tabloid info wisata jogja jateng edisi 24 / november 2011

24
PT Bimo Transport Indonesia Jln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJA Tlp (0274)4435100,7470643 Fax (0274) 4435200 BUS PARIWISATA & RENT CAR PEMANDU ANDA BERWISATA PEMANDU ANDA BERWIS S ATA Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja Telp (0274) 485650, 7487497 Fax (0274) 485214 www.stipram.ac.id Edisi 24 NOVEMBER 2011 Komodo Masuk 7 Keajaiban Dunia UNTUK sementara komodo masuk dalam “7 Keajaiban Dunia” versi New7- Wonders. Hal itu diumumkan New7- Wonders pada situs resminya pada 12 November 2011 lalu. Namun, masih ada kemungkinan perubahan pemenang dari daftar yang ada sekarang dengan pemenang sesungguhnya nanti. Pemenang resmi “7 Keajaiban Dunia” baru akan diumumkan pada awal tahun 2012. Ke-7 keajaiban dunia versi New7Wonders adalah Amazon, Halong Bay,Iguazu Falls,Jeju Island,Komodo,Puerto Princesa Under- ground River dan Table Mountain. (Her- lambang JL) PANTAI KUKUP PANTAI KUKUP Karya : M Windu Karsa Karya : M Windu Karsa 24 halaman

Upload: tabloid-wisata

Post on 19-Mar-2016

271 views

Category:

Documents


20 download

DESCRIPTION

Tabloid Info Wisata Jogja Jateng adalah sebuah tabloid yang memberikan berbagai informasi tetang pariwisata di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah , Indonesia. Tabloid Info Jogja Jateng is a tabloid that provide tourism information in the neighbor Yogyakarta and Central Java, Indonesia

TRANSCRIPT

PT Bimo Transport IndonesiaJln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono,

Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJATlp (0274)4435100,7470643

Fax (0274) 4435200

BUS PARIWISATA & RENT CAR

PEMANDU ANDA BERWISATAPEMANDU ANDA BERWISSATA

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja

Telp (0274) 485650, 7487497

Fax (0274) 485214www.stipram.ac.id

Edisi 24 NOVEMBER 2011

Komodo Masuk 7 Keajaiban Dunia

UNTUK sementara komodo masuk dalam “7 Keajaiban Dunia” versi New7-Wonders. Hal itu diumumkan New7-Wonders pada situs resminya pada 12 November 2011 lalu. Namun, masih ada kemungkinan perubahan pemenang dari daftar yang ada sekarang dengan pemenang sesungguhnya nanti.

Pemenang resmi “7 Keajaiban Dunia” baru akan diumumkan pada awal tahun 2012. Ke-7 keajaiban dunia versi New7Wonders adalah Amazon, Halong Bay,Iguazu Falls,Jeju Island,Komodo,Puerto Princesa Under-ground River dan Table Mountain. (Her-lambang JL)

PANTAI KUKUPPANTAI KUKUPKarya : M Windu KarsaKarya : M Windu Karsa

24halaman

SESUAI komitmen awal dari kami (tim redaksi) untuk terus menerus menyem-purnakan tampilan, baik isi maupun desain layout INFO WISATA JOGJA & JATENG, maka mulai edisi November 2011 ini kami tampil lebih beragam.

Tak hanya informasi yang terkait wisata dalam negeri, khususnya Jogja dan Jateng, namun juga dari liputan langsung dari mancanegara yakni di Cina. Lebih dari itu, kami pun mulai me-libatkan pembaca setia kami untuk “ikut” mengisi halaman demi halaman dari INFO WISATA JOGJA & JATENG ini.

Seperti melalui rubrik baru “JALAN-JALAN” yang khusus kami peruntukan bagi para pembaca untuk mengirim foto pribadi saat berwisata. Juga mulai edisi November ini kami muat hasil-hasil karya lomba artikel dan foto wisata yang baru saja kami gelar bersama BP2KY (Badan Promsoi Pari-wisata Kota Yogyakarta).

Semua itu sekali lagi sebagai bukti komitmen kami untuk terus menerus memberikan yang terbaik bagi para pem-baca budiman, khususnya para pelaku pariwisata di Jogja dan Jawa Tengah. Inilah wujud nyata sumbangsih kami un-tuk dunia pariwisata di DIY dan Jawa Tengah.

Dari Kami ..Makin Beragam

Herlambang JLPemimpin Redaksi

2Edisi 24

November 2011

BUS PARIWISATA & RENT CAR

Pengirim: Anjas Bella T (SMAN 11 Jogja, Jln AM Sangaji, Jogja)

THE HOUSE OF RAMINTEN - Asyiknya duduk-duduk sembari mencicipi kuliner unik di rumah makan yang unik pula, The House of Raminten. Rumah makan ini berada di Jalan FM Noto, Kotabaru, Jogja. Suasananya khas, harga makanan pun terjangkau. Tampak saat aku bersama sahabatku : Belva, Puji, Puri, Listi, Kevin, Bima dan Firyal usai berkunjung ke The House of Raminten, 25 September 2011 lalu.

ASITA DIY - Guna lebih menjalin kemitraan, tim INFO WISATA JOGJA & JATENG melakukan kunjungan dan per-temuan dengan Ketua ASITA DIY, Edwin Ismedi Himna (tengah) di kantor ASITA DIY.

IBIS DI LAWU - Sebagai upaya untuk keakraban antara karyawan, sekaligus pengembangan hobi, sebanyak 12 staf Ibis Malioboro di bawah pimpinan GM Ibis Malioboro, Djulkaranin, telah melakukan pendakian ke Gunung Lawu pada 10-11 Oktober 2011 lalu. Tampak saat mereka berada di puncak Lawu.

GEMBIRALOKA - Tim Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG melakukan kunjungan ke Kebun Binatang Gembira Loka, guna men-jajaki kerjasama. Tampak Manajer Iklan & Kerjasama, Sri Astuti (kiri) saat diterima Josep Kurniawan P, SE (HRD Manager Gembira Loka) dan Suharti A Md (Kabag Humas Gembira Loka).

KIRIMKAN foto-foto saat Anda tengah berwisata bersama teman, keluarga ataupun kelompok (di gunung, pantai, sungai, rumah makan, dsb) ke Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG (Jalan Kaliurang Km 5, Gg Pan-degarini 12, Kentungan, Jogja). Foto dicetak dalam ukuran 6 R. Jangan lupa gunting dan tempelkan KUPON “JALAN-JALAN BERHADIAH” yang terdapat di halaman depan (cover) pojok kanan atas INFO WISATA JOGJA & JATENG pada amplop Anda. Pengirim yang fotonya dimuat akan memperoleh bingkisan menarik dari PO BIMO, HARTZ CHICKEN BUFFET, TOKO ARLOJI GUNUNG MAS dan berlangganan gratis INFO WISATA JOGJA & JATENG selama 3 bulan. Selamat berwisata, foto Anda kami tunggu! – Redaksi

FOTOBERHADIAH

TABLE TOP – Dalam rangkaian Munas Munas ASITA, telah digelar “Table Top” di The Sunan Hotel Solo beberapa waktu lalu. Acara ini mempertemukan para seller dan buyer dari berbagai wilayah di In-donesia yang bergerak di industri pariwisata.

3Edisi 24November 2011

4Edisi 24

November 2011

KLEDUNG PASS merupakan daerah yang sudah terkenal sejak dulu, di kiri kanan pada jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km menda-tar diantara dua gunung Sindoro dan Sumb-ing. Terletak pada ketinggian 1400 – 1500 dpl. Pada sisi kanan dan kiri tampak hijau tanaman sayuran, jagung dan tembakau. Indahnya panorama alam, ketenangan ling-kungan, udara yang sejuk, dan kabut yang turun perlahan-lahan memberikan nuansa yang nyaman dan menentramkan.

Tepat di perbatasan kota Wonosobo terda-pat Kledung Pass Hotel dan Restaurant yang menyajikan pemandangan luar biasa yang indahannya dapat dinikmati dari setiap ka-

DIENG KLEDUNG PASS HOTEL & RESTAURANT

Jln. Raya Woosobo-Parakan Km 17 Wonosobo

Telp (0286)3322023,081328119888

Fax. (0286) 321433, (0286) 896540

Email: [email protected]

marnya. Iklim yang sejuk dengan rata-rata temperatur 17–21 C menawarkan kenya-manan akomodasi hotel dan juga restau-rant dengan berbagai pilihan menu terke-nal seperti sate jamur Dieng, sup buntut spesial, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia : 32 kamar stan-dard, 2 kamar family room dengan view gu-nung Sindoro atau gunung Sumbing, 4 gar-den room, dilengkapi dengan makan pagi/breakfast. Selain itu kelengkapan di kamar seperti televisi, air dingin dan panas juga tersedia. Uniknya, hotel ini menggunakan AC alam yang bebas dari polusi, karena suasana disana cukup dingin dan sejuk.

Berbagai event dapat dilaksanakan di area ini karena tersedia Public Hall (ruang

pertemuan) yang luas. Bahkan out door party, wedding party, sangat mungkin di-laksanakan di sini. Tersedia pula kolam renang dan gazebo. Wisata outbound, Hiking dan Tracking juga menjadi tan-tangan tersendiri yang menarik.

Jangan melewatkan kunjungan ke daerah Dieng Plateau, yang konon meru-pakan tempat tinggalnya para dewa-de-wa atau para leluhur (Dihyang). Dieng Plateau terletak 26 km utara kota Wono-sobo. Menyaksikan dua kali matahari terbit (Golden and Silver Sunrises), ada-lah sesuatu yang menakjubkan yang bisa dilihat di sini.

Obyek wisata lain adalah Telaga Men-jer yang merupakan telaga dengan luas sekitar 70ha dengan kedalaman 60m. Telaga ini berada ketinggian 1201m.dpl, dan dimanfaatkan untuk PLTA sebesar 24 MW.

Kesenian Lengger Topeng dan maka-nan khas Mie Ongklok pun bisa menjadi hiburan dan wisata kuliner yang menarik saat anda berkunjung di kota Wonosobo. Mencari nuansa liburan menarik dengan suasana alam yang sejuk dan nyaman, singgah saja di Dieng Kledung Pass Hotel & Restaurant. (adv)

DIENG KLEDUNG PASS HOTEL & RESTAURANT Dataran Tinggi dengan Sejuta Keindahan dan Kesejukan Alam

Edisi 24November 2011 5

SOSOK Aff andi memang tak bisa dilepaskan dari dunia seni lukis di Indonesia. Bahkan dia memper-oleh sebutan sebagai Sang Maestro. Karya-karyanya yang agung dan spektakuler telah menjadi kekayaan dunia seni lukis di tanah air. Nah, untuk menikmati berbagai karya lukis Aff andi, kita bisa kunjungi Mu-seum Aff andi.

Lokasinya di Jalan Laksda Adisucipto 167 Jogja. Tepi barat sungai Gajahwong. Bahkan sungai ini menjadi bagian dari kawasan museum yang men-empati lahan seluas 3.500 m2 ini. Museum ini ter-diri dari bangunan utama museum, rumah tinggal keluarga Aff andi dan keluarga. Bangunan museum dirancang sendiri oleh Aff andi.

Disini selain kita bisa melihat langsung karya lu-kis Aff andi, juga bisa melihat karya patung potret

dirinya, juga sebuah mobil Colt Gallant (1976) yang menjadi mobil kesayangannya dan telah dimodi-fikasi menyerupai bentuk ikan. Seluruh bangunan museum berbentuk spiral lengkung dan bagian atap membentuk pelepah daun pisang.

Kita bisa melihat pula sebuah gerobak yang dimodi-fikasi oleh Aff andi menjadi sebuah kamar lengkap dengan dapur dan kamar kecil. Gerobak ini menjadi tempat isirahat istri Aff andi, Maryati, sembari berak-tivitas menyulam. Aff andi sendiri wafat 23 Mei 1990.

Beberapa fasilitas Museum Aff andi adalah galeri pameran, presentasi semasa hidup Aff andi (video), perpustakaan, kolam renang, art shop, kafe, studio serta guest house. Untuk menuju museum ini Anda bisa menggunakan becak, andong, bus maupun tak-si. (Herlambang JL)

Museum Aff andi

Menelusuri Karya Agung Sang Mestro

ROMBONGAN – Banyak tamu rombongan yang berkunjung ke Mu-seum Affandi. Seperti tampak pada gambar di atas.

