smk balekambang mayong jepara 2011

11

Click here to load reader

Upload: dinnar-ulya-fauziah

Post on 04-Jul-2015

874 views

Category:

Documents


15 download

TRANSCRIPT

Page 1: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Siswa SMK Balekambang Buat Netbook Murah

Metrotvnews.com, Jepara: Laptop lokal hasil karya para santri di Pesantren Balekambang, Desa Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara, mulai dilirik pecinta gadget. Karya para santri ini banyak diminati pembeli, karena harganya cukup murah dan mampu bersaing dengan kualitas laptop pabrikan.

Kesuksesan dalam menciptakan laptop murah merek lokal, membuat karya para santri Pesantren Roudhotul Mudtadiin Bale Kembang, Jepara, mulai banyak dilirik konsumen.

Tingginya permintaan, membuat pihak pesantren sepakat meningkatkan produksi laptop murah ini. Awalnya hanya indent pesanan, volume produksi pun di tingkatkan dari semula hanya 30 laptop seminggu, kini menjadi 400 laptop.

Pesanan pun mulai berdatangan dari berbagai instansi pemerintah, di wilayah Jepara, Semarang, Surabaya dan Jakarta, serta berbagai akademisi dan sekolah. Meski masih berbentuk perakitan, namun pihak sekolah optimis, bisa mengembangkan usaha ini, sehingga lebih dikenal pasar secara luas.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 2,5 juta, laptop produksi siswa pesantren ini dapat langsung dibawa pulang.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Page 2: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

 Praktek Service Mobil Santri Jurusan Otomotif

Praktek Santri Jurusan Tata Busana

Page 3: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Menuju SMK Model, Roudlotul Mubtadiin Balekambang Gandeng Tiga Perguruan Tinggi Sabtu, 12 Maret 2011 07:47

Jepara, NU OnlineDalam rangka mewujudkan SMK Model di Indonesia, SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Nalumsari menggandeng tiga Perguruan Tinggi (PT). Tiga Perguruan Tinggi yang dimaksud adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan IKIP Veteran Semarang. Kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan.

MoU dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan ditandatangani pekan ini. Menurut KH Mustamir Wildan atas nama pengasuh pondok pesantren dengan kerjasama tersebut akan menimbulkan simbiosis mutualisme; Mahasiswa Unnes bisa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Balekambang sebaliknya Balekambang juga bisa melakukan praktikum di Universitas Negeri Semarang.

“Pihak Unnes pun akan menghadirkan guru tamu yang akan membina profesionalitas guru selain itu akan memberikan beasiswa bagi santri yang berprestasi,” ungkapknya pada pertemuan dengan pihak Unnes, Sabtu (5/3) lalu.

Sementara itu, pengasuh pondok pesantren Balekambang, KH Makmun Abdullah Hadziq menyambut dengan baik kerjasama tersebut karena akan bermanfaat untuk pendidikan formal maupun non formal.

Kepala bidang SMP, SMA, SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Widodo Basuki Raharjo juga menyambut dengan baik SMK Model Indonesia. “Sehingga SMK Balekambang bisa menjadi pelopor pendidikan di kabupaten Jepara,” harapnya. (qim)

http://www.google.co.id/search?q=smk+balekambang&hl=id&biw=1024&bih=444&prmd=ivns&ei=LcauTa2dBM_NrQew8_H0CQ&start=10&sa=N. Wednesday, April 20, 2011 6:43:32 PM

Selayang Pandang

Page 4: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Penyerahan penghargaan Sekolah Perintis Pelaksana Pendidikan Karakter dari Mendiknas yang diwakili Oleh Kepala Sekolah SMK Roudlotul Mubtadiin

Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Belakambang didirikan oleh Hadlratus Syeh KH. Hasbullah tahun 1884. Pesantren yang dikenal dengan nama Pesantren Balekambang merupakan pesantren tertua di wilayah Jepara. Penerus beliau adalah KH. Abdullah Hadziq yang meninggal pada tahun 1985. Hingga sekarang pesantren Balekambang diasuh oleh KH. Ma'mun Abdullah,putera KH. Abdullah Hadziq.

