tabloid r123 februari 2013

Upload: akbar-saputra-m

Post on 31-Oct-2015

207 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Ini adalah tabloid mengenai property / perumahan

TRANSCRIPT

  • TABLOID KOMUNITAS PERTAMA DAN TERLENGKAP

    Situs Properti No 1 di Indonesia

    Edisi Februari 2013 - Rp.10.000 (P. Jawa) www.rumah123.com

    AREAPLUIT

    SERPONG

    TeTap kinclongmeski dilandabanjir

    iklan properTi

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 20132

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 3

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 20134

    Chief editor Ferdinand Lamak

    editor Haryanto, Dedy Mulyadi Hartono, Tinu Sicara, Oktaviano Donald

    GraphiC desiGner Koko Wijayatmoko

    proGrammer Sena Yoga Samudra, Teja Sukmana

    CirCulation Laksmi Hariputri

    advertisinG Susana Njo, Sari Hidayat, Amri Syawfial, Wenda Claudia Dompas, Rieftana Julianda

    listinG Tao Putri

    finanCe, hr & administrationDini Indriani

    Pertumbuhan properti sektor ritel atau pusat perbelanjaan tidak hanya pesat di Jakarta, sebab di kota-kota pinggiran, seperti Bekasi, Depok, Bogor, Bintaro, Tangerang, dan Serpong punshopping center atau mal tumbuh membeludak.

    Hasil riset konsultan properti Coldwell Banker Commercial menyatakan, di tahun 2013 ini saja sebagian besar mal yang akan buka berlokasi di kota-kota pinggiran, baik leasing (sewa) maupun stara ritel. Kondisi ini bukan sesuatu yang mengherankan, jika dilihat berdasarkan pertumbuhan ekonomi per kapita masyarakat setempat, peningkatan daya beli, dan perubahan gaya hidup, di mana orang mulai lebih banyak menghabiskan banyak waktunya di mal ketimbang tempat lain.

    Adapun mal-mal yang akan selesai dibangun dan mulai beroperasi pada 2013 ini sebagian besar berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Sebagaimana riset Coldwell Banker Commercial rincian mal-mal itu antara lain:

    1. Bekasi Junction, Bekasi 2. Grand Galaxy City Mall, Bekasi 3. Cibinong City Mall, Cibinong-Bogor4. Mall Harapan Indah, Bekasi5. Summarecon Mall Bekasi, Bekasi6. Grand Metropolitan Mal, Bekasi7. Cimandala City Lifestyle Mall, Bogor8. Bintaro Lifestyle Center, Bintaro, Tangerang Selatan 9. The Breeze City Walk, BSD City10. Plaza Dua Raja, Bogor11. Cimandala City Trade Mall, Bogor12. Bekasi Trade Center 2, Bekasi

    Pertumbuhan mal yang pesat di wilayah pinggiran Jakarta ini seiring dengan banyaknya jumlah pengunjung mal, yang semakin membuka peluang bisnis bagi para pengembang properti. Selain itu, tingkat hunian (okupansi) pun tak kalah jauh dibandingkan mal-mal di Jakarta, sehingga pasar ritel ke depannya masih dinilai prospektif.

    Isu masih akan diperpanjangnya moratorium pembangunan mal di Jakarta memberikan keuntungan tersendiri bagi daerah pendukung sekitar Jakarta termasuk Banten (Tangerang, Serang dan Cilegon). Selain itu, peningkatan jumlah populasi dan konsumsi masyarakat juga akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan ritel di Banten. Kita berharap, keuntungan yang diperoleh Banten dengan limpahan pembangunan mal dan pusat belanja ini akan membuka peluang yang lebih lebar terhadap pertumbuhan properti secara keseluruhan di kawasan ini. Di wilayah Banten, Serpong dan Bintaro sudah mencatatkan dirinya sebagai barometer properti di Jabodetabek, tinggal kawasan lainnya mengikuti.

    ferdinand lamakChief Editor Tabloid Rumah123.com

    Wartawan Tabloid Rumah123.com dilarang menerima pemberian apapun dari nara sumber dalam tugas peliputannya. Anda punya acara atau event yang ingiin diliput? Hubungi Redaksi Tabloid Rumah123.com di Telp. 021-7819222 atau Faks. 021-7986522. Email: [email protected]. Terima kasih.

    Dua Mal Baru Hadir di TangselSURAT REDAKSI

    iklan properTi

    Gedung Buncit 36, Jl. Warung Jati Barat no.36 ragunan, Jakarta selatan - 12550 tel. +62-21-7819222 fax. +62-21-78845337, 78845354 email: [email protected]

    Country manaGer Andy Roberts

    manaGement Meddy H. Papinka, Julia Sri Ulina, Alexander Louiciano, Kemas Antonius

    Member of

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 5

    PT Cowell Development Tbk., Minggu/17/2/2012, telah meluncurkan dua cluster teranyar mereka, yakni Cluster Astiere dan Cluster Viviere yang terletak di La Verde @ Serpong, di Jelupang, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.Kehadiran dua cluster ini melengkapi cluster yang telah dipasarkan sebelumnya yakni Lunaire dan Geranium. Cluster Astiere dibangun di atas lahan seluas lima hektar dan dipasarkan dengan harga mulai dari Rp1,7 miliar per unit. Produk ini dirancang dengan luas bangunan 136 meter persegi. Sementara luas tanahnya 200 meter persegi.

    Kepada Rumah123.com, Chief Marketing Officer PT Cowell Development Tbk., Novi Imelly mengatakan, "Astiere adalah cluster yang lebarnya 10 meter dan Viviere itu lebarnya 6 sampai 8 meter, jadi lebih kecil. La Verde ini berada di atas lahan seluas 12

    hektar dengan 4 cluster di dalamnya. Cluster Lunaire dan Geranium sudah kita launching sekitar bulan Mei tahun lalu dan sudah terjual hingga 90%."

    Ia mengatakan, respon atas produk yang mereka tawarkan kepada pasar sangat bagus. Terbukti dengan cepatnya pasar menyerap produk yang mereka tawarkan, lengkap dengan berbagai fasilitasnya. "Di dalam cluster ini tersedia fasilitas ruko dan private clubhouse. Clubhouse ini khusus untuk warga La Verde saja di keempat cluster ini."

    Mengenai kenaikan harga rumah di La Verde, Novi menambahkan, pada saat mereka meluncurkan Cluster Lunaire setahun lalu, harga jualnya kala itu sekitar Rp600 jutaan. Saat ini harganya sudah mencapai Rp900 juta, atau mencapai 50% hanya dalam tempo 6 bulan. Novi optimis, kesuksesan penjualan dua cluster terdahulu akan berulang di dua cluster yang akan menjadi pengembangan terakhir di La Verde ini.

    Perkembangan infrastruktur di Serpong memberikan nilai tambah terhadap perumahan di kawasan Serpong," tegas Novi. Cowell Development adalah pengembang yang dikenal melalui sejumlah produk-produk ternamanya yakni, Melati Mas Residence, Serpong Park, Serpong Terrace, Westmark, Borneo Paradiso di Kalimantan dan La Verde.

    Un i k i t u l a h konsep y a n g diterapkan di

    perumahan Camden House yang berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Karena Anda sebagai penghuninya seperti tinggal di hotel bintang lima. Ya, klaster bergaya modern klasik yang dibangun PT Akasia Prima Sejahtera memiliki fasilitas wah. Misalnya, tersedia gardener, driver, car washing, personal training Gym dan lainnya, Anda cukup call ke bagian club house maka semua akan dipenuhi. Sementara itu berbagai fasilitas club house nan lengkap, diantaranya steam, sauna, meeting room dapat dirasakan.

    Berdiri diatas lahan sekitar 3 hektar ini setiap unitnya telah dilengkapi kitchen cabinet, pantry cabinet, wardrobe, water heater, air conditioner (AC), refrigrator dan lainnya. Menariknya, perumahan yang memiliki 99 unit ini house keeping, concierge, hingga business assistant.

