spesial, fitur kameranya memiliki time machine di mana elo bisa memajukan atau memundurkan waktu. Jadi kalau elo ngga sengaja berkedip ketika foto, ngga perlu susah-susah foto lagi. Tingga edit memajukan atau memundurkan waktu pada area wajah yang ingin di edit. BB 10 ini dibandrol dengan harga 8-9 jutaan, ayo masih ada waktu untuk nabung sebelum kemunculannya di 30 Januari ini nih.

    Acer Iconia B1HAYO-hayo musim tablet nih. Acer juga ngga mau ketinggalan dengan mengeluarkan tablet terbarunya yang dilengkapi dual processor dan sistem operasi Android Jelly Bean. Acer Iconia B1 menggunakan layar sentuh 7 inch tipe capacitive dan mendukung multitouch dengan resolusi 1024x600 pixel. Processornya sudah ditenagai Mediatek dual core berkecepatan 1,2 GHZ yang akan menjadi mesin penggerak utama sistem operasi Android Jelly Bean dengan RAM berkapasitas 512 MB. Tersedianya koneksi 3G dan WiFi yang bakal memiliki slot SIM card, konektivitas bluetooth, GPS, kabel data serta audio jack juga mengoptimalkan kinerja Acer Iconia B1. Ngga perlu tunggu lama-lama karena 8-11 Januari ini Acer Iconia B1 akan diluncurkan dengan banderol sekitar 99 US$ atau sekitar satu jutaan. Wuiiih muraaaah!!!

    MSI S20BERSAMAAN dengan diperkenalkannya Acer Iconia B1 di CES (Consumer Electronis Show 2013) di Las Vegas pada 8-11 Januari ini, MSI juga akan ikutan CES dengan meluncurkan MSI S20. Laptop geser bersistem windows 8 itu menggunakan prosesor ivy bridge intel core i5-3317U, kartu RAM 8GB, dan SSD 128 GB. Layarnya sebesar 11,6 inci full HD 1920 x 1080 multi-touch IPS display. MSI menyematkan prosesor Intel Core i5, SSD storage 128 GB dan RAM 8GB. Selain itu, untuk konektivitasnya, perang-kat ini disisipkan port USB 3.0, ethernet port RJ-45 dan prot mini HDMI. Di US MSI S20 sudah bisa di pesan via online dengan harga 1100 USD atau 10 juta lebih. Kita tunggu pelunjurannya di Indonesia yaPonsel tablet atau yang sekarang biasa disebut Phablet ini punya desain yang simple namun tetap kelia-tan elegan. Layarnya menggunakan HD-IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 768 x 1024 pixels, 5.0 inches

    (~256 ppi pixel density); multitouch. Sedangkan OS-nya menggunakan Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich), chipset: Nvidia Tegra 3, CPU: Quad core , 1.5GHz, GPU: ULP GeForce, Sensor: Accelerometer, gyro, proximity, compass. Media penyimpanan Vu disupport dengan kapasitas RAM 1 GB. Ngga heran nih guys, klo Vu ngga dibekali sama memori eksternal, karena memori internalnya aja sebesar 32GB. Untuk kemampuan daya, Vu memiliki baterai non remov-able standard battery, Li-Ion 2100 mAh. Pada bagian kam-era, Vu dilengkapi kamera (utama) 8 MP, 3264x2448 pixels, (sekunder) 1.3MP. Koneksivitasnya dilengkapi GPRS/EDGE, HTML5, Adobe Flash; Speed: HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Koneksi: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, NFC, microUSB (MHL) v2.0; A-GPS support; Java MIDP. Harga di pasaran untuk gadget yang satu ini 5,4 juta rupiah.