Museum AffandiJln Laksda Adisucipto 167 Jogja

Telp (0274) 562593Email : [email protected]

1. Museum Batik Yogyakarta (Jln dr Sutomo 13 Jogja). Telp (0274-562338)2. Museum Gumuk pasir Fak Geografi UGM Telp (0274-902332, 902336)3. Bebadan Museum Keraton Yogyakarta Kompleks Keraton Yogya). Telp (0274-378307)4. Museum Lukis Affandi (Jln Laksda Adisucipto 167 Jogja). Telp (0274-

562593)5. Museum Negeri Provinsi DIY Sonobudoyo (Jln Trikora 6 Jogja). Telp (0274-385664)6. Museum Negeri Sonobudoyo Unit II Dalem

Condrokiranan (Jln Wijilan Dalem Condrokiranan). Telp (0274-

373617)7. Bebadan Museum Puro Paku Alaman (Kompleks Pura Pakualaman). Telp (0274-

562161)8. Museum Seni Lukis “Nyoman Gunarsa” Telp (0274-564330)9. Museum Rumah Budaya Jawa Tembi Telp (0274-368001, 368000)10. Museum Ullen Sentalu (Kawasan Boyong, Kaliurang, Sleman). Telp

(0274-880158, 895161)11. Museum Wayang Kekayon (Jln Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Jogja). Telp

(0274-379058)12. Museum Biologi UGM (Jln Sultan Agung 22 Jogja). Telp (0274-384113)13. Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa (Jln Tamansiswa 31 Jogja). Telp (0274-389208)14. Museum Geoteknologi Mineral UPN “Vet-

eran” Jogja (Jln Babarsari 2 Tambakbayan, Jogja). Telp

(0274-486991)15. Museum Kayu ”Wanagama” Telp (0274-545639)16. Museum Gembiraloka Telp (0274-373861, 374792)17. Museum RS Mata ”Dr Yap” (Jln Cik Ditiro No 5 Jogja). Telp (0274-547448,

550380)

18. Museum Benteng Vredeburg Jogja (Jln A Yani No 6 Jogja). Telp (0274-586934,

510996)19. Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Kentungan (Kompleks Batalyon 403 Kentungan). Telp

(0274-562319)20. Museum Monumen P Diponegoro Sasa-

na Wiratama (Jln HOS Cokroaminoto TR III/430 Tegal-

rejo, Jogja). Telp (0274-622668)21. Museum Monumen Kesatuan Pergera-

kan Wanita Indonesia (Jln Laksda Adisucipto 88 Jogja). Telp

(0274-587818, 513282, 548721)22. Museum Perjuangan Yogyakarta (Jln Kol Sugiyono 24 Jogja). Telp (0274-

387576)23. Museum Pusat TNI-AD Dharma Wirata-

ma (Jln Jend Sudirman No 75 Jogja). Telp

(0274-561417).24. Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Man-

dala Telp (0274-484453)25. Museum Sasmitaloka Pangsar Jend

Sudirman (Jln Bintaran Wetan No 3 Jogja). Telp

(0274-376663)26. Museum Monumen Jogja Kembali

(Monjali)(Jangkang, Sariharjo, Sleman). Telp (0274-868225)27. Museum Tani Jawa Indonesia Telp (0274-7865311, 7892762)

MUSEUM Tembi Rumah Budaya merupakan salah satu museum yang patut untuk Anda kun-jungi. Di museum yang terletak di Jalan Parang-tritis Km 8,4, Dusun Tembi, Sewon, Bantul ini memiliki berbagai koleksi yang merupakan rep-resentasi ikon-ikon budaya Jawa. Misalnya keris, tombak, wayang kulit, wayang golek, topeng kayu, peralatan membatik, naskah kuno berak-sara Jawa serta alat-alat dapur tradisional.

Museum “Tembi Rumah Budaya”

Dari Lemari Es Tanpa Listrik Hingga Radio Tabung

Tembi Rumah BudayaJalan Parangtritis Km 8,4, Timbulharjo

Sewon, BantulInformasi : Tlp (0274) 368000, 368004

Untuk koleksi senjata seperti keris, tombak serta pedang dan pistol berjumlah sekitar 360-an buah. Untuk koleksi wayang ada seki-tar 200-an buah dan wayang golek sekitar 70-an buah. Di bagian depan museum kita akan menyaksikan demonstrasi menatah topeng kayu, menatah wayang kulit, latihan memba-tik, jamasan keris serta melukis wayang. Dan pengunjung pun akan bisa langsung berinter-aksi dengan para ahlinya.

Di museum ini juga terdapat galeri benda-benda kuno. Terdapat majalah kuno Kejawen berbahasa Jawa, jenis iklan-iklan kuno (1930), foto-foto bangunan kuno di Jogja, bahkan ada lemari es kuno tanpa listrik, radio tabung (1960), sepeda motor merek “Jawa” buatan Ceko (1964), sepeda motor Zundapp (1959).

Bagi yang suka gamelan, Anda akan me-nyaksikan seperangkat gamelan slendro pel-og, serta rumah-rumah limas an Jawa usia 70 tahunan. Ada pula bagian perpustakaan den-gan sekitar 5.000 buku dan majalah. (Her-lambang JL)

UNTUK sektor pariwisata, Kulonprogo me-mang masih “ di bawah” kota lain di DIY. Dan itu disadari benar oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo. “Kami sadar benar itu, dan kami tahu diri...,” katanya saat menerima INFO WISATA JOGJA & JATENG di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Meski demikian Hasto mengaku tetap memiliki optimisme dan keyakinan bahwa jika dikelola dengan baik maka potensi wisata yang ada di Kulonprogo akan menjadi daya tarik

bagi pariwisata di DIY. “Meski semua ini mem-butuhkan proses dan kerja keras semua pihak,” terangnya.

Hasto memiliki sebuah obsesi suatu saat Ku-lonprogo memiliki agenda even yang rutin dan terjadwal dengan baik. “Dan agenda event itu terkait dengan seni budaya,” imbuhnya. Gelar budaya ini selain untuk mengangkat potensi budaya lokal sekaligus untuk melestarikannya, juga untuk menjadi daya tarik wisawatan do-mestik yang berkunjung ke Kulonprogo.

Orang nomor satu di Kulonprogo ini me-mang cukup peduli dengan pengembangan budaya berbasis kearifan lokal. “Dan sebagai wilayah yang masih banyak keterbatasan, kita tentu harus memulai sesuatu dari yang kecil dulu. Kita sadar dirilah,” terang Hasto.

Ia pun melihat Kulonprogo tetap memiliki prospek yang baik untuk sektor pariwisata. “Tak hanya pantainya, namun juga untuk wisata religi, desa wisata,” papar Hasto. (Her-lambang JL)

Bupati Kulonprogo, dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG (K):

Soal Pariwisata, Kami Tahu Diri....

BUPATI KULONPROGO - Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Herlambang JL (kiri) saat berbincang-bincang dengan Bupati Kulonprogo, Has-to Wardoyo, di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Edisi 24November 20116

ANDA membutuhkan ruang meeting yang nyaman dengan fasil-itas memadai? Lokasi hotel yang strategis di tengah kota dengan ak-sesabilitas tinggi akan memanjakan para klien yang ingin menggelar meeting di Hotel Sriwedari.

Silakan hubungi manajemen Ho-tel Sriwedari Yogyakarta. Pihak hotel menyediakan berbagai alternatif pilihan paket meeting. Fasilitas meeting di Shinta Room untuk 50 pax, serta untuk Ballroom dengan kapasi-tas 100 pax. Fasilitas pendukung lain seperti LCDm sound system, blocknote, balpoint, candy dan lain sebagainya pun bisa didapatkan.

Paket Meeting di Hotel Sriwedari

PAKET MEETING PRINGSEWU JOGJA

Bosan dengan suasana meeting dida-lam ruangan tertutup? Sebuah atmosphere baru coba diusung Restoran Pringsewu Jogjakarta yang beralamat di Jl Magelang km 9, Mulungan, Sleman, Yogyakarta, den-gan menawarkan sebuah ruangan meeting ditepi persawahan yang menghijau. Meet-

ing Room yang kami beri nama Innovation Room tersebut memiliki kapasitas ruang sampai 60 kursi. Dengan detail pintu kaca sebagai pengganti dinding memudahkan pemakai ru-angan untuk merubah suasana formal menjadi segar kembali saat menikmati hijaunya persawahan, sehingga inspirasi bisa terus tergali setiap saat. Semua fasilitas meeting yang diperlu-kan seperti Lcd Proyektor, Screen, Sound System, White Board, Block Note, dan Pensil, menjadi kelengkapan meeting yang kami sediakan secara gratis hanya dengan memesan aneka Pa-ket Meeting yang kami miliki. Paket Meeting dengan 1 x Coffee Break dan 1 x Lunch / Dinner mulai harga Rp 59.000,- berhak memakai ruangan selama 5 jam, dengan item menu Es Jeruk, Aneka Sop, Nasi Putih, Chicken Katsu, Ca Jamur Kombinasi, Mie Goreng, Kerupuk, acar Sambal, Buah Iris

Reservasi tempat atau info lebih lanjut silahkan menghubun-gi 0274-867978, atau email di [email protected]

The Phoenix Hotel Yogya-karta menghadirkan berbagai menu Itali dan Mediterania bagi Anda semua. Nikmati buffet ini setiap hari selama bulan October hanya Rp. 198.000 nett per orang.

Italian and Mediterranean buffet ini terdiri dari 6 menu antara lain ada salad and Appetizer, soup, main course, carving dan dessert. Pada menu salad dan appe-tizer, Anda akan disuguhkan tabouleh, assorted cold cut, vegetables antipasto, liver mousse with zuchini, lamb rack with prunes and lamb loin, salted brisket with green sauce bahkan Florentine omelet khas masakan Itali. Di soup, Anda akan menemukan livorno beef serta sweet dan sour yang menggoda dengan tambahan berbagai jenis roti dan but-ter. Di main course, Anda akan menemukan ossobuco in tomato sauce, chicken fricassee, mussel stew, lamb tagine, pilaf rice, potato with olive and anchovies, fi sh menier dan stuffed tomato with vegetables. Pada bagian Carving, Anda akan menemukan lamb with rosemary, chicken with prunes, steak all arrabiata dan roasted turkey. Selain itu, Anda juga bisa menikmati risotto and pasta, frito misto,mini pizza.

Italia dan Mediterrania Buffet Promotion

LPP Convention Hotel terletak di Jln. Demangan Baru No 8, Jog-ja saat ini berkembang menjadi pusat bisnis baru di Jogja.

Berkonsep modern minimalis dan keindahan taman membuat

tamu merasakan suasana yang sejuk,nyaman dan aman, dengan pelayanan dan kerahtamahan petugas kami seba-gai wujud Green & Friendly Hotel.

Memiliki 50 kamar dengan berbagai type seperti : Supe-rior, Deluxe,Executive,Junior Suite dan Suite dengan fasilitas indoor : AC, TV cable,Hot & Cold Water,Tea & Coffee maker set, Internet, Amenities dan Breakfast. Fasilitas Outdoor : Restaurant, Room Service 24 jam, Coffee and Tea Café, Spa, Bussiness Centre, Travel Agent dan Parking Area yang luas serta free hotspot.

Beberapa ruang meeting antara lain Dewandaru I kapa-sitas 80 orang, Dewandaru II (100), Dahlia I (15), Dahlia II (50), VIP Meeting Room (10) dan Dinning Hall (200/open) dengan fasilitas AC, Sound System,LCD, Flipchart, Mini Garden,Blocknote, Pencil, Mineral water dan candy. Paket Meeting seperti : Fullboard Meeting, Fullday Meeting , One day meeting dan Halfday Meeting. (*)

Paket Meeting dan Liburan

PURI Artha Hotel,yang berloka-si di jalan Cendrawasih 36A Jogja merupakan hotel yang memadu-kan nuansa tradisional antara Jawa dan Bali. Kini menawarkan paket meeting dengan menguta-

makan kenyamanan dan kualitas pelayanan yang terbaik “ We Serve More Than Solution“.

Puri Artha Hotel menawarkan promo “Fullday Package” di bulan Oktober dan November. Hanya dengan membayar Rp 130.000 nett/pax/day, Anda sudah mendapatkan fasilitas 2 kali coffee break,1 kali makan siang,LCD dan screen,white board dan spidol,fl ip chart,memo pad dan pensil,air min-eral dan permen, panggung dan mini garden serta standart sound system dan mic.

Reservasi & Informasi

Hubungi 0274-563288, Fax 0274-562765Email: Puri Artha Hotel marketing@puriarthahotel.

com

Paket Meeting“Full Day Package”

Sambi resort, yang berlokasi di jalan Kaliurang km.19 Pakembinangun,Sleman, memiliki suasana yang alami dengan alam pedesaan yang kental dan dikelilingi sawah serta sungai yang memberikan kesejukan. Sambi Resort memiliki 4 type yaitu: 8 deluxe room, 1 suite room, 7 cot-tage dan 1 president suite dengan fasilitas air panas dan dingin, standing shower, ac, tv chanel, wifi dan mini bar, denga harga Rp. 500.000,-/room/night trmasuk breakfast. Tersedia pula meeting room dengan kapasitas 150 pax dengan fasilitas ac, sound system, lcd, permen, note book, selain itu, terdapat restaurant dengan bermacam menu dan spa refl exy.

Untuk informasi selengkspnya: 0274 4478 666 atau jl kaliurang km 19 pakembinangun, sleman, www.sam-biresort.com

Suguhkan Paket Ekslusive

Dengan tata ruang dan atmosphere ber-beda, Neo The pub – GQ Hotel Yogyakarta , akan memberikan suasana hiburan musik lain dari pada yang lain dengan suguha-nentertainment apik dalam kemasan LIVE BAND yang istimewa setiap hari Minggu s/d Kamis pukul 20.30 – 00.30 dan hari Jum’at – Sabtu pukul 21.00 – 01.00.

Adapun band - band pendukung yang ikut memeriahkan Live Music di Neo The Pub adalah group band yang sudah ber-

pengalaman pentas di café-café serta hotel berbintang di be-berapa kota besar di Indonesia dengan jadwal sbb:Senin Jazz R n B JAZZY BEAT BANDSelasa Classic Oldies EXPRESSIONRabu Slow Rock STARLIGHT BANDKamis All Around & R n B RETRO FEEL BANDJum’at Latino Jazz CASCARA LATINO BANDSabtu TOP 40’s & All Around RHU BANDMinggu Classic Oldies EXPRESSION

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan tempat, silahkan hubungi NEO THE PUB – GQ Hotel Yogyakarta, Jl. Adisucipto No. 48 Yogyakarta, Telpon (0274) 485005 – pesawat 8045.

