soal etika 2014

Upload: afitania-anggraini

Post on 16-Oct-2015

24 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

jjj

TRANSCRIPT

Kisi-kisi masalah Etika Profesi Klas GB 1.2 hari selasa jam 13.20.1. a. Apakah yang dimaksud dengan Etika ? apa beda dengan Budi pekerti ?Etika adalah ilmu tentang kajian formal tentang moralitas, Obyek kajian etika adalah segala perbuatan manusia yang dilakukan atas dasar kehendak atau tidak dengan kehendak, tetapi dapat diikhtiarkan ketika sadar. Jadi etika merupakan kajian antara baik dan buruk dan ini identik dengan moral, seseorang dapat beretika sesuai dengan apa yang dilakukannya maupun yang dikehendakinyaBudi pekerti pada kamus bahasa Indonesia merupakan kata majemuk dari kata budi dan pekerti. Budi berarti sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. budipekerti dapat diartikan sebagai perpaduan dari hasil rasio dan rasa yang bermanifestasi pada karsa dan tingkah laku manusia. Penerapan budi pekerti tergantung kepada pelaksanaanya.b. Apakah yang dimaksud dengan Profesi ? apa beda dengan profesional ?Profesi berasal dari bahasa latin Proffesio yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. Bila artinya dibuat dalam pengertian yang lebih luas menjadi kegiatan apa saja dan siapa saja untuk memperoleh nafkah yang dilakukan dengan suatu keahlian tertentu. Sedangkan dalam arti sempit profesi berarti kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut daripadanya pelaksanaan norma-norma sosial dengan baik.

PROFESIONAL,adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.c. Mengapa etika profesi menjadi penting dan perlu untuk dipahami, diketahui dan diwajibkan untuk diamalkan dalam profesi bidang pertanian ? Jelaskan pendapat anda !

Kalau perlu diberi contoh !

Oleh karena itu dapatlah disimpulkan bahwa sebuah profesi hanya dapat memperoleh

kepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut ada

kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin

memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa

etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan

segera jatuh terdegradasi menjadi sebuah pekerjaan pencarian nafkah biasa (okupasi)

yang sedikitpun tidak diwarnai dengan nilai-nilai idealisme dan ujung-ujungnya akan

berakhir dengan tidak-adanya lagi respek maupun kepercayaan yang pantas diberikan

kepada para elite profesional ini.2. a. Apa yang dimaksud dengan sistem nilai dalam kehidupan sehari-hari ? Jelaskan pendapat

anda ! Clyde Kluckhohn mendefinisikan nilai sebagai . sebuah konsepsi, eksplisit atau implisit, menjadi ciri khusus seseorang atau sekelompok orang, mengenai hal-hal yang diinginkan yang mempengaruhi pemilihan dari berbagai cara-cara, alat-alat, tujuan-tujuan perbuatan yang tersedia. Sistem nilai merupakan rangkaian dari konsep-konsep abstrak yang hidup dalam masyarakat, mengenai apa yang dianggap penting dan berharga, tetapi juga mengenai apa yang dianggap remeh dan tidak berharga dalam hidup.

b. Jelaskan perbedaan etika yang dibangun oleh Tuhan dan oleh Manusia yang menghasilkan sistem nilai yang menjadi peradaban manusia saat ini dan waktu mendatang. c. beri contoh konkrit sistem nilai yang anda ketahui dalam kehidupan sehari-hari 3. Ilmu pengetahuan dan teknologi modern telah membawa perbaikan sektor pertanian, perawatan kesehatan dan kualitas hidup manusia .a. Sebutkan syarat ilmu yang dapat diterima oleh masyarakat ilmiah ?

Berbeda denganpengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus tentang apa penyebab sesuatu dan mengapa. Ada persyaratanilmiahsesuatu dapat disebut sebagai ilmu[4]. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.

1. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, atau mungkin ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni persesuaian antara tahu dengan objek, sehingga disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.

2. Metodisadalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran. Konsekuensinya, harus ada cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenaran. Metodis berasal dari bahasa Yunani Metodos yang berarti: cara, jalan. Secara umum metodis berarti metode tertentu yang digunakan dan umumnya merujuk pada metode ilmiah.

3. Sistematis. Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , dan mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab akibat merupakan syarat ilmu yang ketiga.

4. Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat. Belakangan ilmu-ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an (universal) yang dikandungnya berbeda dengan ilmu-ilmu alam mengingat objeknya adalah tindakan manusia. Karena itu untuk mencapai tingkat universalitas dalam ilmu-ilmu sosial, harus tersedia konteks dan tertentu pula.

b. Apa yang dimaksud dengan Teknologi dan Teknologi Informatika ?

Teknologiadalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidupmanusia.

Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK(bahasa Inggris:Information and Communication Technologies;ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatanteknisuntuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaituteknologi informasidanteknologi komunikasi.Teknologiinformasimeliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologikomunikasiadalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antarmedia. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologikomputer(baikperangkat kerasmaupunperangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahanabad ke-20c. Beri contoh nilai manfaat ( positif) dan nilai kerugian (negative ) dari kemajuan ilmu

pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia ; bila etika diterapkan dengan baik

dan sebaliknya

4. a. Sebutkan kombinasi antara etika dengan kegiatan pengelolaan lingkungan yang perlu di

lakukan ?

b. Mengapa etika lingkungan menjadi penting untuk diketahui, dipahami dan dipraktekkan ?c. Beri contoh dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga, dalam kampus sesama mahasiswa dan dengan kelompok karyawan dan dosen yang lebih umurnya. 5. a. Bagaimana etika pergaulan antara sesama manusia pada umumnya dan khususnya

seprofesi ? Jelaskan ! b. Bagaimana etika berkomunikasi khususnya dalam memberikan teguran, kritik dan bertanya

dalam suatu forum diskusi ilmiah ?

c. Bagaimana etika berbusana dalam kerja ?

d. Bagaimana etika makan yang baik dan sehat ?

e. Bagaimana etika menahan kemarahan dalam rekan sekerja/ kelompok ?

f. Bagaimana teknik pengenalan diri menurut konsep JENDELA JOHARI 6. Calon Alumni UB yang berkarakter perlu dibangun dari sekarang agar supaya kelak yang bersangkutan mampu berinteraksi dengan sesama kolega seprofesi, atasan di kantor dimana dia bekerja dengan etika yang baik, agar bisa diterima tidak saja dilihat dari sisi Knowledge dan skill yang memadai tapi mempunyai Attitude yang luhur. Sehingga diharapkan survive, sukses, berprestasi dan berkesinambungan . Apakah anda setuju dengan statemen tersebut . Kalau ya, menurut anda apa yang harus disiapkan dan langkahnya sistematisnya , kalau perlu buat paper dengan tipik sebagai berikut tuk 4 kelompok dan dikumpulkan satu minggu setelah UTS di Jurusan tanah. SELAMAT BEKERJA DAN SUKSES