sriwijaya post edisi minggu, 25 maret 2012

24

Upload: yulius-saputra

Post on 07-Mar-2016

251 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

Sriwijaya Post Edisi Cetak

TRANSCRIPT

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 2: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 3: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 2012 3

Belajar Perang Ala Militer■ Komunitas DPAC Sumsel

Lettu Kav Said BusraKoordinator Harian DPAC

Bukan Gaya-gayaanBAGI seluruh anggota DPAC yang memiliki air soft gun baiklaras panjang maupun pendek, tidak diperuntukkan untuk gaya-gayaan dan menakut-nakuti orang. Meskipun air soft gun ha-nya sebuah mainan, tetapi bila digunakan untuk hal yang salahbisa jadi senjata, karena memang bentuknya sama seperti as-linya.Selain itu, setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkat-kan rasa kekeluargaan dan memberikan pengetahuan agar airsoft gun yang dimiliki digunakan dalam bentuk yang positif.Karena banyak orang yang beranggapan bahwa bila memilikiair soft gun dapat digunakan sembarangan, sehingga dapatmeresahkan orang lain.(ardi)

Dani Oscarpembina FFAC

Pacu AdrenalinBisa bermain perang-perangan menggunakan soft gun mem-buat Dani Oscar memiliki kepuasan batin tersendiri, karena se-lain bisa memperoleh ilmu mengenai perang yang sesung-guhnya dapat juga berbagi antar sesama anggota mengenaireflika senjata. Perang-perangan yang disering dilakukan ber-sama anggota DPAC lain membuat adrenalin terus terpacuagar dapat mengalahkan musuh. Namun bila tidak sedang ber-kumpul, air soft gun tidak pernah dibawa dan selalu disimpanditempat yang aman menggunakan kotak.Selain menjaga agar senjata tetap terawat, bila akan dibawatidak membuat orang lain takut karena melihat reflika senjata ini.Karena itulah, seluruh anggota DPAC diminta tidak sembarangan membawa air soft gunyang dimiliki, terlebih akan berkumpul.

AKBP R Djarod PadakovaKabid Humas Polda Sumsel

Belum Ada LaranganAir soft gun merupakan reflika senjata baik laras panjang mau-pun pendek yang terbuat dari metal dan seperti aslinya, hanyasaja peluru yang digunakan adalah peluru plastik yang tidakberbahaya. Air soft gun dijual secara umum dan belum adalarangan terkait kepemilikannya. Selain itu tidak perlu surat izinuntuk memilikinya seperti senjata api yang harus memiliki izindari kepolisian.Air soft gun tidak dapat dikategorikan senjata, karena pemicunyadari angin dan peluru yang digunakan plastik. Sehingga dalamrazia seharusnya tidak diamankan, terkecuali pemilik soft guntersebut melakukan tindak kejahatan. Selain dijerat dengan tin-dak pidana, air soft gun juga diamankan sebagai bahan buktidalam tindak kejahatan yang diamankan.

BAGI yang senang dengan permaian yang memacu adrenalindan memegang senjata meski bukan senjata sesungguhnya,banyak cara yang dilakukan seseorang. Ada yang mengoleksisenjata mainan hingga soft gun. Selain itu, bisa mengikuti suatu

perkumpulan yang biasanya berkaitan dengan senjata reflikahingga senjata api.

Oleh: Muhammad Ardiansyah

untuk memberikanpengertian dan menje-laskan tentangkegunaan air soft gunyang anggota miliki.

“Bukan untuk gaya-gayaan dan menakut-nakuti orang, meskipunitu hanya sebuahmainan. Tetapi biladigunakan untuk halyang salah bisa jadisenjata, karena memangbentuknya sama sepertiaslinya,” ujarnya. Selainitu ia juga menambah-kan, setiap kegiatanyang dilaksanakanuntuk meningkatkanrasa kekeluargaan danmemberikan pengetahu-an agar air soft gunyang dimiliki digunakandalam bentuk yangpositif. Karena banyakorang yang beranggap-an bahwa bila memilikiair soft gun dapatdigunakan sembarang-an, sehingga dapatmeresahkan orang lain.

“Kami juga inginmemberikan keteranganterkait ada beberapapemberitaan mengenaimaraknya air soft gunyang disalah gunakan.Dari perintah Dan YonKav-51 Letkol Kav SugiMulyanto ini harusdiluruskan, karenaDPAC di bawah naung-an Kaveleri,” ungkapSaid sambil menunjuk-kan senjata dan perleng-kapan yang harusdigunakan saat akanlatihan. Ia juga menam-

bahkan, bahwa setiapanggota DPAC yangakan membawa air softgun yang dimiliki harusmenggunakan kotakatau dimasukkan kedalam tas. Tidak lang-sung di selipkandipinggang dan dibuatuntuk bergaya bahwa iamemiliki senjata meskiitu hanya air soft gun.

Bila memang adaorang yang memiliki airsoft gun dengan carayang tidak seperti itu, iamemastikan bahwa iutubukanlah dari DPAC.Sehingga dengandemikian, air soft guntetap bisa digunakanuntuk hal-hal yangpositif dan bukandigunakan untuk halyang negatif. Di komu-nitas ini, anggotanyadiajarkan bagaimanacara berperang alamiliter. Tetapi tidaksemua tata cara perangmiliter diajarjan kepadaanggotanya agarkerahasiaan tata perangmiliter tetap terjaga.

Sedangkan menurutDani Oscar, pembinaForg Fighter Air SoftClub (FFAC) yang ikuttergabung dalam DPAC,di DPAC sudah terga-bung tujuh club pecintaair soft gun. Sejakberdiri tahun 2004 lalu,

kini anggota DPACsebanyak 200 orangyang aktif. Seluruhanggota yang berga-bung beraga, mulai darianggota TNI, Polri, PNShingga wartawan atausemua golongan.“Untuk bergabung diDPAC tidak harusmemiliki air soft gun,bila belum punya bisadipinjamkan kawan-kawan yang memilikisenjata lebih. Tujuandalam DPAC ini untukmembentuk rasakekeluarga yang sukadengan air soft gun,”ujarnya.

Setiap kali berkumpulbanyak hal yang diajar-kan, tak hanya berbagiinfo mengenai senjatatetapi banyak jugateknik perang alameliter yang diajarkan.Meski tidak sepenuhnyadiajarkan dalam teknikpeperangan. Terlihatketika anggota dariKaveleri-51 menerang-kan bagaimana caramenghadapi musuhmenggunakan panseryang sedang berjalan,setiap anggotanyadiposisikan sebagaimanaposisi tentara yang siapmenghadapi musuh.

Di sini juga anggotaDPAC diterangkanspesifikasi panser Anoabuatan Indonesia yangdigunakan Yon Kaveleri-51. Selain menerangkancara berperang di dalampanser, anggota YonKaveleri juga menerang-kan tata cara berperangdi lapangan. Denganmenggunakan formasiReadi, Team, Fire danAssit, anggota DPACdiajarkan bagaimanacara melumpuhkanmusuh.

BAGI yang senangdengan hal sepertiitu tetapi tidak mau

mengambil resikodengan sanjata api, bisabergabung dengankomunitas Dwi PanggaAir Softgun Comunnity(DPAC) yang berpusatdi Kaveleri 51 KentenPalembang. DPAC inimerupakan komunitaspecinta reflika senjataapi yang terbuat darimetal dan berbentukseperti aslinya. Tetapimeski begitu, seluruhanggotanya selalumendapat pengarahandan pelatihan agarmenggunakan soft gununtuk hal-hal yangpositif. DPAC selalumenggelar latihanbersama setiap satuminggu satu kali, danuntuk latihan besarselalu dipusatkan diKaveleri-51 KentenPalembang.

Saat ditemui di MarkasKaveleri 51 Kenten,Komandan Pleton Kav-51 Lettu Kav Said Busrayang bertindak sebagaiKoordinator HarianDPAC menuturkan,kegiatan yang dilakukanseperti biasa yaknilatihan rutin bagiseluruh anggota DPACyang diadakan setiapsatu minggu di BukitBesar dan satu bulansekali di Kaveleri 51Kenten Palembang.Selain kegiatan rutin,setiap pertemuan juga

FOTO-FOTO:SRIPO/ARDIANSYAH

Page 4: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

4SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 2012

PALEMBANG, SRIPO —Pemerataan pembinaan at-let bulutangkis di seluruhdaerah akan menjadi misiutama dari program PBPersatuan Bulutangkis Se-luruh Indonesia (PBSI). Pa-salnya selama ini diketahuihanya pulau Jawa saja yangbisa dibilang berprestasi da-lam olahraga ini.

Ketua PBSI Pusat, DjokoSantoso mengatakan akanberupaya agar pembinaandapat digalakkan di setiapPengrov PBSI. Tentunya un-tuk program pembinaan un-tuk regenerasi atlet ini, tidakbisa langsung jadi. “Seperti diSumsel, saya sudah membi-carakan dengan ketua PBSISumsel, Robert Heri akanmenggalakkan pembinaanatlet usia dini,” katanya usaiacara pengalungan medalipada Kejuaraan BulutangkisDjarum Sirnas Sumsel Open2012, di GOR Dempao Ja-kabaring Sport City Palem-bang, Sabtu (24/3).

Djoko menilai turnamenbulutangkis sirkuit nasio-

Sirnas Cetak Pebulutangkis Dunianal ini merupakan agendatahunan yang juga bisa dibi-lang sebagai langkah untukmencari bibit bibit berba-kat. Sirnat 2012 kali ini akandigelar di 10 tempat danSumsel menjadi tempat ke-dua setelah Banjarmasin,kemudian setelah ini akanberlanjut ke Jambi pada 27-31 Maret mendatang.

“Palembang kali ini seba-gai tuan rumah untuk per-tama kalinya, dan terlihatmampu menyelenggara-kannya dengan baik. Diha-rapkan dari penyelengga-raan ini, menjadi awal darikegiatan-kegiatan bulu-tangkis yang lebih baik diSumsel,” katanya.

Sama halnya dengan man-tan atlet bulutangkis na-sional, Ricky Ahmad Subag-ja mengungkapkan keka-gumannya karena dalamsatu tahun Sirnas kali ini me-nyelenggarakan 10 event ditempat yang berbeda. Seripertama sudah diselengga-rakan di Banjarmasin (20-25Februari) kemarin. “Bahkan

SETELAH melalui serang-kaian pertandingan selamalima hari, akhirnya Alam-syah yang membela KlubPertamina Indonesia me-mastikan dirinya sebagaijuara Kejuaraan BulutangkisDjarum Sirnas Sumsel Open2012, untuk kelompok de-wasa. Sementara kategoridewasa putri kembali dire-but pebulutangkis PB DjarimKudus, Febby Angguni,yang sebelumnya pada seripertama di Banjarmasin jugamenjadi juara.

Masing-masing juara un-tuk kelompok dewasamendapatkan hadiah uangdari Djarum Rp 16 juta. Se-mentara juara kedua men-dapat Rp 8 juta dan juaraketiga Rp 4 juta.

Alamsyah menjadi yangterbaik setelah mengalah-kan lawannya, SenatriaAgus Sp dari Klub SGS PLNBandung. Pertandingan di-lakukan melalui tiga set

saya dengar antusias peser-ta pada Sirnas di Palembangini mencapai 1.000 orang, initentu luar biasa,” kata pera-ih emas pada OlimpeadeAtlanta 1996 bersama RexyMainaky itu.

Ricky menambahkan de-

Alamsyah-Febby Juara

Tunggal Putra Dewasa : Alamsyah (Pertamina Indonesia)Tunggal Putri Dewasa : Febby Angguni (Djarum Kudus)Ganda Campuran Dewasa : Ardiansyah Putra (PertaminaIndonesia)/ Lita Nurlita (SGS PLN Bandung).Ganda Dewasa Putri : Devi Tika P/Keisha Nurpita A (SGSPLN Bandung)Tunggal Taruna Putri : Russeli Hartawan (Jaya Raya Jakarta)Tunggal Taruna Putra : Ikhsan Maulana M (Djarum Kudus)Ganda Taruna Putri : Lya Ersalita/Russeli Hartawan (JayaRaya Jakarta)Ganda Taruna Putra : R Eka Fajar/Rian Swastedian (JayaRaya Jakarta)Ganda Campuran Taruna : Bagus Haryanto/Mareta Dea G(Mutiara Bandung)Ganda Remaja Putra : Clinton H (Jaya Raya Jakarta)/M Tegar(Aufa Kalsel)

ngan begitu besarnya antu-sias peserta dari berbagaipenjuru daerah, maka bagai-mana selanjutnya adalahuntuk terus membina po-tensi-potensi muda ini.Membentuk atlet-atlet iniguna dapat meraih prestasi

Ferry Jadi Striker KNPI PalembangPALEMBANG, SRIPO —Masa rehat kompetisi Indo-nesia Super League (ISL),dimanfaatkan para pemainSriwijaya FC untuk berga-bung dengan klub-klub lo-kal demi menjaga perfor-ma. Kiper Ferry Rotinsuluterlihat menjadi strikerKNPI Palembang dalamTurnamen Segitiga DPDKNPI Pelembang, di Stadi-

on Bumi Sriwijaya Kampus,Sabtu (24/3).

Ferry tampil ngotot danpenuh akselerasi bersamadua rekannya MahyadiPanggabean dan M Sobranyang juga memperkuatKNPI melawan SriwijayaPress Club (SPC) yang di-perkuat para wartawan o-lahraga Sumsel.”Ferry,Mahyadi dan Sobran kami

undang dalam acara silatu-rahmi dengan wartawandan fans SFC FacebookCommunity yang turutserta dalam kejuaraan. Ka-rena kami juga fans SFC,”kata Ketua DPD KNPI KotaPalembang, H Muchendi Is-hak Mekki.