MUSIK SETIAP MALAM DI NEO THE PUB

Edisi 24November 2011 7

BAGI Anda pecinta menu khas Jogja, gudeg, cobalah santap gudeg “Permata”. Populer dengan sebutan “Per-mata” karena memang lokasinya yang berada di samp-ing Gedung Bioskop Permata (Jln Sultan Agung).

Begitu populernya, maka tak heran pembelinya selalu saja berjubel dan siap antri. Bahkan gudeg “Permata” ini merupakan langganannya keluarga keraton Yogyakarta. Selain itu juga kalangan pejabat hingga artis.

Jika gudeg Jogja selama ini dikenal dengan rasa manis-nya, lain halnya dengan gudeg “Permata” ini yang memi-liki cita rasa khas, tidak terlalu manis dan rasa gurihnya pun sangat terasa. Selain itu juga rasa pedas dari kre-ceknya juga menggoda selera.

Gudeg disajikan komplit bersama opor ayam atau opor tahu, sambal goreng krecek (kerupuk kulit sapi/ram-bak), tahu tempe bacem, telur pindang dan areh yaitu kuah santan yang gurih. Yang istimewa, gudeg basah ini disuguhkan dalam kondisi panas, karena kuah selalu dipanaskan di atas kompor. Gudeg “Permata” buka tiap hari, kecuali Minggu (mulai pukul 21.00 hingga 01.00). (Sri Astuti)

Nikmatnya Gudeg “Permata”

NAMANYA unik, tengkleng gajah. Bukan karena daging/tulang nya berasal dari daging gajah, namun semata-mata karena ukuran/porsinya yang super jumbo.

Tulang kambing muda berpadu dengan kuah tengkleng yang terbuat dari aneka rempah. Seperti bumbu kemiri, ku-nyit, bawang merah dan bawang putih. Agar lebih empuk dan meresap, tulang kambing muda inipun dimasak hingga 4 jam. Setelah itu, dijamin pembeli pun akan dibawa pada keasyikan tersendiri berkutat dengan tulang kambing muda yang teramat lezat.

Inilah yang telah membuat para pecinta kuliner dari maupun luar Kota Jogja selalu “berburu” tengkleng gajah ini. Meski baru buka sejak awal 2007 tersebut, akan tetapi penikmatnya berasal dari berbagai daerah. Hartono sang pemilik warung mengaku awalnya hanya merasa tidak puas dengan kuliner tengkleng yang ada lantaran mayori-tas dagingnya hanya kecil dan sedikit. Inilah yang akhirnya menginspirasi untuk membuat tengkleng gajah.

Di tempat ini, tidak hanya tengkleng gajah sop ataupun kuah tongseng yang bisa dinikmati. Akan tetapi juga sate goreng, sate bakar, hingga gulai dan tongseng.

Ingin coba? Cukup dengan Rp 18.000, Anda pun bakal terpuaskan menyantap menu tengkleng gajah ini. (Sri As-tuti)

Tengkleng GajahSuper “Jumbo”

Alamat: Bulurejo, Minomartani,Ngaglik, Sleman,

JogjaTelp (0274) 6868609 - 081227686809

The Jayakarta Yogyakarta Ho-tel and Spa meluncurkan program Jayakarta Yogya Gold Club. Nikmati free menginap 1 malam di kamar deluxe termasuk breakfast untuk paket Rp 900.000, late check out sampai pukul 14.00 WIB dan untuk kunjungan selanjutnya cukup mem-bayar Rp 550.000 nett 1 malam di kamar deluxe. Harga khusus mem-ber cukup dengan Rp 575.000 nett/

malam kamar deluxe, Rp 750.000, -net/malam untuk kamar executive. Dapatkan pula diskon 15% untuk ber-santap di Ramayana & Tamansari restaurant, diskon 15% untuk minuman di Pendopo Bar. Dapatkan pula bebas renang selama 1 tahun dengan membawa 1 teman free dalam sekali kunjungan, free handuk untuk 2 orang.

Isi formulir keanggotaan sekarang juga. Sertakan foto berwarna ukuran 4x sebanyak 2 lembar melalui email kami.

Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi staff marketing kami atau dengan Sdri. Shinta, 0274 – 488418 ext. 656/ HP: 081804317759,

Email: [email protected]

Jayakarta Yogya Gold Club

Hotel Grha Somaya Jogja yang berada di lokasi sangat strategis di Kota Jogja, tepa-nya di Jalan Menteri Supeno No 28BC Jogja mengusung konsep khasnya Jogja. Den-gan nama kamar dan ruang meeting yang diambil dari to-koh wayang serta tagline “En-

joy Stay With Us” memberikan suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang lain daripada yang lain.

Memili 34 room yang terbagi dalam 3 type kamar yaitu 09 kamar Puntadewa (deluxe room), 01 kamar werkudara (superior room), dan 24 kamar Janaka (standard room). Di-lengkapi dengan fasilitas kamar seperti AC, TV, water heater, amenities, breakfast, dan lain sebagainya. Fasilitas di luar ka-mar antara lain swimming pool dan hot spot area( lobby and meeting room area). Tersedia pula meeting room dengan nama “Nakula Sadewa” dengan kapasitas 75 pax serta fasili-tas seperti AC, screen, white board, spidol, dll

Informasi lebih lanjutHotel Grha Somaya Jogja

Jalan Menteri Supeno No 28 BC YogyakartaPhone (0274) 377555/0274 9272390

Fax (0274) 411030

Paket Meeting di Grha Somaya Hotel

MENIKMATI kelezatan dan kesegaran Soto ternyata tidak hanya bisa kita nikmati di pagi hari. Di sebelah barat Termi-nal Penumpang Bus Giwangan, kita dapat menikmati keleza-tan menu soto di malam hari. Inilah Soto Setan, sekilas na-manya tekesan menakutkan, tapi jangan salah, menu soto yang satu ini benar-benar mantap rasanya.

Menurut Pak Heriyanto, ide membuka usaha soto dan bubur yang bisa dinikmati pada malam hari ini, adalah karena pada dasarnya beliau sangat tertarik dengan dunia malam dan ingin memberikan sensasi baru terhadap dunia kuliner. Untuk itulah dengan dibantu oleh anak laki-lakinya dan 2 pegawainya, Pak Heriyanto yang berasal dari Wonosa-ri ini, membuka usaha Warung Soto dan Bubur Ayam yang telah berdiri sejak puluhan tahun.

Menu soto yang unik ini membuat para pelanggan Soto Pak Heri, menjulukinnya dengan nama Soto Setan, karena mereka hanya bisa menikmati soto ini pada malam hari. Se-cara umum, komposisi soto ini sama dengan kebanyakan soto ayam yang sering kita nikmati, yaitu nasi, kubis, kecam-bah, ditaburi daging ayam, irisan tahu dan tempe, bawang goreng serta disiram dengan kuah soto.

Untuk menikmati seporsi Soto Setan ini, kita hanya diban-drol harga Rp 6.000 saja. Menikmati soto tentu saja akan lebih nikmat apabila ditemani segelas teh hangat gula batu seharga Rp 1.500. Selain menu Soto Setan, warung ini juga menyajikan hidangan yang tidak kalah mantap, yaitu Bubur Ayam. Hanya dengan uang sebesar Rp 5.000 saja kita dapat menikmati kelezatan Bubur Ayam Pak Heriyanto ini.

Di warung tersebut selain 2 menu andalan tersebut, dise-diakan pula aneka gorengan dan baceman tahu, tempe serta usus sebagai pelengkap untuk menikmati menu yang man-tap tersebut. Bagi para penikmat kuliner malam, yang ingin merasakan sensasi kuliner malam yang unik dan berdeda, bisa mencoba mencicipi menu Soto Setan dan Bubur Ayam Pak Heri ini. (Dwi Sundari)

Soto “Setak” Pak HeriJln. Imogiri Timur (Selatan SLB C Jogja)

Buka Tiap Hari (pukul 17.00 hingga 05.00)

Soto “Setan” Pak Heri

Promo spesial dihadirkan oleh manajemen Gowongan Inn di bilangan Jalan Gowongan Kidul No 50 Yogyakarta. Kali ini mela-lui sajian istimewa soup buntut gowongan dengan harga spe-sial Rp 35.000 ++. Sensasi rasa istimewa dari soup buntut yang

diolah dengan sajian kuah soup yang lezat dan bahan baku buntut sapi pilihan yang dimasak dengan sangat empuk. Sajian menu soup buntut goreng pun tidak kalah istimewa dengan pilihan bumbu dan rempah-rempah pilihan yang menggoda selera. Menu spesial ini bisa dinikmati di Mer-anti Restaurant. Mulai awal Desember menu istimewa den-gan sensasi rasa lezatnya ini juga bisa dinikmati di fasilitas kongkow lainnya yang ada di area top roof yakni Balai Ben-gong. Tidak ketinggalan berbagai snack tradisional yang diiringi sajian hiburan live music akustik. Fasilitas ini men-jadi pilihan tepat bagi Anda untuk hangout terlebih dengan view yang mempesona, free wifi , dan lain sebagainya. Buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Untuk informasi dan reservasiHotel Gowongan Inn

Jalan Gowongan Kidul No 50 Yogyakarta, Phone (0274) 541999, Fax 0274 561460

Nikmati Sensasi Rasa Soup buntut Gowongan

Edisi 24November 20118

SADAR akan ketatnya iklim persaingan di sektor perhote-lan di Jogja saat ini maka kualitas pelayanan menjadi sesuatu yang teramat penting. “Bahkan menjadi kunci agar sebuah hotel mampu menghadapi iklim kompetisi yang ketat dan sengit saat ini,” tegas General Manager (GM) Inna Garuda, Yayat Hi- dayat dalam perbincangannya dengan INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Dan bicara soal mutu pelayanan menurut Yayat sudah menjadi “harga mati” bagi manajemen Inna Garuda. “Semua lini, tanpa terkecuali, harus memiliki kesadaran untuk secara terus

menerus menjaga dan memperbaiki mutu pelayanan untuk semua tamu,” te-

gas ayah dari 2 orang anak ini.Sedikit saja “noda” yang men-

coreng tamu maka fatal akibatnya. “Sebab tamu kini begitu mudah untuk beralih ke hotel lain. Jadi kita semua benar-benar harus mampu menjaga kepercayaan dan kes-etiaan yang telah diberikan oleh

klien kepada kita,” tuturnya. Menyoal hadirnya begitu banyak ho-tel di Jogja hingga tahun 2013 nanti, Yayat menilai dari kacamata yang

positif saja. “Itu justru menjadi barometer bagi industri perho-telan. Dan faktanya Jogja memang masih dipandang sebagai pasar yang sehat untuk investasi bidang perhotelan. Sebab para investor tentunya sudah memiliki hitungan-hitungan tersendiri sebelum menanamkan investasinya di Jogja. Ini logis kan?,” tanyanya.

Hanya saja ia harapkan beroperasinya hotel-hotel baru di Jogja tidak berdampak pada tingkat persaingan yang kurang sehat. “Saya harap tidaklah demikian. Sebab kalau sampai ter-jadi maka akan menjadi bumerang bagi mereka sendiri. Tetap ada etikalah,” terang Yayat.

Namun sebaliknya kondisi semacam ini mestinya menjadi “alat pemacu” bagi pelaku bisnis hotel untuk saling berlomba pada mutu pelayanan. “Jadi ini akan membawa citra positip

pariwisata Jogja dan pada gilirannya juga akan menguntung-kan tamu-tamu hotel, karena memperoleh pelayanan yang terbaik,” kata Yayat yang telah menjabat sebagai GM Inna Garuda selama 9 bulan ini.

Dan bagi Inna Garuda, dengan lokasi yang strategis, tepat di kawasan Malioboro, adalah sebagai sesuatu yang tak ter-nilai harganya. “Ini adalah salah satu keunggulan Inna Gar-uda,” tegasnya. Dan selama ini Inna Garuda telah memiliki mitra-mitra yang loyal dan mapan. “Mereka mayoritas adalah mitra kita yang selalu mempercayakan Inna Garuda untuk tempat digelarnya berbagai event konvensi,” ungkapnya. Hal ini menurutnya memang selaras dengan konsep Inna Garuda yang saat ini memiliki 222 kamar ini sebagai hotel konvensi. (Herlambang JL)

GM Inna Garuda, Yayat Hidayat:

Kualitas Pelayanan, Kunci di Tengah Iklim Persaingan

Nama : Yayat HidayatJabatan : GM Inna Garuda (Jogja)Karier : - Lulus D 1 NHI Bandung ( 1985) - Hotel Indonesia (1985-1986) - Lulus NHI (1986) - Hotel Wisata Jakarta (1987-1997) - Kantor Pusat PT HIN (1997-2000) - Samudera Becah Hotel Sukabumi (2000-2004) - Kantor Pusat PT HIN (2004-2008) - Samudera Beach Hotel Sukabumi (2008-2010) - Inna Garuda (Jogja) 2010- sekarang

Rumah Makan “MERAPI RESTO”Jln. Merapi, KlatenTelp (08122987150)Rumah Makan Pemancingan “ILHAM” Brajan, Tugu Batas Kota (Klaten Selatan)Telp (0272-3101117, 320183)Hotel “AGUNG”Jln Ki Ageng GringsingTelp (0272-322043)Hotel “MAWAR 1”Jln Candi Sewu , PrambananTelp (0274-496707)Hotel “MAWAR 2”Taji, PrambananTelp (0274-498209)Hotel “ MAWAR 3”Jln Candi Sewu, PrambananTelp (0274-496942)

Hotel “ASRI”Tlogo, PrambananTelp (0274-496941)Hotel “SURYA ANDESA”Penggung, CeperTelp (0272-555102, 081804571750)Rumah Makan “Joglo”Jln. Pemuda No 75, KlatenRumah Makan & Catering “Djatayu”Jln Raya Jogjoa-Solo No 35, PrambananTelp (0274) 4987550, 7490239Hotel “Merak Indah”Jln Halmahera, KlatenCatering “Cipta Rasa”Timbulrejo, Karanganom, Mudal,Klaten

KLATEN ADA beberapa tempat di Klaten yang

bisa Anda kunjungi sembari berwisata religi. Berikut beberapa tempat yang di-maksud :

Makam KA Pandanaran : terletak di Bukit Jabalkat Desa Paseban, Kecamatan Bayat. Kurang lebih 15 km ke arah selatan kota Klaten. Ki Ageng Pandanaran adalah Bupati Semarang yang diangkat Sunan Kalijaga atas nama Walisongo untuk me-nyebarkan agama Islam.

