syariah dan khilafah mewujudkan rahmatan lil alamin (edisi 1)

Download Syariah dan khilafah mewujudkan rahmatan lil alamin (Edisi 1)

Post on 08-Jan-2017

1.341 views

Category:

News & Politics

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

halaqohIslam rahmatan lil alamin#EDISI 1Ahad, 26 Jumadil Awwal 1437 H/6 Maret 2016

SYARIAH DAN KHILAFAHRAHMATAN LIL ALAMINWUJUDKAN ISLAM

Indra FakhruddinHuma DPD II HTI ProbolinggoIslamic Public Speakers Inspirasi PerubahanPenulis Inspirasi PerubahanPengajar di IBS IT AL-AMRI Leces probolinggo

0823-3644-1924

@indra1924

7c7c40d8

infak1924@gmail.com

Indra Fakhruddin

Di ibaratkan umat islam sekarang Sedang sakit

Hidupnya sangat tergantung

KAPITALISMEMENGHANCURKAN TATANAN DUNIA

SEKULERISME

Al-Quran Di MasjidJangan bawa-bawa Al-Quran di sini

SEKULERISMEMemisahkan Islam dari Kehidupan

Kapitalisme: DemokrasiPolitik,pemerintahan, Ekonomi,pendidikan, Sosial, Hukum, KeamananSholat, Zakat, Puasa, Haji,

Solusinya?

: Kita adalah kaum yang dimuliakan Allah karena islamnamun ketika kita mencari kemuliaan pada selain islammaka Allah akan menghinakan kita

Syariah dan khilafahSatu-satunya harapan

Kesadaran akan kebobrokan tatanan hidupWujud tanggung jawab menata kehidupan baru yang lebih baikKesadaran akan kewajiban dari Allah Pencipta manusia untuk menegakkan hukum-hukumNyaTEGAKNYA SYARIAT ISLAM BAGI SEMUA MENUJU MASYARAKAT MODERN YANG BERADAB DAN KEMASLAHATAN MANUSIA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT

APAITU SYARIAH DAN KHILAFAH?

SYARIAHSECARA BAHASA: SUMBER AIR YAKNI SUMBER AIR MINUM

15

JALAN LURUS

. Aturan yang diturunkan Allah swt kepada Nabi Mohammad saw untuk mengatur hubungan manusia dengan Penciptanya, dirinya, dan dengan orang lain. Hubungan manusia dengan Penciptanya meliputi ibadah. Hubungan dengan dirinya sendiri mencakup akhlaq, makanan dan pakaian. Hubungan dengan manusia lain mencakup muamalat dan uqubat.SYARIAHSECARA SYARI

AQIDAHIBADAHAKHLAQMAKANANMINUMANPAKAIANMUAMALAHUQUBAT (SANKSI)

MANUSIAALLAH

AqidahIbadah

DIRINYA SENDIRIAkhlaqMakananMinuman

wilayah privatwilayah privatMANUSIA YANG LAINMuamalatUqubatPolitikPendidikanEkonomiPemerintahan

wilayah publikPakaian

19

SYARIAHSECARA SYARIHukum Syariah adalah seruan Allah sebagai Pembuat Hukum yang berkaitan dengan perbuatan manusia.(Taqiyuddin An-Nabhani, Al-Syakhshiyah Al-Islamiyah [Ushul Al-Fiqh], 3/38; Saifuddin Al-Amidi, Al-Ihkam fi Ushul Al-Ahkam, 1/95)

KENAPA HARUS SYARIAH DAN KHILAFAH?

2ALASAN1. NORMATIF2. PENDUKUNG

KONSEKUENSI KEIMANAN1. NORMATIF

{ : }Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (QS. An-Nahl 89)

Siapa saja yang mengambil selain Islam sebagai agama, maka tidak akan pernah diterima. dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (Q.s Ali-Imrn: 85).

Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS An Nisaa` : 65)

Apakah hukum Jahiliah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (TQS. Al-Maidah : 50)

SYARIAH ISLAM MEMBAWA RAHMATAN LIL ALAMIN Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS Al Anbiyaa` : 107)

SYARIAH DAN KHILAFAHJAMINAN DALAMMemelihara KeturunanMemelihara AkalMemelihara KehormatanMemelihara Jiwa ManusiaMemelihara HartaMemelihara AgamaMemelihara KeamananMemelihara Negara

8 KEMASLAHATAN KETIKA SYARIAH & KHILAFAH DITERAPKAN KAFFAHKemaslahatan adalah diperolehnya kemanfaatan, dan hilangnya kerusakan dengan memelihara 8 hal mendasar yang meliputi: 1. TERPELIHARANYA AGAMA [hifdh ad-dn]: Negara akan menjamin hak beragama tiap rakyatnya dan khususnya menjaga keutuhan aqidah umat Islam dengan menerapkan hukuman yang tegas pada muslim yang murtad atau menistakan Islam.2. TERPELIHARANYA HARTA [hifdh al-ml]: Negara menjaga harta setiap warga negara dan menghukum siapapun yang melanggar hak orang lain dengan hukum potong tangan atau tazir.3. TERPELIHARANYA JIWA [hifdh an-nafs]: Negara menjamin keamanan jiwa setiap warganya. Dan jika terjadi pelanggaran, hukumannya bisa berupa diyat (tebusan darah), qishash (dibunuh). 4. TERPELIHARANYA AKAL [hifdh al-aql]: Negara menjaga akal setiap warganya dengan mengharamkan memproduksi, mengkonsumsi, mendistribusikan segala yang merusak akal manusia seperti khamer, narkoba dan sejenisnya. 5. TERPELIHARANYA KETURUNAN [hifdh an-nasl]: Negara menjaga keturunan tiap warganya dengan mengharamkan zina, sodomi dan homoseksual (lebian, guy), dan memerintahkan pernikahan. Jika dilanggar, maka sanksinya bisa berupa dicambuk atau dibunuh.6. TERPELIHARANYA KEHORMATAN [hifdh al-karmah]: Negara menjaga kehormatan tiap warganya agar tidak sembarangan dalam menuduh seseorang berbuat kejahatan, kecuali dengan bukti. Jika dilanggar prinsip ini, maka sanksinya bisa berupa had atau tazr. 7. TERPELIHARANYA KEAMANAN [hifdh al-karamah]: Negara menjamin keamanan individu, masyarakat dan negara dari segala bentuk teror, intimidasi dan begal. Dan pelakunya akan dikenai sanksi yang keras. 8. TERPELIHARANYA NEGARA [hifdh ad-daulah]: Negara menjaga kedaulatan dan stabilitas keamanan dalam negeri dengan mengharamkan pemberontakan dan memisahkan upaya untuk memisahkan diri dari wilayah. Pelakunya pun akan dikenai sanksi yang keras.Agama dan negara itu merupakan dua saudara kembar.. Agama adalah pondasi, sedangkan kekuasaan adalah penjaga. Sesuatu tanpa pondasi, pasti akan runtuh. Sesuatu tanpa penjaga, pasti akan hilang.[Hujjatu al-Islm, Imam al-Ghazli]

30

SEBALIKNYA JIKA SYARIAH TIDAK DITERAPKANKeimanan kepada Allah SWT terancam hilang atau cacat

Persoalan manusia tidak terselesaikan dgn benarMENIMBULKAN MAFSADAT

SYARIAH ISLAM MEMBAWA KEMASLAHATAN

Barangsiapa yang tidak menjalankan hukum menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. (QS Al-Maidah : 44), maka mereka adalah orang-orang yang zalim (QS Al-Maidah : 45), maka mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS Al-Maidah : 47)

ANCAMAN ALLAH Di mana ada syariah, maka di situ ada maslahat. (M. Muhammad Ismail, Al-Fikr Al-Islami, Kairo : 1958)

Jika persoalan diserahkan kepada bukan ahlinya (orang bodoh & tidak berilmu), maka tunggulah kehancuran / Kiamat. (HR Bukhari)

Empiris (Kerusakan Hasil Diterapkannya Sistem Kapitalisme)2. PENDUKUNG

Tidak Adanya Kehidupan Islam Sejak 3 Maret 1924

KEHIDUPAN KAPITALISME SEKULERAKIBAT

Historis ( Sejarah Kegemilangan diatur dengan Islam)

1300 TAHUN SEJAHTERA DIBAWAH NAUNGAN ISLAM

halaqohIslam rahmatan lil alamin

Ya Allah Sungguh Telah Kami Sampaikan, Saksikan!

Recommended

View more >