Dalam turnamen ini SPCyang diperkuat Toto dkksempat leading dua gol saat

menundukkan FacebookCommunity Club di lagapertama. Gol dilesakkanRasyid Irfandi dan Hamit.Namun menghadapi KNPIFootball Club yang diper-kuat tiga pemain SFC, parawartawan olahraga terlihatharus bekerja keras. Lini te-ngah KNPI Palembangyang digalang Mahyadi danFerry cukup solid. (ndr)

Tunggal Remaja Putra : Eska Rivan Jaya (Mutiara Bandung)Ganda Remaja Putri : Linda Mutiara P/Sinta Arum (MutiaraBandung)Tunggal Remaja Putri : Marsa Indah Salsabila (Djarum Ku-dus)Ganda Campuran Remaja : M Tegar M/Zakiah Ulfa (AufaKalsel)Tunggal Pemula Putra : Abrian Chandrikat (Jaya RayaSuryanaga)Tunggal Pemula Putri : Gregoria Mariska (Mutiara Bandung)Ganda Pemula Putra : M Fahrikal/Reza Pahlevi (Jaya RayaJakarta)Ganda Dewasa Putra : Dandi Prabudita/Wiqi Windarto(Djarum Kudus)Ganda Pemula Putri : Jauza F Sugiarto/Sarah Christin(Pelatprov DKI Jakarta)

Juara Djarum Sirnas Sumsel

SRIPO/ZAINI

FOTO BERSAMA — Ketua Umum Djoko Santoso (keenam dari kiri) didampingi Ketua PengprovPBSI Sumsel Robert Heri dan panitia foto bersama Juara I tunggal Putra Alamsyah dari PertaminaIndonesia (kanan atas) dan Juara II Tunggal Putra dari SGS Bandung (kiri atas) Djarum SirkuitNasional (Sirnas) Sumsel Open 2012 di GOR Dempo Jakabaring Sport City, Sabtu (24/3).

tentu bukan hal yang mu-dah, karena untuk mencipta-kan satu pemain saja dibu-tuhkan waktu yang cukuppanjang. “Disayangkan jikaprogram yang telah ada dariPB PBSI tidak diimbangi de-ngan prestasi”. (cw2)

yang melelahkan, 13-21,21-9, 21-12, disaksikan lang-sung Ketua PB PBSI, DjokoSantoso dan Ketua PBSISumsel, Robert Heri.

“Pertandingan tadi (ke-marin, red) berjalan serusebab Senatria mainnya ba-gus. Bahkan pada set perta-ma saya sempat kecolong-an karena terlalu hati-hati,saya nilai dia adalah pemainmuda berbakat, tidak kalahdari pemain lainnya,” pujiunggulan pertama padaSirnas kali ini.

Sedangkan juara tunggaldewasa putri Febby menga-lahkan Hana Ramadini dariPB Mutiara, Bandung. Satu-satunya atlet asal Sumselyang berhasil meraih medaliperunggu (juara ketiga ber-sama) adalah Ahmad Rivaiyang mewakili Klub BankSumsel Babel. Sebelumnyadi babak semifinal, Rivai di-paksa menyerah oleh sete-runya, Alamsyah. (cw2)

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 2012 5

MASYARAKAT Indonesia, tak terkecuali Sumsel sa-

ngat akrab dengan kumpul-kumpul, baik bersama ke-luarga maupun teman. Ti-dak hanya bercengkeramadi sofa atau kursi, tetapijuga bisa dilakukan di atasbale-bale atau bersila di lan-tai.

Sepertinya, kehadiranruang duduk bisa mem-pertegas fungsi rumah se-bagai area bersosialisasianggota keluarga. Agarkita bisa betah, setidaknyaperlu penataan furnitur, sir-kulasi, dan layout antarruangan yang apik dan efi-sien.

Bagi rumah dengan lahanterbatas, ruang duduk ber-peran multifungsi. Ruangini bisa sebagai tempat ma-kan, menonton televisi,bermain, bahkan belajaranak. Untuk menyiasati-

Alternatif Ruang Duduk Nyamannya, kini hunian dengan la-han sempit bisa ditampil-kan dengan konsep mo-dern minimalis, yakni ke-terbukaan antar-ruang.Caranya?

Pertamanya, Anda bisamenyusun layout ruang se-cara terbuka dan efisien. Ti-dak lupa, karena umum-nya ruang ini terletak dibagian tengah rumah, ma-ka patut memaksimalkansirkulasi udara dan penca-hayaan alami.

Sirkulasi udara bisa disia-sati dengan kipas angin dilangit-langit. Bukaan seper-ti jendela lebar yang me-ngelilingi ruang bisa ber-fungsi sebagai media pen-cahayaan alami. Skylightpun menarik ditampilkandi area ini.

Selanjutnya, Anda bisamerencanakan penataan isiruang. Amati kebiasaan da-ri aktivitas sosialisasi peng-

huni rumah dengan kondi-si ruang. Rancanglah sofaatau kursi minimal sesuaijumlah penghuni rumah.

Untuk kebutuhan itu, bi-sa memilih rancangan tem-pat duduk dan meja ren-dah yang nyaman. Di sam-ping itu, orientasi pandang-an menjadi aspek pentingsaat mendesain ruang ke-luarga.

Tentukan fokus pan-dangan ke arah peman-dangan di luar, ke arah lain,atau ke arah televisi. Perha-tikan penempatan televisidan peralatan tata suarayang benar. Hal ini agar ja-ngan sampai posisi televisilebih rendah daripada ting-gi tempat duduk.

Sebagai sentuhan deko-ratif, bisa juga menyemat-kan lukisan, foto, atau pa-jangan kesukaan Anda diruang ini. Pasalnya, ruangkeluarga bisa menjadi cer-

min ekspresi pemilik ru-mah.

Sebagai pemanis, Anda

bisa mengolaborasikanwarna dinding, fitur, danpernak-pernik lainnya

serta memainkan warnapencahayaan dari tatalampu.

Ruang keluarga punsiap menjadi ruang dudukyang nyaman. (KC/sin)

BAGI Anda yang ingin memanfaatkan rubrik ini dapat langsung mengajukan pertanyaanke Klinik Arsitektur STT Musi. Konsultasi dapat disampaikan melalui: Jurusan Arsitektur STT

Musi, Jl Bangau No 60 Palembang telp dan faks 0711-366326: Agustinus Susanto STTelp 08127397697 atau ke [email protected]: atau langsung ke kantor

Sriwijaya Post, Jl Basuki Rahmat No 1608 Palembang.

Klinik ArsitekturKlinik ArsitekturKlinik ArsitekturKlinik ArsitekturKlinik Arsitektur

Pengasuh Klinik Arsitektur STT MusiSaya ingin membangun rumah di la-

han/tanah yang panjang 15,5 meter danlebar 11.00 meter. Rumah yang sayainginkan memiliki dua ruang tidur, 1 buahruang tidur pembantu, ruang tamu,ruang keluarga, ruang makan, dapur,gudang dan km/wc. Serta garasi mobil(Carport). Mohon bantuannya dari teamKlinik Arsitektur Musi untuk memberi-kan saran terhadap desain rumah kami.

Terima Kasih.Feri H

Belitang-Palembang

SalamArsitektur.Terima kasih kepa-da bapak Fery yang telah memberikankepercayaannya untuk mendesain ru-mah bapak.Untuk rumah bapak , kamimencoba mengelompokan kebutuhanruangnya menjadi ruang privat (ruangtidur), ruang semi publik (ruang keluar-ga, ruang makan) dan area servise(km/wc, gudang, garasi. Untukkelataknya ruang keluarga menjadi cen-ter/pusat rumah yang menghubungkantiap-tiap ruang. Jadi ruang keluargadapat berhubungan langsung denganruang makan, ruang tamu, dan ruangtidur. Untuk area servise (dapur, gudangdan km/wc dan tempat jemur) di letak-kan dibelakang.Dan untuk garasi/car-port diletakkan didepan (gambarterlampir)

Demikianlah saran dari kami semogabermanfaat.

SalamArsitektur

Rumah di Lahan 15,5x11 meter

FOTO-FOTO: IST

RUANGAN terang me-rupakan kunci kenyama-nan untuk beraktivitasdalam ruangan. Namun,bagian ruangan di sudutbiasanya kurang cahaya,bahkan gelap.

Kondisi tersebut bisaterjadi karena memangatap menempel pada din-ding dan tidak menyisa-kan ruang terbuka untukcahaya. Ada tiga carayang bisa dilakukan un-tuk membuat akses caha-ya pada ruang tanpa lu-bang pencahayaan. Pelak-sanaannya pun relatif ce-pat tanpa menggantistruktur. Simak caranya:l Atap transparanMengganti atap solid

Terang Tanpa Membongkar Atapberlaku untuk bangunanyang memanfaatkan atapgenteng atau metal. Prin-sipnya, menggunakan ataptransaparan dengan jenisyang sama seperti atap so-lid di sekitarnya. Upaya iniuntuk mencegah timbul-nya celah akibat tidak se-suainya desain atap.l Bukaan pada dindingLangkah ini menjadi

satu solusi cukup efektifuntuk mengalirkan caha-ya ke dalam ruangan. Un-tuk membuat ruangan te-rang, buatlah bukaanyang luas atau besar men-capai minimal seperempatluas dinding. Bukaan inibisa disebar di beberapatempat.

l Tabung cahayaCara ini adalah solusi ter-

baru yang cukup efektif.Caranya dengan teknologitabung cahaya milikSolatube system.

Tabung cahaya ini dipa-

sang pada atap, makasinar matahari disalur-kan ke bukaan yang ber-ada di plafon. Tabung inidapat menyalurkan 99persen cahayamatahari.(Kc/sin)

”Planter Box” Memperindah Rumah

DI tengah terbatasnya lahan, ke-hadiran planter box dapat menjadialternatif cara menghijaukan rumah.Selama memiliki fungsi yang sama,yaitu sebagai media meletakkantanaman, Anda bisa meletakkan-nya bisa di mana saja, baik di area

halaman depan rumah, teras, jen-dela, atau halaman belakang ru-mah.

Planter box sebenarnya hanyasebuah pot, tempat meletakkan ta-naman. Hanya saja, wadah ini me-miliki bentuk cenderung kotak dan

bersudut. Di rumah mungil, planterbox paling sering diletakkan di sisi-sisi jendela rumah, baik itu di ka-nan, kiri, atau di bawah jendela.

Planter box tidak hanya dapatdibuat permanen, tetapi juga non-permanen. Hal ini sangat tergan-tung keinginan atau kebutuhanAnda, apakah ingin pot mudah di-pindah-pindahkan atau cenderungingin statis atau permanen tertanamdi dalam dinding atau menyatu de-ngan dinding rumah Anda.

Tentu, jika tak ingin repot me-mindah-mindahkan pot karenabebannya yang berat, Anda lebihbaik menggunakan planter boxpermanen. Namun, ada baiknyaAnda merencanakan membuatplanter box permanen sejak diawal pembuatan rumah, teruta-ma jika membuat planter box

tertanam di dinding. Hal ini agarAnda tak perlu lagi membongkardinding setelah rumah telah jadi.Anda tentu membutuhkan effortlebih besar, bukan?

Namun, jika dinding sudah ter-lanjur jadi, Anda dapat membuatpot di luar dinding permanen yangsudah ada. Dengan begitu, Andabisa memanfaatkan sudut-sudutruang yang masih bisa diguna-kan sebagai tempat meletakkanpot. Dinding pun berubah lebihcantik karenanya.(Kc/sin)

KamusPlanter Box : Tempat meletakkan tanamanLayout : Tata Letak RuangSkylight : Jendela LotengAtap Solid : Atap Padat

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 7: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POST

Minggu, 25 Maret 2012 7

PBK Telat DuaJam dari halaman 1

untuk usaha dagang, mulaidari kelontongan, emas,peralatan listrik, peralatanmesin. Api diketahui war-ga berkobar sekitar pukul11.30. Api diduga akibat le-dakan kompor gas dari ru-mah salah satu korban ke-bakaran. Karena rumahyang rata-rata terbuat darikayu, ditambah banyaknyaperalatan (jualan) yangmudah terbakar api sehi-ngga membuat api cepatmembesar.

Karena bangunan ber-dempetan, sehinggamembuat api cepat me-

nyambar ke rumah wargasebelah. Dan hanya dalamwaktu satu jam, api sudahberhasil meluluhlantak-kan 13 rumah beserta isi-nya. Bahkan satu rumahterpaksa dirobohkan un-tuk menghentikan amuk-an si jago merah.

Karena lokasi kebakarancukup jauh dari Kota Mua-raenim sekitar dua jam, se-hingga membuat PBK ti-dak bisa maksimal menye-lamatkan rumah warga,dan api baru bisa dijinak-kan sekitar pukul 13.00.Akibat kebakaran tersebutditaksir kerugian mencapaimiliaran rupiah.

Menurut Camat TanahAbang Elvik Fransica SSTp,jumlah rumah yang terba-kar sebanyak 13 rumahatau 20 KK, dan satu ru-

mah terpaksa di robohkansupaya api tidak merambatke rumah lain.

“Saat ini, mereka tinggaldi rumah sanak saudara.Namun pihaknya telah me-nyiapkan tenda keluarga,”kata Camat.

Sementara itu menurutKapolsek Tanah AbangAKP A Roni, membenarkanadanya kebakaran yangmenyebabkan 13 rumah ra-ta dengan tanah. Untuk pe-nyebabnya belum tahupasti dan tidak aka korbanjiwa, namun untuk asal api,diperkirakan dari rumahmilik Sopian. Begitupununtuk kerugian materialbelum bisa dihitung, na-mun di pastikan miliaranrupiah, sebab selain rumahjuga dagangan hangus ter-bakar. (ari)

di springbad di ruang te-ngah. Bahasanya lancar danlugas. Namun dia sudah se-dikit lupa ketika ditanyakantahun persis dirinya berang-kat haji. “Pokoknya di ba-wah tahun tujuh puluhanlah,” begitu ucap Abah, ka-kek dari 64 cucu itu sembaribeberapa saat memejamkanmatanya.

Ketika berangkat haji, to-koh karismatik kelahiran10 Oktober atau 12 RabiulAwwal, sudah membawarombongan sebanyak 200orang. Mereka berangkatdari pelabuhan Boombarumenggunakan kapal mesinberkapasitas 700 orang.Menurut Abah, saat itu adadua kapal yang melayanikeberangkatan haji, satudari Singapura, satu lagikapal sewaan yang dia lu-pa dari negara mana. DariPalembang, kapal itu ha-nya mampir ke Jakarta, se-telah itu langsung menujuke Mekkah.

“Kalau berangkat ya ba-wa sahara, sebutannya, un-tuk barang bawaan sepertiberas, baju, dll. Kami juga

bawa kompor untuk ma-sak,” kenang Abah yangtak lepas dengan sorbanputihnya.

Hadiah Rokok 555Enaknya, lanjut santri

alumni pondok PesantrenTebu Ireng, Jombang ini,selama perjalanan, merekadiberikan kebebasan untukmelakukan apa saja yangbaik, seperti bermain catur.Kalau pagi semua ikut se-nam. Bahkan,”Abah men-jadi juara lomba qiroatulQuran. Hadiahnya apa... ti-ga kaleng rokok merek555,” kenang Abah semba-ri mengumbar tawa manis-nya yang menyejukkan.

Selama di perjalanan,CJH, sebenarnya bebas un-tuk memilih, tempat tidurdengan kamar khusus,atau hanya ranjang bersa-ma orang kebanyakan. Se-mua tergantung denganberapa sanggup orangmembayar dengan uang.Selain itu, tentu kegiatanceramah rutin dilakukansetiap shalat zuhur secarabergiliran antara kyai yangada. Juga ada layar tancapmengenai ibadah haji.

