tabloid identitas edisi 95 periode januari - februari 2013

16
EDISI 95, Januari-Februari 2013, Harga Rp. 5.000,- Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) periode 2013-2018 akan digelar 13 Juni 2013 mendatang. Beberapa kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati, sudah mempersiapkan strategi serta mengukur kekuatan kandidat lainnya agar dapat memperoleh kemenangan dalam hajatan demokrasi lima tahunan tersebut.

Upload: kensi

Post on 08-Aug-2015

187 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013For Details And Subscribe Please Fisit Our Website : http://www.identitasnews.com/

TRANSCRIPT

Page 1: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

EDISI 95,Januari-Februari2013,Harga Rp. 5.000,-

Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) periode 2013-2018akan digelar 13 Juni 2013 mendatang. Beberapa kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati,

sudah mempersiapkan strategi serta mengukur kekuatan kandidat lainnya agar dapat memperoleh kemenangandalam hajatan demokrasi lima tahunan tersebut.

Page 2: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

O P I N IEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

2

RSBI Tinggal NamaPOLEMIK menyangkut Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

terjawab sudah. Rabu, 9 Januari 2013,Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa RSBI tidak sesuai

konstitusi dan mengabulkan gugatan penggugat tentang keberadaanRSBI yang dipayungi oleh Pasal 50 Ayat (3) UU Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal ini telah menjadi dasarhukum penyelenggaraan 1.300-an sekolah berlabel RSBI.

EBERADAAN RSBI ini dinilai telah mendis-kriminasi warga negara miskin dan tidaksesuai dengan UUD 1945. Di samping itu RSBIjuga dianggap sebagai bentuk diskriminasi

dan kastanisasi bagi siswa tidak mampu. Karena padaumumnya anak-anak yang bersekolah di RSBI adalahanak kaum “priayi” yang notabene dari golonganmampu. Walaupun ada quota 20 persen untuk kaumyang kurang mampu, namun itu tak terpenuhi.

RSBI yang begitu mahal dan menyedot anggaranbegitu besar dari Kemendikbud, merupakan bentukdiskriminasi bagi kaum marginal. Sementara sekolahnegeri lainnya harus tertatih-tatih dengan fasilitasseadanya. Mereka seakan dijadikan anak tiri olehpemerintah. Keberadaan RSBI semakin memperlihat-kan kesenjangan mutu pendidikan antara sekolah ne-geri.

Ironisnya itu terus berjalan hingga kini pada tahunkedelapan pelaksanaannya. Kesenjangan yang terciptaantara sekolah-sekolah mewah itu terus menggangadi antara himpitan banyaknya permasalah pendidikanyang terus saja mendera negeri ini. Lihat saja masihbanyak kita temui gedung sekolah bocor, sekolahroboh, dan kurangnya fasilitas yang memadai danmasih banyak lagi yang harus dibenahi bagi kemajuanpendidikan kita.

Kemudian, prinsip-prinsip pendidikan yang berkea-dilan bagi seluruh rakyat Indonesia telah di kebiridalam RSBI, padahal negara Indonesia yang ikutbergabung dan menandatangani perjanjian pada 1990di Jominten, Thailand, tentang konsep pendidikanuntuk semua atau Education for All (EFA).

Yang menghasilkan 6 poin kesepakatan, satu diantaranya adalah menjamin bahwa pada 2015seluruh anak, baik laki-laki maupun perempuan, darimanapun asal dan sukunya sudah mendapatkanpelayanan pendidikan dasar yang berkualitas dantidak ada diskriminasi.

Sekolah ‘priayi’

Lalu, RSBI juga lebih mengagung-agungkan bahasaInggris yang digunakan sebagai bahasa pengantardalam proses pembelajarannya. Hal ini setidaknyasedikit “merendahkan” bahasa Indonesia yangmerupakan jatidiri bangsa Indonesia. Bahasa Indone-sia sebagai sebuah ilmu pengetahuan di sekolah“priayi” akan sulit berkembang karena bahasa tersebutdianggap sebagai “bahasa kelas dua”.

Bagaimana mungkin bahasa Indonesia bisa ber-kembang dalam RSBI, jika guru menggunakan bahasaInggris dalam pengantar mata pelajarannya. Makatidak mengherankan bagi kita, jika pada beberapatahun terakhir ini nilai Ujian Nasional (UN) yang pal-ing banyak rendah adalah nilai bahasa Indonesia. Inimerupakan imbas dari kebijakan RSBI yang lebihmementingkan penggunaan bahasa Inggris.

Pendidikan yang berkualitas bukanlah tergantungbagaimana mahirnya seseorang menuturkan bahasaasing semisal bahasa Inggris, akan tetapi pendidikanyang berkualitas adalah tercermin dari kemampuansiswanya dalam mengembangkan nalar dan berpikiranalitis. Kemudian mereka dapat mengembangkansegala sumber daya yang melekat pada dirinya tanpaharus “dibopong” oleh orang lain.

Kita butuh anak-anak didik yang berjiwa mandiriyang sanggup berdiri di atas kaki sendiri dengansegala potensi yang dimilikinya. Inilah makna

pendidikan yang berasaskan kemandirian anak. Bukansebagai anak yang fasih berbahasa asing, tetapi tidakmemiliki jiwa dan raga sebagai seorang Indonesia.Yang hanya mampu menghambakan diri terhadapasing dan tidak mampu memaknai kemerdekaansecara lebih bermakna.

Diakui atau tidak pendidikan kita memang jauhtertinggal dalam berbagai hal, baik daya saingmamupun kualitas yang dilahirkan sekolah. Secarasarana dan prasarana pun kita masih kalah biladibandingkan dengan negara-negara lainnya. Pundemikian jawabannya bukan dengan cara membuatRSBI yang menjadikan sekolah ajang komersialisasi.

Jika kita membicarakan mutu. Maka sesuai denganfilosofinya bahwa mutu adalah urusan dan tanggungjawab setiap orang, yang harus terencana, sistematis,dan merupakan sistem terbuka yang harus terusmenerus disempurnakan secara berkelanjutan sertamenghormati otonomi setiap satuan pendidikan.

Kita tidak tahu apa jadinya jika MK tidak memvonisRSBI bertentangan dengan konstitusi, karena pada saatini kesenjangan kemampuan antara sekolah negeriyang ada di pelosok daerah, dengan sekolah negeriyang ada di perkotaan, bagai langit dan bumi.Pemerataan mutu pendidikan tampaknya hanyasebatas retorika. Tidak diikuti implementasi nyataoleh Kemendikbud sebagai satu pemegang otoritaspenyelenggara pendidikan.

Tamparan bagi Kemdikbud

Pencabutan status RSBI merupakan tamparan nyatabagi Kemendikbud dan hal ini harus disikapi denganlapang dada dan dilaksanakan sebagai wujud darikepatuhan hukum dan demokrasi di Indonesia. Kitatidak mau nantinya RSBI hanya berubah namanyasaja. Kemudian pascapembubaran RSBI akan menjadimimpi buruk bagi 1.305 sekolah-sekolah RSBI yangtersebar di seantero Nusantara ini dari setiap jenjangyang ada.

Mereka tidak akan mendapatkan perlakuan secaraistimewa lagi, yang membuat mereka selama iniekslusif dan melangit sehingga tidak dapat digapaioleh semua anak yang ingin merasakan manisnyasekolah di tempat nyaman dan dipenuhi dengan segalafasilitas yang membuatnya lebih mudah dalambelajar.

Namun demikian mereka juga tidak boleh dilupa-kan begitu saja, harus ada upaya nyata untuk mene-nangkan kepanikan yang mungkin melandanya pas-cadikeluarkan keputusan MK.

Akhirnya dengan keluarnya putusan MK ini kitaberharap Kemendikbud akan memberikan perhatianyang lebih luas kepada seluruh sekolah yang adadiberbagai pelosok negeri. Keputusan ini jugahendaknya bisa dijadikan bahan evaluasi diri danpengalaman berharga untuk ke depannya bagipengelola pendidikan. Ingat pula experience is thebest teacher (pengalaman adalah guru yang palingberharga). Semoga!

Arbai, S.Pd, Guru SMPN 1 Kluet Timur, Aceh Selatan,kini sedang mengikuti pendidikan S2, Program

Magister Manajemen Kepengawasan Kependidikan diUniversitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Email: [email protected]

sumber:serambi indonesia

EDITORIAL

Bulan Maret 2013 kepemimpinan StevanusVreeke Runtu (SVR) sebagai Bupati Minahasaakan berakhir.

Secara jujur, kepemimpinan SVR dalammemimpin Kabupaten Minahasa banyakmenorehkan berbagai prestasi yang diantaranyamelahirkan beberapa kabupaten/kota dan inimerupakan satu prestasi bagi SVR yang relamelepaskan Kabupaten Minahasa Selatan(Minsel), Kabupaten Minahasa Utara (Minut),Kota Tomohon dan Kabupaten MinahasaTenggara (Mitra) dengan tidak memikirkanterlepasnya daerah-daerah yang merupakankantong Pendapatan Asli Daerah (PAD) demimensejahterahkan pembangunan dan pelayananmasyarakat Minahasa se-utuhnya.

Selain itu, sosok SVR juga dikenal sebagaitokoh yang rendah hati bahkan tidak maumempromosikan kelebihannya (pencitraan)lewat berbagai media, baik cetak maupunelektronik.

Sikap ini, tentunya membuat figur SVRsemakin disegani baik kawan maupun lawanpolitiknya. Memang tidak ada gading yang tidakretak, begitu juga setiap pemimpin ada lebihnyaada kurangnya. Begitu juga apa yang sudahdijalani SVR selaku pemimpin Minahasa selama10 Tahun. Ada yang perlu kita syukuri selamakepemimpinan SVR, Minahasa merupakan tolakukur kerukunan dan keamanan yang ada diSulawesi Utara. Untuk itu diharapkan bagibupati dan wakil bupati yang baru terpilihuntuk dapat mempertahankan stabilitasekonomi dan keamanan yang telah dibuat olehbupati sebelumnya dengan harapan yangkurang ditambahkan dan yang lebih di kurangi.

Kepada bupati dan wakil bupati yang baru,diminta agar terus menjaga keharmonisan dansaling bergandengan tangan serta bahumembahu dalam menjalankan pemerintahanmereka sebagaimana layaknya pasanganpengantin baru dalam mengarungi bahkterarumah tangga untuk tetap saling mencintaisesama pasangan mereka agar kelakdikemudian hari apabila ada kesalahan pahamantara pasangan suami-istri maka pendetayang memberkati mereka akan berkata ‘ada apadengan cinta’.(**)

Ada ApaDengan Cinta

Oleh: Arbai

K

Penerbit : CV. Lentera Wangun LestariPemimpin Umum: Efraim Lengkong

Pemimpin Perusahaan: Juliana CL Wongkai SE,Advisor Hukum: Dantje Katuuk,SH

Pemimpin Redaksi: Efraim LengkongRedaktur Pelaksana: Djamal Kerubim Sassoeng, SE,

Redaktur Eksekutif: Melfin Osak,Reporter: Yuni KoagouwLayout: Ryo Kindangen,

IT/Penata Bahasa: Ketsy MoningkeyMinahasa-Tomohon: Fredi Tumbo,

Minahasa Selatan:Sanly Lendongan,Minahasa Tenggara:Fredy Kawombon,

Nusa Utara: Davit SaselahBolaang Mongondow Raya, Kepala Biro : Jhon A.Waluyan, Koresponden: Arman Muno, Ade Muno,

Ferra Koho, Nurhamidin, Rommy M, Hendra SKoresponden Jakarta: Gideon Jahja,-

Bitung: Ryo, Minahasa Utara:-

Alamat Redaksi: Jln.Sea Satu Blok S No.7Phone: 0431-832746, 0431- 3432864

E-mail: [email protected] Rekening Bank Sulut

(0170211019380-8)-(001.02.11.059652-1Redaksi juga menerima tulisan Opini

dengan jumlah maximal 1100 karakter + fotodan dikirim langsung ke:

E-mail: [email protected]

Wartawan Identitas dilengkapi tanda pengenalserta menjunjung tinggi

Kode Etik Jurnalistik, serta dilindungiUndang-undang Pers No. 40 tahun 1999.

Page 3: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

������������������������

������� �������� ��� ���������� ��������

��������������������������������������������������������

������� ���������� �����������������������������

�!� ��!����" �!� ��!����"

��!���#�!������� ��!���#�!�������

��"���!�����"���!���

������� �� ������� ��

L I P U T A N K H U S U SEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

3

Pemilihan Umum Kepala Daerah(Pemilukada) Kabupaten Minahasa

Tenggara (Mitra) periode 2013-2018yang akan digelar 13 Juni 2013mendatang, membuat beberapa

kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati, sudah mempersiapkanstrategi serta mengukur kekuatan

kandidat lainnya agar dapatmemperoleh kemenangan dalamhajatan demokrasi lima tahunan

tersebut.

EBUT saja, James Sumendap, DrMaxi Rondonuwu, Hesky Naray,Hapy Rumbay, Jelly Masie, JemiSiwi, Ronal Kandoli dan

beberapa figur lainnya yang sudahmelakukan sosialisasi untukmemperkenalkan diri mereka sebagaiBalon Bupati-Wakil Bupati.

Beberapa tokoh masyarakat yangditemui IDENTITAS mengungkapkanbahwa figur Bupati Telly Tjanggulung(T2) menurut mereka berhasilmembangun sarana infrasturkturmeskipun ada beberapa programseperti pengentasan kemiskinan yangdinilai belum berhasil.

Selain itu, T2 yang juga menjabatsebagai Ketua PG Mitra menghadapibeberapa masalah internal, seperti takharmonisnya hubungan diantarasesama kader.

Namun dari kendala diatas, T2 yangdidaulat ‘Bunda Pembangunan’ initerus mendapat penghargaan daripemerintah pusat berupa di bidangpertanian, Kesehatan bahkan di bidangpemerintahan.

Atas dasar itulah, T2 sudah menya-takan kesiapannya untuk majudalam Pemilukada men-datang.“Saya siap ber-tarung dalam Pilkadapada 13 Junimenda-tang,”te-gasman-tan

First Lady Talaud ini.Drs Jeremia Damongilala Msi,

merupakan calon Bupati yang perludiperhitungkan para kanditat lainnya.Putra Tombatu ini merupakan sosok yangdikenal memiliki banyak pengalaman,seperti mantan Ketua Pemuda SinodeGMIM, mantan Wakil Ketua DPRD KotaManado (PDI-P) dan saat ini masihmenjabat sebagai Wakil Bupati Mitra.