Makam Rng Ronggowarsito : beliau adalah seorang pujangga Keraton Sura-karta dan sangat terkenal di seluruh Pu-lau Jawa pada abad 17. Ronggowarsito adalah putera dari Mas Ngabehi Rong-gowarsito II abdi dalem Panewu Adipati Anom Keraton Surakarta.

Makam Ki Ageng Gribig : makam ini terletak di Kecamatan Jatinom, 12

km utara kota Klaten. Ki Ageng Gribig adalah cucu Prabu Brawijaya dari Ma-japahit (putra dari R Mas Guntur). (Herlambang JL)

(Herlambang JL)

TAK ada salahnya, Anda bersama keluarga perlu mengunjungi obyek wisata satu ini. Na-manya Pantai Bocor yang berada di Kebumen (Jateng). Dari kota Kebumen sekitar 15 km atau ditempuh sekitar 20 menit saja.

Menuju Pantai Bocor ini, Anda pun bias menikmati menikmati makanan khas Kebu-men seperti Sate Ayam Ambal. Beberapa wa-hana untuk bermain anak-anak juga tersedia, seperti kolam renang kecil, jasa atau sewa kuda untuk menyusuri indahnya Pantai Bo-

cor, areal parkir mobil dan motor yang luas dan tak lupa warung-warung makan dengan menu yang khas pula semisal nasi pecel dan peyek undur-undurnya.

Karakteristik Pantai Bocor ini sebagaimana pantai-pantai lain di pantai selatan yang be-rada diperairan Samudera Indonesia dimana ombak sering terjadi. Sehingga bagi pen-gunjung yang membawa keluarga, terlebih anak-anak, harus tetap waspada menjag-anya

Pantai Bocor Kebumen

JUMPRIT merupakan objek wisata spiritual di lereng gunung Sindoro dengan panorama alam pegunungan dan bumi perkemahan berhawa sejuk. Tempat ini erat hubungannya dengan legenda Kyai Nujum Majapahit.

Di dekat mata air jumprit terdapat makam Ki Jumprit. Di tempat ini banyak peziarah yang melakukan ritual semedi yang biasanya dilanjutkan dengan mandi kungkum, mem-buang celana dalam, BH sebagai perlam-bang menghilangkan sial.

Sementara itu air jumprit juga digunakan sebagai air berkah untuk upacara Tri Suci Waisak setiap tahunnya. Kawasan ini terletak di sebelah barat kecamatan Ngadirejo, ber-jarak sekitar 28 km dari kota Temanggung. Jalan sampai lokasi sudah diaspal sehingga perjalanan cukup menyenangkan sambil menikmati potensi agrowisata. Anda dapat menginap di wisma yang telah disediakan.

Hutan Jumprit Temanggung

JELAJA

H

NUSANTARA

Wisata Religi di Klaten

9Edisi 24November 2011

BAGI Anda penikmat ku-liner ala Jepang, kini akan terpuaskan kala berkun-jung dan menikmati aneka menu khas Negeri Sakura di Nagoya Japanese Res-taurant yang terletak di area lobi Grand Quality Hotel Yogyakarta.

Selain menu andalan Teppanyaki, Nagoya Japa-nese Restaurant ini juga menawarkan aneka pilihan masakan Jepang lain sep-erti Ishiyaki, Shabu-Shabu, Teriyaki, Katsu, Yakiniku, Kuayaki, Sukiyaki, Tempura, Tsuki, Sushi serta Sashimi.

Restoran ini berkapasi-tas 41 orang, dilengkapi 3 meja Teppanyaki. “Restoran ini buka setiap hari pu-kul 11.00 – 22.00,” jelas Tri Sutami, Ass PR Man-ager Grand Quality Hotel Yogyakarta kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. (Herlambang JL)

Nagoya Japanese Restaurant

Area Lobi Grand Quality Hotel

YogyakartaJln. Adisucipto 48

JOGJATelp (0274) 485005

Di Grand Quality Yogyakarta

Nagoya Japanese Restaurant

GATHERING - Manajemen Jogjakarta Plaza Hotel menggelar acara member gathering untuk member Kirana Health Club (KHC). KHC merupakan fasilitas kebugaran terlengkap dan termodern yang dimi-liki oleh hotel berbintang di Jogja.

JAS 373737Armada 512787ASA 545545Rajawali 561459, 612976Indra Kelana 523131, 563910, 515819Pataga 317725Pandawa 447231, 7483000Vetri 563551, 563555Centris 544977Setia Kawan 448333, 522333Sadewo 376107Primkopad 621055, 621333

Telepon Taksi

10Edisi 24

November 2011

TAK afdol rasanya jika Anda me-nikmati suasana Malioboro namun tidak berkunjung ke tempat satu ini. Inilah Mirota Batik. Sebuah tempat yang khusus menyediakan berbagai aneka batik dan aneka kerajinan. Suasana tempat satu ini ditata sede-mikian rupa sehingga memberikan sebuah nuansa yang unik.

Semua barang ditata secara apik

dan mempermudah konsumen da-lam memilih. Alunan gending dan tembang-tembang jawa selalu ter-dengar dalam ruangan ini. Masih ada pula musik tradisional yakni siteran.

Aneka kerajinan disini mulai dari untuk pelengkap interior rumah, cin-dera mata maupun kerajinan untuk outdoor. Sedangkan berbagai kebu-tuhan batik, tersedia untuk kemeja

pria, busana wanita hingga anak-anak.

Terdapat pula aneka kerajinan kuno (asli), seperti telepon antik, radio kuno hingga keris. Juga terdapat oblong (kaos khas Mirota Batik). Manajemen Mirota Batik memang mengusung konsep tempat satu ini sebagai “pasar” nya kerajinan dan batik. Sehingga apapun jenisnya ada disini. Konsumen

pun akan merasa termanjakan dengan suasana yang ada.

Meski Anda hanya sekadar jalan-jalan, tanpa harus berbelanja, semua karyawan Mirota Batik tetap akan memberikan layanan yang terbaik. Dengan senyuman dan dengan kera-mahan. (*)

ADA suasana yang berbeda manakala Anda memasuki tempat satu ini. Kesannya: unik, nyantai dan romantis. Unik, karena cukup banyak pernik interior yang khas. Seperti kursi lesehan ala Jepang, juga terdapat tempat duduk ala panggung. Terdapat pula kereta kencana yang membuat suasana tempat makan dan minum ini

menjadi lain daripada yang lain.Aneka makanan dan minu-

man tersedia disini. Mulai dari makanan ringan hingga berta. Khasnya adalah Nasi Kucing “Ra-minten”. Mesti sekadar nasi kun-ing, namun penyajiannya bak hotel berbintang. Juga terdapat makanan tradisional serta aneka minuman jus yang khusus untuk

kesehatan. Bagi yang suka minu-man jamu, juga terdapat bebera-pa pilihan jamu di tempat ini.

Maka tak heran, tempat satu ini selalu menjadi jujugan, tak hanya anak-anak, remaja saja, namun orang dewasa. Banyak pula yang memanfaatkan sebagai tempat untuk menggelar berbagai acara, seperti ultah, arisan, syukuran,

dsb.Alunan musik tradisional

(gending) selalu mengalun di tempat ini. Beberapa layer tele-visi juga dipajang di sudut ruan-gan, sehingga pengunjung pun tetap bisa mengikuti berbagai acara televisi kesukaannya, sem-bari lesehan, dan dalam suasana yang santai. (*)

THE HOUSE OF RAMINTENJln. FM Noto 7, Kotabaru

JogjaTelp (0274) 586928, 547315

ANDA ingin mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda?, percayakan se-muanya itu pada Ratri Image, sebuah tempat Photography-Graphic Design yang siap meng-hadirkan karya-karya foto yang tak hanya ek-sklusif, namun juga memiliki sentuhan seni yang tinggi.

Di tempat ini Anda bisa mengabadikan berbagai event penting seperti ulang tahun, pernikahan, wisuda, foto keluarga, dan seba-gainya. Dengan dukungan personil dan SDM yang handal, Ratri Image memberikan jami-nan sebuah hasil yang memang menjadi ke-inginan Anda.

Dengan peralatan digital yang modern, stu-dio foto ini pun siap memberikan layanan un-tuk pemotretan di tempat (lokasi) dimana kon-sumen inginkan. Baik di rumah pribadi, obyek wisata maupun tempat-tempat lain. Di tempat ini juga tersedia berbagai kebutuhan foto sep-erti pigura (frame) unik, album, dsb.(*)

SAAT Anda tengah berbelanja batik maupun aneka kerajinan di Mirota Batik (Malioboro) cobalah Anda langsung menuju lantai 3. Disini Anda akan menemui sebuah tempat yang unik. Dengan interior yang ditata secara apik ala lese-han, tiap pengunjung pun akan bisa menikmati pemandangan Malioboro dari lantai 3.

Andapun bisa menyaksikan hiruk-pikuk dan kesibukan Pasar Beringharjo dari tempat ini. Berbagai minuman dan makanan serta aneka roti dan cemilan tersedia disini. Dan semua akan tersaji secara cepat dan dengan harga yang terjangkau.

Tempat satu ini memang dikonsep sebagai tempat untuk duduk-duduk, bersantai melepas lelah seusai berbelanja di Mirota Batik. Dengan lokasi yang berada di lantai 3, maka semilir angin akan memberikan keasyikan tersendiri bagi tiap pengunjung di tempat satu ini. Dan setiap Sabtu malam (mulai pukul 19.00) di tempat ini digelar event spektakuler yakni ”Cabaret Show”. (*)

MASIH soal wisata kuliner. Di Jogja kini ter-dapat tempat untuk berwisata kuliner. Tempat ini adalah The Waroeng Of Raminten. Lokasi bersebelahan dengan pusat batik dan keraji-nan Mirota Batik Pakem.

Tempatnya nyaman. Dengan elemen interior yang unik dan tradisional, seperti kursi, meja serta elemen interior lainnya. Tempat satu ini menyajikan berbagai menu rumahan yang khas. Ada mie rebus Jawa, ada pula aneka ikan baik goreng maupun baker.

Berbagai aneka minuman serta jus juga tersedia di tempat ini. Dengan area parkir yang luas, memberikan kenyamanan tersendiri baik bagi tamu yang berkendara roda empat mau-pun roda dua.

Tempat ini juga memiliki nuansa alami. Di bagian belakang bangunan masih terbentang area per-sawahan yang masih alami. Sehingga tercipta sebuah nuansa hasil paduan antara makanan, ban-gunan serta alam lingkungan sekitar. (*)

JIKA Anda tengah melakukan perjalanan menuju obyek wisata Kaliurang, maka Anda akan melewati tempat satu ini. Inilah sebuah pusat batik dan kerajinan “Mirota Batik Pakem”.

Di tempat ini tersedia aneka kerajinan nusan-tara. Sehingga berbagai kerajinan khas provinsi lain di Indonesia tersedia di tempat ini. Begitu-pun batik. Baik batik untuk busana, maupun ba-tik untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Di tempat yang asri satu ini juga terdapat area khusus (berada di depan) yang disedia-kan aneka minuman hangat, panas maupun dingin. Sehingga tempat satu ini bias mem-berikan kenyamanan bagi setiap pengunjung maupun juga bisa menjadi tempat untuk re-hat mereka yang akan melakukan perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang.

Beberapa fasilitas umum seperti WC, kamar mandi serta mushola juga tersedia, dan bisa dimanfaatkan siapa saja. Dengan bangunan yang unik, tempat satu ini selalu menjadi juju-gan wisatawan, khususnya yang akan melaku-kan kunjungan ke Kaliurang. (*)

MIROTA BATIKJln. A Yani (Malioboro)

JogjaTelp (0274) 588524,

518127

THE HOUSE OF RAMINTEN 2 (OYOT GODONG)

Mirota Batik, Jln. A Yani (Malioboro) Lantai 3

MIROTA BATIK PAKEMJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274)897033, 897068

RATRI IMAGE Mirota Batik (Malioboro)

Lantai 3 (luar) Telp (0274) 552455

THE WAROENG OF RAMINTENJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274) 897033, 897068

dan mempermudah konsumen da-lam memilih Alunan gending dan

pria, busana wanita anak

11Edisi 24November 2011

Charm of Java Promo

Ayo Berwisata ke DIY dan Jawa Tengah.

