sistem operasi nano

Click here to load reader

Post on 11-Aug-2015

113 views

Category:

Education

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. TUGAS FILE EDITOR NANO SISTEM OPERASI FITRA SYAHARANI X.TKJ-A
  2. 2. APA ITU NANO? Salah satu editor di linux, seperti halnya notepad di windows. Nano adalah sebuah aplikasi berbasis editor teks untuk Unix dan Unix- seperti sistem. Nano merupakan tiruan dari Pico, editor dari Pine klien email. Nano bertujuan untuk meniru fungsionalitas dan mudah digunakan antarmuka dari Pico. Nano adalah perangkat lunak bebas. Nano seperti Pico menggunakan keyboard-berorientasi, dikontrol dengan tombol kontrol. Tapi ada perbedaan antara Nano dengan Pico, yaitu Nano menggunakan meta kunci untuk Toggle.
  3. 3. Sebelum kita ke editor nano kita buat terlebih dahulu filenya lalu ketik nano (nama file). Ini adalah tampilan dari nano
  4. 4. Disini masuk ketampilan nano dimana setelah diketik dilayar terminal #nano (nama file) w /etc/fstab maka akan muncul tampilin seperti dibawah ini, ini difungsikan untuk mengedit sebuah file konfigurasi.
  5. 5. Jika kita menekan tombol ^G atau Ctrl+G karena Ctrl biasanya disisipkan dengan simbol (^) maka yang akan muncul adalah tampilan seperti dibawah ini atau kita juga dapat menekan tombol F1, fungsinya adalah untuk menampilkan bantuan yang berupa teks.
  6. 6. Selanjutnya jika kita menekan ^V atau Ctrl+V (F8) maka tampilan yang keluar adalah seperti gambar dibawah ini. ^V berfungsi untuk menampilkan ke layar berikutnya.
  7. 7. Jika kita menekan tombol ^X atau Ctrl+X (F2) maka yang akan keluar adalah tampilan seperti dibawah ini. ^X berfungsi untuk tutup buffer file saat ini atau keluar dari nano.
  8. 8. Kemudian jika yang kita tekan tombol ^J atau Ctrl+J (F4) maka yang akan keluar adalah tampilan seperti dibawah ini. ^J berfungsi untuk meratakan paragraf saat ini.
  9. 9. ^R atau Ctrl+R (F5) jika ditekan maka yang keluar adalah tampilan seperti dibawah ini. ^R ini berfungsi untuk memasukkan file lain ke dalam yang sekarang.
  10. 10. Jika kita menekan ^W atau Ctrl+W (F6) maka yang keluar adalah tampian seperti dibawh ini. ^W ini berfungsi untuk mencari string atau kalimat biasa.
  11. 11. Selanjutnya kita dapat menekan tombol ^K atau Ctrl+K (F9) maka yang keluar adalah tampilan seperti dibawah ini. ^K ini berfungsi untuk memotong baris dan menyimpannya di dalam cutbuffer.
  12. 12. ^U atau Ctrl+U (F10) apabila ditekan maka tampilan yang akan keluar adalah seperti gambar dibawah ini. ^U berfungsi untuk menguncut atau mengundo dari cutbuffer ke baris saat ini.
  13. 13. Ada tombol ^O atau Ctrl O (F3) jika kita menekan tombol ini maka yang keluar adalh tampilan seperti dibawah ini. ^O ini berfungsi untuk menulis atau menyimpan file sekarang ke disk.
  14. 14. Tekan Ctrl+6 atau Alt+A sambil pindahkan kursor sampai ke akhir kalimat yang ingin kita cut, selanjutnya kita gunakan perintah Ctrl+K untuk mengcutnya maka kalimat tersebut akan terhapus.
  15. 15. Ctrl+A tombol ini berfungsi untuk pergi ke awal baris saat ini.
  16. 16. Ctrl+E tombol ini berfungsi untuk pergi ke akhir barisan saat ini.
  17. 17. Ctrl+P tombol ini berfungsi untuk pergi ke baris sebelumnya.
  18. 18. Ctrl+N tombol ini berfungsikan untuk pergi ke baris berikutnya.
  19. 19. M- (M-|) atau Altkarena biasanya Alt, Esc, atau Meta disisipkan dengan simbol (M-). Alt ini berfungsi untuk pergi kebaris pertama dari file.
  20. 20. M-/ (-?) atau Alt / ini berfungsi untuk pergi ke baris akhir dari file.
  21. 21. M-( (M-9) atau Alt+9 berfungsi untuk pergi ke awal paragraf.
  22. 22. B^ berfungsi untuk kembali satu karakter.
  23. 23. SEKIAN DAN TERIMAKASIH