surabaya heritage

Click here to load reader

Post on 06-Feb-2016

197 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Surabaya heritage and cultural information for all

TRANSCRIPT

  • Etalase Seni DI SURABAYA

    edis

    i apr

    il 20

    12FR

    EEMAGZ

    PLUS

    PETA M

    AKAN

    AN

    PETA BE

    LANJ

    A

    city guide

    S U A R A S U R A B A Y A M E D I A

    8

    KE

    LAN

    A K

    OTA

    HALAMAN

    SUARA SURAB

    AYA F

    M 10

    0 6RestoDim SumPremium

    Kampung1001 MalamPecel Murni

    Bu Yuning

  • Oleh sebab itu untuk menjawab permintaan pembaca yang terus meningkat, karena kehabisan majalah kami saat berkunjung ke pick up point kami, maka kami menawarkan layanan pesan antar. Kami akan mengirimkan langsung Majalah Surabaya City Guide ke alamat pembaca dengan hanya mengganti ongkos kirim Rp.3000,- untuk area kota Surabaya.

    Permintaan layanan pesan antar dengan cara menghubungi, atau kirim SMS dengan format :

    Semoga keberadaan kami tetap bisa menjadi teman setia bagi pembaca yang ingin membutuhkan informasi dan panduan Kota Surabaya

    Memasuki 5 tahun kami hadir dan menemani pembaca setia Majalah Surabaya City Guide. Kami bersyukur bahwa keberadaan kami seiring berjalannya waktu berbagi

    informasi dan panduan Kota Surabaya dapat diterima pembaca.

    Kami sadar bahwa jumlah cetak majalah kami yang setiap terbitnya sebanyak 50.000 eksemplar per bulan, belumlah memadai bila dibandingkan dengan 3 juta lebih penduduk Kota Surabaya, walaupun jumlah cetak tersebut sekarang telah memposisikan kami sebagai Majalah CuMa-CuMa (free magazine) yang terbesar di Surabaya dengan konsistensi periode terbit sebulan sekali, juga dengan titik distribusi (pick up point) yang terbanyak dan selektif.

    Salam City ExplorEr..Pembaca Surabaya City Guide yang Budiman

    SCGnamaalamat. Ke nomer 031-70972020 / 031-70200270.

    city guide free magazine

    layanan anTar

    email : scg@suarasurabaya.net

    031-70972020031-70200270

    SUraBaya CITy GUIDe - Free magazine

    penGaDUanpICK Up poInT

  • FotoAnton KusnantoDesignLukito M.

    Dim SumSi Mungil nan cantik ini memang sangat populer. Jumlahnya bahkan sampai ratusan jenis. Kudapan ini memang paling pas dinikmati pagi hari bersama Chinese Tea. Liputan lengkapnya di halaman 10.

    Penasehat Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Bambang Dwi Hartono (Wakil Walikota Surabaya), Errol Jonathans (Direktur Utama Suara Surabaya Media), Wiwiek Widayati (Kepala Dinas Pariwisata Surabaya), Endang Tjaturahwati (Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Penanaman Modal Kota Surabaya), Pimpinan Umum Gati IrawarmanPimpinan Redaksi Achmad Zainal AlimRedaktur Pelaksana Manda RoosalinaStaf Redaksi Chusnul MubasyirinFotografer Anton Kusnanto, Edward KasimiritusArtistik Dukut Noegroho, Lukito M.Litbang Rudi HartonoMarketing Agung Prabowo, Bambang Yustiawan, B. Syaiful Azhari

    city guide free magazine

    REDAKSI MAJALAH SURABAYA CITYGUIDE

    Majalah ini diterbitkan Suara Surabaya Media, didukung oleh Pemerintah Kota Surabaya Wartawan dan Fotografer Majalah Surabaya City Guide selalu membawa tanda pengenal resmi dari Suara Surabaya Media. Dalam menjalankan tugas dan aktifitas jurnalistik, tidak diperkenankan menerima atau meminta pemberian dalam bentuk apapun.

