suryakanta semester genap 2011

Download Suryakanta semester genap 2011

Post on 14-Mar-2016

240 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buletin STKIP Surya

TRANSCRIPT

  • 1Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 2012

    Laporan Utama :Wawancara Prof. Yohanes SuryaMENGAPA KITA PERLU STKIP ?

    Laporan Utama :DUTA BESAR AMERIKA SERIKATKUNJUNGI SURE CENTER

    Buletin STKIP Surya

    Edisi 1 | 2012

    STKIP SURYASURYAKanta

  • Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 20122

    Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya

    Profil MahasiswaDalam tahun ajaran 2010 dan 2011, STKIP Surya telah menerima mahasiswa dari ka-bupaten di beberapa provinsi di Indonesia dalam dengan jumlah total 349 mahasiswa. Kami terus berusaha menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dari berbagai abupaten lain di Indonesia untuk mendata-ngkan calon mahasiswa yang akan dididik dan dibina menjadi guru-guru yang kompe-ten dan berdedikasi.

    A Great Teacher begins with a Good Teacher

    Visi:Menjadi institusi pendidikan terdepan yang menghasilkan tenaga pendidik global dan berkualitas di

    bidang sains dan teknologi menuju Indonesia jaya

    Misi:1. Mencetak lulusan unggul yang :2. Menjadi pusat riset dalam bidang kependidikan, sains, dan teknologi 3. Menjadi pusat pengembangan metode pengajaran yang gampang, asyik, dan menyenangkan (GASING)4. BerperanaktifdidalammasyarakatuntukterciptanyamasyarakatIndonesiayangcintasainsdan

    teknologi5. Bekerjasamadenganinstitusidalamdanluarnegeridalambidangkependidikan,sains,danteknologi

    Mampu menjadi inspirasi untuk anak didik Menguasai metode pembelajaran yang gampang, asyik, dan menyenangkan (GASING) Mempunyaikapasitasmengajartingkatolimpiadesainsdanteknologikelasdunia Mampuberkomunikasipadatingkatglobal Berintegritas,jujur,danmenjunjungtinggimoralitas BerdedikasiuntukmemajukanIndonesiaterlebihdidaerahtertinggal.

  • 3Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 2012

    BulettinSTKIPSurya

    SURYAKANTAISSN : 1234-56789

    PembinaProf.YohanesSurya,Ph.D.(Ketua STKIP Surya)

    Pengarah/Dewan Redaksi EddyYusufPh.D.(Ketua Harian) Mauritsius Tuga Ph.D. (Pembantu Ketua 1

    Bidang Akademik) Ir.SriIrianti(Pembantu Ketua 2 Bidang

    Keuangan) RifkyMuhida,PhD.(Pembantu Ketua 3

    Bidang Kemahasiswaan) J. W. Saputro, Ph.D. (Pembantu Ketua 4

    Bidang Hubungan Eksternal) NinaSugiarti,P.Si.,Ph.D.(Pembantu Ketua

    5 Bidang Operasional) Agus Purwanto, Ph.D. (Pembantu Ketua 6

    Bidang LPPM)

    Pemimpin Redaksi / Penanggung JawabJ.W. Saputro Ph.D.

    Tim Redaksi Dr. Eng. Niki Prastomo, M.Sc Ade Wijaya Kismarahardja, Ph.D. NikenTaufiqurrahmi,M.Sc. Tabhita Novelina, S.Sos Zulkaida Akbar, S.Si Fauzan Joko

    Layout & DesainBiro Media, STKIP Surya

    Foto CoverBudiReinaldi(SuryaGroupCommunication)

    SekretariatBiro Media STKIP SuryaGedung SURE Center, Lt.2Jl.ScientiaBoulevardBlokU/7Gading Serpong, Tangerang 15810 Banten, IndonesiaEmail : media@stkipsurya.ac.id