    Semua layanan tersebut, penghuni akan dikenakan tagihan sesuai dengan luas bangunan yang dimiliki. Pihak pengembangnya bekerjasama dengan perusahaan ILC (International Leisure Consultant) asal Hongkong sebagai management estate-nya.

    Menurut Yan Bahtra W, Marketing Communication Manager Camden House, management estate di Camden House berbeda dengan management estate di perumahan pada umumnya. Bila yang lain terdapat iuran-iuran atau biaya untuk pengelolaan lingkungan, disini biaya kebersihan dan keamanan sudah dikelola dalam satu paket oleh ILC dengan standar layanan hotel bintang lima, tambah Yan.

    Adapun hunian eksklusif ini yang memiliki tipe mulai luas bangunan 195 meter hingga di atas 200 meter tersebut dibandrol dengan harga sekitar Rp3,2 miliar hingga Rp4,5 miliar. Hingga kini 48 unit hunian yang terselesaikan, sisanya akan siap layak huni pada April 2013, tambah Yan Bahtra.

    Cowell Development Luncurkan Dua Cluster Terakhir di La Verde

    Camden House, Hunian Ala Hotel Bintang Lima

    Naskah & Foto: Ferdinand Lamak

    Naskah & Foto: Tinu Sicara

    Beberapa tahun terakhir, kita disuguhi tontonan menarik tentang perkembangan properti. Tak hanya di DKI Jakarta, daerah sekitarnya memperlihatkan kondisi sama. Lihat saja di wilayah barat Kota Jakarta, tepatnya Tangerang, kini terus bersolek. Tidak sedikit proyek properti yang dikembangkanhunian ataupun komersial.

    Salah satu proyek komersil yang dikembangkan Duta Indah Group dalam membangun proyek Duta Indah Iconic di Jalan MH. Thamrin, Kota Tangerang. Duta Indah Iconic merupakan kawasan terintergrasi yang menggabungkan konsep pusat bisnis, sarana hotel dan food beverage plaza.

    Menurut Teddy Bolang, SPV Marketing Duta Indah Iconic

    kebutuhan kompleks multifungsi kian besar terutama di kawasan Tangerang. Hal itu sejalan dengan meningkatnya tingkat perekonomian Indonesia yang kian membaik, ungkapnya.

    Dikembangkan di lahan seluas 10 hektar, Duta Indah Iconic melakukan grand opening 14 Juli 2012. Berada di lokasi strategis dengan akses yang bagus, jelas Teddy.

    Berada diantara dua jalan Tol diantaranya Tol Jakarta-Merak dan Tol BSD City-JORR. Atau tepatnya berada di pintu tol Kebon Nanas, tambah Teddy.

    Duta Indah Iconic terdiri dari 201 unit dengan tipe yang

    beragam. Sementara fasilitas untuk kenyamanan di Duta Indah Iconic pun beragam. Diantaranya patroli keamanan 24 jam, sistem jalur antre untuk truk, dan sistem keamanan modern dengan kamera CCTV.

    Tak hanya itu, ROW jalan di kompleks Duta Indah Iconic dibangun memadai. Yakni dengan ROW jalan lingkungan sekitar 20-25 meter.

    Rencananya, akhir Desember 2013 jadwal penyerahterimaan kunci ke pembeli akan dilaksanakan. Pastinya, bila membeli gudang di Duta Indah Iconic, aktivitas perdagangan di kawasan Tangerang dan sekitarnya kian marak.

    Dengan mengusung konsep multifungsi, Duta Indah Iconic menjadi proyek yang menarik. Selain berada di lokasi strategis dan tentunya fasilitas beragam yang disediakan oleh pengembangnya.

    Duta Indah Iconic

    Naskah: Haryanto / Foto: Istimewa

    Kawasan Multifungsi di Lokasi Emas

    Kilas Pasar

    novi imelly, Chief Marketing Officer pt Cowell development tbk.

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 20136

    Sejak Selasa (16/1/2013) hingga Jumat (18/1/2013), sebagian wilayah padat penduduk di Jakarta terendam banjir. Perumahan, tak peduli yang kumuh maupun yang mewah sekalipun, banjir seperti tak pandang bulu melandanya. Bahkan, kawasan sentra bisnis di Sudirman-Thamrin yang selama ini nyaris tak tersentuh banjir pun, tak luput.

    Banjir memakan tidak sedikit korban. Tempo mencatat, terdapat 20 orang korban meninggal dalam bencana banjir awal tahun ini. Tidak terhitung mereka yang dirawat karena jatuh sakit, apalagi warga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya diterjang banjir.

    Memang, banjir telah membuat ribuan warga Jakartadan sekitarnya, menjadi pengungsi. Mengungsi untuk menyelamatkan diri. Tetapi bagaimana dengan harta benda yang ditinggalkan di rumah? Estimasi kerugian yang ditimbulkan oleh banjir kali ini mencapai Rp20 Triliun.

    mengasuransikan rumah itu pentingEdukasi mengenai proteksi terhadap rumah dengan menggunakan asuransi, memang belumlah sekencang promosi asuransi jiwa atau kecelakaan pun pendidikan. Kenyataan ini berbanding lurus dengan animo pemilik rumah terhadap proteksi terhadap properti mereka. Orang kerap mengabaikan ini.

    Data dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada semester awal tahun 2012 mencatat, pangsa pasar asuransi

    properti merosot menjadi 27,4% dari semester sama tahun 2011, 29,9%. Pangsa pasar properti dikalahkan oleh asuransi kendaraan bermotor naik menjadi 30,1% dari sebelumnya 29%. Sampai semester awal 2012, total premi asuransi umum Rp 18,89 triliun tumbuh 12,8% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 16,74 triliun.

    Kontribusi asuransi properti Rp 5,1 triliun atau tumbuh 3,5% dari periode sama tahun 2011 Rp 5 triliun. Sedangkan klaim bruto asuransi properti justru tumbuh 24,6% menjadi Rp 2 triliun dari periode sebelumnya Rp 1,6 triliun. Premi Rp 5,6 triliun atau naik 17,2% dari sebelumnya Rp 4,8 triliun.

    Angka di atas menunjukkan betapa rendahnya kesadaran pemilik rumah dalam mengasuransikan propertinya. Padahal, setelah cita-cita membeli rumah tercapai, tahap selanjutnya adalah menjaga atau mempertahankannya dari kerusakan atau ancaman lainnya. Karena banyak yang mengabaikan ini, nanti di saat mucim hujan tiba dan banjir datang melanda kawasan perumahan bahkan masuk merendam hunian mereka, barulah mereka ngeh betapa pentingnya asuransi properti.

    Pemilik rumah dan isi rumahnya bukanlah obyek yang tidak terlepas dari berbagai resiko. Sejatinya, kita tahu, risiko-risiko akibat bencana alam tersebut bisa terjadi setiap waktu dan kapan saja. Dampak yang ditimbulkannya pun tak pernah bisa diduga. Seperti penghuni perumahan mewah di kawasan Pluit dan kawasan lain yang baru-baru ini harus mengungsi karena banjir, pernahkah menduga akan

    mengalami kenyataan seperti yang terjadi kemarin itu?

    Rumah yang semestinya menjadi istana, bukan tak mungkin menjadi masalah yang merugikan lantaran bencana. Begitu menjadi korban, barulah kita tersadar dan tergerak.

