tabloid info wisata jogja jateng 40 / maret 2013

24
PEMANDU ANDA BERWISATA PEMANDU ANDA BERWIS ATA Edisi 40 18 Maret 2013 - 18 April 2013 www.infowisatajogja.com Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja Telp (0274) 485650, 7487497 Fax (0274) 485214 www.stipram.ac.id PT Bimo Transport Indonesia Jln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono, Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJA Tlp (0274)4435100,7470643 Fax (0274) 4435200 BUS PARIWISATA & RENT CAR Rumah Warna Jogja Head.Ofce Jl. Kemuning 17 Sawit Sari, Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta Telp/Fax : 0274 884816 JOGJA STAR JOGJA STAR TRANSPORT TRANSPORT Jl. Keparakan Kidul MG I/1312, Yogyakarta, Indonesia (0274) 7010074 08122742190 BBM+DRIVER AvanZa rp. 325.000’-/12 jam www.jogjastartransport.com Content Content Kuliner Kepiting Balikpapan Hal Liputan Khas Kotagede Hal Liputan Utama Wisata Pasuruan Hal Rubrik Konsultasi Kesehatan Wisata Hal ge e ede l l l l l l l l l l l l l l U Utama Pa a asuruan 3 3 a a a a a a a a a a a al l l l l l l l li i i i ik k k k k k k k k k k k k k kp p p p p p p p p pa a a a a a a a a ap p p p p p pa a a a a a a a a an n Wisata l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l 18 18 it t ti i in ng g B Ba a alikpapan alikpapan 24 24 sa at t ta a a a P Pa asuruan l l l l l Ru u ub b br r r rik Kons s su ultasi Pa a asuruan 12-13 12-13

Upload: tabloid-wisata

Post on 24-Mar-2016

323 views

Category:

Documents


27 download

DESCRIPTION

Tabloid Info Wisata Jogja Jateng adalah sebuah tabloid yang memberikan berbagai informasi tetang pariwisata di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah , Indonesia. /Tabloid Info Jogja Java is a tabloid that provide tourism information in the neighbor Yogyakarta and Central Java, Indonesia

TRANSCRIPT

Page 1: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

PEMANDU ANDA BERWISATAPEMANDU ANDA BERWISATAEdisi 40 18 Maret 2013 - 18 April 2013

www.infowisatajogja.com

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Jln. Laksda Adisucipto Km 5 Jogja

Telp (0274) 485650, 7487497

Fax (0274) 485214www.stipram.ac.id

PT Bimo Transport IndonesiaJln.Raya Berbah, Sampakan, Kadisono,

Tegaltirto, Berbah, Sleman- JOGJATlp (0274)4435100,7470643

Fax (0274) 4435200

BUS PARIWISATA & RENT CAR

Rumah Warna Jogja Head.Offi ce Jl. Kemuning 17 Sawit Sari, Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta Telp/Fax : 0274 – 884816

JOGJA STARJOGJA STARTRANSPORTTRANSPORT

Jl. Keparakan Kidul MG I/1312, Yogyakarta, Indonesia

(0274) 7010074 08122742190

BBM+DRIVER AvanZa rp. 325.000’-/12 jamwww.jogjastartransport.com

ContentContent

Kuliner Kepiting Balikpapan Hal

Liputan Khas Kotagede

Hal

Liputan Utama Wisata Pasuruan Hal

Rubrik Konsultasi

Kesehatan Wisata Hal

geeede llllllllllllll

UUtama Paaasuruan

33

aaaaaaaaaaaallllllllliiiiikkkkkkkkkkkkkkkppppppppppaaaaaaaaaapppppppaaaaaaaaaan

n Wisata llllllllllllllllllll 1818

itttiiinngg BBaaalikpapan alikpapan2424

saatttaaaa PPaasuruan lllll

Ruuubbbrrrrik Konsssuultasi

Paaasuruan12-1312-13

Page 2: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

SEBAGAIMANA komit-men kami sejak awal yakni memberikan informasi soal kepariwisataan secara leng-kap., akurat dan lugas ke-pada para pembaca, maka mulai edisi 40 ini kami akan menjadikan liputan-liputan luar daerah menjadi “Liputan Utama”.

Dan untuk edisi 40 ini, kami hadirkan sebuah hasil liputan di Kabupaten Pasuruan (Jatim) sebagai Liputan Utama. Dengan demikian para pembaca setia kami akan memperoleh informasi secara lengkap melalui Li-putan Utama tersebut.

Adapun liputan di Pasuruan merupakan bentuk kemi-traan 3 pihak : INFO WISATA JOGJA & JATENG- Pemkab Pasuruan serta Dinas Kebudayaan & Pariwisata Pasuru-an. Hadirnya Liputan Utama itu tentu saja membawa konsekuensi logis bahwa kami “wajib” untuk terus menerus melakukan kegiatan “petualangan wisata” di berbagai daerah, yang nantinya hasil liputan tersebut akan kami tuangkan untuk rubrik “Liputan Utama”.

Sekali lagi itulah wujud konkrit atas komitmen kami untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepa-da semua pembaca setia kami. Dan kami telah meny-usun serangkaian agenda liputan wisata di banyak kota di Indonesia selama tahun 2013 ini. Tunggu saja.

Salam hangat

Herlambang JL(Pemimpin Redaksi)

Liputan Utama

2 Edisi 40maret 2013

Dari Kami ..

DIMAS DIAJENG - Sebanyak 30 anak yang lolos sebagai fi nalis dalam seleksi Dimas Dia-jeng Sleman Cilik 2013 melakukan observasi ke sejumlah destinasi wisata di Sleman yang dikemas dalam bentuk famtrip atau familiar-

izarion trip. Destinasi wisata yang dikun-jungi meliputi Museum Gunungapi Merapi

(MGM), Desa Wisata Grogol dan Desa Wisata Gamplong.

MOU – Ketua STIPRAM, Suhendroyono SH saat menandatangani MoU bidang pendidikan den-gan Dubes Papua Nugini sebagai upaya pengem-bangan pendidikan di STIPRAM.

HUT KE-22 - Hotel Santika Premiere Jogja merayakan HUT–nya yang ke-22 beberapa waktu lalu. Tampak GM Santika Premiere Jogja, Ari Respati, saat melakukan potong tumpeng menandai acara HUT tersebut.

MITRA KITA

SANTAP MALAM - Tampak pemilik RM “Dandito” Balikpapan, Rudy Setiawan (kiri) saat melakukan jamuan makan malam di RM Mang Engking, Soragan, Jogja.

GRAND TJOKRO KLATEN - General Manager Hotel Grand Tjokro Klaten, Dede Rahman S (kanan)

PURI ARTHA - INFO WISATA JOGJA & JATENG saat dijamu santap siang oleh manajemen Puri Artha Hotel. Tampak GM Puri Artha Hotel, Gatot Syahputra S (kiri).

Accor Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali menggelar keg-iatan olah raga tahunannya, Accor Sport Day. Acara yang di-langsungkan di Gedung Olah Raga Among Rogo ini diikuti oleh ketujuh hotel Accor di Yogyakarta dan Jawa Tengah: No-votel Yogyakarta, The Phoenix Hotel Yogyakarta, Ibis Mal-ioboro Yogyakarta, Ibis Styles Yogyakarta, Novotel dan Ibis Solo, Novotel Semarang dan Ibis Semarang.

Accor Sport Daydigelar di Yogya

Page 3: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

3Edisi 40maret 2013

XT Square yang beralamat di Jalan Veteran Yogya-karta (eks terminal lama Umbulharjo) merupakan pasar seni dan kerajinan Jogja. Di tempat ini terdapat berbagai produk seni dan kerajinan Jogja seperti batik, kerajinan kayu, logam, perak, bambu,aksesoris dsb. Bagi yang in-gin mencicipi aneka kuliner tradisional bisa menjadi al-ternatif tujuan. Tersedia kuliner angkringan, gudeg, ku-pat tahu, bakmi Jawa, ayam bakar, dsb.

Direktur Operasional dan Pemasaran XT Square Widi-hasto Wasana mengatakan operasional XT Square ada-lah salah satu pusat keramaian di wilayah selatan yang tentunya tidak bisa lepas dari kawasan bisnis dan wisata lainnya, termasuk di antaranya Kota Tua Kota Gede.

Saat ini kios-kios buka mulai pukul 14.00-22.00. “Ke depan kita sudah merencanakan untuk pengembangan dan operaisonal XT Square secara maksimal. Namun un-tuk event, telah menjadi agenda rutin dari kita, baik yang diselenggarakan secara internal, maupun dengan pihak ketiga,” tutur Widihastomo. (tik/tor)

XT SquareJl Veteran

JOGJATelp (0274) 388014

KAWASAN Kota Tua merupakan bagian dari wilayah Kecamatan di Kotamadya Yogyakarta. Terletak sekitar 10 km sebelah tenggara jan-tung kota gudeg. Kota wisata ini sering disebut dengan kota tua dan terkenal dengan sentra kerajinan perak di Jogja. Kawasan ini meny-impan sekitar 170 bangunan kuno buatan tahun 1700 hingga 1930, “Kotagede tidak cukup disebut sebagai Kota Perak, tetapi Kota Tua (The Old Capital City)” menurut seorang budayawan Kotagede, Ach-mad Charris Zubair.

Di tempat ini terdapat sekitar 350 bangunan heritage 3 masa. Mulai dari masa Jawa-Hindu, Jawa-Islam hingga Jawa Kolonial. Inilah yang membuat Kotagede kaya dengan nilai budaya dan menjadi sebuah living museum.

Ketua Yayasan Kantil,Muhammad Natsir mengatakan sebagai ka-wasan Kota Tua, ada banyak hal yang bisa diekspose dan dieksplore dari Kotagede. “Di sini bisa belajar perak, kerajinan mebel, memasak makanan tradisional seperti kipo, yangko, banjar, roti kembang waru. Juga bisa mencicipi kuliner sate kocor, sate karang. Bahkan ngonthel jelajah heritage, hingga paket ghost tour. Masih ditambah lagi ada sekitar 175 perajin perak,”papar Natsir

Memasuki Kotagede dari arah utara melalui Gedong Kuning, sebuah jalan raya diapit bangunan klasik yang berjejer di kedua ruas jalan seakan menjadi pembuka eksotis bagi wisatawan setelah melewati gapura. Dari barat bisa melalui Terminal Giwangan ke utara melintasi Jalan Pramuka belok kanan masuk Jalan Tegal Gendu.

Memasuki wilayah Kotagede, para wisatawan sudah bisa menikmati berbagai kerajinan perak yang dijual di toko-toko sepanjang Jalan Ke-masan dan Jalan Mondorakan. Masuk ke dalam kampung-kampung, terdapat lorong-lorong (labirin) dan rumah tradisonal joglo atau li-masan serta bangunan kuno berarsitektur paduan Eropa Jawa.

Nah, bertandanglah ke Kotagede untuk melihat berbagai kerajinan, mulai dari perhiasan, benda pajangan atau alat makan dari perak

yang dibuat dengan sentuhan artistik para pengukir perak. Senyuman dan sapaan hangat akan menjadi sambutan yang menyenangkan un-tuk mengawali perjalanan menelusuri Kotagede. (tor/tik)

Bangunan Heritage Menarik di Kotagede: 1. Pasar Kotagede.2. Makam Raja Raja Mataram.3. Batu Gilang.4. Batu Gatheng.5. Sendang Seliran.6. Monumen Pacak Suji.7. Masjid Besar Mataram.8. Sumber Kemuning.9. Langgar Dhuwur.10.Puluhan rumah joglo serta berbagai produk makanan khas, kerajinan, serta lainnya. (tor)

KOTAGEDE adalah destinasi wisata yang unik. Meski bukan penghasil bahan baku perak, akan tetapi jum-lah perajin peraknya cukup banyak. Dikenal sejak abad 17, pada masa Sultan Agung. Alhasil Kotagede pun tersohor sebagai kota penghasil kerajinan perak. Desain perak yang dihasilkan para perajin pun beragam. Salah satu teknik pembuatan perak yang cukup dikenal adalah fi ligree, The Beauty of Craft Kotagede.

Borobudur Silver (BS) dan HS Silver merupakan show room perak yang cukup diminati para wisatawan. Selly Sagita selaku owner BS mengatakan bahwa BS menerapkan konsep total destinations. Selain berbelanja per-ak, melihat proses produksi perak, pengunjung pun bisa mencicipi ku-liner tradisional yang ada di restoran. Berbagai menu tradisional nusantara pun tersaji, termasuk di antaranya menu rumahan seperti sayur bobor, brongkos, sayur asem, sayur lodeh, gudeg, garang asem dan lain seba-gainya.

“BS memposisikan diri sebagai pusat belanja perak dengan produk-produk yang berkualitas. Kita ingin memberikan edukasi kepada cus-tomer, baik lokal maupun mancane-

gara bahwa perak adalah sebuah karya seni, bukan sebatas produk kerajinan. Kita ingin menjadikan per-ak sebagai bagian dari produk fash-ion,” tutur Selly Sagita.

Hal yang sama pun dilakukan oleh manajemen HS Silver. Keunggulan HS Silver juga terletak pada produk jewellery dengan teknik fi ligree. Marketing Manager HS Silver Iskan-dar mengatakan seiring dengan ke-naikan kunjungan wisatawan, animo wisatawan atau turis yang berkun-jung ke showroom dan workshop HS Silver pun relatif cukup bagus. “Dari sisi produk, sekitar 80 persen-nya adalah jewellery, sementara dari sisi penjualan dominasi kita masih di ekspor, khususnya dari Eropa dan Timur Tengah,” paparnya. (Tik)

Nikmati Pesona Kota Tua di Kotagede

Yayasan KantilPekaten, Kg 2850 (0274)

784 [email protected]

Kotagede, Pusatnya Fashion Perak

XT Square, Pasar Seni dan Kerajinan Jogja

Terinspirasi dengan semangat kembali ke alam, kami ajak Anda menjelajahi areal hijau kebun organik dengan sepeda di ROEMAH ORGANIK Mbulusan. Bersepeda selama 2.5 jam di areal hijau akan menyegarkan pikiran dan tubuh anda. ROEMAH Organik Mbulusan terletak di desa mBULUSAN, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, tepatnya di jalan Kaiurang km 14. Inilah Keunikan ROEMAH ORGANIK yang men-

jadi sentra agrowisata dan peternakan sapi.

Paket perjalanan semakin lengkap dengan singgah

ke Rumah Batik Tulis SOGAN. Disini anda dapat belajar membatik , menggoreskan canting pada sehelai kain yang dapat anda bawa pu-lang sebagai kenang-kenangan. Kesenian tradisional masyarakat desa wisata Tanjung akan ikut meramaikan kunjungan anda.

Diakhir perjalanan anda akan dibawa menuju saung dipinggir sawah untuk menikmati makan siang dengan hidangan Sego Wiwitan.

PAKET TOUR JELAJAH WISATA SEPEDA DI ROEMAH ORGANIK

Harga Tour Per-orang1. Paket Dewasa 2. Paket Anak – anak

Jl. Parangtritis No. 69 B Yogyakarta 555153, Telp/Fax : 0274 – 385939Email : [email protected] : www.jogjalearningcenter.com

Contact Person Marketing : 0857 1467 1865 ( Titiek Lestari )

LIPUTAN KHAS

Jl. Mondorakan No. 1, Kotagede Jogjakarta - Indonesia.Ph. +62 274 375107 - 370725Fax +62 274 377872

@HSSilverJogja

hssilver.com

Hs Silver

HS SILVER 800-925

Sparkling Silver In heritance

Page 4: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

4 Edisi 40maret 2013

GUNUNG

KIDUL

GUNUNGKIDUL adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kawasan karst. Kawasan karst di Gunungkidul ini merupakan salah satu segmen dari kawasan karst Gunungsewu yang bentangannya meliputi 3 kabupaten yakni Paci-tan, Wonogiri dan Gunungkidul.

Keberadaan karst Gunungkidul mencakup 10 wilayah kecamatan dengan luas 13.000 km2, sangat unik dan bercirikan fenomena di permukaan (ekokarst) dan bawah permukaan (endokarst). Fenomena permukaan meliputi bentukan positif seperti perbukitan karst yang jumlahnya sekitar 40.000 bukit yang berbentuk kerucut. Sedangkan bentukan negatifnya berupa lembah-lembah karst dan telaga karst.

Fenomena bawah permukaan meliputi goa-goa karst (119 goa) dengan hiasan stalaktit dan stalakmit, dan semua aliran sungai bawah tanah. Karena keunikan ekosistemnya, maka pada tahun 1993 International Union of Speleology

mengusulkan agar kawasan karst Gunungsewu masuk ke salah satu warisan alam dunia. Dan pada 6 Desember 2004, wilayah Karst Gunung-sewu dicanangkan oleh Presiden SBY sebagai kawasan eko karst.