    PenerbitSTKIP Surya

    EDITORIAL

    Para pembaca yang budiman,

    PenerbitanbuletinSURYAKANTAedisibulanMaret2012initerasasangatistimewa.Pertama,edisibulanMaret2012inimerupakanedisiperdanadaripenerbitanbuletinSURYAKANTA,yangnantinyaakanmenjadibuletinyangterbitsecaraberkalauntukmengabarkanberbagaiaktivitasdan pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh segenap civitas akademik di lingkungan STKIP Surya. Kedua, penerbitan majalah ini juga berdekatan dengan kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel, ke Gedung SURE Center. Oleh karena itu, kunjungan yang dilaksanakan tang-gal 24 Februari 2012 tersebut kami sampaikan sebagai laporan utama dalam edisi ini.SURYAKANTA,menurutKamusBesarBahasaIndonesiaadalah:kacabundar (untuk melihat suatu benda supaya kelihatan besar); kaca pembesar; lensa(sumber:http://kamusbahasaindonesia.org/).Kamimenggunakannamainikarenakamiberharapmediainidapatmenjadilensainformasidanwawasanbagiseluruhpembacasekalian.KataSURYAKANTAjugamengan-dungkataSURYAyangmerupakannamadariinstitusidanindukdariSTKIPSurya itu sendiri.DalamedisiinikamijugamenampilkanwawancaraekslusifdenganProf.YohanesSurya,Ph.Dsebagaifounder dariSuryaInstitutedanSTKIPSuryaperihalpentingnyaposisiSTKIPterhadapmimpibesarmemperbaikikualitassumberdayamanusiaIndonesia,khususnyamasyarakatdaridaerahterting-gal,melaluipeningkatankualitaspendidikansainsdanmatematika.Padabagian lain kami juga menampilkan beberapa tulisan sains popular dari para dosen dan tutor di lingkungan STKIP Surya sebagai bahan penambah wa-wasan bagi para pembaca sekalian.Padaedisiinikamimenampilkanduaartikelilmiahpopuleryangmem-bahastentangSpineldanpemanfaatanGeogebra.Kamijugamenyampaikanberita tentang kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di STKIP Surya dan prestasi-prestasiyangtelahdicapaiolehparadosendanpenelitidiSTKIPSuryaberupahibahpenelitiandariIndonesiaTorayScienceFoundationAwarddanjuga hibah dari perusahaan IT Internasional Google.com yang disalurkan melalu Tides Foundation di Amerika Serikat. Semoga dapat menjadi sarana penambahan wawasan bagi para pembaca sekalian.TimredaksiBuletinSURYAKANTAmenyadaribahwapenerbitanbuletinedisi pertama ini masih jauh dari sempurna. Kami mengharapkan masukan-masukanyangkonstruktifdemiperbaikanmajalahinidiedisi-edisiselan-jutnya.

    Salam,Tim Redaksi

  • Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 20124

    DAFTAR ISI

    Sains 14 ApaYangMenarikDenganSPINEL?17 MediaPembelajaranMatematikadengan Geogebra (Topik Dimensi Tiga)

    Kemahasiswaan 19 Kegiatan Kemahasiswaan STKIP Surya

    21 Teka-teki Logika

    Riset22 KegiatanPenelitianDosenSTKIPSurya

    Jelajah 24 Howhowstuffworksworks?

    Mengapa Kita Perlu STKIP Surya ?Pengalaman mendidik anak-anak yang dianggap bodoh oleh guru-guru (bahkan orang tua mereka sendiri) hingga menjadi anak yang berprestasi di ajang nasional dan internasional mem-bawaProf.YohanesSuryake-pada kesimpulan bahwa Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanyaanakyangtidakmendapatkesempatan belajar dari guru yang baik dengan metode yang benar.Halinilahyangmelatar-belakangiinisiatifdankomit-menProf.YohanesSuryauntukmendirikan sebuah Sekolah Ting-gi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya di bilangan Gading Serpong, Tangerang.

    Laporan UtamaDuta Besar Amerika Serikat Berkunjung ke SURE CenterDuta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel mengungkapkan apresiasi dan penghargaannya atas apa yang telah dilakukan oleh Suryainstitutedalamusahanyamembangun sumber daya manu-sia dari masyarakat di daerah ter- tinggalmelaluijalurpendidikan.

    106

  • 5Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 2012

    REKAM PERISTIWA

    Suryas Got IDOL, Sebagai ajang untuk menyalurkan minat dan bakat parasiswadi lingkunganGroupSuryadibidangseniyangbisadiikutiolehbaikmahasiswaSTKIPSuryamaupunparasiswaSMA/SMP/SDdilingkungan Surya Group.