    Boleh jadi, sebagai langkah awal di tahun 2013, mengasuransikan rumah dapat Anda jadikan sebagai sebuah resolusi. Apalagi, pada Januari ini intensitas hujan semakin tinggi dan di beberapa daerah sudah mulai dihadang banjir. Dan kondisi ini pun akan terus berlangsung hingga bulan Februari, sebagaimana prediksi dari otoritas yang berkompeten.

    premi kecil, manfaat tak terhinggaRata-rata perusahaan asuransi yang memiliki produk untuk asuransi properti atau asuransi rumah, dengan nilai premii yang sangat ekonomis dan terjangkau. ACA dengan produk ASRI-nya mematok nilai premi minimum pertahun di angka Rp100 ribu. Dengan jumlah ini, tidur Anda pun bisa tenang dan lelap karena asuransi akan melindungi rumah Anda dari berbagai risiko seperti:

    - Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap- Kerusuhan dan huru-hara- Pencurian disertai (dengan) kekerasan- Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga- Kerusakan bangunan akibat tertabrak kendaraan.

    Selain jaminan di atas, manfaat tambahan yang bisa didapatkan nasabah antara lain:

    Resiko BanjirJangan Pikul SendirianBanjir datang merendam Jakarta. Aktifitas warga lumpuh total. Lebih meyedihkan lagi, ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya. Padahal, sejumlah produk asuransi tersedia untuk men-cover berbagai kerugian itu.

    Asuransi Properti

    Naskah: Ferdinand Lamak & Haryanto / Foto: Istimewa

    Headlines

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 7

    Resiko BanjirJangan Pikul Sendirian

    Asuransi Rumah Idaman, sebuah produk besutan Asuransi Central Asia-ACA menyajikan sejumlah benefit yang diperoleh pemegang polis asuransi ini, antara lain:- Memeroleh ganti rugi finansial jika obyek yang diasuransikan terkena langsung risiko yang tercantum dalam ikhtisar polis asuransi.

    - Memperoleh biaya yang terpaksa tertanggung dikeluarkan pascamusibah, misalnya: Biaya pembersihan puing-puing bangunan yang rusak, Biaya arsitek atau surveyor untuk merenovasi atau membangun kembali rumah tertanggung pascamusibah.

    - Memeroleh layanan purna jual yang prima tanpa harus menunggu terjadinya musibah, seperti: Informasi prakiraan nilai inflasi saat pemberitahuan perpanjangan polis asuransi agar bangunan dan isi bangunan rumah tinggal tertanggung diasuransikan dengan nilai yang cukup dan wajar, Gratis pemeriksaan kondisi bangunan dari serangan rayap dan hama rumah, Beragam info terbaru dari pihak asuransi, Keanggotaan otomatis.

    Benefit Asuransi Properti

    1. penilaian rumahKetika kita mengajukan asuransi untuk rumah, pihak asuransi akan melakukan survei. Setidaknya, ada empat hal yang menjadi penilaian:

    Konstruksi. Konstruksi ini akan dibedakan dalam beberapa tingkatan. Tingkatan pertama untuk rumah dengan konstruksi bangunan yang terbuat beton, besi, dan baja. Sementara itu, tingkatan di atasnya adalah untuk rumah yang memuat konstruksi kayu di dalamnya. Makin tinggi resiko kerusakannya, maka semakin mahal preminya.

    Lokasi. Penilaian lokasi di sini bukan berkaitan dengan harga, tapi berkaitan dengan potensi resiko yang mungkin terjadi. Misalnya, resiko banjir dan tanah longsor.

    Tinggi bangunan. Untuk tinggi bangunan hingga sembilan lantai, besaran preminya masih sama.

    2. linGkunGanUntuk kriteria yang satu ini, perusahaan asuransi menilai dari sisi lingkungan sekitar rumah yang akan diasuransikan. Mereka akan mencermati tingkat kepadatannya. Semakin padat, tentu potensi resikonya lebih besar.

    3. isi rumah yanG Bisa dan layak diasuransikanTidak semua barang bisa diasuransikan. Beberapa barang yang dikecualikan untuk dihitung dalam klaim asuransi rumah dan isi bangunan, yakni platinum, emas, perak, perhiasan, lukisan, benda seni, dan mantel bulu. Barang-barang, seperti surat perjanjian dan akta jual-beli, obligasi, wesel, surat pengakuan utang, cek uang tunai, uang logam, kendaraan bermotor, hewan peliharaan, naskah, dan dokumen kantor juga masuk kategori yang tidak bisa diklaim.

    4. daftar BaranGSetelah memilah barang mana yang akan diasuransikan dan disetujui oleh pihak asuransi, sebaiknya Anda membuat daftar atas barang-barang yang diasuransikan tersebut. Ini bertujuan agar ketika melakukan klaim tidak akan terjadi perbedaan persepsi atas isi bangunan yang berhak untuk diklaim.

    Hal Penting yang Harus Diperhatikan Calon Nasabah

    Penambahan jumlah pertanggungan Biaya arsitek, surveyor, dan konsultan Kerusakan yang disengaja dalam upaya mencegah menjalarnya kebakaran Biaya dinas kebakaran Pembersihan puing-puing

    Lain ACA, lain pula asuransi Sinar Mas. Perusahaan ini hadir dengan layanan yang mereka namakan, Simas Rumah Hemat ++. Simas Rumah Hemat ++ hadir dengan jaminan asuransi untuk rumah tinggal dan perabot rumah tangga. Mereka mengklaim, dapat memberi Anda sekeluarga rasa aman. Produk ini memberikan sejumlah jaminan atas:

    Bahaya kebakaran akibat sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap.

    Kerusuhan, huru-hara, terorisme dan sabotase. Untuk terorisme dan sabotase besarnya ganti rugi sampai dengan 10% dari total harga pertanggungan.

    Gempa Bumi Banjir, memberikan ganti rugi sehubungan dengan

    kerugian akibat angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat air.

    Kebongkaran dan Pencurian Kecelakaan Diri Biaya Pengobatan Kerusakan yang Tidak Terduga (Accidental Damage) Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak III Biaya Tempat Tinggal Sementara Pembersihan Puing Penambahan Objek Pertanggungan (Capital Addition) Penilaian Pertanggungan (Appraisement Clause)

    mengasuransikan rumah andaSebelum mengasuransikan rumah, Anda perlu tahu riwayat lokasi rumah Anda. Bagaimana kondisi iklim, keamanan, dan karakteristik lain lingkungan rumah Anda. Selain itu, pilihlah asuransi yang membantu Anda, dan bukan memberatkan.Jika saat ini rumah Anda telah diasuransikan, pastikan Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana benar-benar menimpa Anda. Berikut langkahnya:

    Pertama-tama, setelah terjadi bencana sebaiknya Anda segera menghubungi agen asuransi Anda. Kemungkinan besar agen Anda dapat membantu menyelesaikan masalah Anda dalam mengajukan klaim. Terutama, ketika Anda masih dalam kondisi panik akibat kejadian yang baru menimpa Anda.

    Biasanya, ketika mengasuransikan rumah, agen Anda akan memberikan arahan cara melakukan klaim. Jangan sampai Anda melupakan alur pengajuan klaim yang ia berikan.

    Umumnya, sebelum mengajukan klaim, Anda harus mempersiapkan kartu anggota atau polis asuransi, fotokopi KTP, berita acara dari kelurahan atau kepolisian setempat, serta daftar barang dan taksiran harga.

    Setelah melaporkan lewat call center atau cabang terdekat, petugas akan melakukan survei pada dampak bencana di rumah Anda. Setelah itu, baru dana akan cair untuk Anda.

    Selama menunggu klaim Anda "menembus" asuransi, Anda memang sebaiknya tidak mengubah banyak kondisi rumah Anda. Namun, tidak ada salahnya melakukan sedikit perbaikan.

    Jangan lupa memotret barang-barang tersebut sebelum Anda perbaiki. Lain kali, Anda dapat mulai mempersiapkan diri dengan menggabungkan berbagai surat penting di satu tempat aman yang sudah Anda persiapkan.