Beberapa tempat wisata di kawasan Karst Gunugsewu yang menjadi favorit wisatawan adalah Goa Ningrong, Lembah Karst Mulo (Kecamatan Wonosari), Goa Jlamprong, Goa Kali Suci,, Goa Jomblang, Goa Grubug (Kecamatan Semanu), Goa Seropan (perbatasan Semanu dan Kecamatan Ponjong), Goa Cokro (Kecamatan Ponjong) dan Goa Pindul (Kecamatan Karang-mojo).

Nah, selamat berwisata. Ayo susuri kawasan Karst Gunungsewu…!!

(Herlambang JL)Wisatapindul.blogspot.comGOA PINDUL – Goa Pindul kini jadi primadona wisata di Gunungkidul. Tampak putri Sultan HB X, GK Bendara bersama KPH Yudanegera saat berkesempatan mengunjungi Goa Pindul.

GUNUNGKIDUL adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kawasan karst Kawasan

mengusulkan agar kawasan karst Gunungsewu masuk ke salah satu warisan alam dunia Dan

Telusuri Kawasan Karst Pengunungan SewuTelusuri Kawasan Karst Pengunungan Sewu

PANTAI, siapa yang tak suka berlibur di tempat satu ini?. Yah, pantai memang memberikan suasana lain saat-saat kita bersama keluarga mengisi liburan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pasti akan bisa menikmati suasana pantai.

Tapi liburan di pantai juga memiliki sejumlah risiko, terutama untuk anak kecil. Baik orang dewasa mau-pun anak-anak perlu memerhatikan panduan keamanan dasar, agar risiko kecelakaan bisa dikurangi.

Berikut ini tips liburan aman di pantai, seperti dilansir Helium.

1. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung Sinar matahari paling berbahaya antara pukul 10.00 - 14.00. Sangat disarankan Anda tidak berjemur di

pantai pada jam-jam tersebut. Jika tetap ingin aman, sewalah payung yang biasa digunakan di pantai atau dirikan tenda.

2. Topi dan Sunblock Kenakan kaus berbahan katun yang nyaman dan mudah menyerap keringat dan topi. Jangan lupa juga

oleskan krim tabir surya setiap 2 jam sekali dan setelah keluar dari air. Cara ini akan meminimalkan kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari.

3. Periksa Kondisi Air Pantai rekreasi biasanya memiliki pengawas atau penjaga pantai yang menginformasikan kondisi air

dan gelombang. Sebelum berenang, ada baiknya jika Anda menanyakan kepada penjaga pantai soal kondisi pantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Tanyakan juga apakah ada ubur-ubur di sekitar bibir pantai (terkena ubur-ubur bisa sebabkan iritasi pada kulit).

4. Berenang Beberapa pantai mempunyai karang atau tanaman yang merobek kulit saat kita berenang melewat-

inya. Bendera-bendera tersebut biasanya dipasang di daerah yang kemungkinan berbahaya. Pemasan-gan bendera juga sebagai tanda batas aman Anda boleh berenang. Jangan pernah berenang melewati bendera agar Anda atau anak Anda tidak lepas dari pengawasan penjaga pantai.

5. Awasi Anak Anda Jangan biarkan anak-anak lepas dari penjagaan Anda. Laut bisa sangat berbahaya, dan anak kecil

biasanya rentan tersapu ombak. Jaga selalu anak Anda jangan sampai masuk ke dalam air terlalu da-lam.

6. Jangan Menyentuh Cagar Alam Lokal Tegaskan pada anak Anda, maupun anggota keluarga lainnya untuk tidak menyentuh atau mendekati

cagar alam, baik itu tumbuhan maupun hewan. (Herlambang JL/dari berbagai sumber)

Tips Aman Berlibur di Pantai

Page 5: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

TAK jarang ketika kita melakukan perjalanan mengalami gangguan kes-ehatan yang tidak diduga atau diharapkan sebelumnya. Belum lagi setelah selesai dari perjalanan, seringkali juga malah sakit.

Risiko sakit selama dan sesudah perjalanan akan lebih meningkat pada usia lanjut, anak-anak dan mereka dengan kondisi khusus misalnya kehami-lan atau menderita penyakit yg berhubungan dengan daya tahan tubuh (im-munodisease)

Ada 3 hal yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan perjalanan, terutama bila berpindah pulau atau negara, dimana juga terjadi perbedaan lingkungan dan pola penyakit, yaitu:

1. Be Proactive Ini adalah salah satu cara untuk mengantisipasi berbagai keadaaan yang

mungkin terjadi selama perjalanan, antara lain dengan:a. Mencari info tentang daerah/Negara yang akan menjadi tujuan per-

jalanan.b. Konsultasi ke dokter Travel Clinic , di sini disamping kesehatan anda akan diperiksa.

Dokter juga akan memberikan informasi tentang kemungkinan penyakit apa yang akan didapat selama perjalanan dan menetap sementara di daerah/negara tujuan Anda

c. Memperhatikan status kesehatan. 2. Be Prepared Step kedua ini sangat penting diperhatikan, karena bisa saja selama dalam perjalanan ter-

jadi gangguan terutama kesehatan, yang harus diperhatikan aadalah:a. Mencari tahu isue-isue kesehatan/daerah atau negara tujuan seperti:

- Health Risk negara/daerah tujuan, termasuk didalamnya adalah wabah/penyakit yang endemis atau yang aru saja mewabah.

- Safety daerah/negara tujuan, misalnya: apakah ada Travel Warning atau Travel Alert.- Budaya dan hukum yang berlaku di daerah/Negara tujuan .b. Konsultasi ke dokter Travel Clinic untuk memastikan bahwa anda dalam kondisi kesehatan yang layak untuk melakukan perjalanan. Kun-jungan ke dokter idealnya dilakukan 4 minggu sebelum keberangkatan, karena ada beberapa jenis vaksin tertentu yang harus diberikan jauh-jauh hari sebelum berangkat.c. Persiapkan semua catatan kesehatan anda, seperti : catatan obat-obat yang biasa diminum, catatan bila ada riwayat allergy pada makanan atau obat tertentu dan catatan vaksinasi yang sudah pernah diterima. 3. Be Protected Inilah langkah akhir sebelum melakukan perjalanan, agar tetap

sehat selama dan sesudah selesai perjalanan, yakni:a. Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman. Ini agar tidak terserang sakit Diare (sering terjadi pada para traveler).b. Menggunakan Repellent (lotion anti nyamuk)c. Lengkapi vaksinasi anda sesuai dengan rekomendasi yang mungkin di persyaratkan

untuk masuk ke daerah/negara tujuan tertentu.d. Setelah selesai melakukan perjalanan pun bila merasakan badan tidak nyaman, segera

periksa ke dokter sebelum berlanjut menjadi lebih berat. Agar tetap nyaman selama perjalanan dan tanpa gangguan kesehatan sedikitpun setibanya

di rumah, Anda hanya tinggal melakukan appointment untuk mengunjungi dokter kami di RSL Travel Clinic (0274) 5305300.

5Edisi 40maret 2013

Telusuri Kawasan Karst Pengunungan Sewu

dapatkan di :

RAGAM KRIYA( R A Y A )

kary D SAINEa E R

d argaengan h

ERJANGKAU ?T

ar A IKc i B T

7 pagi - 1 m lam1 a

b auk

setiap hari

Dengan kekayaan budaya dan alam yang beraneka ragam, Indonesia menawarkan ban-yak daerah tujuan wisata bagi anda.Keindahan bawah laut Wakato-bi, Raja Ampat ataupun Karimun Jawa; belajar budaya di Keraton Kanoman Cirebon, Ubud atau di Bukittinggi; menikmati lezatnya hidangan setempat… hanyalah sedikit dari yang ditawarkan In-donesia…Ayo Berwisata di Negeri Sendiri

DeLANA tours & travelJl. Cantel 3A Semaki/Timur

Mandala Krida0274.547207 – 0817 782 737

[email protected]

WISATA DI INDONESIA?WHY NOT?

�7000247

TAXI MOTORKuliah, Kerja, Belanja, Wisata, Luar Kota

Surat, Dokumen, Barang Ringan

S O L U S I T R A N P O R T A S I A N D AP R A K T I S , M U R A H , A M A N A H

COURIER

SMS : 0815 797 0247

Dengan Vis i yang kuat , CHUBA TRANS siap melayani kebutuhan transportasi Anda, kapan saja dan dimana saja, khususnya di wilayah propinsi Yogyakarta. Anda tinggal menghubungi kami, armada Taksi Motor kami siap untuk menjemput Anda, mengantar kemanapun tujuan Anda untuk beragam kepentingan anda, baik aktifitas sehari-hari maupun tujuan wisata. Dengan driver yang ramah, sopan dan berpengalaman, siap memberikan pelayanan yang prima dilengkapi dengan fasilitas helm yang bersih & harum,mantel hujan lengkap (baju,celana, sarung sepatu) serta armada sepeda motor yang terawat, nyaman dan aman. Biaya yang relatif murah dan terjangkau, kami adalah solusi tepat untuk p i l i h a n ke b u t u h a n t r a n s p o r t a s i A n d a .

JAS 373737Armada 512787ASA 545545Rajawali 561459, 612976Indra Kelana 523131, 563910, 515819Pataga 317725Pandawa 447231, 7483000Vetri 563551, 563555Centris 544977Setia Kawan 448333, 522333Sadewo 376107Primkopad 621055, 621333

Telepon Taksi

Oleh : Dr.Evie Indrasanti, M.Kes

(Head of RSL Travel Clinic)

Agar Wisata Tetap Menyenangkan

WISATAWAN yang datang ke Jogja kini memiliki ban-yak pilihan, khususnya untuk belanja batik dan kerajinan. Ragam Kriya menjadi salah satu tempat berbelanja kera-jinan yang sangat strategis. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Dahlan.

Destinasi baru ini bisa me-nambah daya tarik wisatawan yang datang berbelanja. Selain berbelanja bisa me-nikmati bangunan heritage yang usianya ratusan tahun.

Ragam Kriya menyediakan banyak pilihan seperti aneka batik, kerajinan khas Jogja seperti perak, kayu, kulit dan sajian kuliner dengan harga terjangkau. Buka mulai pukul 07.00- 23.00. (*)

Ragam Kriya, Tepat untuk

Belanja

Page 6: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

6 Edisi 40maret 2013

Telp. 0274 - 885626 Fax. 0274 - 885551email: [email protected]: www.asram furni.com

ADA suasana yang yang berbeda saat kita memasuki area LPP Convention Hotel. Nyaman, asri, dan sejuk, itulah kesan yang muncul. “Kami memang ingin menghadirkan suasana sebuah hotel yang tak hanya nyaman dan aman, tapi juga asri dengan garden dan tanaman yang tertata rapi,” jelas GM LPP Convention Hotel, Indi P kepada INFO WISATA JOGJA & jateng.

Dengan atmosfer yang “hijau”, menjadikan hotel satu ini sangat tepat untuk digelarnya berbagai kegiatan. Mulai dari rapat terbatas hingga acara syukuran, dsb. Setiap kamarnya tak hanya hadir dengan space yang luas, namun juga tiap kamar juga dilengkapi teras atau balkon. Sehingga tiap tamu akan merasakan sebagaimana rumah sendiri.

Setiap tamu dapat berjalan-jalan menyusuri area hotel sembari menikmati asri dan hijaunya garden yang tertata begitu rapi. Setiap kamar dilengkapi AC, air panas, TV 21 inci dengan program channel satelit serta telepon IDD. (Herlambang JL)

Hijau dan Asri LPP Convention Hotel

GM LPP Convention Hotel, Indi P

Taman yang asri dan terawat rapi.

CEPAT dan agresif. Itulah yang dilakukan Dafam Hotel. Hal ini meny-usul eksapansi yang dilakukan di Maidun (Jatim). Pada 27 Februari 2013 lalu Dafam Hotel mengadakan penandatanganan nota kesepakatan kerja dengan investor di Madiun untuk pembangunan Hotel Dafam Merdeka Madiun. Penandatanganan dilakukan Ferry Soetanto (Komisaris PT Sep-ta Lingga Mas), Jerry Herman (Dirut) dan Ibu Wong Kwie Lan (Director) sedangkan dari pihak Dafam Hotel diwakili Handono S.Putro (Director Business Development).

Hotel Dafam Merdeka Madiaun akan menempati lahan seluas 2.000 m2, dengan lokasi di Jln. Pahlawan No 42 Madiun. Memiliki 120 kamar dan dilengkapi fasilitas Restaurant, Lobby Lounge & Bar, Ballroom den-gan kapasitas 1.000 orang,6 Meeting Room, Kolam Renang juga Fitness Centre & Spa.

Hotel ini berkonsep Business & Convention Hotel terdiri dari 12 lantai. Rencana pembangunan akan dimulai April 2013 ini dengan target awal 2014 hotel sudah siap untuk beroperasi. (Herlambang JL)

DAFAM MADIUN -- Dafam Hotel segera hadir di Madiun (Jatim). Tampak usai penandatanganan MOU, Handono S Putro (ketiga dari kiri), Ibu Wong Kwie Lan, Jerry Herman dan Ferry Soetanto.

Dafam Hotel Hadir di Madiun

Page 7: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

7Edisi 40maret 2013

ANDA suka kain tenun lurik?, cobalah kunjungi sentra kerajinan tenun lurik di Dusun Kem-bangan Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman. Di tempat ini akan ditawarkan berbagai produk kain tenun lurik dengan berbagai corak warna. Juga berbagai kreasi busana tenun batik lurik, baik untuk pria maupun wanita. Semua diproduksi dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Susi selaku Ketua Kelompok ”Lurik Kembangan”, mengatakan bahwa sebelumnya warga kembangan merupakan perajin tenun lurik untuk kain stagen. Namun sejak pertengahan tahun 2010, warga Kembangan mulai berkreasi dan berinovasi memproduksi kain tenun lurik untuk bahan busana dengan harga mulai Rp 75.000 hingga Rp 85.000.

Sedangkan kreasi busana ditawarkan dari harga Rp 90.000 hingga Rp 150.000. Hampir se-mua ibu-ibu di Dusun Kembangan I memiliki aktivitas sebagai penenun kain. Selain belanja, anda juga bisa belajar tenun bersama ibu-ibu kelompok perajin sambil mejeng berfoto ria. Ibu-ibu kelompok lurik siap berbagi ilmu tenun tradisional. (tor)

Belajar Tenun di Desa Kembangan

ATBM – Tenun lurik dari alat te-

nun bukan mesin (ATBM) bisa

dijumpai di Desa Wisata Kemban-

gan, Sleman.

MUSYAWARAH Umum Java Promo yang diselenggarakan 26 Februari 2013 lalu di Grha Sarina Vidi kembali memilih Kabupaten Sle-man sebagai Sekretariat Bersama (Sekber) Java Promo periode IV (2013–2015). Sebagai Ketua Sekber ditetapkan Sekda Kabupaten Sleman dr. Sunartono, M.Kes, Sekretaris Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Bendahara DPKAD Kabupaten Sleman.

Ditetapkan pula kepengurusan Pokja I Bi-dang Pengembangan Produk dan Promosi Pariwisata, sebagai berikut: Koordinator Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang, Wakil Ketua Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja, dan Sekretaris Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang.

Sedangkan kepengurusan Pokja II Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana Pariwisata,

sebagai Koordinator Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung, Wakil Koordinator Kepala Bappeda Kabupaten Gunungkidul dan Sekretaris Kepala Bappeda Kabupaten Banjarnegara.

Program kegiatan tahun 2013 telah dis-epakati, diantaranya famtrip travel agent dari Thailand, Malaysia dan Bandung, travel dialog dan pameran roadshow, studi orientasi dan pengembangan industri pariwisata, pengelo-laan website www.javapromo.com, kerjasama promosi multimedia, dll.

Direktur Pengembangan Daya Tarik Wisata dari Ditjen Pengembangan Destinasi Pari-wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sutyaningsih R yang membuka resmi Musyawarah Umum Java Promo mengharap-kan agar Java Promo dapat semakin profesion-al dalam upaya mengangkat kepariwisataan nasional. (Herlambang JL)

Sleman Kembali Jadi Sekber Java Promo

Acara Musyawarah Umum Java Promo, 26 Februari lalu di Grha Sarina Vidi.

SLEMAN

Pantai Tanjung Tinggi (Bangka Belitung)

PESONA Ratusan Batuan RaksasaTips Praktis Wisata ke Toraja

1. Perjalanan menuju Toraja dimulai dari Makassar. Dari Makassar ke Toraja,

Anda harus melalui perjalanan darat. Dan cukup mudah untuk mencari bus jurusan Toraja. Ada yang berangkat pagi, atau siang hari. Namun banyak pula yang berangkat malam hari. Kondisi bus bagus-bagus. Jadi Anda tak usah khawatir.