    ElitePad 900TABLET lagi nih guys, kali ini HP yang meluncurkan ElitePad 900 dengan keunggulan chasing nya yang dirancang tahan tetesan air, debu, dan suhu yang ekstrim. Beratnya 680 gram dengan ketebalan 9,2mm dan memiliki layar dimensi 10,1 inci dan resolusi 1280x800 pixel. Ngga lupa dipasangi kaca Corning Gorilla Glass 2 dan ditenagai prosesor Intel Atom bikin ElitePad 900 makin solid dan tangguh. Jagoan HP ini bakal dilengkapi kamera 8 MP di belakang dan kamera 1080p di depan. Fasilitas lainnya ada audio SRS, memori internal 64GB, RAM 2 GB dan baterai 2 cell. Masih merasa kurang tangguh, nih masih ada lagi beberapa software pengaman berkelas seperti Security Manager, Credential Manager, Password Manager, 18 Device Manager Access (hanya dengan autentifikasi waktu), Computrace, 13 SpareKey, 14 Drive Encryption. Tuh kurang aman apalagi coba. Diperkirakan tablet super tangguh ini akan rilis pada Januari 2013. Namun belum ada informasi mengenai harga yang dibandrol.

    A New Gadget for A New YearHappy New Years everybody!!! Dapat bonus tahun baru apa nih dari nyokap bokap? Atau dari kakek

    nenek? Dari pacar? dari kakak? Atau malah ngga dapet bonus? Jangan bersedih hati, kalau tahun baru ini elo ngga dapet hadiah, karena masih ada dua tahun baru

    lagi kok, tahun baru Hijriyah dan tahun baru Cina. Hehehe siap-siap request hadiah ya. Nih TaMu punya

    beberapa gadget keren yang pantas masuk dalam daftar permintaan kamu.

    Teks by: Revita Rita Rani

    Meizu MXSATU lagi nih, ponsel canggih keluaran vendor asal China, Meizu. Meizu MX telah rilis pada 1 Januari lalu guys, so ngga perlu tunggu-tunggu lagi deh. Ponsel ini dilengkapi dengan sistem Android OS 2.3.5 Gingerbread. Layar ASV 4 inci dengan resolusi 960X640, dan dilengkapi prosesor dual-core Samsung Exynos dan RAM 1 GB serta 16 GB built-in memori. Ketebalan ponsel hanya 10,3mm karena mengadopsi micro sim card pada smartphonenya. Yang suka foto-foto, Meizu MX dilengkapi kamera depan VGA serta kamera utama 8MP dengan f/2.2 dan fitur backside-illuminated serta perekaman video 1080p 30 fps. Untuk yang aktif internetan, Meizu MX punya konektivitas internet yang lengkap seperti Wi-Fi, A-GPS, HSPA + dan Bluetooth. Tertarik? Siap rogoh kantong sekitar 4,3 juta rupiah ya.

    Foto-foto: istimewa

  • Edisi 34/Januari 201318

    ti ic k UP o nP PJAKARTA PUSATSMA Kanis iusSMA Theres iaSMAN 24SMAN 10SMAN 25

    JAKARTA SELATANSMA Pangudi LuhurSMA GonzagaSMA Frans iskus As is iSMA Bakt i IdhataSMA Bakt i Mulya 400SMA Char i tasLab SchoolKebayoranSMAN 8SMA MITRA PEMBANGUNANSMA T IRTA MARTASMAN 29

    JAKARTA BARATSang T imurRegina Pac isAbdi S iswaIpeka TomangSMAK I BPKSMA Yadika 1SMAN 2SMAN 78 SMAN 65SMAN 112

    JAKARTA TIMURSMAN 9SMAN 11 SMAN 12SMAN 14SMAN 42SMAN 59SMAN 89SMAN 100SMAN 103SMAN 22SMAN 99

    JAKARTA UTARASMAN 75SMAN 13SMAN 52SMA A l AzharSMAN 41

    KOTA BEKASI SMAN 6

    KOTA DEPOK SMAN 1 SMAN 3SMAN 6SMA PGRI

    TANGERANGSMAK Ora Et LabaoraSMA Mater DeiSMA Is lamic CenterSMA Tarakani taGading SerpongSMA BKP PenaburSMA Ste l la Mar is Serpong

    SMA Ste l la Mar isInternat ional SchoolSMAN 2 SMAN 7SMA MUTIARABANGSASMA BUDI LUHURSMA BUDI MULIA

    LAIN-LAIN :Comic Cafe, Tebet , Jaksel

    Urbie Store ,Jat iwar ingin , Jakt im Bloop Store , Tebet , Jaksel TB GramediaBintaro Jaya,Tangsel

    DeJons Burger,Tebet , Jaksel

    Out let Spinshop,Depok I I Tengah, Depok

    Moose Bel iver Store , Kebayoran Baru, Jaksel

    Endorse Store ,Tebet , Jaksel

    H ALO sobat TaMu, masih ingat semboyan negara kita yang berbunyi Bhineka Tunggal Ika ? Semboyan yang ini memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Yups, semboyan ini emang pas banget untuk bangsa Indonesia yang punya beragam seni, budaya, dan tarian. Om wikipedia pun pernah bilang, Indonesia punya lebih dari 700 suku bangsa dan 3000 tarian daerah. Wuih, banyak banget ya?!