Java Promo bersama 15 kabupaten/kota di DIY-Jateng berkomitmen untuk mengembangkan promosi bersama destinasi wisata yang ada. Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata di masing-masing kabupaten/kota. Sebanyak 15 wilayah dengan potensi wisata yang luar biasa. Mu-lai dari Sleman, Karanganyar, Jogja, Kota Magelang, Gu-nungkidul, Karanganyar, Kulonprogo, Kebumen, Bantul, Temanggung, Kota Magelang, Purworejo, Wonosobo, Klaten, dan Semarang.

Ayo, Eksplore Wisata di negeri sendiri

12Edisi 24

November 2011

13Edisi 24November 2011

14Edisi 24

November 2011

15Edisi 24November 2011

OBYEK wisata Baturraden yang berada di Purwokerto (Jateng) memang sudah tak asing lagi. Lokasi wisata tersebut hingga kini memang masih menjadi salah satu primadona pariwisata di Jateng. Tak hanya udaranya yang begitu sejuk, segar dan alami. Namun juga pan-oramanya yang sangat indah.

Dan salah satu hotel yang selama ini banyak dipilih para pengunjung Baturraden adalah Hotel Madurodam. Hotel ini berdiri sejak tahun 2000. Berlokasi di Jln. Pari-wisata No.99 Kawasan Wisata Alam Baturraden, Pur-wokerto. Hotel ini berada di ketinggian 600 meter dpl dan hanya berjarak 12 km dari kota Purwokerto den-gan waktu tempuh 15-20 menit. Panorama nan indah menjadi “kekuatan” hotel satu ini. Hotel Madurodam memiliki 17 kamar tidur dengan berbagai macam tipe kamar terdiri yakni Super Deluxe, Superior, Cottage, ka-mar Junior, kamar Nyiur, dan Family Room dengan isi 3 kamar tidur.

Adapun fasilitas yang disediakan antara lain, Springbed (Single/Double), TV 21 inch, parabola sys-tem/Indovision, air panas, Bath tub, Side servise (tea & coffee), karaoke free, ruang serba guna, serta area parker yang luas.

Selain itu lokasi hotel juga sangat dekat denganobyek Wisata Baturraden, sebab cukup hanya berjalan

kaki untuk ke lokasi wisata yang ada di Baturraden. Kita bisa menikmati air panas belerang (Pancuran 3), tempat bermain untuk anak-anak (sepeda air, kolam renang air panas, studio fi lm 3D, fl ying fox) serta pusat kuliner ma-kanan khas Banyumas. (Herlambang JL)

Hotel MadurodamJln Pariwisata 99

Kawasan Wisata Alam BaturradenPURWOKERTO

Telp (0281)681111Faks (0281) 681355

Hotel “MADURODAM” Kesejukan Alami di Kawasan Baturraden

Paket SpesialPaket SpesialTHE Grand Palace Hotel Jogjakarta, Satu satu-THE Grand Palace Hotel Jogjakarta, Satu satu-

nya hotel di jogja yang punya karakter building nya hotel di jogja yang punya karakter building ala romawi, siap melayani dan memanjakan para ala romawi, siap melayani dan memanjakan para tamu – tamu dengan motto “ Dinamic Service “ tamu – tamu dengan motto “ Dinamic Service “ dapat menyesuaikan dan tahu akan kebutuhan dapat menyesuaikan dan tahu akan kebutuhan tamunya.tamunya.

Paket – paket hotel yang tersedia diantaranya Paket – paket hotel yang tersedia diantaranya : Paket, Meeting ( Half day, one day, full day, full : Paket, Meeting ( Half day, one day, full day, full board ) Juga paket Gathering ( Corporate & Fam-board ) Juga paket Gathering ( Corporate & Fam-ily ) tersaji dengan program out door, indoor plus ily ) tersaji dengan program out door, indoor plus entertaint bertujuan membantu pihak panitia entertaint bertujuan membantu pihak panitia acara, event organizer, tour planner, travel agent acara, event organizer, tour planner, travel agent

mengemas kegiatan tamu – tamunya.mengemas kegiatan tamu – tamunya.Paket edukasi lain GPH siapkan bagi kalangan, Paket edukasi lain GPH siapkan bagi kalangan,

asosiasi, pelajar, mahasiswa diantaranya ( Table asosiasi, pelajar, mahasiswa diantaranya ( Table Manner, Arisan Ada Belajar Bikin Kue, dll )Manner, Arisan Ada Belajar Bikin Kue, dll )

Paket Wedding, Honeymoon, Ulang Tahun, re-Paket Wedding, Honeymoon, Ulang Tahun, re-uni, dlluni, dll

Harga Paket antara lain: Wedding Paket mu-Harga Paket antara lain: Wedding Paket mu-lai dari Rp 135.000/Pax, Paket Meeting mulai lai dari Rp 135.000/Pax, Paket Meeting mulai Rp 90.000/Pax,Paket Gathering Rp 325.000/Rp 90.000/Pax,Paket Gathering Rp 325.000/Pax,Paket Reuni Rp 75.000/Pax, Dinner Bar-Pax,Paket Reuni Rp 75.000/Pax, Dinner Bar-beque Rp 80.000/Pax, Table Manner Rp 125.000/beque Rp 80.000/Pax, Table Manner Rp 125.000/Pax.Pax.

16Edisi 24

November 2011

INILAH sebuah hotel yang memi-liki nuansa khas. Berada di kawasan kampus ternama, Universitas Gad-jah Mada (UGM). Sehingga hotel ini memiliki atmosfer yang sangat mendukung bagi tamu yang hendak menginap maupun maupun untuk berbagai keperluan seperti meeting, dsb. Itulah Gadjah Mada University Club.

Dengan konsep sebagai hotel dan convention, Gadjah Mada Univer-sity Club ini memiliki beberapa fasili-tas pendukung. Antara lain kamar (room) dengan penataan interior berkonsep minimalis-modern, ruang meeting, hall serta resto yang siap memberikan kenyamanan dan ken-ikmatan dengan sajian menu-menu khas bagi tamu.

Dengan lingkungan yang nyaman, dan tenang serta didukung keasrian penataan interior-eksterior menjadi-kan hotel ini menjadi pilihan untuk digelarnya berbagai acara. Terlebih lagi bagi keperluan keluarga saat ac-ara wisuda, baik S1 maupun S2 mau-pun event lainnya. (Herlambang JL)

Gadjah Mada University Club(Hotel, Meeting Room, Resto, Homestay, Villa)Jln. Pancasila No 2, Bulaksumur, Kampus UGM

JOGJATelp (0274) 563461, 557216, 6491185

Fax : (0274) 563461

Gadjah Mada University Club

SPA adalah salah satu cara pengobatan yang memakai media air. Dewasa ini perkem-bangan industri SPA di Indonesia menunjuk-kan perkembangan yang signifi kan, karena In-donesia menempati urutan keempat sebagai destinasi wisata SPA di dunia. Perawatan SPA bukan lagi menjadi sebuah kemewahan, me-lainkan kebutuhan untuk menyeimbangkan elemen-elemen kehidupan ini dengan alam.

Dengan tujuan untuk lebih mening-katkan kualitas SPA di Indonesia, Asosiasi Spa Therapist Indonesia 2011 menggelar Musyawarah Daerah pada Minggu, 13 No-vember 2011. Acara yang dihelat di Ruang Kencana Lt. II, Ambarrukmo Palace Hotel ini dihadiri oleh para SPA owner, pelaku usaha pariwisata, dan praktisi SPA terutama dari DIY dan Jateng. Dalam Musyawarah Daer-ah ini berlangsung seminar dengan tema ‘Global Future for SPA’, oleh Kusuma Dewi Sutanto selaku Ketua Bidang Yayasan Puteri Indonesia sekaligus praktisi SPA terpercaya karena belajar SPA dari CIDESCO, yang ber-pusat di Zurich, Switzerland.

Pada hari yang sama, diselenggarakan Pemilihan Pengurus ASTI yang baru. Pemi-lihan pengurus yang baru ini diharapkan lebih mengoptimalkan peran SPA di masa yang akan datang sebab SPA kini terbuka

Musyawarah Daerah Asosiasi Spa Therapist Indonesia 2011

luas bagi semua kalangan, dimana berba-gai kepentingan seperti medis, pariwisata, dan tenaga kerja saling bersinergi bersama menciptakan SPA yang berkualitas. Kuali-tas itu datang dari standar medis karena bahan-bahan yang digunakan telah diuji, kepentingan pariwisata yang dikelola den-gan baik dan profesional, dan tenaga kerja spa therapist yang menguasai teknik terapi dengan benar.

Putri Kedaton Griya Cantik dan SPA, yang beralamat di Jl. Nusa Indah no.33, Con-dongcatur, Depok, Sleman, selaku pani-tia berharap dapat menyelenggarakan Musyawarah Daerah dan Seminar ini den-gan lancar.(adv)

ADA yang beda dengan rumah makan satu ini. Namanya Rumah Makan (RM) “HILMAN”. Lokasinya di kawasan Gejayan (Gg Guru), masih di lingkungan kampus UNY. Jadi letaknya memang strategis. Meski terkesan sederhana, namun RM “HILMAN” tampil lebih familiar, dengan konsep open kitchen serta memiliki kecepatan dalam hal pelayanan.

Menu-menu yang tersedia memang cenderung ke western baik yang berbasis kentang, keju, pasta, maupun daging. “Meski demikian cita rasanya tetap pas dengan lidah kon-sumen,” jelas Hilman Hakim yang bersama sang istri mengelola rumah makan ini.

Kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG ia katakan meski menu-menunya ala western namun harga tetap terjangkau. Harga berkisar Rp 13.000 hingga-Rp 18.000. “Saya sangat memperhatikan soal harga,” imbuhnya.

Dengan konsep menu, konsep bangunan serta faktor harga maka tak heran jika RM “HILMAN” kini menjadi alternatif baru bagi pecinta kuliner di Jogja. (Herlambang JL)

Rumah Makan “HILMAN” Padukan Cita Rasa dan Harga

Edisi 24November 2011 17

Edisi 24November 201118

KINI berbagai kegiatan pertemuan yang melibatkan cukup banyak peserta tak lagi selalu digelar di ruangan hotel. Ban-yak penyelenggara event pertemuan yang justru lebih memi-lih menggelar dengan mengambil lokasi di desa wisata.

Tak hanya untuk memperoleh suasana baru, lebih alami dengan atmosfer yang nyaman dan asri, namun tentunya menggelar event pertemuan di sebuah desa wisata akan mampu menekan cost kegiatan itu sendiri. Dan para peserta pun tak lagi merasa “dibatasi” oleh tembok-tembok ruangan sebagaimana yang ada di hotel kebanyakan.

Fenomena ini pun dibenarkan oleh Kepala Seksi Dokumenta-si dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman, Wasita,SS,MAP. Kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG, ia katakana bahwa di Sleman kini banyak pihak memilih desa wisata sebagai tempat digelarnya berbagai kegiatan. “Seperti mislanya, pertemuan keluarga, sekolah maupun komunitas arisan, pertemuan tutup tahun, syawalan, dsb,” lanjutnya.

Menurutnya, pergeseran ini patut disyukuri, khususnya para

pengelola desa wisata dan tentunya masyarakat sekitar. “Se-bab selama ini desa wisata hanya dianggap sebagai tempat wisata murni saja. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat baik di DIY maupun luar DIY sudah mulai menjadikan desa wisata sebagai alternatif pilihan tersendiri,” jelas Wasita.

Peluang ini sudah semestinya dapat ditangkap oleh para pengelola desa wisata dengan memberikan pelayanan yang lebih baik. Ini artinya, aspek keamanan, ketertiban, kebersi-han, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan harus diperhatikan.

Pengelola desa wisata Kelor Endro, mengatakan bahwa keg-iatan semacam pertemuan-pertemuan sudah sering dilaku-kan di desa wisata Kelor. Mereka berasal guru-guru sekolah, kelompok trah, koperasi, dsb. Diantaranya pada Minggu 18 September 2011 dilaksanakan syawalan oleh Trah Parta Sen-tana yang diikuti oleh sekitar 100 orang. Mereka bisa berak-tifi tas outbound dan susur sungai maupun outbound khusus untuk anak-anak. (Herlambang JL)

Desa Wisata Alternatif Tempat Pertemuan

TERLEPAS dari kesan kering dan tandus, kabupaten Gunungkidul memiliki pesona wisata alam. Tidak hanya kawasan wisata pantainya yang terkenal indah, namun juga kawasan wisata karst juga mempesona. Salah satu kawasan wisata karst yang patut dikunjungi adalah Cave Tubing Kalisuci.

Berlokasi di desa Pancarejo, kecamatan Semanu, kabupaten Gunung Kidul, obyek wisata ini sangat mudah dikunjungi. Dari arah Jogja langsung saja menuju Wonosari dan jalan terus tanpa berbelok hingga men-jumpai gardu listrik induk. Tidak jauh dari gardu listrik induk terdapat pohon asem dan terpaku sebuah papan yang bertulis-kan Kalisuci, langsung ikuti petunjuk arah tersebut. Dari sana ambil kanan lurus terus hingga menjumpai sebuah pertigaan, ambil kiri ( juga telah ada petunjuk arah), kira-kira 1 km lagi Anda telah sampai ke obyek wisa-ta cave tubing tersebut.

Untuk menikmati obyek wisata ini, Anda dikenakan biaya Rp 65.000 per orang. Bila dalam 1 rombongan terdapat minimum 10 orang, maka memperoleh gratis biaya untuk 1 orang (asal serombongan). Dengan biaya tersebut Anda akan memperoleh fasilitas

pemandu, ban dalam, rompi pelampung, helm pelindung, pelindung tulang kering, bakso, dan teh hangat. Oleh karena tidak memungkinkan Anda untuk membawa kamera yang tidak anti air, maka pihak pen-gelola menyediakan jasa dokumentasi foto, untuk jasa dini dikenakan biaya tambahan Rp 100.000 untuk 1 rombongan dalam ben-tuk CD.