    Saat ini, meskipun asuransi kerugian dianggap menguntungkan, para perencana keuangan dan agen asuransi sepakat, bahwa tidak semua harta benda bisa diasuransikan. Aturan main yang ditetapkan tiap perusahaan asuransi memang berbeda, sehingga Anda harus cermat memelototi bunyi tiap klausul polis asuransi.

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 20138

    Kawasan ElitUsai Banjir MelandaUsai banjir besar melanda kawasan Pluit dan barat Jakarta lainnya, muncul pertanyaan; Masihkah kawasan ini prospektif untuk investasi properti?

    InVeSTASI ProPerTI PASCA BAnjIr

    Naskah: Haryanto / Foto: Istimewa & Dedy Mulyadi

    kawasan pluit: Banjir berimbas ke sebagian kawasan permukiman.

    Berita Kawasan

    Di tengah semangat pelaku bisnis menyambut optimisme pasar properti pada tahun 2013 ini, banjir datang melanda kawasan Jabodetabek. Hampir merata dimana-mana. Tak terkecuali, kawasan yang selama ini tak pernah tersentuh air berwarna cokelat itu pun kebanjiran juga.

    Meskipun secara umum, peristiwa ini melanda hampir merata se-Jabodetabek, namun di beberapa titik, genangan air tergolong awet. Salah satunya adalah di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

    Hari itu, tepatnya 19 Januari 2013, banjir melanda kawasan Pluit Village dan merendam berbagai properti mewah di kawasan elite itu. Mulai dari Mega Mall Pluit hingga showroom mobil mahal terendam air berwarna cokelat. Paling parah terdapat di depan mal Pluit Village.

    Selain mal Pluit Village, sepanjang jalan itu terdapat ruko-ruko yang tergolong mewah. Ada toko emas batangan, restoran-restoran mahal dan juga showroom mobil mewah. Selain itu ada juga sekolah Tarakanita yang ikut terendam.

    Di parkiran mal Pluit Village tampak puluhan orang yang berdiam. Mereka tampaknya mengevakuasi diri di parkiran lantai tiga mal itu. Sedangkan halte TransJ depan mal tersebut, dijadikan tempat untuk mengevakuasi sepeda motor warga. Di Jalan Permai juga terdapat lapangan yang dijadikan lahan parkir. Ada sekitar 12 mobil yang tiga perempat badannya terendam air di lapangan itu. Hingga 22 Januari, air setinggi 1.5 meter masih menggenangi kawasan ini.

    Pertanyaan berikutnya, akankah kejadian di awal 2013 ini akan mengubah total optimisme pasar mengenai prospek bisnis properti di tahun ini? "Banjir tidak terlalu berpengaruh, untuk minat masih tinggi," ungkap Associate Director Research Jones Lang Lasalle, Anton Sitorus.

    Anton lalu membandingkan apa yang terjadi di Jakarta dengan kejadian yang menimpa Thailand pada 2011 lalu. Jumlah korban tewas akibat banjir besar di seluruh Thailand telah mencapai lebih dari 500-an orang. Imbasnya pun luas hingga mengundang perhatian dunia. Banjir kala itu bahkan hingga mengepung kediaman perdana menteri dan kawasan strategis lainnya. Banjir juga membuat banyak mesin-mesin pabrik yang rusak sehingga imbasnya dapat langsung dirasakan. "Di Jakarta ini kan tidak ada yang bebas banjir," ungkap Anton.

    Sebelumnya, banjir yang terjadi di Jakarta mencatatkan potensi kehilangan transaksi di pusat perbelanjaan seperti mal dan pusat perdagangan di Jakarta mencapai Rp160 miliar. Itu disampaikan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 9

    Tambah Ginting, pada suatu wilayah yang semula rawan banjir jika ada perbaikan dari segi infrastruktur maka nilai jualnya akan kembali meningkat. Contohnya adalah kawasan yang sekarang dilalui oleh Banjir Kanal Timur yang dulu harganya stagnan, namun kini setelah adanya Banjir Kanal Timur (BKT) ternyata juga memicu naiknya harga rumah di sekitar kawasan itu.

    Publik juga masih mengingat bagaimana persepsi masyarakat terhadap kawasan Kelapa Gading, 5-10 tahun lalu. Kelapa Gading dulu merupakan kawasan utama banjir tetapi coba lihat sekarang. Properti di sana harganya selangit dan menjadi salah satu barometer harga properti di Jakarta.

    Hampir senada dengan Ginting, Associate Director, Residential Departement PT Cushman & Wakefield Indonesia, Tikam Sujanani mengatakan, banjir besar yang melanda sejumlah kawasan perumahan di Jakarta takkan terlalu berpengaruh pada harga jual properti. Musibah tahunan di kawasan ibukota ini hanya akan berdampak trauma semata.

    Tikam memperkirakan, kawasan perumahan, khususnya di Jakarta, yang terkena banjir memang akan mengalami imbas negatif dalam jangka pendek. Namun, kondisi ini takkan mampu membuat harga rumah maupun tanah turun drastis.

    Menurut Tikam, banjir besar yang melanda Jakarta dan kawasan sekitarnya kemungkinan hanya akan berdampak pada stagnasi harga. Hunian di kawasan rawan banjir umumnya sulit dijual namun jarang mengalami penurunan harga. "Hanya tidak laku saja. Untuk jangka pendek, orang memang akan hati-hati membeli properti," ujar Tikam.

    Setiap bencana alam memang meninggalkan masalah. Tak terkecuali banjir. Selain dapat merendam perabot-perabot Anda. Banjir dapat mengancam keselataman jiwa penghuninya.

    Seperti konsleting listrik, yang dapat menyebabkan setruman dan juga kebakaran bagi orang-orang terjebak dalam banjir. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan saat banjir agar terhindar ancaman korsleting listrik.

    1. Sebaiknya Anda menghubungi pihak terkait dalam hal ini Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini perlu karena PLN bisa membantu dalam menentukan gardu listrik mana yang akan dimatikan dan menghindari terjadinya korsleting listrik. PLN memiliki unit khusus yang menerima laporan masyarakat dengan mendatangi lokasi kebanjiran jika kondisi fatal terjadi.

    2. Usahakan ketika banjir datang, langkah yang dilakukan pertama kali dengan mematikan Mini Circuit Breaker (MCB). Dengan MCB dimatikan, dapat mencegah kebakaran saat banjir.

    3. Jika air yang tergenang di dalam rumah mulai surut akibat banjir, sebaiknya Anda mengecek beberapa sambungan jenis kabel yang terpasang. Ketika ada kabel yang putus jangan gunakan perekat selotip karena akan mudah mengelupas jika terkena panas. Gunakan lasdop, semacam alat dari plastik yang berulir untuk menggabungkan beberapa kabel

    4. Periksa instalasi listrik rumah Anda secara berkala kurang lebih tiap 5 tahun sekali. Ganti kabel yang rapuh, sambungan yang aus, dan semua perangkat instalasi listrik yang sudah rusak

    5. Jika instalasi listrik sudah lebih dari 15 tahun, sebaiknya ganti dengan yang baru. Dikhawatirkan kondisi kabel dan sambungan sudah tidak baik lagi

    6. Gunakan perangkat listrik yang asli dan berkualitas. Hindari menggunakan kualitas yang kurang baik.

    Enam Pencegahan Korsleting Listrik Saat BanjirNaskah: Haryanto

    (APPBI). Jatuhnya transaksi ini terjadi pada puncak banjir pada Kamis 17 Januari 2013. Sehari berikutnya, potensi kerugian turun menjadi Rp100 miliar dan transaksi mulai sepenuhnya berangsur membaik pada Sabtu dan Minggu.

    Sementara itu, Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, memprediksi banjir yang menggenangi Jakarta selama beberapa hari tidak akan memberikan banyak dampak negatif pada prospek industri properti Jakarta. Siklus banjir lima tahunan ini tidak akan banyak mempengaruhi padangan orang untuk berinvestasi properti di Jakarta, kata Ferry.