2. Menuju Toraja pada malam hari lebih nyaman. Anda tinggal tidur dalam bus, sekitar 9-10 jam perjalanan Anda sudah tiba di Toraja. Namun jika memilih bus pagi/siang hari maka Anda akan bisa menyaksikan pesona alam, bukit, gunung, jurang, bebatuan raksasa yang luar biasa eksotisnya.

3. Harga tiket bus juga tak terlampau mahal, yakni sekitar Rp 100.000-Rp 140.000.

4. Lokasi wisata di Toraja hampir saling berdekatan. Beberapa lokasi yang wajib Anda kunjungi adalah Londa, Kete Kesu atau Lemo.

5. Ada baiknya Anda datang saja ke Kantor Dinas Kebudayaan & Pariwisata Toraja Utara atau Tana Toraja atau ke Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Makassar (BP3M). Anda pasti akan memperoleh pelayana yang ramah, bahkan akan memperoleh banyak informasi penting tentang obyek wisata, sehingga bisa jadi panduan Anda selama di Tojara.

6. Siapkan uang Rp 5 ribu-an, karena hampir semua tempat wisata mematok biaya tiket Rp 5.000/orang (turis local) dan Rp 10 ribu (turis asing).

7. Tidak ada salahnya bila Anda bawa lampu senter atau lampu kepala dari ru-mah. Karena banyak obyek wisata yang berbentuk seperti goa.

8. Untuk tempat menginap, cukup mudah Anda dapati. Ada yang murah hingga hotel berbintang. Tentunya semua tergantung keuangan Anda.

9. Bagi yang muslim, memang harus hati-hati untuk mencari makanan atau berkuliner ria di Toraja. Sebab banyak penjual makanan yang memang meng-gunakan daging babi. Namun rumah makan muslim (halal) juga cukup ban-yak. Maka ada baiknya Anda bawa bekal sendiri (roti kering) atau makanan lain yang awet untuk bekal selama di Toraja.

10. Jangan lupa lengkapi diri Anda dengan perangkat fotografi . Sebab alam, budaya Toraja sungguh “menggiurkan” untuk jadi bahan bidikan

kamera para pecinta fotografi . Nah, selamat berwisata ke Toraja…!!!. (Herlambang JL)

EKSOTIS - Ratusan granit raksasa yang

menghiasi Pantai Tan-jung Tinggi (Provinsi

Bangka Belitung) sungguh sangat

eksotis.

PESONA Pantai Tanjung Tinggi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) memang luar biasa. Pantai yang oleh penduduk setempat juga disebut dengan Pantai Bilik ini, merupakan salah satu lokasi yang muncul dalam fi lm “Laskar Pelangi” maupun “Sang Pemimpi”.

Terletak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Tan-jung Tinggi hanya berjarak sekitar 2 KM dari Pantai Tan-jung Kelayang, di Desa Keciput Kecamatan Sijuk.

Pantai ini berpasir putih halus, dihiasi tebaran ratusan granit raksasa, dengan air laut berwarna biru kehijauan serta berombak tenang.

Batu-batu granit raksasa ini membentuk bukit-bukit di sepanjang pantai serta lorong-lorong maupun gua-gua kecil dan menyekat-nyekat pantai Tanjung Tinggi.

Pengunjung selain dapat bermain dengan pasir putih atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, juga da-

pat melewati lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi serta berpose untuk diabadikan dengan kamera.

Di Pantai Tanjung Tinggi juga terdapat beberapa war-ung makan yang menyediakan menu makanan laut dan kuliner lokal seperti “gangan” serta minuman kelapa muda.

Jika meneruskan perjalanan ke timur laut, kita temui Klenteng Sijuk dan masjid Al Ikhlas, salah satu masjid ter-tua di Belitung. Setelah itu, dapat meneruskan perjalanan menuju Kampung Bali, serta menuju kawasan konservasi Gunung Tajam tempat pusat penangkaran Tarsius Ban-canus Saltator, binatang khas di Pulau Belitung yang dis-ebut penduduk lokal dengan Pelile’an. Ayo segera saja ke Bangka Belitung ! (Herlambang JL)

NUSANTARATORAJA memang sudah sangat populer sebagai salah satu tujuan wisa-ta favorit di Indonesia. Maka tak heran jika Toraja hingga kini masih terus dikunjungi turis. Baik turis domestik maupun mancanegara. Pesona alam dan adat istiadatnya menjadi “magnet” wisata, sehingga terus menyedot perhatian banyak orang untuk berwisata ke wilayah satu ini.

Toraja kini terbagi menjadi 2 kabupaten yakni Tana Toraja dengan ibu-kota Makale dan Toraja Utara dengan ibukota Rantepao. Kebanyakan tempat wisata berada di Toraja Utara.

Nah, jika Anda ingin berwisata dan jalan-jalan ke Toraja, berikut ada tips praktis:

Page 8: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

8 Edisi 40maret 2013

BERDIRI 13 januari 1987 KETUA DRS.BUDI HERMAWAN,MM PROGRAM STUDI Perhotelan (D3) Usaha Perjalanan Wisata (D3) Administrasi Hotel (D4) Manajemen Bisnis Perjalanan (D4) Hospitality/pengelolaan Pariwisata

(S1) Website: www.ampta.ac.id Email : [email protected] Alamat: Jl.Laksda Adisucipto km 6 – Jl. Ampta (Utara AMPLAZ), Yogyakarta 55281 Telp. (0274) 485115- 489514 Fax. (0274) 485115

DARI tahun ke tahun geliat per-tumbuhan pariwisata di DIY san-gat terasa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkun-jung di setiap akhir pekan, liburan sekolah atau liburan panjang (long weekend). Kunjungan wisatawan ke DIY tahun 2012 sekitar 2 juta wisatawan. Kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun meningkat rata- rata sebesar 5,8 persen. Event bu-daya terbukti efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Apalagi even budaya yang diseleng-garakan di obyek-obyek wisata yang baru dibuka, seperti wisata pantai dan gua yang secara tidak langsung turut mempromosikan obyek terse-but.

Namun apabila dilihat dari statis-tik penggunaan jasa akomodasi, ternyata dari tahun ke tahun tidak segaris lurus dengan pertumbuhan jumlah wisatawan.

Tingkat hunian kamar di DIY dari tahun ke tahun tidak banyak pen-ingkatan, rata- rata tingkat hunian hotel berbintang tahun 2012 seki-tar 52 persen, sedangkan, un-tuk hotel non bintang sekitar 40 persen. Lama tinggal wisatawan di DIY hanya sekitar 1,76 malam. Hal tersebut menunjukkan bahwa dominasi wisatawan domestik yang signifi kan. Kondisi tersebut tentu kurang menguntungkan bagi bisnis perhotelan, idealnya tingkat hunian

kamar berada di kisaran 60 persen ke atas dan lama tinggal wisatawan di atas 2,5 malam.

Meskipun tingkat hunian yang relatif rendah, namun hal tersebut ternyata tidak mengurangi minat para investor untuk membangun hotel di wilayah DIY. Diperkirakan hingga di akhir tahun 2013, jumlah hotel berbintang akan mencapai 71 hotel dengan 15.000 kamar dan ho-tel melati sebanyak 1.140 hotel den-gan 17.000 kamar.

Suasana bisnis akomodasi dalam kondisi tersebut dimasa depan per-lu dijaga tetap kondusif, sehingga tidak terjadi persaingan yang tidak sehat. Kesimbangan antara jumlah akomodasi dan jumlah wisatawan perlu di capai pada rasio yang ideal.

Untuk itu perlu dikembang-kan lagi beberapa sarana promosi sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisata yang membuat wisatawan potensial berkunjung

dan membuat betah selama tinggal di Jogja. Salah satu potensi alat pro-mosi yang luar biasa yaitu keaneka-ragaman kuliner.

Namun sayangnya pada saat ini potensi ini belum kelola secara se-rius sebagai alat promosi pariwisata. Ikon kuliner DIY tidak hanya gudeg, bakpia, jadah tempe, nasi merah akan tetapi sebenarnya masih ban-yak yang harus populerkan bagi wisatawan.

Saat ini yang terjadi bahwa kulin-er hanya sebagai pelengkap daya tarik pariwisata dan pariwisata seba-gai sarana promosi kuliner. Antara pariwisata dan kuliner terjadi pemi-sahan bidang. Hal ini terjadi dikar-enakan para pengusaha pariwisata kurang memahami produk kuliner lokal, demikian pula sebaliknya, ahli kuliner kurang memahami pariwisa-ta. Dalam usaha untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, ku-liner sudah saatnya menjadi bagian

penting dari budaya lokal yang perlu ditampilkan. Kuliner bukan hanya memberikan pengalaman bagi wisatawan karena taste dan penampilannya, namun kuliner da-pat sebagai identitas budaya lokal yang menjadi daya tarik pariwisata.

Ketertarikan wisatawan man-canegara terhadap kuliner lokal akan dapat menarik minat calon wisman datang Jogja dan mem-perkuat minat dan ketertarikan mereka untuk kembali lagi setelah pulang ke negaranya. Sudah saat-nya hotel- hotel di Jogja menye-diakan menu-menu lokal sebagai menu utama untuk para tamu baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Menu kuliner khas Jogja tidak hanya tersedia di hotel non bintang , akan tetapi justru lebih banyak dan bervariasi pada hotel berbintang. Penyajian kuliner lokal khas Jogja di seluruh hotel dan restoran di Jogja sangat potensial sebagai alat pro-mosi pariwisata. Bagi wisatawan, mencicipi makanan khas Jogja akan setara dengan perjalanan ke daerah tujuan wisata atau sajian menu era kolonial akan membawa mereka pada kenangan sejarah di Jogja.

(Drs.Budi Hermawan,MM, Dos-

en/Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta)

Oleh : Budi Hermawan

Kuliner Sebagai Alat Promosi Wisata

HOTEL Cakra Kembang melakukan terobosan menu spesial yakni steak

ikan tengiri. Food & Baverage Manager Hotel Cakra Kembang, Ade Ardiansyah mengatakan, hanya dengan merogoh kocek Rp 45.000 nett, customer sudah dapat menikmati special promo Steak

Tengiri plus tea/ coffee,” ujarnya kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Dengan tempat yang nyaman, clean, cozy di sidepool area untuk tamu-tamu

kami yang istimewa guna refreshing saat sedang sibuk dan stelah bekerja

seharian. Silakan datang ke Cakra Kem-bang Hotel di Jalan Kaliurang Km 5,5

No 44 Jogja. (tor)

Nikmatnya Steak Tengiri

Ingin Kuliner Gudeg?Ingin Kuliner Gudeg?RASANYA tak afdol kalau berwisata di Jogja

tapi tak menyantap kuliner khas kota satu ini. Apalagi kalau bukan gudeg. Maka tak heran jika Jogja memperoleh sebutan sebagai Kota Gudeg.

Nah, untuk membantu informasi Anda yang mau wisata kuliner gudeg di Jogja, di bawah ini ada be-berapa alamat tempat jualan gudeg :

Gudeg Pawon. Lokasinya di Jln Janturan 36-

38, Jogja. Istimewanya, warungnya buka mulai pukul 22.00. Jangan heran jika saat buka, para pembeli sudah antre di sekitar pawon (dapur tradisional).

Gudeg Wijilan. Inilah sentra gudeg terpop-uler di Jogja. Lokasinya di Jalan Wijilan (selatan Plengkung Tarunasura Keraton Yogyakarta). Anda tinggal memilih saja warung gudeg di kawasan ini.

Gudeg Pasar Sapi. Berada di Kuncen (Jln HOS Cokroaminoto). Lokasinya sangat mudah dijangkau.

Gudeg Mercon. Gudeg ini ada di kawasan Kranggan (Jalan Asem gede). Buka mulai malam hari (22.00). rasanya pedas, namun tetap ada unsur manisnya.

Gudeg Batas Kota. Berada di sekitar Tugu Batas Kota (depan Saphir Hotel).

Gudeg Yu Djum. Beralamat di Jalan kali-urang Km 4,5, Karangasem CT II/22 (telepon 0274- 515968), atau di beberapa cabangnya seperti di Jalan Goden Km 4,5 Jogja.

Gudeg Permata. Tempat jualan gudeg ini juga cukup popular. Maka tak heran antrean panjang selalu terjadi saat gudeg ini mulai buka malam hari (20.00). Lokasinya di jalan Gajahmada (barat Gedung Bioskop Permata).

Gudeg Bu Tjitro. Inilah salah satu gudeg legendaries di Jogja. Berada kawasan Janti (Jalan Janti 330). Telepon 0274 – 564734. Selain menyiapkan gudeg dalam kendil, di tempat ini juga menjual gudeg dalam kaleng. Sehingga pas untuk oleh-oleh. (Herlambang JL)

PADUAN antara kenyamanan dan keunikan. Itulah kekhasan rumah makan satu ini : The Waroeng of Raminten yang berada di Jln Kaliurang Km 15,5 (utara Mirota Batik Pakem). Nyaman karena rumah makan ini hadir dengan suasana yang alami. Ter-dapat kolam ikan, bentangan sawah serta bangunan yang be-rarsitektur tradisional Jawa. Beberapa gazebo serta bangunan joglo (limasan). “Kami memang ingin menyajikan sebuah tem-pat makan yang alami, asri, dengan menu-menu yang terjang-kau,” jelas Budi, pimpinan The Waroeng of Raminten kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Mak tak heran tempat ini kerap menjadi pilihan untuk dige-larnya berbagai event. Seperti ultah, syukuran, wisuda, rapat terbatas dan sebagainya. Menu-menu unggulannya adalah ikan bakar (gurame, nila, ikan laut, udang serta ikan barakuda). “Kami juga punya menu khas, mie goreng/godog Jawa, aneka cemilan, dsb,” imbuh Budi.

Sedangkan menu “unik” lainnya adalah : juice kembang ka-tresnan, juice ndoro bei, es dawet geladri, nasi goreng wargo segoro, nasi goreng kambing, nasi goreng mendho polokromo serta ada paket kesatrian, dan tak ketinggalan nasi kucing Rp 2.000-an. Dengan suasana yang alami-asri dan elemen interior yang antik membuat The Waroeng of Raminten cocok sebagai tempat bersantap keluarga. (Herlambang JL)

HOTEL Cakra terobosan men

ikan tengiri. Food &Hotel Cakra Kembmengatakan, hankocek Rp 45.000 ndapat menikmati

Tengiri plus tea/ coINFO WISA

Dengan tempat cozy di sidepool ar

k i i i

PADUAN antara kenyamanan dan keunikan. Itulah kekhasanrumah makan satu ini : The Waroeng of Raminten yang beradadi Jln Kaliurang Km 15,5 (utara Mirota Batik Pakem). Nyamankarena rumah makan ini hadir dengan suasana yang alami. Ter-dapat kolam ikan, bentangan sawah serta bangunan yang be-

i k di i l b b b

Nyaman dan Unik diNyaman dan Unik diThe Waroeng of RamintenThe Waroeng of Raminten

Elemen interior, meja-kursi yang unik dengan sentu-han jawa tradisional.

The Waroeng of RamintenJln. Kaliurang Km 15,5, Pakem

JOGJATelp (0274) 4547104, 2654254

Buka (10.00-24.00)

Menu serba ikan, favorit di The Waroeng of Raminten

Para karwayan The Waroeng of Raminten

Page 9: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013
Page 10: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

10 Edisi 40maret 2013

TAHUN 2013 tampaknya menjadi awal kebangkitan pariwisata Klaten. Hal ini menyusul telah dicanangkannya satu spirit baru pariwisata Klaten yakni “Kebangkitan Pariwisata Klaten” dengan ditandai pengukuhan Asita Klaten kepengurusan baru.

Pengukuhan pengurus Asita Klaten dilakukan di hotel Grand Tjokro Klaten dalam sebuah acara “Morning Tea” yang digagas oleh Pemkab Klaten dengan Disbudparpora Klaten, 9 Maret lalu. Hadir dalam acara itu Kadisbudparpora Klaten, Sugeng Haryanto, GM Grand Tjokro Klaten, Dede S serta pelaku pariwisata di Solo Raya dan Jogja.

Kepengurusan Asita Klaten adalah Sony D (Ketua), Agung P (Wakil Ketua), Mochtar R (Sekretaris), Endang (Bendahara) dan Yulianto (Organisasi). (Herlambang JL)

HADIRNYA hotel Grand Tjokro di Klaten memang telah memberikan “warna” tersendiri dalam bisnis perhotelan di kota tersebut. Tak hanya menjadi kebanggaan bagi Klaten, na-mun kehadiran hotel bintang 3 ini juga semakin mempermu-dah bagi para wisatawan ataupun para pebisnis dalam memi-lih akomodasi penginapan saat berada di Klaten.