“Musuh yang palingnyata di laut adalah om-bak. Pokoknya, bisa tigaempat jam-an kalau lagi di-serang ombak besar. Kapalpun oleng. Penyakitnya ha-nya satu, muntah, terutamauntuk orang yang gemuk.kalau yang kurus-kuruskayak Abah ni dak...Idak

diobati, dibiarke bae...,”ungkap Kyai Zen, bungsudari 12 bersaudara pasang-an KH Hasan Syakur danNyimas Hj Shohah Azhar.Mereka akhirnya sembuhdengan sendirinya seiringperginya gelombang yangmenakutkan itu.

Lantas, selama menunai-kan ibadah rukun Islam ke-lima itu sebanyak tujuh ka-li, apa yang paling berke-san di hati?

“Abah terkejut ketika di-minta menjadi penceramahdi Masjidil Haram. Cera-mahnya cukup lama, seki-tar satu jam. Setelah sholatZuhur. Letaknya di depandekat tempat imam. Sudahtu harus pakai bahasaArab. Abah merasa senang.Sebab, yang mendengar ce-ramah Abah tu dari semuapenjuru dunia, dari Malay-sia, Thailand, lain-lain ber-kelompok. Cumen sekali tu-lah,” kenang murid dari KHHasyim Asyhari, seakan me-rasakan pengalaman yangteramat luar biasa danlangka. Selamat jalan Abah,semoga ilmu dan nasihatyang telah Abah berikan ke-pada kami, menjadi amaljariah, aamiin.

Tak TergantikanKetua Forpes Sumsel H

Hendra Zainuddin SAg,M.Pdi menilai sosok AbahZen tidak akan bisa tergan-tikan. Namun nilai-nilai(velue) dari ajarannya ten-tang istiqomah (teguh pen-

dirian) dan keikhlasan itu-lah yang harus diamalkanoleh umat, khususnya ka-langan ulama dan tokohagama saat ini.

Abah Zen dimuliakanatau dihormati umat kare-na konsistensinya sebagaiguru dan bersedia membe-rikan ilmu tanpa meman-dang apa latar belakangdan siapa muridnya. Bah-kan, saat udzur dan dalamkondisi sakit pun, Abah te-tap hadir memenuhi un-dangan untuk memberikanceramah. Tidak hanya itu,dalam kondisi tidak berja-lan pun, Abah membukaceramah (cawesan) di ru-mah, termasuk dibantu de-ngan kursi roda.

“Abah Zen adalah AbahZen yang tidak bisa digan-tikan. Tapi velue dari ajar-annya harus dilaksanakandan disiapkan generasi pe-nerus yang terus meng-amalkan ilmu yang disam-paikan Abah,” katanya.

Seiring wafatnya AbahZen, diakui Hendra Zai-nuddin menjadi renunganbagi kalangan tokoh aga-ma. Betapa tidak, dalamdua bulan terakhir di 2012ini saja, ulama besar yangdikenal Kiai Langitan di Ja-wa, seperti Kiai Faqih La-ngitan dan Kiai Fawaid diSitubondo lebih awal wa-fat. Kedua kiai langitan inimerupakan sahabat dekatAbah Zen.

(hanafijal/ m husin)

TerkejutDiminta

Ceramah diMasjidil Haram

dari halaman 1

rungan ini sebagai perta-rungan penuh gengsi demimenjaga martabat dan har-ga diri.

“Kalau dilihat dari posi-si klasemen, partai ini me-mang bukan penentuangelar liga karena Inter jauhberada di bawah kami. Tapimereka tetap rival terbesarkami dan kami benar-be-nar fokus menghadapi gimini,” kata bek JuventusGiorgio Chiellini dilansirSky Sport 24, Sabtu (24/3).

Chiellini bahkan akantetap memberi penghor-matan tinggi terhadap INerazzuri yang sedangmengalami masa-masakelam dengan prestasi me-nurun yang mereka alamimusim ini setelah dicoretdari persaingan Scudetto.

“Inter sedang menjalaniperiode sulit di musim ininamun mereka tetap timyang kuat dan bisa sajabangkit di sisa musim ini.Saya sendiri meyakini ka-mi berada dalam kondisiterbaik menjelang akhirmusim ini.” katanya.

Bahkan bek Juventuslainnya Leonardo Bonuccimenyebut pertandinganmelawan Inter akan sangatmenguras tenaga. Menu-rutnya dibutuhkan upayaekstra untuk menghenti-kan sepak terjang para pe-main Inter.

“Untuk laga Minggu ma-lam, kami mesti mengha-dapi Inter, sebuah tim yangsulit saya percayai tengahdilanda hasil buruk. Kamiharus menang dengan se-gala upaya. Tentu saja, pa-da akhirnya semoga timterbaik menang, sepertibiasanya,” tandas Bonucci.

Di atas kertas Juventus se-harusnya bisa memenang-kan laga ini dengan statusmereka sebagai tim yangbelum pernah terkalahkandi semua kompetisi sejakawal musim ini. Apalagimereka tengah on fire sete-lah meraih kesuksesan didua laga terakhir atasFiorentina dan AC Milan.

Permainan Juventus ter-lihat kembali menemukankeseimbangan. Apalagi de-ngan keberadaan gelan-dang elegan Andrea Pirloyang kini maestro lini te-ngah Nyonya Tua denganumpan-umpan manis me-manjakan setiap pemaindepan.

Jika Pirlo kembali beradadalam top performancenyabukan tidak mungkin Ju-ventus akan melahap habisInter. Tapi urgensi kebera-daan Pirlo ini ternyata te-lah dicium oleh gelandangInter Dejan Stankovic yangberjanji akan menjaga se-tiap usaha Pirlo.

“Pirlo adalah pemainkunci mereka yang selalumemberikan perbedaan.Pirlo pemain yang selalumengendalikan permainandari tengah. Kami tidakakan memberinya ruanguntuk memberi umpan,”

kata Stankovic dilansirfootball-italia.net.

Stankovic memang harusmewaspadai gelandanggaek Juventus itu. Perge-rakan Pirlo akan sangatmenentukan kemana arahpermainan Nyonya Tua.Apalagi Inter takkan diper-kuat gelandang bertenaga-nya Wesley Sneijder yangmengaku sedang beradadalam kondisi tidak fit.

Terlepas dari hal itu,Stankovic meyakini tekan-an berat akan ada di kubuJuventus ketika kedua timsaling bentrok. Ini terkaitdengan posisi Juventusyang sedang bersaing de-ngan AC Milan untukmemperebutkan Scudetto.

Stankovic menilai TheOld Lady memiliki bebanlebih besar, karena merekatidak boleh kalah, atau be-risiko gagal merealisasikanambisi menjadi juara.

“Juventus punya bebanlebih besar dibandingkanInter. Mereka bertarunguntuk Scudetto, dan kamitahu itu akan membawa te-kanan sangat besar. Mere-ka tidak boleh kehilanganpoin. Bahkan bakal ada te-kanan terhadap merekajika Milan memenangi lagamereka pada Sabtu.” kata-nya.

Stankovic menambah-kan akan memanfaatkankondisi itu sebaik mungkinuntuk menjaga peluangNerazzurri untuk menem-pati posisi tiga di akhir mu-sim demi mendapatkan ti-ket ke Liga Champions ma-sih terbuka. (tribunnews)

SkenarioMatikan Pirlo

dari halaman 1

Koko. Gelang yang disebutgelang Pangeran itu adalahgelang turun temurun ke-luarga sebagai bukti ikatanterhadap seorang gadis.

Meski sudah bertunang-an, namun pasangan yangterpaut usia tiga tahun inibelum mau terbuka soal ka-pan persis pernikahan.“Yang jelas dalam waktu de-kat dan prosesinya di sinidengan nuansa adat Palem-bang,” urai Percha yang se-cara khusus menerima Sripousai prosesi lamaran.

Sambil menyalami tamu,gadis berkulit putih iniblak-blakan mengaku ke-pincut Koko karena pende-katannya(PDKT) sangatalami. “Terus terang ne ba-nyak juga pria yang naksiraku, cee pede-nya tapi Ko-ko ne beda. Pendekatan diasebelum kita jadian itu sa-ngat alami. Tidak dengancomblang atau melalui te-man. Semuanya dia laku-kan sendirian. Tidak terbu-

ru-buru namun intens, Iniyang buat penasaran,”ucap Percha malu-malu.

Ungkapan tersebut disa-mbut senyum oleh dokteryang kini masih menempuhstudi speliasis kebidanan diUniversitas Indonesia Jakar-ta. “Perjuangannya sudahteruji,” urai Percha kembali.Mereka berdua kompakmenjawab ketika ditanyatanggal jadian. “11 Februari2011, tanggal sakti kita,”

ucapnya berbarengan.Selanjutnya keduanya

tertawa para tamu yangmendengar ikut-ikutan ter-senyum. Koko yang keduaorangtuanya dokter diRSUD OKU Timur itu ber-cerita dulunya Percha ada-lah teman kecilnya.

“Dak salah aku umur de-lapan tahun dan Percha li-ma tahun, kami seringmain karena masih satu ke-rabat, tapi kerabat jauh gi-

tu,”ucap Koko yang jugaberkulit putih bersih.

Nada bicaranya lugasnamun tegas ketika me-ngurai Percha adalah pilih-an terakhirnya. Dia mantapmengikat Percha. Masa sa-tu tahun pacaran dianggapcukup mengenali pribadiPercha yang bagi dia ada-lah sosok kuat dan berprin-sip. Dari sisi usia memangmuda, namun pola pikirdewasa. (sta/mg15)

DipinangTeman MainSemasa Kecil

dari halaman 1

SELAMA bertahun-tahun tidak bertemu,pasangan ini kembali dipertemukan saatlebaran 2010, lalu. Gelaran open house dikediaman Percha di OKU Timur adalah per-temuan pertamakalinya. “Orang tua dansaya datang ke acara open house itu, di-situlah kami pertamakali bertemu,” ucapalumni Kedokteran Unsri yang kini tugas diRSUD OKU Timur yang juga kerabat dekatWalikota Palembang, Eddy Santana Putra.

Eddy dan Eva, istrinya tampak ikutiring-iringan keluarga Koko saat prosesihantar-hantaran. Sejak pertemuan itulah,komunikasi intens dilakukan, Percha punakhirnya bersedia dipacari satu tahun ke-mudian.

Selama pacaran, mereka juga berkomit-men untuk tidak mencampuri urusan pri-badi dengan pekerjaan, apalagi keduanyasama-sama sibuk di ibukota.

Berawal dari Open House“Makanya jarang ada temen yang tahu

kita pacaran, Percha kalau tampil di me-dia selalu sendirian. Paling teman dekatdan keluarga saja yang tahu,”ucap putrapasangan dr Yanis Syamsul Muarif SpOGdan dr Dora Djunita Pohan MM ini, yangselama wawancara tak berhenti bercandadengan calon istrinya.

Kebahagian terpancar di wajah kedua-nya. Ucapan selamat para tamu juga terusmengalir. “Doakan saja, semoga semuanyaberjalan lancar hingga pernikahan nan-ti,”kata Percha.

Pantauan sripo di lokasi saat lamaran,puluhan mobil berjejer baik dipinggir ja-lan maupun lapangan sekitar kediamanHerman Deru. Untuk mengantisipasi agartidak macet, pihak keluarga Bupati me-nyiapkan puluhan anggota Dishub dan PolPP. (sta/mg15)

PALEMBANG, SRIPO —Striker andalan Keith Ka-yamba Gumbs dipastikantetap memperkuat Sriwija-ya FC. Usai enam hari ber-ada di Singapura sang asis-ten pelatih pulang ke Pa-lembang, Sabtu (24/3) pu-kul 08.30. Kini ia dan ke-luarganya menginap diHotel Swarna Dwipa.

“Alhamdulillah semua se-lesai, Kayamba kembali kePalembang dan bisa mem-perkuat SFC di putaran ke-dua ISL. Ini sungguh luarbiasa, setelah beberapa ma-salah menimpa SFC terkaitdengan isu deportasinya.Semua tahu isu dan kabaryang beredar sedikit meng-

ganggu tim,” kata DirekturTeknik dan SDM PT SOM,Hendri Zainudin.

Menurut anggota DPRDBanyuasin ini, kembalinyaGumbs membuat lini de-pan SFC semakin solid. Ka-rena harus diakui LaskarWong Kito cukup kesulitanjika dia absen.

”Untuk itu, Kami ucapkanterimakasih kepada Pre-siden Klub H Dodi RezaAlex atas saran dan petun-juknya, juga Direktur Ke-uangan PT SOM Augie Bu-nyamin yang menemani Ka-yamba selama di Singapurauntuk mengurusi keperluanKitas-nya. Ini berkat doa dandukungan suporter, fans

dan masyarakat Sumsel un-tuk SFC,” ujarnya.

Seperti diketahui, Ka-yamba sempat dipanggilpihak Keimigrasian JakartaSelatan lantaran Kitas-nyaberakhir pada 19 Maret, bah-kan ada isu dia akandideportasi. Namun ma-najemen menepis semua isudan memastikan Kayambatetap pemain SFC dan tidakada masalah.

”Karena ini hanya pintuawal saja terkait kisruhPSSI. Sebab pemain asingyang bermain di ISL rata-rata bermasalah setelahPSSI menyatakan ISL adakompetisi illegal,” jelas-nya.(cw2/ndr)

Kayamba Kembali Perkuat SFC

412+2/3 atau tepatnya an-tara Desa Banjarsari-Suka-cinta, Kabupaten Lahat.Saat itu KA S5 Serelo tuju-an Kertapati-Lubukling-gau berangkat pukul 08.00dari Palembang itu mela-ju kencang dengan kece-patan 50 KM/jam.

Namun di lokasi kejadi-an, banyak warga duduk-duduk di bantalan rel,bahkan ada juga memar-kirkan sepeda motor ditempat terlarang itu hanyauntuk menyaksikan

Desa Gunung Kembang.Selain dari desa GunungKembang, mereka jugaberasal dari desa lain diKecamatan Merapi Timurseperti Desa Sirah Pulau,Desa Sengkuang, DesaNanjungan, Arahan danGedung Agung.

Warga yang menontonbalapan ada yang berdiridi tepi jalan, untuk meli-hat jalannya pertanding-an. Sebagian lagi adayang berdiri di garis startdekat pos satpam, agarbisa menyaksikan lebihdekat jagoan mereka.