Ada cukup banyak pemandu yang siap menjaga keselamatan Anda untuk dapat menikmati obyek wisata ini. Jeram disini tidaklah begitu jeram bila dibandingkan dengan arung jeram dengan mengguna-kan perahu. Sesuai dengan nama kawasan wisata karst, sepanjang cave tubing, Anda akan menjumpai pesona stalagtit dan sta-lagmit goa yang sangat cantik. Terdapat 2 goa yang akan disusuri dan memakan wak-tu sekitar 1,5 – 2 jam lamanya.

Usai menyusuri goa, Anda akan diajak berolah raga kembali untuk kembali naik ke permukaan, meniti anak tangga dengan bantuan tali tambang sebagai peganggan. Selesai berpetualang kini saatnya Anda menikmati hidangan teh dan bakso seperti yang telah dijanjikan. (Felex Billi P)

Cave Tubing Kalisuci

Pantai Jungwok, Harta Karun yang Tersembunyi

Upacara Sedekah Laut BaronMasyarakat membawa sesaji dan gunungan yang diken-durikan bersama, kemudian dilarung di laut diiringi kes-enian tradisional setempat. Malam harinya di digelar pen-tas wayang kulit.Lokasi : Pantai Baron, Desa Kumadang, Kecamatan Tan-jungsari, Gunungkidul.Waktu : 27 November 2011. Upacara Sedekah laut KukupMasyarakat membawa sesaji dan gunungan yang diken-durikan bersama kemudian dilarung di laut diiringi kes-

enian tradisional setempat, pada malam harinya pentas wayang kulit.Lokasi : Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan tan-jungsari, Gunungkidul.Waktu : 27 November 2011. Pentas KarawitanPentas kesenian karawitan oleh 18 kecamatan se-Gunung-kidul secara bergantin.Lokasi : Bangsal Sewokoprojo, Gunungkidul.Waktu : Kamis Kliwon Malam (Malam Jumat Legi) setiap bulan.

(Herlambang JL)

Agenda Wisata

PANTAI Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung-kidul. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari Kota Wonosari dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Mungkin be-lum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini karena letaknya yang tersembunyi dan berada di antara perbukitan.

Pantai Jungwok masih kalah tenar diband-ing 2 pantai lain di Kecamatan Girisubo, yaitu Pantai Sadeng dan Pantai Wediombo. Namun apabila anda menyukai tantangan serta ingin mencari pantai yang lebih asri dan jauh dari keramaian, maka pantai ini recommended untuk dicoba.

Pantai Jungwok berada di sebelah timur Pantai Wediombo, diantara keduanya dipi-sahkan perbukitan. Apabila air laut sedang surut, Pantai Jungwok dapat dicapai dengan menyusuri pinggir pantai, jaraknya sekitar 500 meter sd 1 kilometer dari Pantai Wedi-ombo. Namun apabila air sedang pasang, Anda harus menempuh jalan lain yaitu mele-wati perbukitan. Jika melewati jalan setapak di perbukitan rute yang anda tempuh bisa lebih panjang, 2-3 kilometer. Namun disini anda akan merasakan sensasi pemandangan

yang luar biasa.Pantai Jungwok merupakan pantai ber-

pasir putih dan kaya akan biota laut, seperti alga, karang, serta ikan hias. Ada peman-dangan yang khas yang bisa anda temu-kan di sana yaitu batu besar yang letaknya di tengah laut, biasa disebut dengan Watu Topi. Watu topi tersebut dapat dinaiki dan dapat digunakan untuk memancing.

Apabila anda berencana untuk menjajal Pantai Jungwok ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan. Jika anda memu-tuskan untuk menempuh rute perbukitan maka anda harus menyiapkan fi sik yang prima. Selain itu lebih pas jika anda meng-gunakan sepatu mengingat medan yang anda lewati terkadang berlumpur, berbatu, dan semak-semak.

Namun bisa juga menggunakan sandal, asal kondisinya masih bagus. Persiapkan juga perbekalan lain yang anda rasa perlu seperti makanan atau obat-obatan, karena disana anda tidak akan menjumpai war-ung atau semacamnya. Untuk menemukan warung, anda harus kembali ke Wediombo. Jadi, selamat menjelajahi harta karun yang tersembunyi. (Irham Manuarfa P)

Edisi 24November 2011 19

MUNGKIN kita sering mendengar nama makam, makam Pahlawan, makam para Raja, makam para Bangsawan dan lainnya, namun apakah anda pernah mendengar makam yang satu ini makam yang di khususkan untuk para seni-man? Ya ini cuma ada satu-satunya di Indonesia tepatnya didaerah Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Jogja.

Taman Makam Seniman Budayawan “GIRI SAPTO” begitulah nama yang diberikan oleh pendiri atau peng-gagas dari ide pemikiran seniman DR. (HC) RM. Sapto Hoedojo FRSA (Felloe Royal School Art), seniman serba bisa yang berasal dari Solo.

Makam ini didesain sangat menarik, pertama kita lihat bukanlah deretan batu nisan melainkan deretan anak tangga bertingkat dengan pintu gerbang yang berbentuk setengah lingkaran yang menjulang ke atas. Sebelum menaiki anak tangga kita dapat melihat Masjid dan Pos kecil yang berada disekitar area masuk.

Tangga yang kita naiki menuju kepuncak bukit, di kiri kanannya dapat kita lihat makam-makam para seniman. Di ujung tangga merupakan puncak bukit, ±200 anak tangga yang kita naiki sebelumnya. Di atas bukit kita bisa melihat daerah Imogiri dan rumah – rumah warga sekitar. Saat menuruni anak tangga banyak kita lihat ca-bang anak tangga yang menuju tempat yang berbeda. Salah satunya nanti menuju pendopo “Bangsal Asih” yang juga dipakai sebagai makam Sapto Hoedojo.

Seniman - seniman yang dimakamkan di tempat ini antara lain : DR. RM Sapto Hoedojo, pendiri dan pemra-karsa tempat ini, KRT Sasmintadipura/Romo Sas (Seni-man tari), H. Widayat (seniman seni lukis), Kirdjomuljo

(Sastrawan) dll.Tak hanya seniman lukis dan tari, taman makam

Giri Sapto juga menjadi tempat peristirahatan tera-khir bagi para pahlawan Indonesia yaitu Kusbini (Kom-poser), L. Manik (Komposer) masing-masing pencipta lagu Bagimu Negri dan Satu Nusa Satu Bangsa karena jasanya menciptakan lagu bernuansa patriotisme, yang sering kita dengarkan dibulan Agustus ini atau di setiap upacara hari besar Kenegaraan. Bahkan peliharaan kes-ayangan Almarhum Sapto Hoedojo pun ikut di makam-kan disana.

Tempat makam kadang terkesan angker dan berbau mistis, namun sangat berbeda dengan makan yang satu ini, tempat ini begitu nyaman untuk dikunjungi teduh dengan pepohonan dan jauh dari polusi udara diperkotaan, tak hanya berziarah semata warga sekitar sering berkunjung kemakam ini untuk berolah raga di pagi hari maupun sore hari.

Tak jarang pula warga kota Yogya mengunjungi makam ini dengan bersepeda beramai ramai. Sambil menghilangkan rasa haus dan lapar tak jauh dari area makam banyak penduduk yang menjual makanan beru-pa nasi pecel dan wedang uwuh yang merupakan ung-gulan kuliner didaerah Imogiri. Warga sekitar cukup menyebut tempat ini dengan nama makam seniman, jadi bagi para wisatawan tidak ada salahnya mengun-jungi tempat yang satu ini, untuk menikmati suasana alam atau berziarah makam tanpa dikenakan biaya, tak jauh dari lokasi juga terdapat makam Raja–raja. (Ibnu Al Taufi k)

BERWISATA ke Kota Jogja, jangan lupakan komplek Jalan Rotowijayan. Bu-kan hanya Keraton Yogyakarta, Anda pun bisa berburu cinderamata dengan harga yang sangat terjangkau di komplek ini. Berbagai macam cinderama-ta mulai dari baju, tas, dan segala pernak-pernik bermotif batik tersedia di sini. Jangan lupakan pula berbagai macam kaos oblong dengan desain yang penuh cita rasa humor.

Puas berbelanja cinderamata, sembari beristirahat sejenak, tak ada salah-nya menengok sebuah pamulangan kecil di sudut komplek Rotowijayan. Ya, Pamulangan Macapat KHP Kridhamardawa. Tak banyak orang tahu bahwa keberadaan pamulangan ini sudah bertahan sejak puluhan tahun yang lalu, tepatnya semenjak Hamengku Buwono VII hingga kini.

Dalam perjalanan panjang keberadaannya terselip berbagai macam cerita. Salah satunya yaitu keberhasilan Macapat dalam menarik minat masyarakat dari luar tembok keraton. Dahulu, Macapat memang hanya dikonsumsi oleh kalangan istana beserta keturunannya. Penamaan Macapat sendiri pun sam-pai kini terdapat banyak sekali manifestasi.

Salah satu yang terkenal, Macapat berarti maca papat-papat, kemudian maca tepat, dan terakhir manca papat yang secara umum memberi penger-tian bahwa dahulu kesenian ini bersifat istana sentris. Pamulangan Krid-hamardawa merupakan pamulangan yang intensif hanya memberikan pelati-han Macapat.

Sebuah seni tarik suara melantunkan puisi-puisi jawa yang bermetrum (aturan baku). Hampir setiap hari pamulangan ini mengadakan latihan. Lati-han dimulai pukul 15.30 hingga pukul 17.30. Kebanyakan dari anggotanya sudah berusia lanjut, meskipun ada beberapa di antaranya generasi muda.

Berkunjung ke pamulangan ini selain rileks sejenak, anda dapat sejenak nglaras, mendengarkan keindahan puisi-puisi Jawa tersebut ditembangkan, memahami sedikit makna di dalamnya, sampai dengan menikmati kesyahd-uan cengkok-cengkok para siswa dalam melantunkan pupuh-pupuh Macapat tersebut.

Setidaknya saat berkunjung ke Jogja tak hanya cinderamata saja yang bisa anda dapatkan. Kota Jogja yang istimewa inipun menawarkan banyak sekali wisata budaya, salah satunya yaitu Pamulangan Macapat KHP Kridhamarda-wa ini. (Imam Wicaksono)

Rotowijayan Tak Hanya Cinderamata

Taman Makam “GIRI SAPTO”

Makam Nyi Ageng SerangNYI Ageng Serang adalah pahlawan nasional perempuan.

Pada masa Perang Diponegoro, beliau memimpin Laskar Gula Kelapa wilayah Jawa Tengah dan melakukan long march dari Serang ke barat, menyusuri Sungai Progo kemudian ber-markas di Traju Mas Perbukitan Menoreh. Di bukit ini beliau bersama pasukannya menyusun strategi peperangan hingga wafat pada usia 76 (tahun 1828) dua tahun sebelum Perang Diponegoro berakhir dan dimakamkan di sana.

Makamnya dipugar pada tahun 1983 dengan bentuk joglo. Di depan makam terdapat sebuah monumen yang menerang-kan beliau sebagai pahlawan nasional. Terdapat pula makam beberapa prajurit yang telah berjuang bersama beliau. Di bagian tengah terdapat dua bangunan berbentuk joglo. Makam Nyi Ageng Serang, putri beliau, serta para abdi dalem menempati bangunan yang pertama. Sedangkan bangunan yang kedua bersemayam suami beliau yaitu, R.M. Kusuma Wijaya, ibu, dan para keluarga beliau yang lain.

Pementasan kesenian biasanya digelar pada setiap bulan Sura (Muharram). yaitu tarian dolalak, kuda lumping, shala-watan, dan pementasan kesenian yang lain untuk mengenang beliau, serta merupakan upaya untuk melestarikan budaya lokal. Gelar budaya itu juga diselingi dengan pameran ane-ka buah-buahan dan produk makanan yang dihasilkan oleh Desa Banjarharjo.

Makamnya terletak di atas bukit di desa Banjarharjo, Keca-matan Kalibawang, Kulonprogo, sekitar 6 km dari jalan Dekso-Muntilan. Jarak dari Jogja sekitar 32 km. (Herlambang JL)

Kemana Berwisata Religi?

SendangsonoNAMA Sendangsono diambil dari kata sendang yang berarti mata air

dan sono yang merupakan nama sebuah pohon yang terdapat di sana. Sendangsono mempunyai ciri terbuka, menyatu dengan masyarakat sekitar, alami dan mengedepankan keserasian dengan alam. Sendang-sono terbuka untuk umum tanpa memandang keyakinan yang dianut peziarah.

Secara khusus bagi pemeluk agama Katholik Sendangsono merupa-kan tempat ziarah yang disebut Lourdes Indonesia untuk penghorma-tan kepada Ibu Maria. Tahun 2004 oleh Keuskupan Agung Semarang ditetapkan sebagai momentum lahirnya Gereja Katolik yang bercirikan Jawa di Kalibawang dan sekitarnya serta tempat untuk berdoa, meng-gali, menumbuhkembangkan dan melestarikan iman. Sendangsono ra-mai dimunjungi peziarah pada Bulan Mei (Bulan Maria) dan Oktober (Bulan Rosario).

Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung antara lain taman dan tempat istirahat, penginapan yang dikelola penduduk, warung makan dan war-ung souvenir. Tempat ziarah ini berada di atas bukit di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Berjarak kurang lebih 39 km dari Jogja atau 37 km dari Kota Wates serta 10 km dari Candi Borobudur.

COBALAH lengkapi agenda wisata Anda melalui wisata religi. Tak hanya akan memperoleh suasana yang berbeda, namun Anda pun akan memperoleh

sebuah rasa kedamaian dalam jiwa melalui wisata religi ini. Berikut beberapa obyek untuk wisata religi di DIY :

PROMOSI memang menjadi variabel pent-ing dalam industri pariwisata. Tanpa pro-mosi maka semua akan menjadi sia-sia. Meski demikian langkah pro-mosi harus benar-benar tertata, fokus dan jelas. Demikian dikatakan Ketua ASITA (Asso-ciation of The Indone-sian Tours and Travel Agencies) DIY, Edwin Ismedi Himna kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

“Dan saya melihat dalam hal promosi pariwisata kita (DIY) belum maksimal. Ka-

dang kurang tepat sasaran, kurang fokus, sehingga hasilnya juga tak optimal,” ungkapnya. Ia ambil contoh, sesungguh-nya Malaysia masih bisa digarap sebagai pasar wisata DIY. “Masyarakat Malaysia, khususnya yang etnis China dan India sebenarnya bisa kita garap. Kan kita punya banyak candi, kita banyak bengunan heritage, juga aneka ragam kuliner unik. Mereka senang dengan potensi ini,” jelas Edwin.

Sehingga tak perlulah berpromosi hingga ke kawasan Ero-pa. “Sebab faktanya di kawasan Asia saja sebenarnya masih ada potensi pasar. Tapi karena kita tak tepat program, tak tepat sasaran dalam promosi maka hasilnya tak optimal,” pa-parnya.

Ia ambil contoh Bandung. Dengan kekuatan sebagai pusat belanja maka turis Malaysia, khususnya etnis Melayu, berbondong-bondong ke Bandung. “Sehingga ada sebuah maskapai yang 3 kali penerbangan bandung-KL,”papar Ed-win. Ia pun berharap antar pelaku pariwisata di DIY saling bergandengan tangan. “Jangan jalan sendiri-sendirilah,” kata Pimpinan TREND Tour & Travel ini. (Herlambang JL)

Edisi 24November 201120

SOSOK wanita satu ini memang tercatat sebagai salah satu pengusaha kuliner sukses di Jogja. Dialah Yuwana Wiraswasti yang bersama suaminya kini mengelola rumah makan khas Aceh “Bungong Jeumpa” yang berada di Jalan Magelang dan di Jalan Demangan Baru.

Meski berkiprah di dunia kuliner, namun ternyata Ana—demikian sapaan akrabnya – cukup peduli pada potensi wisata Pegunungan Dieng (Wonosobo). Maklum dia memang lahir di kota dingin tersebut. “Saya memang cinta Dieng” tegasnya ke-pada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Menurut Ana, Dieng sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa. “Tak kalah dengan Bali,” imbuhnya. Dieng memiliki “daya jual” sebagai wisata unggulan dari Wonosobo. “Hanya saja, Dieng belum optimal untuk dikembangkan sebagai desti-nasi wisata. Ini menjadi tanggung jawab semua pihak tentunya. Yang pasti, Dieng masih harus terus dibenahi,” paparnya.

Menurut Ana, sudah saatnya di Dieng dibangun semacam Pasar Seni. “Di tempat inilah dijual aneka kerajinan, aneka hasil pertanian Dieng dan juga berbagai macam makanan khas Di-eng. Seperti kacang babi, keripik kentang, keripik jamur, buah miri dan carica,” paparnya.

Demikian pula, kuliner khas Dieng sepeti soto batur, nasi megana,, nasi jagung, tempe kemul, dan sebagainya. “Itu semua harus d i k e m -bangkan agar menjadi ikon dari Di-eng. Lebih dari itu ekono- m i masyarakat sekitar j u g a akan turut meng- g e -liat,” terangnya. Ana pun berharap “sadar wisata” benar-benar bisa tumbuh pada diri masyarakat Wonosobo, utamanya. (Herlambang JL)

PULANG “kampung”, itulah mungkin kata yang pas un-tuk ditujukan ke sosok satu ini, L Sudarsana. Setelah sem-pat bertugas di Santika Jogja, ia ditugaskan ke Semarang, selanjutnya ke Surabaya dan Jakarta. Dan kini ia kembali lagi ke Jogja dipercaya sebagai GM The Royal Ambarrukmo Hotel. “Yah, namanya juga tugas. Dimanapun pasti akan saya jalankan sebaik-baiknya,” tegas Sudarsana kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Dan sebagai hotel yang “lahir kembali”, The Royal Am-barrukmo Hotel menurut Sudarsana memiliki prospek yang bagus. “Sebab tak hanya di Indonesia, di manca neg-ara pun nama Ambarrukmo sudah sangat dikenal. Di India misalnya, sudah banyak yang tahu hotel ini,” ungkapnya.

Untuk itu, fakta semacam ini menurutnya menjadi “nilai lebih” bagi The Royal Ambarrukmo Hotel. “Kini, kami ber-sama semua elemen manajemen tinggal lebih menyem-purnakan sekaligus mempromosikan lebih luas lagi atas dibukanya kembali hotel yang pernah berjaya di era 80-an hingga 90-an ini,” jelasnya.

Ke depan dengan fasilitas yang dimiliki, hotel ini akan memberikan warna tersendiri bagi industri perhotelan di Jogja. “Karena hotel ini memiliki kaitan historis yang tak dimiliki oleh hotel lain. Hotel ini memiliki dimensi kulutural yang kuat khususnya dengan Keraton Yogyakarta,” papar Sudarsana.

Oleh karenanya, berbagai elemen dan event seni-budaya akan banyak digandeng dan digelar di hotel yang diban-gun dengan 7 lantai ini, kata Sudarsana. (Herlambang JL)

Yuwana Wiraswasti SIP

Peduli DiengEdwin Ismedi Himna

Fokus Dalam Promosi

Perintis Hafidh Asrom, Herlambang Jati L Pelindung GBPH Prabukusumo, Hafidh Asrom, Tazbir, Hamzah HS, Nur Achmad Affandi, Hilman Hakim Pemimpin Redaksi Herlambang Jati L, Yuliantoro (staf) Menejer Iklan dan Kerjasama Sri Astuti Sirkulasi Sani Eko Purnomo Sekretariat Redaksi Suhaelan Z Wafa Disain Grafis Abu Jihad

Tarif Iklan

Promo Spesial ( 2 kol x 100 mm) hitam putih/BW Rp 250.000. Iklan Kolektif (hitam putih/BW): Ukuran 1,5 kol x 50 mm Rp 100.000, colour/warna Rp 150.000. Tarif Promo Hotel dan Restoran Rp 50.000/tayang (Paket 1 Tahun Rp 500.000). Iklan Display (hitam putih/BW): Ukuran 1/4 halaman Rp 750.000, 1/2 halaman Rp 1.250.000, 1 halaman Rp 2.250.000. Iklan Display colour/warna: Ukuran 1/4 halaman Rp 1.500.000, 1/2 halaman Rp 2.500.000, 1 hala-man Rp 4.000.000. Pariwara/ad-vertorial hitam putih/BW: Ukuran 1/4 halaman Rp 650.000, 1/2 halaman Rp 1.200.000, 1 halaman Rp 2.250.000. Pariwara/advertorial warna/colour: Ukuran 1/4 halaman Rp 1.000.000, 1/2 halaman Rp 1.750.000, 1 halaman Rp 3.250.000. Banner (halaman 1 : 5 kol x 100 mm) Rp 2.000.000 (colour), paket 6 bulan Rp 10.000.000.

KONTAK IKLAN : Sri Astuti (087839843559, 081328306767), (085729965554),

Diterbitkan oleh : CV. CIPTA MEDIAAlamat Redaksi dan Iklan : Jln Pandegarini 12 JogjaTelepon : (0274) 880049, 885626 Fax : (0274) 885551E-mail : [email protected] [email protected]

Dicetak Oleh Spadan Adv. 0274 378052DISTRIBUSI Tabloid INFO WISATA JOGJA & JATENG : Purworejo, Kebumen, Klaten, Semarang, Temanggung, Boyolali, Wonosobo, Karanganyar, Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo, Lombok, Balikpapan

Edisi 24 NOVEMBER 2011

TAK hanya Malioboro, Keraton atau Merapi saja yang dimiliki Jogja yang selama ini jadi “magnet” bagi para wisatawan yang datang ke kota ini. Namun Jogja juga memiliki potensi lain yang bisa Anda manfaatkan yakni berwisa-ta ke berbagai kampus (wisata pendidikan).

UGM misalnya. Perguruan tinggi ternama di Indonesia ini sudah lama menjadi salah satu tujuan wisata pendidikan di Jogja. “UGM sudah lama jadi tujuan wisata pendidikan. Kita ingin lebih banyak mensosialisasikan adanya at-mosfer pembelajaran di kampus,” kata Kepala

Bidang Humas dan Keprotokolan UGM, Drs. Suryo Baskoro, M.S.

Tidak tanggung-tanggung, setiap tahun ada sekitar 130-an SMA yang berwisata pendidikan di kampus ini, baik yang berasal dari Jawa mau-pun luar Jawa. “Bisa kalau pas musim liburan setiap bulan ada 40-an SMA yang wisata pen-didikan di UGM,” tambahnya.

Melihat prospek wisata pendidikan UGM yang terus diminati, peneliti Pusat Studi Pari-wisata (Puspar) UGM, Prof. Dr. Janianton Da-manik, berharap agar ke depan kegiatan itu dapat dikemas lebih bagus lagi dan masuk pada substansi. “Siswa SMA bisa berkunjung dan memperoleh informasi, misalnya di pusat-pusat studi atau Museum Paleoantropologi, Fakultas Kedokteran, yang saya rasa itu satu-satunya di Indonesia,” jelasnya.

Selain berkunjung ke museum atau pusat studi, para siswa juga dapat diarahkan ke Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri saat berlangsung pertunjukan kesenian, atau da-pat juga ke Lembah Fitness ketika berlangsung pertandingan olahraga. (Herlambang JL/sumber: www.ugm.ac.id)

Wisata Pendidikan di UGMAJANG pameran Pesona Pangan Nusantara

(Oktober 2011) lalu di JEC, berlangsung me-riah. Berbagai ragam pangan dan minuman di pamerkan. Tak ketinggalan para mahasiswa STP AMPTA Yogyakarta, unjuk diri untuk mem-buka stand kuliner dan moktail.

Selain itu para Mahasiswa AMPTA mende-monstrasikan kreasi mengukir dan menghias buah-sayuran (food carving) serta demonstrasi atraksi ketrampilan meramu minuman dengan juggling. Acara ini mendapat sambutan yang meriah dari para pengunjung karena meraka diberi kesempatan untuk mencoba mengukir buah dan atraksi meramu minuman (non alco-holic).

STP AMPTA tidak pernah absen dari acara yang diselenggarakan setiap tahunnya ini. Cara ini merupakan even untuk mengenalkan mahasiswa pada kekayaaan kuliner nusantara dan dunia usaha kuliner. Dengan selalu tampil dan ikut serta dalam acara ini, diharapkan para mahasiswa meningkatkan kreativitas, kompeti-

si dan jiwa wirausaha. (Herlambang JL/ Sum-ber: AMPTA Yogyakarta)

STP AMPTA YOGYAKARTA

Pacu Krativitas Lewat Exhibisi

, nasi jagung, tempe kemul, dan nya. “Itu semua harus d i k e m -

agar menjadi ikon dari Di-ih dari itu ekono- m i kat sekitar j u g a urut meng- g e -angnya. Ana harap “sadar

benar-benar mbuh pada diri kat Wonosobo,

ya. (Herlambang

Kembali ke Jogja

November 2011

L Sudarsana

21Edisi 24November 2011

SALAH satu keajaiban dunia adalah Tembok Cina atau disebut pula “Great Wall”. Maka belum ke Cina kalau kaki belum menyentuh Tembok Cina ini. Maka tak heran, para wisatawan as-ing selalu menempatkan kunjungan ke Tembok Cina ini menjadi kunjungan utama saat berwisata ke Negeri Tirai Bambu itu.

Inilah sebuah maha karya dari ma-nusia. Sebuah tembok terpanjang di dunia yang pernah dibuat oleh manu-sia. Tembok Cina ini memiliki panjang sekitar 6.700 km dan dibuat oleh ma-nusia mulai abad ke-5. Banyak akses bagi wisatawan untuk memasuki ka-wasan tembok Cina ini, antara lain

kota Badaling, Juyongguan, Simatai dan Jinshaling. Pintu masuk yang paling populer adalah Badaling yang berjarak sekitar 60-70 km dari Bei-jing.

Tinggi Tembok Cina 8 meter, lebar bagian atas 5 meter dan bagian bawah 8 meter. Setiap 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai yang ting-ginya antara 11-12 meter. Bagian atasnya dibuat dari jalan utama un-tuk pasukan berkuda Cina. Ada lebih 10.000 menara pengawas dan mercu suar berdiri di tembok ini.

Tembok raksasa ini dibuat untuk mencegah serbuan bangsa Mongolia. Konon pembuatan tembok ini mema-

kan waktu sekitar 2000 tahun. Bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke tembok besar ini sebaiknya perlu memperhatikan cuaca setempat. Se-bab kala musim dingin (salju) kerap untuk sementara waktu ditutup, tidak boleh dikunjungi akibat tertutup salju, sehingga bisa membahayakan pengun-jung. Wisatawan akan memperoleh sertifikat resmi usai menyusuri Tem-bok Cina ini.