Hotel Grand Tjokro Klaten hadir dengan memadukan kon-sep minimalis namun tetap dengan sentuhan nilai tradisional. “Kami ingin menjadikan hotel ini menjadi kebanggaan Klaten, tentunya tetap dengan kualitas pelayanan yang terbaik,” kata General Manager (GM) Grand Tjokro Klaten, Dede Rahman S kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Dengan lokasi yang strategis, hotel di bawah manajamen KAGUM Hotels ini kini menjadi pilihan bagi para pebisnis maupun keluarga yang tengah berwisata di Klaten. Akses ke bandara Adi Soemarmo (Solo) mudah dan dekat, begitu pun ke bandara Adi Sucipto (Jogja) serta stasiun Klaten.

Suite Room menjadi salah satu unggulan dari Grand Tjokro Klaten. Dengan penataan elemen furnitur serta paduan pernik interior menjadikan kamar ini begitu nyaman dan elegan. Di-lengkapi living room, meja bundar untuk makan serta dua buah televisi berukuran besar makin melengkapi kenyamanan Suite Room di hotel ini. (Herlambang JL)

Hotel Grand Tjokro Klaten

Living room di Suite Room Grand Tjokro Klaten

Kenyamanan di Jantung Kota

Hotel Grand Tjokro KlatenJln Pemuda Selatan 42

KlatenTlp (0272)333388Fax (0272)333377Suite Room, salah satu kamar unggulan di Grand Tjokro Klaten

Hotel Perdana RayaJln Pemuda 218 Klaten Tlp/Fax (0272 -321113/322208)

Hotel Ken DedesJl. Raya Jogja Km 16,1 Delanggu Klaten

Hotel “AGUNG”Jln Ki Ageng Gringsing Telp (0272-322043)

Hotel “SURYA ANDESA”Penggung, Ceper Telp (0272-555102, 081804571750)

Rumah Makan & Catering “Djatayu”Jln Raya Jogjoa-Solo No 35, Prambanan Telp (0274) 4987550, 7490239

RM Taman “Banyu Urip” Jln Mayor Kusmanto, Klaten. Telp (329001, 3109013)

ASITA KLATEN – Bertempat di Hotel Grand Tjokro Klaten telah dikukuhan kepengurusan Asita Klaten. Tampak pengurus baru Asita Klaten yang diketuai Sony D.

Dicanangkan “Wisata Klaten Bangkit”

HOTEL memang tempat untuk menginap. Tapi hotel satu ini memiliki keunikan lain yakni juga sebagai pusatnya penjualan berbagai barang antik (kuno). Itulah Hotel Agung yang be-rada di Klaten (Jateng). Tepatnya berada di Jalan Ki Ageng Gringsing No 40 Klaten.

H Kawit Sutodimejo sebagai pemilik Hotel Agung mengatakan dirinya memang suka dengan barang antik. “Nah, kebetulan saya memiliki banyak barang antik peninggalan orangtua saya atupun kakek-nenek saya,” tuturnya kepada Tabloid INFO WISATA JOGJA.

Berbagai barang antik itu memang sebagian besar terdiri dari gerabah. Seperti gelas, teko, mangkuk, piring, dsb. Juga terdapat lampu gantung kristal antik. “Karena cukup banyak, maka bagi yang berminat bisa membelinya,” jelasnya.

Mengenai harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 25.000.000. “Bagi pecinta barang antik atau kuno, harga tidaklah terlampau penting. Asal dia suka, ada uang, dan minat atau suka, yah tentu langsung dibeli,” tegas Ketua PHRI Klaten ini.

Berbagai barang antik di Hotel Agung ini memiliki usia di atas 50 tahun. Bahkan al-mari, radio antik pun juga ada di hotel ini. “Semua bisa dibeli,” tegas Kawit yang pernah menjadi Kepala Desa selama 30 tahun ini. Anda penasaran?, segera saja datang ke Hotel Agung di Klaten. (Herlambang JL)

Berburu Barang Antik di Hotel Agung

Hotel AgungJln Ki Ageng Gringsing 40

Gergunung, KlatenTelp (0272) 322043

ANTIK - Tampak H Kawit Sutodimejo, pemilik Hotel Agung Klaten, di depan sebagian kecil koleksi barang-barang antik dan kuno yang ada di hotelnya.

KLATEN

Page 11: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

11Edisi 40maret 2013

ADA yang beda dengan pecel satu ini. Selain ada nasi merah, juga ditambah sayuran seperti bayam, kembang turi, jantung pisang, kacang panjang, kecipir, daun kenikir, serta tauge yang kemudian disiram dengan bumbu sambal wijen.

Rasanya pun menjadi makin mantap, apabila ditambah gembrot yang terbuat dari kelapa parut dan daun simbukan, bongko yang terbuat dari pepes kacang dengan kelapa parut, serta tidak ketinggalan adalah karak.

Makanan tradisional ini mudah kita temui di kawasan Stadion Ma-nahan dan beberapa sudut kota Solo lainnya. Pecel ndeso biasanya ada setiap pagi hari.

Nah, bagi Anda yang berada di kota Solo, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner tradisional satu ini.(Yofrie)

Nikmatnya Nikmatnya Pecel nDesoPecel nDeso

KINI terjadi kecenderungan banyak orang mulai melirik produk ku-liner yang tradisional. Tak hanya cita rasanya yang khas, namun juga sehat, sekaligus ada makna nostalgia di sana. Dan semua itu kini bisa dinikmati di Hotel AGAS Internasional Solo. “Selama Maret hingga April, kami gulirkan program makanan-minuman tradisional,” jelas Restaurant Manager, Sigit Supriyadi kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Aneka kuliner tradisional itu antara lain : nasi liwet, nasi timbel, nasi langgi, selat golong Solo, rujak degan. Untuk minuman antara lain kunir asem, beras kencur, wedang serbat, wedang tape, dsb. “Semua kami racik dengan cita rasa yang asli,” jelas Sigit.

Semua produk makanan-minuman tradisional itu dipatok harga mulai Rp 8.000 (minuman) dan Rp 22.000 (makanan). Nah, segeralah nikmati sajian serba tradisional hanya di AGAS Internasional Solo. (Herlambang JL)

Hotel AGAS InternasionalJln. Dr Muwardi 44

SOLOTelp (0271) 714888

Yang Tradisional Yang Tradisional dari AGAS Solo

IKLIM persaingan bisnis perhotelan di kota Solo kian kompetitif, menyusul ber-munculannya hotel-hotel baru. Namun hal ini tidak membuat manajemen hotel-hotel yang sudah eksis sebelumnya surut lang-kah. Kreativitas dan inovasi pun dilakukan sebagai upaya menguatkan posisioning-nya. Tak terkecuali yang dilakukan oleh Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH).

Kekuatan heritage serta kelengkapan fasilitas hotel memang menjadi kelebihan dari hotel yang berada di area Istana Mang-kunegaran ini. Akhir tahun kemarin, KSPH untuk kesekian kalinya juga meraih peng-hargaan sebagai The Best Hotel & Service Excellent of The Year dari Indonesian Achievement Foundation.

Public Relations Manager KSPH, Tia Kristiyanti ke-pada INFO WISATA JOGJA & JATENG mengatakan kompetisi yang makin ketat ini tentunya harus disikapi secara positif. “Ya kita tentunya sebagai pemain lama

juga harus terus berbenah. Meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada para tamu sehingga mereka bisa merasa nyaman dan puas,” tuturnya.

Keunggulan dari KSPH salah satunya terletak pada sisi bangunan yang kental dengan nuansa heritage Jawa. Terlebih KSPH sendiri memang berada di salah satu bangunan yang masuk dalam kategori ca-gar budaya. “Bagi KSPH, bangunan cagar budaya ini memang sebagai keunggulan tersendiri,” imbuh Tia.

KSPH saat ini tengah melakukan ren-ovasi terhadap beberapa fasilitas yang

dimiliki oleh hotel. “Kita renovasi secara bertahap. Ten-tunya ini bagian dari upaya memberikan yang terbaik bagi para tamu,” tutur Tia. Beberapa fasilitas dari hotel ini antara lain meeting room, spa, salon kecantikan, swimming pool, café n resto, lounge, dokter on call, hot spot, dan lain sebagainya. (Tuti)

Persaingan Kian Kompetitif

Tia Kristiyanti

SELAMA Maret, Lorin Solo Hotel menya-jikan lebih dari 20 jenis cookies dan pastry dengan aneka varian bentuk dan rasa di LC Lounge. Cookies tersebut ditawarkan seki-tar Rp 20.000/ons dan terdiri dari berbagai varian rasa seperti Sasame Sweet Cookie, Butter Rice Cookies, Triple Cookies, dan Pandan Sasane Cookies. Selain itu hanya dengan membayar mulai dari Rp 15.000, masyarakat dapat menikmati aneka sajian pastry dan bakery yang lezat seperti Polo-

nero, Dry Meat Roll, Croissant, Danish, Orange Cake dan Tiramisu sepuasnya. Untuk racikan minuman baru, telah dipersiapkan Cappucino Flavour yang terbuat dari perpaduan cappucino dengan berbagai varian rasa tambahan. Ditawarkan pula cake unggulan bulan ini, yakni Chocolate Double Mint yang menawarkan kelezatan coklat yang legit dipadu dengan kesegaran pepper-mint.

Info lengkap HubungiTelp (0271)724500

Menu Baru di Maret

Aida TourJl Dr Setia Budi No 28 SOLOTelp (0271)736226, Fax (0271) 855581 Miki TourJl Yos Sudarso No 17 SOLOTelp (0271) 7071848, 653278, 665352, fax (0271)653278 Nusantara TourJl Urip Sumoharjo No 5 SOLOTelp (0271)652888,643442, Fax (0271) 634263

Sahid TourJl Gajah Mada No 82 SOLOTelp (0271) 652256, 637800, Fax (0271)652228 Turindo TourJl Slamet Riyadi No 361 SOLOTelp (0271) 729999, Fax (0271) 7252108 Gava HolidayJl Dr Rajiman 432 E SOLOTelp (0271) 7991717

SOLO

Page 12: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

12 Edisi 40maret 2013

KABUPATEN Pasuruan (Jatim) memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tak hanya alamnya yang penuh peso-na, namun juga budaya serta destinasi wisatanya yang cukup lengkap. “Kita memiliki lokasi strategis untuk menyaksikan eksotisme Gunung Bromo dari Bukit Penanjakan. Kami pun masih memiliki Taman Safari II, juga potensi budaya Tengger. Selain itu tersedia akomodasi hotel mulai melati hingga bin-tang 5 serta dua padang golf berstandar internasional,” papar Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan & Pariwisata Pasuruan, Lismudayat kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Maka tak heran jika Kabupaten yang memiliki 24 kecama-tan, 341 desa dan 24 kelurahan ini memang mulai muncul sebagai “kekuatan” baru destinasi wisata di Jatim. “Dan kami optimis tahun-tahun mendatang, pariwisata akan menjadi salah satu pilar utama bagi PAD Pasuruan,” tegas Lismudayat.

Menurutnya, kunci untuk mencapai hal itu adalah adanya komitmen yang kuat dari seluruh pelaku pariwisata, termasuk Pemerintah Daerahnya. “Sinergi harus terwujud antar semua komponen wisata. Jangan jalan sendri-sendiri,” tegasnya. Ia pun juga melihat infrastruktur di Pasuruan harus terus disem-purnakan. “Dengan demikian akan mempermudah wisatawan dalam mengakses di berbagai destinasi wisata di Pasuruan,” tuturnya.

Lismudayat mengakui promosi juga saat ini masih belum maksimal dilakukan. “Ke depan promosi akan kami gencarkan lagi, dengan demikian masyarakat di Indonesia bahkan man-canegara akan semakin tahu tentang potensi wisata yang ada di Pasuruan ini,” jelasnya. (Herlambang JL)

Pengantar:ATAS undangan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Jatim-Dinas Kebudayaan & Pariwisata Pasuruan dan Mana-jemen Taman Safari II Pasuruan, selama 25-27 Febru-ari 2013, Pemimpin Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Herlambang JL, berkesempatan mengunjungi Taman Safari II dan Pusat Pendidikan Alam dan Budaya “Kaliandra”. Berikut hasil liputannya. Redaksi

INILAH tempat yang paling pas bagi Anda bersama keluarga saat berwisata. Tempat ini adalah Taman Safari II, Prigen, Pa-suruan (Jatim). Sebab tempat satu ini memang bakal memberi-kan sensasi tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Kita akan merasakan begitu “dekat” dan “menyatunya” den-gan kawanan hewan-hewan buas, seperti macan, gajah, singa, orang utan, badak, dsb. Setiap pengunjung dengan berkend-araan pribadi ataupun kendaraan yang tersedia di Taman Safari II akan bisa menyusuri ruas-ruas jalan, dimana di kanan-kiri ken-daraan Anda terdapat berbagai satwa yang bebas berkeliaran.

Bahkan kita pun bisa memasuki satu kawasan yang dihuni ular-ular besar tanpa kandang. Jadi Anda harus hati-hati. Na-mun tak perlu takut, sebab Anda nantinya akan didampingi petugas dari Taman Safari II.

“Namun satu hal yang penting, bahwa Taman Safari II ini juga memadukan unsur-unsur edukasi, khususnya bagi anak-anak. Agar mereka memahami tentang kehidupan satwa, juga soal

pelestarian satwa,” jelas Marketing Manager Taman Safari II, Id-ham kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Saat berada di kawasan Taman Safari II setiap pengunjung masih akan disajikan aneka pertunjukan seperti : elephant edu-cation show, jungle boy, bird of prey, fi lm 4 D, rumah hantu, renang bersama buaya, serta restaurant, dsb.

Menurut Idham, Taman Safari II ini memiliki luas kawasan sekitar 350 hektar dan dihuni ratusan spesies hewan, termasuk yang tergolong langka. “Jadi inilah Taman Safari yang terbesar sekaligus terlengkap di Asia,” tegasnya. Bagi buah hati Anda yang ingin berfoto bersama stwa anak macan juga bisa. Lucu dan menggemaskan.

Karena ada unsur edukasi, maka tempat satu ini memang te-pat untuk berwisata keluarga maupun wisata sekolah. “Untuk grup-grup sekolahan, kami akan memberikan tarif yang spe-sial,” jelas Idham. Saat ini harga tiket regular Rp 70.000 serta terusan Rp 95.000. (Herlambang JL)

Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pasuruan, Lismudayat bersama binatang koleksi Ta-man Safari II Pasuruan.

Komitmen dan Sinergi

Taman Safari II, Prigen-PasuruanPadukan Sensasi, Petualangan dan Edukasi

ATAS undangDinas Kebudjemen Taman

LIPUTAN

UTAMA

FASILITAS lain yang sangat unik dan langka di Taman Safari II Pri-gen, Pasuruan adalah hadirnya Tiger Cave Restaurant. Restoran ini tak seperti restoran kebanyakan. Selain aneka menu yang penuh cita rasa, para tamu di restoran ini juga akan disuguhi pemandan-gan yang sangat langka. Penuh sensasi dan exotic.

Bayangkan saja, ada 3 ekor harimau putih benggala raksasa yang berkeliaran di dalam restoran. Tentu saja bukan tanpa pengaman. Binatang buas itu berada di dalam restoran, namun dengan pem-batas kaca tebal. Setiap tamu sembari bersantap akan bisa melihat dari dekat aktivitas 3 harimau itu.

Kita bisa melihat mereka saat berebut makan makanan di kolam air atau saat mereka berenang dan menyelam di kolam. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Restoran yang terletak di area Baby Zoo ini diresmikan oleh Gus Ipul (Saefulloh Yusuf) Wakil Gubernur Jawa Timur. Menu unggu-lan di restoran ini antara lain spaghetti bolognaise dan sop bun-tut gorengnya. Selain itu, chicken steak lada hitamnya juga sangat menggoda selera. (Herlambang JL)

Dari kiri, Idham (Marketing Manager Taman Safari II Prigen, Pasuruan), Lismudayat (Kabid Pemasaran Disbudpar Pasuruan) dan M Kholil (Kasi Promosi Disbudpar Pasuruan).

Bersantap Bersama Harimau Benggala

TIGER CAVE – Tampak suasana restoran Tiger Cave Restaurant yang berada di kawasan Taman Safari II Prigen, Pasuruan. Sem-bari bersantap, tamu akan bisa melihat dari dekat 3 ekor harimau benggala raksasa.

Page 13: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

13Edisi 40maret 2013

Dari SurabayaKendaraan umum : Naiklah bus menuju Malang. Turun di Pasar

Palang. Teruskan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Kalian-dra. Lokasinya tak jauh dari Taman Safari II Prigen.

Kendaraan pribadi : menuju Malang dengan menggunakan By-pass Pandaan. 1km setelah By Pass, Anda akan tiba di persimpan-gan. Belok kanan, ke arah Villa Hortensia dan ikuti papan masuk yang menunjukkan arah ke Kaliandra.

Dari MalangKendaraan umum: Naiklah bus menuju Surabaya. Turun di Pasar

Palang. Teruskan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Kalian-dra.