Sementara sisanya me-milih duduk di rel keretaapi yang berada di datar-an tinggi sehingga bisaleluasa melihat balapanberlangsung. Letaknyapersis di dekat pos kea-manan, di pintu masuk

menuju PLTU.Saat mereka sedang as-

yik menyaksikan jalan-nya balapan, dari arahMuaraenim datang KASerelo melaju dengan ke-cepatan tinggi. Masiniskereta sudah membu-nyikan suling KA darikejauhan, namun tidakdidengar penonton yangberada di rel. Hal tersebutdiduga karena knalpotsepeda motor yang ikutbalapan, mengeluarkansuara yang sangat keras.Sehingga menyebabkansuara KA Serelo, tidakterdengar jelas.

KA Serelo dari Kertapa-ti Palembang tujuan Lu-buklinggau tersebut, ke-mudian langsung meng-hantam warga di atas relbak permainan bowling.Karena benturan cukupkeras, mereka ada yangterpental ke semak-semak,aspal jalan, serta terseretkereta hingga tewas.

Akibatnya suasana ba-lapan yang awalnya ber-jalan meriah, menjadi ka-cau balau. Ratusan pe-nonton lainnya menjerit

histeris ketika menyada-ri rekannya yang beradadi rel, bersimbah darah ditabrak kereta. Apalagiada salah satu korbanbernama Denis (18) war-ga Desa Gedung Agungsempat terseret hingga100 meter, dan menye-babkan kaki kanannyaputus. Bagian tubuhnyajuga sudah tidak berben-tuk lagi, karena terlindasKA serelo.

Delapan orang yangterluka parah kemudiandilarikan rekan-rekannyake rumah sakit, agarmendapatkan perawatanintensif. Tiga orang dian-taranya dikirim ke IGDRSUD Lahat, yakni EdiJoko (24) warga DesaSengkuang, Kumarudin(24) warga Desa Nanju-ngan serta Denis (18)warga Desa GedungAgung.

Namun nyawa merekatidak bisa diselamatkan,karena semua terluka pa-rah di bagian kepala ser-ta mengalami patah kaki.

Sementara empat kor-ban lain yang berasal dari

Desa Gedung Agung, di-bawa ke IGD RSUDRabain Muaraenim. Me-reka yakni Dedi Trinando(17) mengalami luka ro-bek di kepala, dan Lut-fiansyah (16) luka di ba-gian kepala dan muka,Hadli (23) patah kaki ka-nan, Jenson (24) lukarobek di kepala.

Namun belum sampaisetengah jam dirawat, Lut-fiansyah meninggal duniakarena benturan hebat dibagian kepalanya.

Kapolres Lahat AKBPBenny Subandi melaluiKasat Reskrim AKPSyahril didampingi Ka-subsektor Merapi TimurBripka Joko Sutikno men-jelaskan, pihaknya belumbisa memastikan penye-bab kecelakaan tersebut.Namun dugaan semen-tara, korban tidak men-dengar klakson yang di-keluarkan KA Serelo. Ka-rena knalpot sepeda mo-tor yang ikut balapan,mengeluarkan suara sa-ngat keras.

Saat tiba dilokasi keja-dian ia mendapati bebe-rapa korban tewas, masihtergeletak di tepi rel. Di-antaranya Denis yangtergilas kereta, dan sem-pat terseret lebih dari 100meter. Sementara korbanlain yang selamat, sudahdibawa warga ke RSUDLahat dan RSUD RSUDRabain Muaraenim. Se-dangkan KA Serelo su-dah tidak ada lagi, kare-na langsung melanjutkanperjalanan ke Lahat.

“Korban luka berat adadelapan orang, empat di-antaranya meninggal du-nia. Posisi mereka di reldan dekat dengan garisstart sehingga tidak men-dengar suara KA yangmelintas karena kerasnyasuara yang dihasilkanknalpot sepeda motoryang akan mulai balap-an,” imbuh Joko Sutikno.

(mg10)

balapan liar sepeda motordi akhir pekan. Entah ka-rena asyik atau mungkinpengaruh suara knalpotsepeda motor yang begitukencang sehingga wargayang sebagian pemuda initidak mendengar suarasuling KA yang ditekanMasinis sebagai tanda pe-ringatan dari jarak 1 KMsebelum lokasi kejadian.

Kontan saja, aksi nontonbareng balapan liar ber-ubah menjadi aksi dukadan jerit tangis masyara-kat. Pasalnya, beberapawarga terpental karena di-hantam KA dengan kon-disi tumbuh mempriha-tinkan dan potongan tu-buh berterbangan. Korbanyang luka ringan maupunberat langsung dilarikanke rumah sakit terdekat.

PotonganTubuh

Beterbangan dari halaman 1

“Masinis sudah membe-rikan tanya peringatan, te-tapi tidak didengar ataukarena pengaruh suaraknalpot yang terlalu ken-cang sehingga peringatanKA terabaikan,” katanya.

Ditanya mengenai sta-tus perlintasan KA tanpapalang itu, Jaya mengata-kan, perlintasa rel KA diTKP merupakan liar ka-rena akses jalan ke tem-pat itu dibangun terkaitdengan pembangunanPLTU Banjarsari dan ti-dak ada laporan ke PT-KA. Selain itu sesuai de-ngan UU No 23 Tahun2007 menyebutkan kalaujalur KA merupakan dae-rah steril dan terlarangbagi umum, kecualimempunyai izin dari dariPT KA. (sin)

Masinis SudahBunyikan

Suling dari halaman 1

Page 8: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 9: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

MINGGU, 25 MARET 2012 HALAMAN 9 SRIWIJAYA POST

Ogah Sepatuyang RibetOgah Sepatuyang Ribet

SEPATU memang tak pernah lepas dari gayaseseorang. Bahkan, alas kaki ini banyakdijadikan koleksi lantaran dari segi fungsidan desainnya mendukung aktivitas dan

sesuai zamannya. Seperti yang terjadi pada diriAznah Putri Sari. Bila berbicara tentang hal itu,salah satu topik yang tak mungkin dilupakan yak-ni sepatu kets.

Menurut gadis yang lahir pada Januari 1991,alas kaki sangat berguna baginya. Apalagi, wanitaberambut panjang ini merupakan pribadi yanggemar jogging yang tentunya sepatu semacam itusangat ia butuhkan. Tak pelak, sepatu kets mo-del sport menjadi incaran setiap berburu sepatu.“Aku kan hobi jogging, jadi sepatu kets memangsangat berguna,” kata dara manis ini.

Tidak hanya berguna untuk jogging, lebih dariitu sepatu kets multifungsi, karena bisa diguna-kan sesuai kondisi dan penampilan terlebih saatbersantai. “Misal lagi santai jalan ke mall atausuatu tempat. Sepatu ini serasa lebih praktis dansimpel, trus gak ribet,” kata anak kedua dari duabersaudara ini.

Menurutnya, ada satu hal yang sangat ia perha-tikan dalam menggunakan sepatu kets, yaknikeserasian antara pakaian dan warna sepatu.“Semuanya harus selaras. Bila antara pakaian dansepatu baik warna maupun model serasi, enakdipandang dan kelihatan cantik,” ujar penyukasepatu kets warna merah ini. (andi agus t)(andi agus t)(andi agus t)(andi agus t)(andi agus t)

BIOFILEBIOFILEBIOFILEBIOFILEBIOFILENama : Aznah Putri SariTTL : Palembang, 06 Januari 1991Ayah : Citra SariozaIbu : Ahmad Azmul HasanAlamat : Jl Aster Pusri BorangHobi : Menyanyi, JoggingPrestasi : ◗ Juara 1 Model In Action

◗ Juaran umum Be A Star◗ Juara 2 Evening Bown◗ Juara 3 Festival Lagu MelayuSe-Sumsel◗ 3 Besar Connec IconBanu\dung

Lokasi : Kambang IwakFotografer : Syahrul Hidayat

Aznah Putri Sari

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 201210

Lebih Enjoy dengan Sepatu KetsSEPATU merupakan

bagian fashion yang tak bisa dike sampingkan darigaya hidup sese-

orang. Bahkan, sepatumenjadikan penampilan se-seorang bisa berbeda de-ngan yang lainnya. Tak sa-lah jika sepatu menjadisebuh tren tersendiri bagikalangan masyarakat. Sa-lah satunya seperti sepatukets. Kini sepatu kets bu-kan saja dipakai untukaktivitas olahraga atau punpada waktu santai.

Disaat bekerja ataupunaktivitas lainnya, makinbanyak orang-orang me-makai sepatu kets sebagaialas kaki untuk rutinitassehari-hari. Salah satu con-toh mungkin seperti Dah-lan Iskan, Menteri BUMNyang tak pernah lepas de-ngan sepatu kets kemana-pun pergi. Tak heran jikakebiasaan pria yang dike-nal sebagai bos media inidijadikan tren bagi sebagi-an kalangan masyarakat

tak terkecuali warga Pa-lembang.

Lidya (23), asisten dosenpada salah satu PTS di Palem-bang mengungkapkan, me-makai sepatu kets ketikabekerja lebih membantuaktifitas pekerjaannya seha-ri-hari. “Saya lebih suka se-patu kets yang menutupimata kaki, karena kaki bisabergerak secara leluasa se-perti berolahraga. Tapi kalaucara formal, saya tetapmekakai sepatu yang sesuaidengan acaranya,” ujar wa-nita yang mengakui memi-liki tiga pasang sepatu kets.

Kini orang-orang mema-kai sepatu kets sudah mu-dah dijumpai, baik diper-kantoran maupun di tem-pat lainnya. Terutama per-kantor perusahaan swastayang memperbolehkankaryawannya memakai se-patu kets. Mengenai hargadan jenisnya, sepatu ketsbanyak pilihan. Semakinmemiliki kualitas yangbaik, maka sepatu kets ter-sebut semakin mahal har-

Sripo/Zaini

JALAN SEHAT --- Gubernur Sumsel H Alex Noerdin bersama Kapolresta Kombes Pol Sabaruddin Ginting, Presdir Dinar PropertySyaiful , Ketua Bidang Pembinaan PWI Pusat Attal S Depari, Ketua PWI Sumsel H Oktaf Riady, mengenakan sepatu kets padajalan sehat Hari Pers Nasional (HPN) dan Hut PWI ke 66 tahun 2012 di halaman kantor Gubernur Sumsel, beberapa waktu lalu.

Rifan Dwi SHKaryawan Swasta

Memakai sepatu kets tak kenal dengan cuaca. Terutamajika cuaca hujan, kita yang memakai sepatu kets tentanunysangat diuntungkan. Selain tahan air, kita tidak perlu mem-bersihkan sepatu atau menyemir sepatu jika terkenadebu.(mg19)

Resta YolandaMahasiswi

Lebih enak memang memakai sepatu kets jika sedangberaktivitas kemanapun. Terutama di di tempat terbukanyang tentunya sangat membantu pergerakan kaki. Mung-kin conthnya ketika sedang naik tangga. Saya saja memilikitiga pasang sepatu kets yang ada jenis-jenisnya.(mg19)

wordpress.com

MODIS DAN ELEGAN — Sepatu kets menjadi pilihan SHINee, sesuai dengan aksi enerjik dandinamis mereka. Kemeja serba hitam plus sepatu kets dengan warna senada, tapi tetap kelihatanmodis dan elegan.

BANYAK pilihan dari produk sepatu o-lahraga atau kets, pastinya membingungkan.Jika sudah sesuai dengan selera dan mera-sa cocok, jangan ragu-rag untuk memilih se-patu pilihan tersebut. Berikut beberpa tipsmemlihi sepatu kets.

1. Pilihlah sepatu kets atau olahraga yangsesuai dengan alat olahraga atau jenis olah-raga yang akan dilakukan. Umumnya, setiapjenis olahraga memiliki sepatu tertentu de-ngan desain khusus.

2. Pilihlah sepatua yang sesuai denganstruktur dan bentuk telapak kaki, baik datar,normal atau melengkung.

3. Tak hanya berjalan, cobalah sepatu sam-bil melakukan beberapa gerakan dasar yangsering dilakukan selama berolahraga, misal-

nya melompat, berjinjit atau berlari. Selainitu, pilih sepatu yang berkualitas, kuat dantahan lama.

4. Kenakan jenis kaus kaki yang seringAnda gunakan selama berolahraga ketikamencoba sepatu. Gerakkan ujung jari kaki keatas dan ke bawah. Pastikan sepatu menye-diakan ruang gerak yang cukup untuk kaki,terutama pada saat kaki mengembang, yaitusetelah berolahraga.

5. Jika hanya ingin membeli satu jenis se-patu untuk berbagai jenis olahraga, sebaik-nya pilih sepatu berdasarkan jenis olahragayang lebih sering dilakukan. Kendati demi-kian, demi keamanan kaki, sebaiknya milikibeberapa jenis sepatu untuk setiap jenis alatolahraga dan olahraga.

(mg19/berbagaisumber)

Tips Memilih Sepatu Kets

Komentar

ganya.Banyak merek terkenal

sepatu kets bisa dijumpaidipusat-pusat perbelanjaanyang harganya sangat ber-variasi, baik impor maupunekspor. Bahkan ada sepatukets yang hargnya lebihmahal dari sepatu kulit bia-sanya. Seperti sepatu ketsmerek terkenal Adidas yangharganya jutaan rupiah.

Seperti diungkapkanJuniardi, Marketing Mana-ger salah satu produsen se-patu kets merek Piero. Se-patu kets produk Piero me-mang produk asli Indonesia,tapi mengenai kualitasnyamasyarakat jangan takutdan kecewa karena bisa ber-saing dengan produk sepa-tu kets lainnya. “Intinya se-patu produk Piero merupa-kan sepatu olahraga berkua-litas baik yang cocok dengankondisi cuaca apapun. Me-ngenai harga, pastinyaterjangkau bagi kalnganmasyarakat manapun,” ujar-nya kepada Sripo beberapawaktu lalu. (mg19)

KESAN ENERGIK —Pramugari Citilinkmengenakan kaosmerah dan celanapendek selutut de-ngan sepatu kets,menambah kesanmuda, fresh, danenerjik pun langsungtertangkap.

salsabeela.com

SRIPO/MG19

SRIPO/MG19

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

18

02

INOVASI yang diciptakan pecinta musik se-lalu menghiasi perkembangan seni. Terkhu-sus menata bunyi. Tak heran hal tersebutmengundang decak kagum Lepass-mania.

Nah, kali ini Lepass bakalan ngebahassalah satu inovasi musik tersebut. Yups,

accoustic beatbox band. Apa sihaccoustic beatbox band itu? Ba-

gaimana perkembangannya dikalangan remaja? And then Bagaimana daya tarikdan antusiasme remaja terhadap inovasi ini? Untuk ngejawabsemua pertanyaan itu, Lepass udah nurunin keempat krunya,they are Muhammad Fadil, Nur’ Annisa Winadia, RiskaNurhayati, and Rizky Wiranata. So, let’s check this out!

