struktur hewan jaringan epitel

Download Struktur Hewan Jaringan Epitel

Post on 16-Jul-2015

238 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

SMA Lokon St.Nikolaus Tomohon

Oleh : Ernest H. Sakul,S.Pd

Jaringan HewanJaringan adalah kumpulan atau kesatuan sel-sel sejenis yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama untuk membentuk suatu organ. Jaringan penyusun tubuh yang umumnya dimiliki oleh Vertebrata dan Manusia meliputi Jaringan Epitel, Jaringan Ikat, Jaringan Otot dan Jaringan Saraf.

Jaringan EpitelJaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh sebelah luar maupun sebelah dalam dan membatasi rongga tubuh. Jaringan epitel dikelompokkan berdasarkan letak, bentuk sel, jumlah lapisan dan fungsinya.

Jaringan Epitel berdasarkan letakBerdasarkan letaknya di dalam tubuh epitel dibagi atas 3 yaitu : A. Epidermis : Jaringan epitel yang terdapatdi bagian permukaan tubuh.

B. Endotelium : Jaringan epitel yangmembungkus organ dalam (mis;Jantung, Pembuluh darah dan Limfa)

C. Mesotelium : Jaringan epitel yangmembatasi rongga tubuh.

Jaringan Epitel berdasarkan bentuk sel Berdasarkan bentuk sel jaringan epitel dibedakan atas 3 yaitu : A. Epitel Pipih : berbentuk seperti lapisan pipih, nukleusnya bulat dan terletak di tengah. B. Epitel Kubus : berbentuk seperti kubus, nukleusnya bulat dan terletak di tengah. C. Epitel Batang Silindris :berbentuk seperti batang, nukleusnya bulat dan terletak di dasar sel.

Jaringan Epitel berdasarkan bentuk sel

Epitel Pipih

Epitel Kubus

E.Silindris

Jaringan Epitel berdasarkan jumlah selEpitel dibedakan atas 2 yaitu : A. Epitel Sederhana: Epitel yang hanya memiliki satu lapis sel dan dapat berbentuk pipih, kubus, atau batang (silindris) B. Epitel Berlapis: Epitel yang tersusun atas beberapa lapis sel. Lapisan sel paling dasar disebut Sel Basal dan diatasnya terdapat beberapa lapis sel.

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaA. Epitel Pipih Selapis : Disusun oleh selapis sel berbentuk pipih Tersusun sangat rapat. Terdapat pada jaringan epitelium pembuluh limfa (getah bening), pembuluh darah kapiler, selaput pembungkus jantung, paruparu, alveoli dan selaput perut. Berfungsi dalam proses difusi, osmosis dan filtrasi

Epitel Pipih Selapis

Simple Squamosus Mesothelium

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaB. Epitel Pipih Berlapis Banyak : Disusun oleh lebih dari satu sel yang berbentuk pipih dan tersusun sangat rapat. Terdapat pada jaringan epitelium rongga mulut, rongga hidung, esofagus, telapak kaki dan vagina. Berfungsi sebagai pelindung

Epitel Pipih Berlapis Banyak

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaC.Epitel Silindris Selapis (Kolumnar) : Disusun oleh selapis sel berbentuk silindris Terdapat pada jaringan epitelium kelenjar pencernaan, jonjot usus, kantung empedu, lambung (Ventrikulus) dan usus (intestinum). Berfungsi untuk proses nutrisi di usus dan sekresi.

Epitel Silindris Selapis (Kolumnar)

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaD.Epitel Silindris Berlapis Banyak : Disusun oleh lebih dari satu lapis sel berbentuk silindris Terdapat pada jaringan epitelium laring, faring, trakea dan kelenjar ludah. Berfungsi dalam sekresi dan sebagai pelindung.

Epitel Silindris Berlapis Banyak

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaE.Epitel Kubus Selapis : Disusun oleh selapis sel berbentuk kubus Terdapat pada jaringan epitelium permukaan ovarium, lensa mata dan nefron ginjal Berfungsi untuk proses sekresi dan sebagai pelindung

Epitel Kubus Selapis

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaF.Epitel Kubus Berlapis Banyak : Disusun oleh lebih dari satu lapis sel berbentuk kubus Terdapat pada jaringan epitelium folikel ovarium, permukaan ovarium, testis, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat pada kulit Berfungsi untuk proses sekresi, absorpsi dan melindungi dari gesekan dan pengelupasan

Epitel Kubus Berlapis Banyak

Jaringan Epitel berdasarkan lapisan penyusunnyaG.Epitel Transisi : Disusun oleh berlapis sel, bentuknya tidak dapat ditentukan, permukaan lapisan menggembung. Terdapat pada jaringan epitelium ureter, uretra, saluran pernapasan dan kantung kemih.

Epitel Transisi

Jaringan Epitel berdasarkan struktur dan fungsinyaJaringan epitel dibagi atas dua bagian yaitu : Jaringan epitelium penutup dan jaringan epitelium kelenjar. Jaringan epitelium kelenjar dibagi dua

kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.yaitu

Jaringan Epitelium KelenjarKelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memiliki saluran pengeluaran untuk menyalurkan hasil sekresinya. Zat hasil sekresi atau zat sekret dapat berupa enzim, keringat dan air ludah. Kelenjar ini berfungsi membantu metabolisme dan komunikasi (kelenjar feromon)

Epitel Kelenjar (Mucus)

Jaringan Epitelium KelenjarKelenjar endokrin adalah kelenjar yang tidak memiliki saluran pengeluaran atau saluran buntu. Hasil sekresinya langsung memasuki sistem peredaran darah. Senyawa yang dihasilkan disebut hormon. Contohnya adalah kelenjar timus, kelenjar adrenal, kelenjar paratiroid dan kelenjar tiroid.

Epitel Kelenjar (Serous)

Contents