    Pernyataan Ferry ini merujuk pada pengalaman sebelumnya pada 2002 dan 2007 dimana banjir pun pernah melanda Jakarta dalam skala yang nyaris sama dengan kali ini. Banjir kala itu tidak banyak memberikan dampak bagi pertumbuhan industri properti di tanah air. Masyarakat terus memburu properti. Minat mereka nyaris tidak terpengaruh dengan kondisi ini. Artinya, banjir yang bersifat siklus ini tidak menurunkan minat orang untuk berinvestasi properti, kata Ferry.

    Namun kondisi sebaliknya terjadi di kawasan perumahan yang tiap tahun kebanjiran saat musim hujan, seperti di Pluit, Jakarta Utara. Ia memperkirakan prospek industri properti di sana tidak akan sebagus sebelum kejadian ini.

    Dan, properti di sana akan sedikit terganggu hingga kawasan tersebut benar-benar terbebas dari banjir. Tetapi di Pluit itu kan sudah penuh dengan perumahan, jadi memang tidak ada pembangunan proyek properti baru. Paling pemilik lama menjual properti miliknya, kata Ferry.

    Ia memperkirakan banjir yang terus menerus melanda Pluit akan membuat properti di sana sulit dijual. Pasar secondary akan bergerak lambat sebab, calon pembeli telah mengetahui bahwa kawasan tersebut rawan banjir dan tidak menarik untuk ditempati.

    Analisa yang berbeda datang dari Benyamin Ginting, Presiden Ikatan Analis Properti Indonesia (IKAPRI). Menurut dia, bagi investor yang jeli, kondisi banjir di beberapa kawasan justru menjadi peluang investasi yang menguntungkan.

    Banjir yang bersifat siklus ini tidak menurunkan minat orang untuk berinvestasi properti.- Ferry Salanto:

    kawasan kelapa Gading: harga propertinya terus melambung

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201310

    New Project

    Proyek yang dikembangkan oleh PT Fajar Surya Perkasa terletak di kompleks Daan Mogot Baru, Jakarta Barat memang diciptakan untuk mereka yang mengidamkan hunian favorit. Daan Mogot Barudan kompleks apartemen tersebutmerupakan kompleks terpadu seluas 70 hektar. Adapun konsep pengembangan yang diusung adalah kota di dalam kota.

    Jadinya, apartemen ini berada di dalam kawasan Daan Mogot Baru yang ada sejumlah fasilitas umumnya, antara lain pusat belanja modern (mal), rumah sakit, sekolah, sejumlah kompleks ruko (rumah toko) ataupun rukan (rumah kantor), dan lain-lain.

    Saat ini, Daan Mogot Baru telah dihuni oleh lebih dari 1.500 kepala keluarga. Dengan demikian, jelas bahwa Daan Mogot Baru merupakan kawasan yang telah hidup.

    Sky Terrace sendiri menempati lahan seluas 1,3 hektar. Lokasi kompleks apartemen tersebut persis di belakang Mal Matahari Daan Mogot Baru. Apartemen ini mengusung konsep resort, dilengkapi kolam renang untuk menyamankan penghuni.

    Ada pula taman dengan konsep resort. Tak ketinggalan, sebuah health club akan ada di sana.

    Ada tiga menara yang mengisi kompleks Sky Terrace. Itu adalah Uluwatu, Pecatu, dan Sanur. Total jumlah unit apartemen di tiga menara tersebut sekitar 500 unit.

    General Manager Daan Mogot Baru, Juan Panca Wijaya, mengatakan Kami menargetkan bahwa seluruh unit apartemen di Sky Terrace ditargetkan terjual habis setelah topping off dilakukan. Atau sebelum proses serah terima berlangsung.

    Juan pun menambahkan, bahwa pemilik unit apartemen Sky Terrace berpeluang mendapatkan keuntungan sewa dari harga beli sebesar 8% sampai 12% per tahun.

    Saat ini progres penjualan di Sky Terrace telah mengalami kemajuan. Seperti penjualan untuk tower Uluwatu dan Sanur tipe 2 bedroom dan 3 bedroom telah habis terjual. Tower Uluwatu sudah 100 persen terjual. Sanur sekitar 70 persen. Dan Pecatu sekitar 60 persen, ungkap Juan.

    Resort dengan Seabrek KeunggulanHunian resort ini memang telah berdiri di kawasan yang sudah hidup dan seabrek fasilitas. Dengan karakter ramah lingkungan ditawarkan ke konsumen.Naskah: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

    Sky TerrACe

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 11

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201312

    Saat diluncurkan sejak pertengahan November tahun lalu, kompleks pergudangan modern Surya Balaraja ludes terjual hingga 70 persen dalam 1 hari saja. Berkaca pada hal itu tak salah jika beberapa lembaga survei properti independen memproyeksikan peluang yang masih luas di kawasan industri di Karawang, Bekasi, Serang, Jakarta, Tangerang dan Bogor pada 2013.

    Untuk itulah, sebagai pengembang PT Almega Nata Sarana yang mengembangkan Surya Balaraja menawarkan promo merayakan Imlek 2013. Promo yang dinamakan Lucky Snake Year ini untuk menarik pembeli dengan beragam hadiah.

    Promo yang berlaku mulai 1 Februari hingga 15 Maret 2013 tersebut diantaranya Promo Lucky Bizz. Promo ini memberikan potongan harga langsung dari price list sesuai tipe yang ditawarkan di Surya Balaraja. Misalnya untuk tipe

    11m x 30m mendapat potongan harga hingga Rp60 juta. Untuk tipe lainnya 11m x 36m mendapatkan potongan harga sekitar Rp70 juta. Dan tipe 11m x 42m diberikan potongan harga mencapai Rp80 juta.

    Promo lainnya selain Lucky Bizz yakni Lucky Prize. Pembeli akan mendapatkan hadiah langsung seperti iPhone 5, iPad 3, Samsung Galaxy S, laptop, Nikon SLR Camera dan Sepeda Specialized. Lagi-lagi pembeli mendapatkan hadiah langsung dengan 6 pilihan. Namun untuk mendapatkan hadiah ini kami mengadakan permainan ular tangga sesuai dengan Tahun Ular. Syaratnya bagi setiap pembeli yang memberikan booking fee sebesar 20 juta, ungkap Rita.

    Dan promo yang menarik lainnya menjelang Tahun Ular ini Lucky Bonus. Promo ini berlaku bagi setiap pembeli yang membeli minimal dua buah atau unit gandeng di Surya Balaraja. Langsung bisa membawa pulang motor Yamaha Mio J. Semua ini dilakukan untuk menarik para pembeli kompleks pergudangan modern Surya Balaraja, kata Rita Megawati, Koordinator Project Marketing PT Almega Nata Sarana.

    Surya Balaraja berada di Jalan Raya Serang Km. 28 Serang, atau berada sekitar 2,5 km-3 km dari exit tol Balaraja Barat. Keunggulan proyek ini dapat dilihat dari 3 faktor. Pertama, lokasi. Dan lokasi tersebut berhubungan dengan akses. Karena pergudangan itu berkaitan dengan distribusi barang.

    Kedua, dekat dengan pom bensin. Ketiga, dekat dengan jalur pipa gas. Dari ketiga aspek tersebut Surya Balaraja mencakup semua itu.

    Dengan one gate system security di kompleks pergudangan ini akan memudahkan dalam pengamanan kawasan sepanjang 24 jam. Menariknya, row jalan utama berukuran 20 meter. Sementara kompleks pergudangan lain sekitar 14-16 m. Saat ini progress proyek sedang dilakukan pengerjaan infrastruktur dan pembuatan jalan, kata Rita.

    Promo Yahud di Surya Balaraja Kompleks pergudangan modern yang berada di kawasan Balaraja, Serang meluncurkan promo menarik dalam rangka menyambut Tahun Ular.