PEMBAHASAN tentangmusik emang nggak bakalada habis-habisnya. Per-kembangan yang begitumelesat selalu diiringi de-ngan inovasi-inovasi yangdiciptakan para penikmatmusik. Cause of that musikselalu diterima denganmudah oleh publik, espe-cially di kalangan remaja.Layaknya aliran musikyang satu ini, yaituakustik. Musik akustikmerupakan salah satu me-dia ungkapan kesenianyang dihasilkan oleh alatmusik aliran tersebut, suchas piano, contrabass, gitar,biola, cello, dan alat mu-sik akustik lainnya. Cause,jika alat yang digunakanberupa alat musik akustik,maka suara yang dihasil-kan pun akustik. But, bu-kan berarti alat musikakustik nggak bisa disam-bung dengan listrik.“Akustik merupakan mu-sik nonelektronik danalami yang biasanyamenggunakan gitarakustik, tamborin, jimbemaupun alat akustik lain-nya,” tutur Dra. Misselina,M.Pd, Guru Kesenian SMKNegeri 3 Palembang.

Untuk memperbesarsuara, alat musik akustikini biasa dirouting masukke mixer, and then darimixer, suara dapat dike-luarkan melalui speaker-speaker lainnya. So, suarayang dihasilkan tetapakustik, tetapi dengan vo-lume yang lebih besar.“Musik akustik lebih me-nyentuh pendengar, me-ngatur nada serta volumelebih mudah sehinggamusik tersebut lebih mu-dah dinikmati. Dinamika,tempo, serta volumenyaharus pas, jika volumenya

hilang dalam alat musik,kedengarannya kurangmenarik. Sehingga kitaperlu mengatur sound sys-tem-nya,” tambahnya.

Antusiasme remaja ter-hadap musik akustik yangcukup baik, mesti diperta-hankan dengan diadakanberagam event yang se-rupa. Hal ini sangat didu-kung oleh Andi Sudarwa,Guru gitar klasik Purwa-caraka music studio. “Mu-sik akustik yang juga me-rupakan perkembangandari musik klasik ini, sa-ngat diminati oleh banyakorang terutama para re-maja. Cause of that, mestibanyak diadakan eventyang mendorong keingin-an remaja untuk tertarikdengan musik akustik,”jelasnya.

Acoustic beatboxBEATBOX yang meng-

gunakan mulut sebagaialat musik utamanya de-ngan berbagai efekbebunyian yang atraktifjika dikombinasikan de-ngan musik akustik dapatmenjadi sebuaheksperimen yang positif.Seperti yang kita tahubahwa musik akustik da-pat menciptakan sebuahirama yang harmonis danserasi serta selalu mengi-kuti perkembanganzaman, sehingga progress-nya tidak terbatas. “Da-lam perkembangannya,beatbox bisa jadipelengkap untukmemperindah instrumendalam musik akustik, se-hingga kombinasi kedua-nya bisa menciptakan ira-ma yang sempurna,”ung-kap Imam Fatoni, VokalisArion Delphine.

Nada dan irama yang di-gunakan dalam beatboxsama, meski hanya me-manfaatkan olah suaravokal. Beatbox juga memi-liki ciri khas dari pada alatmusik yang lain, terutamadalam sebuah band. “Cirikhas yang dimiliki olehbeatbox dalam sebuahband adalah memiliki ba-nyak suara alat musik, se-hingga menambahkeunikan serta harmo-nisasi dari band itu sendi-ri,” tutur Muharsyah Fid-din, Bassis Band NOC(Akustik beatbox).

Kombinasi unik yangberasal dari musik akustikdan beatbox tentu bisamemainkan emosi parapenikmat musik, sehingga

dapat memberikan kon-tribusi yang besar dalamperkembangan musik diIndonesia. “Penggabung-an antara musik akustikdan beatbox bisa menjadisebuah genre musik baruyang tentunya bisa me-nambah perhatian pecintamusik,” ungkap WillyWicaksono, Vokalis BandWhitely.

Seiring dengan inovasiyang tercipta, perkem-bangan yang positif kianmerambah dunia musik.“Progress yang dihasilkandari setiap inovasi mam-pu memberikan temuanbaru yang tentunya bisamembangun perubahanyang positif dalam indus-tri musik,” ungkap AbdiSetiono, siswa SMKTelenika Palembang.

Dari Lepass:SENI musik merupakan

seni menata bunyi menja-di suatu harmoni yang sa-ngat indah didengar. Bera-gam inovasi dan komposi-si kreatif yang diciptakanpara penikmat musik ber-peran penting dalam per-kembangannya. One ofthem acoustic beatboxband, campuran musikklasik dengan diiringi

dentuman suara ala beat-boxer menciptakan suatukeunikan dan keindahantersendiri. But, keindahansuatu musik, tidak hanyadilihat dari segi akustikmaupun elektriknya saja,tapi lebih kepada kualitas

Wika Astriani AlnuSMK Negeri 1 Prabumulih

SALAH satu aliran musik yang sedangtrend di kalangan remaja, yaitu acousticbeatbox band. Selain bisa menciptakanjiwa seni pada diri kita, musik ini juga unikcause tidak menggunakan drum. But,menggunakan beatbox and suara yangdihasilkannya sangat nyaman buat di-denger.(bye/alf)

Ade Nur RahimSMA Muhammadiyah 1 Palembang

MUSIK emang nggak pernah ngebo-senin karena selalu ada genre terbaruyang meramaikan blantika permusikan.Salah satunya adalah acoustic beatboxband yang turut hadir dengan ciri khasnyayang unik. Inovasi baru ini juga bisa men-jadi pemacu semangat buat kita supayalebih kreatif dalam bermusik.(fia/day)

Kreasi Band

alat musik, sound, dan yangtidak kalah penting adalahmusisi serta konsep musikyang ditampilkan. At last forLepass- mania, teteptongkrongin LembaranPelajar Sumatera Selatanyang the best ini ya!

DUNIA seni emang nggak pernah lepas dari peru-bahan. Especially, perubahan yang mengarah padakepentingan penikmat seni. Nowadays, musik men-jadi target utama pecinta seni dalam mengapresiasikanjiwa seninya. Berbagai perpaduan diciptakan agarmenghasilkan musik yang berkualitas dan apik un-tuk dinikmati. Nah Lepass-mania, RezaFahlepy bintang Lepass minggu ini ba-kal berceloteh mengenai acoustic beat-box band, inovasi terbaru dari duniamusik.

Well, acoustic beatbox band meru-pakan salah satu terobosan terbarudari belantika musik. Yups, acousticemang identik dengan alat musik tan-pa menggunakan listrik. But, uniknyadalam acoustic beatbox band alatmusiknya tetap terhubung dengan lis-trik dan dikombinasikan dengan musikkhas beatboxer. “Jenis musik ini sangatunik, suara vokalisnya dikombinasi de-ngan suara beatboxer sehingga nggak

MUSIK memang nggakbisa jauh dari hidup kita. De-ngan beragam genre musikmenjadi salah satu dayatariknya. Cause of thatmembuat kita terdorong un-tuk selalu mengapresiasikanseni yang berasal dari bunyiitu. Inovasi dan komposisikreatif juga selalu mengiringiperkembangannya, sepertiAcoustic Beatbox Band.Campuran dari musik klasikdan modern ini memilikikeunikan sendiri. Dengandentuman dari beatboxyang pas dan diiringi olehalunan musik akustik bisamenciptakan musik yang le-bih menonjolkan ritme padamelodi dan harmoni, andalso sedikit nge-beat.

Band dengan menggu-nakan Beatbox sebagaipengganti drum meru-pakan inovasi barudalam dunia musik.Apalagi kalo abu-abuers bisa ngem-banginnya. Ber-kreasi dalam mu-sik itu emangnggak ter-batas. So, te-ruslah ber-kreasi andjangan me-nyerah jikagagal. Re-m e m b e r“Tidak adagading yangtak retak”.

Alhamdu-lillah, ini adalahfirst mojok riv diLepass 18. Atfirst, I wanna saybig thanks to AL-LAH SWT, Ayahdan Ibu yang telahm e n j a d i

BERBEDA dengan tahun sebelumnya, kali ini SMANegeri 13 Palembang ngadain lomba PKS (Patroli Kea-manan Sekolah) se-Palembang yang diadakan padaMinggu (18/3). Dengan bertemakan “PKS of Tilas Com-petition”, seluruh anggota organisasi PKS SMA Negeri13 Palembang berhasil menggelar perlombaan ini de-ngan lancar.

Di perlombaan yang spektakuler ini ada enam cabangperlombaan. Such as lomba TPTKP, Tongkat Polri, CerdasCermat, Karikatur, Raja dan Ratu Helm, dan Duta PKS. Peni-laian dalam event ini dilakukan oleh anggota Kepolisian Palem-bang, cause of that pemenangnya pasti yang terbaik.

Kompetisi ekstrakurikuler PKS emang bisa dijadikansarana Lepass-mania dalam menambah pengetahuan me-ngenai peraturan lalu lintas. “Tujuan diadakannya perlom-baan ini, sesuai dengan misi ekskul PKS yaitu agar pelajarbisa jauh lebih disiplin dalam berlalu lintas dan berken-daraan,” ujar Alba Flasendy Kelana, Ketua Pelaksana.

Setelah seharian berkompetisi, SMA Negeri Plus 17Palembang berhasil menjadi juara umum. But, seluruh pe-serta yang hadir tetap semangat hingga acarausai.(cus\ree)

Caca Caeleacearhai lepass...moga tambah asik dech@buat anak2 osis Srinepal dan anak2 Kir srinepaljagn males2 kumpul donk.... :)@bwat anak2 is3 jaga kekompakanya selalu ya aksayang kalian.

Amienullah IzmailSabhrie Happy holiday aja bwat kru2nya Lepass, . .semoga makin k0mpak yah. . .

Aiyu PashaHappy holiday semuanya.Semoga holiday nya nyenengin.Dan tetap dalam Ridho Allah swt. Amin.Salam juga buat Anak Anak CS 1 SMAN 9.Dan semua siswa siswi SMA di seluruh Sumsel.Succes buat US dan UN.

Is Lamicongrats buat lepass angkatan baru (18) semoga makinjaya:) buat gabeng (ell) semangat yah dilepass.amik,rifa, menyong miss you :) dan kamu love you :Dbwt anak2 smanpoel, L’soul(XI IPA1) ,dan Paskibra10, salam kompak selalu ̂ _^

Akustik dan BeatboxBy : Raden Innu Romi Fahlevi

Pemacu Semangat

Klik Abu-Abu

Disiplin Itu PentingSRIPO/LEPASS

Suasana lomba PKS di SMA Negeri 13 Palembang.

Paduan Kreativitas Senimembuat kita jenuh mendengarkannya,” tutur atlettembak satu ini.

Unsur beatbox yang dipadupadankan dengan ritmelagu membuat musik ini terasa lebih hidup. “Mena-riknya dalam acoustic beatbox band ini, musik jaditerasa lebih hidup dengan suara beatbox-nya yang

sepadan dengan ritme lagu,” katanya.Acoustic beatbox band juga bisadijadikan sebagai sarana buat me-

nyalurkan kreativitas Lepass-mania dibidang seni. “Sisipositifnya, kita bisa menyalur-kan kreativitas seni yang padadasarnya udah ada dalam dirikita,” tutup cowok yang hobimain sepak bola ini. At last,

buat Reza terus tingkatkanprestasimu and always tunein Lembaran Pelajar Sumate-ra Selatan yang the best iniya!(ell\fis\izy)

BIOFILE:Nama : Reza FahlepyTTL : Cirebon, 4 April 1995

Asal Sekolah: SMA Negeri 13 Palembang

Alamat : komplek Bukit Bunga Indah Blok M2

Nama Ortu

Ayah : Kapten M Ali

Ibu : Dra. Wina KartikaTwitter : @rezaucull

Prestasi:

# Peringkat 4 Kejurnas Jakarta Anniversary Tahun 2010

# Peringkat 4 Kejurnas Kapolri Cup Tahun 2011

# Peringkat 3 Tim Kapolri Cup Tahun 2011

# Peringkat 3 Kejurnas Bali Tahun 2011# Telah lulus Pra PON

semangatku, my big brotherand also both of my sister,XI IPA 1, PASPALAS, X.2,semua guru di SMP Negeri14 Palembang dan SMANegeri 14 Palembang yangsudah men-support riv se-lama ini. Nggak lupa juga te-rima kasih H.U Sriwijaya Postyang udah menyediakanwadah untuk menampungkreativitas pelajar di Palem-bang, especially Lepass 17dan alumni Lepass 1-16yang sudah membimbingkami di Lepass. At last butnot least, buat Lepass-ma-nia nantikan edisi Lepass se-lanjutnya yang pastinyaakan lebih seru ! (Follow me@innuRV)

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 2012

11

BY:CUS

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

Page 12: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 13: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

13SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 2012

SATU lagi kesenianasli SumateraSelatan yang

sifatnya komedi.Kesenian ini bernamaBangsawan. Siapasangka, kesenian inidipelopori oleh parawanita Sumsel.

Bangsawan, dalamprakteknya, diadakandengan sebuah pemen-tasan. Tak jarang,kesenian ini kerap jugadisebut teaterbangsawan. Sebuahpementasan bangsawan,dilakonkan oleh bebera-pa pemain. Setiappemain, mendapatperan sesuai apa yangsudah ditentukan olehpimpinan teater. “Jikadulmuluk dilakonkanhanya oleh pria, makabangsawan tidakdemikian. Kesenian iniboleh dilakonkan siapasaja,” ujar Muksin,pecinta seni di kotaPalembang, beberapahari lalu.

Malah, dijelaskanMuksin, kesenianbangsawan dilakonkanoleh para wanita. Iniberlaku sejak awalperkembangannya,yang mulai ada sejakawal abad ke 19.Barulah setelah itukaum lelaki ikut me-mainkan kesenian ini.Hingga akhirnyabangsawan bisadilakonkan oleh siapasaja. Dalam melakonkanbangsawan, parapelakonya mengenakankostum-kostummanggung. Mereka jugadidandani sedemikianrupa setiap kali naikpentas.

Di awal perkembang-annya, kesenian inibegitu menarik minatmasyarakat SumateraSelatan. Setiap kalidipentaskan, bangsawanmampu menghadirkancukup banyak audien.

Bangsawan, Buah Tangandari Wanita Sumsel

Terus Giat Berlatih

Jika sudah menontonkesenian ini, gelak tawabercampur sedihmenjadi pemandanganyang tidak pernahabsen. Ini membuatmereka yang sudahdatang untuk menontonmerasa enggan untukberanjak dari tempatduduknya.