Kendaraan pribadi: Lurus ke arah Surabaya, ke arah Pandaan. Ke-tika Anda tiba di Pasar Palang, belok ke kiri ke arah pintu gerbang Taman Safari II Prigen. Setelah sampai pintu masuk ke-2 Taman Safari II (dilambangkan dengan dua gading gajah berwarna putih besar) , belok kanan dan ikuti papan petunjuk menuju Kaliandra.

MANAJEMEN Kaliandra memang memadukan antara edukasi, rekreasi serta budaya. Namun sector pertanian (agro) pun ternyata juga menjadi perhatian. Sehingga da-lam kawasan Kalindra terdapat lahan untuk pengemban-gan budi daya sayuran seperti seledri, sawi hijau/pakcoy) hingga beras merah. “Kami libatkan sekaligus kami bina para petani. Dan hasil pertanian mereka kami bantu pe-masarannya ke beberapa supermarket,” jelas Hermin Dwi Sri Lestari kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Tak hanya sektor pertanian, sektor kerajinan pun juga turut dibina dan dikembangkan yakni perajin tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). “Dengan demikian kehadiran Kaliandra memang akan memberikan kemanfaatan yang maksimal bagi banyak orang. Petani maupun perajin,” jelas Hermin. (Herlambang JL)

SAAT Anda berwisata ke Kabupaten Pasuruan, jangan le-watkan tempat satu ini : Kaliandra Sejati. Tempatnya bera-da di kaki Gunung Arjuna dan merupakan sebuah kawasan hutan alami sekitar 16 hektar yang didalamnya telah ditata sedemikian rupa menjadi sebuah kawasan yang lengkap. Baik akomodasi (penginapan), fasilitas untuk aktifi tas buda-ya, rohani, outbound, sentra kerajinan ATBM, serta hortikul-tura. Dengan demikian Kaliandra kini menjadi salah satu ikon wisata di Pasuruan.

Untuk akomodasi (penginapan), Kaliandra menyediakan cottage untuk keluarga maupun dalam bentuk asrama serta bungalow yang semuanya memiliki gaya arsitektur klasik ( jawa tradisonal). Seluruh lingkungan tertata rapi, meski merupakan hutan asli. “Ini agar semua tamu merasakan alam asli, namun tetap asri. Sejuk dan segar,” kata Hermin Dwi Le-stari (Kaliandra Welness & Recreation Manager) Kaliandra kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Menurut Hermin, Kaliandra adalah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum yayasan. Nama Kaliandra terinspirasi dari pohon Kaliandra (Caliandra calothyrsus) yang dikenal sebagai tanaman perintis, karena kemampuannya bertahan hidup di lahan kritis, dan memiliki banyak fungsi.

“Kami juga mengembangkan program pelatihan dan fasili-tas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, baik lokal maupun internasional. Semuanya berbasis pelestarian alam dan budaya, pengembangan ekonomi lokal, serta peningka-tan kualitas SDM,” paparnya. “Dan kami masih akan mengem-bangkan lahan lagi sekitar 27 hektar,” imbuh Hermin.

Tak heran jiak begitu banyak tamu datang ke Kalindra. “Mu-lai dari anak TK, SD hingga mahasiswa serta perusahaan,”jelas Hermin. Sebab Kaliandra memang juga mengedepankan unsur edukasi, selain juga untuk “menyajikan” sebuah pemandangan hutan alami yang asri, sejuk dan segar. (Herlambang JL)

Beberapa anak-anak SD yang tengah melakukan outbound di Kaliandra.

Kaliandra Sejati yang Mempesona

Ruangan dalam bungalow yang unik di Kaliandra.Bungalow yang ada di Kaliandra.

Kaliandra SejatiDsn. Gamoh, Dayurejo, Prigen

PasuruanPO Box 99 Pandaan, PasuruanTelp (0343) 4964400, 7750959

Bagaimana Menuju Kalindra?

Tempat budi daya berbagai sayuran (organic product)

Kembangkan Agrobisnis

Sentra kerajinan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin)

Sales Center:Jln Serayu 4 Surabaya

Telp (031) 5682912Fax (031) 5622578Rumah pribadi pemilik Kaliandra, Atmadja Tjiptobiantoro.

PASURUAN

Page 14: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

14 Edisi 40maret 2013I n f o P r o m o H o t e lI n f o P r o m o H o t e l

HOTEL Cakra Kembang berlokasi di area yang dekat dengan Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Lokasi yang strategis di tengah kota, namun menawarkan kenyamanan dan kera-mahtamahan pelayanan khas Yogyakarta. Menjadi alternatif bagi Anda yang

ingin melaksanakan aktivitas MICE ataupun bagi Anda yang ingin leasure. Dilengkapi den-gan 65 kamar dengan 4 tipe berbeda, wifi , swimming pool, lounge, restoran, tempat parkir luas. Setiap kamar pun dileng-kapi dengan fasilitas lengkap standar hotel bintang, diantar-naya adalah AC, cable TV, sofa yang nyaman, Mini bar, serta fasilitas kamar mandi dan shower (air panas/dingin) bathtub. Hotel Cakra Kembang akan memberikan kenyamanan dan ke-nikmatan mewah serta menyenangkan.

Hotel Cakra Kembang

Jalan. Kaliurang Km 5,5 No.44Kampus UGM, JOGJA

Telepon: 0274- 563 048, 564 082, 586807Fax: 0274-563088

Reservation: 087 860 608 800website: www.cakrakembang-hotel.com

Nyaman & MewahRUMAH Kayen berada di lingkungan dengan suasana

yang sejuk, tenang dan nyaman. Anda bisa melepas lelah dan penat dengan memandang hamparan sawah yangg hijau. Dengan pelayanan yang ramah serta fasilitas sekelas hotel berbintang, Anda temukan kedamaian khas Jogja. Se-luruh kamar terpasang AC. Tersedia fasilitas gratis berupa penyewaan sepeda dan hotspot nirkabel di seluruh lokasi dalam homestay. Rumah Kayen Family Homestay juga memiliki kolam renang outdoor yang besar.

Rumah KayenDusun Kayen

Jln. Kaliurang Km 7.3JOGJA

Tlp (0274) 928 9666Email : [email protected]

MENYAMBUT Imlek dan Hari Valentine, Hotel Jentra Dagen memberikan diskon khusus untuk pembelian produk Food dan Beverage sebesar 20 persen selama

1-28 Februari bagi tamu yang menginap selama Februari. Set-iap tamu yang menginap akan mendapatkan 2 Voucher Diskon yang bisa dipergunakan untuk pembelian produk makanan dan minuman. Bisa dipakai untuk pesanan layanan di dalam kamar ( Room service ) atau di Sentarum restaurant.

Hotel Jentra terdiri dari dari 4 lantai berdesain modern minimalis dengan nuansa etnik Jawa. Terdiri dari 64 room den-gan type Superior 50 rooms, Deluxe 8 rooms, Family 4 rooms dan Executive 2 rooms. Tambahan benefi t yang ditawarkan : Penjemputan atau pengantaran ke stasiun kereta Tugu Jogja-karta, Asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa selama tinggal di Jentra.

Informasi dan reservasi hubungi:Sales & Marketing Dept

Hotel Jentra DagenJl. Dagen No.85 Malioboro-JOGJA

Telp (0274) 580789www.hoteljentradagen.com

Diskon 20 Persen Sejuk, Tenang & Nyaman

BERBAGAI macam pilihan sandwich dapat dinikmati di Sri-kandi Coffee Shop yang meliputi Chiken Sandwich, Egg Sandwich, Arjuna Sandwich, dan Cheese Sandwich. Sandwich Hotel Ar-juna di hidangkan dengan ber-beda yakni menggunakan roti perancis atau yang lebih dikenal dengan French breads. Sandwich

Arjuna di isi daging Ayam tanpa tulang yang digoreng kering dan dihidangkan dengan potongan kentang goreng. Arjuna Sandwich ini merupakan menu yang paling digemari di Sri-kandi Coffee Shop. Menu ini dapat dinikmati dengan harga ekonomis Rp 25.000 nett. Cocok disantap disetiap waktu di Srikandi Coffee Shop yang berdekatan dengan kolam renang Taman Sari sambil memandang taman kecil di seputar kolam renang. Coffee shop ini sangat nyaman dibuka untuk umum selama 24 jam.

Sales & MarketingHotel Arjuna Yogyakarta ( Malioboro Area )

Jln. P Mangkubumi No. 44JOGJA

Telp (0274- 513063)Fax (0274- 561862)

Aneka Sandwich

Hotel Grha Somaya Jogja yang berada di lokasi sangat strategis di Kota Jogja, tepanya di Jalan Men-teri Supeno No 28BC Jogja men-gusung konsep khasnya Jogja. Dengan nama kamar dan ruang meeting yang diambil dari tokoh wayang serta tagline “Enjoy Stay

With Us” memberikan suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang lain daripada yang lain.

Memili 34 room yang terbagi dalam 3 type kamar yaitu 09 kamar Puntadewa (deluxe room), 01 kamar werkudara (superior room), dan 24 kamar Janaka (standard room). Dilengkapi dengan fasilitas kamar seperti AC, TV, water heater, amenities, breakfast, dan lain sebagain-ya. Fasilitas di luar kamar antara lain swimming pool dan hot spot area( lobby and meeting room area). Tersedia pula meeting room dengan nama “Nakula Sadewa” dengan kapasitas 75 pax serta fasili-tas seperti AC, screen, white board, spidol, dll

Hotel Grha Somaya JogjaJalan Menteri Supeno No 28 BC Yogyakarta

Phone (0274) 377555/0274 9272390 Fax (0274) 411030

Paket Meeting di Grha Somaya Hotel

Page 15: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

15Edisi 40maret 2013 I n f o P r o m o H o t e lI n f o P r o m o H o t e l

SELAMA Maret, Chef Royal Ambar-rukmo Yogyakarta menyiapkan banyak sekali menu-menu yang berbahan dasar

burung dara yang akan special disajikan untuk Anda para pengge-mar burung dara. Diantaranya adalah Indonesian Pigeon Sweet Soy Sauce (Burung Dara Bumbu Bacem) yang dapat dinikmati hanya dengan Rp 85.000/nett. Bagi Anda pecinta Burung Dara Kremes akan disajikan juga Indonesian Fried Pigeon yang bisa Anda nikmati hanya dengan Rp 85.000/nett yang akan disajikan dengan sayuran segar dan sambal dengan 2 macam pilihan nasi (nasi putih atau nasi merah). Tak hanya itu, Chinese Pigeon But-ter Sauce atau Burung Dara Saus Mentega juga bisa Anda nikmati hanya dengan Rp 95.000/nett yang akan disajikan dengan kailan muda goreng dan nasi putih. Masih ada satu lagi yang akan dita-warkan yakni Pigeon Confi t atau Burung Dara Ala Prancis yang dis-ajikan lengkap dengan mashed potato, sayuran dan Pigeon Gravy Sauce yang bisa Anda nikmati dengan harga Rp 125.000/nett.

Informasi lebih lanjut hubungi:Royal Ambarrukmo YogyakartaJln. Laksda. Adisucipto No. 81

Telp (0274) 488488Fax (0274) 488789

“Pigeon Promotion”

SELAMA Maret Grand Aston Yogyakarta me-nawarkan paket den-gan harga special, Rp. 2.222.222. Paket mengi-nap selama 3 hari 2

malam ini dirangkum dengan berbagai macam keuntungan yang bisa dinikmati oleh tamu hotel diantaranya fasilitas pen-jemputan di airport, laundry, serta aneka discount yang bisa didapatkan pada saat bertransaksi di outlet-outlet Food & Beverage ( Safrron Restaurant dan Vanilla Sky Lounge) juga transaksi di Pejamata Spa. Fasilitas tambahan lainnya adalah Barbeque Dinner atau Easter Brunch di Saffron Restaurant. Namun bagi anda yang hanya ingin menikmati Easter Brunch bersama keluarga, paket spesial ini bisa dinikmati dengan har-ga Rp. 150.000/orang. Berbagai menu disajikan dalam buffet menu spesial dari mulai aneka appetizers dan salad diantaran-ya selection of Meat Cold Cuts, Yellow rice with Seafood Salad, Thai Style Glass Noodle Salad with Chicken, Potato Salad with Crispy Garlic.

Grand Aston YogyakartaJl Urip Sumoharjo 37

JOGJATelp (0274)566999Fax (0274)553999

Paket Spesial 2.222.222

MEMASUKI Maret, Puri Artha Hotel memiliki sajian istimewa yaitu Aneka ma-sakan Gulai. Yang membe-dakan cita rasa gulai yang sudah ada selama ini ada-lah kuah nya yang dibuat kental dan memiliki rasa

rempah yang cukup kuat sehingga rasa pedas tidak berasal dari cabai melainkan rempah tradisional. Mengingat tamu as-ing masih mendominasi di Hotel dengan konsep interior Jawa dan Bali ini maka Puri Artha Hotel sengaja membuat masakan khas Indonesia agar tamu asing pun mengenal keanekaraga-man menu tradisional Indonesia. Masakan Gulai yang dita-warkan ada beraneka macam, antara lain Gulai kuning ikan kakap goreng, Gulai sayap ayam goreng lengkuas, Gulai iga sapi goreng bumbu rempah serta gulai sate kambing muda goreng.

Hotel Puri Artha YogyakartaJl Cendrawasih No 36 Demangan Baru Yogyakarta, 55281,

IndonesiaPhone (0274) 563 288, fax (0274) 562 765

Email : [email protected]

Sajian Gulai Khas

KINI kami hadirkan beberapa menu tradisonal dengan cita rasa yang istimewa. Seperti Ragi Daging yang terbuat dari dag-ing sapi dan disajikan dengan taburan srundeng kelapa muda. Juga Sayur Lombok Ijo

yang terbuat dari tempe “wun-gkus” dan lombok ijo segar, dan dimasak menggunakan santan

kental dan bumbu- bumbu tradisionalTersedia pula Gudeg Daun Pepaya yang direbus dengan

bumbu gudeg.Ada juga Wader Goreng Krispy. Untuk makanan penutup-

nya kami menyediakan jajanan pasar Satrio Mujung, menu tradisional yang terbuat dari singkong yang di parut di cam-pur kelapa muda dan gula jawa serta di beri isian berupa irisan pisang raja, dan di masak dengan cara di kukus mengguna-kan bungkus daun pisang. Semua menu diatas bisa di peroleh dengan harga Rp. 50.000/Pax dengan minimal 50 Pax.Sri We-dari Business and Resort Hotel Jogja

Jl. Laksda Adisucipto Km. 6, No 6JOGJA

Telp (0274) 488288 Fax (0274) 489 682, 485 656www.sriwedarijogja.com

Aneka Menu Tradisional

Promo spesial dihadirkan oleh Sambi Resort Spa&Restaurant yang beralamat di Jalan Kaliurang Km 19,2, Desa Wisata Sambi, Pakembinangun, Sleman, Yogya-karta. Dapatkan promo retreat and spa package start from Rp 200.000,- IDR including room, breakfast+refl exiology. Nikmati kenyamanan menginap di resort yang menawarkan suasana pedesaan, kesejukan udara di lereng pegunungan, serta pemandangan alam yang mempesona.

Hotel Sambi Resort Spa&Restaurant dilengkapi 43 room dengan 5 type, 3 meeting room, spa, refl exiology, restau-rant, family outbond dan lain sebagainya. Tepat bagi Anda yang ingin melaksanakan aktivitas bisnis ataupun leisure.

Untuk informasi dan reservasi hubungi : Sambi Resort Spa and Restaurant

Telp (0274) 4478 666/(0274) 4478 [email protected]

www.sambiresort.com

Promo Retreat&Spa Package

Griya

GRIYA YUNIKAJALAN GATOTKACA NO 10,

WIROBRAJAN YOGYAKARTA 55252 INDONESIA

[email protected] : 0274 418123, FAX : 0274 376664

Page 16: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

16 Edisi 40maret 2013I n f o P r o m o H o t e lI n f o P r o m o H o t e l

BAGI Anda penikmat menu-menu nusantara dan Asia, cobalah ber-bagai menu-menu yang kini tengah ditawarkan oleh Atria Hotel & Con-venrence Magelang di Truntum Lobby Bar dan Pamiluto Restaurant. Paduan menu menu-menu nusantara dan Asia yang akrab di lidah akan menjadi ciri khas hotel bintang empat ini.

Menu itu antara lain Gurame Bumbu Garang Asem. Bagi yang menghindari daging merah, sajian ini sangat cocok dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi. Sedangkan Garang Asem diadaptasi

dengan mengganti daging ayam dengan ikan gurame. Satu porsi Gu-rame Bumbu Garang Asem ini Rp 40.000 net.

Menu lain yang ditawarkan selama Maret ini adalah Kopi Ba-kar yang dicampur dengan sari rempah yang sudah dibakar,

seperti cengkeh, jahe, kayu manis, kulit jeruk serta gula batu. Satu teko Kopi Bakar dipatok harga Rp 55.000 net.