    SuryA BALArAjA

    Naskah: Haryanto / Foto: Istimewa & Dedy Mulyadi

    New Project

    rita megawati. koordinator Project Marketing pt. almega nata sarana

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 13

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201314

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

    Bangka, Jakarta SelatanIDR 8,000,000,000

    - 3 - 1- 5 - 2

    RJ

    Mulya, 0812-18454999

    ID Listing: hos846623

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 4,700,000,000

    - 2 - 0- 3 - 0

    RJ

    Kioe, 0816-1398121

    ID Listing: hos843863

    Cipete, Jakarta SelatanIDR 9,000,000,000

    - 4 - 1- 5 - 2

    RJ

    Endra, 085-218884799

    ID Listing: hos804039

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 1,700,000,000

    - 1 - 0- 2 - 0

    RJ

    Kioe, 0816-1398121

    ID Listing: hos843866

    Cilandak, Jakarta SelatanIDR 2,200,000,000

    - 0 - 0- 3 - 2

    RJ

    Gatot, 0816-1921015

    ID Listing: hos782434

    Cimanggis, DepokIDR 4,950,000,000

    - 4 - 1- 7 - 2

    RJ

    Mieke W., 0811-104364

    ID Listing: hos839700

    Cilandak, Jakarta SelatanIDR 4,800,000,000

    - 3 - 1- 4 - 0

    RJ

    Asep, 0818-765180

    ID Listing: hos800966

    Cipete, Jakarta SelatanUSD 2,500 /bulan

    - 2 - 1- 3 - 1

    RS

    Moedztech Indonesia Realty021 - 7667337

    ID Listing: hor777960

    Gading Serpong, TangerangIDR 3,500,000,000 Total

    - 0 - 0- 0 - 0

    J

    Joy, 0816-1489577

    ID Listing: shs96126 RK

    Fatmawati, Jakarta SelatanIDR 20,000,000,000

    - 4 - 1- 7 - 2

    RID Listing: hos798979

    Yanthi, 0855-7872929

    J

    Cipete, Jakarta SelatanIDR 5,950,000,000

    - 3 - 1- 4 - 1

    J

    Hidayat, 0811-87164

    ID Listing: hos791313 R

    Kemanggisan, Jakarta BaratIDR 3,100,000,000 Total

    - 0 - 0- 0 - 0

    J

    Pison Tio, 0812-83283888

    ID Listing: shs102261 RK

    Menteng, Jakarta PusatIDR 17,500,000 /bulan

    - 2 - 1- 3 - 0

    R

    Maria Lestari, 0812-9925088

    ID Listing: apr82793 A

    BSD, TangerangIDR 1,800,000,000

    - 3 - 1- 5 - 0

    RID Listing: hos861106 J

    Tuti Suryani, 0878-80230327

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 6,800,000,000

    - 3 - 2- 6 - 2

    RID Listing: hos850165 J

    Irvan, 021-93678678

    Dago, BandungIDR 5,500,000,000

    - 5 - 0- 5 - 0

    RID Listing: hos841005 J

    Devi Chen, 0838-20024544

    BSD, TangerangIDR 1,850,000,000

    - 3 - 1- 3 - 1

    RID Listing: hos858509 J

    Budi Lestiono, 0813-10942747

    BSD, TangerangIDR 1,375,000,000

    - 2 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos852295 J

    Gatot Song, 0812-1788979

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 3,500,000,000

    - 4 - 0- 4 - 2

    RID Listing: hos853852 J

    Stefan, 0812-94051188

    Harapan Indah, BekasiIDR 800,000,000

    - 1 - 0- 3 - 1

    RID Listing: hos750333 J

    Eva Zhang, 0817-0895998

    Melati Mas, TangerangIDR 2,900,000,000

    - 3 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos855559 J

    Anny Liwan, 0877-71900757

    Karawaci, TangerangIDR 4,500,000,000

    - 3 - 1- 4 - 1

    RID Listing: hos840783 J

    Lina Hokky, 0877-72465099

    Pulo Asem, Jakarta TimurIDR 650,000,000

    - 2 - 0- 3 - 1

    RID Listing: hos859198 J

    Siswanto, 0813-14008012

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 8,500,000,000

    - 3 - 0- 5 - 4

    RID Listing: hos690565 J

    Rani, 0896-72656101

    BSD, TangerangIDR 4,300,000,000

    - 4 - 1- 5 - 2

    RID Listing: hos560626 J

    Mayke, 0812-8231728

    Cisauk, TangerangIDR 350,000,000

    - 1 - 0- 2 - 1

    RID Listing: hos858983 J

    Selvy Kountur, 0878-78002085

    BSD, TangerangIDR 6,250,000,000

    - 3 - 1- 4 - 4

    RID Listing: hos832787 J

    Vonny Tina K., 0813-18999087

    Puri Indah, Jakarta BaratIDR 1,550,000,000

    - 3 - 0- 3 - 1

    RID Listing: hos846219 J

    Sunarto, 0817-295271

    BSD, TangerangIDR 4,500,000,000

    - 4 - 1- 4 - 2

    RID Listing: hos839789 J

    Sri Wahyuni, 0813-87959996

    Pulogebang, Jakarta TimurIDR 800,000,000

    - 1 - 0- 1 - 1

    RID Listing: hos860435 J

    Bagus Hary, 0819-08424123

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 3,500,000,000

    - 10 - 1- 10 - 2

    RID Listing: hos785697 J

    Hanna Tjandradjaja, 0816-1963880

    BSD, TangerangIDR 1,500,000,000

    - 2 - 0- 6 - 0

    RID Listing: hos805273 J

    Hengky Kusumo, 021-46259930

    Cipanas, Jawa BaratIDR 2,500,000,000

    - 3 - 1- 4 - 2

    RID Listing: hos845008 J

    Yetti, 0813-80333895

    Harapan Indah, BekasiIDR 1,150,000,000

    - 2 - 1- 3 - 1

    RID Listing: hos818909 J

    Niky, 0813-99291693

    Cempaka Putih, Jakarta PusatIDR 2,900,000,000

    - 3 - 1- 3 - 2

    RID Listing: hos857756 J

    Deny Basuki, 0853-13872121

    BSD, TangerangIDR 3,000,000,000

    - 6 - 1- 9 - 3

    RID Listing: hos854722 J

    Joice Wengkang, 0813-17336817

    BSD, TangerangIDR 2,300,000,000

    - 3 - 0- 0 - 0

    ID Listing: shs103938 J

    Lyke Chandra, 0817-6886089

    RK

    Bintaro, TangerangIDR 4,900,000,000

    - 6 - 2- 5 - 1

    RJID Listing: hos855256

    Mieke W., 0811-104364

    021-7195522TOP Marketing Professional - Kemang

    Agus Irma0812-9389561 0813-80663036

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 15

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

    BSD, TangerangIDR 7,000,000,000

    - 3 - 1- 4 - 4

    RID Listing: hos839427 J

    Sri Hunarti . Esther, 0816-1439009

    BSD, TangerangIDR 1,750,000,000

    - 3 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos829885 J

    Marchela Maria, 0857-18024052

    Serpong, TangerangIDR 985,000,000

    - 3 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos849223 J

    Imel, 0877-80900928

    BSD, TangerangIDR 1,700,000,000

    - 4 - 1- 4 - 0

    RID Listing: hos860938 J

    Lilis, 0878-71201976

    BSD, TangerangIDR 2,350,000,000

    - 3 - 1- 4 - 0

    RID Listing: hos851841 J