“Penyampaiannyayang lucu dandisertakan dengan temayang memasyarakatmembuat bangsawancukup digemari sewaktubaru saja diciptakan.Inilah salah satu alasanmengapa bangsawansangat digemari padasaat itu,” kata Muksin.

Saking menariknyasebuah pementasanbangsawan, penontonterkadang secara tidaksadar mencoba untukikut berpartisipasi didalam sebuah pementas-an. Mereka ikut naikpanggung dan berga-bung dengan parapelakon kesenianbangsawan. Mereka

Tidak harus bercorakMelayu, semua tergan-tung tema yang sedangdipentaskan,” ujarMuksin.

Beraneka ragam temayang sudah pernahdiangkat setiap kalikesenian bangsawan

Namun,keanekaragaman tematersebut diusahakanuntuk memenuhi satutujuan, yakni hiburan.Sebab itu, mereka yangakan mengisi peran-peran dalam sebuahpementasan bangsawanharuslah mempunyaijiwa komedi yangnatural.

Kesenian bangsawansering dipentaskan padasaat acara pernikahan,khitanan, ataupundalam sebuah hari-haribesar. Di saatbangsawan sedangmaju-majunya, hampirseluruh pelosok daerahdi Sumatera Selatanmementaskan kesenianini.

Saat memasuki era1920-an, bangsawanmulai ditinggalkanmasyarakat SumateraSelatan. Ini terjadikarena drama komedimodern sudah mendata-ngi Indonesia, termasukprovinsi Sumatera

Selatan. Dengan dileng-kapi teknologi yanglebih modern, acara-acara komedi yangsering menghiasi televisiIndonesia saat itudianggap lebih menarikdaripada kesenianbangsawan.

Bila sebelumnyahampir seluruh masya-rakat Sumatera Selatanmementaskan kesenianini di beberapa acara,begitu program komedimodern bermunculan,bangswawan punditinggalkan. Merekayang sedang mengada-kan hajatan misalnyalebih memilih memakaimusik untuk mengisihajatan mereka. Kenya-taan tersebut membuatbeberapa sesepuh yangtinggal di wilayahSumatera Selatan sedih.Dari sekian banyaksesepuh tersebut salahsatunya diketahuibernama Haji Gong.“Diceritakan, saatbangsawan mulai kalah

saingan dengan prog-ram komedi modern,Haji Gong saat itusedang berada diSemenanjung Malaya.Begitu ia kembali keSumatera Selatan,bangsawan sudah jarangdipentaskan. Inilah yangmembuatnya sedih,”kata Muksin.

Namun, Gong tidakmenyerah begitu saja.Dengan segenap tenaga,ia bersama beberapatemanya mencobauntuk membangkitkankembali kesenianbangsawan. Adapunsalah satu caranyaadalah memperkenalkankesenian ini ke luarprovinsi Sumatera

yang hanya duduktenang di bawah pang-gung berpartisipasidengan melemparkanuang koin ke arahpanggung pementasan.“Agar lebih menarikpenonton, bangsawandiiringi instrumenmusik. Adapun jenisinstrumennya bebas.

dipentaskan. Mulai darikehidupan di masakerajaan, pesan ataukritik terhadap peme-rintah, hingga kehidup-an percintaan menjadibumbu kesenian ini.

Selatan.Usaha Gong hanya

bisa dilihat dalam waktuyang singkat. Setelahbebearpa kali pementas-an, kesenian bangsawankembali dianak tirikan.Hingga akhirnya benar-benar terasing. “Kini,masyarakat Palembangsudah tidak pernah lagimementaskan kesenianini. Kesenian bangsawankini masih dipentaskandi wilayah pedesaanatau pun kabupaten.Salah satu kabupatenyang masih seringmementaskanya adalahKabupaten OganKomering Ilir dan MusiBanyuasin,” ujarMuksin.(refly permana)

MELIHAT bangsawan semakin dilupa-kan, beberapa sesepuh Palembangmencoba untuk menyelamatkanya.Meski harus berdiri sendiri, mereka tetapberupaya agar kebudayaan asli SumateraSelatan ini tetap hidup. “Sama halnyadengan Haji Gong, kami mencoba untukmemperkenalkan kesenian ini ke luarprovinsi. Dengan demikian, diharapkanmata para pemuda bisa terbuka lebarkalau kesenian kita bisa dihargai provinsilain,”ujar Muksin.

Muksin dan teman-teman seninyahingga saat ini masih terus berlatih untukmementaskan bangsawan. Meski tidakpernah dipentaskan di depan khalayakramai, bangsawan tetap mereka latih.“Kami terus berusaha untuk menggaet

anak=anak muda untuk ikut sertaberlatih bangsawan bersama kami. Kamisering berlatih bangsawan di dalamgedung RRI Palembang. Bagi yang inginbergabung, kami persilahkan,” ajakMuksin.

Sayangnya, untuk mementaskankesenian ini, dibutuhkan biaya yangcukup besar. Masalah inilah yang meng-hambat Muksin dan teman-temannyauntuk mementaskan kesenian ini didepan khalayak ramai. “Kesenianbangsawan dipentaskan di dalam sebuahruangan. Karena kita belum memilikigedung seni, jadi belum bisa dipentaskan.Selain itu, faktor teknisnya juga membu-tuhkan biaya yang cukup tinggi,” ujarMuksin. (refly permana)

FOTO-FOTO:ISTPementasan Bangsawan

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

Bikin Sekolah Film di SumselOULY Surya,wanita 31 ta-hun asli kela-hiran Batu-raja, OganK o m e r i n g

Ulu (OKU) punya keingin-an kuat untuk menjadisutradara. Meskipun dila-hirkan dalam kalanganjuragan keluarga kebun(ayahnya pemilik perke-bunan sawit MinangaOgan) namun dia kuranginteres mengikuti jejak ka-kaknya yang lain menge-lola kebun keluarga. Me-ngapa dia pilih profesiyang kurang diminati wa-nita, lalu apa kiat sukseswong kito ini berkiprah di“hutan belantara” Jakarta?Berikut wawancara khususMouly Surya yang seka-rang berdomisili di Jakar-ta, melalui email dan SMS.Wawancara ini kelanjutandari wawancara sebelum-nya yang dimuat di freeNewspaper Edition edisiJumat (23/3).

Sripo : Apa kesan men-jadi sutradara, berminatnggak mendirikan seko-lah sutradara minimalseni lainnya di Palem-bang, Sumatera Se-latan?

Mouly Surya :K e b e t u l a nsaya juga ak-tif sebagaipengajardi seko-l a h

film Binus International se-jak tahun lalu di Jakarta.Menurut saya sekolah filmmemang perlu lebih ba-nyak ada di seluruh penju-ru Indonesia, tentunya jugadi Sumatera Selatan. Di Pu-lau Jawa sudah ada bebe-rapa, meskipun juga belumbanyak. Mungkin ada baik-nya bila diadakan semacamworkshop terlebih dahuludi Sumatera Selatan untuksiswa/i SMU. Dulu produc-tion house kami (CinesuryaPictures) pernah terlibatworkshop film serupa diAmbon dengan animoyang sangat besar. Alang-kah baiknya bila di Suma-tera Selatan juga bisa diada-kan workshop film sepertiitu untuk nantinya beras-pirasi untuk mendirikan se-kolah film di Palembang,Sumatera Sela-tan.

Sripo : Film apa yang mem-buat Anda sangat semangat,dan ketika sudah jadi mem-buat Anda bangga. Film itumenceritakan apa?

Mouly Surya : Film sayabaru satu yaitu Fiksi. sajadan saat ini saya sedangmengerjakan sebuah filmbioskop lagi berjudul“Yang Tidak DibicarakanKetika Membicarakan Cin-ta” (untuk alasan praktissaya sering memendekkanjudulnya menjadi “TidakBicara Cinta”). Settingnyadi Sekolah Luar Biasa Akhusus Tuna Netra.

Kalau Fiksi. bicara soalobsesi seorang wanita danperbedaan kelas sosialyang ada di Jakarta, TidakBicara Cinta bicara soal pa-radigma apa yang bisa dili-

hat dan dide-n g a r

dan

apa yang tidak bisa dilihatdan tidak bisa didengar.

Semua ide film saya da-tang dari saya dan untukTidak Bicara Cinta, sayasendiri yang menulis ske-narionya. Jelas untuk film-film ini saya sangat berse-mangat karena saya selalumembuat film berdasarkaninspirasi yang datang daridunia di sekitar saya. Se-muanya dekat dengan sa-ya.

Soal Tidak Bicara Cinta,inspirasinya datang darisaudara asuh saya yangsudah tinggal di rumahsaya sejak kecil. Ia juga ber-asal dari Sumatera Selatan,namanya Sopiah. Ayahmembawanya dari dusunMinanga di Komering Uludan menyekolahkannya diJakarta. Ia adalah seorangTuna Netra dan saya seringkali bermain dengannyaketika masih bersekolahdulu. Saat ini, ia sudah man-diri di Bandung sebagai se-orang PNS. Suatu ketika ia

pulang ke rumah saya diJakarta dan saat saya me-nemuinya dia sedangmeng-update statusFacebooknya lewatponsel. Saya sangatterkesima. Saya pikirhanya orang awas sajayang bermainFacebook, tapi sayaternyata salah. Ka-

dang film-film keba-nyakan selalu mengambilposisi mengasihani mere-ka, dan di film ini, sayajuga ingin merubah para-digma tersebut.

Kalau soal bangga, sayaselalu berusaha agar semuakarya yang saya hasilkanbisa di pertanggung jawab-kan. Bangga atau tidak,yang penting saya sudahberusaha 120 persen demimembuat film tersebutmenjadi karya yang bisamemotret keadaan Indo-nesia saat ini.

Sripo : Apa harapan Andakepada warga Sumsel agar ti-dak ragu berkiprah di luar

Sumsel, juga terhadapwanita di Sumsel

M o u l ySurya

: Menurut saya, wanita Su-matera pada dasarnya ada-lah wanita-wanita yang pu-nya karakter kuat. Almar-hum bibi saya salah satu-nya. Bila ia bicara di telpon,suaranya sangat kerashingga bisa saya dengardari jauh, meskipun yangmendengarkan ditelponadalah Ibu saya. Saya tidakpunya keraguan atas wani-ta-wanita di Sumsel. Menu-rut saya, bilamana merekamau untuk berkiprah diluar Sumsel, pasti bisa.

Sripo : Kalau boleh tau,suami berasal dari mana, apa-kah mendukung profesionalAnda. Berapa putra putrinya.Bagaimana Anda mendidikputra putri, apakah merekajuga dididik menjadi sutradara

Mouly Surya : Suamisaya orang Jawa Tengahyang asli Magelang danbesar di Jogjakarta. Na-manya Parama AdiWirasmo dan akrab dipang-gil Rama. Bukan saja men-dukung, tetapi ia juga ada-lah produser dan partnersaya di perusahaan yangsama. Kami sama-samabahu-membahu dalammembuat film yang kamicita-citakan maupun mem-besarkan anak kami. Saatini kami sudah dikaruniaioleh seorang putri berna-ma Reisachi Moranisa yangsaat ini berumur 3 tahun.Bagaimana saya mendidik-nya, sejauh ini saya mem-berinya contoh bahwamenjadi perempuan punharus berkemauan keras.Saya sih tidak punya harap-an apakah dia mau bekerjadi bidang seni, apakah itumenjadi sutradara atauyang lainnya. Bebas ter-gantung nanti diaminatnya apa. Dia sangatingin les balet, saya leskan dia balet. Tapi jugasaya imbangi dengan

memasukkannyake sekolah

lebih

dini juga.

Sripo : Apa harapan ten-tang perfilman di masa men-datang, sikap dan kesan Andatentang film seks ( hanyamenonjolkan erotisme) yangbanyak diproduksi Indonesia

Mouly Surya : Film-filmyang hanya menonjolkanerotisme dibuat karena adayang menonton. Karenamenghasilkan uang. Sayatidak bisa menyalahkanyang membuat ataupunyang menonton. Dan bu-kan berarti juga sayamembenarkan hal terse-but. Film adalah cerminankarakter bangsa kita, apa-bila dilarang, kalau menu-rut saya malah akan sema-kin ada. Yang bagus adakarena ada yang jelek. Se-baliknya juga demikian.

Yang bisa dilakukan danyang saya harapkan adalahada film-film yang bisamengimbangi dengan kua-litas yang bisa dipertang-gung jawabkan. Banyakfilm Indonesia yang sudahmelanglang buana ke luarnegeri dan diseleksi olehfestival film kelas dunia.Tetapi sayangnya saya lihatdukungan pemerintah ma-sih sangat minimal untukfilm padahal dukungan pe-merintah untuk jenis-jenisfilm seperti ini sangat dibu-tuhkan. Dan justru film-film seperti inilah yang bisamembawa nama bangsakita. Membawa karakterbangsa kita.

Beberapa hal yang bisa

dilakukan oleh pemerin-tah; di negara-negara maju,mereka punya sistem fund-ing khusus untuk kegiatanbudaya seperti menyeleng-garakan festival film danpendanaan soft money un-tuk film-film alternatif.

Sripo : Berminatkahmembikin film yang mampuberedar di luar negeri

Mouly Surya : Berminat.Saat ini selain “Yang TidakDibicarakan Ketika Membi-carakan Cinta” yang akandiproduksi bulan Juni 2012,saya juga sedang menyiap-kan sebuah film lagi yangbekerja sama dengan nega-ra Jepang. Judulnya “TheFandom Diary” dan filmtersebut saat ini masih da-lam proses penulisan ske-nario. Kebetulan, bulan lalusaya mendapat fellowshipdari Japan Foundation un-tuk tinggal di Jepang sela-ma sebulan dari bulan Feb-ruari hingga Maret 2012demi menjalankan risetuntuk keperluan film ini.Rencananya, film ini akandi rilis juga di Jepang danIndonesia selain bersettingdan berbahasa Indonesiadan Jepang.

Sripo : Apa filosofi hidupAnda. Sejauh mana peran o-rangtua dan kakak

Mouly Surya : Saya be-lum mengerti seratus per-sen tentang hidup ini. Sayamasih berumur sangatmuda baru 31 tahun. Sayapikir dulu di akhir umur20an, saya sudah menemu-kan siapa diri saya. Tetapisuatu hari, Ayah saya bi-lang, “Terus mencoba danberusaha. Nanti kamuakan menemukan siapa dirikamu.” Saat itu saya me-nyadari masih berapa ce-teknya pengetahuan sayasoal hidup. Betapa masihjauhnya perjalanan saya.