    Tapi sayangnya, banyak generasi muda jaman sekarang yang ngga tau, bahkan ngga peduli sama budaya sendiri. Boro-boro mau mempelajari tarian daerah, ngeliatnya aja ogah. Banyak yang lebih seneng liat dan belajar tarian modern daripada tarian daerah.

    Untung aja masih ada generasi muda yang peduli sama tarian-tarian daerah. Salah satunya adalah sobat kita yang satu ini, Ivone Kusuma Wardani. Cewek cantik kelahiran Bekasi 4 Desember 1995 ini banyak menyabet prestasi di bidang tarian daerah.

    Ivone ngga cuma gape satu tarian aja, tapi beragam tarian daerah mulai dari Sabang sampai Merauke bisa ia peragakan. Semua prestasi itu ia dapatkan karena keuletan doi berlatih dan ikut berbagai lomba tarian daerah.

    Awal ketertarikan Ivone pada tarian daerah bermula saat ia diminta oleh ibu guru untuk ikut lomba tarian daerah. Waktu itu Ivone masih duduk di bangku SD.

    Aku ikut lomba tari pertama kali sekitar tahun 2005. Awalnya ada kakak kelas dan guru yang nawarin aku ikut lomba. Waktu itu aku masih kaku banget geraknya tapi aku latihan terus menerus selama sebulan. Syukur akhirnya aku dapet juara harapan 1, ujar Ivone kepada TaMu.

    Biarpun Ivone udah berhasil menyabet juara, tapi ia masih belum tertarik mendalami tarian daerah. Baru ketika dirinya menyabet gelar juara pertama tarian daerah setingkat Bekasi tahun 2006 dan juara dua tarian daerah setingkat provinsi Bekasi tahun 2007, Ivone tertarik untuk mendalami tarian daerah. Alesannya karena gerakan tarian daerah itu lebih

    sopan dan menantang dibandingkan tarian modern.

    Tarian Hoki dan Bikin KetagihanSetelah menang beberapa perlombaan, Ivone mulai

    serius menggeluti tarian daerah. Ada banyak tarian daerah yang sudah dipelajarinya seperti tari Saman, Cendrawasih, Ronggeng Blantek, Marbona Taon dan banyak lagi. Namun dari semua tarian itu, ia paling suka sama tarian Ronggeng Blantek.

    Ronggeng Blantek atau yang biasa dikenal dengan tarian Topeng Blantek adalah tarian yang berasal dari Betawi. Tarian ini mulai muncul pada jaman penjajahan Belanda, di awal abad ke 20. Pada awalnya tarian ini biasa diawali dengan pertunjukkan teater Betawi yang diiringi dengan tabuhan Rebab, Kromong Tiga, Gendang besar, Kulanter, Kempul, Kecrek dan Gong Buyung, kemudian dilanjutkan dengan lakon pendek yang bersifat banyolan.

    Ivone suka banget dengan tarian ini karena gerakannya yang gampang dan unik. Selain itu, musik tarian ini dinamis dan bikin semangat. Doi jadi cepet dapet feel tariannya dan gampang untuk menghafal gerakannya.

    Buat aku, tarian Ronggeng Blantek itu tarian hoki. Aku sering menang kalau bawain tarian itu. Bahkan dari awal nari aku bisa menang karena ngebawain tarian itu. Makanya jadi ketagihan, cerosos siswi kelas 2 International Class SMAN 13 saat diwawancarai TaMu.

    Lebih lanjut lagi Ivone bercerita, tarian paling susah yang pernah ia pelajari adalah tari Tortor Tandok. Tarian yang berasal dari Batak ini adalah tarian pembuka yang dulunya dipake untuk menyambut tamu-tamu di upacara-upacara adat atau di upacara pernikahan.