    Tiqa, 0821-12944000

    Pantai Indah Kapuk, Jakarta UtaraIDR 22,000,000,000

    - 5 - 1- 5 - 1

    RID Listing: hos836681 J

    Sandy Tjhia, 0813-17487111

    Serpong, TangerangIDR 2,150,000,000

    - 4 - 1- 4 - 0

    RID Listing: hos859768 J

    Endah Ardianto, 0815-74859006

    BSD, TangerangIDR 850,000,000

    - 2 - 0- 3 - 0

    RID Listing: hos836032 J

    Etty Purwanti, 0878-74033023

    BSD, TangerangIDR 3,400,000,000

    - 4 - 0- 4 - 1

    RID Listing: hos843040 J

    Ami, 0818-608013

    BSD, TangerangIDR 1,350,000,000

    - 3 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos849061 J

    Ida, 0852-15529518

    BSD, TangerangIDR 1,200,000,000

    - 5 - 0- 5 - 0

    RID Listing: hos856273 J

    Noni, 0813-10223255

    BSD, TangerangIDR 2,000,000,000

    - 2 - 1- 3 - 1

    RID Listing: hos839227 J

    Rina Puspita, 0813-17001039

    BSD, TangerangIDR 1,650,000,000

    - 2 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos859438 J

    Meta, 0813-83983975

    BSD, TangerangIDR 1,950,000,000

    - 2 - 1- 3 - 1

    RID Listing: hos844452 J

    Heny, 0815-8207176

    Cimanggis, DepokIDR 500,000,000

    - 2 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos815327 J

    Naomy Herdhianti, 0813-16153315

    BSD, TangerangIDR 2,400,000,000

    - 3 - 1- 4 - 2

    RID Listing: hos853085 J

    Early nurlia, 0878-09528495

    BSD, TangerangIDR 575,000,000

    - 1 - 0- 2 - 0

    RID Listing: hos842285 J

    Lia, 0817-898066

    BSD, TangerangIDR 1,300,000,000

    - 2 - 1- 3 - 1

    RID Listing: hos827007 J

    Endah Jovan, 0815-78869254

    BSD, TangerangIDR 5,500,000,000

    - 3 - 2- 4 - 2

    RID Listing: hos822066 J

    Tania, 0812-87170173

    BSD, TangerangIDR 5,000,000,000

    - 3 - 2- 4 - 0

    RID Listing: hos848811 J

    Euis Ekaputri, 0815-85856588

    Gading Serpong, TangerangIDR 7,000,000,000

    - 5 - 1- 5 - 1

    RID Listing: hos860347 J

    Iffi, 0818-902618

    BSD, TangerangIDR 490,000,000

    - 1 - 0- 2 - 1

    RID Listing: hos755452 J

    Cynthia, 0818-800377

    Kelapa Gading, Jakarta UtaraIDR 2,400,000,000

    - 2 - 1- 3 - 0

    RID Listing: hos841285 J

    Mario Tan, 0813-81567666

    BSD, TangerangIDR 9,500,000/m

    - 0 - 0- 0 - 0

    ID Listing: las91511 J

    Stevanus Andry, 0812-9075765

    TM2

    Villa Melati Mas, TangerangIDR 1,700,000,000

    - 2 - 1- 3 - 2

    RID Listing: hos845331 J

    Rosa, 0818-06911232

    BSD, TangerangIDR 60,000,000 /tahun

    - 3 - 1- 2 - 2

    RID Listing: hor860538

    Ika, 0812-10009147

    S

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201316

    KutaJual | Beli | Sewa propertyPertokoan Sunset Indah 1 Jl. Sunset Boulevard

    No. 89 Kav. 6 Kuta 80361 - BaliPhone : 0361 767 615Fax : 0361 894 7350

    Web : www.ljhooker.co.id

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 17

    Ruko Citra 2 Ext Blok BD1 No 10 Citra Garden City, Cengkareng - Jakarta Barat 11830

    JUAL - BELI - SEWA PROPERTI

    5408959 - 44299205

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201318

    PROPERTYALAM SUTERA

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 19

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201320

    PROPERTYBSD CITY

    PT. Bama Berita Sarana TelevisiSentra Ruko Darmo Villa B-5

    Jl. Simpang Darmo Permai SelatanTelp: 031-7310008 Fax: 031-7328008

    www.bbstv.co.id

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 21

    Tirta Sands Property

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201322

    Legend:SewaS RumahR RukoRKApartemenAJualJ TanahTM2

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 2013 23

    PICK-UP POINT and Distribution Area

    Bisa diperoleh di:

    BELAGIO BOUTIQUE MALLDlight Family Karaoke, Amigos Resto, The Royal Kitchen, Sport Caf, Takemori, Zoya, Golf Max, Mambo, Dapur Sunda, Magnum, 7ol

    CENTRAL PARKShabu Slim, Penang Bistro, Sushi Tei, Hong Kong Caf, Clover Place, Takigawa Resto, Jun Njan Resto, Shabuya, I-Ta Suki, Kafe Betawi, Riung Sunda, Sushi Mori, Sour Sally, Kopi Luwak, Killney Kopi Tiam, Heavenly Blush, May Star, Rice Bowl, The Manhattan, Solaria, Starbucks Cofee, Haagen Dazs, Cold Stone

    CITOSAksara, Bakerzin, Brew & Co, Chatter Box, Chopstix, Coffe Bean, Connoisseur, Dpalace, Eaton, Fish Nco, Black Canyon, Izzi Pizza, Kafe Pisa, Kafe Regal, Kafe Betawi, Little Takigawa, Lutuye Salon, Manggo Rest, Mangkok Putih, Mister Bean Coffee, Over Rice, Score!, Soho Music, Tartin, Pancake, The Body Shop, Billie Chic, Dome, Malay Village Resto, White Elephant, Mothers Cook,My Pancake, Starbuck Coffee, Amandeus, White Elephant, Imbis Stube, The Manggo

    CITY WALK SUDIRMANSushi Groove, Pizza Marzano, Orange Concept Lounge, Warung Kita, Tamani Kafe Grill, Bengawan Coffe Solo, Waroeng Kampoeng, Mangkok Putih, Starbucks Coffee, Panini House, Spinelli Cofee, Warung Teko, Warung Kita, Solaria, Apero, Teppan House, The Luvs

    DHARMAWANGSA SQUARECar Call, Shabu Nobu, Pokke Sushi, Soho, Banana Kafe, Tator, La Voila, Oakley, Bebek Bengil, Caf Bonfrancais, Gelato Bar, Tator Caf, Cofee Day Caf

    EX CENTRE & SARINAH24 Hours Coffee, After Hours, Chillis Restaurant, I-Ta Suki, Caf Cartel, Spin City, Tony & Guy, Fish N Co, Dj Place, Burger Spot, Hard Rock Caf,Kafe Betawi, Coffee Bean & Tea Leaf, Bon Francais, I-Ta Suki, Coffee Bean & Tea Leaf, Spenelli Coffee, Kafe Betawi, Kuppa Coffee, Bistro Delifrance, Hongkong Caf, Demang, Walnut

    FXZegafredo, Bostro Deli France, Dome, Amadeus, The Muffin House, Kopi Luwak, Yakun Kaya Toast, Urban Lounge, Bianco, Tartine, Bengawan Solo, The Coffee, Taman Resto, The Caf Cartel, Caf In, Ichiban Sushi, Little Penang

    KELAPA GADINGRudy Hadisuwarno, Coffee Bean, Dante Coffee, Sushi Groove, Cold Stone, Klinik Anakku, Kopi Luwak, Irwan Team, Over Rice, Peter F. Saerang, Tony & Guy, Point Break World, Shabu Tei, Glosiss Girl, Pancious Pancake, Golden Jade, Platinum, Yon Tau Fu, Sushi Tei, Gelatissimo, Bakerzin, Pizza Marzano, May-May, Solaria, Shabu Tei