    Alamat Redaksi Suara Surabaya Media, Jl Wonokitri Besar 40-C, Surabaya, 60256.Telp (031) 5683040, Fax (031) 5683733,Informasi Iklan hubungi : (031) 70200270email mossaik@suarasurabaya.net, sparklingsurabaya@suarasurabaya.net

    Kuliner8 Pia Kemenangan9 The Brownie Bar

    Khas Surabaya10 6 Dim Sum di Surabaya16 Kampung 1001 Malam20 Inline Hockey

    6Resto Dim Sum PremiumAda yang belum pernah mencicipi hidangan khas Negeri Tirai Bambu yang satu ini? Ya, Dim Sum, di Surabaya dim sum sudah cukup populer dan banyak penggemarnya. Di mana, dan apa saja dim sum unggulan itu? Yuk, ikuti liputan kuliner Surabaya City Guide kali ini, All About Dim Sum.

    Kelana Kota28 Be Profesional30 Road to Jazz Traffic Festival32 Safety Riding

    Rona Kota36 Surabaya Health Season 201248 Info Transport56 Peta

    6

    16

    4644

    S House Caf

    Puas dengan Es KapasMenjelajah rasa di Kota Pahlawan, rasanya takkan pernah ada akhir. Belum puas menikmati citarasa lokal khas Surabaya, bisa mulai menjelajah menu lain yang tentu saja dengan sajian suasana yang tak kalah nyaman. Satu di antaranya adalah S House Caf.

    Sulam Pita,Kampung 1001 MalamBerbekal tekad, warga kampung di pinggiran Surabaya ini berhasil memproduksi kerajinan kreatif dan sudah berhasil menembus pasar luar negeri. Sekitar 1980 -an, suasana di sini masih gelap, tidak ada lampu penerangan kecuali kelap-kelip lampu oblek. Kampung itu kemudian dijuluki Kampung 1001 Malam.

    The Light Cup Caf

    Menu Fusion Harga HematThe Light Cup (TLC) Caf satu dari sekian caf yang ingin hadir beda dengan mengusung konsep unik. Memanfaatkan barang tak terpakai di garasi, jadilah furnitur pelengkap caf. Bayangkan dalam gerai caf ada petikemas, kursi besi model lama mewarnai caf.

    Cafe & Resto Reference Presented By:

    DAFTAR ISI

  • APRIL 2012 5city guide

    welcome to surabaya

    Oleh : Tjahjono Haryono *)

    Rasanya tak ada yang bisa memungkiri bila Surabaya memiliki khazanah kuliner sangat komplit. Makanan khas mulai dari yang jenis bakar-bakaran, goreng-gorengan hingga makanan yang benar-benar asli lahir dari tradisi kota unik ini semua tersedia lengkap, yang tidak dimiliki atau ditemui di kota lain di Indonesia.

    Jenis-jenis makanan tradisional itu tak lagi hanya bisa ditemui di PK5-an, tapi juga bisa ditemui di kelas kafe-resto atau di food center di mal-mal di Surabaya. Masing-masing memiliki kekhasannya sendiri sehingga pecinta kuliner tinggal memilih di tempat mana untuk menikmati sensasinya.

    Industri di bidang makanan ini pun makin menarik siapa saja untuk menerjuninya, sehingga jumlahnya pun terus meningkat. Menurut catatan, lebih dari 500 pengusaha di bidang makanan yang sudah terdaftar di Surabaya. Angka itu belum termasuk usaha kuliner yang belum terdaftar, yang jumlahnya bisa lebih banyak lagi.

    Tentu masalah kuliner ini tidak berhenti hanya sebagai industri atau bisnis. Kuliner

    Caf resto di Surabaya terus bertumbuh bak

    jamur di musim hujan. Tapi sudah seharusnya, pengusaha caf resto

    tidak semata berorientasi bisnis, tapi justru

    bagaimana menjadikan kuliner sebagai magnet

    agar kunjungan ke Surabaya terus

    meningkat.

    adalah aset pariwisata yang mesti dikembangkan dengan nilai lebih. Setiap pengusaha di bidang kuliner sudah semestinya menempatkan usaha kulinernya tidak semata karena profit. Usaha kuliner adalah juga wahana untuk memajukan pariwisata di Surabaya dan Jawa Timur.