Damongilala merupakan sosokputra daerah yang dicintai olehmasyarakat Mitra. Kecintaan merekaterlukis disaat Damongilalamendampingi Tjanggulung dalamPemilukada yang lalu. KemenanganTjanggulung tidak lepas dari FigurDamongilala dalam meraup suara.

Kesiapan Damongilala untukbertarung dalam perebutan orangnomor satu di Mitra terlihat saatJeremia datang di sekretriat PDIP dandiantar langsung ribuansimpatisannya yang memenuhi ruasjalan pusat kota Ratahan. Kans kuatBupati Mitra ini mengungkapkanbahwa keinginannya menjadi bupatipada periode mendatang karenadaerah ini butuh ‘Perubahan’. “Saat inikabupaten Mitra perlu adaperubahan,”tegasnya.

Dengan Slogan ‘Siap SejahterakanWarga Mitra’, Dr Maxi Rondonuwu(MaRon) dalam rangka pemenangandirinya sebagai Bupati Mitra, beberapawaktu yang lalu langsung actiondengan melakukan pengobatan gratisyang ada di daerah ‘salak’ ini.

Terobosan tersebut langsung

mendapat sorotan dari warga bahkanmenuai dukungan parpol untukmengusungnya. Namun keinginanKepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulutini berlabuh di PDIP sangat besar.

Hal ini terlihat saat mendaftarkandirinya di Sekretariat DPC PDIP Mitradengan diantar langsung ribuansimpatisan bahkan pendukungnya.

Kepada Sejumlah wartawan, MaRonmengatakan bahwa kehadirannya diMitra mewakili putra Mitra untuk majusebagai Bupati Mitra pada periodemendatang. Persiapan dan sosialisasisudah dilaksanakan sejak tahun lalubahkan kans kuat bupati Mitra inimengatakan bahwa kabupaten Mitrasaat ini butuh pemimpin yang siapmembangun, kabupaten Mitra butuhperubahan yang lebih baik dari saat ini.“Saya berkomitmen, jika dipilih olehPDIP menjadi calon bupati mendatangmaka saya siap untuk bekerja samadengan partai PDIP,”ungkapnya.

Anehnya lagi jika tidak terpilih sebagaicalon bupati dari PDIP, dirinya siapmendukung calon yang diusung PDIP.

James Sumendap SH, putra Tombatuini merupakan anggota DPRD PropinsiSulut (PDIP) Dapil Mitra-Minsel sudahbanyak memberikan sumbangsihdalam membangun kabupaten Mitra.Keuletan dan keberaniannya tentunyamembuat sebahagian warga Mitrabersimpati terhadapnya.

Berbagai terobosan pun terusdilakukan Sumendap sejakmenjabat Ketua DPC PDIPMitra menggantikanJeffrie Massie.Sosialisasi ketingkatdesa dan

Kelurahan terus dilakukannyasehingga membuat masyarakatsemakin percaya akan figurnyasebagai salah satu calon pemimpinmendatang.

Dalam pertemuan waktu lalu, parakader Moncong Putih pun sepakatuntuk mencalonkannya sebagai calonBupati periode 2013–2018. “Jika rakyatmenginginkan saya memimpin limatahun ke depan maka saya siap,”ungkap Panglima PDIP dibeberapaPemilukada Sulut ini.

Kehadiran sosok Tony Lasut(Sekretaris DPC PG Mitra) yang jugasebagai Ketua DPRD Mitra dalam bursacalon Bupati Mitra tidak langsungmembuat ketua Golkar Mitra, T2,menjadi galau.

Pasalnya, kehadiran Tony dalamPemilukada membuat mesin partaiGolkar menjadi pincang. Namun resikobesar pun tentunya akan dihadapiLasut. Selain harus siap untuk direcalldari jabatannya saat ini, tak membuatmassa militannya takut. Bahkan,mereka menilai peluang Lasut dalamajang perebutan DB I J sangat besar.

Lain lagi dengan Hi Muhamad Asegafdari ke-empat bakal calon wakil bupati,Asegaf merupakan figur yang menarikuntuk dipinang. Pasalnya saat inidirinya masih menjabat sebagai SekdaBoltim. Putra Ponosakan Belang inimendapat dukungan dari umat muslimMitra. Hal ini terlihat jelas saat Asagafbertandang ke sekretariat PDIP.kedatangannya diantar oleh ratusanumat muslim serta tokoh-tokoh agamasambil mengalunkan musik rebana.

“Rakyat butuh perhatian, bukan janjitetapi bukti dan komitmen membangunMitra,”ucap Asegaf. Diapun berjanji jikaterpilih sebagai calon Wakil Bupati dariPDIP maka dirinya akan berusaha untukmenang. “Saya menang, rakyatsejahtera,”janjinya.

Dari semua kandidat, masing-masing memiliki karakter, kelebihan

dan kekurangan. Berkaca daripengalaman

pemilukadadibeberapa daerah

yang ada diSulawesi Utara,figur, dana dancampur tanganmerupakansenjata pamung-kas yang palingampuh dalam

memenangkanpertarungan

memperebutkankursi nomor satu.(*)

S

Page 4: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

L I P U T A N K H U S U SEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

4

SEMUEL Katuche salah satu bakal calon BupatiMitra periode 2013–2018 yang sempat mendaftardi PDIP beberapa waktu lalu secara mengejutkanmengatakan bahwa jika terpilih nanti dirinya tidakakan melirik investor hadir di Kabupaten Mitra.

Hal ini menurutnya hanya merugikan masyara-kat yang ada di daerah pemulihan. “Saat ini mas-yarakat harus diperdayakan,” katanya denganmemberikan contoh sebaiknya dianggarkan dalamAPBD Mitra untuk memberikan pelajaran sertapelatihan bagi masyarakat seperti pelatihanmengendarai kendaraan dan setelah dilatih barudiberikan SIM gratis bagi masyarakat yang sudahikut pelatihan.

Pengusaha yang berhasil di perusahaan permi-nyakan ini menambahkan bahwa untuk masyarakatadalah skala prioritas. Jangan melirik investor jikahaya untuk kepentingan pribadi dan mengorbankanmasyarakat. “Jika terpilih, gaji saya untuk rakyat,”tukasnya menutup pembicaraan. (fre)

Jika Terpilih,Gaji Saya

Untuk Rakyat

Semuel Katuche, salah satu bakal calonBupati Mitra periode 2013–2018

Damongilala, Rondonuwu, SumendapJadi ‘Kuda Hitam’

Assegaf: RakyatButuh Perhatian,

Bukan JanjiMUHAMAD Asegaf yang saat ini masih menjabat

sebagai Sekda Kabupaten Bolaang MongondowTimur (Boltim), berkomitmen akan mensejah-terakan rakyat Minahasa Tenggara, jika rakyatmempercayakan dirinya untuk duduk sebagai Wa-kil Bupati periode 2013-2018 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Asegaf kepada sejum-lah wartawan, saat dirinya mendaftar di sekre-tariat PDIP Mitra sebagai bakal calon wakil bupatidari partai berjuluk moncong putih ini.

“Saya menang rakyat sejahtera. Jika terpilihsebagai calon wakil bupati dari PDIP maka dirinyatentunya akan berusaha untuk menang,”ujarnya.

Lanjut putra Ponosakan Belang ini memaparkanbahwa masyarakat saat ini butuh perhatian danbukan janji.”Rakyat butuh perhatian, bukan janji,”te-gas Assegaf dihadapan ribuan pendukungnya.(fre)

Muhamad Asegaf

Semuel Katuche T2 Tetap Jadi Idola

SOSOK seorang wanita mapan,sederhana dan reliji terpancardari seorang Telly Tjanggulungyang masih menjabat sebagaiorang nomor satu di KabupatenMinahasa Tenggara, dan terusmenjadi idola warga masyarakatdi sana.

Kenapa tidak? Hal tersebutterbukti dengan terus mengalirnyadukungan dan simpati dari wargasetiap kali melaksanakan kegiatanmeskipun belum ada penetapansecara resmi dari Partai Golkar(PG) mengenai pasangan CalonBupati dan Cawabup.

Meskipun demikian, beberapakader internal PG Mitra, mulaimengisyaratkan kalau Tjanggulungyang lebih akrab dikenal dengansebutan T2 akan ditetapkanmenjadi Calon Bupati (Cabup) dariPG.

Seperti yang diungkapkan VentjeGolung, saat ini T2 merupakan

calon yang paling berpeluang untukdiusung PG pada pelaksanaanPemilihan Kepala Daerah (Pilkada)Mitra.

“Ibu ketua masih unggul diinternal partai dan tetap di-unggulkan, dan kami orang partaitetap mengharapkan orang partaiyang diusung,” kata Wakil KetuaUmum DPD II PG Mitra.

Sementara itu, Sekretaris PDIPSulut Frangky Wongkar kepadaidentitas mengatakan bahwa berkasyang telah dimasukkan para BakalCalon (Balon) telah memenuhikriteria atau persyaratan.

Dimana menurut Wongkar, dari18 balon yang mendaftar, 16diantaranya telah memasukanberkas. Dan dari 16 Balon tersebut,hanya James Sumendap, SH yangmelengkapi 18 kriteria daripersyaratan yang telah ditentukanpartai.

Ketika ditemui, Sumendap yang

juga adalah ketua DPC PDIPKabupaten Mitra mengatakanbahwa proses penjaringan balonMitra tidak ada intervensi olehsiapapun termasuk dirinya selakuketua DPC Mitra.

“PDIP adalah partai besar dandalam penjaringan ini tidak adaintervensi atau tekanan. Semuanetral, tergantung para calonmemasukan berkas sesuaiketentuan,” jelas Sumendap.

Dari Pantauan identitas, adabeberapa nama yang mencuat danterlihat menjadi favorit masyarakat,seperti Telly Tjanggulung (BupatiMitra saat ini), Drs Jeremia Damo-ngilala Msi, Dr Maxi Rondonuwu,James Sumendap SH dan Maky ManTumbelaka.

Bakal Calon Bupati periode 2013-2018 ini menurut pengamatanwarga dan masyarakat Mitramempunyai kans yang kaut untukmemenangkan pilkada Bupati.(fre)

Polda Sulut Siapkan 605 PersonilAmankan Pemilukada

Dicky D Atotoy

KAPOLDA Sulawesi Utara (Sulut)Brigjen Pol. Drs. Dicky D Atotoybeserta jajarannya melakukankunjungan kerja di daerah Ka-bupaten Mitra. Rombongan PoldaSulut diterima langsung Bupati MitraTelly Tjanggulung di aula kantorBupati Mitra, Kamis (16/1) 2013 lalu.

Kepada sejumlah awak media,Atotoy mengatakan bahwa dalamkunjungan kerja kali ini adalahkunjungan kerja rutin yang harusdilakukan. Bahkan kehadiran orangnomor satu di Polda Sulut ini mengungkapkan maksud dari kehadiran-nya untuk memonitor keamananmenjelang Pemilukada. “Kunjungan

kerja rutin dilakukan, apalagikabupaten Mitra akanmengadakan pemilukada,”jelasnya.

Mengenai persiapanpengamanan pemilukada, Atotoytelah menyiapkan personilnyauntuk melakukan pengamanan.“Untuk pengamanan kami telahsiapakan 605 personil yangdiambil dari Polda Sulut danpolres Minsel,”tukasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebutketua DPRD Mitra Toni Lasut AmTm,Sekda Mitra Drs B.A Tinungky, paraasisten sekdakab Mitra sertaspara Kepala SKPD. (fre)

Tak Ada Jaringan Internet,Anggota KPU Enggan Tempati Kantor BaruPEMBANGUNAN gedung kantor

Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Minahasa Tenggara (Mitra)yang terletak di kawasan perkantoranPemerintah Kabupaten (Pemkab) MitraBlok B sudah selesai, namun tidak mauditempati dengan alasan sepeleh.

Kepada IDnews, ketua KPU MitraDrs Ascke Benu, MSi,mengatakan akti-vitas masih tetap dilaksanakan dikantor lama yang terletak di Kelura-han Tosuraya Ratahan. "Memang kan-

tornya sudah selesai namun kami ma-sih menunggu fasilitas penunjanglainnya baru akan segera pindah," ujarBenu.

Murutnya,pengoperasian kantorKPU yang baru tersebut masih terken-dala beberapa faktor penunjang, se-perti jaringan telpon untuk jaringaninternet. "Kami memerlukan jaringaninternet karena nantinya semua datayang diperoleh akan segera dikirimsecara online," papar Benu. (fre) Ascke Benu

Page 5: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

B I T U N GEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

5

Dinkes Dihimbau Tingkatkan Pelayanan KesehatanIDENTITAS(Bitung) - Mengingat kondisi

cuaca hingga saat ini masih kurangbersahabat, Walikota Bitung HannySondakh merasa kuatir akan tergang-gunya kesehatan masyarakatnya.

Kepada jajaran Dinas Kesehatan(Dinkes) Bitung, Sondakh berharap agardapat meningkatkan sosialisasi kepadamasyarakat tentang ancaman penyakityang timbul pada saat musim penghujanseperti demam berdarah dan diare sertacara pencegahannya.

Selain itu, Sondakh juga mengins-truksikan kepada jajaran RSUD Manembo-nembo hingga seluruh Puskesmas,Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos

Kesehatan Desa (Poskesdes) yang tersebardi seluruh wilayah Kota Bitung untukbekerja ekstra dalam melayani masyarakatyang membutuhkan pelayanan kesehatan.Untuk tenaga medis yang bertugasmemberikan pelayanan kesehatankhususnya yang ada di Kecamatan LembehUtara dan Lembeh Selatan agar tetapmengoptimalkan pelayanan kesehatannya.

“Jangan sampai ada masyarakat yangtidak mendapatkan pelayanan kesehatandikarenakan tidak adanya tenaga medis,”ujar Sondakh. Selain itu, Ia juga meng-imbau kepada seluruh masyarakat agartetap menjaga kebersihan lingkungansekitar kita. (efl)

Sondakh SedihTPP Guru Dihapus

Maksud kedatangan dari perwakilan guruyang terdiri dari Dems Tandaju (Guru SMKNegeri 5), Djohnly Pangemanan (Guru SMKNegeri 1), Alfrets Saraung (Guru SMP Negeri12), Munawar Antameng (Guru SMA Negeri1), Tonikson Mamentiwal (Guru SMA Negeri1) dan Sovian Lawendatu (Guru SMA Negeri1) untuk menyampaikan aspirasinya terkaitpenghapusan TPP Guru yang ada di KotaBitung.