Sedangkan di Truntum Lobby Bar, ditawarkan minu-man Choco Lover yang cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak dengan harga Rp. 37.000 net. Di akhir Maret ini ditawarkan pula promo Easter

Brunch and Fun untuk merayakan Paskah pada 31 Maret 2013, dengan harga Rp 99.000 net/pax,

Atria Hotel & Conference Magelang adalah hotel di bawah manaje-men Parador Hotels & Resorts yang mendedikasikan diri sebagai tim manajemen perhotelan yang memiliki tujuan utama membuka 99 hotel, resort, dan rumah tempat tinggal sampai tahun 2024. Parador memiliki 4 brand : Grand Atria, Atria, Atria Inn, dan Famehotels. ” kata Public Relations Manager Atria Hotel & Converence Magelang, Candid Erdiata kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. (Herlambang JL)

bvPm

mka

Hadirkan Menu Nusantara dan Asia

Atria Hotel & ConverenceJln. Jend Sudirman No. 42

MAGELANGTelp (0293) 3219999Fax (0293) 32198888

www.ArtiaHotelMagelang.com

ang Aang dicamrti ce. Satdang

man mauDi a

g ggrame Bumbu Gararame Bumbu Gara

Menu lain yakar yang d

seperbatu

Sedm

Atria Hotel & Converence Magelang

tapi semua diracik dengan bumbu serta resep khusus. “Boleh Anda coba cita rasa aneka menu itu. Semua memiliki rasa yang istimewa,” terangnya kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Sop buntut misalnya, chef Anas sen-gaja memperkaya rempah. ”Sehingga rasanya lebih nikmat. Daging buntut be-gitu empuk dan kuahnya yang lebih se-gar,” jelasnya. Begitu juga bakso, sengaja dengan presentasi yang unik. “Dimana bulatan baksonya tidak menjadi satu dalam kuah, namun kami tusuk seba-gaimana sate,” paparnya.

Menurut Yuni Kusuma Sari (Sales Exec-utive), program ini dikemas dengan label “Local Delights”. “Dan semua kami patok dengan harga yang terjangkau. Misalnya, nasi goreng Rp 35.000 (termasuk buah, puding dan cordinal drink), bakso sapi Rp 27.000 (termasuk buah, puding, cor-dinal drink) serta sop buntut Rp 40.000 (termasuk buah, puding, cordinal drink),” paparnya. (Herlambang JL)

Hotel Pyreness JogjaJln Sosrowijayan 1

JOGJATelp (0274) 543299, 513799

tapi semua diracik dengan bumbu serta resep khusus. “Boleh Anda coba cita rasa aneka menu itu. Semua memiliki rasa yang istimewa,” terangnya kepada INFO

S OG & G

Pyrenees Angkat Menu LokalPyrenees Angkat Menu LokalJIKA Anda rindu menu-menu masakan local

(tradisional), cobalah berkunjung Hotel Pyrenees Jogja. Sebab selama Maret hingga 2 bulan ke depan hotel ini sengaja menyajikan aneka menu-menu tradisional yang sudah akrab dengan lidah masyarakat Jogja. Misalnya, nasi goreng, mie goreng, sop buntut dan bakso.

Namun seperti dikatakan chef Anas, bahwa meski yang ditawarkan adalah menu tradisional,

Page 17: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

17Edisi 40maret 2013 I n f o P r o m o H o t e lI n f o P r o m o H o t e l

PERNIKAHAN adalah suatu hal yang pal-ing istimewa dalam perjalanan hidup ses-eorang. Untuk membuat moment spesial Anda semakin berkesan, Grand Wahid Hotel Salatiga menghadirkan paket pernikahan yang bertajuk “Glow Of Eternal Wedding” di tahun 2013 ini.

“Paket ini terdiri dari Ruby Wedding Pack-age dan Emerald Wedding Package dengan variasi harga dan fasilitas.Paket tersebut kami tawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai Rp 18.500.000/nett,” kata Public Relation Grand Wahid Hotel Salatiga, Erika Ratna Sari kepada INFO WISATA JOGJA

& JATENG.Berbagai fasilitas dari paket tersebut me-

liputi ruangan, dekorasi pelaminan, kamar pengantin dan dekorasi, sound system, en-tertainment, Master of Ceremony, juice atau soft drink untuk tamu undangan, jamuan makan dari Appetizer hingga Dessert, Fruit Basket, pembuatan baliho bergambar mem-pelai dan juga Honeymoon Room Voucher.

“Kami juga menyiapkan hadiah menarik bagi yang melakukan reservasi sampai den-gan bulan April, yaitu sebuah kulkas, TV 29 inchi atau mesin cuci,”imbuhnya. (Herlam-bang JL)

Paket Wedding di Grand Wahid Hotel Salatiga

Grand Wahid Hotel SalatigaJl. Jenderal Sudirman No. 2

Salatiga.Telp (0298) 328500 Fax. (0298) 328501

DUTA Garden Hotel & Boutique Villa bagai permata di tengah Kota Jogja. Hotel butik ini dirancang sendiri oleh pemiliknya agar ber-padu dengan alam. Pohon-pohon besar yang tumbuh alami tidak ditebang, melainkan dibi-arkan berpadu dengan taman.

Namun masterpiece dari lanskap taman ini adalah kolam-kolam dengan konsep “back to nature”. Air terjun di pojok sebelah timur laut hotel mengalir ke kolam-kolam di sekitarnya, menambah segar suasana. Pen-gunjung dapat bersantai di pinggir kolam ataupun di kursi malas yang tersedia di se-mua teras.

Duta Garden Hotel & Boutique VillaAlami dan Keasrian di Tengah Kota

Duta Garden Hotel & Boutique Villa Jln. Timuran MG III/103

JOGJATelp (0274-373482,388378) Fax (0274-372064)

Web: www.dutagardenhotel.com

Gemericik air, semilir angin, dan kicau burung di pepohonan akan menyempurna-kan relaksasi Anda. Pelayanan yang ramah, sopan dan menawan hati, menggoda tiap tamu untuk kembali bertandang.

Lokasi Duta Garden Hotel & Boutique Vil-la sangat strategis, dekat dengan Keraton, Malioboro, Stasiun Tugu, Kotagede, Termi-nal Giwangan dan Jalan Parangtritis. Fasili-tas yang tersedia: lampu gantung, kipas, dan furniture repro-antique melengkapi kamar tidur dengan dinding bata exposed yang keren. TV LCD 42 inch, AC, kamar mandi dengan bathtub dan air hangat juga tersedia di setiap kamar untuk memberikan kenyamanan setiap tamu. (adv)

- Putri Kedaton Jl Nusa Indah No 33

Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta. (0274)-887249, email [email protected]

- Indraloka Spa, Jl Kartini 14 A, (Timur

Indraloka Homestay), Sagan, Yogyakarta, telp (0274) 9533388, email [email protected]

- Martha Tilaar Salon and Day Spa

Komplek Colombo No 7, Jl Cendrawasih Yogyakarta. Reservasi (0274) 546865

- Jogja House of Beauty Jl Sagan Kidul No 10

Yogyakarta, Telp (0274) 520740

Jl Dr Radjiman No 499 Laweyan Telp (0271) 720034

- Woman&woman Spa Jl Ringroad Utara Pugeran

No 9 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Telp (0274) 4333535, sms 0081 328 610 535

- Kalina Spa Jl Nusa Indah Godean,

Yogyakarta

- Jogja Traditional Treatment Jl Rotowijayan No 25,

Yogyakarta, Jl Kenari Ruko 02-03 Yogyakarta. (0274)-376787. www.jogjahouseofbeauty.com

SPA

MAU ke luar negeri, sudah pasti harus memiliki paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Paspor ini diperlukan untuk melewati batas suatu negara dalam perjalanan internasional.

Namun persoalannya kerap waktunya mepet dengan tanggal keberangkatan. Nah, di bawah ini, seperti ditulis dalam Kompas.Com ada beberapa hal yang patut Anda perhati-kan untuk membuat paspor.

1. Persiapkan dokumen yang harus dibawa ke kantor imigrasi (KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah terakhir, dan akte nikah bagi yang sudah menikah).

2. Surat rekomendasi tertulis dari atasan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, TNI dan POLRI, karyawan BUMN atau swasta.

3. Anda harus datang ke kantor Imigrasi untuk mengisi formulir dan melengkapi ber-kas. Formulir ini bisa diisi secara online maupun langsung di kantor imigrasi. Formulir dapat dibeli di koperasi kantor imigrasi.

4. Anda harus menunggu beberapa saat untuk memproses dokumen tadi. Nama Anda akan dipanggil dan berkas asli akan dikembalikan. Selanjutnya, Anda akan menerima struk atau slip pemberitahuan tanggal untuk kembali ke kantor Imigrasi. Biasanya Anda akan disuruh datang kembali setelah 7 hingga 10 hari.

5. Anda kembali lagi ke kantor imigrasi untuk melakukan pembayaran paspor. Setelah melakukan pembayaran Anda akan diberi nomor antrean untuk dipanggil untuk foto, melakukan pindai sidik jari, dan wawancara. Dalam proses wawan-cara ini akan ditanyakan alasan keperluan paspor ini dibuat. Selesai wawancara, struk pembayaran akan menjadi bukti pengambilan paspor setelah selesai.

6. Pada hari yang ditentukan Anda boleh mengambil paspor yang sudah jadi dengan menunjukkan bukti pembayaran.

7. Setelah Anda mendapatkan paspor, Anda akan diminta untuk memfotokopi paspor tersebut. Fotokopi dari paspor itu harus diserahkan lagi kepada petugas imigrasi.

8. Hindari memakai jasa calo. Jika Anda mau bersabar untuk mem-buat paspor, prosedurnya akan lebih mudah. (Herlambang JL)

ntuk dipanggil untuk oses wawan-buat. ti

or

tuk arus

mem-JL)

Bikin Paspor Tanpa Ribet

Info Spa dan Perawatan Kecantikan di Jogja

- The Spa—Puri Artha Hotel

Jl Cendrawasiih No 36 Yogyakarta (0274) 563288 ext 204 email [email protected]

- Golden Skin Care Spa & Salon

Jl Magelang No 16 Yogyakarta, Telp (0274) 7866508

Jl Solo 47 Yogyakarta

Telp (0274) 547 441 Jl P Diponegoro 45

Yogyakarta, Telp (0274) 555961

Jl Monjali 199 Yogyakarta, Telp (0274) 583 935

Pyrenees Angkat Menu Lokal

Page 18: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

18 Edisi 40maret 2013

Pertanyaan:Dokter, saya seorang perempuan (26). Saat ini sedang hamil 22 min-

ggu. Saya dan suami akan melakukan perjalanan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat terbang selama kurang lebih 8 jam perjalanan. Mohon diberikan penjelasan apakah dengan kehamilan saya ini cukup aman melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Ny.Tyas

Jln.Kaliurang-Jogja Jawaban: Dear ibu Tyas… Pada dasarnya penerbangan tidak akan menimbulkan masalah kes-

ehatan pada kehamilan sepanjang kondisi janin dan ibu baik. Yang perlu diperhatikan adalah, untuk perempuan hamil dengan kadar hemoglobin < 8,5 g/dL sebaiknya tidak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, karena pada ketinggian 6.500-8.000 kaki, tekanan udara akan meningkat dan mempengaruhi supply oksigen ke janin. Disamping itu kelembaban di dalam kabin pesawat kira-kira 8 persen, cukup kering sehingga harus minum cukup. Selama penerbangan, resiko terjadinya Thromboplebitis (penyumbatan pembuluh darah balik) juga meningkat. Untuk mengurangi resiko tersebut,selama penerbangan usahakan sering berdiri dan berjalan-jalan dan ketika duduk gerak-gerakkan kaki. Ada baiknya juga ibu memakai stocking kaki khusus untuk mencegah Deep Vein Thrombosis.

Demikian ibu Tyas…semoga perjalanan ibu lancar dan tetap sehat

PT KAI untuk menghentikan sementara operasional kereta uap wisata. Hal itu dilakukan karena adanya perawatan mulai 1 April 2013 mendatang.

Humas Daop IV PT KAI, Surono, mengatakan pemeriksaan dan perawa-tan total (overhaull) akan dilakukan terhadap lokomotif uap dan kereta yang merupakan KA wisata pegunungan (Railway Mountain Tour) di Ambarawa.

“Pemeriksaan dan perawatan menyeluruh tersebut harus dilakukan meng-ingat usia sarana tersebut sudah sangat tua,” kata Surono kepada detikcom, Selasa (12/3).

Lokomotif uap yang akan dilakukan overhaull adalah lokomotif uap seri B 25 dan B 51 buatan pabrik Maschine Fabrik Esslingen, Emil Kessler, Jerman tahun 1902. Dua loko tersebut biasanya digunakan untuk menarik rangkaian KA wisata uap di Ambarawa.

“Kami akan melakukan pemeriksaan dan perawatan total sarana untuk meyakinkan kondisi lokomotif uap dan keretanya baik dan memenuhi syarat keselamatan,” tandasnya.

Overhaull KA uap tersebut diperkirakan membutuhkan waktu satu bulan. Oleh karenanya, para wisatawan yang menginginkan pengalaman perjalanan menggunakan satu-satunya KA uap yang melewati rel dengan lintasan ber-gigi di Indonesia itu harus bersabar hingga bulan Mei 2013.

Lokomotif uap yang akan diperbaiki itu biasanya melayani rata-rata 15 kali perjalanan wisata dalam satu bulan. Rute yang ditempuh adalah Ambarawa-Bedono sejauh 10 km dan Ambarawa-Tuntang sejauh 6 km. (Herlambang JL)

MULAI edisi 40 ini, INFO WISATA JOGJA & JATENG menghadirkan rubrik baru : “Rubrik Tanya Jawab Bersama Dr. Evie Indrasanti ,M.Kes”. Adapun temanya seputar masalah kesehatan menjelang, selama dan sesudah melakukan aktivitas wisata. Semoga rubrik ini akan mem-berikan kemanfatan bagi pembaca setia kami. Materi pertanyaan Anda cukup dikirim via email ke: [email protected] atau via pos ke : Kantor Redaksi INFO WISATA JOGJA & JATENG, Jln Kali-urang Km 5, Gg Pangedarini No. 12, Jogja.

Redaksi

Dr.Evie Indrasanti ,M.Kes adalah seorang dokter yg sudah cukup lama berkecimpung di Travel Medecine ,member of IAMAT (International Association for Medical As-sistance to Travellers), saat ini masih aktif di organisasi PERKEDWI (Perhimpunan Ke-dokteran Wisata Indonesia) dan menjadi Head of RSL Travel Clinic.

Operasional KA Uap di Museum Ambarawa Distop

TANGGAL 12 Februari 2013 lalu di outlet Waroeng Steak and Shake (Jl. Cokroaminoto) telah digelar acara tahunan, “Waroeng Peduli” yakni donor darah serentak di 14 kota(Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogya, Solo, Se-marang, Malang, Surabaya, Denpasar, dan Makassar).Setiap pen-donor mendapatkan kaos eksklusif dan voucher senilai Rp 20.000 dari Waroeng Steak and Shake.

Ini adalah acara tahun ke 3, tema kali ini adalah “Darahku Pemersatu – You never Lost What You Give”. Menurut owner Wareng Group Jody Broto Suseno kegiatan ini rutin dilakukan oleh Waroeng Group, seperti halnya sedekah Nasional (27 April). “Kami ingin partisipasi saja karena serin terjadi kekurangan perse-diaan darah saat pasien kritis. Semoga dengan diadakannya Do-nor Darah ini, bisa menumbuhkan rasa kepedulian bagi karyawan kami pada sesama,” jelasnya. (Herlambang JL)

Waroeng Group Gelar Donor Darah Serentak

KE THAILAND -- Sebanyak 11 mahasiswa STIP-RAM telah lolos seleksi ikut pertukaran mahasiswa ke Burapha University Thailand. Mereka berangkat ke negeri Gajah Putih pada 22 Maret 2013. menda-tang ke Burapha University Thailand dalam rangka student Exchange.Program ini tidak terlepas dari usaha STIPRAM mengembangkan kualitas dalam menghadapi gelombang persaingan tenaga kerja pariwisata tingkat ASEAN tahun 2015.

MAJAPAHIT Travel Fair (MTF) ke-14 kembali akan digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dis-budpar)Jawa Timur. Berbagai upaya mempromosikan MTF 2013, kegiatan road show telah dilakukan di dalam negeri maupun mancanegara, antara lain ke Swiss.

Disbudpar Jatim sendiri mentargetkan pendapatan keseluruhan event sebesar Rp 40 miliar yang didapat melalui tiga event di dalamnya yakni travex, bursa pari-wisata dan table top metting.

Menurut Kabid Pemasaran Disbudpar Jatim, Drs Han-doyo, MPd, dalam road show kali ini Disbudpar menga-

jak stake holder pariwisata yang ada di Jogja, Bandung dan Bali. Tiga daerah ini, lanjut Handoyo merupakan daerah potensial dengan kunjungan terbesar ke Jatim. “ Makanya tidak heran kalau kami menyasar ke sana”, kata Handoyo.