    Karena itu, sajian menu makanan tidak bisa ala kadarnya. Setiap pengusaha kuliner khas, misalnya, harus pandai-pandai mengkreasi menu makanannya tidak lagi hanya bercita rasa lokal tapi mendunia. Untuk itu pula, Apkrindo (Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia)

    Jawa Timur melakukan pelatihan-pelatihan terhadap pengusaha kuliner, terutama kuliner tradisional.

    Seperti pada penjual martabak di Surabaya. Mereka diberi pelatihan bagaimana menyajikan martabak tidak seperti biasanya. Martabak tidak disajikan hanya dengan acar dan lombok, tapi diberi tambahan pernak-pernik lalapan lainnya yang membuat sajian itu tampak indah dan menarik. Cara penyajian seperti itu akan membuat pecinta kuliner tidak hanya bisa menikmati, tapi sekaligus menginspirasi.

    Apkrindo juga berencana akan mengadakan pameran otentik traditional food saat peringatan HUT Surabaya Mei nanti. Pameran-pameran makanan serupa ini digelar untuk mengenalkan lebih dalam kepada masyarakat dan wisatawan. Ketika wisatawan meninggalkan kota Surabaya akan selalu teringat dengan kuliner Surabaya dan ingin kembali lagi lagi dan lagi

    *) Ketua Umum Apkrindo DPD Jawa Timur

    Menggaet Pecinta Kuliner

  • Yopie Salon & InBook Hadir di KAZA

    Bagi semua wanita surabaya yang doyan nyalon, ayoo datang ke KAZA..!!

    KAZA menyediakan satu lagi tenant baru yang bisa melengkapi kebutuhan para wanita dan pecinta buku surabaya. Yopie Salon dan InBook Store hadir di KAZA!!

    Dengan konsep barunya para wanita surabaya bisa mendapatkan perawatan salon dengan harga terjangkau. Salon yang terletak di UGF kaza ini memiliki capster handal yang siap merubah penampilan.

    Berada satu lantai dengan Yopie Salon, InBook Store hadir dengan mengusung konsep bazar buku murah bagi pecinta buku Surabaya. Diskon menarik setiap minggu dan varian buku yang beragam akan selalu hadir di sini.

    Tunggu apalagi, buruan datang ke KAZA.

    KAZA, shop where your heart is...

    Big Is Beautiful

    April identik dengan bulannya perempuan. KAZA turut pula meramaikan momen tersebut dengan mengadakan beberapa event khusus bagi Anda para wanita Surabaya. Dengan tagline Big Is Beautiful KAZA memberikan kesempatan bagi para wanita berukuran big untuk berprestasi.

    Ayo... bagi Anda yang tertantang daftarkan diri Anda sekarang juga..Siapa bilang wanita bertubuh besar tidak bisa tampil memukau..??

    KAZA says : BIG IS NOT A PROBLEM... BIG IS BEAUTIFUL

    KAZAJl. Kapas Krampung No.45 Surabayat. 031-3740008 - f. 031-3554568

    SHOPPING TIME

  • APRIL 20128 city guide

    KULINER

    Isiannya yang bervariasi memperkaya kelezatan rasa kue yang memiliki lapisan kulit

    yang renyah dan gurih ini.

    Pia Kudapan Ringan Kaya Isi 1 Pack

    Pia harga mulaiRp 10.000

    Kawasan Kembang Jepun yang berada di Surabaya Utara ini merupakan pusat bisnis. Mulai pagi hingga sore hari, selalu dipadati oleh penjual dan pembeli yang bertransaksi. Deretan toko, perkantoran, rumah makan, dapat ditemui di sini. Di antara deretan toko di kawasan ini, terdapat toko pia yang kehadirannya telah ada sejak jaman pendudukan Jepang. Namanya, Toko Pia dan Chung Chiu Pia Kemenangan. To

View more