Walikota menyambut baik kedatangandari perwakilan guru dan memberikanpenjelasan mengapa Pemkot Bitung harusmengambil langkah melakukan penghapu-san TPP para Guru.

“Secara hati nurani, saya tidak meng-inginkan adanya penghapusan TPP karenatugas dan peran guru sangatlah pentingdalam rangka peningkatan kualitas SumberDaya Manusia khususnya yang ada di KotaBitung,” katanya sedih.

Hal ini dilakukan karena Belanja Apara-tur Pemkot Bitung yang sampai saat inibelum balanced dengan belanja publik, yai-tu masih berada di angka 53,7 persen se-hingga harus menekan/mengurangi jumlahbelanja tidak langsung. Selain itu, pemba-yaran TPP Guru ini bisa menyebabkan TGR(Tuntutan Ganti Rugi).

“Saya tidak mau dikemudian hari paraguru mengembalikan TPP yang pernahditerimanya karena menjadi suatu temuandari BPK,” jelas Sondakh sekaligus memohonagar para guru meneruskan hasil pertemuanini kepada rekan-rekan mereka demi kepen-tingan bersama.

Dalam pertemuan tersebut SekretarisKota juga menyampaikan bahwa PemkotBitung harus menghindari terjadinyaduplikasi anggaran dan akan mencari jalankeluar untuk tambahan penghasilan guru.(ryo)

IDENTITAS (Bitung)-Walikota Bitung Hanny Sondakh didampingiSekretaris Kota Drs. Edison Humiang, MSi, Kadispora Drs. Herman Rompis,Kabag Humas Erwin Kontu, SH dan Kabid Anggaran Riano Senduk, SE, MSimenerima kunjungan perwakilan guru dari berbagai sekolah yang ada di

Kota Bitung, Rabu (30/1/2013) lalu.

IDENTITAS(Bitung)-Hasil evaluasi yangdilakukan Pemkot Bitung bersama Perta-mina, Gasmindo dan agen menyimpulkanbahwa pada bulan Desember yang lalu,sejumlah pangkalan elpiji 3 Kg menjualdiatas Harga Eceran Tertinggi (HET) se-suai SK Gubernur Sulut.

Menurut kepala Gasmindo Ridwan, halitu disebabkan karena adanya kekura-ngan tenaga kerja lapangan dalam men-

Jual Elpiji 3 Kg Diatas HET, Akan Dikenakan Sanksidistribusikan elpiji ke sejumlah agen.

Selain itu, Ridwan juga memaparkanbahwa faktor cuaca yang kurang baikmenjadi salah satu penyebab sehinggadistribusi terhambat ke setiap pangkalan.“Para agen harus antri untuk mendapat-kan elpiji. Dan ini tentunya menimbulkanbiaya transport dan dengan terpaksaharga elpiji di jual melebihi hargaHET,”ujarnya.

Menindaklanjuti hal ini, pihak Perta-mina segera mengultimatum agen elpijiyang tidak mendistribusikannya ke titikserah akan diberikan sanksi oleh Perta-mina. Sedangkan pihak pangkalan yangmenjual lebih besar dari HET Rp15 ribuakan diberi sanksi oleh Pemkot Bitungdalam hal ini Dinas Energi dan SumberDaya Mineral.

“Sanksi buat pangkalan dalam bentuk

pengurangan jatah sampai denganpenarikan ijin pangkalan akan kitaberlakukan kepada agen yang tidakmematuhi hal ini,”ujar Mahfud, Sales Rep-resentative Elpiji Pertamina.

Sedangkan Asisten Bidang Ekonomi danPembangunan Pemkot Bitung Dra DahliaKaeng MS menjelaskan bahwa dalam waktudekat ini akan dilakukan rapat dengan selu-ruh pangkalan yang ada di Kota Bitung.(ryo)

Kunjungan perwakilan guru kota Bitung

FKPD Bahas PersoalanKerukunan Agama

IDENTITAS(Bitung)-Adanyaaspirasi warga yang menginginkanagar kerukunan warga di kotaBitung tetap terjaga membuatForum Komunikasi PimpinanDaerah (FKPD) kota Bitung terusmerapatkan barisan untuk terusmelindungi kota ini dari gesekankerukunan beragama yang terjadi.

Seperti yang diungkapkan olehKapolres Bitung AKBP Harvin Ravlinsaat memberikan arahan dalamrapat dengar pendapat yangdilaksanakan di Dewan Kota Bitung.“Marilah kita menjaga kerukunanberagama dan apapun yang telahdihasilkan pemerintah merupakansatu keputusan yang baik untuk kitasemua,”kata Kapolres.

Diapun mengatakan jika sebagaipihak yang bertanggung jawabakan keamanan di Kota Bitungdirinya akan bertindak jika adaorang-orang yang inginmenghancurkan kerukunan di kotacakalang ini. “Apa yang dilakukanini adalah benar dan tepat padatempatnya sehingga perlumendapatkan dukungan dariberbagai pihak,”tegas Ravlin.

Selain warga yang membawaaspirasi hadir juga pada perte-muan dengar pendapat itu adalahWalikota Bitung, Hanny Sondakh,Ketua DPRD Bitung Santy G Lun-tungan, Wakil Walikota Bitung MaxJ Lomban serta pimpinan FKPD diKota Bitung. (ryo)

Mandalagi: Opini WTPHarus Dipertahankan

IDENTITAS(Bitung)-Kepala DinasPendapatan Daerah (Kadispenda)Olga Makarauw, SE kembalimengingatkan kepada para KepalaSKPD, Camat dan Lurah untuk terusmeningkatkan kinerja sertaproaktif dan penuh inovatif dalammenggali potensi sumber-sumberPAD yang ada.

Menurut Makarauw, keberha-silan seorang Camat dan Lurahsalah satunya ditentukan olehpencapaian target PBB sehinggasinergitas kerja hingga ke tingkatlingkungan dan RT terus diting-

katkan.“Tahun lalu capaian PAD sudah

memenuhi target bahkan adabeberapa SKPD yang capaiannyamencapai angka 200 persen,”ujarnya.

Sementara itu, Assisten III DrsAlton Mandalagi mengingatkankepada semua pihak untuk bekerjalebih baik agar opini WTP yangdiraih tahun lalu dapat kembalidipertahankan. “Mempertahankanopini WTP dari BPK merupakansalah satu program pemerintahyang harus diraih pada tahunini,”tegas Mandalagi. (ryo)

Hanny Sondakh saat menghadiri Forum FKPD

Page 6: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

� � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � � �

����������EDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

Wakil Ketua Baleg DPRD Sulut Ir. Lexie B.N Solang (kanan)saat mendapingi ketua rombongan Baleg DPRD Gorontalo Hi.Sasin Usman Dilo, A.Md (tengah)

DPRD GorontaloBelajar ke DPRD Sulut

Konsultasi mekanisme Pembahasan Ranperda Inisiatif

IDENTITAS(Manado)–BerhasilnyaBadan Legislasi (Baleg) DPRD Pro-vinsi Sulawesi Utara dalam meng-usulkan Dua (2) buah Rancangan Pe-raturan Daerah (Ranperda) InisiatifDPRD, membuat Baleg DPRD ProvinsiGorontalo mengunjungi Deprov Su-lut untuk melakukan konsultasi me-ngenai mekanisme pembahasanRanperda Inisiatif DPRD tersebut.

Menurut H. Sasin Usman Dilo,A.Md, yang memimpin tim BalegDPRD Provinsi Gorontalo Selasa (22/01/2013) lalu bahwa kedatanganmereka sebagai bentuk apresiasiatas kinerja Baleg DPRD ProvinsiSulut yang telah berhasil mengusul-kan 2 buah Ranperda Inisiatif DPRDyang saat ini telah berproses untuknantinya ditetapkan menjadi pera-

turan daerah.“Adanya ranperda inisiatif yang

telah dibuat menjadi dasar kunju-ngan kerja kami ke daerah ini supa-ya boleh mendapatkan masukan-masukan yang bersifat informativeguna menunjang kinerja dalammembentuk perda inisiatif nanti-nya,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BalegDPRD Sulut, Ir Lexie B.N Solang yangdidampingi anggota Baleg Drs Hi.Anthon Mamonto mengungkapkanbahwa kedatangan Baleg Gorontalomerupakan pertemuan yang bersifatstudi komparatif. Dimana kunjunganseperti ini nantinya sangat berman-faat dalam menyempurnakan khasa-nah berpikir guna menghasilkansuatu Perda yang mampu mengako-

modir kepentingan rakyat. “Kami tentunya sangat berterima

kasih atas kunjungan ini. Apalagidalam menetapkan suatu perdaharus sejalan dengan yang diama-natkan dalam Undang-undang RINomor 12 Tahun 2011 tentang Pem-bentukan Peraturan Perundang-un-dangan,”tegas Solang.

Seperti diketahui, dalam rapatparipurna pada 1 November 2012lalu, Baleg DPRD Sulut secara resmitelah mengusulkan 2 Ranperda Ini-siatif yakni tentang pemberdayaantenaga kerja daerah dan tentangpedoman pembuatan peraturan dae-rah dan sudah disetujui untuk di-proses sesuai dengan mekanisme pe-raturan perundang-undangan yangberlaku.(idn)

IDENTITAS(Manado)–Untuk mengetahui kondisikelistrikan di Sulawesi Utara yang banyak menjadiperhatian warga Sulut karena sering mengalamipemadaman, Komisi III DPRD Provinsi Sulut yangdipimpin Ketua Komisi Sherpa Manembu mengada-kan rapat dengar pendapat bersama salah satumitra kerjanya yakni PT PLN Wilayah Suluttenggo,Selasa (22/1/2013) lalu.

Dalam rapat tersebut, General Manager (GM)PT.PLN Wilayah Sulutenggo, Ir. Santoso Januwar-sono memaparkan kondisi kelistrikan di Sulut yangtiap tahun mengalami perbaikan, walaupun di akui-nya beberapa tahun yang lalu untuk urusan pela-yanan publik mengalami penurunan.

“Tahun 2013 ini akan menjadi tahun peningka-tan pelayanan publik yang optimal kepada masya-rakat,”tutur Januwarsono.

Saat disinggung soal pemadaman listrik yangmasih saja mendominasi di tahun 2012, Januwar-sono mengatakan itu bukan disebabkan karena

Komisi III PanggilPT PLN Wilayah

Suluttenggo

Antisipasi Pemadaman Listrik

Suasana rapat dengar pendapat Komisi IIIdan PT PLN Wilayah Suluttenggo

kekurangan daya, melainkan lebih banyak disebab-kan oleh faktor alam seperti adanya pohon tum-bang yang menyebabkan kerusakan pada garduatau pun tiang listrik.

“PLN meminta kepada pihak dewan agar bolehbersinergi dengan kami dalam mengajak masyara-kat untuk memangkas pepohonon yang sudahmenggangu jalur instalasi listrik seperti tiangataupun gardu listrik,”ungkap Januwarsono serayamenambahkan apabila diperlukan dapat dibuatPerda terkait pemangkasan pohon disekitar areatiang/gardu listrik demi meminimalisir gangguanpemadaman listrik.

Sementara itu, personil Komisi III yang hadir da-lam rapat juga menyoroti juga tentang programlistrik pintar yang belum tersosialisasikan denganbaik kepada masyarakat sehingga menyebabkanbanyak warga yang enggan beralih menggunakanlistrik pintar karena dianggap sama saja seiringjuga dengan tingginya intensitas pemadamanlistrik oleh PLN.

Selain listrik pintar, Komisi III juga menyorotikeluhan warga terkait petugas penghitung tariflistrik di rumah-rumah warga yang sering dikeluh-kan karena dianggap asal-asalan dalam menghi-tung meteran listrik, akibatnya sering ditemukantagihan yang membengkak dan tidak sesuai denganpemakaian.

“Keluhan-keluhan seperti ini paling banyakterima. Sehingga diharapkan, kinerja PLN ditahunini dapat lebih baik lagi,”ujar Wakil Ketua KomisiIII, Edwin Yerry Lontoh.

Diakhir pertemuan ini, PT PLN wilayah Sulutteng-go sepakat untuk meningkatkan pelayanan publikdi tahun ini. Dan sebagai wakil rakyat, tentunyaDPRD Sulut akan terus menunjang segala programyang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraanrakyat Sulut. (idn)

Komisi II Bahas AnggaranPlat Nomor Khusus Pejabat Pemda Sulut

IDENTITAS(Manado)–Dalam rangkamengawasi penyelenggaraan pem-bangunan dan pemerintahan yangberdasarkan azas penganggaranyakni efektifitas, efisiensi, transpa-ransi, akuntabilitas, proporsionali-tas dan profesionalitas, Komisi IIDPRD Provinsi Sulawesi Utara meng-gelar rapat dengar pendapat bersa-ma Biro Umum Sekretariat DaerahProvinsi Sulawesi Utara, Senin (28/01/2013).

Dalam rapat yang dipimpin WakilKetua Komisi II, H Soenardy Soemanta,S.IP tersebut beberapa hal yang diba-has antara lain pembiayaan rehabi-litasi rumah dinas jabatan, honor ke-panitiaan pertemuan nasional KepalaBiro Umum seluruh Indonesia, Angga-ran Plat Nomor Khusus Pejabat PemdaSulawesi Utara, serta Biaya rehabilitasiasrama mahasiswa Pemda SulawesiUtara di Malang, Jawa Timur.

Menurut Kepala Biro Umum Sek-retariat Daerah Provinsi (Setdaprov)Sulawesi Utara, Rudi Roring, rapatini memberikan banyak masukanyang koordinatif terkait pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan olehpara anggota DPRD. “Jikalau adakegiatan yang sulit dipertanggungjawabkan dan beresiko tinggi sekalipun sudah dianggarkan, sebagai pe-

nanggungjawab bagian umum diri-nya memilih untuk tidak merealisa-sikannya,”tegas Roring.

Ia pun menambahkan, pengang-garan untuk plat nomor khusus ser-ta biaya rehabilitasi asrama maha-siswa di Malang masih dinilai terla-lu besar oleh Komisi II.

Untuk menjaga agar nantinya ti-dak bertentangan dengan peraturanperundang-undangan yang berlaku,dirinya sudah mengusulkan hal inike Badan Pengelola Keuangan danBarang Milik Daerah (BPKBMD).