    KEMANGAdorama Photo, Ak.Sa.Ra, Coffee Bean & Tea Leaf, Emax, Gloria Jeans, Izzi Pizza, Javana Spa, Jpc Kemang, Kekun Coffee House, Koi Resto, Kedai, Caf Amour, Bon Francais, Nu China Bar, Payon, Spinach, Warung Pasta, Starbucks Coffee, Talents, Tamani, Mix Grill, Sushimise Fusion Sushi, Elbow Room, Beer Garden, Coqu Elicot, Kedai, Largo, Beer Garden, Kat Salo, Anomali Coffee, Suape Salon, Fjl Bistro, Pizza

    Marzano, Petromak, Sushi Misie, The Droids, Lafite Salon. La Porcheta, Tree House, D Cost

    LACODEFINWarung Teko, Solaria, The Coffee, Lafite Salon, Skematic, Black Canyon, La Porcheta, Sushi Mise, Raffels, Cali Deli, Sour Sally, Cu San Fusion, Starbucks Coffee

    LA PIAZZAChatterbox, Eleventh Hour, Alibaba Steak, La Porchetta, Bakoel Koffie, Solaria, Loy Kee Best, The Corner Caf, Black Canyon, Happy Kitchen, Celebrity Fitness, Starbucks Coffee

    OAKWOOD RESIDENCEStarbucks Coffee, Waroeng Kampoeng, Loewy, Chopsticx, Fitness First, Crema, Penang Bistro

    OFFICEWisma Mulia (Blowfish), Graha Bip (Dragonfly), Wisma Bni, Plaza Bapindo, East Building, Kantor Taman E3.3. Menara Jamsostek Gd. Utara

    PACIFIC PLACEWarjok Asli, Cosi Resto, Magenta Resto, Ak.Sa.Ra, Coffee Club, Qbox Caf, Muffin House, A Presto Bon Francais, The Spaghetti House, Y&Y, Starbucks Coffee, Sour Sally, Yakun Kaya Toast, Crystal Jade, Kopi Luwak, Cream & Fudge, Q Box Singapore, Kafe Betawi, Over Rice, Pho 24, Takigawa, Kiyadon, Tawan Resto, Coffee World, Fish & Co, Ruing Sunda, Gelatissimo

    PIM IThai N I, Aquarius, The Body Shop, Chopstix, Coffee Bean, Irwan Team Salon, Kafe Regal, Point Breaks, Rudy Salon, Starbucks Coffee, Kafe Betawi, Fat Burger, Red Bean

    PIM IIRed Tomato, Bakerzein, Shabu Tei, Poke Sushi, Cartel Caf, Din Tai Fung, Cilantro Tea House, Musiklub, Coffee Bean, Fish N Co, Ya Kun Kaya Toast, Miki Ojisan, No Mise, Kate Regal, Billie Chic, Peter F Saerang, Pho 2000, Luvazu, Sushi Groove, Happy Song, Societie, Heavenly Blush, Soul Garden, Pancious Pancake, Spinelli Coffee, Fresh Chesse Cake, Starbucks Coffee, Tori Gami, Pasta De Waraku, Mr Curry, Deliverance, Celebrity Fitness, Kenny Roger

    PLAZA INDONESIAShabu House, Red Paper, Ak.Sa.Ra, Militem, Chopsticx, Coffee Bean, Secret Recipe, Rudi Hadisuwarno, Jf Lazzartique, Kuppa, La Moda, Papparazi, Peter F. Saerang, Starbucks Coffee, Zegafredo, Bakerzin, Lutuye, By The Beach, Red Tomato, Coffee World, Lutuye Salon, Bakerzin

    PLAZA SEMANGGIEmax, Fitness First, Gloria Jeans, Kaizen 10, Malay Village, Lutuye Salon, Shabu Tei, Steak 21, Cup N Cino, Starbucks Coffee, Bon Francais

    PLAZA SENAYANCoffee Bean & Tea Leaf, Nannini Grill, Bakerzin, Din Tai Fung, Shas Bu, Chatter Box, Coffee Club, Kafe Victoria, Kiyadon, Lu Vaze Salon, Millennium Bowling, Mojito

    Lounge, Rustique, Starbucks Coffee, Chrystal Jade, Hagen Dazs, Sushi Tei, Point Break, Chandra, Rempah-Rempah. Oyster, Katsua, Paradise Dynasty

    PLUIT JUNCTIONCelebrity Fitness, Spectrum, Cuisine, Mr Pancake, Starbucks Coffee, Caf Betawi, The Coffee Beans & Tea Leaf

    RADIOIndika Fm, Oz Radio Jakarta, Hard Rock, Female, Bens Radio, Radio One, Prambors, Hard Rock Fm, Radio One

    SENAYAN CITYLittle Takigawa, Urban Kitchen, Tator, Kiyadon, Coffee Bean Tea Leaf, Starbucks Coffee, Pizza Marzano, Gelatissimo, Bon Francais, Pho 2000, Point Break, Planet Surf, Spageddies, X Ktv Club, Irwan Team Salon, Takemori, Pure Foodism, Shabu-Shabu House, Kafe Betawi, Jittlada, Warjok Asli, Nang Xiang, Gellato Bar, Fat Burger, Dante Coffee, Brew House, Aenoquarter, I-Ta Suki, Coffee King, Diary Queen, Sukiy & Cuisine

    SETIABUDI BUILDINGAmadeus, Chatter Box, Frankfurter, Glossis, Goku Shabu, Kafe Pisa, Kaizen 10, Little Takigawa, Mangkok Putih, Sushi Groove, Gula Merah, Ta Wan Resto, Platters, Coffee World, Starbucks Coffee, Mr. Pancake, Anomaly Coffee, Imperial Cakery, Destination, Lw & Kopitiam, Wayo-Man, Smoke House, Dapur Sunda, Tawan, Mie Thai, Kafe Betawi, Yakun Kaya Toast

    TAMAN ANGGREKChandra Gupta, Rudy Salon, Coffee Bean, Conton Bay, The Body Shop, Eaton, Fish N Co, Fitness First, Livaze, Head Quarter Salon, Kyadon, Point Breaks, Rudi Salon, Shabu Tei, Starbucks Coffee, Sushi Groove, Nodles Caf, Nan Xiang, Red Tomato, Pancious Pancake, Ajisen Ramen, Pasta De Waruku, Johny Andrean, Peter F. Saerang, May-May, Sour Sally

    OTHERSAquarius, Bakmi Permata, Cazasuki, Corica, Kafe Pisa, Sashimi & Sushi, Koi Resto (Jln Mahakam), Tamani, Starbucks Coffee (Jln Melawai), Langsat Corner (Jln Langsat), Pr The Sultan (Jln Soedirman), Takigawa, Lokanata, Taliwang, Denata Kitchen, Sinou, Q Smoke House Factory (Jln Panglimapolim), Q Spa (Jln Hr. Rasuna Said), Bon Francais Gd. Mitra, Roger Clinic & Salon, Vitopia, Mousche Salon, Dlounge, Madaline, Carina Salon (Jln. Gunawarman), Bakoel Kofie, Rogers Salon, Anomali Coffee, Q Smoke House, Sekali (Jln Senopati), Tea Addict, Sekali Shabu (Jln Woltermonginsidi), Warung Daun (Jln Pakubuono), Blow Fish (Jln Gatot Subroto), Gaya Spa (Jln Wijaya), The Cake Storage (Jln Cikajang), Nanonine, Seba Shoes, Torry Coffee (Jln. Lamandau), Firman Salon (Jln. Gandaria), Hema, Tomodachi, Wanna Be, Caf Safari, Red Table, Mousse, Sanitas Bakery (Jln Ahmad Dahlan), Cheese Factory, Sari Ratu Restaurant, Dapur Solo (Jln. Barito), Moose 2, Truly Salon, Koo-Koo (Jln. Wijaya), Hair Code Salon, Warung Daun (Jln. Woltermongisidi), Blowfish (Wisma Mulia)

    Atau hubungi:

    021 - 7819222 (bagian sirkulasi)

  • Iklan Properti rumah123.com | Februari 201324