Aneka suvenir cukup banyak dijual di kawasan ini. Sebuah sensasi yang luar biasa manakala kita injakan kaki di Tembok Cina. Sebuah tembok “ajaib” yang pernah ada di dunia ini. (Herlam-bang JL)

TEMBOK CINA – Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOG-JA & JATENG, Herlambang JL, saat berada di Tembok Cina.

Perjalanan INFO WISATA JOGJA & JATENG ke Cina

Susuri Tembok Cina Dapat Sertifi kat

Only Rp. 900.000,-Only Rp. 900.000,-

special room promo

for weekendRp 475.000 nett

INDUSTRI perhotelan di Solo kian semarak, menyusul akan hadirnya sebuah hotel bintang 2, Fave Hotel Adisucipto Solo Hotel. Hotel dari Aston International Group ini rencananya akan soft opening akhir ta-hun 2011.

Hotel ini berlokasi di pusat bisnis kota Solo dan merupakan hotel dengan pelayanan terpilih yang terbaik di Solo. “Sehingga sangat ideal bagi para pelancong atau para pengunjung yang mencari ako-modasi berkualitas dengan harga terjangkau namun mengutamakan pelayanan dan kebersihan yang terbaik,” papar Executive Sales, Reny Listiana, kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Fasilitas kamar antara lain TV LCD dengan saluran TV kabel pre-mium, AC yang dilengkapi dengan pengendali jarak jauh, tempat tidur dan kamar mandi yang nyaman,sambungan telepon IDD dan koneksi WiFi berkecepatan tinggi. (Herlambang JL)

Fave Hotel Hadir di Solo

Fave Hotel Adisucipto SoloJln. Adisucipto No.60

SOLOTelp : (0271)3022600Fax :(0271)661667

Email :[email protected]

22Edisi 24

November 2011

1. Kenali daerah tujuan. Kondisi di musim hujan di daerah tu-juan bisa jadi berbeda satu sama lain. Ada wilayah tertentu yang curahnya hujan tinggi, sementara daerah lain tidak. Di wilayah pegunungan biasanya curah hujan tinggi.

2. Persiapkan kondisi fi sik. Di musim hujan bakteri, virus, kuman, dan jamur tumbuh subur. Baik juga kalau Anda melakukan vaksinasi virus tertentu seperti malaria, demam berdarah, atau fl u. Lazimnya vaksinasi dilakukan 1 minggu atau 3 hari sebelum berangkat liburan.

4. Jangan lupa bawa obat-obatan seperti obat sakit kepala,

fl u, dan diare. Juga obat antiseptik, alkohol, kapas, balsam, minyak gosok.

5. Bawalah beberapa baju hangat, sweater, atau jaket. Pasti-kan pula payung atau jas hujan sudah masuk dalam tas. Tak kalah penting juga pelindung tas (rain cover). Juga bawa kaos kaki, khususnya saat berada di wilayah dingin.

6.Mandilah sehabis hujan-hujanan meski suhu udara dingin. Bilaslah tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Mandi akan menyegarkan tubuh kita. Jika tidak tahan dengan air din-gin gunakanlah air hangat.

Nah, selamat berwisata, meski saat musim hujan...!. (Herlam-bang JL/dari berbagai sumber)

Nyaman Berwisata Saat Musim Hujan

23Edisi 24November 2011

Tulisan ini didasarkan pada pengalaman empiris penulis setelah melakukan berba-gai penelitian dan pengamatan langsung di beberapa kawasan wisata di beberapa keca-matan Daerah Tingkat II Kabupaten Sleman. Pertama atas dasar penelitian yang dilakukan di 3 desa wisata di Kecamatan Turi, kawasan wisata Embung Tambakboyo (Kec Depok) dan pengamatan di Sentra Industri Lurik (home in-dustry) sebagai obyek wisata belanja di Dusun Gamplong (Kec Moyudan).

SEKTOR pariwisata telah tumbuh menjadi sektor alternatif yang mampu mendorong pembangunan daerah ketika pilihan pada sektor lain mengalami jalan buntu. Sektor pariwisata, sebagai salah sektor yang sangat berbasis pada potensi lokal tercatat tumbuh 4,19 persen atau di atas rata-rata pertum-buan PDB tahun 1998-2002 (I Gede Ardika : 35 Kebijakan Nasional Pengurangan kemiski-nan melalui pariwisata Pusat Studi Pariwisata UGM Yogyakarta : 2005 )

Fakta menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran perilaku pada diri wisatawan da-lam menentukan pilihan obyek yang akan dikunjungi. Mereka ingin berrekreasi, meng-inginkan suatu daerah yang melahirkan sua-sana baru lepas dari kebisingan, kehidupan sehari-hari. Daerah yang diinginkan adalah daerah yang tenang, pemandangan yang asli yang nyaman untuk keperluan istirahat. Bi-asanya daerah-daerah itu berupa daerah pan-tai, gunung-gunung, pedesaan,dan sebagain-ya (Spillane 85, Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya). Konteks ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah wisata pedesaan.

Desa wisata adalah sebuah kawasan wisata yang mengakomodsi seluruh kekayaan desa yang ada yang dapat dijadikan daya tarik dan fasilitas pendukung sebuah kawasan wisata.

Dari pengertian ini maka desa wisata perlu terus dikembangkan untuk dapat member-dayakan masyarakat desa dengan menjun-jung tinggi nilai-nilai kearifan lokal yang ada. Persoalannya adalah sudah mampukah desa wisata memberdayakan masyarakat ?

Pemberdayaan dimaknai sebagai segala usaha untuk membebaskan masyarakat miskin dari belenggu kemiskinan yang menghasilkan suatu situasi di mana kesempatan-kesempa-tan ekonomis tertutup bagi mereka. Maka, konsep pemberdayaan mencakup pengertian pembangunan masyarakat dan pembangu-nan yang bertumpu pada masyarakat.

Indikator sebuah pemberdayaan dapat dili-hat dari demensi ekonomi, demensi sosiokul-tural dan demensi partisipatif. Berdasarkan

hasil pengamatan lapangan yang dilakukan, ketiga dimensi pemberdayaan telah dirasakan oleh sebagian masyarakat, namum demikian secara statistik belum cukup signifi kan. Artin-ya adalah : 1). Bahwa ketiga dimensi itu masih sebagian kecil dinikmati oleh sekelompok masyarakat saja, 2). Kunjungan wisatawan pada obyek wisata pedesaan bersifat musi-man, 3) Dari aspek sosiokultural desa wisata belum sepenuhnya mampu mengangkat budaya lokal dan memotivasi masyarakat untuk sepenuh hati sebagai sektor andalan bagi masyarakat perdesaan, 4) Keterlibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan dan pengambilan keputusan tentang keberadaan desa wisata belum proporsional.

Atas dasar hal tersebut lahir berbagai rekomendasi 1) Keberadaan desa wisata per-lu pendampingan secara intensif dalam hal pengelolaan, pemasaran, pendanaan.2) Pen-dampingan dapat dilakukan oleh pemerintah (Dinas Pariwisata) maupun lembaga seperti Perguruan Tinggi Priwisata, Asosiasi profesi (HPI, PHRI, Asita, Fosipa, MPI) 3) Sebuah ben-tuk nyata dari sebuah pendampingan mung-kinkah Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman bersama dengan akademisi dan para praktisi pariwisata membentuk kelompok-kelompok kerja sebagai unit fasilitator yang terjun lang-sung desa wisata untuk bersama-sama den-gan masyarakat menggairahkan wisata pede-saan.

Berbagai rekomendasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada kom-ponen masyarakat untuk menciptakan rasa memiliki, rasa bertanggung jawab dengan demikian masyarakat akan lebih berdaya. (Drs. Santosa MM. Penulis adalah Dosen Tetap, Puket III bidang Kemahasiswaan, STP AMPTA Yogyakarta)

Desa Wisata dari Dimensi PemberdayaanOleh: Santosa

SEBAGAI sebuah hotel, nama Ambar-rukmo bak sebuah “legenda” tersendi-ri. Hotel Ambarrukmo (Ambarrukmo Palace Hotel/APH) memang menjadi kampiun hotel yang ada di Jogja di era tahun ’70 an hingga ‘90-an. Dan kini setelah “vacum” cukup lama, Hotel Am-barrukmo telah “lahir kembali” dengan nuansa serta atmosfer sebagai sebuah hotel yang modern.

Dengan nama The Royal Ambar-rukmo Hotel, hotel ini nantinya akan memiliki sebanyak 247 buah kamar. Saat ini sudah memasuki tahapan open door atau soft opening per 27 Oktober 2011 lalu. Menurutnya, ho-tel ini nantinya akan memiliki cukup banyak hall yang bisa untuk mengge-lar event dalam skala besar. “Salah sa-tunya adalah di lantai 7, kami punya ballroom yang mampu menampung hingga 1.000 orang,” tutur Sudarsana yang didampingi Public Relations, Fera L kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Satu hal yang unik dari hotel yang menempati lahan seluas 4 hektar ini adalah adanya sebuah bangunan den-

gan nama “Bale Kambang”, sebuah bangunan yang dikitari kolam. “Bale Kambang” kelak akan difungsikan se-bagai restoran namun dengan sentu-han Keraton Yogyakarta yang kental. “Mulai dari cara melayani tamu, se-ragam karyawan hingga menu yang disajikan benar-benar ala Keraton,” terang Sudarsana.

Konsep-konsep itulah tampaknya yang akan menjadi “ruh” dari The Royal Ambarrukmo Hotel ini. “Hotel

ini hadir dan dibangun sebagai hotel modern, namun tetap memiliki sen-tuhan nilai luhur Keraton Yogyakar-ta,” katanya.

Keraton yang memiliki “nafas mengabdi” untuk rakyat menurut Sudarsana akan diimplementasikan manajemen hotel untuk “mengabdi” dan “melayani” setiap tamu. “Kami akan melayani setiap tamu hotel den-gan hati, dengan sepenuh hati,” jelas-nya. (Herlambang JL)

THE ROYAL AMBARRUKMO HOTEL

Tampil Modern dalam Sentuhan Nilai Luhur Keraton

Sri Sultan HB X didampingi Tjia Eddy S saat melakukan penin-jauan sebelum soft opening The Royal Ambarrukmo Hotel

24Edisi 24

November 2011

Koleksi Terbaru Nan Istimewa dari Batik Adiningrat

INGAT Batik Jogja, Ingat Batik Adiningrat. Setelah sukses dengan koleksi batik pelangi khatulistiwa, koleksi baru kembali diluncurkan oleh Toko Batik yang berada di Jalan Malioboro No 73 Jogja terse-but. Koleksi yang mengusung tema “Jogja Istimewa: dihadirkan untuk menambah khasanah para cus-tomer dalam berbusana batik.

Koleksi terbaru ini tampil sebagai paduan motif yang menawan, ditambah dengan pemilihan warna-warna yang menarik dan cantik menjadikan koleksi Batik “Jogja Istimewa” lain daripada yang lain. Pros-es pewarnaan pun menggunakan pewarnaan alam sehingga lebih ramah lingkungan.

Motif-motif pewayangan pun ditorehkan da-lam koleksi batik “Jogja Istimewa” ini. Rangkaian pewayangan yang disajikan di atas motif, kali ini mulai menyusun sebuah alur cerita dimana meng-gambarkan kepahlawanan yang dituangkan ke dalam gambar tokoh pewayangan sebagai peng-gambaran kehidupan masyarakat Jogja dengan keanekaragamannya namun tetap rukun damai ser-ta hidup secara berdampingan untuk mewujudkan Jogja Istimewa di bawah kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dengan sentuhan warna-warna yang lembut dan alami seperti warna tanah merupakan cerminan masyarakat Jogja yang andhap asor dan memiliki rasa kebersamaan dan toleransi yang tinggi serta budaya yang diagungkan.

Penasaran? Kunjungi dan datangi Toko Batik Adiningrat di bilangan Malioboro. Dapatkan pula koleksi batik lainnya dengan aneka ragam proses, motif dan harga yang sangat terjangkau. Koleksi yang up to date, fashionable dan trendi akan selalu mewarnai khasanah busana batik Anda di berbagai situasi dan kondisi.

Batik Adiningrat merupakan toko batik yang nya-man dengan pelayanan yang ramah dan siap me-layani setiap pengunjung yang datang.Bagi anda yang berwisata ke Jogja jangan ragu untuk mampir dan menikmati aneka kreasi batik dari toko Batik Adiningrat

Nikmati pula fasilitas callmyname (ketik: Bati-kYogya dan kirim ke 9787) Anda akan langsung terhubung dengan Batik Adiningrat. Dapatkan ber-bagai informasi terbaru tentang batik koleksi Batik Adiningrat. (adv)

“JOGJA ISTIMEWA”

X.

INGAT Batik Jogjasukses dengan kolekoleksi baru kembayang berada di Jalanbut. Koleksi yang medihadirkan untuk mtomer dalam berbus

Koleksi terbaru inyang menawan, ditawarna yang menarikBatik “Jogja Istimewaes pewarnaan pun msehingga lebih rama

Motif-motif pewalam koleksi batik “Jpewayangan yang dmulai menyusun sebgambarkan kepahladalam gambar tokogambaran kehidupakeanekaragamannyata hidup secara berdJogja Istimewa di bHamengku Buwono