“Soal keputusannya, itu berada diBadan Penghubung Provinsi Sulawe-si Utara,”tegas Roring.

Setelah mendengarkan penjelasanBiro Umum Setdaprov terkait anggarandibidang tersebut, pimpinan dan ang-gota Komisi II sepakat menskors sidangsampai waktu yang belum ditentukan.

“Nanti kita akan mengundangBPKBMD, Asisten III serta SKPD ter-kait lainnya agar pembahasannya le-bih komprehensif lagi,”pungkas Wa-kil Ketua Komisi II, H Soenardy Soe-manta, S.IP. (idn)

Suasana dengan pendapat Komisi IIdan Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Page 7: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

M A N A D OEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

7

IDENTITAS (Jakar-ta)–Mantan orangnomor satu di Pe-merintah KabupatenMinahasa Selatan(Minsel), selaku Bu-pati periode 2005 –2010, Ramoy Mar-kus Luntungan ataulebih dikenal denganjulukan RML, siapmewakili SulawesiUtara sebagai ang-gota Dewan Perwa-

kilan Rakyat (DPR) RI melalui Partai Gerindra.Bersama rombongannya, sekitar pukul 11.00

WIB ,Selasa (14/1) lalu, lulusan terbaik Lemhanasini bertandang ke kantor Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Partai Gerindra di bilangan jalan MTHaryono, Jakarta Selatan, untuk mendaftar seba-gai wakil rakyat dari Sulut untuk DPR RI.

“Saya pendaftar pertama dari Sulut yangmendaftar di Gerindra,”ujar RML melalui teleponselulernya kepada Identitas.

Ia pun menambahkan bahwa maksud dantujuannya mencalonkan diri sebagai calonanggota legislatif DPR RI pada Pemilu 2014 men-datang untuk mengawal seluruh aspirasi rakyattermasuk memperjuangkan harga dan nasib pe-tani kopra di daerah ini.

“Semuanya akan saya lakukan untuk wargamasyarakat Sulut tercinta,”pungkasnya seraya me-nyatakan siap mendukung Prabowo Subiantomenjadi Presiden RI pada periode mendatang. (efl)

RML Siap WakiliSulut di DPR RI

Ramoy M Luntungan

Fakultas Sastra UnsratBakal Berganti Nama

Menurut Rektor Unsrat Prof. Dr.Donald Rumokoy dalam sambutan-nya di perayaan Dies Natalis Fakul-tas Sastra Unsrat yang ke-48, Jumat(1/2/2013), untuk mulai saat iniseluruh civitas akademika FakultasSastra Unsrat sudah harus membia-sakan diri dengan menyebut namaFakultas Ilmu Budaya, seiring de-ngan disetujuinya oleh KemenPANdan Kemendikbud beberapa waktulalu, ketika dirinya bersama denganWakil Rektor II berangkat kesana.

“Kita tinggal menunggu Surat Ke-putusan (SK) dari pusat,” jelas Ru-mokoy, dan menambahkan kalauFakultas Ekonomi juga akan berubahmenjadi Fakultas Ekonomi dan Bis-nis.

Dekan Fakultas Sastra Dra. TroutjeA. Rotty, M.Hum juga membenarkanapa yang disampaikan Bapak Rektorterkait perubahan nama tersebut.

“Apa yang dikatakan Bapak Rektorbenar, dan kita tinggal menunggukeputusan lebih lanjut dari pusatmengenai hal itu. Mengenai kapanhari dan tanggal penetapannyabelum bisa dipastikan,” jelas Dekan.(idn)

IDENTITAS(Manado)–Sebentar lagi Fakultas Sastra UniversitasSam Ratulangi (Unsrat) Manado, bakal berganti nama

menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Hal itu sudah disetujuioleh KemenPAN dan Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Dies Natalis Ke-48

Civitas Sastra Unsrat AdakanIbadah dan Jalan Sehat

IDENTITAS(Manado)–Dalam rangkamemperingati Dies Natalis FakultasSastra Universitas Sam Ratulangi(Unsrat) Manado yang ke-48, yang me-ngusung Tema: Bahasa, Sejarah danBudaya Merupakan Pilar PemersatuBangsa, dan Sub Tema: Melalui DiesNatalis Fakultas Sastra ke-48 KitaTingkatkan Budaya Akademik yangBerkarakter Menuju Sumber DayaManusia yang Profesional, seluruh civi-tas akademika baik Dekan, WakilDekan, Dosen, Pegawai dan Mahasiswamengadakan kegiatan jalan sehatbersama, senam poco-poco dan iba-dah, Jumat (1/2/2013) lalu.

Menurut Ketua Panitia Dra. FemmyLumempouw, M.Hum yang juga KetuaJurusan/ Program Studi Bahasa Indo-nesia kepada IDnews mengatakan,Fakultas Sastra Unsrat tepat pada hariini, Jumat 1 Februari 2013, merayakanHari Ulang Tahun (HUT) yang ke-48.“Selaku orang yang percaya, tentunyarangkaian kegiatan kami awali denganucapan syukur dalam bentuk ibadahyang dilanjutkan dengan kegiatan jalansehat bersama dan senam poco-poco,”jelas Lumempouw. Lanjut dikatakan-nya, kegiatan ini untuk menjalin keakra-ban antar seluruh civitas akademika,dan masih banyak lagi kegiatan yangakan dilaksanakan menuju acarapuncak seperti seminar dan lainsebagainya.

Prof. Dr. Donald Rumokoy, SH, MHselaku Rektor Universitas Sam Ratu-langi dalam sambutannya mengatakanbahwa Fakultas Sastra mengalami ke-majuan yang sangat signifikan apabiladibandingkan dengan fakultas lain. Halitu terbukti dengan diraihnya peringkatkedua dalam lomba kebersihan antarfakultas lingkup Unsrat. “Ini semuamerupakan wujud nyata kekompakanseluruh civitas yang tentunya tak lepas

dari support dan motivasi pimpinandalam hal ini Ibu Dekan,” tutur Ru-mokoy.

Dekan Fakultas Sastra Unsrat Dra.Troutje A. Rotty, M.Hum, dalam sam-butannya menyampaikan bahwa, de-ngan mengusung Tema dan Sub Tematersebut, Fakultas Sastra terus ber-sinergis untuk memberikan yang terbaikbagi Bangsa dan Negara lewat lulusan-lulusan terbaik.

“Kami mempunyai komitmen untukitu, dan lulusan atau jebolan FakultasSastra Unsrat sudah banyak yangbekerja dalam segala bidang terlebihdi bidang budaya, pariwisata yangtentunya sangat membantu untukkemajuan bangsa dan Negara RI, terle-bih khusus lagi Provinsi SulawesiUtara,” kata Dekan, yang terkenalsangat akrab dengan bawahannya danberdedikasi tinggi memajukan bidangpendidikan.

Menutup sambutannya, Dra. TroutjeA. Rotty, M.Hum menyampaikan banyakterima kasih kepada Bapak Rektorbersama Wakil Rektor dan DekanFakultas Hukum, IKM, Teknik dan MIPAyang sudah menyempatkan diri untukhadir bersama civitas akademikaFakultas Sastra dalam rangka meraya-kan Dies Natalis yang ke-48. “Mewakiliseluruh civitas akademika, saya me-ngucapkan banyak terima kasih,” tu-kasnya. (rendy)

Gedung Fakultas Sastra Unsrat.(Insert, Dekan Fakultas Sastra Dra Troutje A. Rotty, M.Hum)

Dra. Troutje A. Rotty, M.Hum

RS Siloam Utamakan PelayananIDENTITAS(Manado)–Keberadaan Rumah

Sakit Siloam di Sulut merupakan satu ni-lai tambah karena telah difasilitasi de-ngan peralatan medis canggih dan tenagamedis yang berpengalaman.

Dr. Christian Tilaar, CEO kepada IDnewssaat diwawancarai mengatakan, masalahpelayanan kepada pasien yang palingdiutamakan dilingkup RS Siloam. “Kede-pannya kami akan berusaha agar masya-rakat yang memiliki standar ekonomi ra-ta-rata juga bisa melakukan pengobatandisini lewat jamkesmas yang nantinya bisabekerja sama dengan pihak pemerintah

yang berkompeten mengurus semua itu,”katanya.

Disinggung mengenai limbah akhir, Tilaarmenjelaskan bahwa itu sudah ada tempatkhusus yang disediakan, dan tentunyabekerja sama dengan pemerintah kotaManado dalam hal ini Dinas Kesehatan.

Acara media gathtering yang diadakanpihak siloam hospital/Rumah Sakit Siloambertempat di Sunset Room Hotel Aryaduta,Rabu kemarin, mendapat apresiasi daripihak jurnalis se-Sulut dalam hal ini di-wakili oleh utusan beberapa media lokalmaupun nasional.(yunni)

Kaeng Manado,Jati Diri Kota Manado

Rapat Pelatihan Produksi Kaeng Manado

IDENTITAS(Manado)–Rabu (30/01/2013) lalu,Wakil Walikota Manado Herley A. B. Mangin-daan, S.E., MSM, memimpin Rapat PelatihanProduksi Kaeng Manado di ruang kerja KepalaKantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) SulawesiUtara, Jalan 17 Agustus Manado.

Pelaksanaan rapat tersebut merupakantindak lanjut dari kunjungan Wakil Walikotake Bogor dan Cirebon yang mendapatkandukungan penuh Bank Indonesia sebagai part-ner perkembangan Kaeng Manado.

Dalam rapat terungkap beberapa halantara lain: cara pengadaan mesin/peralatan,pelatihan SDM yang berasal dari warga KotaManado oleh Pengrajin Kain asal Bogor danCirebon serta produksi Kaeng Manadobeserta pemasarannya.

Wawali lebih lanjut mengungkapkanbahwa "Dari sudut pandang Pemerintah

Kota Manado, suksesnya suatu usaha saatkita memanfaatkan SDM dari warga kitasendiri. Proses pembuatan Kaeng Manadodari awal memulai produksi harus di-upayakan dilaksanakan di Manado sehing-ga warga Manado memiliki rasa kebangganyang tinggi atas Kaeng Manado yang meru-pakan identitas jati diri Kota Manado, selainjuga dapat memberikan dampak ekonomisyang tinggi,"ujar Ai, sapaan akrab WakilWalikota Manado.

Turut hadir dalam Rapat tersebut adalahKepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Ir.Suhaedi, MPA beserta pejabat teras BI, NoviKaligis dari Bank Sulut, Christ Longdong dariUMKM "Bahaga" Kadis Perindag ManadoDrs. Fanny Sirang Kadis Koperasi dan UMKMKota Manado Drs Panosor Pardede, BAC.(yunni)

Page 8: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

ADV BOLMONG

A G E N D AEDISI 95,JANUARI-FEBRUARI 2013

Rapat Perdana Badan Musyawarah 2013 Deprov Sulut

Pembentukan Provinsi BMR dan PenambahanRuas Jalan Provinsi di Sitaro Turut Diusulkan

BADAN Musyawarah (Banmus)DPRD Provinsi (Deprov) SulawesiUtara, Selasa (8/1) 2013 lalu,menggelar Rapat Perdana diTahun 2013. Rapat yang dipimpinoleh Ketua DPRD, PdtMeivaSalindeho-Lintang, S.Thtersebut membahas penetapanjadwal pelaksanaan rapatparipurna Deprov Sulut dalamrangka Penutupan MasaPersidangan III Tahun 2012 danPembukaan Masa Persidangan ITahun 2013, kemudian

dilanjutkan dengan penetapanjadwal pembahasan RencanaKegiatan Tahunan (RKT) DPRDTahun 2013 yang merupakanamanat dari PP No.16 Tahun2010 dan Tata Tertib DPRD.

Dalam rapat tersebut,disepakati bahwa rapatparipurna DPRD dalam rangkaPenutupan Masa Persidangan IIITahun 2012 dan PembukaanMasa Persidangan I Tahun 2013akan diselenggarakan pada hariKamis, 10 Januari 2013.

Sedangkan Pembahasan RKTDPRD Tahun 2013 direncanakanpelaksanaannya pada hari Senin,14 Januari 2013 sembarimenunggu dimasukkannyaRencana Kerja Tahun 2013 darimasing-masing Alat KelengkapanDewan.

Dalam Rapat Banmus jugaberkembang mengenai usulanpembentukan Provinsi BolaangMongondow Raya (BMR) danpenambahan ruas jalanprovinsi di Kabupaten

Kepulauan Sitaro. Dimanakesepakatannya, untukpembahasan awal akandiserahkan kepada Komisi-komisi terkait yakni Komisi Iuntuk usulan pembentukanProvinsi Bolaang MongondowRaya dan Komisi III untukpenambahan ruas jalanprovinsi di KabupatenKepulauan Sitaro.

Hadir dalam Rapat tersebut,pimpinan dan anggota Banmuslainnya yakni Drs Arthur

Kotambunan, B.Sc, Joudie Watung,SH, Drs.Eddyson M. Masengi, ME,Mikson M. Tilaar, ST, M.Si, SjennyF. Kalangi, SE, Ir. Lexie B.N Solang,Winda N. Titah, SE, Feronika F.Ponto, Hi. Ayub Ali Albugis, SE,Adrianus N. Watung, SH(Sekretaris Bamus bukan Anggota)dan pihak Sekretariat DPRD yangdiwakili oleh Kepala BagianPersidangan VentjeSembor, SH danKasubag Risalah Welliam N.Silangen, S.Sos, M.Si beserta staflainnya.(idn)

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, MeivaSalindeho-Lintang, S.Th saat memimpin Rapat perdana Banmus tahun 2013.

Page 9: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

ADV BOLMONG

ADV Kotamobagu

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bolmong dipimpinlangsung Bupati Salihi Mokodongan bersama jajaranyaSenin (25/12) siang, berkunjung di Kelurahan Bumi Beringin(Bumber), Manado, tempatnya di kompleks Rumah Dinas(Rudis) para pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut.

Safari Natal Pemkab Bolmong tersebut, diawali denganmengunjungi rudis Gubernur Sulut, Dr Sinyo Harry Sarun-dajang (SHS). Kemudian dilanjutkan ke rudis Wakil

Gubernur Sulut, Dr Djouhari Kansil.Tampak dalam rombongan Natal Bupati Salihi, yaitu

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Farid Asimin danjajaran Asisten serta seluruh Kepala Satuan KerjaPerangkat Daerah (SKPD) se Bolmong.