Saat ini saya hanya bisaberusaha untuk membuatfilm yang sesuai dengan ci-ta-cita saya. Peran orang tuadan kakak-kakak sangatkuat. Saya mencontoh me-reka dari kecil bagaimanacaranya untuk menjalanihidup ini. Rasanya bila ha-rus dinilai seberapa jauh, takterhitung.(hadi prayogo)

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 201214 Sosialita

M

The Rising Star.....NURSITA Mouly Surya (lahir Baturaja, 10 Septem-

ber 1980) adalah seorang sutradara dan penulis skena-rio film Indonesia. Pada tanggal 12 Desember 2008,Mouly meraih tiga penghargaan Festival Film Indone-sia (FFI) 2008 untuk kategori film, sutradara dan penu-lis skenario terbaik melalui film fiksi. Pencapaian 3 PialaCitra untuk film, sutradara dan penulis terbaik ini me-rupakan hasil pertama dan langsung terbaik untukMouly Surya. (*)

MMMMMouly Suryaouly Suryaouly Suryaouly Suryaouly Surya

IST

MOULY Surya (paling kecil) bersama kedua orangtuanya dankakak-kakaknya. foto diambil sekitar tahun 1985.

Page 15: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 16: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 17: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

Super Ball

JUVENTUSsedang percayadiri. Kemena-ngan sensasional5-0 atasFiorentinamenghapuskutukan NyonyaTua di Seri Ayang padamusim ini lebihakrab dengan

hasil imbang ketimbang kemena-ngan.

Selanjutnya Juventus menahanimbang 2-2 AC Milan di kompetisiCopa Italia sekaligus melangkahiMilan melaju ke final Coppa. Kinipersaingan Juve dan Milan terfokuspada usaha meraih Scudetto.

Pada laga selanjutnya, Juventuskembali mendapat tantangan beratdari Inter Milan dalam lagabertajuk Derby d’Italia yang akandihelat di Juventus Arena, Senin(26/3) dini hari. Ini laga krusialkhususnyabagi Juveyangsedang

Live on TV

Minggu (25/3)

Pukul 15.30 WIB

PERSELA VS PERSIWAPERSELA VS PERSIWAPERSELA VS PERSIWAPERSELA VS PERSIWAPERSELA VS PERSIWA

Minggu (25/3)

Pukul 18.30 WIB

AREMA INDONESIA VS PERSIPURAAREMA INDONESIA VS PERSIPURAAREMA INDONESIA VS PERSIPURAAREMA INDONESIA VS PERSIPURAAREMA INDONESIA VS PERSIPURA

Senin (26/3)

Pukul 00.00 WIB

NORNORNORNORNORWICH CITWICH CITWICH CITWICH CITWICH CITY VY VY VY VY VS WOLS WOLS WOLS WOLS WOLVESVESVESVESVES

Minggu (25/3)

Pukul 20.50 WIB

ESPANYOL VS MALAGAESPANYOL VS MALAGAESPANYOL VS MALAGAESPANYOL VS MALAGAESPANYOL VS MALAGA

Senin (26/3)

Pukul 01.45 WIB

JUVENTUS VS INTERJUVENTUS VS INTERJUVENTUS VS INTERJUVENTUS VS INTERJUVENTUS VS INTER

Minggu (25/3)

Pukul 23.00 WIB

BILBAO VS SPORTING GIJON BILBAO VS SPORTING GIJON BILBAO VS SPORTING GIJON BILBAO VS SPORTING GIJON BILBAO VS SPORTING GIJON

Senin (26/3) Pukul

00.40 WIB

RARARARARAYYYYYO VALLECANO VO VALLECANO VO VALLECANO VO VALLECANO VO VALLECANO VS VILLARREALS VILLARREALS VILLARREALS VILLARREALS VILLARREAL

Juventus VS Inter Milan

mengejar defisit empat angka dariMilan.

Meski Inter telah dicoret daripersaingan perebutan Scudettodengan keberadaan mereka diposisi tujuh klasemen, Derby d’Italiatetap jadi laga sarat gengsi yangakan dicatat dalam sejarah panjangpersaingan dua raksasa Italia itu.

“Setiap pertandingan melawanInter adalah big match, maka dari itukami membulatkan tekad untukmeraih kemenangan dan sangattermotivasi. Ketika kami melawanMilan atau Inter itu akan jadirivalitas bersejarah yang selalumemotivasi kami,” kata bek kiriJuventus Paolo De Ceglie dilansirfootball-italia.net, Sabtu (24/3).

Motivasi besar pasukan Juventuspastinya tentang persainganmendapatkan gelar supremasitertinggi sepakbola Italia. TimNyonya Tua ingin membangkitkankembali kejayaan mereka yangselama ini kerap dikuasai I Nerazzuri.

De Ceglie sendiri secarapribadi terlihatsangat menjiwailaga bertajukDerby d’Italiadenganstatusnyasebagai produkasli akademiyunior Juventus.Apalagi musimini pemain 25tahun itu masukdalam salahsatu pemainpenting pilihanAntonio Conte

yang telah tampildi 15 laga Seri A. “Saya sangat

senang jika sayaberpikir tentang tahun

kedua dan masa depan diJuventus. Saya suka

Juventus, tim ini benar-benarkuat dan saya merasakan emosiyang kuat ketika saya terlibatdengan warna kostum Juventus,”kata De Ceglie yang barumemperpanjang kontraknya hingga2017.

Komitmen De Ceglie tentu harusdiimplementasikan dengan baiksaat berada di lapangandengan menjaga sebaikmungkin benteng pertahananJuventus agar tak mudahdilewati para penyerangInter.

Tapi masalahnya

Inter datang ke Turin dengansegerombolan pasukankenyang pengalaman salahsatunya Diego Milito yangmemiliki hasrat membaraingin memporakporandakan pertahananBianconeri.

Hasrat Milito itu takterlepas dari kesialanyang seringdihadapinya saatmelawan Juventus.Meski tercatat sebagaisalah satu penyerangtajam di Italia, namunMilito belum sekalipun pernahmembobol gawang Juventus dalamenam tahun petualangannyamentas di kompetisi Seri A.

“Saya belum pernah mencetak golke gawang Juventus. Dan saya akanberusaha memecahkan hal itudengan mencetak gol dipertandingan nanti. Saya harusoptimistis bisa melakukan itu,” kataMilito dilansir La Gazetto dello sport.

Memang cukup ironis bagiseorang Milito yang telah berusia 32tahun itu belum sekalipun pernahmencetak gol ke gawang Juventus.Padahal Milito telahmalang melintang dikompetisi eliteEropa

bahkan pernah jadi penentu Intermeraih treble winner pada 2010 lalu.

Musim ini saja Milito tercatattelah mencetak 14 gol dari 23penampilan di Seri A. Namunterlepas dari ambisi pribadi itu,penyerang asal Argentina itutetap harus memikirkankepentingan yang lebih besaryakni memberi Interkemenangan untukmendongkrak posisi diklasemen.

“Menang melawanJuventus?kami semua punyamotivasi tinggi untukmelakukan itu. Ini akanmemberi moral besar jika kamibisa sukses di pertandinganitu. Kami semua hanyamemikirkan hal itu,”tandas Milito.(Tri-bunnews.com/cen)

Senin (26/3)

Pukul 01.45 WIB

Live on

54 kemenangan, 14 imbang dan 10

kekalahan. Itulah rekor pertemuan

sebelumnya antara Juventus dan Inter

terlibat dalam pertandingan yang

berlangsung di Turin jelas mendukung

Bianconeri. Kesenjangan ini tak jadi

perhatian sehubungan dengan kehebatan

kedua tim yang disorot dengan perbedaan

gol yang dicetak: 139 banding 61.

Juventus pernah mengalahkan Inter 6-2

pada tahun 1932. Itu adalah hasil

mengejutkan karena Nerazzurri unggul dulu

2-0 pada menit ke-8 dari babak kedua,

dan kemudian kebobolan 4 dalam

setengah jam terakhir. Pencetak gol

Juventus: Maglio (dua gol), Ferrari,

Munerati, Orsi dan Vecchina.

Kondisi TimKondisi TimKondisi TimKondisi TimKondisi Tim

Penyerang Juventus Alessandro Del

Empat Laga Terakhir

Posisi KlasemenJuventus: Inter Milan:2 (poin 56) 7 (poin 41)

1-1 0-0

5-0

2-2 2-2

2-0 2-1

0-0M

S

K

Main:JuventusInterImbang:

39menang: 16

menang: 914

Empat Pertemuan Terakhir Rekor Pertemuan

BolognaGenoa

FiorentinaMilan

30/10/1114/02/1104/10/1017/04/10

Inter 1 - 2 JuventusJuventus 1 - 0 InterInter 0 - 0 JuventusInter 2 - 0 Juventus

CataniaChievo

MarseilleAtalanta

Piero kemungkinan akan kembali muncul

meski berada di bangku cadangan. Del

Piero sebelumnya mencetak gol saat

melawan AC Milan tapi dia adalah pilihan

kedua setelah Allessandro Matri.

Inter kemungkinan besar akan kehilangan

gelandang Wesley Sneijder yang menulis

dalam akun twitternya tidak berada dalam

kondisi fit untuk menghadapi Juventus.

Sneijder berada dalam kondisi kurang

bagus setelah rumor dia akan diganti oleg

gelandang Udinese Mauricio Isla.

PlaPlaPlaPlaPlayyyyyer Ter Ter Ter Ter To Wo Wo Wo Wo Watchatchatchatchatch

Jika berada dalam performa terbaiknya

Andrea Pirlo adalah sosok gelandang

tengah yang paling berpengaruh dalam

skuad Inter. Dia sangat piawai

memainkan ritme permainan dengan

umpan-umpan matang yang selalu

memanjakan para

penyerang.

Dejan Stankovic

menyatakan akan

sangat

mewaspadai

setiap pergerakan

dan umpan-

umpan bola dari

Pirlo. Stankovic

yang juga

berposisi sebagai

gelandang Inter

dipastikan akan

melakukan

pressure ketat

terhadap

Pirlo.(cen)(cen)(cen)(cen)(cen)

Matchbackground

AlesandroMatri

Diego Milito

Minggu, 25 Maret 2012 Halaman 17 l SRIWIJAYA POST

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POSTMinggu, 25 Maret 201218

PENYAKIT rematik sela-ma ini sangat identik de-ngan orang dewasa danlanjut usia. Tapi siapasangka, ternyata remajayang rata-rata pertumbuh-an tulangnya masih bagus,juga bisa terkena dan men-jadi ancaman tersendiri.Adalah dr Ismail BustomiSpOT, salah satu dokter be-dah dari Departemen Be-dah RSMH Palembangmengungkapkan fakta ini.

Menurut istrilah kesehat-an, rematik atau Osteo-arthirits (OA), salah satupenyakit yang dirasa cukupmenganggu kehidupan se-seorang. Penyakit ini tim-bul akibat kelainan sendikronis yang berlangsungdalam jangka waktu yanglama.

“Penyakit ini menyerangsendi dari organ tubuhmanusia. Ada proses pele-mahan dan disintegrasidari tulang rawan sendiyang disertai pertumbuhan

Remaja BisaKena Rematik

tulang rawan baru,” kata-nya saat mengisi Simpo-sium Penatalaksanaan OATerpadu di Novotel Palem-bang, Sabtu (17/3) lalu.

Agar tidak terkena rema-tik di usia muda, sebaiknyasesuaikan kadar berat pe-kerjaan dengan kemampu-an tubuh. Kalau tubuh su-dah tidak mampu, sebaik-nya jangan dikerjakan.Misalkan, kalau beban ker-ja hanya mampun 10 kg,jangan dipaksakan harus 20Kg. Kendati harus diakui,salah satu faktor yang sa-ngat mempengaruhi da-tangnya rematik adalahfaktor usia karena semakintua usia seseorang, persen-tase munculnya penyakitini juga cukup besar. Na-mun, jika sudah terlalu se-ring menjalankan pekerja-an berat di usia muda, ti-dak menutup kemungkin-an rematik akan cepat pulatimbul pada tubuh.

Secara umum, usia rawan

yang sering kedatanganpenyakit ini adalah usia 60tahun. Namun, sebelummencapai usia tersebut, ke-mungkinan timbulnya re-matik di dalam tubuh jugabisa terjadi. Tergantungdengan aktifitas yangdijalankan seseorang. Ada-pun penyebabnya karenasendi-sendi terlalu seringmengerjakan pekerjaanyang berat.

Nah, untuk kalian yangmemiliki tubuh yang terla-lu gemuk juga sebaiknyauntuk berhati-hati. Obe-sitas juga sangat mudahdisinggahi penyakit ini. La-yaknya penyakit jantung,lemak berlebihan pada tu-buh bisa menganggukinerja sendi-sendi otot.

Lutut dan PinggulDua bagian tubuh yang

sering kali menderita pe-nyakit rematik adalah lututdan pinggul. Ini terjadi ka-rena dua bagian tubuh ini-lah yang sering kali men-

Penyembuhan Melalui Operasi

Waspadai Rasa NyeriGEJALA awal munculnya

rematik adalah rasa nyeridi beberapa bagian otot.Jika sudah mulai merasa-kan nyeri, sebaiknya tidakmenganggap remeh. Ja-ngan malu untuk berkon-sultasi ke spesialis penyakitdalam.

Konsultan RheimatologiRS Premier Bintaro Jakartadr M Azwar SpPD menya-rankan untuk melakukanterapi demi mencegahmunculnya rasa nyeri padasendi. Terapi yang dilaku-kan bisa bersifat medikalatau pun non medikal.

Untuk non medikal, pen-

didikan terhadap penyakitrematik dirasa cukupberguna. Apabila sudahmengetahui penyebab daripenyakit ini, penderita pe-nyakit ini bisa diminimalisir.Selain itu, perubahan polahidup ke arah yang lebihbaik juga sangat memban-tu datangnya penyakit.

“Pendidikan ini bisa lang-sung dikonsultasikan kespesialis penyakit dalam.Mulai dari pencegahan, te-rapi tahap awal, hinggapengobatanya,” ujarnya.

Sementara untuk medi-kal, Azwar menyarankanbisa mengkonsumsi bebe-

rapa vitamin atau pun obat-obatan untuk tulang. Selainitu juga bisa melakukanoral NSAID. Untuk tam-bahan, sebaiknya memba-tasi mengkonsumsi apa-apayang dingin. Makanan atauminuman yang dingin bisalangsung mempengaruhikinerja tulang.

“Aktivitas yang berbaurlangsung dengan hawa di-ngin juga bisa memperce-pat menimbulkan rema-tik. Mulai dari tidur di lan-tai tanpa alas, mandi air di-ngin di tengah malam, dansejenisnya,” ujar Azwar.(cw6/sin)

LAYAKNYA penyakitdarurat, rematik bisa di-sembuhkan dengan opera-si. Tindakan operasi untukmenyembuhkan rematikdinamakan Arthoplasty.Cara ini berkembang di In-donesia sejak 1980-an. Se-belum singgah di Indone-sia, Arthoplasty mulanyamuncul di negara-negaraBarat.