  KH. M. Ma'mun Abdulloh ZA

 

Di bawah asuhan KH. Ma'mun, Pesantren Balekambang mengalami perkembangan pesat dengan mulai mengadopsi sistem pendidikan modern. Pesantren Balekambang mulai membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2003, yaitu Jurusan Elektronika. Mulai tahun 2007 SMK Balekambang diperbesar dengan membuka dua jurusan lagi, yaitu Mekanik dan Tata Busana. Selain itu Pesantren Balekambang juga membuka Madrasah Tsanawiyah Terpadu yang dilengkapi dengan fasilitas boarding dan pendidikan ketrampilan. Pada tahun 2010 membuka SMK jurusan Teknik komputer dan jaringan serta membuka Madrasah Aliyah.

Page 5: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Visi

"Menanamkan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah demi terwujudnya santri/peserta didik yang unggul dalam intelektualitasnya dan berakhlaqul karimah"

Misi

1. Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah.2. Meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman.

3. Melaksanakan kajian dan penelitian ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin), ilmu pengetahuan lain dan teknologi.

Fasilitas

Untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif, efisien dan produktif, Pesantren Balekambang menyediakan fasilitas:

1. Tenaga educator yang profesional dan sesuai dengan keahliannya yang berasal dari pondok pesantren dan perguruan tinggi baik dari dalam negeri dan luar negeri.

2. Perpustakaan.

3. Laboratorium komputer dan bahasa.

4. Laboratorium elektronika.

5. Ruang keterampilan menjahit dan tata boga.

6. Pemrosesan air mineral.

7. Koperasi Pesantren

8. Tempat Praktek Usaha Santri (TPUS).

9. Balai Pengobatan dilengkapi 6 dokter, 1 bidan dan 3 perawat.

Kopontren

Page 6: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Pemrosesan Air Mineral milik Koppontren

Salah satu sarana yang harus disediakan oleh pesantren adalah koperasi. Lembaga ini mutlak harus dimiliki oleh pesantren agar apa yang dibutuhkan oleh para santri mudah didapatkan, khususnya kebutuhan sehari-hari. Koperasi yang ada di pondok ini dikelola oleh para santri. Setiap akhir tahun diadakan musyawarah anggota sebagai bukti pertanggungjawaban pengurus koperasi. Koperasi yang ada di Ponpes Roudlotul Mubtadiin mengelola :

1. Mengelola Waserda2. Produksi air mineral Nada

3. Simpan Pinjam SyariahLiputan Tim tvOne di Bisnis Center

Kamis 10 Februari 2011 tepatnya di Bisnis Center Ponpes Balekambang kedatangan 2 tamu dari kru tvOne. Kedua tamu menginjakkan kaki di Bisnis Center sekitar pukul 10.00 WIB. Agenda utama dari kunjungan kedua kru ini adalah untuk meliput tentang Bisnis Center Ponpes Balekambang, utamanya tentang perakitan netbook oleh siswa-siswa Jurusan TKJ di SMK Roudlotul Mubtadiin.

 

Page 7: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

 

          

      

 

 

Page 8: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Tempat Praktik Usaha Santri (TPUS)

Salah satu program yang ditawarkan oleh Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin adalah Tempat Praktek Usaha Santri (TPUS). Program ini bertujuan agar para santri, hususnya santri salafiyah memiliki kecakapan vocational, diharapkan ketika mereka kembali ke masyarakat, bisa membuka lapangan kerja sendiri. TPUS meliputi : Elektronika audio visualPerakitan KomputerKetrampilan menjahit (tata busana) SablonServis /bengkel (otomotif)

santri-satri salafiyah sedang mengikuti pembelajaran elektronika dan merakit komputersantri salafiyah putri sedang mengikuti ekstra menjahit

Page 9: SMK Balekambang Mayong Jepara 2011

Balai Pengobatan

Suasana Balai Pengobatan Ponpes Roudlotul MubtadiinBalai pengobatan (lembaga kesehatan) dalam sebuah pondok pesantren mutlak dibutuhkan. Ini semua agar para santri bisa selalu di cek kesehatannya. Adanya balai pengobatan di pondok pesantren juga dapat menghilangkan image masyarakat yang selama ini agak memandang "miring" dalam masalah kesehatan. Balai pengobatan Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin berdiri pada tahun 2005, diresmikan oleh Bupati Jepara Bapak Drs. H. Hendro Martojo, MM. sedangkan Fasilitas yang telah dimiliki oleh BP ini adalah : 1. Tenaga Medis yang profesional (6 orang dokter dan seorang bidan dan 3 perawat).2. Peralatan kesehatan3. Apotik Roudlotul Mubtadiin