Selain pasar dalam negeri roadshow juga dilakukan ke pasar luar negeri seperti Swiss dan Malaysia. Semen-tara itu menurut rencana MTF bakal digelar 16-19 Mei mendatang dengan target stand pameran sebanyak 180 stand. (Herlambang JL)

MTF 2013 Digelar Mei

JENDERAL MAIN ANGKLUNG – Jika para jenderal piawai memainkan senjata, itu hal biasa. Namun jika mer-eka piawai memainkan alat musik tradisional angklung tentu hal itu luar biasa. Dan itu dilakukan para jenderal (Purn) di Sanggar Angklung “Mang Udjo”, Bandung, 17 Februari lalu. Tercatat para jenderal itu adalah Jend (Purn) Hendropriyono, Jend (Purn) Ryamizard Ryacudu, Letjen (Purn) Sudrajat, Marsma (Purn) Yuwono Kolbiun serta Mayjen (Purn) Abdul Gani. “Ini semua wujud kepedulian beliau-beliau pada seni budaya angklung yang telah di-akui oleh UNESCO,” jelas Arismunandar dari paguyuban Kukenes Magelang dalam rilis yang diterima INFO WISA-TA JOGJA & JATENG. Acara ini digagas oleh Paguyuban Warga Magelang di Jakarta, Paguyuban Getuk pimpinan Inten Soeweno, Elpro pimpinan Tati Hendropriyono serta KUKENES Magelangan. (Herlambang JL)

ANDA pecinta sport air, arung jer-am?. Jika ya, jadwalkan agenda wisata Anda untuk berkunjung ke Banjarneg-ara (Jateng), sebab pada 24-31 Agustus 2013 mendatang akan digelar event menarik : Festival Serayu 2013.

Untuk lebih menyebarluaskan agena Festival Serayu itu, Pemkab Banjarnega-ra telah mulai gencar melakukan upaya promosi festival itu ke berbagai daerah. Ditargetkan Festival Serayu itu akan di-hadiri 150.000 wisatawan nusantara dan 1.000 wisatawan manca negara.

Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Su-peno kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG menjelaskan, Festival Serayu 2013 akan digelar secara spektakuler. “Kami ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia maupun internasional, bahwa Banjarnegara

layak sebagai destinasi wisata yang unik. Event ini sekaligus untuk men-sukseskan Visit Jateng 2013,” imbuh-nya.

Selain Festival Serayu, Pemkab Banjarnegara juga memiliki agenda rutin yakni Festival Dieng yang dige-lar setahun sekali pada Juli. Selama Festival Serayu, lanjut Hadi Supeno, digelar berbagai kegiatan. Dian-taranya sedekah kali yang ditandai penebaran bibit ikan oleh tokoh Bima, parade festival serayu, gelar seni dan budaya, sendratari Babad Banjarnegara, gelar potensi agro dan produk kreatif, lomba arung jer-am tingkat internasional, lomba lari

Serayu 10 K, lomba dolanan anak tradisional, terabas motor trail, dan batik carnival. (Herlambang JL)

Ayo! Saksikan Festival Serayu

Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno

& JATENG h di k W

G a l e r i I n f oG a l e r i I n f o

Rubrik Tanya Jawab Bersama Dr. Evie Indrasanti ,M.Kes”

Page 19: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

19Edisi 40maret 2013

100 % KALSIUM SUSU

RENDAH LEMAK

sahabatprosteo

www.mirota.co.id

Page 20: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

20 Edisi 40maret 2013

KUALITAS SDM di Indonesia khususnya bidang kepariwisataan bakal diuji, menyusul kesepakatan Komunitas ASEAN dimana mu-lai tahun 2015 tak ada batasan pergerakan SDM pariwisata yasng berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN untuk berkarya. Dengan kata lain bahwa SDM pariwisata dari komunitas ASEAN dapat bekerja di Indonesia begitu pula sebaliknya.

Menyikapi hal tersebut, staf bidang akademik STIPRAM, Damiasih, mengatakan kita tidak lantas menyerah be-gitu saja. “Dan kami dari STIPRAM juga telah mem-berikan bekal kepada para anak didiknya berupa ilmu dan ketrampilan yang memadai untuk menghadapi persaingan tersebut. Utamanya kami memberikan bekal kompetensi yang terukur dan terarah bagi mahasiswa kami,” tegasnya.

Kompetensi sangat diperlukan untuk menyokong profesionalitas sehingga mempunyai daya saing yang handal dan siap menghadapi persaingan tahun 2015. “Jangan sampai kita sebagai insan pariwisata hanya akan menjadi penonton di neg-eri sendiri sementara yang berkiprah di negeri kita justru orang asing,” tegasnya. (Herlambang JL)

epariwisataan dimana mu-sata yasng berkarya.

as ASEAN

PRAM, be-

m-u

HOTEL tampaknya sudah menjadi sebagian dari perjalanan hidup dari sosok satu ini, Yuni Kusuma Sari. Lepas lulus kuliah dari UNY, Sari – demikian sapaan akrabnya – berkesempatan bekerja di beberapa hotel di Jogja, seperti Hyatt Regency Yogyakarta, Hotel Mu-tiara hingga akhirnya ia kini menjabat sebagai Sales Executive Hotel Pyrenees Jogja.

“Memang cukup banyak pengalaman saya di hotel. Dan bagi saya hidup itu memang proses dan penuh tantangan. Saya harus terus belajar, dan semua itu saya jalani dengan kesungguhan hati,” katanya kepada INFO WISATA JOPGJA & JATENG. Ia mengaku bahagia bisa menggali begitu banyak pengalaman selama bekerja di banyak hotel dan restoran.

“Saya menjadi begitu banyak kenal orang dengan berbagai status dan karakter. Tapi itu justru makin mem-perkaya pengalaman dan pengetahuan pada diri saya,” lanjutnya. “Soal suka duka menurutnya adalah sebuah konsekuensi logis dari sebuah profesi. Semua tergantung diri kita sendiri di dalam me-nyikapi semua itu,” katanya bijak.

Sari mengaku kini cukup nyaman berkarir di hotel Pyrenees Jogja. “Disini ada kebersamaan, ada rasa persaudaraan yang kuat. Atmosfi r sep-erti ini yang membuat saya merasa lebih nyaman dalam bekerja,” ungkapnya. (Herlambang JL)

JIKA Anda ingin memperoleh informasi praktis mengenai

pariwisata di Jogja dan sekitarnya, baca segera Tabloid INFO WISATA

JOGJA. Semua bisa Anda per-oleh secara FREE (gratis). Anda

bisa mendapatkan Tabloid INFO WISATA JOGJA di:

TARIF IKLAN

Logo Sponsor (8 x 4 cm, colour) Rp 300.000, Iklan Kolektif (6 x 5 cm, colour) Rp 250.000, Promo Hotel/ Resto/Kafe/Rental/Biro Perjalanan Wisata /Pusat Per-belanjaan (8 x 10 cm, colour) Paket 1 Tahun Rp 3.000.000, Iklan Display ( colour) 1/4 halaman Rp 1.500.000, 1/2 halaman Rp 2.500.000, 1 halaman Rp 4.000.000, Pariwiara/Advertorial (colour) 1/4 halaman Rp 1.250.000, 1/2 halaman Rp 2.000.000, 1 halaman Rp 3.500.000, Banner (cover) 26 x 4 cm Rp 1.500.000 (Paket 1 Tahun Rp 15.000.000), Banner (halaman dalam) 26 x 4 cm (colour) Rp 1000.000 (Paket 1 Tahun Rp 10.000.000).

Biaya Berlangganan : Rp 60.000 (5 eksemplar)/bulan (termasuk ongkos kirim).

Diterbitkan oleh : CV. CIPTA MEDIAAlamat Redaksi dan Iklan : Jln Kaliurang Km 5, Gg. Pandegarini 12 Jogja (Gedung Asram Lantai 2)Telepon : (0274) 885626 Fax : (0274) 885551E-mail : [email protected] : www.infowisatajogja.com

Dicetak Oleh Spadan Adv. 0274 378052

Edisi 40 18 Maret 2013 - 18 April 2013

Perintis: Hafidh Asrom, Herlambang Jati Lestyawan Pelindung: GBPH Prabukusumo, Hafidh Asrom, Hamzah HS, Tazbir, Hilman Hakim Pemimpin Redaksi: Herlambang Jati Lestyawan Manajer Iklan& Kemitraan: Sri Astuti Sirkulasi : Yuliantoro, Setyo Raharjo Sekretaris Redaksi : Suhaelan Z Wafa Desain Grafis/Layout : Abu Jihad

Distribusi INFO WISATA JOGJA & JATENG: Bandara Adisucipto (Jogja), Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, Klaten, Solo, Purworejo, Kebumen, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Boyolali, Semarang, Balikpapan, Lombok, Bali, Bandung, Jakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Jepara.

Bandara AdisuciptoDinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Kaliman-tan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu, Provinsi Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara.Badan Promosi Priwisata Kota Yogyakarta, Badan Promosi Pariwisata Jawa Barat, Badan Promosi Pariwisata Makassar, Badan Promosi Pariwisata Balik-papan. Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, Sriwijaya Airlines, Merpati, Bata-

via, dll. TIC Dispar Provinsi DIY di bandara, stasiun kereta, malioboro, Trans Jogja.Kantor Kementrian Pariwisata RIPengurus dan Anggota PHRI Yogyakarta, Jepara, Klaten, Jawa Tengah, Pur-balingga, PurwakartaHotel dan Restoran, meliputi The Jayakarta Hotel Yogyakarta, Hotel Santika Premiere Jogja, The Phoenix Hotel Yogyakarta, Grand Quality Hotel, Melia Purosani, Grand Palace Hotel Yogyakarta, Hotel Sriwedari, Hotel Ibis Malio-boro, Novotel Jogja, Griya Persada Hotel, Puri Artha Hotel, Jogjakarta Plaza, Hotel Je Hotel, Hotel Sahid Raya Jogja, Hotel Whiz, Hotel Jentra Dagen, Ho-

tel Mutiara, Hotel Garuda, Hotel Hyatt Regency, Hotel All Seasons, Kantor Hotel Tentrem, Ruba Grha, Grha Somaya, Hotel Indah Palace, Latifa Hotel, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Hotel Ros In, Hotel Pose In, Hotel Cakrakembang, Hotel Cakrakusuma, Kantor PHRI DIY, Hotel Lorin Solo, Hotel Baron Indah Solo, Grand Candi Hotel Semarang, Gumaya Hotel Semarang, Kapurel, dll. House of Balcony, RM Pringsewu, Cokrotela Cake, Kopitiam Oey, Myoozik, Lecker Restaurant, Banyumili Restaurant, Kopitiam, dll. Perbarindo DIY, Kadin DIY, JCI, Perbankan, Media LinkKantor Asita DIY, ASITA Solo, Travel agent di DIY, Turindo, Turangga Tour, Bimo Transport, Abi Transport,Trend Tour, Nusantara Tour n Travel, Jogja Star

Transport, AW TourKantor Asita BandungTravel Agent di Lombok dan DenpasarPT Kereta Api, Taksi BandaraTelkomsel, EsiaCIMB Niaga, Mandiri, Bukopin, Bank SaudaraPusat oleh-oleh Mirota Group, The House of Raminten, Batik Adiningrat Group, Margaria Group, Pands Collection, BPD Jogja Obyek wisata Taman Pintar, Gembiraloka, Kids Fun, Grand Puri Water Park, dll

DUA dunia: seni dan budaya, tampaknya me-mang tak bisa dipisahkan dari sosok satu ini. Dialah Hamzah HS, pemilik Pusat Batik & Kera-jinan “Mirota Batik” ini. “Saya memang suka hal-

hal yang berbau kesenian dan kebudayaan,” tutur Hamzah kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Maka tak heran jika pemilik Rumah Makan “The House of Raminten” ini kerap tampil di berbagai acara

kesenian. Seperti ketoprak, wayang orang, bahkan sinetron di sebuah televisi lokal di Jogja. Lebih dari itu, penggemar olah-

raga berkuda ini juga beberap kali tampil di event “Cabaret Show” di Mirota Batik (lantai 3), Malioboro.

Menurutnya, seni dan budaya pun bisa menjadi magnet pariwisata. “Dan Jogja memiliki kekuatan itu,” tegas Hamzah yang dulu juga aktif sebagai desainer. Maka tak heran jika banyak anak usahanya yang memang memiliki sentuhan seni yang kuat. Sebut saja, restoran Ramint-en, juga Mirota Batik di Malioboro. Juga rumah makan Oyot Godong (Mirota Batik, lantai 3).

“Dengan seni, jiwa kita lebih hidup, lebih bernilai dan lebih peka,” tuturnya. Maka Hamzah pun juga masih aktif berlatih tari di rumah pribadinya, di kawasan Kotabaru. Ia pun tak segan-segan menggunakan pakaian kebaya lengkap. Dan dengan pakaian itu pula saat ini menjadi “trade mark” Hamzah yakni sebagai sosok wanita jawa bernama “Raminten”. (Herlambang JL)

JOGJA memiliki nilai jual tinggi. Sebagai destinasi wisata, Jogjaadalah daerah tujuan wisata paket lengkap. Mulai dari wisata heritage,

wisata alam, wisata pendidikan, minat khusus, adventure, seni dan bu-daya, kuliner, dsb. “Namun ada sesuatu yang belum berjalan dengan

maksimal, khususnya berkaitan dengan pengemasan promosi,” kata Betty Aryani selaku komisaris PT Lima Pilar Pariwisata yang meru-

pakan perwakilan Travel Three Ground Tour Operator DIY-Jateng kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG di sela-sela acara fam trip bersama 15 media asing di Bolo Restaurant.

“Untk itulah kita bekerja sama dengan travel three yang telah memiliki jaringan internasional untuk menjual paket wisata Jogja. Yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat orang lebih tahu Jogja dan penasaran dengan Jogja,” imbuhnya.

Menurut Betty, meski upaya promosi Jogja sudah dilakukan, namun masih perlu dikemas secara lebih maksimal dan mempro-

mosikannya kepada mereka yang benar-benar membutuhkan in-formasi tentang wisata Jogja. “Dan harus dipromosikan oleh orang yang tepat dengan cara yang tepat, dan kepada pihak yang tepat pula,” tegas Betty seraya menambahkan bahwa pihaknya pun saat ini tengah mengincar pasar wisatawan Asia. (Tik)

JOGJAadala

wisata adaya, k

maksBet

pk

nmoformyanpulateng

Mu-Sales

otel. enuh a itu pada agia ama

ngan mem-

ya,”

Hkesenian

Hamzah HS

Sajikan “Tsunami”JELI dan cepat. Mungkin itulah karakter yang menonjol dari sosok satu

ini, H Satriyo Yudhiarto. Karena paduan dua karakter itulah akhirnya ia mampu membangun sebuah wahana permainan modern di Kabupaten Banjarnegara yakni Surya Yudha Park.

Ia dengan jeli dan kreatif melengkapi Surya Yudha Park itu dengan sebuah kolam berukuran besar berombak bak Tsunami. Sensasi de-buran ombak setinggi 1,5 m bergulung-gulung di atas kolam, men-jadikan para pengunjung seolah seperti dihempas ganasnya Tsunami.

Tak heran teriakan sekaligus suara canda tawa riuh terdengar dari

mulut wisatawan, saat tubuh mereka dihempas gelombang Tsunami itu. “Ini kolam dengan gelombang Tsunami terbesar di Jateng,” tegas Satriyo yang juga pemilik BPR Surya Yudha Banjarnegara ini.

Mesin untuk membikin ombak seperti Tsunami itu di datangkan langsung dari Jepang dan Jerman, dengan kekuatan 135 ribu watt. Selama 15 menit, setiap satu setengah jam sekali,mulai dari jam 07.00-17.00, wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata baru di Banjarnegara itu, bisa menikmati deburan ombak “Tsunami”.