Selain itu, rombongan bupati juga berkunjung ke rudisKetua Dewan Provinsi (Deprov) Sulut, Meiva Salindeho-Lintang serta rudis Kapolda Sulut, Brigjen Pol Dicky Atotoy

dan ke rudis Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Jhonny LTobing.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Bolmong, SittiRafiqah Bora, menyatakan kunjungan tersebut adalahsilaturahmi terhadap pimpinan pemerintah Sulut untukmenyambut hari Natal. “Pemkab Bolmong melakukan SafariNatal ke Gubernur Sulut dan Forum Komunikasi PimpinanDaerah (Forkompimda) Sulut,”ujar Bora.(adv)

Walikota Gelar Safari Nataldan Tahun Baru di KotamobaguWALIKOTA Kota Kotamobagu, Drs. H. Djelantik Mokodompit ME

bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu, Ny. HjLiliyanti Mokodompit-Mokoagow, Selasa (1/1) kemarin,melaksanakan safari Natal dan Tahun Baru ke sejumlah pemukaagama kristen dan ke rumah pimpinan SKPD yang merayakanNatal di wilayah Kota Kotamobagu.

Kunjungan Walikota yang juga didampingi seluruh PimpinanSatuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mendapat sambutanhangat dan penuh rasa kekeluargaan. “Safari natal dan tahunbaru ini juga merupakan silaturahmi kepada keluarga kita yangmerayakan hari raya natal,” ujarnya.

Djelantik berharap agarawal tahun 2013 ini bisadijadikan sebagai momentyang tepat untuk lebihmeningkatkan persatuandan kesatuan sertamempererat talipersaudaraan dalamrangka melanjutkanpembangunan di KotaKotamobagu. “Mari kitabergandeng tangan,satukan langkah untukmelanjutkan karya danpengabdian membangunKota Kotamobagu,”imbaunya.

Sejumlah pemukaagama kristen yangdikunjungi WalikotaKotamobagu bersamarombongan PemerintahKotamobagu antara lain,Pastor Gereja Kristus RajaKotamobagu, DonaldVedelis Liuw,Pr, PendetaJan Chrisstofel Manosoh,Ketua Sinode GMIBM Pdt.Ch. Raintama-Pangulimang, STh, MTh,Gembala Sidang GPDI, PdtJan Albert Sanger, STh, MA,serta pimpinan GerejaPNIEL Tumubui, Pdt. N. Dj.Wowor STh.

Selain datang langsungke kediaman sejumlahpemuka agama kristen diKotamobagu, Walikotajuga mengunjungisejumlah pimpinan SKPDantara lain, KepalaKesbangpol KotaKotamobagu, Herma Aray,SIP, Kepala Distakot, AlexSaranaung, dan LurahKotamobagu, Sultje S.Kamasaan.(adv)

Page 10: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

T O M O H O NEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

10

Kemensos Akan Bedah 100 Rumah Warga Kayawu

IDENTITAS(Tomohon)-Sekitar 100 ru-mah warga Kelurahan Kayawu di Keca-matan Tomohon Utara (Tomut) akanmenerima bantuan bedah kampung dariKementerian Sosial (Kemensos) RI yang

rencananya akan dilaksanakan pada 6Februari 2013.

Kepada sejumlah pewarta, KabagHumas dan Protokoler Pemkot TomohonRuddie A Lengkong, SSTP mengungkapkan

bahwa program ini merupakan upayapenanggulangan kemiskinan yang terpa-du dan langsung menyentuh akar kemis-kinan, yaitu mencakup perubahan sikap,perbaikan hubungan sosial, pemenuhankebutuhan perumahan dan lingkunganyang layak dan sehat serta peningkatanstatus ekonomi masyarakat dengan tu-juan terciptanya kampung layak huni.

"Kemensos akan menyediakan bantuanRp10 juta bagi tiap keluarga yang me-nerima bantuan dan diperuntukkan bagipenyediaan material. Sedangkan penger-jaannya aka dilakukan secara swadayagotong royong dgn melibatkan Tagana,TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Keca-matan), Karang Taruna, dunia usaha danunsur masyarakat lainnya,"ujar Lengkong.

Ia pun menambahkan, terpilihnya Kota

Tomohon sebagai salah satu dari dua (2)daerah di Sulut yang menerima bantuanprogram ini merupakan upaya PemkotTomohon agar program Bedah Kampungdapat dilaksanakan didaerah ini.

"Proposal yang diajukan telah diteri-ma Kemensos, sesuai penyampaian Dir-jen Penanggulangan Kemiskinan Perko-taan ketika bertemu dengan WalikotaTomohon di kantor Kemensos, Senin (21/01/2013) lalu yang didampingi KadisSosial Sulut dan Kadis Dinkesos Tomo-hon,"papar Lengkong seraya menam-bahkan bahwa program Bedah Kampungakan dilakukan melalui kegiatan Reha-bilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni(RS-RTLH), Sarana Prasarana Lingkungan(Sarling), dan Kelompok Usaha Bersama(KUBE).(edi)

Pertemuan Walikota Tomohon dengan Dirjen Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan.

Gubernur Sulut: TomohonMampu Tampil Dengan

Warna dan Identitasnya

IDENTITAS(Tomohon)-Kota Tomohonyang merupakan hasil pemekaran dariKabupaten Minahasa terus menorehkanberbagai prestasi dalam 10 tahunusianya. Dalam kurun waktu tersebut,sejumlah peluang signifikan dan pro-gram pembangunan telah memberiwarna bagi wajah kota yang berdiripada 27 Januari 2003 lalu ini.

Hal ini diungkapkan Walikota Tomo-hon Jimmy F Eman, SE.Ak, saat mem-bacakan sambutannya pada sidang pa-ripurna istimewa HUT Kota TomohonKe-10 di Aula Bukit Inspirasi Jumat (1/02/2013) lalu.

Menurut Eman bahwa mulai tahun ini,setiap kelurahan akan mendapatkanprogram bantuan berbasis pember-dayaan kelurahan untuk pembangunanfisik sebesar Rp 10 juta per lingkungan.

“Kepada para camat dan lurah, sayamenghimbau agar mereka membantu ins-

tansi terkait untuk mendorong percepatanpengelolaan sampah berbasis kelurahanguna mendukung program sejuta lubangbiopori dan program satu lubang untukfungsi composting sampah organic dansebagai sumur resapan,”ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut DRSinyo H Sarundajang dalam sambutan-nya yang dibacakan Asisten II Ir RoyRoring,Msi mengatakan bahwa denganbertambahnya usia berarti bertambahpula pengalaman untuk membawapembangunan kearah semakin maju,sehingga semakin membentangkanharapan terwujudnya kesejahteraanrakyat. Dimana, Kota Tomohon mamputampil dengan warna dan identitasnyasebagai Kota Religi, Kota Pendidikan,Kota Bunga yang menjadi branding pen-capaian visi, sekaligus sebagai dayadukung pemantapan eksistensi Sulutsebagai pintu gerbang Indonesia di

Kawasan Asia Pasifik.“Sejak ditetapkan sebagai daerah

otonom, kita telah melihat perubahandemi perubahan terjadi, sehingga KotaTomohon terus dikenal sebagai daerahmandiri dalam kreatifitas penyelengga-raan pemerintahan, pembangunan dankemasyarakatan. Walaupun masihdikategorikan usia belia, Kota Tomohontelah menunjukan kekuatan yang diins-piratif, dibangun dan ditata secara baikmelalui kolaborasi saling menopangantara pemerintah dan segenap stake-holder pembangunan,”ujar GubernurSulut dalam sambutannya seraya mem-berikan apresiasi atas prestasi yangterus ditunjukan Pemkot Tomohon me-lalui manajemen kepemimpinan Wali-kota Jimmy F Eman SE Ak bersama pim-pinan dan anggota DPRD, para anggotaForkopimda, pihak swasta dan seluruhlapisan masyarakat.(edi)

Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE,Ak meniup lilin ucapan HUT Ke-10

PAS: Waspada Jual Beli Jabatan di Pemkot TomohonIDENTITAS(Tomohon)-Ketua Komisi A DPRD Kota Tomohon

Drs Paulus Adrian Sembel (PAS) berpendapat bahwa setelahdilakukannya rolling pejabat eselon II dan III mudah-mudahan dibelakang nantinya tidak ada cerita atau isu-isu yang berkembang dimasyarakat bahwa ada jual belijabatan."Jika ada temuan jabatan diperjual belikan, ituharus diwaspadai, karena bisa berimbas pada masalahhukum. Hal ini yang perlu kita jaga, jangan sampai hal initerjadi,"jelasnya.

Menurut Sembel yang juga mantan aktivis ini menilai,bahwa jika dugaan tersebut nantinya benar adanya, maka

hal ini tentunya bakal menjadi preseden buruk bagi KotaTomohon yang kini telah melakukan perubahan danperbaikan disegala bidang, guna menghindari Kolusi,Korupsi, dan Nepotisme (KKN).

“Yang jelas para pejabat yang sudah di rolling adapertimbangan kapasitas dan komitmen terhadap tugasserta tanggungjawab kepada daerah. Mudah-mudahan,para pejabat yang sudah di rolling tersebut dapatmelaksanakan tugas dengan baik demi untuk melakukanpembangunan di Kota Tomohon, karena hanya itu yangmenjadi harapan masyarakat,”pungkasnya.(edi)

1. Tetap melanjutkan proyekpembangunan yang berhubungandengan dana APBN di SMK Kristen 2Tomohon.

2. Pelaksanaan manajemen sekolah diSMK Kristen 2 Tomohon dan SMAKristen 2 Tomohon oleh Dra. Altje Liuw,M.Pd dan Dra. Martha Lantang, untukmelaksanakan tugas sebagai KepalaSekolah sampai semester genap TA2012/2013 berakhir.

3. Perlu adanya komunikasi dankoordinasi yang baik antaraPemerintah dan Yayasan sesuaidengan tugas dan fungsi masing-masing yang diatur oleh ketentuanyang berlaku.

4. Pemerintah mendukung sepenuhnyakebijakan dalam pengelolaan danaYayasan setelah berkoordinasidengan Kepala Sekolah, KomiteSekolah dan Orang Tua (misalnya:uang pembangunan, uang SPP,pengadaan seragam sekolah, dll).

5. Guru-guru yang dimutasi/dipindahkandari SMK Kristen 2 Tomohon agardiperhatikan fungsi mereka sebagaiGuru Profesional, bila memungkinkandikembalikan ke sekolah awal.Termasuk mengembalikan ke tugassemula sebagai Guru Profesionalpada SMA Kristen 2 Tomohon (3 guru).

6. Memfungsikan kembali laboratoriumIPTEK di SMK Kristen 2 Tomohon untukdipakai dalam KBM

Kesepakatan Bersama Hasil RapatKoordinasi Dinas Pendidikan Daerah

dengan Yayasan PendidikanDs.A.Z.R Wenas Tomohon

sumber: Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon

IDENTITAS(Tomohon)-Pemkot Tomohon me-lalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Tomohonbersama Yayasan DS.A.Z.R Wenas telah me-nyepakati pelaksanaan manajemen Sekolah diSMK Kristen 2 Tomohon dan SMA Kristen 2Tomohon. Komitmen bersama ini dihasilkanmelalui rapat koordinasi yang dilaksanakan dikantor Dikda Tomohon, Rabu (30/1/2013) lalu .

Menurut Kepala Dikda Tomohon DR DolvinKarwur, M.Kes, MSi, rapat tersebut berlangsungpenuh keakraban dan menyepakati beberapahal (lihat tabel,red) dan demi terselenggaranyaproses pendidikan yang memacu pada pe-ningkatan prestasi pemerintah tetap berko-mitmen untuk menunjang proses pendidikan disekolah-sekolah milik yayasan baik dalamproses belajar mengajar maupun dalam pem-bangunan-pembangunan sarana prasaranapersekolahan.

“Bagaimana pun upaya untuk mencerdaskankehidupan bangsa melalui sekolah merupakanamanat UUD, dan oleh karena itu pemerintahberkewajiban untuk melaksanakannya, dandidukung oleh semua stakeholder termasuk didalamnya yayasan pendidikan swasta,”ujarKarwur. (edi)

DualismeKepsek Selesai

Page 11: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

M I N U TEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

11

Drs Sompie SF Singal MBA usai perte-muan mengatakan, PT MMP telah menya-takan siap berinvestasi dengan memba-ngun pabrik besi dan baja di MinahasaUtara. Invetasi besi dan baja itu nilainyalebih dari Rp10 triliun. “Mereka telah me-nyatakan siap berinvestasi. Persyaratandan aturan harus dipenuhi dan jalannyamasih panjang,” kata Singal didampingiKabag Humas dan Protokol Drs SemTirayoh.

Sebelum mimpi itu jadi, PT MMP diwa-jibkan melaporkan hasil eksplorasi sela-

Investasi PT MMP Rp10 Triliun,Bisa Sejahterakan Warga LikTim?

IDENTITAS(Airmadidi)-Kegiatan PT. Mikgro Metal Perdana (MMP)yang melakukan eksplorasi biji besi di Pulau Bangka Kecamatan

Likupang Timur (LikTim) Minahasa Utara (Minut), Rabu (9/1) 2013lalu, melaporkan hasil eksplorasi tahun 2012 kepada Bupati MinutDrs Sompie SF Singal, MBA di ruangan rapat bupati. Dalam laporan

tersebut, PT MMP telah ‘mengisyaratkan’ siap berinvestasimembangun pabrik besi dan baja di Pulau Bangka dengan nilai

investasi lebih dari Rp10 triliun.

ma tahun 2012. Hasil kajian itu dilapor-kan kepada Pemkab Minut untuk dieva-luasi sesuai aturan normatif, kelayakanlingkungan hidup maupun kontrol sosialmasyarakat. Laporan PT MMP itu selan-jutnya diteliti, dikaji dan dievaluasidariaspek pertambangan, tata ruang, ling-kungan hidup, ijin kehutanan dalam halini ijin pinjam pakai hutan kepada peme-rintah pusat. Bukan hanya itu juga, PTMMP diwajibkan memiliki Amdal, UPLdan UKL serta perijinan lainnya yangberhubungan dengan pertambangan. PT

MMP akan melakukan eksplorasi sam-pai tahun 2013 dan hasilnya akan di-evaluasi secara komprehensif oleh Pem-kab Minut pada 2014 sebagaimana yangdiisyaratkan oleh Pemerintah Pusat.