“Teknologi ini pertamakali muncul untuk mengo-bati penyakit TBC padapanggul. Namun, karenamekanismenya sama dandirasa berguna, akhirnyadigunakan untuk mengo-bati rematik,” dr AnditoWibisono SpOT, spesialisbedah orthopedy yangjuga dari RS PremierBintaro.

Pada prakteknya, Artho-plasty sama dengan tindak-an operasi pada penyakitlainya, yakni dilakukan de-ngan mengobati bagiansendi otot yang sakit lewatmekanisme tertentu. Tek-nik ini cukup aman untukdilakukan penderita, ter-masuk yang lanjut usia.

“Teknologi ini tidakmebutuhkan waktu yanglama saat menjalankanoperasi. Selain itu, prosespemulihan sesudah opera-si juga hanya membutuh-kan waktu yang relatifsingkat,” ujar Andito.

Sayangnya, pengobatanini masih hanya bisa dinik-mati oleh mereka yangberkantung tebal, ditam-bah dokter yang berkom-

poten untuk melakukan-mya sedikit. Teknologi inijuga harus didukung de-ngan perlengkapan rumahsakit yang memadai. Sebabitu, tidak semua rumah sa-kit di Indonesia yangmampu menjalankan Ar-thoplasty.

Sebelum melakukanArthoplasty, ada beberapahal yang harus dilakukanterlebih dahulu. Hal-hal ter-

sebut antara lain aktivitastubuh harus dijaga, perik-sakan sejauh mana kondisiOA yang sedang diderita,dan melatih kekuatan otottubuh. Jika semua sudahdilakukan, Arthoplasty bisasegera dimulai.

Sesudah operasi juga adabeberapa yang ahrus diper-hatikan. Dalam waktu satuhingga tiga hari sesudahoperasi, si penderita OAharus tetap rutin melatihotot-otot tubuhnya supayatidak kaku. Rasa nyeri jugasebaiknya dikurangi de-ngan melakukan terapiatau mengkonsumsi obatsesuai anjuran dokter.

Sesudah tiga hari perta-ma operasi, terapi tetap di-lanjutkan. Salah satunyaadalah mencoba terapi sen-diri dengan alat bantu jalanatau pun dengan mencobamenuruni tangga seorangdiri. Meski demikian, pen-derita sebaiknya tetap da-lam pengawasan keluarga.Terus lakukan hal-hal ter-sebut hingga masa enamminggu setelah menjalanirematik. (cw6/sin)

IST

dapat dampak negatif se-waktu seseorang menja-lankan pekerjaan yangberat.

Gejala awal rematik,lanjut Ismail, adalah rasanyeri yang ditimbulkanoleh kelainan tulang, mem-bran siniovial, kapsul fib-rosa, dan spasme otot disekeliling sendi. Apabiladibiarkan, rasa nyeri padabagian-bagian tersebutakan semakin menjadi. Iniberpengaruh pada terba-tasnya gerakan si penderi-ta. “Sendi akan terlihatmembengkak. Ini disebab-kan karena penumpukancairan di dalam sendi yangdiakibatkan karena ototjarang digunakan,” papar-nya.

Kalau sudah seperti ini,sebaiknya segera berkon-sultasi dengan spesialis pe-nyakit dalam atau bedah.Ini mencegah penyakit ti-dak meningkat ke statusparah. Jadi, jangan pikirusia muda tidak mungkinterjangkit penyakit rema-tik. Mulai dari sekarang,berilah perhatian pada tu-buh, terutama jenis peker-jaan yang dikeluhkan.

(cw6/sin)

IST

SRIPO/SYAHRUL

Page 19: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012

SRIWIJAYA POST

Minggu, 25 Maret 2012 19

BEGITU tiba di kotaPhnom Penh (ibukota Kamboja), hal per-

tama ditawarkan pemanduwisata (guide) adalah me-ngunjungi tiga tempat,museum Genosida TuolSleng dab ladang pemban-taian Choeung Ek. Sedang-kan untuk belanja dipilihRussian Market. Di seluruhKamboja obyek wisatayang paling dikenal adalahAngkor Wat di Siem Reap,namun kalau di PhonomPenh adalah sejarah kelammereka yakni pada saatPolpot berkuasa di Kambo-ja pada 1975-1979. Polpotsaat itu membunuh sekitar2,5 juta penduduknya ka-rena dianggap sebagai pe-nentang.

Tuol SlengGenocide Museum

Cerita kelam rakyatKamboja terjadi pada masatahun 1975-1979 ketika ter-jadi kudeta di dalam negerioleh Saloth Sar atau lebihdikenal dengan nama PolPot (Political Potential).

PENGANTAR : MUNGKINIndonesia harus meniru cara ne-gara-negara berkembang untukmenyedot wisatawan. Inilah ca-ra-cara Kamboja dan Vietnamyang mengembangkan obyekwisata dengan menjual sejarahkelam mereka. Dimana Indone-sia pun seharusnya bisa mela-kukan karena negeri ini juga me-miliki sejarah kelam, paling tidakpada saat terjadi konflik padasekitar tahun 1965. Berikut lapo-ran Pemred Sripo Hadi Pra-

yogo yang selama 8 hari diundang kunjungan ke Malaysia,Kamboja, dan Vietnam oleh Walikota Palembang EddySantana Putra, untuk studi banding ke tiga negara itu.

Sejarah Kelam Jadi Obyek Wisata (1)

Polpot Bunuh Jutaan Warga Kamboja

Dengan tujuan memurni-kan kembali darah bangsa-nya dari pengaruh asing,Pol Pot bertindak memba-bi-buta. Mata uang diha-puskan, bank-bank ditu-tup, kantor-kantor asingdirusak dan dibakar.

Tidak itu saja Pol Potmenghabisi bangsanya tan-pa pandang bulu termasukjuga anak-anak yang takberdosa. Tidak heran jikasampai hari ini Kambojaterlihat jauh tertinggal dian-tara negara-negara tetang-ganya mengingat diantarahampir 2 juta jiwa yangmenjadi korban kebuasanrezim itu termasuk kaumintelektual negerinya. DanTuol Sleng adalah saksi uta-ma sejarah itu.

Tuol Sleng merupakanbekas sekolah Tuol SvayPrey Secondary School.Pada masa rezim KhmerMerah berkuasa areal seko-lah yang terdiri atas empatgedung bertingkat 3 ini di-jadikan sebagai penjara dantempat intrograsi para ta-

hanan. Gedung-gedung inidiberi nama A, B, C, D dansemuanya memiliki ceritakelam tentang kekejamanPol Pot dan koleganya.

Pertama masuk ke dalammuseum setelah memba-yar tiket, pengunjung akandisuguhi pemandanganempat gedung yang letak-nya berdekatan. Di hala-man gedung A terdapat 14gundukan batu putih yangmerupakan kuburan kor-ban terakhir rezim ini se-saat sebelum pasukan pe-merintah datang. Salahsatu diantaranya adalahperempuan. Kondisi mere-ka saat ditemukan sudahrusak akibat siksaan dan ti-dak memiliki identitas

Gedung A menjadi tem-pat penyiksaan para tahan-an. Di atas balai-balai besiterdapat alat penjepit kukudan juga rantai untuk me-ngikat kaki tahanan. Begi-tu juga dengan gedung Bdengan bilik-bilik kecilyang menjadi penjara bagitahanan. Dinding luar ge-dung ini diberi kawat listrikdan dipagari agar tahanantidak bisa melakukan bu-nuh diri. Ada juga doku-mentasi foto-foto para kor-ban. Wajah-wajah merekaterlihat tanpa ekspresi,seakan sudah tahu mautsegera datang. Sementarasebagian anak-anak terli-hat tersenyum tanpa tahuapa yang akan terjadi de-ngannya. Sebuah lemarikaca menyimpan beberapalembar pakaian para kor-ban.

Di depan gedung B terda-pat sebuah tiang kayu de-ngan tiga kerekan diatasnya,sementara dibawah terdapat

gentong besar. Biasanyapara tawanan akan diikat danditarik dengan kerekan ke-mudian kepalanya di cebur-ceburkan ke dalam tong se-lama proses interograsi. Jikadianggap belum mengakupara tahanan kemudiandisiksa dengan mengguna-kan alat-alat seperti palu,gunting, pisau, cangkul dansebagainya.

Choeung Ek (TheKilling Fields)

Ladang pembantaianChoeung Ek terletak 15 ki-lometer barat daya PhnomPenh. Daerah ini merupa-kan tempat ditemukannya8985 korban rezim KhmerMerah pada tahun 1980.Mereka ditemukan dari ha-sil penggalian 86 kuburanmassal yang ada disana. 43kuburan dibiarkan tanpadisentuh. Kebanyakan kor-ban adalah tahanan yangsudah disiksa di Tuol Slengdan dikirim ke Choeung Ekuntuk dihabisi nyawanya.Para korban, baik pria, wa-nita, dan anak-anak adayang dipukul sampai mati,ditembak, dipenggal, diikatdan dikubur hidup-hidup.

Sebelum masuk kedalamareal ini, kita terlebih dahulumembayar tiket masuk danmelihat bangunan pagodaberdinding kaca yang me-muat ratusan tengkorakkorban. Pengunjung bisamembeli bunga dan me-nyalakan hio untuk meng-hormati arwah mereka.Sebelum menjadi ladangpembantian, Choeung Ekmerupakan lokasi pema-kaman orang Cina di Kam-boja. Sisa-sisa kuburan me-reka masih bisa kita lihat.

Lubang-lubang bekas

penggalian masih terlihat je-las meski sudah diselimutirumput. Beberapa bagiantulang yang tersisa tersim-pan di dalam lemari kaca.Sebatang pohon besar bera-da ditengah-tengah areapembantaian dan diberi

nama Magic Tree. Ketika re-zim Khmer akan membu-nuh korban, dipohon itu di-gantungkan sebuah loud-speaker besar yang volume-nya dikencangkan sehinggasuara erangan atau letusansenjata tidak bisa didengar

PADA awal 1976 Khmer Merah me-nahan Norodom Sihanouk (Raja Kam-boja) dalam tahanan rumah. Pemerin-tah yang ada saat itu segera digantidan Pangeran Sihanouk dilepas darijabatannya sebagai kepala negara.Kamboja menjadi sebuah republik ko-munis dengan nama “Kamboja Demok-ratis” (Democratic Kampuchea) danKhieu Samphan menjadi presiden per-tama.

Pada 13 Mei 1976 Pol Pot dilantiksebagai Perdana Menteri Kamboja danmulai menerapkan perubahan sosialisterhadap negara tersebut. Pengebomanyang dilakukan pihak AS telah menga-kibatkan wilayah pedesaan ditinggalkan dan kota-kotasesak diisi rakyat (Populasi Phnom Penh bertambahsekitar 1 juta jiwa dibandingkan dengan sebelum 1976).

Saat Khmer Merah mendapatkan kekuasaan,mereka mengevakuasi rakyat dari perkotaan ke pe-desaan di mana mereka dipaksa hidup dalam la-dang-ladang yang ditinggali bersama. Rezim Pol Potsangat kritis terhadap oposisi maupun kritik politik;ribuan politikus dan pejabat dibunuh, dan PhnomPenh pun ikut berubah menjadi kota hantu yangpenduduknya banyak yang meninggal akibat kelapa-ran, penyakit atau eksekusi. Ranjau-ranjau darat (olehPol Pot mereka disebut sebagai “tentara yang sem-purna”) disebarkan secara luas ke seluruh wilayahpedesaan.

Pada akhir 1978, Vietnam menginvasi Kamboja.Pasukan Kamboja dikalahkan dengan mudah, danPol Pot lari ke perbatasan Thailand. Pada Januari1979, Vietnam membentuk pemerintah boneka dibawah Heng Samrin, yang terdiri dari anggota KhmerMerah yang sebelumnya melarikan diri ke Vietnam

Si Kejam Polpotuntuk menghindari penmbasmianyang terjadi sebelumnya pada1954. Banyak anggota Khmer Me-rah di Kamboja sebelah timur yangpindah ke pihak Vietnam karenatakut dituduh berkolaborasi. PolPot berhasil mempertahankanjumlah pengikut yang cukup untuktetap bertempur di wilayah-wilayahyang kecil di sebelah barat Kam-boja. Pada saat itu, Cina, yangsebelumnya mendukung Pol Pot,menyerang, dan menyebabkan Pe-rang Cina-Vietnam yang tidak ber-langsung lama.

Pol Pot, musuh Uni Soviet, ju-ga memperoleh dukungan dari Thailand dan AS. ASdan Cina memveto alokasi perwakilan Kamboja diSidang Umum PBB yang berasal dari pemerintahanHeng Samrin. AS secara langsung dan tidak lang-sung mendukung Pol Pot dengan menyalurkan ban-tuan dana yang dikumpulkan untuk Khmer Merah.

Jumlah korban jiwa dari perang saudara, konsoli-dasi kekuasaan Pol Pot dan invasi Vietnam masihdipertentangkan. Sumber-sumber yang dapat diper-caya dari pihak Barat menyebut angka 1,6 juta jiwa,sedangkan sebuah sumber yang spesifik, sepertijumlah tiga juta korban jiwa antara 1975 dan 1979,diberikan oleh rezim Phnom Penh yang didukungVietnam, PRK. Bapa Ponchaud memberikanperkiraan sebesar 2,3 jutaùmeski jumlah ini terma-suk ratusan ribu korban sebelum pengambil alihanyang dilakukan Partai Komunis. Amnesty Interna-tional menyebut 1,4 juta; sedangkan DepartemenNegara AS, 1,2 juta. Khieu Samphan dan Pol Potsendiri, masing-masing menyebut 1 juta dan 800.000.

(hdp/berbagai sumber/*)

FOTO-FOTO : ZAINAL HUMAS PEMKOT PALEMBANG/HADI PRAYOGO

KEKEJAMAN REJIM POLPOT — Rejim Polpot atau Political Potential yang memerintah Kamboja pada tahun 1975-1979 sungguh kejam.Diperkirakan 1-2,5 juta (data dari sumber berbeda) warga Kamboja dibunuh secara sadis. Tengkorak para korban yang disimpan dialmari kaca, sel penyiksaan tahanan, bahkan susunan tengkorak korban membentuk peta daratan Kamboja dijadikan obyek wisata.

penduduk sekitar. Terdapatjuga sebatang pohon kayuyang menjadi tempat anak-anak dipukul atau bayi-bayidilemparkan ke atasnya un-tuk kemudian ditembak se-perti anak burung.

(hdp/berbagai sumber/*)

IST

Polpot

Page 20: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 21: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 22: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 23: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012
Page 24: Sriwijaya Post Edisi Minggu, 25 Maret 2012