Deburan ombak “Tsunami” itu tak perlu Anda takutkan. Pasalnya, di sekitar kolam tersebut terdapat sejumlah petugas keamanan yang sudah terlatih, sehingga meskipun ombak datang bergulung-gulung, Anda tetap dijamin aman. Ayo, nikmati sensasi ombak Tusnami, hanya di Surya Yudha Park. (Herlambang JL)

Betty Aryani

Damiasih Yuni Kusuma Sari

Pentingnya Kompetensi Terus Belajar

H Satriyo Yudhiarto

Seni dan Budaya Paket Lengkap

F I G U RF I G U R

Page 21: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

21Edisi 40maret 2013

THE HOUSE OF RAMINTENJln. FM Noto 7, Kotabaru JogjaTelp (0274) 586928, 547315

MIROTA BATIKJln. A Yani (Malioboro) Jogja

Telp (0274) 588524, 518127

THE HOUSE OF RAMINTEN 2 (OYOT GODONG)

Mirota Batik, Jln. A Yani (Malioboro) Lantai 3

MIROTA BATIK PAKEMJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274)897033, 897068

RATRI IMAGE Mirota Batik (Malioboro)

Lantai 3 (luar) Telp (0274) 552455

THE WAROENG OF RAMINTENJln. Kaliurang Km 16, Pakem Jogja

Telp (0274) 897033, 897068

CABARET SHOWMIROTA BATIKMIROTA BATIK

setiapsetiapjumat & sabtu malamjumat & sabtu malam

jam 19.00jam 19.00

Page 22: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

22 Edisi 37DESEMBER 2012

MULAI Maret hotel Arjuna mempromosikan berbagai produk kuliner yang spesial. Salah satu program yang di-tawarkan adalah “Serba Pasta”. “Ini kami luncurkan sebagai jawaban atas makin banyaknya pecinta pasta. Dan lebih dari itu, pasta di hotel kami ini dipatok dengan harga yang sangat terjangkau,” kata Chef Atmo kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Beberapa pilihan pasta antara lain conpollofritto. Dima-na kita akan disajikan daging ayam goreng dalam balutan tepung panir, ditambah dengan bumbu pesto yang bercita rasa mediteranian serta taburan keju. “Sebagai pelengkap kami tambahkan salad dengan saos vinaigraitte, serta roti panggang bawang” imbuh Atmo. Pilihan lain adalah dengan komponen alpokat, ikan tuna, tomat segar serta seafood.

“Juga ada pilihan pasta lainnya yakni spaghetti, lasa-gna, fettucine, fussili, penne, taglia felle, dsb,” paparnya. Dengan presentasi yang menawan dan ditunjang suasana restoran yang nyaman, maka tiap tamu akan bisa mera-sakan atmosfi r lain. “Apalagi harganya sangat terjangkau,” jelasnya. (Herlambang JL)

Lezatnya Lezatnya Pasta di Pasta di

Hotel ArjunaHotel Arjuna

Chef AtmoPasta di Hotel Arjuna

ANDA ingin mencicipi kuliner unik?, cobalah kunjungi tempat satu ini. namanya nDalem Joyokusman atau kerap disebut Gadri resto. Lokasinya masih di kompleks Keraton Yogyakarta. Bangunan nDalem Joyokusumo pun unik. Merupakan bangunan heritage. Disini ada perpaduan yang khas: arstitektur khas Jawa (Keraton) dengan kuliner unik.

Bangunan nDalem Joyokusuman terdiri dari 7 bagian : Pendopo, Peringgitan, Sentong Tengah, Sentong Ten-gen, Sentong Kiwo, Gadri dan Pawon. Dan masing-masing bagian itu memiliki fi losofi sendiri-sendiri.

Tak hanya kita bisa menikmati keunikan bangunan be-serta isinya, namun di tempat ini pula kita juga bisa me-nikmati aneka menu makanan khas Keraton Yogyakarta. Khususnya menu-menu kuliner kesukaan Sultan.

Salah satu menu khas adalah Brongkos Ayam Asat yang merupakan menu kesukaan (alm) Sultan Hameng-ku Buwono IX. Menu satu ini diracik sedemikian rupa dengan beberapa bumbu khusus, hingga memuncul-kan sensasi rasa yang luar biasa.

Brongkos Ayam Asat dimasak dari beberapa bumbu seperti biji kluwek, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, daun salam, sere, kencur, daun jeruk serta daging ayam kampung.

Dalam penyajiannya, menu ini akan dilengkapi den-gan irisan tomat segar, cabai rawit (merah) serta sayuran segar (slada). Brongkos Ayam Asat ini akan lebih pas dan nikmat disantap dengan kelengkapan lainnya sep-erti tempe goreng tepung (mendoan) serta mie putih goreng. (Belva Radwiska JP).

Kuliner ala Rajadi nDalem Joyokusuman

nDalem Joyokusuman(Gadri Resto)

Jln .Rotowijayan No 5JOGJA

Telp (0274) 373520 Fax (0274) 380145

INGIN menikmati racikan minuman yang khas dan istimewa?, datang saja ke hotel Grand Tjokro Klaten. Beberapa jenis minuman akan bisa Anda nikma-ti dengan cita rasa yang spesial. Dua diantaranya adalah The Dark Side dan Margarita Delight.

“Kami memiliki cukup banyak varian minuman hasil olahan kami sendiri. Dua yang cukup istimewa adalah The Dark Side dan Margarita Delight,” jelas Ass F&B Manager, Eko Anom P kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Ia jelaskan, The Dark Side diramu dengan komponen lemon juice, coffee serta coke (Coca Cola). Paduan itu memang menghasilkan rasa yang penuh sensasi. Sementara Margarita Delight menurut Eko, merupakan racikan antara strawberry, lemon serta lychee. “Khusus Margarita Delight disajikan dengan taburan garam yang dioleskan pada bibir gelas. Ini akan memunculkan rasa yang khas,” paparnya.

Menurut Eko pihaknya selalu mengeluarkan minuman-minuman baru. “Ini agar tamu kita selalu akan memperoleh produk minuman yang istimewa dan tak ada duanya. Dan tentu saja kami mematok dengan harga yang sangat terjangkau,” jelasnya. (Herlambang JL)

Minuman Istimewa di Grand Tjokro Klaten

The Dark Side Margarita Delight

ADA promo kuliner cukup menarik dari Grand Aston Yogyakarta. Cassia Lobby Lounge dan Saffron Restaurnat di hotel ini menyajikan aneka roti manis aneka rasa dengan harga serba Rp 15.000. Tentu

saja anek roti ini pun pas untuk dijadikan buah tangan.Berbagai macam pilihan rasa mulai dari buah-buahan seperti

Durian Sweet Bread, Banana Cheese Bread, Banana Chocolate Bread dan Sarikaya Bread, juga rasa yang unik seperti Rendang Bread , Sausage atau Curry Bread. Bagi yang suka rasa coklat,keju,kopi

atau perpaduannya, tersedia roti manis Chocolate Bread, Chocolate Cheese Bread, Cheese Bread, dan Coffee Cream Bread. Ada pula roti

manis dengan taburan kacang yang renyah , Crispy Polo Bread.Tak ketinggalan pula sensasi rasa talas manis di Taro Sweet Bread

dan Roti Abon atau Floss Bread. “Kami juga tawarkan ice caramel blended yang dipadukan dengan pilihan roti manis dalam paket “When Butter Meets Caramel” dengan harga Rp 40.000/paket,”

jelas Nike Ariestya (PR Coordinator) kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Seluruh promo di atas bisa dinikmati selama Maret–April

2013. (Herlambang JL)

Roti Manis Roti Manis Serba Rp 15.000Serba Rp 15.000

Grand Aston YogyakartaJl Urip Sumoharjo 37

JOGJATlp (0274)566999

Page 23: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

23Edisi 37DESEMBER 2012

Jalan Prawirotaman No 12 Yogyakarta Indonesia

INILAH restoran bernu-ansa Jawa-Modern yang menghadirkan sajian menu masakan nusantara khususnya Jawa. Cupuwatu Resto menghadirkan menu andalan yang unik, yakni

Malon (Manuk Londo). Menu ini diolah menjadi berbagai varian yang khas. Sebut saja Malon Bumbu Kuning yang khas dengan rasa gurihnya yang meresap kuat hingga ke tulang-tulangnya, Malon Bakar Klaten yang rasanya sangat khas tra-disional, Malon BBQ yang rasa dagingnya manis terasa madu, dan Malon Ala Peking yang khas dengan aromanya yang wangi dan dagingnya yang empuk. Semua pilihan menu spe-sial malon tersebut ditawarkan dengan harga Rp 27.500 dan sudah lengkap dengan nasi, minum, sambal, dan lalap.

Cupuwatu Resto

Kompleks Grand CupuwatuJln Solo Km 11,8 Kalasan

JOGJATelp (0274) 4469261/4469262Cupuwatu Resto

“Manuk Londo” di Cupuwatu Resto

SATU lagi inovasi terbaru dilakukan Hotel Aston Imperium Purwokerto. Selama Maret hotel ini menghadirkan promo Burger Jumbo dan My Buldog. Kedua makanan itu tampil dengan ukuran besar.

“Burger Jumbo memiliki ukuran diameter 20 cm dan My Buldog berukuran 30 cm. Sehingga cocok untuk dinikmati 2 hingga 4 orang sekaligus,” jelas Wulan U dari Aston Imperium Purwokerto dalam rilisnya yang diterima INFO WISATA JOGJA & JATENG.

Burger Jumbo terdiri dari susunan bread, tomato, lettuce, bawang bombay, telur mata sapi, keju dan daging sapi pilihan yang disajikan dengan tomato and chilli sauce. Harga dipatok Rp 68.000 nett.

Sedangkan My Buldog dihadirkan dengan bread special dilengkapi lettuce dan best quality sosis. My Buldog dipatok harga Rp 58.000 nett. Jika ingin dibawa pulang cukup me-nambah Rp 10.000. (Herlambang JL)

Hotel Aston Imperium PurwokertoJl. Overste Isdiman No. 33

PURWOKERTOTelp (0281) 628000

Aston Imperium Purwokerto

Burger Jumbo vs My BuldogBurger Jumbo vs My Buldog

Ayam Goreng Bu HartinJl. Sutijab Wates (0274) 774376

Cafe & RM GaulKomplek BSA Wates

Gule SawahJl. Tentara Pelajar, Beji, Wates

Kampoeng RestoJl. Bhayangkara, Wates

Lotek GiripeniJl. Raya Bendungan, Giripeni, Wates

Lotek NgrowoGalur

RM. MorolegoJl. Kol. Sugiyono Wates (0274) 773504

RM. BarathaJl. Kol. Sugiyono, Wates (0274) 773468

RM. BlimbingJl. Raya Brosot, Blimbing, Brosot

RM. Bu Hartin 2Jl. Raya Jogja-Wates Km. 29 Kongklangan Wates

RM. Cemoro JajarJl. Raya Wates-Purworejo, Sogan, Wates

RM. Gerbang TrisikJl. Raya Trisik, Galur (0274)7499086

RM. Gubug Udang Kesuma WanadriGlagah, Temon 0817266617

RM. Gudeg Bu JumintenKomplek Perdagangan Wates (0274) 773665

RM. MlangsenJl. Raya Wates-Purworejo, Mlangsen, Temon

RM. Murah MeriahJl. Raya Purworejo, Sindutan, Temon

RM. Padang Saliro KitoJl. Tentara Pelajar, Beji, Wates

RM. Padang SederhanaWates

RM. Pandan WangiGlagah, Temon 08157936502

RM. Pring PetungSelatan Alun-Alun Wates 08122969939

RM. Saiyo JayaJl. Sugiman Wates

RM. Saiyo Sapta PesonaJl. Wates-Purworejo, Wates (0274) 773880, 774313

RM. Sea Food Yu SumCongot, Jangkaran, Temon (0274) 778209, 321735, 081578797995

Sate KelinciJl. Bhayangkara, Wates

Sate KudaJl. Jogja-Wates Km. 29

Sate Mbah MargoJl. Raya Muntilan Mboto Nanggulan 081328772633

Sate Mbah Margo 2Jl. Raya Jogja-Nangulang, Kenteng

Sate Pak Gundul (Kuncung)Komplek Perdagangan, Gawok, Wates

Sate TegalKomplek Perdagangan, Gawok, Wates

Soto Pak KasmoJl. Purworejo, Malangan, Sentolo

Soto Pak PaimanJl. Wates, Proliman Karan-gnongko, Wates

Soto semarangJl. Khudori, Wates

KULINER di Kulonprogo

Page 24: Tabloid Info Wisata Jogja Jateng 40 / Maret 2013

24 Edisi 40maret 2013

JADI OLEH-OLEH – Mungkin baru satu-satunya di Indonesia, sebuah menu masakan kepiting menjadi oleh-oleh. Dan itu hanya ada di Balikpapan. Masakan kepiting yang menjadi andalan restoran “DANDITO” saat ini telah menjadi buah tangan bagi siapapun yang datang ke Balikpapan, khususnya para wisatawan. Besarnya animo masyarakat luar Balikpapan untuk membawa pulang menu kepiting “DANDITO” sebagai oleh-oleh, mendorong sang pemilik restoran, Rudy Setiawan, menciptakan sebuah kemasan y a n g apik, enak ditenteng sekaligus tetap higienis. “Jadi meski

dibawa ke dalam pesawat tak masalah. Aromanya juga tetap terjaga,” jelas Rudy. Tak hanya menjadi oleh-

oleh khas Balikpapan, masakan kepiting “DAN-DITO” juga bisa dipesan dari luar Balikpapan. Bahkan beberapa pelanggan berasal dari Jogja. “Cukup telepon, pesanan siap kami antar. Sekitar 5 jam pesanan kepiting sudah

sampai di alamat (di Jogja),” jelas Rudy. (*)

TERJUN DI DAPUR – Pemilik restoran “DANDITO”, Rudy Setiawan (depan) tak segan-segan terjun langsung di dapur bersama para juru masaknya. “Saya memang suka memasak,” tutur Rudy kepada INFO WISATA JOGJA & JATENG. Tak hanya jalinan antara dirinya dengan para karyawannya menjadi lebih harmonis, namun juga dari sisi kualitas kontrol masakan di “DANDITO” benar-benar terjaga. Tak hanya cita rasa yang khas, namun juga kebersihan dan higienitas benar-benar sangat diperhatikan oleh manajemen “DANDITO”. Inilah sesungguhnya “nilai lebih” dari rumah makan dengan menu spesialnya yakni kepiting ini. Maka tak heran jika “DANDITO” selalu menjadi jujugan utama para wisatawan yang datang ke Balikpapan. Dan menu spesial kepiting “DANDITO” kini menjelma menjadi ikon kuliner khas Balikpapan. “Belum ke Balikpapan kalau belum mencicipi kepiting DAN-DITO,”’ tegas Rudy. (*)

Sensasi Wisata Kuliner di “DANDITO”Jln. Marsma R Iswahyudi, Gunung Bakaran, BALIKPAPAN, Kalimantan Timur Telp (0542)764367 HP 0811532368 Email :[email protected]

ARTIS DAN POLITISI Para konsumen dan pelanggan kepiting “DANDITO” tak hanya masyarakat biasa,

namun juga datang dari berbagai kalangan. Mulai dari artis, pengusaha, politisi hingga pejabat. “Saya bangga sekaligus bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh para konsumen pada restoran DANDITO,” jelas pemilik restoran “DANDITO”, Rudy Setiawan. Banyaknya kalangan yang menjadi pelanggan kepiting “DANDITO” ini menurut Rudy

membuktikan bahwa cita rasa kepiting “DANDITO” memang bisa diterima oleh lidah se-mua kalangan. “Oleh karenanya, kami pun menyediakan aneka rasa masakan kepiting,” imbuhnya. Hal yang unik dari restoran ini, semua tamu-tamu “istimewa” akan diabadi-kan (didokumentasikan) secara rapih dan tersimpan dalam album, bahkan terpampang di beberapa sudut bangunan restoran. “Ini semua wujud apresiasi kami pada mereka,”

kata Rudy. (*)

Rudy Setiawan bersama Ketua Umum Gol-kar, Aburizal Bakri.

Rudy Setiawan (kiri)

Rudy Setiawan bersama artis Donita.

y a n g apik, enak ddibawa

tetao

BAGI masyarakat Jogja dan sekitarnya serta kota-kota di Jawa Ten-gah, tak perlu harus “terbang” ke Balikpapan hanya untuk memenuhi hasrat menyantap sepuasnya kepiting “DANDITO”. Sebab sekarang Anda cukup memesan menu-menu kepiting yang Anda inginkan itu dan langsung telepon ataupun SMS ke : 0811532368. “Dalam waktu lima jam, pesanan akan sampai ke alamat rumah Anda,” tegas Rudy Setiawan. Delivery Order ini memang menjadi sebuah solusi jitu yang diciptakan RM “DANDITO” demi keinginan para konsumen di luar Ba-likpapan untuk merasakan sensasi rasa kepiting “DANDITO” ini.

Sebab setelah layanan delivery ini dibuka, pemesan dari luar kota Balik-papan berdatangan. “Termasuk beberapa pelanggan setia dari kota Jogja,” ungkap Rudy. Meski melalui delivery namun Anda tak perlu khawatir dan takut cita rasa kepitingnya akan berubah. Sebab pihak RM “DANDITO” te-lah memiliki sistem pengepakan yang aman, praktis dan higienis. “Jadi soal cita rasa tetap terjaga. Konsumen tak perlu ragu,” jelas Rudy.

Anda penasaran ?, langsung saja call atau SMS RM “DANDITO” sekarang juga. (*)

Siap Delivery ke JogjaSiap Delivery ke Jogja