Singal menambahkan, tahapan eks-plorasi ini harus dilaporkan secara ber-kala dan komprehensif integral. Hasil la-poran tersebut akan dikaji secara kom-prehensif oleh pemerintah dari berbagaipersyaratan normatif yang diamanatkanaturan lingkungan, pertambangan, tataruang, kehutanan, kesehatan dan lain-nya. “Tidak secepat itu jawaban dari pe-merintah untuk mengiyakan. Ada meka-nisme dan persyaratan yang harus di-lalui dan diikuti investor. Kalau ini bisaterjadi, tentunya akan memberi keun-tungan perekonomian dan kesejahteraanbagi mayarakat Minut dan khusunyamasyarakat daerah tambang,” tambahbupati.

Soal lokasi pabrik besi maupun bajakata Bupati, harus dibangun di Minahasa

Utara atau juga di Pulau Bangka. Ini dimak-sudkan agar masyarakat bisa merasakandampak keuntungan langsung dari segitenaga kerja, kesejahteraan maupunpembangunan infrastruktur. “Pabriknya diMinahasa Utara,” jelas Singal.

Bupati melanjutkan, masyarakat dimin-ta untuk tenang dan berpikir arif bijak-sana dengan kegiatan yang masih tahapeksplorasi. Kajian masih berlangsung danbelum ada eksploitasi oleh pihak inves-tor. “Berpikirlan konstruktif, jangan cepatambil kesimpulan tapi tunggulah hasilkajian komprehensif dan ini tentunyaakan memberi dampak positif kepadamasyarakat.

Pemerintah tetap mengkaji dari segilingkungan hidup, ekologi, kesehatan,perekonomian maupun nilai wisata.Berpikirlah positif demi kemajuan Sulutdan Minahasa Utara,” kata Singal me-nambahkan dan diaminkan Kabag Hu-mas dan Protokol Drs Sem Tirayoh.(efl/vel)

Awal 2013 SBY Lakukan Pembenahan Kabinet

IDENTITAS(Airmadidi)-Baru dua hariBupati Minahasa Utara (Minut) Som-pie Singal merombak kabinetnya de-ngan mengganti Kepala Dinas Penda-patan, Pengelolaan Keuangan danAset Daerah (PPKAD) yang tadinyadipegang oleh Arnold Frederik digan-tikan oleh Drs. Max Silinaung sebagaiKadis PPKAD yang baru, Kamis (10/01) 2012, pasangan Sompie BersamaYulisa (SBY) kembali melakukan pelan-tikan dua pejabat Esselon II dan duabelas pejabat Esselon III.

Pejabat Esselon II yang digantiyakni Ir. Ronny Siwi yang sebelumnyamenjabat Kadis Kelautan dan Perika-nan kini menjadi Assisten Pemerin-tahan dan Kesra menggantikan Mat-hino Dengah yang sebelumnya telahdilantik sebagai staf ahli pada Selasa(8/1) 2013. Selanjutnya Arie Kambongyang sebelumnya Kadistamben, kinimenjadi Kadis Kelautan dan Perika-nan menggantikan Ir. Ronny Siwi. AllanMingkid yang sebelumnya Kabag Peme-rintahan Setda kini menjadi Kadistabenmenggantikan Arie Kambong.

Miske Koloay yang sebelumnyaSekretaris Kelautan dan Perikananmenjadi Sekretaris BPLH. Daniel Tanio-was jabatan Sekretaris Discapilduk,Ludia Wuisan sebagai Inspektur Pem-bantu wilayah II Inspektorat, Yohan-na Manua dilantik sebagai SekretarisBadan Ketahanan Pangan, Joutje Sam-pelan sebagai Sekretaris Diskop danUMKM, Max Wurara Sekretaris Dishub,Yovita Supit Kabag Organisasi Sekda,Herry Rumagit Kabag Perundang-

undangan Setwan, Adolof TamengkelSekretaris Dinas Tata Ruang, A Kumon-toy sekretaris Disdamkar, Lucky Wa-woruntu Kabid pengawasan dan Pe-ngendalian Diskop UMKM dan YosephA sebagai Kabid Tanaman PanganDinas Pertanian. Kemudian padatanggal (16/01) 2013 kembali lakukanpenggantian eselon II dan III di ling-kup Pemkab Minut di antaranya dr.Rosa Tidayoh M.Kes dilantik menjadiKaban Penanggulangan Bencana Dae-rah, dr. Lily Lengkong M.Kes Kaban Ke-tahanan Pangan, Ir. Meike Wanganiamenjadi Staff Ahli Pemerintahan, dr.Herman Darmawan M.Phm menjadiDirut RSUD Maria Walanda Maramis, dr.Rina Widayati M.Kes Sekertaris DinasKesehatan, Berty Ngangi SP Kabag Umum,Victor Pandelaki S.Sos Kabag Peme-rintahan, Edwin Ombu S.Sos Kabag SDA,Drs. Royke Kodoati Kabag Kemasyara-katan dan eselon III/IV lainnya.

Kemudian Drs Sompie SF Singal,MBA tak henti-hentinya melakukanperombakan kabinet di tahun 2013.Kali ini, Singal kembali melantik 12pejabat struktural eselon IV di lingkupDinas Kesehatan Kabupaten Mina-hasa Utara (Minut). Pelantikan digelardi Aula Kantor Bupati, Jumat (18/1/2013), disaksikan Sekretaris Daerah(Sekda) Drs Johannis Rumambi, Asis-ten Pemerintahan dan Kesra Ir RonnySiwi, Kepala BKDD Drs Aldrin PosumahMsi serta Kepala SKPD lainnya.

10 Kepala UPTD Puskesmas dan 2UPTD di lingkup Dinas Kesehatan yangdilantik yakni, dr Shinta Olivia Toar

sebagai Kepala UPTD Puskesmas Tate-lu Kecamatan Dimembe, dr Helmy Doo-doh sebagai Kepala UPTD PuskesmasBatu Kecamatan Likupang Selatan. DrElsine Towoliu sebagai Kepala UPTDPuskesmas Airmadidi, dr Eltin WoworKepala UPTD Puskesmas Kauditan, drNicolas Chali Tirayoh kepala UPTDPuskesmas Kema, dr Ronald Wura-ngian Kepala UPTD Barat, dr Joice Ma-ramis Kepala UPTD Puskesmas Wori, drJusuf ‘Ucup’ Nainggolan Kepala UPTDPuskesmas Tinongko Pulau Mantehage.

Sedangkan dr Petrasia Gabungsebagai Kepala UPTD Balai Pengo-batan Korpri Pemerintah KabupatenMinahasa Utara, dr David SemborKepala UPTD Puskesmas Likupang, drDebby Montung Kepala UPTD Puskes-mas Kolongan Kecamatan Kalawatdandr Rita Makaenas Kepala UPTD Insta-lasi Farmasi Dinas Kesehatan.

Menurut Singal, pejabat yang di-lantik sekiranya tetap melaksanakantugas khususnya di bidang kesehatansecara maksimal kepada masyarakat.Pendekatan pelayanan kesehatanmutlak dilakukan kepada masyarakatsebagai bukti abdi negara dan abdimasyarakat.

Dilanjutkan bahwa pelayanan kese-hatan adalah harga mati yang harusdilaksanakan secara prima terutamakepada masyarakat pesisir maupunpulau. Kepada pejabat yang barudilantik bupati menyampaikan sela-mat bertugas dan tingkatkan kinerja,dedikasi serta pelayanan secara utuh,adil dan merata. (efl)

IDENTITAS(Airmadidi)-Bupati Drs Sompie SFSingal MBA, menyerahkan SK Calon Pegawai Ne-geri Sipil (CPNS) kepada 9 Honor Daerah (Honda)Kategori 1 (K1) Minahasa Utara (Minut). SK CPNS diserahkan disaat apel pagi PegawaiNegeri Sipil (PNS), Senin 14 Januari 2013 diPendopo Kantor Bupati.

Bupati mengatakan, kepada Honda yangbaru menerima SK CPNS selamat bergabungdengan Pemkab Minut dan ikutilah aturan-aturan kepegawaian yang telah ditetapkan.Menjadi CPNS bukanlah hal yang mudah,namun banyak hal-hal baru yang akan ditemuidan dirasakan oleh CPNS. Sebab itu, semangatkerja, disiplin dan loyal harus ditanamkan se-jak saat ini, agar nantinya akan menjadi pa-mong atau aparatur yang baik. “Selamat berga-bung dan selamat melaksanakan tugas yangtelah ditetapkan,” kata Singal.

9 CPNS yang menerima SK terdiri 2 tenagaguru dan 7 tenaga teknis. Namun sayang, Hondayang diakomodir dalam Kategori 1 (K1) hanya9 orang. Jika dibandingkan dengan daerah lainyang sampai ratusan orang, mungkin Minutlahyang paling sedikit.

Hal ini seperti yang dikeluhkan oleh keluargadari beberapa pegawai Honda (K1) yang mengatakan bahwa dalam pengangkatan Hondamenjadi CPNS Kepala BKDD Minut pilih kasihpasalnya masih banyak pegawai Honda yanglebih lama mengabdi di Pemkab Minut daripadayang sudah menerima SK CPNS keluh mereka. (efl)

BKDD DinilaiPilih Kasih

Drs Sompie SF Singal MBA saatmenyerahkan SK Calon Pegawai Negeri

Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu

Page 12: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

M I T R AEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

12

IDENTITAS(Ratahan)-Sejakmenjabat sebagai PelaksanaTugas (Plt)Sekretaris Daerah(Sekkab) Minahasa Tenggara(Mitra), Ir Adrianus TinungkiMEng langsung melakukansidak di sejumlah SKPD.Bahkan tak segan-segan, diamengharuskan agar seluruhPNS dilingkup Pemkab Mitradiwajibkan apel pagi dan sore.

Kepada sejumlah wartawan,Tinungki yang juga masihmenjabat sebagai Kepala DinasPertanian dan Peternakan

PNS Mitra Diwajibkan Apel Pagi dan Soremengaku hal ini dilakukansebagai upaya untuk me-nanamkan sikap disiplin bagikalanagan PNS di Mitra. "Awaltahun ini mari kita manfaatkanmoment untuk membangunkanPNS yang seolah tertidur,"tukas Tinungki.

Dikatakannya juga, iamemiliki komitment untukmenumbuhkan profesionalismekinerja dilingkungan Pemkabdalam rangka memaksimalkanpelayanan publik. "Tentunyasebagaimana harapan Bupati,

saya berupaya mensinergikansetiap programkemasyarakatan maupunreformasi brikorasi di daerahpemulihan ini," ujarnya lagi.

Ia menegaskan lagi terkaitsanksi jika nantinya ada PNSyang indisipliner guna me-nimbulkan efek jera sertabudaya malu untuk melanggaraturan.

"Saat ini Saya akan tindaktegas dan tidak mengenalberkompromi. Kalau salah yasalah," tegasnya. (fre)

Pemkab BantuPengobatan

Warga MiskinIDENTITAS(Ratahan)-

Warga masyarakat Ka-bupaten Minahasa Teng-gara (Mitra) yang kurangmampu atau hidup di-bawa garis kemiskinanyang ingin melakukanpengobatan di rumahsakit tak perlu kuatir,karena Pemerintah Kabu-paten telah menetapkanangka sebesar 1,5 Miliar

untuk warganya pada tahun 2013. Bantuan tersebutberupa Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, dr.Y Mawaty kepada Identitasmengatakan, Pemkabdalam hal ini Bupati Mitra sudah melakukanMoU dengan pihak Rumah Sakit Umum Noo-ngan. Dalam MoU tertulis kalau bantuan Pem-kab Mitra berupa uang Rp1,5 Miliar bagi wargayang akan melakukan pengobatan.

Selanjutnya, Mawari mengatakan bahwa prosespendataan dilakukan oleh pemerintah desa, dalamhal ini keterangan kurang mampu kepada DinasSosial dan Dinas Kesehatan karena mereka akanmendata siapa yang berhak mendapatkan bantuantersebut. “Ya saat ini sudah ada dana bagi wargamiskin yang ingin berobat. Tentunya ada syaratyang harus dipenuhi,” tukas Mawaty. (fre)

IDENTITAS(Ratahan)-Ribuan Pegawai NegeriSipil (PNS) di Kabupaten Minahasa Tenggara(Mitra) mulai menjerit berhubung dengan hakatau gaji mereka yang belum terbayarkan.

“Sampai sekarang kami belu terima gaji sedang-kan pengeluaran sudah banyak dan kebutuhan jugamasih banyak. Kami berharap pemkab lebihbijaksana dan segera melakukan pembayaran,”ketus mereka.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt)Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mitra Ir BATinungki, MEng memastikan pembayaran gajiyang sempat tertunda akan segera direalisasikan.

“Memang agak terlambat mengingat semua adamekanismenya. Namun saat ini sementara diprosesdan akan segera dilakukan penyaluran, dimanapemkab tetap berupaya untuk memenuhi semuakewajiban yang harus di bayarkan ke pegawai,”jelasnya. Dilain pihak, beberapa bendahara SKPDmenyatakan telah melakukan permintaan ke pihakBank. Namun mereka belum bisa memastikanwaktu untuk bisa melakukan transaksi. “Kitasementara proses ke pihak Bank. Dan kamiberharap satu atau dua hari kedepan gaji parapegawai sudah boleh diambil,” ujar salah satuBendahara yang meminta namanya dirahasiakan.

Bank Sulut ketika dikonfirmasi lebih lanjutmenyatakan penyaluran gaji akan disalurkan.“Saat ini tinggal menunggu petunjuk pihakpemkab,” ujar Jerry Kalumata, staf Bank SulutCabang pembantu Ratahan. (fre)

Ribuan PNSBelum Terima Gaji LPPD Permendagri

Ditindaklanjuti

Kesalahan 200PNS, Tinungki

Terkesan Menutupi

Y Mawaty

IDENTITAS(Ratahan)-Dibalik TunggakanGanti Rugi (TGR) 200 Pegawai Negeri

Sipil (PNS) Mitra, menimbulkan tandatanya besar. Pasalnya, penggantianrugi yang dilakukan oleh merekatidak jelas dalam putusan sidang,dimana hanya menyebutkanmelakukan kesalahan dalampengelolaan dana pemerintahKabupaten Mitra oleh Tim TGR.

Salah satu diantara 200 PNSyang kena TGR dan tidak mau

menyebutkan namanyakarena takut menye-

butkan tidak tahukesalahan apa

yang dilakukanhingga kena

TGR.“Kesa-

lahanyangditu-duhkan

tidak jelas,” katanya.Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra

Ir. BA Tinungki, MEng kepada sejumlahmedia belum lama ini, di antara merekaada Kepala Dinas, Kepala Badan danbendahara SKPD. “ Dari hasil tersebutterdapat 900 juta uang yang akandikembalikan akibat kelalaian merekasendiri,” ungkap Tinungki.