    Bekerjasama dengan Penerbit Andi Yogyakarta,. STKIP Surya menye-lenggarakan Workshop Penulisan Buku yang dimaksudkan untuk memo-tivasiparadosendantutoruntuklebihbanyakmenghasilkankarya-kar-yailmiahdalambentukbukuagardapatdinikmatiolehmasyarakatluas.

    Masa Orientasi Mahasiswa Baru dilaksanakan untuk menyambut ma-hasiswa di STKIP Surya 2011, dilaksanakan pada 12 - 16 September 2011 di Gedung SURE Centre. Diikuti sekitar 450 orang terdiri daridaerah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, Belitung.

    Aktifitaspengabdiankepadamasyarakatberupapelatihanmatemati-ka/sainssebagaisalahsatuperanaktifyangdilakukanolehDosendanPenelitiSTKIPSurya.Kegiatan inibertujuanuntukmendorongmasy-arakatuntuklebihmencintaisainsdanmatematikasertausahauntukmeningkatkankualitaspendidikandidaerah-daerahtertinggal.

    Untuk terusmemperluaswawasandan saling bertukar informasi didalam lingkunganparadosendan tutordiSTKIPSurya, secara rutindiadakanacaraSeminarJumat.Selaindiisiolehdosen/tutorinternalSTKIPSuryajugadiisiolehpembicaratamudariinstitusi/kampuslainbaik dari dalam maupun luar negeri.

    Setelah sukses memelopori Asian Physics Olympiad, Indonesia kembali membuatinovasi.Kaliini,SuryaInstitutemenggelarWorldPhysicsOl-impiad (WoPho) I di Mataram, NTB. Dosen dan tutor STKIP Surya turut terlibatlangsungdanaktifdalammembinadanmempersiapkansiswa-siswa Indonesia untuk berlomba dalam ajang tersebut.

  • Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 20126

    Kalimat yang diucapkan oleh Nelson Mandela tersebut juga diyakiniProf.YohanesSuryayang menganggap bahwa pendidikan merupakanindikatorpentingdalampembangunan di sebuah negara bah-kan dunia. Semakin baiknya kualitas pendidikan di sebuah negara akan semakin mempengaruhi kesejahter-aan masyarakat di negara tersebut. Prof.YohanesSuryajugameyakiniadanya kaitan erat antara pertumbu-han ekonomi di sebuah negara dengan kualitas pendidikan yang ada di negara

    tersebut. Masalah pendidikan pulalah yang telah menjadi akar permasalahan keterpurukan ekonomi di Indonesia terutama di daerah-daerah kawasan timurIndonesia. Dengan keyakinan tersebut dan keinginan untuk memperbaiki kualitas pendidikandiIndonesia,Prof.YohanesSurya membuat terobosan dengan mendidik anak-anak dari daerah pedalaman di Papua yang dianggap pal-ing terbelakang dan hampir luput dari perhatianpemerintahdanmasyarakatpadaumumnya.ProfYo,demikian

    beliau biasa di sapa, datang langsung ke beberapa kabupaten di Papua sepertiTolikara,Wamena,PuncakJaya,Yahukimo,danlain-lainuntukmenga-jarkanpelajaranmatematikadanilmualam atau sains. Tidak hanya itu, beberapa anak juga dibawa ke Jakarta untuk dididik secaraintensifuntukmempersiapkanmerekadalamkompetisinasionaldaninternasional. Sebagai contoh, pada bulanOktober2011,tigasiswisekolahdasar dari Papua Barat menjadi juara ketigadalamkompetisirobotik.Mereka

    Education is the most powerful weapon which you can use to change the world. (Nelson Mandela)

    Mengapa Kita Perlu STKIP Surya ?

    LAPORAN UTAMA

    Oleh : Tabhita Novelina

    Foto : Surya Group Communication

    Wawancara : Prof. Yohanes Surya, Ph.D

    Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 20126

  • 7Buletin STKIP Surya | Edisi 1 | 2012

    pengalaman tersebut, saya meyakini bahwatidakad