    Tari Tortor Tandok itu susah karena para penarinya musti bawa beras sebanyak tiga liter yang dimasukan ke dalam wadah di kepala tanpa perekat apa-apa. Wadah untuk berasnya itu disebut Tandok. Terus kita musti seimbangin gerakan sama bawaan di kepala. Jadi narinya musti pelan-pelan dan gemulai tapi ngga boleh kaku, ucap dara manis

    yang hobi membaca dan main piano ini.Biarpun gerakannya susah, Ivone ngga patah semangat

    buat terus latihan, menyempurnakan gerakan, dan berkat kerja kerasnya, Ivone dan timnya berhasil menyabet gelar Best Performance tarian daerah di Bulungan Cup tahun 2011. Wuih, prestasinya patut di acungin jempol tuh.

    Putus Asa karena MerendahSekarang Ivone aktif mengikuti ekskul seni tari di

    sekolahnya. Nama ekskul di sekolahnya yaitu Dance of 13 (DO13). Di dalamnya, Ivone dan teman-teman mempelajari beberapa tarian daerah, mulai dari Saman, tarian Betawi, Batak, Sunda, dan lain sebagainya.

    Ivone lalu curhat pada TaMu mengenai susah dan senengnya latihan tarian baru.

    Awal latihan pasti berasa susah. Gerakan dan musiknya masih asing. Posisi badan musti merendah setengah jongkok, bokong dicondongin ke samping dan perut musti ditahan. Dada harus dibusungin dan badan ngga boleh keliatan bongkok. Posisi harus kayak gitu supaya badan keliatan sempurna dan waktu menari gerakan terlihat gemulai, ujar Ivone sambil mencontohkan posisinya kepada TaMu.

    Coba elo semua bayangin, gimana ya rasanya musti nahan badan setengah jongkok dalam waktu yang lama?

    Rasanya itu pegel banget. Apalagi waktu nari, kita musti senyum terus dan ngga boleh keliatan cape atau ngos-ngosan. Dulu pas awal nari, sempet putus asa karena ngga kuat nahan pegelnya. Tapi lama-lama akhirnya terbiasa juga. Terus semuanya terbayar lunas waktu ngeliat orang kagum dan memuji gerakan kita. Apalagi pas menang lomba, rasanya seneng banget, oceh Ivone sambil tersenyum.

    Ke depannya, Ivone punya keinginan untuk mengajak remaja-remaja seusianya supaya tertarik mempelajari tarian daerah. Doi pengen ngubah image tari tradisional yang ngebosenin dan cuma buat ibu-ibu jadi unik dan menarik buat abg-abg. Ivone berharap supaya ekskul tari tradisional ada disetiap sekolah. (Patricia Vicka)

    Biodata :

    Ivone Kusuma Wardani. (SMAN 13 kelas XI International Class)

    Bekasi, 4 Desember 1995FB : ivone kusuma wardani.

    Twitter : @ivonekusuma. Email : [email protected]

    Prestasi :Juara Harapan 1 Lomba Tarian Daerah setingkat SD di Bekasi tahun 2005.

    Juara 1 Lomba Tari Daerah ekspo Bekasi tahun 2006.

    Juara 2 Lomba Tari Daerah tahun 2007 yang diadakan oleh Pemda Bekasi.

    Juara 3 Lomba Tari Daerah setingkat Provinsi Bekasi tahun 2007.

    Juara 2 Lomba Tari Daerah setingkat kabupaten Bekasi tahun 2008.

    Juara 1 Lomba Tari Daerah Bulungan Cup tahun 2011.

    Ivone Kusuma Wardhani

    Si Cantik yang Jago NgeGeolEksis

    Foto-foto: Dok.pribadi

    Ivone (kanan), bersiap menari nandak. Sebelumnya kipasan dulu dengan kepala sekolah, ademmm benerrr.Ivone (kanan), bersiap gangnam style?

  • Edisi 34/Januari 201319

    SKENOO Hall, Gandaria City di hari Selasa malam tanggal 11 Desember 2011 lalu ramai oleh penggemar boyband beranggotakan Nathan Morris,

    Shawn Stoc