Ketika ditanyakan lebih terperincimengenai kesalahan yang mengakibat-kan 200 PNS harus mengembalikansejumlah uang kepada kas daerah,Tinungki hanya menjelaskan kalau TGRbukan berarti penyelewengan tetapi halini hanya kesalahan administrasi yangdilakukan oleh bendahara. “Apabiladalam hasil sidang berikutnya benar-benar yang bersangkutan melakukanpenyelewengan dana maka pemkab akanmengambil tindakan tegas berupapemotongan TKD dan lainnya, dengankisaran 1 juta, 10 juta bahkan ratusanjuta,” jelasnya.(fre)BA TinungkiBA Tinungki

IDENTITAS(Ratahan)-Kepala BadanKepegawaian dan Diklat Daerah(BKDD) Kabupaten MinahasaTenggara (Mitra), Phebe Punuindoongmelalui Sekretaris Robby Pondaagmengatakan kalau daerah ini masihsangat membutuhkan tenaga Pe-gawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Pondaag, saat ini jumlahtenaga PNS yang ada di PemkabMitra berkisar 2.745 orang yangidealnya untuk ukuran daerah inidibutuhkan minimal 5000 tenagaPNS.

"Jadi kita masih ada selisih 3.300PNS. Dari data Ini, tenaga guru dankesehatan tentunya akan menjadiprioritas,"ujarnya.

Lanjut Pondaag pun mengakui,BKDD sudah memberikan usulan keBadan Kepegawaian Negara (BKN)agar sekiranya dapat merekrut 250CPNS di tahun ini."Usulan sudahkami layangkan ke pusat dansekarang kita masih menunggupetunjuk,"tandasnya.(fre)

IDENTITAS(Ratahan)-SosialisasiLaporan Penyelenggaraan Pemerin-tah Daerah (LPPD), bertempat di aulasekertariat daerah, Rabu (30/1/2013),merupakan tindak lanjut dari suratedaran Kementrian Dalam Negeri(Kemendagri) nomor 120.04/1050/OTDA tertanggal 15 Februari 2012.

Adapun laporan beberapa lapo-ran yang disosialisasikan alam pen-jabaran LPPD, seperti Laporan Kete-rangan Pertanggungjawaban KepalaDaerah kepada DPRD serta InformasiLaporan Penyelenggaran Pemerintahkepada masyarakat mengenai pro-gram-program yang telah dijalankandan akan dijalankan. “Kegiatan inikami jalankan sesuai dengan ama-nah peraturan Kemendagri,” jelasBonny Mokorimban selaku KepalaBagian (Kabag) Tata Pemerintahan(Tapem) Setdakab Mitra.

Menyangkut hal ini Bupati MitraTelly Tjanggulung telah mengeluar-kan SK tentang panitia penyusunLPPD yang bertugas menyiapkanpertemuan seluruh SKPD, penyiapanmateri, pengumpulan data, peneliti-an kesesuaian cara pengisian lapo-

ran, demikian juga dalam menyusunLPPD tahun 2012 sesuai denganpetunjuk/pedoman Mendagri, kataMokorimban dan menambahkankalau hasil penyusunan itu disam-paikan kepada bupati Mitra danselanjutnya disampaikan kepadaMendagri melalui Gubernur Sulut.

“Itulah mekanisme yang sudahdijabarkan dalam sosialisasi ini ke-pada semua instansi yang ada dijaja-ran lingkup pemkab Mitra,” terangnya.

Sosialisasi ini sendiri diikutioleh semua sekretaris disetiap ins-tansi, Kepala Tata Usaha (KTU) baikDinas maupun Badan beserta selu-ruh Sekretaris Kecamatan. (fre)

Telly Tjanggulung

BKDD MitraUsulkan

Penerimaan250 CPNS

Page 13: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

EDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 201313 T O T A B U A N R A Y A

Tjanggulung: Peranan WanitaSangat Penting Bagi Kesejahteraan

Keluarga dan Kabupaten MitraBUPATI Minahasa Tenggara

(Mitra) Telly Tjanggulungmelakukan rangkaian berupakunjungan kerja bagi pertemuanyang ada di daerah tersebut.

Dalam kunjungannya, bupatipertama pilihan rakyat Mitra inimemberikan penjelasan kepadaperempuan tentang pentingnyaperanan wanita dalampembangunan.

Bertempat di aula sekeretariatdaerah Kabupaten Mitra (sejakSelasa hingga saat ini) pencerahanterus dilakukan Tjanggulung. Dalamarahannya didepan perempuan,calon kuat Bupati Mitra periode2013- 2018 ini mengatakan bahwaperanan wanita sangat penting bagikesejahteraan keluarga maupun

bagi perkembangan pemangunanKabupaten Mitra.

“Saya sengaja mengumpulkanwanita yang ada di daearah ini agardibekali dengan begitu banyak nasihatyang baik sehingga menjadi wanitaindividu yang utuh,”ungkapTjanggulung seraya menambahkanbahwa sesungguhnya kelemahlembutan yang ada dalam diri wanitamerupakan suatu kekuatan. “ Sayasangat mengharapkan kepada wanitamitra bukan sekedar cantik tapi jugapintar dalam bertutur kata lemahlembut dan mau belajar belajar danbelajar. Istilahnya punya keinginanuntuk belajar, sehingga kita mengertidan memahami segala hal dengantujuannya agar wanita itu tidak gam-pang dibodohi, “ pungkasnya.(adv)

Telly Tjanggulung

IDENTITAS(Lolak)-Pelabuhan Labuan Uki yangmerupakan salah satu harapan utama Peme-rintah Bolaang Mongondow bersama masyarakatsebagai sentra perekonomian diberbagai bidangseakan dibiarkan tidak terawat oleh yangberwewenang dalam hal ini pemerintah setempat.

Hal itu membuat Ketua LSM LPKEL Reformasi,Efendi Abdul Kadir yang terkenal cukup vokalangkat bicara. Kepada Identitas, dengan blak-blakan Ending sapaan akrab Efendi Abdul Kadirmenuding keras Syahbandar Pelabuhan Uki,Syoni Sengkey. “Seluruh perawatan fasilitas yangada di pelabuhan memang kurang diperhatikanoleh Syoni Sengkey selaku Syahbandar ataukepala pelabuhan. Berarti kinerjanya tidakmaksimal,”tuding Ending.

Sedangkan menurutnya, Pelabuhan LabuanUki sangat Perlu untuk diperhatikan demikepentingan Umum. “Semua ini tergantung padapenanggungjawab atau kepala pelabuhan demikemajuan dan peningkatan Pelabuhan LabuanUki,” terang Kadir. (jhon.w)

Rp300 Juta AnggaranBeasiswa Tidak Tersalurkan

IDENTITAS(Molibagu)-Dana beasiswadi Kabupaten Bolmong Selatan(Bolsel) yang dianggarkan sebesar

Rp 2,1 milyar ternyata hanya Rp1,8 milyar yang tereali-

sasikan.

Hal ini dikarenakanada sejumlahpelajar yang berhakmenerima beasiswa

tidak memasukanberkas atau

tidakmeleng-

kapiberkas

mereka.Seperti

dikatakanKepala DinasPendapatanPengelolaanKeuanganDaerah

(DPPKAD)Berlian Pota-

buga, bahwa danayang tersedia untuk

beasiswa tidak habistersalur.“Beasiswa yang tidak cair,

itu karena tidak memasukanusulan penerima dari sekolahdan desa. Dan bagi mereka yangmenerima baik beasiswa SD,SMP, SMA dan Mahasiswa, itusesuai SK Bupati. Yakni beasiswauntuk anak asuh Pemda danberprestasi,” terang Potabuga.Intinya, beasiswa yang tidakkeluar karena mereka tidakmemasukan berkas. “PihakDPPKAD hanya melakukanverifikasi berkas, untuk persoa-lan teknis ada di Dinas Pendidi-kan (Diknas). Perlu saya tegas-kan lagi, teknisnya untukpengurusan beasiswa ada diDiknas. DPPKAD tinggal melaku-kan verifikasi berkas. Dansangat disayangkan, jika berkastidak lengkap serta tidakdilakukan perbaikan, makadananya tidak bisa dicairkan,”tambah berlian.

Sementara itu, Kabid DiknasmenRamli Majid, saat dikonfirmasimengatakan total dana beasiswasebesar Rp 2,1 milyar dan yangtersalur hanya 1,8 milyar. “Adasejumlah berkas yang tidak masukdan tidak lengkap, sehingga yangtersalur hanya 1,8 milyar,” terangRamli. (tim)

Ending: KinerjaKepala PelabuhanUki tak Maksimal

Pelabuhan Labuan Uki

Page 14: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

T O T A B U A N R A Y AEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

14

Kotamobagu,ID — Apresiasi Polisi Resort Bolaang Mongon-dow Raya dalam mengamankan perayaan hari raya umat Kristia-ni atau Natal dan Tahun Baru patut diberikan acungan jempol.Dimana situasi dan kondisi di empat Kabupaten Bolmong baikBolsel, Boltim, Bolmut, Bolsel dan Kota Kotamobagu tetap kon-dusif.

Kapolres Bolmong Raya, AKBP Hisar Siallagan Sik, kepada IDbahwa pihaknya bekerja ekstra keras dalam melakukanpengamanan mulai dari menjelang perayaan Natal hingga TahunBaru untuk membuat situasi tetap aman dan terkendali.

“Kami juga berterima kasih kepada masyarakat BolaangMongondow Raya atas kerja sama yang baik,” katanya.

Selain itu Ia juga menambahkan, kiranya kebersamaan inibisa berjalan terus demi terjalinnya rasa kekeluargaan dan sa-ling menghormati baik antar sesama dan antar umat beragamayang ada. (jhon.w/samsu)

IDENTITAS(Bolmong)-Guna mendukung program kerja Peme-rintah Kabupaten Bolmong dalam memerangi sampah, PT BankSulut sebagai salah satu mitra kerja menyerahkan bantuan beru-pa alat kebersihan. Penyerahan bantuan tersebut diserahkansaat apel kerja, dan diterima langsung Bupati Bolmong Hi. SalihiMokodongan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bank Sulutdalam membangun daerah ini,”ujar Mokodongan usai menerimabantuan berupa 12 unit motor sampah dan 40 buah tong sam-pah.

Penyerahan sejumlah alat kebersihan ini dituangkan dalampenandatangan berita acara oleh Bupati Hi Salihi Mokodongandan yang mewakili PT Bank Sulut Robinson Rorong, SE pimpinangroup Head satu Pemasaran PT Bank Sulut Kantor Pusat Manadobersama Hi Kennedy Paputungan pemimpin Bank Sulut CabangPembantu Lolak.(jhon w)

Bank Sulut SerahkanBantuan Alat Kebersihan

IDENTITAS(Molibagu)-Rencana rolling pejabat di lingkunganPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel) men-dapat dukungan dan terus di desak oleh kalangan mahasiswa.Dimana, pejabat yang terkesan tidak memahami Tugas Pokokdan Fungsi (Tupoksi) mereka dengan baik harus segera diganti.

“Kenapa harus diundur lagi. Sudah beberapa kali di rollingtapi kinerja Kepala SKPD tidak memuaskan. Jika seperti ini, kapanBolsel akan maju,” ungkap Rolis Hasan, Mahasiswa Unisan.

Selain itu, para pejabat yang duduk sebagai kepala SKPDbanyak yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.“Diharapkan Pak Bupati tidak lagi mengulur soal rolling.Sebaiknya rolling dilakukan pada awal tahun anggaran, sertamenempatkan pejabat yang sesuai dengan disiplin ilmunya,”tambah sejumlah mahasiswa.

Kepala BKD Bolsel Risnawati Mantang mengatakan, alasanposisi jabatan yang tak sesuai bidang ilmunya disebabkanBolsel yang masih kekurangan SDM. “Tenaga ahli dan spesialisdi Bolsel sangat terbatas,” terang Mantang.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, menegas-kan agar kinerja para pejabat jangan terganggu dengan rencanarolling. “Kalau kerja tidak profesional, tentu akan dimutasi,”tegasnya. (Jhon.w)

IDENTITAS(Kotamobagu)-Walikota Kota Kotamobagu,Drs. H. Djelantik MokodompitME, beberapa waktu lalu,menyerahkan secara langsungdana bantuan penyelesaianstudy Triwulan IV tahun

Hi. Salihi Mokodongan melakukan penandatanganan beritaacara disaksikan perwakilan dari Bank Sulut

Mahasiswa DesakPemkab Bolmong

Laksanakan Rolling Pejabat

Kinerja Polres Bolmong PantasDiberikan Acungan Jempol

Pemkot KomitmenBangun Pendidikan

anggaran 2012, bagi 50Mahasiswa tingkat akhir diKota Kotamobagu.

Djelantik dalam sambu-tannya mengatakan, bantuanpenyelesaian study yangdiberikan kepada paraMahasiswa, merupakan buktinyata komitmen dari pihakPemkot dalam meningkatkanmutu pendidikan di KotaKotamobagu, khususnya bagipara Mahasiswa berprestasidan kurang mampu. “Sejakawal Pemerintah KotaKotamobagu sudahberkomitmen untuk mendukungpenuh setiap program yangberkaitan dengan peningkatansumber daya manusia melaluidunia pendidikan, salahsatunya dengan pemberianbantuan penyelesaian studybagi mahasiswa,” ujarWalikota.

Walikota juga berharap

agar dana bantuan study yangditerima tersebut, dapatbermanfaat bagi para Maha-siswa yang saat ini sedangdalam proses penyelesaian.“Semoga dana bantuan studyini bisa membantu prosespenyelesaian study bagi paraadik-adik Mahasiswa,” harapWalikota.

Sementara itu, Kepala DinasDPPKAD, Abdullah Mokoginta,SH, MSi mengatakan, dari 50Mahasiswa yang berhakmenerima bantuan studymasing-masing sebesar Rp 7Juta, baru sekitar 43 Ma-hasiswa yang menerima,sedangkan sisanya masihharus melengkapi berkas.“Sisanya akan tetapdibayarkan, namun masihharus melengkapi syaratpenerima bantuan penye-lesaian study,” ujar Mo-koginta.(jhon.w/ade)

Djelantik Mokodompit

Page 15: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

M I N A H A S A - S A N G I H EEDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013

15

IDENTITAS(Sangihe)-Kurangnya pe-ngawasan bagi warga Filipina yangtinggal di Kabupaten Sangihe membuatpara warga asing bebas masuk-keluardi wilayah tersebut.

Masuk-keluarnya warga Filipina diKabupaten Sangihe dengan maksudberdagang Miras dengan bermacam-macam merek tanpa dikenakan pajakPabean (Bea Cukai).

Anehnya para warga asing ini menu-rut beberapa sumber yang tidak maunamanya ditulis mengatakan bahwawarga Filipina tersebut memiliki tan-da penduduk daerah ini.”Mereka jelas-jelas warga asing, kok bisa memilikiKTP Sangihe,”tegas sumber.

Untuk itu diharapkan kepada peme-rintah setempat lebih khusus petugasimigrasi untuk segera mengantisipasidan memperketat pos perbatasan agarterhindar dari hal-hal yang tidak di-inginkan terjadi.(dav)

Warga Filipina‘Miliki KTP Sangihe’

Aktitas warga Filipina di perairan Kabupaten Sangihe

Puskesmas Kecamatan Tatoarengtidak Memiliki Tenaga Kesehatan

IDENTITAS(Sangihe)-Sebutan Kabu-paten Kepulauan Sangihe dikarenakankabupaten tersebut terdiri dari pulau-pulau, salah satu adalah pulau Ma-hengetang.

Pulau Mahengetang memiliki ta-man laut yang tidak kalah dengan ta-man laut Bunaken dan merupakansalah satu taman laut yang memiliki

gunung api yang terletak dalam laut.Beberapa waktu yang lalu pulauMahagetang ditetapkan oleh PemkabSangihe sebagai salah satu pulauwisata yang ada di Sangihe.

Disayangkan masyarakat yang tinggaldi pulau tersebut kurang mendapatperhatian dari Pemkab Sangihe lebihkhusus dibidang kesehatan. Memang di

pulau Mahangetang Kecamatan Tatoarengsudah ada puskesmas tapi tidak ada te-naga dokter dan perawat, padahal mas-yarakat yang ada di Kecamatan Tato-areng sering terserang penyakit dan bia-sanya penyakit yang sering diderita war-ga selalu berjangkit dari satu warga kewarga yang lain akibat tidak adanya pe-layanan kesehatan dari pemerintah.(dav)

IDENTITAS(Pineleng)-Ruas jalanyang menghubungkan desa Warem-bungan dan Malalayang merupa-kan jalan pintas (alternatif) bagipemakai jalan dari Tomohon me-nuju kota Manado.

Jalan tersebut merupakan jalanarteri untuk menghindari kema-cetan lalulintas yang sering terjadidi antara Winangun dan Pineleng.Tapi disayangkan, keberadaan kon-disi jalan tersebut menyerupai ke-bun sawah yang baru di bajak (pa-jeko) siap ditanami padi.

Saat ini, untuk tahun anggaran2013 kabupaten Minahasa meng-anggarkan Rp. 40 Miliar dari APBD2013 untuk perbaikan pemba-ngunan infrastruktur prasarana ja-lan yang ada di kabupaten Mi-nahasa.

Untuk itu diharapkan agar jalanWarembungan-Malalayang dapatdi prioritaskan.(fet)

Ruas Jalan Warembungan-Sea Butuh Perhatian

Ruas jalan Warembungan-Sea yang butuh perhatian

IDENTITAS(Langowan)-DrsJantje Wowiling Sajow (JWS)bupati terpilih KabupatenMinahasa periode 2013-2017, menyatakan siap me-mekarkan Langowan menjadisatu daerah otonomi baru diSulawesi Utara bila nantiMoratorium dicabut.

Hal tersebut disampaikanJWS kepada sejumlah pewar-ta belum lama ini. MenurutJWS, dirinya bersama pasa-ngannya (wabup terpilih,

Ivan Sarundajang,red) mendukung berdirinya KotaLangowan menjadi satu daerah otonomi baru.Lebih dari itu, pihaknya nantinya akan mengang-garkan di APBD Pemkab Minahasa terkait peme-karan, jika pemerintah pusat mencabut morato-rium pemekaran wilayah.

"Kami akan menganggarkan di APBD Minahasaterkait pemekaran kota langowan jika pemerintahpusat mencabut moratorium,"ujar JWS sembarimenambahkan bahwa pihaknya bersedia memfasi-litasi terkait segala sesuatu yang dibutuhkan un-tuk memuluskan terbentuknya Kota Langowan.

Menurut Ketua Panitia Pembentukan KotaLangowan (P2KL) Jefry Pay, dukungan pasanganbupati terpilih (JWS-Ivansa) untuk mendukungsepenuhnya akan terbentuknya Langowan menjadidaerah otonomi tentunya harus disambut positif.Menurutnya,pihaknya bersama dengan masyara-kat Langowan berterima kasih jika JWS-IVansamendukung sepenuhnya Langowan menjadi satudaerah pemekaran.

"Atas nama masyarakat Langowan, kami sangatberterima kasih jika pak JWS dan pak Ivansasangat mendukung terbentuknya Langowan men-jadi daerah otonomi baru. Bersama elemen mas-yarakat Langowan tentunya berterima kasih danmenyambut baik jika pasangan ini siap memfa-silitasi segela sesuatu demi untuk pemekaran kotaLangowan,"ujar Pay.

Pay pun menambahkan, Moratorium yang dila-kukan pemerintah pusat saat ini bukan merupakansuatu hambatan atau halangan terbentuknya KotaLangowan. Ia menjelaskan,moratorium hanyamerupakan berupa penundaan sementara terkaitdengan pemekaran suatu wilayah.(langowan.com)

IDENTITAS(Tondano)-Dinas Kehutanan (Dishut)Kabupaten Minahasa dan PT PLN Cabang Tondanotelah bersepakat untuk melakukan penebanganpohon-pohon di sepanjang ruas jalan Tondanoyang dapat mengganggu kabel listrik.

Menurut Kepala Dishut Ir Wenny Talumewo,kerjasama ini dilakukan demi memberikan pela-yanan listrik kepada warga. Dimana menurutnya,akibat tumbangnya pohon peneduh di beberaparuas jalan maupun di hutan membuat pasokanlistrik menjadi terganggu.

“Kerjasama dan upaya ini akan dimulai pekanini. Dimana pihak PLN dan Dinas Kehutanan akanturun secara bersama-sama untuk melakukan po-tong bawah terutama yang ada di wilayah Ton-dano,”ujar Talumewo didampingi Kepala Unit PLNTondano, Servy Pangalila.(fet)

Perekrutan PNS Tahun Ini Berpeluang KecilIDENTITAS(Tondano)-Meskipun

Moratoirum penerimaan CPNS telahdicabut oleh pemerintah pusat,rekrutmen CPNS di Kabupaten Mina-hasa, dipastikan mempunyai peluangkecil.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda)Kabupaten Minahasa Warouw Ka-rouwan beberapa waktu lalu, pene-rimaan CPNS hanya akan menimbulkanbeban bagi daerah. Namun bagiKarouwan, hal ini hanya merupakanpendapat dirinya.

"Penerimaan CPNS hanya akanmenimbulkan beban bagi daerah. Olehsebab itu, secara pribadi menurutpandangan saya, dana publik haruslebih diprioritaskan kepada mas-yarakat agar rakyat semakin sejahtera,"ujarnya.

Lanjut Karouwan menambahkan,saat ini jumlah PNS di Pemkab Mina-hasa sudah cukup banyak. Nah,menurut saya pribadi yang harus diaturadalah pemerataan sumber dayanya.

"Penerimaan bisa dilakukan. Namun

hanya pada formasi yang tidak ada diMinahasa dan sangat penting sertamendesak itu wajar direkrut,"ungkapKarouwan.

Seperti diketahui, APBD Minahasatahun 2013 jumlah pendapatan ditatasebanyak Rp 674 miliar. Dan ini meng-alami peningkatan Rp 59 miliar dariAPBD tahun 2012 yang hanya Rp 615miliar. Walau mengalami peningkatanpendapatan, sekitar Rp 481 miliar darisemua dana tersebut digunakan untukmembayar gaji sekitar 7.000 PNS.(fet)Warouw Karouwan

Pohon Ganggu KabelListrik akan Ditebang

JWS-Ivansa SiapMekarkan Langowan

Jantje W Sajow

Page 16: Tabloid Identitas Edisi 95 Periode Januari - Februari 2013

ENAPAKI usianya yang Ke-10pada tahun 2013, Kota Tomohonterus mengalami kemajuan dan

perkembangan yang sangat signifikan.Dibawah kepemimpinan Walikota JimmyF Eman, SE.Ak, yang terus melakukangebrakan dan terobosan untuk memaksi-malkan potensi seperti membuka peluanginvestasi dan pariwisata melalui visidan misi Kota Tomohon.

Pada awal Kota Tomohon berdiri,Pertumbuhan Ekonomi (PE) berada padakisaran 2,4 %. Pada kepemimpinanJimmy F Eman, SE.Ak, PE terus meningkatmencapai 6,29 % dan pada tahun 2012dapat menembus 6,67 %.

Indikator lain terus mengalami pe-ningkatan seperti, PDRB berdasar hargaberlaku terus meningkat, terakhir me-nyentuh angka Rp 1.480.632.000.000, de-ngan pendapatan perkapita yang terusmeningkat mencapai Rp 15.991.000, di-banding pada tahun sebelumnya yanghanya Rp 13.854.000.

Selain hal tersebut, Anggaran Penda-patan Belanja Daerah (APBD) juga meng-alami peningkatan dari sisi pendapatan.

Prosentase kondisi jalan tahun anggaran 2012 menurut kondisinya jalan di KotaTomohon dibedakan menjadi kondisi Baik (61,8%), Sedang (14,9%), Rusak (12,2%), dan RusakBerat (11,1%).

Sedangkan jalan dalam kota menurut wewenang pembinaan dapat dibedakan menjaditiga jenis, yaitu Jalan Negara, Jalan Propinsi, dan Jalan Kota. Panjang jalan di seluruh wilayahKota Tomohon pada tahun 2011 mencapai 385,58 kilometer. Panjang Jalan Negara adalah27 kilometer, Jalan Propinsi 12 kilometer, dan sisanya 346,58 kilometer adalah Jalan Kota.

Jumlah sekolah yang tersebar diLima (5) Kecamatan yang meliputiKecamatan Tomohon Utara, TomohonTengah, Tomohon Timur, TomohonBarat dan Tomohon Selatan yaituPAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)berjumlah 65 buah, 22 tingkat SMP,tingkat SLTA 16 buah, Akademi danPerguruan Tinggi berjumlah 7 buah.Semua sekolah ini dilengkapi denganinfrastruktur sarana dan prasaranayang memadai.

Dimana hingga tahun 2013, telah men-capai Rp 418.401.511.000 lebih, di band-ing pada tahun 2012 yang hanya menca-pai Rp 367.530 870.000 lebih.(adv)

M

Jimmy F Eman, SE.Ak

BIDANG PEMERINTAHAN

Gubernur Sulut DR SH Sarundajang saat melantik Jimmy F.Eman,SE.Ak sebagai walikota definitive pada tanggal 9 Mei 2012.

Kegiatan Rapat Paripurna di Kantor Dewan Kota Tomohon.

BIDANG EKONOMI

Melanjutkan dan meningkatkan “good practice” yang telah ada, pengembangankoperasi (Koperasi berprestasi) terus mengupayakan profesionalisme dalam

pengelolaannya dengan membuka peluang bagi peningkatan kompetensidan keterampilan kelompok-kelompok koperasi yang ada.

Walikota Tomohon menerimaPenghargaan dari Menteri Koperasi

dan UMKM di Acara Pameran ProdukUnggulan Koperasi dan UMKM

di ManadoKunjungan Menteri Koperasi dan UMKM Syarief Hasan

di Kota Tomohon.

BIDANG PARIWISATA

Pemkot Tomohon terus mengembangan ekowisata berbasis lingkungan yang sesuaidengan budaya lokal sebagai paket wisata yang terpadu dengan mengembangkan

potensi wisata lokal dan menjadikan Tournament of Flower (TOF) sebagai eventinternasional (TIFF 2012).

Launching TIFF 2012 di Jakarta Salah satu peserta ToF 2012

Rekor MURI SalibBunga Terbesar diTomohon

Kunjungan Menteri Pariwisata Indonesia

Panen Raya Padi Perbatasan di Kelurahan Tara-Tara, Kecamatan Tomohon Barat

BIDANG PERTANIANSecara bertahap mengimbangi praktek

pertanian yang telah ada dengan systempertanian organik yang berbasis sumber

daya lokal dan lingkungan.

Penyerahan Bantuan bibit Padi Unggulankepada para petani.

BIDANG KESEHATANLayanan kesehatan juga menjadi

perhatian utama Pemkot Tomohon. Saatini Kota Tomohon memiliki Dua (2)

Rumah Sakit, Satu (1)Rumah Bersalin,Tujuh (7) Puskesmas, 69 unit Posyandu,

Satu (1) Polindes dan 75 kendaraanoperasional

Bangunan Puskesmas di Kakaskasen

Bangunan Puskemas Pembantu

BIDANG LINGKUNGANPemeliharaan kawasan hutan di Gu-

nung Lokon sekitar 150 Ha,pembuatanhutan rakyat seluas 100 Ha, pengadaanbibit tanaman 105.214 pohon, pemba-ngunan KBR (Kebun Bibit Rakyat) 5 kelom-pok tani serta pemanfaatan bantuan bibitdari BPDAS Manado sebanyak 30.000pohon terus ditingkatkan.

Selain itu, kegiatan rehabilitasi hutan,pengadaan alat untuk sumur resapanbiopori (220 unit), pengembangan ekowi-sata dan jasa lingkungan sebanyak (5350anakan) juga dilanjutkan guna meningkatkan“good practice” yang telah ada dan menginte-grasikan wawasan dan kebijakan lingkungandalam semua sektor pembangunan. Bantuan Bibit Pohon kepada Masyarakat

PenanamanPohon diGunungMahawu

BIDANG INFRASTRUKTUR

Pembangunan Jalan(sesudah)

Pembangunan Jalan(sebelum)

BIDANG PENDIDIKAN

Penyerahan bantuan kepada para guru berprestasi

Penyerahan Bantuan kepada para siswa SD di Kota Tomohon

����������������� ��

������������� ����� ������������������ ���������

EDISI 95, JANUARI-FEBRUARI 2013